Saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

satu kaki? 2 Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat! 1. Bagaimana cara melompat dengan Jawab:. Sebutkan manfaat gerakan dalam per … mainan arung jeram! Jawab:. 3. Bagaimana cara menirukan gerakan pohon kelapa? Jawab:. 4. Apa yang harus dilakukan pemain yang bertugas sebagai jala di permainan jala ikan? Jawab:. 5. Tuliskan langkah-langkah melakukan Jawab:. kegiatan melatih daya tahan kaki! !​ Artikel ini disusun bersama Rosalind Lutsky, anggota komunitas wikiHow yang tepercaya.

Rosalind Lutsky pernah bekerja sebagai pelatih senam di SB Gymnastics, Stanford University, bagi anak-anak dari kisaran usia 5-12 tahun, saat masih kuliah. Dia sendiri juga pesenam yang kerap bertanding mewakili tim senam di tanah kelahirannya, Minnesota. Ada 10 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Artikel ini telah dilihat 34.061 kali. Back handspring atau salto ke belakang dengan tangan adalah salah satu gerakan dasar gimnastik atau pemandu sorak.

Sebelum melakukan gerakan ini, Anda harus menguatkan tubuh bagian atas, terutama lengan dan bahu. Selain itu, pastikan Anda sudah bisa melakukan kayang, handstand (berdiri dengan tangan), dan back walkover (berdiri dengan tangan lalu kembali berdiri tegak setelah melakukan kayang).

Saat berlatih, mintalah bantuan seseorang atau pelatih profesional sampai Anda siap melakukan back handspring sendiri. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/09\/Do-a-Back-Handspring-Step-1-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-1-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/09\/Do-a-Back-Handspring-Step-1-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-1-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bergeraklah dari pinggul untuk mencondongkan tubuh ke depan sambil mengayunkan kedua lengan ke bawah.

Mulailah berlatih dengan berdiri tegak sambil meluruskan kedua lengan ke atas. Kemudian, lakukan postur kursi seperti ingin duduk di kursi sambil mengayunkan lengan dari atas ke bawah lalu ke belakang. Pastikan tulang kering tegak lurus dengan lantai agar lutut berada tepat di atas tumit. Lutut tidak boleh lebih maju daripada tumit sebab posisi ini tidak akan menciptakan cukup momentum yang dibutuhkan untuk mendarat dengan telapak tangan.

[1] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/81\/Do-a-Back-Handspring-Step-2-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-2-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/81\/Do-a-Back-Handspring-Step-2-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-2-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pindahkan bobot tubuh ke jari kaki lalu luruskan kedua lengan ke atas.

Ayunkan kedua lengan lurus ke atas sambil menatap jari tangan. Di saat bersamaan, pindahkan bobot tubuh ke jari kaki untuk menciptakan momentum lalu ayunkan tubuh ke belakang sambil merapatkan kedua kaki dan mengaktifkan otot inti. [2] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5f\/Do-a-Back-Handspring-Step-3-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-3-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5f\/Do-a-Back-Handspring-Step-3-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-3-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan postur kayang tanpa melengkungkan punggung secara berlebihan.

Pelengkungan punggung secara berlebihan biasa disebut undercut. Selain membuat gerakan terlihat kurang indah, cara ini bisa menimbulkan cedera punggung. Setelah bertumpu pada telapak tangan, biarkan kedua kaki terangkat lurus ke atas sehingga Anda berada dalam postur handstand lalu turunkan lagi kedua kaki ke lantai di depan Anda.

Selama kaki bergerak naik sampai bersiap-siap turun, luruskan jari kaki dan pergelangan kaki. [3] X Teliti sumber • Anda harus mendongakkan kepala di antara kedua lengan saat bertumpu di lantai. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/50\/Do-a-Back-Handspring-Step-4-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-4-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/50\/Do-a-Back-Handspring-Step-4-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-4-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Letakkan kedua telapak tangan di lantai.

Gunakan kedua telapak tangan untuk bertumpu di lantai setelah punggung melengkung ke belakang dan biarkan tubuh Anda tetap melengkung. Luruskan kedua siku supaya kepala tidak membentur lantai.

Sebelum telapak tangan menyentuh lantai, arahkan jari tangan ke belakang. Manfaatkan momentum untuk menaikkan kedua kaki lurus ke atas agar tubuh bagian bawah ikut naik. [4] X Teliti sumber • Saat telapak tangan menyentuh lantai, gunakan seluruh permukaan telapak tangan, jari tangan, lengan, dan bahu untuk menyangga tubuh. Jangan biarkan seluruh bobot tubuh dan tekanan dari atas terpusat hanya pada telapak tangan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fa\/Do-a-Back-Handspring-Step-5-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-5-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fa\/Do-a-Back-Handspring-Step-5-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-5-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Rosalind Lutsky, mantan pelatih gimnastik menambahkan: "Setelah tangan Anda menyentuh lantai, dorong dan angkat dada ke atas untuk membantu tubuh Anda mendarat dengan baik.

Melatih bagian terakhir dengan melakukan handstand dan mencoba mendorong tubuh dari lantai dan mendarat dengan kedua kaki akan membantu." {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4a\/Do-a-Back-Handspring-Step-6-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-6-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4a\/Do-a-Back-Handspring-Step-6-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-6-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/2b\/Do-a-Back-Handspring-Step-7-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-7-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/2b\/Do-a-Back-Handspring-Step-7-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-7-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Lakukan gerakan memantul.

Untuk menyelesaikan ini, mendaratlah dengan kedua lutut sedikit tertekuk lalu lakukan gerakan memantul untuk menghilangkan momentum. Luruskan kedua lengan ke saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus setinggi bahu lalu angkat ke atas.

[7] X Teliti sumber • Jangan menyerah jika Anda belum bisa melakukan gerakan ini dengan benar saat berlatih pertama kali. Mintalah seseorang mendampingi sampai Anda siap melakukannya sendiri. Jika tekun berlatih, Anda mampu melakukan gerakan ini dengan benar dan indah. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/42\/Do-a-Back-Handspring-Step-8-Version-4.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-8-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/42\/Do-a-Back-Handspring-Step-8-Version-4.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-8-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9a\/Do-a-Back-Handspring-Step-9-Version-3.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-9-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9a\/Do-a-Back-Handspring-Step-9-Version-3.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-9-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Lakukan peregangan pergelangan tangan dan kaki.

Putarlah pergelangan tangan saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus kaki searah jarum jam dan sebaliknya masing-masing 5 kali. Luruskan dan tekuklah pergelangan kaki masing-masing 10 kali. • Untuk meregangkan pergelangan tangan, duduklah bersimpuh lalu letakkan punggung tangan di lantai dengan jari tangan mengarah ke belakang. Kemudian, luruskan lengan kanan ke depan lalu tarik telapak tangan kanan ke belakang dengan tangan kiri untuk merasakan peregangan yang lebih dalam di pergelangan tangan.

