Rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Kita akan mempelajari asal usul nenek moyang pertama yang mendiami wilayah Indonesia. Secara khusus, kajian ini akan menelusuri asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Dari mana asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia? Bagaimana proses kedatangan mereka di Nusantara? Bagaimana persebaran mereka di berbagai Kepulauan Nusantara?

Kebudayaan apa yang mereka bawa? Penjelasan atas pertanyaan ini akan kami urai dalam materi ini. Supaya lengkap, kami juga akan menyajikan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dari sudut pandang ahli sejarah. Untuk itu, silahkan Anda simak uraian di bawah ini! Salah satu pendukung teori nenek moyang bangsa Indonesia di atas adalah von Heine Geldern. Menurut beliau, nenek moyang bangsa Indonesia yang menurunkan generasi paling banyak sekarang ini berasal dari benua Asia (Yunnan, Cina Selatan).

Pendapat Geldern didukung bukti berupa kesamaan peninggalan benda-benda antara daerah Yunnan dan Indonesia. Benda-benda yang sama itu, antara lain kapak lonjong dan kapak persegi. Nenek moyang yang berasal dari Yunnan migrasi ke kepulauan Nusantara karena terdesak oleh bangsa lain yang lebih kuat. Selain itu, mereka hidup di alam yang rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 banyak memberikan kesejahteraan hidup.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, nenek moyang bangsa Indonesia tersebut datang dengan dua gelombang. Gelombang pertama disebut Melayu Tua (Proto Melayu) dan berikutnya disebut dengan Melayu Muda (Deutero Melayu). Peta Persebaran Nenek Moyang Indonesia Nenek Moyang Indonesia Golongan Proto Melayu Nenek moyang bangsa Indonesia dari golongan Melayu Tua (Proto Melayu) tiba sekitar tahun 2.000 SM.

Kedatangan nenek moyang tersebut sambil membawa kebudayaan neolitikum (batu baru). Mereka tersebar menjadi dua cabang.

Cabang pertama dari proto melayu adalah bangsa yang membawa peralatan kapak lonjong. Mereka disebut sebagai ras Papua-Melanesoid. Arah persebarannya dari Yunnan melewati Filipina, kemudian tersebar ke Sulawesi Utara, Maluku, dan ada juga yang sampai ke Papua. Cabang yang kedua dari nenek moyang dari golongan Proto Melayu disebut Ras Austronesia. Kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia ini bermula dari Yunnan melewati Malaya, Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan pula-pulai lainnya.

Datangnya nenek moyang tersebut sambil membawa kebudayaan kapak persegi.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Setibanya di kepulauan Indonesia, sebagian dari mereka berasimilasi dengan ras Austro-Melanesoid. Sebagian lagi tetap mempertahankan ras aslinya. Nenek Moyang Indonesia Golongan Deutro Melayu Nenek moyang bangsa Indonesia dari golongan Melayu Muda (Deutro Melayu) tiba di kepulauan Indonesia sekitar tahun 500 SM. Nenek moyang tersebut datang sambil membawa kebudayaan logam yang berasal dari Dongson, Vietnam Utara. Kebudayaan logam tersebut antara lain; candrasa, nekara, manik-manik, arca, dan bejana perunggu.

Jalur penyebaran nenek moyang bangsa Indonesia dari golongan ini dimulai dari daratan Asia ke Thailand, Malaysia Barat, dan berlanjut ke tempat-tempat di Indonesia. Gelombang terakhir nenek moyang ini masih tergolong ras Austronesia. Selanjutnya, semakin berkembang ras Papua-Melanesoid, Austronesia, dan sisa ras Austro-Melanesoid melahirkan bermacam-macam suku bangsa yang tersebut di seluruh pelosok Indonesia.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Ahli Beberapa ahli sejarah mempunyai pendapat yang berbeda-beda mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Beberapa pendapat tersebut antara lain sebagai berikut: Menurut Drs. Moh. Ali Drs. Moh. Ali menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunnan. Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia yang datang ke Indonesia secara bergelombang.

Gelombang pertama dari tahun 3000-1500 SM dengan ciri-ciri kebudayaan Neolitikum dengan perahu bercadik satu. Gelombang yang kedua terjadi dari tahun 1500-500 SM dengan ciri-ciri menggunakan perahu bercadik dua. Perahu Bercadik yang dipakai Nenek Moyang Menurut Moens Moens berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat.

Akibatnya mereka menyebar ke arah selatan hingga sampai ke wilayah Indonesia. Menurut Prof. H. Kroom Prof. H. Kroom menyatakan bahwa asal-usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah karena pada daerah Cina Tengah terdapat sumber-sumber sungai besar. Mereka menyebar ke wilayah Indonesia sekitar tahun 2000 SM sampai tahun 1500 SM. Menurut Moh. Yamin Prof.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Moh. Yamin menentang semua pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Ia berpendapat bahwa asal bangsa Indonesia adalah dari Indonesia sendiri. Bahkan bangsa-bangsa lain yang ada di wilayah Asia berasal dari Indonesia.

