Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

Halo Cindra, kakak bantu jawab ya. Keanekaragaman hayati adalah variasi yang ada pada makhluk hidup. Keanekaragaman hayati dibedakan atas, keanekaragaman gen, keanekaragaman spesies dan keanekaragaman ekosistem. Keanekaragaman gen adalah variasi susunan gen dalam satu spesies, contohnya perbedaan warna rambut pada kucing; perbedaan warna kulit pada manusia; variasi buah mangga seperti buah mangga manalagi, mangga gadung dan mangga arum manis.

Dengan demikian, kelompok tumbuhan yang merupakan dalam tingkatan satu gen adalah mangga manalagi, mangga gadung dan mangga arum manis. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Seperti itu Cindra, semoga membantu ya. Kelas: 10 SMA Topik: Keanekaragaman Hayati Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu jenis yaitu Kelapa sawit, kelapa hijau, dan kelapa gading, termasuk satu famili Arecaceae (pinang-pinangan).

Keanekaragaman tingkat jenis merupakan variasi yang terdapat pada makhluk hidup atau antarspesies dari satu famili. Jenis pinang-pinangan ini dapat dengan mudah dibedakan karena di antara mereka ditemukan ciri khas yang sama, namun dari sisi ukuran, kebiasaan hidup, bentuk buah dan biji serta rasanya berbeda.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.
1. 1. Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah…. A. A. Mangga manalagi, mangga geding, dan mangga harum manis B.

B. Jambu, mangga dan pepaya C. C. Kelapa sawit, kelapa gading dan aren D. D. Aren, kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah dan kelapa sawit E. E. Bawang merah, bawang putih dan bawang daun PEMBAHASAN Jenis mangga mempunyai berbagai variasi, hal ini disebabkan faktor gen yang bervariasi. Mangga dalam satu jenis memiliki rasaa dan tekstur yang berbeda beda begitupun dari segi penampilan fisik tanamannya.

2. Keanekaragaman jenis dapat terlihat dari adanya perbedaan…. A. Bentuk, warna, ukuran dan penampilan B. Bentuk, warna, jumlah, ukuran dan faktor pembawa sifat menurun C.

Morfologi dan anatomi D. Tingkah laku dan gen E. Morfolofgi dan tingkah laku PEMBAHASAN Keanekaragaman jenis adalah perbedaan yang dapat ditemukan pada suatu komunitas. Perbedaan dapat ditemukan dengan memperhatikan anatomi dan morfologi.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

3. Organisme yang menunjukan berbagai macam variasi pada komunitas, ekosistem dan spresies dapat menimbulkan. A. Varietas B.

Spesies baru C. Populasi D. Biodiversitas E. Habitat baru PEMBAHASAN Keanekaragaman hayati (Biodiversity) adalah tingkat variasi bentuk kehidupan dalam, mengingat ekosistem bioma spesies atau seluruh planet. 4. Di bawah ini merupakan ciri-ciri ekosistem air.

1) Salinitas rendah. 4) Suhu air daerah tropis kurang lebih 250C. 2) Variasi suhu tinggi. 5 ) Tidak diperngaruhi iklim dan cuaca. 3 ) Adanya aliran air. 6 ) Penetrasi cahaya matahari kurang. Ciri-ciri ekosistem air tawar adalah…. A. (1), (2) dan (3) B. (1), (2) dan (5) C.

(2), (3) dan (5) D. (2),(3) dan (6) E. (4),(5) dan (6) PEMBAHASAN Ciri-ciri air tawar - Salinitas rendah, di bawah 1 %. - Dpengaruhi iklim dan cuasa. - Suhu bervariasi sangat rendah. - Penetrasi masuknya cahaya kurang. 5. Keanekaragaman jenis (spesies) tertinggi terdapat pada ekosi s tem…. A. Gurun B. Hutan hujan tropis C.

Sawah D. Mangrove E. Sabana PEMBAHASAN K are na hutan hujan tropis memiliki variasi spesies terbanyak dibandingkan dengan ekosistem lainnya. 6. Berikut ini yang termasuk fauna tipe Australis adalah . A. anoa, komodo, kuskus B. gajah, badak bercula satu, burung merak C. kangguru, cendrawasih, burung kasuari D. anoa, gajah, badak jawa E. komodo, babirusa, beruang PEMBAHASAN Kangguru, cendrawasih, dan burung kasuari termasuk fauna tipe Australis.

Ciri fauna Australis diantaranya yaitu: terdapat banyak mamalia berukuran kecil, terdapat hewan berkantung, jenis burung memiliki warna bulu yang indah namun memiliki suara yang kurang bagus. 7. Garis yang memisahkan jenis fauna (hewan) Indonesia bagian timur dengan bagian tengah adalah . A. garis Weber B. garis Khatulistiwa C. garis Wallace D. garis lintang E. garis bujur PEMBAHASAN Garis yang memisahkan jenis fauna bagian Timur dengan bagian Tengah yaitu garis Weber.

Sedangkan garis Wallace garis yang memisahkan jenis fauna bagian Tengah dengan bagian Barat. Dengan adanya garis-garis ini, maka Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah fauna, yaitu Oriental (Asiatis), Australis, dan Peralihan.

8. Berikut yang termasuk flora khas Indonesia bagian Timur adalah. . A. Bunga bangkai, matoa, sagu B. Sagu, matoa, pala C. Bunga padma, kayu jati, sagu D. Bunga bangkai, bunga padma, bunga payung E. Sagu, matoa, kayu jati PEMBAHASAN Sagu, matoa dan pala adalah jenis flora ciri khas dataran sahul atau Indonesia bagian timur.

9. Berikut ini adalah aktivitas manusia yang dapat menyebabkan punahnya hewan atau tumbuhan, kecuali . A. membangun tempat tinggal baru dalam hutan B. memburu hewan langka C. membuat cagar alam D. perluasan lahan pertanian E. pertambangan PEMBAHASAN Membuat cagar kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah bukan merupakan aktivitas yang dapat menyebabkan punahnya hewan atau tumbuhan.

Membuat cagar alam termasuk kedalam konservasi atau perlindungan hewan atau tumbuhan. 10.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

Salah satu upaya menjaga keanekaragaman hayati adalah . A. penanaman secara monokultur B. membuang limbah rumahtangga ke sungai C. perburuan hewan D. menangkap ikan menggunakan peledak E.

pelestarian hewan secara in situ dan eksitu PEMBAHASAN Salah satu usaha untuk menjaga keanekaragaman hayati yaitu dengan konservasi atau perlindungan tehadap hewan atau tumbuhan. Ada dua jenis konservasi yaitu secara in situ (di dalam habitatnya) dan ek situ.(di luar habitatnya) 11. Faktor yang membentuk keanekaragaman adalah…. A. Gen B. Kromosom C. Gen dan lingkungan D. Perilaku E.

Variasi gen dan perilaku PEMBAHASAN Faktor yang memengaruhi keanekaragaman hayati ada dua, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor keturunan disebabkan oleh adanya gen yang memberikan sifat dasar kepada makhluk hidup.

12. Dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetic yang sama tetapi memiliki fenotip yang berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh….

