Bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

none none
Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung. (pixabay) adjar.id - Indonesia adalah adalah negara yang memiliki banyak perbedaan karakteristik di setiap daerah. Perbedaan karakteristik tersebut muncul akibat perbedaan budaya, seperti perbedaan adat, bahasa, dan agama. Namun, tidak semua perbedaan menimbulkan dampak yang buruk, lo! Misalkan, perbedaan karakteristik masyarakat Indonesia merupakan keistimewaan yang dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

Agar persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjalin, kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya harus saling menghormati perbedaan karakteristik antar masyarakat. Perbedaan karakteristik adalah perbedaan setiap individu yang dilihat dari perwatakan tertentu, seperti sifat, akhlak atau budi pekerti, dan ras. Lalu, sebagai maryarakat Indonesia, bagaimana caranya agar kita bisa saling menghargai terhadap perbedaan yang ditemui antarteman?

Nah, kali ini kita akan membahas sikap yang baik dalam menghadapi perbedaan karakteristik antarteman. Yuk, simak pembahasannya bersama! "Perbedaan karakteristik muncul akibat adanya perbedaan budaya." Baca Juga: Peran dan Fungsi Keragaman Budaya dalam Pembangunan Nasional Page 2 Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung. (pixabay) Sikap Menghadapi Perbedaan Karakteristik Antarteman Jenis perbedaan karakter bisa dilihat melalui beberapa faktor, di antara: 1.

Usia Sikap menghadapi perbedaan usia antarteman yaitu menghargai cara berpikir teman yang belum dewasa. 2. Fisik Sikap menghadapi perbedaan fisik antarteman yaitu dengan menghargai teman yang memiliki perbedaan warna kulit, tinggi badan, bentuk rambut, dan berat badan. 3. Kegemaran Sikap menghadapi perbedaan kegemaran antarteman, misalnya mempersilakan dan menghormati teman yang sedang beribadah sesuai dengan ajaran agamanya.

"Perbedaan karakteristik antarteman bisa dilihat dari usia, fisik, kegemaran, dan suku." Baca Juga: Mengenal Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia Page 3 Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung. (pixabay) 4. Suku Sikap menghadapi perbedaan suku antarteman, misalnya dengan menghargai adat dan kebiasaan teman yang berbeda suku serta belajar mengenal adat istiadat suku bangsa yang lain. Manfaat Perbedaan Karakteristik Antarteman Terdapat banyak manfaat atas keragaman karakteristik antarteman.

Contoh manfaat yang dimaksud sebagai berikut: 1. Dapat belajar saling menghargai karakter setiap teman. 2. Belajar bersosialisasi. 3. Belajar toleransi. "Perbedaan karakteristik menghasilkan manfaat, salah satunya belajar bersikap toleransi dan besosialisasi." Baca Juga: Jawab Soal Berdasarkan Teks 'Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak', Kelas 5 Tema 8 4. Saling melengkapi sesama individu. 5. Hidup rukun dengan teman. Nah, itulah sikap perbedaan karakteristik antar teman dan manfaatnya yang dapat kita pelajari, ya, Adjarian!

Sekarang, yuk, coba jawab pertanyaan di bawah ini, yuk! Pertanyaan Apa dampak positif dari perbedaan karakteristik di Indonesia? Petunjuk: Cek halaman 1. Tonton video ini, yuk!

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

Sikap toleransi dan menghargai perbedaan merupakan sikap yang harus dipupuk anak Indonesia. (Pixabay/sari7) Bobo.id - Salah satu keistimewaan tinggal di Indonesia adalah dapat mengenal banyak budaya yang ada di setiap daerah. Tidak hanya budaya, perbedaan juga bisa kita lihat dari adat, bahasa, dan agama. Lalu, sebagai anak Indonesia, kita harus saling menghargai terhadap perbedaan yang ditemui sehari-hari.

Baca Juga: Bentuk Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia dan Faktor yang Memengaruhinya Teman-teman, kalau kamu memiliki teman yang berbeda tempat asal, apa yang sebaiknya kamu lakukan?

Nah, Bobo akan mengajak teman-teman belajar bersama menentukan sikap yang baik dalam menghadapi perbedaan. Page 2 Pixabay/sari7 Sikap toleransi dan menghargai perbedaan merupakan sikap yang harus dipupuk anak Indonesia. Bobo.id - Salah satu keistimewaan tinggal di Indonesia adalah dapat mengenal banyak budaya yang ada di setiap daerah. Tidak hanya budaya, perbedaan juga bisa kita lihat dari adat, bahasa, dan agama.

Lalu, sebagai anak Indonesia, kita harus saling menghargai terhadap perbedaan yang ditemui sehari-hari. Baca Juga: Bentuk Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia dan Faktor yang Memengaruhinya Teman-teman, kalau kamu memiliki teman yang berbeda tempat asal, apa yang sebaiknya kamu lakukan? Nah, Bobo akan mengajak teman-teman belajar bersama menentukan sikap yang baik dalam menghadapi perbedaan. Jenis Perbedaan Karakter, Sikap Menghadapi Perbedaan Karakteristik Antarteman & Manfaat TRIBUNPADANG.COM - Jenis Perbedaan Karakter, Sikap Menghadapi Perbedaan Karakteristik Antarteman & Manfaat yang Diperoleh.

Pertanyaan tersebut di atas merupakan materi Tema 8 Kelas 4 SD/MI, Pembelajaran 3 Subtema 3, halaman 147. Subtema 2 berjudul Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku, bagian dari Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Berikut kunci jawaban Tema 8 Kelas 4 halaman 147: Kamu telah memahami berbagai jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Teman-teman di sekolahmu tentu juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Bagaimanakah sikap kamu dalam menghadapi berbagai karakteristik teman di sekolahmu?

Manfaat apa yang kamu peroleh dengan adanya karakteristik antarteman di sekolah? Diskusikan bersama dua orang temanmu.

Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut Jawaban: 1. Jenis perbedaan karakter: Usia Sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman: Menghargai cara berpikir teman yang belum dewasa. Manfaat yang diperoleh: Hidup rukun dengan teman. Halaman selanjutnya arrow_forward Sumber: Tribun Padang Ilustrasi Buku.

/Pixabay/lil_foot_ PORTAL JEMBER - Pada buku tematik tema 8 kelas 4 SD dan MI halaman 147 terdapat materi tentang pengertian dari karakteristik.

Karakteristik adalah ciri atau karakter secara alamiah yang melekat pada diri seseorang. Jadi, karakteristik individu adalah ciri atau karakter yang melekat pada diri individu. Karakteristik individu dalam masyarakat Indonesia beragam jenisnya di antaranya bisa dilihat dari fisik, jenis kegemaran, pekerjaan, ras, suku, pengetahuan, serta agama atau kepercayaan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 116 Subtema 3 tentang Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 42, 44, 47, dan 48 Subtema 1, Indahnya Keragaman di Negeriku > Beberapa manfaat dari karakteristik masyarakat adalah: - Dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu.- Belajar bersosialisasi.- Belajar toleransi.- Saling melengkapi sesama individu.

- Hidup rukun dalam masyarakat. Dilansir PORTAL JEMBER dari berbagai sumber, berikut jenis perbedaan karakter, sikap menghadapi perbedaan karakteristik antarteman dan manfaat yang diperoleh, yaitu: Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 38, 39, dan 40 Subtema 1, Indahnya Keragaman di Negeriku Artikel ini disusun bersama Nicolette Tura, MA.

