Kegunaan temulawak

kegunaan temulawak

Buka Tutup • Temulawak dikenal sebagai herbal yang ampuh meningkatkan nafsu makan, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat. • Temulawak mengandung serat yang dapat memulihkan kebugaran tubuh dan minyak asiri yang dapat meningkatkan kegunaan temulawak ginjal. • Kandungan kurkumin pada temulawak dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah pembentukan batu empedu.

• Rutin konsumsi jamu temulawak juga dapat membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, berkat kandungan phelandren di dalamnya. • Temulawak aman dikonsumsi selama dalam batas wajar dan tidak lebih dari 18 minggu berturut-turut. Segera hubungi dokter jika muncul efek samping yang mengganggu. • Dokter kami telah menjawab pertanyaan seputar manfaat temulawak dan mitos yang beredar pada kolom Tanya Dokter di Honestdocs. Klik untuk info lebih lanjut. Temulawak kegunaan temulawak familiar di tengah-tengah masyarakat indonesia, khususnya para penggemar jamu tradisional.

Sayangnya, belum banyak yang mengetahui akan ragam manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh. Meski lebih sering dikenal sebagai ramuan penambah nafsu makan, ternyata masih ada banyak khasiat temulawak lainnya. Sekilas Tentang Temulawak Temulawak ( Curcuma xanthorrhiza) dikenal sebagai tanaman bahan dasar obat tradisional khas Indonesia.

Tanaman ini tergolong ke dalam jenis temu-temuan yakni tanaman dengan bentuk rimpang dan akar yang pada bagian batangnya berada di dalam tanah. Temulawak tergolong ke dalam keluarga tanaman Zingiberaciae, seperti halnya kunyit, jahe lengkuas, dan lainnya. Tanaman semacam ini banyak terdapat di wilayah tropis sebagaimana di Indonesia dan negara-negara Asia Kegunaan temulawak lainnya.

Tanaman Zingiberaciae ini sering ditemukan hidup di wilayah yang memiliki ketinggian 5 – 750 meter di atas permukaan laut. Kandungan Temulawak yang Bermanfaat Manfaat temulawak tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam temulawak secara singkat dapat dilihat melalui tabel berikut: NUTRIEN (per 100 gram) JUMLAH SATUAN Air 12.85 g Energi 312 kcal Protein 9.68 g Total lipid (lemak) 3.25 g Karbohidrat 67.14 g Serat 22.7 g Gula total 3.21 g Kalsium, Ca 168 mg Besi, Fe 55 mg Magnesium, Mg 208 mg Phosphorus, P 299 mg Potassium, K 2080 mg Sodium, Na kegunaan temulawak mg Zinc, Zn 4.5 mg Vitamin C, ascorbic acid 0.7 mg Thiamin 0.058 mg Riboflavin 0.15 mg Niacin 1.35 mg Vitamin B-6 0.107 mg Asam folat 20 µg Vitamin B-12 0 µg Vitamin A, RAE 0 µg Vitamin A, IU 0 IU Vitamin E (alpha-tocopherol) 4.43 mg Vitamin D (D2 + D3) 0 µg Vitamin D 0 IU Vitamin K (phylloquinone) 13.4 µg Fatty acids, total saturated 1.838 g Fatty acids, total monounsaturated 0.449 g Fatty acids, total polyunsaturated 0.756 kegunaan temulawak Fatty acids, total trans 0.056 g Kandungan beberapa zat aktif dalam temulawak antara lain: • Pati – membantu melancarkan proses metabolisme.

• Protin 29-30% • Serat 2,58-4,83% – memulihkan kebugaran tubuh. • Kurkumin 1,60-2,20% – membantu melancarkan proses pencernaan. • Minyak asiri 6-10% – dapat meningkatkan fungsi ginjal. • Phelandren – membantu melancarkan pengeluaran toksin atau racun dari tubuh melalui air kencing. • Turmerol – membantu melancarkan proses metabolisme. • Borneol – membantu memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit. Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh Sama halnya dengan tanaman herbal (obat-obatan alami) pada umumnya, temulawak memiliki ragam manfaat yang luar biasa, terlebih khasiatnya pada tubuh manusia.

Beberapa manfaat temulawak bagi tubuh yang tidak boleh terlewatkan antara lain: 1. Membantu Melancarkan Buang Air Besar Kandungan serat dan kurkumin yang cukup tinggi pada temulawak dapat membantu melancarkan buang air besar. Bagi Anda yang memiliki masalah susah buang air besar, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi tanaman temu-temuan jenis ini.

Baca Juga: 25 Jenis Makanan Pelancar BAB yang Lezat dan Sehat 2. Membantu Meningkatkan Fungsi Ginjal Temulawak juga mampu membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh.

Manfaat temulawak yang satu ini diperoleh berkat kandungan minyak asiri sebanyak 6% di dalamnya. 3. Membantu Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh Sejalan dengan khasiat temulawak untuk ginjal di atas, mengonsumsi tanaman jamu yang satu ini secara rutin dapat membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Manfaat temulawak tersebut juga diakibatkan oleh kandungan Phelandren dalam tanaman tersebut.

4. Membantu Pemulihan Kesehatan Tubuh Bagi Anda yang baru saja menjalani proses penyembuhan akibat penyakit, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak. Khasiat temulawak yang satu ini diperantarai oleh kandungan borneol di dalamnya, secara aktif mampu membantu proses penyembuhan terhadap penyakit atau luka dalm tubuh.

5. Membantu Proses Metabolisme pada Tubuh Metabolisme yang lancar akan memberikan dampak kesehatan pada tubuh secara kesuluruhan. Nah, tanaman jamu yang satu ini diam-diam mampu membantu melancarkannya. Manfaat temulawak untuk metabolisme tubuh diperantarai oleh kandungan pati dan turmerol sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

6. Membantu Kegunaan temulawak Penyakit Asma Bagi penderita asma, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi temulawak. Anda dapat menyajikannya dengan cara sebagai berikut: • Menyiapkan ½ rimpang temulawak yang telah dicuci sampai bersih. • Kupas kulitnya dan selanjutnya iris dengan ukuran yang sesuai. • Rebus temulawak yang telah diiris di dalam air sebanyak 5 gelas. • Campurkan dengan gula aren sesuai selera.

• Jika air rebusan telah tersisa setengahnya, maka ramuan temulawak telah siap untuk dikonsumsi sebagai penawar penyakit asma. Agar mendapatkan manfaat temulawak dengan maksimal, maka minumlah secara rutin ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari. 7. Membantu dalam Mengobati Penyakit Ginjal Selain melancarkan fungsinya, temulawak juga kegunaan temulawak ampuh dalam membantu proses pengobatan penyakit kegunaan temulawak.

Cara penyajiannya adalah sebagai berikut: • Kupas kulit temulawak lalu cuci sampai bersih. • Siapkan 4 gelas air putih ke dalam panci ukuran sedang dan bahan tambahan lainnya yakni daun kumis kucing. • Rebuslah air tersebut bersama dengan daun kumis kucing serta temulawak yang telah dikupas dan diiris sebelumnya.

