Money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

Halo Graciella, kakak bantu jawab ya :) Jawaban: Money is something accepted in payment for goods adalah definisi uang yang disampaikan oleh Sir Dennis Holme Robertson. Definisi ini dekemukakan dalam buku Money terbitan tahun 1992. Jadi definisi tersebut disampaikan oleh Sir Dennis Holme Robertson. Semoga jawabannya membantu :) Perhatikan data berikut ini : No. Nama barang Harga Kuantitas 2008 2009 2008 2009 1.

Beras Rp 4.000,00 Rp 4.500,00 800 unit 1.000 unit 2. Gandum Rp 5.000,00 Rp 6.000,00 500 unit 400 unit 3. Kacang Rp 10.000,00 Rp 12.000,00 500 unit 500 unit 4. Kedelai Rp 8.000,00 Rp 7.000,00 200 unit 300 unit 5. Jagung Rp 2.500,00 Rp 2.000,00 600 unit 800 unit Diminta Hitunglah besarnya angka indeks dan berilah kesimpulannya : e. Indeks harga dengan metode Drobisch and Bowley Untuk mengajukan nomor pengukuhan pengusaha kena pajakharus disertai money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh pengumpulan kelengkapan dokumen, contohnya kelengkapan dokumen untuk badan yang merupakan bukti legalitas dari sebuah perusahaan, bukti legalitas diatas adalah.

A. NPWP B. Identitas pemilik C. Akta perusahaan D. Sertifikat perusahaan E. Surat izin usaha rotan merupakan bahan baku dari produk olahan seperti mebel,dan produk-produk kerajinan lainya yang menjadi nilai tambah dalam pendapatan nasional negara kita.

pasokan bahan baku rotan dalam negeri membutuhkan jumlah yang sangat besar 62.921 ton dengan perincian 60 % rotan murni dan 40% rotan kombinasi dengan kata lain industri kerajinan di indonesia kekurangan pasokan bahan baku, sementara rotan banyak yang dikirim ke luar negeri. untuk mengatasi masalah ini kebijakan perdagangan internasional yang tepat adalah…. a.

larangan impor b. larangan ekspor c. kuota premi d. subsidi Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli – Di dalam melakukan segala pekerjaan pastinya kita menginginkan imbalan atau balasan yang akan dapat membuat kita terpenuhi keinginan barang atau jasa yang di inginkan. Dengan adanya uang maka semua keinginan yang kita inginkan akan kita dapatkan dengan cara membelinya.

Dengan begitu maka akan dapat dengan mudah kita melakukan transaksi. Untuk mengerti apa itu uang akan di jelaskan oleh para ahli sebagai berikut.

Daftar Isi • 1 Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli • 1.1 Pengertian Uang Menurut Para Ahli • 1.1.1 1.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

Albert Gailort Hart • 1.1.2 2. R.S Sayers • 1.1.3 3. Robertson • 1.1.4 4. Rolling G. Thomas • 1.1.5 5. A. C. Pigou • 1.1.6 6. George Simmel • 1.1.7 7.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

George N. Halm • 1.1.8 8. Dennis Home Robertson • 1.1.9 9. Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo • 1.1.10 10. Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih • 1.1.11 11. Walker • 1.1.12 12. Irma Rahmawati • 1.1.13 13. Rismsky K. Judisseno • 1.1.14 14. Hukum • 1.1.15 15. Ensiklopedia Indonesia • 1.1.16 16. Mankiw • 1.1.17 17. Kasmir • 1.1.18 18. KBBI • 1.1.19 19. Wikipedia • 1.1.20 20.

Adam Smith • 1.2 Share this: • 1.3 Related posts: Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli Mari kita bahas pengertian uang dengan detail dari para ahli. Pengertian Uang Menurut Para Ahli Uang di artikan oleh para ahli sebagai berikut: 1.

Albert Gailort Hart Pengertian uang menurut Albert Gailort Hart adalah suatu kekayaan yang oleh pemiliknya bisa digunakan untuk melakukan transaksi ataupun membayar hutang dengan segera dan tidak adanya tunda menunda. 2. R.S Sayers Pengertian uang menurut RS Sayear adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam masyarakat sebagai pembayaran utang.

3. Robertson Uang merupakan sesuatu yang umum dan bisa diterima untuk melakukan transaksi pembayaran barang dan jasa. 4. Rolling G. Thomas Pengertian uang menurut R. G. Thomas tertuang dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted by public in payment for goods, services and other valuable assets and for the payments for debts, yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang”.

5. A. C. Pigou Definisi uang menurut A. C. Pigou tertuang dalam bukunya yang berjudul the Veil of Money “money are those things that are widely used as a media for exchange” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar”. 6. George Simmel Uang memiliki kemampuan untuk mentransformasikan dan mengubah dunia sosial pada dunia aritmatik dan sebagai sarana reifikasi paling murni. 7. George N. Halm Pengertian uang menurut george n halm adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah dan memperlancar pertukaran dan untuk mengatasi segala kesulitan dalam melakukan barter atau transaksi.

8. Dennis Home Robertson Uang menurutnya dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang 9.

Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo Definisi uang menurut Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo adalah alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang saha atas kesatuan hitungnya. 10. Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih Uang ialah sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya. 11. Walker Uang adalah “money is what money does”, yang artinya uang ialah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu, dengan kata lain uang ialah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain 12.

Irma Rahmawati Definisi uang dikemukakan oleh Irma Rahmawati adalah suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan.

13. Rismsky K. Judisseno Uang adalah satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah pada saat bertransaksi. 14. Hukum Pengertian dan definisi uang menurut hukum adalah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah, secara fungsional uang ialah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, bila dilihat menurut nilainnya, uang itu merupakan satuan hitungan yang dapat menyatakan sebuah nilai.

15. Ensiklopedia Indonesia Uang adalah segala sesuatu hal yang dapat digunakan dan juga umumnya dapat diterima sebagai alat penukar atau sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti, pengukur standar uang, garansi penanggung utang serta sebagai pengukur standar daya beli. 16. Mankiw Pengertian uang yang dikemukakan oleh Mankiw adalah persediaan aset yang bisa dengan segara digunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

17. Kasmir Uang adalah alat tukar menukar, dalam hal ini uang money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan kata lain uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.

18. KBBI Uang adalah alat penukar atau standar pengukur niali “kesatuan hitungan” yang sah dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu. 19. Wikipedia Uang adalah sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

20. Adam Smith Pengertian uang menurut adam smith adalah media penukaran, namun uang tidak dibutuhkan untuk uang itu sendiri. Maksudnya, ialah uang diciptakan untuk memperlancar pertukaran dan penetapan nilai yang wajar dari pertukaran tersebut, dan uang bukan merupakan sebuah komoditi. Sekianlah penjelasan mengenai Uang adalah : 20 Pengertian Menurut Para Ahli yang di jelaskan oleh studinews.

Dengan adanya uang akan dapat membuat semua kebutuhan Manusia dapat terpenuhi dan dapat terpuaskan. Semoga bermanfaat. Posted in Ekonomi Tagged definisi uang secara umum, jelaskan kelemahan penggunaan emas dan perak untuk memenuhi money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh kebutuhan pertukaran masyarakat, jelaskan proses penerimaan uang, pengertian uang, pengertian uang berdasarkan hukum, pengertian uang menurut adam smith, pengertian uang menurut d.h robertson, pengertian uang menurut ensiklopedia indonesia, pengertian uang menurut para ahli, Uang, Uang adalah, uang yang pernah beredar di indonesia Post navigation Recent Posts • Pengertian Visi dan Misi, Tujuan, Perbedaan dan Contohnya • Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Unsur, Fungsi & Strukturnya • 40 Pengertian Berita Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) • Pengertian Kejujuran, Karakteristik & Macam Sifat Jujur (Lengkap) • 14 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli dan Cirinya • Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara, Makna & Fungsinya • 9 Pengertian Bank Menurut Para Ahli, Jenis dan Fungsinya Lengkap • 30 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) • Pengertian Kurikulum, Fungsi, Komponen & Manfaatnya Lengkap • Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri, Faktor dan Contohnya
• Pengertian Uang Secara Umum • Pengertian Uang Menurut Para Ahli • Share this: Pengertian Uang Secara Umum Pengertian uang secara umum adalah sesuatu yang bisa diterima oleh masyarakat umum atau masyarakat di tempat tertentu sebagai alat pembayaran serta alat tukar menukar yang sah.

Baca juga: • Fungsi Asli dan Turunan Uang Serta Contohnya • Inilah 6 (Enam) Kriteria Uang Menurut Para Ahli • Pasar Uang [Pengertian, Fungsi, Tujuan Serta Instrumen dan Jenisnya] • Pengertian, Contoh + Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral Pengertian Uang Menurut Para Ahli Para ahli ekonomi dunia kemudian mendefinisikan uang dengan berbagai pernyataan seperti berikut ini.

1. Robertson dalam buku Money (1922) menyatakan bahwa Uang merupakan segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang.

“Money is something which is widely accepted in payment for goods”. 2. R. S. Sayers dalam buku Modern Banking (1938) menyatakan : Uang adalah segala sesuatu yang umum diterima untuk digunakan sebagai pembayar ulang. “Money is something that is widely accepted for the settlement of debt”.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

3. A.C. Pigou dalam buku The Veil of Money: Uang adalah segala sesuatu yang umum digunakan sebagai alat tukar menukar. “Money are those things that are widely used as a media for exchange”. 4. Albert Gailort Hart dalam buku Money, Debt, and Economic Activity : Uang adalah suatu kekayaan sehingga pemilik dapat membayar utangnya dalam jumlah dan waktu tertentu.

“Money is properly which the owner can pay off the debt with certainly and without delay”. 5. Rollin G. Thomas dalam buku Our Modern Banking and Monetary System: Uang adalah segala sesuatu yang siap sedia dan diterima umum dalam pembayaran pembelian barang-barang, jasa-jasa, dan untuk pembayaran utang.

