Surat al fil latin dan artinya

surat al fil latin dan artinya

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَٰبِ ٱلْفِيلِ Arab-Latin: a lam tara kaifa fa’ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl Artinya: 1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيلٍ a lam yaj’al kaidahum fī taḍlīl 2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl 3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ tarmīhim biḥijāratim min sijjīl 4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍۭ fa ja’alahum ka’aṣfim ma`kụl 5.

lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). Jakarta - Dalam Tafsir Al-Misbah Jilid 15, Prof. Dr.M. Quraish Shihab menjelaskan tentang surat Al-Fil yang memiliki arti gajah. Surat ini menjelaskan tentang uraian kegagalan upaya ekspansi yang dilakukan oleh Abrahah al-Asyram al-Habasyi dengan pasukan bergajahnya yang dikerahkan dari arah Yaman menuju Mekah untuk menghancurkan Ka'bah.

Al-Biqai juga berpendapat bahwa tujuan utama dari surat Al-Fil adalah pembuktian tentang kebenaran uraian pada akhir surah yang lalu menyangkut kebinasaan para pendurhaka. Surat Al-Fil merupakan surat yang ke-19 dari perurutan turunannya. Surat ini turun sesudah surat Quraisy. Baca juga: Surat Yusuf, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya Berikut surat Al-Fil ayat 1-5: أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَٰبِ ٱلْفِيلِ Latin: "a lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl" 1.

Artinya: "Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?" أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيلٍ Latin: "a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl" 2.

Artinya: "Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?" وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ Latin: "wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl" 3. Artinya: "dan Dia mengirimkan surat al fil latin dan artinya mereka burung yang berbondong-bondong." تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ Latin: "tarmīhim biḥijāratim min sijjīl" 4.

Artinya: "yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar" فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍۭ Latin: "fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl" 5.

surat al fil latin dan artinya

Artinya: "lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)." Itulah surah Al-Fil beserta artinya yang bisa kita baca. Kandungan dari surat Al-Fil ini ialah mempertanyakan tentang bagaimana Allah memperlakukan Ashhab Al-Fil dan akhirnya menyatakan akibat buruk yang mereka alami karena perlakuan Allah itu, yakni mereka binasa bagaikan daun-daun yang telah dimakan ulat.
Jakarta - Surat Al-Fil merupakan surat ke 105 dalam Al Quran.

Surat yang terdiri dari 5 ayat ini termasuk dalam surat Makkiyah.

surat al fil latin dan artinya

Surat ini berarti gajah. Bercerita tentang kegagalan Abrahah dan pasukan gajah dalam menghancurkan Ka'bah. Abrahah adalah Gubernur Yaman yang gagal merebut Ka'bah di Mekah pada sekitar tahun 570 Masehi.

surat al fil latin dan artinya

Dengan izin Allah SWT, pasukan gajah Abrahah dikalahkan oleh burung Ababil. Karena itulah, peristiwa itu dikenal juga dengan Tahun Gajah. Baca juga: Surat Al Ma'un, Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahannya Berikut Surat Al-Fil Arab, Latin, dan Artinya: 1. اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

2. اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

surat al fil latin dan artinya

3. وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ tarmīhim biḥijāratim min sijjīl yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

surat al fil latin dan artinya

Dari surat Al Fil, dapat disimpulkan sangat besar kekuasaan Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Allah bahkan mengirimkan burung Ababil untuk menghancurkan tentara bergajah agar Ka'bah tidak hancur.

surat al fil latin dan artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ 1. a lam tara kaifa fa’ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ 2. a lam yaj’al kaidahum fī taḍlīl Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia? وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ 3.

surat al fil latin dan artinya

wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ 4. tarmīhim biḥijāratim min sijjīl yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar, فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ 5. fa ja’alahum ka’aṣfim ma`kụl sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).
AYOINDONESIA.COM - Surat Al Fil adalah surat ke-105 dalam mushaf Al Quran, namun jika berdasarkan turunnya wahyu surat ini adalah ke-19 yang diturunkan setelah Al Kafirun.

