Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Sobat guru-baik, Berikut kami sajikan sekumpulan soal-soal ujian sekolah (US) mata pelajaran bahasa indonesia kelas 9 SMP/MTs dalam bentuk Pilihan ganda dan Essay yang disesuaikan soal USP terbaru.

Dimana telah kami lengkapi kunci jawaban dan pembahasan untuk setiap soal. Isinya merupakan soal soal ujian sekolah kurikulum 2013 yang diambil dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa soal US terdiri dari dua jenis yang tersedia yaitu paket A dan paket B. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurangan siswa dalam menjawab soal. Namun untuk jenis materi keduanyanya sama. Berdasarkan standar kompetensi kurikulum (depdiknas 2003;7) bahwa ruang lingkup Mata pelajaran bahasa Indonesia secara umum dikembangkan menjadi keterampilan berbahasa yang meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis berdasarkan kaidah penulisan tata bahasa indonesia yang benar.

Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 K13 2021/2022 Silahkan gunakan contoh yang kami berikan dibawah ini sebagai refferensi adik-adik siswa berlatih menjawab soal. Selanjutnya untuk teman-teman guru yang menginginkan file lengkap kisi-kisi soal, kunci jawaban dan pembahasan Soal-soal USBN SMP/MTs diatas silahkan gunakan link unduhan dibawah ini.

Format soal tersedia dalam format pdf sehingga mudah diedit dan digunakan. LINK DOWNLOAD SOAL USBN Bahasa Indonesia SMP/MTs Rekomendasi Soal USBN/USP SMP/Mts Lengkap Demikian informasi kali ini kami sajikan. Semoga bermanfaat sebagai refferensi dan bisa menambah pengetahuan bagi setiap pembaca yang berkunjung. Silahkan share jika bermanfaat dan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Terima kasih. TRIBUNNEWS.COM - Berikut contoh kumpulan latihan soal Ujian Sekolah (US) untuk siswa kelas 9 SMP Semester 2.

Soal US dalam artikel ini mengulas materi Bahasa Indonesia. Artikel ini hanya memberikan contoh latihan soal dan kunci jawaban yang mengutip dari materi pokok pada Buku Tematik dan kurikulum 2013. Coba jawablah latihan soal berikut ini, kemudian cocokkan dengan kunci jawaban yang telah disediakan. Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 29 31 32 33 35 36 39 Subtema 1 Pembelajaran 4 Buku Tematik SD Pilihan Ganda Bacalah teks fabel berikut untuk menjawab soal nomor 1, 2, dan 3!

. Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet. "Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?" tanya kura-kura. "Aku bersedia, tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua," jawab monyet.
Jakarta - Sudah siap-siap menghadapi ujian sekolah, detikers?

Menjelang ujian sekolah tahun ini, siswa SMP dan MTs bisa berlatih dengan contoh soal ujian sekolah bahasa Indonesia kelas 9. Sejumlah materi yang kerap keluar dalam ujian sekolah SMP di antaranya yaitu tanda baca, penggunaan huruf kapital, ide pokok paragraf, kalimat efektif, simpulan paragraf, dan kalimat penjelas hingga kalimat utama. Dilansir dari buku Sukses UN - USBN SMP/MTs 2019, berikut sejumlah contoh soal yang bisa detikers kerjakan dan pelajari: Contoh Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 • 1.

Bacalah teks berikut! Menurut sejarah, kentang ditanam petani Peru sejak 2.000 tahun lalu pada 1524, saat tentara Spanyol mendarat di sana, kentang, kacang tanah, dan merica contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 dikenal dunia. Seorang tentara Spanyol tertarik pada kentang yang tumbuh subur di Desa Sorocota, di Pegunungan Andes, Peru. Ia membawanya ke Spanyol. Setelah mendarat di Spanyol, ia menyebarkannya ke seluruh penjuru Eropa.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah. A. Penyebar kentang di Eropa adalah tentara Spanyol. B. Kentang merupakan makanan pokok tentara Spanyol.

C. Penemuan kacang tanah dan kentang dilakukan dengan sengaja. D. Ketertarikan tentara Spanyol pada kentang karena ditanam di Peru. Pembahasan: Teks pada soal menjelaskan tentang sejarah persebaran tanaman kentang. Berdasarkan teks tersebut, kentang dibawa ke Eropa oleh tentara Spanyol dari Peru. Dari sana, kentang mulai menyebar ke seluruh Eropa.

Jawaban: A Baca juga: Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1, Yuk Latihan! • 2. Bacalah teks berikut! (1) Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 0,001%. (2) Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata minat baca internasional. (3) Meskipun terpaut jauh dalam selisih angka dalam data tersebut, Pemerintah Indonesia tetap bertekad untuk meningkatkan minat baca masyarakat. (4) Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Hide quoted text Kalimat yang menyatakan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) Pembahasan: Kalimat pertentangan dalam tesk pada soal adalah kalimat nomor (3) yang ditandai dengan adanya konjungsi 'meskipun' di awal kalimat.

Jawaban: C • 3. Bacalah paragraf berikut! Seseorang akan diuji dengan yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu.

Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki suatu jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 diembannya. Ide pokok paragraf tersebut adalah. A. Ujian hidup seseorang B. Kebahagiaan keluarga C. Seseorang yang memiliki harta D. Tanggung jawab wewenang Pembahasan: Ide pokok suatu paragraf biasanya terkandung dalam kalimat utama dari paragraf tersebut.

Ide pokok dari paragraf dalam soal adalah ujian hidup seseorang. Jawaban: A • 4. Bacalah paragraf berikut! (1) Pembiasaan anak-anak akrab dengan buku seharusnya sudah ditanamkan semenjak mereka duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). (2) Setiap TK sebaiknya memiliki perpustakaan (3) Mulai TK, siswa digiring akrab dan cinta pada buku. (4) Walaupun anak TK masih belum bisa membaca, tetapi mereka menyukai gambar berwarna-warni.

Kalimat utama paragraf berikut ditandai dengan nomor. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) Pembahasan: Kalimat utama adalah kalimat dalam paragraf yang berisi ide pokok dari paragraf tersebut serta diikuti beberapa kalimat penjelas.

Kalimat utama dari paragraf pada soal ditunjukkan oleh kalimat nomor (1), sedangkan kalimat nomor (2), (3) dan (4) merupakan kalimat penjelas. Jawaban: A • 5. Bacalah teks berikut! (1) Pengurus OSIS telah melakukan rapat beberapa hari yang lalu.

(2) Dalam rapat itu memutuskan bahwa akan diadakan acara jalan sehat. (3) Kegiatan itu dilakukan untuk contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 ulang tahun sekolah. (4) Sekolah menyediakan hadiah menarik bagi peserta jalan sehat.

Kalimat tidak efektif dalam teks ditandai dengan nomor. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) Pembahasan: Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai kaidah bahasa, baik ejaan maupun tanda bacanya sehingga mudah dipahami pembaca atau pendengarnya. Kalimat tidak efektif di teks yaitu kalimat nomor (2) karena tidak punya struktur kalimat yang jelas. Kalimat tersebut seharusnya berbunyi, "Dalam rapat itu, pengurus OSIS memutuskan untuk mengadakan acara jalan sehat." Jawaban: B Baca juga: Rangkuman Materi Matematika Kelas 9, Cek di Sini!