• Rebus temulawak hingga air dalam panci tersisa kira-kira sebanyak 2 gelas atau setengah dari sebelumnya. Air rebusan temulawak dan kumis kucing ini sebaiknya diminum 3 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Membantu Mengobati Penyakit Bisul Temulawak juga dipercaya mampu membantu dalam proses pengobatan penyakit bisul. Lakukan langkah-langkah berikut ini: • Cuci hingga bersih temulawak lalu dikupas kulitnya • Sediakan air putih sebanyak 2 gelas lalu rebus bersama dengan temulawak • Campurkan sedikit campuran gula aren di dalamnya (secukupnya) • Rebus campuran bahan tersebut hingga air rebusan hanya tersisa setengahnya • Tambahkan sedikit asam jawa • Tiriskan rebusan tersebut hingga tersisa airnya ke dalam gelas • Tunggu hingga agak hangat dan siap diminum.

9. Membantu Mengatasi Mual Temulawak telah terbukti ampuh dalam mengatasi mual terlebih pada keluhan morning sickness pada ibu hamil muda. Manfaat temulawak yang satu ini tidak terlepas dari kandungan piridoksin atau vitamin B6 di dalamnya. Bagi Anda yang seringkali mengalami mual-mual, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ramuan dengan olahan bahan dasar temulawak. 10. Membantu Meredakan Kelelahan Otot Belum banyak yang tahu kegunaan temulawak manfaat temulawak dapat meringankan kelelahan otot, terutama bagi orang-orang yang aktif bekerja dan berolah raga berat.

Bagi Anda yang merupakan seorang pekerja berat dan olahragawan, sangat dianjurkan untuk meminum ramuan dengan campuran temulawak di dalamnya. 11. Sebagai Antioksidan Dalam temulawak terdapat kandungan antioksidan yang mampu menghambat proses oksidasi terhadap molekul lainnya.

Antioksidan juga berfungsi sebagai kegunaan temulawak tumbuhnya kanker payudara pada wanita, mencegah alzheimer (pikun), kardiovaskular ( penyakit jantung) dan lain sebagainya. 12. Menambah Nafsu Makan Anda punya masalah nafsu makan yang tidak berselera akhir-akhir ini? Cobalah konusmsi temulawak.

Khasiat temulawak sejak dulu diyakini mampu menambah nafsu makan. 13. Baik untuk Kesehatan Hati (Liver) Bahan aktif (antioksidan dan antiedemic) dari kurkuminoid (kurkumin, dicinnamoyl - metana, bis - demethoxy - kurkumin, demethoxy curcumin) mendorong empedu dan mencegah pembentukan batu empedu.

Di samping itu, temulawak juga memiliki sifat anti- inflamasi sehingga baik untuk mendukung penyembuhan hepatitis atau radang hati.

kegunaan temulawak

Selain dari beberapa manfaat utama di atas, temulawak juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya seperti: • Memperlancar datang bulan bagi wanita. • Mengurangi produksi darah kotor dalam tubuh. • Membantu menghilangkan komedo.

• Membantu pembersihan wajah. • Sebagai bahan dasar kosmetik. • Mampu meningkatkan gairah atau mood. • Membantu mengatasi keluhan insomnia.

• Melancarkan ASI bagi ibu menyusui. • Melancarkan haid. • Mengurangi radang sendi. Manfaat temulawak di atas memerlukan pembuktian lebih lanjut, terkhusus untuk mengatasi penyakit tertentu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika ingin menggunakan temulawak sebagai pengobatan.

Apakah temulawak bebas efek samping? Disamping kaya manfaat, perlu diketahui juga bahwa temulawak juga memiliki efek samping. Tanaman ini sangat aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari asalkan tidak melebihi 18 minggu secara berturut-turut.

Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak dalam porsi besar dan untuk jangka waktu yang lama. Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping yang mengganggu, seperti rasa mual dan iritasi pada lambung. Selain itu, ibu hamil dan menyusui sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi temulawak. Hal tersebut dikarenakan belum adanya informasi mengenai dampak penggunaan temulawak secara konsumtif pada masa kehamilan dan menyusui bagi wanita.

Baca Selengkapnya: Efek Samping Temulawak yang Belum Diketahui Banyak Orang Seberapa banyak dosis temulawak untuk kesehatan tubuh tergantung dari banyak faktor, seperti usia, kesehatan, dan kondisi lainnya. Hingga saat ini belum ada informasi ilmiah mengenai takaran pasti dosis temulawak. Maka dari itu, sebaiknya kegunaan temulawak dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi herbal ini supaya Anda bisa merasakan manfaat temulawak secara maksimal.

Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui kegunaan temulawak Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler. Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya.

Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti.

Kegunaan temulawak dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app Manfaat temulawak untuk kesehatan sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia.

Berkat kandungan berbagai senyawa alami di kegunaan temulawak, tanaman berkhasiat ini secara turun-menurun telah digunakan sebagai jamu kegunaan temulawak obat herbal tradisional. Temulawak ( Curcuma zanthorrhiza) adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari kurang nafsu makan, gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, hingga gangguan fungsi hati.

Tanaman ini masih kerabat dekat dengan kunyit. Tak hanya sebagai obat herbal, akar temulawak juga sering digunakan sebagai pewarna makanan, bumbu masakan, dan bahan campuran dalam produk kosmetik.

Di Indonesia sendiri, temulawak biasanya dikonsumsi dalam bentuk kering atau bubuk dan jamu atau teh herbal. Tanaman ini juga banyak diproduksi dalam bentuk suplemen. Beragam Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak mengandung beragam senyawa yang baik untuk kesehatan, seperti terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol. Beragam senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, dan antidiabetes.

Bagian rimpang induk dan akar temulawak adalah bagian yang paling berkhasiat dan paling banyak mengandung senyawa aktif. Oleh karena itu, bagian inilah yang sering diambil dan dimanfaatkan untuk pengobatan. Berkat kandungan senyawanya tersebut, ada beragam manfaat temulawak yang bisa Anda peroleh, yaitu: 1. Memperkuat imunitas tubuh Salah satu manfaat utama temulawak adalah memperkuat daya tahan kegunaan temulawak. Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.

Daya tahan tubuh yang kuat juga bisa membuat Anda jarang sakit. 2. Mencegah dan mengatasi infeksi Temulawak mengandung xanthorrhizol dan kurkuminoid yang kegunaan temulawak sebagai antimikroba. Berbagai riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri Salmonella dan E.coli. Selain itu, ekstrak temulawak juga diketahui memiliki efek antivirus dan antijamur.

Oleh karena itu, temulawak bisa dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengatasi infeksi. Minuman temulawak juga memiliki efek antiradang dan pereda demam alami, sehingga baik dikonsumsi untuk mendukung proses pemulihan saat Anda sedang sakit, misalnya demam atau flu.

