Cara mengatasi demam menggigil

cara mengatasi demam menggigil

Menggigil merupakan salah satu reaksi dari tubuh manusia akibat kontraksi otot yang terjadi berulang-ulang pada saat suhu badan tubuh mengalami peningkatan. Umumnya reaksi ini disertai dengan demam, baik ringan maupun berat. Biasanya ketika tubuh tiba-tiba demam menggigil, ini merupakan pertanda suatu infeksi virus maupun bakteri yang berbahaya. Pada saat menggigil, tubuh kita terasa kedinginan karena suhu tubuh di dalam bertolakan dengan suhu tubuh di luar.

Perasaan menggigil biasanya akan berhenti sendiri saat demam pada tubuh membaik. Sementara demam sendiri fluktuasinya tergantung pada kadar pyrogen dalam cara mengatasi demam menggigil, yang mengatur perubahan suhu badan manusia. Penyebab Ada beberapa penyebab tubuh tiba-tiba demam menggigil, di antaranya yaitu sebagai berikut: 1. Influenza Penyakit influenza sangat umum terjadi. Gejalanya dapat berupa demam ringan sampai dengan demam disertai rasa menggigil pada tubuh.

Biasanya juga ditandai dengan demam naik turun disertai batuk pilek. Namun tidak perlu khawatir, biasanya influenza akan sembuh dengan sendirinya. Asal penderita banyak makan dan minum serta cukup istirahat.

2. Perubahan Cuaca Perubahan cuaca dari dingin ke panas yang terjadi tiba-tiba membuat badan menjadi rentan. Oleh sebab itu tidak heran jika keadaan cuaca yang berubah-ubah dapat menyebabkan suhu badan jadi meningkat.

cara mengatasi demam menggigil

Karena imunitas tubuh pada cuaca yang kurang bersahabat biasanya menurun. 3. Infeksi Bakteri atau Virus Ada berbagai macam jenis demam dan penyebabnya yang diakibatkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Misalnya demam berdarah atau infeksi saluran pernapasan. Karena itu sebaiknya waspadai jika terjadi demam disertai rasa menggigil. Bisa jadi merupakan infeksi penyakit berbahaya yang butuh penanganan serius. 4. Meningitis Penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya.

Penyakit meningitis merupakan penyakit radang yang terjadi pada selaput otak. Banyak orang yang kurang pemahaman tentang penyakit meningitis sehingga akhirnya berujung pada resiko kematian. Karena penyakit ini jika tidak segera ditangani dapat menyerang otak dan menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih berat serta susah untuk disembuhkan. 5. Sinusitis Penyakit sinusitis merupakan pembengkakan pada sinus di rongga hidung.

Penyakit ini hampir mirip dengan influenza dan dapat menimbulkan sakit kepala yang berat. Penyakit sinusitis dapat reda dengan sendirinya, namun jika semakin parah maka dapat menimbulkan radang dan infeksi pada sistem pernapasan. Karena itu penderita sinusitis sebaiknya hindari penyebab-penyebab pemicu timbulnya penyakit. Seperti misalnya dengan berusaha menghindari udara dingin. 6. Demam Malaria Demam ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Mengingat kasusnya masih banyak diderita oleh penduduk di Indonesia.

Tidak mengherankan, karena penularannya yang berasal dari nyamuk cukup cepat dan berdampak fatal. Gejalanya tipikal dengan demam cara mengatasi demam menggigil dan termasuk yaitu gejala demam reumatik yang membuat persendian menjadi nyeri. 7. Hepatitis Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi virus. Biasanya penularan terjadi melalui makanan yang kurang bersih atau higienis. Oleh sebab itu hindari makanan yang cara mengatasi demam menggigil di pinggir jalan. Sebaiknya konsumsi makanan penurun demam yang dapat membantu mempercepat kesembuhan.

8. Radang Tenggorokan Salah satu penyebab tiba-tiba demam menggigil termasuk juga yaitu radang tenggorokan. Biasanya diawali dengan batuk. Namun tidak perlu risau, karena radang tenggorokan umum terjadi dan mudah disembuhkan. Baik secara cara mengatasi demam menggigil maupun melalui obat-obatan dengan resep dokter. Cara Mengatasi Jika tubuh tiba-tiba demam menggigil, ada beberapa hal yang dapat dilakukan: 1.

Makan makanan bernutrisi Pada saat sakit, tubuh memerlukan lebih banyak nutrisi. Oleh sebab itu sebaiknya segera berikan asupan makanan yang bergizi. Yaitu makanan yang penuh dengan suplai vitamin dan mineral. Sehingga memicu kesembuhan tubuh dengan jalan lebih efektif dan lebih cepat. Hindari makanan penyebab demam tinggi. 2. Minum air putih yang banyak Langkah berikutnya yang tepat yaitu dengan memberikan konsumsi air putih minimal delapan gelas sehari untuk menghindari dehidrasi.

Selain itu air putih dapat membantu melarutkan virus-virus di dalam tubuh sehingga membantu mempercepat kesembuhan. 3. Konsumsi lemon dan kayumanis Lemon mengandung banyak vitamin C, sedangkan kayu manis memiliki zat anti bakteri.

Sehingga konsumsi cara mengatasi demam menggigil bahan tersebut akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu dapat pula berguna sebagai antioksidan yang kuat. Sehingga tubuh tidak mudah sakit dan jarang mengalami demam. 4. Minuman teh dan jahe Jahe dapat membuat tubuh terasa hangat. Selain itu dapat berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh secara alami. Demikian pula dengan teh yang mengandung anti oksidan yang cukup tinggi.

Sehingga memicu timbulnya regenerasi sel-sel yang telah dirusak oleh penyakit. Sehingga mampu mengatasi gejala demam dan dapat pula menjadi alternatif pengobatan demam yang alami dan minim efek samping. 5. Berjemur Matahari Pagi Matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh. Selain itu dapat mengurangi demam yang terjadi. Mekanismenya dengan memberi tubuh cukup udara hangat, matahari pagi memicu metabolisme sekresi tubuh untuk lebih efektif. Sehingga suhu tubuh dapat turun dengan sendirinya.

Oleh sebab itu, berjemur matahari pagi merupakan salah satu kebiasaan yang cukup baik. 6. Istirahat Yang Cukup Dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan memiliki cukup waktu untuk memulihkan stamina dan imunitasnya. Sehingga metabolisme tubuh membaik dan tubuh akan lebih giat dalam melawan penyakit. Oleh sebab itu jika suhu badan naik, sebaiknya segera istirahat.

Sehingga tidak makin parah dan dapat disembuhkan lebih cepat. 7. Konsumsi Madu dan Sari Kurma Alternatif lainnya untuk mengembalikan suhu tubuh badan menjadi normal yaitu dengan konsumsi madu serta sari kurma. Selain dapat mengobati demam, madu juga dapat menjadi obat panas dalam yang cukup efektif. Kandungan vitamin dalam madu maupun sari kurma, memicu imunitas tubuh manusia untuk semakin meningkat. Selain itu keduanya juga dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat proses penurunan suhu badan tubuh dari demam menuju normal.

