Cara mengempukkan daging dengan soda kue

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Jakarta - Masakan enak, jika dagingnya alot, tentu akan menjadi kurang istimewa. Selain pilihan bagian daging harus tepat, ada berbagai cara mengempukkan daging. Mulai dari yang mekanis hingga yang alami.

Apa saja? Daging bisa dilembutkan dengan cara dipukul-pukul menggunakan pemukul daging atau dimasak dengan panci bertekanan.

Bisa juga dilumuri dengan bumbu khusus atau baking soda, namun masakan Anda akan jadi tinggi sodium dan kalori karena memakai bahan kimia. Coba bahan-bahan alami berikut yang bisa mengempukkan sekaligus memperkaya rasa hidangan daging. (fit/odi) Berita Terkait • Sempat Terpuruk Saat Pandemi, Gerai Pastel Populer Ini Buka Lagi!

• Unik! Ada Kedai Kopi Vintage di Rest Area Heritage 260 B Banjaratma • 7 Cara Gampang Memilih Ikan hingga Daging Sapi yang Segar • 5 Fakta Kiwi Berries, Buah Kiwi Tanpa Bulu yang Kaya Vitamin C • Restoran Muslim Ini Disebut Menyesatkan karena Pasang Iklan Minuman Alkohol • Masak Babi Guling Seharga HP Baru, TikToker Ini Bikin Geger Netizen • Gokil!

Harus Antre Sampai 30 Tahun Kalau Mau Makan Kroket Daging Ini • Penistaan! Resep 'Hawaiian Spaghetti' Pakai Nanas Bikin Cara mengempukkan daging dengan soda kue Italia Jengkel KOMPAS.com - Ada beberapa bahan untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk, salah satunya adalah baking soda.

Mengutip Live Strong, baking soda berfungsi untuk menetralkan asam dan meningkatkan pH pada permukaan daging sapi. Jika bagian luar daging sapi sudah lebih basa, daging sapi bisa empuk dan tidak menyusut atau keras. Baca juga: Cara Masak Daging Sapi Pakai Daun Pepaya agar Cepat Empuk Executive Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa I Made Wisnu Adiyatma mengatakan bahwa penggunaan baking soda pada daging sapi bertujuan untuk memecah serat daging. Banyaknya jumlah baking soda yang bisa digunakan, tergantung pada tekstur daging sapi yang akan dimasak.

"Pada dasarnya di dalam daging, khususnya daging sapi, sudah lapisan lemak dalam daging yang menentukan kelembutan si daging itu sendiri atau disebut juga marbling," tutur Wisnu kepada Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: 3 Cara Pilih Daging Sapi Segar, Tips dari Koki Wisnus menyebutkan ketika daging yang digunakan teksturnya sudah alot di awal, jumlah baking soda yang digunakan sudah pasti lebih banyak. Sebaliknya, pada daging sapi yang tidak begitu alot, jumlah penggunaan baking soda lebih sedikit.

PIXABAY/AZZARYIATUL AMAR Ilustrasi baking soda atau soda kue. Wisnu mengatakan, rata-rata penggunaan baking soda untuk membuat empuk satu kilogram daging sapi tidak lebih dari 15 gram. Cara menggunakan baking soda untuk membuat daging sapi menjadi empuk bisa dilakukan dengan dua cara.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Pertama, baking soda bisa langsung dibaluri ke bagian luar daging sapi yang sudah dibersihkan dan didiamkan selama 30 menit. Selain itu, baking soda juga bisa dilarutkan terlebih dahulu dalam air. Kemudian, masukan daging sapi dan rendam selama beberapa saat. Jika daging sapi sudah selesai dibaluri atau direndam baking soda, kamu bisa melanjutkan pengolahan daging sapi sesuai kebutuhan. Baca juga: Resep Semur Daging Sapi, Dagingnya Empuk dan Bumbu Meresap
KOMPAS.com - Idul Adha identik dengan hewan kurban sapi dan kambing.

Kurban biasanya dimasak menjadi hidangan lezat. Sayangnya, daging membutuhkan durasi yang cukup lama untuk empuk. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging, mulai dari teknik potong, menggunakan bahan tambahan, hingga proses masak. Simak 15 cara mengempukkan daging yang bisa kamu gunakan saat mengolah daging kurban berikut ini. Baca juga: Resep Sate Kambing Goreng Khas Cirebon, Variasi Olahan Daging Kurban 1. Buang selaput putih Selaput putih atau yang disebut sebagai jaringan ikat ( connective tissue) harus dibuang jika ingin menghasilkan daging yang empuk.

