Kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

Sesuai namanya, teks ceramah biasanya digunakan untuk memberikan sebuah informasi yang baik dan informasi tersebut akan disampaikan dihadapan orang banyak. penyampaian informasi tersebut bisa dilakukan secara langsung atau menggunakan media perantara.

Materi teks ceramah akan anda jumpai pada mata pelajaran bahasa indonesia yang tersedia di smp ataupun sma. Ada banyak hal yang harus anda pelajari dan pahami dari materi teks ceramah, mulai dari struktur, ciri-ciri teks ceramah, metode ceramah dan lainnya. Untuk membantu pemahaman anda tentang teks ceramah, maka ada baiknya untuk menambah ilmu dan informasi dengan mengerjakan soals-soal yang tentunya berhubungan dengan teks ceramah, mau itu soal pilihan berganda ataupun soal dalam bentuk essay.

Soal dan Kunci Jawaban Teks Ceramah Dibawah ini tersedia 20 soal tentang materi teks ceramah beserta kunci jawaban yang bisa anda lihat pada bagian bawah. anda juga bisa mendownload soal tersebut dalam bentuk dokumen pdf melalui link download yang tersedia di akhir halaman. b.pidato c.wawancara d.wasiat e.laporan 2. apa tujuan dari teks ceramah…. a.Untuk menghibur b.Untuk memberikan nasihat c.Untuk menjelaskan tentang suatu hal d.Untuk mengungkapkan perasaan east.Menjelaskan sesuatu secara bertahap 3.

Yang termasuk metode ceramah kecuali… a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal e.Metode perpetual iv. metode ceramah yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali disebut….

a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal eastward.Metode perpetual v. Metode yang dilakukan untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan resmi, seperti ceramah kenegaraan, ceramah sambutan peringatan hari besar nasional, dan lain-lain disebut.

a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal eastward.Metode perpetual 6. Dalam metode ini pembicara memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan, membuat naskah, dan menghafalkan naskah. a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal e.Metode perpetual 7.

Metode yang dilakukan tanpa adanya naskah ceramah, akan tetapi pembicara masih mempunyai kesempatan untuk membuat kerangka isi ceramah disebut… a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal due east.Metode perpetual viii. bismilaahirrahmaanirrahiim, alhamdulilaahirobbil’aalamiin, washsholatu wassalasmu’ala asrofil anbiya iwal mursalin, sayidina wamaulana muhamdin wa ‘aala aalihi wasohbihi azma’in, ammaa ba’du.

kutipan teks ceramah di atas, termasuk kedalam bagian… a.penutup b.pembuka c.isi d.orientasi e.koda 9. Demikian lah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua. Mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan apapun.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

kutipan teks ceramah di atas, termasuk kedalam bagian… a.penutup b.pembuka c.isi d.orientasi e.koda 10.audiens ceramah disebut juga sebagai. a.mad’u b.dai c.hafidz d.khotib e.semua benar eleven.yang termasuk penutup ceramah adalah a.kesimpulan, ucapan syukur b.ucapan syukur dan salam c.ringkasan dan salam d.kesimpulan, ucapan syukur, dan salam.

east.kesimpulan, permintaaan maaf, dan salam. 12.Penceramah disebut juga. a.Dai b.Mad’u c.Khotib d.Imam e.Narasumber 13.Ceramah Merupakan jenis berbicara… a.Satu arah b.ii arah c.Diskusi d.Campuran e.Banyak arah xiv.bagian yang penting yang mengandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan adalah a.isi b.naskah c.ide d.penutup e.pembuka 15.ciri-ciri ceramah yang baik, kecuali… a.tujuannya jelas b.isinya mengandung kebenaran c.cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar d.menggunakan intonasi, artikulasi,dan volume yang jelas east.adanya timbal balik 16.salah satu ciri ceramah yang baikadalah menggunakan intonasi, artikulasi,dan volume yang jelas.

