Pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

1. Teks yang bertujuan melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut teks? 2. Jenis pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar disebut pidato 3. Pidato yang bertujuan untuk menyampaikan informasi agar orang menjadi tau adalah 4.

Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas merupakan topik 5. Teks yang menjelaskan proses terjadinya fenomena alam atau sosial disebut 6. Tuliskan yang terdapat di benda-benda museum yang berisi penjelasan benda secara rinci 7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan laporan investigasi 8.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi 9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pidato pesuasif 10. Sebutkan struktur teks eksplanasi 11. Sebutkan bagian-bagian dari teks pidato 1.

Teks deskripsi 3. Pidato informatif 7. Laporan investigasi adalah laporan yang di buat berdasarkan hasil investigasi/penyelidikan. 8. Teks nonfiksi adalah teks teks yang dibuat berdasarkan kenyataan yang ada, realita tanpa mengada-ada, atau hal yang benar terjadi dalam kehidupan.

9. Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi pendengar, dan membangkitkan emosi pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato. Maaf ini aja yang saya tau. Semoga membantu yaa Pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) sudah semakin dekat. Guru kami di sekolah selalu menasehati agar sungguh-sungguh dalam belajar un … tuk mencapai nilai dan hasil yang memuaskan.

Jika tidak sungguhsungguh, maka akan rugi tenaga dan waktu. Hasil yang dicapai juga tidak akan maksimal.Peribahasa yang tepat untuk berdasarkan teks tersebut adalah .A. Bagai abu diatas tanggulB. Kalah jadi abu, menang jadi arangC. Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi D. Maksud hati me​ Di sebuah hutan hiduplah tikus dan beberapa binatang lainnya seperti kadal, ayam, kelinci dan jangkrik. Tikus itu tubuhnya hanya memiliki beberapa hel … ai bulu saja.

Teman-temannya sering memanggilnya botak dan jelek. Tikus sedih sekalimerasa diejek oleh teman-temannya. Tikus sudah terbiasa hidup di dalam tanah dan jarang keluar karena hanya diejek.Pada suatu hari, pemburu datang ke hutan. Semua binatang lari tunggang langgang.

Namun, dimanapun mereka bersembunyi, selalu dapat ditemukan oleh pemburu. Tikus melihat keadaan tersebut.“Hai, kalian! Kemarilah! Pemburu tidak akan mengejar kalau kalian bersembunyi di tanah,” ucap tikus.“Tidak apa-apa, aku bisa menggali tanah dengan cepat. Pasti cukup untuk kalian semua,” ucap tikus.Akhirnya binatang-binatang tersebut masuk ke dalam tanah yang sudah digali tikus. Dengan rambutnya yang hanya beberapa helai, tikus bisa merasakan keberadaan para pemburu. Setelah pemburu pergi dari hutan, tikus menyuruh binatang-binatang itu keluar dari dalam tanah.

Kelinci, ayam, kadal, jangkrik serta binatang lain merasa malu kepada tikus. Selama ini mereka meremehkan dan mengejek tikus.

Namun, hari ini tikus telah menyelamatkan mereka. Untung saja tikus baik hati. Dia tidak pernah dendam kepada siapapun yang telah menyakitinya.Prediksi yang terjadi pada tikus jika tikus tidak menolong binatang-binatang dari pemburu adalah .A.

Tikus masih diejek dan dihina oleh binatang lainB. Tikus dendam kepada binatang-binatang di hutanC. Pemburu bisa menangkap binatang-binatang di hutan D. Tikus akan merasa nyaman dan tentram hidup di hutan​ Kapanlagi Plus - Pidato merupakan sebuah cara yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan melalui kepada siapapun yang hendak menyaksikan.

Umumnya, pidato dibawakan oleh seseorang atau juru pidato tentang peristiwa yang perlu diperbincangkan. Oleh sebab itu, dalam menyampaikan pidato juga tidak boleh asal. Akan tetapi, harus disertai dengan ucapan yang terstruktur dan dibalut dengan ekspresi wajah, intonasi dan gestur tubuh. Memiliki kemampuan dasar berpidato sangatlah penting.

Kemampuan berbicara di depan umum mau tidak mau akan kalian alami. Pada dasarnya, pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Untuk itulah, kalian juga harus mengetahui jenis pidato untuk menambah pengetahuan kalian. Namun, sebelum itu, kalian juga harus mengetahui fungsi dari pidato itu sendiri.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

1. Fungsi Pidato (credit: freepik) Adanya beragam jenis pidato, tentu saja ada sederet fungsi pidato yang perlu kalian ketahui. Apa saja? -Pidato memiliki fungsi untuk memengaruhi orang lain supaya mengikuti kemauan kalian.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

-Membuat orang lain senang ataupun merasa terhibur dengan ucapan yang disampaikan. -Memberikan informasi dan memudahkan komunikasi -Memudahkan dalam berkomunikasi. -Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang memalukan pidato.

2. Jenis Pidato Berdasarkan Sifatnya (credit: freepik) Jenis pidato berdasarkan sifatnya dibagi lagi menjadi enam. Untuk lebih mengetahui jelasnya, simak ulasan lengkap berikut ini. -Pidato Sambutan, jenis pidato sambutan merupakan kegiatan berbicara atau menyampaikan orasi di depan umum yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau gambaran sesuatu hal yang dibahas dalam suatu pertemuan.

-Pidato Pembukaan, jenis pidato yang satu ini umumnya dibawakan secara singkat oleh pembaca acara atau MC -Pidato Pengarahan, merupakan jenis pidato yang bertujuan untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.

-Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu. -Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban. -Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan. 3. Jenis Pidato Berdasarkan Tujuannya (credit: freepik) Jenis pidato berdasarkan tujuannya dibagi lagi menjadi lima. Untuk lebih mengetahui jelasnya, simak ulasan lengkap berikut ini. -Pidato Informatif, merupakan jenis pidato yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada publik agar publik menjadi tahu akan sesuatu.

Suatu informasi dapat diyakini dengan fakta sebagai alat konkritisasi dalam penyajiannya. -Pidato Deskriptif, merupakan jenis pidato yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu dengan tujuan agar publik dapat membayangkan suatu objek. -Pidato Persuasif, merupakan jenis pidato yang bersifat mengajak atau membujuk pendengar untuk melakukan hal yang disampaikan agar mengubah pilihan atau sikapnya.

-Pidato Argumentatif, merupakan jenis pidato yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar akan suatu pokok dengan membuktikan kebenarannya kepada publik. -Pidato Rekreatif, merupakan jenis pidato yang bertujuan untuk menghibur pendengar. Biasanya terdapat dalam jamuan-jamuan, pesta-pesta atau perayaan tertentu. 4. Jenis Pidato Berdasarkan Cara Penyampaian (credit: freepik) Jenis pidato berdasarkan cara penyampaian dibagi lagi menjadi empat.

Untuk lebih mengetahui jelasnya, simak ulasan lengkap berikut ini. -Pidato Impromtu, jenis pidato impromptu merupakan jenis pidato yang disampaikan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Pidato ini dilakukan hanya pada situasi darurat atau spontanitas dimana pembicaranya menyampaikan informasi berdasarkan pengalaman atau pengetahuannya.

Pembicara juga tidak perlu menyiapkan persiapan khusus seperti menyiapkan naskah teks pidato dan menghafalkannya. -Pidato Manuskrip, merupakan teks pidato dengan menggunakan naskah, di mana juru pidato membacakan naskah pidato yang telah disiapkan dari awal sampai akhir.

Bisa dibilang, jenis pidato ini hanya membacakan saja bukan menyampaikan pidato. Keuntungan dalam jenis pidato ini yaitu dapat dipilih dengan baik sehingga juru pidato dapat pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato dengan baik. Kefasihan bicara dapat dicapai dan diatur, karena kata-kata sudah disiapkan sebelumnya. Selanjutnya, hal-hal yang menyimpang juga dapat dihindari. -Pidato Memoriter, adalah jenis pidato dengan cara mengahapalkan naskah terlebih dahulu.

Pada pidato jenis ini, yang penting kalian memiliki kemampuan menghapalkan teks pidato dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya dengan baik. Jadi, jika kalian bisa menghafalkan dengan baik, maka pidato kalian juga akan lancar dan diterima baik.

