Sejarah rebo wekasan dalam islam

sejarah rebo wekasan dalam islam

Seperti yang telah disebutkan pada pendahuluan diatas tentang beberapa macam pembuktian filosofik yang berusaha membukakan jalan-jalan menuju Tuhan; yaitu pembuktian ontologis, kosmologis, teleologis, moral, maka para filsuf dalam melakukan pembuktian menuju Tuhan memakai pendekatan tersebut.

Adapun penjelasan argumen pembuktian tentang Tuhan sebagai berikut: Pembuktian ini pertama kali diperkenalkan oleh Plato (428-348) dengan teori Idea-nya Kemudian ada St. Agustinus, Anselmus (1033-1109) dan dari kalangan muslim ada Al-Farabi. Kami tertarik untuk membahas pemikiran Anselmus dalam teori ontologinya dalam argumentasi ketuhanan.

Anselmus pada dasarnya atau awal ia menggunakan teori ini adalah ketika ia diminta oleh seseorang biarawan untuk menyusun argumen yang membuktikan adanya Tuhan atas dasar rasio dan tidak atas dasar kitab suci. Memenuhi permintaan ini, Anselmus menyusun argumen yang terkenal dengan sebutan argumen ontologi. Secara kongkrit ajaran Anselmus Van Canterburi tentang kepercayaan dan akal telah dipergunakan sewaktu ia mengemukakan pembuktiannya tentang adanya Tuhan. Anselmus beranggapan untuk mengetahui bahwa Tuhan itu ada, dan bahwa Tuhan adalah yang tertinggi dari segala sesuatu yang dapat dipikirkan oleh manusia.

Anselmus menginginkan kepercayaan atau keyakinan yang ditimbulkan oleh agama tumbuh menjadi pengertian dalam sejarah rebo wekasan dalam islam landasan keilmuan.

sejarah rebo wekasan dalam islam

Untuk memperoleh pendasaran epistemologis mengenai kepercayaan (intelectus Fidei) ini, Anselmus mulai dengan satu pokok pangkal, yaitu bahwa bagi setiap orang Tuhan itu berarti Yang Maha Tinggi dari segala sesuatu yang dapat dipikirkan oleh manusia. Menurut Anselmus yang Maha Besar (yang Maha Tinggi) dari segala sesuatu yang dapat dipikirkan itu mustahil hanya terdapat di dalam alam pikiran saja. Sebab andai kata demikian halnya, sudah barang tentu dapat dipikirkan pula bahwa yang Maha Besar itu juga terdapat di dalam alam kenyataan, hingga dengan demikian yang Maha Besar itu makin menjadi yang Terbesar.

Jadi tidak boleh tidak yang Maha Besar dan Maha Tinggi itu harus ada pula di dalam kenyataan. Dari hal inilah titik tolak argumen Anselmus melalui jalan ontologis untuk menuju Tuhan. Menurut Anselmus suatu pernyataan adalah jelas dari dirinya kalalu predikatnya sudah tercakup dalam subyek (pernyataan analitis), apalagi untuk pernyataan yang predikatnya bertepatan dengan subyek (pernyataan identik).

Dalam pernyataan Allah itu Ada, subyeknya: Allah atau Eksistensi Substansial Ilahi, sudah memuat predikat Ada, karena di situ termuat totalitas kesempurnaan-kesempurnaan; Tidak seorangpun menyangkal bahwa Eksistensi Tuhan sungguh-sungguh identik dengan essensi-Nya, bahkan lebih lagi eksistensi itu adalah secara formal adalah essensinya.

Jadi nampaknya pernyataan Allah itu Ada, bagi yang mengerti artinya perkataan itu mempunyai kejelasan langsung yang sama dengan pernyataan ini, Kuadrat itu mempunyai empat sudut atau lingkarang itu bulat. Hanya saja essensi Tuhan, pada diri-Nya sendiri tidak dapat ditangkap oleh roh kita. Akibatnya kebenaran dari adanya itu tetap sendiri tidak dapat ditangkap oleh roh kita, Akibatnya kebenaran dari adanya itu tetap tinggal tidak jelas secara langsung.

Untuk menunjukkannya, kita memerlukan suatu perantaraan, suatu proses rasional. Albertus Magnus (1193-1280) juga menolak argumen ontologi Anselmus dan sebagai gantinya ia mengajukan argumen kosmologi. Secara kongkrit, argumen ini mengatakan bahwa pembuktian ini pada dasarnya diperoleh mlalui observasi langsung terhadap alam semesta. Pembuktian ini sangat beragam, baik segi pendekatan maupun data-data yang diolah. Tetapi yang jelas pembuktian ini berangkat dari problematika yang terjadi di alam semesta, baik keteraturan, kejadian, peristiwa yang berlangsung di alam, sesungguhnya bukanlah terjadi secara kebetulan, tetapi ada yang mengatur.

Pada akhirnya argumen ini sampai pada kesimpulan puncak bahwa yang mengatur itu adalah Tuhan Yang Maha pengatur. Argumen kosmologis ini pertama kali dicetuskan oleh Plato dengan melakukan pembuktian adanya tuhan berdasarkan dua macam gerakan yang ada di dunia ini.

Yaitu gerakan asli dan gerakan yang digerakan. Gerakan asli hanya bisa dilakukan oleh wujud yang hidup, sedangkan gerakan yang digerakan tergantung pada gerakan dari wujud yang hidup.

Plato menyatakan bahwa seluruh gerak alam semesta ini secara mutlak disebabkan oleh aktivitas sesuatu yang berjiwa. Wujud yang berjiwa inilah yang mengatur dan memelihara, sehingga disebut Maha pemelihara dan bersifat Maha bijaksana.

Wujud yang hidup itu adalah Tuhan. Pembuktian Aristoteles secara Kosmologis tentang adanya Tuhan, sebagaimana dalam karyanya Metaphysics adalah bahwa Tuhan dipandang sebagai penggerak pertama. Teori ini pada dasarnya berpangkal dari pemikirannya mengenai Hylemorphism, yaitu materi (hyle) dan bentuk (Morphe). Materi bersifat potensial, yakni mempunyai kemungkinan untuk berubah-ubah. Sedangkan bentuk bersifat aktual, tetap, tidak berubah-ubah dan yang memberi gerak pada materi.

Keduanya dihubungkan dengan gerak. Adanya gerak karena adanya penggerak pertama yang tidak bergerak dan merupakan wujud yang tidak digerakkan. Semua tergantung dari diri-Nya, maka ia pastilah Tuhan. Pembuktian teolologis merupakan pembuktian yang lebih spesifik dari pembuktian kosmologis. Pembuktian ini pada dasarnya berangkat dari kenyataan tentang adanya aturan-aturan yang terdapat dalam alam semesta yang tertib, rapi dan bertujuan. Dengan demikian, secara sederhana, pembuktian ini beranggapan adalah: 1).

Serba teraturnya alam memiliki tujuan, 2). Serba teraturnya dan keharmonisan alam ini tidaklah oleh kemampuan alam itu sendiri, 3) Di balik alam ini ada sebab yang maha bijak.

Apa yang bisa dicapai oleh pembuktian ini hanyalah adanya arsitek alam yang dibatasi pada adanya persediaan materi alam, dan bukan adanya pencipta alam dimana segala sesuatunya tunduk kepadanya. Berangkat dari realitas tersebut di atas, maka dengan memperhatikan setiap susunan alam semesta yang sangat tertib dan bertujuan dapat kita pastikan bahwa terdapat suatu zat yang Maha pengatur dan Pemelihara, sekaligus menjadi tempat tujuan dari alam semesta.

Bukti teologis ini dianggap oleh para teolog maupun filosof sebagai bukti yang cukup kuat diantara bukti-bukti klasik lainnya. Pembuktian moral mengenai adanya Tuhan merupakan pembuktian yang paling sahih dan dapat dipertanggung jawabkan secara rasional-intelektual diantara bukti-bukti lainnya tentang adanya Tuhan.

Pembuktian moral ini pertama kali dicetuskan oleh Immanuel Kant yang merasakan bahwa pembuktian logis tentang Tuhan berdasarkan pada fakta kosmologis tidak dapat membawa pada kesimpulan yang cukup valid bahwa Tuhan itu ada.

Itulah kritikan Kant tentang pembuktian Kosmologis. Untuk itu, Kant memberikan solusi melalui pembuktian moral. Menurut Kant perasaan manusialah yang dapat membuktikan dengan memuaskan tentang adanya Tuhan. Selanjutnya, Kant memberikan penjelasan yang sistematis mengenai akal teoritis dan akal Praktis. Menurut Kant ada dua cara akal berhubungan dengan obyeknya.

Pertama, akal mampu menangkap objek luar diri. Ini adalah akal teoritik. Kedua, akal dapat menciptakan konsep atau ide menjadi riel. Ini adalah akal praktis yang fungsinya mengadakan pilihan-pilihan moral dan merealisasikannya sesuai aturan-aturan moral yang ditetapkan oleh dirinya sendiri. Akal praktis atau the will of the rational being bertujuan mencapai summum bonum, yakni suatu kebaikan yang sempurna yang meliputi kabajikan dan kebahagiaan. Menurut Kant, Summum bonum adalah tujuan akhir yang ditetapkan sendiri oleh sejarah rebo wekasan dalam islam secara a priori, dan untuk mencapai itu manusia harus tunduk kepada moral.

Setiap orang menyadari dirinya benar-benar terikat oleh aturan-aturan moral. Aturan-aturan moral itu menuntut terpenuhinya summum bonum, dan hanya Tuhan saja yang bisa menjamin terpenuhinya ini dan itu pun tidak terjadi dalam kahidupan sekarang ini melainkan dalam kahidupan setelah sekarang ini. Oleh sebab itu, Tuhan pastilah ada. Tuntutan moral akan kehidupan bahagia membawa kita kepada keyakinan akan adanya eksistensi yang menjadi sebab bisa terpenuhinya tuntutan moral ini.

Atau dengan kata lain, tuntutan moral bagi terwujudnya summum bonum memastikan adanya Tuhan sebagai Author atau Being yang mewujudkan summum bonum. Kesadaran bahwa Tuhan ini bersifat immanen (fitrah diri) yang berbeda di dalam kesadaran moral dan ini merupakan bukti yang cukup akan adanya Tuhan.

Dengan demikian, pembuktian moral secara ringkas dapat dikemukakan sebagai berikut : bahwa manusia memiliki perasaan moral yang telah sejarah rebo wekasan dalam islam dalam jiwanya sejak ia dilahirkan. Manusia merasa mempunyai kewajiban untuk menjauhi, perbuatan buruk dan menjalankan perbuatan baik. Perintah yang terdapat di sanubarinya ini bersifat mutlak dan universal karena perintah ini dirasakan oleh seluruh manusia, sehingga adanya kebajikan itu bersifat universal.

Adanya perasaan universal ini membuat kita akan mampu melakukan ataupun menjauhi sesuatu yang baik dan buruk. Adanya perasaan ini membuat manusia melakukan kebajikan karena adanya zat yang akan memberikan balasan.

Zat yang memberikan balasan inilah yang disebut Tuhan. Setelah secara seksama memaparkan problematika falsafah metafisika ketuhanan cukup memberikan gambaran yang dapat diberikan sebuah analisa sebagai berikut: Metafisika merupakan hal yang signifikan dan menjadi wacana diskusi filsafat ketuhanan sehingga hal itu merupakan tema penting dan global dalam kajian filsafat agama.

Serta Geneologi struktur dari pola kajian dan model konseptualisasi Metafisika ketuhanan memiliki argumentasi-argumentasi yang signifikan dengan tema sentral tentang konsep realitas ketuhanan baik itu dari segi Ontologis, Kosmologis, Teologis, serta argumen Moral.