(Nopirin, 1992) “Money is something that is readily and generally accepted by the public in payment for the sale of goods, services, and other valuable assets, and for the payment of debt”. Dari berbagai pendapat diatas, maka dapat kita lihat bahwa uang adalah suatu benda yang mempunyai satuan hitung tertentu dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam berbagai transkasi pada wilayah tertentu. Keberadaan dan penggunaannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikianlah pembahasan tentang 5 (Lima) Pengertian Uang Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat bagi pembaca akuntansilengkap.com sekalian. Kunjungi Juga artikel lainnya : • 7 Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal • 5 + Teori Permintaan Dan Penawaran Uang Beserta Kurvanya • Pengertian Dan Tahapan Proses Manajemen Strategi Serta Tujuan Lengkap • Info Pasar Modal : Pengertian, Fungsi,Tujuan dan Manfaat Pasar Modal serta Macam-macamnya • Info Lengkap Tugas dan Wewenang Manajer Keuangan • 3 Metode Perhitungan Pendapatan Nasional Beserta Contohnya • 4 (Empat) Pilar Standar Akuntansi Keuangan Di Indonesia Share this: • • • • • Posted in Akuntansi Tagged apakah yang dimaksud dengan persyaratan uang acceptability, fungsi dan peran uang, fungsi jenis dan syarat uang, fungsi uang, fungsi uang asli, fungsi uang dalam bisnis internasional, fungsi uang unit of account, jelaskan fungsi uang medium of exchange, jelaskan jenis uang berdasarkan wilayah berlakunya uang, jenis jenis uang giral, jenis uang, jenis uang berdasarkan negara yang mengeluarkan, jenis uang kartal, kriteria uang, makalah peranan uang dalam perekonomian, mengapa nilai uang harus stabil, mengapa pengusaha antar negara lebih banyak menggunakan uang giral daripada uang kartal, nilai uang, pengertian uang kertas, pengertian uang logam, pengertian uang menurut para ahli, pengertian uang money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh umum, peran uang, peranan dan pentingnya uang, peranan uang bagi masyarakat, peranan uang dalam kegiatan dunia usaha, peranan uang dalam kehidupan di masyarakat, peranan uang dalam masyarakat dan pembangunan ekonomi negara, peranan uang dalam perekonomian suatu negara, proses perubahan jumlah uang beredar, sebutkan 4 jenis bank, sebutkan peranan uang dalam perekonomian, sebutkan urutan terjadinya uang, sejarah singkat uang, sejarah uang, syarat uang MENU • Home • SMP • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • IPS • IPA • SMA • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Sejarah • Geografi • Sosiologi • SMK • S1 • PSIT • PPB • PTI • E-Bisnis • UKPL • Basis Data • Manajemen • Riset Operasi • Sistem Operasi • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • Agama • Bahasa Indonesia • Matematika • S2 • Umum • (About Me) 8.1.

Sebarkan ini: Pengertian Uang Uang merupakan suatu benda dengan satuan hitung tertentu yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam berbagai transaksi dan berlaku di dalam wilayah tertentu.

Untuk diciptakan dengan tujuan untuk dapat melancarkan kegiatan tukar-menukar barang dan perdagangan. Dalam ilmu ekonomi tradisional, uang didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterimasecara umum. Alat tukar dapat berupa benda apa saja yang dapat diterima oleh setiap orang dimasyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Sebelum uang diciptakan, masyarakatpada zaman dahulu melakukan perdagangan dengan cara barter.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

Barter merupakan pertukaranbarang dengan barang. Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai.

Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran. Pada awalnya di Indonesia, uang —dalam hal ini uang kartal— diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia.

Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi. Baca Juga Artikel Money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh Mungkin Berhubungan : Peluang Usaha – Definisi, Cara, Dasar, Penyebab, Informasi, Memilih, Kriteria, Pemanfaatan Sejarah Uang Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum.

Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai.

Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran. Pada awalnya di Indonesia, uang —dalam hal ini uang kartal— diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut.

Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi. Uang yang kita kenal sekarang ini telah mengalami proses perkembangan yang panjang. Pada mulanya, masyarakat belum mengenal pertukaran karena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha sendiri. Manusia berburu jika ia lapar, membuat pakaian sendiri dari bahan-bahan yang sederhana, mencari buah-buahan untuk konsumsi sendiri; singkatnya, apa yang diperolehnya itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya.

Perkembangan selanjutnya mengahadapkan manusia pada kenyataan bahwa apa yang diproduksi sendiri ternyata tidak cukup untuk memenuhui seluruh kebutuhannya. Untuk memperoleh barang-barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri, mereka mencari orang yang mau menukarkan barang yang dimiliki dengan barang lain yang dibutuhkan olehnya. Akibatnya muncullah sistem’barter’yaitu barang yang ditukar dengan barang. Namun pada akhirnya, banyak kesulitan-kesulitan yang dirasakan dengan sistem ini.

Di antaranya adalah kesulitan untuk menemukan orang yang mempunyai barang yang diinginkan dan juga mau menukarkan barang yang dimilikinya serta kesulitan untuk memperoleh barang yang dapat dipertukarkan satu sama lainnya dengan nilai pertukaran yang seimbang atau hampir sama nilainya. Untuk mengatasinya, mulailah timbul pikiran-pikiran untuk menggunakan benda-benda tertentu untuk digunakan sebagai alat tukar. Benda-benda yang ditetapkan sebagai alat pertukaran itu adalah benda-benda yang diterima oleh umum (generally accepted) benda-benda yang dipilih bernilai tinggi (sukar diperoleh atau memiliki nilai magis dan mistik), atau benda-benda yang merupakan kebutuhan primer sehari-hari; misalnya garam yang oleh orang Romawi digunakan sebagai alat tukar maupun sebagai alat pembayaran upah.

Pengaruh orang Romawi tersebut masih terlihat sampai sekarang: orang Inggris menyebut upah sebagai salary yang berasal dari bahasa Latin salarium yang berarti garam. Barang-barang yang dianggap indah dan bernilai, seperti kerang ini, pernah dijadikan sebagai alat tukar sebelum manusia menemukan uang logam. Meskipun alat tukar sudah ada, kesulitan dalam pertukaran tetap ada. Kesulitan-kesulitan itu antara lain karena benda-benda yang dijadikan alat tukar belum mempunyai pecahan sehingga penentuan nilai uang, penyimpanan (storage), dan pengangkutan (transportation) menjadi sulit dilakukan serta timbul pula kesulitan akibat kurangnya daya tahan benda-benda tersebut sehingga mudah hancur atau tidak tahan lama.

Kemudian muncul apa yang dinamakan dengan uang logam. Logam dipilih sebagai alat tukar karena memiliki nilai yang tinggi sehingga digemari umum, tahan lama dan tidak mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, dan mudah dipindah-pindahkan. Logam yang dijadikan alat tukar karena memenuhi syarat-syarat tersebut adalah emas dan perak. Uang logam emas dan perak juga disebut sebagai uang penuh (full bodied money).

Artinya, nilai intrinsik (nilai bahan) uang sama dengan nilai nominalnya (nilai yang tercantum pada mata uang tersebut). Pada saat itu, setiap orang berhak menempa uang, melebur, menjual atau memakainya, dan mempunyai hak tidak terbatas dalam menyimpan uang logam. Sejalan dengan perkembangan perekonomian, timbul suatu anggapan kesulitan ketika perkembangan tukar-menukar yang harus dilayani dengan uang logam bertambah sementara jumlah logam mulia (emas dan perak) sangat terbatas.

Penggunaan uang logam juga sulit dilakukan untuk transaksi dalam jumlah besar sehingga diciptakanlah uang kertas Mula-mula money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh kertas yang beredar merupakan bukti-bukti pemilikan emas dan perak sebagai alat/perantara untuk melakukan transaksi. Dengan kata lain, uang kertas yang beredar pada saat itu merupakan uang yang dijamin 100% dengan emas atau perak yang disimpan di pandai emas atau perak dan sewaktu-waktu dapat ditukarkan penuh dengan jaminannya.

Pada perkembangan selanjutnya, masyarakat tidak lagi menggunakan emas (secara langsung) sebagai alat pertukaran.

Sebagai gantinya, mereka menjadikan ‘kertas-bukti’ tersebut sebagai alat tukar. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Laporan Keuangan Uang Menurut Para Ahli • Menurut Dennis Home Robertson Definisi uang menurut Dennis home Robertson tertuang dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang”.

• Menurut R.S. Sayers Definisi uang menurut R. S. Sayers tertuang dalam bukunya yang berjudul Modern Banking menyatakan bahwa “money is something that is widely accepted for the settlement of debts”, yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayaran utang”. • Menurut A.

C. Pigou Definisi uang menurut A. C. Pigou tertuang dalam bukunya yang berjudul the Veil of Money “money are those things that are widely used as a media for exchange” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar”. • Menurut Rolling G. Thomas Definisi uang menurut Rolling G. Thomas tertuang dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted by public in payment for goods, services and other valuable assets and for the payments for debts, yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang”.

• Menurut Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo Uang merupakan alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang saha atas kesatuan hitungnya. • Menurut Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih Uang ialah sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.

• Menurut Albert Gailort Hart Dalam bukunya yang berjudul Money Debt and Economic Activity, ia mendefinisikan uang sebagai suatu kekayaan yang dimiliki uantuk dapat melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula. • Menurut Walker Mendefinisikan uang dengan mengatakan “money is what money does”, yang artinya uang ialah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu, dengan kata lain uang ialah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain.

• Menurut Irma Rahmawati Uang merupakan suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan. • Menurut Rismsky K. Judisseno Uang merupakan satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah pada saat bertransaksi.

• Menurut Hukum Menurut hukum, uang ialah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah, secara fungsional uang ialah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, bila dilihat menurut nilainnya, uang itu merupakan satuan hitungan yang dapat menyatakan sebuah nilai. • Menurut Ensiklopedia Indonesia Uang merupakan segala sesuatu hal yang dapat digunakan dan money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh umumnya dapat diterima sebagai alat penukar atau sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti, pengukur standar uang, garansi penanggung utang serta sebagai pengukur standar daya beli.