Nicolette Tura adalah Pakar Kebugaran dan pendiri The Illuminated Body, jasa layanan kebugaran dan hubungan yang berlokasi di Wilayah Teluk San Fransisco. Nicolette juga merupakan Guru Yoga Terdaftar 500 jam dengan Jurusan Psikologi dan Kesadaran Diri, Spesialis Latihan Korektif Besertifikasi National Academy of Sports Medicine (NASM), dan pakar hidup holistik. Dia memperoleh gelar Sarjana dalam Sosiologi dari University of California, Berkeley dan gelar master dalam Sosiologi dari SJSU.

Ada 11 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 185.293 kali. Seseorang yang merasa inferior atau sedang disalahkan cenderung mengekspresikan perasaan ini dalam bentuk iri hati dan kebencian. Perasaan ini dapat menimbulkan situasi-situasi tidak mengenakkan dan membuat Anda tidak nyaman menghadapi kesuksesan Anda sendiri.

Anda dapat membangun hubungan positif dengan orang lain dengan menghadapi langsung orang-orang yang benci dan iri terhadap Anda serta menggunakan berbagai strategi untuk membantu mereka melawan perasaan-perasaan tersebut. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/6e\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-1-Version-7.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-1-Version-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/6e\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-1-Version-7.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-1-Version-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jangan masukkan ke dalam hati.

Ketika seseorang merasa iri terhadap Anda, masalahnya bukan pada Anda, tetapi pada orang itu. Tumbuhkan rasa percaya diri dalam diri Anda. Jangan biarkan seseorang yang merasa iri terhadap Anda memengaruhi rasa percaya diri ini atau bahkan menimbulkan keraguan terhadap diri sendiri. [1] X Teliti sumber Overcoming Jealousy and Possessiveness. Hauck, Paul A. Westminster John Knox Press. 1981. • Bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita pekerjaan Anda.

Jangan biarkan orang lain menghentikan Anda. • Pusatkan perhatian pada orang-orang yang mendukung Anda. • Ingatkan diri sendiri bahwa bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita itu iri karena Anda melakukan sesuatu dengan baik. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/72\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-2-Version-5.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-2-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/72\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-2-Version-5.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-2-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/40\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-3-Version-6.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-3-Version-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/40\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-3-Version-6.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-3-Version-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Hadapi secara langsung orang-orang yang membenci Anda di kehidupan sehari-hari.

Kalau sulit dapat mengabaikan orang itu, hadapi secara langsung agar tekanan perasaan iri itu dapat lepas. Ajak ia bicara untuk melawan perilakunya. • "Saya ingin punya hubungan kerja yang baik dengan Anda. Apa yang bisa saya lakukan agar hubungan baik itu tercipta?" • "Saya mengapresiasi kritik membangun Anda, tetapi kadang-kadang saya merasa Anda terlalu kasar." {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c3\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-4-Version-5.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-4-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c3\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-4-Version-5.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-4-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kurangi interaksi negatif Anda dengan orang itu.

Jika Anda dapat mengubah lingkungan atau dinamika sosial dengan orang itu, kemampuannya memengaruhi Anda pun akan berkurang. [3] X Teliti sumber • Berkumpullah dengan orang-orang yang mendukung Anda.

Dengan demikian, orang yang membenci Anda itu tidak punya kesempatan untuk melawan Anda secara langsung ketika Anda sedang berkumpul. • Ketika bertemu orang yang membenci Anda itu, jadilah orang pertama yang menyapa. Kemudian pergilah. • Bertemanlah dengan teman-temannya agar ia merasa jadi orang luar. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/31\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-5-Version-5.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-5-Version-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/31\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-5-Version-5.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-5-Version-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7b\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-6-Version-4.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-6-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7b\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-6-Version-4.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-6-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Tetapkan batasan.

Anda tidak harus mendengarkan si pembenci ini terus-menerus. Tetapkanlah batasan untuk menjauhkan diri Anda dengan orang itu. Buatlah batasan waktu dalam pikiran Anda tentang berapa lama Anda akan berhadapan dengan orang itu. Ketika waktu ini habis, pamitlah dengan sopan. [4] X Teliti sumber • Saat berbicara dengan orang itu, minta ia menunggu sebentar, kemudian pergilah sambil mengatakan "Saya perlu melakukan sesuatu." • Hitung berapa kali ia membuat komentar negatif.

Setelah mencapai 3 komentar, sudahi percakapan.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

{INSERTKEYS} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f4\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-7-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-7-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f4\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-7-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-7-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Beri tahu orang itu bahwa Anda tidak menyukai diperlakukan secara negatif.

Meskipun Anda tentunya tidak ingin tampak tidak sopan (karena dapat membuat orang itu semakin marah), mungkin perilakunya dapat berubah apabila Anda memberi tahu perasaan Anda kepadanya. • "Saya merasa kurang nyaman mengenai cara Anda berbicara dengan saya." • "Sikap Anda ketika bicara dengan saya sungguh tidak enak.

Bisakah kita berinteraksi secara lebih positif?" {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/32\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-8-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-8-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/32\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-8-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-8-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jadilah orang yang lebih dewasa daripada orang-orang yang membenci dan iri terhadap Anda.

Senegatif apa pun interaksi mereka kepada Anda, tetap jaga interaksi positif dari Anda kepada mereka. Contohkan kepada mereka cara yang lebih baik untuk menghadapi berbagai situasi. [5] X Teliti sumber • Beri pujian pada sifat positif orang itu. • Lakukan interaksi yang baik dengan orang itu. {/INSERTKEYS}

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

• Tawarkan bantuan untuk orang itu agar dapat meningkatkan kemampuannya mengatasi rasa iri. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/56\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-9-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-9-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/56\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-9-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-9-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berbicaralah dengan orang itu mengenai kesulitan pribadi Anda sendiri.

Ada orang-orang yang merasa bahwa di dunia ini hanya merekalah yang mendapati pengalaman negatif. Dengan menyampaikan kesulitan-kesulitan pribadi Anda sendiri, orang itu mungkin akan menyadari bahwa ia tidak sendirian dan hal ini mungkin akan meningkatkan hubungan Anda dengannya. • Tunjukkan kapan saja Anda pernah mengalami kegagalan. • Bicarakan hal-hal yang menurut Anda sulit. • Minta orang yang iri itu membantu Anda melakukan sesuatu agar rasa percaya dirinya meningkat.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/75\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-10-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-10-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/75\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-10-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-10-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bantulah orang itu meningkatkan kualitas dirinya.

Rasa iri mungkin hadir dari rasa inferior. Anda mungkin dapat meningkatkan hubungan dengan orang itu, dengan cara menawarkan mengajarkan keterampilan serta kemampuan yang membuatnya iri. Tentunya, Anda harus bersikap suportif agar orang itu tidak merasa bahwa Anda sedang menghinanya dan memberikan implikasi bahwa Anda adalah orang yang lebih baik. [6] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e6\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-11-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-11-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e6\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-11-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-11-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berikan opsi alternatif.