Namun, kekurangan dari jenis pidato ini biasanya disampaikan secara monoton, sehingga kemungkinan menarik perhatian sangat kecil. -Pidato Ekstempore, jenis pidato yang satu ini diketahui jenis pidato yang sangat baik, terutama digunakan oleh juru pidato yang berpengalaman dan mahir.

Pada saat melakukan pidato ekstempore, juru pidato harus terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar, dan pokok-pokok bahasan penunjang. Keuntungan pidato ekstempore ialah komunikasi pendengar dan pembicara lebih baik karena pembicara berbicara langsung kepada pendengar. Itulah sederet jenis pidato yang perlu kalian ketahui. Semoga menambah pengetahuan kalian ya.
Jenis pidato yang bertujuan untuk melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato?

• persuasif • argumentatif • deskriptif • rekreatif • Semua jawaban benar Jawaban yang benar adalah: Pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato. deskriptif. Dilansir dari Ensiklopedia, jenis pidato yang bertujuan untuk melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato deskriptif.

Pembahasan dan Penjelasan Menurut saya jawaban A. persuasif adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Baca juga: Data keuangan Salon Kecantikan untuk periode 31 Desember 2018 sebagai berikut: Modal 1 Januari 2018 Rp 55.000.000,00 Pendapatan Jasa Rp 26.000.000,00 Pengambilan Prive Rp 2.500.000,00 Modal 31 Desember 2018 Rp 69.500.000,00 Dari data tersebut besar beban usaha yang dikeluarkan salon kecantikan adalah?

Menurut saya jawaban B. argumentatif adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. deskriptif adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google. Baca juga: Datangnya Islam mempengaruhi sistem kehidupan sosial masyarakat Indonesia, antara lain? Menurut saya jawaban D. rekreatif adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain. Baca juga: Guna menangkal pengaruh negatif bidang ekonomi akibat kemajuan IPTEK dikaitkan dengan hubungan antar bangsa yang semakin mengglobal diyakini bahwa sistem ekonomi kerakyatan merupakan senjata ampuh.

Tindakan yang harus diambil oleh negara kita terkait hal ini adalah? Kesimpulan Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C.

deskriptif. Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah. Kategori Referensi Recent Posts • Di benua Asia ada beberapa negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia antara lain?

• Berikut data laporan laba/rugi rental mobil dan sepeda motor Aji. Pendapatan sewa Rp 12.500.000,00 Pendapatan jasa Rp 12.000.000,00 Beban asuransi Rp 4.700.000,00 Beban gaji Rp 4.400.000,00 Beban perlengkapan Rp 1.500.000,00 Beban Listrik dan telepon Rp 550.000,00 Beban sewa Rp 5.000.000,00 Modal awal Rp 35.000.000,00 Prive Rp 1.200.000,00 Berdasarkan data tersebut rental mobil dan sepeda motor Aji memperoleh laba?

• Memastikan bahwa proses pengajuan perlengkapan kerja telah dilakukan dengan benar, sesuai dengan kebijakan perusahaan dan dengan pengendalian yang memadai merupakan tujuan prosedur kerja dari? • Di Indonesia masih banyak terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga, terutama terhadap kaum perempuan dan anak-anak Faktor kelemahan strukturalnya adalah?

• Pada tanggal 22 Juni 1945 panitia kecil yang menghasilkan keputusan dengan nama?

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

Apa yang dimaksud pidato? Pernahkah sobat berpidato atau mendengar pidato? Pastinya pernal lah ya… Pidato atau berpidato adalah berbicara di hadapan orang banyak (depan umum) dalam rangka menyampaikan suatu masalah untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya untuk memberikan rujukan, bermusyawarah, dan lain sebagainya.

(Tarigan, 1997:73) Berpidato merupakan kegiatan untuk menyampaikan ide/gagasan secara lisan dengan menggunakan penalaran yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek nonkebahasaan (ekspresi wajah, gerak tangan, kontak pandang, dan lain-lain) yang dapat mendukung efisiensi dan efektifitas pengungkapan gagasan kepada khalayak dalam suatu acara tertentu.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai teks pidato. Silahkan simak materi berikut ini. Pengertian Teks Pidato Secara umum Apa yang dimaksud dengan pidato? Secara umum adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu hal dalam situasi tertentu. Jadi, dalam pidato ada penyampai pidato sebagai sumber pidato, dan ada juga pendengar atau audience.

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli 1. KBBI Apa itu pidato? Pengertian pidato menurut KBBI adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. 2. Karomani Senada dengan Karomani mengatakan bahwa pidato pada umumnya ditujukan kepada orang atau juga sekumpulan orang untuk menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar, menyatakan selamat dan pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato sebagainya.

3. Depdikbud Pengertian pidato menurut depdikbud adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada khalayak/orang banyak. 4. Syam Menurut Syam pidato adalah teknik pemakaian bahasa secara efektif yang berarti kemahiran atau keterampilan dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan tersebut.

5. Arsjad dan Mukti Menurut mereka pidato adalah penyampaian dan penamaan pikiran, gagasan, atau informasi dari pembicara kepada khalayak ramai dan bermaksud meyakinkan pendengarnya atau audience. Tujuan Teks Pidato Pidato mempunyai empat tujuan penyajian menurut Ochs and Winner dalam Tarigan (2008:16). Berikut ini penjelasannya 1. Informatif/Instruktif Menyampaikan informasi yaitu pidato yang bertujuan memberikan laporan atau pengetahuan atau sesuatu yang menarik untuk audience.

Contohnya pidato penyuluhan cara pemakaian kompor gas. 2. Persuasif Meyakinkan dan mempengaruhi sikap pendengar (persuasive) yaitu pidato yang berisi tentang usaha untuk meyakinkan, membujuk, dan mengajak pendengar (audience) untuk melakukan suatu hal. Contohnya pidato calon presiden. 3. Rekreatif Pidato yang bertujuan untuk menghibur atau menyenangkan pendengar (rekreatif).

Contohnya pidato di posko becana. 4. Educatif Pidato yang bertujuan menekankan pada aspek-aspek pendidikan. Contohnya pidato keagamaan. Tambahan dari sumber lain. 5. Argumentatif Pidato yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar. 6. Deskriptif Pidato yang bertujuan ingin menggambarkan, melukiskan suatu keadaan.

Jenis-jenis Teks Pidato Jenis-jenis pidato terbagi menjadi 3 (tiga) macam, yaitu berdasarkan dari ada tidaknya persiapan, berdasarkan pada sifat isi pidato, berdasarkan isi dan sifatnya. Penjelasannya sebagai berikut. Berdasarkan dari ada tidaknya persiapan oleh: Rahmad Alfianto 1. Impromptu Impromptu adalah pidato tanpa persiapan yang hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan pembicara.

Pembicara berpidato secara spontanitas. Metode ini biasanya digunakan untuk pidato yang mendadak dan disajikan menurut kebutuhan saat itu. 2. Manuskrip Manuskrip disebut juga pidato dengan naskah. Juru pidato membacakan naskah pidato dari awal hingga akhir. Diperlukan oleh ilmuwan dan tokoh nasional yang melaporkan hasil penelitiannya sebab kesalahan kata dapat menimbulkan kekacauan. 3. Memoriter Memoriter merupakan pesan pidato yang ditulis oleh pembicara dan kemudian diingat kata demi kata.

4. Ekstemporer Ekstemporer adalah jenis pidato yang paling sering dilakukan oleh juru pidato yang mahir.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

Berdasarkan pada sifat isi pidato diambil dari: Organisasi.org 5. Pidato Pembukaan Pidato pembukaan yaitu pidato singkat yang dibawakan pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato MC atau pembawa acara dalam sebuah acara, seperti acara ulang tahun.

6. Pidato Pengarahan Pidato pengarahan adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang pada suatu pertemuan resmi yang berfungsi untuk memberi pengarahan dalam melakukan sesuatu.

Contohnya pidato dekan dalam mengarahkan acara KKN mahasiswa. 7. Pidato Sambutan Pidato sambutan yaitu pidato yang disampaikan pada acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang bisa dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.