• Menurut George N. Halm Uang merupakan hal untuk mempermudah perantara tukar-menukar dalam mengatasi masalah sistem barter atau kesulitan-kesulitan dalam transaksi kredit. • Menurut Walker Uang merupakan semua hal yang dapat dijadikan sebagai uang, maksudnya uang memang memiliki banyak fungsi, namun fungsi utamanya ialah sebagai alat tukar.

• Menurut Rolling G. Thomas Uang merupakan segala sesuatu yang telah tersedia dan pada umumnya dapat untuk diterima sebagai alat untuk membayar barang atau pun jasa, serta sebagai alat untuk melunasi utang. • Menurut Mankiw Uang ialah persediaan aset yang bisa dengan segara digunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

• Menurut Kasmir Uang ialah alat tukar menukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan kata lain uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.

• Menurut KBBI Mendefinisikan uang ialah alat penukar atau standar pengukur niali “kesatuan hitungan” yang sah dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Lembaga Keuangan : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Dan Jenis Beserta Contohnya Secara Lengkap Fungsi Uang Secara umum uang memiliki fungsi sebagai perantara untuk pertukaran barang dengan barang, juga untuk menghindarkan perdagangan dengan cara barter. Secara lebih rinci, fungsi uang dibedakan menjadi dua yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.

A. Fungsi Asli uang menunjukkan fungsi yang mula-mula melekat pada uang atau fungsi yang mengacu pada tujuan awal diciptakannya uang.

• Sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk pertukaran dan mengatasi kesulitan dalam pertukaran secara natural (barter). • Sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu berfungsi untuk menentukan nilai dari suatu barang atau jasa, serta untuk menentukan besarnya harga menghitung besar kecilnya pinjaman • Selain itu uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valut) karena dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang.

B. Fungsi Turunan, uang juga memiliki fungsi lain yang disebut sebagai fungsi turunan. Fungsi turunan itu sendiri antara lain: • Sebagai alat pembayaran yang sah.

Kebutuhan manusia akan barang dan beragam tidak dapat dipenuhi melalui cara tukar-menukar atau barter. Guna mempermudah dalam mendapatkan barang dan jasa yang diperlukan, manusia memerlukan alat pembayaran yang dapat diterima semua orang, yaitu uang. • Sebagai alat pembayaran utang. Uang dapat digunakan untuk mengukur pembayaran pada masa yang akan datang. • Sebagai alat penimbun kekayaan.

Sebagian orang biasanya tidak menghabisakan semua uang yang dimilikinya untuk keperluan konsumsi ada sebagaian uang yang disisihkan dan di tabung untuk keperluan di masa dating, baik di bank maupun di rumah. • Sebagai alat pemindah kekayaan. Seseorang yang hendak pindah dari suatu tempat ke tempat lainya dapat memindahkan kekayaannya yang berupa tanah dan bangunan rumah ke dalam bentuk uang dengan cara menjualnya.

Di tempat yang baru dia dapat membeli rumah yang baru dengan menggunakan uang hasil penjualan rumah yang lama. • Sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi. Apabila nilai uang stabil orang lebih bergairah dalam melakukan investasi, kegiatan ekonomi akan semakin meningkat. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi Peluang Usaha Dan Resiko Usaha Dalam Ekonomi Syarat dan Kriteria Uang Syarat-syarat Uang Suatu benda dapat dijadikan sebagai “uang” jika benda tersebut telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Pertama, benda itu harus diterima secara umum (acceptability). Agar dapat diakui sebagai alat tukar umum suatu benda harus memiliki nilai tinggi atau —setidaknya— dijamin keberadaannya oleh pemerintah yang berkuasa. Bahan yang dijadikan uang juga harus tahan lama (durability), kualitasnya cenderung sama (uniformity), jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta tidak mudah dipalsukan (scarcity). Uang juga harus mudah dibawa, portable, dan mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divisibility), serta memiliki nilai yang cenderung stabil dari waktu ke waktu (stability of value).

Kriteria Uang beberapa persyaratan. Tujuannya adalah agar sesuatu yang di anggap uang dapat di terima semua lapisan masyarakat dan dapat digunakan sebagai alat tukar-menukar oleh si pemiliknya.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

Artinya bahwa sesuatu yang dianggap sebagai uang harus memiliki beberapa kriteria sehingga dapat di akui sebagai uang. Kriteria sesuatu agar dapat dikatakan sebagai uang haruslah memenuhi persyaatan sebagai berikut : • Ada Jaminan. Setiap uang yang di terbitkan dijamin oleh pemerintah negara tertentu.

Dengan adanya jaminan dari pemerintah tertentu, maka kepercayaan untuk menggunkan uang untuk berbagai keperluan mendapat kepercayaan dari masyarakat luas. • Disukai Umum Artinya uang harus dapat diterima secara umum penggunaannya apakah sebagai alat tukar, penimbun kekayaan atau sebagai standar penciciclan uang. • Nilai yang stabil Nilai uang harus memiliki kestabilan dan ketetapan serta diusahakan fluktuansinya sekecil mungkin.

Apabila nilai uang sering mengalami ketidakstabilan, maka akan sulit untuk di percaya oleh yang menggunakan. • Mudah di simpan Uang harus mudah disimpan di berbagai tempat termasuk dalam tempat yang keci, namun dalam jumlah yang besar artinya uang harus memiliki fleksibilitas, seperti bentuk fisiknya yang tidak terlalu besar, mudah dilipat, dan terdapat nominal mulai dari yang kecil sampai nominal yang maksimal.

• Mudah dibawa Uang harus mudah dibawa kemanapun dengan kata lain mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain atu dari satu tangan ke tangan yang lain dengan fisik kecil dan nminal besar sekalipun uang sebaiknya mudah dibawa untuk keperluan sehari-hari. • Tidak mudah rusak Uang hedaknya tidak mudah rusak dalam berbagai kondisi baik robek atau luntur terutama kondisi fisiknya mengingat frekuensi pemindahan uang dari satu tangan ke tangan lainnya demikian besar. • Mudah dibagi Uang mudah di bagi dalam satuan unit tertentu dengan berbagai nominal yang ada guna kelancaran dalam melakukan transaksi, mulai dari nominal kecil sampai nominal yang besar sekalipun.

Kemudian uang tidak hanya agar mudah dibagi, tetapi juga harus mudah dalam pembulatan dengan kelipatan tertentu, terutama dalam nilai bulat. Oleh karena itu, agar uang mudah dibagi harus dibuat dalam nominal yang begaram. • Suplai harus elastic Agar perdagangan dan usaha menjadi lancar jumlah uang yang beredar di masyarakat haruslah mncukupi.

Tersedianya uang dalam jumlah yang cukup di sesuaikan dengan kondisi usah atau kondisi perekonomian suatu wilayah. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Definisi Fungsi Dan Syarat Uang Dalam Ilmu Ekonomi Jenis-jenis Uang Uang yang beredar dalam masyarakat dapat dibedakandalam dua jenis, yaitu uang kartal dan uang giral.

Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli sehari-hari. Sedangkan yang di maksud dengan uang giral adalah uang yang dimiliki masyarakat dalm bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai kebutuhan. Uang ini hanya beredar di kalangan tertentu saja, sehingga masyarakat mempunyai hak untuk menolak jika ia tidak mau barang atau jasa yang diberikan dibayar dengan uang ini.

Untuk menarik uang giral, orang menggunakan cek. A. Berdasarkan Bahan Pembuatannya. • Uang Logam Uang logam adalah uang yang terbuat dari logam, biasanya dari emas atau perak karena kedua logam itu memiliki nilai yang cenderung tinggi dan stabil, bentuknya mudah dikenali, money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh yang tidak mudah hancur, tahan lama, dan dapat dibagi menjadi satuan yang lebih kecil tanpa mengurangi nilai.

Ketika pertama kali digunakan, uang emas dan uang logan dinilai berdasarkan nilai intrinsiknya.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

Tapi saat ini, uang logam tidak dinilai dari berat emasnya, namun dari nilai nominalnya. Nilai nominal adalah nilai yang tercantum atau tertulis di mata uang tersebut.

Uang logam memiliki tiga macam nilai: a. Nilai intrinsik, yaitu nilai bahan untuk membuat mata uang misalnya berapa nilai emas dan perak yang di gunakan untuk mata uang. b. Nilai nominal, yaitu nilai yang tercantum pada mata uang atau cap harga yang tertera pada mata uang. c. Nilai tukar, nilai tukar adalah kemampuan uang untuk dapat ditukar dengan suatu barang (daya beli uang). • Uang Kertas Uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah.

Menurut penjelasan UU no. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang di maksud dengan uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas bahan lainnya (yang menyerupai kertas).

B. Berdasarkan Nilainya • Uang Penuh (fully bodied money). Nilai uang dikatakan sebagai uang penuh apabila nilai yang tertera di atas uang tersebut sama nilainya dengan bahan yang digunakan.

Dengan kata lain, nilai nominal yang tercantum sama dengan nilai intrinsik tekandung dalam uang tersebut. Jika uang itu terbuat dari emas, maka nilai uang itu sama dengan nilai emas yang dikandungnya. • Uang Tanda (Token Money) Uang tanda adalah apabila nilai yang tertera diatas uang yang lebih tinggi dari nilai bahan yang digunakan untuk membuat uang atau dengan kata lain nilai nominal lebih besar dari nilai intinsik uang tersebut.

Misalnya, untuk mebuat uang Rp1.000,00 pemerintah mengeluarkan biaya Rp750,00. C. Berdasarkan Iembaga atau Badan Pembuatnya Uang menurut lembaga yang menerbitkan atau membuatnya dapat dibedakan menjadi uang kartal dan uang giral: • Uang Kartal adalah uang yang diberi tanda atau cap oleh pemerintah, sehingga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat diterima umum. • Uang Giral adalah simpanan atau deposito pada bank yang dapat diambil dengan menggunakan cek, giro, atau surat perintah pembayaran lainnya yang dicetak atau dibuat oleh bank umum atau bank komersial.