Lakukan gerakan yang sama dengan tangan yang lain. [8] X Teliti sumber • Untuk meregangkan pergelangan kaki, duduklah di kursi lalu kaitkan pita karet atau tali (untuk lompat tali) di telapak kaki. Tariklah pita karet atau tali dengan kedua tangan sambil menekannya dengan tumit. Ulangi gerakan yang sama dengan kaki yang lain. [9] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/50\/Do-a-Back-Handspring-Step-10-Version-3.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-10-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/50\/Do-a-Back-Handspring-Step-10-Version-3.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-10-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan handstand.

Berdirilah tegak sambil meluruskan kedua lengan ke atas. Turunkan tubuh ke depan lalu tekan telapak tangan kuat-kuat di lantai. Tendang satu kaki ke atas diikuti kaki yang lain secara natural. Aktikan otot inti dan bokong supaya Anda mampu bertahan di posisi handstand.

[10] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/82\/Do-a-Back-Handspring-Step-11-Version-3.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-11-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/82\/Do-a-Back-Handspring-Step-11-Version-3.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-11-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan postur kayang.

Berdirilah tegak sambil merenggangkan kedua telapak kaki selebar bahu dan meluruskan kedua lengan ke atas. Lihatlah ke atas, luruskan jari tangan, lalu condongkan pinggul ke depan. Lengkungkan punggung ke belakang perlahan-lahan sambil tetap meluruskan kedua lengan sampai telapak tangan menyentuh lantai. Jangan memindahkan telapak kaki selama Anda melakukan gerakan ini. Setelah bertahan selama 15-30 detik, turunkan tubuh ke lantai perlahan-lahan.

[11] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/eb\/Do-a-Back-Handspring-Step-12.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/eb\/Do-a-Back-Handspring-Step-12.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan back walkover.

Jika Anda sudah bisa melakukan kayang dengan baik, berlatihlah melakukan walkover. Dari posisi kayang, angkat satu kaki lurus ke atas sambil meluruskan jari kaki lalu ayunkan ke arah kepala sehingga kaki yang berada di lantai ikut terangkat dengan sendirinya mengikuti kaki yang di atas. [12] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0e\/Do-a-Back-Handspring-Step-13.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0e\/Do-a-Back-Handspring-Step-13.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan matras yang lembut untuk berlatih.

Pastikan Anda berlatih di atas permukaan yang lembut agar bisa berlatih kayang dari posisi berdiri dengan aman dan nyaman. Siapkan matras karet busa yang lembut untuk berlatih salto ke belakang. Untuk membiasakan diri dengan gerakan ini, mulailah dengan mengayunkan lengan ke belakang sesuai petunjuk melakukan salto ke belakang pada langkah pertama di bagian pertama artikel ini.

[13] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/79\/Do-a-Back-Handspring-Step-14.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-14.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/79\/Do-a-Back-Handspring-Step-14.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-14.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Mintalah seseorang mendampingi Anda saat berlatih.

Sebelum berlatih gerakan ini pertama kali, mintalah pelatih atau instruktur senam membantu Anda agar tidak cedera. Selain itu, Anda akan merasa lebih percaya diri sehingga mampu melakukan salto ke belakang dengan baik. Saat Anda menurunkan tubuh ke belakang, ia harus menyangga tubuh Anda dengan meletakkan satu telapak tangan di punggung bawah dan satu lagi di paha bawah sehingga Anda bisa melakukan salto ke belakang.

[14] X Teliti sumber • Pilihlah orang yang cukup kuat untuk menyangga tubuh Anda dan menguasai cara melatih yang benar. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7e\/Do-a-Back-Handspring-Step-15.jpg\/v4-460px-Do-a-Back-Handspring-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7e\/Do-a-Back-Handspring-Step-15.jpg\/v4-728px-Do-a-Back-Handspring-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan trampolin.

Berlatihlah di atas trampolin jika Anda belum siap melakukan salto ke belakang atau baru pertama kali berlatih. Cara ini membantu Anda menumbuhkan kepercayaan diri sehingga mampu melakukan gerakan ini dengan baik dan aman di permukaan yang keras, misalnya di tanah berumput.

[15] X Teliti sumber • Saat mengayunkan kaki ke atas, pastikan jari kaki yang terakhir terangkat dari lantai agar kedua kaki tetap lurus dan menambah kekuatan. • Jagalah posisi kepala agar selalu sejajar dengan lengan atas, alih-alih mendongakkan kepala. • Saat melakukan back handspring, jepitlah sepasang kaus kaki yang digulung dengan kedua kaki agar lutut tetap lurus dan rapat. • Tarik sedikit bahu ke belakang dan aktifkan otot perut. • Lakukan latihan yoga yang bermanfaat secara fisik dan mental.

• Jika takut, cobalah lakukan gerakan kayang dengan cepat hingga terbiasa. • Pastikan ada yang bisa menolong jika Anda sampai cedera.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

Artikel ini disusun bersama Rosalind Lutsky, anggota komunitas wikiHow yang tepercaya. Rosalind Lutsky pernah bekerja sebagai pelatih senam di SB Gymnastics, Stanford University, bagi anak-anak dari kisaran usia 5-12 tahun, saat masih kuliah. Dia sendiri juga pesenam yang kerap bertanding mewakili tim senam di tanah kelahirannya, Minnesota. Artikel ini telah dilihat 34.061 kali.
Teknik Dasar Lompat Jauh – Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dalam cabang olahraga selain lompat jungkit, lompat tinggi dan lompat tinggi galah.

Tujuan dari lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik tertentu ke titik lainnya, dengan cara berlari secepat-cepatnya kemudian menolak, melayang di udara, dan mendarat.

Dalam lompat jauh terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, dimana teknik dasar tersebut terbagi ke dalam beberapa gerakan, diantaranya teknik awalan atau ancang-ancang, tumpuan atau tolakan, melayang diudara dan terakhir teknik mendarat yang benar di bak pasir.

Berikut penjelasan masing-masing teknik beserta cara melakukannya. Daftar Isi • a. Awalan atau Ancang-ancang • b. Tumpuan atau Tolakan • c.

Melayang di udara • d. Mendarat a. Awalan atau Ancang-ancang Guna awalan atau ancang-ancang pada lompat jauh adalah untuk menapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya sebelum mencapai balok tolakan.

Panjang awalan untuk melaksanakan awalan lompat jauh tidak kurang dari 45 meter. Cara melakukan awalan atau ancang-ancang lompat jauh adalah sebagai berikut. • Lari ancang-ancang tergantung pada kemampuan masing-masing siswa.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

• Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertumpu/menolak. • Pinggang diturunkan sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang. b. Tumpuan atau Tolakan Tumpuan atau tolakan kaki harus kuat agar mencapai tinggi lompatan yang cukup tanpa kehilangan kecepatan maju.

Kaki ayun digerakkan secara aktif agar membantu menaikkan badan dan menjaga keseimbangan berat badan sedikit di depan titik tumpuan. Cara melakukan tumpuan atau tolakan dalam lompat jauh adalah sebagai berikut. • Ayunkan paha kaki ke posisi horizontal dan dipertahankan.

• Luruskan sendiri mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan. • Bertolaklah ke depan dan ke atas. • Sudut tolakan 45 derajat. c. Melayang di udara Sikap badan melayang di udara yaitu sikap setelah kaki menolak pada balok tumpuan.