Maksud dari intonasi adalah…. a.cara melafalkan bunyi bahasa b.naik turunnya lagu kalimat c.kuat lemahnya mengucapkan kata atau kalimat d.keras lembutnya suara eastward.bahasa tubuh dan mimic muka 17.yang bukan manfaat ceramah adalah. a.menambah pengetahuan kita b.menambah kadar keimanan c.membuat bising atau berisik d.mendapat pencerahan hati dan akal e.a, b, dan d benar eighteen.yang bukan sifat dari teks ceramah adalah a.teksnya pendek, singkat dan jelas b.memberi informasi c.memotivasi d.mempengaruhi e.b, c, dan d benar 19.agar pendengar tidak merasa bosan, maka ceramah harus, kecuali.

a.materinya menarik b.tidak monoton c.intonasinya bagus d.membawakan materi yang sedang terkini e.monoton xx.ceramah dapat dilakukan dengan cara kreatif dan inovatif seperti…. a.seminar b.lokakarya c.pelatihan d.sarasehan e.stand up Kunci Jawaban Soal Teks Ceramah 1.A 2.B 3.E four.A v.C 6.D 7.B viii.B 9.A 10.A 11.Due east 12.A thirteen.A 14.A fifteen.E 16.B 17.C xviii.A 19.E 20.East Download Soal dan Kunci Jawaban Teks Ceramah Silahkan download soal diatas melalui link dibawah ini dalam bentuk Dokumen PDF.

Download soal Teks Ceramah Berikut Beberapa Keuntungan Penyampaian Ceramah Dengan Teks Kecuali Source: https://www.e-kelas.com/2020/09/soal-kunci-jawaban-teks-ceramah.html Terbaru • Hack Wifi Wpa2 Psk Windows 7 Cmd • Makalah Pemanfaatan Limbah Untuk Pakan Ternak • Cara Membuat Mika Lampu Mobil Dari Akrilik • Cara Melihat Nomor Hp Orang Di Messenger • Jenis Sarana Dan Peralatan Budidaya Ternak Kesayangan • Cara Mengukur Penggaris Dari 0 Atau 1 • Cara Membuat Pistol Mainan Dari Botol Bekas • Jurnal Tesis Aplikasi Recording Andriod Peternakan • Cara Menggendong Bayi 2 Bulan Dengan Selendang Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized Loading.

Pengertian Ceramah – Ceramah adalah pidato yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindah sebagai pendengar. Ceramah dapat dilaksanakan kapan saja, tidak ada rukun dan syaratnya, tidak ada mimbar tempat khusus pada pelaksaannya, waktu tidak dibatasi dan siapapun boleh berdakwah, dapat dilakukan dengan cara kreatif dan inovatif seperti (seminar, lokakarya, pelatihan, atau sarasehan).

Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia ceramah adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk, sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar.

Dengan melihat kepada pengertian diatas, ceramah dapat diartikan sebagai bentuk dari dakwah yaitu dakwah bil-kalam yang berarti menyampaikan ajaran-ajaran, nasehat, mengajak seseorang dengan melalui lisan. Bahaya Sering Melakukan Onani Bagi Kesehatan Loading. Jenis-jenis Ceramah Ceramah dibedakan menjadi 2, yaitu : 1. Ceramah Umum Ceramah adalah pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiens yang bertindak sebagai pendengar.

Sedangkan umum adalah keseluruhan untuk siapa saja, khlayak ramai, masyrakat luas, atau lazim. Jadi ceramah umum adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan nasehat kepada khalayak umum atau maysrakat luas. Di dalam ceramah umum ini keseluruhannya bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik dari audiens yang tua muapun muda,materinya juga tidak ditentukan sesuai dengan acara. 2. Ceramah Khusus Pengertian ceramah sudah dipaparkan seperti yang diatas akan tetapi kali ini akan dipaparkan pengertian dari ceramah khusus itu sendiri yang mana khusus adalah tersendiri,istimewa, takkan ada yang lain, jadi ceramah khusus itu sendiri berarti ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasehat-nasehat kepada mad’u atau khalayak tertentu dan juga abersifat khusus baik itu materi maupun yang lainnya.