Kalau seseorang merasa iri akan kemampuan yang Anda punya atau kelakuan Anda, tunjukkanlah opsi-opsi alternatif yang dapat ia lakukan. Tentunya Anda tidak bisa menyenangkan semua orang dengan memenuhi semua keinginan mereka. Anda harus kreatif: ciptakanlah bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita opsi alternatif yang dapat diberikan kepada orang-orang yang merasa iri terhadap Anda.

Berikanlah beberapa kemungkinan agar mereka dapat memilih. [7] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/01\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-12-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-12-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/01\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-12-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-12-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Hindarilah berkomentar atau mengirimkan gambar negatif di media sosial.

Tentu, Anda tidak perlu berhenti menggunakan media sosial, tetapi sebaiknya pikirkanlah apa pendapat orang lain nantinya mengenai Anda sebelum mengirim sesuatu agar orang lain tidak merasa tersinggung dan menciptakan kebencian. [8] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/88\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-13-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-13-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/88\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-13-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-13-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenalilah apa itu rasa iri.

Rasa iri adalah perasaan yang timbul ketika Anda merasa bahwa orang lain memiliki sesuatu yang seharusnya menjadi milik Anda. Orang-orang yang merasa iri cenderung menyalahkan orang lain di sekitar mereka dan bukan menyadari perasaan yang membuat mereka merasa sakit. [9] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/1e\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-14-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-14-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/1e\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-14-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-14-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Carilah sumber spesifik rasa iri orang tersebut.

Kebanyakan rasa iri timbul dari rasa takut bahwa seseorang takkan dihormati atau disayangi orang lain. Rasa takut ini dapat membawa pengaruh yang amat kuat.

Untuk memahami sumber rasa iri, ketahuilah rasa takut seperti apa yang menguatkan rasa iri itu. Terdapat beberapa sumber: [10] X Teliti sumber • Obyek fisik • Hubungan pribadi • Posisi profesional • Status sosial {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fc\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-15-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-15-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fc\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-15-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-15-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tanyakan secara langsung apa yang mengganggu orang itu.

Secara sopan, dekatilah orang yang sedang merasa iri atau membenci kesuksesan Anda, kemudian tanyakanlah apa yang membuatnya merasa iri atau membenci. Bersikaplah yang sopan agar Anda tidak menambahkan alasan orang itu marah. Lebih baik lagi kalau Anda bersikap langsung dan terbuka. Coba gunakan salah satu saran perkataan di bawah ini agar orang itu dapat membuka diri: • "Saya melihat Anda bertindak berbeda di dekat saya. Apakah saya mengganggu Anda?" • "Saya ingin memastikan bahwa saya tidak menganggu.

Apakah ada masalah?" • "Anda orang yang hebat. Saya ingin tahu apakah di antara kita ada masalah." {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a9\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-16-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-16-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a9\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-16-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-16-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b1\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-17-Version-3.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-17-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b1\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-17-Version-3.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-17-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/53\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-18-Version-4.jpg\/v4-460px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-18-Version-4.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/53\/Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-18-Version-4.jpg\/v4-728px-Handle-Haters-and-Jealous-People-Step-18-Version-4.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} • Jika ada orang yang merasa iri terhadap Anda, ketahuilah bahwa itu berarti Anda melakukan sesuatu dengan baik.

Anggap hal ini sebagai motivasi. • Tetap kuat, jangan biarkan orang lain menentukan siapa diri atau harga diri Anda. • Jangan biarkan orang lain mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak cukup kuat. Percayalah pada kemampuan diri Anda sendiri. Ingatlah, orang yang membenci Anda memang akan membenci Anda.

• Jangan pernah berhenti melakukan apa yang Anda suka meski orang-orang mengejek Anda karenanya. • Jangan beri informasi pribadi dengan orang-orang narsis. Orang-orang narsis merasa amat bahagia atas informasi negatif mengenai Anda dan menggunakannya sebagai alat untuk memanipulasi opini orang lain tentang Anda.

Jauhilah dan jangan bagikan apa pun dengan mereka. Kalau orang narsis ini anggota keluarga, mintalah anggota keluarga yang lain untuk tidak mengatakan apa pun mengenai Anda. • ↑ Overcoming Jealousy and Possessiveness. Hauck, Paul A. Westminster John Knox Press. 1981. • ↑ http://www.mdjunction.com/forums/positive-thinking-discussions/general-support/10403192-how-to-deal-with-jealous-individuals • ↑ http://www.peopleskillsdecoded.com/dealing-with-envious-people/ • ↑ http://www.entrepreneur.com/article/245269 • ↑ http://psychcentral.com/blog/archives/2014/03/04/8-healthy-ways-to-deal-with-jealousy/ • ↑ http://www.entrepreneur.com/article/245917 • ↑ https://www.psychologytoday.com/blog/anxiety-files/200805/jealousy-is-killer-how-break-free-your-jealous-feelings • ↑ http://www.examiner.com/article/how-to-avoid-social-media-jealousy • ↑ https://www.psychologytoday.com/articles/200906/jealousy-loves-destroyer Artikel ini disusun bersama Nicolette Tura, MA.

Nicolette Tura adalah Pakar Kebugaran dan pendiri The Illuminated Body, jasa layanan kebugaran dan hubungan yang berlokasi di Wilayah Teluk San Fransisco. Nicolette juga merupakan Guru Yoga Terdaftar 500 jam dengan Jurusan Psikologi dan Kesadaran Diri, Bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita Latihan Korektif Besertifikasi National Academy of Sports Medicine (NASM), dan pakar hidup holistik.

Dia memperoleh gelar Sarjana dalam Sosiologi dari University of California, Berkeley dan gelar master dalam Sosiologi dari SJSU. Artikel ini telah dilihat 185.293 kali.
Gak ada yang sempurna di dunia ini. Kadang beberapa orang bisa membuat kita gila dan marah. Ada beberapa orang yang tak kita suka karena kita menganggap mereka kasar, tidak punya etika, selalu ragu-ragu terhadap kita dan tak pernah menganggap kerja keras kita.

Suka atau tidak, kita harus menghadapi kenyataan bahwa orang seperti itu hidup di sekitar kita. Menurut seorang profesor ilmu manajemen di Universitas Stanford, Robert Sutton, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi orang yang tak disuka. u.osu.edu Kadang kita terperangkap di dalam pemikiran bahwa kita adalah orang yang 'baik'.

Kita berpikir bahwa kita 'harus' menyukai setiap orang yang ada dalam hidup; padahal kenyataannya tidak seperti itu. Kita tidak harus menyukai setiap orang, karena tak semua orang memiliki visi dan perspektif hidup yang sama.

Hanya karena kita tidak menyukai seseorang bukan berarti ia orang jahat. Alasan kenapa kita tidak bisa akrab dengannya karena kalian memiliki cara pandang yang berbeda. Saat kita mengerti fakta bahwa tak semua orang juga akan menyukaimu, maka kamu akan sadar bahwa setiap orang memang memiliki kebutuhan yang berbeda.

Dan kebutuhanmu tak bisa dipenuhi orang tersebut. giphy.com Tentu saja, setiap kata-kata yang ia keluarkan akan membuat kita meringis sinis atau mengumpat dalam hati. Namun sekali lagi, tidak menyukai seseorang bukanlah hal yang buruk, itu normal. Justru ketika kita terlalu menyukai seseorang itu akan menjadi masalah jika dibandingkan dengan ketidakpedulian kita padanya. Mungkin ini tidak mudah, tapi bersabarlah. Orang-orang seperti itulah yang kita butuhkan untuk memberikan cara pandang baru bagi diri kita sendiri.