Al Fil tergolong surat Makkiyah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad di kota Mekkah. Surat ini terdiri dari 5 ayat, 23 kata dan 97 huruf. Surat Al Fil adalah salah satu surat yang termasuk Juz Amma di hizb ke-4 juz 30 Al-Quran.

surat al fil latin dan artinya

Dalam bahasa Arab Al Fil artinya gajah, surat ini dinamai Al-Fil karena menceritakan tentang Ashab Al-Fil (pasukan bergajah) dari Yaman pimpinan Raja Abrahah yang bermaksud menghancurkan Ka'Bah. Namun dihadang surat al fil latin dan artinya pasukan burung Ababil yang membawa batu dari neraka kemudian dilemparkan kepada pasukan gajah tersebut.

Peristiwa ini terjadi pada tahun dimana Baginda Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Surat Al Fil Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan Berikut adalah surat Al Fil dalam tulisan Arab, Latin dan terjemahan setiap ayatnya. اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ 1. A lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi as-habil-fil. Artinya: "Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?" اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ 2.

A lam yaj'al kaidahum fi tadlil. Artinya: "Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?" وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ 3. Wa arsala 'alaihim tairan ababil. Artinya: "Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong." تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ 4.

Tarmihim bihijaratim min sijjil. Artinya: "Yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar." فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ 5.

surat al fil latin dan artinya

Fa ja'alahum ka'asfim ma'kul. Artinya: "Sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat)." Surat Al Fil Tulisan Arab Lengkap Berikut surat Al Fiil dalam tulisan Arab lengkap dari ayat 1-5. بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ ﴿١﴾ أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ ﴿٢﴾ وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ ﴿٣﴾ تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ ﴿٤﴾ فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ ﴿٥﴾٥ Demikian surat Al FIl dalam tulisan Arab, Latin dan terjemahannya.

Semoga dengan membaca serta memahami maknanya akan semakin meningkatkan keimanan kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Editor: Ananda Muhammad Firdaus Tags
Teks Bacaan Surat Al Fiil Arab Latin dan Terjemahannya - Al Fiil merupakan surat ke 105 dalam Al-Quran.

surat ini turun di kota mekkah dan termasuk golongan surat surat makkiyah. Al-Fiil hanya terdiri dari 5 ayat saja karena memang termasuk salah satu surat pendek yang ada dalam Al Quran serta ada didalam kategori juz amma. Al Fil sendiri jika diartikan berarti "Gajah".

diberi nama Al-Fil karena mengambil kata dari ayat pertama surah ini. Mengenai makna dan isi kandungan Qs Al Fiil ini secara garis besar adalah menerangkan tentang gagalnya usaha penghancuran kabah oleh pasukan gajah yang dibinasakan oleh ALLAH SWT. tahun terjadinya peristiwa ini juga dicatat dalam sejarah Islam sebagai tahun gajah. Dan untuk selengkapnya, berikut ini lafadz dan teks bacaan surat Al Fiil dalam versi tulisan arab dan latin lengkap beserta arti/terjemahan bahasa indonesianya agar memudahkan untuk dipahami maksud serta pokok isi ayat ayatnya.

. Baca Juga : Surat Al Quraisy بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ ﴿١﴾ أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ ﴿٢﴾ وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ ﴿٣﴾ تَرْمِيهِم surat al fil latin dan artinya مِّن سِجِّيلٍ ﴿٤﴾ فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ ﴿﴾٥ Teks Latin Surat Al-Fil 1.

alam tara kayfa fa’ala rabbuka bi-ash-haabilfiil. 2. alam yaj’al kaydahum fii tadhliil 3. wa-arsala ‘alayhim thayran abaabiil. 4. tarmiihim bihijaaratimmin sijjiil. 5. faja’alahum ka’ashfimma'kuuli. Arti Bahasa Indonesia Qs Al-Fiil 1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

