Cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Salah satu penyakit yang sering dialami banyak orang saat musim pancaroba atau pergantian cuaca adalah flu yang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Meski terkesan sepele, hidung tersumbat cukup meresahkan karena dapat mengganggu aktivitas harian. Gejala ini berimplikasi langsung terhadap saluran pernapasan sehingga membuat kita mudah lelah.

Pada umumnya, kemunculan hidung tersumbat akibat adanya inflamasi dan juga penyumbatan di hidung. Penyebab hidung tersumbat ini biasanya merupakan kondisi-kondisi kesehatan yang tidak terlalu parah.

Penyakit-penyakit yang sering memunculkan hidung tersumbat seperti: pilek, flu, dan adanya infeksi di sinus. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan hidung mampet selama beberapa minggu. Tidak hanya itu, ada beberapa kondisi para yang juga menjadi penyebab terjadinya penyumbatan di hidung.

Penyakit-penyakit para yang menjadi penyebab hidung tersumbat, antara lain: alergi, alergi di hidung, tumbuhnya polip aau tumor jinak di hidung, paparan kimia, iritasi dari udara atau lingkungan, dan infeksi sinus yang sudah berlangsung lama atau sinusitis kronis.

1. Mandi dengan Air Hangat Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Uap dari air akan membantu menipiskan lendir pada hidung. Selain itu, uap juga bisa mengurangi peradangan. Ini bisa meredakan keluhan hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu. 2. Kompres dengan Air Hangat Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mengompres kepala menggunakan air hangat. Metode ini bisa membuka saluran pernapasan dari luar. Tips ini mudah, cukup rendam kain atau handuk terlebih dulu dengan air panas atau hangat.

Berikutnya, Anda bisa memeras handuk tersebut lalu lipat dan letakkan di atas dahi atau hidung. Air dengan suhu tinggi akan meresap ke dalam pori-pori, memberikan rasa nyaman dan meredakan inflamasi pada hidung. Untuk melakukan cara ini Anda harus mengompres kepala secara berkala. 3. Mengoleskan Minyak Kayu Putih di Bagian Hidung Di antara fungsi dari minyak kayu putih adalah mengatasi hidung tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat ini sejatinya sudah diterapkan oleh orang-orang terdahulu dalam meredakan pilek dan gangguan hidung lainnya. 4. Mengonsumsi Obat Alergi Mengonsumsi dekongestan atau obat-obatan untuk alergi seperti antihistamin. Obat hidung tersumbat jenis ini bisa mengurangi terjadi pembengkakan di saluran pernapasan.

Obat-obatan tersebut mampu ntuk mengatasi hidung tersumbat berikutnya. Selain itu gabungan dari dekongestan dan antihistamin bisa meredakan tekanan sinus dan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Tetap saja, kamu harus mengikuti takaran yang dianjurkan agar tidak mengalami overdosis. Untuk minum obat alergi, Anda dianjurkan meminum obat ini saat tidak sedang beraktivitas berat. 5. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak Banyak orang yang meremehkan konsumsi air putih secara rutin. Apabila diperhatikan kegunaan air putih sangat mujarab untuk mengobati hidung tersumbat dan sebagai daya tahan tubuh.

Biarkan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, karena ini bisa membantu mengencerkan lendir. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat Berikut ini adalah beberapa obat-obatan yang bisa digunakan untuk pengobatan hidung tersumbat: 1.

Nasal Spray Obat semprot hidung ini dapat menjadi pilihan mengatasi hidung mampet sebelah. Cairan ini bisa disemprotkan langsung ke bagian dalam area hidung. Setelah pemakaian, area di dalam hidung akan menjadi lembab dan lendir yang menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah keluar dan membuat hidung tidak tersumbat lagi. Nasal spray biasanya terbuat dari larutan garam dan tergolong aman.

Namun jika ingin menggunakan nasal spray tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari penggunaan obat ini.

2. Nasal Dekongestan Cara mengatasi hidung tersumbat dengan obat kimia berikutnya adalah dengan nasal dekongestan. Cairan ini tergolong sebagai obat yang bisa mengurangi pelebaran pada pembuluh darah di area hidung.

Cara ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi gejala hidung tersumbat yang menggangu. Nasal dekongestan memiliki kandungan Oxymetazoline yang bermanfaat meredakan hidung tersumbat akibat alergi, flu dan sinusitis.

3. Cairan Saline Cairan saline adalah obat semprot atau tetes hidung yang mengandung larutan air garam. Obat ini bekerja dengan cara melembapkan dinding saluran pernapasan dan melunakan ingus, sehingga mencegah terbentuknya kerak dalam hidung.

4. Dekongestan Dekongestan memiliki sifat yang bisa membantu mengurangi pembengkakan di hidung. Pembengkakan ini biasanya menyebabkan hidung tersumbat. Ada dua jenis obat dekongestan yang bisa digunakan, yakni dalam bentuk oral dengan cara diminum dan nasal yang disemprotkan ke hidung. Demikianlah berbagai macam cara mengatasi hidung tersumbat, baik menggunakan bahan alami ataupun obat kimia agarsegera sembuh dan kembali ke aktivitas normal.

• Wabah Hepatitis Akut Disebut Efek Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan Ahli • Heboh BBM Air Nikuba, Ahli Sebut Sulit Proses Air Menjadi Energi • Elektabilitas Tiga Capres 2024 Makin Tinggi, Ini Harta Kekayaannya • Fakta Terkini Hepatitis Akut, Gejala hingga Dugaan Penyebabnya • Kasus Baru Covid-19 Mencapai 218 Orang, Ini Sebarannya Merdeka.com - Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan beberapa metode alami.

Hidung tersumbat merupakan kondisi yang cukup mengganggu. Sebab, selain menyebabkan kesulitan bernapas, hidung tersumbat juga terkadang bisa menyebabkan sakit kepala. Hidung tersumbat bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Salah satunya iritasi karena menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau paparan asap rokok.

Hidung tersumbat terjadi karena adanya peradangan di saluran pernapasan sehingga struktur di dalam hidung mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu (selesma), alergi, maupun infeksi sinus (sinusitis). BACA JUGA: Penyebab Flu Berkepanjangan yang Patut Diketahui, Atasi Secepatnya 5 Hal yang Harus Dijaga Kebersihannya Agar Kamu Tidak Tertular Flu Cara menghilangkan hidung mampet berikutnya adalah dengan menghirup uap panas dari air rebusan.

Anda dapat menggunakan air biasa atau air yang sudah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, atau diteteskan dekongestan alami, seperti minyak kayu putih. Agar lebih praktis, anda bisa menggunakan balsam yang mengandung bahan alami seperti eucalyptus oil, menthol dan camphor. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh balsam ke air hangat, lalu hirup uapnya selama 10-20 menit.

BACA JUGA: Australia akan Hidup Berdampingan dengan Covid-19 dan Anggap Seperti Flu Adakah Manfaat dari Minum Air Hangat saat Batuk? 2. Mandi Air Hangat Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat ialah dengan mandi menggunakan air hangat.

Meski tidak menjamin akan menghilangkan hidung mampet seutuhnya, mandi air hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman selama beberapa saat. Hal ini dikarenakan air hangat bisa membantu mengencerkan lendir serta mengurangi peradangan di sinus.

Agar tubuh terasa lebih hangat dan nyaman, Anda juga bisa menggosokkan balsam yang mengandung camphor, eucalyptus oil, dan menthol pada pada area dada, leher, serta punggung. 3. Perbanyak Air Putih BACA JUGA: Misteri 'Flu Rusia' pada 1889, Virus Corona yang Belum Terungkap? Begini Cara Membedakan antara Flu dengan Pilek atau Selesma Hidrasi atau kecukupan cairan adalah satu di antara kunci untuk mengatasi hidung tersumbat. Jadi, pastikan Anda selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari, khususnya saat hidung sedang mampet.

Cairan akan membantu mengatasi peradangan serta mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Anda dapat menggunakan air dengan suhu biasa atau air hangat. 4. Semprot Hidung dengan Air Garam Langkah lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah melakukan semprot hidung dengan air garam. Anda dapat menggunakan produk nasal saline spray yang memang mengandung air garam (saline). Cairan garam dapat membantu mengencerkan lendir serta melembapkan saluran pernapasan.

BACA JUGA: Perbedaan Flu Biasa dan Omicron yang Perlu Diketahui, Ketahui Setiap Gejalanya Kenali Cara Menjaga Tubuh dari Pilek pada Cuaca Tak Menentu Selain itu, Anda juga bisa mencoba berkumur dengan air garam.

Berkumur dengan air garam merupakan satu di antara cara mudah mengatasi hidung tersumbat, khususnya bila disertai keluhan lendir kental di belakang tenggorokan. 5. Pakai Minyak Kayu Putih ©Shutterstock Melansir Medical News Today, minyak kayu putih dibuat dari daun pohon eukaliptus. Menghirup minyak kayu putih dapat mengurangi peradangan pada lapisan hidung dan mempermudah pernapasan. Cukup tempatkan beberapa tetes minyak ke dalam panci berisi air mendidih dan hirup uapnya.

6. Keringkan Sinus Berikutnya, Anda bisa mencoba membersihkan lubang hidung yang tersumbat dengan neti pot. Neti pot adalah wadah yang dirancang untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung.

Penggunaan neti pot direkomendasikan untuk memakai air suling atau steril sebagai pengganti air keran. Berikut cara menggunakan neti pot: -Berdirilah dengan kepala di atas wastafel 2. - Tempatkan cerat neti pot di salah satu lubang hidung -Miringkan neti pot sampai air masuk ke saluran hidung -Setelah air mengalir ke lubang hidung, air akan keluar melalui lubang hidung yang lain dan mengalir ke bak cuci -Lakukan ini selama sekitar satu menit, lalu ganti sisi 7.