3. Mengatasi gangguan pencernaan Minuman herbal atau jamu yang terbuat dari temulawak juga cukup dikenal kegunaan temulawak untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa temulawak memiliki potensi manfaat untuk mengobati radang lambung atau gastritis. Meski demikian, efektivitas dan keamanan manfaat temulawak yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan dan fungsi hati Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa temulawak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati serta mengurangi peradangan kegunaan temulawak hati. Ini diduga berkat efek antioksidan dan antiradang yang terdapat pada temulawak.

Meski demikian, jika ingin menggunakan temulawak sebagai pengobatan untuk penyakit hati, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 5. Mengendalikan kadar gula darah Temulawak juga diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan. Temulawak juga diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah.

kegunaan temulawak

6. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker Temulawak memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antikanker yang cukup kuat. Beberapa riset menyebutkan bahwa ekstrak temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, dan kanker hati. Meski demikian, temulawak masih belum bisa digunakan sebagai pengobatan kanker. Penelitian terhadap efektivitas temulawak dalam mengobati kanker masih sangat terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Selain berbagai manfaat di atas, temulawak juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan menjaga kesehatan otak. Waspadai Efek Samping Temulawak Meski termasuk dalam bahan herbal alami, temulawak tetap tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Ini karena temulawak bisa saja menimbulkan efek samping atau reaksi interaksi obat, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan dari dokter. Selain itu, temulawak juga belum terbukti aman dikonsumsi oleh setiap orang. Ada beberapa kelompok yang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal, yaitu wanita hamil dan menyusui serta penderita penyakit tertentu, seperti gangguan empedu, maag kronis, dan kegunaan temulawak darah.

Jika ingin mengonsumsi temulawak, Anda juga perlu mengetahui takaran amannya. Konsumsi ekstrak temulawak kegunaan temulawak 8 gram per hari diduga masih dalam batas aman. Meski begitu, belum ada informasi yang jelas mengenai dosis aman dan dosis maksimal temulawak secara medis.

Oleh karena itu, temulawak tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan, apalagi jika Anda memiliki penyakit atau sedang menjalani pengobatan tertentu. Manfaat temulawak bagi kesehatan memang begitu beragam. Namun, agar lebih aman, ada baiknya bila Anda konsultasikan ke dokter lebih dulu jika ingin mengonsumsi temulawak sebagai obat herba atau suplemen untuk mengatasi kondisi yang Anda alami.
10 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan – Grameds tahu tidak bahwa banyak sekali tanaman di Indonesia yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan loh.

kegunaan temulawak

Salah satunya adalah temulawak. Apakah kamu pernah mendengar tanaman temulawak? Apa itu temulawak? Temulawak adalah tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Bentuk dari temulawak biasanya mirip dengan kunyit. Temulawak ini memiliki sebuah nama latin yakni Curcuma xanthorrhiza yang memiliki bentuk, seperti tabung dengan diameter panjangnya sekitar 6 cm. Pada umumnya, temulawak ini memiliki kulit yang berwarna kuning muda.

Kegunaan temulawak jenis tanaman monokotil yang tidak memiliki akar tunggang. Temulawak ini hanya mempunyai akar rimpang. Rimpang adalah salah satu bagian pada batang yang terletak di bawah tanah.

kegunaan temulawak

Rimpang juga bisa disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Di antara semua rimpang bergenus Curcuma, rimpang temulawak inilah yang paling besar di antara tanaman lainnya.

Rimpang pada temulawak terdiri dari rimpang induk dan anakan. Rimpang induknya memiliki bentuk yang bulat, seperti telur dan berwarna kuning tua. Sedangkan, pada bagian dalamnya kegunaan temulawak warna jingga kecoklatan.

Tidak hanya itu, di dalam rimpang temulawak juga terdapat tiga zat aktif yang baik bagi kesehatan. Pertama, germakron yang berfungsi menghambat pembengkakan dan anti radang. Kedua, p-trimetil karbinol dan seskuiterpen d-kamper yang berfungsi dapat meningkatkan produksi dan empedu. Sedangkan, yang ketiga adalah turmeron yang berfungsi sebagai anti mikroba. Manfaat pada tanaman temulawak ini sudah biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional China sejak ribuan tahun yang lalu. Biasanya temulawak tumbuh secara liar dan tidak memerlukan penanganan secara khusus.

Jika kamu ingin mengetahui lebih luas lagi tentang temulawak atau budidayanya, grameds dapat membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini sebagai solusi dalam memberikan informasi-informasi terbarunya. Langsung saja klik di bawah ini ya! Nah, grameds sudah tahu apa itu temulawak dan beberapa kandungannya bukan? Selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa manfaat yang didapatkan bagi kesehatan saat mengkonsumsi temulawak. Simak hingga akhir artikel di bawah ini ya grameds!

Berikut ini adalah 10 manfaat temulawak bagi kesehatan, di antaranya sebagai berikut. 1. Mengatasi Sistem Pencernaan Manfaat temulawak yang pertama bagi kesehatan adalah dapat mengatasi sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini tentu merangsang produksi pada cairan di kantong empedu yang dapat membantu sistem pencernaan hingga metabolisme makanan di dalam tubuh dapat dicerna dengan baik.

Selain itu, beberapa pendapat ahli lain mengemukakan bahwa temulawak juga bermanfaat dalam mengatasi perut yang kembung, meningkatkan nafsu makan, dan membantu sistem pencernaan yang tidak lancar.

2. Mencegah Kanker Kanker adalah salah satu jenis penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Beberapa ahli mengemukakan penelitiannya bahwa kandungan pada kegunaan temulawak dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel jahat pada kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat. Sebuah riset pada tahun 2001 menyatakan bahwa kandungan di dalam temulawak jika dapat dimanfaatkan dengan baik maka dapat menghambat pertumbuhan pada kanker prostat.

Adapun, penelitian dari University of Maryland Medical Center yang menjelaskan bahwa kandungan zat antioksidan di dalam temulawak dapat menghentikan adanya pertumbuhan pada kanker. 3.

Mengobati Arthritis Manfaat temulawak berikutnya adalah dapat mengobati arthritis. Arthritis atau yang biasa disebut dengan peradangan sendi dapat menyerang beberapa sendi pada tubuh kita. Adapun, dua jenis arthritis yang paling umum untuk diketahui yaitu osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). Kandungan kurkumin di dalam temulawak merupakan senyawa anti inflamasi yang sangat kuat. Hal ini tentu dapat membantu dalam mengobati peradangan sendi. Kandungan kurkumin ini memberikan efek yang baik bagi kegunaan temulawak sendi tersebut.

Jangan khawatir ya grameds, apabila temulawak tidak dapat memberikan solusi yang baik kamu dapat membaca salah satu buku berikut ini dalam mengatasi peradangan sendi yang sedang diderita.

Silakan klik di bawah ini! 4. Meningkatkan Fungsi Otak Manfaat temulawak selanjutnya yaitu dapat meningkatkan fungsi pada otak. Kandungan senyawa kurkumin pada temulawak dapat memicu adanya peningkatan kadar BDNF.