Sedangkan dalam ceramah khusus banyak batasan-batasan yang dibuat mulai dari audiens yang sesuai dengan yang diinginkan dan materi juga yng menyesuaikan dengan keadaan.

Contoh: Peringatan hari besar islam (PHBI) seperti Isra’miraj, maulid Nabi Muhammad SAW, bulan puasa dll. Komponen Ceramah Komponen-komponen atau unsur-unsur ceramah sama saja dengan komponen-komponen dakwah, yaitu: 1. Da’i (penceramah) Seorang da’i atau pencermah harus mengetahui bahwa dirinya adalah seorang da’I atau pencermah, artinya sebelum menjadi penceramah perlu mengetahui apa tugas dari pencermah, modal dan bekal itu sendiri atas apa yang harus dimiliki oleh seorang pencermah.

2. Mad’u Mad’u atau audiens merupakan sebagai penerima nasehat-nasehat. Audiens bermacam-macam kelompok manusia yang berbeda mulai dari segi intelektualitas, status ekonomi, status sosial, pendidikan, jenis kelamin dll. Cara Ampuh Menghilangkan Bau Badan Secara Alami 3. Materi Agar lebih menggugah pemikiran para audiens untuk mendengarkan materi-materi yang diberikan oleh sang pencermah.

Oleh sebab itu, harus dapat memiliki bahan yang tepat atau menarik agar si mad’u tertarik, dan sesuai dengan pokok acara, materi yang akan disampaikan harus betuk-betul dikuasai sehingga penampilan penuh keyakinan, tidak ragu, dan jangan sampai menghilangkan konsentrasi dirinya sendiri. Dengan itu, materi harus disusun secara sisitematis, dengan artian judul, isi, dan acara tersebut sifatnya betul-betul mempunyai hubungan.

Sehingga pembahasan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Metode Ceramah Metode ceramah yaitu sebuah metode dengan menyampaikan informasi dan kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut secara lisan kepada audiens yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham audiens.

Sedangkan metode dakwah adalah cara-cara yang dipergunakan oleh seorang da’i guna menyampaikan materi. Sumber metode ceramah adalah alquran dan hadis, menunjukkan begitu besar perannya metode dalam berdakwah. Media Ceramah Media adalah alat yang digunakan umtuk menyampaikan materi ceramah kepada audiens. Berdakwah pada zaman sekarang tidak hanya bisa dilakukan oleh para mubaligh di masjid, tetapi bisa dilakukan dengan banyak cara dan banyak tempat banyak media yang bisa digunakan pada zaman sekarang sebagai media dakwah seperti televisi, koran, majalah, buku, lagu dan internet.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh beberapa grup musik nasyid yang menggunakan lagu sebagai media dakwah. Contoh Ceramah Assalamu’alaikum Wr.Wb Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karunianya kita bisa berkumpul disini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah swt.

Semoga kita sekalian termasuk kedalam umatnya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa social untuk diterapkan kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas.

Karena dengan jiwa social, maka terjalinlah di antara kita saling tolong menolong, dan kasih sayang. Sehingga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haknya. Seseorang yang mempunyai jiwa social maka akan tertanam rasa senasib sepenanggungan. Bila kita berada dalam keadaan yang berlebih, maka hendaklah menjadin orang yang murah tangan.

Suka memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan. Dengan sedekah yang kita berikan kepada pengemis, orang miskin, dan kepada orang-orang yang amat membutuhkan pertolongan kita dengan rasa tulus dan ikhlas, maka perbuatan semacam ini akan mampu memadamkan kesalahan-kesalahan, bagaikan air memadamkan api.

