Sebutkan struktur teks ceramah

sebutkan struktur teks ceramah

Tentunya kalian sering sekali melihat video orang berceramah di internet, televisi, maupun secara langsung. Apa sih sebenarnya perbedaan antara sambutan, ceramah atau khotbah? Secara umum, khotbah, ceramah, dan sambutan merupakan bagian dari pidato. Berarti ketiga tersebut sama-sama kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif. Namun, perbedaan ceramah pidato dan khotbah ialah topik yang disampaikan berbeda dan teknik ceramah serta struktur ceramah juga berbeda UNSUR UNSUR CERAMAH Ceramah agama adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama atau juga isi teks ceramah mengandung agama.

sebutkan struktur teks ceramah

Sedangkan yang di maksut dengan sambutan adalah pidato yang disampaikan sebagai pengantar / pembuka dari suatu kegiatan. Nah, namun untuk kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam mengenai struktur ceramah dan metode ceramah. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ceramah adalah pidato yang menyampaikan pidato ajaran agama. Isi teks ceramah mengandung ajaran-ajaran agama tersebut bisa berupa nasihat, petunjuk, petuah, ataupun kisah-kisah.

3. Materi Ceramah Materi ceramah merupakan berasal dari ajaran-ajaran agama. Namun, ceramah yang bagus adalah ceramah yang mampu membuat pendengar terdorong untuk melakukan nasihat-nasihat yang telah disampaikan oleh penceramah. Materi ceramah hendaknya disusun secara sistematis sehingga materi yang disampaikan oleh penceramah dapat diterima dengan baik oleh pendengar sesuai dengan tujuan ceramah tersebut.

4. Metode Ceramah / Teknik Ceramah. Metode ceramah merupakan cara-cara yang selalu digunakan seorang penceramah untuk menyampaikan materi kepada pendengar. Metode ceramah terbagi menjadi beberapa hal antara lain. • Metode Impromptu, yaitu sebuah metode ceramah tanpa persiapan. Biasanya penceramah yang melakukan metode impromptu ini, mereka sudah memiliki jam terbang berceramah yang cukup tinggi/luas. • Metode Menghafal, yaitu metode yang dilakukan dengan persiapan, dan kemudian menghafalnya.

• Metode Membaca naskah, yaitu melakukan ceramah dengan naskah lengkap / mencontoh teks yang telah disediakan. • Metode Ekstemporan, yaitu sebuah metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat sang penceramah. Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Prosedur 5. Media Ceramah. Media ceramah merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan materi ceramah kepada pendengar.

Di zaman sekarang ceramah tidak hanya dilakukan di rumah ibadah, namun juga bisa di banyak tempat. Adapun kegiatan ceramah dapat dilakukan secara langsung ataupun direkam sehingga pendengar dapat melihat dari televisi atau internet.

1. Pendahuluan Diwaktu Ingin melakukaan ceramah agama maka ada pembuka yang merupakan bagian yang berisi salam pembuka dan ucapan penghormatan, serta ucapan syukur. Pengantar merupakan bagian paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Dan biasanya sebutkan struktur teks ceramah berasal dari informasi ataupun berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah tersebut. 2. Isi Ceramah Isi teks ceramah merupakan Inti yang berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ataupun sebuah ilustrasi dari materi yang disampaikan.

Gagasan yang berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah baik dan berbobot berisi satu gagasan besar yang kemudian akan dikembangkan dalam subtopik sesuai dengan tujuan ceramah tersebut.

3. Penutup Poin poin yang mendukung penutup dalam teks ceramah yang termasuk salah satu ciri ciri kerangka ceramah antara lain adalah simpulan dan ucapan permintaan maap serta salam penutup.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Sebutkan struktur teks ceramah, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi Soal Ke 1 Pertanyaan tentang ceramah bahasa indonesia. Berikut ini merupakan unsur-unsur ceramah, kecuali… A. Penceramah B.

Pendengar C. Materi D. Mekanisme E. Metode Jawaban : D Pembahasan : Ada 5( lima) unsur ceramah, antara lain penceramah, materi ceramah yang disampaikan, pendengar, metode ceramah (cara penyampaian ceramah), dan juga media ceramah yang digunakan untuk melakukan ceramah. Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwa, jawaban yang tidak benar adalah D. Soal Sebutkan struktur teks ceramah 2 Tentang soal analisis teks ceramah.

Tujuan Ceramah dilakukan dengan maksud mengajak khalayak ramai untuk melakukan ajakan, petuah atau nasihat, yang disampaikan oleh penceramah, maka hal itu karena ceramah bersifat … A. Kreatif B. Persuasif C. Rekreatif D. Naratif E. Deskriptif Jawaban : B Pembahasan : sebab isi ceramah merupakan bagian dari pidato, dan sifat ceramah persuasif. Hal itu disebabkan karena tujuan ceramah untuk menyebarkan ajaran-ajaran agama dengan harapan bahwa pendengar akan melakukan hal-hal yang telah disampaikan oleh penceramah.

sebutkan struktur teks ceramah

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah B. Baca Juga Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya. Itulah ulasan mengenai unsur dan struktur ceramah, beserta ciri-ciri ceramah dan contoh soal ulangan teks ceramah. Untuk belajar mengenai ceramah, sebenarnya sangat mudah, karena semua contohnya dapat kita lihat dari kehidupan sehari-hari kita dan contoh teks ceramah ini kita hanya perlu memahami sifat sifat ceramah yang sering kita liat di media mana saja. Maka dari itu jangan pernah malas apalagi bosan untuk belajar.

Agar belajar lebih mudah buatlah latihan soal dan rangkumannya. Teks Ceramah: Struktur, Pengertian, Ciri, Kaidah, Contoh, dsb - serupa.id Tutup • Donasi Pencarian untuk: Cari • Beranda • Seni • Fundamental Seni • Teori Seni • Praktik Seni • Desain • Sejarah • Aliran Seni Rupa • Sejarah Seni • Pendidikan • Filsafat • Informatika • Semua Kategori • Semua Artikel • Tentang • Kebijakan Privasi • Kontak Tutup 11.1 Artikel Sebutkan struktur teks ceramah Pengertian Teks Ceramah Teks ceramah adalah teks yang berisi pemberitahuan, penyampaian suatu informasi baik pengetahuan maupun informasi umum lainnya untuk disampaikan di depan orang banyak oleh pakar atau orang yang menguasai bidangnya baik secara langsung maupun melalui media elektronik dan digital.

Pengertian teks ceramah di atas senada dengan pernyataan Tim Kemdikbud (2017, hlm. 78) yang mengungkapkan bahwa ceramah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya. Penceramah biasanya adalah orang-orang yang menguasai bidang informasi yang disampaikan. Ceramah diperuntukkan untuk didengarkan oleh banyak orang.

Medianya bisa dibicarakan langsung di kelas, aula, atau melalui sarana komunikasi seperti televisi, radio, internet dan media informasi lainnya.

sebutkan struktur teks ceramah

Pembelajaran di sekolah kebanyakan disampaikan melalui ceramah. Begitu juga dengan kuliah (pendidikan tinggi), kebanyakan Dosen akan menyampaikan materi lewat metode ceramah. Tentunya, metode pembelajaran hari ini sudah lebih variatif dan tidak sebutkan struktur teks ceramah ceramah saja. Namun demikian ceramah sebagai salah satu metode pembelajaran paling klasik tetaplah dibutuhkan bahkan dalam suatu metode pembelajaran yang paling mutakhir sekali pun. Dalam kehidupan sehari-hari terkadang ceramah tampak atau terasa seperti pidato ataupun khotbah.

Hal tersebut sebutkan struktur teks ceramah dapat disalahkan, namun sebetulnya ceramah lebih umum dari khotbah maupun pidato. Untuk mengetahui perbedaannya, simak penjelasan di bawah ini. Perbedaan Ceramah, Pidato & Khotbah Pidato merupakan pembicaraan di depan umum yang lebih cenderung bersifat persuasif, yakni ingin mengajak pendengar mengubah persepsi, sikap, atau tindakannya. Pidato sebutkan struktur teks ceramah dapat lebih sering digunakan untuk menumbuhkan motivasi dan mendapatkan dukungan dari pendengarnya.