Gunakan pisau tajam untuk membuang selaput putih di sekitar daging secara perlahan. 2. Buang urat daging Selain selaput putih, urat pada daging juga merupakan penyebab daging menjadi keras sehingga memakan waktu yang lama untuk dimasak.

Oleh karena itu, untuk membuat daging menjadi empuk, sebaiknya buang urat pada daging saat akan mengolahnya. 3. Potong berlawanan arah serat Dok. Shutterstock/Tyler Olson Ilustrasi daging digantung dan tukang daging.

Daging harus dipotong berlawanan dengan arah serat untuk membuat serat menjadi lebih pendek. Jika serat daging sudah pendek, daging akan lebih cepat matang dan empuk, serta mudah dikunyah.

Baca juga: 3 Cara Potong Daging Sapi yang Benar agar Empuk 4. Pakai jus nanas SHUTTERSTOCK/ BATJAKET Ilustrasi mengempukkan daging menggunakan nanas. Nanas merupakan salah satu bahan alami yang bisa membuat daging menjadi empuk dalam waktu singkat.

Cara untuk membuat daging menjadi empuk dengan nanas adalah dengan memotong cara mengempukkan daging dengan soda kue atau membuat jus nanas. Kemudian, baluri daging yang sudah dipotong dengan nanas. Karena asam dalam nanas cukup kuat, jangan mendiamkan daging dalam jus nanas selama lebih dari 12 jam. Baca juga: Cara Membuat Daging Cara mengempukkan daging dengan soda kue Menggunakan Buah Nanas 5. Pakai daun pepaya SHUTTERSTOCK/Dhimas Satriaa ilustrasi daging sapi mentah pakai pepaya.

Selain nanas, kamu juga bisa gunakan daun pepaya sebagai bahan alami pengempuk daging sapi dan kambing. Gunakan satu daun pepaya banding empat daging sapi. Misalnya, cukup pakai 250 gram daun pepaya untuk mengempukkan daging sebanyak satu kilogram.

Kamu bisa gunakan daun pepaya segar atau bubuk daun pepaya untuk membuat daging empuk. Jika menggunakan daun pepaya, remas daun terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam potongan daging dan diamkan selama 60-90 menit. Baca juga: Cara Masak Daging Sapi Pakai Daun Pepaya agar Cepat Empuk 6. Baking soda SHUTTERSTOCK/batjaket ilustrasi mengempukkan daging sapi dengan baking soda.

Baking soda mampu menetralkan asam dan meningkatkan pH pada permukaan daging yang kemudian membuat daging menjadi empuk.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Rata-rata penggunaan cara mengempukkan daging dengan soda kue soda untuk mengempukkan satu kilogram daging tidak lebih dari 15 gram. Cara menggunakan baking soda untuk membuat daging menjadi empuk adalah dengan membaluri baking soda ke bagian luar daging sapi yang sudah dibersihkan dan didiamkan selama 30 menit. Selain itu, baking soda juga bisa dilarutkan terlebih dahulu dalam air. Kemudian, masukan daging sapi dan rendam selama beberapa saat. Baca juga: Cara Membuat Daging Sapi Empuk dengan Cepat, Pakai Baking Soda 7.

Bubuk kopi Kopi juga bisa digunakan untuk membuat daging menjadi empuk. Enzim protease dalam kopi dapat memecah protein dalam daging. Cara mengempukkan daging dengan bubuk kopi adalah dengan melarutkan kopi dalam larutan air. Lalu, balurkan kopi pada daging dan diamkan selama beberapa saat. Sebaiknya bubuk kopi yang digunakan untuk marinasi daging kambing dan sapi sedikit saja jangan terlalu banyak. Baca juga: Cara Bikin Daging Empuk dengan Bubuk Kopi Berita Terkait 3 Bagian Daging Kambing yang Cocok untuk Dijadikan Sate 4 Cara Masak Daging Kambing Segar yang Baru Disembelih Resep Sambal Dabu-dabu, Bisa Jadi Pelengkap Sate Daging Cara Masak Daging Kuda, Daging yang Hampir Dipilih Peserta MasterChef Resep Daging Rusa Kuah Kecap, Daging di Tantangan MasterChef Indonesia Berita Terkait 3 Bagian Daging Kambing yang Cocok untuk Dijadikan Sate 4 Cara Masak Daging Kambing Segar yang Baru Disembelih Resep Sambal Dabu-dabu, Bisa Jadi Pelengkap Sate Daging Cara Masak Daging Kuda, Daging yang Hampir Dipilih Peserta MasterChef Resep Daging Rusa Kuah Kecap, Daging di Tantangan MasterChef Indonesia Tidak terasa, besok sudah hari raya Idul Adha.