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

A. Lingkungan B. Makanan C. Keturunan D. Reproduksi E. Sumber makanan PEMBAHASAN Dua individu dalam satu jenis mempunyai faktor genetik yang sama penampilannya mungkin berbeda hal ini di sebabkan oleh lingkungan. Fenotip dipengaruhi faktor internal yaitu gen dan faktor luar yaitu lingkungan. Lingkungan menyebabkan perubahan pada individu karena memiliki sifat adaptasi. 13. Kelompok yang merupakan tingkatan keanekaragaman jenis adalah… A.

Kelapa hijau, kelapa hybrid, kelapa gading B. Kelapa, jeruk, mangga C. Manga harum manis, manga gedong, mamgga golek D. Salak pondoh, salak bali, salak condet E. Jeruk bali, jeruk nipis, jeruk medan PEMBAHASAN Kelompok yang merupakan tingkatan keanekaragaman jenis adalah Manga harum manis, manga gedong, mamgga golek. 14. Ekosistem darat dengan ciri-ciri: - Curah hujan rendah. - Evaporasi tinggi. - Flora berdaun kecil dan berbentuk jarum. - Fauna berupa reptile. Maka bioma tersebut adalah… A.

Hutan B. Gunung C. Gurun D. Savan a E. Tundra PEMBAHASAN Ciri-ciri bioma gurun adalah gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Suhu siang hari tinggi sehingga penguapan juga tinggi. Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil.

Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus. Hewan yang hidup di gurun antara lainular, kadal, katak, dan kalajengking.

15. Hutan Bakau, sawah, kebun, sungai, terumbu karang, dan laut merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat. A. gen B. spesies C ekosistem D. populasi E. individu P EMBAHASAN Jawaban C Keanekaragaman ekosistem merupakan keanekaragaman suatu komunitas yang terdiri dari hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme di suatu habitat. Keanekaragaman ekosistem ini terjadi karena adanya keanekaragaman gen dan keanekaragaman jenis (spesies).contoh keanekargaman ekosistem : sawah, hutan dan pantai.

16. Hewan yang terdapat pada zona persebaran mahluk hidup di wilayah barat Indoneisa adalah… A. Banteng B. Komodo C. Anoa D. Kakaktua berjambul E. Cendarwasih PEMBAHASAN Beberapa jenis fauna kawasan Indonesia bagian barat yang juga menjadi spesies endemik antara lain harimau, macan tutul atau leopard, gajah, badak jawa, banteng, orang utan, wauwau, lutung, merak hijau, dan burung jalak bali.

17. Karakteristik fauna oriental adalah…. A. Mamalia ukuran kecil B. Mamalia berkantung C. Burung memiliki warna beragam D. Terdapat reptile besar E. Terdapat banyak jenis primat a PEMBAHASAN Beberapa jenis fauna kawasan Indonesia bagian barat yang juga menjadi spesies endemik antara lain harimau, macan tutul atau leopard, gajah, badak jawa, banteng, orang utan, wauwau, lutung, merak hijau, dan burung jalak bali.

Fauna di wilayah ini dikenal juga dengan tipe oriental yang bercirikan hewan menyusui berukuran besar, berbagai macam kera dan kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah air tawar. 18. Tempat pelestarian dengan memindahkan flora atau fauna ke luar habitat aslinya adalah … A. Cagar alam Pangandaran B. Taman nasional Baluran C. Suaka margasatwa Ujung Kulon D. Taman Safari Bogor E. Taman Nasional Bukit Batu PEMBAHASAN Pelestarian ex situ adalah pelestarian keanekaragaman hayati (tumbuhan dan hewan) dengan cara dikeluarkan dari habitatnya dan dipelihara di tempat lain.

Pelestarian secara ex situ dapat melakukan cara-cara sebagai beriku t. 1. Kebun koleks i. 2. Kebun plasma nutfah. 3. Kebun raya. 4. Penyimpanan dalam kamar-kamar bersuhu dingin. 5. Kebun binatang.

19. Flora Melanesia yang banyak terdapat di wilayah Indonesia Timur adalah…. A. Matoa B. Meranti C. Salak D. Duren E. Sukun PEMBAHASAN Jawaban A Sagu, matoa dan pala adalah jenis flora ciri khas dataran sahul atau Indonesia bagian timur 20. Fauna endemik Indonesia adalah…. A. Berunga madu B. Harimau C. Burung cendrawasih D. Komodo E. Tarsius PEMBAHASAN Endem a ik : Spesies lokal yang unik dan hanya ada pada daerah tertentu dan tidak ditemukan di daerah lain • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 1 Ruang Lingkup Biologi • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 2 Keanekaragaman Hayati • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 3 Sistem Klasifikasi • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 4 Virus • Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Biologi Kelas 10 Bab 5 Bakteri • Soal Pilihan Ganda + Jawabannya Biologi Kelas 10 Bab 6 Protista • 35 Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 7 Jamur (Fungi) • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 8 Plantae • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 9 Animalia • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 10 Ekosistem • Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 10 Bab 11 Perubahan Lingkungan • Soal UH Biologi Kelas 10 Bab 11 Perubahan Lingkungan
E.

Bawang merah, bawang putih dan daun bawang Jawaban Ketiga jenis mangga tersebut berada dalam satu spesies yang sama yaitu Mangifera indica. Dengan kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah, keanekaragaman hayati antara ketiga jenis mangga tersebut berada pada tingkat gen.

Keanekaragaman hayati pada tingkat gen disebabkan karena adanya perbedaan susunan materi genetik yang mengendalikan sifat makhluk hidup, sehingga setiap makhluk hidup memiliki fenotipe dan genotipe yang berbeda dan menimbulkan variasi antarindividu dalam satu spesies.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. Itulah tadi jawaban dari kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah…., semoga membantu. Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Tujuan globalisasi adalah? dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Kategori SMA Navigasi Tulisan Postingan Baru • titik tetap atas termometer celcius adalah • tari tortor berasal dari daerah • apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan • rumusan pancasila yang sah tercantum pada • keberhasilan kabinet burhanudin harahap • apa fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi • parotitis adalah gangguan sistem pencernaan yang disebabkan • proses pengujian data yang dilakukan sejarawan disebut • sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun yang berarti • vested interest adalah
noneanantakendek.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal keanekaragaman hayati dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPA kelas X revisi Kurikulum 2013.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal keanekaragaman hayati dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPA. Gambar: freepik.com 1. Tempat pelestarian dengan memindahkan flora atau fauna ke luar habitat aslinya adalah . A. Cagar alam Pangandaran B. Taman nasional Baluran C. Suaka margasatwa Ujung Kulon D. Taman Safari Bogor E.

Taman Nasional Bukit Batu 2. Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah . A. Mangga manalagi, mangga geding, dan mangga harum manis B. Jambu, mangga dan pepaya C. Kelapa sawit, kelapa gading dan aren D. Aren, jambu dan kelapa sawit E. Bawang merah, bawang putih dan bawang daun 3.

