Mbti paling banyak

mbti paling banyak

Sonora.ID - Salah satu tes kepribadian yang banyak digunakan bahkan dalam perusahaan adalah MBTI, untuk mengetahui karakter seseorang secara general. Dari 16 kepribadian di dalamnya, ternyata ada 1 kepribadian yang paling banyak dijumpai di dunia bahkan 15 persen dari populasi, yaitu ISTJ.

Kepribadian yang satu ini sering kali dinamai sebagai Logistician, mereka memiliki beberapa kelebihan dan mbti paling banyak berikut ini. Baca Juga: Tes Kepribadian: Benda Apa Saja yang Sering Ada di Dalam Tas Anda? Kelebihan • Jujur dan tidak basa-basi. Orang yang memiliki kepirbadian yang satu ini cenderung akan straight to the point, dan cenderung realistis dalam melihat keadaan yang ada di sekitarnya. • Berkemauan keras. Tak hanya tegas dengan apa yang benar-benar terjadi atau realita, mereka juga tegas dengan dirinya sendiri.

ISTJ cenderung akan memiliki fokus yang baik untuk mewujudkan cita-cita mereka. • Jika ISTJ sudah berani berjanji, maka ia akan benar-benar mewujudkan janji tersebut, bahkan ia kerap kali mengorbankan kesehatan dirinya sendiri demi mewujudkan jani atau cita-citanya. Baca Juga: Tes Kepribadian: Bentuk Mata Bisa Ungkap Karakter Sifat Anda ARTIKEL TERKAIT • Tes Kepribadian: Bongkar Karakter Tersembunyi Lewat Bulan Kelahiran Anda • 5 Kepribadian Pria Bisa Terungkap dari Caranya Menyetir Mobil • Tes Kepribadian: Bentuk Mata Bisa Ungkap Karakter Sifat Anda • Karena Sifatnya, Wanita dengan 3 Zodiak Ini Justru Banyak Diincer Pria • Tes Kepribadian: Benda Apa Saja yang Sering Ada di Dalam Tas Anda?

Kamu yang sering mengikuti tes-tes kepribadian di Internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan tes kepribadian Myers-Briggs yang sangat populer ini! Berisikan sejumlah 100 pertanyaan yang bisa kamu akses di situs 16personalities.com, tes kepribadian yang satu ini akan memberikan mbti paling banyak berupa 4 huruf, di mana kamu akan diberikan penjelasan lanjut tentang kepribadian tersebut.

Banyak sekali orang yang merasa penjelasan ini sangat akurat dan gue-banget, sampai-sampai mereka lanjut meriset tentang apa kata orang lain mengenai kepribadiannya.

Bahkan, terkadang 4 huruf ini mereka pasang di biografi Instagram, Twitter, dan sebagainya. Tapi, apa kamu yakin sudah benar-benar mengerti tentang apa yang diwakilkan oleh setiap hurufnya? Jangan-jangan, kamu hanya peduli tentang penjelasan umum mengenai kepribadian kamu sendiri, ya? Ada baiknya kita pelajari tentang makna dari setiap hurufnya lho, supaya siapa tahu, kamu juga bisa menebak kepribadian orang-orang terdekatmu!

Nah, yuk kita bedah arti dari setiap huruf yang disajikan tes MBTI ini! cnet.com Tak dapat dimungkiri, huruf pertama yang disajikan dari hasil tes MBTI ini pasti menjadi yang paling mencolok ketika kamu membahasnya dengan orang lain. Bahkan, bukan hanya lewat tes MBTI, kamu juga pasti sering mengkategorikan diri berdasarkan dua kata ini: apalagi kalau bukan Introvert (I) dan Extrovert (E)!

Hanya saja, ternyata masih banyak lho, yang seringkali salah paham dengan dua macam kepribadian ini, mengira bahwa para introvert adalah si pemalu, sedangkan extrovert lebih suka bergaul. Padahal, huruf pertama di tes MBTI ini merujuk pada cara seseorang mbti paling banyak energinya.

Kalau kamu adalah seorang introvert, kamu cenderung perlu me- recharge energimu dengan cara menyendiri, entah itu membaca buku atau menonton film di rumah. Bagi para introvert, kegiatan-kegiatan sosial yang melibatkan interaksi dengan banyak orang bisa mereka lakukan bahkan dengan sangat baik, tetapi pada akhirnya akan menjadi sangat melelahkan.

Di sisi lain, para extrovert malah mendapatkan energinya dari berinteraksi dengan orang lain. Menghabiskan waktu sendirilah yang menjadi sesuatu yang melelahkan bagi mereka, dan mereka harus mengisi ulang energinya dengan bertemu orang lain dan bersosialisasi. creativitypost.com Huruf kedua dalam tes MBTI yang mungkin jarang dipermasalahkan adalah huruf N yang mewakili intuition dan S untuk sensing.

Kedua kata ini menjelaskan kecenderungan kita dalam menerima dan memproses informasi dan inspirasi baru dari sekitar kita. Jika kamu adalah seorang yang menggunakan intuition, artinya kamu lebih senang memperhatikan dan mendalami hal-hal abstrak seperti hasil karya seni--mencari arti yang lebih dalam dari sebuah lagu atau lukisan, dan mencari pola tentang hal-hal yang terjadi di sekitarmu.

Maka dari itu, kamu akan lebih tertarik memikirkan kemungkinan-kemungkinan dan ide-ide baru. Lain halnya bagi mereka yang menggunakan sensing. Orang-orang yang mendapat Mbti paling banyak sebagai huruf keduanya ini lebih menghabiskan waktu untuk memperhatikan hal-hal kasatmata di sekitar mereka menggunakan 5 indra ( senses).

Mereka lebih peka terhadap fakta-fakta dan cara kerja hal-hal di sekitar mereka, dan mereka sangat mempercayai pengalaman nyata. Baca Juga: 5 Fakta Kepribadian Seorang Ekstrovert yang Mungkin Tak Kamu Sadari Pexels.com/@olly Thinking (T) dan feeling (F) yang terletak di urutan ketiga ini mungkin akan lebih sulit untuk kamu aplikasikan ketika ingin menebak kepribadian orang lain.

Karakter ketiga ini menjelaskan bagaimana cara kita mengambil keputusan terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidup. Jika kamu mendapat thinking untuk huruf ketigamu, artinya kamu cenderung mengambil keputusan berdasarkan logika, dengan mempertimbangkan setiap kelebihan dan kekurangannya secara realistis. Oleh karena itu, keputusan-keputusanmu biasanya jauh dari pengaruh orang-orang di sekitarmu, karena kamu lebih percaya dengan penjelasan logis.

Sementara itu, mereka yang menggunakan feeling akan sangat mempertimbangkan opini orang mbti paling banyak dan berbagai sudut pandang ketika membuat sebuah keputusan. Mereka juga sangat memikirkan bagaimana orang lain akan dipengaruhi dengan keputusan yang mereka ambil. psychologies.co.uk Terakhir, huruf keempat dalam kepribadian MBTI ini, judging (J) dan perceiving (P) mendefinisikan orientasi seseorang terhadap dunia luar, dan bagaimana orang lain melihat dirinya ketika beraktivitas.

Maka dari itu, karakter keempat ini boleh jadi adalah yang paling mudah ditebak dari kepribadian seseorang. Orang-orang judging adalah mereka yang hidupnya terlihat lebih teratur, dan sangat mengontrol dan mengorganisasikan hal-hal yang terjadi dalam hidup mereka. Ketika bekerja, mereka juga seringkali terlihat sebagai list-maker--membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan, dan mereka sangat mementingkan tugas yang dipertanggungjawabkan terhadap mereka.

Oleh sebab itu, mereka juga cenderung menyelesaikan tugas lebih cepat dari tenggat waktu. Di sisi lain, jika kamu mendapat perceiving sebagai huruf terakhir ini, kamu cenderung lebih fleksibel dan spontan dalam menghadapi hal-hal yang terjadi dalam hidup. Kamu jarang sekali membuat rencana demi rencana, dan lebih menikmati proses beradaptasi dengan hal-hal tersebut. Nah, teman-teman, begitulah penjelasan mengenai setiap huruf yang disajikan dalam hasil tes kepribadian MBTI.

Dengan pembedahan ini, kamu pasti lebih mengerti tentang huruf-huruf yang kamu dapat, bukan? Kamu juga bisa mengaplikasikannya terhadap orang-orang terdekatmu, dan kalau sudah menebaknya, kamu bisa mencari penjelasan lebih lanjutnya di situs 16personalities.com untuk lebih mengerti kepribadian orang lain.

Baca Juga: Disebut Pseudosains, tapi Ini 5 Manfaat Mengetahui Tipe MBTI-mu! Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini • 10 Potret Baby Ameena dalam Mbti paling banyak Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak!
MBTI dikembangkan oleh Katherine Cook Briss dan puterinya, Isabel Briggs Myers sejak Perang Dunia II (1939-1945).

Mereka percaya bahwa pengetahuan akan kepribadian dapat membantu perempuan yang akan memasuki dunia kerja di bidang industri. Setelah mengalami pengembangan, akhirnya Tes MBTI ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1962. ( Sumber: Wikipedia) MBTI didasarkan dari teori tipologi yang diusulkan oleh Carl Gustav Jung dalam bukunya berjudul "Psychological Type" yang diterbitkan pada tahun mbti paling banyak bukunya, Jung berteori bahwa ada empat fungsi psikologis utama yang digunakan manusia dalam menjalani kehidupan, yaitu: sensasi (sensation), intuisi (intuition), perasaan (feeling), dan pemikiran (thinking).

Psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. MBTI merupakan instrumen yang paling banyak digunakan. Telah diperbarui dan divalidasi secara ketat selama lebih dari tujuh puluh tahun. Tujuan dari MBTI adalah membuat teori tipe psikologis yang dapat dijelaskan dan dapat dimengerti serta berguna dalam kehidupan manusia.

• Membawa pemahaman yang lebih baik tentang prilaku diri sendiri maupun team. • Mengembangkan sikap, bahasa, maupun pola pikir yang lebih objectif dalam membahas maupun menilai perbedaan masing-masing individu sehingga dapat meningkatkan kerjasama dan pemahaman dalam team.

• Memahami bagaimana perbedaan masing-masing individu dalam menilai dan memecahkan suatu masalah sehingga dapat meningkatkan performance (hasil kerja) kelompok (team).

• Mulai dengan penguraian masalah secara garis besar daripada langsung fokus ke detail • Sediakan ruang untuk pemikiran kreativitas sebelum memaparkan fakta-fakta detail • Gambarkan strategi dan tujuan secara global sebelum masuk ke tindakan-tindakan detail • Jelaskan hasil yang diinginkan dari suatu project beserta tantangan-tantangan yang akan dihadapi.

2. Type Intuitive --> Type Sensing • Cobalah lebih deskriptif daripada “judgemental” (langsung ke judgement) • Gunakan empathi dengan memahami perspektif orang lain.

• Mulai dengan penekanan atas mbti paling banyak yang penting bagi orang lain” • Pertimbangkan pengaruh dari keputusan yang dibuat terhadap orang yang menjalankan • Mulai dengan hal-hal yang positif daripada negatif.

4. Type Feeling --> Type Thinking • Diskusikan mengenai cost dan benefit dari suatu issue • Identifikasikan masalah dengan jelas, hal yang terkait dan alternatif pemecahan, termasuk kekuatan dan kelemahan.

• Ambil sikap yang tegas dan paparkan masalah secara ringkas • Bersedia terlibat dalam perdebatan dan tidak menganggapnya sebagai masalah personal (tidak simpan ke hati) 5. Type Judging --> Type Perceiving • Berikan keleluasaan kepada Perceiver terkait dengan bagaimana mereka akan mencapai tujuannya • Berikan waktu yang cukup untuk “brainstorming” • Sadari, biasanya jauh lebih banyak alternatif solusi yang tepat daripada yang tampak • Pertimbangan beberapa opsi sebelum membuat keputusan • Pahami bahwa terlalu banyak paksaan kepada Perceiver akan makin membuat mereka defensif (bertahan) • Pahami bahwa perubahan yang terlalu sering atau perubahan di detik –detik terakhir, akan sangat mempengaruhi Judgers • Tanggapi deadline yang diberikan Judgers dengan serius dan detail/tepat • Seimbangkan antara “brainstorming” dan analisis serta decision making • Review/buka kembali keputusan, hanya jika ada data yang signifikan mempengaruhi keputusan yang diambil • Ambil sikap yang jelas dan tegas Manusia merupakan makhluk sosial dengan tingkat kompleksitas tinggi.

Meskipun demikian, terdapat banyak hal yang menarik untuk dibahas, mulai dari kepribadian sampai dengan kehidupan sosialnya. Kamu tentu sering mendengar istilah MBTI. MBTI atau Myer Briggs Type Indicator merupakan sebuah tes kepribadian yang dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myer, putrinya. MBTI merupakan metode yang sangat mudah serta memiliki akurasi yang baik.

Nah, dari 16 tipe kepribadian menurut MBTI, terdapat 10 kepribadian paling langka yang menarik untuk dibahas. Apa saja itu? Berikut adalah rangkumannya. 1. ENFJ – The Givers ENFJ merupakan singkatan dari Extraversion, Intuition, Feeling dan Judging. Kepribadian MBTI ini hanya ada 2-5% dari jumlah populasi di dunia.

