Ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Tersebutlah kisah Pak Lebai yang ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah di tepi sungai, di sebuah desa di Sumatera Barat. Pada suatu hari, ia mendapat undangan pesta dari dua orang ka … ya yang diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan.

Pak Lebai bingung harus mendatangi ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah yang mana, karena kedua undangan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Ia berpikir, kalau ia pergi ke pesta di hilir sungai, tuan rumah akan memberinya hadiah rendang daging kerbau. Namun ia belum begitu kenal dengan tuan rumah tersebut dan masakan orang-orang hilir sungai tidak seenak orang hulu sungai. Tetapi kalau pergi ke pesta di hulu sungai, ia akan mendapat jamuan sate daging kerbau yang dimasak dengan enak.

Akhirnya, ia mulai mendayung sampannya, meskipun belum juga dapat memutuskan pesta mana yang akan dipilih. Didayungnya sampan menuju hulu. Baru tiba di tengah perjalanan, ia bertemu dengan Mak Rambe yang terlihat murung dan duduk di atas sampan sambil memegang salah satu pipinya.

“Hei, Mak Rambe! Mengapa kamu terlihat murung?” tanya Pak Lebai. “Gigiku sakit sekali, daging yang dimasak orang hulu sangat keras,” jawab mak Rambe.Mendengar jawaban Mak Rambe, Pak Lebai mengubah pikirannya. Karena tidak mau giginya sakit seperti Mak Rambe, ia berbalik mendayung sampannya ke arah hilir. Begitu hampir sampai di hilir, ia melihat beberapa tamu menuju hulu sungai.

Tamu tersebut mengatakan bahwa kerbau yang disembelih di sana sangat kurus.“Ah, aku harus segera ke hulu,” gumam Pak Lebai. Ia pun mengubah arah sampannya menuju ke hulu. Setibanya di sana, para tamu sudah beranjak pulang. Pesta disana sudah selesai. Lalu, ia cepatcepat mendayung sampannya menuju hilir sungai. Sayangnya, di sana pun pesta sudah berakhir. Kedua pesta telah berakhir, dan tak satupun kepala kerbau yang didapat Pak Lebai.

Pak Lebai hanya tinggal menyesali kenapa ia tak menghadiri salah satunya, sehingga daging kerbau yang diinginkannya pun lenyap begitu saja. (sumber: dongengceritarakyat.com)Latar tempat cerita tersebut adalah .A. danauB. sungaiC. pedesaanD. tepi sungai​ B. selanjutnya, seandainya anda bekerja sebagai seorang marketing yang bertugas untuk memasarkan produk perusahaan tempat anda bekerja agar klien anda … tertarik menggunaan produk perusahaan anda, fungsi komunikasi apa yang sebaiknya anda gunakan?

berikan alasan mengapa fungsi tersebut yang anda pilih! Beruang dan LebahSuatu hari, seekor beruang berjalan-jalan di hutan untuk mencari makan.

Beruang berniat mencari buah-buahan untuk bekal makanan selam … a beberapa hari. Beruang menemukan sebuah pohon yang tumbang. Pada pohon tersebutternyata terdapat sarang lebah. Beruang penasaran dengan sarang lebah tersebut. Beruang mulai mengendus-endus sarang dengan hidungnya. Beruang dengan hati-hati melihat ke dalam sarang lebah. Beruang berharap dapat mengambil madu yang ada di dalamnya. Malang nasib beruang.

Ternyata, pada saat melihat ke dalam sarang lebah, kawanan lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari madu dari taman bunga. Kawanan lebah marah karena merasa rumahnya diganggu oleh beruang.

Beruang mencoba melawan kawanan lebah. Beruang lari menuju rumahnya. Kawanan lebah semakin ganas mengejar beruang. Pada akhirnya, beruang merelakan tubuhnya digigit oleh kawanan lebah.Nilai moral yang dapat kita ambil dalam cerita tersebut adalah .A.

Jangan melawan orang lain B. Jangan mengganggu orang lainC. Kita harus mau berbagi dengan kawanD. Kita tidak boleh mengambil milik orang lain yang bukan hak kita ​ Hai Evamardiana, kakak bantu jawab ya.

Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang terbentuk secara alami melalui peristiwa alam. Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi. Kenampakan alam disebut juga bentang alam. Setiap daeram mempunyai daerah dengan kenampakan alam yang berbeda. Kenampakan Alam terbagi menjadi dua yaitu, kenampakan alam daratan, dan kenampakan alam perairan.

1. Kenampakan Alam Daratan. Kenampakan alam wilayah daratan merupakan bagian wilayah bumi yang tidak tergenang air. Kenampakan alam wilayah daratan meliputi gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

-Gunung adalah bagian bumi yang menonjol. Gunung memiliki tinggi 600 meter di atas permukaan laut. -Pegunungan adalah rangkaian gunung yang menyambung satu dengan yang lainnya. Wilayah pegunungan memiliki tinggi lebih dari 700m di atas permukaan laut. -Dataran tinggi adalah daerah luas yang tingginya di atas 200m dari permukaan laut.

Dataran tinggi juga sering disebut sebagai platau. -Dataran rendah adalah daerah yang memiliki ketinggian antara 0-200m dari atas permukaan laut.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

-Pantai adalah daerah daratan yang berbatasan langsung dengan laut. -Tanjung adalah bagian pada daratan yang menjorok ke laut. -Delta adalah bagian daratan yang berada di tengah-tengah sungai. 2. Kenampakan Alam Perairan. Kenampakan alam wilayah perairan adalah bagian pada permukaan bumi yang tergenang oleh air.

Kenampakan alam wilayah perairan meliputi sungai, danau, laut, selat, teluk, dan rawa. -Sungai adalah air yang mengalir dari daratan dan berakhirdi muara atau berakhir di laut. -Danau merupakan cekungan yang luas pada daratan yang digenangi oleh air. -Laut adalah bagian pada bumi berupa perairan yang luas. -Selat adalah laut yang sempit yang diapit oleh dua pulau atau daratan. -Teluk adalah bagian laut yang menjorok ke daratan. -Rawa merupakan daerah yang tergenang oleh air dimana bagian tanahnya berlumpur.

Jadi jawabannya, Kenampakan Alam disebut juga bentang alam. Semoga membantu ya. wilayah Rusia dan Turki masih menjadi perdebatan sebagai bagian dari benua Asia atau benua Eropa faktor penyebab perdebatan tersebut adalah.

a. sebagian besar wilayah Turki berada di benua Eropa b. sebagian besar wilayah Rusia berada di benua Asia c. budaya Rusia mirip dengan negara-negara di Asia d budaya Turki mirip dengan negara-negara Asia
Gambar Kenampakan Alam Sumber Artikel : Kenampakan Alam Di lingkungan Setempat Sumber Gambar : Kenampakan Alam Di Lingkungan Setempat Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Kenampakan alam disebut juga istilah bentang alam. Setiap daeram mempunyai daerah dengan kenampakan alam yang berbeda. Contoh pada gambar diatas Lembang dan plantain Pangandaran mempunyai perbedaan. Lembang dengan perbukitanya dan sejuk sedangkan Pangandaran dengan dataran rendahnya cukup panas.

Pada dasarnya kenampakan alam dibagi menjadi 2 bagian yaitu, kenampakan alam wilayah dataran dan kenampakan ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah wilayah perairan.

• Kenampakan alam wilayah daratan • Wilayah daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak di genangi air dan berbentuk padat. Kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan sebagai berikut :a.

Daratan Rendah • Dataran rendah adalah tanah yang keadaannya relatif datar dan luas sampai ketinggian sekitar 200 m dari permukaan laut.

Tanah ini biasanya ditemukan di sekitar pantai, tetapi ada juga yang terletak di pedalaman. Di Jawa Barat daerah dataran rendah merupakan daerah yang penuh dengan kedinamisan dan kegiatan penduduk yang sangat beragam. Sebagian besar penduduk lebih memilih bertempat tinggal di dataran rendah.

Terlebih jika wilayah ini memiliki sumber air yang cukup. Daerah dataran rendah cocok dijadikan wilayah pertanian, perkebunan, peternakan, kegiatan, industri, dan sentra-sentra bisnis. Lokasi yang datar, menyababkan pengembangan daerah dapat dilakukan seluas mungkin. Pembangunan jalan raya dan jalan tol serta kelengkapan sarana transportasi ini telah mendornong daerah dataran rendah menjadi pusat ekonomi penduduk.