Karakteristik fauna oriental adalah . A. Mamalia ukuran kecil B. Mamalia berkantung C. Burung memiliki warna beragam D. Terdapat reptile besar E. Terdapat banyak jenis primate 4. Keanekaragaman jenis dapat terlihat dari adanya perbedaan .

A. Bentuk, warna, ukuran dan penampilan B. Bentuk, warna, jumlah, ukuran dan faktor pembawa sifat menurun C. Morfologi dan anatomi D.

Tingkah laku dan gen E. Morfolofgi dan tingkah laku 5. Flora Melanesia yang banyak terdapat di wilayah Indonesia Timur adalah . A. Matoa B. Meranti C. Salak D. Duren E. Sukun 6. Organisme yang menunjukan berbagai macam variasi pada komunitas, ekosistem dan spresies dapat menimbulkan . A. Varietas B. Spesies baru C. Populasi D. Biodiversitas E. Habitat baru 7. Hewan yang terdapat pada zona persebaran mahluk hidup di wilayah barat Indoneisa adalah .

A. Banteng B. Komodo C. Anoa D. Kakaktua berjambul E. Cendarwasih 8. Di bawah ini merupakan ciri-ciri ekosistem air. 1) Salinitas rendah 2) Variasi suhu tinggi 3) Penetrasi cahaya matahari kurang 4) Suhu air daerah tropis kurang lebih 25⁰C 5) Adanya aliran air 6) Tidak diperngaruhi iklim dan suaca Ciri-ciri ekosistem air tawar adalah .

A. 1), 2) dan 3) B. 1), 2) dan 5) C. 2), 3) dan 5) D. 2), 3) dan 6) E. 4), 5) dan 6) 9.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

Penyebab polusi udara adalah . A. kabut B. gas C. suara D. asap E. aspal 10. Keanekaragaman jenis (spesies) tertinggi terdapat pada ekosistem . A. Gurun B. Hutan hujan tropis C. Sawah D. Mangrove E. Sabana 11. Segala sesuatu yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran disebut . A. benda asing B. polimer C. polutan D. poluser E. korosifer 12. Berikut ini yang termasuk fauna tipe Australis adalah . A. anoa, komodo, kuskus B.

gajah, badak bercula satu, burung merak C. kangguru, cendrawasih, burung kasuari D. anoa, gajah, badak jawa E. komodo, babirusa, beruang 13. Faktor yang membedakan ekosistem air tawar lotik dan lentik adalah . A. air tawar lotik terdapat pada sungai, selokan, dan kolam B. air tawar lotik tidak ada arus air C. kandungan oksigen pada habitat lotik lebih tinggi D.

pertukaran air tanah pada lotik lebih kecil E. air tawar lentik terdapat pada danau, kolam, dan sungai 14. Garis yang memisahkan jenis fauna (hewan) Indonesia bagian timur dengan bagian tengah adalah . A. garis Weber B. garis Khatulistiwa C. garis Wallace D. garis lintang E. garis bujur 15. Dua populasi berbeda pada habitat yang sama tidak akan terjadi kompetisi apabila . A. kebutuhan hidupnya sama B. kebutuhan makanannya sama C.

aktivitas hidupnya berbeda D. tingkat trofiknya sama E. jumlah individunya sama 16. Berikut yang termasuk flora khas Indonesia bagian Timur adalah . A. Bunga bangkai, matoa, sagu B. Sagu, matoa, pala C. Bunga padma, kayu jati, sagu D. Bunga bangkai, bunga padma, bunga payung E. Sagu, matoa, kayu jati 17. Tempat tinggal makhluk hidup disebut dengan .

A. relung B. kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah C. ekosistem D. komunitas E. populasi 18. Berikut ini adalah aktivitas manusia yang dapat menyebabkan punahnya hewan atau tumbuhan, kecuali .

A. membangun tempat tinggal baru dalam hutan B. memburu hewan langka C. membuat cagar alam D. perluasan lahan pertanian E. pertambangan 19. Pernyataan-pernyataan berikut yang merupakan fungsi dari daur biogeokimia adalah . A. menjaga kestabilan iklim B. menjaga kelestarian ekosistem C. menyuburkan air laut D. menyediakan unsur mineral E. melakukan reaksi metabolisme 20. Salah satu upaya menjaga keanekaragaman hayati adalah .

A. penanaman secara monokultur B. membuang limbah rumahtangga ke sungai C. perburuan hewan D. menangkap ikan menggunakan peledak E. pelestarian hewan secara in situ dan eksitu 21. Sulfur dapat kembali ke ekosistem darat dalam bentuk . A. sulfur dioksida B. dimetil sulfida C. senyawa organik D. hidrogen sulfida E.

asam sulfa dan asam sulfit 22. Faktor yang membentuk keanekaragaman adalah . A. Gen B. Kromosom C. Gen dan lingkungan D. Perilaku E. Variasi gen dan perilaku 23. Bioma yang memiliki tumbuhan berupa pohon berukuran besar dan tinggi sehingga membentuk kanopi adalah bioma . A. gurun B. tundra C. hutan gugur D. padang pasir E. hutan hujan tropis 24. Dua individu dalam satu jenis memiliki faktor genetic yang sama tetapi memiliki fenotip yang berbeda. Hal ini dapat disebabkan oleh .

A. Lingkungan B. Makanan C. Keturunan D. Reproduksi E. Sumber makanan 25. Organisme yang memanfaatkan energi dari proses kimia untuk membuat bahan organik disebut . A. produsen B. konsumen C. kemoautotrof D. fotoautotrof E. heterotrof 26. Kelompok yang merupakan tingkatan keanekaragaman jenis adalah . A. Kelapa hijau, kelapa hybrid, kelapa gading B. Kelapa, jeruk, mangga C. Mangga harum manis, mangga gedong, mangga golek D. Salak pondoh, salak bali, salak condet E. Jeruk bali, jeruk nipis, jeruk medan 27.

Gambaran tentang jumlah keseluruhan berat kering individu pada setiap tingkatan trofik tertentu disebut . A. struktur trofik B. piramida jumlah C. piramida biomassa D. piramida energi E. piramida gambar 28. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor yang turut berpengaruh pada variasi individu makhluk hidup ialah . A. Faktor makanan B. Faktor fenotip C. Faktor adaptasi D. Faktor lingkungan E. Faktor genotip 29. Sisa energi yang disimpan oleh tumbuhan setelah digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas disebut .

A. energi saja B. produktivitas primer kotor C. produktivitas primer bersih D. produktivitas primer E. produktivitas ekosistem 30. Pada umumnya ragam flora yang ada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina mempunyai rumpun tumbuh-tumbuhan yang relative sama. Hal tersebut dikenal dengan sebutan . A. Flira oriental B. Flora malino C. Flora autralian D. Flora malesiana E.

Flora indo-malaya 31. Sebatang pohon yang berada di kebun merupakan . A. individu B. populasi C. komunitas D. biosfer E. ekosistem 32. Keanekaragaman hayati yang memiliki kecenderungan petumbuhan yang tinggi terdapat pada habitat . A. Tundra B. Hutan hujan tropis Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah. Savana D. Taiga E. Hutan homogeny 33. Di bawah ini merupakan komponen abiotik dalam ekosistem, kecuali .