Konsumsi Makanan Hangat Mngonsum makanan hangat seperti sup juga dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat. Uap yang keluar dari sup bisa melegakan saluran pernapasan Anda.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Masuk Angin secara Alami, Efektif Seberapa Berbahaya Flurona, Kombinasi Flu dan Covid di Tengah Lonjakan Omicron Jahe juga bisa dimanfaatka untuk menghilangkan hidung tersumbat. Sebab, jahe memiliki sifat anti-bakteri yang menghangatkan. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif. Ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit.

Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu. 9. Cuka Apel Satu di antara khasiat cara cepat menghilangkan hidung tersumbat cuka apel yakni dapat melegakan hidung tersumbat.

Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir. Hanya saja, banyaknya cuka apel yang bisa dikonsumsi harus diperhatikan. Tidak boleh terlalu banyak. 10. Teh Herbal Selain cuka apel, ada pula teh herbal yang bisa dipakai sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan.

1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat! Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya
Pengobatan hidung tersumbat sering dicari oleh banyak orang, baik dewasa, bayi maupun anak kecil.

Banyak hal yang bisa menyebabkan hidung tersumbat itu. Salah satunya adalah penyakit pilek. Memang hidung tersumbat merupakan penyakit sepele namun jangan pernah meremehkan keluhan yang bisa terjadi ketika hidung tersumbat.

Orang yang terkena hidung tersumbat akan kesulitan bernafas dan tidak memiliki nafsu makan. Hal tersebutlah yang membuat orang dengan hidung tersumbat merasakan hal-hl yang kurang menyenangkan.

Hidung tersumbat juga sering dialami oleh bayi. Bayi dengan hidung tersumbat akan kesulitan bernafas sehingga bayi akan sering sekali rewel dan memangis. Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda lakukan : 1. Terapi Uap Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan terapi uap. Terapi uap ini bisa dilakukan untk mengatasi hdi g tersumbat pada bayi mupun pada orang dewasa. Uap yang dilakukan ni bermanfaat untuk melegakan slauran pernafasan sehingga ketika saluran pernafasan lega maka hidung menjadi tidak tersumbat lagi.

Bayi yang diobati menggunakan cara ini bisa lega sauran pernafasannya sehingga nafas enjaadi tidak grak grok lagi. Terapi uap ini merupakan terapi yang paling efektif dan paling aman jika dilakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat pada cara cepat menghilangkan hidung tersumbat. Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat dengan terapi uap yang bisa anda lakukan : • Tuangkan air yang panas ke dalam baskom yang besar.

• Setelah anda menuangkan air ke dalam baskom, anda bisa meneteskan sebanyak dua sampai dengan tiga tetes minyak kayu putih ke dalam baskom tersebut. Jika aroma belum keluar, anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom tersebut. • Setelah anda menghirup bau atau aroma minyak kayu putih, dekatkanlah kepala bayi anda ke baskom. Jangan terlalu dekat, anda bisa mengambil jarak sekitar 30 cm diatas baskom tersebut.

• Tutupi kepala bayi anda menggunakan handuk dan usahakan ssa handuk tersebut menutup baskom sehingga tidak banyak udara yang keluar. • Jangan terlalu lama menutup kepala bayi anda mengguakan handuk.

Lakukanlah selama 3 menit lamanya kepala anda menutupi handuk tersebut, jangan terlalu lama. ( Baca : Obat tradisional untuk batuk dan pilek – Penyebab pilek tidak kunjung sembuh – Cara menghilangka pilek ) 2. Menggunakan Magic Com Bagi anda yang memiliki bayi dan sedang pilek anda bisa menggunakan magic com untuk mengobati pilek pada bayi anda. Tentu anda bertanya-tanya apa hubungannya magic com dengan pilek yang diderita. Magic com ini merupakan alat terapi uap untuk meredakan saluran pernafasan yang bayi derita.

Caranya pun sangat mudah sekali yaitu seperti berikut ini : • Isi magic com dengan air mentah. • Teteskan beberapa tetes minyak kayu putih di dalam magic com tersebut. • Setelah itu nyalakan magic com yang anda miliki sehingga posisinya berada di bagian magic cooking bukan di magic warmer. • Letakkan magic com di dalam ruangan atau di dalam kamar anda. • Saat air mendidih, anda akan mencium aroma minyak kayu putih di dalam ruangan. • Uap yang berbau minyak kayu putih itu berguna untuk melegakan saluran pernafasan dan meredakan hidung yang tersumbat.

• Diamkanlah selama 30 menit, setelah 30 menit matikan magic com. • Ulangi cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar hidung yang tersumbat bisa segera diatasi atau dilegakan. ( Baca : Bahaya minyak bila diminum – Pertolongan pertama kena minyak goreng ) 3. Uap Kamar Mandi Anda bisa menggunakan kamar mandi yang tertutup untuk bisa engatasi hidung yang tersumbat.

Cara mengatasi hidung yang tesumbat menggunakan uap akmar mandi ini termasuk mudah. Anda yang menggunakan bath up bisa menyalakan air hangat di bagian shower cara cepat menghilangkan hidung tersumbat. Setelah itu tuangkanlah beberapa tetes minyak kayu putih.

Anda bisa mendekatkan muka anda di bath up kemudian anda bisa menghirup uap yang ada di bath up itu agar saluran pernafasan anda menjadi lancar. Saat menghirup uap kamar mandi yang ada disitu sebaiknya anda mengambil nafas dalam-dalam terlebih dahulu. Setelah itu hembuskan secara perlahaan. Lakukanlah cara ini sebanyak cara cepat menghilangkan hidung tersumbat menit lamanya agar saluran pernafasan anda menjadi lancar.

4. Minyak Kayu Putih Untuk meredakan hidung tersumbat lainnya adalah anda bisa menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih yang bisa anda gunakan untu k meredakan masuk angin ini bisa membantu anda untuk meredakan hidung tersumbat yang anda alami. Cara cepat menghilangkan hidung tersumbat yang tersumbat ini bisa diredakan dengan mengoleskan minyak kayu putih di batang hidung anda.

Batang cara cepat menghilangkan hidung tersumbat anda yang tersumbat akan terasa hangat jika dioleskan minyak kayu putih itu sehingga rasa hangat itu akan membuat sumbatan pada hidung anda akan sedikit berkurang. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih sebelum anda tidur sehingga saat tidut hidung anda akan terasa hangat. Baca : Ciri ciri masuk angin – Cara mencegah masuk angin – Cara mengobati masuk angin 5. Bawang Merah Selama ini bawang merah memang tidak hanya berguna untuk bumbu dapur semata namun bawang merah juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Saah satu khasiat abwang merah untuk kesehatan aalah bawang merah titu bisa meredakan masuk angin dan untuk menghangatkan badan.

Tidak hanya itu saja, bawang merah pun dipercaya bisa digunakan untuk meredakan hidung yan tersumbat. Meredakan hidung tersumbat menggunakan bawang merah dipercaya sangat efektif dan cepat dalam mengatasi dhiung yang tersumbat terutama pada anak bayi di bawah dua tahun. Cara meredakan hidung tersumbat menggunakan bawang merah ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini : • Siapkan satu siung bawang merah berukuran sedang.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

• Kupas bawang merah kemudian parut. • Tambahkan dua tetes minyak telon atau minyak kayu putih. • Pupukkan parutan bawang merah itu di ubun-ubun kepala bayi. • Lakukan cara ini saat malam hari dan sebelum tidur agar pernfasan bayi saat malam hari tidak terganggu. 6. Humidifier Cara selanjunya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hiduung tersumbat adalah dengan menggunaan humidifier. Humidifier yang anda letakan di kamar dipercaya bisa membuat saluran pernafasan anda menjadi lancar dan tidak tersumbat.

Tahukah anda apakah humidifier itu?, humidifier merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk melembbakan udara. Udara kering yang ada di dalam ruangan bisa menyebabkan saluran pernfasan semakin cara cepat menghilangkan hidung tersumbat parah.

Menurut para ahli kesehatan, mereka mengemukakan bahwa tungkat kelembaban di dalam rumah harus sekitar 30 smpai dengan 50 persen. Menggunakan humidifier yang dipasang di dalam ruangan anda menyebabkan kelembaban yang ada di dalam rumah anda semakin bertambah.

Sehingga udara menjadi tidak kering dan hidung tersumbat pun tidak semakin bertambah parah. 7. Soup Hangat Mengkonsumsi sup hangat maupun makanan yang hangat bisa menghilangkan hdiung tersumbat pada slauran pernafasan anda.

Soup hangat itu selain bisa digunakan untuk menghilangkan maslaah hidung tersumbat, soup hangat juga bisa digunakan untuk mengatasi masuk angin dan mual-mual. Anda bisa mengknonsums soup hangat sayuran maupun soup daging yang kaya akan nutrisi. Baca : Penyebab mual setelah berolahraga – Penyebab mual setelah mengkonsumsi kopi – Sering mual setelah makan 8. Cabai Semua masyarakat yang ada di Indonesia ini menyukai cabai.

Bahkan mereka suka memakan makanan yag pedas. Sayangnya terlalu banyak mengkonsumsi cabai tidak bagus untuk kesehatan. Selain bisa menyebabkan perut terasa panas, mengkonsumsi cabai bisa melegakan saluran pernafasn dan menghilangkan hidung yang tersumbat.

Kandungan capsicum yang ada pada cabai dipercaya bisa merangsang lendir yang menyebbakan hidung menjadi tersumbat. Orang yang memakan cabai akan berkeringat dan orang yang mengkonsumsi cabai akan mengeluarkan ingus cair dari hidungnya.