Pendapat Moh. Yamin didukung oleh suatu pernyataannya tentang Blood Und Breden Unchiro yang berarti adalah daerah dan tanah bangsa Indonesia adalah berasal dari Indonesia sendiri.

Ia menyatakan bahwa fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap ditemukan di wilayah Indonesia dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Asia. Misalnya dengan penemuan manusia purba sejenis Homo soloensis dan Homo wajakensis. Sekian uraian tentang Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia, semoga bermanfaat. Referensi: • Sardiman. 2007. Sejarah 1: SMA Kelas X. Jakarta: Quadra. Jakarta - Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan ras.

Namun, adakah yang tau asal usul nenek moyang bangsa Indonesiasebenarnya dari mana? Ternyata, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari mana telah ditelaah oleh para ahli sejarah dan antropologi. Berikut penjelasannya secara lengkap. • 1. Teori Yunnan Teori pertama menyatakan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunnan, China.

Teori ini juga didukung oleh Mohammad Ali yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol yang terdesak oleh bangsa yang lebih kuat sehingga melakukan migrasi ke Selatan. Selain itu, R H Geldern dan J H C Kern juga mendukung teori ini dengan bukti adanya kapak tua di wilayah bangsa Nusantara yang memiliki kemiripan dengan kapak tua yang ada di Asia Tengah.

Dengan begitu, disimpulkan bahwa penduduk Asia Tengah melakukan migrasi ke kepulauan Nusantara. • 2. Teori Nusantara Teori Nusantara menjelaskan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Teori ini didukung oleh Muhammad Yamin, Gorys Keraf, dan J Crawford. Teori ini dilandasi oleh beberapa argumen, antara lain Bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Peradaban ini tidak mungkin bisa rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.

Baca juga: Hari Guru Sedunia: Sejarah dan Ucapan Selamat yang Bisa Jadi Inspirasi • 3. Teori Out of Taiwan Dalam teori ini, dijelaskan asal-usul bangsa Indonesia berasal dari Taiwan, bukan Daratan China. Teori ini didukung oleh Harry Truman Simanjuntak. Menurut pendekatan linguistik, dijelaskan bahwa dari keseluruhan bahasa yang dipergunakan suku-suku di Nusantara memiliki rumpun yang sama, yaitu rumpun Austronesia. Rumpun tersebut dikenal dengan rumpun Taiwan.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

• 4. Teori Out of Africa Teori terakhir menyatakan bahwa manusia modern yang hidup sekarang berasal dari Afrika. Dasar teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ini berdasarkan ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan laki-laki. Menurut ahli dari Amerika Serikat, Max Ingman, manusia modern yang ada sekarang ini berasal dari Afrika, antara kurun waktu 100-200 ribu tahun lalu. Dari Afrika menyebar ke luar Afrika. Jadi kamu percaya teori asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia yang mana, detikers?

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Simak Video " Ngabuburit Sambil Tambah Wawasan di Taman Sejarah Majalengka" [Gambas:Video 20detik] (pay/pal)
KOMPAS.com - Banyak pendapat terkait asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dari para ahli sejarah. Pendapat yang dianggap memiliki bukti dan dasar pemikiran paling kuat berasal dari sejarawan asal Austria yaitu Robert Von Heine-Geldern.

Migrasi Austronesia Mengutip Kemdikbud RI, Von Heine-Geldern mengemukakan argumen bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Asia Tengah. Menurutnya, sejak zaman batu Neolitikum hingga zaman Perunggu (2000 - 500 SM) telah terjadi migrasi penduduk purba dari wilayah Yunan (China Selatan) ke daerah-daerah di Asia bagian selatan termasuk kepulauan di nusantara.

Baca juga: Kehidupan Zaman Praaksara Perpindahan ini terjadi secara besar-besaran, diperkirakan karena adanya suatu bencana alam hebat atau adanya perang antarsuku bangsa. Geldern menamakan daerah kepulauan di Asia bagian seatan ini dengan sebutan Austronesia yang berarti pulau selatan.

Austronesia terdiri dari kata Austro (selatan) dan Nesos (pulau). Austronesia sendiri mencakup wilayah yang amat luas, meliputi pulau-pulau di Malagasi atau Madagaskar (sebelah Sealtan) hingga Pulau Paskah (sebelah Timur) dan dari Taiwan (sebelah utara) hingga Selandia Baru (sebelah selatan). Pendapat Geldern ini dilatarbelakangi oleh penemuan banyak peralatan manusia purba masa lampau berupa batu beliung berbentuk persegi di seluruh wilayah Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Baca juga: Peninggalan Zaman Praaksara Peralatan manusia purba ini sama persis dengan peralatan manusia purba di wilayah Asia lain seperti Myanmar, Vietnam, Malaysia dan Kamboja, terutama di sekitar wilayah Yunan. Pendapat Geldern didukung hasil penelitian Dr H Kern di 1899 yang membahas seputar 113 bahasa daerah di Indonesia. Kern menyimpulkan semua bahasa daerah bersumber pada satu rumpun bahasa yaitu bahasa Austronesia.

