Negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

ASEAN Sejarah ASEANASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi yang didirikan oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara di Kota Bangkok (Thailand). Pada tanggal 8 Agustus 1967 dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengembangkan kebudayaan negara-negara anggotanya, menjaga stabilitas dan perdamaian serta memberikan kesempatan kepada anggota-anggotanya untuk membahas perbedaan dengan damai.

Pada awal pembentukan ASEAN, jumlah anggota ASEAN adalah 5 negara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Kelima Negara tersebut juga merupakan pendiri ASEAN. Dalam bahasa Indonesia, ASEAN disebut juga dengan PERBARA atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara1 Indonesia 2 Filipina 3 Laos 4 Thailand 5 Singapura 6 Vietnam 7 Kamboja 8 Myanmar 9 Brunei Darussalam 10 Timor Leste 11 Malaysia Geografi ASEAN 1. WILAYAH • Negara terluas : Indonesia (2.027.087 km2) • Negara terkecil : Singapura (685 km2) 2. JUMLAH PENDUDUK • Negara terbanyak : Indonesia (237.512.355 jiwa) • Negara paling sedikit : Brunei Darussalam (381.371 jiwa) 3.

KEPADATAN PENDUDUK • Terpadat : Singapura (6.369 jiwa/ km2) • Terjarang : Laos ( 24 jiwa/ km2) Batas-batas Kawasan Asia Tenggara: • Utara : Negara India, Negara China, dan Laut China Selatan • Timur : Negara Papua Nugini dan Lautan Pasifik • Selatan : Negara Australia dan Lautan Hindia • Barat : Samudra Hindia dan Laut Andaman Letak Astronomis Kawasan Asia Tenggara: • 28o LU (Myanmar) - 11o LS (Indonesia) • 92o BT (Myanmar) - 141o BT (Indonesia) Letak Geografis Kawasan Asia Tenggara: • 2 Benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia • 2 Samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudera Hindia IklimSebagian besar beriklim tropis, kecuali Myanmar bagian utara.

Temperatur udara sekitar equator rata-rata suhu udara panas. Bentang AlamKawasan Asia Tenggara sebagian besar berada pada barisan pegunungan muda (Mediterania, yang memanjang mulai dari pegunungan di sekitar Laut Tengah. Rangkaian pegunungan itu dimulai dari Pegunungan Arakan Yoma (Myanmar) sebagai kelanjutan Pegunungan Himalaya ke Pegunungan Andaman dan Nikobar.

Di sebelah utara Sumatera, terus ke Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera, pegunungan yang membentang dari barat ke timur Pulau Jawa, Kepulauan Nusa Tenggara, dan berakhir di Lat Banda. Kawasan Asia Tenggara yang termasuk ke dalam pegunungan yang lebih tua adalah Thailand, Semenanjung Malaysia, dan Kalimantan bagian Selatan. Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara Ibu kota : Jakarta Merdeka : 17 Agustus 1945 Letak Astronomis 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT Batas Wilayah • Utara : Laut China Selatan • Selatan : Samudra Hindia • Barat : Samudera Hindia • Timur : Papua Nugini dan Timor Leste Iklim: Tropis, Laut, dan Muson Suhu rata-rata pertahun 26o C Dipengaruhi angin muson barat dan timur Penduduk (suku) Suku asli Melayu, Betawi, Jawa, Sunda, Batak, Tengger, Baduy, Toraja, Dayak, Asmat, Banjar, Sasak, Bali, dll.

Bentang Alam Wilayah Indonesia terdiri dari daratan dan lautan. Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan dan mempunyai wilayah yang sangat luas menyebabkan Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang di dunia. Selain itu, bentuk muka bumi Indonesia tidak rata, ada bagian yang rendah, datar, dan bergelombang. Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Jaya Wijaya. Danau terbesar adalah Danau Toba. Sungai terpanjang adalah Sungai Kapuas, dan Sungai terbesarnya adalah Sungai Musi.

Perekonomian Indonesia adalah negara berkembang yang mata pencahariannya di bidang pertanian. Hasil pertaniannya adalah padi.

Selain itu, Indonesia juga memiliki hasil perkebunan seperti teh dan kopi. Pertambangan emas, intan, nikel, minyak bumi, dan nikel. Perairan, perindustrian, dan pariwisata juga adalah sektor perekonomian masyarakat Indonesia. 2. SINGAPURAIbu kota : Singapura Merdeka : 2 Agustus 1965 Letak Astronomis 1o 10’ LU – 1o 27’ LU dan 103o 38’ BT – 104o 2’ BT Batas Wilayah • Utara : Selat Johor • Selatan : Selat Singapura • Barat : Selat Malaka • Timur : Selat Singapura Iklim: Tropis Penduduk (suku) China : 77% Melayu : 14% India : 8% Bangsa Lainnya : 1% Bentang Alam Bagian barat terdiri dari perbukitan dan lembah.

Bagian tengah berupa daerah perbukitan dengan puncak bukit tertinggi adalah bukit timah (581 m). Bagian timur berupa daerah dataran rendah dan rawa-rawa. Sungai yang terdapat di Singapura adalah Sungai Kranji dan Sungai Jurong. Singapura memperluas wilayahnya dengan reklamasi pantai dengan pengurukan pasir. Perekonomian Perekonomian Singapura sangat tergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, dan perindustrian. Industri Singapura menghasilkan kapal, elektronik, dan bahan makanan.

Pertanian di Singapura memiliki areal yang sempit, oleh sebab itu areal tanah pertanian ditambah dengan cara menimbun tanah yang berawa-rawa di tepi pantai. Hasil pertanian antara lain buah-buahan, sayuran, dan anggrek. Peternakan di Singapura terdapat di sekitar kota. Hewan ternak itu antara lain unggas dan sapi perah. Kawasan industri di Singapura terdapat di daerah Jurong.

3. MALAYSIAIbu kota : Kuala Lumpur Medeka : 31 Agustus 1957 (Merdeka penuh 16 September 1963) Letak Astronomis 1o LU – 7o LU dan 100o BT – 119o BT Batas Wilayah • Utara : Laut China Selatan (Muangthai) • Barat : Selat Malaka • Timur : Indonesia dan Laut Sulu • Selatan : Indonesia dan Singapura Iklim: Tropis, suhu antara 24o C – 35o C Penduduk (suku) Sebagian besar suku Melayu dan China, sebagian lainnya India, Arab, dan Semang (asli).

Bentang Alam Wilayah Negara Malaysia terbagi atas dua wilayah, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Luas keseluruhan ± 330.434 km2. 1. Wilayah Malaysia Barat adalah semenanjung Malaka yang terdiri dari sebelas negara bagian. 2. Wilayah Malaysia bagian timur letaknya di negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim utara Kalimantan.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Wilayah ini terdiri dari dua negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak. Di semenanjung Malaka terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Tahan (2.190 m). Di wilayah bagian timur terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tertinggi yaitu Gunung Kinabalu (4.101 m). Perekonomian Kegiatan ekonomi utama penduduk Negara Malaysia adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian.

Pertanian menghasilkan karet, minyak sawit, kopra, the, lada, dan padi. Pertambangan menghasilkan bijih timah, bauksit, bijih besi, dan minyak bumi.

Malaysia adalah penghasil timah terbesar di dunia. Industri Malaysia menghasilkan barang dari baja dan barang elektronik. 4. BRUNEI DARUSSALAMIbu kota : Bandar Seri Begawan Merdeka : 1 Januari 1984 Letak Astronomis 4o LU – 5o 2’ LU dan 114o BT – 115o BT Batas Wilayah • Utara : Laut China Selatan • Selatan : Malaysia • Barat : Malaysia • Timur : Malaysia Iklim: Tropis Penduduk (suku) Sebagian besar orang Melayu, sisanya orang China, dan Dayak (asli) Bentang Alam Brunei Darussalam letaknya di Kalimantan Utara.

Luasnya ± 5.765 km2. Negara Brunei Darussalam terbagi atas dua wilayah, yaitu wilayah batas dan wilayah timur. Wilayah barat Brunei Darussalam adalah daerah datarn rendah dan berawa-rawa. Makin ke pedalaman sedikit berbukit-bukit.

Adapun wilayah timur adalah daerah berbukit-bukit. Ketinggian gunung di Brunei Darussalam mencapai 1.850 m (Gunung Pagon).

Sungai terpanjangnya adalah Sungai Belait. Perekonomian Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Barang impor Negara Brunei Darussalam adalah mesin, mobil, barang elektronik, beras, dan gula.

Brunei Darussalam termasuk negara di Asia Tenggara yang paling tinggi pendapatan perkapita penduduknya. Hasil pertanian di Brunei Darussalam adalah beras, gula, lada, dan kopra. Sedangkan hasil industrinya adalah tekstil. 5. FILIPINAIbu kota : Manila Merdeka : 4 Juli 1946 Letak Astronomis 5o LU – 21o LU dan 117o BT 126o BT Batas Wilayah • Utara : Taiwan • Timur : Samudera Pasifik • Selatan : Laut Sulawesi dan Sulu • Barat : Laut China Selatan Iklim: Tropik, suhu rata-rata 25o C Penduduk (suku) Penduduk asli keturunan Melayu dan sebagian suku Meztiso yakni campuran antara suku Indian dan spanyol.