Karena itu kedua hal tersebut sangat direkomendasikan untuk terapi pemulihan dan detoksifikasi tubuh dari penyakit. 8. Pengobatan Medis Cara terakhir yang dapat ditempuh tanpa melalui pengobatan alami yaitu melalui obat-obatan yang ada di apotik. Beberapa obat penurun panas badan dijual bebas di pasaran dengan minim efek samping. Salah satunya yaitu dengan parasetamol. Namun jika gejala demam disertai rasa nyeri di badan, ada baiknya konsumsi ibuprofen. Karena selain menurunkan demam, ibuprofen juga dapat meredakan rasa nyeri akibat demam.

cara mengatasi demam menggigil

Demikian penjelasan singkat tentang tubuh yang tiba-tiba demam menggigil. Semoga saat mengetahui dengan jelas apa saja penyebabnya beserta cara mengatasinya, kita dapat menempuh langkah yang tepat untuk mengobati demam. Sehingga tidak terjadi dampak yang lebih parah. Penyakit datangnya tiba-tiba. Demam menggigil tidak diketahui alasan dan kapan datangnya.

Terkadang orang dewasa menganggapnya sebagai demam biasa. Namun, demam tersebut menjadi demam menggigil yang tidak cara mengatasi demam menggigil.

Sebenarnya demam menggigil adalah reaksi otot yang berulang-ulang dalam menghadapi demam panas tinggi. Oleh karena itu, perlu diketahui cara mengatasi demam menggigil pada orang dewasa. Dan hal tersebut akan dibahas di bawah ini. • Minum Jahe Hangat Minum jahe hangat akan membantu menghangatkan tubuh dari dalam. Dengan minum jahe yang banyak mengandung anti oksidan dan anti bakteri, maka tubuh juga akan melawan infeksi yang masuk. Cara membuat minuman jahe sangat mudah.

Hanya dengan membersihkan beberapa siung jahe dan memasaknya dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air tinggal 1 gelas. Dapat juga memanfaatkan jahe instan yang saat ini banyak dijual. Sangat cocok untuk cara mengatasi demam menggigil selesma karena melegakan pernapasan. • Minum Teh Herbal Jika tidak ada jahe, minum teh herbal hangat juga akan sangat membantu. Saat ini banyak toko herbal yang menjualnya. Cara menyediakannya sama dengan teh biasa. • Istirahat Demam gigil kebanyakan menandakan bukan gejala demam biasa.

Oleh karena itu, meskipun terjadi pada orang dewasa maka harus istirahat. Dengan istirahat akan membuat energi tubuh lebih fokus pada mengatasi penyakit. • Minum Air Putih Hangat Minum air putih hangat akan sangat membantu mengatasi badan demam tapi kedinginan. Air putih juga akan memperlebar pembuluh darah di bawah kulit sehingga penguapan panas akan lebih cepat. • Kompres Kompres penurun panas sangat efektif juga untuk mengatasi demam menggigil.

Kompres tidak hanya bagus untuk anak-anak. Kompres akan membuat penderita merasa lebih nyaman. Bahkan plester kompres demam untuk dewasa juga ada. • Minyak Kayu Putih Minyak kayu putih membantu menghangatkan tubuh penderita demam menggigil orang dewasa. Minyak kayu putih dapat dioleskan ke seluruh tubuh atau bagian-bagian tertentu saja.

Demam disertai sakit kepala juga akan lebih nyaman jika tubuh lebih hangat. • Lemon dan Kayu Manis Minum perasan lemon yang dicampur kayu manis akan menyegarkan. Kandungan anti bakteri di dalam keduanya akan bekerja sama mengatasi demam menggigil. Kandungan vitamin C pada lemon akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. • Sup Hangat Sup hangat dengan kaldu ayam sangat diyakini berbagai orang di dunia akan menghangatkan tubuh.

Sup ini mengatasi demam hidung tersumbat dan demam flu. jangan gunakan daging merah sebagai campuran karena lemak daging sulit dicerna dan termasuk makanan penyebab demam tinggi. • Minum Madu Manfaat madu untuk demam yang dikonsumsi secara teratur akan membantu menstabilkan suhu tubuh. Madu juga menghasilkan banyak energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan anti oksidan.

Konsumsi madu, khususnya pada demam pada pasien TBC akan mengatasi demam menggigil pada orang dewasa. • Konsumsi Sari Kurma Konsumsi sari kurma hampir sama fungsinya dengan madu.

cara mengatasi demam menggigil

Kurma sangat mudah dicerna tubuh, sehingga dapat dikatakan termasuk makanan untuk orang sakit. Kurma cocok bagi penderita demam typoid dan diare demam menggigil yang dalam masa penyembuhan. • Mengenakan Baju Biasa Demam menggigil tidak diketegorikan keidnginan karena suhu udara di sekitar yang sangat tinggi. Demam menggigil lebih dikarenakan reaksi atas suhu tubuh yang panas. Maka, mengatasi demam menggigil pada orang dewasa tidak perlu dengan baju tebal dan selimut.

Cukup mengenakan baju biasa yang menyerap keringat dan selimut tipis. Baju tebal akan mengakibatkan panas terperangkap dalam tubuh dan akan meningkat. Resiko demam menggigil akan semakin besar. • Obat Penurun Panas Obat penurun panas badan merupakan salah satu cara mengatasi demam menggigil pada orang dewasa. Karena penyebab demam menggigil adalah infeski dan peningkatkan suhu tubuh.

Dengan menurunnya panas, maka demam menggigil juga akan hilang • Konsutasi dengan Dokter Langkah terakhir dalam mengatasi demam menggigil pada orang dewasa adalah dengan konsultasi ke dokter jika demam berkepanjangan atau nampak ada gejala penyakit yang tidak biasa. Itulah beberapa langkah mengatasi demam menggigil pada orang dewasa. Meskipun demikian, tetap lebih baik jika kita mencegah datangnya penyakit dengan tetap berusaha menerapkan pola hidup sehat bagi diri sendiri dan lingkungan.

Semoga bermanfaat.
Penyebab Demam Menggigil Demam menggigil bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya sebagai berikut. • Infeksi di dalam tubuh Demam menggigil bisa disebabkan oleh adanya infeksi di dalam tubuh, yaitu ketika terjadi inflamasi yang disebabkan oleh kuman (bakteri, virus, atau jamur).