Sejarah Negara Com – Para ilmuwan meyakini bahwa awal mula terbentuknya alam semesta (termasuk bumi) adalah terjadinya apa yang disebut Big Bang (ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) sekitar 13,7 miliar juta tahun lalu. Ledakan tunggal ini melontarkan materi dalam jumlah sangat besar ke segala penjuru alam semesta.

Mater-materi tersebut kemudian mengisi alam semesta dalam bentuk bintang, planet, debu kosmis, asteroid/meteor, energi, dan partikel lainnya di alam semesta ini. Ringkasnya membentuk sistem tata surya. Dalam maha karyanya yang berjudul On The Origin of Species (Asal Usul Spesies) yang terbit pada tahun 1859, Charles Darwin (1809-1882) secara khusus memusatkan perhatian pada evolusi makhluk hidup termasuk manusia.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Menurutnya, aneka organisme yang berkeriapan di muka bumi (termasuk manusia) bukanlah hasil penciptaan dadakan atau seketika, melainkan terbentuk melalui proses panjang selama ribuan, bahkan jutaan tahun, melalui sistem seleksi alam (survival of the fittest), yang disebutnya proses evolusi.

Manusia sekarang adalah bentuk sempurna dari sisa-sisa kehidupan purbakala yang berkembang dari jenis hominid, bangsa kera. Keterbukaan terhadap teori evolusi berangkat dari kenyataan banyaknya temuan fosil manusia purba di berbagai tempat di muka bumi, termasuk juga di Indonesia. Keterbukaan itu tidak lalu harus mengguncang iman. Sebab pendekatan agama dan pendekatan sains (ilmu pengetahuan) dalam upaya memahami realitas alam semesta berbeda.

Agama berada dalam tingkat eksistensial dan transendental (soal rasa, soal hati), sedangkan sains berada dalam tingkat faktual (soal pembuktian empiris).

Dengan kata lain, agama dan sains memiliki otonomi masing-masing. Hal itu tidak berarti keyakinan keagamaan tidak rasional. Perasaan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tetap dapat dijelaskan secara rasional. Singkatnya, agama dan sains tidak perlu dicampuradukkan. Berdasarkan teori geologi, bumi terbentuk melalui empat tahapan zaman, yaitu: • Masa Arkaekum • Masa Paleozoikum • Masa Mesozoikum • Masa Neozoikum Pembahasan lebih mendetail mengenai pembagian zaman tersebut silahkan baca: Pembabakan zaman pra aksara Pada kala Pleistosen, diperkirakan manusia purba mulai muncul, dan pada kala Holosen manusia purba telah berkembang lebih sempurna, yaitu jenis Homo sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia modern.

Secara garis besar, ada tiga teori yang menjelaskan asal-usul manusia purba di Indonesia, yaitu: • Teori Afrika (Out of Africa Theory) • Teori Yunan (Out of Yunan Theory) • Teori Nusantara Dari ketiga teori tersebut, teori Rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 paling populer dan diterima banyak kalangan.

Menurut teori Yunan, bahasa Melayu yang berkembang di Nusantara serumpun dengan bahasa yang ada di Kamboja.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Kemiripan bahasa Melayu dengan bahasa Kamboja menandakan pertaliannya dengan dataran Yunan. Selain itu, kapak tua yang ditemukan di wilayah Nusantara memiliki kemiripan dengan kapak tua yang terdapat di Asia Tengah.

Hal ini menunjukkan adanya migrasi penduduk dari Asia Tengah (Yunan) ke Nusantara. Keberadaan manusia purba di Indonesia adalah melalui proses migrasi dari Yunan. Selain didorong oleh keinginan untuk mencari atau mengejar binatang buruan atau untuk mencari makanan, perpindahan itu juga dimaksudkan untuk menghindari fenomena alam yang belum stabil pada masa itu.

Manusia purba yang menempati wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu. Rumpun bangsa Melayu terdiri atas dua rumpun, yaitu rumpun Melayu Tua (proto Melayu), dan rumpun Melayu Muda (deutro Melayu). Bangsa Melayu Tua (proto Melayu) masuk ke Indonesia melalui dua jalan, yaitu dari sebelah barat melalui Semenanjung Melayu, menuju Sumatra untuk selanjutnya menyebar ke seluruh Indonesia, dan dari sebelah timur melalui Filipina, berjalan menuju Sulawesi dan selanjutnya ke seluruh Indonesia.