A. dekomposer B. kelembapan C. air D. cahaya E. temperatur 34. Terumbu karang Indonesia selain menyimpan keindahan, juga berpotensi sebagai tujuan wisata dan sangat berperan bagi ekosistem laut. Pernyataan berikut ini yang bukan peranan terumbu karang bagi ekosistem laut adalah . A. Tempat hidup berbagai jenis ikan B. Tempat hidup alga C. Kaya ikan hias D. Sumber makanan bagi ikan E. Tempat menyimpan telur bagi jenis ikan tertentu 35.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

Hubungan antarindividu yang salah satu dirugikan dan yang lainnya di untungkan terjadi pada . A. manusia dengan cacing pita B. burung dengan bunga C. kerbau dengan burung jalak D. manusia dengan rayap E. anggrek dengan pohon yang ditumpangi 36. Indonesia kaya dengan berbagai jenis tanaman anggrek. Berbagai jenis anggrek dimanfaatkan manusia sebagai . A. Bahan makanan sumber karbohidrat B. Bahan makanan sumber protein C. Bahan pembuat jamu D. Tanaman hias E. Tanaman penghijauan 37.

Rantai makanan yang trofik pertamanya diduduki oleh tumbuhan, disebut rantai makanan . A. detritus B. perumput C. parasit D. dasar E. klimaks 38. Perusakan hutan di Kalimantan mendapat perhatian yang besar dari penduduk dunia karena dapat mengancam kehidupan di bumi. Hutan di Kalimantan merupakan salah satu paru-paru dunia yang masih tersisa. Manakah kemampuan tumbuhan yang merupakan fungsi hutan sebagai paru-paru dunia .

A. Menggunakan oksigen untuk menghasilkan bahan makanan pada proses respirasi B. Menyerap oksigen dari udara untuk membentuk uap air pada proses transpirasi C. Menyerap karbon dioksida untuk membentuk uap air pada proses evaporasi D. Menyerap karbon dioksida untuk membentuk oksigen pada proses fotosintesis E. Menyerap uap air untuk membentuk bahan makanan pada proses asimilasi 39. Sejumlah energi yang tersimpan dalam organisme autotrof disebut .

A. energitika B. produktivitas sekunder C. produktivitas primer D. biomassa E. relung 40. Kekayaan aneka jenis flora dan fauna sudah lama dimanfaatkan untuk berbagai aspek, misalnya kebun binatang, kebun raya, dan hutan wisata yang manfaatnya masuk kedalam aspek .

A. Social dan budaya B. Social dan ekonomi C. Politik dan pendidikan D. Pendidikan dan rekreasi E. Kesehatan dan budaya 41. Fauna endemik Indonesia adalah . A. Berunga madu B. Harimau C. Burung cendrawasih D. Komodo E. Tarsius 42. Kebakaran hutan di Riau terjadi secara sengaja oleh tangan manusia dengan tujuan memudahkan mereka dalam membabat hutan, namun yang terjadi angin kencang semakin membesarkan api sehingga berhektar-hektar hutan hangus terbakar.

Bagaimana seharusnya kita mengkritisi peristiwa tersebut terkait dengan manfaat keanekaragaman hayati . A. Cara tersebut boleh saja dilakukan asalkan dapat dikontrol penyebaran kobaran apinya B. Cara tersebut tentu dapat memusnahkan spesies-spesies secara cepat dan mengurangi fungsi hutan sebagai penyimpan air C. Pengguna lahan sebaiknya mengontrol keadaan angin sebelum mereka melakukan pembakaran hutan D.

Kebakaran hutan dapat menimbulkan penyakit ISPA E. Cara tersebut dapat dikatakan eksploitasi hutan yang seharusnya tidak dilakukan oleh siapapun 43. Perubahan populasi di dalam ekosistem ditentukan oleh .

A. migrasi dan natalitas B.migrasi dan mortalitas C.migrasi, urbanisasi, dan natalitas D. natalitas dan mortalitas E. mortalitas, natalitas, dan migrasi 44.

Pengelompokan organisme dapat didasarkan atas keanekaragaman tingkat gen dan keanekaragaman tingkat spesies. Tanaman berikut yang menunjukkan keanekaragaman tingkat gen adalah .

A. Melon, mentimun dan semangka B. Sirsak, srikaya dan mangga C. Jahe, temu ireng, dan temu lawak D. Bunga mawar, bunga melati dan bunga kenanga E. Kelapa gading, kelapa kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah, dan kelapa hijau 45. Komponen biotik yang menempati puncak piramida adalah . A. kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah B.

plankton C. herbivora D. dekomposer E. karnivora 46.Pasangan tumbuhan berikut yang dapat dikelompokkan dalam tingkat keanekaragaman gen yaitu . A. Jeruk nipis dan jeruk purut B. Ketan hitam dan ketan putih C.

Bayam duri dan bayam cabut D. Jambu biji dan jambu monyet E. Sawo kecik dan sawo manila 47. Tokoh yang memperkenalkan ekologi adalah . A. Lavoisier B. Ernest Haeckel C. Charles Darwin D. Carolus Linneaus E. Antono van Leuwenhoek 48. Berdasarkan perbedaan flora dan fauna yang mendominasi, terumbu karang di Pantai Pangandaran dan kawasan hutan di Gunung Gede Pangrango menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat .

A. gen B. spesies C. populasi D. komunitas E. ekosistem 49. Berikut ini yang bukan daerah ekosistem air laut menurut sifat fisiknya adalah . A. litoral B. neritik C. batial D. profundal E. abisal 50.

Perhatikan tanaman berikut! Tanaman dalam gambar diatas merupakan tanaman yang berasal dari daerah . A. Riau B. Bengkulu C. Pangandaran D.

Nusa Kambangan E. Aceh 51. Kumpulan berbagai populasi membentuk . A. individu B. populasi C. komunitas D. biosfer E. ekosistem 52. Kawasan suaka alam yang digunakan untuk melindungi dan menjamin perkembangan secara alami terhadap jenis tumbuhan yang khas di tempat tersebut disebut .

A. Cagar alam B. Suaka margasatwa C. Taman nasional D. Taman wisata alam E. Taman hutan raya 53. Daerah perairan dalam, tidak tembus cahaya matahari, dan banyak dekomposer disebut . A. litoral B. neritik C.

batial D. profundal E. abisal 54. Contoh upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia secara ex situ yaitu . A. Pendirian Taman Nasional Baluran B. Penangkaran harimau di kebun binatang C. Perlindungan Taman Laut Bunaken D. Perlindungan komodo di Pulau Komodo E. Perlindungan bunga Rafflesia arnoldi di Bengkulu 55. Berikut ini yang merupakan contoh ekosistem buatan adalah . A. sungai B. waduk C. danau D. padang rumput E. laut 56. Berikut ini yang tidak termasuk tujuan klasifikasi makhluk hidup yang dilakukan oleh para ahli Biologi yaitu .

A. Mengetahui evolusi pada makhluk hidup B. Memberikan nama ilmiah pada makhluk hidup C. Mengetahui hubungan kekerabatan antar-makhluk hidup D. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya E.