Uang Giral yang beredar di masyarakat terdiri atascek adalah perintah yang diterima yang diterima dari pihak lain sebagai alat untuk pembayaran atau perintah kepada bank untuk membayar dengan uang tunai, dan giro adalah untuk memindahkan uang giral ke rekening orang lain tetapi tetap uang giral bukan uang tunai dan telegrafic transfer adalah pemindahan pembayaran atas suatu transaksi melalui bank.

D. Berdasarkan kawasan Uang berdasarkan kawasan dapat dibedakan sebagai berikut • Uang domestik artinya uang yang berlaku hanya di suatu negara tertentu, di luar negara tersebut mungkin berlaku dan mungkin tidak berlaku.

• Uang internasional yaitu uang yang berlaku tidak hanya dalam suatu negara, tetapi juga berlaku dan diakui di berbagai negara di dunia. Misalnya uang dolar, poundsterling, yen, euro, dan sebagainya. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : √ Akuntansi Keuangan : Pengertian, Fungsi Dan Tujuannya Permintaan dan Penawaran Uang Permintaan uang Permintaan uang diartikan sebagai kebutuhan masyarakat akan uang tunai.

Menurut JohnMaynard Keynes ada 3 motif yang mempengaruhi permintaan uang tunai oleh masyarakat.Ketiga motif tersebut yaitu: • Motif Transaksi (Transaction motive) • Motif Berjaga-jaga (Precautionary motive) • Motif Spekulasi (Specualtive motive) Untuk dapat memahami secara lebih mudah tentang ketiga motif tersebut berikut ini akandiuraikan satu persatu.

• Permintaan uang untuk transaksi ( transaction demand ) Terkait dengan fungsi uang sebagai alat tukar, kita menggunakan uang untuk membeli barangdan jasa atau untuk membayar tagihan. Permintaan uang untuk transaksi memiliki hubunganpositif dengan pendapatan. Jika pendapatan naik, maka permintaan uang untuk keperluanbertransaksi juga meningkat. • Permintaan uang untuk berjaga-jaga (precautionary demand ) Permintaan terhadap uang bisa saja karena orang ingin berjaga-jaga terhadap suatu peristiwayang tidak dikehendaki seperti sakit, kecelakaan, kebanjiran dan kebakaran.

Permintaan uanguntuk berjaga-jaga juga memiliki hubungan positif dengan pendapatan. • Permintaan uang untuk spekulasi ( speculative demand ) Spekulasi berarti melakukan sesuatu tindakan atas dasar ramalan perubahan money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh harta dimasa depan. Jika seorang spekulan meramalkan bahwa harga rumah, nilai saham, atau hargaemas akan meningkat dimasa depan, mereka akan membeli rumah, saham, atau emas, danbukan menyimpan uang.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

Jadi, dalam hal ini spekulan berharap bahwa mereka akanmendapatkan keuntungan dari peningkatan harga rumah, saham, atau emas di masa depan. Initentu dengan sendirinya mengurangi permintaan uang. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang adalah sebagai berikut. • Besar-kecilnya pembelanjaan negara yang berkaitan dengan pendapatan nasional. • Cepat atau lambatnya laju peredaran uang. Kecepatan peredaran uang dipengaruhioleh faktor berikut. a)kebiasaan pembayaran konsumen, apakah tunai atau angsuran b)Frekuensi pembayaran pendapatan c)Praktik-praktik bank, hal ini berkaitan dengan keluar masuknya uang melalui bank.

d)Keadaan psikologi masyarakat dalam menggunakan uangnya. • Motif-motif masyarakat dalam memiliki uang. Penawaran Uang Penawaran uang lebih populer dinyatakan dengan istilah jumlah uang yang beredar. Dalamlaporan data statistik, jumlah uang beredar biasanya dilambangkan dengan huruf M. Dissiniada beberapa definisi yang berbeda mengenai jumlah uang yang beredar tergantung daritingkat likuiditasnya.

Pada umumnya uang beredar didefinisikan sebagai berikut. • M1 adalah uang kertas dan logam (kartal) ditambah simpanan dalam bentuk rekeningkoran (uang giral/ demand deposit) • M2 adalah M1 + tabungan + deposito berjangka (time deposit) pada bankbank umum. • M3 adalah M2 + tabungan + deposito berjangka pada lembaga-lembaga keuanganbukan bank.

Secara sederhana penawaran uang atau jumlah uang yang beredar terdiri atas uang logam,uang kertas, simpanan giro, deposito berjangka, berbagai macam tabungan, dan rekeningvaluta asing milik swasta domestik.

Penawaran uang dipengaruhi oleh pemerintah denganberbagai kebijakan yang ditetapkan. Lembaga yang biasanya bertanggungjawab mengaturdan menjalankan kebijakan khususnya kebijakan moneter adalah bank sentral.Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang adalah sebagai berikut. • Semakin tinggi tingkat bunga, semakin sedikit jumlah uang yang beredar. Semakinrendah tingkat bunga, semakin banyak jumlah uang yang beredar.

• Semakin tinggi pendapatan masyarakat, semakin banyak uang yang beredar karenasemakin sering melakukan transaksi. • Semakin banyak (padat) jumlah penduduk, semakin banyak dan semakin cepat uangberedar. • Keadaan geografis di perkotaan lebih cepat dan lebih banyak jumlah uang yangberedar dibanding di pedesaan. • Struktur ekonomi, negara agraris berbeda dengan negara industri, negara industriperedaran uang lebih cepat dan lebih banyak.

• Penguasaan IPTEK penduduk. Iptek negara yang lebih maju lebih banyak dan lebihcepat uang beredar dibandingkan dengan negara yang menerapkan teknologi yangsederhana. • Globalisasi industri di lingkungan dunia usaha. Semakin global dan arus modalekonomi antarnegara yang semakin meningkat, uang yang beredar juga dipengaruhioleh transaksi-transaksi internasional dalam hal ini kurs uang mempengaruhiperedaran Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Penyusun Laporan Keuangan – Tujuan, Manfaat, Komponen, Karakteristik, Ruang lingkup, Asumsi Dasar Daftar Mata Uang Dunia No.

Nama Negara Nama Mata Uang 1 Abbesinia Dollar 2 Afghanistan Afgani 3 Afrika Selatan Rand 4 Afrika Tengah Franc 5 Albania Lek 6 Aliazair Dinar 7 Amerika Serikat Dollar 8 Angola Kwanza 9 Argentina Peso 10 Australia Dollar 11 Austria Shilling 12 Bangladesh Taha 13 Belanda Gulden 14 Belgia Franc 15 Bolivia Boliviarnus 16 Brazil Cruzeiro 17 Brunei Darussalam Dollar 18 Bulgaria Lev 19 Canada Dollar 20 Cekoslovakia Koruna 21 Ceylon Rupee 22 Chad Franc 23 Chili Peso 24 Cina Yuan 25 Denmark Krone 26 Dominika Peso 27 EI Salvador Kolon 28 Emirat Arab Dirham 29 Equador Sucrve 30 Ethiopia Birr 31 Filipina Peso 32 Finlandia Markka 33 Ghana Cedi 34 Guatemala Queizal 35 Haiti Courde 36 Honduras Lempira 37 Hongaria Forint 38 Hongkong Dollar 39 India Rupee 40 Indonesia Rupiah 41 Inggris Pound Sterling 42 Irak Dinar 43 Iran Real 44 Irlandia Pound 45 Islandia Krona 46 Italia Lire 47 Jamaika Dollar 48 Jepang Yen 49 Jerman Deutsche Mark 50 Kamboja Riel 51 Kamerun Franc 52 Kenya Shilling 58 Kolumbia Peso 59 Kongo Franc 60 Korea Selatan Won 61 Korea utara Won 62 Kuba Peso 63 Kuwait Dinar 64 Laos New Kip 65 Libanon Pound 66 Liberia Dollar 67 Libia Dinar 68 Luxemburg Franc 69 Malaysia Ringgit 70 Malvinas Pound 71 Maroko Dirham 72 Meksiko Peso 73 Mesir Pound 74 Monako Franc 75 Mongolia Tugrik 76 Mozambik Escudo 77 Muangthai Bath 78 Myanmar Kyat 79 Namibia Rand 80 Nepal Rupee 81 New Zealand Dollar 82 Nicaragua Kordoba 83 Nigeria Naira 84 Norwegia Kroon 85 Oman Rial 86 Pakistan Rupee 87 Panama Balboa 88 Papua Nugini Kina 89 Paraguay Guarani 90 Perancis Franc 91 Peru Sole 92 Polandia Zloty 93 Portugal Escudo 94 Qatar Riyal 95 Rumania Leu 96 Rusia Rubel/Ruble/Rouble 97 Saudia Arabia Riyal 98 Senegal Franc 99 Singapura Dollar 100 Siprus Pound 101 Spanyol Peseta 102 Srilanka Rupee 103 Sudan Pound 104 Suriah Pound 105 Suriname Guilder 106 Swedia Kroon 107 Swiss Franc 108 Syria Pound 109 Taiwan Dollar 110 Tanzania Shilling 111 Thailand Baht 112 Tunisia Dinar 113 Turki Lira 114 Uganda Shilling 115 Uruguay Peso 116 Vatikan Lira 117 Venezuela Bolivar 118 Vietnam Dong 119 Yaman Imani 120 Yordania Dinar 121 Yugoslavia Dinar 122 Yunani Drachma 123 Zaire Zaire 124 Zambia Kwacha 125 Zimbabwe Dollar Daftar Pustaka • Mankiw,Gregrory.2006.Makro Ekonomi.Jakarta: PT Glora Aksara Pratama • Hasibuan,Malayu.1987.Ekonomi Pembangunan dan Perekonomian Indonesia.Bandung: CV Armico • Kasmir.