Salah satu ritual yang wajib dilakukan saat merayakan Idul Adha adalah memasak daging kurban, berupa daging sapi atau daging kambing. Mengolah daging membutuhkan teknik yang tepat agar tekstur daging menjadi empuk. Dilansir dari detikfood, berikut ini ada bahan-bahan mulai dari buah-buahan sampai bumbu dapur yang ternyata sangat ampuh untuk mengempukkan daging.

Simak informasi lengkapnya di sini ya! 1. Nanas Nanas / foto: freeimages.com/Pada Smith Buah berwarna kuning yang satu ini terkenal dengan kombinasi rasa asam, manis, dan juga segar.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Biasanya, nanas paling cocok dinikmati dalam kondisi dingin setelah didiamkan di dalam kulkas, atau dicocol bersama bumbu rujak. Namun siapa sangka kalau buah nanas ternyata dapat digunakan untuk mengempukkan daging?

Nanas memiliki kandungan Bromelain enzim protease yang berkhasiat untuk membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Kamu bisa menggunakan nanas yang telah dipotong kecil-kecil sebagai bahan tambahan ketika memarinasi daging, sebelum dimasak.

Jeruk Nipis / foto: freeimages.com/Ansonmiao Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menghilangkan aroma amis pada daging dan ikan. Selain itu, jeruk nipis memiliki rasa kecut yang segar sehingga juga sering digunakan untuk menambah cita rasa dalam masakkan. Jeruk nipis memiliki senyawa asam yang mampu mengempukkan cara mengempukkan daging dengan soda kue.

Caranya adalah dengan melumuri permukaan daging sapi atau kambing yang akan kamu masak dengan air perasan jeruk nipis. Namun yang paling penting untuk diperhatikan, jangan membiarkannya terlalu lama karena bisa merusak cita rasa dari daging itu sendiri.

3. Jahe Jahe / foto: freeimages.com/Grafvision Sama seperti jeruk nipis, jahe masuk dalam jajaran bumbu dapur yang mampu menambah aroma dan cita rasa pada masakkan. Di dalam jahe terdapat kandungan enzim proteolitik yang dapat mengurangi ikatan protein pada daging, sehingga mampu membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

Selain itu, aroma amis pada daging juga dapat hilang kalau kamu membalur seluruh permukaan daging dengan parutan jahe sebelum memasaknya. 4. Soda Kue Soda Kue / foto: freeimages.com/EKramar Selama ini soda kue hanya digunakan untuk membuat kue mengembang dan membersihkan kerak pada peralatan dapur. Padahal, soda kue juga ampuh untuk mengempukkan tekstur daging. Soda kue memiliki kandungan yang dipercaya dapat menghancurkan serat pada daging. Jika ingin menggunakan soda kue untuk membuat daging jadi empuk, kamu bisa merendam irisan daging dengan larutan 1 sendok teh soda kue selama 3-6 jam sebelum memasaknya.

Beauties, itu dia buah-buahan sampai bumbu dapur yang ternyata sangat ampuh untuk mengempukkan daging. Selamat memasak ya!
Ada beberapa cara yang cukup mudah untuk mengatasi daging yang alot sehingga mudah untuk dikunyah dan tentunya tidak merepotkan saat digigit. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan baking soda. Yup baking soda yang biasa menjadi salah satu bahan untuk membuat kue tersebut dapat anda gunakan untuk melembutkan tekstur daging yang keras.

Sehingga anda tidak perlu repot lagi menggunakan pemukul untuk membuat serat daging menjadi lembut, karena anda cukup menyiapkan baking soda, wadah dan juga lemari es. Daging yang akan dimasak dipotong terlebih dahulu sesuai dengan selera. Lalu taburkan baking soda bubuk dan ratakan pada permukaan daging.

Setelah itu masukkan dalam wadah dan simpan di lemari es. Setelah 30 menit sampai 1 jam di lemari es, ambil daging dan bilas dengan air bersih. Setelah itu daging anda sudah siap untuk dimasak dan akan menjadi lebih empuk saat dimasak.

