Dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Gujarat (India) !

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

* 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Persia (Iran) ! … * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Mekah (Arab) ! * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Cina ! * 20 points Menurut anda manakah teori Islam yang paling akurat kebenarannya terkait proses masuknya Islam di Indonesia (pilih salah satu), dan tuliskan alasan anda memilih teori tersebut secara singkat dan jelas !

* 20 points 16.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Berikut ini adalah beberapa alasan penolakan terhadap kepemimpinan B.J. Habibie, kecuali . A. secara hukum formal pengangkatan B.J. Habibie tidak konstitusional B. kepemimpinan B.J. Habibie merupakan bagian dari rezim Orde Baru C. B.J. Habibie telah melakukan kudeta terhadap kekuasaan Suharto D.

B.J. Habibie mengucapkan sumpah dan janji di depan Mahkamah Agung E. B.J. Habibie diyakini tidak mampu memberantas praktik-praktik KKN 19. Menjelang keruntuhan Orde Baru, banyak investor asing yang menarik investasinya di Indonesia yang disebabkan .

A. pelanggaran HAM di Timor Timur B. Indonesia tidak memiliki cadangan SDA yang mencukupi C. IGGI dianggap dalang kemunduran Orba D. investor asing lebih memilih Malaysia E. adanya krisis moneter 21. Krisis sosial yang mendorong terjadinya reformasi adalah . A. hutang luar negeri Indonesia yang jatuh tempo B. tewasnya 4 mahasiswa Tri Sakti C.

terpilihnya BJ Habibie sebagai wakil presiden tahun 1997 D. terbaginya masyarakat menjadi 2 kelompok masyarakat elit dan rakyat kecil E. kecemburuan sosial antara pengusaha pribumi dan non pribumi 23. Reformasi telah berlangsung selama 21 tahun dan masih menyimpan agenda reformasi yang terus menerus diperjuangkan ketercapaiannya. Agenda reformasi yang sama sekali belum tercapai pada masa kini adalah. A. Adili Soeharto dan kroni-kroninya B.

Amendemen UUD 1945 C. Hapuskan Dwi Fungsi ABRI D. Otonomi daerah yang seluas-luasnya E. pembentukan lembaga pemberantasan korupsi 25. Maksud dan tujuan diadakannya reformasi adalah. A. memberdayakan lembaga tinggi negara B. mengembalikan harta kekayaan para pejabat Orde Baru C. mengembalikan fungsi kontrol masyarakat rezim Orde Baru D. memperbaharui tatanan berbangsa dan bernegara E. mereposisi peran dan visi TNI untuk melaksanakan dwi fungsinya 26.

Presiden yang memimpin Indonesia pada masa Reformasi secara berurutan antara lain. A. SBY, Gusdur, Megawati, BJ Habibie B.

BJ Habibie, Megawati, Gusdur, SBY C. Megawati, Gusdur, BJ Habibie, SBY D. Gusdur, Abdurahman Wahid, Megawati, SBY, BJ Habibie E. BJ Habibie, Abdurahman Wahid, Megawati, SBY 28. Pelaksanaan pemilu tahun 1999 diikuti oleh 48 partai dari 141 partai politik yang mendaftar.

Banyaknya jumlah partai politik peserta pemilu 1999 disebabkan oleh …. A. kebijakan pembebasan tahanan politik B. kebebasan rakyat mendirikan partai politik C. kebebasan rakyat untuk berkumpul dan berbicara D. tuntutan rakyat untuk menganti hasil pemilu 1997 E.

golongan mahasiswa yang diangkat menjadi anggota DPR
Gerakan reformasi diIndonesiayang terjadi pada tahun 1998 telah membawa berbagai dampak bagi bangsaIndonesia. Walaupun sudah terjadi dua belas tahun silam, dampak tersebut masih kita rasakan sampai saat ini, baik dampak positif maupun dampak negatifnya. Dibawah ini akan diulas sedikit tentang dampak-dampak dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah.

Adaberbagai dampak negatif dari reformasi 1998. Pertama, iklim politik yang semrawut karena banyak yang menyalah artikan makna dari demokrasi. Kedua, kebebasan dalam menyampaikan pendapat semakin tidak beretika.

Ketiga, banyak demonnstrasi yang harusnya sebagai sarana menyampaikan aspirasi, justru malah mengganggu kenyamanan masyarakat. Keempatmeningkatnya kerusuhan di masyarakat. Itu semua karena pemerintahan pasca reformasi masih belum mampu melaksanakan undang-undang sebagai mestinya sehingga belum dapat mengangkat kehidupan bangsa dalam berbagai aspek.