• 6. Bacalah kalimat berikut!

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Gelombang di daerah Pantai Kuta pulau Bali sangat tinggi. Kesalahan penulisan huruf pada kalimat tersebut terdapat pada kata. A. Gelombang B. Daerah C. Pantai D. Pulau Pembahasan: Kesalahan penulisan huruf pada kalimat tersebut terdapat pada kata pulau. Penulisan yang tepat adalah menggunakan huruf kapital pada huruf pertama kata tersebut, Pulau, karena diiringi nama geografi, Bali.

Jawaban: D • 7. Bacalah teks berikut! (1) Pada awal tahun pelajaran, orang tua siswa disibukkan dengan pemenuhan kebutuhan alat sekolah. (2) Hampir semua siswa dibelkan tas, sepatu, alat tulis, dan seragam baru. (3) Banyak peralatan sekolah yang masih layak pakai, tetapi mereka tetap minta dibelikan alat yang baru.

(4) Alasannya adalah mereka malu jika, masih menggunakan peralatan sekolah yang lama. Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) Pembahasan: Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor (4). Tanda koma (,) tidak perlu dituliskan setelah kata jika. Jawaban: D • 8. Bacalah teks berikut! "Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung.

Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda di masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi." Perbaikan penulisan huruf kapital kata pada teks tersebut adalah. A. Museum geologi Bandung, Benua Eropa B. Museum Geologi Bandung, Benua Eropa C.

museum Geoologi Bandung, Benua Eropa D. museum Geologi Bandung, benua Eropa Pembahasan: Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata, termasuk semua unsur bentuk ulang sempurna dalam nama negara, lembaga, badan, organisasi, atau dokumen, kecuali kata di, ke, dari, danyang, dan untuk. Huruf kapitan juga dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Jadi, perbaikan penulisan hurud kapital kata pada teks tersebut adalah Museum Geologi Bandung, Benua Eropa. Jawaban: B • 9. Bacalah kalimat berikut!

Selamat, Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri. Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah. A. Selamat, Apa pun teks yangkamu susun adalah hasil karya sendiri! B. Selamat! Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri! C. Selamat! Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri. D. Selamat: Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri. Pembahasan: Tanda seru dipakai untuk mengakhiri ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau emosi yang kuat.

Tanda titik dipakai pada akhir kalimat pernyataan. Jadi, perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah Selamat! Apa pun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri. Jawaban: C • 10. Bacalah teks berikut! Belum lama ini Anita menempati rumah barunya. Sebelumnya, Anita beserta keluarganya mengontrak di Jalan Wijaya Kusuma, Sidoarjo. Dia ingin mengisi rumahnya dengan perabot baru. Anita membeli perabot rumah tangga; kursi, karpet, dan tempat tidur.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah. A. Tanda baca koma (,) tidak diperlukan setelah kata karpet B. Setelah kata sebelumnya tidak diperlukan tanda koma (,) C. Kalimat keempat tidak memerlukan tanda baca koma (,) D. Tanda baca titik koma (;) seharusnya titik dua (:) Pembahasan: Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yaitu tanda baca titik koma (;), seharusnya titik dua (:).

Tanda titik dua dipakai diakhir pertanyaan lengkap yang diikuti perincian atau penjelasan. Jawaban: D Nah, itu dia contoh soal ujian sekolah bahasa Indonesia kelas 9 SMP dan MTs atau sederajat. Yuk, coba kerjakan! Simak Video " Pengakuan 4 Siswi SMP di Pekanbaru yang Hilang Lalu Ditemukan di Kamar Hotel" [Gambas:Video 20detik] (twu/nwy) Contoh Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 Jawabannya — Sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian sekolah dalam waktu dekat?

Mungkin kamu memerlukan info mengenai contoh soal ujian sekolah. Dalam artikel ini, Mamikos akan memberikan kamu beberapa contoh soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 berikut jawabannya. Jika kamu tak sabar dengan rangkaian contoh soal ujian sekolah Bahasa Indonesia nya, maka kamu bisa simak penjelasannya lebih lanjut dengan menggulir sampai akhir. Rangkaian Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 Baca Juga : 17 Contoh Soal Surat Lamaran Pekerjaan Kelas contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9, Pilihan Ganda & Essay Seperti yang sudah Mamikos tuliskan di atas bahwa pada kesempatan ini kamu akan memperoleh info ulasan contoh soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 untuk kurikulum 2013.

Beberapa contoh soalnya sudah Mamikos lampirkan berikut ini. Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 1-6 1. Perhatikan teks berikut ini! Terjadinya bencana alam di muka bumi ini seharusnya dijadikan (….) diri bagi kita semua. Dengan begitu, rasa syukur kita kepada apa yang sudah Tuhan berikan akan semakin ditambahkan.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian titik-titik di kalimat tersebut yaitu… A. Introspeksi B. Persepsi C. Motivasi D. Inspeksi Jawaban: A 2. Cermati kalimat di bawah ini! Orang yang mengalami gangguan dalam penglihatan diakibatkan oleh kelainan atau kerusakan pada organ penglihatan dikenal dengan sebutan… A. Tunanetra B. Tunagrahita C. Tunadaksa D.

Tunawicara Jawaban: A 3. Bacalah paragraf berikut! Tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan berbiji dan berkeping dua. Tumbuhan dikotil memiliki sepasang daun lembaga yang sudah terbentuk sejak dalam sesi biji.

Tumbuhan dikotil juga mempunyai beberapa ciri khusus. Tumbuhan dikotil ini memiliki bentuk akar tunggang. Pola tulang daun pada tanaman dikotil menyirip atau menjari. Tanaman dikotil tidak memiliki tudung akar. Tak hanya itu saja. Batang pada tanaman dikotil juga bercabang-cabang.

Gagasan utama yang ada pada paragraf di atas yaitu… A. Bentuk biji pada tanaman dikotil B. Bentuk daun dalam tanaman dikotil C. Beberapa ciri khusus tanaman dikotil D. Macam-macam tanaman dikotil Jawaban: C Baca Juga : Contoh Soal Ujian Sekolah Ekonomi Kelas 12 Beserta Kunci Jawabannya 4. Cermati kalimat di bawah ini! a. Kemarin siang telah b. terjadi tabrakan beruntun c. di mana melibatkan lima kendaraan dan d. mengakibatkan dua orang penumpang luka berat. Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut ditandai nomor ….

A. b B. d C. a D. c Jawaban: D 5. Perhatikan kalimat terlampir berikut ini! Motivasi sangat penting, artinya dalam kegiatan belajar, adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan…kegiatan belajar. Kata yang cocok untuk melengkapi titik-titik pada kalimat di atas adalah… A. melemahkan B. membuang C. merusak D. mengecilkan Jawaban: A 6. Coba perhatikan kalimat berikut ini! Buku ini menceritakan kehidupannya … sejak masih kecil hingga ia dewasa.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …. A. tiap hari-hari B. perhari-hari C. sehari-sehari D. sehari-hari Jawaban: D Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia 7-12 unsplash.com/Annika Gordon 7.