Di daerah pedalaman terdapat suku Negrito. Filipina adalah negara kepulauan. Jumlah pulaunya ± 7.100 buah. Pulau-pulau besar yang letaknya di Filipina adalah Pulau Luzon dan Pulau Mindanao.

Kepulauan Filipina termasuk daerah Pegunungan Lipatan Pasifik. Filipina mempunyai banyak gunung yang masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzon adalah Gunung Mayon (2.421 m), dan Gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo (2.954 m). Gunung yang sering meletus di Filipina adalah Gunung Sinatubo.

Terdapat dataran yang rendah dan sempit, pantai curam dan terjal (Fyord), sering terjadi badai tropis. Danau di Filipina adalah Danau Lanau di Mindanao, Sungai Cagayan di Pulau Luzon, dan Palung laut Mindanao.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Perekonomian Mata pencaharian penduduk Filipina adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Hasil pertaniannya adalah padi, kelapa, serat abaka,kopra, tebu, karet, nanas, dan gula. Hasil tambang di Filipina adalah kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, sulfur, chrom, dan minyak bumi. Di Filipina terdapat balai penelitian padi internasional.

6. THAILANDIbu kota : Bangkok Merdeka : Tidak pernah dijajah Letak Astronomis 5o LU – 21o LU dan 97o BT – 106o BT Batas Wilayah • Utara : Myanmar dan Laos • Timur : Laos, Kamboja, dan Teluk Siam • Selatan : Malaysia • Barat : Myanmar dan Samudera Hindia Iklim: Tropis Penduduk (suku) Penduduk asli Bangsa Thai.

Sebagian lagi keturunan China dan Melayu. Bentang Alam Luas Negara Thailand ± 513,998 km2. Wilayah Negara Thailand dibagi menjadi empat, yaitu:Dataran rendah di bagian tengah yang dialiri oleh Sungai Chao Phraya.

Daerah ini sangat subur. Daerah pegunungan di bagian utara dan barat. Dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Doi Ithanon (2.594 m). Pegunungan Kapur di bagian timur. Semenajung Thailand Selatan yang berupa bukit-bukit rendah yang meluas sampai ke perbatasan dengan Malaysia. Di Thailand terdapat Plato Korat, dan terdapat pulaTanah Genting Kra Cantara yang berada di antara Teluk Siam dan Laut Andaman. Perekonomian Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri.

Hasil pertanian terbesar di Thailand adalah beras. Thailand adalah lumbung padi di Asia Tenggara. Hasil kehutanannya adalah kayu jati. Sedangkan pertambangan menghasilkan timah dan mangaan.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Industri Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang elektronik. Pariwisata adalah penghasil devisa utama Negara Thailand.

Contoh tempat tamasya di Thailand adalah Pantai Pattaya, Chiang May, Ayuttaya, dan Bangkok. 7. MYANMARIbu kota : Yangoon Merdeka : 4 Januari 1948 Letak Astronomis 9o LU – 28o LU dan 92o BT – 102o BT Batas Wilayah • Utara : Republik Rakyat China • Timur : Muangthai dan Laos • Selatan : Laut Andaman • Barat : Bangladesh, India Iklim: Bagian selatan beriklim tropis dan bagian utara beriklim subtropis. Penduduk (suku) Sebagian besar penduduk Birma keturunan Tibet Birma, sisanya Suku Shan, Karen, Rakhin Mon, dan Kachin.

Bagian selatan Negara Myanmar terdapat garis pantai di sepanjang Teluk Benggala dan Laut Andaman. Di bagian utara yang berbatasan dengan India dan China adalah pegunungan tinggi.

Pegunungan ini adalah bagian dari Pegunungan Himalaya. Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan antara Myanmar dan Thailand. Di bagian tengah adalah dataran rendah yang dialiri Sungai Irawadi dan beberapa sungai lainnya. Di Myanmar terdapat Sungai Salwen. Luas Negara Myanmar ± 676.576 km2.

Perekonomian Hasil utama pertanian di Myanmar adalah padi. Myanmar adalah penghasil padi terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand. Hasil pertanian lainnya adalah kapas, padi, dan tembakau. Hasil pertambangannya antara lain seng, tembaga, emas, perak, timah, dan minyak bumi.

Hasil industri Myanmar berupa semen, tekstil, pupuk, ubin, rami, farmasi, baja, dan makanan ternak. 8. LAOSIbu kota : Vientiane Merdeka : 22 Oktober 1953 dari Perancis dan mengubah bentuk negara dari kerajaan menjadi republik pada tanggal 3 Desember 1975 Letak Astronomis 16o LU – 22o LU dan 100o BT – 108o BT Batas Wilayah • Utara : Republik Rakyat China • Timur : Vietnam • Selatan : Kamboja • Barat : Myanmar dan Thailand Iklim: Musim Penduduk (suku) Thai, Khmer, China, Lao Lum, Lao Theung, Lao Sung, dan Yos Luas wilayah Laos ± 236.800 km2.

Negara Laos dikelilingi oleh pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di sebelah utara dan membentang sepanjang batas timur.

Puncaknya adalah Gunung Bia. Sungai Mekong adalah sungai penting di Laos. Sungai Mekong dimanfaatkan juga sebagai fasilitas transportasi. Laos adalah satu-satunya Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak mempunyai wilayah laut. Di Laos terdapat Plato Bolovens dan Negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim Annam.

Perekonomian Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pertanian. Kegiatan pertanian laos banyak dilakukan di sepanjang Sungai Mekong. Hasil utama pertanian Laos adalah padi dan jagung.

Hasil peternakan Laos antara lain sapi, babi, kerbau, dan unggas. Hasil pertambangan yang menjadi komoditas ekspor adalah timah dan garam batu. Perindustrian di Laos menghasilkan timah, kayu jati, pemintalan sutera, keramik, kerajinan kulit dan kerajinan perak. 9. VIETNAMIbu kota : Hanoi Merdeka : 2 Juli 1976 (gabungan Vietnam Utara dan Selatan) Letak Astronomis 102o BT – 110o BT dan 8o LU – 23o LU Batas Wilayah • Utara : Republik Rakyat China • Timur : Laut China Selatan • Selatan : Laut China Selatan • Barat : Kamboja dan Laos Iklim: Tropis Penduduk (suku) Penduduk asli suku Champa dan Montagnard di selatan, Muang, Tay, dan Nung di utara.

Sebagian lainnya suku Khmer dan China. Bentang Alam Negara Vietnam letaknya di Semenanjung Indocina. Luas Vietnam kurang lebih 331.

653 km2. Di Negara Vietnam terdapat Plato Tonkin dengan puncaknya Gunung Fan Si Pan, Pegunungan Annam dengan Gunungnya Ngoch Linh, dataran rendah alluvial di sekitar Sungai Mekong. Perekonomian Mata pencaharian penduduk Vietnam sebagian besar adalah di bidang pertanian.

Hasil utama pertaniannya adalah padi. Hasil pertanian lainnya adalah jagung, kapas, tebu, ubi jalar teh, buah-buahan, dan tembakau. Hasil pertambangannya adalah emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, dan seng. Hasil industrinya adalah kapal, mesin, semen, kertas, dan kimia. 10. KAMBOJAIbu kota : Phnom Penh Merdrka : 9 November 1953 dari Perancis Letak Astronomis 80 LU – 14o LU dan 1020 BT – 1070 BT Batas Wilayah • Utara : Laos negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim Thailand • Timur : Vietnam • Selatan : Teluk Siam • Barat : Thailand Iklim: Tropis Penduduk (suku) Sebagian besar orang Khmer, selebihnya Suku China dan Vietnam.

Bentang Alam Luas wilayah Kamboja kurang lebih 181.300 km2. Negara Kamboja letaknya di Semenanjung Indocina. Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong adalah daerah subur. Pegunungan Cardaman panjangnya 160 km melintasi perbatasan dengan Thailand. Di Thailand terdapat Dataran rendah Tonle Sap, dan Sungai Mekong. Dataran tinggi Ratanokiri dan Mondolkiri. Danau Tonle Sap dan Pegunungan Phnom Aural. Perekonomian Mata pencaharian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian.

Daerah pertanian terdapat di sepanjang Sungai Mekong dan di sekitar Danau Tonle Sap. Padi termasuk hasil pertanian Kamboja yang terbesar. Di samping tanaman padi, Kamboja juga memproduksi karet dalam jumlah yang sangat besar.

Hasil pertambangan di Negara Kamboja adalah bijih besi, emas, tembaga, dan batu bara. Industry di Kamboja adalah tekstil, pengolahan, kayu, kertas, semen, dan penggilingan padi.

11. TIMOR LESTEIbu kota : Timor Timur Merdeka : 20 Mei 2002 (lepas dari Indonesia) Letak Astronomis 8o LS – 10o LS dan 125o BT – 128o BT Batas Wilayah • Utara : Selat Umbai dan Selat Wetar (Indonesia) • Selatan : Samudra Hindia • Barat : Provinsi NTT (Indonesia) • Timur : Laut Arafuru Iklim: Tropis Penduduk (suku) Suku Tetum, Belu, Galolo. Campuran Melayu dan Papua. Bentang Alam Wilayah Negara Timor Leste terdiri dari dua wilayah terpisah yang sebagian wilayahnya terdapat di Provinsi NTT Indonesia.