Keanekaragaman aktivitas pendududuk ini menunjukkan adanya heterogenitas mata pencaharian penduduk. Petani, pedagang, buruh, dan pegawai kantor adalah beberapa contoh mata pencaharian penduduk daerah dataran rendah.Dataran rendah Contoh Gambar Daratan Rendah b. Daratan Tinggi Wilayah Jawa Barat pada daerah dataran tinggi memiliki system pegunungan yang memanjang dan masih aktif.

Relief dataran dengan banyaknya pegunungan dan perbukitan, menyebabkan Jawa Barat memiliki kesuburan tanah vulkanik, udara yang sejuk, dan alam yang indah. Dataran tinggi biasanya dijadikan sebagai daerah tangkapan air hujan (catchment area). Selain dapat memenuhi kebutuhan air tanah di wilayah sekitar, daerah tangkapan air hujan dapat mencegah terjadinya banjir pada daerah bawah. Dataran tinggi yang ditumbuhi pepohonan besar dengan kondisi hutan yang masih terjagaberfungsi mencegah erosi, digunakan sebagai suaka margasatwa, cagar alam, atau bahkan tempat wisata.

Namun sayangnya, penebangan liar tanpa memperhatikan upaya penanaman kembali dan usaha konservasi lahan sering menimbulkan bencana bagi penduduk di sekitarnya. Pembangunan vila dan pemukiman di daerah pegunungan juga telah mengurangi area resapan air. Dapat ditebak pada akhirnya dapat menyebabkan banjir. Contoh Gambar Daratan Ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah c. Pantai Pantai adalah sebuah wilayah yang menjadi batas antara lautandan daratan, bentuk pantai berbeda-beda sesuai dengan keadaan, proses yang terjadi di wilayah tersebut, seperti pengangkutan, pengendapan dan pengikisan yang disebabkan oleh gelombang, arus, angin dan keadaan lingkungan disekitarnya yang berlangsung secara terus menerus, sehingga membentuk sebuah pantai.

Manfaat pantai sangat banyak, pantai-pantai pasti memiliki manfaat untuk kehidupan, terutama daerah tropis pantai yang dapat dimanfaatkan manusia untuk banyak hal, diantaranya : Objek pariwisata, daerah pertanian pasang surut, areal tambak garam, wilayah perkebunan kelapa dan pisang, daerah pengembangan industri kerajinan rakyat bercorak khas daerah pantai, dan lain-lain. Contoh Gambar Pantai d. Gunung Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya.

Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa pejabat mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Ensiklopedia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik.

Contoh Gambar Gunung e. Pegunungan Pegunungan ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah bagian dari daratan yang bergunung-gunung. Tingginya lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Daerah pegunungan sering di manfaatkan untuk tempat rekreasi, peristirahatan, dan pertanian. 2. Kenampakan alam wilayah perairan Kenampakan alam perairan terdiri dari sungai, danau, dan selat.

Ketiganya dapat diuraikan berikut. • Sungai Sungai – sungai di Indonesia sangat banyak kususnya di Jawa Barat, sungai di Jawa Barat yang begitu terkenal Sungai Citarum, Sungai Cikapundung dan masih banyak lagi yang lainnya. 2. Danau Danau di Indonesia begitu bnyak sednagkan untuk di Jawa Barat dan khususnya di daerah Bandung tidak ada danau.

3. Selat Selat ialah laut yang sempit di antara pulau. Selat menghubungkan satu pulau dengan pulau-pulau lainya. Untuk daerah Jawa Barat selat tidak ada karena bnetuknya bukan kepulauan. Contoh Gambar Selat Hubungan Kenampakan Alam Dengan Hubungan Sosial Budaya Apakah kalian tahu pekerjaan orang yang tinggal di lembang dan di daerah pegunungan lainnya?

Iya tepat sekali sebagai petani, karena mereka tinggal di kawasan yang sejuk dan cocok untuk pertanian. Jika kita amati bahwa kenampakan alam sangat berpengaruh terhadap pekerjaan seseorang di kawasan tersebut.

