Penyebab voc gulung tikar

penyebab voc gulung tikar

Pengertian Kompetensi Seiring dengan persaingan bisnis yang semakin tajam dan perubahan lingkungan yang sangat drastis pada setiap aspek kehidupan manusia, maka setiap organisasi membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidangnya sehinga dapat memberikan output yang terbaik bagi organisasi/ perusahaan.

Dengan kata lain organisasi tidak hanya mampu memberikan pelayanan yang memuaskan, tetapi juga berorientasi pada nilai. Dalam hal ini kompetensi berarti memiliki kemampuan secara profesional sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik dan menghasilkan hasil akhir berdasarkan pada mutu yang standar yang telah di tetapkan.

penyebab voc gulung tikar

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian kompetensi adalah kemampuan atau kecakapan, sedangkan berdasarkan surat keputusan Mendiknas nomor 045/U/2002, kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang di miliki seseorang sebagai syarat untuk di anggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas dibidang pek Komunikasi melalui Surat Walaupun perkembangan teknologi komunikasi dan informasi demikian pesat, komunikasi melalui surat-menyurat dalam dunia bisnis masih memegang peranan penting.

Komunikasi melalui surat biasanya berkaitan dengan pengiriman pesan kepada pelanggan, supplier maupun mitra bisnis yang lain. Contoh : surat penagihan, surat konfirmasi utang/piutang, surat penawaran, surat undangan dan sebagainya. a. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi melalui surat : Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi bisnis melalui surat yaitu : 1. Menggunakan kertas berkop/kepala surat yang menunjukkan instansi/ perusahaan yang mengirimkan surat.

Kop surat ini biasanya minimal berisi nama penyebab voc gulung tikar alamat instansi/perusahaan. 2. Menggunakan bahasa formal yang dimengerti oleh penerima surat. 3. Mencamtumkan tanggal, momor dan pokok surat serta ditandatangani oelh pihak yang berhak pada instansi/perusahaan te Masa Pemerintahan Republik Bataaf Pada tahun 1795 terjadi perubahan di Belanda. Munculah kelompok yang menamakan dirinya kaum patriot.

Kaum ini terpengaruh oleh semboyan Revolusi Prancis: liberte (kemerdekaan), egalite (persamaan), dan fraternite (persaudaraan). Berdasarkan ide dan paham yang digelorakan dalam Revolusi Prancis itu, maka kaum patriot menghendaki perlunya negara kesatuan.

Bertepatan dengan keinginan itu pada awal tahun 1795 pasukan Prancis menyerbu Belanda. Raja Willem V melarikan diri ke Inggris. Belanda dikuasai Perancis.

penyebab voc gulung tikar

Dibentuklah pemerintahan baru sebagai bagian dari Prancis yang dinamakan Republik Bataaf (1795-1811). Republik Bataaf dipimpin oleh Louis Napoleon yang merupakan saudara dari Napoleon Bonaparte. Sementara itu, Raja Willem van Oranye (Raja Willem V) oleh pemerintah Inggris ditempatkan di Kota Kew.

Raja Willem V kemudian mengeluarkan perintah yang terkenal dengan “Surat-surat Kew”. Isi perintah itu adalah agar para pengua Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC- VOC kependekan dari Verenigde Oostindische Compagnie atau kongsi dagang belanda.

penyebab voc gulung tikar

VOC berdiri sejak 1602 untuk berdagang ke seluruh benua asia yang pernah berkuasa dan jaya sebagai kongsi dagang dengan memiliki banyak laba dari penyebab voc gulung tikar penjualan rempah-rempah dan barang komoditi lainnya yang berasal dari asia yang selanjutnya dijual ke Eropa.