Demam mengigil adalah bentuk reaksi alami dari sistem imun tubuh untuk menjaga inflamasi agar tidak meluas dengan cepat, cara mengatasi demam menggigil menjaga tubuh yang tidak terkena inflamasi agar bisa bekerja secara normal. Baca juga: • Penyebab Anak Demam Tiba Tiba • Buah Penurun Panas Demam • Macam Macam Demam Pada Anak • Gejala Demam cara mengatasi demam menggigil Ciri Ciri Demam Pada Bayi • Faktor cuaca Faktor cuaca bisa menyebabkan demam mengigil pada seseorang.

Biasanya suhu yang terlalu dingin akan membuat tubuh kehilangan kemampuan untuk mengatur suhunya sehingga muncul gejala kedingingan. Namun suhu dingin ini kadang juga bisa menyebabkan penurunan kecepatan aliran darah. Hal ini yang akan membuat suhu tubuh terasa lebih hangat dari dalam. Perpaduan keduanya bisa menyebabkan demam menggigil.

• Influenza Flu juga kadang bisa menyebabkan cara mengatasi demam menggigil demam menggigil. Influenza itu sendiri bisa muncul karena berbagai macam faktor, namun semuanya dipengaruhi oleh kinerja virus influenza dalam sistem pernafasan.

Virus ini bisa didapat jika seseorang tertular dari orang lain atau dari lingkungan. • Meningitis Meningitis merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan gejala demam menggigil. Demam menggigil ini bisa menyebabkan suhu dalam tubuh meningkat karena usaha sistem imun tubuh untuk menangkal meningitis atau bakteri penyebab meningitis itu.

Penderitanya juga kadang akan merasa kedinginan dan menggigil. • Malaria Penyebab demam menggigil berikutnya cara mengatasi demam menggigil penyakit malaria. Malaria ini merupakan penyakit akibat infeksi bakteri yang ditransferkan melalui gigitan nyamuk. Bakteri yang masuk akan menginfeksi organ dalam tubuh. Infeksi inilah yang menyebabkan seseorang bisa cara mengatasi demam menggigil demam tinggi atau demam menggigil. Hal ini adalah respon langsung dari sistem pertahanan tubuh untuk menangkal bakteri yang masuk.

• Sinusitis Demam menggigil juga bisa disebabkan oleh sinusitis. Sinusitis ini sendiri adalah gangguan pada sinus, yaitu rongga udara yang berada di sekitar hidung dan pipi. Sinus yang terkena gangguan ini akan menyebabkan gejala seperti flu. Salah satunya demam menggigil. • Serangan bakteri Demam menggigil seringkali juga disebabkan oleh adanya serangan bakteri. Misalnya jika anak-anak sering bermain di lokasi yang tidak bersih, lalu bakteri dari luar masuk ke dalam tubuhnya, maka bakteri bisa menginfeksi melalui jaringan dalam tubuh.

Hal ini bisa memicu demam, bahkan demam menggigil. • Virus gestroenteritis Serangan virus jenis gestroenteritis juga bisa menyebabkan demam menggigil. Demam menggigil ini bisa berlangsung lama, karena virus ini juga bisa bertahan lama dalam tubuh.

Apalagi jika keberadaan virus ini tidak segera ditangani. Maka tubuh akan terus menerus mengalami demam menggigil selama infeksi virus belum hilang. Baca juga: • Obat Demam Untuk Ibu Hamil • Cara Mengatasi Anak Panas di Malam Hari • Cara Menurunkan Panas pada Anak Usia 3 Tahun • Cara Menurunkan Panas pada Anak Usia 4 Tahun • Cara Agar Bisa Sakit Demam Tinggi • Gangguan kandung kemih Jika kandung kemih terganggu, misalnya mengalami inflamasi atau gangguan lainnya, maka tubuh akan melepaskan hormon untuk menangkal gangguan itu dari sistem pertahanan tubuh.

Hormon inilah yang bisa memicu terjadinya demam menggigil pada tubuh. • Radang tenggorokan Radang tenggorokan bisa terjadi jika terjadi infeksi atau inflamasi di dalam tenggorokan. Radang tenggorokan ini bisa memicu demam menggigil dan juga rasa tidak nyaman pada tubuh seperti kesulitan menelan, batuk, cara mengatasi demam menggigil rasa sakit pada pangkal tenggorokan.

Demikianlah beberapa penyebab demam menggigil pada seseorang. Demam menggigil bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Maka dari itu, berikut beberapa cara menangani demam menggigil yang bisa dilakukan agar gejalanya tidak semakin parah.

Cara Menangani Demam Menggigil Untuk menangani demam menggigil, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, baik secara alami maupun secara medis. Lakukan penanganan dengan tepat sesuai dengan penyebabnya. • Mengonsumsi ramuan lemon dan kayu manis Kedua bahan alami ini memiliki kemampuan untuk mengusir bakteri yang menyebabkan daya tahan tubuh melemah.

Selain itu kedua bahan ini bisa membandu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga demam menggigil bisa diatasi dengan antioksidan yang terkandung dalam ramuan tersebut. • Mengonsumsi teh dan jahe Minuman hangat teh yang dicampur dengan jahe juga bisa membantu meredakan gejala demam menggigil.

Jahe merupakan bahan yang bisa menghangatkan tubuh yang menggigil sekaligus bersifat anti inflamasi. Hal ini tentu bermanfaat bagi penderita demam menggigil. • Mengonsumsi minuman kunyit Selain jahe, minuman kunyit yang hangat juga bisa membantu meredakan gejala demam menggigil.

Kunyit sudah lama dijadikan tanaman herbal untuk membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu menyerang bakteri untuk menjaga kesehatan tubuh. • Mengonsumsi bawang putih Sama seperti kunyit dan jahe, bawang putih ini juga bisa membantu menyembuhkan demam menggigil yang disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam tubuh. Mengonsumsi bawang putih mentah akan lebih berkhasiat untuk membantu meredakan demam menggigil dalam tubuh.

• Bawang merah Bwang merah bisa dijadikan bahan untuk mengoles atau mengompres tubuh seseorang yang demam menggigil. Haluskan saja bawang merah dan balurkan pada bagian tubuh yang aman. Biarkan ramuan mengering dan demam akan segera mereda. Baca juga: • Obat Penurun Panas Anak 2 Tahun • Cara Menurunkan Panas pada Bayi 7 Bulan • Cara Menurunkan Panas pada Bayi 6 Bulan • Obat Tradisional Penurun Panas Bayi 9 Bulan • Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Orang Dewasa • Mengonsumsi air putih yang banyak Menggigil dan demam bisa menyebabkan seseorang terserang dehidrasi.

Maka dari itu, segeralah mengonsumsi air putih yang banyak agar efek dehidrasi bisa dicegah. Hal ini juga akan membantu mempercepat penurunan gejala demam menggigil. • Berjemur di bawah matahari pagi Cara mengatasi demam menggigil berikutnya adalah dengan berjemur di bawah matahari pagi. Cara ini akan membantu menurunkan demam secara alami karena daya tahan tubuh bisa meningkat dengan adanya aktivitas ini.