Sehubungan dengan masalah diatas, maka Nabi Muhammad saw, menjelaskan dalam sabdanya: “Apakah engkau mau saya tunjukan engkau kepada pintu-pintu kebajikan? Saya (sahabat) menjawab: Baik ya Rasulullah. Nabi berkata: Ketahuilah bahwa puasa itu sebagai perisai dan sedekah itu memadamkan kesalahan, bagaikan air memadamkan api.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

(HR. TURMUDZI) Tentang pemberian sedekah hendaknya terlebih dahulu diberikan kepada orang-orang yang kita nafkahi, seperti memberikan nafkah kepada keluarga. Dan ini merupakan langkah yang terbaik sekalipun harta benda yang dimiliki itu sangat sedikit, tetapi lebih diutamakan kepada orang-orang yang dinafkahinya.

Pengertian Manajemen, Sejarah, Teori, Fungsi, Klasifikasi, Unsur-unsur, Prinsip dan Macam-macam Manajemen Hadirin sekalian yang berbahagia! Sehubungan dengan ini pula, Nabi saw. Bersabda “Sedekah yang diberikan kepada orang miskin hanya merupakan shadaqah saja, sedang yang diberikan kepada kerabat karib itu merupakan sedekah dan penghubung silaturahmi”. Demikianlah yang bisa kami sampaikan saat ini, mudah-mudahan kita termasuk orang yang gemar bersedekah dengan semata-mata mencari ridho Allah swt.

Cukup sekian materi yang bisa kami sampaikan, IHDINASH SHIROOTHOL MUSTAQIIM, WABILLAAHIT TAUFIQ WALHIDAYAT WASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOOHI WABARAKAATUH. Demikian artikel tentang Pengertian Ceramah, Jenis-Jenis, Komponen, Metode, Serta Media Ceramah dan Contohnya. Semoga dapat berguna serta dapat membantu Anda dalam memahami serta dapat membantu Anda dalam memulai ceramah dengan baik dan benar.
Contoh soal teks ceramah pilihan ganda beserta jawabannya - Hallo adik-adik semua, bagaimana kabarnya?

Kakak harap kalian semua sehat-sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan kumpulan soal-soal pilihan ganda bahasa Indonesia tentang ceramah dan kunci jawabannya. Maka dengan itu, kakak memberi judul artikel ini dengan nama contoh soal dan jawaban pilihan ganda (PG) teks ceramah kelas 11/XI. Baca juga: materi lengkap teks ceramah yang meliputi pengertian, ciri, struktur, jenis, dan unsurnya. Contoh Soal Pilihan Ganda tentang Kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut dan Jawabannya Ada sekitar 50 butir soal (PG/Pilihan Ganda) bahasa Indonesia tentang ceramah dan jawabannya yang bisa adik-adik jadikan referensi dalam menghadapi ujian dari guru.

Berikut ini adalah contoh soal pilihan ganda tentang ceramah kelas 11 beserta jawabannya. PETUNJUK UMUM Tulis namamu di sudut kanan atas. • Bacalah setiap soal dengan teliti. • Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. • Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!

1. Tujuan ceramah adalah …. a. memberikan nasehat b. mendeskripsikan sesuatu c. menjelaskan fenomena d. mengembangkan paragraf e. mengumumkan iklan 2. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah …. a. tujuannya jelas b. mengandung opini saja c.

isinya mengandung kebenaran d. cara penyampaian sesuai dengan pendengar e. menciptakan suasana yang efektif 3. Ceramah dilakukan oleh …. a. pendengar b. audiens c. pendakwah d. pidato e. pembicara 4. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu adalah …. a. ceramah b. pidato c. dakwah d. seminar e. presentasi 5. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik baik dari audien yang tua maupun muda, hal tersebut disebut ceramah ….

a. khusus b. umum c. illegal d. luar e. dalam 6. Isi teks ceramah mengandung …. a. kalimat ambigu b. kebenaran c. tujuannya tidak jelas d. kebohongan e. opini 7. pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas disebut …. a. artikulasi b. intonasi c. volume d. nada e.