Namun reformasi juga berdampak positif bagi bangsa Indonesia. Pertama, masyarakat yang sebelum era reformasi dikekang kebebasannya dalam menyampaikan aspirasi, apalagi mengkritik pemerintahan, kini dapat menyampaikan aspirasi dan kritiknya tersebut dengan bebas. Kedua, derajat bangsa Indonesia di mata dunia semakin terangkat, karena berhasil melepaskan diri dari pemerintahan yang kurang demokratis dan membentuk pemerintahan yang lebih demokratis.

Ketiga, Indonesia menjadi lebih terbuka terhadap dunia internasional, sehingga mobilitas terhadap berbagai bidang semakin berkembang. Reformasi memang telah membawa perubahan bagi bangsa Indonesia. Dampak utama dari reformasi adalah kebebasan kita dalam menyampaikan aspirasi tidak lagi dikekang seperti yang terjadi pada masa orde baru.

Kita bebas menyalurkan aspirasi kita bagi pemerintahan, baik berupa pendapat maupun kritik. Namun perlu diingat, bahwa kebebasan dalam beraspirasi tersebut harus tetap mengikuti norma-norma yang berlaku. Aspirasi yang kita sampaikan harus dapat berguna bagi kemajuan bangsa, jangan sampai malah memecah belah persatuan bangsa.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Intinya, reformasi harus bisa menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih demokratis, sebagaimana cita-cita dari reformasi itu sendiri. • Tulisan Terakhir • Review BUKU KEBUDAYAAN, MENTALITET DAN KEBUDAYAAN.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Karya : Koentjaraningrat • Review Buku Hutan Kaya, Rakyat Melarat. Karya : Nancy Lee Peluso • Review BUKU GEGER TENGGER. Karya: Robert Hefner • PETANI DATARAN TINGGI YANG SEDANG BERUBAH: MINANGKABAU DAN BATAK TOBA • Review BUKU ILMU, ALAM DAN YANG ILAHI. Karya: Tony Rudyansjah • Review BUKU PENDUDUK IRIAN BARAT. Karya: Koentjaraningrat • PREVIEW BUKU ARTI ANTROPOLOGI UNTUK INDONESIA MASA INI.

Karya: Koentjaraningrat • TEORI ASAL-USUL MUNCULNYA MANUSIA MODERN BERASAL DARI AFRIKA (OUT OF AFRICA) • “Daya Tahan Tubuh Masyarakat Miskin Di Pemukiman Kumuh Dibandingkan Masyarakat Menengah Atas Di Perumahan” • Islam Dalam Ilmu Pengetahuan • Kategori • Antropologi • Metode Penulisan • MPK Agama Islam • MPKT • Politik • Research • Review • Uncategorized • Arsip • April 2012 • Maret 2012 • Februari 2012 • Desember 2011 Reformasi telah berjalan 18 tahun di Indonesia.

Selama itu pula, pasti ada dampak positif negatif dari Reformasi. Berikut ini, beberapa dari sekian banyak dampak masa reformasi. Dampak Positif • Kebebasan Dari sekian banyak dampak positif, pasti yang langsung terpikir adalah kebebasan. Kebebasan dalam hal apa?

Pertama, bebas memilih presiden.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Setelah reformasi, ada amandemen UUD 1945 sehingga saat pemilihan presiden berlangsung, masyarakat dapat memilih presiden sesuai keinginannya, sehingga rakyat dapat berpartispasi menentukan nasib negaranya sendiri. Padahal sebelum masa reformasi, masyarakat tidak dapat menentukan orang yang diinginkannya untuk memimpin negaranya sendiri.

Kedua, bebas berpendapat. Sebelum masa reformasi, menyampaikan pendapat itu ada syaratnya. Pendapat yang harus disampaikan juga hanya yang sejalan dengan pemerintah.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Bagaimana dengan masyarakat yang mempunyai pikiran lain? Mereka hanya akan menahan di pikirannya sendiri agar dirinya aman.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Padahal bisa jadi pikirannya itu jika disampaikan bisa membawa pemerintah ke arah yang lebih baik. Dengan adanya kebebasan berpendapat, semua orang bisa menyampaikan pendapatnya, asal dia dapat bertanggungjawab terhadap apa yang dia katakan.

Di era reformasi ini, masyarakat bahkan dapat juga menyampaikan aspirasi, kritik dan saran terhadap kinerja pemerintah. • Pembatasan masa jabatan presiden Setelah reformasi, ada aturan mengenai masa jabatan presiden. Dengan aturan ini, presiden hanya dapat menjabat selama 5 tahun, maksimal dua kali periode. Hal ini merupakan hal yang baik, karena seperti yang kita tahu, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan masa jabatan presiden.

Dengan masa jabatan presiden yang dibatasi, presiden menjadi tidak bertindak semaunya sendiri. • Derajat Indonesia di mata internasional terangkat Mengapa itu terjadi? Karena di masa orde baru, Indonesia telah terkenal dengan pemerintahan yang kurang atau bahkan tidak memikirkan demokratis. Dengan masuknya Indonesia ke jaman reformasi yang ditandai dengan pemerintah yang (setidaknya) lebih demokratis (dari pada jaman sebelumnya), membuat derajat bagsa Indonesia terlihat lebih baik.