Contohnya pidato pada acara perpisahan sekolah. 8. Pidato Peresmian Pidato peresmian adalah pidato yang dilakukan oleh orang penting untuk meresmikan sesuatu. Contohnya pidato peresmian gedung baru oleh rektor. 9. Pidato Laporan Pidato laporan adalah pidato yang berisi kegiatan yang telah selesai dilaksanakan, seperti pidato laporan ketua kelompok KKN mengenai kegiatan KKN. 10. Pidato Pertanggungjawab Pidato pertanggungjawab berisi suatu laporan, seperti pertanggungjawaban ketua operasi pada rapat.

Berdasarkan isi dan sifatnya oleh: Haryadi 11. Pidato Informatif Mempunyai ciri-ciri objektif, realistis, motivatif, dan zakelijik. 12. Pidato Propagandis Mempunyai ciri-ciri subjektif, fiktif, pemutarbalikan fakta bila perlu, agitatif, emagogis, agresif, dan menarik. 13. Pidao Edukatif Mempunyai ciri-ciri objektif, rasional, berdasarkan ilmu pengetahuan yang bisa dipertanggungjawabkan, defensif, dan tenang waktu mengemukakannya. Kriteria Pidato yang Baik Kriteria pidato yang baik adalah seseorang yang mampu untuk meyakinkan pendengarnya untuk dapat mematuhi dan menerima informasi, pikiran, gagasan, ide atau pesan yang disampaikannya.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan agar dapat berpidato dengan baik menurut Maidar dalam Karomani adalah sebagai berikut. • Harus mempunyai tekad dan keyakinan, bahwa pembicara mampu meyakinkan orang lain. Dengan mempunyai tekad seperti ini maka akan tumbuh sikap percaya diri dan keberanian sehingga pembicara tidak akan ragu-ragu mengucapkan pidatonya. • Harus memiliki pengetahuan yang luas sehingga pembicara dapat menguasai materi dengan sangat baik.

• Harus memiliki pembendaharaan kata yang cukup, sehingga pembicara mampu mengungkapkan pidato dengan lancar dan meyakinkan pendengar.

• Harus memiliki kebiasaan atau latihan yang intensif. Persiapan yang matang dan latihan yang intensif atau secara terus menerus sangat membantu kelancaran dalam berpidato. Baca artikel terkait : Struktur Teks Pidato, Metode, dan Contoh Pidato Oke, sekian dulu ya untuk artikel kali ini tentang Pidato (Pengertian, Jenis, Tujuan, & Kriteria Pidato yang Baik).

Semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga lain kali dapat berkunjung ke website ini lagi 🙂 Referensi: digilib.unila.ac.id/ https://documentos.tips http://www.organisasi.org/1970/01/pengertian-pidato-tujuan-sifat-metode-susunan-dan-persiapan-pidato-sambutan.html http://www.mediapidato.com/2014/12/jenis-jenis-pidato.html Next Brosur (Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri dan Contoh Gambarnya) 3 Trackbacks / Pingbacks • Struktur Teks Pidato, Metode, dan Contoh Pidato – Materi Bhs Indon • Ceramah (Pengertian, Tujuan, Struktur, Jenis, dan Unsur-unsurnya) – Materi Bhs Indon • Pengertian Diksi; Fungsi, Jenis, Ciri, Syarat dan Contohnya - SevenNesia Recent Posts • Penulisan Kata Terimakasih atau Terima Kasih yang Benar Menurut KBBI • Teks Deskripsi: Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri dan Contoh [LENGKAP] • Pengertian Artikel Menurut Para Ahli & Macam-Macam Artikel • Makna Denotatif dan Konotatif; Pengertian beserta Contoh Kalimatnya • Pengertian Majas; Macam macam Majas Lengkap Beserta Contohnya Recent Comments • Puisi (Pengertian Jenis, Unsur, Ciri, Struktur dan Kaidah Puisi) - SevenNesia on Gurindam (Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis dan Contohnya) • Puisi Rakyat (Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya) - SevenNesia on Syair (Pengertian Jenis, Unsur, Ciri, Kaidah, dan Contoh Syair) • Kalimat Tunggal (Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contohnya) - SevenNesia on Kalimat Majemuk; Pengertian, Jenis, Ciri & Contoh • Teks Laporan Hasil Observasi (Pengertian, Jenis, Tujuan, Struktur, Ciri-ciri & Contohnya) - SevenNesia on Kalimat Aktif dan Pasif (Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya) • Teks Narasi (Pengertian, Struktur, Ciri-ciri dan Contoh) - SevenNesia on Teks Cerpen (Pengertian, Struktur, Ciri, dan Contoh)
Pidato barangkali menjadi salah satu kata yang tidak asing lagi bagi kita, dimana kata ini sendiri menjadi bagian yang tak terlupakan dalam kegiatan masyarakat, baik kegiatan dalam sistem sosial kepemerintahan, agama, atau yang lainnya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, akan mencoba mengulas serta membahas seputar pidato dalam materi Bahasa Indonesia, yang meliputi pengertian pidato, jenis-jenis pidato, dan juga tujuan pidato.

Daftar Isi • 1 Pidato • 1.1 Pengertian Pidato • 1.2 Pengertian Pidato Menurut Para Ahli • 1.2.1 Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) • 1.2.2 Emha Abdurrahman • 1.3 Jenis Pidato • 1.3.1 Khotbah • 1.3.2 Ceramah • 1.3.3 Sambutan • 1.4 Tujuan Pidato • 1.4.1 Informatif • 1.4.2 Persuasif • 1.4.3 Rekreatif • 1.5 Sebarkan ini: • 1.6 Posting terkait: Pidato Setidaknya perlu diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan dalam berpidato dinamakan orasi dan yang menyampaikan pidato tersebut disebut dengan orator.

Kegiatan ini sendiri sangatlah mudah ditemukan dalam beragam kegiatan masyarakat. Namun yang pastinya, perlu untuk diketahui bahwa dalam pidato yang baik dan benar merlu membuat naskah pidato agar nantinya apa yang disampaikan bisa steep by steep sebagimana dalam teknik membaca pidato.

Pengertian Pidato Pidato adalah bagian daripada suatu pola komunikasi lisan yang senantisa disampaikan seseorang di depan khalayak untuk menyampaikan gagasan atau topik yang bersifat umum kepada pendengar ( audiens) dan disampaikan bisa dalam situasi formal maupun nonformal dengan rangkaian kata yang tersusun secara sistematis. Pengertian Pidato Menurut Para Ahli Adapun definisi pidato menurut para ahli, antara lain; • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Menurut KBBI pidato mengandung dua makna, diantaranya yaitu; • Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak • Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak • Emha Abdurrahman Pidato adalah bagian daripada sebuah kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah pendapat atau uraian, bahkan penjelasan kepada masyaraka secara luas sesuai dengan segmentasi dan tujuannya.

Jenis Pidato Jenis metode pidato ada tiga macam, yakni khotbah, ceramah, dan sambutan. Untuk ulasannya sebagai berikut; • Khotbah Khotbah adalah pidato yang menguraikan ajaran agama. Orang yang memberikan khotbah secara umum disebut pengkhotbah. Orang yang memberikan khotbah Jumat sebelum melaksanakan ibadah shalat Jumat bagi umat Islam disebut khotib. Dalam kegiatan khotbah tidak ada tanya jawab. Pengkhotbah hanya menyampaikan isi khotbah tentang ajaran agama: menyerukan perintah dan larangan sesuai ajaran agama, sedangkan jamaah hanya mendengar dan menyimak serta menghayati dari materi yang disampiakan.

• Ceramah Ceramah adalah pidato oleh seseorang dihadapan banyak pendengar tentang suatu hal, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Orang yang memberikan ceramah disebut penceramah. Ceramah berbeda dengan khotbah. Letak perbedaannya antara ceremah dan khotbah yaitu jikalau ceramah terdapat sesi tanya jawab dan temanya tidak khusus tentang ajaran agama. Jika topiknya tentang agama, disebut ceramah agama dan juga ada sesi tanya jawab dengan jamaah yang menghadiri. • Sambutan Sambutan merupakan bagian daripada pidato.