Ingat, kita juga bukan orang yang sempurna, hanya saja teman-teman kita masih bisa toleran terhadap kesalahan yang kita lakukan. wifflegif.com Kill 'em with kindness. Benar lho perkataan lagu itu. Tak peduli bagaimana perasaanmu terhadap mereka, orang tersebut akan selalu memengaruhi perilakumu dan itu kadang bisa menjadi bumerang yang berbahaya bagimu. Kalau kamu kasar terhadap mereka, mereka malah bisa memutar balikkan fakta dan bisa saja kamu yang kena batunya.

Berlatihlah untuk selalu memasang poker face di saat kalian bertemu. Kamu harus selalu terlihat profesional dan positif. Jangan biarkan ia tahu bahwa kamu tidak menyukainya. giphy.com Kita mungkin berharap orang lain untuk bertindak sesuai kehendak kita, atau mengatakan hal yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Padahal itu bukan sikap yang realistis. Berharap orang lain untuk melakukan hal yang kamu inginkan akan menempatkanmu pada kekecewaan dan bisa membuatmu frustrasi. Sudahlah, santai saja.

Kamu masih punya banyak urusan yang lebih penting. Makan junk food sampai kenyang, misalnya. Perut kenyang, hati senang. reactiongifs.com Tak peduli seberapa keras usaha kita, beberapa orang memang tak pernah bisa untuk membaur dengan kita. Penting untuk kita ketahui bahwa daripada memikirkan betapa menyakitkannya perlakuan mereka pada kita, lebih baik kita fokus terhadap kekurangan diri sendiri.

Apa saja yang harus diperbaiki sehingga kita tak akan membuat orang lain merasakan hal yang sama, menderita karena tidak menyukai kita. yogatime.tv Beberapa tipe karakter bisa membuat kita menjadi terganggu. Cari tahu baik-baik tipe karakter seperti apa yang tak kamu sukai dan singkirkan bayangan mereka dari pikiranmu. Melakukan yoga dengan rutin bisa membuat kita menjadi lebih tenang dan ketidakpedulian kita akan lebih bermanfaat.

Daripada diam-diam kita membenci seseorang, lebih baik diam-diam melakukan yoga. amespubliclibrary.tumblr.com Jika beberapa orang tertentu membuatmu kesal, beritahu mereka baik-baik bahwa cara bicara mereka membuatmu terganggu. Cobalah untuk menyatakan "Kalau kamu kayak gini. aku ngerasa." Misalnya, "Kalau kamu menyela omonganku pas lagi meeting, aku ngerasa kalau kamu gak menghargai kontribusiku." Lalu tunggu respon mereka.

meangirlgifs.tumblr.com Orang cerdas dan dewasa pasti akan langsung menjaga jarak. Excuse yourself and go on your way. Kalau kalian ketemu setiap hari di kantor, ganti tempat duduk biar gak selalu melihat mereka. Dengan sedikit jarak kamu mungkin bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita lebih menghargai setiap interaksi.

Tentu saja semuanya akan lebih mudah jika kita bisa memusnahkan semua orang yang tak kita suka. Namun sayangnya hidup tidak bekerja dengan cara seperti itu. Baca juga: Jangan Lakukan 8 Hal Ini Kalau Gak Mau Susah Dipercaya Orang Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic? Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan
• Info Maritim • Daerah • Lifestyle • Industri Maritim • Pariwisata Maritim • Advertorial • Geladak • Jasa Maritim • Misteri Laut • Tokoh • Olahraga • Video • Galeri • Kolom • Redaksi • Tentang Kami • Visi dan Misi • Kebijakan Privasi • Pedoman Pemberitaan Media Siber • Standar Perlindungan Profesi Wartawan • Kode Etik Perilaku Bagaimana cara menyikapi keberagaman ras dan suku yang ada di sekitarmu?

Cara menyikapi keberagaman adalah dengan menerapkan toleransi. Toleransi adalah cara menghargai dan menerima perbedaan atas berbagai perilaku, budaya, agama, dan ras yang ada di dunia ini. Toleransi adalah keniscayaan bagi bangsa majemuk dengan berbagai latar belakang suku, agama dan ras seperti Indonesia.

Toleransi tumbuh dengan kesadaran bahwa keanekaragaman suku, agama, ras dan bahasa terjadi karena sejarah dengan semua faktor yang mempengaruhinya, juga dengan kondisi ruang dan waktunya yang berbeda termasuk prasangka, keinginan dan kepentingannya.

Pengertian Toleransi Toleransi berasal dari bahasa latin tolerantia, berarti kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan kesabaran. Secara umum, istilah toleransi mengacu pada sikap terbuka, lapang dada, suka rela dan kelembutan. Badan dunia PBB yang mengurusi pendidikan dan kebudayaan ( Unesco), mengartikan toleransi sebagai sikap saling menghormati, saling menerima, saling menghargai di tengah keragaman budaya, kebebasan berekspresi dan karakter manusia.

Toleransi harus didukung oleh cakrawala pengetahuan yang luas, bersikap terbuka, dialog, kebebasan berpikir dan beragama. Pendek kata toleransi setara dengan sikap positif, dan menghargai orang lain dalam rangka menggunakan kebebasan asasi sebagai manusia Dengan selalu berpedoman kepada dasar negara Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika kita tentu lebih dapat bersikap bijaksana dalam pergaulan di rumah, lingkungan belajar atau di masyarakat kita yang beragam.

Kita akan selalu menjaga persatuan dan kesatuan sehingga kehidupan yang rukun, serasi dan harmonis dapat terwujud. Jadi apa yang dimaksud dengan toleransi? Toleransi adalah Toleransi adalah sikap yang harus dikembangkan dalam keberagaman agar tercipta kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Alam yang merupakan anugerah Tuhan harus kita jaga dan pelihara kelestariannya.

Perbedaan-perbedaan yang ada di masyarakat harus kita sikapi dengan bijak agar tidak menimbulkan konflik. Toleransi dibutuhkan pada sesama masyarakat Indonesia agar bisa saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang suku,agama, ras dan antar golongan. Baca Juga: Mengapa Persatuan Sangat Penting bagi Bangsa Indonesia?

Begini Penjelasannya Toleransi merupakan sikap untuk mengerti, memahami dan menerima perbedaan antar individu. Sikap ini tanpa paksaan dan tidak ingin memaksakan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Perbedaan adalah keniscayaan dalam masyarakat. Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan karena dia atau mereka berbeda.

Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia tetap berjalan. Di negara yang lainnya, tentu tidak memiliki keberagaman yang begitu banyak. Memang, tugas masyarakat Indonesia saat ini cukup berat. Karena, harus menjaga keberagaman ini agar tetap lestari. Contoh adanya toleransi di masyarakat adalah usaha menjaga ketenangan dan ketertiban ketika warga lain yang berbeda agama sedang melaksanakan ritual keagamaan serta saling silaturahmi ke masing-masing warga ketika warga beragama lain merayakan hari besar keagamaan.

Perilaku yang Sesuai Terhadap Keberagaman Ras dan Suku di Indonesia Keberagaman ras, suku bangas dan budaya di Indonesia adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan kebudayaan nasional.