Jika ingus keluar maka hdiung pun menjadi tidak tersumbat kembali. 9. Bantal Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya adalah anda bisa menggunakan bantuan bantal untuk mengatasinya.

Ketika anda tidur, ana tentu akan merasaka kesulitan bernafas jika saluran nafas anda setara dengan dada anda. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin melegakan saluran pernafasan anda bisa menggunakan bantal yang tinggi untuk melegakan saluran pernafasan anda.

Posisi kepala yang lebih tinggi dibandingkan dada bisa membuat saluran pernafasna menjadi lebih lancar sehingga anda bisa lebih mudah bernafas dibandingkan posisi tubuh anda sejajar dengan dada anda. 10. Bawang Putih Tidak hanya bawang merah saja yang bisa melegakan salauran pernafasan anda, namun bawang putih pun bisa melegakan saluran pernafasan anda.

Kandungan senyawa allicin pada bawang putih dipercaya bisa melegakan saluran pernafasan. Cara melegakan saluran pernafasan menggunakan bawang putih ini pun sangat mudah sekali yaitu dengan mengiris bawnag putih tipis-tipis kemudian menciumnya secara perlahan. Hidung anda yang tersumbat pun bisa diatasi menggunakan bwang putih tersebut. Baca : Efek samping bawang putih – Bahaya bawang putih mentah 11. Jalan-jalan Jika anda merasakan hidung tersumbat pada malam hari namun anda merasakan tidak lelah atau tidak lemas anda bisa melakukan aktivitas fisik yang ringan sepeti jalan-jalan ringan di malam ahri.

Anda bisa mengelilingi rumah anda menggunakan kaki anda. Olahraga yang ringan ini bisa membuat hidung tersumbat anda perlahan-lahan menghilang. Jalan-jalan dan olahraga yang ringan bisa membuat sirkulasi udara yang ada di dalam tubuh anda menjadi lancar.

Ketika sirkulasi udara yag ada di dalam tubuh anda lancar maka hidung tersumbat pun bisa diatasi. 12. Membuang Ingus Solusi cepat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat adalah dengan membuang ingus tersebut. Hal ini bisa dilakukan bagi orang yang sedang terkena flu. Sayangnya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan membuang ingus tersebut.

Cara cepat menghilangkan hidung tersumbat hidung anda tersumbat sebaiknya jangan terlalu kers membuang ingus anda. Terlalu keras membuang ingus anda justru akan merobaek slauran sinus anda.

Ketika sauran sinus anda robek anda rawan untuk terkena penyakit sinusitis. Baca : Gejala sinusitis – Penyebab sinusitis – Ciri ciri sinusitis 13. Dekongestan Cara mengatasi hidung tersumbat yang lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan dekongestan. Dekongestan ini bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat setelah anda membuang ingus anda. Dekongestan itu berfungsi agar saluran pernafasan terutaam sinusitis anda tidak terluka akibat anda membuang ingus secara kasar.

Dekongestan ini bisa anda beli tanpa resep dokter. Di dala dekongestan terdapat pseudophedrine dan phenylephrine. Kedua bahan tersbut sagat efektif untuk meredakan gejala hidung tersumbat. Berikut ini adalah cara dekongestan untuk meredakan hdiung yang tersumbat : • Disemprot. Deongestan seperti naphazoline, oxymetazoline bisa disemprotkan ke lubang hidung untuk mengatasi hdiung yang tersumbat. Sayangnya semprotan dekongestan ini tidak bisa digunakan secara terus menerus.

Anda tidak bisa menggunakan semprotan ini lebih dari tiga hari lamanya sebab jika digunakan lebih dari 3 hari lamanya, dekongestan itu justru bisa memperpaah kondisi hidung tersumbat yang anda derita. • Obat oral. Ada dekongestan yang digunakan sebagai obat oral untuk meredakan hdiung yang tersumbat. Isanya obat hidung tersumbat berupa dekongestan bisa dengan mudah anda jumpai dama bentu tablet. Anda bisa mengkonsumsi tablet dekongestan itu sebanyak tiga kali dalam sehari agar hidung tersumbat anda segera menghilang dan anda bisa bernafas dengan lancar kembali.

14. Larutan Garam Anda bisa membeli larutan garam ke apotek atau ke toko obat. Ada larutan garam yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Larutan garam itu sangat efektif untuk mengencerkan ingus yang ada di slauran pernafasan anda. Saluran pernafasan anda akan menjadi lega ketika ingus mencair dan bisa keluar. Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan larutan garam ini adalah sebagai berikut ini: • Tuangkan setengah sendok teh larutan garam di cangkir.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

• Tuangkan air hangat sedikit ke dalam arutan gambar tersebut. • Aduk secara merata kemudian ambil air larutan garam itu menggunakan pipet. cara cepat menghilangkan hidung tersumbat Masukkan pipet yang berisi cairan garam ke salah satu lubang hidung anda.

• Masukann lagi pipet yang berisi cairan larutan garam ke lubang hidung anda yang satunya lagi secara bergantian, jangan melakukannya secara bersama-sama sebab jika dilakuka secara bersama-sama lubang hidung tidak akan bisa bernafas. ( Baca : Bahaya konsumsi garam berlebihan – Bahaya garam bagi penderita hipertensi ) 15. Vapor Rub Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yang lainnya adalh dengan menggunakan vapor rub.

Anda bisa meletakan vapor rub itu di dada anda sehingga dada anda terasa hangat. Saat dada anda terasa hangat aka hidung anda yang tersumbat pun bisa menghilang. 16. Neti Pot Untuk mengatasi hidung anda yang tersumbat anda bisa menggunaka neti pot untuk melegakan saluran pernafasan anda. Anda bisa mengarii hidung anda menggunakan neti pot. Mengarii hidung anda termasuk dalam cara alami dan bebas obat-obatan. Kerja neti pot ini adalah menipiskan caira lendir yang ada di hidung kemudian mengeluarkannya melalui rongga hidung.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika menggunakan neti pot : • Ikuti semua petunjuk yang ada di dalam neti pot. Semua neti pot dilengkapi degan petunjuk yang jelas dan lugas. Neti pot tu nantinya akan diberian larutan berisi garam yang dibeli di apotek.

• Miringkan kepala nada dengan membentuk sudut sekit 45 derajat dan arahkanlah arah ujung neti pot ke salah satu lubang hidung anda. Larutan garam yang ada di dalam neti pot itu akan masuk dan mengalir ke dalam hidng anda atau ke salah satu lubang hidung anda.

• Jika larutan yang ada di dalam neti pot masuk ke dalam mulut anda bisa meludahkannya, jangan sampai anda menelan larutan neti pot tersebut. • Hembuskanlah hidung dan ulangilah proses tersebut sampa hidung anda terbebas dari ingus atau lendir yang menghambat pernafasan anda. • Anda bisa mengatasi idung tersumbat menggunakan neti pot ini sebanyak tiga kali daam seminggu.

Jangan terlalu sering agar rongga hidung anda menjadi tidak terganggu.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

17. Buncis Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat adalha dengan menggunakan sarung buncis. Mungkin anda merasa aneh dengan sarung buncis tersebut, namun sarung buncis merupakan cara yang efektif dan alami untuk melegakan saluran pernafasan yang anda derita. Cara membuat sarung buncis yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adaah sebagai berikut ini : • Masukkan kacang buncis ke dalam sarung.

• Kemudian jahit bagian sarung yang terbuka. • Masukkanlah sarung buncis itu ke dalam oven smaksimal 2 menit lamanya. • Setelah hangat anda bisa menempelkan sarung buncis itu ke bagian batang hidung anda selama 25 sampai dengan 30 menit lamanya. • Dalam satu kali waktu anda bisa mengangkatnya selama 5 sampai dengan 10 detik lamanya.

Jeda tersebut diguakan untuk menghindari panas berlebihan di batang hidung anda. ( Baca : Manfaat buncis – Manfaat kacang hijau bagi penderita kista ) 18. Akupresur Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menghilangan hdiung tersumbat yang anda alami adalah dengan akupresur. Memang cara ini merupakan cara yang sedikt kuno namun tindakan akupresusr ini bisa diunakan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Ketika anda bosan untuk mengkonsumsi obat setiap hari anda bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan hidung yang tersumbat.

Cara ini merupakan cara yang cara cepat menghilangkan hidung tersumbat leh orang di jaman dahulu untu mengatasi hdiung yang tersumbat. Anda bisa meluangkan sedikit waktu anda untuk melakukan akupresur ini. Akupresur harus dilakukan secara tepat agar bisa berfungsi untuk menghianggkan hidung tersumbat yang ada di dalam diri anda. Berikut in adaah cara akupresur yang efektif dan benar untuk menghilangkan hdiung tersumbat yang anda alami : • Letakkanlah kedua jari telunjuk anda di kedua cekungan kedua mata anda, letakkanlah telunjuk itu tepat di bagian atas hidung anda nmun jangan di atas alis tapi di bawah alis.

• Lakukanlah gerakan memutar ke bagian luar wajah, mulailah memjit bagian sinus anda di sekitar mata degan memijatnya. Anda bisa menggunakan bantuan jari-jari tangan agar bisa memijat bagian sinus anda dengan benar dan efektif.

• Setelah itu tempatkanlah kedua jari telunjuk di bagian luar mata anda. Lakukanlah gerakan memutar lagi dengan arah ke bagia luar wajah dengan memijitnya menggunakan jari-jari tanga anda. • Langah terakhir adalah dengan menempatkan kedua ibu jari anda ke kedua tulang pipi anda.