Di daerah pegunungan yang sejuk banyak petani karena mereka memanfaatkan lahan yang subur untuk perkebunan, ladang dan lain sebagainya. Pekerjaan salah satu bentuk sosial budaya. Selain berpengaruh terhadap pekerjaan, kenampakan alam juga berpengaruh terhadap bentuk sosial budaya yang lain. Diantaranya sebagai berikut. 1.Adat istiadat Adat istiadat merupakan kebiasaan warga yang dilakukan masyarakat secara turun – temurun. Adat istiadat sangat dipengaruhi keadaan alam di mana manusia tinggal.

Petani di pedesaan atau di pegunungan suka membuat seajin sebelum dan sesudah panen. 2. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia Peralatan dan perlengkapan hidup manusia antara lain pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata dan alat transportasi. Peralatan ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah perlengkapan hidup manusia juga dipengaruhi oleh kenampakan alam dimana mereka tinggal.

Manusia banyak memanfaatkan apa yang ada di lingkungannya. Untuk membuat perlengkapan dan peralatan hidup. Peralatan dan perlengkapan hidup orang yang tinggal di pegunungan dan di pantai sangat beda sekali. Peristiwa Alam Yang Mempengaruhi Kehidupan Sosial Dari gejala – gejala alam yang ada, ada yang bisa di cegah oleh manusia dan ada juga yang tidak dapat di cegah oleh manusia.

Untuk gejala alam yang dapat di cegah oleh manusia antara lain: banjir, longsor, kekurangan air bersih dan lain – lain. Sedangkan yang tidak bisa di cegah oleh manusia adalah gempa bumi, gunung meletus dan lain sebagainya. Kejadian di atas semuanya dapat mempengaruhi keadaan sosial masyarakat.

Untuk lebih jelasnya kita akan mempelajari gejala – gejala alam mini. 1.Banjir Di Indonesia hampir setiap tahun terjadi banjir, terutama di bandung tepatnya di Bale Endah. Jika terjadi hujan maka banjir akan segera menghampiri. Banjir terjadi akibat adanya pendangkalan sungai dan masih bnyak penyebab banjir yang lainnya. Bencana banjir sangat merusak kehidupan masyarakat.

Ini beberapa akibat yang ditimbulkan banjir. • Bangunan dan harta benda rusak akibat terendam banjir. • Penduduk terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

• Pabrik kantor terpaksa berhenti bekerja. • Jalan dan jembatan rusak. • Timbul berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit dan penyakit lainnya. Kekurangan air bersih Peristiwa alam yang mempengaruhi kedalam kehidupan sosial masyarakat antara lain persedian air yang berkurang. Hal ini dapat mempengaruhi masyarakat diantaranya: • Orang semakin sulit untuk mendapatkan air bersih.

• Untuk mendapatkan air bersih orang harus membeli air dari pedagang air • Banyak penduduk yang terserang penyakit karena menggunakan air yang tercemari 2.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Gempa Bumi Salah satu peristiwa alam yang bisa terjadi sewaktu – waktu adalah gempa bumi. Gempa yang disebabkan aktivitas gunung berapi itu disebut gempa vulkanik, sedangkan untuk gempa bumi yang disebakan oleh gesekan dari gesekan lempengan bumi ini disebut gempa tektonik. Yang sering terjadi gempa bumi akibat gesekan lempengan bumi ini terjadi di Sukabumi. Gempa bumi sangat merugikan masyarakat mulai dari rumah, harta benda, keluarga dan lain – lain. 3.Gunung meletus Gunung api yang masih aktif bisa meletus sewaktu – waktu.

Ketika meletus, gunung api mengeluarkan magma, batu – batuan, kerikil, dan gas. Magma adalah cairan sangat panas yang ada di perut bumi. Magma yang keluar dari perut bumi di sebut lava.

Batu – batu besar yang dimuntahkan gunung berapi terbentuk dari lava yang membeku. Kerikil yang dimuntahkan ketika gunung api meletus disebut lapili.

Muntahan ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah api yang paling kecil adalah abu halus. Debu ini melayang – laying di udara membentuk awan panas. Awan panas dapt memusnahkan semua mahluk hidup yang dilewatinya. Gunung api yang terakhir meletus di Jawa Barat gunung Galunggu di Tasikmalaya tahun 1982.