irama 8. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah, kecuali …. a. wawasan pembicara b. mengetahui lama waktu c. menyusun kata-kata d. mengetahui jenis ceramah e. tidak menyiapkan bahan 9. Suatu metode dalam ceramah yang serta merta tanpa persiapan terlebih dahulu disebut …. a. impromptu b. memoriter c. naskah d. ekstemporan e. imporan 10. Tujuan ceramah adalah …. a. memberikan nasehat b. mendeskripsikan sesuatu c. menjelaskan fenomena d. mengembangkan paragraf e.

mengumumkan iklan 11. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah …. a. tujuannya jelas b. mengandung opini saja c. isinya mengandung kebenaran d. cara penyampaian sesuai dengan pendengar e. menciptakan suasana yang efektif 12 Ceramah dilakukan oleh …. a. pendengar b.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

audiens c. pendakwah d. pidato e. pembicara 13. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu adalah …. a. ceramah b. pidato c. dakwah d. seminar e. presentasi 14. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik baik dari audien yang tua maupun muda, hal tersebut disebut ceramah ….

a. khusus b. umum c. illegal d. luar e. dalam 15. Isi teks ceramah mengandung …. a.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

kalimat ambigu b. kebenaran c. tujuannya tidak jelas d. kebohongan e. opini 16. pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas disebut …. a. artikulasi b. intonasi c. volume d. nada e. irama 17. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah, kecuali ….

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

a. wawasan pembicara b. mengetahui lama waktu c. menyusun kata-kata d. mengetahui jenis ceramah e. tidak menyiapkan bahan 18.

Metode berpidato yang dengan menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu disebut …. a. impromptu b. memoriter c.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

naskah d. ekstemporan e. imporan Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 19-23! Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita. Menjadi penguat dan penyegar hidup kita.

Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya. Kepadamu ya tuhan, beri kami kesempatan untuk berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami. Berikan kami keberanian untuk bersimpuh dipangkuannya, untuk meminta maaf dan do’a ibu dan Bapak. Bapak ibu guru dan hadirin yang saya cintai inilah yang saya bisa ungkapan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan. 19. Teks tersebut termasuk teks …. a.

pidato b. ceramah c. eksplanasi d. cerpen e. eksposisi 20.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

inti dari kutipan teks di atas adalah …. a. Berbakti kepada orang tua b. mengenang jasa orang tua c. mengenal perjuangan orang tua d. kebaikan orang tua e. orang tua dan anak 21.

Struktur bagian isi terdapat pada kalimat …. a. pertama b. empat c. lima d. enam e. tujuh 22. Kalimat yang menyatakan penutup adalah …. a. Mohon maaf b. dan ini c. tetapi d. inilah e. sekalipun 23. Paragraf kedua termasuk struktur bagian …. a. pendahuluan b. isi c. penutup d. orientasi e. abstrak Bacalah teks berikut untuk menjawab nomor soal 24-28!

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini.

Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi.

Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya.

24. Teks tersebut termasuk teks …. a.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

ceramah b. eksplanasi c. eksposisi d. prosedur e. deskripsi 25. Salam pembuka di tandai dengan kalimat …. a. Assalamu’alaikum Wr. Wb b. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt. c. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw. d. Dirasa amat penting sekali jiwa social untuk diterapkan dilingkungan keluarga.

e. Karena dengan jiwa sosial 26. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. a. salam pembuka b. ucapan terima kasih c. pengenalan topik d. tema e. judul 27. Tema kutipan teks tersebut adalah …. a. jiwa sosial b.

orang tua c. kasih sayang d. keadilan e. keburukan 28. Kutipan teks tersebut termasuk struktur bagian …. a. pendahuluan b. isi c. penutup d. interpretasi e. orientasi 29. Perhatikan kalimat berikut!