Badan akan dapat terangkat melayang di udara, bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan jatuhnya hasil lompatan sangat tergantung dari besarnya kekuatan kaki tolak, dan pelompat harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya.

Ada tiga cara sikap melayang di udara dalam lompat jauh, yaitu sebagai berikut. • Gaya jongkok (waktu melayang bersikap jongkok) • Gaya lenting (waktu di udara badan dilentingkan) atau gaya menggantung.

• Gaya berjalan di udara (waktu di udara kaki bergerak seolah-olah berjalan di udara.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

d. Mendarat Untuk menghindari pendaratan pada pantat, kepada ditundukkan dan lengan diayunkan ke depan sewaktu-waktu kaki menyentuh pasir. Titik berat badan akan melampaui titik pendaratan kaki di pasir. Kaki tidak kaku dan tegang, melainkan lemas-lentur. Maka sendi lutut harus siap menekuk pada saat yang tepat. Gerakan ini memerlukan waktu (timing) yang tepat.

Lompat jongkok adalah jenis lompatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan jongkok pada saat melewati peti lompat.

Bentuk latihan lompat jongkok ada dua macam, yaitu sebagai berikut. 1. Lompat jongkok dengan tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat. 2. Lompat jongkok dengan tumpuan bagian ujung kuda-kuda lompat. Pada pembahasan ini akan dipelajari lopat jongkok dengan tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat. Pada dasarnya, setiap lompatan mengandung unsur gerakan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu awalan, tolakan kaki, melayang, dan mendarat.

Berikut penjelasan tentang tahap-tahap dalam lompat jongkok. 1. Awalan Untuk mempersiapkan tolakan dan gerak lanjutan dari lompatan pada kuda-kuda, terlebih dahulu harus melakukan lari sebagai awalan. Awalan lari yang dilakukan terus semakin meningkat mendekati papan tolak, sehingga mendapatkan dorongan ke depan dalam mempersiapkan tolakan ke atas depan. Tahap awalan sangat menentukan keberhasilan lompatan.

Dengan awalan yang sempurna dan tolakan kaki yang kuat, akan diperoleh jarak dan ketinggian lompatan yang diharapkan sehingga gaya dan bentuk lompatan dapat dilakukan dengan sempurna.

Banyak sekali hasil lompatan yang gagal disebabkan oleh awalan saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus kurang sempurna.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan awalan, yaitu sebagai berikut. • Berlarilah dengan ujung kaki dengan kepala tetap tegak, pandangan ke papan tolakan atau peti lompat. • Ayunkan tangan ke depan dengan sikap rileks dan irama kaki yang baik.

• Bagian akhir dari awalan lebih berkonsentrasi pada gerak menolak. • Langkah terakhir dari awalan harus tepat pada papan tolakan. 2. Tolakan Pada tahapan menolak, gerak kedua kaki harus menolak dilakukan dengan kuat secara bersama-sama. Pada tahapan menolak hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

• Persiapan kaki tolak untuk menempatkan kedua kaki tepat pada papan tolak. • Gerak tolakan kaki. • Gerak pelepasan kaki ke tahap melayang. Gerak menolak dilakukan dengan cara berikut.

• Pada saat perkenaan, tempatkan kedua kaki bersamaan pada papan tolak. • Posisikan kedua lengan diayun ke belakang badan. • Tekuk kedua lutut. • Lakukan gerak menolak ke atas depan hingga gerak awal melayang. 3. Melayang Gerak melayang terjadi setelah kaki terlepas dari gerak menolak.

Pada saat melayang, sikap badan dapat jongkok, menyudut, atau lurus. Adapun gerakannya dapat dilakukan dengan salto kedepan atau putaran. Gerak melayang dilakukan dengan dua tahap, yaitu layangan pertama dan layangan kedua. 4. Mendarat Pendaratan dilakukan dari gerak akhir melayang hingga dua kaki menyentuh lantai atau mantras pendaratan.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan pendaratan adalah sebagai berikut. • Menjaga keseimbangan badan dengan melenturkan kaki dan sikap kaki terbuka, tetapi tidak terlalu lebar. • Badan dalam keadaan rileks dan tidak kaku sehingga dapat menekuk lutut, pinggul, dan mengangkat kedua lengan.

• Mendarat dengan jarak minimal 2 meter dari kuda-kuda atau peti lompat. • Mendarat harus dengan kedua kaki menyentuh lantai atau mentras terlebih dahulu. Kesalahan-kesalahan dalam keterampilan gerak lompat jongkok tumpuan ujung peti lompat yaitu sebagai berikut. 1. Awalan lari kurang cepat. 2. Tolakan kedua kaki tidak bersamaan. 3. Peti lompat tidak tercapai dengan baik. 4. Tahapan tangan di peti.

5. Lompat kurang kuat. 6. Kedua tungkai tidak ditarik mendekati dada saat tangan menolak. 7. Pendaratan kedua kaki kurang bersamaan dan tidak berurutan. 8. Pandangan tiak ke depan. Demikian artikel yang dapat freedomsiana bagikan dan semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.
KOMPAS.com - Rangkaian gerakan lompat jauh terbagi menjadi empat bagian yaitu awalan, tolakan, sikap melayang, dan diakhiri dengan tahapan mendarat.

Masing-masing tahapan gerakan lompat jauh memiliki pengaruh terhadap saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus seorang pelompat ketika mendapat giliran di lintasan. Adapun, gerakan pada tahapan mendarat menjadi penentu titik jatuh seorang pelompat, sehingga juri nomor lompat jauh dapat memberikan penilaian atau pengukuran. Tahapan mendarat seorang pelompat dilakukan menuju area permukaan pasir, dengan ukuran bak lompatan jarak jauh berjarak 7 hingga 9 meter dan lebar 2,75 meter berdasarkan standar Badan Atletik Dunia.

Baca juga: Tujuan Utama Lompat Jauh Untuk dapat mendarat serta memperoleh catatan jarak sejauh mungkin dalam melakukan lompatan, seorang pelompat harus melakukan teknik mendarat dengan baik dan benar. Seperti dilansir dari laman BrianMac Sports Coach, faktor utama dalam teknik mendarat dalam lompat jauh, adalah keseimbangan tubuh pelompat ketika menapak di titik mendarat dalam area bak pasir. Berikut adalah cara mendarat yang benar dalam lompat jauh: Sikap saat mendarat yang baik Cara pendaratan yang aman dalam lompat jauh sebaiknya menggunakan tumit atau kaki tumpuan yang sejajar sekaligus, sejauh mungkin dari titik tolakan.

Pendaratan yang dipergunakan ketika melakukan lompat jauh adalah kedua kaki berada pada posisi lurus, kemudian mendorong tumit dan telapak kaki ke depan hingga pinggul terangkat.