Alam Timor Leste sebagian besar tidak subur. Juga miskin sumber daya alam SDA yang dimiliki hanyalah tambang minyak bumi di Selat Timor. Gunung tertinggi adalah Gunung Tata Mailau dan danaunya adalah Danau Surubel. Perekonomian Timor Leste masih tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia melalui Provinsi NTT.

Timor Leste menggunakan mata uang US$. Timor Leste mengharapkan bisa mengeksploitasikan minyak bumi di celah Timor (Timor Gab). Namun masalah perbatasan masih menjadi kendala untuk segera melaksanakan eksploitasi.

Hasil pertanian di Timor Leste adalah kopi, padi, kedelai, dan kopra. Hasil pertambangannya adalah emas, minyak bumi, mangaan, dan gas alam.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Hasil industrinya adalah tekstil, air mineral, dan pengolahan kopi. Daftar Lengkap Isi Artikel • 11 Negara-Negara di Asia Tenggara • Negara-Negara di Asia Tenggara • 1. Indonesia • Letak dan luas wilayah • Kenampakan alam • Keadaan penduduk • Apa itu ASEAN ?

• Tujuan Pembentukan ASEAN • Bentuk Kerja Sama ASEAN • Prinsip Utama ASEAN • Resecent Posts • Sebarkan ini: • Posting terkait: 11 Negara-Negara di Asia Tenggara Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Asia Tenggara terletak di antara 23o LU – 11o LS dan 92o BT – 141o BT. Secara geografis, Asia Tenggara berada di antara 3 benua dan 2 samudra.

Benua yang terletak di sekeliling kawasan Asia Tenggara yaitu Benua Asia, Benua Australia, dan Benua Amerika. Samudra yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Asia Tenggara berbatasan dengan India di sebelah barat dan Cina di sebelah utara. Wilayah ini terdiri dari sebagian kecil daratan utama Benua Asia. Di kawasan Asia Tenggara terdapat lebih dari 20.000 pulau.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Pulau-pulau tersebut terbentang sepanjang Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Daratan utama Asia Tenggara berupa pegunungan. Daratan tersebut telah dihuni manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Penduduk Asia Tenggara negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim beragam bahasa dan budaya. Asia Tenggara memiliki iklim tropis. Di kawasan Asia tenggara berlaku 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Sejak abad ke-16 sampai abad ke-20, hampir semua bangsa di Asia Tenggara dijajah oleh bangsa Eropa, seperti Inggris, Prancis, Portugal, dan Belanda. Ada juga negara yang hancur dilanda perang saudara. Namun saat ini, beberapa negara telah tumbuh menjadi negara maju.

Pertumbuhan ekonomi telah membawa kemakmuran di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-Negara di Asia Tenggara Negara mana saja yang terletak di kawasan Asia Tenggara?

Coba kamu sebutkan! Negara-negara di kawasan Asia Tenggara terdiri dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Filipina, Timor Leste dan Brunei Darussalam. Negara-negara tersebut merupakan negara-negara tetangga Indonesia. Kesebelas negara tersebut juga tergabung dalam ASEAN (Association of South East Asian Nations) atau organisasi negara-negara di Asia Tenggara.

Selain Indonesia, terdapat 2 negara tetangga yang tidak termasuk anggota ASEAN. Negara mana saja itu? Ya benar, ketiga negara tersebut adalah Papua Nugini, dan Australia. Selanjutnya mari kita bahas keadaan alam Indonesia dan negara-negara tetangga. 1. Indonesia Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Maka dari itu, negara kita sangat kaya dengan bentang alam.

Sumber daya alam yang ada di Indonesia juga sangat melimpah. Kekayaan alam tersebut menjadi modal dasar dalam pembangunan di Indonesia. Untuk itu, hendaklah kita memanfaatkan kekayaan alam yang ada dengan sebaik-baiknya. Banyak wilayah daratan Indonesia terbentuk dari aktivitas vulkanis.

Hal ini ditandai dengan kenampakan pulau-pulaunya yang berbentuk pegunungan debu, lava, dan lumpur dari letusan gunung berapi yang menyuburkan tanah di sekitarnya. Oleh karena itu, sebagian besar penduduk Indonesia memanfaatkan lahan yang ada untuk pertanian dan perkebunan. Rangkaian pegunungan di Indonesia membentang dari ujung Pulau Sumatra hingga ke ujung utara Pulau Sulawesi. Salah satu gunung terkenal di Indonesia adalah Gunung Anak Krakatau. Gunung ini terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra.

Letusan maha dahsyat Gunung Krakatau terjadi pada tahun 1883. Letusan tersebut menghancurkan tiga per empat pulau gunung api tersebut dan menimbulkan gelombang tsunami yang menewaskan puluhan ribu orang. Setelah itu, muncul gunung baru yang kemudian disebut Gunung Anak Krakatau.

Indonesia terletak di kawasan khatulistiwa. Akibatnya, Indonesia memiliki iklim tropis. Perbedaan suhu amat kecil di tiap wilayah, kecuali di Puncak Jaya, Provinsi Papua. Puncak gunung tersebut diselimuti salju abadi. Puncak Jaya berada di daerah Pegunungan Sudirman.

Curah hujan di berbagai wilayah Indonesia juga bervariasi. Tempat paling basah adalah pegunungan di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua. Curah hujan di tempat-tempat tersebut mencapai 3.000 mm per tahun.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Adapun di wilayah dataran rendah menerima curah hujan antara 1.0600 – 2.200 mm per tahun. Curah hujan yang tinggi menyebabkan banyak wilayah subur di Indonesia. Lebih dari 2.000 tahun penduduk kepulauan Indonesia bermata pencaharian di bidang agraris, terutama padi.

Indonesia juga kaya akan flora dan fauna. Ribuan jenis tumbuhan dapat ditemukan di wilayah ini. Adapun jenis fauna di Indonesia dapat dibagi dalam 2 kelompok fauna utama dunia, yaitu fauna tipe Asia dan fauna tipe Australia. Fauna tipe Asia hidup di bagian utara dan barat. Contoh fauna tipe Asia adalah harimau dan gajah. Fauna tipe Australia hidup di Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Di pulau-pulau terpencil juga ditemukan fauna unik. Contohnya komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Keadaan penduduk Apa itu ASEAN ? ASEAN merupakan suatu singkatan dari Association of South East Asian Nations. Pengertian ASEAN ialah Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara, sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dalam negara-negara di kawasan wilayah Asia Tenggara. Pendapat lain telah mengatakan bahwa sebuah makna ASEAN ialah sebuah organisasi yang didirikan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara tempat wilayah Indonesia menjadi anggotanya.

Menurut Wikipedia, wilayah Asia Tenggara ini meliputi 4,46 juta kilometer persegi daratan dan 13,4 juta kilometer persegi lautan. Populasi manusia di Asia Tenggara mencapai 600 juta orang, atau 8,8% dari total dalam adanya sebuah populasi dunia. Tujuan Pembentukan ASEAN Terdapat beberapa sebuah tujuan dalam pembentukan ASEAN, diantaranya ialah: • Dapat mempercepat dalam sebuah pertumbuhan ekonomi, dalam kemajuan sosial dan pengembangan budaya di wilayah ini melalui upaya bersama dalam hal kemitraan dan kesetaraan, dalam sebuah rangka dalam memperkuat dasar bagi kalangan masyarakat dengan Asia Tenggara yang makmur dan damai • Kerja sama yang lebih efektif sebagai penggunaan dalam pertanian dan industri yang begitu lebih besar, perluasan perdagangan, termasuk dalam sebuah studi mengenai sebuah perdagangan barang wilayah internasional, peningkatan dalam fasilitas dengan transportasi dan komunikasi serta adanya sebuah peningkatan standar hidup masyarakat.

• Mempertahankan kerja sama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi internasional dan regional yang ada dengan tujuan dan target yang sama, dan menjajaki cara untuk mendorong kerja sama yang lebih erat.

• Mempromosikan kerja sama aktif dan bantuan timbal balik dalam hal-hal yang menjadi perhatian bersama di bidang ekonomi, budaya, ilmiah, sosial, teknis, dan administrasi. • Mempromosikan dalam adanya sebuah perdamaian dan stabilitas di kawasan melalui komitmen sebagai menghormati keadilan dan supremasi hukum dalam sebuah hubungan antara negara-negara di kawasan ini dan menghormati prinsip-prinsip Piagam PBB.

• Dukungan adanya sebuah timbal balik dalam bentuk lembaga pelatihan dan penelitian di bidang pekerjaan, pendidikan, teknologi dan administrasi. Bentuk Kerja Sama ASEAN Terdapat banyak contoh dalam sebuah kerja sama ekonomi, sosial-budaya dan politik ASEAN. Berikut ini adalah bentuk kerja sama ASEAN, diantaranya ialah: • Kerja sama dalam sebuah ekonomi bertujuan sebagai menghilangkan hambatan ekonomi dengan menciptakan sebuah entitas ekonomi regional.

Kerja sama ini telah mencakup bidang perdagangan, industri, dan pembentukan zona perdagangan bebas di ASEAN. • Kerja sama dalam sebuah politik dan keamanan sebagai menciptakan stabilitas, keamanan, dan perdamaian, terutama di kawasan ASEAN dan dunia pada umumnya. • Kerja sama sosial dan budaya, termasuk budaya, lingkungan, informasi, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, manajemen bencana alam, pengembangan sosial, pengentasan kemiskinan, pekerjaan, pemuda, pencegahan obatan terlarang, peningkatan administrasi publik, pemberdayaan perempuan, dan staf.