2012. Bank dan Lembaga Keuangan lainya. Jakarta. PT RajaGrafindo persada Sebarkan ini: • • • • • Posting pada Ekonomi, S1, SMA, SMK, SMP Ditag #pengertian uang, money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh uang kartal, #sejarah uang, 10 pengertian uang menurut para ahli, apakah syaratnya agar benda dapat dibuat menjadi uang, ciri uang, Daftar Mata Uang Dunia, definisi uang, definisi uang secara umum, fungsi uang, fungsi uang dalam perekonomian, fungsi uang secara khusus, fungsi uang turunan, gambar uang, jelaskan fungsi uang, jelaskan yang anda ketahui tentang uang logam, jenis jenis uang berdasarkan kawasan, jenis jenis uang beserta gambarnya, Jenis-jenis Uang, karakteristik uang, kendala sistem barter, kriteria dan fungsi uang, kriteria uang, menurut rollin g thomas uang adalah, motif uang, pemasaran menjadi penghubung antara, pengertian uang berdasarkan fungsinya, pengertian uang berdasarkan hukum, pengertian uang brainly, pengertian uang dan bank, pengertian uang kertas, pengertian uang logam, pengertian uang menurut albert gailort hart, pengertian uang menurut d.h robertson, pengertian uang menurut para ahli, peranan dan fungsi uang, perbedaan uang kartal dan uang giral, perkembangan uang, Permintaan dan Penawaran Uang, salah satu kelebihan uang kertas adalah, sebutkan ciri ciri uang, sebutkan kriteria uang, sebutkan syarat syarat uang, sejarah uang dalam islam, sejarah money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh di indonesia, sejarah uang singkat, syarat agar benda dapat dibuat menjadi uang, Syarat dan Kriteria Uang, syarat sah uang, syarat syarat yang harus dipenuhi uang, uang indonesia, uang kertas, uang logam pertama dibuat oleh bangsa, Uang Menurut Para Ahli, uang rupiah Navigasi pos Pos-pos Terbaru • Organ Pernapasan Manusia – Pengertian, Jenis, Hidung, Tenggorokan, Bronkiolus, Alveolus, Diafragma, Paru-Paru • Sejarah Suku Tomini • Penjelasan Ciri-Ciri Clostridium Tetani Dalam Biologi • Penjelasan Ciri-Ciri Bacillus Anthracis Dalam Biologi • Penjelasan Ciri-Ciri Helicobacter Pylori Dalam Biologi • Pengertian Kata Berimbuhan • Pengertian Coelentarata – Ciri, Habitat, Reproduksi, Klasifikasi, Cara Hidup, Peranan • Pengertian Gerakan Antagonistic – Macam, Sinergis, Tingkat, Anatomi, Struktur, Contoh • Pengertian Dinoflagellata – Ciri, Klasifikasi, Toksisitas, Macam, Fenomena, Contoh, Para Ahli • Pengertian Myxomycota – Ciri, Siklus, Klasifikasi, Susunan Tubuh, Daur Hidup, Contoh • Contoh Soal Psikotes • Contoh CV Lamaran Kerja • Rukun Shalat • Kunci Jawaban Brain Out • Teks Eksplanasi • Teks Eksposisi • Teks Deskripsi • Teks Prosedur • Contoh Gurindam • Contoh Kata Pengantar • Contoh Teks Negosiasi • Alat Musik Ritmis • Tabel Periodik • Niat Mandi Wajib • Teks Laporan Hasil Observasi • Contoh Makalah • Alight Motion Pro • Alat Musik Melodis • 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran • 69 Contoh Teks Anekdot • Proposal • Gb WhatsApp • Contoh Daftar Riwayat Hidup • Naskah Drama • Memphisthemusical.Com
Pengertian Uang Ada beberapa definisi uang yang dikemukakan oleh para ahli yang selanjutnya kita rumuskan sebagai dasar pembicaraan lebih lanjut.

Sebenarnya definisi ahli satu dengan lainnya tidak sama persis. Perbedaan terletak pada arah sudut pandang saja, sehingga tidak terlalu prinsipiil. 1. Robertson dalam bukunya : ‘ Money’ (1920) mendefinisikan uang sebagai ‘ something which is widely accepted in payment for goods’, (segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang).

2. R.S. Sayers dalam bukunya : ‘ Modern Banking’ (1983) mendefinisikan ‘money is something that is widely accepted for the settlement of debt’, (uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayaran utang). 3. AC. Pigou dalam bukunya ‘ The Veil of Money’(1950) mendefinisikan : ‘money are those things that are widely used as a media for exchange’, (uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat pertukaran).

Definisi tersebut di atas terlihat berlainan tetapi pada dasarnya ada persamaan. AC. Pigou dan Robertson menekankan peranan uang sebagai alat pembayaran atau sebagai alat penukar. Sedang Sayers lebih menekankan pada peranan uang sebagai alat pembayar hutang. Greenwald mengatakan bahwa sesuatu benda dapat disebut uang apabila memenuhi syarat-syarat fungsi uang yang baik. Syarat-syarat tersebut adalah : a. Diterima oleh umum/ acceptability b. memiliki nilai tertentu dan tetap/ stability of value c.

tahan lama dan tidak mudah rusak/ durability d. mudah dibawa/ portability e. pembagian atasnya tidak merusak nilainya/ divisibility f.

terdapat dalam satu kualitas sehingga mudah dikenal/ uniformity. Dari syarat-syarat fungsi ini hanya logam emas dan perak yang memenuhi persyaratan sebagai benda uang. FUNGSI UANG Sesudah diketahui definisi uang, selanjutnya perlu diketahui mengenai ‘untuk apa uang itu ? Menjawab pertanyaan ini berarti dibahas tentang fungsi uang.

Setiap benda yang disebut sebagai uang, harus memiliki fungsi dasar dari uang, yaitu dua sebagai fungsi asli (nomor 1 dan 2) dan fungsi lain sebagai fungsi turunan, yaitu (nomor 3 – 6) : 1. Uang sebagai alat penukar ( medium of exchange). 2. Uang sebagai alat satuan hitung/pengukur nilai ( unit of account/standart of value). 3. Uang sebagai alat pembayaran ( means of payment). 4. Uang sebagai alat penyimpan nilai/penimbun (penghimpun) kekayaan ( store of value).

5. Uang sebagai alat pembayaran yang ditangguhkan ( standart of deffered payments). 6. Uang sebagai penunjuk harga ( price indicator) Fungsi sebagai alat penukar berkaitan dengan banyaknya kesulitan dalam proses pertukaran barter, dimana kedua belah pihak yang berkepentingan dalam pertukaran harus memiliki kesamaan kepentingan.

Sekarang dengan uang orang dapat melakukan pertukaran kapan saja, dimana dan dengan siapa. Sebagai satuan hitung, diartikan dapat digunakan untuk mengukur berbagai nilai barang, sehingga memudahkan dalam ukuran pertukaran. Misalnya ; satu ekor sapi harus ditukar dengan berapa ekor kambing, dengan demikian harus menilai masing-masing dengan alat ukur uang. Fungsi sebagai alat pembayaran, maksudnya uang dapat digunakan untuk membayar pajak, denda, untuk memberi money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh dan untuk lain-lain prestasi sepihak.

Pembayaran berbeda dengan penukaran, karena prestasi dalam penukaran terjadi dari kedua belah pihak; ada prestasi dan ada kontraprestasi langsung. Sedangkan pembayaran tidak selalu terjadi kesamaan prestasi dengan kontraprestasi. Sebagai alat penyimpan nilai, maksudnya uang dapat menyimpan daya beli atas suatu barang untuk jangka waktu dan daya beli tersebut dapat digunakan pada waktu yang akan datang. Alat pembayaran yang ditangguhkan, dimaksudkan adalah sebagai pembayaran hutang yang dilakukan dikemudian hari tidak bersamaan dengan penyerahan barang.

Uang sebagai penunjuk harga, berarti dapat memberi kepastian berapa jumlah uang harus dibayarkan untuk memperoleh sesuatu barang.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

Melihat ke-enam fungsi uang tersebut di atas maka uang mempunyai peranan dalam kehidupan perekonomian, antara lain : a.

Penggunaan uang memungkinkan konsumen menerima pendapatan mereka berupa kekuatan membeli yang dipukul ratakan ( general purchasing power) dan dengan demikian memungkinkan mereka untuk memilih secara bebas antara macam-macam benda dan jasa yang ditawarkan penjual.

b. Uang merupakan sebuah alat pengukur, dengan apa produsen dapat membandingkan keuntungan memproduksi sesuatu jenis barang dibanding dengan barang lainnya. c. Uang memberikan berbagai kemungkinan dilakukan pertukaran antara barang-barang, maka uang memungkinkan penggunaan teknik ‘produktif yang didalamnya termasuk proses jalan panjang’ dan yang sangat terspesialisasi. d. Penggunaan uang memungkinkan konsumen untuk membagi konsumsinya atas waktu. e. Melalui uang yang dapat mempermudah pertukaran barang, memungkinkan perluasan dan perluasan investasi.
PENGERTIAN UANG Uang hampir tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Setiap orang memerlukan uang. Dalam perekonomian modern, uang dapat diibaratkan sebagai bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan mesin perekonomian. Tanpa uang, perekonomian modern tidak bisa berjalan. Walaupun sering memerlukan uang dan mengenal baik wujud uang, kebanyakan dari kita kurang memahami apa sebenarnya pengertian uang? Apa yang membedakan suatu benda itu berfungsi sebagai uang dan bukan uang?

Berikut ini ada beberapa pengertian uang dari berbagai ahli. Menurut R. J Thomas mengatakan bahwa “ money is something that is readily ang generally accepted by public and payment for goods, services, and other valuable assets and for the payment for debt”.

Artinya, uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran utang, jasa, dan barang berharga lainnya, dan untuk pembayaran utang. Sir Dennis Holme Robertson mengatakan bahwa “ money is something accepted in payment for goods”. Artinya, uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang. Dari definisi yang dikemukakan para ahli terebut dapat disimpulkan bahwa definisi uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembelian barang dan jasa, barang berharga lainnya, dan pembayaran utang.

FUNGSI UANG Fungsi uang dapat dibedakan menjadi 2, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. a. Fungsi asli uang Fungsi asli uang terdiri dari 2, yaitu 1. Sebagai alat satuan hitung atau pengukur nilai ( a measure of relative value) Setiap barang dan jasa yang diperdagangkan di pasar mempunyai nilai tertentu. Dengan menggunakan uang, nilai suatu barang atau jasa dapat diukur atau diperbandingkan dengan nilai barang dan jasa yang lain.