BDNF adalah hormon yang dapat membantu sekaligus memperbaiki dan memperbanyak neuron di dalam otak manusia. Neuron mampu dalam membentuk suatu koneksi yang baru di wilayah tertentu sehingga manfaat temulawak ini bisa membantu dalam mencegah penyakit alzheimer kegunaan temulawak gangguan pada otak. 5. Mengobati Stres Pada suatu penelitian, bagi orang yang mengkonsumsi temulawak secara efektif dapat terhindar dari kegunaan temulawak atau depresi loh grameds. Kandungan kurkumin di dalam temulawak memberikan efektif yang baik dalam mengatasi antidepresan.

Selain itu, depresi juga berkaitan dengan adanya penurunan pada tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan penyusutan hipokampus. Area di dalam otak berperan dalam memberikan pembelajaran dan memori yang baik. Adapun, beberapa penelitian yang membuktikan bahwa manfaat dari temulawak kegunaan temulawak kesehatan dapat meningkatkan neurotransmitter otak pada hormon serotonin dan dopamin.

Grameds juga bisa loh membaca salah satu rekomendasi ebook berikut ini untuk menangani stres yang sedang diderita. Dengan membaca ebook ini kamu akan menemukan petunjuk hidup yang baik sehingga terhindar dari stres. Yuk, langsung saja klik bukunya di bawah ini! 6. Mencegah Serangan Jantung Manfaat temulawak bagi kesehatan berikutnya kegunaan temulawak dapat menurunkan adanya risiko pada penyakit jantung.

Salah satu jenis penyakit yang satu ini merupakan penyebab nomor satu kematian terbanyak di dunia. Kandungan kurkumin pada temulawak dapat memicu peningkatan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah sehingga terjadilah suatu kerusakan endotelium yang membuat peredaran darah menjadi tidak lancar dan berakibat pembekuan pada darah. 7. Mengobati Jerawat Temulawak tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan saja, pada dunia kecantikan temulawak bisa digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah loh grameds.

Hal ini dikarenakan adanya sifat astringent yang ada di dalam temulawak tersebut. Astringent ini bermanfaat dalam mengurangi suatu produksi minyak pada kelenjar. Sifat astringent ini dapat membantu dalam mengecilkan pori-pori di kulit sehingga dapat mencegah munculnya jerawat pada permukaan kulit.

Kandungan antibakteri dan antioksidan di dalam temulawak juga dapat menyembuhkan jerawat. Tidak hanya itu, ada juga kandungan antiseptik di dalam temulawak yang dapat membantu dalam hal membersihkan kulit dari bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Dengan demikian, jerawat yang meradang akan berangsur membaik dan sembuh secara perlahan. 8. Mencegah DBD Kandungan minyak atsiri di dalam temulawak memiliki manfaat untuk menangkal nyamuk aedes aegypti sehingga tidak menghisap darah di dalam tubuh kamu.

Hal ini dikarenakan salah satu jenis nyamuk ini pembawa virus dengue dapat mencegah dari bahayanya penyakit demam berdarah. 9. Obat Diuretik Alami Manfaat temulawak bagi kesehatan lainnya yang sayang untuk kamu lewatkan yakni dapat sebagai obat diuretik alami. Diuretik adalah salah satu zat yang dapat membantu dalam membersihkan tubuh dari garam atau natrium dan air. Oleh karena itu, tidak akan terjadi suatu penumpukan cairan yang ada di dalam tubuh. Salah satu zat ini dapat merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak lagi natrium ke dalam urine.

Manfaat diuretik pada temulawak ini juga akan mengambil kelebihan cairan dari pembuluh darah. Proses ini membantu dalam mengurangi tekanan pada dinding pembuluh Anda. Pada umumnya diuretik sangat dibutuhkan dalam membantu, mencegah, mengobati, dan memperbaiki masalah kesehatan, seperti ginjal, gagal jantung, pembengkakan jaringan, dan gagal hati.

10. Menambah Nafsu Makan Manfaat kegunaan temulawak bagi kesehatan berikutnya kegunaan temulawak dapat menambah tingkat nafsu pada makan. Tidak jarang sebagian orang tua yang telah memiliki anak akan mengalami kesusahan dalam memberikan makan. Oleh karena itu, temulawak bisa menjadi salah satu solusi yang ampuh dalam meningkatkan nafsu makan tersebut. Pada umumnya temulawak yang telah diolah dapat berbentuk beraneka macam, seperti suplemen, jamu, minuman instan, dan lain sebagainya yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Temulawak ini dapat menjadi solusi dalam mempercepat proses pengosongan di lambung sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali. Grameds tidak perlu khawatir jika temulawak belum bisa mengatasi kendala dalam menangani anak yang susah makan, kamu bisa memilih salah satu rekomendasi ebook berikut ini dalam memberikan solusi terbaiknya.

Nah, itulah ulasan pada satu artikel ini kegunaan temulawak 10 manfaat temulawak bagi kesehatan. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang temulawak yang belum kamu ketahui.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang temulawak bagi kesehatan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam kegunaan temulawak kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya.

kegunaan temulawak

Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya! Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • Manfaat Yogurt • Manfaat Petai • Manfaat Kacang Almond • Manfaat Kolang Kaling • Manfaat Beras Merah • Manfaat Air Putih • Manfaat Vitamin E • Manfaat Kangkung • Manfaat Temulawak • Manfaat Kacang Tanah • Manfaat Jagung • Manfaat Jeruk Nipis • Manfaat Air Kelapa Muda • Manfaat Wortel • Manfaat Teh Hijau • Manfaat Madu • Manfaat Habbatussauda • Manfaat Kencur • Manfaat Susu Kedelai Penulis: Elsya Islamay Recent Post • Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu Mei 6, 2022 • Cara Membuat Contoh Proposal Bisnis Plan yang Baik kegunaan temulawak Benar Mei 6, 2022 • 8 Rekomendasi Spidol Kain Terbaik untuk Melukis Mei 6, 2022 • Tips Membangkitkan Semangat Kerja & Penyebab Semangat Kerja Menurun Mei 6, 2022 • 70 Ucapan Selamat Idul Fitri Lengkap Mei 6, 2022 • Menu Sahur Enak, Mudah, dan Praktis Mei 6, 2022 • 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Mei 6, 2022 • 11 Cara Menghilangkan Ngantuk Secara Efektif Mei 6, 2022 • Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif Mei 6, 2022 • Rekomendasi Buku Hijrah Muslimah Mei 6, 2022 Merdeka.com - Anda pasti sudah tidak asing dengan temulawak.

Temulawak merupakan tanaman asli dari Indonesia dan Malaysia. Akar dan rimpang (batang bawah tanah) dari tanaman ini biasa digunakan untuk membuat obat. Khasiat kesehatan pada temulawak didapat dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Terpenoid, kurkuminoid, dan xanthorrhizol kegunaan temulawak beberapa senyawa aktif pada temulawak yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker, dan antidiabetes.

