Gempa terkini di jawa timur

gempa terkini di jawa timur gempa terkini di jawa timur

Jakarta, IDN Times - Sejumlah bangunan mengalami kerusakan di Kabupaten Malang, Jawa Timur imbas dari gempa bermagnitudo 6,2 (dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,9) yang mengguncang Blitar, Jawa Timur dan sekitarnya pada Jumat (21/5/2021) sekira pukul 19.00 WIB. Hal itu terlihat melalui akun Twitter pribadi milik Kepala Bidang Mitigasi, Gempa Bumi, dan Tsunami BMKG, Daryono (@DaryonoBMKG).

"Mohon bantuan info teman3 jika ada kerusakan di Jatim. semoga tdk adatks," begitu cuitan Daryono, seperti dikutip IDN Times.

gempa terkini di jawa timur

Berikut sejumlah potret kerusakan yang terjadi pasca-gempa. twitter.com/DaryonoBMKG - Potret kerusakan akibat gempa Jatim di Kabupaten Malang Sesaat kemudian, Daryono mengunggah beberapa foto yang menggambarkan kerusakan sementara akibat gempa tersebut di Kabupaten Malang.

Dalam foto yang diunggah Daryono, terlihat banyak rumah atau tempat yang mengalami retak baik kecil dan besar pada bagian temboknya. Selain itu, ada pula rumah yang gentingnya ikut berantakan akibat gempa tersebut.

gempa terkini di jawa timur

Begitupun sebuah kantor polisi yang bagian atapnya ambrol terdampak gempa. Daryono juga mengunggah foto yang menggambarkan keadaan Puskesmas Bantur di Malang Selatan.

gempa terkini di jawa timur

Dalam foto tersebut terlihat dampak yang cukup parah, di antaranya sebagian plafon puskesmas ambruk dan membuat kondisi di bawahnya berantakan. Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • Kronologi Bus Angkutan Mudik Terguling di Tol Cikampek • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Viral Rombongan Pesepatu Roda Salip Motor dan Mobil di Jalan Raya Gatsu Baca Juga: Gempa Blitar Dimutakhirkan Jadi M 5,9, Gempa terkini di jawa timur 2 Kali Gempa Susulan twitter.com/DaryonoBMKG - Potret kerusakan akibat gempa Jatim di Kabupaten Malang Selain mengunggah foto-foto kerusakan akibat gempa, Daryono juga turut menginformasikan bahwa gempa Jatim malam ini bukan bersumber dari Zona Megathrust.

"Sekali lagi gempa Jatim M5,9 malam ini bersumber di Zona Benioff bukan Zona Megathrust," tulis dia. twitter.com/DaryonoBMKG - Potret kerusakan gempa Jatim di Kabupaten Malang Sebelumnya diberitakan, Gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Blitar, Jawa Timur pada Jumat (21/5/2021) pukul 19.09 WIB, tidak berpotensi menyebabkan terjadinya gelombang tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). BMKG menyatakan pusat gempa tersebut berada di kedalaman 110 km, 8.63 Lintang Selata dan 112.34 Bujur Timur, atau berada di 57 km tenggara Kabupaten Blitar.

gempa terkini di jawa timur

Baca Juga: Gempa Blitar Dirasakan Sampai Malang, Warga Berhamburan Keluar Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Pengertian Gempa bumi beberapa kali melanda beberapa kawasan di Provinsi Jawa Timur, dengan kekuatan magnitudo M 6,4 - 6,7.

Pada hari Kamis 11 Oktober 2018, gempa bumi berkekuatan magnitudo M 6,4 mengguncang Kota Situbondo Kabupaten Situbondo. Lalu pada hari Sabtu 10 April 2021, gempa bumi gempa terkini di jawa timur magnitudo 6,7 mengguncang Kota Malang.
KOMPAS.com- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur, Kamis (16/12/2021) pagi. Melansir laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi sekitar pukul 06.01 WIB.

Gempa berlokasi 8,55 Lintang Selatan dan 1113,49 Bujur Timur. Adapun pusat gempa berada di 42 kilometer arah barat daya Jember, Jawa Timur dan berkedalaman 10 kilometer. Gempa dirasakan di wilayah Lumajang, Bondowoso, hingga Denpasar, Kuta dan Legian.

gempa terkini di jawa timur

Baca juga: Gempa M 5,1 di Jember Terasa sampai Banyuwangi, Warga: Ibu Kira Sedang Pusing Warga panik berlarian SHUTTERSTOCK/Andrey VP Ilustrasi gempa terkini, gempa bumi, gempa tektonik, gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa tersebut dirasakan oleh warga Bondowoso, Jawa Timur.

gempa terkini di jawa timur

Seorang warga Desa Sumberdumpyong, Kecamatan Pakem, Bondowoso, Fitriyah mengaku panik. Semua warga berlarian keluar rumah. “Saya tadi bersama anak, kok terasa gempa segera keluar,” kata Fitriyah.