Membedakan setiap jenis makhluk hidup agar mudah dikenali 57. Cacing yang bersifat parasit dalam tubuh manusia dengan hospes perantaan sapi adalah . A. Planaria sp. B. Fasciola hepatica C. Taenia solium D. Taenia saginata E. Polychaeta sp. 58. Keanekaragaman spesies dipengaruhi oleh . A. gen dan lingkungan B. tingkah laku dan gen C. gen dan faktor abiotik D. faktor abiotik dan biotik E. gen dan makanan 59. Di antara struktur berikut yang merupakan daur hidup Hidrozoa sp. dan mampu menghasilkan gamet adalah .

A. gemmule B. Planula C. Polip D. medusa E. tunas 60. Kegiatan yang dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati adalah . A. kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah hewan lindung B.

membuat hutan lindung C. membuat undang-undang keanekaragaman hayati D. melakukan reboisasi E. melakukan penangkaran hewan langka 61. Spons yang digunakan untuk mandi dan untuk membersihkan alat rumah tangga lainnya dihasilkan oleh Porifera pada kelas . A. Sycon B. Hexactinellida C.

Pheronema D. Calcarea E. Demospongia 62. Garis khayal yang memisahkan fauna Indonesia bagian barat dan wilayah peralihan adalah . A. garis Weber B. garis Wallace C. garis khatulistiwa D. garis lintang E. garis bujur 63. Berikut ini yang termasuk kelompok Crinoidea adalah . A. Antedon dan Metacrinus B. Holothuria dan Tyone C. Asterias dan Tyone D. Ophiothrix dan Asterias E. Antedon dan Tyone 64. Kegiatan berikut yang bukan merupakan contoh pemanfaatan keanekaragaman hayati adalah .

A. pembuatan kursi rotan B. memasak sayuran C. pengeboran minyak D. pembuatan benang kapas E. berternak unggas 65. Saluran hewan dengan ciri-ciri berbentuk bulat, tubuhnya penuh duri, panjang, dan simetri radial, hidup di laut, maka hewan tersebut termasuk dalam kelas .

A. Ophiuroidae B. Echinoidea C. Asteroidea D. Crinoidea E. Holothuoidea 66. Pelestarian in situ dilakukan dengan pembuatan . A. penangkaran hewan B. kebun raya C. hutan lindung D. taman kota E. taman bermain 67. Saluran batu yang terdapat pada Asteroidea, merupakan . A. penghubung madreporit dengan saluran melingkar B.

alat pelekat dasar C. bagian dari saluran melingkar D. pembawa makanan ke usus E. saluran yang terdapat pada tentakel 68. Berikut ini tujuan manusia melakukan perambahan hutan, kecuali . A. pembuatan daerah pemukiman B. pembuatan jalan raya C. pembuatan ladang D. pelestarian hewan E. diambil kayunya 69.

Kelompok cacing yang termasuk pseudoselom adalah . A. Nemathelminthes B. Platyhelminthes C. Annelida D. Polychaeta E. Trematoda 70. Pada tumbuhan berikut, yang merupakan tumbuhan endemik Indonesia adalah . A. Hibiscus rosasinensis B. Rafflesia arnoldii C. Oryza sativa D. Morinda citrifolia E. Solanum tuberosum 71. Di antara Mollusca berikut yang merugikan adalah . A. Octupus sp. B. Teredo navalis C. Lymnea javanica D.

Sepia sp. E. Melania testudinaria 72. Berikut ini hewan yang umum diternakkan dan dimanfaatkan untuk konsumsi manusia, kecuali .

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

A. ayam B. sapi C. burung elang D. udang E. kambing 73. Bentuk polip dan medusa pada Coelenterata berbeda karena . A. polip dapat berenang, medusa tidak dapat berenang B.

polip hidup di darat, medusa hidup di air C. polip mempunyai tentakel, medusa tidak D. polip tidak dapat berenang, medusa dapat berenang bebas E. polip todak mempunyai mulut, medusa mempuyai mulut 74. Keanekaragaman gen dalam spesies terjadi antara . A. bunga mawar, bunga krisan, dan bunga matahari B. ikan mas, ikan lele, dan ikan gurame C. burung kakaktua raja, burung nuri, dan burung kakaktua jambul kuning D. burung merpati hitam, burung merpati putih, dan burung merpati abu-abu E.

ular sanca, ular sendok, dan ular hijau 75. Ciri-ciri yang tidak memiliki Hydra sp. adalah . A. berumah satu B. berumah dua C. ovotestis D. hermafrodit E. diesis 76. Berikut adalah contoh hewan yang berasal dari Indonesia bagian peralihan, yaitu .

A. orangutan B. babi rusa C. biawak D. kanguru E. walabi 77. Telur Fasciola hepatica yang telah dibuahi tumbuh menjadi . A. redia B. mirasidium C. serkaria D. metaserkaria E. sporosista 78. Berikut bukan merupakan kegiatan yang dapat menganggu keanekaragaman hayati, yaitu . A. penangkapan ikan dengan peledak B. memelihara hewan langka C. mengeksploitasi terumbu karang semaksimal mungkin D. menanam pepohonan di halaman E. membuka lahan dengan membakar hutan 79. Di antara jenis ikan berikut yang termasuk Acraniata kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah .

A. Mixine sp. B. Raja sp. C. Squalus sp. D. Branchiostama sp. E. Petromyzon sp. 80. Manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut, kecuali . A. untuk pemenuhan kebutuhan hidup B. sebagai sumber kebutuhan sandang C. sebagai sumber kebutuhan pangan D. sebagai sumber kekayaan pribadi E. sebagai sumber kekayaan papan 81.

Mutiara kerang dibentuk pada lapisan . A. prismatik B. periostrakum C. nakreas D. ektoderm E. di antara periostrakum dan prismatik 82. Salah satu peran pemerintah dalam menjaga keanekaragaman hayati adalah . A. memperbolehkan pemburuan asalkan membayar B. memberi izin kepada pihak asing untuk mengelola suatu wilayah.

C. memberikan sanksi hukum dengan membuat undang-undang D. menjadikan daerah pesisir pantai sebagai tempat wisata E. memberi izin kepada warga untuk memelihara hewan langka 83. Polip dan Obelia sp. yang berfungsi untuk reproduksi disebut . A. gonazoid B. tentakel C. hidrant D. gastrozoid E. mesoglea 84. Berikut ini yang termasuk faktor abiotik suatu ekosistem adalah .

A. rumput B. burung merpati C. semak-semak D. bebatuan E. serangga 85. Jenis-jenis hewan di bawah ini termasuk Craniata, kecuali . A. Mongula sp.