Bacalah penggalan kalimat berikut ini! Prestasi olahraga kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk sepanjang sejarah. Dengan perolehan emas terendah sepanjang sejarah keikutsertaannya. Indonesia hanya menempati urutan kelima di bawah tuan rumah, Thailand, Vietnam, dan Singapura. Aliran dana yang tersendat serta koordinasi antara menpora dan KONI yang lemah dituding sebagai penyebab.

Namun, persoalan prestasi olahraga kita lebih mendasar dari itu. Pembinaan atlet usia dini selama ini masih belum menjadi fokus utama. Menpora belum memiliki rancangan matang terhadap pembinaan olahraga di tanah air. Kutipan disadur dari: “Olahraga tanpa roadmap” dalam Suara Pembaharuan, tanggal 5 September 2017. Apa kesimpulan paragraf di atas? A. Prestasi olahraga kontingen dari Indonesia di ajang SEA Games 2017 Malaysia terburuk disebabkan tersendatnya aliran dana, lemahnya koordinasi, serta pembinaan.

B. Prestasi olahraga kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2017 Malaysia menjadi yang terburuk sebab memperoleh emas terendah. C. Prestasi kontingen Indonesia di SEA Games 2017 terburuk karena menempati urutan kelima. D. Pembinaan atlet usia dini selama ini masih belum jadi fokus utama. Jawaban: A 8. Perhatikanlah kalimat berikut! Masa panen Alpukat pada bulan Nopember. Coba perbaikilah ejaan pada kalimat di atas dengan benar… A.

Masa panen Alpukat pada bulan November B. Masa panen Alpukat pada bulan November. C. Masa panen Alpukat pada bulan November. D. Masa panen Alpukat pada bulan Nopember. Jawaban: C Baca Juga : 15 Contoh Soal Novel Kelas 12 Beserta Jawabannya, PG & Essay 9.

Coba baca teks di bawah ini! Ada wisata selam yang cukup digemari para penyelam dari semua tingkatan keahlian di pantai Sanur, Bali. Pantai Sanur juga populer dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah serta memiliki pasir putih yang sangat ‘eksotis’. Makna kata yang ditandai dengan tanda kutip di atas adalah, kecuali… A. Elok B. Unik C. Aneh D. Indah Jawaban: C 10. Cermati penggalan teks di bawah ini! dalam pengembaraanku yang ragu kulipat sisa-sisa harapan ketika pintu dan jendela menuju-Mu tak lagi terbuka untukku Pilihan kata yang tepat agar bait tersebut memiliki rima akhir yang sama adalah ….

A. kata ragu dapat diganti dengan kata gamang B. kata harapan dapat diganti dengan kata pilu C. kata kulipat dapat diganti dengan kata kusimpan D. kata terbuka dapat diganti dengan kata tersisa Jawaban: B 11. Coba perhatikan kalimat di bawah ini! Banyak kalangan menyebut sosok itu sebagai ‘ maestro’ catur dunia.

Makna kata yang ada dalam tanda kutip adalah …. A. orang yang hebat dalam bidang yang ia geluti B. orang yang ahli, berkompeten dan memiliki prestasi di bidang tertentu C. orang yang memiliki nama besar karena kesuksesan yang ia raih D. orang yang menjuarai suatu pertandingan dan tak pernah terkalahkan Jawaban: B 12.

Cermati kutipan teks berikut! Lukisan karya Basuki Abdullah yang berjudul Kakak dan Adik menggambarkan suatu kesan mengenai kesunyian dan kesedihan.

Gambaran kesunyian diperkuat melalui ekspresi wajah jernih, tetapi tatapan mata yang kosong. Pakaian bersahaja namun berwarna gelap membuat sosok kakak beradik tampak diliputi kesedihan.

Simpulan dari isi penggalan teks tanggapan di atas adalah …. A. Kesunyian dan kesedihan digambarkan oleh Basuki Abdullah dengan baik dalam lukisan berjudul Kakak dan Adik. B. Lukisan berjudul Kakak dan Adik karya Basuki Abdullah adalah karya bertema persaudaraan. C. Pakaian bersahaja contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 tergambar dalam lukisan karya Basuki Abdullah berjudul Kakak dan Adik mampu memunculkan kesan sepi. D. Basuki Abdullah mengekspresikan perasaan sedih melalui tatapan kosong sosok kakak beradik dalam lukisannya Jawaban: A Baca Juga : 12 Contoh Soal USBN PAI SMA Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Demikian ulasan contoh soal ujian sekolah Bahasa Indonesia yang dapat Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga bisa menambah rekomendasi contoh soal untuk latihan sebelum menghadapi ujian sekolah nanti. Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: Kost Dekat UGM Jogja Kost Dekat UNPAD Jatinangor Kost Dekat UNDIP Semarang Kost Dekat UI Depok Kost Dekat UB Malang Kost Dekat Unnes Semarang Kost Dekat UMY Jogja Kost Dekat UNY Jogja Kost Dekat UNS Solo Kost Dekat ITB Bandung Kost Dekat UMS Solo Kost Dekat ITS Surabaya Kost Dekat Unesa Surabaya Kost Dekat UNAIR Surabaya Kost Dekat UIN Jakarta
Mulai 15 Oktober 2018 Maksud contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 pengumuman tersebut adalah .

A. Menganjurkan guru agar bahan plastik tidak diberikan kepada para siswa. B. Menjelaskan agenda sekolah mengurangi bahan plastik dengan bahan kertas. C. Melarang penggunaan bungkus berbahan plastik karena berbahaya bagi lingkungan. D. Mengimbau warga sekolah untuk peduli lingkungan dengan tidak menggunakan bahan plastik. 2. Cermati teks berikut! Gerhana bulan adalah fenomena alam ketika bulan terhalang bayangan bumi.

Banyak ahli meneliti dan mempelajari proses terjadinya gerhana bulan.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Gerhana bulan dapat muncul jika bulan dan matahari saling beroposisi. Namun, tidak semua oposisi ini mengakibatkan gerhana karena bulan memiliki bidang orbit yang miring sebesar 5 derajat terhadap bidang ekliptika. Perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan menghasilkan dua titik yang dikenal dengan „node‟. Terjadinya gerhana bulan adalah ketika bulan beroposisi dengan matahari terhadap node, tepatnya di posisi 16, 5 derajat dari node (di sebelah timur ataupun sebelah barat).

Tidak semua gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara. Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga.

Hal ini disebabkan masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Cahaya yang dapat dibelokkan atmosfer bumi ini seringkali mempunyai spektrum cahaya berwarna merah.

Pernyataan yang merupakan isi teks tersebut adalah . A. Oposisi antara bulan dan matahari selalu menyebabkan gerhana bulan. B. Gerhana bulan akan terjadi bila bulan dan matahari beroposisi terhadap node. C. Bulan tidak terlihat untuk waktu yang lama ketika gerhana terjadi. D. Gerhana bulan dapat menyebabkan bulan berwarna merah jingga. 3. Cermati teks berikut! Kasus Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 Berdarah Dengue (DBD) di Kota Malang mengalami peningkatan.