Orang yang memiliki kepribadian ENFJ memiliki koneksi yang cukup luas di masyarakat. Orang-orang dengan kepribadian ini sangat suka menjaga perasaan orang lain dengan menunjukan kehangatan. Meskipun membenci hal-hal yang berhubungan logika impersonal dan analisis, namun orang dengan kepribadian ENFJ memiliki kreativitas dan imajinasi yang tinggi serta sensitif terhadap kritik dan isu-isu yang dapat menyebabkan perpecahan. Orang-orang dengan kepribadian seperti ini biasa ditemukan pada seorang penulis, psikolog, pekerja sosial dan politikus.

2. ENTJ – The Fieldmarshal/The Executives Kepribadian selanjutnya adalah ENTJ atau Extroversion, Intuition, Thinking dan Judgment. ENFJ adalah salah satu kepribadian yang unik. Di dunia sendiri terdapat sekitar 2-5% populasi yang memiliki kepribadian tersebut. Orang yang memiliki kepribadian ENTJ memang tidak terlalu memperhatikan hal-hal detail dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Ia akan cenderung melakukannya secara efisien tanpa membuang banyak waktu. Kepribadian yang satu ini memang kerap ditemukan pada seorang pemimpin. Pekerjaan yang cocok bagi orang-orang dengan kepribadian ini di antaranya adalah pengusaha, hakim, konsultan dan manajer perusahaan serta seorang profesor.

3. ENTP – The Visionaries Kepribadian langka selanjutnya adalah ENTP atau Extroversion, Intuition, Thinking dan Perception. Kepribadian ini hanya ada sekitar 2-5% di dunia. Orang dengan kepribadian ENTP juga sering disebut sebagai seorang visionaries. Mereka yang memiliki kepribadian ini akan merasa bahagia dan memiliki semangat tinggi untuk membantu orang lain. Mereka juga cenderung berpikir rasional serta memiliki kemampuan dan kecerdasan saat melakukan perdebatan.

Orang dengan kepribadian ENTP mampu bersikap fleksibel dan cenderung aktif dalam berbagai hal. Pekerjaan yang mungkin saja mbti paling banyak untuk kepribadian yang satu ini di antaranya pengacara, konsultan, insinyur, pengajar atau marketing pemasaran. 4. ESTP – The Doers Mbti paling banyak adalah ESTP atau Extroversion, Sensing, Thinking dan Perception. Orang yang memiliki kepribadian ini cenderung aktif dan memiliki keterampilan serta kejelian dalam melihat sesuatu.

Di dunia sendiri terdapat kurang lebih 4-5% orang yang memiliki kepribadian ESTP. Dengan kepribadian tersebut, pekerjaan yang mungkin cocok adalah sebagai wirausahawan, tenaga medis, atlet, polisi dan pekerjaan yang berhubungan dengan teknik. Karena biasanya pekerjanya-pekerjaan tersebut menuntut orang untuk lebih fleksibel dan memiliki ketelitian saat melakukan tugasnya. 5.

INTP – The Thinker Kepribadian MBTI selanjutnya adalah INTP atau Introversion, Intuition, Thinking dan Perception. Kepribadian ini biasa disebut juga sebagai The Thinkers atau pemikir. Di dunia diperkirakan terdapat 3-5% kepribadian INTP. Orang dengan kepribadian seperti ini cenderung menyukai ketenangan dan tidak terkoneksi dengan dunia luar lebih jauh. Meskipun demikian, orang dengan kepribadian INTP memiliki pengetahuan serta wawasan yang cukup luas. Mereka sendiri biasanya memiliki prinsip yang tegas serta standar yang tinggi terhadap pekerjaan yang dilakukannya.

Pekerjaan yang mungkin cocok untuk orang dengan kepribadian ini adalah seorang programmer, penyidik forensik, atau ilmuan. 6. INTJ – The Masterminds Seseorang yang memiliki kepribadian INTJ atau Introversion, Intuition, Thinking dan Judgment disebut juga The Masterminds atau pengatur.

Kepribadian ini hanya ada sekitar 2-4% populasi di dunia. Orang yang memiliki kepribadian ini sangat piawai dalam mengatur strategi serta melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih luas.

• 10 Ciri-Ciri Teman yang Suka Menikam dari Belakang • Girls, Ini 10 Ciri-Ciri Pria Bad Boy yang Harus Kamu Hindari • Tanpa Drama Berlebihan, Ini 10 Cara Menjadi Anak Hits Selain itu, mereka juga cukup teoritis dan sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan mengedepankan keteraturan dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga pekerjaan yang mungkin cocok bagi orang dengan kepribadian INTJ adalah sebagai analis, dokter, CEO perusahaan, ilmuan, arsitek dan hakim.

7. INFP – The Idealist Selanjutnya adalah INFP atau Introversion, Intuition, Feeling dan Perception. Kepribadian ini memang menjunjung idealisme. Kepribadian ini mbti paling banyak pada sekitar 4-5% populasi yang ada di dunia. Orang dengan kepribadian INFP bisa terlihat dari caranya mengabdikan diri pada masyarakat banyak. Mereka cenderung memiliki prinsip serta memiliki perasaan yang sangat sensitif dan sedikit rumit.

Orang-orang seperti ini tidak berorientasi pada hasil akhir. Meskipun demikian mereka cenderung aktif dan selalu ingin mengembangkan diri. Pekerjaan yang mungkin sesuai dengan orang-orang yang memiliki kepribadian ini di antaranya adalah konselor, pemuka agama, dan juga ilmuan. 8. ISTP – The Mechanics Selanjutnya ada ISTP atau Introversion, Sensing, Thinking dan Perception.

Kepribadian ini sering disebut juga dengan The Mechanics atau mbti paling banyak.

mbti paling banyak

Keberadaannya di dunia sekitar 4-6% populasi. Orang dengan kepribadian ISTP selalu mengikuti perkembangan informasi yang ada di masyarakat. Mereka termasuk orang yang memiliki kemampuan yang baik dalam menerapkan logika serta menyukai terjun langsung untuk mengetahui atau mempelajari sesuatu. Mereka juga cenderung menguasai teori sebelum mengerjakan sesuatu. Pekerjaan yang mungkin sesuai untuk kepribadian ini adalah ahli mekanik, pilot, seniman atau pengusaha. 9.

ISFP – The Artist Kepribadian ISFP sering disebut juga dengan The Artist atau seniman. ISFP sendiri adalah Introversion, Sensing, Feeling dan Perception. Di antara kepribadian yang lain, ISFP termasuk yang memiliki jumlah presentasi yang cukup besar, yaitu sekitar 5-9% populasi di dunia.

Orang dengan kepribadian seperti ini cenderung lambat dan cenderung memikirkan sesuatu secara mendalam. Mereka juga cenderung individual dan tidak terlalu bergantung pada teori. Selain itu, kepribadian seperti ini cenderung tidak terlalu antusias dalam sebuah organisasi. Meskipun begitu, mereka cenderung memiliki hubungan baik dengan orang lain. Pekerjaan yang mungkin pas untuk kepribadian ini adalah seniman, dokter hewan, psikologi anak, desainer atau penyanyi.

10. INFJ – The Counselor Kepribadian yang paling langka menurut MBTI adalah INFJ atau Introversion, Intuition, Feeling dan Judgment.

Mereka sering disebut juga dengan The Counselor atau seorang penasihat. Keberadaan mereka di dunia sendiri hanya terdapat 1-3% populasi. Orang-orang dengan kepribadian INFJ cenderung memiliki pemikiran yang kompleks dan cukup mendalam. Mereka lebih berorientasi pada masa depan, perfeksionis dan cenderung pendiam.

Mereka sering dianggap sebagai orang yang tidak memiliki empati atau ramah karena ekspresi yang sering ditunjukkan. Meskipun demikian, mereka adalah orang yang memiliki komitmen tinggi. Pekerjaan yang mungkin sesuai bagi orang yang memiliki kerpibadian ini adalah psikolog, dokter, filsuf atau konselor pendidikan. Nah, itulah 10 kepribadian MBTI paling langka yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat. Kira-kira kamu masuk tipe kepribadian yang mana?

Oh iya, selain membahas soal tipe kepribadian, kami juga membahas seputar jenis bullying. Untuk mengetahui jenis bullying dan cara mengatasinya, silakan langsung baca artikel ini. © Bacaterus Digital Media search close chevron-left chevron-right twitter mbti paling banyak envelope linkedin angle-double-up xing paper-plane pinterest-p whatsapp commenting cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram
Kenali lebih lanjut tentang Tipe Kepribadian MBTI di sini.

Klik daftar isi untuk mengetahui lebih lanjut. • Apa Itu MBTI?• Sejarah Perkembangan Tes MBTI• Tipe-tipe Kepribadian Menurut MBTI• Di Mana Mendapatkan Tes Kepribadian MBTI?• Yang Tidak Boleh Dilakukan dengan MBTI• Kelebihan dan Kekurangan MBTI 1.

Definisi Jadi MBTI itu apa sih? MBTI adalah singkatan dari The Myers-Briggs Type Indicator. MBTI adalah tes kepribadian yang diisi sendiri, tujuannya untuk mengetahui mbti paling banyak orang memandang dunia dan bagaimana cara mereka mengambil keputusan. MBTI mengambil inspirasi dari teori Carl Jung, yang menyebut bahwa manusia punya 4 fungsi utama dalam hidup: sensasi, intuisi, berpikir, dan merasakan.

Empat fungsi ini seperti bumbu dalam makanan. Bumbu selalu ada, namun takaran dalam tiap makanan berbeda-beda. Takaran yang berbeda pada empat jenis bumbu ini menghasilkan rasa yang berbeda pula. Demikian juga dengan kepribadian manusia. Empat fungsi psikologis ini punya takaran beda pada tiap orang.

Sehingga menghasilkan jenis kepribadian yang berbeda-beda pula. MBTI sendiri bukan tes medis, jadi boleh dipakai sama non-psikolog. MBTI cukup populer di populasi normal, dan setiap tahun digunakan lebih dari sejuta kali di seluruh dunia, dengan berbagai tujuan. Tes kepribadian MBTI sendiri memang dibuat untuk populasi normal. Karena mampu mengukur keinginan, kebutuhan dan nilai-nilai seseorang, tes ini digunakan dalam konseling karir, bisnis, dan kadang-kadang seleksi karyawan.

Misalnya dalam konseling karir. Tes kepribadian MBTI digunakan cocoknya kerja apa, dan cocoknya dipasangkan dengan siapa. Dalam seleksi karyawan, Tes MBTI juga mbti paling banyak apakah seseorang layak dijadikan karyawan atau nggak. 2. Sejarah Perkembangan Tes Kepribadian MBTI dibuat oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers. Tes ini mengambil inspirasi dari Carl Jung, yang menyatakan bahwa ada empat prinsip psikologis pada manusia – yaitu sensasi, intuisi, merasakan, dan berpikir.

Empat prinsip psikologis ini mengarahkan manusia tentang cara melihat dan mengalami dunia. Carl Jung menyatakan Perception involves all the ways of becoming aware of things, people, happenings, or ideas. Judgment involves all the ways of coming to conclusions about what has been perceived. If people differ systematically in what they perceive and in how they reach conclusions, then it is only reasonable for them to differ correspondingly in their interests, reactions, values, motivations, and skills.

Persepsi mempengaruhi cara kita menyadari berbagai hal, orang lain, kejadian, atau pemikiran. Kemudian, penilaian kita mempengaruhi cara kita menarik kesimpulan terhadap persepsi tadi. Jika setiap orang punya cara pandang dan cara menyimpulkan yang berbeda, maka mereka pasti punya ketertarikan, reaksi, nilai, motivasi, dan kemampuan yang berbeda pula. Hal ini kemudian menginspirasi Katharine Briggs dan Isabel Briggs Myers.

Briggs dan Myers ingin teori ini bisa diterapkan oleh masyarakat, dan membagi kepribadian menjadi tipe-tipe yang jelas dan terukur.

Keinginan inilah yang menjadi awal mula tes kepribadian MBTI. Pada akhirnya, tes kepribadian MBTI sendiri punya dua tujuan: mbti paling banyak. Mengidentifikasi empat fungsi kepribadian versi Jung dan membuat pembagian yang jelas dan detil. b. Mengidentifikasi dan membuat tipe-tipe kepribadian yang tepat berdasarkan teori Carl Jung.

mbti paling banyak

Katharine Briggs (kanan) dan Isabel Briggs Myers Briggs memulai mbti paling banyak tentang kepribadian pada 1917. Dalam penelitiannya, Briggs meneliti perbedaan kepribadian masing-masing orang pada anggota keluarganya. Briggs juga membaca banyak biografi. Pada akhirnya, ia mengajukan empat jenis temperamen: meditatif, spontanitas, eksekutif, dan sosial.

Kemudian terjemahan buku Carl Jung yang berjudul Psychological Types dirilis pada 1923 (first published in German in 1921). Briggs menyadari bahwa teori Jung mirip namun lebih lengkap dari teorinya. Setelah mempelajari tulisan-tulisan Carl Jung, Briggs memutuskan untuk mengubah teori psikologis Jung menjadi sesuatu yang mudah diterapkan.