Sembutan bisa diartikan sebagai pidato yang disampaikan seseorang pada suatu acara. Sambutan dapat disampaikan lebih dari satu orang dalam satu acara. Isi pidato mengenai tema acara tersebut seperti sambutan upacara bendera, sambutan acara resepsi pernikahan, sambutan ketua panitia seminar, dan sebagainya Tujuan Pidato Ada tiga tujuan pidato, yakni: • Informatif Informatif dalam berpidato maksudnya pidato yang disampikan sekadar memberikan informasi atau keterangan kepada pendengar.

Pidato yang termasuk jenis ini adalah argumentatif dan deskriptif. Argumentatif adalah pidato yang bertujuan meyakinkan pendengar dan deskriptif bertujuan menggambarkan suatu keadaan. Contohnya saja pidato tentang cara mengelola perusahaan yang baik, cara mengajar yang baik, pidato tentang ilmu pengetahuan (peran penting sistem belajar dengan e-learning), pidato tentang suasana peringatan hari buruh sedunia, dan sebagainya. • Persuasif Perusasif adalah suatu pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, membujuk, mengajak pendengar agar mengikuti ajakan-ajakan yang disampaikan orator.

Misalnya: pidato saat musim suksesi (kampanye), pidato agama (menyeru untuk bersedekah), dan sebagainya. • Rekreatif Rekreatif adalah suatu bagian daripada jenis pidato yang bertujuan untuk memberikan serangkaian hiburan atau membuat gembira pendengar.

Misalnya saja dalam pidato ini pidato pada acara ulang tahun, pesta, dan perayaan-perayaan lainnya. Demikialah penjelasan seputar pidato, yang terdiri dari pengertian pidato, jenis-jenis pidato, dan tujuan pidato. Semoga dapat bermanfaat, bagi siapapun yang akan atau ingin memperdalami tentang pidato. Posting terkait: • 10 Contoh Ekowisata di Indonesia dan di Dunia • Lingkungan Pengendapan dan Contohnya • 15 Macam Produk Frozen Food dan Penjelasannya Posting pada Bahasa Indonesia, Info Pendidikan Ditag arti pidato, defenisi pidato, jenis pidato, pengertian pidato, pengertian pidato menurut pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato, pengertian pidato menurut kamus besar bahasa indonesia, pidato, pidato adalah, tujuan pidato Navigasi pos
Merdeka.com - Memiliki kemampuan dasar berpidato adalah hal yang sangat penting.

Berpidato atau berbicara di depan umum adalah hal yang dapat Anda alami kapan saja dan di mana saja dalam berbagai kesempatan. Mulai dari unit terkecil seperti keluarga, lingkungan tempat tinggal, hingga lingkungan pekerjaan yang lebih luas, memiliki kemampuan berpidato yang baik dapat sangat bermanfaat.

Pidato adalah kegiatan yang dilakukan di depan umum dengan cara penyampaian, penggunaan bahasa serta tujuan yang jelas. Pidato sangat penting dilakukan karena bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain yang akan dituju, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada dasarnya, pidato yang baik adalah pidato yang dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengarnya.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memperluas pemahaman mengenai pidato seperti pengertiannya, jenis-jenis pidato yang ada, ciri-cirinya, hingga bagaimana teknik yang tepat untuk melakukannya.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai pidato yang menarik untuk dipelajari, dilansir dari berbagai sumber. Pengertian Pidato Pidato adalah keterampilan menyampaikan pesan pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato depan publik secara verbal dengan tujuan tertentu.

Jumlah pendengar yang hadir dalam pidato biasanya tidak dibatasi, jadi bisa berjumlah banyak maupun sedikit. Menurut James H. Mc. Burney dan Ernest J. Wrage dalam buku karya Rustica C. Carpio, Anacleta M. Encarnacion, Private and Public Speaking, dinyatakan bahwa pidato adalah komunikasi gagasan dan perasaan dengan menggunakan lambang-lambang yang terlihat dan terdengar yang berasal dari pembicara itu. Pidato merupakan ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato antara lain bertujuan untuk mempengaruhi orang lain, memberi suatu pemahaman, membuat orang lain senang dan puas dengan ucapan yang disampaikan secara menghibur.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Sedangkan secara umum, pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Jenis-Jenis Pidato Menurut Jalaluddin Rakhmat dalam bukunya yang berjudul Retorika Modern Pendekatan Praktis, jenis-jenis pidato menurut tujuannya dibagi menjadi 4 jenis, yakni pidato informatif, pidato argumentatif, pidato persuasif dan pidato rekreatif.

1. Pidato informatif Jenis-jenis pidato yang pertama adalah pidato informatif. Pidato informatif merupakan pidato yang bertujuan untuk menyampaikan informasi penting atau pengetahuan baru. Informasi atau pengetahuan diberikan kepada komunikan (pendengar). Dengan tujuan agar khalayak mengetahui, mengerti dan menerima informasi itu. Menurut Ehninger, Monroe dan Gronbeck pidato informatif terbagi menjadi 3 macam. Pertama, oral reports (laporan lisan) misalnya laporan ilmiah, laporan panitia, laporan tahunan, laporan proyek dan sebagainya.

Kedua, oralintruction (pengajaran) seperti guru yang menjelaskan pelajaran, atasan yang menerangkan pekerjaan. Dan yang ketiga, informative lectures (kuliah), misalnya ceramah umum, presentasi di depan peserta konferensi, penyajian pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato dan pengajian. BACA JUGA: Soroti Pidato Jokowi, ICW Nilai Pemerintah Kesampingkan Komitmen Perangi Korupsi ICW: Presiden Sungkan Sentuh Isu Pemberantasan Korupsi karena Dua Menteri Terjerat 2.

Pidato argumentatif Jenis-jenis pidato yang kedua adalah pidato argumentatif. Pidato argumentatif adalah pidato yang mengandung argumentasi, dalil, alasan atau data untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan opini, pendapat atau keyakinan tertentu.

Untuk memperkuat daya terima argumentasi yang dikemukakan dibutuhkan data-data faktual, statistik, bukti-bukti maupun kesaksian (kesaksian seorang pakar atau tokoh).

3. Pidato persuasif BACA JUGA: Cerita Sespri Jokowi Soal Terpilihnya Pakaian Adat Baduy untuk Pidato Kenegaraan Harga Busana Adat Badui yang Dipakai Presiden Jokowi Senilai Rp240.000 Jenis-jenis pidato yang ketiga adalah pidato persuasif.

Tujuan akhir pidato tak lain dan tak bukan adalah untuk mempengaruhi manusia. Persuasi adalah proses mempengaruhi pendapat, sikap dan tindakan orang dengan menggunakan manipulasi psikologis. Sehingga, orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri. Pendapat, sikap dan tindakan adalah fenomena kepribadian, karena itu seorang komunikator perlu mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian manusia. Tujuan pidato adalah untuk melakukan atau meninggalkan suatu tindakan, aksi, tingkah laku atau sikap tertentu sesuai dengan harapan pembicara (komunikator).

4. Pidato rekreatif Jenis-jenis pidato yang ke empat adalah pidato rekreatif. Pidato rekreatif seringkali juga disebut sebagai pidato kekeluargaan. Pidato jenis ini pada umumnya menyuguhkan suatu kegembiraan yang dapat dinikmati bersama dengan penuh rasa kekeluargaan dan persaudaraan. BACA JUGA: 'Sangat Disayangkan Presiden Tak Singgung Pemberantasan Korupsi di Pidato Kenegaraan' Mudik Eksotis Lewat Jalur Pantai Selatan Oleh karena itu, pembicara hendaknya memiliki kemampuan menampilkan hal-hal yang dapat menciptakan suasana keramahtamahan.

Lelucon dan humor dapat digunakan untuk menghangatkan suasana. Tujuan pidato rekreatif ini adalah untuk membangkitkan suasana kekeluargaan, baik berkaitan dengan kegembiraan maupun kesedihan. Metode Penyampaian Pidato Metode penyampaian pidato diketahui terdiri atas empat macam, yaitu; 1. Metode naskah (Manuskrip) Dalam metode ini naskah pidato ditulis secara lengkap sesuai dengan apa yang akan disampaikan.