Sepanjang Januari 2019, tercatat ada 52 kasus demam berdarah. Jumlah itu meningkat tajam dibanding periode sama tahun lalu yang hanya 8 kasus. Pemerintah daerah telah melakukan sejumlah langkah antisipatif agar kasus ini tidak bertambah. Makna kata antisipatif pada teks adalah…. A. kegiatan untuk meningkatkan produksi B. upaya pencegahan setelah terjadi bencana C.

bersifat tanggap terhadap sesuatu yang akan terjadi D. bersifat pencegahan untuk menanggulangi sesuatu 4. Cermati paragraf berikut! Biji pepaya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan zat papain dalam biji pepaya sangat baik untuk membantu enzim membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, biji pepaya dapat berfungsi membersihkan hati.

Enzim proteolytic yang terdapat pada biji pepaya dapat membantu meringankan pencernaan di hati, bahkan dapat meringankan sirosi, yaitu penyakit kronis pada hati.

A. manfaat biji pepaya B. cara memperlancar pencernaan C. kandungan biji pepaya D. fungsi enzim proteolytic 5. Cermati teks berikut!

Orang tua dapat melakukan tiga hal untuk menjaga tumbuh kembang anak. Pertama orangtua harus menjaga komunikasi dengan anak agar anak tidak slah mencari teman curhat. Kedua, orangtua harus menunjukkan kepedualian lebih tinggi dan tidak mengandalkan pihak ketiga seperti sekolah dan pengasuh. Ketiga orang tua harus mengetahui psikologi anak dengan tidak memaksakan mendidik dengan menggunakan teknik 10 atau 20 tahun yang lalu. Simpulan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….

A. Komunikasi antara orangtua dan anak sangat penting dalam menjaga tumbuh kembang anak B. Kepedulian orang tua harus ditunjukkan agar anak memahami kalau disayang C. Psikologi anak harus dipahami oleh semua orang tua agar tidak salah mendidik D. Orang tua harus menjada tumbuh kembang anak dengan melakukan komunikasi dan peduli. 6. Cermati kutipan pidato berikut!

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Saudaraku, saat ini sering terjadi bencana alam. Bencana alam timbul karena sikap manusia yang semakin acuh akan lingkungan yang sejatinya kita sangat membutuhkannya. Salah satu contoh yang sering kita jumpai adalah penebangan hutan yang semena-mena.

Hutan menjadi gundul kehilangan daerah resapan. Semua karena keserakahan manusia yang tidak memperhitungkan dampak ke depannya. Maka marilah saudaraku hijaukan lagi bumi kita dengan penanaman pohon untuk kehidupan kita. Ini adalah bentuk dari kesadaran terhadap lingkungan kita.

Simpulan tujuan penulis dari pidato tersebut adalah. A. Banyaknya bencana alam di Indonesia karena penggundulan hutan. B. Penggundulan hutan terjadi karena ketidakpedulian manusia terhadap lingkungannya. A. menggambarkan objek wisata domestik B. membahas penelitian pengembang wisata C. menguraikan jenis wisata bahari di Jawa D. menjelaskan ketertarikan wisatawan luar negeri 8. Cermati teks berikut! Hasil karya inovasi genting antigempa sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, diapresiasi tingkt dunia contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 kontes Internasional Trade Fair of Ideas Inventions and New Products di Jerman.

Genting antigempa terbuat dari bahan yang kerap ditemui di sekitar rumah seperti adonan pasir, semen, air, limbah styrofoam. Genting ini berbeda dengan genting pada umumnya karena ditambah Styrofoam beratnya akan lebih ringan dibanding genting biasa. Dengan sifat ringan itu, genting ini diklaim cocok dipakai di daerah rawan gempa.

Perubahan teks menjadi peta konsep sesuai dengan isi teks tersebut adalah …. 9. Cermati teks berikut! Pemerintah RI melalui Kementerian Sosial menaikkan dana bagi kesejahteraan keluarga Pahlawan Nasional yang semula Rp22, 5 juta menjadi Rp50 juta per keluarga setiap tahunnya.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Dana tersebut diberikan kepada perwakilan keluarga Pahlawan Nasional hingga generasi kedua melalui program tali asih. Ia juga mengatakan setiap keluarga Pahlawan Nasional juga akan memperoleh jaminan kesehatan melalui program yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

(antaranews.com) Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah. A. Keluarga pahlawan sudah lama menantikan perhatian pemerintah terhadap jasa-jasa pahlawan nasional.

B. Jaminan kesehatan merupakan hak warga negara, tidak terkecuali keluarga para pahlawan nasional. C. Sebaiknya pemerintah mengajukan permohonan dana tambahan tunjangan pahlawan nasional kepada DPR karena program ini membutuhkan biaya besar. D. Sebaiknya program ini dilanjutkan karena program ini menjadi bukti perhatian pemerintah terhadap jasa- jasa pahlawan nasional. 10. Cermati kutipan cerita berikut! “Permisi, Pak.

Bolehkah saya masuk?” tanya Joni pada bosnya yang sedang memimpin meeting. “”Silakan duduk, Jon. Maaf hari ini proyekmu digantikan Hamid, ”agak sinis bosnya menjawab. “Mengapa, Pak? Saya hanya telat sebentar.” Joni mencoba membela diri. “Bukan masalah sebentar atau lama. Kita di sini para pekerja profesional. Proyek itu sudah lama saya percayakan padamu, tapi kamu ternyata tidak konsisten. Walaupun telat sebentar, ada temanmu yang memberi ide bagus untuk proyek itu. Jadi maaf, sudah bagus kamu tidak saya keluarkan dari tim, ” jelas bosnya tegas.

A. sudut pandang orang ketiga. B. tokoh utama Hamid. C. latar waktu pagi hari. D. watak joni disiplin waktu. 11. Cermati teks berikut. Tetapi entah kenapa, perasaan tidak baik itu tetap saja bercokol di dalam hati. Sama sekali tidak bisa diusir dan dienyahkan. Bahkan, dari detik ke detik rasa muak itu semakin menjadi-jadi, menggurita, dan menjajahi diri. Perasaan itu mencekeram seluruh raga dan sukma. Aku tak berdaya apa-apa. Pudarnya Pesona Cleopatra Makna kata kias menggurita pada teks tersebut adalah….

A. menggandakan diri C. menancap tajam D. menggelikan 12. Bacalah teks fabel berikut. Suatu hari, sesekor beruang berjalan di sepanjang hutan untuk mencari makanan. Beruang berniat mencari buah-buahan untuk bekal makanan selama berberapa hari. Tanpa sengaja, beruang menemukan sebuah pohon yang tumbang. Pohon tersebut ternyata dihuni oleh lebah yang tengah membuat sarang. Beruang pun penasaran dengan sarang lebah tersebut. Beruang mulai mengedus- endus sarang dengan hidungnya.

Dengan berhati-hati beruang melihat ke dalam sarang. Beruang berharap lebah tidak sedang berada di dalam sarang sehingga ia bisa mengambil madu yang ada di dalamnya. Malang bagi beruang, ternyata pada saat itu ia menengok ke dalam sarang, kawanan lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari makanan dari bunga-bunga. Bahaya tidak dapat dihindari. Kawanan lebah yang berjumlah ribuan tersebut menyerang beruang.