Keberagaman adat kebudayaan yang ada, bisa menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia jika kita memiliki sikap toleransi dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika. Keragaman budaya di Indonesia ada karena faktor geografis sebagai negara kepuluan.

Keragaman terjadi juga karena letak Indonesia di jalur pelayaran perdagangan dunia, sehingga interaksi dengan budaya bangsa lain menjad erat.

Indonesia terdiri dari kurang lebih 656 suku bangsa dengan bahasa lokal 300 macam. Keanekaragaman tersebut merupakan kekayaan milik Bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan sehingga mampu memberikan warna ketentraman dan kedamaian bagi rakyat Indonesia. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakaan kekayaan yang sangat berharga.

Dengan keberagaman untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras, dan agama bukan untuk perpecahan. Adanya keinginan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mempertahankan kebhinekaan merupakan tanggung jawab kita bersama dimana dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan warga masyarakat. Perilaku yang Sesuai Terhadap Keberagaman Ras, Suku dan Budaya Di dalam keberagaman kita juga harus dapat bersikap toleran, menghargai setiap perbedaan yang ada.

Kekayaan budaya yang kita miliki ini merupakan anugerah Tuhan yang Maha Esa yang harus senantiasa kita syukuri, kita jaga, dan kembangkan untuk kesejahteraan bersama. keberagaman budaya masyarakat. Toleransi perlu ditengah masyarakat yang berbeda-beda. Perbedaan adalah keniscayaan dalam masyarakat. Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan karena dia atau mereka berbeda.

Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia tetap berjalan. Di negara yang lainnya, tentu tidak memiliki keberagaman yang begitu banyak. Memang, tugas masyarakat Indonesia saat ini cukup berat. Karena, harus menjaga keberagaman ini agar tetap lestari.

Baca Juga: Cara Menjalin Keberagaman Indonesia Antar Masyarakat Menerima perbedaan antara suku, agama dan kebudayaan dapat dimulai dengan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Buat lingkungan masyarakat yang nyaman, tentram dan aman. Kemudian, sampaikan kepada saudara yang lainnya bahwa hal ini penting untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana perilaku yang sesuai terhadap keberagaman budaya di Indonesia? Sebagai generasi muda, cara menyikapi keberagaman adalah dengan menumbuhkan toleransi dan rasa cinta kepada budaya Indonesia dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti: pawai budaya, festival budaya, dan sebagainya.

Untuk menyikapi keberagaman ras dan suku yang ada di sekitarmu juga melestarikan budaya daerah serta untuk mendukung persatuan dan kesatuan antara lain: Ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian budaya Contohnya adalah mengikuti kompetisi kebudayaan, lomba tari tradisional atau teater, mementaskan budaya tradisional pada acara atau kegiatan tertentu: perayaan HUT Kemerdekaan RI, mengadakan pementasan ketoprak yang berbau perjuangan, mengadakan event-event yang bertujuan untuk mengembangkan bakat bertema melestarikan budaya Indonesia.

Mempelajari budaya daerah Contohnya adalah tarian daerah, lagu dan alat musik khas daerah, bahasa daerah, pertunjukan khas daerah, dan sebagainya Mengajarkan kebudayaan daerah pada generasi penerus sehingga tidak musnah dan dapat tetap bertahan Mencintai budaya sendiri dibandingkan budaya dari negara lain Menggunakan bahasa daerahApa saja perilaku yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia?

Contoh sikap yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah suatu perilaku yang bisa menjaga keharmonisan dan kerukunan hidup, dimana seperti yang kita ketahui bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku budaya yang beraneka ragam Kita membutuhkan perilaku yang yang bisa meningkatkan kerukunan dan keharmonisan tersebut, supaya tidak terjadi gesekan atau konflik baik secara horizontal ataupun vertikal.

Keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia, adalah suatu aset berharga yang harus dilindungi. Menjadi kebanggaan bagi kita dapat hidup bersama dalam satu bingkai ideologi yang bernama Pancasila Perilaku Menghargai Keberagaman, Persatuan, Kesatuan Bangsa Sifat yang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, haruslah bisa mencerminkan nilai-nilai toleransi dan tenggang rasa.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

Seperti yang sudah mimin kosngosan rangkum dibawah ini, terdapat beberapa contoh sikap yang bisa kita aplikasikan dalam rangka menjadikan hidup lebih berwarna dan indah. Baca juga : Contoh Keberagaman Masyarakat Indonesia 1.Ramah Tamah Suatu perbedaan akan menjadi indah apabila kita hiasi dengan saling bertegur sapa. Tentunya setiap orang memiliki perbedaan dengan orang yang lainya, begitu juga kita tingal di negara indonesia, negara yang unik yang terdiri dari berbagai macam gaya hidup, bahasa, dan penduduknya juga berbeda-beda.

Perbedaan memang suatu hal yang mutlak adanya. Bersikap ramah diartikan orang yang mudah bergaul, dapat menjalin persaudaraan dengan orang lain. Di antaranya ditunjukkan dengan sikap sopan dan murah senyum. Ini merupakan sikap saling mendasar sebagai wujud penghormatan terhadap perbedaan Misalnya, ketika sobat kosngosan bertemu dengan orang lain yang berbeda suku atau kepercayaan dengan kita, kita bersikap sopan dan menyenangkan di di hadapanya.

2. Tidak Egois Sikap egois merupakan salah satu sikap yang tidak baik. Seseorang yang bersikap egois tentunya sulit mendapatkan teman, karena selalu memikirkan diri sendiri. Kita sebagai warga negara yang baik tentunya ingin kenyamanan bersosial, dari itu haruslah kita menjaga agar tidak emosi, menghadapi masalah dengan tenang.

Tidak egois artinya tidak memaksanakn kehendak atau kepentingan kita sendiri pada yang lain yang berbeda dengan kita. Karena sobat kosngosan pastinya bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita bahwa kepentingan ada kepentingan yang lain.

Dalam konteks sikap beragama, kita mengenal sifat fanatik yang tak jarang mengganggu terciptanya keharmonisan bersama. Jika sifat fanatik yang diiringi dengan pemaksaan kehendak pada orang lain untuk mengikuti pendapatnya hingga terjerumus dalam bidang penuduhan dan penyerangan terhadap orang lain.

Ini menjadi perilaku yang kontraproduktif, dan bertolak belakang dengan perilaku penghormatan atas perbedaan 3. Tolong Menolong Sikap baik perlu ditanamkan sejak dini, apabila sesudah dewasa menjadi terbiasa. Kita semua tentunya tinggal di lingkungan sosial yang saling berinteraksi satu dengan yang lain.

Tentunya dalam kehidupan masyarakat pasti saling membutuhkan satu dengan yang lain karena manusia merupakan mahluk sosial tidak dapat hidup sendiri. Oleh sebab itu harus saling menanamkan sipat saling menolong. Kita bisa membayangkan diri kita sendiri tidak ada yang membantu pada saat membutuhkan bantuan, tentu sedih bukan. Nah dengan itulah perlunya tolong-menolong. Pada saat menolong juga memiliki etika jangan sampai orang yang kita tolong malah merasa tersakiti.

Rasa tolong-menolong akan muncul jika adanya rasa empati ingin menolong, empati merupakan perasaan bahwa kita merasakan apa yang dirasakan oleh seseorang dari situlah muncul dorongan rasa ingin menolong. 4. Toleransi Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu "tolerare", artinya bersabar dan menahan diri. Toleransi dapat dikatakan sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok antar individu (perorangan) baik itu dalam masyarakat maupun dalam lingkungan yang lain.