Pidato disampaikan persis seperti yang telah disiapkan. Cara atau ini digunakan untuk menghindari kesalahan dalam penyampaikan pesan atau materi pidato yang disampaikan. Metode ini digunakan pada pembicaraan yang membutuhkan ketelitian, misalkan pada pidato resmi mengenai persoalan politik, pengumuman atau ulasan teknik.

2. Metode hafalan (Memoriter) Metode ini merupakan metode lanjutan dari metode membaca naskah. Dalam metode ini, naskah yang sudah disiapkan tidak dibaca tetapi dihafalkan terlebih dahulu kemudian diucapkan dalam kesempatan berpidato. Metode ini menuntut ingatan pembicara (komunikator) dalam menguasai bahan (materi) yang akan disampaikan kepada audiens. 3. Metode spontanitas (Improptu) Metode spontanitas berbeda dengan kedua metode sebelumnya.

Pada metode ini, pembicara tidak menyiapkan naskah, atau tidak membaca naskah. Pembicara hanya memikirkan masalah apa yang akan dikemukakan.

Pidatonya benar-benar tidak dipersiapkan, karena pembicara ditunjuk secara mendadak untuk menyampaikan pesan (pidato) di depan umum.

4. Metode menjabarkan kerangka (Ektemporer) Dalam metode ini, pembicara akan lebih luwes dalam menyampaikan gagasannya. Komunikator (pembicara) dapat mempersiapkan bahannya dengan baik dalam bentuk kerangka pidato. Dalam metode ini, pembicara menentukan pokok-pokok isi pidato kemudian menyusun dalam bentuk kerangka pidato. Selain itu, pembicara membuat catatan khusus.

Misalnya ayat-ayat, undang-undang, data atau angka-angka yang sulit diingat. Pada saat berpidato, kerangka pidato yang telah dipersiapkan sebelumnya dikembangkan secara langsung. Catatan khusus yang telah dibuat bisa dilihat sesuai dengan keperluan. Berpidato dengan menggunakan metode ini sangat dianjurkan, karena sifatnya fleksibel.

Isi pidato disampaikan secara runtut dan tak ada yang terlupakan. Ciri-Ciri Berpidato Setelah mengetahui pengertian, jenis dan juga metode dalam berpidato, pahami juga ciri-ciri pidato agar tidak salah dalam melakukannya di depan publik.

Dilansir dari liputan6.com, berikut ini adalah ciri-ciri berpidato: 1. Memiliki tujuan yang jelas. 2. Isinya mengandung kebenaran. 3. Cara penyampaiannya sesuai dengan para pendengar. 4. Menciptakan suasana efektif dengan pendengar.

5. Penyampaiannya jelas dan juga menarik. 6. Menggunakan intonasi, artikulasi, dan volume yang jelas. 7. Artikulasi merupakan bagaimana cara melafalkan bunyi bahasa.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

8. Intonasi merupakan naik turunnya lagu kalimat. 9.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

Volume yaitu kuat lemahnya dalam mengucapkan suatu kata-kata atau kalimat. [edl] 1 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 2 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 3 Manisnya Bisnis Manisan Cianjur, Omzet Rp10 Juta Per Hari Sepekan Jelang Lebaran 4 7 Rekomendasi Body Lotion dengan Sensasi Dingin untuk Lembapkan Kulit di Cuaca Panas 5 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia SelengkapnyaMENU • Home • SMP • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Geografi • Sosiologi • Sejarah • BAHASA • Bahasa Indonesia • Bahasa Inggris • Agama • Kewarganegaraan • Penjaskes • Seni Budaya • SMA • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Geografi • Sejarah • Sosiologi • BAHASA • Bahasa Indonesia • Bahasa Inggris • Agama • Penjaskes • Kewarganegaraan • Seni Budaya • SMK • Strata 1 • Ilmu Pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato • Hukum • Ilmu Komputer • Teknik Informatika • Sistem Informasi • Ilmu Ekonomi • Akuntansi • Manajemen • STRATA2 • Umum • SeputarIlmu.Com – Pernahkah kamu menjadi pembicara di khalayak umum?

Jika pernah, mengertikah kamu bahwa apa yang kamu sampaikan tersebut adalah sebuah pidato. Pidato merupakan suatu cara menyampaikan sesuatu hal secara langsung di depan umum. Tetapi, mengertikah kamu apa tujuan bahkan ciri-ciri dari pidato tersebut? Mari simak penjelasan terlengkapnya di dalam artikel ini. Table of Contents • Pengertian Pidato • Pengertian Pidato Menurut Para Ahli • Tujuan Pidato • Ciri-Ciri Pidato • Syarat-Syarat Pidato • Faktor-Faktor yang Diperhatikan dalam Berpidato • Fungsi Pidato • Tata Krama Berpidato • Sistematika Berpidato • Persiapan Berpidato • Metode Pidato • Kerangka Susunan Pidato • Persiapan Pidato • Sifat-Sifat Pidato • Macam-Macam Pidato • Contoh Pidato • Sebarkan ini: • Posting terkait: Pengertian Pidato Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk dapat disampaikan kepada orang banyak.

Contoh pidato yaitu seperti suatu pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Pidato yang sangat baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai suatu jenjang karir yang baik. Pengertian Pidato Menurut Para Ahli Berikut ini adalah pengertian pidato menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut ini : 1.

Arsjad Pidato ialah suatu kegiatan yang dapat dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk menyampaikan serta menanamkan berbagai gagasan, ide atau konsep dari pembicara kepada orang banyak di hadapan umum dan bertujuan supaya pendengar yakin terhadap gagasan yang telah disampaikan oleh pembicara. 2. Emha Abdurrahman Pidato adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang secara lisan mengenai sesuatu hal atau suatu masalah dengan mengutarakan uraian persoalan dengan menggunakan kalimat yang harus jelas di hadapan massa atau orang yang banyak pada waktu tertentu.

3. Syam Pidato adalah sebuah teknik berbicara yang menggunakan suatu kata-kata atau bahasa secara efektif, yaitu dengan menampilkan suatu keterampilan atau kemahiran seseorang dalam melakukan pememilihan kata yang dapat mempengaruhi pendengar.

4. Wikipedia Pidato ialah suatu kegiatan berbicara di muka umum atau melakukan suatu orasi dengan tujuan untuk menyatakan pendapat atau gambaran mengenai suatu hal. 5. Depdikbud Pidato adalah sesuatu hal untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Tujuan Pidato Ada beberapa tujuan pidato, yaitu sebagai berikut ini : • Informatif atau Instruktif yaitu pidato yang bertujuan untuk menyampaikan informasi/keterangan kepada pendengar. • Persuasif yaitu pidato yang bertujuan ingin mengajak, membujuk para pendengarnya. Contohnya adalah pidato kampanye dan pidato keagamaan. • Argumentatif yaitu pidato yang bertujuan ingin meyakinkan pendengar. • Deskriptif yaitu pidato yang bertujuan ingin melukiskan, menggambarkan suatu keadaan.

• Rekreatif yaitu pidato yang bertujuan untuk menghibur pendengar. Biasanya terdapat dalam pesta-pesta yang bertujuan untuk menghibur pendengar. Ciri-Ciri Pidato • Pidato yang sangat saklik (mengandung kebenaran). • Pidato yang sangat jelas. • Pidato yang pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato hidup.

• Pidato yang memiliki suatu tujuan. • Pidato yang memiliki sebuah klimaks. • Pidato yang memiliki suatu pengulangan. • Pidato yang berisi hal-hal yang dapat mengejutkan.

• Pidato yang bisa dibatasi. • Pidato yang mengandung sebuah humor. Syarat-Syarat Pidato • Adanya suatu pokok masalah (isi) yang akan diuraikan yang harus dikuasai.

• Memiliki kecakapan untuk dapat menyampaikan isi tersebut. • Uraian mengandung suatu pengetahuan. • Ada tujuan yang bisa atau ingin dicapai.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

• Antara si pembaca topik dan pendengar terjalin sebuah hubungan harmonis. • Dapat dipahami oleh pendengar. • Dapat dihayati atau diresapi oleh pendengar (menyentuh). • Besar artinya bagi kehidupan sih pendengar (mengubris).