• Mengonsumsi madu Madu secara tradisional bisa juga menjadi perantara kesembuhan berbagai macam penyakit, termasuk gejala demam menggigil. Madu bisa dikonsumsi secara langsung sebanyak 2 sendok makan per hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga melawan berbagai macam gangguan pada tubuh.

• Mengompres dengan air hangat Demam menggigil bisa juga diatasi dengan mengompres dengan air hangat. Cara ini juga sudah lama digunakan secara tradisional dan cukup ampuh. Maka dari itu, mengompres dengan air hangat bisa dilakukan dengan mudah.

• Mengonsumsi sup kaldu hangat Cara meredakan gejala dari demam menggigil berikutnya adalah dengan mengonsumsi sup kaldu hangat. Sup kaldu ini akan membuat otot berfungsi maksimal sehingga mengurangi kedinginan dan menggigil dari demam itu sendiri. • Menghentikan aktivitas berat Jika seseorang sudah merasa tidak enak badan, maka sebaiknya segera hentikan aktivitas, terutama aktivitas yang berat.

Aktivitas yang berat akan membuat cara mengatasi demam menggigil seseorang cepat mengalami peningkatan suhu tubuh dan ini membuat demam semakin meningkat. • Istirahat yang cukup Seseorang yang menderita demam menggigil harus segera melakukan istirahat yang cukup untuk mengembalikan daya tahan dan stamina tubuhnya.

Hal ini akan membantu mempercepat penyembuhan dari demam menggigil.

cara mengatasi demam menggigil

Jangan begadang jika tubuh sudah terserang demam menggigil. Sebaiknya tidur teratur setiap hari selama 7 hingga 8 jam per hari. Baca juga: • Obat Panas Dalam untuk Anak • Gejala Panas Dalam • Macam Macam Panas Dalam • Cara Mengatasi Anak Panas di Malam Hari • Obat Penurun Panas Anak yang Bagus • Menggunakan minyak telon Mengoleskan minyak telon ke sekujur tubuh seseorang yang demam menggigil akan membantu menghangatkan badan sekaligus membantu mempercepat penyembuhan dari demam menggigil itu sendiri.

• Menggunakan minyak kayu putih Sama halnya dengan minyak telon, penggunaan minyak kayu putih untuk obat oles juga bisa membantu meredakan gejala dari demam menggigil pada tubuh seseorang. Selain itu aroma minyak kayu putih akan membantu membuat perasaan menjadi lebih lega. • Pengobatan medis Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan pengobatan medis.

Lakukan pemeriksaan medis agar mengetahui penyebab dari demam menggigil ini. Dengan demikian, pengobatan akan bisa menjadi lebih mudah dilakukan dengan cepat dan tepat. Itulah beberapa penyebab demam menggigil dan beberapa cara menanganinya yang bisa dilakukan, baik secara alami maupun secara medis.

Berobatlah ke dokter dengan segera jika gejala bertambah parah atau tidak kunjung sembuh. Hindari paparan rokok dan minuman beralkohol agar proses penyembuhan bisa berjalan sebaik mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba. Demam yang terjadi saat meriang merupakan respons alami sistem kekebalan tubuh dari serbuan benda asing.

Benda asing tersebut bisa berupa virus, bakteri, jamur, obat-obatan, sampai racun. Oleh tubuh kita, benda asing tersebut dianggap zat penghasil demam (disebut pirogen), yang memicu kekebalan tubuh. Pirogen selanjutnya memberi sinyal pada otak bagian hipotalamus untuk membentuk pertahanan melawan infeksi. Caranya dengan menaikkan suhu tubuh. ( Update berita nasional, internasional dan regional menarik lainnya disini ) • Cara mengatasi demam menggigil Orang Demam Boleh Mandi ?

Selain menyebabkan suhu tubuh naik, meriang terkadang disertai gejala: • Menggigil, gemetar, atau kedinginan • Otot atau sendi terasa pegal dan nyeri • Sakit kepala • Keringat berlebihan • Jantung berdetak lebih cepat • Kulit memerah • Pusing Badan terasa lemah • Mulut terasa pahit • Kehilangan nafsu makan • Pengertian Demam Lassa, Virus yang Mirip Covid-19 dan Menular Mengakibatkan Tuli 25 Persen
Menggigil adalah respons alami tubuh untuk menghasilkan panas saat cuaca dingin.

Menggigil terjadi karena otot-otot berkontraksi dengan cepat dan berulang. Selain karena cuaca, menggigil juga dapat menjadi gejala penyakit tertentu. Seseorang umumnya akan menggigil bila berada di ruangan dengan pendingin (AC), di laut, keluar saat cuaca dingin, atau bila pakaian tidak sengaja menjadi basah cara mengatasi demam menggigil lembap.

Kondisi tersebut direspons oleh tubuh dengan menggigil, agar suhu tubuh kembali normal. Selain akibat suhu dingin, menggigil dapat terjadi ketika tubuh terserang penyakit atau kondisi medis lainnya. Penyebab Menggigil Menggigil umumnya disebabkan oleh paparan udara dingin. Namun, menggigil yang disertai gejala lain dapat menjadi tanda peradangan, atau tanda tubuh sedang melawan infeksi virus atau bakteri.

Jenis-jenis infeksi yang dapat menyebabkan tubuh menggigil antara lain: • Malaria • Infeksi saluran kemih (ISK) • Meningitis • Sepsis • Flu • Radang tenggorokan • Sinusitis • Pneumonia • Demam berdarah Di samping infeksi di atas, menggigil juga dapat disebabkan oleh kondisi medis lain, seperti: • Malnutrisi • Serangan panik • Efek samping obat-obatan • Kadar gula darah rendah ( hipoglikemia) • Suhu tubuh yang terlalu cara mengatasi demam menggigil ( hipotermia) • Reaksi emosional, seperti ketakutan • Reaksi karena aktivitas fisik yang ekstrem • Kadar hormon tiroid rendah ( hipotiroidisme) Menggigil juga bisa dialami seseorang yang baru menjalani operasi.

cara mengatasi demam menggigil

Hal ini karena pasien umumnya tidak bergerak dalam waktu yang lama selama operasi dan suhu tubuhnya menurun. Penggunaan obat bius total dalam operasi juga memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengendalikan suhu badan. Gejala Menggigil Menggigil yang menjadi gejala dari suatu penyakit dapat disertai dengan keluhan lain, seperti: • Demam lebih dari 38 oC • Sakit tenggorokan • Sesak napas • Sakit perut • Hidung tersumbat • Nyeri otot • Sakit kepala • Diare • Mual atau muntah • Cemas • Gemetar • Berkeringat • Linglung • Penurunan kesadaran Kapan harus ke dokter Segera lakukan pemeriksaan ke dokter bila Anda atau anak Anda menggigil dan tidak kunjung membaik.

cara mengatasi demam menggigil

Anda juga dianjurkan untuk segera mencari pertolongan medis bila menggigil disertai dengan gejala lain, seperti: • Demam yang disertai gejala mual, leher kaku, nyeri perut, sulit buang air kecil, dan sesak napas • Demam lebih dari 38 oC yang berlangsung selama 1–2 jam setelah menjalani perawatan di rumah • Demam yang tidak membaik lebih dari 3 hari dan tubuh tidak merespons pengobatan yang telah dilakukan Pemeriksaan ke dokter juga diperlukan bila: • Menggigil dialami oleh anak usia kurang dari 3 bulan dengan suhu tubuh 38 oC atau lebih • Menggigil terjadi pada anak usia 3–12 bulan dan disertai demam yang berlangsung selama lebih dari 24 jam Diagnosis Menggigil Dokter dapat melakukan pemeriksaan bila menggigil diikuti dengan gejala lainnya.