Isabel Myers, anak perempuan Briggs, bergabung dalam penelitian tersebut. Yang unik, baik Briggs maupun Myers, keduanya tidak berlatarbelakang psikologi. Mereka otodidak dan hanya fokus di bidang psikometri saja. Myers sendiri belajar banyak tentang psikometri dari Edward Hay, seorang pemilik jasa konsultasi personalia. Dari Hay, Myers mempelajari cara konstruksi, skoring, validasi, dan metode statistikal alat ukur. Buku The Briggs Myers Type Indicator Handbook akhirnya selesai pada 1944.

Lalu, pada 1956, nama indikator ini berubah menjadi Myers–Briggs Type Indicator pada 1956. MBTI kemudian menarik perhatian banyak pihak, hingga pada 1962 Myers dan Briggs membuat manual untuk membuat MBTI. Dukungan lain terus mengalir mbti paling banyak UC Berkeley, Michigan State, dan University of Florida. Setelah kematian Myers pada Mei 1980, Mary McCaulley memperbarui MBTI Manual.

Edisi kedua diterbitkan pada 1985, lalu edisi ketiga dibuat pada 1998. Sekarang MBTI digunakan di berbagai belahan dunia, dan menjadi referensi yang bermanfaat untuk berbagai bidang kehidupan.

3. Tipe-tipe Kepribadian MBTI Kalau membahas kepribadian, kamu pasti penasaran: Aku orangnya gimana sih? Tadi kamu sudah membaca bahwa fungsi psikologis versi Carl Jung dibagi empat: cara kita merasa, cara berpikir, cara menerima sensasi, dan intuisi. Pembagian ini kemudian terbagi menjadi empat rentang: Extraversion-Introversion (E-I): mudah bersosialisasi vs tertutup. Sensing-Intuition (S-N): berpusat pada kenyataan vs imajinasi kuat.

Thinking-Feeling (T-F): berpikir logis vs mengandalkan perasaan Judging-Perceiving (J-P): menganalisa vs bertindak spontan Empat rentang ini kemudian dipadu, menjadi tipe kepribadian. Jika ditotal ada 16 tipe kepribadian. Apa saja yes? • ISTJ• ISFJ• INFJ• INTJ • ISTP• ISFP• INFP• INTP • ESTP• ESFP• ENFP• ENTP • ESTJ• ESFJ• ENFJ• ENTJ 1. ISTJ – Introvert, Sensing, Thinking, Judging. Tipe kepribadian MBTI paling banyak adalah ISTJ, yaitu 13% dari populasi.

ISTJ adalah orang-orang yang berpikir mengandalkan kenyataan, bukan khayalan. Impiannya realistis namun tinggi. Mereka bisa diandalkan, teratur, dan nggak mau setengah-setengah. Mereka konsisten dan mengambil keputusan dengan lamban namun tepat.

mbti paling banyak

ISTJ dikenal pendiam, namun teliti terhadap detil. Mereka selalu teguh memegang kata-katanya dan bertanggung jawab terhadap ucapan.

ISTJ mengingat banyak hal, terutama karena kemampuan Sensing mereka, membuat mereka melihat banyak hal dan mengingat semuanya. Meski pendiam, ISTJ adalah pemimpin yang terorganisir. Mereka tahu apa yang mbti paling banyak dikerjakan sendiri, mana yang dipercayakan ke orang lain. Bila menghadapi masalah, ISTJ mengandalkan logika, bukan perasaan. Walaupun mengabaikan perasaan, bukan berarti mereka nggak berempati. Justru dengan demikian, keputusan yang muncul mbti paling banyak objektif dan adil.

Karena selalu mengambil keputusan berdasarkan fakta, ISTJ merasa bahwa keputusan yang ia ambil pasti benar. Ia nggak marah bila dikritik, namun cenderung akan melawan kritik tersebut dengan argumen, yang berujung pada debat kusir.

Ini membuat kepribadian ISTJ cenderung merekrut orang/bergaul dengan orang yang setipe dengan dia. ISTJ bukan tipe yang mengutamakan pertemanan, namun merea berusaha mempertahankan hubungan itu. Orang ISTJ suka berada dengan orang-orang yang punya kegemaran dan pemikiran mirip dengannya, dan nggak tahan bila berada dengan orang yang berbeda pola pikir. Dalam pergaulan, ISTJ senang ngobrol orang-orang ekstrovert. ESTJ terutama. Namun, ISTJ nggak suka dengan orang yang sensitif dan bawa perasaan.

Orang dengan kepribadian ISTJ pendiam dan jarang bercanda. Dalam hubungan, mereka menyukai kontak fisik dan menganggap itu sebagai bentuk romantisme.

Mereka mungkin nggak suka ngomongin yang nggak penting dan jarang bilang ‘I love you”, tapi dia setia. Tokoh ISTJ: Warren Buffet 2. ISFJ – Introvert, Sensing, Feeling, Judging ISFJ adalah matahari pagi yang berwujud manusia.

Ia hangat, penuh kasih sayang, dan berintegritas. ISFJ rendah hati dan memahami orang lain. Mereka berusaha menolong orang-orang yang ia sayang dengan mbti paling banyak memaksimalkan potensi orang-orang tersebut.

ISFJ nggak suka jadi pusat perhatian, dan memilih menolong orang tanpa diketahui. Kemampuan Introvert Sensing (IS) membuat mereka bisa mengingat banyak hal tentang orang lain, dan menggunakan semua informasi tersebut untuk menyenangkan orang lain. Kepribadian ISFJ bisa saja mengingat hal kecil yang pernah kamu ucapkan. Kamu mungkin lupa, dan tahu-tahu dia memberikan apa yang kamu bilang dalam bentuk surprise. Orang ISFJ juga mengingat ulang tahun, hari peringatan, dan macam-macam hal lain. Mereka juga sopan dan rendah hati, serta rela berkeringat demi kebahagiaan orang lain.

ISFJ memahami emosi orang lain dan menghargainya. Terlalu memahami sampai berlebihan, kadang-kadang. Karena selalu berusaha demi kebahagiaan orang lain, kadang lupa membahagiakan diri sendiri. Kepribadian ISFJ nggak bisa bilang nggak, sehingga kadang waktunya tersita buat ngurusin orang lain. Gara-gara ini ISFJ sering dimanfaatkan. Habis itu disia-siakan deh. Mereka juga lemah terhadap kritik, sehingga mudah down apabila mengalami hal buruk. Termasuk ketika menghadapi konflik.

ISFJ kalo disakiti lebih milih diem dan memendamnya. Nanti pas malem mau tidur, tau-tau pipinya udah basah sama air mata. Kalau ada masalah sama orang lain, ISFJ menghindari masalah itu dan mendiamkannya. Bukannya dicari solusinya, malah dipendam. Ketika sudah memuncak, emosi itu meledak tak terkendali, membuat dia mengatakan kata-kata yang nggak perlu.

mbti paling banyak

Dalam hubungan, orang ISFJ adalah tipe yang mati-matian mempertahankan meski tersakiti. ISFJ rela melakukan apapun tanpa mengharap balasan. Temen-temennya mikir “ini anak bego apa gimana”, tapi ISFJ memang begitu.

Bahkan walaupun udah disuruh temen-temennya buat putus, dia tetep ngeyel bertahan. Gitu aja terus sampe IG Dian Sastro dibikin sinetron. Kalaupun putus, biasanya ISFJ susah move-on. Tokoh ISFJ: Bunda Teresa, Lady Diana. 3. INFJ – Introvert, Intuition, Feeling, Judging Update: Penjelasan terlengkap seputar INFJ sudah ditulis di sini ya! Tipe kepribadian MBTI paling langka adalah INFJ, hanya 1% populasi.

INFJ adalah kombinasi mistis gabungan dari kecakapan otak namun mampu memahami orang lain. Karena cerdas sekaligus perasa, INFJ bertekad menggunakan kecerdasannya untuk kebaikan umat manusia. Mbti paling banyak itu, INFJ menolak bekerja hanya demi uang.

Mereka bukannya nggak suka uang; mereka maunya bekerja pada sesuatu yang mereka suka.

mbti paling banyak

Kalau menurut mereka nggak sesuai sama dirinya, mereka nggak mau. Jadi, INFJ ingin bekerja pada sesuatu yang sesuai sama passion-nya. Terus juga, karena punya intuisi dan bisa memahami orang, INFJ memahami sesuatu yang orang lain nggak lihat. Mereka adalah pemimpin, bukan pengikut. INFJ bisa sih jadi pengikut, asalkan orang yang ia ikuti sesuai dengan dirinya.

Kelemahan INFJ adalah punya kecenderungan menahan diri. Setengah-setengah dan kadang nggak fokus sama satu hal. INFJ suka belajar, namun cepet puas. Selalu ingin tahu, tapi kalau sudah tau ya udah, nggak diperdalam. Makanya INFJ bisa membicarakan banyak topik, tapi sedikit yang benar-benar ia kuasai. Selain itu, kepribadian INFJ benci konflik dan kritik.

Kalau bermasalah sama orang, INFJ cenderung menghindari atau kalau gak ya konfrontasi langsung. Jarang diselesaikan baik-baik. Kalau dikritik, INFJ memasukkannya dalam hati sampai mbti paling banyak beban. Atau kalau nggak, dibalas dengan kata-kata yang menusuk. Oh iya, orang INFJ juga menetapkan target yang tinggi pada dirinya. Bagus sih, tapi kalau INFJ nggak fokus, akhirnya target ini bisa-bisa nggak tercapai.

INFJ adalah orang yang pikirannya jauh. Dia punya visi masa depan yang jelas. Sayangnya, INFJ bukan tipe yang suka detail. Ini terlihat pada bingungnya dia dalam urusan remeh-temeh. Dan juga, dia nggak pinter mengelola uang.

Kalau ada uang dia boros, tapi kalau lagi kumat, pelitnya minta ampun sampai menyiksa diri. Dalam hubungan, INFJ adalah orang yang hangat. Punya pacar seorang INFJ berarti siap-siap kamu bermandikan cinta yang hangat dan dalam.

INFJ senang mengekpresikan cintanya dan mengharapkan pasangannya mengapresiasi usahanya itu. INFJ adalah orang yang perfeksionis dan berharap memiliki hubungan yang sempurna. Harapan ini diwujudkan dalam usaha yang besar demi membuat pasangannya bahagia.

Ini menunjukkan komitmen yang mempesona, komitmen cinta yang lebih dalam dibandingkan kebanyakan orang. Tapi… INFJ juga menuntut pasangannya melakukan hal yang sama. Bila INFJ memperjuangkan pasangan, INFJ berharap pasangannya melakukan hal yang sama. Kalau pasangannya nggak berusaha mempertahankan hubungan, INFJ akan berhenti berusaha.

Bahkan, INFJ siap bertindak lebih buruk dari apa yang pasangannya mbti paling banyak. Tapi kalau pasangannya sayang, INFJ akan membalas dengan kasih sayang yang lebih baik.

Biasanya INFJ kalo putus nggak baik-baik, misalnya gara-gara berantem atau diselingkuhi, move-onnya lama banget. Tapi kalau putusnya enak dan abis itu jadi temen, dia langsung move-on. Tokoh INFJ: Carl Jung 4. INTJ – Introvert, intuition, Thinking, Judging Kepribadian INTJ diisi oleh manusia-manusia dengan otak seperti berlian. Mereka intelektual sejati, si jenius berpikiran cepat. Mereka mencintai logika dan detail, membuat INTJ selalu haus pengetahuan.

Mereka punya intuisi yang khas, mampu melihat pola-pola tersembunyi dan menerka maknanya. Dan, intuisi ini biasanya akurat. Mereka juga punya perencanaan yang, tidak hanya matang secara visi, namun juga tajam secara detail. Mereka merencanakan berbagai planning inovatif dan efisien, dan mengaturnya dengan rapi dan logis. Dalam pekerjaan, INTJ adalah akademisi sejati. INTJ mampu menyerap teori-teori rumit dengan cepat, dan mencari cara mbti paling banyak dalam kehidupan. INTJ membutuhkan pekerjaan yang menuntut otaknya untuk selalu belajar dan menantang pikirannya.

Yang paling penting, INTJ membutuhkan kebebasan; ia bergerak dengan pikiran dan caranya sendiri. INTJ nggak suka pekerjaan yang rutin dan dikerjakan bersama. Mereka menyukai pekerjaan yang rumit dan mereka menyukai bekerja sendiri. Dalam hubungan, INTJ suka sama pacar yang pinter. Pacar yang menuntut dia untuk terus berkembang, sekaligus teman untuk diskusi. INTJ menyukai hubungan yang bebas. Pacaran yang disukai INTJ adalah duduk berdua dan bicara hal-hal yang serius; atau duduk berdua, masing-masing baca buku tapi sambil ngobrol.

INTJ suka tenggelam dalam pikirannya.

mbti paling banyak

Orang dengan kepribadian INTJ secara konstan mengamati keadaan sekitar, mencari ide. Kadang-kadang pikiran ini lebih mendominasi dibandingkan cintanya untuk orang lain. Orang INTJ bukan tipe perasa.

mbti paling banyak

Mereka nggak paham dengan emosinya sendiri, apalagi dengan perasaan orang lain. Ini juga membuat mereka sulit bertoleransi dan mengalah. Pemahaman untuk orang lain yang rendah ini bisa menyakiti perasaan pasangannya.