Namun perusahaan kongsi dagang atau VOC mengalami kebangkrutan dan pada akhirnya seluruh aset dari VOC diambil oleh pemerintahan Belanda pada abad ke-18. Mengenai apa penyebab atau mengapa VOC dapat hancur, runtuh, bankrut, atau mengalami kemunduran dapat dilihat mengenai faktor-faktor penyebab runtuhnya/kehancuran VOC dibawah ini… Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC • Banyaknya korupsi di sebagian besar pegawai tinggi VOC yang digunakan untuk membeli rumah-rumah mewah di belanda.

• Banyaknya hasil laba yang diselewengkan oleh para pegawai di kantor cabang, terlihat dari pembukuan laba yang berbeda dari dagang asia dengan kantor pusat di belanda.

penyebab voc gulung tikar

• Adanya ekspansi dagang untuk memperbesar daerah jangkauan perdagangan yang membutuhkan biaya yang banyak sedangkan laba yang dibukukan tidak mencukupi membuat banyaknya hutang-hutang VOC dari ekspansi dagang tersebut. • Adanya serangan terhadap kapal-kapal VOC yang dilakukan oleh armada angkatan laut Eropa, sehingga banyak kapal VOC yang tidak kembali membuat VOC kekurangan armada kapal untuk berdagang.

Baca Juga: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah Proses Masuknya Pengaruh Hindu Budha di Indonesia Sejarah: Isi Perjanjian Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Tujuan, & Dampaknya Isi Sumpah Pemuda dan Sejarah Sumpah Pemuda Demikianlah informasi mengenai Faktor Penyebab Runtuhnya/Kehancuran VOC. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua mengenai faktor-faktor penyebab runtuhnya VOC, atau faktor-faktor kehancuran VOC.

Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. Recent Posts • Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli • Pengertian Kronologi, Fungsi, dan Contoh Kronologi Dalam Sejarah • Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi • Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi • Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur
KOMPAS.com - Kolonialisme Belanda di Indonesia dimulai dari pemerintahan kongsi dagang Belanda, yaitu VOC.

Dalam perkembangannya, VOC berhasil mendatangkan kekayaan bagi Belanda dan menguasai jalur perdagangan dari Amsterdam, Tanjung Harapan, India, hingga Papua. Meski sempat memberikan keuntungan bagi Belanda, kongsi dagang VOC bangkrut dan dibubarkan oleh Pemerintah Belanda. Sebab-sebab kebangkrutan VOC antara lain sebagai berikut.

Rempah-rempah Indonesia mendapat pesaing VOC memperoleh keuntungan melimpah dari monopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Akan tetapi, memasuki abad ke-18, perdagangan rempah-rempah mulai melemah karena muncul banyak pesaing. Pasalnya, Indonesia bukan satu-satunya penghasil rempah-rempah di pasar internasional. Pada akhirnya, monopoli rempah-rempah tidak mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan dan pendapatan VOC semakin menurun.

Baca juga: Tujuan Belanda Membentuk VOC Persaingan dengan kongsi dagang lain Meski wilayah kekuasaannya sangat luas, yakni mencakup jalur perdagangan dari Amsterdam, Tanjung Harapan, India, hingga Papua, VOC mempunyai pesaing dari bangsa Eropa lainnya. Negara tetangga Belanda, Inggris dan Perancis juga memiliki kongsi dagang yang sama kuatnya. Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC berdiri pada tahun 1602 di Belanda.

Dalam perkembangannya, VOC mengalami kemunduran hingga pada Desember 1799 VOC resmi penyebab voc gulung tikar dan digantikan oleh pemerintah kolonial Belanda. Terdapat faktor internal dan eksternal penyebab bubarnya VOC, yakni sebagai berikut.

• Faktor internal dibubarkannya VOC: terjadi korupsi di semua level tingkatan penyebab voc gulung tikar, mulai dari pegawai hingga pejabat tinggi VOC. Sebagian pegawai VOC ikut serta dalam kegiatan perdagangan rempah-rempah demi kepentingan pribadi. Perdagangan gelap yang merajalela yang menerobos monopoli perdagangan VOC. Anggaran biaya untuk para pegawai sangat besar karena semakin meluasnya kekuasaan VOC. VOC menanggung biaya perang yang besar yang digunakan untuk menanggulangi perlawanan rakyat.