Sebagai langkah awal, dokter akan bertanya terkait gejala dan riwayat kesehatan pasien, kemudian menjalankan pemeriksaan fisik. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan, meliputi: • Tes darah, untuk mendeteksi virus, bakteri, atau jamur dalam darah • Pemeriksaan dahak atau kultur sputum, untuk mendeteksi gangguan pada saluran pernapasan • Foto Rontgen dada, untuk mendeteksi pneumonia atau tuberkulosis Pengobatan Menggigil Pada menggigil yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu, dokter dapat meresepkan obat-obatan, antara lain: • Obat antibiotik, untuk mengatasi menggigil akibat infeksi bakteri • Obat antivirus, untuk mengatasi menggigil akibat infeksi virus • Paracetamol atau ibuprofen, untuk mengatasi menggigil yang disertai demam Jika menggigil disertai demam, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakannya, yaitu: • Mencukupi waktu tidur malam dan istirahat • Meningkatkan asupan cairan dengan banyak minum air putih atau teh hangat • Menggunakan kompres hangat atau mandi air hangat • Memakai baju berbahan tipis dan tidak menggunakan selimut tebal • Tidak menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan (AC) cara mengatasi demam menggigil Mengonsumsi cara mengatasi demam menggigil penurun demam, seperti paracetamol Bagi penderita diabetes, mengonsumsi makanan dan obat-obatan sesuai resep dokter dapat mengatasi menggigil akibat hipoglikemia.

Penderita diabetes juga dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darah setelah makan dan mengonsumsi obat. Komplikasi Menggigil Menggigil yang tidak disertai dengan gejala lain umumnya akan membaik setelah menjalani perawatan di rumah. Namun, menggigil yang tidak kunjung membaik dan disertai gejala lain, seperti demam, dapat memicu terjadinya kejang demam. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun.

Pencegahan Menggigil Menggigil merupakan kondisi yang dapat dicegah. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu: • Menggunakan pakaian hangat saat kedinginan, terutama ketika cuaca dingin atau sedang berada di dataran tinggi • Mengonsumsi makanan bergizi • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun untuk menghindari infeksi virus atau bakteri • Minum air putih yang cukup • Mengonsumsi obat sesuai resep dokter untuk mencegah hipoglikemia jika menderita diabetes
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, cara mengatasi demam menggigil saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Cara mengatasi demam menggigil • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 10 Desember 2020 - Diperbarui: 9 Februari 2022 Ditulis oleh: Rhandy Verizarie - Ditinjau oleh: Tim Dokter Menggigil adalah kondisi umum yang tidak terjadi begitu saja, melainkan ada sejumlah penyebab yang mendasarinya.

Ketahui lebih lanjut apa yang menyebabkan tubuh menggigil beserta cara mengatasinya berikut ini! Penyebab Menggigil Semua orang rasanya pernah mengalami yang namanya menggigil.

Namun, munculnya gejala ini memiliki beragam faktor berbeda. Apa saja faktor penyebab menggigil yang dimaksud? 1. Terpapar Udara Dingin Sangat mungkin bagi kita untuk menggigil ketika berada di tempat yang sangat dingin, seperti ruangan ber-AC, daerah pegunungan, atau bahkan saat berenang.

Gejala ini juga bisa muncul manakala pakaian yang Anda kenakan lembap atau basah. Seiring bertambahnya usia tubuh manusia, semakin sulit bagi tubuh untuk dapat mengatur suhu, bahkan pada orang dewasa yang sehat sekalipun. Tidak heran, menggigil menjadi kondisi yang umum dirasakan ketika terpapar dingin. Kondisi medis seperti diabetes dan penyakit jantung pun dapat memperburuk gejala. 2.

cara mengatasi demam menggigil

Aktivitas Fisik Berlebihan Lari maraton atau bentuk olahraga ekstrem lainnya yang membutuhkan aktivitas fisik intens dapat menyebabkan perubahan suhu inti dari tubuh Anda. Hal ini lantas juga bisa menyebabkan Anda menggigil. Respons ini dapat terjadi dalam semua jenis cuaca tetapi lebih mungkin terjadi pada suhu yang sangat dingin atau sangat panas: • Dalam suhu panas, kelelahan panas dan dehidrasi dapat menyebabkan reaksi ini.

• Dalam suhu dingin, hipotermia dan dehidrasi dapat menjadi penyebabnya. Terkait kedua kasus tersebut, gejala lain yang mungkin Anda alami meliputi: • Merinding • Kram otot • Pusing • Kelelahan • Mual dan muntah Anda dapat menghindari menggigil saat berolahraga dengan tetap terhidrasi dan mengenakan pakaian yang sesuai. Pertimbangkan untuk menghindari olahraga saat suhu udara sedang dingin-dinginnya atau cara mengatasi demam menggigil.

Batasi juga durasi waktu yang dihabiskan dalam aktivitas fisik tersebut. Menghidrasi dan mengembalikan suhu tubuh ke kisaran normal biasanya cukup untuk meredakan gejala ini. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan cairan intravena (IV) untuk mengatasi kondisi tersebut. 3. Hipotiroidisme Hipotirodisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon yang dibutuhkan untuk mengatur laju metabolisme atau cara mengatasi demam menggigil kesehatan secara keseluruhan.

Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kepekaan terhadap dingin, yang mengakibatkan Anda menggigil. Selain menggigil, gejala lainnya dari hipotiroidisme ini meliputi: • Bengkak di wajah • Kenaikan berat badan yang tidak bisa dijelaskan • Kulit kering • Otot lemah, nyeri, dan kaku • Depresi atau perasaan sedih • Masalah dengan memori • Sembelit 4. Hipoglikemia Hipoglikemia terjadi jika kadar gula darah turun secara tidak normal. Jika Anda menderita diabetes, itu mungkin pertanda bahwa obat atau pola makan Anda perlu disesuaikan.