Kemudian anda bisa memijat tulang pipi anda dengan melakukan gerakan ke arah luar wajah aau ke luar pipi menggunakan batuan jari-jari tangan anda. • Lakukanah cara itu sebanyak 30 detik lamanya. • Ulangilah pijatan ini samai bagian sinus anda cukup lega untuk bernafas.

Anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dlaam sehari. 19. Hindari Susu Agar pernafasan anda tidak semakin terasa berat dan tersumbat anda bisa menghindari susu. Susu ini tidak hanay sebatas mitos saja, namun para dokter mengatakan banyyak orang yang merasa hidungnya tersumbat saat dia mengkonsumsi susu. Oleh sebab itu jika hidung anda sering tersumbat tidak ada salahnhya anda menghindari mengkonsumsi cara cepat menghilangkan hidung tersumbat agar nafas anda tidak menjadi tersumbat kembali.

Memang susu ini baik untuk kesehatan, namun bagi orang yang alergi protein susu tidak bagus untuk kesehatannya. Baca : Khasiat susu sapi murni 20. Minum Teh Hangat dengan Madu Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat anda adalah dengan minum teh dengan madu.

Teh hangat yang dicampurkan dengan madu bisa membuat tubuh anda tercukupi cairannya. Teh ddengan madu yang bisa melembabkan tenggorokan ini dipercaya mampu mengatasi radang ternggorokan dengan hidung yang tersumbat. Teh dengan madu akan lebih efektif lgi jika dicampurkan dengan perasan air jeruk nipis.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Cara pembuatannya pun sangat mudah sekali yaitu buatlah teh hangat seperti biasa di dalam cangkir, kemudian tambahkan satu sendok makan madu. Setelah itu tambahkan perasan air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh ke dalam cangkir tersebut. Aduk hingga merata kemudian minum tiga kali cara cepat menghilangkan hidung tersumbat sehari. Baca : Bahaya es teh manis – Bahaya minum teh – Manfaat madu untuk penderita batu ginjal – Manfaat madu untuk penderita insomnia Itulah cara mengatasi hidung tersumbat bagi bayi dan orang dewasa yang anda coba.

Jika tidak kunjung sembuh anda bisa mengunjungi dokter untuk memastikan bahwa hidung tersumbat anda bukanlah efek dari penyakit lain seperti sinusitis atau lain sebagainya. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya! Merdeka.com - Bersin dan hidung tersumbat merupakan reaksi umum dari individu yang memiliki alergi. Kondisi tersebut tentu saja membuat bernapas jadi tidak nyaman. Hidung juga merupakan kondisi kongesti karena terjadinya penumpukan lendir dan kelainan. Kebanyakan orang akan mengonsumsi obat flu atau pereda hidung tersumbat.

Padahal masih banyak cara-cara yang lebih alami untuk mengatasinya, yang mana kamu tidak perlu mengonsumsi obat-obatan. Selain tidak menimbulkan efek samping berbahaya, di kemudian hari, memanfaatkan bahan-bahan alami juga tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Sebab, kamu bisa menemukan bahan-bahan alami tersebut di sekitar tempat tinggalmu dengan harga yang relatif lebih murah. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat bisa dengan air hangat, minum banyak air, atau mengompresnya dengan air hangat. 1. Pijat Hidung Cara menghilangkan hidung tersumbat yang pertama adalah dengan melakukan pemijatan hidung ketika hidung sedang tersumbat.

Terlihat sederhana, tetapi cara ini efektif melegakan dan merileksasi hidung yang tersumbat. Pemijatan beberapa bagian hidung dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi. Sekaligus membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di hidung Caranya sangat mudah kamu hanya perlu memijat hidung dengan jari telunjuk, lalu beri pijatan pada bagian tepi hidung selam 30 detik.

Ulangi cara ini beberapa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah untuk dikeluarkan. BACA JUGA: Cara Membuat Larutan Saline untuk Bayi, Atasi Hidung Tersumbat Si Kecil dengan Aman Penyebab Pangkal Hidung Terasa Sakit yang Jarang Diperhatikan, Jangan Anggap Sepele Cara membuat uap dari rebusan herbal ini sangat mudah. Hanya perlu memasukkan tiga sendok teh thyme kering dan tiga sendok teh pepermin ke dalam mangkuk. Lalu seduh dengan air mendidih dan hirup uapnya sampai hidung terasa lebih baik.

3. Pelembap Udara Gunakan pelembap udara atau humidifier untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara ini cukup efektif, mudah, dan cocok untuk anak-anak. Pasalnya, udara lembap yang dihasilkan oleh humidifier dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus. Pelembap udara akan menipiskan lendir di sinus. Humidifier pun dapat menyaring udara yang ada di sekitar dan membuat udara menjadi lebih bersih dan segar.

Taruhlah humidifier di kamar untuk meredakan peradangan. BACA JUGA: Ingin Tidur Nyeyak saat Hidung Mampet? Ini Tips Mudah untuk kamu Terapkan 7 Gejala Sinusitis Kronis yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya Jika mengonsumsi cara cepat menghilangkan hidung tersumbat hangat, condong tubuh ke depan agar dekat dengan mangkuk sup.

Cara ini bisa membuat lendir ingus mudah keluar. Semangkuk sup hangat juga bisa memberikan efek sugesti emosi yang positif sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi lebih tenang. 5. Posisi Kepala Tinggi Cara menghilangkan hidung tersumbat juga bisa dilakukan di tempat tidur dengan meninggikan posisi kepala. Posisi kepala yang tinggi bisa dibantu dengan bantal.

Hindari posisi kepala dan tubuh berbaring lurus. Letakkan kepala lebih tinggi dari tubuh saat tidur bisa membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat karena lendir. Gunakan satu bantal tebal atau beberapa tumpuk bantal tipis untuk membuat posisi kepala dan saluran pernapasan lebih nyaman selama tidur. 6. Minyak Kayu Putih Aroma dan hangatnya minyak kayu putih terbilang manjur melegakan hidung tersumbat. Dorong wajah hingga berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Gantungkan handuk di atas kepala sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit. Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat, seperti infeksi sinus.

7. Jahe Instagram @rotiqunew ©2020 Merdeka.com BACA JUGA: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi, Bunda Tidak Perlu Khawatir Lagi Potret Carissa Putri Bersama 2 Putranya yang Ganteng-ganteng Banget Liburan ke Bali Cara menghilangkan hidung tersumbat juga bisa dengan memanfaatkan jahe. Pasalnya jahe terkenal memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif.

Konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Jahe ampuh hilangkan racun berlebihan dalam tubuh. Sementara cara cepat menghilangkan hidung tersumbat dan lemonnya akan membuat rasa jahe lebih bisa dinikmati dan tak terlalu pedas. Ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit.

Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu. 8. Cokelat Panas Berikutnya, cokelat panas juga ampuh melegakan cara cepat menghilangkan hidung tersumbat tersumbat. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang dimiliki dan sifat hangat yang merelaksasi.

Sebuah studi di Inggris pernah meneliti kaitan antara batuk dan teobromina, salah satu senyawa yang ditemukan dalam kakao. Dibandingkan dengan kodein, teobromina ditemukan lebih efektif dalam menekan batuk. Para peneliti menduga bahwa teobromina di sini bekerja di saraf vagus, yang dapat memicu batuk. ©2015 Merdeka.com/shutterstock 9. Semprotan Saline Larutan saline yang kemudian akan disemprotkan pada hidung akan membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung cara cepat menghilangkan hidung tersumbat.

Semprotan saline dapat kamu beli di apotek terdekat. 10. Cuka Apel Salah satunya khasiat dari cuka apel yakni dapat melegakan hidung tersumbat. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir.Hanya saja porsinya harus diperhatikan betul. Jangan berlebihan dan jangan kurang. ©2019 Merdeka.com/Pixabay Tujuannya agar dosis tepat bisa memengaruhi proses pemulihan pilek dengan maksimal.

Bagi yang enggak tahan dengan rasa asamnya, bisa menambahkan madu. 11. Teh Herbal Selain cuka apel, ada pula teh herbal yang juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan. ©Shutterstock 12. Garam Cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan garam.

Bisa dibilang garam termasuk obat alami pilek yang sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis. Berkumur dengan air garam bisa membantu melegakan hidung tersumbat.

Hal ini disebabkan karena air garam ampuh mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan. Hanya perlu melarutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air air hangat. Lalu, kumur-kumur air garam beberapa detik. Jangan ditelan, tetapi buang airnya. Lakukan saat tenggorokan gatal dan merasa gejala pilek mengganggu sekali. [nof] 1 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 2 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 3 Manisnya Bisnis Manisan Cianjur, Omzet Rp10 Juta Per Hari Sepekan Jelang Lebaran 4 7 Rekomendasi Body Lotion dengan Sensasi Dingin untuk Lembapkan Kulit di Cuaca Panas 5 Indahnya Masjid Kubah 99 Pinggir Pantai Makassar Karya Ridwan Kamil Selengkapnya
Hidung tersumbat disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, pembengkakan, serta iritasi yang terjadi akibat proses peradangan di rongga hidung.

Keluhan ini kerap kali disertai dengan banyaknya ingus atau lendir, yang tentu saja menambah lengkap ketidaknyamanan. Sampai disini, siapapun pasti mengupayakan berbagai cara untuk menghilangkan hidung tersumbat. Namun, bagaimana cara yang paling efektif? Produksi ingus atau lendir pada saat flu atau sejenisnya, sejatinya dilakukan tubuh sebagai upaya untuk mengusir agen penyakit atau penyebab masalah.