Prinsip Utama ASEAN Menurut Sekretariat Nasional ASEAN Indonesia, ASEAN telah menetapkan empat prinsip utama dalam pelaksanaan tugasnya, diantaranya ialah sebagai berikut: • Menghormati kesetaraan, independensi, kedaulatan dalam sebuah integritas teritorial dan identitas nasional negara-negara anggota. • Penolakan agresi, kekerasan atau ancaman terhadap hukum internasional. • Bersama-sama bertanggung jawab dan bertekad untuk meningkatkan kemakmuran, keamanan, dan perdamaian di kawasan ASEAN.

• Dalam sebuah prioritas penyelesaian sengketa damai tanpa campur tangan dalam urusan internal masing-masing anggota. Dalam negara ASEAN, terdapat di antara negara-negara dalam Asia Tenggara. Dalam pendirian organisasi ASEAN dapat disahkan pada negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim Agustus 1967 dengan Deklarasi Bangkok.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Demikian ulasan dari PPKN.CO.ID Mengenai 11 negara asean beserta keterangannya, Semoga Bermanfaat. Refrensi Teknologi : DISINI Resecent Posts • Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli • Pengertian SIUP Dan Syaratnya • Pengertian PPKI Adalah • Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli • Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli • Fungsi Daftar Pustaka • Observasi Adalah • Pengertian Desentralisasi • Prinsip Otonomi Daerah • Teori Evolusi Menurut Para Ahli Lengkap • Pengertian Aset Menurut Para Ahli • Contoh Sikap Cinta Tanah Air : Arti, Manfaat, Cara Menumbuhkan • Tugas Dan Wewenang DPR Serta Dasar Hukumnya • Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli • Pengertian Sosial Menurut Para Ahli Dan Tahunnya Posting terkait: • Soal PKN Kelas 9 Semester 2 • Soal PKN Kelas 8 Semester 2 • Hakikat Atau Tujuan Otonomi Daerah Posting pada Pendidikan, PKN Ditag 10 negara asean beserta ibukotanya, apakah timor leste termasuk negara asean, ibukota negara asean, mata uang negara asean, nama nama negara asean beserta ibukota dan mata uang, negara asean dan ibukotanya, negara yang berbatasan dengan negara asean, profil negara asean Resecent Posts • Soal PKN Kelas 9 Semester 2 • Soal PKN Kelas 8 Semester 2 • Hakikat Atau Tujuan Otonomi Daerah • Matematika Kelas 5 • Soal PKn Kelas 1 • Soal PKn Kelas 3 • Soal PKn Kelas 4 • Soal PKn Kelas 5 • Soal PKn Kelas 8 • Kode Alam Merobek Buku Nikah 4D 3D 2D • Bentuk Pemerintahan Monarki • Soal PKN Kelas 8 Semester 1 • Peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional • Kode Alam Ufo 4D 3D 2D • Rumus Trigonometri
Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS.

Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “ Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara“. Berikut dibawah ini penjelasannya: Asia Tenggara Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat.

Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM). • Negara-negara yang termasuk ke dalam ATD adalah Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam. • Negara-negara yang termasuk ATM adalah Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Timor Leste. Semua negara Asia Tenggara terhimpun ke dalam organisasi ASEAN. • Penduduk (Suku) Sebagian besar orang Khmer, selebihnya Suku China dan Vietnam. • Bentang Alam Luas wilayah Kamboja kurang lebih 181.300 km².

Negara Namboja letaknya di Semenanjung Indocina. Di Kamboja mengalir Sungai Mekhong. Daerah di sekitar Sungai Mekhong adalah daerah subur. Pegunungan Cardaman panjangnya 160 km melintasi perbatasan dengan Negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim. Di Thailand terdapat Dataran rendah Tonle Sap, dan Sungai Mekhong.

Dataran tinggi Ratanokiri dan Mondolkiri. Danau Tonle Sap dan Pegunungan Phnom Aural. • Perekonomian Mata pencaharian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian. Daerah pertanian terdapat di sepanjang Sungai Mekhong dan di sekitar Danau Tonle Sap.

Padi termasuk hasil pertanian Kamboja yang terbesar. Di samping tanaman padi, Kamboja juga memproduksi karet dalam jumlah yang sangat besar.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Hasil pertambangan di Negara Kamboja adalah bijih besi, emas, tembaga, dan batu bara. Industry di Kamboja adalah tekstil, pengolahan, kayu, kertas, semen, dan penggilingan padi. 2. Malaysia Ibu kota : Kuala Lumpur Medeka : 31 Agustus 1957 (Merdeka penuh 16 September 1963) • Letak Astronomis 1º LU – 7º LU dan 100º BT – 119º BT • Batas Wilayah Utara : Laut China Selatan (Muangthai) Barat : Selat Malaka Timur : Indonesia dan Laut Sulu Selatan : Indonesia dan Sngapura Iklim: Tropis, suhu antara 24º C – 35º C • Penduduk (Suku) Sebagian besar suku Melayu dan China, sebagian lainnya India, Arab, dan Semang (asli).

Bentang Alam Wilayah Negara Malaysia terbagi atasdua wilayah, yaitu Malaysiia Barat dan Malaysia Timur. Luas keseluruhan ± 330.434 km2. • Wilayah Malaysia Barat adalah semenanjung Malaka yang terdiri dari sebelas negara bagian. • Wilayah Malaysia bagian timur letaknya di sebelah utara Kalimantan. Wilayah ini terdiri dari dua negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak.

Di semenanjung Malaka terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Tahan (2.190 m). Di wilayah bagian timur terdapat pegunungan dengan puncaknya yang tertinggi yaitu Gunung Kinabalu (4.101 m). • Perekonomian Kegiatan ekonomi utama penduduk Negara Malaysia adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian.

Pertanian menghasilkan karet, minyak sawit, kopra, the, lada, dan padi. Pertambangan menghasilkan bijih timah, bauksit, bijih besi, dan minyak negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim. Malaysia adalah penghasil timah terbesar di dunia. Industri Malaysia menghasilkan barang dari baja dan barang elektronik. 3. Filipina Ibu kota : Manila Merdeka : 4 Juli 1946 • Letak Astronomis 5º LU – 21º LU dan 117º BT 126º BT • Batas Wilayah Utara : Taiwan Timur : Samudera Pasifik Selatan : Laut Sulawesi dan Sulu Barat : Laut China Selatan Iklim: Tropik, suhu rata-rata 25º C • Penduduk (Suku) Penduduk asli keturunan Melayu dan sebagian suku Meztiso yakni campuran antara suku Indian dan spanyol.

Di daerah pedalaman terdapat suku Negrito. Artikel Terkait: Awan Alto Cumulus Filiphina adalah negara kepulauan. Jumlah pulaunya ± 7.100 buah. Pulau-pulau besar yang letaknya di Filiphina adalah Pulau Luzon dan Pulau Mindanao. Kepulauan Filiphina termasuk daerah Pegunungan Lipatan Pasifik. Filiphina mempunyai banyak gunung yang masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzon adalah Gunung Mayon (2.421 m), dan Gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo (2.954 m).

Gunung yang sering meletus di Filiphina adalah Gunung Sinatubo. Terdapat dataran yang randah dan sempit, pantai curam dan terjal (Fyord), sering terjadi badai tropis. Danau di Filiphina adalah Danau Lanau di Mindanao, Sungai Cagayan di Pulau Luzon, dan Palung laut Moindanao. • Perekonomian Mata pencaharian penduduk Filiphina adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian.

Hasil pertaniannya adalah padi, kelapa, serat abaka,kopra, tebu, karet, nanas, dan gula. Hasil tambang di Filiphina adalah kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, sulfur, chrom, dan minyak bumi. Di Filiphina terdapat balai penelitian padi internasional. 4. Vietnam Ibu kota : Hanoi Merdeka : 2 Juli 1976 (gabungan Vietnam Utara dan Selatan) • Letak Astronomis 102º BT – 110º BT dan 8º LU – 23º LU • Batas Wilayah Utara : Republik Rakyat China Timur : Laut China Selatan Selatan : Laut China Selatan Barat : Kamboja dan Laos Iklim: Tropis • Penduduk (Suku) Penduduk asli suku Champa dan Montagnard di selatan, Muang, Tay, dan Nung di utara.

Sebagian lainnya suku Khmer dan China. • Bentang Alam Negara Vietnam letaknya di Semenanjung Indocina. Luas Vietnam kurang lebih 331. 653 km². Di Negara Vietnam terdapat Plato Tonkin dengan puncaknya Gunung Fan Si Pan, Pegunungan Annam dengan Gunungnya Ngoch Linh, dataran rendah alluvial di sekitar Sungai Mekhong.

• Perekonomian Mata pencaharian penduduk Vietnam sebagian besar adalah di bidang pertanian.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Hjasil utama pertaniannya adalah padi. Hasil pertanian lainnya adalah jagung, kapas, tebu, ubi jalar teh, buah-buahan, dan tembakau. Hasil pertambangannya adalah emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, dan seng.