Faktor-Faktor yang Diperhatikan dalam Berpidato Dikatakan oleh Maidar (dalam Karomani, 2011: 12), agar dapat berpidato dengan baik dan tepat ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut ini : • Harus mempunyai suatu tekad dan keyakinan bahwa pembicara mampu meyakinkan orang lain.

Dengan memiliki suatu tekad ini maka akan tumbuh keberanian dan sikap percaya diri sehingga pembicara tidak akan ragu-ragu mengucapkan pidatonya. • Harus memiliki suatu pengetahuan yang luas sehingga pembicara dapat menguasai materi dengan baik. • Harus memiliki suatu perbendaharaan kata yang cukup, sehingga pembicara mampu mengungkapkan pidato dengan lancar dan meyakinkan.

• Harus melakukan suatu kebiasaan atau latihan yang intensif. Persiapan yang sangat matang dan latihan yang intensif akan sangat membantu kelancaran berpidato.

Fungsi Pidato Beberapa fungsi pidato sebagaimana yang dikemukakan Rosalina (dalam Karomani, 2011: 13) diantaranya : • Dapat menyampaikan informasi kepada pendengarnya.

• Dapat mendidik. • Dapat mempengaruhi pendengar. • Dapat menghibur khalayak. • Dapat membuat propaganda. • Dapat menyambung lidah orang lain. Tata Krama Berpidato Sebagaimana yang dikatakan Maidar (dalam Karomani, 2011: 13-14), ada beberapa tata krama yang harus kita perhatikan ketika kita berpidato, hal tersebut yaitu sebagai berikut ini : • Jika berpidato di hadapan orang-orang terkemuka hendaknya dapat mempersiapkan diri sesempurna mungkin, dan tidak perlu merasa rendah diri.

• Jika berpidato di depan wanita atau sebagian besar wanita dan yang berpidato pria, harus dapat diperhatikanlah kata-kata yang digunakan jangan sampai menyinggung perasaannya. • Jika berpidato di hadapan sesama golongan harus terbuka, terus terang dan santai namun juga jangan melupakan tata karma. • Jika yang mendengarkan pidato itu para pelajar atau mahasiswa, kita harus mampu meyakinkan mereka dengan suatu argumen-argumen yang logis. • Jika berpidato di depan suatu pemeluk agama tertentu kita juga harus menjaga jangan sampai ada satu ucapan pun yang menyinggung martabat agama tersebut.

• Jika yang mendengarkan itu suatu masyarakat desa maka gunakanlah kata atau kalimat yang sederhana sehingga pidato kita mudah dimengerti oleh mereka. Jika berpidato dihadapan umum hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini : • Berpakaianlah dengan rapi dan bersih, tetapi tidak bergaya pamer dengan memakai suatu perhiasan atau pakaian yang berlebihan. • Gunakanlah kata-kata yang sopan, dan jangan juga memperlihatkan keangkuhan, kesombongan, atau kepongahan tetapi mesti rendah hati.

• Jika pidato itu panjang, agar tidak membosankan pendengar, sesekali hendaknya diselingi dengan humor yang segar dan sopan. Sistematika Berpidato Sebagaimana yang dikatakan oleh Maidar (dalam Karomani, 2011: 16), secara garis besar sistematika berpidato adalah sebagai berikut ini : • Salam pembuka dan sapaan terhadap para hadirin.

• Pendahuluan yang biasa berbentuk ucapan terima kasih maupun suatu ungkapan kegembiraan atau rasa syukur dan pujian. • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan gaya bahasa yang sangat menarik. • Simpulan, yang berisi suatu ringkasan dari uraian yang telah disampaikan. • Harapan pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato berisi suatu anjuran saran kepada pendengar. • Sebuah salam penutup. Persiapan Berpidato Ada tujuh langkah yang harus dipersiapkan bila kita ingin berpidato.

Ketujuh langkah itu adalah sebagai berikut ini : • Menentukan suatu topik. • Menganalisis para pendengar dan situasi. • Memilih dan menyempitkan suatu topik. • Mengumpulkan bahan-bahan.

• Membuat suatu garis besar. • Menguraikan sesuatu hal secara mendetail. • Melatih vokalisasi atau intonasi. Metode Pidato Jika anda ingin berpidato maka sebaiknya anda juga memperhatikan metode pidato agar anda mampu menjadi pembicara yang baik dan pidato anda akan dianggap berhasil.

Berikut ini metode pidato yang wajib anda simak diantaranya adalah : 1. Metode Naskah Metode naskah ialah suatu cara berpidato dengan merancang sebuah naskah sebelum berpidato. Naskah ini berisi suatu informasi yang akan disampaikan sehingga lebih tertata dan tidak ada hal yang terlupakan. Metode pidato ini biasanya juga digunakan pada acara-acara resmi.

2. Metode Hafalan Metode hafalan ialah berpidato dengan cara menghafal suatu informasi-informasi yang akan disampaikan. Jadi sebelum berpidato si pembicara ini akan menghafal poin-poin penting mengenai informasi yang akan disampaikan olehnya.

3. Metode Serta Merta Metode serta merta ialah hal menyampaikan pidato yang dilakukan secara spontan dan dilakukan tanpa persiapan akan tetapi si pembicara hanya dapat menceritakan pengalaman ataupun pengetahuan yang dimiliki oleh pembicara. Metode ini biasanya digunakan pada suatu situasi darurat dan spontanitas. 4. Metode Ekstemporan Metode ekstemporan adalah hal berpidato dengan cara menyiapkannya sebuah poin-poin secara garis besar sebelum menyampaikan pidato. Kerangka Susunan Pidato Skema susunan suatu pidato yang baik diantaranya : • Pembukaan dengan suatu salam pembuka.

• Pendahuluan yang sedikit menggambarkan suatu isi. • Isi atau materi pidato secara sistematis yaitu maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll. • Penutup yaitu suatu kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll. Persiapan Pidato Sebelum memberikan pidato di depan khalayak umum, alangkah baiknya untuk dapat melakukan berbagai persiapan. Berikut persiapan sebelum berpidato yaitu diantaranya : • Membagi wawasan pendengar pidato secara umum.

• Mengetahui durasi lama waktu pada saat anda berpidato. • Menyusun sebuah kata-kata sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca.

• Mengetahui suatu jenis pidato serta tema pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato. • Menyiapkan berbagai bahan dan perlengkapan untuk berpidato. Sifat-Sifat Pidato Berdasarkan pada sifat, pidato dapat dibedakan menjadi beberapa bagian siantaranya : • Pidato pembukaan merupakan suatu pidato singkat yang dibawakan oleh pembawa acara atau dapat disebut juga dengan MC.

• Pidato pengarahan merupakan suatu pidato guna mengarahkan pada suatu acara pertemuan. • Pidato sambutan merupakan suatu pidato yang disampaikan pada acara kegiatan yang dapat dilakukan beberapa orang dan dengan waktu yang terbatas secara bergantian. • Pidato peresmian merupakan suatu pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh dalam meresmikan sesuatu. • Pidato laporan merupakan suatu pidato yang isinya tentang melaporkan suatu kegiatan.

• Pidato pertanggungjawaban merupakan suatu pidato yang berisi mengenai laporan pertanggungjawaban. Macam-Macam Pidato Macam-macam pidato antara lain sebagai berikut ini : • Pidato untuk menyambut hari-hari besar Islam.

• Pidato untuk memperingati hari-hari nasional. • Pidato suatu kenegaraan. • Pidato suatu keagamaan,dll. Contoh Pidato Assalamu’alaikum Wr. Wb. Yang Saya hormati Kepala Sekolah SMA Swadaya Jember.

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah SMA Swadaya Jember. Yang saya hormati guru-guru SMA Swadaya Jember. Beserta seluruh murid SMA Swadaya Jember yang berbahagia. Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang ini dalam keadaan yang sehat.

Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang paham mengenai pengertian globalisasi, atau mungkin masih ada yang belum memahaminya? Kali ini saya ingin sedikit mengajak hadirin semua untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang mengakibatkan globalisasi.