Keturunan Melayu Tua yang sampai sekarang masih ada di Indonesia adalah suku bangsa Dayak, Toraja, Batak, dan Papua. Bangsa Melayu Muda (deutro Melayu) memasuki wilayah Indonesia secara bergelombang sejak 500 tahun SM. Mereka masuk ke Indonesia hanya melalui jalur barat, yaitu dari Semenanjung Melayu, terus menuju Sumatra dan kemudian menyebar ke seluruh Indonesia.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Keturunan bangsa Melayu Muda yang masih dijumpai sampai sekarang adalah suku bangsa Jawa, Bugis, Minang, dan orang-orang Melayu di wilayah Sumatra bagian timur. Baca lebih jauh: Bangsa Proto-Melayu dan Deutro Melayu Para ahli mengelompokkan hasil temuan fosil-fosil manusia purba di Indonesia ke dalam tiga lapisan, yaitu kala Pleistosen Atas, kala Pleistosen Tengah, da, kala Pleistosen Bawah. Pada kala Pleistosen Atas diperkirakan di Indonesia telah hidup sejenis manusia (Homo) purba yang disebut Meganthropus paleojavanicus (manusia raksasa dari Jawa).

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Pada kala Pleistosen Tengah diperkirakan di Indonesia telah hidup manusia purba yang lebih maju yang disebut sebagai Homo erectus, atau disebut juga dengan Pithecanthropus erectus. Menjelang masuk ke kala Holosen ditemukan lagi jenis Homo yang lain, dengan ciri fisik yang sudah lebih maju. Di Indonesia berhasil diekskavasi fosil-fosil yang kemudian diberi nama sesuai nama tempat ditemukannya fosil tersebut, yaitu Homo soloensis dan Homo wajakensis.

Jenis-jenis manusia purba yang fosil dan artefaknya ditemukan di berbagai tempat di Indonesia adalah: • Meganthropus • Pithecanthropus, dan • Homo Baca juga: pendapat asal usul bangsa Indonesia
Foto: Pixabay.com Indonesia merupakan bangsa yang besar.

Dari Sabang sampai Marauke, beragam kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Mulai dari kekayaan alam, kekayaan intelektual, kekayaan budaya, dan sebagainya. Nah, terkait dengan itu, Quipper Blog akan membahas mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Dengan begitu, kamu akan lebih memahami salah satu bagian materi dari mata pelajaran sejarah ini. Yuk, langsung saja dibaca artikel ini! Sebelum masuk ke dalam pembahasan, kamu perlu paham bahwa ada sejumlah teori terkait asal-usul manusia Indonesia dari berbagai teori. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa teori asal-usul manusia Indonesia tersebut. Beberapa teori yang akan dibahas di antaranya teori Yunan, teori Nusantara, teori Out of Africa, dan teori Out of Taiwan.

Yuk, biar enggak berlama-lama, simak aja ya pembahasan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia di bawah ini! Foto: Pexels.com Teori Yunan menyatakan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, Tiongkok. Ada sejumlah ahli yang mendukung teori ini. Para ahli tersebut ialah R.H Geldern, J.H.C. Kern, J.R. Foster, dan J.R. Logon. Secara garis besar, teori ini memiliki beberapa dasar utama. Pertama, teori tersebut didukung oleh penemuan kapak tua di wilayah Nusantara yang memiliki kesamaan dengan kapak tua yang terdapat di wilayah Asia Tengah.

Hal tersebut menunjukkan ada proses migrasi manusia dari wilayah Asia Tengah menuju ke Kepulauan Nusantara. Selain itu, dasar kedua yang mendasari pendapat bahwa manusia Indonesia berasal dari Yunan ialah ditemukan adanya kesamaan bahasa yang berkembang di Kepulauan Nusantara rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 bahasa yang ada di Kamboja, yaitu bahasa Melayu Polinesia.

Hal tersebut menandakan bahwa penduduk yang berada di Kamboja berasal dari Yunan dengan cara menyusuri Sungai Mekong. Arus perpindahan tersebut selanjutnya diteruskan ketika sebagian dari mereka melanjutkan perpindahan dan sampai ke wilayah Nusantara. Adanya kesamaan bahasa Melayu dengan bahasa Cham di Kamboja menunjukan adanya hubungan dengan dataran Yunan. Teori Yunan tak hanya didukung oleh para ahli dari luar negeri, termasuk juga ahli dalam negeri, yakni Moh.

Ali. Ia menyatakan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia merupakan manusia yang berasal dari Yunan yang didasari oleh ada dugaan migrasi atau perpindahan dari daerah Mongol keke selatan lantaran terdesak dengan bangsa-bangsa lain, khususnya bangsa yang lebih kuat.

Berdasarkan teori Yunan, proses migrasi tersebut melalui tiga gelombang. Ketiga gelombang tersebut terdiri dari orang Negrito, Proto Melayu, dan Deutro Melayu. 2. Teori Nusantara Foto: Pexels.com Teori Nusantara ini sangat berbeda dengan teori Yunan.