Hasil industrinya adalah kapal, mesin, semen, kertas, dan kimia. 5. Singapura Ibu kota : Singapura Merdeka : 2 Agustus 1965 • Letak Astronomis 1º 10’ LU – 1º 27’ LU dan 103º 38’ BT – 104º 2’ BT • Batas Wilayah Utara : Selat Johor Selatan : Selat Singapura Barat : Selat Malaka Timur : Selat Singapura Iklim: Tropis • Penduduk (Suku) China : 77% Melayu : 14% India : 8% Bangsa Lainnya : 1% • Bentang Alam yaitu sebagai berikut: • Bagian barat terdiri dari perbukitan dan lembah.

• Bagian tengah berupa daerah perbukitan dengan puncak bukit tertinggi adalah bukit timah (581 m). • Bagian timur berupa daerah dataran rendah dan rawa-rawa. • Sungai yang terdapat di Singapura adalah Sungai Kranji dan Sungai Jurong.

Singapura memperluas wilayahnya dengan reklamasi pantai dengan pengurukan pasir. • Perekonomian Perekonomian Singapura sangat tergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, dan perindustrian. Industri Singapura menghasilkan kapal, elektronik, dan bahan makanan. Pertanian di Singapura memiiki areal yang sempit, oleh sebab itu areal tanah pertanian ditambah dengan cara menimbun tanah yang berawa-rawa di tepi pantai.

Hasil pertanian antara lain buah-buahan, sayuran, dan anggrek. Peternakan di Singapura terdapat di sekitar kota. Hewan ternak itu antara lain unggas dan sapi perah. Kawasan industri di Singapura terdapat di daerah Jurong. 6. Brunei Darussalam Ibu kota : Bandar Seri Begawan Merdeka : 1 Januari 1984 • Letak Astronomis 4º LU – 5º 2’ LU dan 114º BT – 115º BT • Batas Wilayah Utara : Laut China Selatan Selatan : Malaysia Barat : Malaysia Timur : Malaysia Iklim: Tropis • Penduduk (Suku) Sebagian besar orang Melayu, sisanya orang China, dan Dayak (asli) • Bentang Alam Brunei Darussalam letaknya di Kalimantan Utara.

Luasnya ± 5.765 km². Negara Brunei Darussalam terbagi atas dua wilayah, yaitu wilayah baat dan wilayah timur. Wilayah barat Brunei Darussalam adalah daerah datarn rendah dan berawa-rawa.

Makin ke pedalaman sedikit berbukit-bukit. Adapun wilayah timur adalah daerah berbukit-bukit. Ketinggian gunung di Brunei Darussalam mencapai 1.850 m (Gunung Pagon).

Sungai terpanjangnya adalah Sungai Belait. Artikel Terkait: Negara Tonga • Perekonomian Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Barang impor Negara Brunei Darussalam adalah mesin, mobil, barang elektronik, beras, dan gula. Brunei Darussalam termasuk negara di Asia Tenggara yang paling tinggi pendapatan perkapita penduduknya. Hasil pertanian di Brunei Darussalam adalah beras, gula, lada, dan kopra.

Sedangkan hasil industrinya adalah tekstil. 7. Timor Leste Ibu kota : Timor Timur Merdeka : 20 Mei 2002 (lepas dari Indonesia) • Letak Astronomis 8º LS – 10º LS dan 125º BT – 128º BT • Batas Wilayah Utara : Selat Umbai dan Selat Wetar (Indonesia) Selatan : Samudera Hindia Barat : Provinsi NTT (Indonesia) Timur : Laut Arafuru Iklim: Tropis • Penduduk (Suku) Suku Tetum, Belu, Galolo.

Campuran Melayu dan Papua. • Bentang Alam Wilayah Negara Timor Leste terdiri dari dua wilayah terpisah yang sebagian wilayahnya terdapat di Provinsi NTT Indonesia. Alam Timor Leste sebagian besar tidak subur. Juga miskin sumber daya alam. SDA yang dimiliki hanyalah tambang minyak bumi di Selat Timor. Gunung tertinggi adalh Gunung Tata Mailau dan danaunya adalah Danau Surubel. • Perekonomian Timor Leste masih tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia melalui Provinsi NTT.

Timor Leste menggunakan mata uang US$. Timor Leste mengharapkan bisa mengekploitasikan minyak bumi di celah Timor (Timor Gab). Namun masalah perbatasan masih menjadi kendala untuk segera melaksanakan eksploitasi. Hasil pertanian di Timor Leste adalah kopi, padi, kedelai, dan kopra. Hasil pertambangannya adalah emas, minyak bumi, mangaan, dan gas alam. Hasil industrinya adalah tekstil, air mineral, dan pengolahan kopi. 8. Indonesia Ibu kota : Jakarta Merdeka : 17 Agustus 1945 • Letak Astronomis 6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT • Batas Wilayah Utara : Laut China Selatan Selatan : Samudra Hindia Barat : Samudera Hindia Timur : Papua Nugini dan Timor Leste Iklim: Tropis, Laut, dan Muson Suhu rata-rata pertahun 26º C Dipengaruhi angin muson barat dan timur • Penduduk (Suku) Suku asli Melayu, Betawi, Jawa, Sunda, Batak, Tengger, Baduy, Toraja, Dayak, Asmat, Banjar, Sasak, Bali, dll.

• Bentang Alam Wilayah Indonesia terdiri dari daratan dan lautan. Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan dan mempuyai wilayah yang sangat luas menyebabkan Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang di dunia. Selain itu, bentuk muka bumi Indonesia tidak rata, ada bagian yang rendah, datar, dan bergelombang. Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Jaya Wijaya.

Danau terbesar adalah Danau Toba. Sungai terpanjang adalah Sungai Kapuas, dan Sungai terbesarnya adalah Sungai Musi. • Perekonomian Indonesia adalah negara berkembang yang mata pencahariannya di bidang pertanian.

Hasil pertaniannya adalah padi. Selain itu, Indonesia juga memiiki hasil perkebunaan seperti teh dan kopi. Pertambangan emas, intan, nikel, minyak bumi, dan nikel. Perairan, perindustrian, dan parwisata juga adalah sektor perekonomian masyarakat Indonesia. 9. Laos Ibu kota : Vientiane Merdeka : 22 Oktober 1953 dari Perancis dan mengubah bentuk negara dari kerajaan menjadi republik pada tanggal 3 Desember 1975 • Letak Astronomis 16º LU – 22º LU dan 100º BT – 108º BT • Batas Wilayah Utara : Republik Rakyat China Timur : Vietnam Selatan : Kamboja Barat : Myanmar dan Thailand Iklim: Musim • Penduduk (Suku) Thai, Khmer, China, Lao Lum, Lao Theung, Lao Sung, dan Yos Luas wilayah Laos ± 236.800 km².

Negara Laos dikelilingi oleh pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di sebelah utara dan membentang sepanjang batas timur.

Puncaknya adalah Gunung Bia. Sungai Mekhong adalah sungai penting di Laos. Sungai Mekhong dimanfaatkan juga sebagai fasilitas transportasi. Laos adalah satu-satunya Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak mempunyai wilayah laut. Di Laos terdapat Plato Bolovens dan Pegunungan Annam.

Artikel Terkait: Batu Basal • Perekonomian Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pertanian. Kegiatan pertanian laos banyak dilakukan di sepanjang Sumgai Mekhong. Hasil utama pertanian Laos adalah padi dan jagung. Hasil peternakan Laos antara lain sapi, babi, kerbau, dan unggas. Hasil pertambangan yang menjadi komodiitas ekspor adalah timah dan garam batu.

Perindustrian di Laos menghasilkan timah, kayu jati, pemintalan sutera, keramik, kerajinan kulit dan kerajinan perak. 10. Myanmar Ibu kota : Yangoon Merdeka : 4 Januari 1948 • Letak Astronomis 9º LU – 28º LU dan 92º BT – 102º BT • Batas Wilayah Utara : Republik Rakyat China Timur : Muangthai dan Laos Selatan : Laut Andaman Barat : Bangladesh, India Iklim: Bagian selatan beriklim tropis dan bagian utara beriklim subtropis.

• Penduduk (Suku) Sebagian besar penduduk Birma keturunan Tibet Birma, sisanya Suku Shan, Karen, Rakhin Mon, dan Kachin. Bagian selatan Negara Myanmar terdapat garis pantai di sepanjang Teluk Benggala dan Laut Andaman. Di bagian utara yang berbatasan dengan India dan China adalah pegunungan tinggi. Pegunungan ini adalah bagian dari Pegunungan Himalaya. Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan antara Myanmar dan Thailand.

Di bagian tengah adalah dataran rendah yang dialiri Sungai Irawadi dan beberapa sungai lainnya. Di Myanmar terdapat Sungai Salwen. Luas Negara Myanmar ± 676.576 km². • Perekonomian Hasil utama pertanian negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim Myanmar adalah padi. Myanmar adalah penghasil padi terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand. Hasi pertanian lainnya adalah kapas, padi, dan tembakau.

Hasil pertambangannya antara lain seng, tembaga, emas, perak, timah, dan minyak bumi. Hasil industri Myanmar berupa semen, tekstil, pupuk, ubin, rami, farmasi, baja, dan makanan ternak. 11. Thailand Ibu kota : Bangkok Merdeka : Tidak pernah dijajah • Letak Astronomis 5º LU – 21º LU dan 97º BT – 106º BT • Batas Wilayah Utara : Myanmar dan Laos Timur : Laos, Kamboja, dan Teluk Siam Selatan : Malaysia Barat : Myanmar dan Samudera Hindia Iklim: Tropis • Penduduk (Suku) Penduduk asli Bangsa Thai.