Kabupaten Gresik (Indonesia) Tampilkan peta Indonesia Koordinat: 7°09′14″S 112°39′22″E  /  7.1539°S 112.6561°E  / -7.1539; 112.6561 Negara Indonesia Provinsi Jawa Timur Dasar hukum PP Nomor 38 Tahun 1974 Hari jadi 9 Maret 1487 (Hari Jadi Kota), 27 Februari 1974 (Hari Jadi Pemkab) Ibu kota Gresik Jumlah satuan pemerintahan • Agama Islam 96,60% Kristen 1,52% - Protestan 1,20% - Katolik 0,32% Hindu 0,84% Buddha 0,07% Lainnya 0,97% [2] • Bahasa Jawa, Madura, Bawean, Indonesia • IPM 76,50 ( 2021) Tinggi [3] Zona waktu UTC+07:00 ( Sejarah rebo wekasan dalam islam Kode area telepon 031 (Daratan Gresik) 0325 (Pulau Bawean) Pelat kendaraan W – A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M* Kode Kemendagri 35.25 DAU Rp 982.169.880.000,- ( 2020) [4] Flora resmi Kuini Fauna resmi Rusa bawean Situs web www .gresikkab .go .id Kabupaten Gresik ( bahasa Jawa: Hanacaraka: ꦒꦽꦱꦶꦏ꧀, Pegon: ڬرٚسِكْ, bahasa Belanda: Grissee) adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Gresik memiliki luas sekitar 1.194 km². Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas Laut Jawa. Pada tahun 2020, penduduk kabupaten Gresik berjumlah 1.311.215 jiwa dengan kepadatan 1.098 jiwa/km 2. [1] Kabupaten Gresik berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Lamongan di sebelah barat, Laut Sejarah rebo wekasan dalam islam di sebelah utara, serta Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto di sebelah selatan.

Gresik dikenal sebagai Kota tempat berdirinya Pabrik Semen pertama dan perusahaan semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik. Pabrik Peleburan dan Pemurnian Tambang (smelter) terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia juga akan berdiri di Gresik.

Bersama dengan Sidoarjo, Gresik merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila. Daftar isi • 1 Etimologi • 2 Geografi • 2.1 Batas wilayah • 2.2 Topografi • 2.3 Hidrologi • 2.4 Iklim • 3 Sejarah • 4 Pemerintahan • 4.1 Daftar Bupati • 4.2 Dewan Perwakilan • 4.3 Kecamatan • 5 Lambang Daerah • 6 Pendidikan • 6.1 Perguruan Tinggi • 7 Ekonomi • 8 Fauna • 9 Penghargaan • 9.1 Rekor MURI • 9.2 Adipura Bangunpraja • 9.3 Adiwiyata • 9.4 Internasional • 10 Kuliner • 10.1 Makanan • 10.2 Minuman • 11 Pariwisata • 11.1 Objek wisata • 11.2 Wisata ziarah • 11.3 Wisata tradisi • 11.4 Wisata seni budaya • 11.5 Perayaan (acara) • 12 Transportasi • 12.1 Angkutan bus • 12.2 Angkutan kereta api • 12.3 Angkutan laut • 13 Pusat Perbelanjaan • 14 Olahraga • 15 Lihat pula • 16 Referensi • 17 Pranala luar Etimologi [ sunting - sunting sumber ] Thomas Stamford Raffles dalam bukunya, The History of Java mengungkapkan bahwa nama Gresik berasal dari kata giri gisik, yang berarti gunung di tepi pantai, merujuk pada topografi kabupaten yang berada dipinggir pantai.

Di Gresik juga pernah dikenal sebuah nama tempat bernama Jaratan. Nama ini secara historis melekat pada peta buatan pelayar Belanda pada awal abad ke-7 M. Nama ini dianggap sebagai salah satu dari 2 buah pelabuhan yang ada di Gresik, lokasinya berada sejarah rebo wekasan dalam islam Muara Bengawan Solo tepatnya di Pulau Mangare, Desa Watu Agung. Geografi [ sunting - sunting sumber ] Lokasi Kabupaten Gresik terletak di sebelah barat laut Kota Surabaya, ibukota Provinsi Jawa Timur.

Pusat Pemerintahan Kabupaten Gresik yaitu Kecamatan Gresik berada 20 km sebelah utara Kota Surabaya. Kabupaten Gresik terbagi dalam 18 kecamatan dan terdiri dari 330 desa dan 26 kelurahan.

Secara geografis, wilayah Kabupaten Gresik terletak antara 112° - 113° BT dan 7° - 8° LS dan merupakan dataran rendah dengan ketinggian 2 - 12 meter di atas permukaan air laut, kecuali Kecamatan Panceng yang mempunyai ketinggian 25 meter di atas permukaan laut. [5] Batas wilayah [ sunting - sunting sumber ] Wilayah Kabupaten Gresik berbatasan dengan: Utara Laut Jawa Timur Kota Surabaya dan Selat Madura Selatan Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto Barat Kabupaten Lamongan Topografi [ sunting - sunting sumber ] Sebagian wilayah Kabupaten Gresik merupakan daerah pesisir pantai, yaitu memanjang mulai dari Kecamatan Kebomas, Gresik, Manyar, Bungah, Sidayu, Ujung Pangkah dan Panceng serta Kecamatan Sangkapura dan Tambak yang lokasinya berada di Pulau Bawean.

Jenis tanah di wilayah Kabupaten Gresik sebagian besar merupakan tanah kapur yang relatif tandus. Ketinggian tanah di Wilayah Kabupaten Gresik berada pada 0 – 500 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada elevasi terendah terdapat di daerah sekitar muara Sungai Bengawan Solo dan Kali Lamong. Kondisi topografi pada Kabupaten Gresik bervariasi pada kemiringan 0-2 %, 3-15 %, dan 16-40% serta lebih dari 40 %.

Sebagian besar mempunyai kemiringan 0-2 % mempunyai luas + 94.613,00 Ha atau sekitar 80,59 %, sedangkan wilayah yang mempunyai kemiringan sejarah rebo wekasan dalam islam dari 40 % lebih sedikit + 1.072,23 Ha atau sekitar 0,91%.

[5] Hidrologi [ sunting - sunting sumber ] Keadaan permukaan air tanah di Wilayah Kabupaten Gresik pada umumnya relatif dalam, hanya daerah-daerah tertentu di sekitar sungai atau rawa-rawa saja yang mempunyai pemukaan air tanah agak dangkal.

Pola aliran sungai di Kabupaten Gresik memperlihatkan wilayah Gresik merupakan daerah muara Sungai Bengawan Solo dan Kali Lamong dan juga dilalui oleh Kali Surabaya di Wilayah Selatan. Sungai-sungai ini memiliki sifat aliran dan kandungan unsur hara yang berbeda. Sungai Bengawan Solo mempunyai debit air yang cukup tinggi dengan membawa sedimen lebih banyak dibandingkan dengan Kali Lamong, sehingga pendangkalan di Sungai Bengawan Solo lebih cepat. Dengan adanya peristiwa tersebut mengakibatkan timbulnya tanah-tanah oloran yang sering kali oleh penduduk dimanfaatkan untuk lahan perikanan.

Selain dialiri oleh sungai-sungai tersebut di atas, keadaan hidrologi Kabupaten Gresik juga ditentukan oleh adanya waduk, embung, mata air, pompa air dan sumur bor. [5] Iklim [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Gresik ber iklim tropis sejarah rebo wekasan dalam islam wilayah lain di Indonesia.

sejarah rebo wekasan dalam islam

Berdasarkan klasifikasi iklim, wilayah Kabupaten Gresik termasuk dalam kategori iklim tropis basah dan kering ( Aw). Suhu rata-rata tahunan di wilayah ini adalah ±28,3 °C dan tingkat kelembapan nisbi sebesar ±76%. Jumlah curah hujan tahunan di wilayah Gresik adalah 1200–1600 mm per tahun dan dengan jumlah hari hujan berkisar antara 90–120 hari hujan per tahun.

Musim penghujan di Kabupaten Gresik biasanya berlangsung sejak bulan Desember hingga bulan Maret dengan bulan terbasah adalah Januari yang jumlah curah hujan per bulannya lebih dari 250 mm per bulan, sedangkan musim kemarau berlangsung dari bulan Mei hingga bulan Oktober dengan bulan terkering adalah Agustus.

[5] Data iklim Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun Rata-rata tertinggi °C (°F) 31.7 (89.1) 30.8 (87.4) 31 (88) 31.6 (88.9) 32.3 (90.1) 31.5 (88.7) 31.1 (88) 32.1 (89.8) 33.4 (92.1) 34.5 (94.1) 33.8 (92.8) 32.3 (90.1) 32.17 (89.93) Rata-rata harian °C (°F) 28.6 (83.5) 28.3 (82.9) 28.1 (82.6) 27.8 (82) 27.6 (81.7) 27.3 (81.1) 27 (81) 27.8 (82) 28.9 (84) 29.7 (85.5) 29.5 (85.1) 29 (84) 28.3 (82.95) Rata-rata terendah °C (°F) 24.8 (76.6) 24.6 (76.3) 24.5 (76.1) 24.7 (76.5) 24.4 (75.9) 23.6 (74.5) 23.1 (73.6) 23.1 (73.6) 23.7 (74.7) 25.1 (77.2) 25.3 (77.5) 24.9 (76.8) 24.32 (75.78) Presipitasi mm (inci) 315 (12.4) 282 (11.1) 252 (9.92) 166 (6.54) 80 (3.15) 60 (2.36) sejarah rebo wekasan dalam islam (1.02) 10 (0.39) 20 (0.79) 55 (2.17) 143 (5.63) 255 (10.04) 1.664 (65,51) Rata-rata hari hujan 21 19 17 13 7 5 2 1 2 4 12 17 120 % kelembapan 83 82 81 79 76 72 69 66 64 68 71 77 74 Rata-rata sinar matahari bulanan 146 163 sejarah rebo wekasan dalam islam 238 255 274 283 296 302 298 247 201 2.900 Sumber #1: Climate-Data.org [6] Sumber #2: BMKG [7] & Weatherbase [8] Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Prasasti di Kabupaten Gresik Pada awal Kemerdekaan Indonesia, Kabupaten Gresik hanyalah sebuah kawedanan dibawah Kabupaten Surabaya.

Didirikannya Pabrik Semen Gresik pada tahun 1953 merupakan titik awal industrialisasi di Gresik. Semula Kabupaten Gresik ini bernama Kabupaten Surabaya (masuk wilayah administrasi Surabaya). Memasuki dilaksanakannya PP Nomor 38 Tahun 1974, seluruh kegiatan pemerintahan mulai berangsur-angsur dipindahkan ke Kabupaten Gresik.

Kabupaten Gresik terkenal sebagai Kota Walisongo, hal ini ditandai dengan penggalian sejarah yang berkenaan dengan peranan dan keberadaan para sejarah rebo wekasan dalam islam yang makamnya berada di Kabupaten Gresik yaitu, Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Disamping itu, Kabupaten Gresik disebut sebagai Kota Santri. Selain itu Gresik sudah menjadi salah satu pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting sejak abad ke-14, serta menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dari Maluku menuju Sumatra dan daratan Asia (termasuk India dan Persia).

Hal ini berlanjut hingga era VOC. Pemerintahan [ sunting - sunting sumber ] Daftar Bupati [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Daftar Bupati Gresik Berikut ini adalah Daftar Bupati Gresik dari masa ke masa.

No. Bupati Mulai menjabat Akhir menjabat Ket. Wakil Bupati 1 R.P.P.A. Soerjowinoto 1934 1937 [9] 2 R.T.A. Moesono 1937 1948 [9] 3 Bambang Soeparto 1948 1953 [9] 4 R. Widagdo 1953 1960 [9] 5 R. Soekarso 1960 1968 [9] 6 Soesanto Bangun Nagoro, S.H. 1968 1973 [9] 7 Letkol (L) Soefelan 1973 1978 [9] 8 Letkol (L) Wasiadji, S.H.

1978 1984 [9] 9 Kolonel (Mar) H. Amiseno 1984 1989 [9] 10 Kolonel (L) Djuhansah 1989 1994 [9] 11 Kolonel (L) H. Soewarso 1994 2000 [9] [10] 12 Robbach Masum 2000 2005 Sambari Halim Radianto 2005 2010 Sastro Soewito 13 Dr.

Ir. H. Sambari Halim Radianto S.T., M.Si. 27 September 2010 27 September 2015 Mohammad Qosim - Akmal Boedianto 27 September 2015 16 Februari 2016 [Ket. 1] 14 Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto S.T., M.Si. 17 Februari 2016 29 Desember 2020 Mohammad Qosim - (Plt.) Mohammad Qosim 29 Desember 2020 26 Februari 2021 [Ket.