Contoh Gambar Gunung Meletus Video Kenampakan Alam Pertanyaan! • Permukaan bumi terdiri atas …. dan …. • Bagian bumi yang termasuk daratan adalah …. • Laut yang memisahkan dua pulau disebut …… • Penduduk yang berada di daerah pesisir laut sebagian besar bekerja sebagai …. • Derah yang relatif datar yang memiliki ketinggian kurang dari 500 meter dari permukaan laut disebut …… Materi untuk Kelas IV Semester I Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 1.

Memahamai serjarah kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten.kota dan provinsi serta hubungannya dengan kergaman social dan buadaya. Ciri Kenampakan Alam dan Manfaatnya Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi.

Kenampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Setiap daerah mempunyai kenampakan alam yang berbeda-beda. Ada yang datar, ada yang berbukitbukit.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Ada pula daerah yang tertutup atau digenangi oleh air. Seperti sungai dan laut. Pada dasarnya kenampakan alam dibagi menjadi 2 bagian yaitu kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan alam wilayah perairan. 1. Kenampakan Alam Wilayah Daratan Wilayah daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan adalah sebagai berikut: a. Dataran rendah Dataran rendah adalah wilayah datar yang memiliki ketinggian 0 - 200 m di atas permukaan laut.

Pada peta, dataran rendah biasanya digambarkan dengan warna hijau. Dataran rendah banyak dimanfaatkan untuk pemukiman, industri dan pertanian. Ibu kota propinsi di Indonesia hampir semuanya berada di dataran rendah dan dekat dengan laut. Seperti kota Jakarta, Surabaya dan Pontianak. Tanaman yang cocok di dataran rendah adalah padi, palawija dan tebu.

b. Dataran tinggi Dataran Tinggi adalah wilayah daratan luas yang terletak pada ketinggian di atas 200 meter dari permukaan air laut. Dataran tinggi disebut juga plateau atau plato.

Pada peta, dataran tinggi biasanya digambarkan dengan warna coklat. Contoh dataran tinggi di Indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah), Dataran Tinggi Alas (Aceh), Dataran Tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Dataran tinggi sangat cocok untuk kegiatan wisata dan perkebunan. Tanaman yang cocok untuk perkebunan antara lain teh, cengkeh, kopi, sayuran dan buah-buahan.

Dapatkah kamu menyebutkan contoh sayuran dan ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah dari dataran tinggi.

c. Pantai Pantai adalah wilayah perbatasan antara daratan dan laut. Pantai ada yang landai ada yang terjal.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Pantai banyak yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Contohnya adalah Pantai Carita (Banten), Pantai Senggigi (NTB), Pantai Ancol (DKI Jakarta), dan Pantai Kasih (Aceh). Selain sebagai tempat wisata, pantai juga dapat dimanfaatkan untuk tempat pelelangan ikan dan pembuatan garam.

Gunung tidak berapi merupa-kan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung tidak berapi sangat kecil kemungkinan untuk meletus. Gunung tidak berapi sering juga disebut gunung mati. Contoh gunung tidak berapi adalah Gunung Muria (Jawa Tengah), Gunung Tambora (NTB), dan Gunung Melawan (Kalimantan Tengah). Gunung terdiri dari tiga bagian. Yaitu puncak, lereng dan kaki gunung. Tanah yang berada di sekitar gunung sangat subur. Mengapa bisa demikian?

Karena mengandung fosfor dan silika yang berasal dari letusan gunung. Hal ini menyebabkan lereng dan kaki gunung banyak ditumbuhi pohon- pohon lebat dan cocok untuk kegiatan perkebunan.

Pegunungan adalah rang-kaian gunung yang sambung menyambung satu sama lain. Pe-gunungan juga sering dimanfaatkan untuk tempat wisata. Selain karena udaranya yang sejuk juga karena pemandangan di pegunungan sangat indah. Contoh pegunungan di Indonesia adalah Pegunungan Kendeng (Jawa Tengah), Pe-gunungan Sibolangit (Aceh), Pegunungan Bukit Barisan (Bengkulu-Jambi), dan Pegunungan Jayawijaya (Papua). Tanjung merupakan daratan yang menjorok ke laut.

Tanjung kadang disebut dengan istilah Ujung. Tanjung yang luas disebut semenanjung. Tanjung banyak dimanfaatkan untuk membangun pelabuhan. Contoh tanjung di Indonesia adalah Tanjung Perak (Surabaya-Jatim), Tanjung Priok (DKI Jakarta), Tanjung Batu (Kalimantan Timur) dan Ujung Kulon (Jawa Barat).