Namun, apabila hal ini dirasa sangat mengganggu bahkan hidung tersumbat terus terjadi, maka kita harus mengatasinya dengan cara yang benar. Jangan salah, cara sembarangan dalam menghilangkan hidung tersumbat, justru malah akan memparah kondisinya. Bagaimana hidung tersumbat bisa terjadi ? Mengetahui proses terjadinya suatu penyakit akan sangat bermanfaat dalam membantu pengobatan, termasuk masalah hidung tersumbat ini. Gangguan hidung tersumbat seringkali muncul akibat infeksi virus, misalnya pada common cold dan flu; akibat reaksi alergi, dan juga iritasi.

Semua penyebab di atas akan memicu reaksi peradangan yang menimbulkan berbagai gejala. Ketika radang terjadi, maka pembuluh darah di rongga hidung menjadi berukuran besar atau melebar, jaringan di sekitarnya pun menjadi membengkak hingga menutup aliran udara. Keluhan lain yang menyertai diantara; hidung terasa gatal yang memicu bersin-bersin, dan produksi lendir atau ingus menjadi lebih giat.

Umumnya kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya, namun bila hidung tersumbat tak kunjung sembuh dalam waktu 1 minggu, maka penyebabnya bisa cara cepat menghilangkan hidung tersumbat karena sinusitis akut, udara kering, perubahan hormon, asma, kehamilan, stres, gangguan tiroid, asap rokok, atau lainnya. Ada pula hidung tersumbat menahun, hal ini bisa terjadi akibat polip atau tumor.

Untuk mengatasi hidung tersumbat seperti ini, maka Anda harus ke dokter. Seperti apa hidung tersumbat yang bisa kita atasi sendiri di rumah? Kita sepakat bahwa hidung tersumbat jelas bikin tak nyaman, terkhusus bagi anak-anak saat mereka tidur.

Oleh karenanya, kondisi ini harus segera diatasi, sebab bila tidak, maka bisa muncul masalah kesehatan lainnya seperti infeksi telinga, insomnia, dan lain sebagainya. Untungnya ada berbagai cara menghilangkan hidung tersumbat yang mudah dilakukan di rumah. Cara ini ditujukan untuk keluhan hidung mampet yang baru terjadi, atau baru beberapa hari Anda alami. Cara mengatasi hidung tersumbat di rumah: 1.

Uap Panas Menghirup uap panas merupakan cara menghilangkan hidung tersumbat yang cukup populer. Hal ini dikarenakan uap panas bekerja seperti ekspektoran alami sehingga dapat membersihkan sekaligus melumasi saluran pernafasan yang teriritasi.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Prakteknya mudah saja, tinggal didihkan sepanci air, tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus, lalu hirup uapnya selama 10 menit. Saat menghirup uap panas, lakukan 2-4 kali dalam sehari, dan beri jarak antara kepala dan airnya agar tak terlalu dekat.

Jangan lupa hamparkan handuk di atas kepala untuk ‘menjebak’ uap panasnya. Menghirup uap dari humidifier atau air mandi panas juga dapat meredakan hidung tersumbat. Meski sederhana dan tergolong alami, namun metode ini tidak disarankan untuk anak usia di bawah 12 tahun karena risiko luka bakar. Larangan serupa berlaku juga untuk ibu hamil, penderita hipertensi, gangguan jantung serta sistem saraf pusat. 2. Terapi Irigasi Hidung Terapi ini menyertakan larutan garam yang juga efektif atasi hidung tersumbat.

Saat melewati rongga hidung, larutan ini akan membilas ingus, serta penyebab iritasi sehingga pernafasan lebih lega. Untuk menyiapkan larutan garamnya, masukkan 1 sdt garam tak beryodium (yodium dapat mengiritasi saluran hidung) ke dalam 2 cangkir air hangat.

Lalu pilih salah satu dari 2 metode populer berikut cara cepat menghilangkan hidung tersumbat melakukan terapi iritasi. • Gunakan Neti pot – miringkan kepala ke belakang dan perlahan tuang larutan ke salah satu lubang hidung. Biarkan air keluar melalui lubang hidung satunya. • Pilihan lain adalah dengan menuangkan larutan garam ke telapak tangan yang sudah dicuci bersih, lalu hirup air tersebut melalui lubang hidung secara bergantian.

Terapkan terapi irigasi hidung ini 1-2 kali sehari selama beberapa hari. 3. Perhatikan jenis makanan Mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai, jahe, dan bawang, juga bisa menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat.

Begitu pula dengan sup ayam, makanan sumber omega-3, dan vitamin C yang dapat mendongkrak sistem imun tubuh. Sebaliknya, hindari mengonsumsi produk susu, gula, kentang, dan sayuran berzat tepung agar produksi ingus tidak bertambah.

4. Tinggikan Kepala Seperti telah dijelaskan bahwa pelebaran pembuluh darah menjadi penyebab utama hidung tersumbat. Darah adalah cairan, tentu akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Jadi agar darah tidak banyak mengumpul di area hidung, tinggikan kepala saat berbaring. Cara sederhana ini akan membuat nyaman tidur Anda, karena terbebas dari hidung tersumbat.

5. Kompres Hangat Mengaplikasikan kompres hangat ke lubang hidung dapat membantu melancarkan hidung tersumbat karena saluran nafas terbuka. Suhu hangat akan meringankan peradangan serta dapat mengencerkan lendir. 6. Minum Lebih Banyak Air Air dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu mengencerkan ingus sehingga lebih mudah keluar. Dengan demikian saluran udara di hidung bisa lebih cepat bersih. 7. Banyak Istirahat Ketika hidung tersumbat, Anda juga mesti banyak istirahat agar tubuh cepat pulih.

Saat malam, taruhlah beberapa bantal di bawah kepala agar proses bernafas lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan pada poin 4 di atas. 8. Jauhi Alergen Beberapa kasus hidung tersumbat terjadi akibat proses alergi.

Alergi tidak akan terjadi ketika seseorang menghindari penyebabnya (alergen). Mengenai alergen ini, setiap orang yang alergi memiliki pemicu khasnya tersendiri, mislanya debu, bulu hewan, dan lain-lain.

9. Olahraga Teratur Olahraga teratur juga bisa mengobati hidung tersumbat dengan cepat dan alami. Namun sementara waktu, hindari berenang dalam kolam yang mengandung klorin karena zat ini dapat mengiritasi saluran hidung. Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan obat apotek: 1. Vicks VapoRub Vicks VapoRub merupakan produk dekongestan yang dapat dibeli di apotek.

Bahan aktif balsam seperti kapur barus, minyak eucalyptus, dan mentol dapat menghilangkan hidung tersumbat. Anda tinggal menggosokkan balsam ini ke dada, punggung, dan tenggorokan sebelum tidur agar pernafasan lebih lega dan tidur lebih nyenyak. Jangan gunakan balsam ini untuk anak yang usianya masih di bawah 2 tahun.

Cara lain adalah dengan mendidihkan air, lalu setelah apinya mati, masukkan sedikit Vicks VapoRub ke dalamnya. Dekatkan hidung ke atas uap panasnya sambil menudungi kepala dengan handuk lebar, tutup mata, lalu hirup uapnya selama beberapa menit. Ulangi sebanyak yang diperlukan. Metode ini tidak untuk anak yang usianya 12 tahun ke bawah. 2. Minyak Eucalyptus Berkat sifat dekongestan dan antiradangnya, minyak eucalyptus juga ampuh atasi hidung tersumbat serta batuk.

Anda tinggal menambahkan 3-5 tetes minyak eucalyptus ke dalam air mendidih. Gunakan handuk untuk menutupi kepala dan hirup uap panasnya perlahan melalui hidung selama 2 menit saja.

Tutup mata saat melakukannya 2 kali sehari. Anda juga bisa membubuhkan 1-2 tetes minyak eucalyptus ke saputangan bersih (atau sarung bantal), lalu hirup aromanya. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke dalam air, lakukan sekali sehari. 3. Dekongestan Dekongestan di apotek bisa muncul dalam bentuk semprot seperti naphazoline, cara cepat menghilangkan hidung tersumbat, maupun phenylephrine; atau pil seperti phenylephrine dan pseudoephedrine.

Anda tinggal baca aturan pakainya, namun ingat, jangan minum lebih dari 1 minggu tanpa periksa ke dokter.

Anda juga tidak disarankan mengunakan dekongestan semprot selama lebih dari 3 kali agar hidung tersumbat tak bertambah parah. Hindari memberikan dekongestan atau obat demam lain pada anak yang usianya masih di bawah 4 tahun. 4. Antihistamin Jika alergi adalah penyebab hidung tersumbat, maka Anda perlu obat antialergi yang mengandung antihistamin. Kandungan ini juga bisa ditemui dalam obat demam. 5. Obat Pereda Rasa Sakit Meski obat pereda rasa sakit seperti acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen tidak menghilangkan hidung tersumbat secara langsung, namun obat ini dapat meredakan sakit akibat tekanan pada sinus.

Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat Alami Selain kedua metode tadi, ada pula beberapa bahan alami yang disinyalir dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat. Beberapa di antaranya adalah: 1. Cuka Apel Cuka apel merupakan obat alami terbaik untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat.

Sifat dekongestan alaminya mampu mencerna ingus dan melegakan hidung tersumbat. Selain itu, kandungan potasium dalam cuka apel dapat mengeringkan hidung berair. Anda dapat menghilangkan hidung tersumbat dengan cuka apel menggunakan resep berikut: • Campurkan 2 sdm cuka apel (pilih yang raw/ mentah dan belum difilter) dan 1 sdm madu ke dalam secangkir air.