Dengan keras, beruang mencoba melawannya dan belari menuju rumahnya. Akan tetapi, kawanan lebah semakin ganas dan justru memanggil lebah dari beberapa sarang yang ada di hutan untuk membantu mengejar beruang. Pada akhirnya, beruang tidak bisa menghindar dan merelakan tubuhnya disengat oleh kawanan lebah. Akibat konflik cerita pada teks tersebut adalah.

A. beruang dikejar-kejar beberapa lebah yang merasa terganggu. D. beruang tidak dapat menghindar dari sengatan lebah. 13. Cermati kutipan fabel berikut! Seekor Kakaktua tinggal di sebuah pohon yang rindang. Setiap malam dia selalu bernyanyi untuk menghibur dirinya. Kakaktua ingin sekali bisa bernyanyi sepanjang hari, sebab ia sangat suka bernyanyi. Semua baik-baik saja. Hingga suatu hari datang keluarga Burung Camar. Mereka tinggal di sebuah rangting pada pohon yang sama dengan tempat tinggal Kakaktua.

Burung Camar memiliki anak-anak yang masih sangat kecil. Setiap kali Kakaktua hendak bernyanyi, Burung Camar melarangnya. “Suaramu tidak cukup bagus, Kakaktua. Janganlah bernyanyi, sebab kalau tidak kau akan membangunkanku, ” seru Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 Camar. Kakaktua merasa bersalah. Semenjak itu, Kakaktua tidak lagi bernyanyi. Dia hanya bersenandung lirih di dalam biliknya. Berharap agar tetangga barunya tidak merasa terganggu. Kalimat pertanyaan yang tepat dari simpulan kutipan teks fabel tersebut contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 .

(1) Tentu saja bukan boleh dicurinya. (2) Dan karena ini tidak pernah keluar dari mulutnya, dapatlah dipercayai, bahwa sepeda itu dibelinya dengan cucuran keringatnya. (3) Ada baiknya, diceritakan sedikit, bagaimana jadinya sepeda ini jatuh ke tangan Open. (4) Lagi pula, jika betul-betul dicurinya ini pasti akan dikatakannya kepada siapa pun yang mau mendengarkan.

(5) Sepeda ini dibelinya dengan uang simpanannya, dibeli secara halal. (Jalan Lain ke Roma-Idris) Urutan peristiwa yang tepat pada teks tersebut adalah. 15. Cermati kutipan cerita berikut! Tiba-tiba angin berembus dengan kencang. Bulan purnama menghiasi langit. Aku merasa malam ini tak seperti biasanya. Jaket tebal yang kukenakan tak bisa menahan berdirinya bulu kudukku. Lolongan anjing dari menyayat malam. Kuputuskan aku harus kembali ke tenda untuk berkumpul kembali dengan teman-teman pendaki yang lain.

Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai kutipan tersebut adalah …. A. cerpen tersebut menarik karena menggambarkan suasana malam yang menakutkan dan diperkuat dengan lolongan anjing B. bahasanya mudah dipahami, tetapi sayang pesan yang ingin disampaikan pengarang kurang tergambar jelas C.

latar suasana dan latar waktu saling mendukung untuk menghadirkan cerita yang menarik. D. Pesannya menarik, sayang pengarang menggunakan bahasa sehari-hari sehingga menghadirkan cerita yang menarik. 16 kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.

“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut. Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur.

Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong., tolong.!” Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.

Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek, ” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

17. Cermati data buku berikut. Keunggulan Isi Buku • Organisasi Buku : Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik.

Dalam buku ini antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya berdiri sendiri • Isi Buku : Dilihat dari isinya ceritanya sangat unik. Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 merasa sulit memahami isi buku • Bahasa : Dilihat dari segi bahasa yang digunakan pengarang sederhana. Kalimat- kalimat dalam paragraf disusun secara runtut. Banyak penuulisan ejaan dan tanda baca yang tidak sesuai kaidah. Tulislah sebuah paragraf yang berisi kelemahan karya dengan memperhatikan kelengkapan, penggunaan bahasa dan ejaan yang tepat!

18. Cermati kutipan cerita berikut. Ketika itu aku menyambut hari baru dengan mencari udara segar di pagi yang masih gelap gulita. Ketika aku berjalan menyusuri kota, aku melihat seorang nenek tua yang tinggal di rumah sederhana.

Walaupun sudah tua, nenek itu ternyata tiap hari masih rajin mengajari membaca orang-orang disekitar rumahnya dengan mendatanginya. Namun, suatu hari nenek tidak terlihat lagi. Susunlah kalimat yang menunjukkan konflik cerita yang dapat digunakan untuk melanjutkan cerita tersebut! 19. Bacalah teks berikut! Ayah banyak bercerita perihal sepeda motor padaku.

Aku menikmatinya. “Kalau adik sudah besar nanti, mau jadi apa?” tanya ayah padaku. “Aku mau jadi pembalap, Yah, kayak Valentino Rossi, ” jawabku spontan. Ayah pun memujiku, lalu mengajukan pertanyaan padaku. “Tapi pembalap mesti mengerti anggota yang terpenting dari sepeda motor.

Adik tahu apa itu?” Aku pun berpikir sepanjang hari itu, apa ya yang paling penting? Keesokan harinya ketika sarapan, aku menjawab pertanyaan ayah kemarin. Menurutku, bagian yang terpenting dari sepeda motor adalah roda karena tanpa roda, motor tidak mampu berjalan.Mendengar jawabanku, ayah berkata, “Wah pintarnya, namun contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 bukan itu, sayang, ” jawab ayah.

Aku pun tidak menyerah dan memikirkan kembali jawabannya. Tulislah teks drama antara 8-12 kalimat dialog berdasarkan kutipan cerpen tersebut dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antardialog, dan ejaan dan tanda baca!

20. Cermati paragraf berikut! Indonesia merupakan negara yang kaya budaya dan kesenian. Disetiap daerah pasti akan dijumpai kesenian yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Sebagai contoh, kabupatenPonorogo memunyai Reog, Bali memiliki Tari Barong, dan Jawa Barat memiliki angklung. Akan tetapi, kekayaan kesenian tersebut hampir punah. Penyebabnya adalah sebagian besar generasi muda enggan melestarikannya.

Identifikasikanlah kesalahan penggunaan ejaan pada paragraf tersebut yang meliputi kesalahan penulisaan kata depan dan huruf kapital dengan format seperti table berikut Jenis Kesalahan Kata yang Salah Perbaikan
Kherysuryawan.id – Download Contoh Soal & Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP dalam format Word Versi Terbaru.

Mengingat pelaksanaan ujian sekolah yang sudah tidak lama lagi akan di mulai maka melalui kesempatan ini izinkan saya untuk bisa berbagi file seputar ujian sekolah. Sesuai dengan judul pada postingan ini maka disini admin akan membagikan soal lengkap dengan jawaban ujian sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP. Soal ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia yang akan di berikan ini merupakan kumpulan soal-soal yang telah di pelajari siswa sejak kelas 7 hingga kelas 9 SMP.