B. Zalophus sp. C. Phoca sp. D. Mirounga sp.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

E. Dolphinus delphis 86. Keanekaragaman ekosistem tidak dipengaruhi oleh . A. vegetasi tanaman B. iklim C. jenis hewan yang menempati D. lingkungan abiotik E. wilayah negara 87. Sistem pernapasan pada Nematoda menggunakan . A. mulut B. paru-paru C. trakea D. anus E. dinding tubuh 88. Warna-warni yang terdapat pada ikan koi menunjukkan . A. keanekaragaman individu B.

keanekaragaman fenotipe C. keanekaragaman hayati D. keanekaragaman gen E. keanekaragaman spesies 89. Larva bersilia pada Aurelia aurita disebut . A. planula B. amfiblastula C.

mirasidium D. serkaria E. efira 90. Wilayah Indonesia bagian timur memiliki hewan-hewan yang mirip dengan wilayah . A. Asia B. Australia C. Jepang D. Amerika E. Eropa
SJK I United nations 2010 1.

Si amang dikelompokkan sama dengan orang utan dan gorilla, yaitu pada tingkat ordo primate. Hal ini disebabkan karena siamang, orang utan, dan gorilla memiliki kekerabatan yang sangat dekat.

Pengklasifikasian makhluk hidup seperti disebutkan diatas termasuk system….

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

a) Buatan b) Artificial c) Filogenetik d) Alamiah e) Binomial nomenclature Jawaban : C Pembahasan: System pengklasifikasian makhluk hidup ada 3 yaitu: • System alamiah, yaitupengklasifikasian berdasarkan banyak sedikitnya persamaan terutama sifat morfologis. Misalnya: harimau, kuda, badak, dan kuda zilch termasuk hewan yang berkaki empat • Organisation artificial atau buatan yaitu mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan struktur morfologis yang mudah dilihat, terutama alat reproduksi dan habitat(tempat hidup) makhluk hidup.

Contohnya: tanaman digolongkan pada perdu, semak, berkayu, tanaman air, tanaman darat, dll. • System filogenetik, yaitu pengklasifikasian berdasarkan jauh delatnya hubungan kekerabatan antar takson yang ditinjau dari perkembangan filogeninya. Contohnya: siamang dan orang utan lebih dekat kekerabatannya dibandingkan dengan siamang dan kucing. 2. Kelompok tumbuhan yang menunjukkan variasi individu dalam satu spesies adalah sebagai berikut, kecuali… a) Durian montong, durian petruk, durian Bangkok b) Pisang ambon, pisang raja bulu, pisang raja cere c) Jeruk bali, jeruk keprok, jeruk nipis d) Mangga gadung, mangga manalagi, mangga golek e) Padi cianjur, padi IR36, padi Pelita, padi pandanwangi Jawaban: C Pembahasan: variasi dalam i jenis ini menunjukkan keanekaragaman genetis.

Misalnya, durian montong, petruk, bangkok, pisang ambon, raja bulu, raja cere, dll. Sedangkan jeruk nipis (Cytrus aurentifolium), jeruk bali (Cytrus nobilis) dan jeruk keprok (Cytrus nobilis) merupakan keanekaragaman spesies/jenis, yaitu perbedaan antar spesies.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

iii. Berikut ini sisten penamaan yang benar menurut organization binomial nomenclatur untuk tanaman durian adalah… a) durio zibetinus b) Durio zibetinus c) durio zibetinus d) Durio zibetinus e) Durio zibetinus Jawaban: B Pembahasan: penulisan nama ilmiah yang benar untuk nama spesies durian seperti yang ditunjukkan oleh arrangement binomial nomenclatur adalah : Durio zibetinus atau Durio zibetinus.

Peraturan system tatanama binomial classification bias dilihat pada no.two. 4. Berikut ini contoh konservasi alam secara eksitu,kecualiL: a) Beraneka macam animate being dan flora di kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah safari, Cisarua, Bogor b) Kebun koleksi tebu di Pasuruan, Jawa Timur c) Penanaman aneka anggrek dan bunga lain di kebu Botani Bogor d) Pemeliharaan aneka margasatwa di kebun binatang Gembiraloka, Jogjakarta e) Pelestarian badak bercula satu di suaka margasatwa, Ujung Kulon Jawaban: E Pembahasan: konservasi alam terdiri dari 2 cara, yaitu: • Secara insitu, yang artinya pelestarian alam di dalam habitat aslinya, contohnya adalah pelestarian badak bercula satu di Ujung Kulon, pelestarian komodo di Pulau Komodo, dan pelestarian Raflesia arnoldi di Bengkulu.

• Secara eksitu, yang artinya pelestarian alam di luar habitat aslinya, contohnya adalah kebun koleksi tebu di Pasuruan, Taman Safari di Cisarua Bogor, dan Kebun Botani di Bogor. 5. Berikut ini merupakan bentuk upaya pelestarian SDA hayati secara insitu, kecuali… a) Melindungi badak bercula satu di Ujung Kulon b) Menanam kebun koleksi kelapa di Bone-os c) Melindungi biawak dan komodo di pulau Komodo d) Melindungi burung cenderawasih di Irian Jaya e) Melindungi hewan anoa di Sulawesi Jawaban: B Pembahasan: lihat no.5 half-dozen.

Berbagai kasus perubahan lingkungan melanda Negara kita antara lain: • Gempa dan tsunami melanda daerah Pangandaran dan daerah NAD • Banjir di Jakarta • Kabut panas dan hujan abu di Jateng • Timbulnya lumpur Lapindo di Porong Sidoardjo • Kebakaran hutan di beberapa hutan di Indonesia Bencana yang sepenuhnya terjadi akibat kelalaian manusia adalah… a) ane dan 2 b) 1 dan iii c) two dan 4 d) two dan five e) four dan 5 Jawaban: D Pembahasan: Bencana alam yang terjadi di berbagai belahan bumi dapat disebabkan karena kelalaian dari perbuatan manusia yang secara disadari atau tidak dapat merusak alam.

Bencana alam yang seperti itu diantaranya adalah: banjir dan kebakaran hutan. 7. Kupu-kupu yang menghisap sari-sari bunga merupakan interaksi yang termasuk simbiosis… a) Mutualisme b) Parasitisme c) Komensalisme d) Amensalisme e) Kompetisi Jawaban: A Pembahasan: sismbiosis antara kupu-kupu dan bunga termasuk simbiosis mutualisme, karena hubungan antara keduanya bersifat saling menguntungkan.

• parasitisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu untung sedangkan yang lain dirugikan. Contohnya: benalu dengan pohon mangga • komensalisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu untung sedangkan yang lain tidak dirugikan ataupun tidak diuntungkan. Contohnya: ikan hiu dengan ikan remora • amensalisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu rugi sedangkan yang lain tidak dirugikan.

Contohnya: bakteri dengan jamur Penicilium notatum. Jamur Penicilium notatum menghasilkan zat antibiotika yang dapat menghambat atau membunuh bakteri yang hidup disekelilingnya.

Hubungan ini disebut juga antibiosis. • kompetisi atau persaingan antara dua individu yang sama habitatnya atau nichenya. eight. Diketahui suatu tumbuhan dengan cirri-ciri sebagai berikut: • Daun tebal, kaku dengan lapisan kutikula yang tebal • Mempunyai akar yang banyak, rapat, dan kuat • Biji Mmpu berkecambah saat masih berada dalam buah • Mempunyai batang sukulen dan berongga • Terdapat pula akar-akar dengan bentuk dan struktur yang khusus.