Jadi jangan heran jika kegunaan temulawak untuk kesehatan juga cukup beragam. Temulawak dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, irritable bowel syndrome (IBS), atau kembung setelah makan, maag, hingga dinilai dapat turunkan risiko kanker.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut kami sampaikan apa saja kegunaan temulawak yang baik bagi kesehatan: ©Shutterstock Untuk mengatasi masalah yang mengganggu penampilan ini, Anda bisa memanfaatkan kegunaan temulawak agar terhindar dari jerawat.

Temulawak dipercaya memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat jadi lebih cepat kering. Gunakan temulawak sebagai masker untuk wajah. Mencerahkan Wajah Selain untuk menyingkirkan pengganggu di wajah, kegunaan temulawak juga dapat meningkatkan tampilan di wajah Anda.

Kegunaan temulawak lainnya kegunaan temulawak dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. BACA JUGA: Cara Melentikkan Bulu Mata dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif Rugi Ratusan Juta Rupiah, Uya Kuya Akui Jadi Korban Penipuan Artis Ini Perlu diketahui, bahwa sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap.

Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan temulawak pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah kembali cerah.

kegunaan temulawak

Cegah Peradangan Temulawak mengandung kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan ini akan membantu Anda mencegah terjadinya peradangan di tubuh, terutama bagi penderita ostheoarthiritis.

Ini karena kegunaan temulawak yang dapat meredakan rasa sakit pada sendi. Ekstrak temulawak pun sama. Ekstrak temulawak memiliki khasiat alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, temulawak dikupas dan direbus menggunakan air lalu diminum setelah dingin.

Tingkatkan Stamina Kegunaan temulawak yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kegunaan temulawak. Temulawak bisa digunakan untuk meningkatkan stamina berkat kandungan tonikumnya. Alih-alih menggunakan obat kimia, Anda bisa memanfaatkan temulawak untuk mendapatkan manfaat ini. Anda bisa mencampurkan kunyit dengan temulawak untuk dikonsumsi. Racikan ini akan membuat tubuh kegunaan temulawak mudah lelah dan lebih bersemangat. Perkuat Sistem Imun Temulawak juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Kegunaan temulawak untuk sistem imun berasal dari kandungan antioksidannya. Sistem imun yang sehat akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit, seperti infeksi virus, bakteri, dan kuman.

Anda bisa membuat ramuan temulawak dengan menghaluskan temulawak untuk diambil sarinya.

kegunaan temulawak

Tambahkan madu dan air hangat lalu minum. Anda bisa menjadi minuman ini sebagai tambahan dalam menu sehari-hari. Pencernaan shutterstock.com Temulawak dapat merangsang produksi kegunaan temulawak empedu di kantung empedu. Hal ini akan membantu melancarkan pencernaan serta metabolisme dalam tubuh.

Kegunaan kegunaan temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak. BACA JUGA: 6 Resep Donat Isi Berbagai Bahan ala Rumahan, Enak, Lembut dan Mudah Dibuat Telah Melahirkan, Ini 4 Momen Perjalanan Kehamilan Jessica Iskandar Orang-orang yang menderita peradangan usus juga bisa mengonsumsi temulawak agar proses penyembuhannya lebih cepat.

Tak hanya cocok dijadikan jamu, tetapi juga tambahan obat herbal untuk penambah nafsu makan. Mengatasi Maag Kegunaan temulawak dapat mengatasi penyakit maag. Manfaat temulawak ini berasal dari kandungan kukurmin, monoterpen, dan sekuiterpen. Anda dapat menyembuhkan penyakit perut ini dengan mengonsumsi temulawak secara teratur.

Untuk menerapkannya, racik temulawak dengan cara diiris tipis-tipis lalu rebus menggunakan air. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin lalu minum.

kegunaan temulawak

Terapkan cara ini secara teratur. Jaga Kesehatan Hati Temulawak juga berkhasiat untuk organ hati Anda. Kegunaan temulawak ini berasal dari kandungan kurkuminnya.

Kurkumin dapat mencegah sel-sel hati berlemak. Itulah kenapa, temulawak dapat digunakan sebagai obat tradisional bagi seseorang yang menderita penyakit hati. BACA JUGA: Dibongkar Sang Adik, Arafah Rianti Ternyata Hampir ke Psikolog Gara-Gara Ini Khitbah Nikah adalah Prosesi Lamaran, Berikut Syarat dan Tata Caranya Menurut Islam Selain kurkumin, bagian bawah dari batang temulawak juga memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.

Tak heran jika temulawak dianggap dapat membantu menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis. Cegah Kanker ©2012 Shutterstock/Juan Gaertner Temulawak memiliki sifat antiperadangan, sehingga dapat digunakan untuk mencegah perkembangan sel-sel pemicu kanker. Sel-sel kanker yang tidak bisa berkembang akan membuatnya mati dan tubuh akan terhindar dari kanker.

Kegunaan temulawak yang satu ini dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar dan payudara. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma yang terkandung di dalam temulawak dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat.

Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidan. Menurunkan Kolesterol Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satu di antaranya adalah penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi akan menyumbat peredaran darah yang membawa oksigen menuju jantung.

Untuk membantu menurunkan kolesterol Anda, temulawak bisa menjadi pilihan alami. Mengonsumsi temulawak akan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh berkat kandungan kurkuma yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi kolesterol tinggi dengan efektif.

Mengurangi Lemak Kegunaan temulawak yang terakhir yaitu untuk mengurangi lemak. Manfaat temulawak ini berpengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri merupakan proses penguraian asam lemak untuk dijadikan sebagai energi tubuh. Tumbuhan herbal ini juga mengandung bahan aktif selain curcuminoid yang bisa memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, temulawak bisa menjadi salah satu kegunaan temulawak herbal untuk dimasukkan ke dalam program diet. 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Kegunaan temulawak Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat! Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya
Temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisional asli Indonesia.

Temulawak merupakan salah satu tanaman temu-temuan, yakni tanaman. berbentuk akar dan rimpang (batang di bawah tanah) yang digunakan untuk membuat obat.

Temulawak hidup didaerah dengan ketinggian 5 – 750 meter diatas permukaan laut. Sebagai tanaman herbal, tentunya temulawak memiliki segudang manfaat, namun hati-hati saat membedakan kunyit dengan temulawak karena keduanya terlihat sama.

Mari kita bahas manfaat temulawak yang menakjubkan. Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Temulawak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini adalah beberapa diantara manfaat temulawak tersebut : 1. Memelihara Fungsi Kegunaan temulawak Katagoga dalam temulawak memiliki khasiat kegunaan temulawak kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam uji klinik yang dilakukan pada temulawak, memberikan hasil enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

2. Mengurangi radang sendi Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penghambatan kegunaan temulawak sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Hasil pengujian memberikan hasil perbaikan pada penderita radang sendi. Di India, telah lama menggunakan tanaman herbal selama ribuan tahun untuk mengobati dan mencegah peradangan seperti arthritis.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam J ournal of Alternative and Complementary Medicinepasien yang diperiksa bermasalah pada radang sendi lutut meminum ekstrak temulawak dan ibuprofen setiap hari selama enam minggu.

Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ekstrak temulawak bekerja sama dengan baik oleh ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis tanpa mengalami efek samping yang merugikan.

3. Masalah pencernaan Zat di dalam temulawak, mampu merangsang produksi empedu di kandung empedu, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Khasiat temulawak memberikan dukungan terhadap berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia seperti manfaat kunyit. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology, para pasien yang memakai suplemen kunyit setiap hari mengalami tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah dibandingkan pasien yang memakai plasebo selama enam bulan.

Manfaat temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstrak kegunaan temulawak, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid diduga berperan dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

5. Melawan Kanker Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah “The Prostat,” menemukan bahwa curcumin secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan kanker kegunaan temulawak dan berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya. Meskipun percobaan lanjutan terhadap manusia masih diperlukan sebelum dokter dapat merekomendasikan temulawak. University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa, tanaman herbal dapat bekerja menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

• Manfaat keladi tikus • Manfaat buah naga • Manfaat paprika • Manfaat mengkudu • Manfaat kunyit putih • Manfaat sari buah merah • Manfaat bawang putih • Manfaat air lemon • Manfaat daun afrika • Manfaat semut jepang Manfaat Temulawak Bagi Pengobatan Sebagai tanaman herbal temulawak banyak digunakan dalam tips pengobatan tradisional, berikut diantaranya : 6.

Obat penyembuhan hepatitis Siapkan 2 jari temulawak, lalu cuci dan kupas. Iris dan rebus dengan ½ liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini dua kali sehari. 7. Meredakan derita asma Siapkan ½ rimpang temulawak, kemudian cuci bersih.

Kupas dan iris temulawak. Rebus dengan 5 gelas air dan campurkan kegunaan temulawak aren secukupnya. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Larutan herbal kegunaan temulawak diminum tiga kali sehari. 8.

Pengobatan untuk sakit ginjal Temulawak dicuci bersih dan dikupas. Siapkan 4 gelas air lalu rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus sampai airnya tersisa setengah.

Rebusan ini diminum sebanyak tiga kali sehari. 9. Menyembuhkan bisul Temulawak yang sudah dicuci bersih, lalu dikupas. Rebus temulawak dengan 2 gelas air dan sedikit gula aren. Rebuh hingga airnya setengah lalu angkat. Tambahkan seibu jari asam jawa. Tunggu agak dingin, kemudian disaring dan diminum sekaligus. 10. Temulawak juga efektif mengatasi mual terutama morning sickness Seperti yang kami kutip dari http://authoritynutrition.com/11-proven-benefits-of-ginger/temulawak juga efektif untuk mengatasi morning sickness serta rasa mual lainnya 11.

Mengurangi kelelahan otot Temulawak juga efektif untuk membantu mengatasi kelelahan otot, terutama bagi anda yang melakukan latihan serius kegunaan temulawak fitness. Selain 11 hal di atas, temulawak juga dapat berperan dalam berbagai bidang kesehatan seperti : • Sebagai Antioksidan • Mencegah darah kotor • Melancarkan haid • Obat untuk jerawat • Obat untuk komedo • Kegunaan temulawak wajah • bahan herbal kecantikan • Meningkatkan mood • Meningkatkan nafsu makan • Mencegah insomnia Efek Samping Temulawak Temulawak tampaknya aman bagi kebanyakan orang ketika digunakan pada jangka waktu yang singkat, hingga 18 minggu.

kegunaan temulawak

Tapi temulawak mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah besar atau untuk jangka waktu yang lama. Hal itu dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Peringatan khusus pada pemakaian oleh ibu hamil menyusui, karena tidak cukup diketahui tentang penggunaan temulawak ini selama kehamilan dan menyusui.

Tetap agar lebih aman, hindari penggunaannya. Dosis yang tepat untuk konsumsi temulawak ini, tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk kegunaan temulawak kisaran dosis yang tepat untuk temulawak. Perlu diketahui bahwa produk alami mungkin tidak selamanya aman dan ini penting untuk diketahui sebelumnya.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan lakukan konsultasi pada apoteker atau para profesional kesehatan sebelum menggunakan obat olahan temulawak.
Perlancar pencernaan, cegah kanker hingga atasi jerawat.

Ini daftar manfaat & khasiat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan! Temulawak dikenal sebagai bahan olahan jamu tradisional. Kegunaan temulawak herba yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman herba yang termasuk ke dalam golongan suku temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah.

Umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan. Temulawak memiliki beragam kegunaan temulawak nutrisi yang baik seperti zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein, kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: • Manfaat Kunyit: Anti Peradangan hingga Perangi Kanker • Manfaat Jahe: Perkuat Imun hingga Obati Batuk • Manfaat Ginseng: Herbal Ternama yang Kaya Guna Kandungan Temulawak Sumber Gambar: Pixabay Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat dari temulawak, simak kandungan gizi dalam temulawak berikut ini: • kegunaan temulawak protein • 1,35% lemak • 0,80% serat • 79,96% karbohidrat • 15 ppm kurkumin • 11,45 ppm kalium • 6,38 ppm natrium • 19,07 ppm kalsium • 12,72 ppm magnesium • 6,38 ppm zat besi • 0,82 ppm mangan *Ppm (part per million) dapat diartikan sebagai satuan konsentrasi yang dinyatakan dalam mg/Kg.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Kandungan yang ada tersebut membuat temulawak memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Simak daftar selengkapnya berikut ini: 1. Memperlancar Proses Pencernaan Sumber Gambar: Yoffie Life Kandungan serat juga kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Khasiat temulawak yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah susah buang air besar.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Salah satu manfaat dari temulawak yang terkenal adalah ia mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan menghindari berbagai macam penyakit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah kegunaan temulawak menjadi minuman dengan cara merebusnya.

3. Sebagai Antibakteri dan Antijamur Sumber Gambar: ISGlobal Manfaat temulawak yang dapat kamu temukan adalah sebagai antibakteri dan antijamur. Adanya senyawa xanthorrizol pada temulawak ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

4. Mencegah Kanker Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam temulawak mampu menyusutkan sel kanker dan mencegah terbentuknya kanker di badan. 5. Mengatasi Peradangan Sumber Gambar: Meghan Telpner Senyawa anti radang pada temulawak mendatangkan manfaat yang mana mampu mengatasi peradangan. Senyawa tersebut dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan akibat luka.

6. Membantu Proses Metabolisme Tubuh Obat herbal yang satu ini memiliki manfaat membantu proses metabolisme tubuh. Manfaat temulawak ini diperoleh dari adanya kandungan pati dan turmerol dan sangat baik untuk tubuh. 7. Menambah Nafsu Makan Sumber Gambar: Parents Salah satu manfaat temulawak yang terkenal yakni mampu menambah nafsu makan.