Minum larutan ini 2-3 kali sehari selama beberapa hari. • Tuang air dan cuka apel (perbandingan sama) dalam sebuah panci. Didihkan lalu hirup uapnya. Pastikan Anda menutup cara cepat menghilangkan hidung tersumbat saat melakukannya agar tidak tersengat. Lakukan 2- kali sehari atau sebanyak yang diperlukan. 2. Bubuk Cabai Bubuk cabai sangat efektif untuk menghilangkan hidung dan sinus yang tersumbat.

Semua ini berkat kandungan capsaicinnya yang bekerja sebagai dekongestan alami. Selain itu, sensasi pedas dari cabai juga bisa melancarkan keluarnya ingus dan alergen dari sinus. Anda tinggal menambahkan ½ sdt bubuk cabai ke dalam 1 sdm madu, lalu konsumsi itu beberapa kali sehari.

Pilihan lain adalah dengan mencelupkan sedikit ujung cotton bud ke dalam bubuk cabai, lalu perlahan masukkan itu ke lubang hidung guna merangsang terjadinya bersin. Meski nantinya mungkin ada sensasi terbakar, namun itu akan segera hilang bersamaan dengan ingus yang keluar.

Lakukan 2-3 kali sehari. 3. Bawang Putih Bawang putih mengandung antivirus, antibakteri, dan antijamur sehingga dapat melawan infeksi pernafasan penyebab hidung tersumbat. Selain itu, bawang putih juga bisa mengontrol produksi ingus yang berlebih serta mencegah infeksi.

Hal itu karena bawang putih merupakan pendongkrak cara cepat menghilangkan hidung tersumbat tubuh alami, maka otomatis bahan alami ini dapat mempercepat kesembuhan. Caranya: • Didihkan 2-3 siung bawang putih dalam 1 cangkir air. Anda juga boleh menambahkan ½ sdt bubuk kunyit. Minum 2 kali sehari hingga sembuh. • Makan bawang putih segar langsung.

• Konsumsi suplemen bawang putih secara teratur juga bisa mencegah sekaligus meredakan hidung tersumbat. Namun untuk ini, Anda wajib berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. 4. Jahe Jahe mengandung antioksidan yang dapat menghalangi sekresi lendir/ ingus serta mempertahankan motilitas cilia hidung agar tetap normal. Di samping minum 2-3 cangkir teh jahe setiap hari, Anda juga dapat langsung mengunyah jahe mentah dengan garam beberapa kali sehari.

Cara lain adalah dengan makan permen jahe yang banyak dijual di toko. 5. Tomat Ketika jus tomat dipadukan dengan bawang putih, lemon, dan bubuk cabai, maka campuran ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara membuat teh tomat pedas adalah dengan mendidihkan 1 cangkir jus tomat bersama 2 siung bawang putih cincang, 2-3 sdt air perasan lemon, ½ sdt saus sambal (atau ¼ sdt bubuk cabai), dan sedikit garam laut.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Minum teh pelan-pelan selagi panas sebanyak 2 kali sehari selama beberapa hari. 6. Bubuk Kunyit Kandungan curcumin dalam kunyit yang merupakan sumber antioksidan, antiradang, dan antibakteri, mampu mengurangi bengkak serta radang di saluran napas. Selain itu, kunyit juga dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Panaskan segelas susu, tambahkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalamnya, lalu didihkan lagi dengan api kecil selama 5 menit.

Tuang ke dalam cangkir, tambahkan sedikit madu mentah, lalu minum susu kunyit ini 2 kali sehari untuk mempercepat kesembuhan. Alternatif lain adalah dengan mencampurkan 2 sdm jus kunyit, 1 sdm air lemon, 1 sdm madu, dan sedikit bubuk cabai.

Minum campuran ini 1-2 kali sehari. Ingat! Tidak ada jaminan hasil dalam menerapkan obat-obat herbal untuk mengatasi hidung tersumbat, karena minimnya riset cara cepat menghilangkan hidung tersumbat.

Namun tidak ada salahnya mencoba selagi hal itu tidak membahayakan. Itulah tadi beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami yang dapat diterapkan di rumah sendiri. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh! Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti.

Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app
KOMPAS.com - Hidung tersumbat adalah masalah kesehatan yang cukup menjengkelkan.

Tak jarang, kondisi ini bikin susah tidur nyenyak di malam hari. Dilansir dari WebMD, hidung tersumbat terjadi ketika hidung, jaringan sekitarnya, serta pembuluh darah setempat bengkak karena produksi cairan berlebih. Imbasnya, hidung jadi terasa mampet atau tersumbat oleh cairan atau lendir saluran pernapasan. Sebelum mengulas sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat, ketahui dulu beberapa penyebabnya. Baca juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur Penyebab hidung tersumbat Penyebab hidung tersumbat bisa berasal dari banyak hal, di antaranya: • Flu • Infeksi saluran pernapasan atas • Alergi dingin, debu, tungau, serbuk sari, polusi, asap, dll.

• Gangguan di sinus seperti polip, tumor, sampai penyempitan sinus • Infeksi virus corona atau Covid-19 Terlepas dari penyebab hidung tersumbat, masalah kesehatan ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa perawatan dan pengobatan di rumah yang bisa membantu menghilangkan hidung tersumbat agar lekas sembuh. Baca juga: 4 Penyebab Kenapa Hidung Tidak Bisa Mencium Bau, Tak Hanya Covid-19 Cara mengatasi hidung tersumbat SHUTTERSTOCK/ivan_kislitsin Ilustrasi cuci hidung dengan NaCLDisarikan dari sejumlah sumber, terdapat beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dijajal di rumah, antara lain: • Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi.

Caranya dengan minum cukup air putih, minum wedang jahe, seruput kuah sup, atau makan buah kaya air seperti semangka, melon, pir, mangga, pepaya, dll • Mandi dengan air hangat sampai banyak uap hangat yang terhirup dan napas jadi lebih lega • Hirup uap hangat dari semangkuk air panas. Agar uap hangat banyak yang terhirup, tutupi kepala dengan handuk kecil • Gunakan humidifier yang ditetesi minyak esensial pelega pernapasan seperti kayu putih • Letakkan handuk basah yang sudah direndam air hangat dan diperas ke bagian wajah • Cuci hidung dengan air steril (NaCl) atau pembilas khusus hidung • Konsumsi makanan kaya probiotik seperti yogurt, asinan, kimchi • Minta dokter untuk merekomendasikan suplemen yang aman untuk penguat imun seperti zinc, sulfat, echinacea, vitamin C • Minum obat hidung tersumbat sesuai arahan dokter sesuai akar penyebab mendasarnya, misalkan obat antialergi untuk alergi, obat cara cepat menghilangkan hidung tersumbat untuk infeksi bakteri, atau semprotan hidung • Saat tidur, atur cara cepat menghilangkan hidung tersumbat agar kepala lebih tinggi ketimbang biasanya dengan mengganjal pakai beberapa bantal Baca juga: Cara Mengatasi Mimisan pada Hidung dengan Cepat Kapan perlu ke dokter?

Jika beragam cara mengatasi hidung tersumbat di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter.

Terlebih jika hidung tersumbat berlangsung lebih dari dua minggu atau hidung tersumbat memburuk setelah seminggu.

Jangan tunda periksa ke dokter apabila hidung tersumbat disertai demam tinggi, ingus mengental dan berubah warna, atau sesak napas. Baca juga: Cara Mengobati Anosmia dengan Latihan Mencium BauHidung tersumbat memang bisa membuatmu merasa tidak nyaman, terutama saat sedang tidur. Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan, baik dengan bantuan obat, penggunaan inhaler, maupun hanya mengompresnya dengan handuk hangat.

Hidung sering tersumbat bisa jadi sangat mengganggu aktivitas. Sebelum kamu mengambil langkah untuk mengatasinya, ada baiknya kamu pahami dulu penyebab hidung tersumbat. Penyebab hidung tersumbat Kondisi hidung mampet ini biasanya terjadi karena inflamasi dan penyumbatan di hidung. Penyebab hidung tersumbat ini biasanya merupakan kondisi-kondisi kesehatan yang tidak terlalu parah. Contohnya adalah pilek, flu, dan adanya infeksi di sinus. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan hidung kamu mampet selama beberapa minggu, meskipun demikian, bisa saja kamu mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek.

Itu sebabnya kondisi hidung mampet yang kamu alami bisa berlangsung lebih dari seminggu. Beberapa masalah kesehatan yang bisa jadi penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek adalah sebagai berikut: • Alergi • Hay fever atau alergi di hidung • Tumbuhnya polip atau tumor jinak di hidung • Paparan kimia • Iritasi dari udara atau lingkungan • Infeksi sinus yang berlangsung lama atau sinusitis kronis.

Cara mengatasi hidung tersumbat Nah, kondisi-kondisi ini tentu membuat kamu tidak nyaman. Yuk, simak bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini. 1. Mengatasi hidung tersumbat dengan inhaler Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan inhaler. Inhaler sendiri adalah obat hidung tersumbat yang dihirup dan sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Aroma yang kuat pada inhaler membuatnya menembus lendir yang telah menggumpal. Hasilnya, ada rongga yang tercipta dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar. Hidung akan terasa lebih lega dan keluhan hidung tersumbat sedikit demi sedikit akan mereda. Baca juga: Ini Perbedaan Pilek dan Flu yang Perlu Kamu Tahu 2.

Mengatasi hidung mampet dengan mandi Cara mengatasi hidung tersumbat termudah berikutnya adalah dengan mandi. Bukan mandi biasa, tapi menggunakan air hangat atau panas. Uap dari air akan membantu menipiskan lendir pada hidung. Tidak hanya itu, uap juga bisa mengurangi peradangan, lho. Ini bisa meredakan keluhanmu tentang hidung tersumbat, setidaknya untuk sementara waktu. 3. Kompres air hangat Jika kamu sudah selesai mandi, kompres kepala menggunakan air hangat.