Seseorang juga mungkin saja mengalami masalah ini sekalipun ia tidak menderita diabetes. Hipoglikemia membutuhkan penanganan segera untuk mengembalikan kadar gula darah ke normal.

cara mengatasi demam menggigil

Salah satu gejala hipoglikemia adalah perasaan gemetar atau kelemahan otot yang mirip dengan menggigil. Gejala lain dari kondisi ini meliputi: • Berkeringat • Mudah marah • Palpitasi jantung • Perasaan kesemutan di sekitar mulut • Kebingungan • Kejang • Penglihatan kabur 5.

Anemia Penyebab menggigil selanjutnya adalah anemia. Ini adalah kondisi ketika seseorang tidak memiliki cukup zat besi dalam darahnya, sehingga cara mengatasi demam menggigil pada rendahnya volume hemoglobin darah. Padahal, hemoglobin ini berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain menggigil, gejala lainnya yang timbul saat Anda mengalami cara mengatasi demam menggigil meliputi: • Tubuh terasa lelah • Kulit pucat • Sakit kepala • Kepala pusing • Napas pendek • Detak jantung tidak teratur • Nyeri dada • Tangan dan kaki terasa dingin Seseorang dapat mengalami anemia karena pola makan yang buruk, usia, penyakit kronis, atau pengobatan.

Wanita lebih berisiko untuk mengalami kondisi ini ketimbang pria. 6. Anestesi Anda mungkin menggigil tak terkendali saat diberikan obat bius (anestesi), kemudian efek bius tersebut hilang. Tidak sepenuhnya jelas mengapa, meskipun kemungkinan besar karena tubuh Anda mengalami penurunan suhu secara signifikan. Ruang operasi biasanya dijaga tetap dingin, sehingga berbaring diam di ruang operasi yang sejuk untuk waktu yang lama dapat menyebabkan suhu tubuh Anda menurun.

7. Malnutrisi Malnutrisi terjadi ketika tubuh Anda kekurangan nutrisi yang diperlukan. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya asupan makanan bergizi, kondisi mendasar yang memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi dengan baik atau gangguan makan seperti anoreksia.

cara mengatasi demam menggigil

Tanpa keseimbangan nutrisi yang tepat, tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Kondisi ini turut menjadi penyebab mengapa tubuh kerap menggigil. Selain itu, malnutrisi juga akan memicu timbulnya gejala lain seperti: • Kelelahan atau kantuk • Kesulitan berkonsentrasi • Kulit pucat • Ruam • Palpitasi jantung • Hilang kesadaran • Kepala pusing • Kesemutan atau mati rasa pada sendi • Haid tidak teratur • Infertilitas 8. Efek Samping Obat-obatan Menggigil juga bisa merupakan efek samping dari sejumlah obat-obatan.

Ini termasuk jika Anda mengonsumsi obat tidak sesuai dosis, baik itu obat bebas, obat resep, maupun obat herbal sekalipun. Selalu baca informasi potensi efek samping yang disertakan dengan kemasan obat. Jika Anda merasa menggigil setelah mengonsumsi obat, segera hentikan penggunaan obat dan bila perlu beri tahu dokter atau apoteker.

Tergantung dari tingkat keparahan, Anda mungkin memerlukan perhatian medis. 9. Infeksi Saat Anda menggigil tetapi tidak merasa kedinginan, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang terserang virus atau bakteri dan sistem imun tengah melakukan perlawanan. Pada kasus ini, menggigil bisa berkembang menjadi demam yang tidak lain sebenarnya juga merupakan mekanisme tubuh dalam melawan infeksi.

10. Malaria Terserang penyakit malaria juga bisa menjadi penyebab mengapa Anda menggigil. Selain menggigil, kondisi ini juga membuat penderitanya mengalami gejala berupa: • Demam tinggi • Sakit kepala • Berkeringat • Tubuh terasa lemas Cara Mengatasi Menggigil Cara mengatasi gejala menggigil tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Sebagai contoh, apabila kondisi ini terjadi karena malnutrisi, maka mencukupi asupan nutrisi Anda—baik melalui makanan atau suplemen—adalah solusinya.

Namun secara umum, langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk meredakan gejal ini adalah sebagai berikut: • Minum obat-obatan seperti aspirin, acetaminophen (paracetamol), dan ibuprofen. • Minum obat antibiotik dan antivirus (apabila terjadi karena infeksi). • Memakai pakaian tebal dan hangat saat berada di tempat dingin.

• Mengganti pakaian basah dan lembap dengan yang kering. • Huzar, T. 2018. Why do I have chills without a fever?https://www.medicalnewstoday.com/articles/324864#anemia ( accessed on cara mengatasi demam menggigil December 2020) • Roland, J. What You Should Know About Shivering. https://www.healthline.com/health/shivering#causes ( accessed on 10 December 2020) • Sullivan, D. Why do I have chills without a fever? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324864#anemia ( accessed on 10 December 2020) • Whelan.

2018. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment. https://www.healthline.com/health/chills-without-fever#_noHeaderPrefixedContent (accessed on 10 December 2020) Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,Menggigil merupakan reaksi alami tubuh yang sering kali terjadi ketika Anda kedinginan.

Namun, kondisi ini terkadang Anda alami walau tidak terpapar suhu dingin. Dalam hal ini, tubuh yang menggigil bisa menjadi gejala dari suatu penyakit yang mungkin sedang Anda derita.

Tubuh memiliki mekanisme alami saat terpapar suhu panas atau dingin. Sebagai contoh, tubuh akan mengeluarkan keringat saat kepanasan dan menggigil saat merasa kedinginan. Namun, kedinginan bukanlah satu-satunya alasan tubuh menggigil. Kondisi ini bisa juga disebabkan oleh faktor lain, misalnya stres, infeksi, atau penyakit tertentu. Menggigil atau kedinginan juga bisa terjadi dengan atau tanpa adanya demam.

Berbagai Penyebab Tubuh Menggigil Menggigil terjadi ketika otot mengalami kontraksi secara berulang untuk meningkatkan suhu tubuh. Hal ini biasanya terjadi suhu udara di sekitar yang terlalu dingin. Meski demikian, menggigil hanya mampu menghangatkan tubuh sebentar saja. Setelah beberapa jam, otot-otot tubuh akan kelelahan untuk berkontraksi karena kehabisan gula darah sebagai sumber energinya. Selain itu, tidak setiap orang menggigil pada suhu yang sama.

Misalnya, anak-anak lebih mudah menggigil pada suhu yang dirasa hangat bagi orang dewasa. Hal ini karena anak-anak memiliki jaringan lemak tubuh yang lebih sedikit dibandingkan orang dewasa. Selain karena suhu dingin, menggigil juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut berikut: 1.