2] 15 H. Fandi Akhmad Yani S.E. 26 Februari 2021 Petahana Dra. Hj. Aminatun Habibah M.Pd. Catatan Artikel utama: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gresik Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Gresik dalam dua periode terakhir.

[11] Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode 2014-2019 2019-2024 PKB 8 13 Gerindra 6 8 PDI-P 6 6 Golkar 11 8 NasDem 1 5 PPP 7 3 PAN 5 3 Demokrat 6 4 Jumlah Anggota 50 50 Jumlah Partai 8 8 Kecamatan [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Gresik Kabupaten Gresik terdiri dari 18 kecamatan, 26 kelurahan, dan 330 desa (dari total 666 kecamatan, 777 kelurahan, dan 7.724 desa di Jawa Timur).

Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 1.251.754 jiwa dengan luas wilayah 1.191,25 km² dan sebaran penduduk 1.050 jiwa/km².

sejarah rebo wekasan dalam islam

{INSERTKEYS} [12] [13] Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Gresik, adalah sebagai berikut: Kode Kemendagri Kecamatan Jumlah Kelurahan Jumlah Desa Status Daftar Desa/Kelurahan 35.25.02 Balongpanggang 25 Desa • Babatan • Balongpanggang • Bandungsekaran • Banjaragung • Brangkal • Dapet • Dohoagung • Ganggang • Jombangdelik • Karangsemanding • Kedungpring • Kedungsumber • Klotok • Mojogede • Ngampel • Ngasin • Pacuh • Pinggir • Pucung • Sekarputih • Tanahlandean • Tenggor • Wahas • Wonorejo • Wotansari 35.25.04 Benjeng 23 Desa • Balongmojo • Balongtunjung • Banter • Bengkelolor • Bulangkulon • Bulurejo • Deliksumber • Dermo • Gluranploso • Jatirembe • Jogodalu • Kalipadang • Karangankidul • Kedungrukem • Kedungsekar • Klampok • Lundo • Metatu • Munggugebang • Munggugianti • Punduttrate • Sedapurklagen • Sirnoboyo 35.25.12 Bungah 22 Desa • Banjarsari • Betiting • Cagak Agung • Cerme Kidul • Cerme Lor • Dadapkuning • Dampaan • Dooro • Dungus • Gedangkulut • Guranganyar • Iker-iker Geger • Jono • Kambingan • Kandangan • Lengkong • Morowudi • Ngabetan • Ngembung • Padeg • Pandu • Semampir • Sukoanyar • Tambakberas • Wedani 35.25.15 Driyorejo 16 Desa • Ambeng-ambeng Watangrejo • Bendungan • Duduk Sampeyan • Glanggang • Gredek • Kandangan • Kawistowindu • Kemudi • Kramat Kulon • Palebon • Pandanan • Panjunan • Petisbenem • Samirplapan • Setrohadi • Sumari • Sumengko • Tambakrejo • Tebaloan • Tirem • Tumapel • Wadak Kidul • Wadak Lor 35.25.01 Dukun 26 Desa • Babakbawo • Babaksari • Bangeran • Baron • Bulangan • Dukuhkembar • Dukunanyar • Gedongkedoan • Imaan • Jrebeng • Kalirejo • Karangcangkring • Lowayu • Madumulyorejo • Mentaras • Mojopetung • Padangbandung • Petiyintunggal • Sambogunung • Sawo • Sekargadung • Sembungan Kidul • Sembunganyar • Tebuwung • Tiremenggal • Wonokerto 35.25.16 Gresik 16 5 Desa • Banjarsari • Banyuwangi • Betoyoguci • Betoyokauman • Gumeno • Karangrejo • Leran • Manyar Sidomukti • Manyar Sidorukun • Manyarejo • Morobakung • Ngampel • Peganden • Pejangganan • Pongangan • Roomo • Sembayat • Suci • Sukomulyo • Sumberejo • Tanggulrejo • Tebalo • Yosowilangun 35.25.13 Menganti 22 Desa • Kedunganyar • Kepuhklagen • Kesambenkulon • Lebanisuko • Lebaniwaras • Mondoluku • Pasinan Lemahputih • Pedagangan • Sembung • Sooko • Sumberame • Sumbergede • Sumberwaru • Sumengko • Watestanjung • Wringinanom TOTAL 26 330 Lambang Daerah [ sunting - sunting sumber ] Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 3 tahun 1975: • Lambang Daerah merupakan cermin yang memberikan suatu gambaran tentang keadaan daerah.

• Segilima, melambangkan Pancasila yang mendasari sosio cultural, historis, dan aktivitas ekonomi. • Warna Kuning, melambangkan keluhuran budi dan kebijaksanaan, sedangkan warna tepi hitam melambangkan sikap tetap teguh dan abadi. • Kubah Masjid, melambangkan agama yang dianut mayoritas, yakni Islam.

• Rantai yang tiada ujung pangkal, melambangkan persatuan dan kesatuan. • Segitiga Sama Kaki sebagai Puncak Kubah Masjid, melambangkan bahwa tidak ada kekuasaan yang tertinggi selain Tuhan Yang Maha Kuasa. • Gapura Abu-Abu Muda, melambangkan suatu pintu gerbang pertama masuk dalam suatu daerah sebagaimana penghubung antara keadaan diluar dan dalam daerah.

• 17 Lapisan Batu. Melambangkan tanggal 17 yang merupakan pencetus revolusi Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajah. • Ombak laut yang berjumlah 8, melambangkan bahwa pada bulan Agustus merupakan awal tercetusnya Revolusi Indonesia. • Mata Rantai 45, melambangkan bahwa pada tahun 1945 merupakan tonggak sejarah dan tahun peralihan dari zaman penjajahan menuju zaman kemerdekaan Indonesia yang jaya kekal abadi.

• Cerobong Asap, melambangkan bahwa Kabupaten Gresik adalah daerah pengembangan industri yang letaknya amat strategis bila ditinjau dari persilangan komunikasi baik darat, laut maupun udara.

{/INSERTKEYS}

sejarah rebo wekasan dalam islam

• Perahu Layar, Garam, Ikan Laut dan Tanah melambangkan bahwa mata pencaharian rakyat Kabupaten Gresik adalah Nelayan dan Petani. Pendidikan [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Gresik memiliki sekitar 1.054 sekolah, 234.109 siswa dan 18.782 guru. Perguruan Tinggi [ sunting - sunting sumber ] • Universitas Gresik • Universitas Tri Tunggal • Universitas Internasional Semen (UISI) • Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) • Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri (STIT Raden Santri) • Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Maskumambang (STIT Maskumambang) • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Delima Persada (STIKES Delima Persada) • Universitas Qomaruddin Gresik (UNIQOM) • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate (STIE NU Trate) • Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Menganti (STAI Al-Azhar Menganti) • Sekolah Tinggi Agama Islam Darut-Taqwa (STAI Darut-Taqwa) • Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum (STAI Ihyaul Ulum) • Institut Agama Islam Qomaruddin (IAI Qomaruddin) • Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) • Akademi Analisis Kesehatan Delima Husada (AAK Delima Husada) • Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Gresik (AKPER Pemkab Gresik) • Akademi Kebidanan Mandiri (AKBID Mandiri) Ekonomi [ sunting - sunting sumber ] Kabupaten Gresik dikenal sebagai salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur.

Beberapa industri di Kabupaten Gresik antara lain Semen Gresik, Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri Plywood, dan Maspion. Selain itu terdapat juga sektor penghasil perikanan yang cukup signifikan, baik perikanan laut, tambak, maupun perikanan darat. Kabupaten Gresik juga terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap berkapasitas 2.200 MW. Antara Gresik dan Surabaya dihubungkan oleh Jalan Tol Surabaya-Gresik, yang terhubung dengan Jalan Tol Surabaya-Gempol dan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Selain itu perekonomian masyarakat Kabupaten Gresik banyak ditopang dari sektor wiraswasta. Salah satunya yaitu Industri Songkok, Pengrajin Tas, Pengrajin Perhiasan Emas & Perak, Industri Garmen.

Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Gresik menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi Jawa Timur yaitu mencapai 6,58% atau di atas rata-rata nasional provinsi. Meskipun demikian, kemajuan pembangunan di Gresik tidak mengabaikan sektor pelayanan publik. Demikian juga sektor Produk Domestik Regional Sejarah rebo wekasan dalam islam (PDRB).

Sampai saat ini tahun 2020 sudah mencapai Rp 83 triliun. Tingginya angka PDRB tak lepas dari geliat sektor industri dan jasa yang begitu pesat. [14] Fauna [ sunting - sunting sumber ] Fauna Identitas Kabupaten Gresik adalah Rusa Bawean yaitu Rusa yang berasal dari Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Rusa Bawean selain menjadi fauna identitas atau maskot Kabupaten Gresik, tetapi juga hewan sejarah rebo wekasan dalam islam warga Gresik. Spesies ini tergolong langka dan diklasifikasikan sebagai terancam punah oleh IUCN.

Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 300 ekor di alam bebas. Rusa Bawean hidup dalam kelompok kecil yang biasanya terdiri atas rusa betina dengan anaknya atau jantan yang mengikuti betina untuk kawin. Mereka tergolong hewan nokturnal atau aktif mencari makan di malam hari. Tinggi rusa bawean jantan dilaporkan sekitar 60 – 70 cm. Panjang ekor 20 cm. Panjang dari kepala dan tubuh 140 cm. Bobot dewasa 50 – 60 kg. Rusa ini berwarna coklat. Pejantannya memiliki tanduk bercabang 3 yang dapat tumbuh sepanjang 25 – 47 cm.

Tanduk ini dipergunakan pejantan untuk memenangkan betina di musim kawin. Penghargaan [ sunting - sunting sumber ] Rekor MURI [ sunting - sunting sumber ] Pemberian Imunisasi untuk 703 bayi usia dibawah 1 tahun sekaligus berhasil dicatat di buku Museum Rekor Indonesia (MURI). Penciptaan Rekor baru MURI ini berhasil diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Gresik dengan PT Petrokimia Gresik dalam Rangka HUT PT Petrokimia Gresik ke-39 & HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66 tahun 2011.

Adipura Bangunpraja [ sunting - sunting sumber ] Adipura Bangunpraja merupakan lambang spremasi kebersihan kota. Dalam Rangkaian Kirab Piala Adipura ke-8 untuk Kabupaten Gresik, petugas kebersihan bernama Suwandi, warga Kembangan, dan pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gresik Mochammad Safi'i, warga Bungah, mendapatkan doorprize umroh. Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menuturkan, bagi yang beruntung mendapatkan umroh diharapkan bisa menunaikannya.

Hadiah itu belum sebanding dengan perannya menjaga kebersihan kota. Adipura diraih juga berkat peran serta seluruh komponen masyarakat. Adiwiyata [ sunting - sunting sumber ] Adiwiyata adalah penghargaan lingkungan hidup yang diberikan pada sekolah-sekolah yang melaksanakan program pelestarian lingkungan.

Program pelestarian yang dimaksud mencakup kegiatan penghijauan, daur ulang sampah, bahkan hingga memasukkan materi lingkungan pada muatan lokal yang diajarkan pada murid-murid di sekolahnya.

Pada tahun 2012, 5 sekolah di Kabupaten Gresik juga mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata dan 1 sekolah ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Internasional [ sunting - sunting sumber ] Di dunia Internasional pun, Kabupaten Gresik telah menerima beberapa penghargaan antara lain yaitu Asean Development Citra Award dari lembaga resmi internasional. Penghargaan Majelis Ilmu kepada Bupati Gresik dari Kerajaan Brunei Darussalam tahun 2008 dan Penghargaan Bidang Pendidikan kepada SMK Negeri 1 Cerme yang berupa ANNEX 1 dari Vapro OVP B.V, Den Haag, Belanda.

Kuliner [ sunting - sunting sumber ] Makanan [ sunting - sunting sumber ] Makanan khas Kabupaten Gresik adalah: • Nasi Krawu • Pudak • Sego Rumo • Otak-Otak Bandeng • Bandeng Sapit • Bonggolan • Jubung • Ayas • Ubus • Martabak Usus • Arang-Arang Kambang • Bali Welot (Bali Belut) • Kotokan Bandeng • Ndog Bader • Gajih Pinggir • Bontosan Giri, hanya ada di daerah sekitar Makam Sunan Giri.