Namun dia mengaku, guncangan gempa tak berlangsung lama. "Terasanya hanya sekian detik," ujar dia. Baca juga: Gempa M 5,1 Guncang Jember, Terasa di Lamongan hingga Denpasar 25 Warga Brebes Terlantar di Kaltim, Dijanjikan Pekerjaan hingga Nekat Jalan Kaki 10 Hari untuk Pulang https://regional.kompas.com/read/2021/12/16/081000778/25-warga-brebes-terlantar-di-kaltim-dijanjikan-pekerjaan-hingga-nekat-jalan https://asset.kompas.com/crops/9DjCqb7mmJYoDhxHSASclDofqSI=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2021/12/15/61b9e70ae136d.jpg KOMPAS.com - Pekan lalu, Kompas.com mengutip BMKG terkait pemodelan gempa bumi dan tsunami yang bisa terjadi di Jawa Timur.

gempa terkini di jawa timur

Berdasarkan hasil perhitungan pemodelan matematis, pantai selatan Jawa Timur berpotensi diguncang gempa dengan kekuatan maksimal M 8,7 dan potensi tsunami dengan tinggi maksimal 29 meter. Ini bukanlah prediksi. Melainkan potensi yang dihitung oleh BMKG berdasarkan data-data dan sejarah gempa di Jawa Timur pada masa lalu. Berdasarkan keterangan resmi dari BMKG, Sabtu (5/6/2021) malam, BMKG pun meluruskan hal tersebut untuk merespons kekhawatiran masyarakat.

gempa terkini di jawa timur

Baca juga: Hasil Pemodelan BMKG, Tinggi Maksimum Potensi Tsunami Jawa Timur 29 Meter Hal pertama yang perlu kita ingat bersama, menurut BMKG, Indonesia adalah wilayah yang aktif dan rawan gempa bumi. "Indonesia memiliki potensi gempabumi yang dapat terjadi kapan saja dengan berbagai kekuatan (magnitudo)," tulis BMKG dalam keterangan resminya.

Di sisi lain, hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat kapan, di mana, dan berapa kekuatannya. "Sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi," tegas BMKG. Berdasarkan hasil kajian dan pemodelan para ahli yang disampaikan pada diskusi bertajuk "Kajian dan Mitigasi Gempabumi dan Tsunami di Jawa Timur, zona lempeng selatan Jawa memiliki potensi gempa dengan magnitudo gempa terkini di jawa timur M 8,7.

"Tetapi ini adalah potensi bukan prediksi yang pasti. Sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu," imbuh BMKG. Berita Terkait 10 Langkah Penyelamatan Diri Saat Terjadi Tsunami Hasil Pemodelan BMKG, Tinggi Maksimum Potensi Tsunami Jawa Timur 29 Meter Potensi Tsunami Jawa Timur 29 Meter, Ini Cara Mitigasi Bencana Tsunami Sejarah Gempa Bumi Terlama di Sumatera Terkuak dari Terumbu Karang Penyebab Terjadinya Tsunami, Bukan Hanya Gempa Bumi Berita Terkait 10 Langkah Penyelamatan Diri Saat Terjadi Tsunami Hasil Pemodelan BMKG, Tinggi Maksimum Potensi Tsunami Jawa Timur 29 Meter Potensi Tsunami Jawa Timur 29 Meter, Ini Cara Mitigasi Bencana Tsunami Sejarah Gempa Bumi Terlama di Sumatera Terkuak dari Terumbu Karang Penyebab Terjadinya Tsunami, Bukan Hanya Gempa Bumi
Surabaya - Dalam kurun waktu sepekan, sebanyak 22 gempa bumi mengguncang wilayah Jawa Timur.

Namun, hanya ada 1 gempa yang dirasakan masyarakat. Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro memaparkan data ini dihimpun pihaknya sejak 28 Januari 2022 hingga 3 Februari 2022.

gempa terkini di jawa timur

Hasilnya, ada 22 gempa bumi di Jatim. "Aktivitas kegempaan di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya yang teranalisa di Stasiun Geofisika Pasuruan, selama sepekan telah terjadi 22 gempa terkini di jawa timur gempa bumi dan 1 gempa bumi dirasakan," kata Djati dalam keterangan yang diterima, Sabtu (5/2/2022). Baca juga: Gempa Darat Terjadi di Kota Madiun, Apa Itu? Sementara jika dilihat dari kekuatannya, sebanyak 50% atau 11 gempa memiliki magnitudo kurang dari 3.0.