Soal US ini bisa menjadi referensi bagi guru dan siswa yang akan melaksanakan ujian sekolah. Ujian sekolah menjadi pengganti ujian nasional sebab di tahun ini ujian nasional sudah ditiadakan. Meskipun ujian sekolah bukanlah menjadi satu-satunya pengukur kelulusan siswa namun ujian nasioanal menjadi sebuah kewajiban yang harus diikuti oleh siswa sebagai syarat penuntasan belajar. Ujian sekolah akan di laksanakan oleh peserta didik mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Adapun peserta didk yang akan terlibat dalam pelaksanan ujian sekolah nantinya yaitu siswa kelas 6 SD, siswa kelas 9 SMP dan siswa Kelas 9 SMP/SMK. Kegiatan Ujian sekolah (US) merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Tujuan dilaksanakan Ujian Sekolah adalah untuk menentukan peserta didik tamat atau telah menyelesaikan program belajar pada satuan pendidikan. Setiap sekolah akan melaksanakan Ujian Sekolah, dan masing-masing sekolah memiliki kewenangan tersendiri untuk melakukan pengaturan terhadap pelaksanaan dan penyelenggaraan ujian sekolah di tempatnya (sekolah) masing-masing. Sebagai contoh soal ujian sekolah yang akan di gunakan di masing-masing sekolah yaitu menggunakan bentuk soal yang berbeda antar sekolah dan yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan ujian adalah sekolah tersebut.

Berbicara mengenai ujian sekolah maka tak lepas dari peran guru dalam membuat soal-soal ujian sekolah. Guru mata pelajaran yang mengajar di sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk kelancaran pelaksanaan ujian sekolah.

Guru mata pelajaran wajib membuat soal ujian sekolah serta menyiapkan kunci jawabannya sehingga nantinya pada saat pelaksanaan dan pemeriksaan ujian sekolah semuanya telah lengkap dan dapat terlaksana dengan baik.

Dalam pembuatan soal ujian sekolah pastinya akan ada guru yang sangat membutuhkan sebuah referensi berupa kumpulan soal-soal yang dapat di jadikan sebagai arsip dalam pembuatan soal ujian sekolah. Olehnya itu melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan berbagi file seputar soal-soal ujian sekolah.

Adapun soal ujian sekolah yang akan admin bagikan di kesempatan kali ini ialah soal ujian sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 jenjang SMP. Soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 ini merupakan pengabungan dari soal Bahasa Indonesia kelas 7, kelas 8 dan kelas 9. Secara umum dalam pembuatan soal ujian sekolah khususnya untuk jenjang SMP maka soal yang akan di ambil yakni mulai dari kelas 7 hingga Kelas 9 dan biasanya di atur dengan pembagian 20% soal yang bersumber dari kelas 7, 30% soal yang bersumber dari kelas 8, dan 50% soal yang bersumber dari Kelas 9.

Dengan adanya proporsi tersebut maka di harapkan kepada siswa untuk mempelajari materi yang telah di ajarkan sejak kelas 7 hingga kelas 9 SMP. Sebagai informasi pula bahwa selain admin membagikan soal ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP disini admin juga akan membagikan file kunci jawabannya, sehingga bagi para guru maupun siswa yang akan menggunakannya dapat dengan mudah untuk mempelajarinya serta dapat di jadikan sebagai bahan referensi dalam menghadapi ujian sekolah.

Jika ternyata pada kunci jawaban contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 telah di sediakan masih ada kekeliruan maka di harapkan bagi para pengguna dapat melakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Tujuan admin kherysuryawan.id membagikan file soal dan jawaban ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia ini ialah untuk membantu para guru yang ingin membuat soal US dan juga membantu para siswa yang ingin berlatih dan mempersiapkan diri mengahadapi ujian sekolah.

File soal dan jawaban ujian sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP yang akan admin bagikan ini filenya tersimpan dalam format Ms Word, sehingga bagi pengguna yang akan melakukan pengeditan atau pembaharuan maka bisa melakukannya dengan mudah sesuai kebutuhan masing-masing.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 SMP yang akan di bagikan di postingan ini terdiri dari 2 jenis soal yaitu : 1.

Soal bentuk pilihan ganda, dan 2. Soal bentuk uraian/essay Semua soal sudah di lengkapi dengan kunci jawabannya, namun filenya terpisah dan tentunya mudah untuk di dapatkan, karena di postingan ini admin akan membagikannya secara gratis.

Baiklah bagi bapak/ibu guru dan peserta didik yang membutuhkan file soal ujian sekolah Bahasa Indonesia kelas 9 dan sudah di lengkapi dengan kunci jawabannya, maka silahkan unduh filenya yang telah admin bagikan di bawah ini: • Soal Ujian Sekolah Bhs. Indonesia Kelas 9 ( DISINI) • Kunci Jawaban Ujian Sekolah Bhs. Indonesia Kelas 9 ( DISINI) • SOAL & JAWABAN UJIAN SEKOLAH JENJANG SMP SEMUA MAPEL ( DISINI) Demikianlah informasi seputar soal dan jawaban ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP yang bisa admin bagikan di kesempatan kali ini.

Silahkan gunakan contoh soal ujian sekolah diatas sebagai bahan berlatih dalam mengahadapi ujian sekolah yang akan di laksanakan di sekolah anda masing-masing. Sekian dan Terimakasih.Jakarta - Ujian Akhir Semester (UAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS) sedang berlangsung di sejumlah sekolah hingga pekan pertama Desember 2021 mendatang.

Sebagai persiapan, siswa dapat belajar dari contoh soal UAS terlebih dahulu. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam UAS adalah Bahasa Indonesia. Di tingkat SMP kelas 9, beberapa materi yang diajarkan seperti teks pidato, syair, cerpen, teks eksemplum, hingga teks laporan percobaan. 1. Manusia dikaruniai satu mulut untuk berbicara secukupnya dan sebenarnya, serta dua telinga dan dua mata untuk banyak hal termasuk membenarkan apa yang ia ketahui, bukan untuk membenarkan apa yang ia tidak ketahui.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu menjaga ucapan dan perbuatan kita karena jika kita tidak menjaganya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Paragraf contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 atas termasuk dalam unsur teks eksemplum bagian? A. Insiden B. Interpretasi C. Orientasi D. Koda Jawaban B. 2. Budi secara tiba-tiba menghantam kepala Amir dengan batu dari belakang dan terjadilah perkelahian yang cukup sengit sampai akhirnya Amir pingsan dan dibawa ke UKS oleh teman-temannya. Budi lalu dibawa ke ruang BK oleh guru karena kejadian tersebut, ia beralasan karena Amir telah mencuri uang Paimin.

Paimin pun lalu dibawa ke ruang BK untuk dimintai keterangan, tak lama setelah Paimin masuk ke ruang BK tiba-tiba satpam sekolah datang ke ruang BK untuk menghantarkan uang saku yang dititipkan oleh orang tua Paimin ke satpam untuk diberikan ke Paimin karena ketinggalan. Amir menjelaskan kejadian yang sebenarnya kepada guru BK. Budi mukanya menjadi merah seketika karena malu telah menuduh orang seenaknya sendiri. Setelah urusan di ruang BK selesai ia segera menuju ruang UKS dan meminta maaf kepada Amir.