Baca juga: Cara Mengukur Lompat Jauh Teknik tersebut akan membuat tubuh condong ke depan seiring laju pelompat, yang dapat dilakukan ketika sudah berada di area bak pasir.
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPesenam putri asal Uzbekistan, Silnova Anna melakukan lompatan nomor Meja Lompat (Vault) perorangan pada Kejuaran Asia Senam Artistik Junior di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Kejuaraan senam artistik bertajuk 15th Junior Artistic Gymnastic Asian Championship berlangsung pada 25-28 April 2018. KOMPAS.com - Lompat kangkang merupakan salah satu gerakan yang ada pada senam lantai atau senam ketangkasan. Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai. Pada lompat kangkang dilakukan dengan cara melompati sebuah peti atau kotak yang posisi badan condong ke depan dan membuka kedua tangannya saat melewati peti.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat kangkang adalah aktivitas melompat yang dilakukan dengan menggunakan kedua kaki yang terbuka lebar. Dilansir dari Merriam Webster, lompat kangkang atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai straddle vault adalah aktivitas senam yang dilakukan dengan melewati sebuah benda, posisinya duduk namun kedua kaki terbentang lebar. Baca juga: Bahaya dan Penggolongan Narkoba Olahraga lompat kangkang sangat membutuhkan ketangkasan dan kekuatan tangan.

Karena tangan dijadikan tumpuan untuk melakukan lompatan. Cara melakukan lompat kangkang Dalam melakukan lompat kangkang dibutuhkan beberapa cara atau teknik, jadi tidak asal melompat. Ini dilakukan agar bisa menghasilkan gerakan lompat kangkang yang baik. Dikutip dari situs Sport Plan, berlatih lompat kangkang atau straddle vault membutuhkan alat berupa kotak atau peti. Alat tersebut dijadikan pegangan atau sebagai pijakan saat akan melakukan lompatan. Untuk melakukan lompat kangkang pastinya dibutuhkan keberanian Barikut teknik dasar yang harus dikuasai dalam olahraga lompat kangkang: Baca juga: Cara Menghindari Narkoba • Melakukan awalan dengan lari secepat mungkin dan posisi badan condong ke depan.

Arahkan pandangan fokus mengarah ke peti atau kotak. • Perhitungkan langkah dari titik awalan berlari hingga peti atau kotak, untuk bersiap melakukan lompat kangkang. • Luruskan kedua tangan dan sentuh peti atau kotak. Pastikan pegangannya kuat serta arahkan seluruh jari menghadap ke depan. • Melakukan lompatan dengan posisi pinggul di atas bahu. Tetap arahkan fokus pandangan ke depan untuk bersiap melakukan pendaratan. • Angkat kaki dengan posisi tangan masih menjadi tumpuan saat melakukan lompatan.

• Lakukan pendaratan dengan posisi lutut tertekuk serta kedua tangan lurus ke atas. Saat melakukan lompat kangkang, pastikan tubuh tetap tegak agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

Pastikan juga saat menyentuh peti atau kotak, posisi tangan benar-benar saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

kemdikbud Ilustrasi gerakan lompat kangkang pada senam lantai Lompat kangkang sangat membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik serta kekuatan tangan. Pastikan untuk selalu melakukan pemanasan agar tidak mengalami cedera. Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Ukuran Tempat, Tujuan, dan Teknik Lakukan latihan secara berulang-ulang sampai mendapatkan keterampilan dan hasil yang memuaskan. Perhatikan juga kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan lompat kangkang, seperti awalan lari kurang tepat, tolakan kedua kaku tidak bersamaan, peti lompat tidak tercapai dengan baik.

Kemudian juga tumpuan tidak pada pangkal peti lompat, tahanan tangan di peti lompat kurang kuat. Kedua tungkai kurang dibuka sehingga menyentuh peti, pendaratan kedua kaki kurang bersamaan dan tidak berurutan, dan pandangan tidak ke depan.Untuk menguasai cabang atletik ini, para pemain harus memiliki kekuatan, ketangkasan dan kecepatan.

Selain itu, kebugaran jasmani juga wajib menjadi perhatian untuk mendorong kekuatan para pelompat agar memiliki kelenturan tubuh yang bisa membantu peningkatan dalam menguasai teknik-teknik dasar dengan maksimal. Pelompat mengawali teknik ini dengan berjalan cepat yang kemudian dilanjutkan dengan menambah kecepatan hingga berlari secepat mungkin sebelum melakukan tolakan. Dengan catatan, kecepatan yang didapat harus dikendalikan oleh diri sendiri agar mengetahui bagaimana dan di mana posisi yang tepat untuk melakukan tolakan.

Akan tetapi, untuk gerakan tambahan seperti berjalan di udara harus memiliki latihan yang cukup agar mengetahui ritme dan irama kedua kaki saat mendarat. Karena gerakan ini sangat beresiko, pelompat harus berkonsentrasi tinggi untuk menempatkan kedua kaki secara bersamaan ketika mendarat. Jika tidak, maka akan meningkatkan peluang cedera.
Jakarta - Salah satu materi yang didalami dalam pelajaran olahraga adalah lompat jauh.

Dalam pelajaran ini, tak hanya teknik lompat jauh yang pelajari tetapi juga peraturannya. Lompat jauh sendiri merupakan salah satu cabang olahraga atletik, yang praktiknya melakukan tolakan dengan satu kaki. Caranya dilakukan dengan mengangkat kaki ke atas-depan dalam upaya membawa titik berat selama mungkin di udara dengan cara cepat dan mencapai jarak sejauh-jauhnya.

1. Saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus Ada empat teknik lompat jauh yang harus dipraktikan, yakni awalan/ancang, tolakan/tumpuan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat. Jika semua teknik dilakukan sesuai, maka hasil lompatan akan optimal. a. Teknik awalan Awalan pada lompat jauh adalah dengan berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan menolak.

Posisi kaki pada awalan juga tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet lompat jauh.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

Ada yang awalan dengan kaki sejajar, kaki saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus yang ada di depan atau sebaliknya. Awalan dilakukan dengan berlari pelan saja. Setelah itu kecepatan lari dapat ditambah. Harus diingat kecepatan tersebut harus dipertahankan sampai menjelang tolakan. Saat mendekati 4 langkah akhir sebelum tolakan maka kecepatan lari dijaga tetap konstan tidak malah dikurangi. b. Teknik tolakan Tolakan berarti berpindahnya kecepatan vertikal yang didapat dari berlari ke kecepatan horizontal.

Paling baik menggunakan kaki yang paling kuat untuk tolakan. Dimulai dari kaki bagian tumit lalu berakhir di ujung jari. Badan sebaiknya dicondongkan sedikit ke depan ketika akan menumpu. Sementara kaki yang berayun diangkat hingga setinggi pinggul dengan posisi lutut menekuk. c. Teknik badan di udara Saat badan melayang di udara ada beberapa cara. Contohnya berjalan di atas udara.

Caranya ketika badan sedang melayang, ayunkan kaki belakang dengan kuat ke arah atas. Lalu lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara. d. Teknik pendaratan Pendaratan merupakan gerakan yang terakhir dari rangkaian gerakan lompat jauh dan merupakan teknik terakhir dari 4 teknik lompat jauh. Perlu diketahui sebaiknya pendaratan dilakukan dengan kedua kaki dengan posisi sejajar dan tumit yang lebih dulu mendarat di tempat dengan posisi tumit berhimpitan.