Ini bisa membuka saluran pernapasan dari luar. Caranya mudah, cukup rendam kain atau handuk terlebih dulu dengan air panas atau hangat. Kemudian, peras handuk tersebut lalu lipat dan letakkan di atas dahi atau hidung.

Air dengan suhu tinggi akan meresap ke dalam pori-pori, memberikan rasa nyaman dan meredakan inflamasi pada hidung. Lakukan cara ini secara berkala, ya! 4. Menggunakan minyak kayu putih Siapa sangka, minyak kayu putih ternyata bisa membantu mengatasi hidung tersumbat, lho.

Cara ini sebenarnya sudah digunakan oleh orang-orang terdahulu dalam meredakan pilek dan gangguan hidung lainnya. Prinsip kerjanya sama dengan inhaler, yaitu aroma dari minyak bisa melegakan hidung dan membuka selaput yang telah tertutup lendir. Kamu bisa mengoleskannya di bawah lubang hidung secara langsung, atau masukkan beberapa tetes ke dalam panci berisi air mendidih, lalu hirup uapnya.

5. Obat alergi dan dekongestan Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan minum dekongestan atau obat-obatan untuk alergi seperti antihistamin.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Obat hidung tersumbat jenis ini bisa cara cepat menghilangkan hidung tersumbat terjadi pembengkakan di saluran pernapasan.

Kombinasi dari dekongestan dan antihistamin bisa meredakan tekanan sinus dan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Tetap saja, kamu harus mengikuti takaran yang dianjurkan agar tidak mengalami overdosis. Ada baiknya kamu minum obat ini saat tidak sedang beraktivitas berat. Baca juga: Panduan Pemberian Obat Batuk Pilek Anak yang Aman dan Efektif 6. Gunakan pelembap ruangan Jika kamu memiliki pelembap ruangan atau humidifier di rumah, ini bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada saat hidung mampet tapi tidak keluar ingus.

Humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap yang secara perlahan mengisi udara, lalu meningkatkan kelembapan ruangan. Menghirup udara lembap bisa menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, serta meredakan pembengkakan pembuluh darah di saluran pernapasan. Uap tersebut akan bekerja dengan menipiskan lendir yang menjadi pemicu utama hidung mampet tapi tidak keluar ingus. Dengan begitu, lendir yang menggumpal dan mengeras bisa menjadi encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Letakkan humidifier pada ruangan yang sering kamu tempati untuk beraktivitas, misalnya kamar tidur. 7. Minum air putih Selain cara-cara di atas, memperbanyak asupan cairan adalah cara paling praktis untuk mengatasi hidung tersumbat.

Biarkan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik, karena ini bisa membantu mengencerkan lendir. Selain itu, teh hangat dan sup ayam panas juga bisa menjadi alternatif jika hidung tersumbat disertai sakit tenggorokan. Sensasi panas akan meringankan ketidaknyamanan pada tenggorokan. 8. Mengatasi hidung mampet dengan neti pot Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan mengeluarkan lendir yang menjadi pemicunya.

Kamu bisa melakukannya secara manual atau menggunakan bantuan neti pot. Mengutip The US Food and Drug Administration (FDA), neti pot adalah teko kecil dengan belalai panjang yang dirancang untuk membersihkan lendir atau cairan sinus pada hidung. Caranya, buat badanmu dalam posisi tegak dengan kepala mendongak ke atas, miringkan neti pot sampai air memasuki satu lubang hidung. Setelah itu, air yang telah masuk akan keluar melalui lubang yang lain. Lakukan cara ini selama satu menit secara bergantian.

Cara mengatasi hidung bayi tersumbat Bayi tidak boleh sembarangan diberi obat karena itu bisa mengganggu pertumbuhan mereka. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, kamu harus pahami terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab hidung bayi tersumbat biasanya tidak terlalu jelas. Mereka biasanya mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek karena mereka sedang membangun sistem imun terhadap berbagai virus yang ada di udara. Beberapa penyebab hidung mampet pada bayi adalah: • Alergi • Virus dan pilek • Udara yang kering • Kualitas udara yang buruk • Kelainan yang membuat posisi yang salah dari tulang rawan yang memisahkan kedua lubang hidung Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengikuti cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikut ini: 1.

Menggunakan obat tetes Salah satu cara yang aman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan spray tetes hidung saline (air garam). Kedua produk ini, dilansir Web MD, bisa didapatkan tanpa resep. Jika menggunakan obat tetes, lebih baik tanya dulu kepada dokter keamanannya. Cara cepat menghilangkan hidung tersumbat mendapat persetujuan, kamu bisa aplikasikan dua tetes pada setiap lubang hidung untuk mengencerkan lendir di dalamnya.

Lalu segera gunakan pipa pengisap yang ada dalam kemasan untuk menarik kembali cairan saline dengan lendir yang sudah mencair. Pastikan kamu menekan pengisap sebelum memasukkannya ke hidung agar dia bisa menarik saline dan lendir tersebut saat tekanan dikendurkan. 2. Menguapkan ruangan Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah menggunakan vaporizer atau humidifier untuk menguapkan ruangan.

Cara ini dinilai aman selama benda-benda tersebut jauh dari jangkauan bayi kamu.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Meskipun demikian, alat tersebut harus diletakan tidak terlalu jauh dari bayi agar kabut yang dihasilkan dapat mencapai bayi pada saat dia sedang tidur.

Untuk mencegah jamur dan bakteri tumbuh, gantilah air di dalam alat tersebut setiap hari. Kondisi hidung tersumbat tapi tidak pilek hingga hidung tersumbat ciri corona Keluhan kesehatan hidung bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Tidak hanya gejala hidung mampet, tapi ada juga yang berupa hidung tersumbat tapi tidak pilek, hidung sering tersumbat, sampai hidung tersumbat ciri corona.

Secara umum kondisi hidung mampet tapi tidak keluar ingus atau malah hidung sering tersumbat, bisa disebabkan oleh alergi pada tungau debu, serbuk sari, atau bahkan rinitis alergi. Untuk meredakannya kamu bisa mengurangi paparan alergen dengan mengontrol kondisi di sekitarmu. Adapun karena saat ini kita semua sedang berjuang melawan pandemi, tak jarang gejala cara cepat menghilangkan hidung tersumbat tersumbat pun jadi dikaitkan sebagai ciri corona.

Ini wajar, mengingat dilansir dari NCBI, keluhan ini memang ditemukan pada sekitar 4,8 persen penderita COVID-19. Namun untuk memastikan diagnosisnya serta mendapat perawatan yang tepat, kamu perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu di rumah sakit terdekat. Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya! • Healthline, diakses 16 Mei 2020, How to Clear a Stuffy Nose. • Medical News Today, diakses 16 Mei 2020, How to get rid of a snuffy nose: ten possible treatments. • Everyday Health, diakses 16 Mei 2020, 7 Natural Remedies for Congestion Relief. • The US Food and Drug Administration (FDA), diakses 16 Mei 2020, Is Rinsing Your Sinuses With Neti Pots Safe?

• Webmd.com (2016) diakses 02 September 2020. How to Treat Your Baby’s Stuffy Nose • Healthline.com (2019) diakses 02 September 2020. What Causes a Stuffy Nose? • Healthline.com (2019) diakses 02 September 2020.

How to Treat Nasal and Chest Congestion in a Newborn • Upper airway symptoms in coronavirus disease 2019 (COVID-19), https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7128936/ diakses pada 28 Januari 2021 • 5 Nasal Allergy Symptoms You Shouldn’t Ignore, https://www.webmd.com/allergies/features/allergy-symptoms#1 diakses pada 28 Januari 2021 • My Nose Is Stuffy All the Time. What Can I Do? https://health.usnews.com/health-care/for-better/articles/2017-07-11/my-nose-is-stuffy-all-the-time-what-can-i-do diakses pada 28 Januari 2021
Masih meremehkan kondisi hidung tersumbat atau hidung mampet?

Kenyataannya, kondisi hidung mampet ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu aktivitasmu. Perasaan yang tidak nyaman inilah yang akhirnya akan membuat kamu mencari sejuta cara untuk mengatasi hidung tersumbat secara cepat dan tepat. Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat tentu saja menghindari pemicu dan penyebab kondisi ini.

Penyebabnya ternyata bisa berasal dari sekeliling lingkungan. Mulai dari debu sampai asap, berbagai pemicu tersebutlah yang akhirnya menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang fit dan menimbulkan gejala hidung tersumbat. Saat kamu mengalami hidung tersumbat, jangan terburu-buru panik.

Kamu bisa melakukan sejumlah cara untuk meredakan gejala tersebut agar pernapasan kembali plong. Namun ingat, ketika gejala sudah membaik, berusahalah untuk memperkuat imunitas dan menjauhkan diri dari penyebab hidung mampet agar gejala yang mengganggu ini tidak kembali datang. Hidung Tersumbat Adalah Gejala Munculnya Penyakit Berbagai polusi udara, seperti asap kendaran sampai paparan cara cepat menghilangkan hidung tersumbat rokok, rentan menimbulkan iritasi yang membuat masalah pada saluran pernapasan dan memicu hidung tersumbat.

Begitu pula dengan taburan debu. Terpapar berbagai partikel tersebut pada akhirnya menyeretmu ke berbagai kondisi kesehatan di bawah ini yang salah satu gejala kuatnya adalah hidung mampet. Batuk Pilek Hidung mampet sering menjadi gejala yang menjadi penanda kamu sedang mengalami batuk pilek.