Sebagian lagi keturunan China dan Melayu. • Bentang Alam Luas Negara Thailand ± 513,998 km². Wilayah Negara Thailand dibagi menjadi lima, yaitu: • Dataran rendah di bagian tengah yang dialiri oleh Sungai Chao Phraya. Daerah ini sangat subur.

• Daerah pegunungan di bagian utara dan barat. Dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Doi Ithanon (2.594 m) • Pegunungan Kapur di bagian timur. • Semenajung Thailand Selatan yang berupa bukit-bukit rendah yang meluas sampai ke perbatasan dengan Malaysia. • Di Thailand terdapat Plato Korat, dan terdapat pulaTanah Genting Kra Cantara yang berada di antara Teluk Siam dan Laut Andaman.

• Perekonomian Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Hasil pertanian terbesar di Thailand adalah beras. Thailand adalah lumbung padi di Asia Tenggara. Hasil kehutanannya adalah kayu jati. Sedangkan pertambangan menghasilkan timah dan mangaan. Industri Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang elektronik.

Pariwisata adalah penghasil devisa utama Negara Thailand. Contoh tempat tamasya di Thailand adalah Pantai Pattaya, Chiang May, Ayuttaya, dan Bangkok. Daftar Pustaka: • Sukmayani, Ratna dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial, 2008. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS- Geografi Tentang 11 Daftar Negara Asia Tenggara, Letak Geografi & Batas Wilayah Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!! Baca Artikel Lainnya: • Masyarakat Nomaden adalah • Pengertian Sumber, Bukti, dan Fakta Sejarah Lengkap • Latar Belakang Berdirinya PBB • Profil Negara Adi Daya Amerika Serikat Secara Lengkap Posting terkait: • Penyebab Meteor Jatuh • Contoh Fenomena Biosfer • Mengapa Langit Berwarna Biru Posting pada Geografi Ditag 11 negara asean beserta keterangannya, 11 negara asia tenggara, 11 negara asia tenggara beserta keterangannya, akibat letak geografis asean, asia tenggara negara, batas utara asia tenggara adalah, flora dan fauna wilayah asia tenggara, garis lintang dan garis bujur asia tenggara, iklim setiap negara anggota asean, isu geografi terkini, isu terkini di asia tenggara, jelaskan iklim yang berada di asia tenggara, jelaskan kondisi geologis asia tenggara, jelaskan letak garis astronomis asean, jelaskan tentang letak asia tenggara, kapan timor leste masuk asean brainly, karakteristik asia tenggara, kawasan asia tenggara menjadi batas antara dua benua yaitu, kepanjangan asean, kerjasama asean tahun 2019, kerjasama di bidang budaya ditangani oleh, kondisi geografis vietnam, kondisi sosial budaya di asia, koran malaysia, lagu kebangsaan negara asean, lambang negara asean, latar belakang berdirinya asean, letak astronomis asia barat, letak astronomis asia selatan, letak astronomis asia tenggara, letak astronomis dan geografis asia tengah, letak astronomis dan geografis asia timur, letak astronomis vietnam, letak geografis asia tenggara berada di antara tiga perairan yaitu, letak geografis asia tenggara yang paling tepat adalah, letak geografis asia timur, letak geografis filipina, letak geografis indonesia, letak geografis laos, letak geografis myanmar, letak geografis negara asean, letak geografis negaranegara asean, letak geografis thailand, letak geologis asia tenggara, letak koordinat asean, letak negara negara asean pada peta, letak thailand dari indonesia, letak wilayah asia tenggara, luas wilayah singapura, mata uang negara asean, mata uang negara asia tengah, mata uang negara thailand adalah, menjelaskan kondisi geografis asia tenggara, menteri negara asean, nama nama negara di asia selatan, nama nama negara di asia timur, negara apa saja yang masuk dalam wilayah asia tenggara, negara asia tenggara yang tidak berbatasan dengan laut yaitu, negara asia timur, negara asia timur dan bentuk pemerintahannya, negara negara asean, negara negara asia tenggara beserta keterangannya, negara negara di asia tenggara yang terletak di pulau kalimantan yaitu, negara negara di asia timur, pakistan termasuk negara di benua asia bagian, pendiri asean, pengaruh posisi geografis asia tenggara, permasalahan di asia tenggara, peta asia tenggara, peta benua asia, peta letak geografis asean, sebagian besar kawasan asia tenggara beriklim, sebutkan batas wilayah asia tenggara, sebutkan batas-batas negara asia tenggara, sebutkan batas-batas wilayah negara malaysia, sebutkan ciri-ciri iklim tropis asia tenggara, sebutkan letak astronomis asia tenggara, sebutkan negara negara kawasan asia tenggara, sebutkan tentang batas-batas asia tenggara, sejarah kawasan asia tenggara, sketsa peta asia tenggara, sungai terpanjang di asia tenggara adalah, tanggal bergabungnya negara asean, tujuan asean Pos-pos Terbaru • GTA V Mod Apk 2.00 Unlimited Money Download 2021 • Penyebab Meteor Jatuh • Contoh Fenomena Biosfer • Mengapa Langit Berwarna Biru • Penemuan Gula Dalam Meteor • Bencana Hidrometeorologi • Struktur Lapisan Bumi • Larva Heroes Mod Apk 2.8.6 Unlimited Gold and Candy • Materi Planet • Kerajaan Gowa Tallo • Materi Perang Korea (1950-1953) • Materi Manajemen Persediaan • Gangstar Vegas Mod Apk 5.4.2 Unlimited Money and Diamond • Titanium Backup Pro Mod Apk 8.4.0.2 Gratis No Root • Ciri-ciri Tanah Humus Ada 11 negara Asia Tenggara yaitu negara-negara yang terdapat di benua Asia bagian tenggara.

Kesebelas negara Asia Tenggara meliputi Myanmar (Burma), Laos, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Inonesia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Timor Leste. Dari 11 negara Asia Tenggara, hanya satu negara yang negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim tergabung dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Satu negara yang belum tergabung dalam ASEAN adalah Timor Leste. Status Timor Leste di ASEAN adalah sebagai pangamat (obeserver). Negara yang memiliki nama resmi Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) pernah mendaftar untuk menjadi anggota ASEAN pada tahun 2011. Alasan belum diterinya RDTL sebagai anggota ASEAN dikarenakan kekhawatiran akan mempengaruhi kestabilan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Baca Juga: Pembagian Wilayah Benua Eropa (Daftar Negara dan Ibukotanya) 1.

Myanmar (Burma) Myanmar memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 4 Januari 1948. Sebelumnya, negara ini memiliki nama Burma. Pergantian nama Burma menjadi Myanmar secara resmi terjadi pada 18 Juni 1989 oleh pemerintahan junta militer (bentuk pemerintahan diktator militer).

Alasan dibalik penggantian nama Burma menjadi Myanmar dikarenakan agar etnis non-Burma merasa menjadi bagian dari negara ini. Penduduk Myanmar utamanya memiliki mata pencaharian pada bidang pertanian, perkebunan, dan pertambangan.

Myanmar adalah negara penghasil timah terbesar kedua di ASEAN (setelah Indonesia). Profil singkat dari Negara Myanmar: • Ibukota: Naypyidaw • Luas Wilayah: 676.578 km 2 • Bahasa: Myanmar • Pemerintahan: Republik • Kepala Negara: Presiden • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri • Mata Uang: Kyat Myanmar (MMK) • Hari Kemerdekaan: 4 Januari 1948 • Lagu Nasional: Kaba Ma Kyei 2. Laos Laos adalah satu-satunya negara di wilayah Asia Tenggara yang tidaj memiliki pantai.

Wilayah Laos berbatasan dengan empat negara yaitu Myanmar, Tiongkok, Vietnam, dan Kamboja. Empat negara tersebut mengelilingi wilayah Laos sehingga negara ini mendapar julukan the land locked (tanah yang terkunci). Ngara Laos dikenal dengan julukan seribu gajah.

Masyarakat Laos memiliki kepercayaan bahwa gajah adalah hewan pembawa kemakmuran bagi. Nama negara Laos sendiri berasal dari Lan Xang yang berarti gajah. Industri yang dimiliki Negara Laos Laos meliputi industri pengolahan kayu, pemotongan kayu, pertanian, dan pertambangan. Kawasan hutan di Laos cukup luas dan lebat yang dapat digunakan sebagai bahan baku industri utama.

Selain itu, Laos juga memiliki hasil pertanian berupa padi, jagung, tembakau, kopi, kapas, dan tanaman sampingan seperti pisang, kelapa, dan pepaya. Pada sektor pertambangan, Laos memiliki tambang utama berupa bijih timah dan besi. Selain itu, sumber tambang mineral negara ini juga meliputi tembaga, emas, dan perak.

Profil singkat dari Negara Laos: • Ibukota: Vientiane • Luas Wilayah: 236.800 km 2 • Bahasa Resmi: Lao • Pemerintahan: Republik • Kepala Negara: Presiden • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri • Mata Uang: Kip Laos (LAK) • Hari Kemerdekaan: 19 Juli 1949 • Lagu Nasional: Pheng Xat Lao (Hymn of the Lao People) Baca Juga: Sirkum Mediterania dan Pasifik 3. Vietnam Wilayah vietnam membentang dari utara ke selatan wilayah vietnam langsung menghadap ke Laut Cina Selatan.