Ini untuk mencegah cedera. Pada waktu tumit belum menyentuh pasir tempat pendaratan, kedua kaki harus lurus atau dijulurkan ke arah depan. Pertahankan agar kedua kaki tidak saling menjauhi. Pasalnya jika jarak antara kedua kaki semakin lebar, maka jarak lompatan juga semakin berkurang. Lalu harus diperhatikan juga supaya saat pendaratan tidak jatuh duduk pada pantat. Maka sebaiknya setelah tumit menyentuh pasir, segera condongkan badan ke depan dengan posisi lutut ditekuk.

Dan paling penting setelah mendarat jangan kembali ke tempat melakukan gerakan tumpuan dengan menginjak daerah pendaratan. Selain memperhatikan teknik, pelompat juga harus memiliki kekuatan, daya lompat, kecepatan, ketepatan, kelenturan, dan mampu koordinasi seluruh gerakan. Teknik dasar lompat jauh yang tidak boleh dilupakan juga adalah cepat, tepat, luwes, dan lancar. 2. Cara Lompat Jauh Untuk melakukan teknik lompat jauh ini, pertama-tama pelompat harus lari ancang-ancang antara 10 sampai 20 langkah.

Kemudian, kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit bertolak atau bertumpu. Kedua, kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimal sampai mencapai papan bertolak. Turunkan pinggang sedikit pada satu langkah terakhir dari ancang-ancang. Ketiga, ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan.

Luruskan sendiri mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan. Bertolak lah ke depan dan ke atas (sudut tolakan 45 derajat) Keempat, tolak kaki pada pangkal titik berat badan ke atas. Kemudian, diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun.

Saat melayang, tekuk kedua kaki sedikit sehingga badan berada dalam sikap jongkok. Kelima, saat akan mendarat acungkan kedua kaki ke depan, yaitu bersamaan dengan kedua lengan diluruskan ke depan. Bila kedua kaki telah mendapat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki.

Baca juga: Bob Hasan dalam Kenangan Maria Londa 3. Peraturan Lompat Jauh Dalam olahraga lompat jauh ada beberapa peraturan yang harus diikuti, yakni pertama lintasan awalan lebar minimal 1,22 meter dengan panjang 45 meter. Kemudian, panjang papan tolakan 1,22 meter, dengan lebar 20 cm, dan tebal 10 cm. Lalu, pada sisi dekat dengan tempat mendarat harus diletakkan papan plastisin untuk mencatat bekas kaki pelompat bila ia berbuat salah tolak.

Selanjutnya, papan tolakan harus dicat putih dan berada di tahan datar dengan ditanam sekurang-kurangnya 1 meter dari tepi saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus ba pasir pendaratan. Untuk tempat pendaratan pelompat, lebar pendaratan minimal 2,75 meter dan jarak antara garis tolakan sampai akhir tempat lompatan minimal 10 meter. Perhatikan permukaan pasir di tempat pendaratan harus datar dengan sisi atas papan tolakan.

Peraturan terakhir dari teknik lompat jauh adalah peserta diperbolehkan melompat 3 kali giliran bila jumlah pelompat lebih dari 8 orang.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

Delapan pelompat terbaik juga dapat melompat tiga kali lagi untuk menentukan pemenang. Bila peserta kurang dari 8 orang, maka setiap peserta mendapatkan giliran sebanyak 6 kali. Adapun, waktu yang disediakan pada pelompat hanya 1,5 menit. Selamat mencoba teknik lompat saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus ya!

Simak Video " Tes Mobil Listrik Lexus UX 300e: Mobil Listrik Rasa Mobil Konvensional" [Gambas:Video 20detik] (pay/pal)
Daftar Menu Artikel • 1. Teknik Awalan • 2. Teknik Tolakan • 3. Teknik Melayang (Sikap Badan di Udara) • Melayang dengan sikap jongkok • Melayang dengan sikap melayang • Melayang dengan sikap berjalan di atas udara • 4.

Teknik Pendaratan • Share this: • Related posts: 1. Teknik Awalan Kuda – kuda lompat jauh dengan lompat tinggi sangat jauh berbeda. Pasalnya pada lompat jauh di lakukan dengan awalan lari se kencang mungkin hingga dapat mencapai tolakan terkuat sehingga dapat melayang sejauh mungkin. Untuk mendapatkan lompat jau yang sempurna maka anda bisa menggunakan awalan dengan lari di tempat untuk mempermudah anda melakukan tolakan dan lepas landas.

Lari di tempat ini sebagai salah satu pemanasan sebelum anda melakukan lompat jauh. Keseimbangan tolakan dengan jarak papan atau jarak loncatan harus tepat. 2. Teknik Tolakan Ini merupakan salah satu teknik di mana tempat berpindahnya kecepatana vertikal yang di capai saat lari di kecepatan horisontal. Hal ini bertujuan agar badan melayang jauh.

Para atlit lompat jauh akan menggunakan kaki yang paling kuat untuk melakukan tolakan yakni dengan cara mengayukna kaki ke depan dengan posisi tanagn ke atas. Kombinasi antara tolakan ke atas dan kecepatan yang baik maka akan menjadikan tubuh lebih enteng sehingga dapat melayang sejauh mungkin bahkan biasanya dapat melayang dengan lama.

Tentunya ini di lakukan bertujuan untuk menghasilkan jarak loncatan yang jauh. Inilah hal – hal yang di lakukan untuk membuat tolakan anda jauh ktika melakukan lompat jauh, di antaranya : • Ketika melakukan sebuah tolakan maka anda harus menggunakan kaki yang paling kuat baik kaki kiri atau kanan • Condonkan badan kedepan saat akan bertumpu • Saat berada di papan tumpuan maka lakukanlah tumpuan • Gunakan kaki kanan atau kiri sebagai kaki ayun.

Kemudian di angkat condong kedepan beserta posisi lutut tertekuk 3. Teknik Melayang (Sikap Badan saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus Udara) Saat tubuh anda di udara maka anda bisa mengayunkan kaki kanan secepat mungkin mengarah ke depan. Di saat sudah mencapai ke titik yang paling tinggi dari posisi anda melayang maka aturlah kaki menyerupai duduk atau jongkok. Ini di lakukan saat sesudah melayang kemudian ulurkan kaki lurus kedepan. Maka badan anda akan condong kedepan saat pendaratan.

Cara melakukan teknik ini dengan benar adalah sebagai berikut : • Ayunkan kaku ke depan dan keatas saat anda melakukan tolakan • Turunkan kaki saat anda melayang di udara. Pada saat itu juga anda mendorong pinggul mengarah ke depan dengan posisi mengadah dan membusungkan dada di sertai posisi tangan ke belakang • Pada saat akan mendarat maka ayunkan kaki anda keduannya.

Kemudian bungkukan tubuh anda dengan kepala tertunduk. Beberapa teknik melayang adalah sebagai berikut : Melayang dengan sikap jongkok Dalam sikap ini maka anda hanya membiarakan kaki menggantung saat menumpu.

Namun tubuh anda harus tetap tegak dengan di susul kai tumpuan dan tekuk lutut di sertai gerakan dorongan pinggul ke depan.