Sementara itu, Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan mengenai keagamaan dan praktik beribadah, hingga ajakan-ajakan untuk memperkuat keimanan pendengarnya. Sementara itu, ceramah bersifat lebih umum karena ceramah menyampaikan suatu pengetahuan, informasi, atau isu tertentu yang mencakup semua bidang dan disampaikan oleh pakar atau orang-orang ahli dalam bidangnya.

Struktur Teks Ceramah Seperti sebutkan struktur teks ceramah lainnya, teks ceramah memiliki struktur yang membangun teks ini melalui beberapa bagian pembangunnya. Bagian-bagian pembangun struktur teks ceramah meliputi: pembuka/pendahuluan, isi, penutup.

Berikut adalah struktur teks ceramah yang dikemukakan oleh Tim Kemdikbud (2017, hlm. 92). • Pembuka (Tesis) Berisi pengenalan isu, masalah, pengetahuan hingga pandangan penceramah mengenai topik yang akan dibahas. Bagian ini sama dengan tesis dalam teks eksposisi. • Isi (Rangkaian argumen) Berupa rangkaian argumen-argumen penceramah yang berkaitan dengan topik yang dibicarakan pada pembuka atau tesis.

Bagian ini biasanya mengemukakan pula berbagai fakta dan data yang memperkuat argumen-argumen penceramah. • Penutup (Penegasan kembali) Merupakan penegasan kembali mengenai apa yang disampaikan dalam ceramah. Hal ini bertujuan untuk memastikan ceramah tidak memberikan pemahaman yang keliru dari yang dimaksudkan, hingga agar diingat oleh pendengarnya. Selain itu, agar ceramah terkenang dan pendengarnya terpengaruh untuk melakukan sesuatu, bagian ini juga biasa diisi oleh rekomendasi atau saran mengenai topik yang disampaikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah Teks ceramah juga memiliki karakteristik dan ciri khas kebahasaan tersendiri yang cenderung beda dengan teks lain. Berikut adalah beberapa kaidah kebahasaan dari teks ceramah. • Banyak memakai kata ganti orang pertama (tunggal) dan kata ganti orang kedua jamak sebagai sapaan. Kata ganti pertama contohnya adalah: saya, aku, kami (mengatasnamakan kelompok). Sementara kata kedua jamak adalah: anak-anak, hadirin, bapak-bapak, ibu-ibu, kalian, saudara-saudara.

• Banyak menggunakan kata teknis atau peristilahan yang sesuai dengan topik yang dibahas. Misalnya jika topik yang di bahas adalah sebutkan struktur teks ceramah atau sastra, istilah-istilah yang muncul meliputi: prosa, puisi, etika berbahasa, sarkasme, majas, kesantunan berbahasa. • Menggunakan kata-kata yang menunjukan hubungan sebab akibat atau argumentasi. Contohnya adalah: dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu, maka, sebab, karena.

• Banyak memakai kata kerja mental, misalnya: memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, diharapkan, berasumsi, menyimpulkan, berpendapat.

• Menggunakan kata-kata persuasif, seperti: diharapkan, sebaiknya, hendaklah, perlu, harus. Selain daftar di atas, teks ceramah juga banyak menggunakan kalimat majemuk bertingkat. Penjelasan mengenai kalimat majemuk bertingkat dalat dilihat artikel di bawah ini.

Baca juga: Kalimat Majemuk Bertingkat, Setara, Rapatan & Campuran Ciri Teks Ceramah Ada pun ciri-ciri teks ceramah akan dipaparkan pada daftar di bawah ini. • Ada sesuatu yang dijelaskan atau diinformasikan untuk memperluas pengetahuan para pendengar.

• Disampaikan oleh seseorang yang memiliki keahlian atau dianggap pakar dalam bidang atau disiplin ilmu yang diceramahkan. • Terdapat ajakan atau persuasi untuk mengubah sikap atau melakukan tindakan terhadap materi yang dibicarakan. • Berisi argumen yang menguatkan topik yang dibicarakan. • Memiliki fakta dan data yang memperkuat argumen dalam teks.

• Terdapat komunikasi dua atau banyak arah antara pembicara dan pendengar, yaitu berupa dialog, tanya jawab, kolom komentar tanggapan video (jika daring), dsb.

Langkah Menulis Teks Ceramah Langkah-langkah penyusunan teks ceramah menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 96) adalah sebagai berikut ini. 1. Menentukan Topik Menentukan topik tentunya menjadi hal pertama yang harus ditentukan.

Tentunya, terkadang topik ceramah juga dapat didapatkan dengan tidak sengaja misalnya saat kita membaca teks berita dan mendapatkan kabar yang sedang hangat dibicarakan. Namun, topik tersebut harus tetap ditentukan dan diolah melalui langkah selanjutnya, tidak hanya asal mengambil tren terbaru saja. Topik yang diambil dapat meliputi: keterampilan, keahlian, pengalaman pribadi, hobi, pelajaran, pendapat pribadi, minat khalayak, biografi tokoh terkenal, dsb.

2. Merumuskan Tujuan Ceramah Selanjutnya, tujuan adalah hal yang harus diperhatikan ketika sudah menemukan topik yang akan dibawakan. Untuk apa kita memberikan ceramah? Apakah untuk berbagi ilmu? Mengajak pendengar untuk melakukan sesuatu? Dsb. Namun, dalam gambaran luasnya, tujuan ceramah meliputi: • Tujuan umum, yang meliputi: ceramah informatif, ceramah persuasif, ceramah rekreatif (hiburan) • Tujuan khusus, yang merupakan rincian dari tujuan umum, tujuan ini meliputi: kebahasaan Indonesia sebutkan struktur teks ceramah tujuan umum pelajaran, cara melukis untuk tujuan umum keahlian atau hobi, biografi Soekarno untuk sebutkan struktur teks ceramah umum biografi tokoh.

3. Menyusun Kerangka Ceramah Kerangka teks ceramah adalah rencana yang memuat pokok-pokok bahasan struktur teks ceramah. Setiap bagian struktur yaitu: pembuka, isi, dan penutup dibuat kalimat pokok atau ide pokoknya terlebih dahulu tanpa penjelasan detail. Pembuatan kerangka teks ceramah yang baik harus memperhatikan: • Ketiga struktur harus dibuat: pembuka, isi, dan penutup • Maksud ceramah harus diungkapkan dengan jelas • Pastikan setiap bagian kerangka hanya memiliki satu gagasan pokok • Bagian setiap kerangka harus tersusun secara logis • Menyusun Ceramah berdasarkan Kerangka 4.

Menyusun Ceramah Berdasarkan Kerangka Setelah kerangka telah selesai dibuat, maka kembangkan setiap kalimat pokok menjadi paragraf-paragraf yang diberi kalimat penjelas, baik secara deduktif (kalimat pokok di awal paragraf) maupun induktif (kalimat pokok di akhir paragraf). Bersamaan dengan itu, penulisan teks ceramah juga harus dibarengi dengan penghayatan terhadap bahan-bahan yang akan disampaikan.

Caranya adalah sebagai berikut: • Mengkaji bahan secara kritis • Meninjau kelayakan materi terhadap khalayak ramai atau pendengar ceramah • Meninjau kembali berbagai bahan yang kemungkinan mendapatkan pro kontra • Menyusun sistematika bahan teks ceramah • Menguasai materi ceramah berdasarkan jalan pikiran yang logis Menyunting Teks Ceramah Setelah menyelesaikan ceramah, tahap selanjutnya adalah untuk menyunting teks tersebut.

Penyuntingan bertujuan untuk menyempurnakan atau untuk mengurangi kekeliruan-kekeliruan yang mungkin terjadi dalam suatu teks.