Malah, kadang INTJ nggak paham kenapa pasangannya ngambek melihat dia asik dengan kerjaannya. INTJ nggak ambil pusing dengan pacar yang ribet. Kalau cuma membebani, dia nggak mikir panjang-panjang. Putus, selesai. Move-on juga cepat. Menurut mereka, jodoh nggak akan ke mana. Tapi tetep aja kadang kepikiran. Tokoh INTJ: Alan Turing, Isaac Newton, Mark Zuckerberg. 5. ISTP – Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving ISTP adalah orang-orang yang pintar dan berani.

Mereka dikenal pendiam dan nggak kenal takut, namun cerdas dalam menghadapi krisis. Mereka memiliki pemikiran khas introvert yang mampu berpikir secara dalam, dan mengambil keputusan secara obyektif.

ISTP pandai dalam banyak hal. Punya konsentrasi yang bagus dan cepat beradaptasi, membuat mereka bisa bekerja di banyak bidang. Orang ISTP sebaiknya tidak dikekang; mereka menyukai kendali penuh.

Kalau bisa sih kerja di pekerjaan yang waktunya fleksibel. Mereka tipe yang sebenarnya bisa belajar, tapi nggak suka. Buat mereka praktik langsung jauh lebih baik dibandingkan teori.

Bahkan, mereka tipe-tipe jalanan; berkembang dengan sendirinya tanpa baca-baca buku atau ikut seminar, apalagi kuliah. Bagi ISTP, mikir jangan lama-lama: yang penting ACTION! Dalam hubungan, ISTP adalah orang yang sulit didapat. Orang ISTP kadang-kadang dengan sengaja menarik perhatian lawan jenis, sebelum kemudian hilang tanpa kabar.

Tapi bukan berarti semua ISTP adalah petualang cinta. Mereka juga bisa berkomitmen, asalkan tetap dikasih ruang untuk sendiri. ISTP suka hal-hal baru. Selama pasangannya nggak ngebosenin, hubungan akan baik-baik aja sih. ISTP senang memperbaiki. Makanya, dalam hubungan kadang dia cari-cari masalah, supaya dia punya sesuatu untuk diperbaiki.

ISTP tipe yang suka mendengar, tapi kurang terbuka. ISTP juga tipe penggali informasi. Pendapatnya dia pendam sendiri.

Bahkan bila ditanya sesuatu, ISTP menjawab dengan bertanya balik. ISTP mengambil informasi dari orang tapi enggan membagi informasi miliknya. Kebanyakan kepribadian ISTP takut menghadapi perasaannya. Mereka dikuasai oleh logika, sehingga fungsi perasanya kurang berkembang. Ini menyebabkan ISTP cenderung rapuh, dan akan jatuh bila berusaha mengendalikan emosi.

Bahkan bila ISTP jatuh cinta pada orang lain, ia sulit menyatakannya. Kalau menyatakannya pun kadang caranya keterlaluan atau malah keliru. Tapi jangan terlalu geer bila ditaksir ISTP. Cintanya naik turun; hari ini bilang cinta mati, besok hilang tanpa jejak. Butuh perjuangan bagi ISTP untuk berhubungan sakral seperti menikah. Pernikahan akan menggadaikan zona nyamannya; kesendirian dan kebebasannya harus direlakan.

Namun, bila ISTP menemukan orang yang tepat, ia akan menggadaikan apapun. Tokoh ISTP: Bob Sadino, Jack Dorsey mendiang Bob Sadino 6.

ISFP – Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving ISFP dikenal memiliki empati, kasih sayang, dan kelembutan terhadap orang lain. Selain itu, ISFP mempunyai ketelitian dan minat yang besar terhadap keindahan dan detail.

Orang dengan kepribadian ISFP banyak bekerja di bidang seni, fashion, atau apapun pekerjaan yang menunjukkan keindahan. ISFP adalah orang yang optimistik, easy-going, dan suka mencari pengalaman mbti paling banyak suasana baru. Orang ISFP suka menghayati momen; ia mengambil nafas sejenak dan membiarkan keindahan yang sedang ia alami merasuki dirinya.

Karena suka menghayati sebuah momen, ISFP susah disuruh kerja di kerjaan yang butuh speed. Mereka butuh ruang dan kebebasan, serta sedikit waktu untuk menggunakan seluruh penginderaannya. Jika ISFP bisa melihat ke dalam diri, ia mungkin akan menemukan bakat sejatinya.

Makanya, kebanyakan seniman besar memiliki kepribadian ISFP. Tapi nggak semua ISFP jadi seniman sih. ISFP dikenal memiliki empati yang besar. Ketajamannya dalam memahami orang lain membuat dia layak bekerja sebagai psikolog, konselor, atau mungkin guru. Dalam asmara, kepribadian ISFP adalah orang yang hangat dan pemberi. Mereka keliatan cuek dan nggak peduli, tapi kalau sudah akrab justru akan jadi sebaliknya.

Kadang-kadang ISFP terlihat tidak serius dalam hubungan. Namun, ISFP sesungguhnya berkomitmen sungguh-sungguh terhadap asmaranya. Orang dengan ISFP mencari hubungan jangka panjang. Buat mereka, pacaran bukan main-main; pacaran adalah upaya serius melanjutkan ke jenjang pernikahan. ISFP mungkin punya masalah dengan komunikasi. Aspek Introvert dan Feeling mendominasi diri mereka, sehingga mereka takut disakiti. Mungkin karena ini, mereka sering membohongi diri, mengatakan hal yang nggak sesuai dengan hatinya.

Bertengkar adalah satu hal yang paling dibenci ISFP di dunia ini. Konfrontrasi dan adu pendapat sangat sulit ditangani mereka. Dalam hubungan asmara juga gitu. Jika ISFP nggak menyatakan perasaan mbti paling banyak sebenarnya ke pasangan, akan ada masalah serius. Dalam hubungan asmara, ISFP ingin dipuji dan diperlakukan baik. Jika pasanganmu orangnya ISFP, nyatakan perasaanmu dan banyak-banyaklah memujinya. Tokoh dengan ISFP: Ryan Gosling, David Bowie 7. INFP – Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving INFP adalah kepribadian yang suka berpikir dan idealis.

Suka memikirkan yang mbti paling banyak. Mereka cepat belajar, berbicara dengan mbti paling banyak, dan murah hati. Kepribadian INFP memiliki empati yang besat terhadap orang lain. Aspek Introvert dan Intuition membuat kepribadian INFP berpikiran terbuka dan kreatif. INFP adalah orang-orang spesial dan sensitif yang butuh pekerjaan dengan passion.

Kalau tidak sesuai dengan passion, mereka nggak betah. INFP membutuhkan pekerjaan yang membuat dia terus berkembang, pekerjaan yang membuat dia jadi manusia yang lebih baik. INFP banyak ditemukan di penulis, ilmuwan, musisi, dan konselor.

Dalam hubungan, INFP membawa diri dengan kalem dan menyenangkan. Orang INFP terlihat tenang dan mendamaikan. Ini menjadikan mereka pasangan yang penyayang dan penuh kasih sayang, intensitas yang jarang terlihat di tipe kepribadian MBTI lain. INFP tidak membagikan ceritanya mbti paling banyak sembarang orang; ia cenderung menyimpannya untuk mbti paling banyak yang dia kasihi.

Makanya, dia awal mungkin dia sedikit tertutup; tapi kalau sudah akrab, kepribadiannya lebih hangat dan terbuka. Malah, sikap mendukung dan perhatiannya akan muncul. INFP sulit percaya orang lain dan jarang jatuh cinta, tapi bila sudah memiliki hubungan, akan dia jaga mati-matian.

Dalam berpacaran mereka ingin melakukan berbagai aktivitas bersama. TIdak hanya kencan, mereka juga ingin belajar bareng atau melakukan aktivitas remeh-temeh bersama-sama. Tokoh INFP: JK Rowling 8. INTP – Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving Pembahasan paling lengkap tentang INTP bisa kamu klik dan baca di sini. INTP dikenal memiliki rasa ingin tahu yang kuat. Mereka selalu haus pengetahuan baru, dan mencari cara-cara inovatif untuk memperbaiki kehidupan manusia. Karena selalu mencari cara inovatif, INTP suka bereksperimen.

mencari sudut pandang dan metode baru dalam menyelesaikan masalah. Mereka santai tapi serius. Satu hal yang lain yang menjadi hobi mereka adalah melihat hasil karya orang lain, Dengan aspek Introvert dan Thinking yang mereka punya, Kepribadian INTP mengumpulkan berbagai macam data dan fakta, lalu mengutak-atiknya agar paham secara menyeluruh.

Semua hal ini membuat INTP adalah orang yang cerdas namun pikirannya selalu terbuka oleh berbagai masukan dari luar.

mbti paling banyak

INTP mempunyai bakat menganalisa teori-teori dan membuktikan kebenaran teori tersebut. Tentu dibutuhkan kemampuan lebih dalam hal ini, dan INTP memilikinya. Kecakapan memahami hal-hal rumit dalam sekejap membuat INTP cepat belajar. Dalam pekerjaan, INTP akan bagus bila diberi tugas yang memberi kebebasan dan kesendirian. INTP suka menganalisa data-data rumit, dan mengidentifikasinya. Tapi INTP lebih pas jika pekerjaannya berhubungan dengan membuat teori, bukan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Kenapa? Ini karena INTP bukanlah komunikator yang handal. Apa yang ia katakan kadang terlalu rumit, sampai orang lain nggak ngerti. Mereka juga sedikit kaku, culun, dan kurang peka terhadap perasaan orang lain. Kepribadian INTP selalu serius, termasuk dalam hubungan. INTP memegang janji dan komitmen dengan sungguh-sungguh.

INTP nggak banyak menuntut. Untuk urusan mbti paling banyak sehari-hari kayak makan apa dan pergi ke mana, bagi INTP adalah yang penting pasangannya seneng. Jadi terserah mau apa dan ke mbti paling banyak. Kalau pasangannya cuek dan nggak romantis pun INTP nggak masalah. Pikiran orang-orang INTP sudah cukup rumit. Mereka nggak ingin menambahnya dengan masalah-masalah sepele.

Sebisa mungkin INTP nggak berdebat dengan urusan kecil, karena mereka mau fokus terhadap pikirannya dengan maksimal. Ini membuat INTP sebagai makhluk-makhluk jujur, blak-blakan, namun simpel dan mudah dibahagiakan. Tapi tetep kami tekankan: INTP bukan komunikator yang baik. Apa yang di pikiran sama yang diucapkan kadang nggak sesuai. Bukan berarti mereka nggak jujur, mereka cuma sulit menemukan kata-kata yang pas. Pasangan INTP harus paham sama hal yang satu ini.

INTP juga nggak suka konflik. Jadi, kalau mereka menghadapi masalah; cuma ada dua kemungkinan. Dibiarin saja atau diselesaikan layaknya ilmuwan. Masalah yang harusnya bisa dibicarakan, malah dianalisa kayak detektif.

mbti paling banyak

Ini bisa membuat situasi makin rumit. Tokoh INTP: Albert Einstein, Marie Curie 9. ESTP – Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving ESTP dikenal dengan sikapnya yang bebas layaknya petualang.

Mereka cepat bertindak, punya pribadi menyenangkan, dan hidup untuk hari ini. Mereka tidak banyak berpikir; buat mereka, action adalah keputusan terbaik. Yang asik, mereka peka terhadap kesempatan, dan cepat menangkap semua kesempatan yang ada.

Mereka cepat! Orang dengan kepribadian ESTP selalu memanfaatkan momen. Mereka nggak mbti paling banyak waktu. Dan, bagi mereka, berpikir terlalu lama buang-buang waktu. Mereka nggak mau diam di tempat, selalu melakukan sesuatu untuk mengisi waktu. ESTP adalah orang yang logis, tapi juga punya pesona yang menyenangkan dan menantang. Mereka sensitif terhadap situasi sekitar, dan menggunakan sensitifitasnya untuk membuat keputusan-keputusan yang masuk akal. ESTP begitu peka dalam melihat situasi dan menikmatinya.

Makanya, kebanyakan ESTP suka kegiatan dengan alam. Extrovert membuat mereka lincah dalam hubungan sosial. Dilengkapi dengan kecakapan logis, mereka bisa menganalisa orang dalam sekejap, dan menggunakannya dalam ngobrol. Ini membuat ESTP adalah penjual yang mahir. Karena nggak mikir lama, mereka pun mbti paling banyak reaksi cepat dan efektif. Contohnya, dalam situasi genting.

Kemampuan ini dibutuhkan dalam pekerjaan yang butuh lebih banyak aksi daripada berpikir. Karena itu, ESTP cocok dengan profesi yang butuh banyak interaksi, dan sedikit tugas yang rutin dan detail. Tapi ESTP mudah bosan. Mereka cepat antusias, tapi juga cepat meninggalkan sesuatu. Kalau menurut mereka sudah nggak asik, ya dia akan meninggalkan. Ini berat untuk pekerjaan jangka panjang, yang kadang ada naik turunnya.

Dalam hubungan, ESTP adalah orang yang memikat, terutama di awal-awal jadian. Bakat extrovert yang dimiliki membuat mereka menggairahkan untuk diajak ngobrol bersama. Gampang bosen ini juga berdampak pada hubungannya, yang mudah gonta ganti pacar. Kecuali kebosanannya bisa dilampiaskan ke hal lain. Makanya komitmen jangka panjang nggak nyaman bagi mereka. Buat mereka, hidup adalah hari ini. Jadi komitmen hari ini, ya untuk hari ini. Besok ceritanya udah lain.