Di Indonesia, dasar pengukur nilai barang dan jasa yang diperdagangkan di pasar adalah Rupiah. 2. Sebagai alat money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh menukar ( medium of exchange) Fungsi ini memisahkan antara keputusan membeli oleh pembeli dan menjual oleh penjual. Dengan adanya uang sebagai alat tukar menukar dapat menghilangkan diperlukannnya kesesuain kebutuhan ( double coincident of wants) sebelum pertukaran dilakukan seperti dalam barter.

b. Fungsi turunan uang Fungsi uang sebagai fungsi turunan memiliki 3 fungsi. 1. Sebagai Alat Penimbun atau Penyimpan Kekayaan ( store of value). Kekayaan dalam bentuk uang antara lain, uang tabungan, deposito berjangka dan surat-surat berharga. 2. Sebagai Standar Pembayaran Masa Depan ( standar of deffered payment) Pertukaran barang dan jasa seringkali tidak disertai pembayaran uang oleh pembeli kepada penjual dengan segera.

Dengan demikian timbulllah utang, karena pembayaran akan dilakukan dimasa yang akan datang. Apabila seseorang memiliki utang kepada orang lain, maka orang tersebut mempunyai kewajiban untuk membayar kembali pinjaman atau utangnya. dalam hal inilah uang berfungsi sebagai standar pembayaran masa depan. 3. Alat Pengalih Nilai/ Kekayaan Uang dapat berfungsi untuk mengalihkan nilai. Misalnya Ibu Sari oleh PT.NNM dipromosikan untuk menduduki kepala cabang di Manado.

Sebelumnya, Ibu Sari telah memiliki rumah di Jakarta. Ibu sari berhasrat memindahkan rumah miliknya tersebut ke Manado. Dia menemukan jalan keluar yaitu dengan menjual rumah di Jakarta dan membeli rumah di Manado. Menurutnya, tidak mungkin memindahkan fisik rumah dari Jakarta ke Manado.

Jadi, uang berfungsi sebagai alat pengalih nilai. PERMINTAAN UANG Permintaan uang diartikan sebagai kebutuhan masyarakat akan uang tunai. Menurut John Maynard Keynes ada 3 motif yang mempengaruhi permintaan uang tunai oleh masyarakat. Ketiga motif tersebut yaitu: • Motif Transaksi ( Transaction motive) • Motif Berjaga-jaga ( Precautionary motive) • Motif Spekulasi ( Specualtive motive) Untuk dapat memahami secara lebih mudah tentang ketiga motif tersebut berikut ini akan diuraikan satu persatu.

1. Permintaan uang untuk transaksi ( transaction demand) Terkait dengan fungsi uang sebagai alat tukar, kita menggunakan uang untuk membeli barang dan jasa atau untuk membayar tagihan. Permintaan uang untuk transaksi memiliki hubungan positif dengan pendapatan.

Jika pendapatan naik, maka permintaan uang untuk keperluan bertransaksi juga meningkat. 2. Permintaan uang untuk berjaga-jaga ( precautionary demand) Permintaan terhadap uang bisa saja karena orang ingin berjaga-jaga terhadap suatu peristiwa yang tidak dikehendaki seperti sakit, kecelakaan, kebanjiran dan kebakaran. Permintaan uang untuk berjaga-jaga juga memiliki hubungan positif dengan pendapatan. 3. Permintaan uang untuk spekulasi ( speculative demand) Spekulasi berarti melakukan sesuatu tindakan atas dasar ramalan perubahan nilai harta di masa depan.

Jika seorang spekulan meramalkan bahwa harga rumah, nilai saham, atau harga emas akan meningkat dimasa depan, mereka akan membeli rumah, saham, atau emas, dan bukan menyimpan uang.

Jadi, dalam hal ini spekulan berharap bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan harga rumah, saham, atau emas di masa depan. Ini tentu dengan sendirinya mengurangi permintaan uang. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang adalah sebagai berikut. • Besar-kecilnya pembelanjaan negara yang berkaitan dengan pendapatan nasional.

• Cepat atau lambatnya laju peredaran uang. Kecepatan peredaran uang dipengaruhi oleh faktor berikut. a) kebiasaan pembayaran konsumen, apakah tunai atau angsuran, sebab ini akan berpengaruh terhadap jumlah uang yang diminta pada saat ini atausaat mendatang.

b) Frekuensi pembayaran pendapatan c) Praktik-praktik bank, hal ini berkaitan dengan keluar masuknya uang melalui bank. d) Keadaan psikologi masyarakat dalam menggunakan uangnya. 3. Motif-motif masyarakat dalam memiliki uang. PENAWARAN UANG Penaran uang lebih populer dinyatakan dengan istilah jumlah uang yang beredar.

Dalam laporan data statistik, jumlah uang beredar biasanya dilambangkan dengan huruf M. Dissini ada beberapa definisi yang berbeda mengenai jumlah uang yang beredar tergantung dari tingkat likuiditasnya. Pada umumnya uang beredar didefinisikan sebagai berikut. • M1 adalah uang kertas dan logam (kartal) ditambah simpanan dalam bentuk rekening koran (uang giral/ demand deposit) • M2 adalah M1 + tabungan + deposito berjangka money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh deposit) pada bank-bank umum.

• M3 adalah M2 + tabungan + deposito berjangka pada lembaga-lembaga keuangan bukan bank. Secara sederhana penawaran uang atau jumlah uang yang beredar terdiri atas uang logam, uang kertas, simpanan giro, deposito berjangka, berbagai macam tabungan, dan rekening valuta asing milik swasta domestik. Penawaran uang dipengaruhi oleh pemerintah dengan berbagai kebijakan yang ditetapkan. Lembaga yang biasanya bertanggungjawab mengatur dan menjalankan kebijakan khususnya kebijakan moneter adalah bank sentral.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang adalah sebagai berikut. • Semakin tinggi tingkat bunga, semakin sedikit jumlah uang yang beredar. Semakin rendah tingkat bunga, semakin banyak jumlah uang yang beredar. • Semakin tinggi pendapatan masyarakat, semakin banyak uang yang beredar karena semakin sering melakukan transaksi.

• Semakin banyak (padat) jumlah penduduk, semakin banyak dan semakin cepat uang beredar. • Keadaan geografis di perkotaan lebih cepat dan lebih banyak jumlah uang yang beredar dibanding di pedesaan.

• Struktur ekonomi, negara agraris berbeda dengan negara industri, negara industri peredaran uang lebih cepat dan lebih banyak. • Penguasaan IPTEK penduduk. Iptek negara yang lebih maju lebih banyak dan lebih cepat uang beredar dibandingkan dengan negara yang menerapkan teknologi yang sederhana. • Globalisasi industri di lingkungan dunia usaha. Semakin global dan arus modal ekonomi antarnegara yang semakin meningkat, uang yang beredar juga dipengaruhi oleh transaksi-transaksi internasional dalam hal ini kurs uang mempengaruhi peredaran.D.H.

Robertson defines money as "Anything which is widely accepted in the payments for goods or in discharge of various other business obligations". Prof. Crowther defines money as "Anything that is generally acceptable as a means of exchange and which at the same time acts as a measure and store of value" Introduction of coins made of gold, silver etc.

is an important stage in the evolution of money. Initially private bankers put their seal on coins but gradually it was taken over by the government. In India all coins and one rupee notes are issued by the Government of India Metallic coins are of 2 different types
Table of Contents • Sejarah Uang • Definisi Uang • Pengertian Uang Menurut Para Ahli • Syarat Uang • Fungsi Uang • Nilai Dan Jenis Uang • Teori Nilai Uang • Fitur Teknologi Cetak Uang NKRI • Sebarkan ini: • Posting terkait: Sejarah Uang Uang tidak datang tiba-tiba begitu saja, tetapi uang ini juga muncul karena ada alasan tertentu yang melatarbelakanginya.

Apabila sekarang masyarakat menggunakan uang sebagai alat money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh, pada zaman dahulu tidaklah demikian.

Zaman dahulu orang dapat melakukan transaksi dengan cara barter. Barter yakni suatu transaksi penukar suatu barang untuk mendapatkan barang lain. Sistem Barter Sistem barter sudah digunakan cukup lama, hingga berabad-abad.

Sampai akhirnya manusia mendapati kendala pada sistem tersebut karena kehidupan yang lebih kompleks lagi. Kendala pada sistem barter ini misalnya sulit ketemunya dua orang pemilik barang yang saling membutuhkan satu sama lain.

Contoh, Si A punya buah dan butuh ikan, ketemunya dengan B yang punya ikan tetapi butuhnya bukan buah, melainkan pakaian. Pertukaran barang akan terjadi apabila orang dengan orang lainnya membutuhkan barang tertentu saja yang pada saat itu memang sedang mereka butuhkan. Apabila tidak sedang membutuhkan barang tersebut seseorang juga tidak akan menukar barang mereka. Seiring perkembangan zaman, masyarakat mulai merasa akan kesulitan dengan transaksi yang seperti ini. Berikut beberapa kesulitan yang terjadi pada saat itu antara lain : • Orang tidak dapat menentukan nilai barang yang akan ditukarkan.

• Terkadang seseorang kesulitan menemukan seseorang yang mempunyai barang yang mereka butuhkan dan menukarnya. Uang Barang Menghadapi masalah seperti di atas, manusia mulai memikirkan lagi hingga menemukan solusi baru.

Yakni menggunakan benda-benda tertentu sebagai alat tukar. Benda-benda yang ditetapkan biasanya yang dapat diterima secara umum. Misalnya pada orang Romawi zaman dulu menggunakan garam. Kalau diilustrasikan pada si A dan B di atas, maka seperti ini. A akan menemui penghasil garam dan menukarnya dengan buah. Setelah garam dimiliki, barulah akan menemui B yang memiliki ikan. Meskipun butuhnya pakaian, B akan menerima garam karena sudah ditetapkan sebagai uang barang. Sehingga B pun akan lebih mudah lagi untuk menukarnya dengan orang lain yang memiliki pakaian.