• Faktor eksternal runtuhnya VOC: karena Belanda dikuasai oleh Prancis. Pada tahun 1795, Prancis di bawah kepemimpinan Napoleon Bonaparte menguasai Belanda dan mendirikan Republik Bataaf. Sebelumnya di tahun yang sama atas dukungan Prancis, Raja Belanda Willem V digulingkan alias dikudeta oleh kaum republikan Belanda. Belanda pun menjadi republik dan setelah itu Raja Willem V menyingkir ke Inggris. Republik baru ini menjadi semacam negara bawahan dari Prancis. Sebagai republik, Belanda menjadi sekutu Prancis dalam gerakan anti monarki untuk melawan Inggris.

penyebab voc gulung tikar

Dengan demikian, keruntuhan VOC disebabkan oleh terjadinya korupsi di semua level birokrasi hingga dikuasainya Belanda oleh Prancis.
1. Lingkungan hidup menjadi suatu tempat yang sangat strategis untuk manusia dengan menciptakan tempat tinggal yang baik, di mana dalam lingkungan ter … sebut saling berdampingan, gotong royong, dan bekerja sama.

Hal ini sesuai dengan manfaat lingkungan sebagai tempat . a. bertahan b. bersosialisasic.mencari kekayaand. mendapatkan hiburan​
10 Faktor Kebangkrutan VOC – VOC mendapatkan masa kejayaan pada abad ke 16 hingga awal abad ke 17. Dan kerajaan-kerajaan dalam telah menjadi pelayan atau bawahan kepentingan VOC. Dan VOC sendiri mengendalikan jalur perdagangan dengan menyebar luas dari Amsterdam, India, Papua, penyebab voc gulung tikar Tanjung Harapan.

Dan laba dari perdagangan rempa-rempah sangat melimpah ruah. Akan tetapi dibalik banyak keuntungan yang didapatkan ada banyak masalah yang muncul. Dengan semakin banyaknya daerah yang telah dikuasai juga ternyata juga mebuat pengelolaan semakin merepotkan. Dan sebagai pusat pemerintahan VOC, maka Batavia juga semakin dimukimi oleh banyak penduduk, yang membuat timbulnya masalah-masalah sosial.

Dan inilah awal dari runtuhnya VOC dan juga bangkrutnya VOC.Tidak hanya itu awal drai kebangkrutan VOC, Gubernur Jenderal Henricus Zwaardecroon juga mengeluarkan wewenang untuk mengatur secara rinci tata cara untuk penghormatan terhadap gubernur jenderal kepada dewan Hindia bersama istri dan akan-anaknya, seperti contoh para warga harus menundukkan kepalanya kepada Gubernur jenderal, yang akhirnya hal tersebut menunjukkan bahwa VOC telah gila akan kehormatan dan ingin bersenang-senag.

Hingga akhirnya mereka telah berada dalam kebangkrutan. Dan adapun penyebab kebangkrutan VOC, berikut ini 10 faktor kebangkrutan VOC : • Karena daerah kekuasaan VOC yang luas dengan banyaknya pegawai, maka mau tak mau harus banyak pegawai yang harus di bayar. • Susahnya pengawasan disebabkan daerah kekuasaan VOC yang tersebar luas • Para pengurus VOC tak lagi memikirkan usaha untuk memajukan usaha dalam bidang perdagangan, namun justru berpikir untuk menambah kekayaan, sehingga banyak yang melakukan korupsi.

• Miskin moral diantara penguasa dikarenakan system monopoli dagang. • Para pengurus VOC semakin gila hormat dan senang menghambur-hamburkan kekayaan karena kesenangan dan kemewahan sesaat • Terjadi transaksi jual beli jabatan. Saat seorang pengurus VOC yang hendak pulang ke rumahnya disebabkan telah kaya dan pension, orang itu menjual jabatannya kepada penyebab voc gulung tikar lain dengan harga yang santa tinggi dan system sup semakin merambah.