Di bagian utara, wilayah Vietnam berbatasan dengan wilayah Tiongkok. Vietnam merdeka dari Prancis pada tanggal 2 September 1945. Sebelumnya, Prancis menguasai Vietnam setelah melakukan beberapa perang kolonial di Indochina mulai dari tahun 1840-an.

Sebagian besar penduduk Vietnam bekerja di bidang pertanian. Hasil pertanian yang menjadi komoditas Vietnam meliputi jagung, ubi jalar, teh, dan tembakau. Vietnam terkenal dengan baju tradisional wanita yang disebut baju Ao dai. Profil singkat dari Negara Vietnam: • Ibukota: Hanoi • Luas Wilayah: 331.210 km 2 • Bahasa Resmi: Vietnam • Pemerintahan: Kesatuan Marxis-Leninis satu partai sosialis republik • Kepala Negara: Presiden • Kepala Pemerintahan: Perdana Menter • Mata Uang: Dong (VND) • Lagu Nasional: Tien quan ca 4.

Thailand Satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing adalah Thailand. Sehingga, Thailand memiliki julukan negara Muathai yang berarti Tanah Merdeka atau Tanah Kebebasan.

Kerajaan Thailand memiliki simbol gajah putih, karena ibu Sang Buddha pada malam kelahirannya bermimpi mendapatkan bunga teratai dan seekor gajah putih. Sehingga negara Thailand sering disebut juga sebagai negara gajah putih. Thailand juga memiliki julukan sebagai The Land of Smiles (Negara Penuh Senyuman) hampir di setiap sudut negara Thailand bisa ditemui orang yang selalu tersenyum saat berinteraksi. Perekonomian negara Thailand dikenal dengan produksi padi tertinggi di dunia sehingga Thailand mendapat julukan Lumbung Padi dunia Profil singkat negara Thailand: • Ibukota: Bangkok • Luas Wilayah: 513.120 km 2 • Bahasa: Thai • Pemerintahan: Kerajaan Konstitusi • Kepala Negara: Raja • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri • Mata Uang: Baht (THB) • Lagu Nasional: Phleng Chat Thai 5.

Kamboja Negara Kamboja (Kampuchea) merupakan negara bekas jajahan Perancis. Kemerdekaan negara Kamboja terjadi pada 9 November 1953. Letak geografis dari negara Kamboja berbatasan dengan Thailand pada bagian barat dan utara, Laos di timur laut, dan Vietnam di timur/tenggara. Kamboja memiliki julukan sebagai negara seribu pagoda. Sebutan tersebut muncul karena banyaknya pagoda dan stupa.

Bahkan banyak pagoda dan stupa di negara Kamboja yang berlapis dengan emas. Sebagian besar wilayah Kamboja berupa dataran rendah yang dilalui banyak sungai. Kondisi alam tersebut menjadikan kamboja bertumpu pada sektor pertanian dengan komoditas utama berupa beras. Hasil industri utama Kamboja adalah tekstil, kertas, semen, plywood, dan minyak. Profil singkat negara Kamboja: • Ibu Kota: Phnom Penh • Luas Wilayah: 181.035 km 2 • Bahasa Resmi: Khmer • Pemerintahan: Kerajaan • Kepala Negara: Raja • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri • Mata Uang: Riel Kamboja (KHR) • Lagu Nasional: Nokoreach 6.

Malaysia Hari kemerdekaan Negara Malaysia terjadi pada 31 Agustus 1957. Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari 13 negara bagian dan 3 wilayah federal. Wilayah Malaysia terbagi menjadi dua, yakni Malaysia bagian barat dan timur.

Diketahui, negara yang pernah menjajah Negara Malaysia adalah Inggris. Inggris untuk perta kali mendirikan koloninya di Semenanjung Malaya pada tahun 1786. Malaysia Barat adalah wilayah yang terletak di Semenanjung Malaya. Wilayah Malaysia Barat terdiri dari negara bagian Perlis, Kedah, Perak, Trengganu, Kelantan, Selangor, Negeri Sembilan, Johor, Malaka, dan wilayah ibukota Kuala Lumpur.

Malaysia Timur merupakan wilayah yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan (Indonesia). Wilayah Malaysia Timur meliputu negara bagian Sabah, Serawak, dan wilayah Labuan. Industri Malaysia yang berkembang adalah industri pengolahan hasil pertanian dan barang tambang. Hasil pertanian yang melimpah dari Negara Malaysia adalah karet dan minyak kelapa. Sedangkan barang tambang yang dihasilkan Negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim meliputi minyak bumi, timah, dan gas alam.

Profil singkat negara Malaysia: • Ibukota: Kuala Lumpur • Luas Wilayah: 329.847 km 2 • Bahasa: Melayu • Pemerintahan: Kerajaan Konstitusi • Kepala Negara: Sultan (Yang Dipertuan Agung) • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri • Mata Uang: Ringgit (MYR) • Lagu Nasional: Negaraku Baca Juga: Profil Negara-Negara di Asia Timur 7.

Singapura Wilayah Singapura adalah yang paling sempit di kawasan Asia Tenggara dan tidak memiliki hasil tambang. Namun, Negara Singapura menjadi satu-satunya negara maju yang wilayahnya berada di kawasan Asia Tenggara. Sebelumnya, Singapura pernah dikuasai/diduduki oleh Jepang dari tahun 1942 sampai tahu 1945. Singapura dahulunya juga merupakan jajahan Inggris dan sekarang menjadi anggota persemakmuran.

Singapura pernah tergabung dalam Federasi Malaysia pada pembentukannya pada tahun 1963. Namun, Singapura dibuang dari wilayah Malaysia pada tanggal 7 Agustus 1965 yang kemudian, Singapura menjadi negara merdeka. Hari kemerdekaan Singapura terjadi 9 Agustus 1965 yang merupakan pisahnya negara ini dari wilayah Malaysia.

Simbol Negara Singapura terkenal dengan patung Merlion yang berbentuk kepala singa dengan badans seperti ikan (singa laut). Kegiatan ekonomi negara Singapura adalah kegiatan ekspor/impor, pengolahan minyak bumi, industri manufaktur elektronik, bahan kimia, pengolahan karet mentah, perkapalan, pelayanan jasa dan sektor pariwisata. Profil singkat negara Singapura: • Ibukota: Singapura • Luas Wilayah: 697 km 2 • Bahasa: Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil • Pemerintahan: Republik • Kepala Negara: Presiden • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri • Mata Uang: Dolar Singapura (SGD) • Lagu Nasional: Majulah Singapura 8.

Indonesia Indonesia adalah negara yang memiliki luas wilayah terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara. Kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 di mana terjadi pembacaan proklamasi dan pengibaran bendera merah putih.

Negara yang pernah menjajah Indonesia adalah Belanda dan Jepang. Sebagian besar mata pencaharian dari penduduk Indonesia adalah bercocok tanam atau pertanian. Sehingga Indonesia mendapat sebutan sebagai negara agraris. Indonesa juga memilki industri utama yang menghasilkan minyak bumi, batu bara, dan kelapa sawit. Profil singkat Negara Indonesia: • Ibukota: Jakarta • Luas Wilayah: 1.904.569 km 2 • Bahasa: Indonesia • Pemerintahan: Republik • Kepala Negara: Presiden • Kepala Pemerintahan: Presiden • Mata Uang: Rupiah (IDR) • Lagu Nasional: Indonesia Raya Baca Juga: Letak Geografis dan Astronomis Indonesia 9.

Brunei Darussalam Brunei dan Britania Raya menandatangani sebuah akad persahabatan dan kerjasama baru Pada 4 Januari 1979. Kemduian, Brunei Darussalam menjadi negara merdeka pada tanggal 1 Januari 1984.

Wilayah Brunei Darussalam tidak terlalu luas namun negara ini menjadi negara terkaya kedua di kawasan Asia Tenggara.

Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sumber daya alam yang melimpah pada sektor minyak bumi dan gas. Profil singkat Negara Brunei Darussalam: • Ibukota: Bandar Seri Begawan • Luas Wilayah: 5.765 km 2 • Bahasa Resmi: Melayu, Inggris, Cina • Pemerintahan: Monarki (Kesultanan) • Kepala Negara: Sultan • Kepala Pemerintahan: Sultan • Mata Uang: Dolar Brunei (BND) • Lagu Nasional: Allah Peliharakan Sultan 10. Filipina Bentuk wilayah Filipina berupa kepulauan dengan banyak pulau mencapai 7.107 pulau.

Pulau terbesar dari negara Filipina adalah Pulau Luzon. Negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim mana, pulau tersebut menjadi letak ibu kota Filipina dan menjadi pulau penting dalam kegiatan ekonomi dan politik.

Negara yang pernah menjajah Filipina adalah Spanyol yaitu selama 265 tahun. Filipina menyatakan kemerdekaan Proklamasi 12 Juni pada tahun 1898. Deklarasi tersebut tidak pernah diakui baik oleh Amerika Serikat maupun Spanyol. Kemudian pada tahun 1898, Spanyol menyerahkan Filipina kepada Amerika Serikat dalam Perjanjian Paris (1898) yang mengakhiri Perang Spanyol-Amerika.