Oleh karena itu, seorang penyunting setidaknya harus: • Mengetahui bagaimana cara penulisan teks yang baik, • Benar-benar memahami topik yang akan dibahas dalam teks tersebut, serta memahami aturan-aturan kebahasaan, seperti masalah ejaan dan tanda baca. Kegiatan penyuntingan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. • Mengonstruksi, menyusun, atau menulis teks ceramah yang akan disunting. • Penyediaan bahan-bahan pemandu penyuntingan, seperti Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus.

Keduanya dapat ditemukan secara daring. Selain itu, bahan-bahan tersebut harus disesuaikan dengan teks yang akan disunting (dalam kesempatan ini: teks ceramah). • Memperhatikan bahan suntingan secara cermat, baik itu berkenaan dengan cara penyajian isi maupun kaidah ke • Memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam bahan suntingan secara benar dengan berpedoman pada sumber-sumber yang dapat dipercaya (PUEBI dan KBBI).

Contoh Teks Ceramah Tentang Sekolah Jepang Pembuka Pernahkah kamu pergi ke Jepang? Jepang termasuk negara kecil di Asia yang sudah maju. Banyak hal yang perlu diketahui tentang Jepang. Masyarakat negara ini mampu mempertahankan tradisi yang berkembang di masyarakatnya. Isi Anak-anak Jepang membersihkan sekolah mereka setiap hari, selama seperempat jam dengan para guru.

Itulah yang menyebabkan munculnya generasi Jepang yang sederhana dan suka pada kebersihan. Para siswa belajar menjaga kebersihan karena dalam mengatasi kebersihan merupakan bagian dari etika Jepang.

Siswa Jepang, dari tahun pertama hingga tahun keenam sekolah dasar harus belajar etika dalam berurusan dengan masyarakat. Pekerja kebersihan di Jepang sering disebut sebagai “insinyur kesehatan” dan mendapatkan gaji setara dengan Rp50 Juta per bulan. Untuk merekrut mereka dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara.

Jepang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti Indonesia. Mereka sering terkena gempa bumi, tetapi itu tidak mencegah Jepang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia. Rakyat Jepang mengatasi kekurangan sumber daya alam dengan mengoptimalkan sumber daya lainnya, yaitu sumber daya manusia. Jika kamu pergi ke sebuah restoran prasmanan di Jepang maka kamu akan melihat orang-orang yang hanya makan sebanyak yang mereka butuhkan.

Dengan begitu, tidak ada sisa-sisa makanan. Selain itu, dari restoran tidak ada limbah apa pun. Penegasan Ulang Masyarakat Jepang sangat menghargai waktu.

Mereka selalu menepati waktu. Bahkan, tingkat keterlambatan kereta di Jepang hanya sekitar 7 detik per tahun.

Budaya mereka dalam menghargai nilai waktu sangat dijaga sehingga mereka sangat tepat waktu, dengan perhitungan menit dan detik. Jepang sangat menghargai pendidikan. Masyarakatnya mendukung visi pendidikan di Jepang. Jika kamu bertanya kepada mereka, “Apakah arti pelajar itu?” Maka mereka akan menjawab bahwa, “Pelajar adalah masa depan Jepang”.

Contoh Teks Ceramah Singkat Pentingnya Berbahasa Santun Pembuka (pendahuluan) Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung semakin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman saya dahulu ketika kanak-kanak.

Hal tersebut tampak pada ungkapan-ungkapan banyak kalangan dalam menyatakan pendapat dan perasaan-perasaannya, seperti ketika berdemonstrasi ataupun rapatrapat umum. Kata-kata mereka kasar (sarkastis), menyerang, dan tentu saja hal itu sangat menggores hati yang menerimanya. Isi (rangkaian argumen) Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu. Ketidaksantunan berkaitan pula dengan rendahnya penghayatan masyarakat terhadap budayanya sebab kesantunan berbahasa itu tidak hanya berkaitan dengan ketepatan dalam pemilikan kata ataupun kalimat.

Kesantunan itu berkaitan pula dengan adat pergaulan yang berlaku dalam masyarakat itu. Penutup (Penegasan Ulang) Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak itu kemudian menjadi orang yang arogan, kasar, dan kering dari nilai-nilai etika dan agama. Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orangtua dan masyarakat manapun.

Contoh Teks Ceramah Contoh teks ceramah beserta strukturnya dengan berbagai topik dapat dilihat pada artikel di bawah ini: Baca juga: Contoh Teks Ceramah beserta Strukturnya (Berbagai Topik) Referensi • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAN Kelas X I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel Terkait Batalkan balasan Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai * Komentar * Nama * Email * Simpan nama, email, dan situs web saya pada peramban ini untuk komentar saya berikutnya.

Beritahu saya akan tindak lanjut komentar melalui surel. Beritahu saya akan tulisan baru melalui surel. • Motivasi/Motivation dalam Manajemen (Teori-Praktik) • Directing (Pengarahan) – Pengertian, Prinsip-Prinsip & Jenis • Controlling, Pengendalian, atau Pengawasan & Evaluasi • Kepemimpinan: Pengertian, Unsur, Prinsip, Tingkat & Gaya • Staffing dan Sebutkan struktur teks ceramah dalam Manajemen • Perilaku Organisasi: Pengertian, Sifat, Karakteristik & Pengembangan Trending • Model Pembelajaran Inquiry Learning (Penjelasan Lengkap) Semua Kategori • Aliran Seni Rupa (13) • Bahasa Indonesia (75) • Biografi (8) • Budaya (4) • Desain (20) • Filsafat (8) • Fundamental Seni (15) • Ilmu Pengetahuan Alam (33) • Ilmu Pengetahuan Sosial (37) • Informatika (29) • Inspirasi (21) • Linguistik (10) • Manajemen (10) • Metode Penelitian (11) • Pendidikan (73) • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (37) • Prakarya dan Kewirausahaan (19) • Praktik Seni (10) • Sastra (33) • Sejarah (16) • Sejarah Seni (25) • Seniman Indonesia (5) • Seniman Mancanegara (3) • Teori Seni (86) Langganan
KOMPAS.com - Struktur teks ceramah adalah bagian pembuka, isi dan penutup.

Kaidah kebahasaan teks ceramah menggunakan kata ganti orang, kata teknis, kata sebab akibat, kata hubungan temporal, kata kerja mental, kata persuasif. Mengutip Kemdikbud RI, berikut ini penjelasan singkat tentang struktur teks ceramah dan kaidah kebahasaan teks ceramah: Struktur teks ceramah Secara struktur, teks ceramah dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: • Pembuka • Isi • Penutup Baca juga: Pengertian Teks Ceramah Penjelasan: • Pembuka Pembuka disebut juga pendahuluan atau tesis.

sebutkan struktur teks ceramah

Pembuka berupa pengenalan isu, masalah, atau pandangan pembicara tentang topik yang akan dibahas. Bagian pembuka dalam teks ceramah sama dengan isi dalam teks ekposisi yang disebut isu. Intinya, tesis berisi isu, permasalahan, pandangan umum penulis. • Isi Isi dalam teks ceramah berupa rangkaian argumen. Rangkaian argumen pembicara berkaitan dengan pendahuluan atau tesis.

Baca juga: Jenis-jenis Informasi dalam Teks Ceramah Mengutip Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2018) karya Minami Try Astuti adalah bagian isi berisi ide pokok yang disertai argumen yang meyakinkan. Pada bagian isi dikemukakan pendapat-pendapat dan fakta. Tujuannya untuk memperkuat argumen-argumen pembicara. Penggunaan fakta dan data pada bagian isi untuk meyakinkan audiensi.

• Penutup Penutup berupa penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya. Penutup berisi simpulan dan rangkuman. Struktur teks ceramah sebagai berikut. sebutkan struktur teks ceramah. Pendahuluan • Pembuka: bagian ini berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. • Pengantar: bagian ini adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik.

Biasanya pengantar berasal dari informasi atau berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah. 2. Isi Ceramah • Inti: berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ilustrasi dari materi yang disampaikan. • Gagasan: berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah yang baik berisi satu gagasan besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik. 3. Penutup • Simpulan • Ucapan permintaan maaf • Salam penutup Dengan demikian struktur teks ceramah adalah pendahuluan, isi, dan penutup.
Jakarta - Apakah detikers pernah mendapat tugas atau kesempatan untuk berceramah di depan umum?