Selamat pagi, audien yang saya hormati dan saya cintai. Kalimat tersebut termasuk pada struktur bagian …. a.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

pendahuluan b. isi c. penutup d. orientasi e. abstrak 30. Bacalah teks berikut! Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat iman dan islam. Salawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad saw. Teks di atas termasuk pendahuluan yang berupa …. a. salam pembuka b. ungkapan terimakasih c.

judul d. tema e. pengenalan topik 31. Sesuatu yang tidak perlu disebutkan dalam ceramah adalah …. a. topik b. tema c. judul d. materi e. opini 32. Poin yang harus ada dalam penutup, kecuali ….

a. kesimpulan b. ungkapan penutup c. ungkapan terima kasih d. ungkapan pembuka e. salam penutup 33. Berikut ungkapan penutup yang tepat adalah …. a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. b. Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan kepada orang-orang yang beriman bahwa Allah akan selalu beserta mereka yang menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong.

c. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh d. Selamat pagi, audiens yang saya hormati dan saya cintai. e. Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. 34. Kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut… a. ceramah b. pidato c. wawancara d. wasiat e. laporan 35.

apa tujuan dari teks ceramah…. a. Untuk menghibur b. Untuk memberikan nasihat c. Untuk menjelaskan tentang suatu hal d. Untuk mengungkapkan perasaan e. Menjelaskan sesuatu secara bertahap 36. Yang termasuk metode ceramah kecuali… a. Metode Impromptu b.

Metode Ekstemporan c. Metode Membaca Naskah d. Metode Menghafal e. Metode perpetual 37. metode ceramah yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali disebut…. a. Metode Impromptu b.

Metode Ekstemporan kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut. Metode Membaca Naskah d. Metode Menghafal e. Metode perpetual 38. Metode yang dilakukan untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan resmi, seperti ceramah kenegaraan, ceramah sambutan peringatan hari besar nasional, dan lain-lain disebut. a. Metode Impromptu b. Metode Ekstemporan c. Metode Membaca Naskah d.

Metode Menghafal e. Metod perpetual 39. Dalam metode ini pembicara memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan, membuat naskah, dan menghafalkan naskah. a. Metode Impromptu b. Metode Ekstemporan c. Metode Membaca Naskah d. Metode Menghafal e. Metode perpetual 40. Metode yang dilakukan tanpa adanya naskah ceramah, akan tetapi pembicara masih mempunyai kesempatan untuk membuat kerangka isi ceramah disebut… a.

Metode Impromptu b. Metode Ekstemporan c. Metode Membaca Naskah d. Metode Menghafal e. Metode perpetual 41.

Demikian lah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua. Mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan apapun. kutipan teks ceramah di atas, termasuk kedalam bagian… a. penutup b. pembuka c. isi d. orientasi e. koda 42. audiens ceramah disebut juga sebagai. a. mad’u b. dai c. hafidz d.

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

khotib e. semua benar 43. Yang termasuk penutup ceramah adalah a. kesimpulan, ucapan syukur b. ucapan syukur dan salam c. ringkasan dan salam d. kesimpulan, ucapan syukur, dan salam. e. kesimpulan, permintaaan maaf, dan salam. 44. Penceramah disebut juga.

a. Dai b. Mad’u c. Khotib d. Imam e. Narasumbe 45. Ceramah Merupakan jenis berbicara… a. Satu arah b. 2 arah c. Diskusi d. Campuran e. Banyak arah 46. bagian yang penting yang mengandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan adalah a. isi b. naskah c. ide d. penutup e. pembuka 47. ciri-ciri ceramah yang baik, kecuali… a. tujuannya jelas b. isinya mengandung kebenaran c. cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar d. menggunakan intonasi, artikulasi,dan volume yang jelas e.

adanya timbal balik 48. salah satu ciri ceramah yang baik adalah menggunakan intonasi, artikulasi,dan volume yang jelas. Maksud dari intonasi adalah…. a. cara melafalkan bunyi bahasa b. naik turunnya lagu kalimat c.

kuat lemahnya mengucapkan kata atau kalimat d. keras lembutnya suara e. kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut tubuh dan mimic muka 49.