Sikap toleransi ini penting dipupuk demi menjaga terciptanya lingkungan yang damai.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

Apalagi jika dalam lingkungan kita saling berbeda-beda, maka sikap saling menghargai perbedaan itu penting. Seseorang yang bersikap toleransi dalam lingkunganya akan mempunyai banyak teman dan bernilai di mata masyarakat.

Toleransi bisa sobat kosngosan aplikasikan dalam bentuk saling tolong-menolong, tidak memaksakan kehendak, dan juga tidak memaksa orang menganut agama sendiri. 5. Mau Berteman Dengan Siapa Saja Setiap teman yang kita miliki tentunya memiliki perbedaan, suatu perbedaan akan indah jika saling menghargai. Dalam usia yang produktif menjadi masa dimana mencari teman sebanyak-banyaknya.

Di saat ini pula kita menemukan berbagai tipe teman yang saling memiliki perbedaan. Tapi keberagaman tidak akan menjadi masalah jikalau kita tulus menghargai pendapat mereka.

Dalam berteman tentu hal yang paling penting adalah kenyamanan, seseorang tidak akan merasa nyaman jika tinggal di lingkungan asing. Nah, dari hal tersebut maka perlu bagi kita untuk mencari banyak teman Ketika kita memiliki banyak teman yang berbeda-beda maka kita akan memperluas pengetahuan yang ada, menambah kenalan kawan, juga bisa saling mempelajari suku dan agama yang dianut teman kita. Jadi pentingnya sikap tidak memilih teman akan lebih menguntungkan kita, disamping membangun Keutuhan negara juga menjaga keharmonisan dalam masyarakat.

6. Tidak Membedakan Teman, Suku, Ras, dan Agama Indonesia adalah negara yang unik, yang dimana terdapat berbagai perbedaan yang di dalamnya. Indonesia terdiri dari beragam suku, bangsa, bahasa, dan agama, yang keseluruhan itu merupakan kesatuan indonesia, oleh karena itu indonesia merupakan negara demokrasi.

Dari keunikan warga negara indonesia maka sobat kosngosan.com sebagai warga negara yang baik harus selalu menjalin keakraban, salah satunya dengan tidak membeda-bedakan teman, suku, ras, maupun agama. Kita yang tinggal dan menetap di Negara NKRI tentu harus selalu menjaga nilai semboyan kita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan negara mengajarkan kita untuk selalu menjaga hubungan baik antar teman, suku, ras, dan agama.

Suatu permasalahan sosial yang sering kita jumpai di lingkungan masyarakat yaitu masalah perbedaan, ada yang saling mengejek suku temanya, ada yang saling memaksakan kehendak, ada juga yang menyindir agama yang dianut temanya, dan permasalahan sosial lainya yang sering terjadi.

Masalah sosial yang tersebut membuat nilai Bhinneka Tunggal Ika semboyan negara menjadi tidak tercapai. Nah, untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial maka perlu bagi kita untuk saling menanamkan nilai-nilai yang ada pada pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika Yaitu saling menghargai antara teman, suku, ras, dan agama, dengan menjadikan perbedaan itu menjadi sebuh anugrah yang harus dijaga.

Dengan demikian maka keutuhan bangsa dan negara terjaga dan kita sebagai warga negara aman dan nyaman tinggal di dalamnya. 7. Menghargai Pendapat Orang Lain Setiap orang tentunya ingin dihargai walupun saling memiliki perbedaan, yang namanya manusia pasti selalu ingin dihargai.

Nah, terkadang sikap seseorang memperlakukan kita jika kurang sesuai pasti akan merasa sedih Begitu juga sebaliknya jika kita dihargai maka perasaan yang tadinya sedih akan berubah menjadi bahagia.

Setiap kita pasti ingin selalu menjaga keutuhan negara agar terciptanya persatuan. Salah satunya adalah dengan sobat kosńgosan menghargai pendapat orang lain yang berseberangan dengan kita Di negara indonesia yang merupakan negara demokrasi sangat menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila, salah satunya adalah sikap saling menghargai. Sikap ini sangat penting dan dijaga apalagi dalam musyawarah. Dalam musyawarah setiap orang boleh angkat bicara di depan umum untuk menyatakan pendapat.

Nah, disini lah tempat dimana penghargaan kita terhadap orang lain. Dalam musyawarah tidak dibenarkan protes terhadap keputusan yang telah ditetapkan karena itu merupakan suatu kesepakatan apalagi sampai menentang orang yang tidak sependapat dengan kita, itu sungguh perbuatan yang sangat memalukan bangsa kita sendiri dan tidak menghargai nilai-nilai pancasila yang merupakan dasar negara.

8. Menghormati yang Tua dan Menyayangi yang Muda tanpa Membeda-bedakan Dalam agama kita dibimbing untuk bersikap terpuji sesuai tuntunanya. Di masyarakat kita juga dibimbing agar menjaga peraturan yang berlaku. Kita dianjurkan untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.

Sebagai contoh islam saja, memperingati keras terhadap orang-orang yang tidak menghormati yang lebih tua, apalagi yang tidak menyayangi yang lenih muda. Walaupun kita tinggal di lingkungan yang berbeda-beda penduduknya, maka sikap positif harus senantiasa di terapkan agar dalam kehidupan berjalan harmonis. Baca juga : Contoh Nasionalisme dan Patriotisme 9.

Tidak Mengabaikan Sopan Santun Sopan santun adalah unsur terpenting dalam kehidupan bersosialisasi setiap harinya. Karena dengan menunjukkan sikap ini, kamu akan bisa dihargai dan disenangi sebagai mahluk sosial. Dalam kehidupan bersosialisasi antara sesama kita memiliki etika bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita melakukan hubungan dengan orang lain.

Sopan santun adalah suatu "law of life" yang berasal dari hasil pergaulan kelompok. Sopan santun selalu diterapkan dimanapun kita berada. Sopan santun memiliki beberapa macam dan berlaku dimanapun berada, sopan terhadap orang tua di rumah, sopan terhadap dosen di kampus, sopan kepada kakak di kost. Sopan santun memiliki nilai yang tinggi daripada ilmu, "Adab itu berada di atas Ilmu".

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

Dari hal yang sekecil apapun sobat kosngosan harus teratur supaya kenak nanti menjadi terbiasa. 10. Menyadari Batasan Dalam lingkungan tempat kita bergaul, setelah kita memiliki banyak teman dan seharian bergaul di dalamnya, tentu semakin akrab sama teman pasti akan semakin dekat dan tidak akan ada rasa segan, itu lebih baik. Tapi dalam berteman dan bermasyarakat maka kita harus menyadari batasa diri sejauh mana kita bisa terlibat.

Jika kita tidak menyadari batasan maka bisa-bisa terhanyut dalam suasana yang membuat kondisi menjadi runyam. Batas pribadi sangat penting, yang mana batas pribadi ini adalah batas kita dengan orang lain. Sebut saja sebagai pagar.