Bagaimana pengertian, ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan teks ceramah? Teks ceramah adalah teks yang berisi pemberitahuan atau penyampaian informasi yang bertujuan untuk memberikan nasihat atau petunjuk-petunjuk kepada pendengar.

Baca juga: Fiksi Adalah Cerita Khayalan: Ini Definisi, Ciri-Ciri, Unsur, dan Contohnya Penceramah biasanya merupakan orang-orang yang menguasai bidang informasi yang disampaikan. Karena ceramah ditujukan untuk didengar banyak orang, medianya bisa dibicarakan langsung di tempat yang luas. Misalnya, ceramah di kelas atau aula, bisa juga melalui sarana komunikasi sebutkan struktur teks ceramah radio, televisi, internet, dan lainnya. Ada jenis teks atau kegiatan yang hampir mirip dengan ceramah.

Biasanya, orang-orang kurang paham perbedaan pidato, khotbah, dan ceramah. Melansir dari e-modul Bahasa Indonesia kelas XI terbitan Kemendikbud, ketiga jenis ini memiliki perbedaan. Pidato, adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasif, yaitu untuk mengajak pendengar mengubah persepsi, sikap, atau tindakannya. Pidato juga sering dipakai untuk menumbuhkan motivasi dan mendapat dukungan dari pendengar.

sebutkan struktur teks ceramah

Lalu, khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang biasanya berisi penyampaian pengetahuan mengenai keagamaan dan praktik ibadah. Bisa berupa ajakan untuk memperkuat keimanan para pendengarnya. Sementara, ceramah bersifat lebih umum. Ceramah berfungsi menyampaikan suatu pengetahuan, informasi, atau isu tertentu yang umum dan mencakup semua bidang. Sering kali disampaikan oleh pakar atau orang yang ahli di bidangnya. Ciri-Ciri Teks Ceramah Ada beberapa ciri teks ceramah yang membedakannya dari teks yang lain, yaitu: • Ada suatu pengetahuan untuk dijelaskan atau diinformasikan kepada pendengar • Biasanya disampaikan oleh seseorang yang ahli atau dianggap pakar dalam bidang ilmu yang diceramahkan • Merupakan keterampilan berbahasa satu arah • Pembicara berdiri di depan orang banyak untuk sebutkan struktur teks ceramah materi, sementara pendengar hanya menyimak • Ada ajakan atau persuasi untuk mengubah sikap atau tindakan terkait materi yang dibicarakan • Berisi argumen, fakta, atau data untuk memperkuat topik yang dibicarakan • Terkadang, bisa menjadi dua arah jika pembicara membuka kesempatan tanya jawab atau diskusi Jenis Teks Ceramah Mengutip dari buku CMS Bahasa Indonesia SMA/MA kelas X, XI, XII, teks ceramahdapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Diantaranya adalah: • Ceramah informasi, yang bertujuan untuk menyampaikan berita atau informasi penting kepada pendengar. • Ceramah persuasi, bertujuan untuk menyampaikan informasi yang dapat mengajak atau memengaruhi pikiran dan tindakan pendengar. • Ceramah rekreatif, adalah ceramah yang bertujuan untuk menghibur pendengar.

Baca juga: 4 Prinsip Geografi : Penjelasan dan Contohnya dalam Kehidupan Struktur Teks Ceramah Lalu, bagaimana susunan teks ceramah yang baik dan benar? Umumnya struktur teks ceramah terdiri dari: • Salam pembuka, yang digunakan untuk menyapa khalayak. penceramah yang baik harus dapat menarik perhatian pendengarnya. • Pembuka, berisi pengenalan isu berupa deskripsi atau pendahuluan terkait topik yang akan dibahas.

• Isi, berupa rangkaian argumen pendapat disertai fakta-fakta yang menjelaskan isu tertentu. • Penutup, berupa penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, atau kesimpulan dan saran jika ada.

• Salam penutup, setara dengan salam pembuka, berarti mengakhiri pembicaraan dengan kata penutup. Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah Ada beberapa kaidah kebahasaan yang biasanya digunakan untuk menyusun teks ceramah, yaitu: • Menggunakan kata sapaan, misalnya "Selamat pagi, siang, sore", dan sebagainya. • Memakai kata ganti orang pertama tunggal dan kata ganti orang kedua jamak sebagai sapaan. Contoh kata ganti pertama: saya, aku, kami. Contoh kata ganti orang kedua jamak: anak-anak, hadirin, bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudara, dan lainnya.

• Menggunakan kata yang menunjukkan sebab-akibat atau argumentasi. Contohnya "dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu, maka" dan lain sebagainya. • Sering memakai kata kerja mental, seperti: memprihatinkan, memperkirakan, berpendapat, diharapkan, dan lain-lain. • Memakai kata persuasif, untuk mengajak seseorang. Seperti: sebaiknya, hendaklah, seharusnya. • Memakai kalimat imperatif, untuk melarang atau meminta seseorang melakukan sesuatu. Seperti: jangan, coba pahami, dan lain-lain.

Bagaimana, cukup mudah kan memahami teks ceramah? (pal/pal)
Daftar Isi • Apa yang Dimaksud dengan Ceramah? • Struktur Teks Ceramah dan Contohnya • Struktur Teks Ceramah Menurut Mulyadi dan Kemendikbud • Pendahuluan atau Sebutkan struktur teks ceramah teks ceramah • Isi teks ceramah • Penutup teks ceramah • Struktur Teks Ceramah Menurut Priyatni dan Harsiati • Cara Membuat Teks Ceramah • Contoh Teks Ceramah Singkat Apa yang Dimaksud dengan Ceramah?

Ceramah adalah jenis komunikasi berbicara di depan umum. Menurut Mulyadi (2017, 64), ceramah adalah kegiatan menyampaikan informasi, pengetahuan, atau nasihat di depan khalayak umum.

Topik yang dibahas dalam ceramah biasanya adalah bidang pendidikan, ekonomi, politik, kesehatan, dan agama. Setelah mengikuti kegiatan ceramah, pendengar diharapkan memperoleh sejumlah informasi yang dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai topik yang dibahas.

Sebutkan struktur teks ceramah bertujuan untuk menambah wawasan, di dalam ceramah biasanya juga terdapat kalimat persuasi yang bertujuan untuk mengajak atau membujuk pendengar. Meski begitu, ceramah lebih menekankan pada penyampaian informasi daripada ajakan atau bujukan untuk melakukan sesuatu.

Ceramah umumnya menyampaikan informasi berupa permasalahan aktual yang terjadi di sekitar kita. Umumnya, penceramah merupakan seorang pakar memiliki keahlian tentang permasalahan yang dibahas. Sebelum melakukan ceramah, umumnya penceramah melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Salah satunya adalah menyusun naskah atau teks ceramah agar pembahasannya lebih terstruktur. Struktur Teks Ceramah dan Contohnya Umumnya, setiap sebutkan struktur teks ceramah teks memiliki struktur yang membuat teks tersebut menjadi utuh dan padu, begitu juga teks ceramah.

sebutkan struktur teks ceramah

Isi dalam teks ceramah harus tersusun secara berurutan berdasarkan strukturnya. Berikut struktur teks ceramah menurut para ahli. Struktur Teks Ceramah Menurut Mulyadi dan Kemendikbud Menurut Mulyadi (2017, 76), bagian isi dan struktur teks ceramah terdiri dari tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Hal serupa juga dikemukakan dalam Kemendikbud (2017, 92) bahwa struktur teks ceramah meliputi bagian pembuka, isi, dan penutup.

Adapun bagian-bagian dari struktur teks ceramah tersebut adalah: Pendahuluan atau Pembuka teks ceramah Menurut Mulyadi (2017, 76), bagian pertama dari struktur teks ceramah adalah pembuka atau pendahuluan.