Meski lebih mudah dari sistem barter, seiring perkembangan kehidupan manusia yang jauh lebih kompleks, sistem uang barang memiliki kelemahan juga. Hal ini juga karena uang barang tidak mempunyai pecahan kecil sehingga kesulitan menentukan nilai, penyimpan dan pengangkutan yang susah, dan mudah hancur atau tidak tahan lama.

Akhirnya dicarilah benda yang mempunyai syarat-syarat sebagai berikut ini : • Dapat diterima secara umum • Lebih mudah dibawa serta tahan lama Ini merupakan awal orang mulai mencari alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi beberapa kesulitan di atas. Mereka sudah mulai berpikir untuk menetapkan suatu benda yang bisa digunakan dan memiliki nilai tertentu. Benda yang digemari banyak orang, tidak akan mudah rusak, dan mudah untuk dibawa kemana saja.

Akhirnya pada saat itu orang-orang memilih menggunakan logam saja (emas dan perak) sebagai alat transaksi. Pada awalnya tidak ada nilai tertentu pada logam tersebut, nilainya hanya dihitung dari persatuan keping logam saja.

Belum ada nilai pasti yang tertera pada logam tersebut. Pada waktu itu pemilik uang logam berhak penuh pada uang tersebut. Ia bebas menimbun sebanyak-banyaknya bahkan menempa untuk dapat dijadikan perhiasan pun tak ada larangan. Hingga muncul ketakutan para pedagangan makin maju tidak bisa dilayani oleh uang logam. Hal ini juga mengingat jumlah emas dan perak yang terbatas. Lagi pula, uang logam juga akan menemui kendala lain bila dalam transaksi tukar-menukar menukar berskala besar. Jumlah nya juga yang dibutuhkan makin banyak tentu akan menyulitkan dipindahtangankan.

Sampai pada akhirnya terciptalah uang kertas. Namun, jangan salah uang kertas yang beredar saat itu ialah bukti kepemilikan emas atau perak. Kertas-kertas itu dijamin seratus persen dibuat oleh emas dan perak yang tersimpan pada pandai. Sewaktu-waktu uang ini juga dapat ditukar kembali dengan jaminannya secara penuh.

Pada perkembangan selanjutnya, inilah yang akan menjadi cikal bakal uang yang kita pakai seperti sekarang ini. Orang-orang tidak lagi menggunakan emas secara langsung lagi untuk transaksi.

Mereka lebih suka memakai kertas-kertas untuk bukti tersebut. Semakin lama logam semakin menjadi barang yang amat langka, sehingga orang mulai mencari alternatif kembali. Pada saat inilah uang kertas pun mulai menjadi alternatif untuk mengatasi hal itu. Nilai uang kertas ini juga dapat ditentukan tergantung dari angka yang tercantum di dalam mata uang tersebut. Seiring perkembangan zaman uang kertas ini sudah mulai di atur oleh pejabat kepemerintahan suatu negara.

Pejabat pemerintahan inilah yang akan membuat dan mencetak uang yang dapat digunakan oleh masyarakat. Jika kita melihat ke situasi sekarang ini, Bank Indonesia (BI) itulah suatu institusi pemerintah yang berhak untuk mencetak uang untuk keperluan masyarakat.

Definisi Uang Dalam ilmu ekonomi, pengertian uang ialah suatu benda yang dapat diterima oleh masyarakat umum sebagai alat tukar-menukar atau alat pembayaran yang sah dalam kegiatan ekonomi. Ada juga yang mengatakan jika definisi uang adalah suatu benda yang telah diterima oleh masyarakat umum untuk mengukur nilai, alat tukar atau alat untuk melakukan pembelian barang dan jasa dimana keberadaannya telah diatur di dalam undang-undang.

Dalam ekonomi modern dikatakan bahwa uang tidak hanya digunakan sebagai alat pembayaran jual-beli barang dan jasa, tapi juga sebagai alat untuk membayar utang.

Definisi uang dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut : • Dalam ekonomi tradisional yaitu pengertian uang didefinisikan sebagai alat tukar. Tidak hanya uang seperti sekarang ini, benda lain seperti emas, perak, bahkan garam pun dapat dijadikan uang barang. Syaratnya adalah benda itu diterima secara umum oleh seluruh masyarakat setempat. • Ilmu ekonomi modern dapat mendefinisikan pengertian uang lebih luas lagi. Bukan hanya sebagai alat pembayaran jual beli barang, jasa, dan kekayaan lain, melainkan juga pembayaran suatu utang.

Beberapa ahli juga telah menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran. Pengertian Uang Menurut Para Ahli 1. Albert Gailort Money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh Pengertian uang menurut Albert Gailort Hart ialah suatu kekayaan yang oleh pemiliknya bisa digunakan untuk melakukan transaksi ataupun membayar hutang dengan segera dan tidak adanya tunda menunda. 2.

R.S Sayers Pengertian uang menurut RS Sayear ialah segala sesuatu yang umum diterima dalam masyarakat sebagai pembayaran utang. 3. Robertson Uang adalah sesuatu yang umum dan bisa diterima untuk melakukan transaksi pembayaran barang dan jasa.

4. Rolling G. Thomas Pengertian uang menurut R. G. Thomas tertuang di dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted by public in payment for goods, services and other valuable assets and for the payments for debts” yang dapat diartikan bahwa “uang ialah suatu benda yang dengan mudah dan secara umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian suatu barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang”.

5. A. C. Pigou Definisi uang menurut A. C. Pigou tertuang dalam bukunya yang berjudul the Veil of Money “money are those things that are widely used as a media for exchange” yang artinya menyatakan jika “uang ialah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukaran”.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

6. George Simmel Uang mempunyai kemampuan untuk mentransformasikan dan mengubah dunia sosial pada dunia aritmatik dan sebagai sarana reifikasi paling murni. 7. George N. Halm Pengertian uang menurut George N. Halm ialah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah dan memperlancar pertukaran dan untuk mengatasi segala kesulitan dalam melakukan barter atau transaksi.

8. Dennis Home Robertson Uang menurutnya dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods” yang artinya menyatakan jika “uang ialah segala sesuatu yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang”.

9. Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo Definisi uang menurut Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo yaitu alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang saha atas kesatuan hitungnya. 10. Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih Uang ialah sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global secara umum. 11. Walker Uang adalah “money is what money does”, yang artinya “uang ialah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu”, dengan kata lain uang itu adalah uang yang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain.

12. Irma Rahmawati Definisi uang dikemukakan oleh Irma Rahmawati merupakan suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat untuk penukaran dalam perdagangan.

13. Rismsky K. Judisseno Uang yaitu satu media yang mampu untuk diterima yang digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah pada saat bertransaksi. 14. Hukum Pengertian uang menurut hukum yakni benda yang merupakan alat pembayaran yang sah, secara fungsional uang ialah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, bila dilihat menurut nilainnya, uang itu juga merupakan satuan hitungan yang dapat menyatakan sebuah nilai.

15. Ensiklopedia Indonesia Uang merupakan segala sesuatu hal yang dapat digunakan dan juga pada umumnya dapat diterima sebagai alat penukar atau sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti, pengukur standar uang, garansi penanggung utang serta sebagai pengukur standar daya beli. 16. Mankiw Pengertian uang yang dikemukakan oleh Mankiw ialah persediaan aset yang bisa dengan segara digunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang juga merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk dapat melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, ataupun uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

17. Kasmir Uang yaitu alat tukar menukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan demikian,uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa. 18. KBBI Uang adalah sebagai alat penukar atau standar pengukur nilai “kesatuan hitungan” yang sah dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lain money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

19. Wikipedia Uang ialah sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

20. Adam Smith Pengertian uang menurut adam smith merupakan media penukaran, namun uang tidak dibutuhkan untuk uang itu sendiri. Artinya, ialah uang diciptakan untuk memperlancar pertukaran dan penetapan nilai yang wajar dari pertukaran tersebut, dan uang bukan merupakan sebuah komoditi. Syarat Uang Suatu benda dapat dijadikan sebagai uang jika memenuhi syarat-syarat berikut diantaranya : • Benda itu harus dapat diterima secara umum (acceptability). • Untuk memenuhi kriteria poin 1, benda tersebut harus bisa bernilai tinggi atau setidaknya money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh oleh pemerintah.

• Terbuat dari bahan yang tahan lama (durability). • Kualitasnya adalah sama (uniformity). • Jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang itu. • Tidak dapat dipalsukan (scarcity). • Mudah dibawa kemana saja (portable). • Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai nya (divisibility). • Memiliki kecenderungan yang stabil dari waktu ke waktu (stability of value). • Memiliki tanda yang dapat membantu orang yang memiliki keterbatasan, seperti tuna netra.

Fungsi Uang **Ada dua macam fungsi uang, yaitu sebagai berikut : Fungsi Asli Berikut ini fungsi asli uang adalah sebagai berikut : • Uang berfungsi sebagai alat tukar (medium of exchange) yang bisa mempermudahkan pertukaran. • Uang berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account) yaitu menunjukan nilai barang/ jasa (alat penunjuk harga), dan sebagai satuan hitung yang mempermudahkan pertukaran. • Uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta) tertentu.

Fungsi Turunan Berikut ini fungsi turunan uang adalah sebagai berikut : • Uang sebagai alat pembayaran yang sangat sah. • Uang sebagai alat pembayaran suatu utang. • Uang sebagai alat penimbun suatu kekayaan. • Uang sebagai alat pemindah suatu kekayaan. • Uang sebagai alat pendorong suatu kegiatan ekonomi. Nilai Dan Jenis Uang Menurut Nilainya uang dibedakan menjadi dua: • Uang penuh (full bodied money).

Yaitu nilai uang dikatakan sebagai uang penuh apabila nilai yang tertera di atas uang tersebut sama nilainya dengan bahan yang digunakan.