ESTP adalah orang yang pandai bersosialisasi, tapi kurang peka soal perasaan. Betul bahwa mereka bisa menganalisa orang dengan cepat, tapi kebanyakan digunakannya untuk kebutuhan si ESTP itu sendiri. Mereka juga jarang memuji dan mendukung pasangannya.

Karena mereka punya prinsip “yang mbti paling banyak action”, maka mereka berpikir bahwa tindakan lebih penting daripada cuma ngomong. Tentu, ini prinsip yang bagus, tapi buat orang-orang yang sensitif, pujian sama pentingnya dengan tindakan. Tokoh ESTP: Ernest Hemingway, Jordan Belfort 10. ESFP – Extroversion, Sensing, Feeling, Perceiving ESFP adalah penghibur! Kepribadian ESFP dikenal karena selalu positif, antusias, dan bisa menyatukan banyak orang.

Mereka membawa kebahagiaan ke dalam situasi apapun, biasanya dengan humor. Orang ESFP penuh kasih sayang, dan mencoba membuat situasi lebih nyaman untuk orang yang ia kasihi. Mereka menunjukkan caranya menghargai hidup tanpa dibelenggu masa lalu, tanpa khawatir masa depan. ESFP pandai dalam banyak hal, namun kebahagiaan mereka adalah banyak bertemu orang, dan banyak membuat pengalaman baru. ESFP nggak suka banyak teori dan nggak suka mikir yang sulit-sulit.

Bukan berarti nggak bisa, mereka cuma nggak suka aja. Dalam hubungan, ESFP adalah orang yang asik. Mereka memang ramah dan hangat, serta suka membuat orang lain senang.

Mereka juga baik dan pemurah, dan rela keluar uang banyak demi menyenangkan orang lain. Kasih sayangnya simpel, jujur, dan nggak setengah-setengah. Tapiii karena tidak memiliki aspek Thinking, orang ESFP nggak suka mikir jauh-jauh.

Karena itu, komitmen jangka panjang adalah tantangan berat ESFP. Buat mereka cinta harusnya ringan dan menyenangkan. Makanya, ngomongin hal-hal serius saat kencan bukanlah favorit mereka. Dan, ngomongin masa lalu dan masa depan juga mereka nggak suka. Buat mereka, ngapain membicarakan yang sudah berlalu? Untuk apa mikirin yang belum terjadi? Kalau bicara yang nggak bisa dipraktekkan, ESFP nggak tertarik. ESFP juga nggak pandai menangani konflik.

Mereka cenderung sakit hati kalau dikritik, dan menganggap kritikan sebagai upaya menjatuhkan. Kalau perlu, saat dikritik, mereka akan membalas. Ini kadang-kadang disesali oleh mereka.

Terus juga, Kepribadian ESFP sering ngomong blak-blakan. Mereka kadang bicara tanpa dipikir, dan ini bisa menyakiti orang lain. Memang mbti paling banyak buat mereka yang penting adalah terus terang. Tapi, kadang kita juga perlu mengatur kalimat agar orang nggak sakit hati. Tokoh ESFP: Richard Branson, Quentin Tarantino 11. ENFP – Extroversion, Intuition, Feeling, Perceiving Orang yang punya extroversion dan intuition selalu mencintai keindahan. ENFP pun begitu. Mereka membawa kecantikan dan keindahan dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka petualang, mencintai manusia dan dunia yang menaunginya. Karena selalu memandang dunia dengan optimis, mereka selalu menangkap peluang baru setiap hari. Kemampuan melihat ke luar ini dilengkapi dengan kemampuan merenung yang baik. Apa yang ia lihat biasanya ia renungkan, dan bila baik, akan ia gunakan untuk mengembangkan diri. Makanya, ENFP kebanyakan diisi sama filsuf, pengarang, dan pencipta. Kecerdasan ini membuat ENFP bisa menguasai banyak hal. Tapiiiii ENFP gampang bosen, dan kurang pandai dalam menangani masalah yang kompleks.

Pekerjaan yang rutin dan butuh detail kayaknya kurang cocok buat mereka. Dalam hubungan, kepribadian ENFP adalah orang yang hangat dan penuh passion. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk membuat hubungan mereka berjalan baik. Mereka setia, percaya, antusias, fleksibel, dan mengutamakan kebahagiaanmu. Ini membuat orang ENFP banting tulang dalam mempertahankan hubungan, dan biasanya berhasil.

Buat ENFP, cinta adalah segalanya. ENFP orangnya gampang kangen dan sering mikirin pacarnya. Makanya sedikit-sedikit dia nanyain kabar, bawaannya pengen ngobrol terus. Agak mengganggu memang, tapi itu cara dia untuk membuat hubungan terus hangat.

Karena selalu berusaha keras, kalau diputusin ENFP susah move-on. Mereka sering menyalahkan diri sendiri. Dan, mereka sering melihat ke masa lalu, menyesali sesuatu yang dulu harusnya ia lakukan. Pasangan terbaik ENFP adalah mereka yang suka petualangan baru dan hidup dengan antusias. Kalau datar dan males ngapa-ngapain, ENFP akan bosen. Pasangan yang datar dan nggak suka mencoba sesuatu, akan ditinggalkannya begitu saja. Tokoh ENFP: Robin Williams, Bruno Mars, Walt DIsney 12.

ENTP – Extroversion, Intuition, Thinking, Perceiving ENTP adalah perancang. Mereka suka merencanakan masa depan dan kemungkinan yang menyertainya. Intuisi dan kemampuan berpikirnya membuat dia bisa melihat berbagai potensi dan memilih yang terbaik dari semuanya. Kecakapan mengatur dan memutuskan ini mungkin yang terbaik dari semua tipe kepribadian. Orang dengan kepribadian ENTP adalah pembicara yang pintar, cepat berpikir, dan jago debat. Mereka beruntung karena bisa melihat banyak potensi.

Pikiran mereka selalu terbuka, dan dia bisa bagus di bidang apapun yang dia mau. ENTP bisa sukses di berbagai macam karir. Meski begitu, ENTP paling bagus bila diberi kebebasan berpikir dan memutuskan. Sebaiknya ENTP bekerja di tempat yang menuntut pemecahan masalah dan penciptaan ide baru. Itu adalah kesenangan bagi mereka. Dalam berhubungan, ENTP adalah teman yang menyenangkan. Mereka mendapat kesenangan ngobrol dengan orang lain, terutama kalau berdiskusi dan debat.

Karena suka mendebat, ENTP kadang dicap keras kepala. Ya, mereka menyenangkan dan mempesona. Tapi, kalau menyusun rencana ke depan, mereka susah dikasih masukan. Buat ENTP, pacaran yang baik adalah pacaran yang meningkatkan kualitas diri.

Bersama pasangan, dia akan berbagi pikiran dan ide-idenya, dan mengajak pasangannya untuk berkembang bersama. Mereka juga mendorong pasangannya untuk terus mengembangkan diri, agar hubungan yang dibangun punya manfaat. Keinginan untuk terus berkembang, baik secara individu maupun secara pasangan, membuat hubungan ENTP cukup sehat dan awet. Tapi nggak ada hubungan yang selamat dari masalah. ENTP memang pandai memilih dan menyusun rencana, tapi kadang apa yang direncanakan beda sama yang dilakukan.

Benar, ENTP adalah perencana yang baik, namun di lapangan, ENTP bisa melanggar rencananya sendiri. Ini bisa membuat orang lain kehilangan kepercayaan terhadapnya. Masalah lain yang dihadap ENTP adalah mereka sering nekat. Keputusan-keputusan nekat yang mereka ambil mbti paling banyak tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga pasangan dan keluarga.

Tokoh ENTP: Barack Obama, Thomas Edison 13. ESTJ – Extroversion, Sensing, Thinking, Judging ESTJ adalah manusia mesin. Pekerja keras, cepat, dan memegang teguh prinsip-prinsip, membuat ESTJ seperti mesin yang membabat apapun tanpa kenal lelah. ESTJ adalah makhluk yang patuh terhadap hukum, tradisi, standar, dan kepercayaan. Tugaskan ESTJ apapun, semua selesai sesuai keinginan.

ESTJ juga bisa jadi pemimpin yang baik. Ia akan memimpin organisasi sesuai dengan nilai-nilai organisasi yang sudah ia pahami. Kepribadian ESTJ bertanggung jawab, komitmen, dan patuh hukum. ESTJ mampu membuat visi misi, dan memprosesnya menjadi tugas-tugas yang praktikal, memastikan tugas ini bisa dikerjakan oleh pihak yang bertanggung jawab. ESTJ menyikapi sesuatu dengan obyektif dan logis, sekaligus mencegah perasaan dan emosinya mengganggu pengambilan keputusan.

ESTJ juga punya pemahaman terhadap detail dan mengingat informasi-informasi lama. Informasi-informasi ini disimpan rapi di otak, dan bila diperlukan, akan digunakan kembali.

Karena pekerja keras, ESTJ bisa bekerja di karir apapun yang ia pilih. Mereka bagus dalam banyak hal, karena upaya mereka untuk mengerjakan sesuatu dengan cara yang benar. Karena tegas, pekerja keras, dan berpikir cepat, ESTJ bagus mbti paling banyak pemimpin.

Pekerjaan terbaik untuk mereka adalah memanajemen/mengelola sesuatu Dalam hubungan, ESTJ orangnya antusias dan memenuhi tanggung jawabnya. Mereka berdedikasi dan berkomitmen terhadap pasangan, yang menurut mereka, selamanya dan tak tergantikan.

Kepribadian ESTJ adalah pribadi yang bertanggung jawab. Hal ini juga ia terapkan dalam hubungan. Orang ESTJ akan berusaha memenuhi komitmennya terhadap pasangan. ESTJ suka ngumpul bersama teman, dan sesekali ingin “mengenalkan” pasangannya ke teman-teman.

Bahkan walaupun pasangannya males, ESTJ akan memaksa pasangannya untuk ikut. Kepribadian ESTJ memang sedikit keras dan memaksa. Ini karena aspek feeling kurang terlihat dari dirinya. Kurangnya feeling membuat ESTJ kurang peka terhadap perasaan orang lain.

Makanya, ESTJ kurang cocok sama pasangan yang sensitif dan dikit-dikit bawa perasaan. Oh iya. Karena menjunjung tinggi budaya dan aturan, kepribadian ESTJ berharap pasangan dan anak mereka melakukan hal yang sama. Untuk urusan ini, mereka bisa jadi tegas dan sedikit pemarah. Mungkin cupet dan kaku adalah kata yang lumayan pantas. ESTJ punya keyakinan bahwa dirinya benar. Kalau terjadi beda pendapat, ESTJ merasa bahwa lawan bicaranya pasti belum ngerti.

Makanya, ESTJ dikenal keras kepala, Pendirian yang teguh memang bagus. Tapi dalam hubungan, kadang satu pihak harus ngalah. Masalahnya, ESTJ enggan mengalah. Ini bisa jadi sumber problem bagi dirinya. Supaya hubungan awet, ESTJ cocok mbti paling banyak pasangan yang pinter meluluhkan hati.

mbti paling banyak

Sedikit tips meluluhkan hati ESTJ: pujian. Mereka mengerjakan tugas sebaik mungkin. Pujilah pekerjaannya! ESTJ suka itu. Tokoh ESTJ: Hillary Clinton, Michelle Obama 14. ESFJ – Extroversion, Sensing, Feeling, Judging ESFJ dikenal dengan kasih sayang dan sikap dermawan. ESFJ mampu berempati dan memahami orang lain. Kemampuan sensing yang mereka miliki, membuat kepribadian ESFJ punya memori terhadap detail, namun mampu menjelaskan sesuatu dengan mudah dipahami.

ESFJ punya dua senjata utama untuk menentukan karir. Yang pertama adalah mereka terorganisir, yang kedua adalah mereka mendapatkan kepuasan dari menolong orang lain.

Makanya, jika mbti paling banyak mengerjakan tugas yang berhubungan dengan membuat sesuatu dan mengelolanya, mereka suka. ESFJ adalah pribadi yang hangat. Dalam hubungan, mereka perhatian dan peduli. Kepribadian ESFJ menjunjung tinggi komitmen dalam hubungan. Maka, jika ia berada dalam satu hubungan, ia berusaha menjaga hubungan itu tetap langgeng.

ESFJ ingin karyanya diapresiasi. Keinginan ini kadang berlebihan. Kalau mereka merasa kurang mendapat pujian, mungkin mereka akan sedikit pamer, agar orang lain memuji mereka. Layaknya orang yang suka dipuji, ESFJ nggak suka dikritik. Mereka menganggap kritik sebagai upaya menjatuhkan, dan yang mengkritik dianggap punya masalah dengan mereka.

Kadang-kadang satu konflik buruk dengan rekan kerja atau pasangan bisa membuatnya stres. Maka, jika kamu berhubungan dengan ESFJ, sebaiknya banyak-banyak memberi apresiasi untuknya.

Tokoh ESFJ: Bill Clinton 15. ENFJ – Extroversion, Intuition, Feeling, Judging ENFJ dikenal karena kemampuan mereka menginspirasi orang lain dan membawa aura positif ke lingkungan. Tipe Kepribadian ENFJ terkenal dengan keramahan dan kehangatannya. Tapi mereka pun punya kekurangan. Kamu bisa klik dan baca lebih lengkap sini.