• Sego Menir • Lontong Manggul • Sego Karak • Kella Celok • Bubur Masin Minuman [ sunting - sunting sumber ] Minuman khas Kabupaten Gresik adalah: • Es Siwalan • Legen Panceng • Temulawak • Wedang Pokak Pariwisata [ sunting - sunting sumber ] Objek wisata [ sunting - sunting sumber ] • Pulau Bawean Pulau Bawean merupakan salah satu Pulau yang ada di Kabupaten Gresik.

Diantara tujuan wisata Bawean adalah: Noko Gili, Pantai Bayangkara, Pantai Tanjunggaang, Pulau China, Pantai Selayar, Danau Kastoba, dll.

• Pantai Delegan Pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng dari Kecamatan Gresik berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati Hutan Jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Delegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata sejarah rebo wekasan dalam islam.

Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak tahun 2003. • Muara Bengawan Solo Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Muara Bengawan Solo merupakan kawasan yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Untuk mencapai ke lokasi tersebut dari Kecamatan Gresik melewati jalur pantura.

Setelah jembatan sungai Bengawan Solo tepatnya di Pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar 1 km disisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan Perumahan Pondok Bunga Indah. Lalu masuk gang lurus sampai pertigaan kemudian ke arah kiri sejarah rebo wekasan dalam islam terlihat Bukit Jamur ini.

• Banyu Biru Lowayu Banyu Biru Lowayu terletak di Desa Lowayu, Kecamatan Sejarah rebo wekasan dalam islam. Danau ini cukup menarik banyak minat para pengunjung, meski jauh dari pengunungan tetapi kandungan belerang di Banyu Biru cukup lumayan, kondisi airnya yang hangat ketika pagi dipercaya masyarakat sekitar untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. • Dynasty Water World Dynasty Water World merupakan tempat wisata terbaru di Kabupaten Gresik.

Selain itu di Dynasty Water World menyediakan berbagai kolam renang lengkap dengan wahana airnya yang fantastik. Dynasty Water World ini dihubungkan Jalan Tol Surabaya-Manyar. • King Goval Farm Kebonagung King Goval Farm merupakan tempat tempat wisata perkebunan durian pertama di Gresik yang terletak di Desa Kebonagung Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik.

Selain kebun durian, di dalamnya terdapat perkebunan lainnya seperti jeruk, buah naga dan lain-lain, juga dilengkapi dengan Cafe sebagai sarana untuk bersantai sambil menikmati buah-buahan sejarah rebo wekasan dalam islam petikan sendiri bersama keluarga tercinta. Wisata ziarah [ sunting - sunting sumber ] • Makam Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik), di Desa Gapurosukolilo • Makam Sunan Gisik / Raden Santri (Kakak Sunan Ampel), di Kelurahan Bedilan • Makam Sunan Giri, di Desa Giri • Makam Sunan Prapen (Cucu Sunan Giri), di Desa Klangonan • Makam Fatimah binti Maimun, di Desa Klangonan • Makam Kanjeng Sepuh, di Desa Kauman • Makam Waliyah Zainab, di Desa Diponggo • Petilasan Sunan Kalijaga, di Kecamatan Panceng Wisata tradisi [ sunting - sunting sumber ] Selain itu ada tradisi yang telah cukup lama hingga sekarang masih terus berlangsung yakni tradisi Padusan, Kolak Ayam Sangring, Malem Selawe, Pasar Bandeng, Kupatan, Rebo Wekasan, dan Barikan Kabupaten Gresik memiliki banyak peninggalan sejarah yang berpotensi sebagai pusaka.

Komunitas Mataseger telah mempelopori kegiatan pelestarian pusaka ini dengan ikut membidani lahirnya Peraturan Daerah Cagar Budaya Nomor 27 tahun 2011. Beberapa situs sejarah yang ada di Kabupaten Gresik, antara lain: • Gresik Kota Lama (ratusan bangunan kuno yang menyebar di Kota Lama) • Benteng Lodewijk Mengare • Situs Gosari • Situs Kanjeng Sepuh Wisata seni budaya [ sunting - sunting sumber ] • Tari Pencak Macan, yang tersebar di seluruh pesisir Kabupaten Gresik.

• Tari Bantengan, tersebar di Balongpanggang, Benjeng dan Wringinanom. • Tari Zavin Mandilingan dari Pulau Bawean sebagai simbol kehormatan di berbagai acara besar. • Tari Kencrengan, merupakan tarian yang menceritakan pergerakan saat shalat yang diringi musik rebana dan pujian islami.

Tari Kencrengan pernah menjadi tamu kehormatan berskala nasional pada penutupan Festival Nasional Reog Ponorogo di Ponorogo tahun 2011. • Reog Ponorogo, dilestarikan oleh PT Petro Kimia dan PT Semen Gresik yang pernah menjadi Juara Nasional FRN. Reog di Gresik sejarah rebo wekasan dalam islam dilestarikan oleh SMA Negeri 1 Manyar, SMA Negeri 1 Kebomas, SMP Negeri 3 Gresik, SD Negeri Pongangan, Desa Sidomoro, dan Pura Luhur Kamulan Menganti.

• Wayang Kulit, dilestarikan oleh PT Semen Gresik dan PT Petro Kimia yang setiap tahunnya selalu menampilkan semalam suntuk pertunjukan wayang. Selain itu terdapat puluhan kelompok wayang kulit yang tersebar tiap kecamatan di Kabupaten Gresik. • Orkes Melayu Dangdut, dengan ratusan group diantaranya yang terkenal adalah Rockdut Sera dari Balongpanggang.

Perayaan (acara) [ sunting - sunting sumber ] Acara yang diadakan setiap tahun di Kabupaten Gresik, yaitu: • Padusan • Kolak Ayam Sangring • Malem Selawe • Pasar Bandeng • Sedekah Bumi • Pencak Macanan • Haul • Pencak Silat Bawean Transportasi [ sunting - sunting sumber sejarah rebo wekasan dalam islam Angkutan bus [ sunting - sunting sumber ] Gresik Merupakan Jalur Pantura Semarang - Surabaya Banyak bus bus lewat sini, Terminal Bunder merupakan Terminal Terbesar di gresik, banyak angkutan kota/umum banyak dari Kota Surabaya Dan Lamongan.

Angkutan kereta api [ sunting - sunting sumber ] Stasiun Duduk, Stasiun Cerme, dan Stasiun Indro merupakan Stasiun aktif di wilayah Kabupaten Gresik. Untuk rel nonaktif berada di Stasiun Gresik - Stasiun Sumari.

Angkutan laut [ sunting - sunting sumber ] Pelabuhan Gresik untuk ke Pulau Bawean, Tersedia Banyak kapal di Gresik. Pusat Perbelanjaan [ sunting - sunting sumber ] • Icon Mall Gresik • Gressmall • Ramayana Gresik • Plaza Gresik • Pasar Baru Gresik Olahraga [ sunting - sunting sumber ] • PS Petrokimia Putra berdiri pada 1994 • Persegres Gresik berdiri pada 20 Mei 1998 • Gresik United berdiri pada 2 Desember 2005 • Putra Sinar Giri Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Gerbangkertosusila • Pulau Bawean • Semen Indonesia • Semen Gresik • Jalan Tol Surabaya-Gresik • Jalan Tol Surabaya-Gempol • Jalan Tol Surabaya-Mojokerto • Kecamatan Gresik • Kabupaten Lamongan • Kabupaten Mojokerto • Kabupaten Sidoarjo • Kota Surabaya • Jalur kereta api Sumari–Kandangan • KRD Indro • Sejarah rebo wekasan dalam islam Kereta Api Indonesia • Daerah Operasi VIII Surabaya Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ a b "Kabupaten Gresik Dalam Angka 2021" (pdf).

www.gresikkab.bps.go.id. hlm. 7, 59. Diakses tanggal 13 April 2021. • ^ "Penduduk Menurut Wilayah dan Agama yang Dianut di Kabupaten Gresik". www.sp2010.bps.go.id.

Diakses tanggal 20 September 2020. • ^ "Metode Baru Indeks Pembangunan Manusia 2020-2021". sejarah rebo wekasan dalam islam.

Diakses tanggal 1 April 2022. • ^ "Rincian Alokasi Dana Alokasi Umum Provinsi/Kabupaten Kota Dalam APBN T.A 2020" (PDF). www.djpk.kemenkeu.go.id. (2020). Diakses tanggal 13 April 2021. Periksa nilai tanggal di: -date= ( bantuan) • ^ a b c d "Profil Kabupaten Gresik" (PDF). • ^ "Gresik, Jawa Timur, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 29 Agustus 2020. • ^ "Curah Hujan Kabupaten Gresik – ZOM 150, 151, dan 162" (PDF).

BMKG. hlm. 58. Diakses tanggal 29 Agustus 2021. • ^ "GRESIK, INDONESIA". Weatherbase. Diakses tanggal 29 Agustus 2020. • ^ a b c d e f g h i j k Daftar Bupati Gresik dari Masa ke Masa, diakses 20 Desember 2020.

• ^ Soewarso menjabat sebagai Bupati Gresik dari tahun 1994 - 2000, diakses 20 Desember 2020. • ^ KPUD Tetapkan Anggota DPRD Gresik 2014-2019 • ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan".

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. • ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan".

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. • ^ RI, Setjen DPR. "Kemajuan Pembangunan dan Pelayanan Publik Gresik Sejalan". www.dpr.go.id. Diakses tanggal 2020-07-29.

Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • (Indonesia) Situs web resmi • Halaman ini terakhir diubah pada 5 Mei 2022, pukul 07.12. • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku.

Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Upacara adat tradisional Jawa Barat (Jabar), gambar dan penjelasannya akan disampaikan secara lengkap kepada pembaca melalui blog ini.

Selain penjelasannya, upacara adat tradisional Jabar juga, kami akan memaparkan mengenai tujuan dari kebiasaan yang ada. Terkait tujuan, biasanya warga setempat beralasan karena sudah menjadi budaya warisan dari zaman dahulu. Meski tidak semua juga orang yang tetap konsistensi melaksanakannya. Di Jawa Barat sendiri menurut penelusuran yang kami lakukan, ada puluhan upacara atau kebiasaan yang ada. Mulai upacara yang akan dilakukan untuk ritual pernikahan, syukuran sampai menolak bala.

Dan ada juga upacara yang di gelar karena rutinitas tahunan. Dalam bahasa dan kebiasaan Jawa, upacara adat Jawa Barat mempunyai makna tersendiri yang begitu dalam. Beberapa literasi yang ditemukan, perlahan mulai banyak yang ditinggalkan penggunaan bahasa Jawa ini.

Selain dikenal sebagai warisan, upacara adat Jawa Barat juga bisa dijadikan sebagai ajang edukasi sekaligus destinasi wisata. Ajang edukasi bisa berlaku kepada lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya.

Sedang destinasi wisata bisa berlaku kepada turis dari luar negeri. Hal ini dilakukan bertujuan untuk melestarikan budaya daerah jangan sampai punah ditelan oleh masa. Penting diketahui, bicara mengenai pelestarian budaya, kami melalui blog ini sudah banyak menulis terkait upacara daerah, mulai dari upacara adat Jawa Tengah, upacara adat Jawa Timur, upacara adat Sumatera Utara dan upacara adat Sumatera Barat.

Semua dilakukan karena kecintaan kami terhadap budaya asli nusantara. Dari beberapa daerah, ada persamaan upacara yang dilakukan. Misalnya kebiasaan aqiqah, berlaku di Padang dan juga Aqiqah Medan serta daerah lainnya. Baiklah, tanpa berlama – lama lagi, berikut ini langsung saja kami sampaikan mengenai poin per-poin upacara adat Jawa Barat yang penting diketahui. Daftar Isi • 1. Pesta Laut • 2.