2. Bukankah Dia telah menjadikan surat al fil latin dan artinya daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?, 3. Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, 4.

yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, 5.

surat al fil latin dan artinya

lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). Itu tadi artikel mengenai Teks Bacaan Surat Al Fiil Arab Latin dan Terjemahannya. moga moga mendatangkan manfaat besar bagi pembacanya serta dipermudah dalam menghafalnya. wallahu a'lam.Brilio.net - Surat Al-Fil merupakan surat ke-105 dalam Al-Quran yang diturunkan di Makkah.

Nama surat Al-Fil diambil dari kata Al-Fil yang ditemukan pada ayat pertama dan memiliki arti "gajah." Surat yang terdiri dari lima ayat ini sering dibaca pada waktu sholat karena termasuk surat pendek dan sangat mudah dihafalkan. Dengan membaca surat Al-Fil, kamu akan mengetahui tentang kisah kegagalan dari Abrahah dan pasukan gajahnya yang ingin menghancurkan Kakbah pada tahun 570 M. Abrahah sendiri merupakan gubernur daerah Najasi, Yaman yang ingin membangun gereja besar di daerahnya.

Ia surat al fil latin dan artinya tergolong sebagai kaum nasrani. Abrahah sangat penasaran mengapa banyak orang mengunjungi Kakbah dan bisa meningkatkan penjualan bagi para pedagang disekitarnya. Kemudian Abrahah pun ingin membangun gereja sendiri supaya haji yang ada di Makkah dapat dipindahkan ke Yaman. Keinginannya menghancurkan Kakbah muncul karena pada saat itu orang-orang Arab menjelek-jelekkan gereja orang nashrani, sehingga Abrahah marah.

Namun, upaya Abrahah dan pasukan gajahnya merebut Kakbah di Mekah bisa digagalkan berkat kumpulan burung ababil yang didatangkan oleh Allah SWT. Burung-burung tersebut membawa surat al fil latin dan artinya yang kemudian dilemparkan pada Abrahah dan pasukan gajahnya. ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI Selain menceritakan kisah tentang kuasa Allah yang ditunjukkan melalui datangnya burung Ababil, ada beberapa manfaat lain yang didapatkan ketika membaca surat Al-Fil.

Manfaat tersebut diantaranya, membaca surat Al-Fil dalam pertempuran bisa membuat musuh dibayangi rasa takut dan akan lari dengan sendirinya.

Tak hanya itu saja, membaca surat Al-Fil juga bisa memperlancar rezeki dan hajat, serta menjadi sosok orang yang disayangi oleh Allah maupun orang sekitar. Untuk lebih memahami dan mendapatkan manfaat dari surat Al-Fil, kamu bisa membaca surat tersebut beserta terjemahannya. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/1), inilah bacaan surat Al-Fil yang lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya.

1. Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi ashaabil fiil Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah? 2. Alam yaj'al kai dahum fii tad liil Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia? 3. Wa arsala 'alaihim tairan abaabiil dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, 4.

Tar miihim bi hi jaaratim min sij jiil yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar, 5. Faja 'alahum ka'asfim m'akuul sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

(brl/guf) • Rekomendasi kuliner khas kampung halaman di ShopeeFood, bikin laper • Bacaan surat Al-Hasyr lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya • Bacaan surat Ad Dhuha bahasa Arab, latin dan artinya • Selain ketupat, 4 makanan kekinian cocok temani silaturahmi Idul Fitri • Bacaan surat Al-Bayyinah lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya • Bacaan surat Al-Lahab lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya • Rekomendasi kuliner khas kampung halaman di ShopeeFood, bikin laper • 9 Aplikasi Al Quran di smartphone Android, bikin hati semakin tenang (brl/guf)

Surah Al-Fil - Bacaan Al-Quran Merdu Lengkap Arab, Latin & Terjemahan




2022 www.videocon.com