Infeksi Ketika Anda menggigil namun tidak terpapar cara mengatasi demam menggigil dingin, hal ini bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi virus atau bakteri. Cara mengatasi demam menggigil merupakan mekanisme sistem imun untuk menaikkan suhu tubuh guna melawan virus atau bakteri. Kondisi ini biasanya muncul disertai demam.

Adapun beberapa contoh penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat membuat tubuh menggigil, antara lain flu (influenza), demam berdarah, radang tenggorokan, infeksi saluran kemih (ISK), diare, meningitis, dan pneumonia. 2. Gula darah rendah Penurunan kadar gula darah juga dapat memicu respons menggigil. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda tidak mengonsumsi makanan untuk waktu yang lama atau menjalani diet dengan cara yang tidak tepat.

3. Gangguan tiroid Kepekaan tubuh terhadap suhu dingin dapat berubah seiring cara mengatasi demam menggigil usia atau karena masalah kesehatan, misalnya gangguan tiroid. Penderita hipotiroidisme cenderung lebih mudah menggigil daripada seseorang tanpa kondisi tersebut. Hipotiroidisme adalah suatu kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon.

Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher bagian depan. 4. Gangguan hipotalamus di otak Suhu tubuh diatur oleh hipotalamus yang terletak di otak.

Ketika fungsi hipotalamus terganggu, misalnya karena tumor atau cedera kepala berat, pengaturan suhu tubuh pun akan terganggu. Hal ini meningkatkan risiko penderita gangguan hipotalamus mengalami hipotermia.

cara mengatasi demam menggigil

Hipotermia adalah kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35 o Celcius. Hipotermia berat ditandai dengan menggigil, respons tubuh menurun, gangguan bicara, dan penurunan kesadaran. 5. Efek samping operasi dan obat bius Tubuh menggigil tak terkendali juga bisa terjadi akibat penggunaan bius total (anestesi umum) saat operasi. Hal ini dikarenakan berbaring di ruang operasi yang dingin dalam waktu yang lama, dapat membuat suhu tubuh menurun.

Selain itu, anestesi umum juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur suhu. 6. Ketakutan Menggigil terkadang tidak ada hubungannya dengan gangguan kesehatan atau paparan suhu dingin, melainkan sebuah reaksi emosional.

Saat seseorang takut, terjadi lonjakan hormon adrenalin yang dapat membuat tubuh menggigil. Jika Anda pernah begitu takut hingga mulai gemetar, itu adalah respons terhadap lonjakan kadar adrenalin di dalam aliran darah. Beragam Cara Mengatasi Keluhan Tubuh Menggigil Saat tubuh menggigil, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan tubuh menggigil: Gunakan pakaian hangat Jika menggigil disebabkan oleh paparan suhu dingin, hangatkan tubuh dengan mengenakan sweter atau cara mengatasi demam menggigil tebal.

Posisikan diri di tempat yang hangat atau nyalakan mesin penghangat atau AC yang diatur ke suhu hangat. Minum air putih yang banyak Ketika mengalami dehidrasi, tubuh mulai membatasi aliran darah sehingga pengaturan suhu tubuh akan lebih sulit. Hal ini membuat tubuh lebih cepat kedinginan dan menggigil, bahkan saat tidak berada di lingkungan yang dingin. Banyak minum air putih dapat mencegah dan mengatasi kondisi ini. Konsumsi obat pereda demam Jika tubuh Anda menggigil disertai demam, cobalah untuk meredakannya dengan mengonsumsi obat pereda demam seperti paracetamol dan ibuprofen.

Selain itu, Anda juga bisa mengompres tubuh dan kening dengan air hangat untuk meredakan gejala tubuh menggigil dan cara mengatasi demam menggigil. Minum jahe hangat Minuman jahe hangat sejak dahulu dipercaya dapat menghangatkan tubuh. Jahe memiliki sensasi panas dan rasa yang sedikit pedas.

Oleh karena itu, jahe dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mampu mengatasi kedinginan. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat Jika tubuh menggigil dan Anda melewatkan waktu makan atau perut dalam keadaan kosong, konsumsi camilan tinggi karbohidrat seperti roti, nasi, atau pisang untuk membantu menaikkan cara mengatasi demam menggigil darah dan meredakan gejala tubuh menggigil.

Jika tubuh menggigil disebabkan oleh suhu udara yang terlalu dingin, biasanya keluhan tersebut akan mereda setelah Anda menjauhi suhu udara yang dingin dan menghangatkan tubuh Anda. Namun, jika tubuh Anda menggigil meski tidak sedang berada di tempat dingin, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Hal ini dikarenakan keluhan tersebut bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi atau gangguan kemampuan tubuh dalam mengontrol suhu tubuh.

Untuk memastikan penyebab mengapa tubuh Anda menggigil, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang, seperti tes darah dan urine atau foto Rontgen. Setelah itu, dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai penyakit atau kondisi yang Anda alami.
1.Infeksi Jika didalam tubuh cara mengatasi demam menggigil peradmgan akibat luka yang meluas yang meradang dan mengalami infeksi maka seseorang akan mengalami peningkatan suhu tubuh.

Kondisi ini adalah bentuk dari pertahanan tubuh yang sedang melawan peradngan agar tidak semakin meluas. ( Baca juga : Penyebab Infeksi Usus – Gejala Infeksi Usus ) 2.Cuaca Cuaca yang sejuk atau dingin dapat mengagnggu jaringan otot sehingga otiot mengalami perlemahan fungsi mengatur suhu yang normal. Serangan udara dingin seringkali menyebabkan aliran darah menjadi lambat sehingga tubuh menjadi lebih hangat. 3.Flu Munculnya flu disebabkan karena tubuh telah mengalami penurunan daya tahn tubuh yang bisa muncul akibat kurang tidur, Kelelahan, Stres atau karena tertular dari orang lain yang telah mengalami flu.

( Baca juga : Gejala Flu babi – Cara Penularan Flu Burung ) 4. Meningitis Meningitis yang mengalai gangguan akibat seranga radikal bebas yang mengandung bakteri bisa menyebabkan cara mengatasi demam menggigil mengalami kenaikan suhu tubuh. Kondisi tersebut sebagai bentuk bahwa tubuh sedang melawan adanya kelaiann cara mengatasi demam menggigil dalam tubuh.

5.Penyakit malaria Bakteri yang dibawa oleh nyamuk aedes agypty melalui gigitannya dapat masuk dan mengalir dialiran darah kemudian mencederai atau meluaki organ tubuh bagian dalam yang menyebabkan tubuh menjadi demam.Demam tinggi merupakan bentuk dari perlawana antibodi alami terhadap benda asing yang dicurigai sebagaibbenda yang harus diblokir misalnya kuman atau bakteri tertentu.