Filipina akhirnya mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 4 Juli 1946. Hari Republik Filipina yaitu 4 Juli dikenal dengan Hari Persahabatan Filipina-Amerika. Ini merupakan hari pada saat Filipina sebelumnya ditunjuk untuk memperingati pengakuan resmi kemerdekaan Filipina oleh Amerika Serikat. Filipina diketahui menjadi penghasil nikel terbesar kedua di dunia (setelah Indonesia). Profil singkat Negara Brunei Darussalam: • Ibukota: Manila • Luas Wilayah: 300.000 km 2 • Bahasa: Tagalog dan Inggris • Pemerintahan: Republik • Kepala Negara: Presiden • Kepala Pemerintahan: Presiden • Mata Uang: Peso (PHP) • Lagu Nasional: Lupang Hinirang (Tanah Terpilih) Baca Juga: Negara-Negara yang Menjadi Anggota ASEAN 11.

Timor Leste Wilayah Timor Leste sebelumnya merupakan salah satu provinsi di wilayah Indonesia. Pada tanggal 30 Agustus 1999, provinsi Timor Timur menyatakan memisahkan diri dari Indonesia. Timor Leste mendapatkan kembali status kemerdekaan sebelum menjadi bagian di Indonesia. Namun Timor Leste ditetapkan sebagai wilayah yang tidak berpemerintahan dan berada di bawah pengawasan PBB. Pada 20 Mei 2002, Timor Timur diakui secara internasional sebagai negara merdeka dengan nama Timor Leste dengan sokongan luar biasa dari PBB.

Hari diakuinya Timor Leste sebagai negara menjadi hari kemerdekaan bagi Timor Leste. Nama resmi dari Timor Leste adalah Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). Profil Singkat Negara RDTL: • Ibukota: Dilli • Luas Wilayah: 15.410 km 2 • Bahasa Resmi: Tetun dan Portugis(Resmi), Indonesia, Inggris • Pemerintahan: Republik • Kepala Negara: Presiden • Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri • Mata Uang: Dollar • Lagu Nasional: Patria Demikianlah tadi ulasan 11 negara Asia Tenggara yang meliputi meliputi Myanmar/Burma, Laos, Vietnam, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Timor Leste., dan Timor Leste.

Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat! Baca Juga: Daftar Negara-Negara di 3 Kawasan Benua Amerika
Jakarta - Negara di wilayah Asean kebanyakan memiliki iklim tropis.

Namun, ada dua negara yang mempunyai tropis sekaligus subtropis. Negara di asia tenggara yang memiliki dua iklim yaitu tropis dan subtropis adalah. Sebelum mengetahui jawabannya, detikers perlu memahami terlebih dulu mengapa sebagian besar negara Asean beriklim tropis. Kebanyakan negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai iklim tropis karena letak astronomisnya yang sama. Pada buku 'Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi PJJ untuk SMP Kelas VIII' karya Tenia Kurniawati dan Andri Setiawan, negara Asean yang beriklim tropis mempunyai letak astronomis 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan.

Baca juga: Bagaimana Iklim Negara Singapura? Ini Penjelasan Lengkapnya Kemiripan iklim inilah yang akhirnya menimbulkan interaksi antar negara Asean. Tak hanya itu, kawasan Asean juga diapit oleh Benua Asia dan Australia. Karena kedua benua tersebut, kawasan Asean mempunyai pola arah angin yang bergantian tiap enam bulan sekali. • Lantas, manakah di Asia tenggara yang memiliki dua iklim? Seperti disebutkan sebelumnya, letak astronomis yang mirip pada sebagian besar negara Asean menyebabkan persamaan iklim, Tetapi ada dua negara Asean yang sebagian wilayahnya beriklim subtropis.

Negara di Asia Tenggara yang memiliki dua iklim yaitu tropis dan subtropis adalah Vietnam dan Myanmar. Penyebabnya, kawasan bagian utara kedua negara tersebut berdekatan dengan wilayah subtropis.

Myanmar terletak di 28 derajat lintang utara. Sedangkan Vietnam ada di 23 derajat lintang utara. Menurut buku Top No. 1 Ulangan Harian kelas 9 karangan Tim Redaksi Bintang Wahyu, ciri khas iklim negara-negara kawasan Asean ada dua, yakni: 1.

Angin muson barat menyebabkan curah hujan yang tinggi. 2. Letak negara-negara Asean yang dekat dengan garis ekuator membuat suhu udara jadi panas. Baca juga: Iklim Negara Filipina, Tidak Jauh Beda dengan Indonesia Selain itu, kawasan Asean terletak di pertemuan antara Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Letaknya yang demikian menyebabkan negara-negara Asean mempunyai banyak gunung berapi. Meski begitu, kawasan Asean juga memiliki banyak dataran tinggi.

beberapa contoh di antaranya adalah dataran tinggi Korat di Thailand, Tonkin di Vietnam, Bolovens di Laos, dan Dieng di Indonesia. Itu dia dua negara di Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Kini detikers sudah tahu, kan? Simak Video " Malaysia-Indonesia Sepakat Perkuat Bahasa Melayu" [Gambas:Video 20detik] (pay/pay)
Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Perkiraan informasi penting yang akan aku dapatkan dari bacaan kawasan Asia Tenggara di buku tematik siswa.

Kawasan Asia Tenggara Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya, hampir seluruh wilayah Negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim Tenggara berada di daerah tropis.

Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania. Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan. Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif.

Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik. Sebagian besar wilayah Asia Tenggara terletak di daerah tropis.

negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim

Tingginya curah hujan ini juga menyebabkan kawasan Asia Tenggara banyak hutan lebat. Di kawasan Asia Tenggara, berlaku musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan yang lebat menjadikan wilayah ini subur. Salah satu daerah pertanian yang subur di Asia Tenggara adalah daerah aliran Sungai Mekong. Sungai ini melintasi Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 23 Ayo Mengamati Perhatikan kembali peta Asia Tenggara.

Identifikasilah negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Jawaban : Negara-negara yang ada meliputi Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Timor Leste. Tuliskan informasi penting yang kamu peroleh setelah membaca teks “Kawasan Asia Tenggara”. Tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan dan bandingkan dengan perkiraan informasi yang sebelumnya kamu tuliskan.

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan? Jawaban, buka disini: Informasi Penting Setelah Membaca Teks Kawasan Asia Tenggara Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 23 tentang Identifikasilah Negara-negara yang Ada di Kawasan Asia Tenggara. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya di buku tematik siswa.

Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, HidrogenJakarta - Negara di wilayah Asean terdiri dari 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Kesepuluh negara tersebut tergabung menjadi negara wilayah di Asia Tenggara. Berdasarkan letak geografisnya, wilayah Asia Tenggara terletak di antara samudra (Hindia dan Pasifik) dan benua (Asia dan Australia).

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Berdasarkan letak astronomisnya, wilayah Asia Tenggara berada di antara 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT.

Bagaimana Iklim Negara Asean Negara-negara di kawasan asia tenggara sebagian besar berada di daerah yang beriklim Umum? Keseluruhan wilayah negara-negara di Asia Tenggara berada di sekitar khatulistiwa a (ekuator). Adanya kesamaan letak astronomis ini, membuat sebagian besar negara di wilayah Asean mempunyai iklim yang sama dan tidak jauh berbeda.

Sebagian besar negara Asia Tenggara terletak di wilayah dengan iklim tropis dan lainnya subtropis. Iklim tropis termasuk iklim yang curah hujanya tinggi, dengan musim hujan dan kemarau berganti setiap setengah tahun sekali. Baca juga: Sebagian Besar Penduduk di Kawasan Asia Tenggara Bermata Pencaharian Apa? Daftar Iklim Negara-negara Asean Dikutip dari buku Kemendikbud "Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VIII" yang ditulis oleh Mukminan, Endang Mulyani, M.

Nursa'ban, dan Supardi, berikut merupakan daftar iklim negara-negara Asean: Indonesia: Beriklim tropis, dipengaruhi oleh iklim muson, yang terdiri dari musim hujan dan kemarau. Malaysia: Beriklim tropis ditandai dengan curah hujan tinggi, yang iklimnya dipengaruhi oleh angin muson. Filipina: Umumnya beriklim tropis basah dan curah hujan yang cukup tinggi per tahunnya. Singapura: Beriklim tropis, lembap, dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Thailand: Beriklim tropis dengan musim hujan terjadi sekitar bulan Januari dan musim kemarau sekitar bulan Juli. Brunei: Beriklim tropis, dengan temperatur dan kelembapan udara yang cukup tinggi.

Vietnam: Daerah bagian Utara Vietnam beriklim sedang dan di daerah bagian Selatan beriklim tropis cenderung panas. Laos: Beriklim tropis dengan tiga musim yaitu, musim hujan panas, kemarau sejuk dan musim pancaroba yang kering. Myanmar: Terdiri dari dua iklim, yaitu tropis (selatan), dan subtropis (utara). Akibat pengaruh musim hujan yang cukup kuat, Myanmar dianggap sebagai negara dengan iklim muson tropis Kamboja: Beriklim tropis muson, yang dipengaruhi iklim muson timur laut.

Itu tadi penjelasan mengenai iklim di negara-negara Asean. Semoga bisa menambah ilmu kalian ya detikers!

Kondisi Geografis Negara-Negara di Asia Tenggara




2022 www.videocon.com