Kandungan atsiri dalam temulawak kerap dimanfaatkan oleh orang-orang yang kehilangan nafsu makan umumnya pada anak-anak.

8. Mengatasi Radang Sendi Mengkonsumsi temulawak dipercaya dapat meredakan radang sendi. Temulawak dipercaya memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang sering diberikan pada pasien osteoarthritis. 9. Menurunkan Kolesterol Sumber Gambar: Right at Home Khasiat temulawak yang sering digunakan untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan kurkuma yang tinggi membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL).

10. Meningkatkan Stamina Temulawak dan jahe bila dikonsumsi bersamaan akan memiliki khasiat yang baik untuk stamina tubuh. Temulawak serta jahe umumnya dikonsumsi oleh olahragawan untuk meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang tinggi.

Baca Juga: • Manfaat Temu Ireng: Obat Tradisional Tak Terduga • Manfaat Kayu Secang: Bahan Minuman Herbal Terkenal • Manfaat Buah Pala: Tak Kalah dari Kunyit Turunkan kolesterol secara tepat dengan jamu terbaik di sini! 11. Mengatasi Masuk Angin Sumber Gambar: Bustle Perut kembung akibat masuk angin memang seringkali tidak disadari oleh tubuh.

Untuk itu, konsumsi lah temulawak sewaktu-waktu kamu masuk angin. Temulawak mampu mengatasi masuk angin karena adanya kandungan piridoksin pada tanaman tersebut. 12. Baik untuk Kesehatan Hati Temulawak dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang melindungi hati dari efek samping obat. Manfaat temulawak untuk kesehatan hati ini juga dibarengi dengan kemampuan merangsang cairan empedu.

13. Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh Sumber Gambar: Find Teams Manfaat temulawak untuk kesehatan yakni membantu mengeluarkan toksin tubuh.

Hal ini dimungkinkan berkat kandungan Phelandren yang ada dalam tanaman herba tersebut. 14. Mengatasi Jerawat Seperti kegunaan temulawak telah disebutkan di atas, temulawak memiliki kandungan antibakteri. Kandungan tersebut menambah daftar manfaat temulawak untuk wajah.

Dalam hal ini kamu bisa mengkonsumsinya atau diambil sari temulawak sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat pada wajahmu. 15. Mencegah Penuaan Dini Sumber Gambar: Shape Magazine Manfaat temulawak untuk wajah adalah mencegah penuaan dini.

Kandungan minyak atsiri yang tinggi membuat temulawak cocok digunakan sebagai cara untuk menghalau penuaan dini pada wajah lho, Toppers. 16. Menghaluskan Kulit Wajah Menggunakan temulawak sebagai cara menghaluskan kulit wajah juga bisa banget kok.

Kandungan minyak atsiri ini dipercaya efektif untuk membuat kulit tampak lebih halus. Manfaat temulawak untuk wajah ini membuat temulawak kerap dijadikan bahan dasar untuk sabun wajah.

17. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah Sumber Gambar: Indian Makeup and Beauty Blog Minyak atsiri pada temulawak juga mampu mengatasi flek atau noda hitam di wajah. Flek hitam biasanya timbul karena meningkatnya produksi melanin akibat sinar UV.

18. Melembapkan Wajah Debu dan sinar matahari dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Dalam hal ini, kamu juga bisa menggunakan temulawak lho. Manfaat temulawak untuk wajah ini bisa kamu optimalkan dalam bentuk masker yang dicampur dengan minyak zaitun dan kuning telur. 19. Meringankan Nyeri Haid Sumber Gambar: Times kegunaan temulawak India Sifat temulawak yang dingin dapat meringankan nyeri haid. Tubuh akan terasa rileks dan perlahan-lahan nyeri haid akan hilang.

Umumnya temulawak akan dicampur bersama kunyit lalu direbus untuk diminum selama nyeri haid berlangsung. 20. Menghilangkan Bekas Luka pada Wajah Terakhir, manfaat temulawak untuk kesehatan adalah mampu menghilangkan bekas luka pada wajah.

Seperti yang telah disebutkan di atas, adanya minyak atsiri dan senyawa anti radang dalam temulawak mampu mengatasi peradangan pada luka dan membuat kulit cerah dan sehat. 21. Sebagai Obat Diuretik Alami Temulawak dapat menjadi obat diuretik alami. Zat ini dapat membantu membersihkan tubuh dari garam berlebih dan merangsang ginjal untuk melepaskan natrium ke urin yang dikeluarkan tubuh. Selain itu, karena fungsinya sebagai obat diuretik, maka dapat mencegah gagal jantung, masalah pada ginjal maupun masalah pada hati.

Cara Mengonsumsi Temulawak Sumber Gambar: Freepik Temulawak dapat diolah menjadi berbagai macam jenis minuman, di antaranya wedang jahe temulawak merupakan salah satu yang paling populer. Berikut langkah-langkah membuat wedang jahe temulawak: Bahan-bahan yang diperlukan: • 1 Ruas besar jahe • 2 Ruas kunyit • 1 Ruas besar temulawak • 1 Buah jeruk nipis • 2 sendok makan (sdm) madu • 700 mililiter (ml) air Langkah-langkah membuat wedang jahe temulawak: • Pertama-tama, bersihkan seluruh bahan utama.

Kunyit, jahe dan temulawak dapat digeprek dan iris tipis.

kegunaan temulawak

Lalu, bakar sebentar kegunaan temulawak aroma dan rasanya jadi lebih kuat. • Selanjutnya, rebus 700 ml air mineral, lalu masukkan kunyit, jahe dan temulawak dan rebus sekitar 10 menit menggunakan api kecil hingga melarut.

• Setelah semua telah larut, kamu bisa langsung menyaring bahan yang telah direbus dan memisahkan air hasil rebusan. • Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu. Wedang jahe temulawak siap untuk dinikmati! Baca Juga: • Manfaat Kunyit Asam: Jamu Daya Tahan hingga Atasi Haid • Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina • Manfaat Wedang Jahe: Hangat, Nikmat dan Berkhasiat Nah, itu dia ulasan ragam manfaat temulawak untuk kesehatan.

Meskipun temulawak memiliki kaya manfaat, penggunaan temulawak tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi temulawak dalam jumlah banyak akan berdampak pada rasa mual dan iritasi kegunaan temulawak lambung. Temulawak juga memiliki efek samping yang dapat merangsang cairan empedu, sehingga dapat memperburuk kondisi penderita gangguan hati dan kantung empedu.

Sebaiknya temulawak juga tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena dapat membahayakan janin. Pastikan konsumsi temulawak sesuai dosis dan kebutuhanmu ya, Toppers. Yuk, lengkapi semua produk kesehatan dan kecantikan kegunaan temulawak hanya di Tokopedia! Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini! Penulis: Everesty RinjaniTemulawak adalah tanaman obat-obatan yang berasal dari Indonesia. Memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza, temulawak tersebar luas di Pulau Jawa.