Ngalaksa • 3. Ruwatan Bumi • 4. Ngalungsur Pusaka • 5. Ngunjung (Munjung) • 6. Bubur Syura (Syuro) • 7. Ngirab atau Rebo Wekasan • 8. Nyalawean • 9. Seren Taun • 10. Ngarot • 11. Sepitan atau Khitanan • 12. Tingkepan / Tujuh Bulan • 13. Upacara Pernikahan • 14. Tembuni • 15. Nenjrag Bumi • 16. Ekah • 17. Nurunkeun • 18. Cukuran • 19. Turun Taneuh • 20. Gusaran 1. Pesta Laut via jabarkahiji.id Poin yang pertama bernama Pesta Laut. Hal ini mengingat karena sebagian warga di Jabar mencari nafkah dilaut.

Baca : Alat Transportasi Laut Upacara pesta laut atau pesta bahari sering diadakan. Tempat yang sering dilakukan seperti di Pangandaran, Ciamis dan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, maupun daerah-daerah pesisir lainnya di Jawa Barat seperti Indramayu dan Cirebon.

Ketika pelaksanannya, perahu-perahu nelayan yang mengangkut sesajen dihiasi aksesoris warna-warni.

sejarah rebo wekasan dalam islam

Pada upacara nelayan juga membawa kepala kerbau berbungkus kain putih sebagai persembahan dan melemparkannya ke Bahari sebagai simbol hadiah kepada penguasa lautan sejarah rebo wekasan dalam islam penolak bala. Upacara ini diadakan setiap setahun sekali ini ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur dan memohon keselamatan saat melaut. 2. Ngalaksa via Blogger Upacara adat Jawa Barat yang berhubungan dengan pertanian berikutnya ialah bernama Ngalaksa.

Upacara Ngalaksa ini lazim ditemui di daerah Ranca Kalong, Sumedang. Kebiasaan ini dilakukan dengan membawa padi ke lumbung dengan memakai rengkong (bambu panjang berlubang buat membawa beras). Sekilas sangat mirip dengan upacara yang juga dikenal dengan sebutan Seren Taun.

Bulan Juni jadi pilihan waktu untuk pelaksanaan Ngalaksa. Salah satu keunikannya ialah terletak dibunyi musik yang memiliki ritme sama dengan orang yang sedang berjalan, yaitu pada rengkong yang digoyang – goyang. Seni tradisional Tarawangsa digelar selama seminggu jalannya upacara ini. Upacara Ngalaksa ditujukan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas keberhasilan panen daerah pertanian. 3. Ruwatan Bumi via kotasubang.com Upacara Ruwatan Bumi ini dilaksanakan setiap bulan Februari di Kabupaten Subang.

Ruwatan ini dapat pula disebut Ngaruwat. Ngaruwat sendiri, menurut masyarakat setempat memiliki beberapa manfaat, seperti menjaga keamanan, kenyamanan, dan kesejahteraan kehidupan pertanian.

Dalam pelaksanannya, upacara ini digelar kesenian gemyung di malam hari. Lalu pagi harinya, masyarakat mengarak Dewi Sri ke makam leluhur, diiringi oleh kuda kosong, sesepuh, membawa parupuyan, panteret buah kelapa sambil menyanyi beluk. Selain itu, juga diiringi oleh seni gemyung, penari yang membawa hanjuang, penari yang membawa janur, pencak silat, seni dogdog reog, genjdring, tanji, dan seluruh warga yang mengiringinya dari belakang.

Upacara ini sendiri ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur, tolak bala, silaturahmi masyarakat, dan penghormatan kepada leluhur. 4. Ngalungsur Pusaka via Blogger Sejarah rebo wekasan dalam islam Ngalungsur Pusaka ini umumnya dilakukan di daerah Garut. Upacara adat ini dipimpin oleh seorang juru kunci (kuncen) yang merupakan bukti bahwa mereka masih melestarikan dan melaksanakan tradisi leluhurnya juga mensosialisasikan keberadaan benda-benda pusaka peninggalan Sunan Rohmat Suci.

Pada upacara ini, peserta upacara dapat menyaksikan proses pencucian benda-benda pusaka itu. Benda-benda pusaka tadi merupakan sebuah simbol konduite juga perjuangan Sunan Rohmat Kudus dalam memperjuangkan Islam sewaktu beliau hidup. Lihat: Makanan Tradisional Jawa Barat 5. Ngunjung (Munjung) via budayajawa.id Ngunjung (Munjung) berasal dari kata Kunjung, yaitu mengunjungi dan berdoa di makam leluhur atau orang tua, sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setempat. Upacara ngunjung/munjung ini termasuk upacara adat provinsi Jawa Barat yang biasanya dilakukan oleh masyarakat yang ada di daerah Indramayu, Cirebon, dan sekitarnya.

Lokasi upacara adat ini biasanya di makam leluhur dan tokoh agama yang disegani dan dipercaya punya nilai keramat. Tujuannya dari upacara Ngunjung ini ialah untuk melestarikan budaya dan memohon keselamatan. Upacara yang lazim dilaksanakan pada bulan Syuro dan Mulud atau kerap dilaksanakan sehabis panen padi ini biasanya menampilkan kesenian khas, seperti wayang kulit dan dibeberapa tempat menampilkan kesenian sandiwara.

Pada upacara adat Ngunjung ini masyarakat pada umumnya berbondong-bondong membawa nasi tumpeng dan makanan tradisional lainnya sebagai wujud kepedulian. 6.

sejarah rebo wekasan dalam islam

Bubur Syura (Syuro) via budayajawa.id Bubur Syura yang ada di Jawa Barat ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Hari Asyura, atau hari peringatan wafatnya Imam Husein, cucu Nabi Muhammad SAW, dalam peristiwa di Karbala. Kebiasaan yang diadakan oleh masyarakat Cirebon setiap 10 Muharam ini dikaitkan dengan peristiwa Nabi Nuh.

Namun, pada praktiknya dikaitkan pula dengan Dewi Kesuburan, yaitu Nyi Pohaci Sanghyang Sri. Keyakinan masyarakat bahwa upacara adat ini dapat mendatangkan kesejahteraan dan ketentraman. Tempat dilaksanakannya upacara ini dapat di bagian luar rumah salah seorang warga yang dipercaya dapat melaksanakan upacara, di pinggir sungai, di lapangan, atau di lokasi lain yang ditentukan oleh para pelaku upacara.

Ada berbagai anggaran buat melaksanakannya, dan berbagai perlengkapan, seperti Sesajen, benda keramat, kesenian, peralatan pembuat bubur, dan tentu saja lokasi upacaranya. 7. Ngirab atau Rebo Wekasan via umm.ac.id Upacara adat Jawa Barat yang ada nilai religius lainnya ialah Ngirab atau biasa juga disebut dengan Rebo Wekasan. Masyarakat di daerah Sungai Drajat, Cirebon, biasa melakukan upacara ini.

Kebiasaan ini ditandai dengan berziarah ke petilasan atau makam Sunan Kalijaga, yang dilakukan di hari Rabu minggu terakhir bulan Shafar. Penentuan waktu dilakukannya adalah mempunyai dasar bagi masyarakat setempat. Yaitu pengambilan waktu kenapa hari Rabu sebab dianggap sebagai hari terbaik guna melenyapkan bala dan kesialan kehidupan.

Kegiatan ziarah biasanya diisi dengan acara lomba mendayung yang dilakukan usai upacara berakhir. 8. Nyalawean via umm.ac.id Upacara adat Nyalawean adalah upacara adat Jawa Barat yang ada menilai sifatnya religius, dengan tujuan memeringati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Kebiasaan ini dilakukan di alun-alun Desa Trusmi, Kabupaten Cirebon. Biasanya, upacara ini berlangsung selama 5 hari, dan dilaksanakan 12 hari setelah acara peringatan di Keraton Cirebon. Ziarah ke makam leluhur juga dilakukan yang dipercaya untuk mendapatkan kesejahteraan, kebahagiaan, dan rahmat. 9. Seren Taun via infobudaya.net Upacara Seren Taun ialah sebuah upacara yang intinya mengangkut padi dari sawah ke lumbung dengan menggunakan rengkong (pikulan khas yang terbuat dari bambu) dan diiringi tetabuhan musik khas tradisional.

Upacara ini masih dapat kita temui di Cigugur, Kuningan dan Sirnarasa Cisolok, Sukabumi. Seren Taun tujuannya sebagai ungkapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebab keberhasilan panen dan permohonan hasil pertanian yang lebih baik di masa mendatang. Karakteristik khas upacara ini ada di prosesi laporan segala hasil tani yang sudah dicapai buat dapat dinikmati para pejabat yang menghadiri upacara ini.

Prosesi ini dinamakan Seba. Baca : Alat Panen Padi 10. Ngarot via beritasatu.com Selanjutnya adalah upacara dari adat tradisional Jawa Barat yang bernama Ngarot. Kebiasaan Ngarot umumnya diadakan di daerah kabupaten Indramayu yang dilaksanakan saat musim tanam dimulai atau musim penghujan. Adat ini digelar dengan mengadakan arak – arakan ke arah balai desa. Apa tujuan dari upacara Ngarot ini? Tujuan diadakannya upacara Ngarot ialah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dan memohon keberkahan hasil tani yang dipanen oleh masyarakat setempat.

11. Sepitan atau Khitanan via NU Online Sejarah rebo wekasan dalam islam Khitanan dilakukan pada anak laki-laki berdasarkan kepercayaan Islam. Karena sudah menjadi kewajiban dalam agama Islam. Di Jawa Barat mayoritas penduduknya beragama Islam. Ada pun selain kewajiban, khitanan bertujuan agar alat vital pengantin sunat higienis dari najis dan kotoran. Sedangkan upacara Sepitan dilakukan pada anak perempuan sejarah rebo wekasan dalam islam masih bayi.

Khitanan biasanya dilakukan saat anak berusia 6 tahun, dan mengundang paraji (dukun) sunat serta kerabat. 12. Tingkepan / Tujuh Bulan via Youtube Upacara adat tradisional Jawa Barat yang berhubungan dengan kehidupan manusia lainnya yaitu Tingkepan. Kebiasaan adat ini diadakan saat seorang ibu yang sedang mengandung tujuh bulan.

sejarah rebo wekasan dalam islam

Tingkepan sedniri berasal dari kata Tingkeb yang artinya tertutup. Maksudnya, si ibu tidak boleh bercampur dengan suaminya selama 40 hari setelah persalinan dan sebagai tanda supaya si ibu mengurangi porsi kerjanya, sebab sedang mengandung besar. Pengajian, peralatan buat memandikan ibu hamil, dan rujak kanistren yang terdiri dari 7 macam buah disiapkan diadakan untuk upacara ini.

Ketika sejarah rebo wekasan dalam islam, si ibu hamil dimandikan oleh 7 orang keluarga dekat dengan air bunga 7 rupa. Lalu, pada guyuran terakhir dimasukan seekor belut sampai mengenai perut ibu hamil ini. Apa tujuan dari Upacara Tingkepan ini? Menurut informasi yang kami dapatkan, upacara adat ini bertujuan untuk memohon si bayi dalam kandungan dan si ibu yang hendak melahirkan. 13. Upacara Pernikahan via vemale.com Ada berbagai macam upacara dalam prosesi adat pernikahan, yaitu upacara yang diadakan pra akad nikah dan yang diadakan pasaca akad nikah.

Upacara yang dilakukan sebelum akad nikah yaitu: • Neundeun omong, • Ngalamar, • Seserahan, • dan Ngeuyeuk Seureuh. Lalu, upacara yang diadakan setelah akad nikah ialah: • Mumunjungan, • Sawer, • Nincak Endog, • Buka pintu, • dan Huap Lingkung. Neundeun Omong merupakan kunjungan orang tua pria kepada orang tua perempuan guna bersilaturahmi dan memberi pesan kalau si perempuan akan dilamar oleh si pria.

Ngalamar ialah kunjungan orang tua pria buat meminang perempuan, dan membahas rencana pernikahan mereka. Sejarah rebo wekasan dalam islam Seserahan ialah proses menyerahkan si pria calon pengantin kepada calon mertuanya buat dinikahkan kepada si perempuan. Wah, banyak juga ya istilah-istilahnya. 14. Tembuni via Google Image Berikut ini adalah upacara adat tradisional Jawa Barat yang bernama Tembuni.