Sebagai penjaga gerbang, kita yang memutuskan seberapa dekat orang lain dapat mendekat, baik secara fisik maupun keemosian. Dengan adanya batasan pribadi, anda meminta orang lain untuk membuktikan dahulu bahwa dipercayai sebelum masuk dalam kehidupan kita dan memasuki kehidupanya. Demikianlah halnya jika kita bergaul di lingkungan yang beragam, sesama kita harus menyadari batasan yang harus dicampuri karena walaupun sesama teman harus lah menjaga batasan apalagi teman kita berbeda suku, agamadan ras dari kita.

11. Gemar Bermusyawarah Musyawarah merupakan suatu usaha kolektif dengan perilaku rendah hati untuk memecahkan persoalan dan mencari jalan keluar untuk mengambil keputusan bersama dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut dengan masyarakat khalayak ramai. Jika dalam lingkungan masyarajat tentunya haruslah ada suatu keputusan mengenai suatu hal yang penting untuk dimusyawarahkan, dengan adanya musyawarah maka solusi dari persoalan akan ditemukan.

Dalam musyawarah, sobat kosngosan diperbolehkan menyatakan pendapat masing-masing individu dan di tempat musyawarahlah mempertimbangkan berbagai pendapat apakah diterima dan cocok sesuai kesepakatan bersama.

Musyawarah dapat dilakukan dimana pun, dan kapan pun, dan oleh siapa pun. Kegiatan musyawarah biasanya dilakukan di lingkungan tempat tinggal, sekolah, maupun lingkungan keluarga. Dan musyawarah juga merupakan budaya luhur sejak dahulu Karena musyawarah merupakan salah satu bentuk penghargaan kita sesama masyarakat. Karena dalam masyarakat itu beragam maka oleh karena itu jika ada suatu persoalan yang harus segera diselesikan maka haruslah bermusyawarah untuk mencari jalan keluar.

12. Membangun Relasi salah satu upaya menghargai perbedaan yang ada dengan membangun relasi. Relas sering juga disebut salah satu kebutuhan manusia sebagai mahluk sosial yang sesungguhnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebagai mahluk sosial tentunya kita akan selalu membutuhkan bantuan dari orang sekeliling atau lingkungan tempat tinggal kita. Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup sendiri. Untuk itu perlu relasi serta hubungan antar mahluk hidup dalam menjalani proses kehidupan sehari hari Dalam menjalani hubungan di masyarakat tentunya membangun relasi sangatlah penting, jika relasi tidak dijaga maka masyarakat akan kurang peduli terhadap keadaan yang kita alami, sehingga enggan menolong, begitu juga halnya dalam masyarakat yang berbebda dengan kita harus lah membangun relasi sesama tanpa harus membeda-bedakan.

Karena kita tidak tau dari tangan siapa kita ditolong, memang hari ini kita punya segalanya tapi suatu hari kita bakalan menginginkan bantuan orang lain, tidak ada manusia sukses sendirian tanpa bantuan dan dukungan sesama. Jadi pentingnya membangun telasi sesama kita agar hidup rukun bisa dicapai.

13. Bertindak Adil Adil artinya mengambil keputusan yang bijak tanpa harus membeda-bedakan. Sikap adil ini sangat di tuntut dalam bidang hukum negara, masyarakat bahkan keluarga. Sikap adil merupakan sikap yang dipegang teguh baik dalam lingkungan rapat masyarakat, tindak hukum negara, karena keseluruhan itu sudah diatur dalam UUD 1945 mengenai berlaku adil dan tidak membeda-bedakan hukum yang berlaku baik dalam kalangan bangsawan begitu juga dengan kalangan rakyat biasa.

Sikap adil merupakan wujudan sari sila ke-dua pancasila yaitu " kemanusiaan yang adil dan beradab ". Nah, dari landasan negara saja menuntut kedailan didalamnya, penegak hukum dan tata negara harus bertugas sesuai dengan hukum yang berlaku Kita juga dalam masyarakat yang berbeda-beda harus lah bertindak adil, karena walaupun ada perbedaan diantara kita semua tapi setiap kita semua harus diperlakukan secara adil dalam masyarakat.

14. Saling menasehati Saling menasehati merupakan salah satu wujud dalam menghargai perbedaan, karena sesama kita adalah saudara dan sebaik-baik saudara adalah orang yang saling menasehati antara sesama saudaranya. Nah, jika kita menganggap bahwa orang-orang yang berada di lingkungan kita adalah saudar maka akan tumbuh rasa peduli dan saling menasehati walupun kita adalah masyarakat beragam.

Keberagaman merupakan hal yang unik. Saling menasehati jika ada ada yang berbuat salah, terkadang seseorang merasa enggan dan kurang bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita jika ada seseorang yang melakukan kesalahan, karena orang tersebut berbeda suku, dan agama dengan mereka.

Tapi perlu diperhatikan bahwa dalam menasehati juga perlu etika, jangan sampai orang yang dinasehati malah merasa jengkel dan membuat situasi menjadi lebih runyam.

Menasehati seseorang juga menyesuaikan tempat dan suasananya. Jangan sobat kosngosan menasehati seseorang di keramaian itu bukanlah keputusan yang baik karena dia akan merasa malu, tapi nasehatilah dikalau berdua karena akan memiliki berbedaan yang jauh, disamping nasehat tersampaikan seseorang juga tidak merasa malu.

15. Sopan Santun Sopan santun merupakan sikap menghargai seseorang dengan berlaku sopan kepada siapapun tanpa membeda-bedakan. Sopan dalam artian bertindak dengan baik, memperlakukan seseorang dengan bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita, dan bersikap yang seharusnya dilakukan. Sedangkan santun bisa juga disebut dengan berkata baik dan tidak menyindir seseorang, bertutur kata yang baik sesuai pertuturan di lingkungan tempat tinggal kita. Sikap sopan santun merupakan salah satu upaya dalam menghargai perbedaan, karena di dalam sopan santun akan berbuah manis.

Orang yang bersopan akan lebih dianggap di masyarakat dan dihormati bukan karena jabatan maupun pangkat yand dimiliki melainkan karena sopan santun dalam tindakan, perbuatan, dan bahasanya.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

16. Bertanggung Jawab Bertangggung jawab merupakan salah satu contoh perilaku yang bisa menghargai pluralisme, karena orang yang bertanggung jawab mereka akan mencerminkan suatu perilaku atau perilaku yang ditunjukan oleh seseorang yang masih berbuat dan bertingkah laku Hal ini akan sesuai dengan kewajiban yang diembangnya dan menyadari akan perilaku dan perilaku yang ditunjukan.

Contohnya adalah seperti perilaku tanggung jawab yaitu melaksanakan ronda malam sesuai dengan jadwal yang diberikan, melaksanakan tugas sesuai amanah dan sebagainya 17.

Bersikap Jujur Jujur adalah suatu perilaku atau perilaku yang menyampaikan atau melakukan sesuatu sesuai dengan kenyataan, sesuai dengan amanah yang dipercayakan, lawan dari perilaku jujur sendiri adalah berkhianat, berbohong atau berdusta Contohnya saja saat ulangan, guru melarang untuk mencontek maka siswa-siswa pun tidak ada yang mencontek atau contoh lain perilaku jujur adalah menyampaikan sesuatu berita sesuai dengan kenyataan meskipun hal tersebut bisa jadi merugikan baginya.

18. Berlaku Amanah Perilaku amanah merupakan sikap yang menunjukan seseorang mampu menjaga kepercayaan dan tanggung jawab diberikan kepadanya. Bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita dari sifat ini adalah khianat.