Wilayah perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenangi air. Kenampakan alam yang termasuk wilayah perairan adalah sebagai berikut: 1) Sungai Sungai adalah aliran air yang panjang ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah berasal dari mata air dan bermuara atau berakhir di laut. Sungai banyak digunakan untuk sarana transportasi dan irigasi. Sungai di Kalimantan banyak yang dimanfaatkan untuk pasar apung. Contoh sungai di Indonesia adalah Sungai Kapuas (Kalimantan), Bengawan Solo (Jawa Tengah), dan Sungai Asahan (Riau).

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Danau merupakan genangan air yang luas yang dikelilingi daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar. Danau sering digunakan untuk rekreasi dan olahraga. Contoh danau di Indonesia adalah Danau Laut Tawar (Aceh), Danau Toba (Sumatera Utara), Danau Segara Anakan (NTB), Danau Batur (Bali).

Danau ada juga yang sengaja dibuat oleh manusia. Danau buatan ini disebut waduk.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Contohnya Waduk Gajah Mungkur (Jawa Tengah) dan Waduk Jatiluhur (Jawa Barat). Waduk biasanya digunakan untuk pengairan, pembangkit listrik dan rekreasi. Laut merupakan perairan yang luas dengan ciri airnya asin. Laut banyak yang menghasilkan berbagai jenis ikan, udang, kerang serta rumput laut. Laut banyak dimanfaatkan juga untuk rekreasi dan transportasi.

Laut yang sangat luas disebut samudera. Contoh laut di Indonesia adalah Laut Jawa, Laut Banda dan Laut Sulawesi. Sedangkan contoh samudera adalah Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Selat adalah laut sempit di antara dua pulau. Selat ada yang dibuat oleh manusia. Selat buatan disebut terusan atau kanal. Selat sering digunakan sebagai jalur transportasi air antar pulau.

Contoh selat adalah Selat Sunda (antara pulau Jawa dan Pulau Sumatera) dan selat Bali (antara pulau Jawa dan pulau Bali).
Soal dan Jawaban IPS tentang kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah dan budaya.

Permukaan bumi terdiri atas wilayah daratan dan perairan. Wilayah daratan meliputi gunung, pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, dan sebagainya. Wilayah perairan meliputi laut, sungai, dan danau. Manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu, manusia selalu berhubungan antara satu dengan yang lain. Manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam. Khususnya di lingkungan tempat tinggalnya.

Setiap budaya memiliki kekhasan. Keanekaragaman tersebut seperti keadaan alam yang berbeda, peradaban, pengetahuan, dan sebagainya. Sebagai generasi penerus kalian harus melestarikan kebudayaan. Keragaman budaya yang ada di Indonesia terdiri dari bahasa, adat istiadat, pakaian adat, dan kesenian daerah. Soal Kenampakan Alam dan Keragaman Budaya Untuk mendalami tentang kenampakan alam dan keragaman budaya di Indonesia, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan soal tentang materi kenampakan alam dan keragaman budaya.

Materi atau kompoetensi dasar tersebut dipelajari pada mata pelajaran IPS SD/ MI mulai kelas 4. Soal IPS tentang kenampakan alam dan keragaman budaya ini kami bagikan untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan, misalnya untuk latihan soal, soal ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah siswa, atau bahan persiapan ulangan semester. Dengan menjawab berbagai pertanyaan tentang keragaman budaya ini, kami harap dapat mengukur seberapa jauh pengetahuan anda tentang keragaman budaya.

Latihan soal IPS Kelas 4,5,6 ini terbagi menjadi 3 jenis soal, yaitu soal pilihan ganda, soal essay, dan soal uraian dengan total jumlah soal yaitu 35 soal.

Jika anda merasa kurang dengan soal ini, anda dapat membuka soal IPS SD lain yang sudah kami bagikan sebelumnya, yaitu : 50 Soal Tentang Keragaman Budaya Indonesia & Jawabannya Dalam soal kenampakan alam dan keragaman budaya ini, kami sudah melengkapinya dengan kunci jawaban dan pembahasan soal. Meskipun begitu, kami tetap mengingatkan kepada anda untuk coba mengerjakan soal ini sendiri tanpa menggantungkan pada kunci jawaban yang telah disediakan.