Apa pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya. Globalisasi berasal dari kata global yang memiliki arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik. Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek lini kehidupan.

Misalnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai di jalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaannya. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan zaman dahulu yang untuk ke suatu tempat yang diinginkan, seseorang harus rela menempuh perjalanan dengan jalan kaki.

Selain transportasi, sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone. Zaman canggih seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita. Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

Baik yang sudah tua maupun yang muda semua berlomba untuk dapat menggunakannya. Bahkan, tidak sedikit dari generasi muda yang bisa menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet. Dampak globalisasi juga mempengaruhi dunia kuliner di indonesia.

Perlahan namun pasti masyarakat kita sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri. Misalnya pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen dan lainnya. Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming di luar negeri segera di ikuti masyarakat kita. Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olahraga.

Kita sekarang sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga dimanapun berada. Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya. Beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwasanya pengaruh global sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan. Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi.

Untuk itu, sebagai masyarakat kita harus bisa memilah dan memilih globalisasi ini dengan hanya mengambil manfaat baiknya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya dari manapun yang akan masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik.

Apabila hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat, maka ciri khas kearifan budaya Nusantara ini akan dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan kita berbangsa dan bernegara. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr Wb. Demikianlah penjelasan mengenai √ Pidato : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Struktur, Jenis, Contohnya Lengkap Semoga bermanfaat dan dpat menambah ilmu pengetahuan yang luas lagi bagi para pembaca.

Terima Kasih. Baca Juga Artikel Lainnya : • Pers Adalah • Debat Adalah • Diskusi Adalah • Seminar Adalah • Pidato Persuasif • Wawancara Adalah Posting terkait: • Kata Sandang (Artikula) • Debat Aktif • Iklan Baris Posting pada Bahasa Indonesia Ditag 3 fungsi ceramah, 5 tujuan pidato, 5 urutan isi pidato, ada berapa cara berpidato, apa itu teks pidato, apa nama lain dari pendengar pidato, apa nama lain dari pidato, apa nama lain pidato, apa saja isi pada bagian penutup pidato, pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato saja yang terdapat pada isi pidato, apa tujuan dari teks pidato persuasif, apa tujuan menyusun kerangka pidato, apa yang dimaksud pidato peresmian, apakah yang dimaksud pidato peresmian, Artikel Pidato, bagaimana etika berpidato, berikut ini termasuk metode ceramah kecuali, berikut sikap yang baik saat berpidato adalah, buatlah kalimat pembuka teks pidato, buatlah teks pidato bagian penutup, Ciri - Ciri Pidato, ciri ciri pidato persuasif, ciri kebahasaan teks pidato, ciri kebahasaan teks pidato persuasif, Ciri Pidato, ciri-ciri kebahasaan pidato persuasif, ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi, Ciri-ciri pidato yang baik, ciri-ciri tujuan pidato, Contoh Pidato, contoh pidato dan strukturnya, contoh pidato ekstemporan, Contoh Pidato formal, Contoh pidato impromtu, contoh pidato informasi, Contoh pidato informatif, Contoh pidato manuskrip, contoh pidato panjang 4 lembar, Contoh pidato PENDIDIKAN, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif beserta strukturnya, contoh pidato persuasif tentang corona, contoh pidato persuasif tentang kesehatan, contoh pidato persuasif tentang narkoba, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh teks pidato persuasif, contoh teks pidato persuasif kelas 9, Faktor-Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Berpidato, Fungsi Pidato, Fungsi Pidato Persuasif, impromptu adalah, indayang sambatang macam-macam pidarta, jelaskan ada berapa metode pidato, jelaskan ciri-ciri kebahasaan teks pidato, jelaskan ciri-ciri pidato, jelaskan langkah-langkah pidato yang baik, jelaskan macam-macam pidato, jelaskan sifat pidato persuasif, jelaskan urutan struktur teks pidato, jenis jenis pidato, jenis jenis pidato brainly, jenis jenis pidato persuasif, jenis jenis pidato persuasif brainly, Jenis jenis pidato persuasif dan penjelasannya, Jenis Pidato, jenis-jenis pidato berdasarkan tujuannya, jenis-jenis pidato pdf, jurnal pidato pdf, kaidah penulisan teks pewara, kaidah penulisan teks pidato bahasa jawa, kepiye basa kang digunakake ing pidato, Kerangka Susunan Pidato, khalayak adalah, klasifikasikan struktur teks pidato, konsumsi bbm mau hemat atau boros, langkah-langkah pidato yang baik, Macam - Macam Pidato, macam macam pidato agama, macam macam pidato brainly, macam macam pidato perpisahan, Macam Pidato, macam-macam judul pidato, makalah jenis-jenis pidato, Makalah Pidato, manfaat pidato, Materi Pidato, materi pidato kelas 10, materi pidato kelas 9, mengapa pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato sebuah pidato, menyimpulkan pidato persuasif, metode penyampaian tanpa persiapan, Metode Pidato, metode pidato ada 4 yaitu, model teks pidato persuasif, nama lain pidato adalah, orang yang pandai berpidato disebut, pada bagian pembuka teks pidato berisi, pengertian dialogika, pengertian penutup pidato, Pengertian Pidato, pengertian pidato brainly, pengertian pidato dan contohnya, pengertian pidato dan jenis jenis pidato, pengertian pidato deskriptif, pengertian pidato ilmiah, Pengertian Pidato Menurut Para Ahli, pengertian pidato menurut para ahli pdf, pengertian pidato persuasif, pengertian pidato rekreatif, pengertian teks pidato brainly, Persiapan Berpidato, Persiapan Pidato, Pidato, pidato 17 agustus, Pidato Adalah, pidato agama, pidato ekstemporan, pidato islami, Pidato Pdf, pidato perpisahan, pidato perpisahan pidato agama, pidato persuasif, pidato persuasif adalah pidato yang, pidato sebaiknya ditulis dengan kalimat yang, pidato sekolah, pidato singkat agama islam tentang akhlak, pidato singkat tentang kebersihan, pidato singkat tentang kenakalan remaja, pidato singkat tentang kesehatan, pidato singkat tentang narkoba, pidato tentang narkoba, pidato terbaik tentang pendidikan, pidato yang berisi ajakan disebut pidato, pidato yang bersifat mengajak disebut pidato, pidato yang menarik untuk remaja, pidato yang monoton maksudnya, Salah satu tujuan pidato adalah, sebutkan 5.

struktur teks pidato, sebutkan bagian-bagian dalam teks pidato, sebutkan bentuk-bentuk pidato, sebutkan ciri-ciri pidato yang baik, sebutkan dan jelaskan lima unsur dalam pidato, sebutkan dan jelaskan macam macam berpidato, sebutkan jenis jenis pidato persuasif, sebutkan langkah langkah menulis pidato, sebutkan langkah-langkah menyusun teks pidato, sebutkan persiapan menulis pidato persuasif, Sebutkan struktur pidato, sebutkan struktur pidato persuasif, sebutkan struktur teks biantara, Sebutkan struktur teks pidato, sebutkan susunan naskah pidato, sebutkeun struktur dina biantara, siapa yang seringkali berpidato di desa, Sifat - Sifat Pidato, Sistematika Berpidato, Struktur dalam teks pidato adalah kecuali, struktur isi pidato persuasif, struktur isi pidato persuasif adalah, struktur model pidato persuasif, struktur pidato, Struktur pidato bahasa jawa, Struktur pidato dan khotbah, struktur pidato persuasif, struktur teks pidato bahasa jawa, struktur teks pidato persuasif, Syarat Pidato, Tata Krama Berpidato, teknik pembuatan pidato, teknik pembuatan pidato tabligh dan dakwah, tema2 pidato, terangkan pengertian pidato pertanggungjawaban, topik yang dibahas dalam pidato disebut, Tujuan Pidato, tujuan pidato bahasa jawa, tujuan pidato brainly, tujuan pidato dalam bahasa jawa, tujuan pidato pendidikan, Tujuan Pidato Persuasif, tuliskan bagian-bagian dari teks pidato, tuliskan lima hal pokok dalam pidato, tuliskan pesan dalam pidato tersebut, tuliskan struktur pidato, tuliskan tujuan dari pidato, tulislah sebuah teks pidato, unsur dan struktur teks pidato, unsur kebahasaan teks pidato, unsur kebahasaan teks pidato bahasa jawa, unsur unsur pidato, Urutan struktur pidato Pos-pos Terbaru • Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu di Android & PC Mudah • +3299 Nama PUBG Keren 2022 : Aesthetic, Simbol, Lucu Dll • Aplikasi Film Bokeh Full Bokeh Viral No Sensor • √ Bimbingan dan Konseling : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Asasnya Terlengkap • Solidaritas Sosial • Potensi Diri • √ BMKG : Pengertian, Fungsi, Tugas, Wewenang dan Struktur Organisasi Terlengkap • √ Multi Level Marketing (MLM) : Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap • √ Loyalitas : Pengertian, Karakteristik, Faktor dan Indikasi Terlengkap • Peluang Usaha • √ Holding Company : Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap • √ Solidaritas : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan, Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhinya Terlengkap • Filogenetik Adalah • Sperma Adalah • Mollusca Adalah
Daftar isi • Pengertian Pidato Adalah • Pengertian Pidato Menurut Para Ahli • Fungsi Pidato Secara Umum • Tujuan Pidato Secara Umum • Ciri-Ciri Sebuah Pidato • Jenis-Jenis Pidato • Metode Dalam Berpidato Pengertian Pidato Adalah Apa yang dimaksud dengan pidato?