• Menurunnya tingkat kekuatan pengurus VOC, engan banyaknya keuntungan VOC yang akhirnya merosot bakan pada taun 1673 VOC tak lagi mampu membayar kas VOC yang diakibatkan VOC yang suka berfoya-foya.

• Pembayaran akan bai hasil keuntungan oada pemegang saham juga memberatkan sesudah pemasukan VOC selalu berkurang. • Dikarenakan pemerintah yang kekurangan danaunruk membiayai pemerintahan dan perang masih saja terjadi maka dengan terpaksa VOC terus menjual tanahnya ke pada orang yang memiliki hak atas tanah. • Hasil dari penjualan tanah yang tidak mampu menutupi kurangnya biaya, maka VOC mencari hutang yang berakibat hutang tersebut semakin membesar.

Demikian 10 faktor kebangkrutan VOC yang telah di informasikan. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai VOC dapat menambah pengetahuan mengenai ilmu sejarah. Artikel Lainnya : • 5 Zat Yang Terkandung Dalam UrinePada abad ke-17 hingga awal abad ke-18, VOC mengalami puncak kejayaan.

penyebab voc gulung tikar

Penguasa dan kerajaan-kerajaan lokal di Nusantara umumnya berhasil dikuasai. Kerajaan-kerajaan itu sudah menjadi bawahan dan penyebab voc gulung tikar kepentingan VOC. Jalur perdagangan yang dikendalikan VOC menyebar luas membentang dari Amsterdam, Tanjung Harapan, India sampai Irian/Papua. Keuntungan perdagangan rempah-rempah juga melimpah.

Namun di balik itu ada persoalan-persoalan yang bermunculan. Semakin banyak daerah yang dikuasai ternyata juga membuat masalah pengelolaan semakin kompleks. Semakin luas daerahnya, pengawasan juga semakin sulit. Kota Batavia semakin ramai dan semakin padat. Orang-orang timur asing seperti Cina dan Jepang diizinkan tinggal di Batavia.

Sebagai pusat pemerintahan VOC, Batavia juga semakin dibanjiri penduduk, dari luar Batavia sehingga tidak jarang menimbulkan masalah-masalah sosial. Pada tahun 1749 terjadi perubahan yang mendasar dalam lembaga kepengurusan VOC.

Pada tanggal 27 Maret 1749, Parlemen Belanda mengeluarkan UU yang menetapkan bahwa Raja Willem IV sebagai penguasa tertinggi VOC. Dengan demikian, anggota pengurus “Dewan Tujuh Belas” yang semula dipilih oleh parlemen dan provinsi pemegang saham (kecuali Provinsi Holland), kemudian sepenuhnya menjadi tanggung jawab Raja. Raja juga menjadi panglima tertinggi tentara VOC. Dengan demikian, VOC berada di bawah kekuasaan raja.

Pengurus VOC mulai akrab dengan pemerintah Belanda. Kepentingan pemegang saham menjadi terabaikan. Pengurus tidak lagi berpikir memajukan usaha perdagangannya, tetapi berpikir untuk memperkaya diri.

VOC sebagai kongsi dagang swasta keuntungannya semakin merosot. Bahkan tercatat pada tahun 1673 VOC tidak mampu membayar dividen.

penyebab voc gulung tikar

Kas VOC juga merosot tajam karena serangkaian perang yang telah dilakukan VOC dan beban hutang pun tidak terelakkan.

Sementara itu para pejabat VOC juga mulai menunjukkan sikap dan perilaku gila hormat yang cenderung feodalis. Pada tanggal 24 Juni 1719 Gubernur Jenderal Henricus Zwaardecroon mengeluarkan ordonansi untuk mengatur secara rinci cara penghormatan terhadap gubernur jenderal, kepada Dewan Hindia beserta isteri dan anak-anaknya.