Dengan demikian, nilai nominal yang tercantum sama dengan nilai intrinsik yang terkandung dalam uang tersebut. • Uang tanda (token money). Yakni apabila nilai yang tertera pada uang lebih tinggi daripada nilai bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Dengan demikian, nilai nominal lebih besar daripada nilai intrinsik. Contohnya, untuk membuat uang Rp1.000,00 pemerintah mengeluarkan biaya Rp750,00. Menurut Jenisnya, uang dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut : • Uang kartal yakni suatu alat bayar yang sah dan wajib digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari (common money). • Uang giral yakni suatu uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik sesuai kebutuhan, contohnya cek.

Uang menurut Bahan Pembuatannya dibedakan menjadi 2, yakni sebagai berikut : • Uang logam Merupakan uang yang terbuat dari logam. Dipilih menggunakan logam karena dapat tahan lama. Pada awal kemunculannya dibuat dengan bahan emas ataupun perak. Semakin tinggi kadarnya semakin tinggi juga daya tukarnya. Dengan demikian, uang seperti ini memiliki tiga nilai yaitu : • Nilai Intrinsik yakni nilai bahannya.

• Nilai Nominal yakni nilai yang tercetak/tercantum pada uang. • Nilai Tukar yakni nilai daya tukarnya. Contohnya : • Rp100.00 nilai tukarnya dapat permen karet, • Rp15.000.00 nilai tukarnya bisa dapat sepiring nasi uduk. • Uang kertas Yaitu uang yang terbuat dari bahan kertas. Uang jenis ini hanya dapat mempunyai nilai nominal dan nilai tukar yang tinggi, sedangkan nilai intrinsiknya tidak.

Begitu pula pada zaman sekarang, uang logam dibuat dengan logam biasa sehingga nilai intrinsiknya tidak sebanding dengan nilai nominal. Teori Nilai Uang Teori nilai uang dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut : 1. Teori Uang Statis Teori ini disebut juga statis karena tidak mempersoalkan perubahan nilai uang yang diakibatkan perkembangan ekonomi.

Teori ini juga dibuat dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan seperti : apakah sebenarnya uang itu? Mengapa uang ada harganya? Mengapa uang itu sampai beredar luas? Teori ini meliputi sebagai berikut : • Teori Metalisme. Ialah teori yang hampir sama dengan pengertian nilai intrinsik. • Teori Konvensi. Adalah teori yang menyatakan uang bisa diterima secara umum di masyarakat karena atas dasar perjanjian/mufakat.

• Teori Nominalisme. Merupakan teori yang menyatakan diterimanya uang berdasarkan nilai daya belinya. • Teori Negara. Teori ini juga menyatakan bahwa uang adalah benda yang ditetapkan oleh negara yang berfungsi sebagai alat tukar dan alat bayar. Jadi nilainya pun dapat ditetapkan oleh pemerintah yang diatur oleh undang-undang. 2. Teori Uang Dinamis Kalau teori diatas tidak mempersoalkan perubahan nilai uang, maka teori uang dinamis ini ialah sebaliknya. Teori ini meliputi sebagai berikut : • Teori Kuantitas.

Yaitu pada teori ini David Ricardo menyatakan kuat atau lemahnya nilai uang sangat tergantung pada jumlah uang yang beredar. Kemudian Irving Fisher juga menyempurnakan teori diatas dengan menyatakan tidak hanya tergantung pada jumlah saja, melainkan juga pada kecepatan peredaran uang, barang dan jasa sebagai faktor yang memengaruhi nilai uang.

money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh

• Teori Persediaan Kas. Artinya teori ini menyatakan bahwa perubahan nilai uang tergantung dari jumlah uang yang tidak dibelikan barang-barang. • Teori Ongkos Produksi. Merupakan teori yang menyatakan nilai uang dalam peredaran yang berasal dari logam dan uang itu dapat dipandang sebagai barang.

Fitur Teknologi Cetak Uang NKRI Pada tahun 2016 dalam pembuatannya Bank Indonesia menyatakan bahwa uang dicetak menggunakan teknologi yang berbeda dari sebelumnya. Perbedaan tersebut terutama pada kertas yang akan digunakan untuk mencetak uang, kertas tersebut memiliki beberapa fitur-fitur sekuriti intaglio. Intaglio ialah teknik percetakan uang yang digoreskan pada permukaan kertas, sehingga apabila dipegang uang tersebut akan terasa timbul. ** Lebih lanjut, berikut fitur-fitur baru tersebut ialah : • Rainbow feature yakni suatu fitur gambar pada uang yang apabila dilihat dari sudut tertentu akan nampak gambar tersembunyi yang memiliki banyak warna.

• Ultraviolet Feature yaituapabila dilihat di bawah sinar Money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh akan nampak gambar yang memendar menjadi dua warna. • Laten image maksudnya ialah ada gambar tersembunyi berupa logo BI (di bagian depan uang) dan nominal uang (bagian belakang uang). • Colour Shifting dimaksudkan apabila di lihat dari sudut pandang tertentu akan nampak uang memiliki warna yang kontras.

• Rectoverso diartikan apabila diterawang ada logo BI yang terdapat pada uang. • Blind code adalah untuk memudahkan tuna netra mengetahui nilai uang yang dibawanya dengan cara meraba di bagian nominal, karena di bagian ini apabila diraba seperti terasa timbul.

Demikian pembahasan tentang √ Uang : Pengertian, Teori, Sejarah, Syarat, Fungsi, Nilai, Jenis & Contohnya Lengkap yang di dalam artiket ini menunjukkan kepada Anda beberapa hal. Sekian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk Anda yang membacanya.

Terima kasih. Baca Juga Artikel Lainnya : • Uang Giral • Uang Kartal • Pasar Uang • 195 Mata Uang Negara di Dunia • Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Posting terkait: • Globalisasi Politik • Tindakan Ekonomi Irasional • Tindakan Ekonomi Posting pada Ekonomi Ditag apa sejarah uang, arti dan manfaat uang bagi kehidupan, bank sentral di indonesia yaitu, berikut syarat-syarat benda uang, ciri keaslian uang rupiah tahun emisi 2016, ciri khusus uang rupiah, ciri-ciri uang, ciri-ciri uang rupiah asli, contoh dari uang bernilai penuh yaitu, contoh soal fungsi dan jenis uang, definisi uang, definisi uang dalam islam, definisi uang giral, definisi uang logam, definisi uang menurut para ahli, Definisi Uang Menurut Para Ahli Ekonomi, Fitur Teknologi Cetak Uang NKRI, fungsi intrinsik dan ekstrinsik uang, fungsi turunan uang, fungsi uang, fungsi uang dalam perekonomian, fungsi uang dan contohnya, fungsi uang dari berbagai aspek, fungsi uang turunan, gambar uang indonesia, gambar uang kartal, jelaskan fungsi uang, jelaskan fungsi uang secara asli dan turunan, jelaskan fungsi utama uang, jelaskan yang anda ketahui tentang uang logam, jenis jenis uang berdasarkan bentuknya, jenis jenis uang beserta gambarnya, jenis jenis uang brainly, jenis uang, jenis uang berdasarkan bahan pembuatannya dibedakan atas dua macam yaitu uang, jenis uang berdasarkan nilainya, jenis uang brainly, jenis-jenis uang berdasarkan nilainya, jenis-jenis uang beserta gambarnya, jenis-jenis uang giral, kamus bank indonesia, karakteristik uang, kelemahan uang barang, kenali rupiah anda, keuntungan penggunaan uang kertas adalah, klasifikasi uang, kriteria uang, macam macam uang, macam-macam nilai uang, macam-macam uang, macam-macam uang dalam islam, manfaat uang, menjelaskan nilai uang dan uang yang beredar, menjelaskan syarat uang, menurut rollin g.

thomas uang adalah, motif uang, nilai uang, pengertian uang giral adalah, pengertian uang kertas, pengertian uang logam, pengertian uang menurut adam smith, pengertian uang menurut para ahli, pengertian uang menurut r.g. thomas, peranan uang kartal dan uang giral, perbedaan uang kartal dan uang giral brainly, perbedaan uang nominal dan uang riil, permintaan uang menurun bila, sebutkan syarat syarat dan fungsi uang, sebutkan syarat-syarat uang, sebutkan uang yang beredar di masyarakat, sejarah uang, sejarah uang di indonesia, sejarah uang singkat, sifat sifat uang, standar mata uang, standard of deferred payment, standard of value adalah, syarat uang, tahap pra barter, teori perubahan nilai uang adalah, teori uang, terangkan mengenai uang kartal, terangkan yang dimaksud sistem barter, token money, uang adalah, uang barang adalah, uang beredar, uang giral, uang giral adalah, uang kartal, uang kertas, uang logam, uang logam adalah, uang lokal adalah, uang rupiah emisi 2016, uang tanda adalah, uang yang berlaku antar negara adalah uang, unit of account Pos-pos Terbaru • Passing Grade UI (Universitas Indonesia) 2021/2022 Terbaru (Akreditasi, Fakultas dan Jurusan) • Contoh Surat Referensi Kerja • Contoh Surat Cuti • Contoh Surat Pengunduran Diri • Globalisasi Politik • 12 Aplikasi Pembuat Logo Online Terbaik Gratis 2022 • Surat Pengunduran Diri • Tindakan Ekonomi Irasional • Passing Grade UNMUL (Universitas Mulawarman) 2021/2022 Terbaru (Fakultas dan Jurusan) • Passing Grade UNIMA (Universitas Negeri Manado) 2021/2022 Terbaru (Akreditasi, Fakultas dan Jurusan) • Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Word • 20 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email • Contoh Surat Lamaran Kerja di bank • Struktur Surat Lamaran Kerja yang Baik money is something accepted in payment for goods definisi ini dikemukakan oleh Benar • Tindakan Ekonomi • Tindakan Ekonomi Rasional • 20 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate • 22 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT (Perseroan Terbatas) • Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email • Kegiatan Ekonomi

EXERCISE 5-3 VIEWING A CUSTOMERS OPEN ITEMS AND PROCESSING AN INCOMING PAYMENT FOR AN ITEM




2022 www.videocon.com