Tentunya juga dengan menggunakan cara ini maka anda tidak memerlukan waktu yang lama dan susah untuk mengempukkan daging. Selamat mencoba
SELAIN ikan, makanan laut lainnya yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat adalah cumi-cumi.

Dengan tekstur daging yang empuk dan kenyal, tak heran jika olahan cumi memiliki tempat tersendiri di hati para pencinta kuliner. Apalagi kalau diolah dengan bumbu yang tepat, rasanya akan semakin nikmat dan bisa bikin Anda ketagihan.

Dibalik kelezatannya itu, ternyata masih banyak yang ragu untuk mengolah cumi di rumah. Salah satu alasannya karena makanan laut ini memiliki aroma amis yang sangat menyengat. Hal ini memang sering terjadi jika cumi diolah dengan cara yang tidak tepat. Untuk menghilangkan aroma amis dan membuat tekstur dagingnya menjadi lebih empuk, Anda bisa mengikut 5 tips berikut, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Selasa (15/8/2017).

Astaga! Sebuah Donat Mirip Ular Sukses Bikin Netizen Heboh Pilih cumi berkualitas baik Untuk menghindari bau amis yang menyengat pada cumi, Anda bisa memulai dengan memilih cumi yang masih dalam keadaan baik, segar, kalau perlu yang masih hidup. Cumi segar memiliki mata yang bersih, dagingnya tidak kemerahan, kulit ari tidak rusak, serta tekstur dagingnya cara mengempukkan daging dengan soda kue pada dan masih kenyal.

Bersihkan dengan benar Setelah memilih cumi yang berkualitas, proses selanjutnya adalah membersihkan cumi dengan baik dan benar. Tidak usah takut, caranya cukup mudah dan sederhana. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan isi perut cumi dan mengupas kulit arinya.

Berhati-hati lah saat mengeluarkan isi perut agar tintanya tidak pecah. Setelah berhasil dikeluarkan, segera cuci cumi dengan air mengalir.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Simpan tinta cumi jika Anda tertarik untuk membuat hidangan lezat lainnya. Marinasi dengan jahe dan air asam jawa Sudah menjadi rahasia umum bahwa campuran bumbu rempah-rempah juga sangat ampuh untuk menyamarkan atau mengurangi aroma amis pada makanan. Yang perlu Anda lakukan cukup cara mengempukkan daging dengan soda kue jahe, tambahkan air asam jawa, kemudian lumuri di seluruh bagian cumi hingga merata.

Diamkan selama 15-30 menit, lalu cuci kembali dengan air mengalir. Rendam dalam baking soda Bagi Anda yang menyukai cumi dengan tekstur daging yang empuk dan kenyal, rendamlah makanan laut tersebut di dalam air yang telah dicampurkan satu sendok makan baking soda semalaman. Cara ini sangat ampuh untuk mengempukkan daging cumi yang akan diolah dengan proses penggorengan. BACA JUGA: URBAN FOOD: Oseng Udang Tempe atau Udang Goreng Asam, Dijamin Bikin Anda Selera Makan Tak Perlu Rogoh Kocek Dalam, Telur Hingga Sayur Bayam Termasuk Bahan Makanan Termurah di Dunia Minggu 13 Agustus 2017, 19:08 Perhatikan waktu memasak Hal terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah waktu saat mengolah cumi.

Untuk mengolah sajian berkuah masaklah secara singkat, kurang dari tiga menit. Jika dimasak terlalu lama, daging cumi akan mengeras. Apabila sudah terlanjur memasak lebih dari tiga menit, lanjutkan proses memasak hingga 30 menit agar protein dalam daging cumi kembali terurai sehingga teksturnya menjadi lebih empuk.Apalagi, daging sapi punya banyak bagian yang berbeda Salah satunya bagian paha atau topside yang biasa dibuat menjadi rendang.

Nah, pada momen Iduladha ini, ada tips super mudah yang bisa kamu ikuti untuk membuat daging sapi empuk, yang dikutip dari video di channel YouTube Chef William Gozali. Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Kurban Supaya Awet dan Kualitas Rasa Terjaga "Well, gampang banget, yang kalian butuhkan adalah, baking soda. Kenapa baking soda? Baking soda ini akan kita gunakan untuk menghancurkan semua serat-serat alot dari si daging sapi," jelas pemenang MasterChef Indonesia 3 tersebut.