Dalam teori Nusantara disebutkan bahwa manusia Indonesia berasal dari bangsa Indonesia itu sendiri, bukan melalui proses migrasi dari daerah lain. Teori Nusantara didukung oleh Mohammad Yamin, J. Crawford, Sutan Takdir Alisyahbana, dan Gorys Keraf. Dasar teori Nusantara ini mencakup beberapa hal.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Pertama, teori Nusantara berdasarkan pada bangsa Melayu merupakan bangsa yang telah memiliki peradaban yang tinggi. Pandangan itu didasari oleh hipotesis bahwa bangsa Melayu sudah melalui proses perkembangan budaya sebelumnya. Kesimpulannya bangsa Melayu berasal dan berkembang di Nusantara, bukan dari luar yang berpindah ke wilayah Nusantara.

Lalu, teori tersebut didukung pula dengan adanya kesamaan antara bahasa Melayu dengan bahasa Kamboja dinilai merupakan suatu kebetulan. Lalu, penemuan Homo soloensis dan Homo wajakensis di Pulau Jawa memberi tanda bahwa ada peluang bangsa Melayu keturunan manusia kuno berasal dari Jawa.

Dan, argumen terakhir dari teori ini rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 adanya perbedaan bahasa. Hal itu tampak dari bahasa Austronesia yang berkembang di daerah Nusantara dengan bahasa yang berkembang di wilayah Asia Tengah, yaitu bahasa Indo-Eropa. 3. Teori Out of Africa Foto: Pexels.com Teori ini lebih berbeda lagi dari dua teori sebelumnya.

Teori ini menyatakan bahwa manusia Indonesia berasal dari Afrika. Pendapat ini berdasarkan kajian ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan gen laki-laki. Mereka bermigrasi dari Afrika hingga ke wilayah Australia. Teori ini juga menyebutkan bahwa manusia Afrika melakukan perpindahan dari Afrika menuju Asia Barat sekitar 50.000-70.000 tahun yang lalu. Dalam teori ini, disebutkan bahwa sekitar 70.000 tahun yang lalu, bumi memasuki akhir dari zaman glasial ketika permukaan air laut menjadi lebih dangkal disebabkan oleh air yang masih berbentuk gletser.

Pada masa itu, memungkinkan manusia menyeberangi lautan hanya dengan menggunakan perahu yang masih sederhana. Manusia Afrika yang melakukan perpindahan menuju Asia terpecah menjadi beberapa kelompok.

Terdapat kelompok yang tinggal sementara di wilayah Timur Tengah (Asia Barat Daya). Kelompok lainnya melakukan migrasi dengan menyusuri Pantai Semenanjung Arab menuju India, Asia Timur, Indonesia sampai ke Australia. Hal tersebut diperkuat dengan penemuan fosil laki-laki di wilayah Lake Mungo. Ada dua jalur migrasi yang diperkirakan ditempuh manusia pada masa itu, yakni jalur menuju Lembah Sungai Nil yang melintasi Semenanjung Sinai kemudian ke Utara melewati Arab Levant dan jalur yang melewati Laut Merah.

4. Teori Out of Taiwan Foto: Pexels.com Teori Out of Taiwan ini memiliki pandangan mirip dengan teori Out of Africa. Teori Out of Taiwan menyatakan bahwa asal-usul manusia Indonesia berasal dari Kepulauan Famosa atau Taiwan. Teori yang didukung oleh pakar Harry Truman Simanjuntak didasari sejumlah argumentasi. Pertama, menurut teori ini, tidak adanya pola genetika yang sama antara kromosom manusia Indonesia dengan manusia yang berada di Tiongkok. Lalu, masih menurut teori ini, bahasa yang digunakan dan berkembang di wilayah Nusantara adalah bahasa yang merupakan rumpun Austronesia.

Rumpun Austronesia ini digunakan oleh leluhur bangsa Indonesia yang menetap di Pulau Formosa. Demikianlah ulasan mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang bisa Quipper Blog berikan kepada kamu. Semoga, ulasan tersebut dapat memberikan manfaat tambahan pengetahuanmu terkait sejarah bangsa Indonesia.

Buat kamu yang masih mau baca artikel menarik lainnya, cusss mampir ke Quipper Blogya. [spoiler title=SUMBER] • Catatan Materi Quipper Video Mata Pelajaran Sejarah Mengenai Peradaban Awal Di Kepulauan Indonesia[/spoiler] Penulis: Muhammad Khairil Kerajaan Sunda – Peninggalan dan Sejarah Lengkapnya Juni 21, 2021 Hayam Wuruk – Sejarah Kepemimpinan Hingga Kematian Juni 21, 2021 Candi Jawi – Sejarah, Letak, Fungsi, dan Peninggalan Juni 18, 2021 Candi Singosari – Sejarah, Lokasi, Arsitektur, Fungsi Juni 18, 2021 Candi Rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 – Sejarah, Lokasi, Relief, Corak, &.