Kebiasaan Tembuni ialah merupakan upacara adat Sunda untuk memelihara placenta bayi atau ari – ari dimana placenta sang bayi harus dirawat dengan sebaik – baiknya. Placenta bayi ini dipelihara dengan cara memasukkannya ke dalam kain putih dengan disertai garam, gula merah, dan asam untuk kemudian dikubur di dalam tanah di pekarangan rumah si ibu hamil.

sejarah rebo wekasan dalam islam

Adapun tujuan dari upacara Tembuni ini menurrut warga lokal ialah merupakan agar si anak kedepannya bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bahagia tanpa ada sebuah kemalangan apapun dalam kehidupannya kelak. 15. Nenjrag Bumi via BudayaJawa.id Nenjrag Bumi adalah upacara tradisional khas Sunda yang sering dilakukan oleh warga Kota Bandung dimana ditujukan kepada anak bayi agar kedepannya tidak menjadi ketakutan atau gampang kaget. Baca : Rental Mobil Bandung Nenjrag Bumi dilakukan dengan cara meletakkan anak bayi diatas lantai yang dibuat dari bambu yang dibelah, lalu lantai bambu tersebut diinjak dan dihentak – hentakkan sebanyak 7 (tujuh) kali.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah terapi untuk sang bayi agar tidak mudah kaget dan tidak menjadi sosok penakut. 16. Ekah via Budayajawa.id Jika di Jawa adalah Akekah, maka di Kota Bandung ada Ekah. Ekah ialah adat khas Sunda dimana usai kelahiran bayi pada usia 7 hari atau 14 hari atau 21 hari, maka orang tua wajib menyembelih kambing untuk menebus jiwa sang bayi dari Tuhan Yang Maha Esa.

Jika anaknya perempuan (wanita) maka kambingnya harus ada 1 ekor dan jika anaknya laki – laki maka kambingnya harus ada 2 ekor. Ekah sendiri ini ditujukan untuk mensucikan jiwa sang bayi lahir dan bathin sekaligus sebagai tanda bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia pemberian keturunan kepada kita sebagai hamba-Nya.

Diberbagai kota sudah tersedia usaha layanan Aqiqah dalam bentuk paket masakan. Mulai dari Jakarta sampai kota/kabupaten yang ada di Indonesia. Salah satunya tersedia jasa Aqiqah Medan yang merupakan ibu kota Sumatera Utara.

17. Nurunkeun via Budayajawa.id Nurunkeun merupakan upacara tradisional khas Sunda yang ditujukan kepada sang anak bayi dimana anak tersebut wajib diajak keluar rumah dan mengenal lingkungan sekitar. Pelaksanaannya, upacara Nurunkeun ini digelar pada usia 7 hari setelah bayi lahir. Pada prosesi upacara Nurunkeun ini usai sang bayi diajak keluar halaman rumah, maka pihak keluarga wajib membuat pohon yang diatasnya digantungkan banyak mainan yang kemudian nantinya mainan – mainan tersebut akan dijadikan rebutan oleh anak – anak kecil.

18. Cukuran via BudayaJawa.id Poin selanjutnya adalah upacara yang bernama Cukuran. Kebiasaan cukuran ini merupakan prosesi pencukuran rambut anak bayi pada usia 40 hari. Adat tradisional Cukuran ini umumnya diawali dengan puji – pujian dimana sang bayi nantinya akan dipotong rambutnya sedikit demi sedikit oleh beberapa orang yang ada di sekitarnya.

Mereka yang memotong rambut mulai pihak keluarga hingga sanak famili terdekat termasuk tetangga rumah. Adapun tujuan dari upacara Cukuran ini ditujukan untuk membersihkan najis pada sang bayi agar sang bayi bisa bersih lahir dan batin dan mampu menjadi anak yang sehat dan bahagia dalam masa tumbuh dan berkembangnya.

19. Turun Taneuh via curvetube.com Turun Taneuh merupakan upacara yang dilakukan kepada sang bayi oleh pihak keluarga dimana sang bayi akan menginjakkan tanah untuk pertama kalinya. Usai bayi menginjakkan tanah untuk yang pertama kalinya, maka usai itu digelar sebuah prosesi sang bayi wajib memilih aneka pemberian orang tuanya seperti padi, emas, uang, dan lain – lain. Kabarnya berdasarkan mitos yang beredar, apa yang diambil oleh sang bayi itulah jalan hidup yang nantinya akan ditempuh oleh sang bayi.

Misal sang bayi mengambil uang, maka dipercaya sang bayi akan dimudahkan dalam proses mencari rejeki dalam kehidupannya kelak.

20. Gusaran via Blogger Pada poin ini, upacara Gusaran yang termasuk upacara adat tradisional Jawa Barat. Gusaran merupakan proses upacara tradisional dimana ditujukan kepada anak perempuan dengan cara meratakan gigi anak perempuan dengan alat khusus. Pada Upacara Gusaran ini si anak perempuan juga akan ditindik atau dilubangi telinganya kemudian akan dikenakan anting- anting di daun telinganya.

Kebiasaan Gusaran ini memang bertujuan untuk mempercantik diri sang anak perempuan dimana dirinya diharapkan nantinya akan tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang penuh dengan kecantikan luar dalam. Demikian kami sampaikan mengenai upacara adat tradisional Jawa Barat untuk Anda. Informasi yang dilengkapi dengan gambar dan penjelasan ini semoga memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman.

Jangan sungkan untuk memberikan kritik saran dan apalah namanya demi kemajuan blog ini. Tetap semangat dan Salam Indonesia! Pos-pos Terbaru • Jual Dimsum Daerah Kecamatan Medan Tembung • Constitutional Theory: Arguments and Perspectives 4th Edition by Michael J Gerhardt • Sejarah dan Langkah Penyuguhan Dimsum Yang Enak • 5 Alamat Distributor Dimsum Medan yang terkenal dan Enak Serta Murah Halal • Waspada CUiT Aplikasi Penipuan ?

Download Buku Fiqih Ibadah, Fiqih Muamalah, Fiqih Wanita dan Fiqih Dasar. Foto: dutaislam.com. Dutaislam.com - Di bawah ini tersedia link fiqih PDF download untuk ebook bertema fiqih muamalat, fiqih wanita, fiqih ibadah serta fiqih jinayat, yang kami tata file per file nya dari beberapa sumber yang diperoleh redaksi.

Disertakan juga ebook PDF bertema ushul fiqih, fiqih perbandingan lintas madzhab, fiqih sirah, tafsir ayat ahkam, fadhailul a'mal aswaja dan lainnya. Fiqih Akbar Imam Syafii PDF juga disertakan dalam daftar link download buku fiqih di bawah ini. Baca: Flashdisk Isi Ribuan Kitab Fiqih PDF Jutaan Halaman Space total semuanya, bila Anda downloadnya, bisa mencapai 1.66 GB, dengan jumlah 410 file (termasuk yang berjilid tebal seperti Buku Tanya Jawab Agama Islam, Terjemah Al-Umm PDF, Terjemah Fathul Muin dan Terjemah Fathul Qorib).

Seiring waktu, insyaAllah akan kami sertakan buku-buku fiqih PDF yang biasa digunakan dalam kurikulum madrasah atau sekolah menenangah dan sekolah atas (SMA). Link di bawah ini khusus untuk fiqih praktis, fiqih populer, fiqih kontemporer dan terjemah kitab-kitab fiqih klasik serta rangkuman pendapat ulama fiqih tentang suatu hukum fiqih tertentu.

Bila Anda belum mengetahui cara downloadnya, silakan baca dulu: Cara Download File Kitab Fiqih PDF di Duta Islam. Dibutuhkan kesabaran untuk mendownloadnya satu-satu.

(Baca juga peringatan di paragraf paling bawah yah). DOWNLOAD BUKU FIQIH TERJEMAH INDONESIA (4 JUDUL - 28 FILE) • Tanya Jawab Agama (4 Jilid) - Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4. • Terjemah - Al-Umm (3 Jilid) - Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3. • Terjemah - Fathul Muin (12 Jilid +) - Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4, Jilid 5, Jilid 6, Jilid 7, Jilid 8, Jilid 9, Jilid 10, Jilid 11, Jilid 12. • Terjemah - Fathul Qorib (2 Jilid) - Jilid sejarah rebo wekasan dalam islam, Jilid 2.

DOWNLOAD BUKU FIQIH 380 JUDUL • Download PDF Buku 10 Penyimpangan Pembagian Waris di Indonesia • Download PDF Buku 10 Persamaan dan Perbedaan Antara Madzhab Syafi'i dan Hanbali Mengenai Tata Cara Shalat • Download PDF Buku 27 Masalah Makmum Yang Sering Ditanyakan • Download PDF Buku 3 Sumber Najis • Download PDF Buku 33 Macam Jenis Shalat Sunnah • Download PDF Buku 33 Tanya Sejarah rebo wekasan dalam islam Seputar Qurban • Download PDF Buku 77 Tanya Jawab Seputar Shalat • Download PDF Buku Adab Buang Hajat • Download PDF Buku Adab Murid Terhadap Diri Sendiri • Download PDF Buku Adab Murid Terhadap Guru • Download PDF Buku Adzan, Hanya Sebagai Penanda Waktu Shalat?

• Download PDF Buku Agar Tak Salah Langkah Dalam Memilih Pasangan Sah • Download PDF Buku Ahli Waris Pengganti Pasal Waris Bermasalah Dalam KHI • Download PDF Buku Akad Hawalah (Fiqih Pengalihan Hutang) sejarah rebo wekasan dalam islam Download PDF Buku Alghaz Fiqhiyyah (Teka-Teki Fiqih) • Download PDF Buku Allah itu Witir dan Mencintai Witir • Download PDF Buku Al-Quran dan Qiraah Syadzah • Download Sejarah rebo wekasan dalam islam Buku Al-Wujuh wa An-Nazhair dalam Al-Quran: Satu Kata Banyak Makna, Satu Makna Banyak Kata • Download PDF Buku Amaliyah NU dan Dalilnya • Download PDF Buku A'malu Rojab • Download PDF Buku Andai Saja Haditsnya Sahih, Itulah Madzhabku • Download PDF Buku Antara Aku dan Sepupu • Download PDF Buku Antara Fiqih dan Syariah • Download PDF Buku Antara Fiqih dan Tasawuf • Download PDF Buku Antara Kita, Jenazah dan Kuburan • Download PDF Buku Antara Suci dan Bersih • Download PDF Buku Apakah Anak Kecil Memutus Shaf?

• Download PDF Buku Apakah Dalil, Semata al-Quran dan Sunnah? • Download PDF Buku Apakah Darah Keguguran Termasuk Nifas?

• Download PDF Buku Apakah Keridahaan Kedua-belah Pihak Menjadi Syarat Sah Akad? • Download PDF Buku Apakah Zina Menyebabkan Kemahraman? • Download PDF Buku Argumentasi Tarawih 20 Rakaat • Download PDF Buku Asuransi Syariah • Download PDF Buku Aswaja An-Nahdliyah; Ajaran Ahlussunnah wa Al-Jamaah yang Berlaku di Lingkungan Nahdlatul Ulama • Download PDF Buku Aurat Wanita Muslimah • Download PDF Buku A-Z Ziarah Kubur Dalam Islam • Download PDF Buku Bacaan dan Gerakan Makmum • Download PDF Buku Bagaimana Seharusnya Sujud Syukur?

• Download PDF Buku Bahayakah Taqlid Dalam Beragama? • Download PDF Buku Bahtsul Masail Lengkap • Download PDF Buku Bahtsul Masail Mlangi Jogja • Download PDF Buku Batasan Aurat Wanita di Depan Mahramnya • Download PDF Buku Bekal Menantu Idaman • Download PDF Buku Bekal Ramadhan • Download PDF Buku Bekal Ramadhan & Idul Fithri (2): Niat dan Imsak • Sejarah rebo wekasan dalam islam PDF Buku Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (1): Menyambut Ramadhan • Download PDF Buku Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (3): Tarawih dan Witir • Download PDF Buku Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (4): Batalkah Puasa Saya?