Rentangkan lengan anda keatas untuk menyeimbangkan tubuh. Melayang dengan sikap berjalan di atas udara Ayunkan kaki anda ke belakang dengan cepat kearah atas pada saat anda melayang. Ini seperti gerakan saat anda melangkah di udara 4. Teknik Pendaratan Teknik ini adalah gerakan terakhir pada lompat jauh.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda melakukan teknik ini adalah sebagai berikut : • Teknik ini harus anda lakukan dengan kesadaran yang penuh dan tetap fokus. Ini untuk membuat anda terhindar dari cidera. • Gunakan kedua kaki seperti posisi sejajar untuk menghindarkan anda dari segala cidera kaki saat pendaratan.

• Tetap julurkan kaki kedepan saat pendaratan sebelum tumit menyentuh pasir. Selain itu posisi kaki juga harus berdempetan karena jika makin berjauhan maka jarak lompatan akan berkurang. • Sebaiknya saat tumit anda menyentuh darat maka anda harus mencondongkan badan ke depan dengan lutut di tekuk. Hal ini di lakukan untuk mengurangi adanya cidera pada pantat. • Jangan berusaha kembali ke tempat tumpuan saat anda sudah akan mendarat. Itulah beberapa pembahasan mengenai teknik lompat jauh dengan kemasan lebih detail lagi.

F.A.Q Materi Terbaru • Etika Bisnis – Pengertian, Prinsip, Manfaat Dan Contoh • Gerak Rotasi – Pengertian, Pembahasan, Rumus Dan Contoh Soal • Warna Pastel • Warna Pelangi • Trust adalah – Pengertian, Macam-Macam Dan Contoh • Unsur – Unsur Hukum Adat – Pengertian, Ciri-Ciri Dan Contoh [Lengkap] • Pengertian Senam – Sejarah, Manfaat Dan Jenis-Jenis • Pengertian Jaringan Dewasa – Ciri-Ciri, Fungsi Dan Strukturnya • Pengertian Kalusa – Ciri-Ciri Dan Contoh Penggunaanya • Jumlah Tulang Manusia • Kerajinan Dari Koran • Contoh Organisasi Sosial • Landasan Politik Luar Negeri Indonesia • Lembaga Peradilan Di Indonesia • Kerajinan Bahan Lunak
Artikel ini disusun bersama Dean Theriot.

Dean Theriot adalah Pelatih Pribadi dan Pemilik Timberline Fitness di Houston, Texas. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di industri kebugaran, Dean mengkhususkan diri dalam pelatihan pribadi, kelompok, dan olahraga tertentu.

Dean meraih gelar BS dalam Fisiologi Olahraga dari LSU. Dean mengombinasikan latihan ketahanan dan kardiovaskular dengan latihan pilates untuk latihan komprehensif bagi kliennya. Pelatihan khusus olahraganya meliputi sepak bola, basket, dan bisbol. Artikel ini telah dilihat 228.079 kali. Meskipun mungkin Anda telah melompat sejak usia kanak-kanak, Anda tetap perlu mempelajari teknik yang benar untuk melakukannya. Mendarat secara tidak tepat dapat membuat lutut Anda robek dan tulangnya berubah bentuk.

Anda dapat mempelajari dasar-dasar lompatan vertikal dan horizontal, serta beberapa saran yang berguna untuk mengembangkan lompatan Anda.

Jika Anda tertarik pada jenis-jenis lompatan tertentu secara spesifik, Anda dapat membaca panduan tentang cara melakukan lompat gawang, meningkatkan ketinggian lompatan vertikal, atau melompat ke permukaan dinding.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/df\/Jump-Step-1-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-1-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/df\/Jump-Step-1-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-1-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ambil satu atau dua langkah awal.

Walaupun mungkin Anda akan melompat langsung ke udara, menambahkan satu-dua langkah ancang-ancang sebelum melakukan lompatan dapat membuat lompatan itu menjadi lebih tinggi. Energi yang terbentuk dari langkah-langkah itu dapat membantu menciptakan daya angkat tambahan ke arah atas, yang memberikan tambahan ketinggian beberapa sentimeter pada lompatan vertikal.

[1] X Teliti sumber • Lompatan vertikal dapat mencapai ketinggian maksimal jika dilakukan dengan kedua kaki. Gunakan kekuatan kedua tungkai untuk mendorong tubuh Anda dari lantai, walaupun Anda telah mengambil beberapa langkah ancang-ancang sebelum melompat.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/cb\/Jump-Step-2-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-2-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/cb\/Jump-Step-2-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-2-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jatuhkan diri pada kursi bayangan di dalam imajinasi Anda.

Untuk menghasilkan kekuatan yang sebesar-besarnya dari tungkai Anda dan ketinggian lompatan yang maksimal, Anda perlu menekuk lutut. Bagi kebanyakan orang, membayangkan duduk di kursi tepat sebelum melompat akan membantu. Kedua kaki Anda haruslah terentang selebar bahu, dan pinggul Anda harus menekuk pada sudut 30 derajat, seadngkan lutut menekuk pada sudut 60 derajat, dan pergelangan kaki menekuk pada sudut 25 derajat, agar kekuatan dihasilkan dengan maksimal tanpa menimbulkan cedera pada lutut.

Anda harus mampu menaikkan dan menurunkan jari-jari kaki saat berada dalam posisi duduk bayangan ini, dengan cara menyeimbangkan titik-titik pangkal jari kaki. [2] X Teliti sumber • Berhati-hatilah agar lutut Anda tidak mengarah ke dalam dan tidak berada pada posisi “mengunci”, dengan jari-jari kaki yang juga mengarah ke dalam.

Jagalah agar lutut Anda tetap selurus mungkin, dengan posisi ideal secara vertikal tepat di atas jari-jari kaki. [3] X Teliti sumber Posisikan kedua lengan di sisi-sisi tubuh Anda.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

• Jagalah juga agar punggung Anda sangat tegak saat melompat. Berlatihlah di depan cermin untuk melakukan posisi duduk bayangan ini sambil menjaga posisi punggung yang tegak demi mencegah bahaya cedera. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/52\/Jump-Step-3-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-3-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/52\/Jump-Step-3-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-3-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Dorong tubuh Anda naik dengan tungkai.

Ayunkan pangkal jari kaki naik, ayunkan tangan ke atas ke udara dan ke arah langit-langit, untuk menambah momentum. Bagi sebagian orang, ini dapat dilakukan dengan efektif dengan membayangkan bahwa mereka mendorong lantai ke bawah menjauh dari tubuh mereka, sambil berusaha memanjangkan tungkai sekuat-kuatnya. Kekuatan dan ketinggian lompatan Anda dihasilkan dari kekuatan yang Anda keluarkan pada langkah ini. • Jika Anda melakukannya dengan tepat, kedua kaki Anda saat melompat haruslah tertarik ke depan, dari bagian tumit hingga jari kaki.

Anda akan merasakan tumit Anda bergerak dari belakang ke arah depan ke jari kaki, saat Anda kembali ke posisi berdiri normal, serta hal ini akan terjadi secara jauh lebih cepat saat Anda melompat. Anda harus membuat posisi “menggulung” ini ke arah jari kaki saat melompat. • Pertahankan agar lengan Anda tetap sejajar satu sama lain dan gerakkan hanya hingga sedikit ke belakang. Ayunkan lengan ke depan saat menegakkan seluruh tubuh kembali, seolah Anda meluruskan sebuah pegas. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/79\/Jump-Step-4-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-4-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/79\/Jump-Step-4-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-4-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bernapaslah sambil melompat.