Juni 18, 2021 Ekspedisi Pamalayu – Pengertian, Latar Belakang, Dampak Juni 17, 2021
Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sejarah yaitu Tentang “ Asal Usul dan Persebaran“. Berikut dibawah ini penjelasannya: Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia Berikut ini terdapat 4 asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia, antara lain: 1. Porto Melayu Porto Melayu diyakini sebagai nenek moyang orang Melayu polinesia yang terbesar dari Madagaskar sampai pulau-pulau paling timur di pasifik.

Mereka diperikarakan datang dari Cina bagian selatan. Ras Melayu ini mempunyai ciri-ciri rambut lurus, kulit kuning kecoklatan-coklatan, dan bermata sipit. Dari Cina bagian selatan [yuna] mereka berimigasi ke Indonina dan Siam, kemudian ke kepulauan Indonesia. Mereka itu mula-mula menepati pantai-pantai Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan SUlawesi Barat.

Ras porto Melayu membawa peradaban batu kepulauan Indonesia. Ketika datang para imigran baru, yaitu Deuteru Melayu [Ras Melayu Muda] mereka berpindah masuk ke pedalaman dan mencari tempat baru ke hutan-hutan sebagai tempat hunianya. Ras prorto Melayu itu pun kemudian mendesak keberadaan penduduk asli.

Kehidupan di dalam hutan-hutan menjadikan mereka terisolasi dari dunia luar, sehingga memudarkan peradaban mereka. Penduduk asli dan ras proto melayu itu pun kemudian melembur. Mereka itu kemudian menjadi suku bangsa Batak, Dayak Toraja, Alas, dan Gayo. Kehidupan mereka yang terisolasi itu menyebabkan ras proto melayu sedikit mendapat pengaruh dari kebudayaan Hindu maupun Islam kikemudian hari. Para ras proto Melayu itu kelakmendapat pengaruh Kristen sejak mereka mengenal para penginjil yang masuk ke wilayah mereka untuk memperkenalkan agama Kristen dan pradaban baru dalam kehidupan mereka.

Persebaran suku bangsa Dayak hingga ke Filipina Selatan, Serawak, dam Malaka menunjukan rute perpindahan mereka dari kepulauan Indonesia. Sementara suku bangsa batak yang mengambil rute ke barat menyusuri pantai-pantai Buruma dan Malak Barat. Beberapa kesamaan bahasa yang digunakan oleh suku bangsa karen di Burma banyak mengandung kemiripan dengan bahasa Batak.

Artikel Terkait: Materi Pemberontakan DI/TII 2. Deutero Melayu Deutero Melayu merupakan ras yang datang dari Indocina bagian utara. Mereka membawa budaya baru berupa perkakas dan senjata besi di kepulauan Indonesia, atau kebudayaan Dongsong. Mereka seringkalai disebut juga orang-orang Dongsong. Paradaban mereka lebih tinggi dari pada ras proto Melayu. Mereka dapat membuat perkakas dari perunggu. Paradaban mereka ditandai dengan keakhilan mengerjakan logam dengan sempurna.

Perpindahan mereka ke pulauan Indonesia dapat dilihat dari rute persebaran alat-alat mereka tinggalkan di beberapa kepulauan di Indonesia, yaitu berupa kapak persegi panjang. Paradaban ini dapat dijumpai di Malaka, Sumatera, Kalimantan, Filipina, Sulawesi, jawa, dan Nusa tenggara timur. Dalam bidang pengolahan tanah mereka mempunyai kemempuan untuk membuat irigasi pada tanah-tanah pertanian dahulu. Ras Deutero Melayu juga mempunyai peradaban pelayaran lebih maju dari pendahulunya karena petualang mereka sebagai pelaut dibantu dengan penguasan mereka terhadap ilmu perbintangan.

Perpindahan Ras Deutero Melayu juga menggunakan jalur pelayaran laut. Sebagai dari ras Deutero Melayu ada yang mecapai kepulauan jepang, bahkan kelak ada yang hingga sampai Madagaskar.

rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10

Kedatangan ras Deutero Melayu di kepulaun Indonesia makin lama semankin banyak. Mereka pun kemudian berpindah mencari tempat baru ke hutan-hutan sebagai tempat hunian baru. Pada akhirnya proto dan Deutero Melayu membaur dan selanjutnya menjadi penduduk kepulauan Indonesia. Pada masa selanjutnya mereka sulit untuk dibedakan. Proto Melayu meliputi penduduk di Gayo dan Alas di Sumatra bagian utara, serta Toraja di Sulawesi. Sementara itu, semua penduduk di kepilauan Indonesia, kecuali penduduk papua yang tinggal di sekitar pulau-pulau papu, adalah ras Deutero Melayu.