( baca juga : Malaria Tropika ) 6.Gangguan sinusitis Jaringan sinusitis yang mengalami gangguan akibat tunbuhnya polip, Pilek yang berkepanjangan sampai gejala penyakit asma yang tak kunjung sembuh dapat menimbulkan suhu tubuh menjadi meningkat. ( baca juga : Terapi Sinusitis ) 7. Serangan bakteri Bakteri seringkali menjadi penyebab demam menggigil pada anak anak yang sering menghabiskan waktunya bermain pada lokasi yang tidak bersih atau telah terkontiminasi bakteri tertentu.

Bakteri syang masuk dalam tubu dapat melukai jaringan otot. ( baca juga : Bakteri Penyebab Diare ) 8.Serangan cara mengatasi demam menggigil gestroenteritis Salah satu penyebab dingin memggigil adalah sernagan virus gestroeritis yang tidak kunjung sembuh, tubuh akan dipaksa terus menerus membentengi dirinya dari serangan virus tersebut yang justru jika tidak segera datasi maka akn muncul demma menggigil yang diiringi dengan kejang kejang.

9. Gangguan kandung kemih Ketika organ kandung kemih mengalami peradangan hebat maka akan muncul pertahanan dari imunitas tubuh secara alami untuk menolaknya yaitu dengan cara melepaskan hormon tertentu yang memicu munculnya demam menggigil.

( baca juga : Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih ) 10. Gangguan tenggorokan Tenggorokan yang sedang mengalami luka, Radang dan infeksidapat mudah ditunggangi berbagai macam kuman yang nantinya justru memperparah kondisi tubuh, Yaityu munculnya suhu tubuh yang tinggi.

( baca juga : Tenggorokan Serak Berdahak ) 1.Minuman lemon dan kayumanis Lemon dan akyu manis memiliki zat anti bakteri, Meningkatkan daya tahan tubuh, Menurunkan kadar gula sehingga demam mudah disembuhkan dan bertindak sebagai antioksidan yang kuat dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri jenis apapun.

2.Minuamn jahe dan teh Jahe memliki efek cara mengatasi demam menggigil tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh yang mulai melemah. Sedangkan teh mempunyai zat antuiksidan aktif yang mampu memerangi kelremahan otot akibat seranagn bakteri penyebab demam menggigil. 3. Minuman kunyit Kunyit mempunyai senyawa istimewa dan anti bakteri, antiMikroba dan mempermudah kembalinya suhu tubuh yang sedang naik menjadi normal kembali.

4. Bawang putih Bawang putih dipercaya ratusan tahun mampu mengatasi masuk anginPilek dan mempercepat peningkatan imunitas tubuh seseorang. Bawang putih salah satu bumbu masakan yang dapat mencegah dan mengobati penyebab demam menggigil 5. Bawang merah Bawang merah mampu menurunkan panas pada anak anak dan mengembalikan stamina yang turun akibat demam tersebut.

Bawang merah bisa dihaluskan dan diboreskan pada dahi dan biarkan hingga mengering. 6.Minum air putih Cukupnya cairan dalam tubuh mampu meningaktkan kualitas daya tahan tubuh karena air putih dapat membersihakan racun racun dalam tubuh yang telah bercampur dengan bakteri atau virus penyebab demam menggigil 7.Berjemur matahari pagi Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan otot dan mampu mempercerpat penyembuhan penyakit penyebab demam menggigil 8.

Minuman madu Madu secara klinis terbukti mampu meningkatkan daya tahn tubuh dan melindungi jaringan tubuh termasuk kesehatan otot. Minuman madu yang dikonsumsi satu sampai dua kali dalam sehari secara rutin dapat mempertahankan suhu tubuh tetap stabil dan terhindar dari pergerakan bakteri dan virus yang terbawa melalui udara yang telah bercampur dengan partikel beracun (radikal bebas) selain itu manfaat madu untuk penderita insomnia adalah terbukti ampuh karena insomnia juga bisa menjadi penyebab demam menggigil pada orang dewasa.

9. Kompres air hangat Kompres denhgan air hangat merupakan cara paling sederhana namun mampu menstabilkan suhu tubuh. Air hangat dapat merangsang tubuh melepaskan hormon anti stres dan meregangakan jaringan otot yang mengerut atau menyempit akibat serangan bakteri aau virus tertentu.

10.sup kaldu hangat Sup ayam kaldu hangat dapaat merangsang fungsi otot menjadi lebih baik dan mengurangi serangan kontraksia secara berulang yang menjadi penyebab demam menggigil.

11.Minyak telon dan kayu putih Tahukah anda bahwa pemakaian minyak telon yang ditambahkan sedikit minyak kayu putih dapat mengahnagtkan tubuh dan mengembalikan fungsi otiot yang sedang mengalami kontraksi berkepanjangan. Kedua bahan herbal ini dapat langsung dioleskan pada bagian perut, Punggung dan telapak kaki. Penunjang keberhasilan penyembuhan demam menggigil yang cepat Ketika seseorang sedang mengalami demam sebaiknya istirahatkan tubuh secara total tanpa melakukan aktivitas apapun 7 sampai 8 jam.

Jauhi segala bentuk minuman beralkohol, Karena alkohol dapat mengagagalkan proses penyembuhan dan meningkatkan resiko penyebab demam menggigil menjadi semakin kuat. Manfaat tidur cukup untuk demam menggigil Manfaat tidur yang cukup bagi penderita demam menggigil dapat mengembalikan fungsi dan kinerja otot menjadi lebih baik. Ketika tubuh sedang dalam keadaan atau sedang tidak melakukan kegiatan apapun (tidur), Maka otot akan mendapatkan siplai oksigen dan aliran darah menjadi lebih baik serta menstabilkan suhu tubuh.

Dengan kondisi daya tahan tubuh yang stabil maka serangan bakteri atau virus penyebab demam menggigil lebih mudah dikendalikan oleh seluruh jaringan tubuh sehingga suhu tubuh tetap normal. Pengobatan medis Penyebab demam menggigil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat oral paracetamol 500 mg dua kali sehari atau sesuai dengan takaran yang dianjurkan dokter. Biasanya jika kondisi demam disebabkan karena serangan bakteri maka dokter akan memberikan antibiotik oral khusus yang diformulasikan untuk menurunkan suhu tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Related Posts • Aspirin + Vitamin C – Obat Apa – Fungsi – Dosis – Efek Samping • Calapol / Calapol Forte – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Efek Samping • 9 Penyebab Menggigil Tapi Tidak Demam (No. 5 Penyakit Berbahaya) • 26 Cara Mencegah Malaria Tropika & Tertiana Terjadi dan Kambuh Lagi • Brochifar/Brochifar Plus – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping Recommended Post • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya! • Ada Varian Baru Omicron, BA.2.12.1 Ditemukan di Amerika dan Singapura

Kompres Air Hangat Atau DIngin? Ini Cara Tepat Turunkan Demam




2022 www.videocon.com