Sama seperti saat Anda melakukan latihan angkat beban yang rutin, penting sekali untuk menghembuskan napas saat Anda mendorong dan membuat lompatan vertikal yang besar. Ini memang belum tentu akan membuat Anda dapat melompat lebih tinggi, namun akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan pas jika dilakukan saat melompat.

Bayangkan hal ini sebagai satu gerakan besar yang tidak terpisah-pisah bagiannya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/21\/Jump-Step-5-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-5-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/21\/Jump-Step-5-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-5-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Mendaratlah dengan pangkal jari kaki.

Agar tidak mendarat dengan keras lalu mencederai diri sendiri, penting sekali bahwa Anda mendarat dengan pangkal jari kaki lalu kembali menurunkan tumit. Mendarat dengan permukaan telapak kaki yang benar-benar rata akan membuat pergelangan kaki Anda terpuntir. Saat mendarat, Anda harus ekstra berhati-hati agar rantai hentakan kinetis ini tetap berlanjut dan Anda mendarat dengan pangkal jari kaki, kemudian tumit, kemudian lutut dan yang terakhir, pinggul. • Tekuk lutut Anda sedikit sebelum mengakhiri lompatan, untuk memperkecil hentakan pada lutut.

Biarkan lutut menyerap momentum itu, dan mendaratlah dalam posisi setengah berjongkok (tidak melebihi 90 derajat) agar hentakan benar-benar teredam. Lalu, luruskan tubuh kembali dari posisi jongkok. • Dengan menekuk sendi saat mendarat, Anda memindahkan hentakan pendaratan ini ke otot-otot dan tendon-tendon, yang memang dirancang untuk menyerap dan meredam hentakan seperti ini. Anda bahkan dapat menyimpan energi dari hentakan ini dalam waktu singkat lalu memanfaatkannya secara elastis untuk melakukan lompatan berikutnya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/86\/Jump-Step-6-Version-5.jpg\/v4-460px-Jump-Step-6-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/86\/Jump-Step-6-Version-5.jpg\/v4-728px-Jump-Step-6-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berlatihlah melakukan lari cepat.

Lompat jauh lebih menyerupai lari cepat daripada lompat tinggi. Jika Anda ingin memiliki jarak lompatan yang lebih jauh, Anda perlu melatih kecepatan Anda. Berlatihlah melakukan lari sangat cepat, lari jarak jauh, dan tingkatkan kecepatan dalam waktu yang sangat singkat.

Para pelompat jauh yang baik adalah pelari-pelari cepat. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/ba\/Jump-Step-7-Version-5.jpg\/v4-460px-Jump-Step-7-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/ba\/Jump-Step-7-Version-5.jpg\/v4-728px-Jump-Step-7-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenali kaki Anda yang dominan.

Jika Anda ingin melatih lompatan jauh, Anda perlu melompat dengan tumpuan kaki yang dominan, yaitu kaki yang terasa lebih nyaman saat Anda gunakan untuk melompat atau menendang. Biasanya, namun tidak selalu, ini adalah sisi kaki yang sama dengan sisi tangan yang Anda gunakan untuk menulis.

Jika Anda tidak yakin, ambillah bola sepak dan tendanglah beberapa kali. Kaki mana yang terasa lebih nyaman saat saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus menendang?

Sisi kaki itulah yang mungkin merupakan kaki Anda yang dominan, yang akan Anda gunakan sebagai tumpuan untuk lompatan jauh. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b9\/Jump-Step-8-Version-5.jpg\/v4-460px-Jump-Step-8-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b9\/Jump-Step-8-Version-5.jpg\/v4-728px-Jump-Step-8-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berlatihlah melompat jauh hanya di lokasi trek yang tepat.

Lompat jauh biasanya dilakukan di dalam bak pasir, dan Anda membutuhkan teknik yang cermat untuk menghindari risiko cedera. Jangan pernah mencoba melakukan lompat jauh seperti ini di atas permukaan tanah biasa.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

• Jika Anda tidak memiliki akses untuk menggunakan bak pasir lompat jauh, Anda perlu berlatih melakukan lompatan dan mendarat dengan kaki Anda. Ini adalah cara yang sangat baik untuk membangun jarak lompatan dan memperbaiki lompatan jauh nantinya. Melakukan latihan semacam ini tidak akan sia-sia.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/77\/Jump-Step-9-Version-5.jpg\/v4-460px-Jump-Step-9-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/77\/Jump-Step-9-Version-5.jpg\/v4-728px-Jump-Step-9-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berlarilah secepat mungkin ke garis awal lompatan. Garis awal lompatan harus ditandai dengan jelas, dan area setelah garis itu merupakan area mendarat, di mana titik pendaratan Anda akan ditandai.

Saat melakukan lompat jauh, penting sekali bahwa Anda mulai melompat pada titik sedekat mungkin dengan garis awal lompatan ini, agar lompatan Anda berjarak maksimal. Namun jangan sampai Anda mulai melompat pada titik yang melampaui garis awal lompatan, karena lompatan seperti ini saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus akan diperhitungkan. Perhatikan baik-baik garis awal lompatan, dan tempatkan kaki tumpuan Anda sedikit di sebelah kanannya. • Percepat dan lanjutkan kekuatan lari Anda saat semakin mendekati garis awal lompatan.

Anda harus bergerak secepat-cepatnya saat mendekati garis batas area berlari. Inilah momentum yang harus Anda bawa ke dalam lompatan Anda, lebih daripada sekedar kekuatan Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a4\/Jump-Step-10-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-10-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a4\/Jump-Step-10-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-10-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Melompatlah.

Tempatkan kaki dominan di sebelah kanan garis awal lompatan dan berfokuslah untuk melompat sejauh-jauhnya ke depan, sambil mendorong pinggul ke depan sejauh mungkin. Biarkan momentum ini membawa tubuh Anda naik dan maju melewati garis awal lompatan, dan menjangkau area mendarat sejauh mungkin. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e3\/Jump-Step-11-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-11-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e3\/Jump-Step-11-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-11-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ayunkan kedua lengan dan tungkai kuat-kuat ke depan sebelum mendarat.

Sambil merasakan saat-saat di mana puncak lompatan mulai berakhir dan tubuh Anda mulai bergerak menurun, dorong kedua kaki dan kedua lengan Anda ke depan untuk mempersiapkan pendaratan dan menciptakan tambahan jarak sejauh beberapa sentimeter pada lompatan ini. Jarak lompatan akan diukur berdasarkan titik terjauh yang dijangkau oleh tubuh Anda dari garis awal lompatan, maka menempatkan kedua kaki sejauh-jauhnya di depan tubuh Anda adalah penting.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/98\/Jump-Step-12-Version-4.jpg\/v4-460px-Jump-Step-12-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/98\/Jump-Step-12-Version-4.jpg\/v4-728px-Jump-Step-12-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lakukan pendaratan yang selembut mungkin.