3. Melanesoid Ras lainterdapat di kepulaan Indonesia adalah rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 Melanesoid. Mereka tersebar di lautan pasifik di pulau-pulau yang letaknya sebelah Timur irian dan Benua Australia. Di kepulauan Indonesia mereka tinggal di papua barat, Ambon, maluku utara, dan Nusa tenggara timur. Bersama dengan papua-Nugini dan Bismarck, Solomon, New Caledonia dan Fiji, Vanuatu, mereka tergolong rumpun Melanesoid. Permukaan laut menjadi lebih rendah 100 m dibandingkan permukaan saat ini.

Pada saat itulah muncul pulau-pulau baru. Adanya pulau-pulau itu memudahkan makhluk hidup berpindh dari Asia menuju kawasan Oseania. Bangsa Melanesoid melakukan perpindahan ke timur hingga ke papua, selanjutnya ke benua Australia, yang sebelumnya merupakan satu kepulauan yang tehubung dengan papua.

Bangsa Melanesoid saat itu hingga mencapai 100 ribu jiwa meliputi wilayah papua da Australia. Peradaban bangsa Melanesoid dikenal dengan paleolitikum. Pada saat masa es berakhir dan air laut mulai nail lagi pada tahun 5000 S.M. Kepulauan papua dan Benua Australia terpisah seperti yang dapat kita lihat saat ini.

Pada saat itu jumlah penduduk mencapai 0,25 juta dan pada tahun 500 S.M. mencapai 0,5 juta jiwa. Asal mula bangsa Melanesia, yaitu proto Melanesia merupakan penduduk pribumidi jawa. Mereka adalah manusia Wajak yang terbesar ke timur dan menduduki papua, seblum zaman es berakhir dan sebelum kenaikan permukaan laut yang terjadi pada saat itu. Di papua manusia Wajak hidup berkelompok-kelompok kecil di sepanjang muara-muara sungai. Mereka hidup dengan menagkap ikan di sungai dan meramu tumbuh-tumbuhan serta akar-akaran, serta berburu di hutan belukar.

Tempat tinggal mereka berupa perkampungan-perkampungan yang terbuat dari bahan-bahan yang ringan. Rumah-rumah itu sebenarnya hanya berupa kemah atau tadah angin, yang sering didirikan menempel pada dinding gua yang besar. Kemah-kemah dan tadah angin itu hanya digunakan sebagai tempat untuk tidur dan berlindung, sedangkan aktivitas lainya dilakukan di luar rumah. Artikel Terkait: Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masa Buddha Bangsa proto Melanesoid terus terdesak oleh bangsa Melayu mereka yang belum sempat mencapai kepulauan papua melakukan pencampuran dengan ras baru itu.

Percampuran bangsa Melayu dengan Melanesoid menghasilkan keturunan Malanesoid-Melayu saat ini mereka merupakan penduduk Nusa Tenggara Timur dan Maluku. 4. Negrito dan Weddid Sebelum kedatangan kelompok-kelompok Melayu tua dan muda, negeri kita sudah terlebih dahulu kemasukan orang-orang Negrito dan Weddid. Sebutan Negrito diberikan oleh orang-orang Spanyol karena mereka jumpai itu berkulit hitam mirip dengan jenis-jenis Negro. Sejauh mana kelompok Negrito itu bertailan darah dengan jenis-jenis Negro yang terdapat di Afrika serta kepulauan Melanesia [pasifik], demikian pula bagaimana sejarah perpindahan mereka, belum banyak diketahui dengan pasti.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sejarah Tentang Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!! Baca Artikel Lainnya: • Sejarah Kerajaan Kediri, Masa Pemerintahan dan Masa Keruntuhan • Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Secara Lengkap • Pengertian Ekonomi Kerakyatan, Ciri, Tujuan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan • Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli, Ciri dan Macam Lengkap Posting terkait: • Kerajaan Gowa Tallo • Materi Perang Korea (1950-1953) • Prasasti Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno Posting pada Sejarah Ditag artikel tentang asal usul nenek moyang bangsa indonesia, asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia brainly, asal usul persebaran nenek moyang bangsa indonesia negrito dan weddid, asal usul persebaran nenek moyang bangsa indonesia secara singkat, makalah lengkap asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia, ppt asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia, ringkasan asal usul nenek moyang bangsa indonesia, teori asal usul nenek moyang bangsa indonesia Pos-pos Terbaru • GTA V Mod Apk 2.00 Unlimited Money Download 2021 • Penyebab Meteor Jatuh • Contoh Fenomena Biosfer • Mengapa Langit Berwarna Biru • Penemuan Gula Dalam Meteor • Bencana Hidrometeorologi • Struktur Lapisan Bumi • Larva Heroes Mod Apk 2.8.6 Unlimited Gold and Candy • Materi Planet • Kerajaan Gowa Tallo • Materi Perang Korea (1950-1953) • Materi Manajemen Persediaan • Gangstar Vegas Mod Apk 5.4.2 Rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 Money and Diamond • Titanium Backup Pro Mod Apk 8.4.0.2 Gratis No Root • Ciri-ciri Tanah HumusYou won t believe what walmart cameras captured Ad #5503Ad Intelligence: What, How & Why – Life Of Ads 1013 Successful Affiliate Ads You Can Copy & Launch Yourself In 2 Minutes!Ad Title/ Text:You Won't Believe What Walmart Cameras CapturedAd Subtitle:n/aAd Creative:Landing Page:http://listoviral, com/craziest-people-at-walmart/Domains Seen On (Times):Nameslist Don t starve xbox one multiplayer Here are some answers to the most frequently asked questions about Don"t Starve Together: Console Edition on Xbox One:GENERALSPLIT SCREENOTHERGENERALDo I need to own Don"t Starve to play Don"t Starve Together?Don"t Starve Together: Console Edition is a stand-alone multiplayer expansion to Don"t Starve: Console Edition on the Xbox One, DST is a separate game from Don’t Starve, and you are not required to own one to play the other Pet sounds in the key of dee Share0000Share0000 Bullion revisits his now legendary ode to J Dilla, ten years on, Ten years ago Nathan Jenkins aka Bullion sat down at his computer with an expanded box set of Beach Boys’ Pet Sounds and began the painstaking task of cutting and pasting snippets from each track in J Dilla’s lazy, slung style New super mario bros 2 secret exits Can you believe that this fantastic platformer released all the way back in 2009?!