Biasanya, hidung tersumbat yang disebabkan kondisi kesehatan ini bisa berlangsung 7—10 hari dan dapat sembuh dengan sendirinya. Keluhan batuk pilek bisa disebabkan oleh banyak hal. Paparan benda asing, seperti debu dan asap, sampai infeksi virus maupun bakteri dapat menjadi sumber peradangan di saluran napas bagian atas sehingga memunculkan batuk pilek. Influenza Flu atau influenza merupakan kondisi ketika ada paparan virus yang menyerang bagian sistem pernapasanmu.

Bagian sistem pernapasan yang diserang bisa dari tenggorokan, hidung sampai paru-paru. Di mana bagian yang diserang, influenza kerap menimbulkan kondisi hidung tersumbat. Gejala influenza bisa sembuh dengan sendirinya, namun juga bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan. Karena itu, jika hidung tersumbat akibat cara cepat menghilangkan hidung tersumbat tidak kunjung sembuh dalam 10 hari, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Sinusitis Akut Sinusitis merupakan peradangan jaringan hidung yang membuat rongga hidung menyempit.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Sinusitis akut biasanya terjadi ketika gejala peradangan telah berlangsung lebih dari 10 hari. Pada saat itu, penyempitan rongga akan meningkatkan produksi lendir di hidung sehingga membuat kamu seperti kesulitan bernapas karena hidung tersumbat.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Tidak jarang, sinusitis akut berkembang dari kondisi batuk pilek yang tidak kunjung membaik. Alergi Banyak penyebab alergi. Kamu bisa mengalami alergi karena terpapar debu atau asap. Tubuh juga bisa mengalami alergi ketika mengonsumsi makanan tertentu. Semua penyebab alergi tersebut dikenal sebagai alergen. Alergi sendiri tidak hanya memicu kondisi gatal-gatal di kulit. Banyak kejadian ketika alergi memicu peningkatan produksi lendir pada sistem pernapasan.

Lendir yang jumlahnya terlalu banyak inilah yang akhirnya menimbulkan kondisi hidung mampet. Rhinitis Non-alergi Rhinitis, atau peradangan di hidung, bisa terjadi karena alergi. Namun selain itu, peradangan di saluran hidung juga bisa muncul tanpa dipicu oleh alergi. Kondisi rhinitis non-alergi ini biasanya disebabkan oleh paparan bau-bauan atau obat-obatan tertentu.

Paparan tersebut akan membuat peradangan yang memicu bersin-bersin, peningkatan lendir di hidung, sampai akhirnya menimbulkan gejala hidung mampet. Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter jika sering mengalami hidung tersumbat karena rhinitis non-alergi. Pasalnya, rhinitis non-alergi kerap berhubungan dengan masalah kesehatan tertentu.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Mengatasi hidung tersumbat pun tidak harus menunggu dengan pasrah sampai penyebab hidung mampet hilang dan pernapasan kembali lega. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat tanpa harus dengan berobat ke dokter. Kamu bisa melakukan beberapa cara meredakan keluhan hidung tersumbat hanya dari rumah dan menggunakan perlengkapan yang sederhana seperti di bawah ini: 1.

Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat Lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat menjadi lebih mudah menebal apabila kamu merasa kedinginan cara cepat menghilangkan hidung tersumbat saat suhu tubuh menurun.

Karena itu, jika kamu sudah merasakan hidung mampet, cobalah meredakannya dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Kamu bisa mematikan air conditioner maupun kipas angin untuk menghangatkan tubuh. Bisa juga ditambah dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut ketika tidur. Mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, teh, hingga air putih pun bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh guna mengurangi gejala hidung mampet.

2. Menghirup Uap Hangat Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat bahkan dengan segelas air panas. Cukup masak air panas sampai mendidih dan taruhlah pada wadah yang aman. Taruhlah wajahmu di hadapan wadah air panas tersebut, lalu secara perlahan hiruplah uang hangatnya.

Uap tersebut akan membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung mampet. Untuk hasil lebih efektif, kamu bisa menambahkan bawang putih yang sudah memarkan ke wadah air panas tersebut. Uap hangat yang sudah bercampur dengan zat bawang putih terkenal efektif membunuh bakteri maupun jamur yang bisa jadi ikut memperparah kondisi hidung tersumbat yang kamu alami.

3. Menggunakan Pelembap Udara Tidak ada salahnya membeli dan menggunakan alat pelembap udara, atau biasa disebut dengan humidifier, jika kamu sering mengalami keluhan hidung tersumbat. Alat pelembap udara yang dipasang di kamar atau ruanganmu dapat menjadikan udara di cara cepat menghilangkan hidung tersumbat menjadi lebih lembap.

Keuntungannya, udara yang lembap akan mampu menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda, gejala hidung mampet pun dijamin berkurang.

4. Minum Air Putih Lebih Banyak Ketika hidung mampet menyerang, cobalah mengonsumsi lebih banyak cairan. Masuknya cairan ke dalam tubuhmu akan membuat kekentalan lendir di hidung berkurang.

Dengan demikian, lendir tersebut tidak akan terlalu menutupi rongga hidung dan kamu pun bisa bernapas lebih lega. Namun tentunya, tidak sembarangan cairan yang bisa membuat kamu mengatasi hidung tersumbat.

Air putih dengan suhu yang hangat sangat dianjurkan. Yang tidak disarankan adalah mengonsumsi air dingin karena justru akan membuat lendir di hidung semakin sulit mencair.

5. Keluarkan Lendir di Hidung Apa yang biasa kamu lakukan ketika merasa hidung mampet dan sulit untuk bernapas? Hal ini menandakan adanya cairan lendir ( mucus), atau yang sering disebut dengan ingus, yang menyumbat saluran pernapasanmu. Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut.

Namun usahakan jangan membuang ingus terlalu kencang, karena malah akan mengirim kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Cara membuang ingus yang tepat adalah menutup salah satu lubang hidung, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tersumbat.

6. Menggunakan Dekongestan Kamu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan obat bebas yang bisa dibeli di mana saja. Belilah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan.

Obat jenis ini memiliki sifat zat yang mampu mengurangi peradangan di rongga hidung, dan peradangan inilah yang membuat hidung tersumbat. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat ini adalah dengan cara disemprotkan ke hidung. 7. Mandi dengan Air Hangat Saran untuk mandi dengan air hangat akan banyak kamu terima ketika kamu mengalami hidung tersumbat. Cara cepat menghilangkan hidung tersumbat mengatasi hidung tersumbat ini akan sangat ampuh untuk kamu yang mengalami hidung mampet karena gejala batuk dan pilek.

Uap dari mandi air hangat mampu membuat lendir di rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan. Ketika lendir sudah menipis atau bahkan hilang, kamu pun bisa bernapas dengan normal lagi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun antibakteri, seperti sabun cair Lifebuoy untuk memastikan kuman dan bakteri yang rentan menimbulkan peradangan di saluran pernapasanmu terbasmi dengan maksimal. 8. Mengonsumsi Obat Antihistamin Penyebab hidung tersumbat ada beraneka rupa, salah satunya adalah gejala alergi.

Untuk kamu yang merasa hidung mampet karena alergi, cobalah mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini mampu meredakan gejala alergi. Dalam artian, ketika mengonsumsi obat antihistamin, keluhan hidung tersumbat yang merupakan gejala alergi pun bisa dikurangi.

Hanya saja, obat antihistamin menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk yang kuat. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya ketika mau beraktivitas yang butuh konsentrasi, seperti menyetir ataupun bekerja. 9. Mengoleskan Minyak Eucalyptus Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di kisaran hidungmu.

Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab. Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara dihirup ataupun dioleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga kamu dapat bernapas lebih lega. Beberapa pendapat bahkan mengatakan minyak eucalyptus dapat diminum untuk meredakan gejala masalah kesehatan, namun metode ini tidak disarankan karena dikhawatirkan efek sampingnya.

10. Mengonsumsi Teh Herbal Ini dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami lainnya! Kamu bahkan akan merasa cara ini sebagai langkah pengobatan.

cara cepat menghilangkan hidung tersumbat

Soalnya, kamu cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung mampet. Teh herbal, khususnya teh peppermint yang memiliki kandungan mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Menyeruput teh ini hangat-hangat akan mampu membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang.

Kamu bisa meminum secangkir teh herbal sambil diiringi dengan musik ataupun ditemani biskuit. Selain bisa mengatasi hidung tersumbat, cara ini juga bisa mengurangi tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun menguat. Penyebab hidung tersumbat salah satunya adalah paparan virus yang bisa menyebabkan influenza. Mandi air hangat dengan sabun cair Lifebuoy yang bersifat antibakteri terbukti efektif cara cepat menghilangkan hidung tersumbat kuman dan virus yang ada di tubuhmu.

Jadi, kemungkinan mengalami hidung tersumbat yang melelahkan pun bisa dikurangi. Salah satu rekomendasi produk sabun Lifebuoy untuk mencegah dan mengatasi hidung tersumbat adalah sabun cair Lifebuoy Total 10. Dengan formula Activ Silver+ yang telah dipatenkan, sabun cair ini mampu mengusir kuman penyebab 10 jenis infeksi kulit. Risiko terkena hidung tersumbat pun mampu dikurangi dengan kulit yang lebih bersih dan sehat.

Country Selector • Canada (English) • Canada (French) • Germany (English (UK)) • Great Britain (English) • Greece (Greek) • Hungary (Hungarian) • India (English) • Poland (Poland) • Saudi Arabia (Arabic) • Saudi Arabia (English (United States)) • South Africa (English) • United Arab Emirates (Arabic) • United Arab Emirates (English) • Vietnam (Vietnamese)

HIDUNG MAMPET DAN TERSUMBAT, GIMANA CARA MENGATASINYA?




2022 www.videocon.com