Mereka punya intuisi tajam soal kondisi manusia, dan menggunakannya untuk menggali kelebihan orang lain. Orang dengan kepribadian ENFJ menggunakan empati untuk memahami orang lain, sementara intuisinya membimbing ENFJ untuk melihat potensi orang lain yang bisa dikembangkan. Mereka suka memberi dukungan moral dan membimbing.

Dalam pekerjaannya, kepribadian ENFJ suka profesi yang mengharuskan banyak ngobrol dan menantang kreativitasnya. Dalam hubungan, ENFJ memberi banyak usaha dan antusiasme. ENFJ menilai dirinya berdasarkan seberapa dekat dia dengan orang lain, sehingga fokus utamanya adalah menjalin relasi dan mendekatkan hubungan.

Untungnya ENFJ dilengkapi dengan skill. Mereka mahir dalam bersosial serta penuh perhatian. Kepribadian mereka yang hangat, menentramkan orang lain dan memberikan orang lain semangat baru. ENFJ percaya dengan kekuatan kata-kata. Bagi mereka, kata-kata sama kuatnya dengan tindakan. Makanya dalam hubungan, kepribadian ENFJ ingin dipuji.

Mereka ingin usaha mereka mendapat apresiasi. Meski ingin dipuji, kadang ENFJ nggak memintanya. Ini bisa jadi masalah, terutama bila mereka berpasangan sama orang yang nggak peka. Kalau sudah seperti ini ENFJ akan jadi tajam dan dingin, mengamati kekurangan orang lain dan membesar-besarkannya. 16. ENTJ – Extroversion, Intuition, Thinking, Judging ENTJ dikenal memiliki kecerdasan mbti paling banyak dan kemampuan memenuhi target dengan tepat dan cepat. Mereka adalah pemimpin andal, dan sering terlihat di dunia politik, bisnis, dan olahraga.

Introvert memiliki extroversion, intuisi, dan kecakapan berpikir. Ini membuat mereka cepat mengambil keputusan, masuk akal, dan mbti paling banyak presentasinya luar biasa.

Intuisi yang mbti paling banyak membantunya memilah strategi menjadi rencana jangka pendek, memilah mana yang bisa dikerjakan dan mana yang nggak. ENTJ cakap sebagai pemimpin dan penggerak organisasi. Kemampuan istimewa mereka dalam memimpin dan memutuskan, membuat mereka nggak nyaman menjadi pengikut.

ENTJ senang memegang kendali. Jadi, bila bekerja, sebaiknya ENTJ memilih pekerjaan yang mengharuskan dia jadi penanggung jawab.

Dalam hubungan pun ENTJ adalah orang yang cerdas. ENTJ punya visi untuk terus berkembang, sehingga dalam hubungan pun, mereka ingin hubungan yang mengembangkan diri. Makanya, ENTJ menginginkan hubungan yang seru. Hubungan yang menantang dan membuat dia terus belajar banyak hal baru. Kalau punya pasangan yang cerdas dan kritis, serta menyukai tantangan, ENTJ akan punya hubungan yang awet. Seperti dalam pekerjaan, dalam asmara pun ENTJ memegang kendali. Kendali ini membuat mereka jadi pengatur dan agak posesif.

Dalam percakapan pun ia suka mengkonfrontasi dan blak-blakan. Makanya pasangan ENTJ harus punya mental kuat. Kalau punya mental kuat, ENTJ akan memberi warna gila-gilaan dalam hidupmu.

Tokoh ENTJ: Steve Jobs, Donald Trump 17. STMJ Singkatan dari susu telor madu jahe. Enak diminum saat cuaca dingin. Berkhasiat menghangatkan tubuh. 4. Di mana Saya Bisa Mendapatkan Tes Kepribadian MBTI?

mbti paling banyak

Tes MBTI bisa kamu coba di sini. Kami ada sih versi pdf, tapi masih Bahasa Mbti paling banyak. Sementara masih kami terjemahkan dulu ya. 5. Yang TIDAK BOLEH Dilakukan dengan MBTI Mengenali kepribadian memang bagus, tapi ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan. Apa saja? a. Membatasi diri “ Aku memang orangnya kerasa kepala, karena kepribadianku ENTP” “ Mbti paling banyak susah move on karena aku ENFP” “ Aku orangnya INTJ jadi aku gak bisa kerja sama orang lain” Tujuan kita mengetahui kepribadian adalah meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan, bukan malah jadi membatasi diri.

Kalau kamu nggak menggunakan kekurangan untuk berbenah, sama aja kamu nggak mau berkembang. Inget, separuh kepribadian kita bisa berubah seiring waktu.

Jangan jadikan kekurangan sebagai alasan, jadikan itu sebagai petunjuk untuk berbenah. tipe kepribadian bukan alasan! b. Percaya 100% Betul, tes MBTI bisa jadi cara mengenali diri sendiri. Tapi tes ini bukan Tuhan. Misalnya kamu ENTP, tapi pacarmu ESTJ. Katanya, di tes MBTI kamu nggak cocok. Terus kenapa? Apakah kamu jadi ragu sama dia, hanya karena hasil sebuah tes?

Apakah logis bagi kita, manusia berakal, untuk menggantungkan nasib pada tes kepribadian, zodiak, dan golongan darah? Anggaplah kamu berkepribadian INTJ, tapi ingin jadi psikolog. So what? Siapa yang bilang INTJ nggak boleh jadi psikolog? Kejar apapun cita-citamu. Selama kamu sungguh-sungguh dan punya passion, kenapa membiarkan seonggok tes mengatur hidupmu.

Malah, sebenarnya kelemahan MBTI adalah ia bukan alat tes yang andal. Mbti paling banyak tesmu hari ini dan minggu depan bisa saja beda. Jadi jangan dipercaya mbti paling banyak. Lagipula kalau kamu mengambil profesi sesuai tipe kepribadian, apa ada jaminan kamu bisa sukses? c. Merendahkan kepribadian lain Di tiap tipe kepribadian, kami menulis kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe. Ini untuk menegaskan, nggak ada kepribadian yang lebih baik atau lebih buruk.

Bahkan walaupun itu tipe kepribadian MBTI paling langka sekalipun. Itu nggak berarti banyak, bahkan bukan berarti itu istimewa. Semua kepribadian sejujurnya nggak ada yang istimewa.

Yang bikin istimewa adalah kalau kita jadi orang sukses. 6. Kritik terhadap Tipe Kepribadian MBTI MBTI barangkali adalah salah satu alat tes psikologis paling banyak digunakan saat ini. Karena deskripsinya jelas, dan seringkali akurat, menurut sebagian yang sudah nyoba. Dengan berbagai sektor yang memanfaatkannya, nggak bisa disangkal bahwa niat baik Myers dan Briggs sudah tersampaikan.

Meski begitu, MBTI punya beberapa kekurangan. a. Tes ini kurang andal. Kelayakan alat tes psikologi tergantung pada validitas dan reliabilitasnya. Sebuah alat tes yang baik harusnya reliabel, bisa diandalkan.

Hasilnya bisa berubah seiring waktu. Hasilmu hari ini dan lima mbti paling banyak lagi bisa beda. Ya, tes IQ pun juga berubah tergantung mood. Namun perubahan ini nggak berbeda jauh. Makanya sebaiknya hati-hati dalam menentukan karir berdasarkan hasil tes MBTI. Orang berubah seiring waktu. Yang sekarang bikin kita betah, mungkin nanti sudah nggak. b. Dikotomi yang kurang jelas.

Myers mbti paling banyak Briggs membagi tiap aspek menjadi empat. E-I, N-S, F-T, P-J. Tiap rentang berada di dua kutub. Kalau kamu nggak mbti paling banyak, berarti kamu introvert. Seolah bilang gini: ada sebuah garis. Di satu ujung ada warna hitam.

ujung lain ada warna putih. Kalau kamu nggak hitam, berarti kamu putih. Gimana kalau saya ada di tengah-tengah? Gimana kalau saya ada di ¾ menuju introvert? Bukankah jarang kita nemu orang yang introvert sekali atau ekstrovert sekali? Ini juga salah satu kelemahan Myers dan Briggs. Dalam tes kepribadian lain kayak MMPI dan 16PF, kadar kepribadian kita dijelaskan dengan angka, sehingga kita tau kadar masing-masing aspek kepribadian. c. Rentan manipulasi MBTI adalah alat yang pengisiannya dikerjakan oleh klien itu sendiri.

Itu membutuhkan kejujuran dari masing-masing pengisinya. Nggak masalah kalau yang ngisi benar-benar ingin tau kepribadiannya. Tapi bagaimana kalau MBTI digunakan untuk seleksi karyawan? Bukankah ini membuat alat tes MBTI rentan dimanipulasi, dalam arti diisi tidak sesuai dengan dirinya? Inilah bedanya MBTI dengan inventori lain kayak 16PF dan MMPI. Di 16PF dan MMPI, saat menilai, ada pola tertentu yang biasa muncul pada orang yang mencoba memanipulasi.

Pola ini mudah dikenali, sehingga kita bisa membuang calon karyawan yang mencoba membohongi alat tes. Makanya, pihak penerbit MBTI sendiri melarang MBTI digunakan untuk seleksi karyawan, atau melampirkan hasil MBTI ke mbti paling banyak kerja. Nggak etis, terutama karena MBTI rentan manipulasi. NAH! Demikianlah penjelasan super panjang kami tentang Tipe Kepribadian MBTI.

Intinya gini: MBTI bagus dalam menjelaskan kepribadianmu. Tapi inget, jangan dianggap terlalu serius. Gunakan sebagai bahan evaluasi diri aja. Malah, kalau mau hasil yang lebih detail, gunakan aja alat tes kepribadian lain, kayak Big Five. Kamu sendiri, tipe kepribadiannya apa nihh??? sumber: https://www.opp.com/en/tools/MBTI/Myers-Briggs-history https://en.wikipedia.org/wiki/Myers%E2%80%93Briggs_Type_Indicator http://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/ https://www.cpp.com/products/mbti/index.aspx How Your Personality Type Develops With Your Age Ada komentar?

Mau nanya? Mau curhat? Silakan tulis di sini :) Cancel reply Cari Aja Di Sini! Search for:  Search Artikel Terbaru Kami~ • Skripsi Burnout: Definisi, Ciri-ciri, dan Skala tentang Burnout• Judul Skripsi Psikologi tentang Covid-19 tahun 2021• Lagi Belajar di Rumah? Tips-tips Ini Akan Ngebantu Kamu Lebih Paham!• Kuliah Psikologi itu Gimana?

(dan pertanyaan seputar itu)• 7 Fakta Unik tentang Mimpi Like Fanpage Kita Ya~
Tes MBTI ini dikembangkan pada tahun 1940-an berdasarkan pada teori Carl Jung. Bahkan Jung memperingatkan bahwa ‘tipe’ kepribadiannya hanyalah kecenderungan kasar yang dia amati, bukan klasifikasi yang ketat.

Perlu di ingat bahwa klasifikasi kepribadian ini sama sekali tidak untuk memprediksi keberhasilan orang di berbagai pekerjaan. Dari hasil kajian ada sekitar setengah dari orang yang mengambilnya dua kali mendapatkan hasil yang berbeda setiap kali.

16 kepribadian MBTI Selanjutnya tulisan berikut ini adalah deskripsi 16 kepribadian MBTI dan rekomendasi ahli tentang kecenderungan perilaku, partner dan pekerjaan yang cocok. Tentu tidak perlu percaya 100 %. Namun kalau cocok, itu karena ilmu ini merupakan bagian dari ilmu psikologi yang dikembangkan melalui dengan menggunakan metodologi ilmiah.

Nah, langsung saja inilah 16 Kepribadian MBTI Tapi, sebelum menjelaskan klasifikasi 16 tipe kepribadian MBTI ini, munkin kamu mau melakukan test untuk mengetahui kepribadian mu. Test ini adalah test singkat dengan 20 pertanyaan saja.

Bentuk pertanyaan dari test kepribadian MBTI online ini ditulis dalam bahasa Indonesia, sehinga dapat mempermudah kita semua dalam menjawabnya. • Serius, tenang, stabil & damai.

• Senang pada fakta, logis, obyektif, praktis & realistis. • Task oriented, tekun, teratur, menepati janji, dapat diandalkan & bertanggung jawab. • Pendengar yang baik, setia, hanya mau berbagi dengan orang dekat. • Memegang aturan, standar & prosedur dengan teguh. Saran Pengembangan: • Belajarlah memahami perasaan & kebutuhan orang lain.

• Kurangi keinginan untuk mengontrol orang lain atau memerintah mereka untuk menegakkan aturan. • Lihatlah lebih banyak sisi positif pada orang lain atau hal lainnya. • Terbukalah terhadap perubahan. Saran Profesi: Bidang Manajemen, Polisi, Intelijen, Hakim, Pengacara, Dokter, Akuntan (Staf Keuangan), Programmer ?atau yang berhubungan dengan IT, System Analys, Pemimpin Militer Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP Baca Juga : • Temukan karakter ISTJ lebih mendalam dan bagaimana kehidupan karir kepribadian ISTJ • Penuh pertimbangan, hati-hati, teliti dan akurat.

• Serius, tenang, stabil namun sensitif. • Ramah, perhatian pada perasaan & kebutuhan orang lain, setia, kooperatif, pendengar yang baik. • Punya kemampuan mengorganisasi, detail, teliti, sangat bertanggungjawab & bisa diandalkan. Saran Pengembangan: • Lihat lebih dalam, lebih antusias, & lebih semangat. • Belajarlah mengatakan tidak • Jangan menyenangkan semua orang atau Anda dianggap plin plan.