Well, let"s revisit it and explore all of its secret exits, 1-3 CannonYouTube: How to Unlock World 5 Cannon from 1-3 →Jump up above the screen here to find the secret2-4Near the end of the level with the Propeller Suit, jump off the platform with a Spiny on it as soon as the wind starts blowing and shake the controller to spin with your Propellerhead Suit Audi q7 off road The Land Rover Discovery TD6 HSE Luxury has a generous front axle clearance of 284mmNick WilsonA fine balance needs to be struck when creating a car with rangkuman asal usul nenek moyang bangsa indonesia kelas 10 drive, The best off-road cars perform well, regardless of whether they're driving on city roads or through rougher terrain How many cm is 28 inches 28 Inches to Centimeters Conversion 28 Inches to Centimeters - Inches to Centimeters - Distance and Length - Conversion You are currently converting Distance and Length units from Inches to Centimeters 28 Inches (in) = 71, 12 Centimeters (cm)Visit 28 Centimeters to Inches ConversionInches : An inch (symbol: in) is a unit of length Mr and mrs crab st petersburg fl 12:00 PM-10:00 PMMonday12:00 PM-10:00 PMTuesday12:00 PM-10:00 PMWednesday12:00 PM-10:00 PMThursday12:00 PM-10:00 PMFriday12:00 PM-11:00 PMSaturday12:00 PM-11:00 PMSunday12:00 PM-10:00 PMPrice Point$$ - Cheap Eats (Under $10)$$ - Moderate ($11-$25)$$$ - Expensive ($25-$50)$$$$ - Very Pricey (Over $50)WiFiNoOutdoor SeatsRestaurant Photos - Add PhotoMenuSee MenuWrite a Review for Mr, & Mrs Payday 2 crook build IntroductionHello!In this guide I intend to showcase some of the builds I would consider fun to use in either Death Wish or Mayhem LOUD on most maps, I do this partly because I think some of you will take a liking to a few of the builds and partly because I want to remember how the build looks if I replace it in the future Front page news brunch Could this be the new location for Hudson FC International Sports Pub, which closed in Brookhaven last month Share All sharing options for: Hudson Grille To Replace Cajun Restaurant Front Page News in Little Five Points Getty Images The Little Five Points location of Front Page News closes December 31 after 19 years stationed along busy Moreland Avenue, What Now Atlanta first reported, An eighth location of sports bar Hudson Grille replaces the Cajun restaurant in mid-January Never had your cock sucked by a pokemon before About"What"s wrong big boy" is a quote associated with sexually suggestive fan art of Pokemon commonly followed up with the quote, "Never had your cock sucked by a Pokemon before?" The phrase has been included in several fan art photoshops and spread through 4chan"s /vp/ board, OriginIn 2013, Tumblr user ask-male-sylveon posted a response to some questions asking about his identity with a drawing of his mascot, a male Sylveon Pep boys auto parts & service chula vista ca Make this my location Our Old County Rd location offers full-service auto repair and maintenance with ASE certified technicians, Easily get new tires near your home or office as Pep Boys San Carlos carries a large inventory of tire brands and sizes to fit your car, SUV or truck

ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA




2022 www.videocon.com