Dalam video tersebut, lelaki lulusan sekolah masak Le Cordon Bleu Sydney, Australia ini menggunakan daging sapi bagian topside atau yang biasa dipakai untuk membuat rendang. "Which is bakal alot banget dan membutuhkan waktu lama untuk memasak hingga enak. Nah, dengan baking soda ini, kita akan menghancurkan semua seratnya.

Beratnya ini sekitar 350 gram daging," kata lelaki berkacamata ini. Berikut adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat daging sapi empuk dan lembut, dari Chef William Gozali.

• Gunakan 1 sdt baking soda yang dilarutkan ke dalam air putih. • Setelah itu iris daging tipis melawan serat, yang tujuannya agar daging bisa lebih empuk. • Masukkan daging yang sudah diiris dengan baking soda yang sudah dilarutkan dengan air. Aduk hingga merata. • Tutupi wadah berisi daging dengan plastik wrap, simpan di dalam lemari dingin minimal 3 jam, atau 6, 12, hingga 24 jam.

• Setelah itu, bisa digunakan untuk membuat masakan daging yang diinginkan, dan dipastikan daging akan empuk. Mudah bukan?
Salah satu tantangan mengolah daging merah seperti daging kambing atau daging sapi adalah membuat teksturnya jadi empuk. Pasalnya kalau daging langsung dimasak begitu saja, biasanya bakal alot saat dikunyah dan mengurangi kenikmatannya.

Sehingga, perlu trik khusus untuk membuatnya empuk, seperti menggunakan bahan pengempuk daging. Selain dipotong kecil-kecil atau direbus dalam waktu yang lama yang bikin daging jadi kurang gurih, ada beberapa bahan pengempuk yang bisa kamu gunakan untuk merendam daging agar teksturnya lebih empuk dan kenyal. Penasaran apa saja? Yuk, simak cara mengempukkan daging dengan soda kue bawah ini! Jangan khawatir, bahannya mudah didapatkan!

1. Menaburkan daging dengan garam laut dan mendiamkannya selama beberapa saat adalah cara paling simpel untuk bikin teksturnya jadi empuk dibaluri garam laut - Credit by tasteandseegodsgoodness.blogspot.com Taburkan garam laut kasar (bukan garam dapur) ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama satu jam, baru kemudian diolah.

Memang butuh waktu agar lama, tapi garam akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk.

2. Selain memberi citarasa segar, perasan air lemon atau jeruk nipis juga bikin daging jadi lebih empuk perasan air lemon - Credit by thegrubfiles.blogspot.com Perasan air lemon atau jeruk nipis disinyalir jadi bahan pengempuk daging yang ampuh dan mudah ditemukan.

Pasalnya, kandungan asam pada air jeruk nipis mampu memecah struktur protein daging sehingga bikin daging lebih empuk. Balurkan perasan air lemon atau jeruk nipis pada permukaan daging lalu simpan dalam kulkas selama beberapa jam sebelum dimasak. dibungkus daun pepaya - Credit by lifestyle.sindonews.com Bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas hingga keluar getahnya.

Diamkan daging selama sekitar 30 menit sebelum dimasak. Akan lebih baik kalau daging dibungkus bersama bumbu karena bikin bumbu lebih meresap ke dalam daging. 4. Enzim bromelin pada nanas mirip fungsinya dengan enzim papain pada pepaya. Sama-sama bikin daging jadi empuk! nanas yang dihaluskan - Credit by id.pinterest.com Nanas mengandung enzim bromelin sehingga menjadi bahan pengempuk yang efektif untuk daging.

Parut atau haluskan nanas agar enzimnya keluar. Setelah itu, lumuri daging minimal 30 menit sebelum dimasak. Waspadai pemilihan nanas karena rasa daging bisa sedikit berubah akibat aroma nanas yang terlalu kuat.

5. Sudah tahu belum sih kalau minuman bersoda cara mengempukkan daging dengan soda kue cola juga bisa bikin tekstur daging jadi nggak alot? direndam teh hitam pekat - Credit by www.today.com Bahan kandungan tanin di dalam teh berfungsi sebagai pengempuk daging yang alami. Buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, kemudian rendam daging dalam air teh beberapa menit sebelum diolah. 7. Tomat mengandung tinggi asam dari vitamin C yang bisa bikin empuk daging yang alot buah kiwi dihancurkan - Credit by www.idntimes.com Kiwi mengandung bahan zat yang bernama actinidin yang bisa bikin daging jadi lebih empuk.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Cukup remas-remas kiwi dan biarkan buahnya membalur daging. Setelah 20-30 menit, bilas dan daging pun siap diolah. 9. Lumuri daging dengan jahe dan serai yang sudah diparut atau diiris tipis selama beberapa menit sebelum mengolahnya jahe dan serai - Credit by www.shockinglydelicious.com Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk.