Dampak Negatif • Reformasi kebablasan Seperti yang telah dipaparkan diawal bahwa reformasi membuat masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya.

Akan tetapi, dengan bolehnya menyampaikan aspirasi ini, masyarakat malah menggunakannya berlebihan. Demonstrasi dimana-mana.

Demonstrasi memang merupakan sarana menyampaikan aspirasi, tetapi saat ini sering terjadi demonstrasi yang menggagu kenyamanan masyarakat. Orang banyak berbicara sesuatu hal padahal dia bukan ahlinya, sehingga belum tentu yang ia sampaikan dapat dipertanggungjawabkan. Semakin lama, menyampaikan pendapat dilakukan semakin tidak beretika.

Apalagi, saat ini dengan adanya social media, masyarakat sangat semakin mudah menyampaikan pendapat.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

Di social media, banyak pendapat yang menghujat satu sama lain, lebih parah lagi ketika menggunakan fake account (dapat diartikan ia tidak ingin identitasnya terungkap) sehingga tidak jelas siapa yang harus bertanggungjawab atas pendapat yang disampaikan. Hal ini malah dikhawatirkan menyebabkan adanya perpecahan diantara masyarakat.

• KKN belum diberantas habis Salahsatu tujuan reformasi adalah memberantas KKN. KKN yang terjadi di orde baru diharapkan tidak terjadi lagi di masa reformasi ini. Akan tetapi, sangat disayangkan, sampai saat ini saja, praktik KKN masih sering terjadi dimana-mana.

Reformasi bertujuan untuk memberantas KKN yang subur di masa orde baru, bukan untuk melanjutkannya. Saya tahu kalau memberantas KKN sama sekali bukan hal yang mudah, tetapi tidak dapat dibenarkan KKN ‘normal’ untuk dilakukan.

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

• Kesenjangan di Masyarakat Dari segi sosial, masyarakat Indonesia bahkan lebih individualis dan apatis terhadap lingkungan sekitarnya. Nilai-nilai normapun semakin tersingkirkan oleh pikiran-pikiran hedonisme.

Hal ini menyebabkan dinding kesenjangan antara si kaya dan si miskin semakin menjulang tinggi. Dimana si kaya dengan segala kemewahan yang dimiliki semakin mempunyai kedudukan, sebaliknya dengan si miskin yang semakin dipandang sebelah mata. Di era reformasi, rasa percaya kepada orang lain semakin menurun karena semakin tingginya tingkat kriminalitas yang hadir di tengah masyarakat. Cari untuk: Recent Posts • KAA : Hadapi Perekonomian Global • GNB : Masih Relevankah???

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

• AFTA : Yang Harus Dilakukan Indo • Masyarakat Ekonomi ASEAN • Dampak Era Reformasi Recent Comments Archives • November 2016 • Agustus 2016 • Juli 2016 • Mei 2016 • April 2016 • Maret 2016 • Februari 2016 Categories • Uncategorized Meta • Daftar • Masuk • Feed entri • Feed Komentar • WordPress.com
none
Era reformasi yang berlangsung sejak tahun 1998 hingga sekarang memberikan banyak dampak. Di samping dampak positif, terdapat juga berbagai dampak negatif, terutama pada tahun 1998-2004.

Dampak negatif tersebut salah satunya adalah ketika rakyat terjebak pada euforia kebebasan. Masa pemerintahan Orde Baru dinilai terlalu mengikat rakyat sehingga kebebasan sulit untuk dipenuhi. Setelah masa Orde Baru tumbang dengan mundurnya Presiden Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998 dan memulai suatu masa baru yang dinamakan masa reformasi, rakyat merasakan euforia kebebasan yang tidak dirasakan sebelumnya.

Kebebasan ini tidak disikapi dengan baik dengan iklim politik yang kacau karena banyak yang menyalahartikan makna dari demokrasi. Demonstrasi yang seharusnya menjadi salah satu sarana menyampaikan aspirasi rakyat justru mengganggu kenyamanan masyarakat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Gujarat (India) ! * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Persia (Iran) !

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

… * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Mekah (Arab) ! * 20 points Jelaskan isi, bukti dasar, dan kelemahan dari teori Cina ! * 20 points Menurut anda manakah teori Islam yang paling akurat kebenarannya terkait proses masuknya Islam di Indonesia (pilih salah satu), dan tuliskan alasan anda memilih teori tersebut secara singkat dan jelas ! * 20 points

dampak negatif dari perjalanan reformasi yang berlangsung selama 1998-2004 adalah

MASA REFORMASI (1998-SEKARANG)




2022 www.videocon.com