Misalnya, semua orang harus turun dari kendaraan bila berpapasan dengan para pejabat penyebab voc gulung tikar tersebut, warga keturunan Eropa harus menundukkan kepala, dan warga bukan orang Eropa harus menyembah. Kemudian Gubernur Jenderal Jacob Mosel juga mengeluarkan ordonansi baru tahun 1754.

Ordonansi ini mengatur kendaraan kebesaran. Misalnya kereta ditarik enam ekor kuda, hiasan berwarna emas dan kusir orang Eropa untuk kereta kebesaran gubernur jenderal, sedang untuk anggota dewan hindia, kuda yang menarik kereta hanya empat ekor dan hiasannya warna perak. Nampaknya para pejabat VOC sudah gila hormat dan ingin berfoya-foya.

penyebab voc gulung tikar

Sudah barang tentu ini juga membebani anggaran. Posisi jabatan dan berbagai simbol kehormatan tersebut tidaklah lengkap tanpa hadiah dan upeti. Sistem upeti ini ternyata juga terjadi di kalangan para pejabat, dari pejabat di bawahnya kepada pejabat yang lebih tinggi.

Hal ini semua terkait dengan mekanisme pergantian jabatan di tubuh organisasi VOC. Semua bermuatan korupsi. Gubernur Jenderal Van Hoorn konon menumpuk harta sampai 10 juta gulden ketika kembali ke Belanda pada tahun 1709, sementara gaji resminya hanya sekitar 700 gulden sebulan.

Gubernur Maluku berhasil mengumpulkan kekayaan 20-30 ribu gulden dalam waktu 4-5 tahun, dengan gaji sebesar 150 gulden per bulan. Untuk menjadi karyawan VOC juga harus “menyogok”. Pengurus VOC di Belanda memasang tarif sebesar f 3.500,- bagi yang ingin menjadi pegawai onderkoopman (pada hal gaji resmi per bulan sebagai onderkoopman hanya f.40,- perbulan), untuk menjadi kapitein harus menyogok f.2000,- dan untuk menjadi kopral harus membayar 120 gulden begitu seterusnya yang semua telah merugikan uang lembaga (baca Parakitri Simbolon, 2007).

Demikianlah para pejabat VOC terjangkit penyakit korupsi karena ingin kehormatan dan kemewahan sesaat. Beban utang VOC menjadi semakin berat, sehingga akhirnya VOC sendiri bangkrut dan gulung tikar. Bahkan ada sebuah ungkapan, VOC kepanjangan dari Vergaan Onder Corruptie (tenggelam karena korupsi) (R.Z. Leirissa. “Verenigde Oost Indische Compagnie (VOC)” dalam Indonesia dalam Arus Sejarah, 2012).

Dalam kondisi bangkrut VOC tidak dapat berbuat banyak. Menurut penilaian pemerintah keberadaan VOC sebagai kongsi dagang yang menjalankan roda pemerintahan di negeri jajahan tidak dapat dilanjutkan lagi. VOC telah bangkrut. Oleh karena penyebab voc gulung tikar, pada tanggal 31 Desember 1799 VOC dinyatakan bubar. Semua utang piutang dan segala milik VOC diambil alih oleh pemerintah Belanda. Pada waktu itu sebagai Gubernur Jenderal VOC yang terakhir Van Overstraten masih harus bertanggung jawab tentang keadaan di Hindia Belanda.

Ia bertugas mempertahankan Jawa dari serangan Inggris.
KOMPAS.com - Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) mengalami puncak kejayaan pada abad ke-17 hingga awal abad ke-18. Penguasa dan kerajaan-kerajaan lokal di Nusantara berhasil dikuasai VOC. Jalur perdagangan yang dikendalikan VOC menyebar luas dari Amsterdam, Tanjung Harapan, India, hingga Papua.