Bagian pembukaan teks ceramah berisi pengenalan isu atau permasalahan. Selain itu, di bagian ini juga dijelaskan mengenai pandangan umum penulis tentang topik yang akan dibahas. Sebutkan struktur teks ceramah contoh bagian pendahuluan atau pembukaan teks ceramah yang dikutip dari Buku Bahasa Indonesia Kelas XI: Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung semakin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman saya dahulu ketika kanak-kanak.

Hal tersebut tampak pada ungkapan-ungkapan banyak kalangan dalam menyatakan pendapat dan perasaan-perasaannya, seperti ketika berdemonstrasi ataupun rapat-rapat umum. Kata-kata mereka kasar (sarkastis), menyerang, dan tentu saja hal itu sangat menggores hati yang menerimanya.

Pada kutipan contoh tersebut terdapat bagian pembuka teks ceramah yang berisi pengenalan isu sebutkan struktur teks ceramah permasalahan, yaitu tentang menurunnya kesantunan berbahasa masyarakat.

Isi teks ceramah Isi teks ceramah mengandung argumen atau pendapat pembicara yang berkaitan dengan pendahuluan.

sebutkan struktur teks ceramah

Pada bagian isi ceramah, dikemukakan juga beberapa fakta yang digunakan untuk memperkuat argumen pembicara atau penulis. Berikut contoh bagian isi teks ceramah yang dikutip dari Buku Bahasa Indonesia Sebutkan struktur teks ceramah XI: Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu. Ketidaksantunan berkaitan pula dengan rendahnya penghayatan masyarakat terhadap budayanya sebab kesantunan berbahasa itu tidak hanya berkaitan dengan ketepatan dalam kepemilikan kata sebutkan struktur teks ceramah kalimat.

Kesantunan itu berkaitan pula dengan adat pergaulan yang berlaku dalam masyarakat itu. Pada kutipan contoh teks ceramah tersebut, terdapat bagian isi teks ceramah yang berisi argumen penulis atau pembicara mengenai menurunnya kesantunan berbahasa masyarakat. Penutup teks ceramah Bagian terakhir dari struktur teks ceramah menurut Mulyadi (2017, 76) adalah penutup.

Bagian ini berisi penegasan kembali atas pernyataan sebelumnya. Di bagian ini biasanya terdapat rangkuman dan simpulan dari ceramah. Berikut contoh bagian penutup teks ceramah yang dikutip dari Buku Bahasa Indonesia Kelas XI: Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak itu kemudian menjadi orang yang arogan, kasar, dan kering dari nilai-nilai etika dan agama.

Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orang tua dan masyarakat mana pun. Pada kutipan contoh teks ceramah tersebut terdapat bagian penutup teks ceramah yang berisi simpulan dari penjelasan sebelumnya. Hal ini ditandai dengan kata-kata yang berisi saran dan alasannya.

Struktur Teks Ceramah Menurut Priyatni dan Harsiati Menurut Priyatni dan Harsiati (2017, 72) struktur teks ceramah adalah: • Sapaan; • salam pembuka; • pembukaan teks ceramah; • isi ceramah; • kalimat penutup; • salam penutup. Pendapat ini sedikit berbeda dengan yang dikemukakan oleh Mulyadi yang hanya membagi struktur teks ceramah menjadi tiga bagian. Priyatni dan Harsiati membagi struktur teks ceramah menjadi enam bagian dengan merincikan kembali bagian pembuka menjadi sapaan, salam pembuka, dan pembuka ceramah.

Sementara bagian penutup dirincikan kembali menjadi kalimat penutup dan salam penutup. Cara Membuat Teks Ceramah Ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan saat ingin membuat teks ceramah. Menurut Suparno dan Yunus (2008, 150) langkah-langkah menyusun teks ceramah adalah sebagai berikut.

• Menentukan tema atau topik yang akan dibahas; • Menentukan arah dan tujuan yang mendasari topik yang dibahas; • Mengumpulkan data yang mendukung keseluruhan cerita dapat diperoleh dari pengalaman atau pengamatan di sekitar kita; • Membuat kerangka karangan yang disusun berdasarkan urutan peristiwa, waktu, atau sebab akibat; • Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan yang menarik.

• Membuat judul karangan atau tulisan. Hampir sama dengan pernyataan di atas, Mulyadi (2017, 82) juga mengemukakan langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk membuat teks ceramah, yaitu: • Menentukan topik ceramah; • Menentukan tujuan dalam teks ceramah; • Menyusun kerangka ceramah; • Mengembangkan kerangka menjadi teks ceramah yang utuh • Mengevaluasi dan menyunting teks ceramah Dari kedua pernyataan di atas dapat kita simpulkan bahwa hal yang paling sebutkan struktur teks ceramah dilakukan adalah menentukan topik atau tema.

Menurut Kemendikbud (2017, 131), beberapa topik yang bisa dijadikan bahan ceramah adalah: • pengalaman pribadi; • hobi dan ketrampilan; • pengalaman dalam pekerjaan; • pelajaran sekolah atau kuliah; • pendapat pribadi; • peristiwa hangat dan pembicaraan publik; • masalah keuangan; • problem pribadi; • biografi tokoh terkenal; • minat khalayak.

Contoh Teks Ceramah Singkat Berikut contoh teks ceramah singkat dalam bahasa Indonesia. Era Globalisasi Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Yang terhormat Kepala SMA Sukses Jaya Yang saya hormati Wakil Kepala SMA Sukses Jaya Yang sebutkan struktur teks ceramah hormati guru-guru SMA Sukses Jaya Beserta seluruh murid SMA Sukses Jaya yang berbahagia.

Salam sejahtera, Puji Syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya, Saya juga berterima kasih kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan acara ini.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung sehingga acara ini bisa terselenggara seperti saat ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak semua untuk mengingat kembali, beberapa pola hidup yang telah kita lakukan sehari-hari sehingga tanpa disadari hal tersebut menjadi penyebab terjadinya globalisasi. Apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Pada abad ke 21 ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang mendunia.

Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang.

Selain hand phone, yang tak kalah penting adalah internet. Globalisasi seperti mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi.

Contohnya sepatu. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya. Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negeri menjadi kurang diminati.

sebutkan struktur teks ceramah

Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fesyen. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat.

Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negeri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia? Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan.

Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi dengan mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negeri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negeri kita.

Budaya dari negeri sendiri harus kita jaga dan lestarikan. Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita sebutkan struktur teks ceramah yang ada di sini. Hanya itu yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan dalam perkataan yang tidak berkenan di hati para hadirin, saya minta maaf yang sebesar-besarnya. wabillahi taufiq walhidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sumber: http://ud-suksesbersama.blogspot.com/2013/11/contoh-contoh-pidato-rekreatif.html?m=1Bisacumlaude Haloo haloo haloo haloo para generasi milenial yang cerdas dan mandirii… Jumpa lagi dalam postingan artikel kita kali ini yang tentunya bahasan pada postinngan rtikel kita kali ini, tidak akan kalah menarik dari bahasan – bahasan postingan artikel kita sebelum – sebelumnya, pada postingan artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai ” Menentukan Isi dan Struktur dalam Teks Ceramah ” .

Semoga informasi yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya dapat menambah pengetahun para pembaca… Selamat membaca…. 🙂 🙂 🙂 🙂 Apabila kamu perhatikan dengan cermat contoh – contoh pada teks ceramah yang ada, teks ceramah memiliki bagian – bagian tertentu yang meliputa antara lain: bagian pembukaan, isi dan bagian penutup.

• Pembukaan Berupa pengenalan – pengenalan pada isu, masalah, ataupun pandangan – pandangan pembicara tentang suatu topik yang akan dibahasnya. Bagian tersebut sama dengan isi di dalam teks eksposisi yang disebut dengan isu.

• Isi Berupa suatu rangkaian argumen pembicara yang berkaitan dengan suatu pendahuluan atau tesis. Pada bagian inilah yang dikemukakan pula sejumlah fakta – fakta yang memperkuat argumen – sebutkan struktur teks ceramah pada pembicara. • Penutup Berupa sesuatu penegasan kembali sebutkan struktur teks ceramah pernyataan – pernyataan yang sebelumnya. Sebagaimana dengan jenis teks yang lainnya, ceramah juga memiliki suatu karakteristik tersendiri yang cendrung akan berbeda dengan teks – teks yang lainnya.