Lalu, 31,8% atau 7 kali gempa berada di magnitudo kurang dari 4.0 dan sisanya 18,2% atau 4 kali gempa berkekuatan di atas magnitudo 4. Sedangkan jika ditinjau dari kedalamannya, ada 17 gempa yang kedalamannya kurang dari 60 km. Lalu, sisanya 7 gempa di kedalaman antara 60 hingga 300 km. Di kesempatan ini, Djati mengimbau masyarakat senantiasa waspada dan tetap update informasi terbaru dari BMKG.

Simak Video " Gempa M 5,7 Guncang Seram Bagian Timur Maluku!" [Gambas:Video 20detik] (hil/sun)
TRIBUNMANADO.CO.ID - Gempa bumi terkini di wilayah Indonesia Senin 9 Mei 2022. Gempa bumi melanda wilayah Jawa Timur pagi ini. Berikut keterangan terkait gempa di wilayah Jatim. Baca juga: Ibu-ibu di Buyat Boltim Mengadang Kendaraan yang Lewat, Ajak Makan Ketupat Baca juga: Gempa Guncang Wilayah Indonesia Senin 9 Mei 2022, Baru Saja Guncangan di Laut 5.8 SR, Ini Info BMKG Baca juga: Peringatan Dini Hari Ini Senin 9 Mei 2022, Ini Daftar Wilayah Waspada Potensi Alami Cuaca Ekstrem Berdasarkan info BMKG gempa bumi ini terjadi di wilayah Pacitan, Jawa Timur pada pukul 04.28 WIB, Senin (9/5/2022).

gempa terkini di jawa timur

Diketahui guncangan gempa berkekuatan magnitudo 3,0 berpusat di laut. BMKG gempa terkini di jawa timur menambahkan titik lokasi gempa berada di koordinat 9.04 LS,110.52 BT.

Pusat gempa itu sendiri berada di laut 115 kilometer barat daya Pacitan, Jawa Timur. Sementara itu gempa berpusat pada kedalaman 12 kilometer. "Info Gempa Mag:3.0, 09-Mei-22 04:28:17 WIB, Lok:9.04 LS,110.52 BT (115 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Kedlmn:12 Km ::BMKG-PGR VII" twitter bmkgjogja.KOMPAS.com - Gempa hari ini bermagnitudo M 5,3 mengguncang wilayah selatan Jawa Timur pagi ini pukul 09.21 WIB, Jumat (22/10/2021).

Berdasarkan hasil analisis gempa terkini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,1.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,81 derajat LS; 112,49 derajat BT. Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 75 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 98 km. Baca juga: BMKG: Gempa M 8,7 dan Tsunami 29 Meter di Jawa Timur adalah Potensi, Bukan Prediksi Bambang berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tektonik di selatan Jawa Timur yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi menengah.

gempa terkini di jawa timur

Gempa Selatan Jawa Timur itu terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Bambang.

Kendati lokasi pusat gempa di selatan Jawa Timur tersebut berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. Baca juga: BMKG Curigai Gempa Kuat Jawa Timur sejak Akhir Tahun 2020, Kok Bisa? Berita Terkait Sejarah Gempa Filipina di Zona Megathrust gempa terkini di jawa timur Guncangan hingga Indonesia Gempa M 5,8 Guncang Teluk Tomini Sulteng, Tak Berpotensi Tsunami Gempa M 6,1 Guncang Daratan Filipina, Terasa di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Mamuju Diguncang Gempa M 5,0, Tak Berpotensi Tsunami Gempa Pacitan M 4,8 Mengguncang hingga Yogyakarta, Ini Penjelasan BMKG Berita Terkait Sejarah Gempa Filipina di Zona Megathrust yang Guncangan hingga Indonesia Gempa M 5,8 Guncang Teluk Tomini Sulteng, Tak Berpotensi Tsunami Gempa M 6,1 Guncang Daratan Filipina, Terasa di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Mamuju Diguncang Gempa M 5,0, Tak Berpotensi Tsunami Gempa Pacitan M 4,8 Mengguncang hingga Yogyakarta, Ini Penjelasan BMKG

Info BMKG Gempa Bumi Terkini Guncang Blitar Jawa Timur, Minggu 8 Mei 2022 pagi




2022 www.videocon.com