• Jangan terjebak zona nyaman dan rutinitas. Cobalah hal baru. Ada banyak hal menyenangkan yang ?mungkin belum pernah Anda coba. Saran Profesi: Architect, Interior Designer, Perawat, Administratif, Designer, Child Care, Konselor, Back Office ?Manager, Penjaga Toko / Perpustakaan, Dunia Perhotelan. Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP • Tenang, pendiam, cenderung kaku, dingin, hati-hati, penuh pertimbangan.

• Logis, rasional, kritis, obyektif, mampu mengesampingkan perasaan. • Mampu menghadapi perubahan mendadak dengan cepat dan tenang. • Percaya diri, tegas dan mampu menghadapi perbedaan maupun kritik. • Mampu menganalisa, mengorganisir, & mendelegasikan. • Problem solver yang baik terutama untuk masalah teknis & keadaan mendadak.

Saran Pengembangan: • Observasilah kehidupan sosial, apa yang membuat orang marah, cinta, senang, termotivasi & terapkan pada hubungan Anda • Belajarlah untuk mengenali perasaan Anda dan mengekspresikannya • Jadilah orang yang lebih terbuka, keluar dari zona nyaman, eksplorasi ide baru, dan berdiskusi dengan orang lain.

• Jangan mencari-cari kesalahan orang hanya untuk mbti paling banyak masalahnya. • Jangan menyimpan informasi yang harusnya dibagi dan belajarlah mempercayakan tanggungjawab ?pada orang lain.

Saran Profesi: Polisi, Ahli Forensik, Programmer, Ahli Komputer, System Analyst, Teknisi, Insinyur, Mekanik, Pilot, ?Atlit, Entrepreneur Pasangan/Partner Alami: ESTJ atau ENTJ • Berpikiran simpel & praktis, fleksibel, sensitif, ramah, tidak menonjolkan diri, rendah hati pada kemampuannya.

• Menghindari konflik, tidak memaksakan pendapat atau nilai-nilainya pada orang lain. • Biasanya tidak mau memimpin tetapi menjadi pengikut dan pelaksana yang setia. • Seringkali santai menyelesaikan sesuatu, karena sangat menikmati apa yang terjadi saat ini. • Menunjukkan perhatian lebih banyak melalui tindakan dibandingkan kata-kata. Saran Pengembangan: • Jangan takut pada penolakan dan konflik.

Anda tidak perlu menyenangkan semua orang. • Cobalah untuk mulai memikirkan dampak jangka panjang dari keputusan-keputusan kecil di hari ini • Asah dan kembangkan sisi kreatifitas dan seni dalam diri Anda sebagai modal bagus dalam diri Anda.

• Cobalah untuk lebih terbuka dan mengekspresikan perasaan Anda. Saran Profesi: Seniman, Designer, Pekerja Sosial, Konselor, Psikolog, Guru, Aktor, Bidang Hospitality ? Pasangan/Partner Alami: ESFJ atau ENFJ • Perhatian, empati, sensitif & berkomitmen terhadap sebuah hubungan. • Sukses karena ketekunan, originalitas dan keinginan kuat untuk melakukan apa saja yang mbti paling banyak termasuk memberikan yg terbaik dalam pekerjaan.

• Idealis, perfeksionis, memegang teguh prinsip • Visioner, penuh ide, kreatif, suka merenung dan inspiring. • Biasanya diikuti dan dihormati karena kejelasan visi serta dedikasi pada hal-hal baik. Saran Pengembangan: • Seimbangkan cara pandang Anda. Jangan hanya melihat sisi negatif & resiko. Namun, lihatlah sisi positif dan peluangnya • Bersabarlah, jangan mudah marah dan menyalahkan orang lain atau situasi. • Rileks dan jangan terus menerus berfikir atau menyelesaikan tanggungjawab.

Saran Profesi: Pengajar, Psikolog, Dokter, Konselor, Pekerja Sosial, Fotografer, Seniman, Designer,Child Care. Pasangan/Partner Alami: ESFP atau ESTP • Visioner, punya perencanaan praktis, & biasanya memiliki ide-ide original serta dorongan kuat untuk mencapainya. • Mandiri dan percaya diri. • Punya kemampuan analisa yang bagus serta menyederhanakan sesuatu yang rumit dan abstrak ?menjadi sesuatu yang praktis, mudah difahami & dipraktekkan. • Skeptis, kritis, logis, menentukan (determinatif) dan kadang keras kepala.

• Punya keinginan untuk berkembang serta selalu ingin lebih maju dari orang lain. • Kritik & konflik tidak menjadi masalah berarti. Saran Pengembangan: • Belajarlah mengungkapkan emosi & perasaan Anda. • Cobalah untuk lebih mbti paling banyak pada dunia luar, banyak bergaul, banyak belajar, banyak membaca,mengunjungi banyak tempat, eksplorasi hal baru, & memperluas wawasan.

• Hindari perdebatan tidak penting. • Belajarlah untuk berempati, memberi perhatian dan lebih peka terhadap orang lain. Saran Profesi: Peneliti, Ilmuwan, Insinyur, Teknisi, Pengajar, Profesor, Dokter, Research & ?Development, Business Analyst, System Analyst, Pengacara, Hakim, Programmers, Posisi Strategis ?dalam organisasi. ? Pasangan/Partner Alami: ENFP atau ENTP • Sangat perhatian dan peka dengan perasaan orang lain. • Penuh dengan antusiasme dan kesetiaan, tapi biasanya hanya untuk orang dekat.

• Peduli pada banyak hal. Cenderung mengambil terlalu banyak dan menyelesaikan sebagian. • Cenderung idealis dan perfeksionis. • Berpikir win-win solution, mempercayai dan mengoptimalkan orang lain.

Saran Pengembangan: • Belajarlah menghadapi kritik. Jika baik maka kritik itu bisa membangun Anda, namun jika tidak abaikan saja. • Jangan ragu pula untuk bertanya dan minta saran • Belajarlah untuk bersikap tegas. Jangan selalu berperasaan dan menyenangkan orang dengan tindakan baik. • Bertindak baik itu berbeda dengan bertindak benar. • Jangan terlalu menyalahkan diri dan bersikap terlalu keras pada diri sendiri.

Kegagalan adalah hal biasa dan semua orang pernah mengalaminya. • Jangan terlalu baik pada orang lain tapi melupakan diri sendiri. Anda juga punya tanggungjawab untuk berbuat baik pada diri sendiri.

Saran Profesi: Penulis, Sastrawan, Konselor, Psikolog, Pengajar, Seniman, Rohaniawan, Bidang Kesehatan • Baca Lebih detil kepribadian INTJ Pasangan/Partner Alami: ENFJ atau ESFJ Sangat menghargai intelektualitas dan pengetahuan.

Menikmati hal-hal teoritis dan ilmiah. Senang memecahkan masalah dengan logika dan analisa. • Diam dan menahan diri. Lebih suka bekerja sendiri. • Cenderung kritis, skeptis, mudah curiga dan pesimis. • Tidak suka memimpin dan bisa menjadi pengikut yang tidak banyak menuntut.

• Cenderung memiliki minat yang jelas. Membutuhkan karir dimana minatnya bisa berkembang dan bermanfaat. • Jika menemukan sesuatu yang menarik minatnya, ia akan sangat serius dan antusias menekuninya. Saran Pengembangan: • Belajarlah membangun hubungan dengan orang lain.

Belajar berempati, mendengar aktif, memberi perhatian dan bertukar pendapat. • Relaks. Jangan terlalu banyak berfikir. Nikmati hidup Anda tanpa harus bertanya mengapa dan bagaimana. • Cobalah menemukan satu ide, merencanakan dan mewujudkannya.

Jangan terlalu sering mbti paling banyak ganti ide tetapi tidak satupun yang terwujud. Saran Profesi: Ilmuwan, Fotografer, Programmer, Ahli komputer, System Analyst, Penulis Buku Teknis, ?Ahli Forensik, Jaksa, Pengacara, Teknisi ? Pasangan/Partner Alami: ENTJ atau ESTJ • Spontan, Aktif, Enerjik, Cekatan, Cepat, Sigap, Antusias, Fun dan penuh variasi. • Komunikator, asertif, to the point, ceplas-ceplos, berkarisma, punya interpersonal skill yang baik • Baik dalam pemecahan masalah langsung di tempat.

Mampu menghadapi masalah, konflik dan kritik. • Tidak khawatir, menikmati apapun yang terjadi • Cenderung untuk menyukai sesuatu yang mekanistis, kegiatan bersama dan olahraga • Mudah beradaptasi, toleran, pada umumnya konservatif tentang nilai-nilai. Tidak suka penjelasan terlalu panjang. • Paling baik dalam mbti paling banyak nyata yang dapat dilakukan. Saran Pengembangan: • Belajarlah memahami perasaan dan pemikiran orang lain terutama saat bicara mbti paling banyak mereka.

• Belajarlah untuk sabar, menikmati proses, tidak semua hal bisa dicapai dengan cepat. • Sesekali luangkan waktu untuk merenung dan merencanakan masa depan Anda. • Cobalah untuk mencatat pengamatan-pengamatan Anda termasuk detailnya. Saran Profesi: Marketing, Sales, Polisi, Entrepreneur, Pialang Saham, Technical Support Pasangan/Partner Alami: ISFJ atau ISTJ • Outgoing, easygoing, mudah berteman, bersahabat, sangat sosial, ramah, hangat, & menyenangkan.

• Optimis, ceria, antusias, fun, menghibur, suka menjadi perhatian. • Punya interpersonal skill yang baik, murah hati, mudah simpatik dan mengenali perasaan orang lain. Menghindari konflik dan menjaga keharmonisan suatu hubungan. • Mengetahui apa yang terjadi mbti paling banyak sekelilingnya dan ikut serta dalam kegiatan tersebut. • Sangat baik mbti paling banyak keadaan yang membutuhkan common sense, tindakan cepatdan ketrampilan praktis.

Saran Pengembangan: • Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Belajarlah untuk fokus dan tidak mudah berubah-ubah terutama untuk hal yang penting. • Jangan menyenangkan semua orang. Begitu pula sebaliknya, tidak semua orang bisa menyenangkan ?Anda. • Belajarlah menghadapi kritik dan konflik. Jangan lari. • Anda punya kecenderungan meterialistis. Hati-hati, tidak semua hal bisa diukur dengan materi ?ataupun uang. S aran Profesi: Entertainer, Seniman, Marketing, Konselor, Designer, Tour Guide, Bidang Anakanak,Bidang Hospitality Pasangan/Partner Alami: ISTJ atau ISFJ • Ramah, hangat, enerjik, optimis, antusias, semangat tinggi, fun.

• Imaginatif, penuh ide, kreatif, inovatif. • Mampu beradaptasi dengan beragam situasi dan perubahan. • Pandai berkomunikasi, senang bersosialisasi & membawa suasana positif. • Mudah membaca perasaan dan kebutuhan orang lain. Saran Pengembangan: • Belajarlah untuk fokus, disiplin, tegas dan konsisten • Belajarlah untuk menghadapi konflik dan kritik.

• Pikirkan kebutuhan diri sendiri. Mbti paling banyak melupakannya karena terlalu peduli pada kebutuhan orang lain. • Jangan terlalu boros. • Belajarlah untuk mengelola keuangan sedikit demi sedikit. Saran Profesi: Konselor, Psikolog, Entertainer, Pengajar, Motivator, Presenter, Reporter, MC, ?Seniman, Hospitality Pasangan/Partner Alami: INTJ atau INFJ • Gesit, kreatif, inovatif, cerdik, logis, baik dalam banyak hal.

• Banyak bicara dan punya kemampuan debat yang baik. Bisa berargumentasi untuk senang-senang saja ?tanpa merasa bersalah. • Fleksibel. Punya banyak cara untuk memecahkan masalah dan tantangan. • Kurang konsisten. Cenderung untuk melakukan hal baru yang menarik hati setelah melakukan sesuatu ?yang lain. • Punya keinginan kuat untuk mengembangkan diri. Saran Pengembangan: • Cobalah untuk win-win solution.

Jangan ingin menang sendiri. • Belajarlah untuk disiplin dan konsisten • Hindari perdebatan tidak penting. • Belajarlah untuk sedikit waspada.

Seimbangkan cara pandang Anda agar tidak terlalu optimis dan ?mengambil resiko yang tidak realistis. • Belajarlah untuk memberi perhatian pada perasaan orang lain. Saran Profesi: Pengacara, Psikolog, Konsultan, Ilmuwan, Aktor,Marketing, Programmer, Fotografer Pasangan/Partner Alami: INFJ atau INTJ • Praktis, realistis, berpegang pada fakta, dengan dorongan alamiah untuk bisnis dan mekanistis. • Sangat sistematis, procedural dan terencana.

• Disiplin, on time dan pekerja keras. • Konservatif dan cenderung kaku. • Tidak tertarik pada subject yang tidak berguna baginya, tapi dapat menyesuaikan diri jika diperlukan. • Senang mengorganisir sesuatu. Bisa menjadi administrator yang baik jika mereka ingat untuk ?memperhatika • perasaan dan perspektif orang lain. Saran Pengembangan: • Kurangi keinginan untuk mengontrol dan memaksa orang lain.