Paragraf di atas merupakan struktur teks eksemplum bagian? A. Orientasi B. Interpretasi C. Koda D. Insiden Jawaban D. 3. Kebohongan yang dilakukan anak itu telah merugikan dirinya sendiri. Ia terpaksa kehilangan domba karena dimakan oleh serigala. Seandainya ia tidak membohongi orang kampung, tentu orang kampung akan datang membantu sehingga dombanya tidak dimakan serigala.

Mereka tidak membantu karena tidak percaya pada teriakan minta tolong anak itu lagi. Apa pesan yang ingin disampaikan oleh penulis? A. Nasib yang malang B. Kejujuran sangat mahal harganya C. Berbohong membawa kesengsaraan D. Pembohong yang beruntung Jawaban C. 4. Pada suatu malam, Putri Tangguk dan suaminya sedang berbincang-bincang tentang masa depan keluarganya.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Unsur kebahasaan yang terdapat pada kalimat di atas terdapat keterangan? A. Keterangan cara B. Keterangan tempat C. Keterangan waktu D. Keterangan tujuan Jawaban C. Baca juga: Contoh Soal Biologi Kelas X dan Jawabannya, Bisa untuk Belajar UAS atau PAS 5. Seperti yang dia duga, orang-orang kampung yang mendengar teriakannya itu cepat-cepat meninggalkan pekerjaan mereka dan berlari ke arah anak gembala tersebut. Akan tetapi, mereka sangat terkejut karena tidak menemukan serigala dan melihat anak gembala yang berteriak itu tertawa terbahak-bahak.

Kalimat di atas merupakan jenis kalimat? A. Intra kalimat B. Kalimat Tunggal C. Kalimat Utama D. Antar kalimat Jawaban D. 6. Soal untuk nomor 6 dan 7. Biografi Mario Teguh "Salam Super" itulah kata-kata pembuka yang biasa diucapkan oleh Mario Teguh ketika ia mulai membawakan acara di Metro TV yang bertajuk 'Mario Teguh Golden Ways'.

Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang memiliki kepribadian yang cerdas serta mampu memotivasi banyak orang melalui rangkaian kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disukai oleh orang-orang. Makna kata bercetak miring pada kutipan teks tersebut adalah. A. Orang yang menyebabkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melakukan sesuatu. B. Orang yang membangkitkan semangat seseorang agar berhasil dalam menjalankan usahanya.

C.Orang yang bertugas membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah pribadinya. D.Orang yang bertugas mengingatkan orang lain agar selalu melakukan perbuatan baik. Jawaban A. 7. Simpulan isi teks tersebut adalah. A. Manusia dapat memanfaatkan seluruh isi lingkungan hidup. B. Manusia harus menjaga kelestarian lingkungan hidup. C. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan manusia secara seimbang. D. Seluruh unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan manusia.

Jawaban B. 8. Perhatikan teks berikut! Membuat Puding Kelapa Muda (1) Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur lalu kocok. (2) [.] (3) Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok. contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

(5) Tuanglah ke dalam cetakan. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah. A. Masak air sampai mendidih. B. Biarkan mengeras, kemudian sajikan. C. Biarkan dingin dalam lemari. D. Masak adonan dengan api sedang. Jawaban B. 9. Perhatikan data-data berikut! 1. Anoa hewan endemik Sulawesi 2. Anoa maskot Sulawesi Tenggara 3. Anoa tergolong fauna peralihan 4. Anoa terancam punah 5. Populasi sekitar 5.000 ekor 6. Perburuan Anoa untuk diambil kulit, tanduk, dagingnya.

Teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah. A. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil tanduk dan dagingnya. B. Anoa adalah maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan.

Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.

Anoa sering diburu untuk diambil kulit dan dagingnya. C. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya.

Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. D. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan.

Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Jawaban D. 10. Perhatikan paragraf berikut! 1) Kenakalan remaja merupakan masalah yang harus menjadi tanggung jawab semua pihak. 2) Pihak yang berkepentingan dan paling utama adalah orang tua.

3) Orang tua saya sangat memperhatikan awalnya. 4) Selain itu, sekolah juga ikut berperan mengurangi kenakalan remaja, khususnya melalui program bimbingan konseling.

Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan ditandai nomor. A. 1 B. 3 C. 4 D. 2 Jawaban B. Nah, itulah contoh soal UAS Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 Indonesia kelas 9 semester 1 dan jawabannya. Selamat belajar! Simak Video " Sambut Bulan Syawal dengan Penuh Kebahagiaan" [Gambas:Video 20detik] (kri/pal)
Pendidikan Bahasa indonesia itu,, Pendidikan bahasa indonesia adalah salah satu pelajaran yang dapat di praktekan dalam kehidupan sehari-hari, karena hal ini sangat bermanfaat untuk pergaulan, Maka kami akan memberikan Soal bahasa indonesia kelas 9 tingkat SMP / MTs.

Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 5 Contoh Soal Pilihan Ganda: I. Jawablah dengan benar soal-soal berikut ini! Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 1. Konjungsi yang cocok untuk menyelesaikan kalimat yang hilang dalam teks adalah.

A. (1) lalu (2) atau (3) demikian (4) B. (1) karena itu juga (2), (3) jika (4) berbeda C. (1) berbeda dari (2) dan (3) meskipun (4) kemudian D.

(1) Namun (2) atau (3) jika, (4) Namun Jawaban: D 2. Lengkapi teks respons di atas untuk. A. Minta siswa untuk menjaga kesehatan fisik saat belajar B. Dorong siswa untuk lebih meningkatkan pembelajaran di sekolah C. Temukan secara rinci tentang menu sarapan, yang kaya akan serat, karbohidrat dan vitamin.

D. Biarkan siswa tahu tentang pentingnya sarapan sebelum pergi ke sekolah Jawaban: D 3. Paragraf 2 dan 3 dalam teks respons di atas menunjukkan bagian struktural. A. deskripsi B. Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 C. Penilaian D. Konteks Jawaban: A 4. Baca kutipan berikut dengan seksama! Registrasi online ini dimaksudkan untuk memudahkan akses. Tetapi yang terjadi adalah sebaliknya banyak yang tidak tahu. Sebagian besar dari mereka yang ingin meningkatkan hanya mengandalkan saran sekolah.

karena mereka masih mengenakan seragam putih dan abu-abu, mereka tidak mendapatkan informasi ketika mereka terdaftar online untuk peningkatan ujian nasional.

Bentuk kalimat efektif dari kalimat yang digarisbawahi dalam teks yang dikutip adalah.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

A. Sebagian besar menginginkan pemberitahuan yang ditingkatkan. B. Mereka mengandalkan komunikasi sekolah. C. Pemberitahuan perbaikan dari sekolah tempat mereka bergantung.