Sikap yang amanah merupakan perilaku yang patut dimiliki setiap pemimpin di negeri ini agar kepercayaan dan harapan masyrakat bisa terjaga. Perilaku amanah misalnya menjaga atau menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya, tidak melakukan korupsi, kolusi atau nepotisme dan sebagainya 19. Suka Menolong Setiap manusia, sebagai mahluk sosial suka atau simpatik dengan orang yang menolong mereka ketika mereka sedang ada masalah atau dalam kesulitan, bukan?

Begitu juga dengan sobat kosngósan. Nah perilaku suka menolong ini adalah salah satu contoh perilaku yang bisa dikategorikan sebagai upaya yang menghargai perbedaan dan keberagaman yang mesti dimiliki oleh setiap orang. Contoh perilaku terpuji adalah membantu orang yang sedang kesusahan sehingga mereka bisa keluar dari kesulitan yang dihadapi, tidak peduli apa latar belakang sosial, agama, budaya dan ras-nya 20.

Menghargai Perbedaan Negara kita, Indonesia seperti yang sudah kita ketahui bersama terdiri dari suku-suku yang tersebar mulai dari sabang sampai marauke, memiliki ragam agama, latar belakang sosial, budaya dan ras yang juga beraneka ragam. Sebagai warga negara yang baik maka sebaiknya kamu senantiasa menghargai perbedaan.

Contoh menghargai perbedaan misalnya mengecilkan suara musik ketika orang lain sedang beribadah sehingga mereka tidak terganggu 21. Selalu Menepati Janji Apabila sobat kosngosan berjanji pastinya harus tepati maka dengan begitu akan dikenal sebagai orang yang selalu tepat janji. Sikap tepat janji ini harusnya dimiliki oleh setiap orang, agar muncul rasa saling percaya terhadap sesama sehingga tidak ada lagi kebohongan, kesalahan komunikasi dan juga ketidak percayaan yang bisa merusak keharmonisan dan kerukunan antar golongan masyarakat.

Baca juga : Contoh Pluralisme di Indonesia Kata Penutup Indonesia yang memiliki banyak sekali suku budaya dan latar belakang sosial lainnya, harusnya menjadikan ini sebagai aset yang harus dijaga dan dibanggakan. Karena tidak semua negara memiliki keragaman seperti yang dimiliki oleh Indonesia Kita sebagai masyarakat harus benar-benar menjunjung tinggi nilai toleransi dan menghargai keberagaman.

Semoga materi dari kosngosan.com ini, bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian, dan jangan lupa untuk share artikel ini ya!
Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman suku dan juga budaya bangsa sehingga kita tidak boleh merasa jika budaya atau suku kita jauh lebih baik dibandingkan milik orang lain. Kita harus bisa menghargai perbedaan yang ada.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

Perlu kita sadari juga jika setiap manusia memang diciptakan berbeda beda antara satu dengan yang lain. Masing masing orang juga tentunya ingin dimengerti oleh orang lain dengan cara yang ia inginkan.

Meski berbeda beda, namun sudah selayaknya kita bisa selalu hidup saling berdampingan tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada. Selain itu, ada begitu banyak manfaat menghargai perbedaan yang bisa anda dapatkan dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini. • Mempererat Persatuan Dengan menghargai perbedaan yang ada di masyarakat dari mulai suku, budaya, agama, derajat, pekerjaan dan lain sebagainya, maka ini menjadi cara yang baik untuk menciptakan persatuan yang tetap utuh meski ada banyak perbedaan dalam bangsa Indonesia dan ada begitu banyak manfaat hidup bersatu yang bisa kita dapatkan.

• Memberikan Rasa Aman dan Tenteram Rasa aman dan juga tenteram nantinya bisa tercipta jika kita bisa memahami orang lain dan menghargai segala perbedaan yang ada pada diri orang lain.

Menghargai perbedaan menjadi jalan agar kita bisa terus hidup secara berdampingan dengan rukun karena sifat baik yang dilakukan tersebut. • Saling Membantu Mengatasi Masalah Ketika kita saling hidup rukun, berdampingan dan saling menghargai perbedaan antar sesama manusia, maka secara langsung akan memudahkan kita untuk mengatasi sebuah masalah yang sedang terjadi yang bahkan ada lebih dari 6 manfaat hidup rukun dalam keluarga dan masyarakat.

Banyak orang yang nantinya tidak segan segan untuk membantu. Sebaliknya, jika anda sahabat, teman atau orang di dekat kita yang membutuhkan bantuan, maka sudah semestinya kita juga membantu dengan tangan terbuka. • Memperluas Pergaulan Membiasakan diri untuk saling menghargai perbedaan dengan siapa saja juga tentunya memperluas pergaulan.

Semakin banyak teman dan pengalaman yang kita dapatkan, maka tentunya akan memperkaya pengetahuan untuk diri sendiri. • Menjalin Komunikasi Menghargai perbedaan yang ada juga akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain menggunakan macam macam alat komunikasi dan manfaatnya yang berbeda beda.

Komunikasi sendiri sangatlah penting sebab manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Dengan menghargai perbedaan yang ada, maka komunikasi dengan banyak orang semakin berjalan dengan baik yang tentunya juga berguna untuk menghindari diri kita dari masalah. • Terhindar dari Konflik dan Perselisihan Menghargai perbedaan dengan siapapun akan memudahkan kita untuk bisa memahami orang lain. Dengan ini, maka terjadinya konflik dan perselisihan juga bisa diminimalisir.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

Seseorang yang terbiasa menerima perbedaan juga akan memperkecil kemungkinan salah paham yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya konflik. • Hidup Lebih Tenang Dimanapun dan kapanpun anda berada, nantinya anda akan merasa lebih tenang jika sudah terbiasa untuk menerima perbedaan. Anda juga bisa merasa aman karena tidak pernah memulai perselisihan dengan orang lain akibat tidak bisa menerima perbedaan yang ada.

Rasa takut, was was dan terancam dengan orang lain bisa disingkirkan dan diganti dengan hidup yang lebih tenang dan tenteram seperti manfaat hidup rukun di sekolah.

bagaimana sikap kita terhadap orang yang mempunyai perbedaan kegemaran dengan kita

• Menyadari Potensi Orang Lain Setiap orang memiliki potensi masing masing sekaligus turut andil dengan perannya pada kehidupan. Terkadang, kita melihat beberapa orang yang memiliki perbedaan menjadi ancaman untuk hidup kita.

Namun sebenarnya, dengan hidup rukun dan bisa menerima perbedaan, maka kita juga belajar untuk melihat sisi lain dan potensi berbeda beda yang dimiliki orang lain untuk melengkapi potensi yang kita miliki sendiri. • Terhindar Dari Perpecahan Setiap orang sudah seharusnya selalu menanamkan sifat toleran atas semua perbedaan yang ada di kehidupan masyarakat seperti perbedaan agama di Indonesia sama halnya seperti manfaat hidup tertib.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara yang penduduknya menganut banyak agama berbeda beda. Sikap saling menghargai perbedaan inilah yang nantinya bisa dijadikan solusi untuk menghindari terjadinya perpecahan antara umat beragama.

Kembangkan Kegemaran Membaca Materi kelas 8 SMP




2022 www.videocon.com