yang bukan manfaat ceramah adalah. a. menambah pengetahuan kita b. menambah kadar keimanan c. membuat bising atau berisik d. mendapat pencerahan hati dan akal e.

a, b, dan d benar 50. ceramah dapat dilakukan dengan cara kreatif dan inovatif seperti…. a. seminar b. lokakarya c. pelatihan d. sarasehan e. stand up Itulah tadi kumpulan soal pg teks ceramah dan jawabannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui contoh soal pilihan ganda bahasa Indonesia kelas 11 semester 2 dan jawabannya, silahkan lihat link di bawah ini.

Baca juga: 110+ Contoh Soal PG Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 dan Jawabannya Demikianlah artikel 50 contoh soal teks ceramah pilihan ganda (PG) beserta jawaban. Semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila ada jawaban kami yang salah, silahkan beritahukan dengan berkomentar di bawah ini.

Sekian dan terima kasih. Autobiografi (3) Ceramah (10) Cerpen (7) Contoh Teks (63) Debat (4) Dongeng (3) Hikayat (4) Indeks Buku (1) Karya Tulis Ilmiah (4) Kelas10 (30) Kelas11 (35) Kelas12 (23) Kelas7 (12) Kelas8 (15) Kelas9 (23) Novel (2) Puisi (10) Resensi (1) Roman (1) Sintaksis (10) Slogan (1) Soal & Jawaban (44) Surat (6) Teks Anekdot (6) Teks Berita (3) Teks Biografi (5) Teks Cerita Fabel (3) Teks Cerita Fantasi (1) Teks Cerita Fiksi (1) Teks Cerita Sejarah (2) Teks Cerita Ulang (2) Teks Deskripsi (4) Teks Diskusi (4) Teks Drama (5) Teks Editorial (3) Teks Eksemplum (3) Teks Eksplanasi (11) Teks Eksposisi (4) Teks Iklan (14) Teks Laporan Hasil Observasi (7) Teks Narasi (3) Teks Negosiasi (3) Teks Pidato (4) Teks Prosedur (6) Teks Rekaman Percobaan (4) Teks Tanggapan Kritis (5) Teks Tantangan (4) Teks Ulasan (5) Sesuai namanya, teks ceramah biasanya digunakan untuk memberikan sebuah informasi yang baik dan informasi tersebut akan disampaikan dihadapan orang banyak.

penyampaian informasi tersebut bisa dilakukan secara langsung atau menggunakan media perantara. Materi teks ceramah akan anda jumpai pada mata pelajaran bahasa indonesia yang tersedia di smp ataupun sma. Ada banyak hal yang harus anda pelajari dan pahami dari materi teks ceramah, mulai dari struktur, ciri-ciri teks ceramah, metode ceramah dan lainnya.

Untuk membantu pemahaman anda tentang teks ceramah, maka ada baiknya untuk menambah ilmu dan informasi dengan mengerjakan soals-soal yang tentunya berhubungan dengan teks ceramah, mau itu soal pilihan berganda ataupun soal dalam bentuk essay. Soal dan Kunci Jawaban Teks Ceramah Dibawah ini tersedia 20 soal tentang materi teks ceramah beserta kunci jawaban yang bisa anda lihat pada bagian bawah. anda juga bisa mendownload soal tersebut dalam bentuk dokumen pdf melalui link download yang tersedia di akhir halaman.

1. Kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut… a.ceramah b.pidato c.wawancara d.wasiat e.laporan 2. apa tujuan dari teks ceramah…. a.Untuk menghibur b.Untuk memberikan nasihat c.Untuk menjelaskan tentang suatu hal d.Untuk mengungkapkan perasaan e.Menjelaskan sesuatu secara bertahap 3. Yang termasuk metode ceramah kecuali… a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal e.Metode perpetual 4.

metode ceramah yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali disebut…. a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal e.Metode perpetual 5. Metode yang dilakukan untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan resmi, seperti ceramah kenegaraan, ceramah sambutan peringatan hari besar nasional, dan lain-lain disebut.

a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal e.Metode perpetual 6. Dalam metode ini pembicara memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan, membuat naskah, dan menghafalkan naskah.

a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal e.Metode perpetual 7. Metode yang dilakukan tanpa adanya naskah ceramah, akan tetapi pembicara masih mempunyai kesempatan untuk membuat kerangka isi ceramah disebut… a.Metode Impromptu b.Metode Ekstemporan c.Metode Membaca Naskah d.Metode Menghafal e.Metode perpetual 8. bismilaahirrahmaanirrahiim, alhamdulilaahirobbil’aalamiin, washsholatu wassalasmu’ala asrofil anbiya iwal mursalin, sayidina wamaulana muhamdin wa ‘aala aalihi wasohbihi azma’in, ammaa ba’du.

kutipan teks ceramah di atas, termasuk kedalam bagian… a.penutup b.pembuka c.isi d.orientasi e.koda 9. Demikian lah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua. Mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan apapun. kutipan teks ceramah di atas, termasuk kedalam bagian… a.penutup b.pembuka c.isi d.orientasi e.koda 10.audiens ceramah disebut juga sebagai.

a.mad’u b.dai c.hafidz d.khotib e.semua benar 11.yang termasuk penutup ceramah adalah a.kesimpulan, ucapan syukur b.ucapan syukur dan salam c.ringkasan dan salam d.kesimpulan, ucapan syukur, dan salam. e.kesimpulan, permintaaan maaf, dan salam. 12.Penceramah disebut juga. a.Dai b.Mad’u c.Khotib d.Imam e.Narasumber 13.Ceramah Merupakan jenis berbicara… a.Satu arah b.2 arah c.Diskusi d.Campuran e.Banyak arah 14.bagian yang penting yang mengandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan adalah a.isi b.naskah c.ide d.penutup e.pembuka 15.ciri-ciri ceramah yang baik, kecuali… a.tujuannya jelas b.isinya mengandung kebenaran c.cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar d.menggunakan intonasi, artikulasi,dan volume yang jelas e.adanya timbal balik 16.salah satu ciri ceramah yang baikadalah menggunakan intonasi, artikulasi,dan volume yang jelas.

Maksud dari intonasi adalah….

kegiatan yang memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiensi yang bertindak sebagai pendengar disebut

a.cara melafalkan bunyi bahasa b.naik turunnya lagu kalimat c.kuat lemahnya mengucapkan kata atau kalimat d.keras lembutnya suara e.bahasa tubuh dan mimic muka 17.yang bukan manfaat ceramah adalah.

a.menambah pengetahuan kita b.menambah kadar keimanan c.membuat bising atau berisik d.mendapat pencerahan hati dan akal e.a, b, dan d benar 18.yang bukan sifat dari teks ceramah adalah a.teksnya pendek, singkat dan jelas b.memberi informasi c.memotivasi d.mempengaruhi e.b, c, dan d benar 19.agar pendengar tidak merasa bosan, maka ceramah harus, kecuali.

a.materinya menarik b.tidak monoton c.intonasinya bagus d.membawakan materi yang sedang terkini e.monoton 20.ceramah dapat dilakukan dengan cara kreatif dan inovatif seperti…. a.seminar b.lokakarya c.pelatihan d.sarasehan e.stand up Kunci Jawaban Soal Teks Ceramah 1.A 2.B 3.E 4.A 5.C 6.D 7.B 8.B 9.A 10.A 11.E 12.A 13.A 14.A 15.E 16.B 17.C 18.A 19.E 20.E Download Soal dan Kunci Jawaban Teks Ceramah Silahkan download soal diatas melalui link dibawah ini dalam bentuk Dokumen PDF.

Download soal Teks Ceramah

#dailyvlog#morningroutine/Kegiatan ibu rumah tangga sehari-hari/beres2 dapur dan ruang keluarga




2022 www.videocon.com