D. Anda ingin perbaikan dilakukan secara online. Jawaban: B 5. Baca kutipan singkat berikut dengan seksama! Sore itu, Yani sedang duduk di teras. Seseorang yang melihat jalan sambil menunggu seseorang. Berdiri sebentar, lalu duduk sebentar. Dia melihat beberapa. Majalah yang sering diadakan dibuka saat tidak mau dibaca.

contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9

Dia sudah berada di sana selama setengah jam. Ketakutan mulai menembus. Cerita pendek di atas menunjukkan panggung. A. orientasi B. Komplikasi Konflik D. Pembubaran Jawaban: A 6. Baca kutipan singkat berikut dengan seksama! Saya ingin Anda berbohong kepada saya seperti yang Anda katakan kemarin dan kemarin. Ketika matahari bersinar di dedaunan barat rumah dan kerumunan tidak lagi bersama Anda, mulailah berbohong pertama Anda. Bukti bahwa kutipan cerita pendek ditetapkan pada malam har.

A. saat matahari gelap dan bersinar B. matahari di sebelah barat rumah C. Seperti yang kamu katakan kemarin D. kisah bohong pertama Jawaban: A 7. Isi dari kutipan cerita di atas adalah. A. Kompetisi berpakaian kebaya B. Untuk memenangkan kegagalan Lukman C. Riko cemburu D. Peringatan Hari Kartini Jawaban: C 8. majas yang terkandung dalam kutipan dari cerita adalah. A. Sinestesia B. Litoten C. Ironi D.

berlebihan Jawaban: D 9. Bagian dari cerita yang berisi ekspresi ekspresif ada dalam jumlah. A. (1) B.

(2) C. (3) D. (4) Jawaban: B 10. Ayah bertanya kepada saya kapan saya pergi ke Jakarta. Hasil dalam mengubah kalimat tidak langsung dapat di ubah secara disebut. A. Ayah saya bertanya, “Kapan mau pergi ke Jakarta. B. Ayah bertanya, “Kapan pergi ke Jakarta, C. “Kapan mau pergi ke Jakarta,, tanya ayah. D. “Kapan akan pergi ke Jakarta,, tanya ayah. Jawaban: A 11. Penulis menggambarkan karakter ayah dengan cara. A. Dialog interpersonal B.

kata karakter lain C. Bahasa dan perilaku karakter D. langsung berkata penulis Jawaban: B 12. Dalam cerita pendek di atas, penulis menggunakan sudut pandang. A. Orang pertama yang menjadi penyebab utama B. pelaku orang pertama C. Pelaku Utama Orang Ketiga D. orang ketiga dari sejarah Jawaban: B 13. Topik yang disebutkan dalam pidato di atas adalah.

A. Undangan untuk Melupakan Layanan Guru B. Upaya untuk menyenangkan mereka yang telah berkontribusi C. Harapan tidak bisa dilatih D. Kesadaran tidak dapat mengembalikan layanan guru Jawaban: D 14. Salah satu tujuan yang disebutkan dalam pidato adalah.

A. Cara Melupakan Layanan Pengajaran B. Kami berusaha menyenangkan orang tua C. Siswa sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan mereka D. Kesadaran meninggalkan sekolah Jawaban: C 15. Kata hubung yang digunakan dalam kalimat, yaitu. A. menunjukkan bagaimana itu B. siapa, tidak C. Dalam, sedikit D. begitu dan Jawaban: D 16. Baca kalimat berikut dengan seksama! Fotosintesis adalah contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 biokimia di mana alga menanam dan beberapa jenis bakteri menghasilkan nutrisi menggunakan energi cahaya.

Fotosintesis, biokimia dan nutrisi dalam kalimat-kalimat ini adalah istilah teknis di bidang. A. Fisika B. Kimia C. biologi D. Geologi Jawaban: C 17. Baca kutipan berikut dengan seksama! Studi tentang pewarnaan makanan menunjukkan bahwa warna kulit domba yang diobati dengan larutan NH 4 OH lebih gelap atau berawan daripada kontrol (kulit domba yang tidak diobati).

Ini menunjukkan bahwa warna makanan yang diperiksa adalah warna alami. Dalam struktur teks laporan pengujian, paragraf di. A. Tujuan B. Prosedur / langkah C. hasil percobaan D. Kesimpulan Jawaban: C 18. Struktur kalimat yang digunakan dalam teks laporan pengujian berisi kalimat. A. Kompleks / koneksi B. Simpleks / Lajang C.

Segera D. Secara tidak langsung Jawaban: A 19. Baca kalimat berikut dengan seksama! Predator teratas hanya memiliki satu anggota sebagai hewan pembunuh karnivora dengan gigi yang disebut sebagai. Arti kata dalam teks di atas disebut. A. Hewan laut B. Hewan di Antartika C. pemangsa hewan lainnya D. binatang buas Jawaban: C 20. kesamaan konten dapat disampaikan dalam teks kutipan adalah. a. Pelecehan anak disebabkan oleh orang tua kandung b.

mengabaikan c. Kasus pembunuhan d. Kasus penyalahgunaan zat Jawaban: A Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 7 Contoh Soal Essay: 1. Nama lain untuk komodo adalah ______________________________________ 2. Hewan apa yang dimakan oleh naga? _________________________________ 3. Naga Komodo dapat __________________________________________________ 4.

Ada struktur (pola) pengumuman Anda ___________________ 5. Ada struktur (pola) untuk prosedur teks, yaitu ___________________ 6. Ada struktur (pola) undangan Jerman, yaitu _______________________ Sekian yang bisa kami sampaikan materi contoh soal bahasa indonesia kelas 9, semoga artikel contoh soal ini dapat membantun, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Related posts: • Trust adalah – Pengertian, Macam-Macam Dan Contoh • Unsur – Unsur Hukum Adat – Pengertian, Ciri-Ciri Dan Contoh [Lengkap] • Pengertian Kalusa – Ciri-Ciri Dan Contoh Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 Posted in Bahasa Indonesia, Umum Tagged 50 soal bahasa indonesia kelas 9 semester 2, contoh soal cerpen essay, contoh soal teks tanggapan kelas 9, latihan soal bahasa indonesia kelas 9 semester 1, materi bahasa indonesia kelas 9, soal bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018, soal bahasa indonesia kelas 9 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013, soal bahasa indonesia smp, soal teks laporan percobaan, soal try out bahasa indonesia kelas 9 dan kunci jawaban, soal un bahasa indonesia kelas 9, soal un bahasa indonesia smp, teks eksemplum Materi Terbaru • Trust adalah – Pengertian, Macam-Macam Dan Contoh • Unsur – Unsur Hukum Adat – Pengertian, Ciri-Ciri Dan Contoh [Lengkap] • Pengertian Senam – Sejarah, Manfaat Dan Jenis-Jenis • Pengertian Jaringan Dewasa – Ciri-Ciri, Fungsi Dan Strukturnya • Pengertian Kalusa – Ciri-Ciri Dan Contoh Penggunaanya • Jumlah Tulang Manusia • Kerajinan Dari Koran • Contoh Organisasi Sosial • Landasan Politik Luar Negeri Indonesia • Lembaga Peradilan Di Indonesia • Kerajinan Bahan Lunak • Suprastruktur Politik • Aplikasi Contoh soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 9 Bokeh • Ciri Masyarakat Madani • Pengertian Seni Sastra – Ciri-ciri, Fungsi, Manfaat, Unsur dan Jenis-Jenis

LATIHAN SOAL US 2022




2022 www.videocon.com