Selain untuk melatih kemandirian anda, mencoba mengerjakan soal ini sendiri juga dapat menambah wawasan anda tentang kenampakan alam dan keragaman budaya di Indonesia. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan jawaban IPS kelas 4. Soal Pilihan Ganda Kenampakan Alam dan Keragaman Budaya 1.

Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi. Kenampakan alam disebut juga dengan istilah . A. bentang alam B. dataran C. bukit D. pegunungan 2. Bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat disebut . A. wilayah perairan B. wilayah daratan C. wilayah perbukitan D.

wilayah pedesaan 3. Wilayah datar yang memiliki ketinggian 0 - 200 m di atas permukaan laut adalah . A. dataran tinggi B. pegunungan C. tanjung D. dataran rendah 4. Pada peta, dataran rendah biasanya digambarkan dengan warna. A. merah B. kuning C.

hijau D. biru 5. Ibu kota provinsi Indonesia adalah A. Yogyakarta B. Jakarta C. Surakarta D. Surabaya 6.

ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah

Bagian bumi yang menonjol tinggi dengan ketinggian puncaknya di atas 600 m adalah . A. gunung B. bukit C. tanjung D. delta 7. Wilayah daratan Iuas yang terletak pada ketinggian di atas 200 meter dari permukaan laut disebut . A. dataran tinggi B. dataran rendah C. pegunungan D. perbukitan 8. Dataran tinggi disebut juga A.

pluto B. platos C. plato D. pilatos 9. Aliran air yang panjang yang berasal dari mata dan bermuara atau berakhir di laut disebut . A. sungai B. waduk C. delta D. tanjung 10. Rangkaian gunung yang sambung menyambut satu sama lain disebut dengan A.

gunung B. bukit C. pegunungan D. daratan 11. Daratan yang menjorok ke lautan merupakan A. pantai B. tanjung C. delta D. rawa 12. Pada peta, dataran tinggi biasanya digambar dengan warna A. jingga B. hitam C. coklat D. meralh 13. Wilayah perbatasan antara daratan dan laut disebut dengan . A. rawa B. pantai C. delta D. teluk 14. Yang terkadang disebut dengan istilah Ujung adalah . A. tanjung B. karang C. waduk D. delta 15. Tanjung banyak dimanfaatkan untuk membangun .

A. perumahan B. permukiman C. perindustrian D. pelabuhan 16. Delta ditunjukkan oleh gambar 17. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan lebih sering mengenakan baju . A. kebaya B. tebal C. gaun D. tipis 18. Kenampakan alam yang ditunjukkan gambar di samping adalah disekitar .

A. danau B. sungai C. hutan D. gunung 19. Daratan yang berada di tengah sungai adalah . A. pantai B. laut C. delta D. waduk 20. Danau merupakan genangan air yang luas dan dikelilingi.

A. daratan B. hutan C. perairan D. bukit Soal Essay Kenampakan Alam dan Keragaman Budaya 1. Pada dasarnya kenampakan alam dibagi menjadi dua bagian yaitu kenampakan alam wilayah . dan kenampakan alam wilayah . 2. Pantai ada yang landai dan ada yang . 3. Gunung berapi adalah . 4. Gunung tidak berapi merupakan gunung yang sudah . 5. Semenanjung merupakan . 6. Muara sungai merupakan pertemuan antara . 7. Tari dan lagu yang berasal dari Jawa Barat yaitu .

8. Gerakan atau guncangan bumi karena tekanan-tekanan dari dalam bumi disebut . 9. Gempa yang berskala besar dapat menyebabkan . 10. Magma yang naik ke atas akan keluar melalui . 11. Gunung yang gundul sehingga tidak ada akar tanaman yang menahan arus air saat hujan akan mengakibatkan .

12. Banjir sering terjadi akibat ulah manusia yang tidak . 13. Perbedaan tekanan udara yang cukup besar merupakan pengertian dari . 14. Angin topan disebut juga angin . 15. Tomado yaitu . Soal Uraian Kenampakan Alam dan Keragaman Budaya 1.