Serai bikin baunya lebih segar dan nggak prengus. 10. Daging yang diempukkan dengan cuka sari apel akan jadi lebih manis dan juicy lo! cuka apel - Credit by kitchenencounters.typepad.com Selain membuat rasa daging terasa enak, cuka sari apel juga bisa menjadi bahan pengempuk yang bagus. Tinggal lumuri daging dengan cuka sari apel beberapa jam sebelum dimasak.

Kamu juga bisa menggunakan cuka dapur atau cuka balsamik. 11. Kalau kamu mau bikin steak, rendaman kopi direkomendasikan untuk bikin daging jadi lunak dan rasa yang agak smoky ditaburi juga boleh - Credit by www.wickedstuffed.com Rendam daging dalam kopi pekat selama 1 jam sebelum dipanggang. Cara mengempukkan daging dengan soda kue rasanya yang jadi agak smoky, butiran kopi juga akan menambahkan tekstur crunchy pada daging. 12.

Siapa sangka, selain bisa bikin kue mengembang, ternyata baking soda juga bermanfaat untuk melunakkan empuk baking soda - Credit by thegrubfiles.blogspot.com Cara ini bisa dipraktikkan kalau kamu akan masak semur atau rendang karena warna daging yang direndam dengan baking soda akan berubah jadi lebih gelap.

Itu dia 12 bahan pengempuk daging yang bisa kamu praktikkan saat mengolah daging kambing atau sapi saat hari raya Idul Adha. Gimana, makin siap masak daging dong harusnya? Daging sudah empuk, tinggal siapkan resep bumbu deh!
Artikel ini disusun bersama Vanna Tran, anggota komunitas wikiHow yang tepercaya. Vanna Tran adalah koki rumahan yang mulai masuk ke dapur bersama ibunya sejak masih sangat belia. Dia melayani katering di berbagai acara dan membuka usaha warung kaki lima di San Francisco Bay Area selama lebih dari 5 tahun.

Ada 11 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 8.854 kali. Beberapa potongan daging sapi bisa sangat keras, terutama apabila Anda menyukai daging yang dimasak hingga matang. Jika tidak ingin membeli potongan daging yang mahal, Anda bisa menggunakan potongan daging yang murah dan mengempukkannya agar rasanya menjadi lebih lezat. Cobalah menggunakan metode mekanis atau termal, atau jika menginginkan, Anda juga bisa mencoba metode cara mengempukkan daging dengan soda kue, seperti menambahkan soda kue, garam, atau produk susu untuk mengempukkan daging sapi.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fe\/Tenderize-Beef-Step-1-Version-10.jpg\/v4-460px-Tenderize-Beef-Step-1-Version-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fe\/Tenderize-Beef-Step-1-Version-10.jpg\/v4-728px-Tenderize-Beef-Step-1-Version-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Letakkan daging di tengah-tengah dua lembar kertas lilin, lalu pukul selama beberapa menit.

Kertas lilin berfungsi sebagai pelindung daging dan meja dapur. Pukul daging dengan benda berat yang ada, misalnya palu kayu ( mallet), wajan yang berat, atau kayu penggiling tepung. [1] X Teliti sumber • Dengan memukulnya, daging akan menjadi empuk dan tipis. • Metode ini cocok diterapkan pada potongan daging utuh. Vanna Tran, seorang koki berpengalaman, mengatakan: "Ini benar-benar tergantung potongan daging yang dimasak.

Daging yang banyak mengandung jaringan ikat dan kolagen, seperti buntut dan bagian iga yang pendek, harus dimasak dengan panas rendah dan lambat di dalam rendaman braising selama beberapa jam. Akan tetapi, daging yang tidak banyak mengandung kolagen, misalnya irisan steik, mungkin hanya perlu dipanggang selama 10-12 menit untuk mendapatkan tingkat kematangan medium rare (setengah mentah) yang empuk." Pukul daging selama 2 hingga 3 menit menggunakan palu kayu bergerigi jika Anda ingin menggorengnya.