Pada lompat jauh, pendaratan tidaklah semulus awal lompatan sama sekali. Pendaratan Anda sebagian besarnya ditentukan oleh posisi awal lompatan yang tepat, namun Anda dapat menjaga tubuh Anda tetap aman dengan cara mempertahankan kedua lutut tetap sedikit tertekuk, pergelangan kaki benar-benar lurus, dan tidak menahan bobot tubuh yang mendarat dengan menggunakan pergelangan tangan. Manfaatkan saja bak pasir itu.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/83\/Jump-Step-13-Version-3.jpg\/v4-460px-Jump-Step-13-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/83\/Jump-Step-13-Version-3.jpg\/v4-728px-Jump-Step-13-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tingkatkan kekuatan Anda.

Teknik dan pengkondisian adalah dua hal saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus dalam melompat. Pertama-tama, Anda harus mengetahui cara menggerakkan tubuh Anda dengan tepat untuk mencapai gerakan yang diinginkan. Hal penting berikutnya adalah melatih otot dan sendi Anda untuk menahan energi yang kuat yang Anda bebankan kepadanya, sekaligus untuk membantu Anda melakukan lompatan pada jarak yang lebih jauh atau tinggi.

Ini berarti Anda membutuhkan latihan kekuatan, aerobik, serta kelenturan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/86\/Jump-Step-14-Version-3.jpg\/v4-460px-Jump-Step-14-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/86\/Jump-Step-14-Version-3.jpg\/v4-728px-Jump-Step-14-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tingkatkan kelenturan Anda dengan peregangan teratur.

Para atlet dan penari yang sanggup melakukan lompatan yang paling bertenaga adalah mereka yang memiliki kelenturan tubuh yang maksimal. Jika Anda melakukan lompat gawang, Anda perlu sanggup mengayunkan tungkai Anda yang sedang memimpin gerakan ke titik yang Anda inginkan agar Anda dapat memaksimalkan momentum lompatan.

• Para pelompat terbaik memiliki rasio kekuatan 3:2 pada otot-otot quadricep dan hamstring. Jika tubuh Anda tidak terlalu lentur, Anda akan cenderung mengembangkan kekuatan yang tidak berimbang sehingga membatasi kemampuan Anda untuk melompat.

saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus

Lakukan peregangan secara teratur agar Anda dapat meningkatkan dan mempertahankan kelenturan pada pergelangan kaki, lutut dan pinggul. [4] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/d5\/Jump-Step-15-Version-3.jpg\/v4-460px-Jump-Step-15-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/d5\/Jump-Step-15-Version-3.jpg\/v4-728px-Jump-Step-15-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Perkuat otot dalam perut Anda.

Otot perut yang tidak tampak berkotak-kotak pada pelompat tidak berarti Anda dapat mengabaikan kekuatan otot dalamnya (dinding abdomen yang melintang). Otot ini memiliki peran kunci pada gerakan apapun yang membutuhkan kekuatan, termasuk melompat.

Untuk memperkuat otot ini, tarik perut Anda ke dalam dengan menarik napas dalam-dalam, tahan selama 20 detik, lalu lepaskan. Ulangi 4 kali, dan lakukan rangkaian ini sebanyak 3-4 kali setiap minggunya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b2\/Jump-Step-16-Version-3.jpg\/v4-460px-Jump-Step-16-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b2\/Jump-Step-16-Version-3.jpg\/v4-728px-Jump-Step-16-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Perkuat otot dorsi-flexor Anda.

Otot-otot ini digunakan untuk memperkecil sudut di antara kaki dan tungkai Anda (saat Anda menarik jari-jari kaki mendekati tulang kering). Saat melompat, Anda sebenarnya perlu melakukan gerakan “sebaliknya” ( plantarflexion, yaitu gerakan yang sama dengan gerakan saat Anda menginjak pedal ketika mengemudi) untuk melakukan dorongan ke lantai/tanah. Jadi, mengapa Anda perlu memperkuat otot dorsi-flexor? Karena setiap bagian otot hanya dapat menjadi sekuat bagian otot yang sebaliknya.

Kemampuan Anda untuk “mendorong” kaki ke bawah hanya dapat menjadi sekuat kemampuan Anda untuk “menarik” kaki itu ke atas, karena otot dorsi-flexor berfungsi sebagai alat yang menciptakan stabilitas. Salah satu cara untuk melatih kekuatan otot dorsi-flexor adalah berjalan-jalan dengan tumpuan tumit, tanpa bagian pangkal jari kaki menyentuh permukaan tanah, hingga Anda dapat merasakan cukup panas. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/07\/Jump-Step-17-Version-3.jpg\/v4-460px-Jump-Step-17-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/07\/Jump-Step-17-Version-3.jpg\/v4-728px-Jump-Step-17-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Latih kekuatan jari-jari kaki Anda.

Saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus mungkin berpikir bahwa orang yang perlu melatih kekuatan jari-jari kaki hanyalah para penari balet, namun faktanya, jari-jari kaki Anda dapat menambah kekuatan kaki Anda saat mendorong.

Dalam lompatan yang benar, jari-jari kaki adalah bagian tubuh terakhir yang meninggalkan permukaan tanah, sekaligus memberikan dorongan ekstra yang meningkatkan kekuatan lompatan. Untuk memperkuat otot-otot jari kaki, buka dan tutup jari-jari kaki berulang-ulang, atau lakukan push up dengan tumpuan jari kaki dan tahan selama setidaknya 10 detik. • Jangan memaksakan diri Anda melampaui batas keamanan.

Rasa sakit adalah cara tubuh untuk memberitahukan bahwa Anda perlu berhenti dan Anda harus mendengarkan peringatan ini. Jika tubuh Anda terasa sakit setelah berlatih, ini berarti Anda telah melampaui batas kemampuan tubuh Anda. Jika ini terjadi, jangan paksakan diri Anda.

Jika rasa sakitnya parah, temui dokter. Mungkin ada otot tertentu yang tertarik atau terpuntir. • Berhati-hatilah saat menerima promosi program latihan melompat. Selidiki dahulu segala sesuatunya sebelum Anda memutuskan untuk membayar/membeli. Ini sangatlah penting. • Jangan lakukan latihan secara berlebihan. Latihan melompat adalah latihan yang harus dilakukan dengan singkat namun berkualitas, bukan latihan yang panjang dengan intensitas rendah.

• Amati sekitar Anda baik-baik sebelum melompat. Anda dapat saja melompat menabrak seseorang atau benda-benda yang berbahaya. • Jangan biarkan kedua lutut Anda berada pada posisi mengunci. Hindari benturan yang keras. Menekuk lutut akan membuat otot-otot tungkai mampu meredam hentakan/benturan. Artikel ini disusun bersama Dean Theriot. Dean Theriot adalah Pelatih Pribadi dan Pemilik Timberline Fitness di Houston, Texas. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di industri kebugaran, Dean mengkhususkan diri dalam pelatihan pribadi, kelompok, dan olahraga tertentu.

Dean meraih gelar BS dalam Fisiologi Olahraga dari LSU. Dean mengombinasikan latihan ketahanan dan kardiovaskular dengan latihan pilates untuk latihan komprehensif bagi kliennya.

Pelatihan khusus olahraganya meliputi sepak bola, basket, dan bisbol. Artikel ini telah dilihat 228.079 kali.

Depth jumps live coaching session.




2022 www.videocon.com