Juga di negara Malaysia dan Thailand. Dalam bahasa Sunda, temulawak dikenal sebagai koneng gede, sementara dalam bahasa Madura dikenal sebagai temu labak. Temulawak juga dikenal dengan nama Java ginger atau jahe Jawa karena kegunaan temulawak ini masih satu famili dengan tanaman jahe, yaitu Zingiberaceae.

Temulawak dapat tumbuh subur di dataran rendah, terutama pada tanah yang gembur sehingga rimpangnya mudah berkembang menjadi besar. Temulawak juga dapat tumbuh subur hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. 1. Mengatasi Gangguan Pencernaan Temulawak dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan temulawak. Penelitian menyebutkan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit kolitis ulserativa menjadi semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara rutin.

2. Menambah Nafsu Makan Bagi orang tua yang memiliki anak susah makan, temulawak bisa menjadi obat ampuh untuk meningkatkan nafsu makan. Temulawak yang sudah diolah dalam bentuk suplemen atau jamu bisa dikonsumsi oleh anak. Rempah ini dapat mempercepat proses pengosongan lambung sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali.

3. Mencegah Kanker Temulawak dapat mengendalikan, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar, dan payudara. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan Curcuma dalam temulawak dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat.

Kandungan antioksidan dalam temulawak dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga mampu menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang mengakibatkan kanker. 4. Meningkatkan Daya Tahan Semua bagian temulawak dapat digunakan, tetapi bagian rimpangnya paling efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Rimpang temulawak terdiri dari berbagai macam senyawa seperti amilase, kegunaan temulawak, lemak, pati, mineral, turunan fenol (kurkuminoid) dan minyak atsiri. Senyawa tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. 5. Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat Temulawak memiliki sifat astringent yang membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah munculnya jerawat di permukaan kulit.

Sifat antibakteri dan antioksidan dalam temulawak juga dapat menyembuhkan jerawat. Baca Kegunaan temulawak • 15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami 6. Pengobatan Alternatif untuk Disfungsi Hati Kurkuminoid yang terkandung dalam temulawak memiliki khasiat mengobati gangguan kesehatan hati dan mencegah perlemakan sel hati.

Beberapa penelitian ilmiah dan uji klinis telah dilakukan oleh para ilmuwan baik dari Indonesia maupun dunia, dan hasilnya secara umum mendukung penggunaan temulawak sebagai obat tradisional yang dapat digunakan untuk penyakit liver dan pegal linu.

7. Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak Dalam dunia fisioterapi, temulawak tergolong adaptogen yaitu zat yang tidak berbahaya yang dapat mendorong peningkatan resistensi terhadap racun atau zat lain yang dapat mempengaruhi keadaan fisik, kimia dan biologis. Oleh sebab itu, temulawak dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dengan kegunaan temulawak jaringan yang rusak menjadi normal kembali. 8. Meringankan Osteoartritis Osteoarthritis adalah salah penyakit paling umum di Indonesia yang menyerang persendian dan tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi temulawak selama empat minggu dapat membantu meringankan rasa sakit akibat osteoarthritis. 9. Mencegah Tumor Temulawak juga memiliki manfaat mencegah kerja enzim atau komponen lain yang menyebabkan pertumbuhan sel tumor. Oleh karena itu, mengonsumsi temulawak secara rutin bagi penderita tumor adalah pengobatan yang efektif dan aman.

Baca Juga • 7 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah dan Cara Penggunaannya 10. Mencegah Demam Berdarah Kandungan minyak atsiri dalam temulawak memiliki kegunaan untuk menangkal nyamuk Aedes aegypti sehingga tidak mendekati dan menghisap darah sehingga Anda. Hal ini dapat untuk mencegah dari bahaya penyakit demam berdarah karena nyamuk jenis ini merupakan pembawa virus dengue.

11. Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak Temulawak dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Senyawa kurkumin pada temulawak dapat meningkatkan kadar hormon Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Hormon tersebut berkaitan dengan dengan kemampuan pembelajaran dan memori.

BDNF juga mendorong kelangsungan hidup sel-sel saraf (neuron) dan berperan dalam pertumbuhan, pematangan (diferensiasi), serta pemeliharaan sel-sel tersebut. Mengonsumsi temulawak dalam bentuk suplemen atau jamu sangat baik untuk anak-anak karena mampu mendukung perkembangan otak anak. 12. Mencegah Serangan Jantung Manfaat lain temulawak yakni mencegah serangan dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Kandungan kurkumin dapat memperbaiki fungsi endotelium. Endotelium adalah selaput tipis yang melapisi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Sel endotel melepaskan zat untuk mengontrol relaksasi dan kontraksi pembuluh darah serta enzim yang mengontrol pembekuan darah, fungsi kekebalan tubuh dan adhesi platelet (zat tidak berwarna dalam darah). 13. Melawan Bakteri Penyebab Penyakit Temulawak mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang kegunaan temulawak untuk melawan bakteri penyebab penyakit.

Temulawak efektif melawan bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Bakteri staphylococcus dapat menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, bahkan beberapa variannya dapat menyebabkan gastroenteritis dan sindrom syok toksik. Sementara bakteri Salmonella adalah jenis bakteri yang sering menginfeksi makanan penyebab penyakit tipes.

Baca Juga • Ketahui 12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Sehat Cara Mengonsumsi Temulawak Cara termudah untuk mengonsumsi temulawak adalah menggunakan suplemen yang mengandung temulawak karena cepat dan praktis. Cara lain adalah mengonsumsi temulawak sebagai minuman dengan cara berikut. • Siapkan kegunaan temulawak ruas temulawak lalu cuci dan kupas. • Iris temulawak kemudian rebus dalam setengah liter air.

• Tambahkan sedikit gula aren. • Rebus hingga air berkurang setengah. • Minum ramuan ini dua kali sehari. Temulawak memiliki aroma yang kuat dan rasa pahit. Minuman temulawak sering disebut sebagai bir temulawak kegunaan temulawak wedang temulawak. Rempah ini juga sering digunakan untuk membuat makanan tradisional seperti dodol temulawak, jenang temu dan jenang pati.

Dosis Konsumsi Temulawak Dosis konsumsi temulawak yang tepat tergantung pada kegunaan temulawak faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Saat ini belum ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk temulawak. Baca Juga • 9 Manfaat Madu bagi Kesehatan, Obat Alami Tubuh Perlu diingat bahwa mengonsumsi temulawak berlebihan tidak aman. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda sebelum menggunakannya.

Perhatikan dosis temulawak untuk beberapa kondisi berikut: • Hindari penggunaan temulawak selama kehamilan dan menyusui. • Hindari penggunaan jika Anda memiliki penyakit hati dan masalah kandung empedu.

• Tanaman mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah besar atau untuk jangka waktu yang lama. • Dosis yang lebih besar dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Demikian manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh. Konsumsi temulawak secukupnya dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan, hindari konsumsi temulawak secara berlebihan.

MANFAAT TEMULAWAK YANG BELUM BANYAK DI KETAHUI ! - Herbal & Rempah Indonesia #2




2022 www.videocon.com