Bahkan keuntungan perdagangan rempah-rempah juga melimpah. Berdasarkan buku Sejarah Nasional "Ketika Nusantara Berbicara" (2017) karya Joko Darmawan, dibalik kejayaan tersebut, banyak persoalan yang bermunculan. Semakin luas daerah yang dikuasai, masalah pengelolaan semakin kompleks. Sebagai pusat pemerintahan VOC, Batavia juga semakin dibanjiri penduduk dari luar Batavia, sehingga sering menimbulkan masalah sosial. Baca juga: Keserakahan dan Kekejaman VOC Kas VOC merosot Pada 1749, Parlemen Belanda mengeluarkan undang-undang yang menetapkan bahwa Raja Willem IV sebagai penguasa tertinggi VOC.

Sehingga anggota pengurus yang sebelumnya dipilih oleh parlemen dan pemegang saham, menjadi tanggung jawab sepenuhnya raja. Raja juga menjado panglima tertinggi tentara VOC. Pengurus VOC mulai akrab dengan pemerintah Belanda. Kepentingan pemegang saham menjadi terabaikan.

Sehingga pengurus tidak memikirkan memajukan usaha berdagangannya, justru berpikir untuk memperkaya diri sendiri. VOC sebagai kongsi dagang swasta juga mengalami kemerosotan keuntungan. Bahkan pada tahun 1673, VOC tidak mampu membayar dividen. Kas VOC juga merosot tajam karena serangakian perang yang telah dilakukan VOC dan beban utang yang terus menumpuk. Gila hormat Selain memperkaya diri sendiri, para pejabat VOC mulai menunjukkan sikap gila hormat dan cenderung feodalis.

Baca juga: Latar Belakang VOC Mampu Memonopoli Perdagangan Rempah-Rempah
Jawaban: Mengapa VOC gulung tikar pada 31 Desember 1799 karena: 1. Besarnya hutang VOC 2. Banyaknya korupsi di penyebab voc gulung tikar pegawai VOC. 3. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membayar tentara 4. Berkurangnya keuntungan dari perdagangan rempah-rempah Pembahasan: VOC, atau singkatan dari Vereenigde Oost-Indische Compagnie, adalah Perusahan Dagang Hindia Belanda. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1602 setelah suksesnya ekspedisi ke Indonesia oleh Cornelis De Houtman.

penyebab voc gulung tikar

VOC awalnya menjadi perusahaan yang sangat menguntungkan bagi bangsa Belanda. Namun kemudian bangkrut karena kerugian akibat maraknya korupsi di kongsi dagang itu. Setelah VOC secara resmi dibubarkan, wilayah kekuasaannya menjadi penyebab voc gulung tikar di bawah Pemerintahan Belanda.

Penyebab utama mengapa VOC sangat rawan korupsi adalah karena lokasi penempatan karyawan VOC yang jauh dari Belanda dan karena karyawan VOC dibayar sangat sedikit. Akibatnya, pengawasan pegawai yang melakukan korupsi tidak ada dan terjadi penyalahgunaan fasilitas VOC yang merajalela, seperti kapal dan gudang, oleh pejabat tinggi untuk kepentingan bisnis pribadi.

Selain korupsi, kerugian VOC juga disebabkan karena keuntungan dari perdagangan rempah-rempah selalu berkurang. Pada awalnya, VOC bisa mendapat keuntungan besar dari monopoli karena rempah-rempah hanya tumbuh di kepulauan maluku yang di kuasai VOC. Namun, Inggris dan Perancis berhasil menyelundupkan biji rempah-rempah dan menanamnya di koloninya. Ini membuat monopoli VOC hancur dan keuntungan VOC menurun.

Karena keuntungan yang menurun, VOC kesulitan membiayai tentara bayaran dan perawtan berbagai benteng dan armada kapalnya, yang membuat kebangkrutan VOC semakin tak terelakkan. Kode: 11.3.1 Kelas: XI Mata Pelajaran: IPS/Sejarah Materi: Bab 1 - Bangsa Eropa di Indonesia Kata Kunci: Bankrutnya VOC

Bangkrutnya VOC.




2022 www.videocon.com