• Download PDF Buku Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (5): Itikaf • Download PDF Buku Bekal Ramadhan dan Idul Fithri (6): Idul Fithri • Download PDF Buku Belum Qadha Puasa Sudah Masuk Ramadhan Berikutnya • Download PDF Buku Benarkah Bersalaman Dengan Lawan Jenis itu Haram? • Download PDF Buku Benarkah Go-Food Haram? • Download PDF Buku Benarkah Shalat Tasbih Itu Bidah? • Download PDF Buku Benteng Aswaja • Download PDF Buku Beribadah Sesuai Fiqih • Download PDF Buku Berilmu Sebelum Berhutang • Download PDF Buku Bermadzhab Adalah Tradisi Ulama Salaf • Download PDF Buku Bersalaman Setelah Shalat • Download PDF Buku Bid'ah Hasanah Amaliyah NU (Kiai Roshif) • Download PDF Buku Bid'ah: Apakah Hukum Syariah?

• Download PDF Buku Bijak Dalam Berbeda • Download PDF Buku Biografi Imam Abu Hanifah • Download PDF Buku Biografi Imam Ahmad Bin Hanbal • Download PDF Buku Biografi Imam Bukhari (w. 256 H) • Download PDF Buku Biografi Imam Malik Bin Anas • Download PDF Buku Biografi Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafii • Download PDF Buku Biografi Imam Syafi'i • Download PDF Buku Bolehkah Jual Harta Waqaf • Download PDF Buku Bolehkah Shalat Dhuha Berjamaah? • Download PDF Buku Budak dalam Literatur Fiqih Klasik • Download PDF Buku Buku Pintar Aswaja • Download PDF Buku Buku Saku Muadzdzin • Download PDF Buku Buku Saku Sukses Ibadah Ramadhan • Download PDF Buku Cara Mensucikan Najis • Download PDF Buku Dalil Shahih Sifat Shalat Nabi Ala Madzhab Syafiiy • Download PDF Buku Dalil Ziarah Kubur • Download PDF Buku Darah Istihadhah • Download PDF Buku Dilarang Tapi Sah • Download PDF Buku Ensiklopedi Ijmak (Persepakatan Ulama dalam Hukum Islam) sejarah rebo wekasan dalam islam Download PDF Buku Ensiklopedi Pahala; Ibadah Penuh Pahala dalam Al-Quran dan As-Sunnah As-Shahihah • Download PDF Buku Fatwa Isu Penting; Putusan Ulama Besar Indonesia - Habib Salim Ahmad bin Jindan • Download PDF Buku Fatwa-Fatwa Kemasyarakatan Syaikh Romadhon Al-Buthi • Download PDF Buku Fatwa-Fatwa Kontemporer Jilid 1 - Yusuf Qardhawi • Download PDF Buku Fatwa-Fatwa Kontemporer Jilid 2 - Yusuf Qardhawi • Download PDF Buku Fatwa-Fatwa Kontemporer Jilid 3 - Yusuf Qardhawi • Download PDF Buku Fikih Kurban Praktis • Download PDF Buku Fikih Siroh - Said Ramadhan Al-Buthy (Buka dengan Foxid Rider) • Download PDF Buku Fiqih Haji (dari Tuhfatuth Thullab) • Download PDF Buku Fiqih Hibah & Waris • Download PDF Buku Fiqih Interaksi Muslim dengan Non Muslim • Download PDF Buku Fiqih Jual-beli • Download PDF Buku Fiqih LDR Suami Istri • Download PDF Buku Fiqih Menghadapi Wabah Penyakit • Download PDF Buku Fiqih Niat • Download PDF Buku Fiqih Penanggulangan Sampah Plastik • Download PDF Buku Fiqih Perbankan Syariat • Download PDF Buku Fiqih Perempuan (Buku Saku Perempuan Muslimah) • Download PDF Buku Fiqih Pinjam Meminjam (Ariyah) • Download PDF Buku Fiqih Praktis Puasa (Buya Yahya) • Download PDF Buku Fiqih Puasa Menurut Madzhab Syafiiy • Download PDF Buku Fiqih Qurban • Download PDF Buku Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syafiiy • Download PDF Buku Fiqih Ramadhan Meniti Hari di Bulan Suci • Download PDF Buku Fiqih Riba - Abdul Azhim Jalal Abu Zaid • Download PDF Buku Fiqih Safar • Download PDF Buku Fiqih Seputar Zakat Fitri • Download PDF Buku Fiqih Seputar Zakat Fitri • Download PDF Buku Fiqih Shalat Gerhana • Download PDF Buku Fiqih Shalat Jamaah Bagi Wanita • Download PDF Buku Fiqih Shalat Jenazah • Download PDF Buku Fiqih Umroh • Download PDF Buku Fiqih Wakaf • Download PDF Buku Fiqih Waqaf Mengelola Pahala Yang Tidak Berhenti Mengalir • Download PDF Buku Fiqih Wudhu Versi Madzhab Syafiiy • Sejarah rebo wekasan dalam islam PDF Buku Gharar dalam Transaksi Modern • Download PDF Buku Gono Gini, Antara Adat, Syariat dan Undang-Undang • Download PDF Buku Hadist-Hadist Dhaif Sekitar Ramadhan • Download PDF Buku Hadits Shahih Tidak Harus Selalu Diamalkan • Download PDF Buku Haditsnya Nomor Berapa?

• Download PDF Buku Hak Cipta Dalam Kajian Fiqih Kontemporer • Download PDF Buku Halal Haram Dropshipping • Download PDF Buku Halal Haram e-Money Dalam Timbangan Hukum Syariah Kontemporer • Download PDF Buku Halal Haram Rokok • Download PDF Buku Halal-Haram Tabarruk • Download PDF Buku Halalkah Sembelihan Orang yang Sedang Junub?

• Download PDF Buku Haram tapi Bukan Mahram • Download PDF Buku Haruskah Ada Walimah? • Download PDF Buku Haruskah Shalat Pakai Sutrah? • Download PDF Buku Hukum Bacaan Surat Al-Fatihah di Dalam Shalat • Download PDF Buku Hukum Bermuamalah Dengan Bank Konvensional • Download PDF Buku Hukum Cadar Bagi Wanita • Download PDF Buku Hukum Fiqih Seputar Ahli Kitab • Download PDF Buku Hukum Fiqih Seputar Hari Jumat • Download PDF Buku Hukum Menyentuh Mushaf dan Melafadzkan Al-Quran Bagi Wanita Haidh & Berhadats • Download PDF Buku Hukum Penyusuan Dalam Islam • Download PDF Buku Hukum Shalat Berjamaah • Download PDF Buku Hukum Transfer Pahala Bacaan Al-Quran • Download PDF Buku Hukum-hukum Terkait Air Dalam Madzab Syafi’i • Download PDF Buku Hukum-hukum Terkait Ibadah Shalat Jumat • Download PDF Buku Hukum-hukum Terkait Najis Dalam Madzab Syafi’i • Download PDF Buku Hutang dan Inflasi dalam Perspektif Fiqih Muamalah • Download PDF Buku I`tikaf, Qiyamul Lail, Shalat `Ied dan Zakat al-Fithr di Tengah Wabah • Download PDF Buku Ibadah Haji Rukun Islam Kelima • Download PDF Buku Ibadah Haji: Syarat-syarat • Download PDF Buku Ibadah-Ibadah Saat Haid • Sejarah rebo wekasan dalam islam PDF Buku Ibu Hamil & Menyusui Bolehkah Bayar Fidyah Saja?

• Download PDF Buku Ihram • Download PDF Buku Ijma Sebagai Dalil Syari Ketiga • Download PDF Buku Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya • Download PDF Buku Illat Hukum • Download PDF Buku Ilmu Tafsir: Sebuah Pengantar • Download PDF Buku Imam Abu Hanifah; Antara Ilmu dan Perniagaan • Download PDF Buku Imam Nawawi vs Imam Syafii • Download PDF Buku Imam Wanita • Download PDF Buku Islam & Teknologi • Download PDF Buku Islam Agama Perdamaian: Pelajaran Dari Perjanjian Hudaibiyah • Download PDF Buku Istilah dan Rumus Fuqoha' • Download PDF Buku Istri Bekerja Mencari Nafkah?

• Download PDF Buku Jadi Yang Benar Pendapat Siapa? • Download PDF Buku Jaminan Mendapat Lailatul Qadar • Download PDF Buku Jatuhkah Talakku? • Download PDF Buku Jika Benar Semua Bidah itu Sesat • Download PDF Buku Jika Dalil-dalil Saling Bertentangan • Download PDF Buku Jika Dhaif Suatu Hadits, Lantas Apa? • Download PDF Buku Jima di Saat Haidh • Download PDF Buku Jual Beli Online Sesuai Syariah • Download PDF Buku Jual Beli Salam • Download PDF Buku Judi Terselubung • Download PDF Buku Kaidah Fikih: Adh-Dhararu Yuzal • Download PDF Buku Kaidah Fiqhiyah Sebagai Dalil • Download PDF Buku Kajian Tafsir Ayat Ahkam • Download PDF Buku Kajian Tentang Hukum dan Penghukuman dalam Islam; Konsep Ideal Hudud dan Praktiknya • Download PDF Buku Kamus Ilmu Ushul Fiqih • Download PDF Buku Kartu Kredit Syariah • Download PDF Buku Kawin Paksa • Download PDF Buku Kehujjahan Hadits Ahad • Download PDF Buku Keliru Memahami Al-Quran Hanya Bermodal Bahasa Arab • Download PDF Buku Keluarga Istri Yang Jadi Mahram Bagi Suami • Download PDF Buku Hasil Muktamar 32 Nahdlatul Ulama • Download PDF Buku Keshahihan Dalil Shalat Tarawih 20 Rakaat • Download PDF Buku Keshahihan Dalil Talqin Menurut Syariat Islam • Download PDF Buku Ketika Istri Berbuat Nusyuz • Download PDF Buku Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah sejarah rebo wekasan dalam islam Download PDF Buku Khitan Bagi Wanita, Haruskah?

• Download PDF Buku Khusyu Dalam Shalat • Download PDF Buku Kiat-kiat Syar`i Hindari Riba • Download PDF Buku Kitab Fiqih Pertama Dalam Potret Sejarah • Download PDF Buku Klasifikasi Shalat Sunnah & Keutamaannya • Download PDF Buku Kondangan ke Gereja • Download PDF Buku Konsep Ekonomi dalam Al-Quran • Download PDF Buku Kontroversi Akad Muallaq dan Aplikasinya pada Lembaga Keuangan Syariah • Download PDF Buku Kumpulan Tanya Jawab Seputar Darah Nifas • Download PDF Buku Kupas Habis Hukum Iddah Wanita • Download PDF Buku Kupas Habis Hukum Iddah Wanita (3) • Download PDF Buku Kupas Habis Hukum Iddah Wanita 2 • Download PDF Buku Kupas Tuntas Fidyah • Download PDF Buku Kupas Tuntas Qunut Subuh • Download PDF Buku Kupas Tuntas Syariat Aqiqah • Download PDF Buku Lagu, Nyanyian dan Musik, Benarkah Diharamkan?

• Download PDF Buku Larangan-larangan Wanita Haidh • Download PDF Buku Madinah Era Kenabian • Download PDF Buku Madzhab Talfiq Zakat Fitrah • Download PDF Buku Madzhabmu Rasulullah? • Download PDF Buku Makan dan Minum Sambil Berdiri, Haramkah? • Download PDF Buku Makmum Masbuk • Download PDF Buku Mana Dalilnya 1; Seputar Permasalahan Ziarah Kubur, Tawassul, Tahlil • Download PDF Buku Manfaat Mempelajari Ilmu Ushulul Fiqih • Download PDF Buku Manusia Yang Tidak Seperti Manusia • Download PDF Buku Maqashid Syariah • Download PDF Buku Masalah Khilafiyah 4 Madzhab Terpopuler • Download PDF Buku Masuk Neraka Gara-gara Puasa Rajab?

• Download PDF Buku Maulid Nabi SAW Antara Sunnah & Bidah • Download PDF Buku Memahami Ayat-ayat Al-Quran Sesuai Dengan Konteks • Download PDF Buku Memanfaatkan Barang Gadai, Bolehkah? • Download PDF Buku Membaca Al-Quran Saat Haidh Bolehkah?