Merujuk pada contoh – contoh di atas bahwa teks ceramah memiliki kaidah kebahasaan, yaitu sebagai berikut: • Menggunakan kata ganti orang pertama (tunggal) dan kata ganti orang kedua jamak, sebagai sapaan yang digunakan.

Kata ganti orang pertama, yaitu: saya dan aku. Mungkin juga dapat menggunakan kata kami apabila penceramah mengatasnamakan suatu kelompok atau juga golongan. Pada teks ceramah juga sering kali menggunakan kata sapaan yang ditujukan pada orang banyak, sepert: hadirin, kalian, bapak – bapak, ibu –ibu dan saudara – saudara.

• Menggunakan kata – kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan suatu topik tertenntu yang akan dibahas. Dengan topik tentang suatu masalah kebahsaan yang menjadi fokus pada pembahasannya, istilah – istilah yang muncul dalam suatu bentuk teks tersebut adalah, seperti: sarkasme, eufemistis, tata krama, kesantunan berbahasa dan etika berbahasa.

• Menggunakan kata – kata yang dapat menunjukkan suatu hubungan argumentasi (sebab dan akibat), misalnya saja: jika… maka, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya dan oleh karena itu. Selain itu juga, dapat pula digunakan kata – kata yang dapat menyatakan hubungan temporal ataupun perbandingan atau pertenntangan, seperti antara lain: sebelum itu, kemudian, pada akhirnya, sebaliknya, berbeda halnya dan namun.

• Menggunakan kata – kata kerja mental, seperti: diharapkan, memperhatikan, memperkirakan, mengagumkan, menduga, berpendapat, berasumsi dan menyimpulkan. • Menggunakan kata – kata persuasif, seperti: hendaklah, sebaiknya, diharapkan, perlu dan harus. Baca Juga Memahami Bagian Dalam Penulisan Naskah Ceramah Menentukan Aspek – Aspek Yang Disunting Dalam Teks Ceramah Adapun langkah – langkah penyususnan dimulai dengan menentukan suatu topik dan tujuan, menyusun kerangka ceramah, menyusun teks ceramah berdasarkan kerangka dengan mennggunakan kalimat yang mudah untuk dipahami, hingga dengan menyunting teks ceramah.

• Menentukan Topik Beberapa topik yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk melakukan ceramah, yaitu: pengalaman pribadi, hobi dan keterampilan, pengalaman di dalam pekerjaan, pelajaran sekolah ataupun kuliah, pendapat pribadi, peristiwa yang sedang hangat dan pembicaraan publik, masalah keagamaan, problem pribadi, biografi tokoh terkenal dan juga minat khalayak.

• Merumuskan Tujuan Ceramah Terdapat 2 macam tujuan yang ada pada ceramah, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. (a) Tujuan umum ceramah biasanya dirumuskan dalam 3 hal yaitu: memberitahukan (informatif), memengaruhi (persuasif) dan menghibur (rekreatif).

(b) Tujuan khusus yaitu tujuan yang merupakan rincian dari pada tujuan umum, tujuan umum lebih informasional, lebih jelas, dan terukur di dalam pencapaiannya. • Menyusun Kerangka Ceramah Kerangka ceramah merupakan suatu rencana yang memuat garis – garis besar mataeri yang akan diceramahkan. Kerangka ceramah bermanfaat di dalam memudahkan penyususnan karangan sehingga karanngan menjadi lebih sistematik dan teratur, menghindari timbulnya pengulangan pembahasan, serta untuk membantu pengumpulan data serta sumber – smber yang akan diperlukan.

Kerangka ceramah yang baik memiliki ciri – ciri yaitu: (a) Ceramah meliputi tiga bagian pokok yaitu pengantar, isi dan penutup. (b) Maksud dari ceramah diungkapkan dengan jelas. (c) Setiap bagian dalam kerangka cramah hanya memiliki satu buah gagasan.

(d) Bagian – bagian yang ada di dalam kerangka ceramah harus tersusun secara logis. • Menyusun Ceramah Berdasarkan Kerangka Langkah berikutnya adalah mengembangkan kerangka menjadi suatu naskah ceramah yang utuh dan lengkap. Namun bersamaan dengan itu, perlu dilakukan pemahaman dan penghayatan terhadap bahan – bahan yang ada, yaitu dengan jalan: (a) Mengkaji bahan secara kritis.

(b) meninjau kelayakan bahan dengan khalayak. (c) meninjau bahan yang kemungkinan dapat menimbulkan pro dan kontra. (d) menyusun sistematika bahan ceramah. (e) Menguasai bahan ceramamh berdasarkan jalan pikiran yang logis. Baca Juga Menelaah Teks Ceramah: Bagia, Aspek serta Penyuntingan Menyampaikan Hasil Suntingan Dengan Memperhatikan Sttruktur dan Kebahasaan Penyuntingan tidak hanya dapat berkaitan dengan ejaan ataupun dengan penulisan kata – kata yang ada.

Penyunntingan juga dapat berkaitan dengan susunan kalimat – kalimat yang ada di dalam suatu paragraf dan susunan paragraf di dalam keseluruhan teks tertentu.

sebutkan struktur teks ceramah

Hubungan kalimat dengan kalimat haruslah padu serta saling berhubungan. Dalam suatu teks tidak boleh ada kalimat yang dapat menyimpang dari pokok pembahasan yang akan dibahas. Demikian halnya dengna penyusunan pada suatu paragraf, semuanya harus saling berkaitan dan mengususng satu tema yang sama.

Penyuntingan memilliki tujuan untuk dapat menyempurnakan atau untuk mengurangi kekeliruan – kekeliruan yang mungkin akan terjadi di dalam suatu teks. Oleh karena itu, seorang penyunting setidaknya harus memperhatikan, yaitu: • Mengetahui cara penulisan karangan yang baik. • Memahami masalah yang aka dibahas di dalam karangan itu, serta jjuga memahami aturan – aturan kebahasaan, seperti masalah ejaan dan tanda baca.

Proses kegiatan penyuntingan yang dapat dilakukan dengan memperhatikan langkah – langkah di bawah ini, sebagai berikut: • Penyiapan teks ceramah yang akan dilakukan penyuntingan.

• Penyediaan bahan – bahan pemandu dalam penyuntingan, seperti Pedoman Ejaan Bahsa Indonesia (EBI) dan kamus. Selain itu, bahan – bahan tersebut harus disesuaikan dengan karangan yang akan disunting. Kalau itu berupa naskah cermah, bahan pemandunya adalah buku sebutkan struktur teks ceramah teknik penulisan ceramah.

• Mencrmati bahan yang akan disunting secara cermat, baik itu yang berkenan dengan cara penyajian suatu isi ceramah maupun bahasa yang akan digunakan untuk dapat menyampaikan suatu ceramah tersebut. • Meperbaiki suatu kesalahan – kesalahan yang terdapat di dalam bahan yang akan disunting secara benar dengan berpedoman pada sumber – sumber yang nantinya dapat untuk dipercaya. Baca Juga Memahami Isi Ceramah: Bagian, Aspek serta Struktur Demikianlah informasi yang dapat kita sampaikan pada postingan artikel kita kali ini dengan bahasan tentang ” Menentukan Isi dan Struktur dalam Teks Ceramah ” … Semoga bahasan yang ada pada postingan artikel kita kali ini dapat sebutkan struktur teks ceramah wawasan dan dapat bebrmanfaat bagi para generasi milenial yang cerdas mandiri untuk mengetahui lebih banyak informasi lainnya.

Stay teruss pada postingan kami selanjutnya, tetap kunjunngi website bisaculaude.com karena akan selalu ada materi – materi menari lainnnya… 🙂 🙂 🙂 🙂 Berikut Artikel Terkait Lainnya • Mempelajari Teks Eksplanasi • Sistematika Dalam Membuat Proposal • Bermain Drama • Merancang Karya Ilmiah • Pengaruh Working Capital Management Terhadap Rentabilitas Ekonomi dan Kinerja Perusahaan • Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan dan Nilai Perusahaan • Pengaruh company growth dan profitability terhadap investment opportunity set (IOS) Kategori S.Pd.