Secara umum, pengertian pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai untuk menyampaikan pernyataan, gagasan, ide, petunjuk, atau nasehat, dengan susunan kata yang baik.

Pendapat lain mengatakan pengertian pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyampaikan pernyataan atau memberikan gambaran mengenai suatu hal. Pidato umumnya dilakukan oleh seseorang yang dianggap penting untuk menyampaikan pernyataan atau pandangan mengenai suatu hal dengan cara berorasi.

Misalnya; pidato sambutan acara, pidato memperingati hari besar, pidato kenegaraan, dan lain-lain. Baca juga: Pengertian Diskusi Pengertian Pidato Menurut Para Ahli Agar lebih memahami apa itu pidato, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini: 1. Emha Abdurrahman Menurut Emha Abdurrahman, pengertian pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang secara lisan mengenai sesuatu hal atau masalah dengan menggunakan kalimat yang jelas di hadapan orang banyak pada waktu tertentu.

2. Syam Menurut Syam, pidato adalah teknik berbicara yang menggunakan kata-kata atau bahasa secara efektif, yaitu dengan menampilkan keterampilan atau kemahiran seseorang dalam melakukan pemimilihan kata yang dapat mempengaruhi pendengar. 3. Arsjad Menurut Arsjad, pengertian pidato adalah kegiata komunikasi yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk menyampaikan serta menanamkan berbagai gagasan, ide atau konsep dari pembicara kepada orang banyak di muka umum dan bertujuan agar pendengar yakin terhadap gagasan yang telah disampaikan oleh pembicara.

Baca juga: Pengertian Debat Fungsi Pidato Secara Umum Kegiatan berbicara di depan umum tentunya memiliki fungsi tertentu di dalam masyarakat.

Mengacu pada pengertian pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato, adapun beberapa fungsi pidato adalah sebagai berikut: • Memudahkan Komunikasi; proses komunikasi kepada khalayak ramai bisa menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Pidato adalah salah satu cara untuk memudahkan berkomunikasi dengan khalayak ramai untuk menyampaikan suatu gagasan atau hal lainnya.

• Media Komunikasi; setiap organisasi membutuhkan metode komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada anggotanya. Dengan cara berpidato, ketua organisasi dapat memberikan informasi penting kepada seluruh anggota organisasi tersebut. • Membangun Suasana Kondusif; komunikasi dengan cara berpidato dianggap sebagai salah satu cara untuk membangun suasana kondusif karena hanya satu orang yang berorasi.

Dalam hal ini, pendengar dapat memberikan feedback dalam bentuk pertanyaan dan sanggahan terhadap pidato dari pembicara pada waktu yang ditentukan. • Membangun Hubungan Harmonis; dalam suatu organisasi, pidato menjadi salah satu cara berkomunikasi langsung antara atasan dan bawahan.

Selain itu, proses komunikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan saran dan kritik kepada anggota organisasi. Baca juga: Pengertian Opini Tujuan Pidato Secara Umum Pidato yang dilakukan seseorang di hadapan banyak orang biasanya ada tujuan yang ingin dicapai.

Adapun beberapa tujuan pidato adalah sebagai berikut: • Memberikan Informasi; pada dasarnya pidato merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi kepada khalayak.

Informasi tersebut bisa berupa gagasan, ide, atau hal-hal lain yang dianggap penting. • Memengaruhi Pendengar; salah satu tujuan penting dari pidato adalah agar informasi yang disampaikan pembicara dapat memengaruhi para pendengarnya dan mau mengikuti gagasan pembicara tanpa paksaan. • Menyenangkan Orang Lain; pidato juga memiliki tujuan untuk membuat orang lain senang dan merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh pembicara. Baca juga: Pengertian Argumentasi Ciri-Ciri Sebuah Pidato Pidato memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan proses komunikasi lainnya.

Berikut ini adalah beberapa ciri pidato: • Setiap pidato terdapat tujuan yang jelas, yaitu untuk menyampaikan gagasan, ide, atau hal lainnya di depan umum. • Isi pidato yang disampaikan sesuai dengan topik tertentu yang sedang atau akan berlangsung. • Penyampaian pidato menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pendengarnya.

pidato yang bertujuan ingin melukiskan atau menggambarkan suatu keadaan disebut pidato

• Cara penyampaian pidato disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya. • Isi pidato harus jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan tidak menimbulkan pertentangan. • Pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang jelas. Baca juga: Pengertian Sosialisasi Jenis-Jenis Pidato Berdasarkan cara dan waktu penyampaiannya, pidato dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Adapun beberapa jenis pidato adalah sebagai berikut: • Pidato Pembukaan, yaitu pidato singkat yang umumnya disampaikan oleh seorang pembawa acara atau MC ( master of ceremony). • Pidato Pencerahan, yaitu pidato yang disampaikan seseorang dimana tujuannya untuk mengarahkan suatu pertemuan atau rapat.

• Pidato Sambutan, yaitu pidato yang disampaikan oleh pihak penyelenggara suatu kegiatan dengan batasan waktu tertentu. • Pidato Peresmian, yaitu pidato yang disampaikan oleh seseorang yang dianggap penting pada acara peresmian. • Pidato Pertanggungjawaban, yaitu pidato yang disampaikan seseorang yang bertanggungjawab atas suatu kegiatan atau acara.

• Pidato Laporan, pidato yang disampaikan seseorang dimana isinya mengenai laporan suatu kegiatan atau tugas tertentu. Baca juga: Pengertian Informasi Metode Dalam Berpidato Dalam menyampaikan pidato terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan oleh pembicara.

Berikut adalah beberapa metode pidato yang umum digunakan: • Metode Membaca Naskah, yaitu berpidato dengan membaca sebuah naskah yang dirancang terlebih dahulu. Di dalam naskah tersebut terdapat informasi yang akan disampaikan dengan susunan yang tertata rapih dan detail.

• Metode Hafalan, yaitu berpidato dengan tanpa naskah dan mengandalkan ingatan pembicaranya mengenai informasi-informasi yang akan disampaikan kepada khalayak. • Metode Impromptu, yaitu berpidato dengan cara spontan tanpa adanya persiapan. Pada umumnya, metode pidato ini dilakukan pada situasi darurat atau spontanitas dimana pembicaranya hanya menyampaikan informasi berdasarkan pengalaman atau pengetahuannya.

• Metode Ekstemporan, yaitu berpidato dengan tanpa naskah namun pembicara masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkan konsep pidato yang akan disampaikan. Baca juga: Interaksi Sosial Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian pidato, tujuan, fungsi, ciri-ciri, jenis, dan beberapa metode berpidato.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

pidato kelas 6 tema 7 bahasa Indonesia




2022 www.videocon.com