Tempatkan irisan daging utuh pada talenan. Pukul salah satu sisinya dengan palu kayu bergerigi hingga bentuknya menjadi tipis. Balik irisan daging, lalu ulangi prosesnya. [2] X Teliti sumber • Proses ini akan memecah jaringan ikat di dalam daging. Walaupun metode ini tidak bagus untuk steik panggang, ini sangat cocok untuk hidangan daging yang dilapisi tepung roti, misalnya steik chicken-fried (steik yang cara memasaknya sama seperti ayam goreng bertepung). Sayat daging dengan interval 2 cm menggunakan pisau untuk memecah serat.

Gunakan pisau untuk membuat sayatan diagonal pada bagian atas daging yang searah dengan seratnya. Putar irisan daging, dan buatlah sayatan lurus secara menyilang pada sayatan sebelumnya. [3] X Teliti sumber • Ini akan memecah beberapa serat otot yang panjang, yang akan membuatnya menjadi sedikit empuk.

Metode ini sangat cocok untuk irisan steik yang harganya murah. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9b\/Tenderize-Beef-Step-4-Version-10.jpg\/v4-460px-Tenderize-Beef-Step-4-Version-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9b\/Tenderize-Beef-Step-4-Version-10.jpg\/v4-728px-Tenderize-Beef-Step-4-Version-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Masak daging yang banyak mengandung kolagen dalam panas yang rendah dan lambat untuk memecah jaringan ikat.

Gunakan daging yang kaya akan kolagen, misalnya brisket (daging bagian dada bawah di sekitar ketiak).

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Masak dengan api kecil dalam waktu lama untuk memecah kolagen, sehingga dagingnya akan empuk dan berair. [4] X Teliti sumber • Cara ini sangat cocok untuk paha depan atau paha bawah sapi.

• Metode ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan panci masak lambat ( slow cooker). Anda juga dapat menggunakan oven atau alat pemanggang, tetapi dengan panas yang rendah. Anda harus memasak daging selama setidaknya satu jam untuk setiap 0,5 kg daging dalam suhu sekitar 120 °C). [5] X Teliti sumber Rendam daging di dalam air dan soda kue sebagai metode yang murah.

Anda hanya memerlukan sedikit soda kue, yaitu sekitar ¼ sdt. (2 gram). Taburkan soda kue ke 300 gram daging yang belum dipotong atau diiris. Tambahkan air yang sekadar cukup untuk menutupi daging di dalam panci atau mangkuk yang dangkal, dan biarkan daging terendam selama 15 menit. Keringkan daging jika Anda ingin memanggang atau menggorengnya untuk cara mengempukkan daging dengan soda kue daging yang kering dan enak.

[6] X Teliti sumber • Soda kue akan mengubah pH permukaan daging sehingga jaringannya tidak bisa terikat dengan erat, dan ini membuat daging menjadi lebih empuk. • Jika Anda memotong daging menjadi beberapa bagian, gunakan 1 sdt. (5 gram) soda kue. • Metode ini bisa digunakan pada potongan daging utuh atau daging giling.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

• Daging sapi bisa direndam hingga 1 jam tanpa menimbulkan efek buruk. Taburkan garam laut ( sea salt) atau garam kosher pada steik yang tebal untuk menghilangkan kelembapannya. Gunakan ½ hingga 1 sdt. (3-5 gram) garam untuk setiap sisi daging, hingga permukaannya seperti penuh garam. Biarkan steik dalam suhu kamar selama 1 jam untuk irisan yang memiliki ketebalan 2,5 sentimeter. Setelah itu, bilas garam hingga bersih dan keringkan irisan steik dengan tisu dapur.

[7] X Teliti sumber • Metode ini akan mengangkat cairan dari dalam daging ke permukaan, yang pada akhirnya akan Anda bilas. Hasilnya adalah daging yang mengandung protein dan lemak yang berair. Selain itu, daging menjadi lebih empuk dan beraroma. Ini juga membuat garam meresap ke dalam daging. • Pastikan bagian luar steik benar-benar kering sebelum Anda memanggangnya. Jika tidak, Anda tidak akan bisa mendapatkan daging bakar yang enak. Cobalah menggunakan bubuk pelunak buatan pabrik jika Anda menginginkan solusi yang mudah.