Tag analisis teks ceramah, berikan contoh kalimat penutup dalam ceramah, berikut ini bukan ciri ceramah adalah, berikut ini bukan ciri-ciri ceramah adalah, cara membuat teks ceramah, ceramah yang baik, contoh ceramah panjang, contoh teks ceramah, contoh teks ceramah beserta strukturnya, contoh teks ceramah singkat, contoh teks ceramah tentang narkoba, contoh sebutkan struktur teks ceramah ceramah tentang pergaulan bebas, dari sepuluh jenis topik, fungsi ceramah, jelaskan bagian isi dalam teks ceramah, jelaskan struktur teks ceramah, jenis permasalahan teks ceramah, jenis-jenis ceramah pdf, kaidah kebahasaan teks khutbah, kalimat salam penutup yang tepat adalah, langkah langkah menyusun teks ceramah, macam-macam ceramah, manfaat ceramah, manfaat teks ceramah, meneladani kehidupan dari cerita pendek, pembukaan teks ceramah, pengertian ceramah khusus, perbedaan ceramah dan pidato, sebutkan ciri kebahasaan teks ceramah, sebutkan kebahasaan teks ceramah, sebutkan media ceramah, sebutkan metode ceramah dan jelaskan, soal teks ceramah sma kelas 11, struktur dan kebahasaan teks pidato, teks ceramah agama, teks ceramah bahasa sunda, teks ceramah jujur itu indah, teks ceramah lucu, teks ceramah pendidikan beserta strukturnya, teks ceramah tentang jepang, teks ceramah tentang kematian, teks ceramah tentang menuntut ilmu, tuliskan langkah-langkah menyunting, tuliskan tahap-tahap menyusun teks ceramah, unsur kebahasaan teks ceramah Navigasi Tulisan
Tentu kalian sering melihat video orang berceramah di televisi, internet, ataupun secara langsung.

Lalu, apa sih sebenarnya perbedaan antara ceramah, sambutan, atau khotbah? Simak artikelnya berikut ini, yuk! -- Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan merupakan bagian dari pidato. Berarti ketiganya sama-sama kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif. Akan tetapi, topik yang disampaikan berbeda.

Apa Itu Ceramah? Ceramah dan khotbah adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama, sedangkan sambutan adalah pidato yang disampaikan sebagai pengantar atau pembuka dari suatu kegiatan. Nah, kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam mengenai teks ceramah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teks ceramah adalah pidato yang menyampaikan pidato ajaran agama.

Ajaran-ajaran tersebut dapat berupa nasihat, petuah, petunjuk, ataupun kisah-kisah. Baca juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Unsur-Unsur Teks Ceramah 1. Penceramah Penceramah adalah orang yang melakukan kegiatan ceramah. Untuk menjadi penceramah, seseorang harus memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi yang diberikan kepada pendengar. 2. Pendengar Pendengar merupakan penerima nasihat-nasihat dari penceramah.

Dalam hal ini, pendengar bisa siapa saja tidak terbatas status sosial, umur, jenis kelamin, latar belakang, dan lain-lain. 3. Materi Materi dalam teks ceramah berasal dari ajaran-ajaran agama. Akan tetapi, ceramah yang bagus adalah ceramah yang mampu membuat pendengar tergugah dan terdorong untuk melakukan nasihat-nasihat yang disampaikan oleh penceramah.

Selain itu, materi hendaknya disusun secara sistematis sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar. 4. Metode Ceramah Metode ceramah adalah cara-cara yang digunakan seorang penceramah untuk menyampaikan materi.

Metode ceramah terbagi menjadi: • Impromptu, yakni metode ceramah tanpa persiapan. Biasanya penceramah yang melakukan metode ini sudah memiliki jam terbang berceramah yang cukup tinggi. • Menghafal, yakni dilakukan dengan persiapan, kemudian menghafalnya. • Membaca naskah, yakni melakukan ceramah dengan naskah lengkap.

• Ekstemporan, yakni metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat. 5. Media Ceramah Media ceramah adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada pendengar. Ceramah di zaman sekarang tidak hanya dilakukan di rumah ibadah, tetapi juga bisa di banyak tempat. Adapun kegiatan ceramah bisa dilakukan secara langsung ataupun direkam sehingga pendengar bisa melihat dari internet atau televisi. Baca juga: 5 Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks, dan Protokol Struktur Teks Ceramah 1.

Pendahuluan • Pembuka: bagian ini berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. • Pengantar: bagian ini adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik.

Biasanya pengantar berasal dari informasi atau berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah. 2. Isi Ceramah • Inti: berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ilustrasi dari materi yang disampaikan. • Gagasan: berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada sebutkan struktur teks ceramah.

Ceramah yang baik berisi satu gagasan besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik. 3. Penutup • Simpulan • Ucapan permintaan maaf • Salam penutup Contoh Soal Soal 1 Berikut ini adalah unsur-unsur ceramah, kecuali… • Penceramah • Pendengar • Materi • Metode • Mekanisme Jawaban: E Pembahasan: Ada lima unsur ceramah, yaitu penceramah, pendengar, materi yang disampaikan, metode atau cara penyampaian ceramah, dan media yang digunakan untuk melakukan ceramah.

Dengan demikian, jawaban yang tidak benar adalah E. Soal 2 Ceramah dilakukan dengan maksud mengajak khalayak ramai melakukan ajakan, nasihat, atau petuah yang disampaikan oleh penceramah, hal itu karena ceramah bersifat … • Persuasif • Kreatif • Rekreatif • Naratif • Deskriptif Jawaban: A Pembahasan: karena ceramah merupakan bagian dari pidato, ceramah juga bersifat persuasif.

Hal itu karena ceramah bertujuan untuk menyebarkan ajaran-ajaran agama dengan harapan sebutkan struktur teks ceramah melakukan hal-hal yang disampaikan oleh penceramah. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Untuk belajar bahasa Indonesia, sebenarnya sangat mudah, lho Squad, karena semua contohnya dapat kita lihat di kehidupan sehari-hari. Seperti teks ceramah ini. Mudah bukan? Untuk itu jangan pernah malas apalagi bosan saat belajar bahasa Indonesia. Agar belajar lebih seru kamu juga bisa mencoba belajar lewat video animasi di ruangbelajar. Selain video, terdapat pula latihan soal dan rangkumannya untuk membuat #BelajarJadiMudah.

Referensi: Suherli dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas 11. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Sebutkan struktur teks ceramah diperbarui 2 Desember 2020
Materi teks ceramah merupakan materi Bahasa Indonesia kelas XI/11 - Materi ini membahas mulai dari pengertiannya, tujuan, jenis-jenis, ciri-ciri, unsur-unsur, struktur dan kaidah/ciri kebahasaan teks dan juga contohnya.

sebutkan struktur teks ceramah

Apa yang dimaksud dengan teks ceramah? Menurut para ahli, yang salah satunya kami kutip dari Winarno Surahmad, M.Ed menyatakan bahwa: Teks ceramah adalah penuturan dan penerangan secara lisan oleh guru terhadap muridnya, sedangkan peran dari murid hanya mendengarkan dengan teliti, sambil mencatat yang pokok dari yang telah disampaikan oleh guru. Nah, kalian sudah tahu kan apa itu teks ceramah. Adapun jenis-jenis dari ceramah terdiri atas 2 jenis yaitu ceramah umum dan ceramah khusus.

Sedangkan unsur-unsur ceramah antara lain: penceramah, pendengar, materi, sebutkan struktur teks ceramah ceramah. Sebutkan struktur dari teks ceramah? Strukturnya yaitu: pendahuluan, isi ceramah dan penutup. Untuk lebih jelasnya, marilah kita simak secara mendalam mengenai teks ini. Pengertian Teks Ceramah Teks ceramah adalah pidato yang bertujuan untuk menerangkan atau menyiarkan nasehat dan petunjuk-petunjuk berkaitan dengan ajaran-ajaran agama.

Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan merupakan bagian dari pidato.

sebutkan struktur teks ceramah

Nah, berarti ketiganya sama-sama kegiatan berbicara di muka umum untuk memaparkan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang sifatnya persuasif. Arti kata ceramah, menurut KBBI adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Materi terkait: Pengertian Pidato dan Jenisnya Tujuan Ceramah Teks ceramah memiliki tujuan yang ditujukan kepada pembaca dalam setiap teksnya. Adapun tujuan dari teks ceramah adalah seperti berikut ini: • Informatif/instruktif: artinya untuk memberikan informasi kepada pendengar mengenai suatu hal sehingga pendengar dapat memahami atau mengerti isi informasi dengan jelas dan benar.

• Persuasif: artinya mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan agar keyakinan pendengar semakin bertambah untuk melakukan sesuatu kearah yang lebih baik lagi. • Argumentatif: artinya untuk meyakinkan pendengar mengenai suatu hal. • Deskriptif: artinya sebutkan struktur teks ceramah menggambarkan atau melukiskan tentang suatu keadaan. • Rekreatif: artinya untuk menghibur atau menggembirakan pendengar agar merasa puas. • Naratif: artinya untuk menceritakan sesuatu hal kepada pendengar.

Ciri-Ciri Teks Ceramah Teks ceramah memiliki ciri-ciri yang dapat berfungsi sebagai pembeda dari teks-teks lainnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri teks ceramah: • Memiliki struktur yang lengkap, terdiri atas pendahuluan, isi, penutup. • Merupakan keterampilan berbahasa satu arah. • Dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar klasikal.

• Pembicara berdiri di depan orang banyak untuk menyampaikan materi sementara pendemar hanya menyimak saja. • Merupakan kegiatan pasif reseptif. • Isi ceramah sesuai dengan kegiatan yang ada. • Isi ceramah harus objektif, jelas, dan benar. • Isi ceramah tidak akan menimbulkan pertentangan di masyarakat. sebutkan struktur teks ceramah Bahasa yang digunakan penceramah mudah dipahami pendengar. • Bahasa yang digunakan penceramah harus santun dan rendah hati.

Ciri-ciri Pembicara yang Baik Bagaimana cara menjadi pembicara/penceramah yang baik? Berikut tipsnya: • Menjadi pembicara yang baik harus memandang sesuatu hal dari sudut pandang yang baru atau tak terduga pada hal-hal umum.

• Mempunyai cakrawala yang luas, memikirkan dan membicarakan isu-isu dari beragam pengalaman di luar kehidupannya sehari-hari.

sebutkan struktur teks ceramah

• Antusias, menunjukkan minat yang besar pada apa yang diperbuat dalam hidupnya. • Tidak pernah membicarakan diri sendiri. • Sangat ingin tahu. • Menunjukkan empati, berusaha menempatkan diri pada posisi untuk memahami apa yang Anda katakan.

• Mempunyai selera humor, dan tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri. • Mempunyai gaya bicara sendiri. Jenis-jenis Ceramah Ceramah umum adalah pesan yang bertujuan untuk memberikan sebuah nasehat dan petunjuk-petunjuk yang ditujukan kepada khalayak ramai, atau masyarakat luas.

Di dalam ceramah umum keseluruhannya bersifat menyeluruh, maksudnya tidak ada batasan-batasan apapun baik dari audiens yang sudah tua ataupun yang masih muda, materinya juga tidak ditentukan, sesuai dengan acara. 2. Ceramah Khusus Ceramah khusus adalah ceramah yang bertujuan untuk memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk kepada mad'u atau khalayak tertentu dan bersifat khusus baik itu materinya maupun yang lainnya.

Pada ceramah khusus ini, banyak batasan-batasan yang dibuat misalkan materi yang menyesuaikan dengan keadaan. Contoh Peringatan Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Materi yang diberikan dalam ceramah berasal dari ajaran-ajaran suatu agama.

Namun, ceramah yang baik adalah ceramah yang mampu dan sanggup membuat pendengar terdorong dan tergugah untuk melakukan nasehat-nasehat yang telah diberikan oleh penceramah.

Selain itu, materi ceramah harus disusun secara sistematis agar materi disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar. 4. Metode ceramah Metode ceramah adalah cara-cara yang dipergunakan oleh seorang penceramah untuk menjelaskan materi. Metode ceramah terbagi menjadi: • Impromptu: metode ceramah tanpa adanya persiapan. • Menghafal: metode ceramah sudah melakukan persiapan, lalu menghafalnya.

• Membaca naskah: metode ceramah dengan membaca naskah lengkap. • Ekstemporan: metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat. 1. Pendahuluan • Pembuka: bagian yang berisi salam pembuka, ucapan syukur, dan ucapan penghormatan. • Pengantar: bagian yang berisi paragraf pengantar yang mengarah pada topik.

2. Isi Ceramah • Inti: bagian ini berisi paparan dari penceramah, pandangan umum penceramah, ilustrasi dari materi yang disampaikan oleh penceramah. • Gagasan: bagian ini berisi tentang ide besar sebutkan struktur teks ceramah ingin disampaikan penceramah kepada pendengar. Ceramah yang baik dan bagus berisi satu gagasan besar yang kemudian dapat dikembangkan dalam subtopik. 3. Penutup • Simpulan • Ucapan permintaan maaf, dan • Salam penutup Dari sumber lain struktur teks ceramah terdiri dari 6 bagian yakni: Bagaimana dengan kaidah kebahasaan dari teks ceramah?

Simak berikut ini. • Menggunakan kalimat simpleks/tunggal dan kompleks/majemuk. • Menggunakan kata kerja mental, misalnya memprihatinkan. • Kalimatnya bersifat deklaratif dan imperatif (persuasif/ajakan). • Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi (sebab-akibat) satu dengan yang lainnya. • Menggunakan kata-kata teknis/peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas penceramah. • Menggunakan kata sapaan orang kedua atau ketiga yang sesuai dengan bahasa adat setempat, santun serta sesuai dengan kondisi/situasi.

• Contoh Ceramah tentang Sedekah sebutkan struktur teks ceramah Dalilnya • Contoh Ceramah Singkat tentang Ibu • Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar • Contoh Ceramah tentang Kejujuran Singkat • Contoh Ceramah tentang Pentingnya Ilmu Pengetahuan • Contoh Ceramah Anak: Keutamaan bulan Ramadhan • Contoh Ceramah Ramadhan: Keutamaan Puasa • Contoh Ceramah Keistimewaan bulan Ramadhan Demikianlah artikel hari ini tentang materi teks ceramah.

Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih. Autobiografi (3) Ceramah (10) Cerpen (7) Contoh Teks (63) Debat (4) Dongeng (3) Hikayat (4) Indeks Buku (1) Karya Tulis Ilmiah (4) Kelas10 (30) Kelas11 (35) Kelas12 (23) Kelas7 (12) Kelas8 (15) Kelas9 (23) Novel (2) Puisi (10) Resensi (1) Roman (1) Sintaksis (10) Slogan (1) Soal & Jawaban (44) Surat (6) Teks Anekdot (6) Teks Berita (3) Teks Biografi (5) Teks Cerita Fabel (3) Teks Cerita Fantasi (1) Teks Cerita Fiksi (1) Teks Cerita Sejarah (2) Teks Cerita Ulang (2) Teks Deskripsi (4) Teks Diskusi (4) Teks Drama (5) Teks Editorial (3) Teks Eksemplum (3) Teks Eksplanasi (11) Teks Eksposisi (4) Teks Iklan (14) Teks Laporan Hasil Observasi (7) Teks Narasi (3) Teks Negosiasi (3) Teks Pidato (4) Teks Prosedur (6) Teks Rekaman Percobaan (4) Teks Tanggapan Kritis (5) Teks Tantangan (4) Teks Ulasan (5)

MATERI TEKS PIDATO PERSUASIF (STRUKTUR TEKS)




2022 www.videocon.com