• Belajarlah untuk mengontrol emosi dan amarah Anda. • Cobalah untuk introspeksi diri dan meluangkan waktu sejenak untuk merenung.

• Belajarlah untuk lebih sabar dan low profile • Belajarlah untuk memahami orang lain. Saran Profesi: Militer, Manajer, Polisi, Hakim, Pengacara, Guru, Sales, Auditor, Akuntan, System Analyst Pasangan/Partner Alami: ISTP atau INTP • Hangat, banyak bicara, populer, dilahirkan untuk bekerjasama, suportif dan anggota kelompok yang ?aktif.

• Membutuhkan keseimbangan dan baik dalam menciptakan harmoni. • Selalu melakukan sesuatu yang manis bagi orang lain. Kerja dengan baik dalam situasi yang mendukung ?dan memujinya.

• Santai, easy going, sederhana, tidak berfikir panjang. • Teliti dan rajin mbti paling banyak apa yang ia miliki. Saran Pengembangan: • Jangan mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain. • Jangan mengukur harga diri Anda dari perlakuan, penghargaan dan pujian orang lain. • Mintalah pertimbangan orang lain dalam mengambil keputusan.

Belajarlah untuk lebih tegas. • Terima tanggungjawab hidup dan belajarlah untuk lebih dewasa. Jangan mengasihani diri sendiri. • Hadapi kritik dan konflik, jangan lari. Mbti paling banyak Profesi: Perencana Keuangan, Perawat, Guru, Bidang anak-anak, Konselor, Administratif, Hospitality Pasangan/Partner Alami: ISFP atau INFP • Kreatif, imajinatif, peka, sensitive, loyal. • Pada umumnya peduli pada apa kata orang atau apa yang orang lain inginkan dan cenderung melakukan sesuatu dengan memperhatikan perasaan orang lain.

• Pandai bergaul, meyakinkan, ramah, fun, populer, simpatik. Responsif pada kritik dan pujian. • Menyukai variasi dan tantangan baru. • Butuh apresiasi dan penerimaan.

Saran Pengembangan: • Jangan mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain. • Mbti paling banyak mengukur harga diri Anda dari perlakuan orang lain. Jangan mudah kecewa jika mbti paling banyak tidak ?seperti yang Anda inginkan.

• Belajarlah untuk tegas dan mengambil keputusan. Menghadapi kritik dan konflik. • Jangan terlalu bersikap keras terhadap diri sendiri. Saran Profesi: Konsultan, Psikolog, Konselor, Pengajar, Marketing, HRD, Mbti paling banyak Coordinator, ?Entertainer, Penulis, Motivator Pasangan/Partner Alami: INFP atau ISFP ? • Tegas, asertif, to the point, jujur terus terang, obyektif, kritis, & punya standard tinggi. • Dominan, kuat kemauannya, perfeksionis dan kompetitif. • Tangguh, disiplin, dan sangat menghargai komitmen.

• Cenderung menutupi perasaan dan menyembunyikan kelemahan. • Berkarisma, komunikasi baik, mampu menggerakkan orang. • Berbakat pemimpin. Saran Pengembangan: • Belajarlah untuk relaks. Tidak perlu perfeksionis dan selalu kompetitif dengan semua orang.

• Ungkapkan perasaan Anda. Menyatakan perasaan bukanlah kelemahan. • Belajarlah mengelola emosi Anda. Jangan mudah marah. • Belajarlah untuk menghargai dan mengapresiasi orang lain. • Jangan terlalu arogan dan menganggap remeh orang lain. Lihat sisi positifnya. Jangan hanya melihat ?benar dan salah saja.

Saran Profesi: Entrepreneur, Pengacara, Hakim, Konsultan, Pemimpin Organisasi, Business analyst, ?Bidang Finansial Pasangan/Partner Alami: INTP atau ISTPMBTI atau Myers Briggs Type Indicator menjadi populer setelah banyak dibahas untuk mengetahui kepribadian seseorang. Meski beberapa orang mungkin melihat MBTI seperti omong kosong yang tak ubahnya dengan astrologi, tetapi ada banyak orang yang percaya bahwa itu adalah teori yang berguna untuk memahami kepribadian orang-orang di sekitarnya.

Faktanya, banyak perusahaan yang menggunakan MBTI untuk membantu karyawan mereka mencapai potensi penuh dan mengetahui lebih banyak tentang apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa mereka. Ada 16 tipe kepribadian Myers Briggs, tetapi berikut ini, mengutip dari Rarest, adalah daftar 7 kepribadian paling langka di dunia: 7. ENFP ads by posciety • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 8,1% (6 hingga 8%) • Kekuatan: Antusias, kreatif, hangat, berorientasi pada masa depan, individualistis, care, optimis, berwawasan luas, ceria, dan spontanitas • Kelemahan: Keterampilan praktis yang tidak begitu bagus, overthinking, mudah stres, sangat emosional, dan kesulitan untuk fokus Sebagai pribadi yang sangat independen, ENFP benar-benar orang yang mbti paling banyak bebas.

ENFP tidak suka terikat oleh aturan ketat dan percaya bahwa mereka dapat menentukan nasib mereka sendiri. Sekalipun ENFP sering menjadi orang yang meramaikan pesta, mereka tentu tertarik pada kegembiraan saat itu, tetapi sebenarnya menginginkan untuk membangun hubungan sosial dan emosional dengan orang lain.

ENFP tidak pernah kesulitan mendapatkan teman dan suka menggunakan kecerdasan, humor, dan keterampilam bahasa mereka untuk menceritakan sesuatu yang menarik. Tahukah kamu? ENFP termasuk komunikator yang kuat dan mereka sering memilih pekerjaan dalam bidang konseling, pengajaran, agama, atau seni. 8 Warna Favorit Ini Dapat Melambangkan Kepribadianmu 6. INFP • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 4,4% (4 hingga 5%) • Kekuatan: Diam-diam care, penyayang, kreatif, idealistis, suka membantu karena empatik, rasa ingin tahu, mandiri, dan mudah beradaptasi • Kelemahan: Terlalu idealis, terlalu altruistik, tidak praktis, terbawa perasaan, dan sulit untuk benar-benar mengenal mereka Mbti paling banyak sering disalahartikan sebagai INFJ karena keduanya memiliki banyak kesamaan sifat, tetapi INFP adalah idealis sejati di dunia.

Mereka sering dianggap sebagai penyembuh atau mbti paling banyak untuk menyelesaikan masalah, dan INFP dipandu oleh nilai-nilai inti dan keyakinan mereka mbti paling banyak. Sebagai penyembuh dan mediator, INFP melihat potensi masa depan yang lebih baik dengan sifatnya yang sangat penyayang, sensitif, dan peduli.

Tahukah kamu? Karena INFP menjunjung tinggi standar diri mereka sendiri dan orang lain, kepibadian ini adalah yang tertinggi kedua dari semua kepribadian dalam presentase ketidakpuasan pernikahan.

5. INTP • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik AS): 3,3% (3 hingga 5%) • Kekuatan: Logis, konseptual, berani berbeda, intelektual, suka bertanya tentang banyak hal (penasaran yang tinggi), dapat beradaptasi, mandiri, objektif • Kelemahan: Terlalu kritis, kadang linglung, tanpa sadar suka merendahkan orang lain, menarik diri, tidak peka, dan tidak menyukai aturan dan pedoman.

INTP adalah orang yang sangat logis dan cenderung tertarik pada sains dan pekerjaan teknis lainnya. Biasanya kepribadian ini dikenal sebagai filsuf, arsitek, atau profesor. Orang-orang dengan kepribadian INTP telah banyak berkiprah dengan berbagai penemuan ilmiah terbesar dalam sejarah. INTP menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan berbagai hal secara internal dan mencoba memahami misteri besar kehidupan.

Tahukah kamu? Kegiatan favorit bagi INTP diantaranya membaca, acara seni dan budaya, catur dan permainan strategi lainnya, menulis, mengikuti kursus, bekerja dengan komputer, backpacking, hiking, dan meditasi.

4. ENTP • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik AS): 3,2% (2 hingga 5%) • Kekuatan: Energik, inventif, teoretis, analitis, berorientasi pada perubahan, dapat beradaptasi, mandiri, selalu mencari sesuatu yang baru, berbakat, dan jago berbicara (bahkan berdebat) • Kelemahan: Tidak peka, sangat argumentatif, kadang intoleran, bisa tidak fokus, dan tidak menyukai hal-hal praktis ENTP adalah visioner dan inovator yang suka menantang status quo.

Salah satu hal yang paling disukai ENTP adalah berbicara dengan orang lain untuk berbagi ide dan terlibat dalam debat kecil maupun besar. Orang-orang ENTP memiliki kecerdasan yang tajam dan berpengetahuan luas tentang berbagai topik, ini memberi amunisi dalam debat yang suka mereka lakukan. Tahukah kamu? ENTP sering dicap sebagai orang Tipe A, artinya mereka lebih kompetitif, ambisius, dan bahkan agresif. 3. ENFJ • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 2,5% (2 hingga 5%) • Kekuatan: Aktif bersosialisasi, antusias, menjaga harmoni, idealistis, empatik, kooperatif, imajinatif, menghargai orang lain, dan bijaksana • Kelemahan: Terlalu idealis, terlalu sensitif, kadang terlalu tidak mementingkan diri sendiri, terlalu kritis terhadap diri sendiri, dan sulit membuat keputusan yang penting.

ENFJ adalah pemimpin yang lahir secara alami, tetapi mereka lebih tertarik untuk membantu orang lain mencapai tujuan daripada mementingkan diri mereka sendiri. Tipe pemimpin seperti ini penuh kasih sayang dan karismatik, karena itu kepribadian ENFJ sering kali menjadi guru, pelatih, dan politisi. Meskipun ENFJ ambisius, mereka tidak mencari keuntungan pribadi, melainkan menggunakan upaya mereka untuk memperbaiki dunia dan membantu orang lain mencapai potensinya.

Tahukah kamu? ENFJ adalah kepribadian yang paling mungkin dari semua tipe untuk menjadi religius dan percaya pada kekuatan yang lebih tinggi. 2. INTJ • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 2,1% (2 hingga 4%) • Kekuatan: Inovatif, berwawasan luas, konseptual, logis, mandiri, dapat menentukan keputusan, berusaha untuk mengerti segala sesuatu.

• Kelemahan: Kritis, kadang arogan dan menghakimi, terlalu analitis, tidak memahami percintaan, dan tidak menyukai aturan kaku INTJ adalah pemikir yang kuat dengan imajinasi yang hebat, menjadikan mereka sebagai pemecah masalah yang baik. Kepribadian ini relatif langka dan hanya sekitar 2% dari populasi. Tidak seperti beberapa tipe imajinatif lainnya, INTJ sebenarnya mencoba mengimplementasikan ide-ide mereka untuk mengatasi masalah dalam kehidupan nyata.

Karena mereka tidak hanya suka bermimpi, tetapi INTJ tetap fokus dan bekerja keras untuk mewujudkan ide-ide mereka. Tahukah kamu? Sebagai orang yang berprestasi, INTJ adalah salah satu dari dua tipe dengan prestasi sangat baik di perguruan tinggi dan memiliki IPK tertinggi serta memiliki potensi pendapatan tertinggi dalam karir mereka. 1. INFJ • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 1,5% (1 hingga 3%) • Kekuatan: Berwawasan luas, kreatif, serius, bisa menjadi intens, tekun, menginspirasi orang lain, mbti paling banyak menyukai bahasa dan simbol • Kelemahan: Perfeksionis, sangat privat, kadang mudah stres, selalu membutuhkan alasan untuk mengerjakan sesuatu, dan sensitif/defensif.

Jika kamu akrab dengan berbagai tipe kepribadian MBTI, kamu mungkin pernah melihat berkali-kali bahwa INFJ adalah tipe kepribadian Myers Briggs yang paling langka dengan hanya sekitar 1,5% dari pengujian populasi tipe ini.

INFJ adalah tipe kepribadian dari pemimpin dunia yang memperjuangkan kemanusiaan, seperti Nelson Mandela. Meski dikenal sebagai pribadi yang peduli dan menginspirasi orang lain, INFJ sering kali menutup dirinya yang mana memberikan kesan misterius pada diri mereka. Tahukah kamu? INFJ sangat intuitif sehingga banyak orang merasa bahwa kepribadian ini sangat menyukai “metafisik” dan seringkali hanya mengetahui sesuatu yang akan terjadi atau tersembunyi, tanpa tahu mengapa atau bagaimana mereka mengetahuinya.

Itulah 7 kepribadian paling langka di dunia, menurut MBTI. Adakah dari ketujuh kepribadian tersebut yang kamu miliki? Tulis di komentar, ya. Semoga bermanfaat! Diskusi Terbaru • Farid Hidayatullah Jamil pada Embed Gambar / Video / File Lain Google Drive di Blog • Bang tips dan info pada 100% Berhasil Pindahkan Channel YouTube ke Email Lain • Isti pada Apa Maksud Verifikasi Pendaftaran via Email mbti paling banyak No HP ?

• Isti pada Apa Maksud Verifikasi Pendaftaran via Email & No HP ? • Herdiansyah pada Benarkah Redeem Pulsa Cashtree Hanya Dilakukan Pada Pukul 13:00 !?

Why Each of the 16 Personalities Gets FRIENDZONED




2022 www.videocon.com