Pelunak ini berisi gula, garam, tepung maizena, dan bromelin.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Percikkan bubuk ini pada daging, lalu biarkan selama 30 menit sebelum Anda memasaknya. Kalau mau, bilas daging sebelum dimasak, tetapi keringkan terlebih dahulu jika Anda ingin memanggang atau menggorengnya untuk mendapatkan hidangan bakar yang lezat.

[8] X Teliti sumber • Ini sangat cocok untuk daging yang dilapisi tepung roti, misalnya steik chicken-fried atau daging sapi yang dilumuri tepung maizena untuk tumis. • Bromelin diambil dari nanas. Jadi, Anda akan mendapatkan efek pelunak tanpa ada aroma nanas.

Gunakan 1-2 sdm. (15-30 ml) kiwi yang telah dihaluskan untuk mendapatkan marinade yang ringan. Jumlah ini digunakan untuk setiap 1 cangkir (240 ml) marinade yang Anda buat.

Kiwi mempunyai kandungan kimia yang bisa mengempukkan daging tanpa memberi tambahan rasa yang berlebihan. [9] X Teliti sumber • Cobalah membuat marinade dengan mencampur 1 cangkir (240 ml) kiwi cincang, 2 sdt.

(10 ml) kecap, 2 sdt. (10 ml) saus tomat, 4 sdt. (20 ml) saus worcestershire, dan 2 siung bawang putih cincang. [10] X Teliti sumber • Rendam daging selama minimal satu malam. • Jika menginginkan, Anda bisa mengganti kiwi dengan pepaya atau nanas. Oleskan marinade tinggi asam hanya untuk potongan steik yang liat. Marinade tinggi asam sebenarnya bisa mengeraskan daging seperti ikan dan udang.

Akan tetapi, untuk irisan steik yang liat, misalnya flank steak (steik dari bagian bawah perut sapi), marinade ini tidak akan meresap terlalu dalam, dan Anda dapat membumbui daging tanpa membuatnya menjadi liat. [11] X Teliti sumber • Cobalah marinade asam untuk membuat cara mengempukkan daging dengan soda kue seperti fajitas (daging panggang ala Meksiko). Campur bahan-bahan ini di dalam kantong plastik: 2 sdm.

(30 ml) minyak zaitun, â…“ cangkir (80 ml) jus jeruk nipis, 2 sdm. (2 gram) daun ketumbar cincang, 2 siung bawang putih keprek, sedikit gula cokelat, sedikit cabai merah tumbuk, sedikit jintan, dan garam dalam jumlah yang agak banyak. Kocok kantong plastik, lalu masukkan daging ke dalam marinade dan biarkan selama 1 hingga 2 jam. • Cara ini juga cocok diterapkan pada London broil, hangar steak, dan skirt steak.

• Anda dapat menambahkan asam, misalnya cuka, soda, anggur, atau jus jeruk agar marinade menjadi asam. [12] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3b\/Tenderize-Beef-Step-10-Version-3.jpg\/v4-460px-Tenderize-Beef-Step-10-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3b\/Tenderize-Beef-Step-10-Version-3.jpg\/v4-728px-Tenderize-Beef-Step-10-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":259,"bigWidth":728,"bigHeight":410,"licensing":"

<\/div>"} Cobalah menggunakan marinade berbasis susu agar daging tidak lembek.

cara mengempukkan daging dengan soda kue

Beberapa koki menggunakan produk susu untuk mengempukkan daging. Beberapa produk, seperti susu, yoghurt, dan krim asam bisa mengempukkan daging tanpa menjadikannya terlalu lembek. Anda dapat menambahkan rasa apa saja yang diinginkan pada produk susu, dan merendam daging selama beberapa jam.

[13] X Teliti sumber • Sebagai contoh, Anda bisa merendam potongan steik yang berharga murah ke dalam buttermilk yang diberi tambahan garam, bubuk bawang putih, merica, dan bubuk bawang merah. Celupkan daging ke dalam tepung, dan goreng untuk mendapatkan steik chicken-fried. Artikel ini disusun bersama Vanna Tran, anggota komunitas wikiHow yang tepercaya.

Vanna Tran adalah koki rumahan yang mulai masuk ke dapur bersama ibunya sejak masih sangat belia. Dia melayani katering di berbagai acara dan membuka usaha warung kaki lima di San Francisco Bay Area selama lebih dari 5 tahun. Artikel ini telah dilihat 8.854 kali.

keren... Daging jadi empuk dengan Baking soda..

    Related articles



2022 www.videocon.com