Sebutkan bentang alam yang termasuk wilayah daratan? 2. Mengapa gunung dapat meletus? 3. Jakarta termasuk kota yang tiap ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah terjadi banjir Sebutkan hal-hal yang meneybabkan banjir? 4. Apa akibat dari pemanasan global? 5. Tanah yang berada di sekitar gunung sangat subur. Mengapa bisa demikian? Kunci Jawaban Soal Kenampakan Alam dan Keragaman Budaya Jawaban Soal Essay 1. Daratan dan perairan 2. Terjal 3. Gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus 4.

Tidak aktif lagi 5. Tanjung yang luas 6. Air sungai dan air laut 7. Tari Jaipong dan lagu Manuk Dadali 8. Gempa Bumi 9. Kerusakan rumah atau gedung, tanah retak, tsunami dan menimbulkan korban jiwa 10. Kawah gunung 11. Banjir dan longsor 12. Bertanggung jawab 13. Angin topan 14. Puting beliung, angin ribut, atau angin puyuh 15. Angin topan yang sangat dahsyat Jawaban Soal Uraian 1. Dataran rendah, Dataran tinggi, Pantai, Gunung, Pegunungan, Tanjung, Deita 2. Di dalam perut bumi terdapat cairan panas yang disebut magma.

Bila tekanan cairan ini naik terus akan membuat cairan ini naik ke atas dan keluar melalui kawah gunung Terjadilah gunung meletus 3. Hujan yang sangat deras, kerusakan bendungan dan gempa bumi, tersumbatnya saluran air dan sungai karena timbunan sampah, gunung yang gundul sehingga tidak ada akar tanaman yang menahan arus air saat hujan 4.

Semakin menipisnya lapisan ozon di atmosfer bumi. Jika ozon tidak ada, maka tidak ada lagi yang melindungi manusia dari sinar ultraviolet matahari 5. Karena mengandung fosfor dan silika yang berasal dari letusan gunung. Hal ini menyebabkan lereng dan kaki gunung banyak ditumbuhi pohon-pohon lebat dan cocok untuk kegiatan perkebunan Buka juga : 1. 50 Soal Tentang Keragaman Budaya Indonesia & Jawabannya 2. 50 Soal IPS : Kenampakan Alam Benua, Samudra & Jawaban (Asia, Eropa. .) Jawaban Soal Pilihan Ganda 1 D 5 C 9 C 13 C 17 D 2 A 6 B 10 A 14 B 18 B 3 B 7 A 11 C 15 A 19 C 4 D 8 A 12 B 16 D 20 A Soal dan Jawaban IPS tentang kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya telah kami bagikan kepada para pembaca.

Jika anda tidak puas dengan soal di atas, silahkan ketampakan alam juga sering disebut dengan istilah soal IPS.
Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi. Kenampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Setiap daerah mempunyai kenampakan alam yang berbeda-beda. Ada yang datar, ada yang berbukit-bukit. Ada pula daerah yang tertutup atau digenangi oleh air.

Seperti sungai dan laut. Pengertian dan Karakteristik Kata ‘ dataran rendah’ terdiri dari kata ‘dataran’ yang diartikan sebagai bagian permukaan bumi berupa tanah lapang yang datar atau landai mendekati rata. Sedangkan pengertian dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang dengan ketinggian yang relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.

Sebagai salah satu keragaman bentuk muka bumi, dataran rendah juga dikenal dengan istilah dataran aluvial. Dataran rendah pada umumnya sering dijadikan tempat tinggal penduduk ( pemukiman ). Kota - kota besar seperti jakarta,Surabaya,Semarang dan Makasar terletak di wilayah dataran rendah. Manfaat dataran rendah sebagian besar untuk lahan pertanian tanaman pangan dan perkebunan kelapa, padi, palawija dan tebu.

Selain pertanianDataran rendah juga serig dimanfaatkan untuk kawasan industri. Daerah pantai umunya dimanfaatkan untuk objek wisata .Pantai wisata di Indonesia antara laun Pantai kuta,dan Pantai Ancol. Selain pertanian dataran rendah juga sering dimanfaatkan untuk kawasan industri .Didaerah dataran rendah terdapat banyak pemukiman penduduk .

Kenampakan Alam & Kenampakan Buatan - Kelas 5 Tema 5 Subtema 2




2022 www.videocon.com