• Download PDF Buku Memberi Hadiah Kepada Pemberi Hutang, Riba Kah? • Download PDF Buku Memilih Mazhab Fiqih • Download PDF Buku Menakar Kufu Dalam Memilih Jodoh • Download PDF Buku Menempelkan Kaki Dalam Shalat: Haruskah? • Download PDF Buku Mengaji Kepada Ustadz Google?

• Download PDF Buku Mengenal Imam Suyuthi • Download PDF Buku Mengenal Lebih Dekat Imam Ghazali • Download PDF Buku Mengenal Lebih Dekat Mazhab Syafi`i • Download PDF Buku Mengenal Lebih Dekat MUI • Download PDF Buku Mengenal Tafsir Ahkam • Download PDF Buku Menggerakkan atau Menggerak-gerakkan Jari? • Download PDF Buku Sejarah rebo wekasan dalam islam Kitab ar-Ruh • Download PDF Buku Mengusap Sepatu Bukan Kaus Kaki • Download PDF Buku Menikahi Wanita Berzina dan Hamil • Download PDF Buku Menjawab Hujatan Musiman Untuk Hajatan Musiman • Download PDF Buku Menjawab Tuduhan Terhadap Fiqih • Download PDF Buku Meraih Lailatul Qadar Haruskah Itikaf?

• Download PDF Buku Mereka yang Boleh Tidak Puasa Ramadhan • Download PDF Buku Miqat di Jeddah Tidak Sah?

• Download PDF Buku Model Penulisan Kitab Hadits • Download PDF Buku Muslim Perkotaan: Antara Gairah Agama & Keterbatasan Ilmu • Download PDF Buku Najis Yang Dimaafkan • Download PDF Buku NASTAR (Nanya-nanya Seputar Ramadhan) • Download PDF Buku Nawaitu Shauma Ghadin Adakah Dalilnya • Download PDF Buku Negara Islam Dilema & Pro Kontra • Download PDF Buku Nikah Sebaiknya Kapan?

• Download PDF Buku Nikah Siri • Download PDF Buku Nuzul Al-Quran • Download PDF Buku Pakaian Syari: Harus Segitunya Kah? • Download PDF Sejarah rebo wekasan dalam islam Panduan Zakat Fitrah Versi Madhzab Syafii • Download PDF Buku Panduan Ziarah Kubur • Download PDF Buku Pembatal Puasa Ramadhan dan Konsekuensinya • Download PDF Buku Pencarian Dana Masjid di Jalanan Dalam Tinjauan Syariah • Download PDF Buku Pengantar Fiqih Jenazah • Download PDF Buku Pengantar Fiqih Muamalah • Download PDF Buku Pengasuhan Anak • Download PDF Buku Perbedaan Pendapat Ulama • Download PDF Buku Perempuan Haidh Masuk Masjid, Bolehkah?

• Download PDF Buku Perihal Penting Haji yang Sering Ditanyakan • Download PDF Buku Pernikahan Beda Agama di Dalam Al-Quran • Download PDF Buku Petunjuk Bagi Jamaah Haji dan Umroh • Download PDF Buku Posisi Tangan Saat Berdiri Shalat • Download PDF Buku Praktek Shalat Ied • Download PDF Buku Praktek Shalat Praktis Versi Madzhab Syafiiy Dari Takbir Hingga Salam • Download PDF Buku Praktik Mandi Janabah Rasulullah Menurut 4 Mazhab • Download PDF Buku Pro Kontra Maulid Nabi: Mencari Titik Kesepahaman • Download PDF Buku Pro Kontra Nasakh dalam Al-Quran • Download PDF Buku Pro Kontra Tahlilan dan Kenduri Kematian • Download PDF Buku Pro Kontra Tawassulan • Download PDF Buku Problem Bagi Waris Suami Istri • Download PDF Buku Puasa: Antara Yang Masyru` dan Tidak Masyru` • Download PDF Buku Puasa: Syarat Rukun & Yang Membatalkan • Download PDF Buku Qadha Shalat Yang Terlewat: Haruskah?

• Download PDF Buku Qawaid Fiqhiyyah Sebagai Formulasi Hukum • Sejarah rebo wekasan dalam islam PDF Buku Qiyamul Lail dan Ramadhan • Download PDF Buku Qiyas Sumber Hukum Syariah Keempat • Download PDF Buku Ragam Bacaan Shalat • Download PDF Buku Ragam Doa Iftitah • Download PDF Buku Rahasia Puasa dan Zakat (Petikan Ihya) • Download PDF Buku Rajab, Keutamaan & Hukumnya • Download PDF Buku Ramadhan Antara Syariat dan Tradisi • Download PDF Buku Rebo Wekasan • Download PDF Buku Referensi Bagi Hakim Peradilan Agama Tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga • Download PDF Buku Risalah al-Khatam (Fiqih Cincin) • Download PDF Buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap • Download PDF Buku Risalah Ubudiyah: Telaah Analitis Komparatif Kitab Fiqhul Manhaji • Download PDF Buku Risalah Untuk Kaum Muslimin • Download PDF Buku Rukhshah Dalam Tinjauan Syariah • Download PDF Buku Rumus Haidl • Download PDF Buku Saat Tradisi Menjadi Dalil • Download PDF Buku Salah Paham Terhadap Al-Quran • Download PDF Buku Sejarah Al-Quran • Download PDF Buku Sejarah Pembentukan Kalender Hijriyah • Download PDF Buku Sejarah Perkembangan Madzhab Syafii • Download PDF Buku Sejarah Tarawih • Download PDF Buku Sekilas Tentang Kitab Al Umm Karya Imam Syafii • Download PDF Buku Selayang Pandang Prinsip Ekonomi Islam • Download PDF Buku Sentuhan Suami-Isteri, Apakah Membatalkan Wudhu • Download PDF Buku Sepatu dari Kulit Babi • Download PDF Buku Serba-serbi Fiqih Keguguran • Download PDF Buku Serba-Serbi Shalat Istikharah • Download PDF Buku Serba-serbi Sujud Sahwi • Download PDF Buku Serba-Serbi Sujud Tilawah • Download PDF Buku Serial Hadist Nikah 1: Anjuran Menikah & Mencari Pasangan • Download PDF Buku Serial Hadist Nikah 2: Cinta Terlarang • Download PDF Buku Serial Hadist Nikah 3: Melamar & Melihat Calon Pasangan • Download PDF Buku Serial Hadist Nikah 4: Mahar Sebuah Tanda Cinta Terindah • Download PDF Buku Serial Hadist Nikah 5: Wali Nikah • Download PDF Buku Serial Hadist Nikah 6: Hak dan Kewajiban Suami Istri • Download PDF Buku Setelah Adzan Maghrib Mengapa Langsung Iqamah?

• Download PDF Buku Shalat di Kendaraan • Download PDF Buku Shalat di Masjid Yang Ada Kuburannya • Download PDF Buku Shalat Jenazah Yang Sudah Dimakamkan • Download PDF Buku Shalat Lihurmatil Waqti • Download PDF Buku Shalat li-Hurmatil-Waqti • Download PDF Buku Shalat Musafir • Download PDF Buku Shalat Orang Sakit • Download PDF Buku Shalat Qashar Jama' • Download PDF Buku Shalat Tarawih Menurut Tuntutan Rasulullah • Download PDF Buku Siapa Ahli Waris Kita?

• Download PDF Buku Siapakah Amil Zakat? • Download PDF Buku Silsilah Tafsir Ayat Ahkam: QS Al-Baqarah: 21 • Download PDF Buku Studi Hadis Ekonomi Dalam Bermitra Usaha • Download PDF Buku Suara Wanita Auratkah? • Download PDF Buku Sudah Ada Quran Sunnah Mengapa Harus Ijtihad? • Download PDF Buku Sudah Dewasa Tapi Belum Diaqiqahi?

• Download PDF Buku Sudah Mandi Wajib Haruskah Wudhu Lagi? • Download PDF Buku Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Ilmu Fiqih • Download PDF Buku Syarat Sah Shalat Mazhab Syafii #1 • Download PDF Buku Syarat Sah Shalat Mazhab Syafii #2 • Download PDF Buku Tafsir Al-Baqarah 183 • Download PDF Buku Tafsir Ayat-Ayat Ahkam • Download PDF Buku Tafsir Surat Al-Fatihah • Download PDF Buku Tafsir Surat Al-Kautsar • Download PDF Buku Tahunan Jadi Muallaf, Apakah Menerima Zakat?

• Download PDF Buku Talfiq Antar Mazhab • Download PDF Buku Tarawih Lebih dari 11 Rakaat Bidah? • Download PDF Buku Tashwir: Seni Rupa Dalam Pandangan Islam • Download PDF Buku Tayammum: Tidak Mengangkat Hadats Hanya Membolehkan Shalat • Download PDF Buku Telapak Kaki Wanita Auratkah? • Download PDF Buku Teori Akad dalam Fiqih Muamalah • Download PDF Buku Terjamah - Fathul Qorib (Teks Arab) • Download PDF Buku Terjemah - Ar-Risalah Imam Syafi'i • Download PDF Buku Terjemah - Bahjatul Wasa'il • Download PDF Buku Terjemah - Durusul Fiqhiyyah - 4 • Download PDF Buku Terjemah - Fadli'lus Shalat (Melayu) • Download PDF Terjemah - Fathul Izar • Download PDF Terjemah - Fathul Qorib (Disertai Teks Arab) • Download PDF Buku Terjemah - Fiqhul Akbar Imam Syafi'i • Download PDF Buku Terjemah - Hikmatus Tasyri' • Download PDF Buku Terjemah - Matan Safinatun Najah • Download PDF Buku Terjemah - Safinatun Najah • Download PDF Buku Terjemah - Ushul Fiqh • Download PDF Buku Terjemah - Waroqot (dan Komentarnya) • Download PDF Buku Terjemah - Waroqot Ushul Fiqih (Matan) • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Peradilan, Persaksian dan Pembebasan Budak • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Sembelihan, Lomba, Sumpah & Nadzar • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Jihad • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Jinayat dan Qasamah • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Muamalat • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Nikah • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Waris dan Wasiat • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Zakat, Puasa-Haji • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Shalat • Download PDF Buku Terjemah Matan al-Ghayah wa at-Taqrib: Thaharah • Download PDF Buku Ternyata Isbal Haram, Kata Siapa?

• Download PDF Buku Terpapar Islam Radikal • Download PDF Buku Tidak Ada Label Halal MUI: Haram? • Download PDF Buku Tradisi Amaliyah Warga NU • Download PDF Buku Traveling Tanpa Mahram • Download PDF Buku Uang Muka Dalam Pandangan Syariat • Download PDF Buku Ushul Fiqih Mazhab Syafii • Download PDF Buku Wahabi Menuduh, NU Menjawab • Download PDF Buku Wajah Syariat Islam di Media • Download PDF Buku Wajibkah Bermazhab?

sejarah rebo wekasan dalam islam

• D ownload PDF Buku Waktu Shalat • Download PDF Buku Walimah Lebih Dari Dua Kali Haram? • Download PDF Buku Wanita Dalam Al-Quran • Download PDF Buku Wanita Hamil Atau Menyusui, Qadha Atau Fidyah?

• Download PDF Buku Wanita Yang Haram Dinikahi • Download PDF Buku Wudhu Rasulullah Menurut 4 Mazhab • Download PDF Buku Zakat Fitrah dan Ketentuan Amil • Download PDF Buku Zakat Rekayasa Genetika • Download PDF Buku Zakat Uang Peringatan kepada pembaca: Silakan download dan baca sejarah rebo wekasan dalam islam PDF buku fiqih dan ushul fiqih di atas.

Tapi harus kritis. Kadang Anda tidak bisa menerima apa yang ditulis oleh para penulis buku PDF di atas, entah karena alasan ideologi atau fanatisme madzhab. Baca: Toko Online Kitab Makna Pesantren dan Terjemah Kitab Fiqih Redaksi Duta Islam memutuskan untuk mengunggah semua file di atas dan bebas akses masyarakat luas sebagai bahan perbandingan.

Tujuannya, supaya kita semua tetap moderat dalam berfiqih. Soal tauhid, nanti dulu. Harus tegas mestinya. [ dutaislam.com/ab]

GUS BAHA (SEJARAH RABU WEKASAN)




2022 www.videocon.com