Ciri-ciri tumbuhan yang dimiliki oleh hutan mangrove adalah…… A) one,two,iii,4 B) one,3,4,5 C) 1,2,iii,v D) 2,three,iv,5 Eastward) 1,2,4,5 Jawaban : C Pembahasan : Hutan Mangrove adalah suatu daerah yang terdapat di pesisir pantai yang memiliki ciri diantaranya adalah merupakan daerah pasang surut, memiliki salinitas tinggi dan hempasan gelombang yang cukup besar jika dalam keadaan pasang.

Tumbuhan yang bias beradaptasi dengan kondisi seperti itu adalah tumbuhan yang memiliki sifat antara lain : No. 1, ii, iii, 5. 9 Di suatu kolam terjadi peristiwa musnahnya populasi ikan tertentu akibat penggunaan insektisida yang berlebihan. Kejadian ini dapat dicegah dengan… a) Membuat peraturan penggunaan insektisida b) Membatasi produksi insektisida c) Menggunakan insektisida dengan dosis rendah d) Mencegah menyebarluaskan insektisida e) Mengatur dosis, waktu, dan jarak pemakaian Jawaban: E Pembahasan: Insektisida adalah jenis pestisida yang dapat digunakan untuk membasmi serangga yang berperan sebagai hama tanaman.

Agar pemakaian tidak mengganggu keseimbangan ekosistem dengan musnahnya hewan lain yang bukan sasaran, maka penggunaannya tidak boleh berlebihan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pengaturan dosis waktu dan jarak pemakaian. x. Keanekaragaman hayati dapat dipelajari untuk digunakan dna dilestarikan dengan menggunakan organization pengklasifikasian makhluk hidup.

Yang merupakan tujuan klasifikasi dibawah ini adalah…. A) Menentukan persamaan dan perbedaan makhluk hidup B) Memberikan nama pada setiap makhluk hidup C) Menyderhanakan objek studi tentang makhluk hidup D) Mencari perbedaan dan kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah cirri E) Mengelompokkan golongan makhluk hidup Jawaban : C Pembahasan :T ujuan klasifikasi makhluk hidup untuk menyederhanakan objek studi tentang MH agar memiliki keanekaragaman nama. 11. Pada tahun 1969, R.H Whittaker menyempurnakan system klasifikasi atas dasar pertimbangan tingkat organism sel dan jenis nutrisinya.

Dibawah ini macam kingdom dari klasifikasi Whittaker adalah…. A) Plantae, Animalia B) Protista, Fungi, Plantae, Animalia C) Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia D) Monera, Plantae, Virus, Fungi, Animalia E) Virus, Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia Jawaban : C Pembahasan : R.H Whittaker menyempurnakan klasifikasi system iv keragaman atas dasar perimbangan tingkat organisme sel dan jenis nutrisinya.

Hasil penyempurnaan arrangement klasifikasi v kingdom, yaitu: Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia. 12. Akibat penggunaan herbisida dalam hubungannya dengan usaha intensifikasi lahan pertanian adalah…. A) Menyuburkan tanaman karena gulma musnah B) Menambah jumlah mineral ditanah C) Terakumulasinya insektisida dalam tumbuhan D) Mengganti mineral yang hilang Due east) Menjaga plasma nutfah Jawaban :C Pembahasan : Herbisida yang digunakan akan larut dalam air dan mengendap di tanah, yang pada akhirnya akan diserap ole buluh-buluh akar tumbuhan, sehingga zat kimia tersebut semakin lama semakin banyak terakumulasi pada tumbuhan.

13. Bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan tumbuhan polong-polongan bermanfaat karena…. A) Menghasilkan pertikel-partikel tanah B) Memecah senyawa anorganik menjadi senyawa organic C) Memecah senyawa organic menjadi senyawa anorganic D) Mengubah nitrogen bebas menjadi nitrat E) Mengubah nitrat menjadi nitrogen bebaas Jawaban : D Pembahasan : Bakteri pengikat N2 dari udara ada 2 macam yaitu • Bakteri hidup bebas : Azotobacter, Clostridium pasteurianum, Rhodospirillum rubrum • Bakteri yang bersimbiosis dengan bintil akar Leguminosa (polongan): Rhizobium leguminosa • Bakteri tersebut mampu melakukan proses nitrifikasi, yaitu merubah senyawa amoniak menjadi nitrit dan mengubahnya menjadi nitrat.

fourteen. Kelompok hewan yang merupakan tingkatan satu jenis adalah………. A) Kambing, sapi, kerbau B) Ayam horn, ayam kate, ayam walnut C) Ayam horn, angsa, burung pelikan D) Ayam horn, tikus, kambing E) Kucing, anjing, tikus Jawaban : B Pembahasan : Ayam horn, ayam kate dan ayam walnut merupakan kelompok hewan yang merupakan tingkatan satu jenis yaitu jenis ayam.

15. Kucing, anjing dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalan satu takson yang sama yaitu… A) filum B) kelas C) ordo D) familia Eastward) genus Jawaban : B Pembahasan :dalam taksonomi, Kucing, anjing dan harimau termasuk kedalam kelas yang sama. - PENJELASAN TEORI DAN LATIHAN SOAL LAGI ( hehhehe ) Keanekaragaman hayati / biodiversitas merupakan himpunan seluruh populasi penghuni biosfer, yaitu yang terdiri dari seluruh wilayah udara, tanah, dan air tempat makhluk hidup tinggal.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

Di dalam makhluk hidup terkandung plasma nuftah (germ plasm), yaitu kisaran keanekaragaman genetic dari individu liar sampai individu budidaya.

Penyebab utama keanekaragaman makhluk hidup ini adalah gen. 1. Tingkat keanekaragaman hayati a. Keanekaragaman hayati tingkat gen Keanekaragaman yang menyebabkan variasi antarindividu pada bentuk, penampilan, warna, ataupun hal lainnya, yang masih berada dalam tingkat spesies yang sama.

Gen merupakan materi di dalam sel yang mengatur dan mengendalikan sifat atau penampilan suatu makhluk hidup. Setiap makhluk hidup mempunyai susunan gen yang berbeda-beda. Contohnya : kelapa macamnya yaitu kelapa gading; kopyor; hidrid; dan kelapa hijau, mangga macamnya mangga tali jiwo; gadung; golek; dan arumanis, padi macamnya padi IR; sedani; wulu; dan kapuas. b. Keanekaragaman hayati tingkat jenis/spesies Keanekaragaman yang menyebabkan variasi antarspesies, lebih mudah diamati karena perbedaan lebih menyolok.

Keanekaragaman hayati tingkat spesies dapat diamati pada tingkat takson yang lebih tinggi dari spesies seperti genus dan familia. Contohnya : variasi famili Palmae antara lain kelapa; siwalan, aren dan pinang: variasi famili Graminae antara lain padi, gandum, tebu, dan jagung: spesies pada genus Pandanus: spesies pada familia Arecaceae. c. Keanekaragaman Ekosistem Dari semua variasi yang ada pada setiap tingkat jenis akan mempunyai tempat hidup yang berbeda, tempat hidup ini akan membentuk ekosistem yang berbeda pula.

Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem melibatkan komponen fisik dan komponen kimia (komponen abiotik) dan komponen biotic, sebagai penyusun dari ekosistem itu sendiri. Komponen fisik misalnya iklim, air, tanah, udara, cahaya, suhu, kelembapan, topografi, dan geologi. Komponen kimia misalnya, keasaman, kandungan mineral, dan salinitas. Sedangkan, komponen bioticnya adalah makhluk hidup.

Contohnya : kelapa ekosistemnya di daerah pantai, siwalan ekosistemnya di daerah kering, aren ekosistemnya di daerah rawa.

2. Manfaat mempelajari keanekaragaman hayati Keanekaragaman hayati telah banyak dipelajari oleh menusia sejak kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah dahulu. Hal tersebut dilakukan selain untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan juga untuk keperluan kesehatan dan pengobatan suatu penyakit. Contohnya seperti sirih, lengkuas, kumis kucing, dan Pennicillium.

Manfaat mempelajari keanekaragaman hayati antara lain: a. mengetahui manfaat masing-masing jenis bagi kehidupan manusia b. mengetahui adanya saling ketergantungan makhluk hidup c. mengetahui ciri-ciri dan sifat kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah jenis d. mengetahui kekerabatam antar makhluk hidup e. mengetahui manfaat keanekaragaman dalam mendukung kelangsungan hidup manusia iii. Pelestarian keanekaragaman hayati a. Pemanfaatan keanekaragaman hayati melalui usaha pelestaria • Tebang pilih, yaitu penebangan pohon secara selektif (terpilih) bagi pohon-pohon yang memenuhi persyaratan untuk ditebang, baik dari segi umur, ketersediaan jenisnya, maupun jumlahnya.

• Reboisasi, yaitu penanaman kembali hutan bekas tebangan dengan tumbuhan yang masih muda. • Perburuan musiman, yaitu pemanfaatan SDA pada musim tertentu, yaitu menghindari berburu pada musim kawin, masa hamil, atau masa beranak.

iv. Penganekaragaman bahan pangan, yaitu pemanfaatan SDA sebagai bahan pangan secara bervariasi dengan menghindari penggunaan bahan makanan satu jenis saja sehingga tidak menghabiskan jenis tersebut. b. Pelestarian keanekaragaman hayati melalui usaha perlindungan 1. Perlindungan alam, dalam usaha menjaga kelestarian alam. Ada 2 cara, yaitu: a) pelestarian in situ, yaitu pelestarian alam di habitat aslinya.

Misalnya taman wisata, taman nasional, dan hutan lindung. b) pelestarian ex situ, pelestarian alam bukan di habitat aslinya. Misalnya kebun koleksi, kebun botani, kebun binatang, dan kebun plasma nuftah. 2. Macam-macam perlindungan alam a) perlindungan alam umum, yaitu secara terbimbing oleh para ahli atau diarahkan (seperti Kebun Raya Bogor dan Taman Nasional), dan secara ketat yang sesuai kehendak alam tanpa adanya campur Tangan manusia kecuali jika diperlukan.

b) perlindungan alam khusus, yaitu yang ditujukan kepada satu atau beberapa unsure alam tertentu. Contohnya: perlindungan botani, perlindungan zoology, perlindungan geologi, perlindungan alam antropologi, dan perlindungan ikan. c) Perlindungan satwa langka, yaitu yang dikenal dengan suaka marga satwa. Cara pelestariannya diantaranya: • dibuat undang-undang perburuan serta tindakan hukuman bagi pelanggar. • membiarkan hewan-hewan langka yang hamper punah.

• memindahkan hewan langka yang hamper punah ke habitat yang lebih cocok. • Mempelajari keanekaragaman hayati tanpa dan dengan cara klasifikasi Bila kita mempelajari keanekaragaman hayati tanpa klasifikasi, akan memungkinkan terjadinya kerancuan pengertian dalam menunjuk suatu jenis makhluk hidup, misalnya burung gereja di Belanda musch, di Inggris house sparrow, di Amerika english sparrow, di Spanyol gorrion, di Jerman hausspreling.

Bahkan dalam satu negara sering dijumpai spesies hewan atau tumbuhan memiliki nama daerah berbeda-beda, misalnya burung merpati di Jawa Tengah doro, di Madura dere, di Bali kedis dedare, dan di Jawa Barat japati.

Namun, bila kita mempelajari keanekaragaman hayati dengan klasifikasi, maka akan memperoleh kemudahan dan keseragaman dalam menunjuk suatu jenis. v. Keanekaragaman hayati di Republic of indonesia Indonesia merupakan salah satu Negara yang tingkat keanekaragaman hayatinya paling tinggi di dunia. Contoh lain adalah Negara Brazil. Meski luas Negara kita hanya 1.3% dari luas duniea, tetapi 10% hutan di dunia berada di Indonesia, sehingga Negara kita disebut Mega Diversity Country. Indonesia memiliki kodisi fisik (lingkungan abiotik) yang sangat bervariasi, sehingga menuntut hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya untuk beradaptasii dengan cara yang berbeda-beda agar dapat bertahan hidup.

Keadaan lingkungan abiotik yang sangat bervariasi menjadikan Indonesia kaya akan hewan dan tumbuhan. Lingkungan abiotik dan biotik yang khas menyebabkan munculnya makhluk hiidup yang khas pula. Bahkan ada tanaman-tanaman dan hewan-hewan tertentuu yang hidup di daerah-daerah tertentu pula, contohnya burung Cenderawasih di Irian jaya, burung Maleo di Sulawesi, Komodo di Pulau Komodo, Bunga Bangkai di Sumatra.

vi. Aktivitas manusia dan keanekaragaman hayati Adapun aktivitas manusia yang dapat membuat keanekaragaman hayati menjadi berkurang, yaitu akibat eksploitasi SDA yang berlebihan, sehingga bumi menjadi rusak. Misalnya saja dapat mengakibatkan terjadinya erosi, polusi udara-tanah-air, hujan asam pemanasan global, dan banyaknya spesies yang terancam punah.

7. Klasifikasi Pengklasifikasian telah lama dilakukan oleh para ahli, yang pertama kali Aristoteles dan Theophrastus. Aristoteles memperkenalkan 520 jenis hewan dalam buku Historia Animalium dan Theophrastus kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah 480 jenis tumbuhan dalam buku Historia Plantarum. Sistem klasifikasi ada three macam yaitu: a. Sistem klasifikasi alamiah oleh Theophratus dalam bahasa latin Polinomial. b. Sistem klasifikasi buatan oleh Carolus Linnaeus dalam bahasa latin Binomial.

c.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

Sistem klasifikasi filogenetik oleh Charles Darwin dalam bahasa latin Binomial. viii. Perkembangan Klasifikasi Ilmu pengetahuan semakin berkembang dari masa ke masa. Perkembangan ini sering menuntut perubahan dalam klasifikasi, khususnya pada tingkat kingdom. Setiap sistem klasifikasi yang digunakan harus bersifat eksklusif dan inklusif. Sistem klasifikasi dibuat untuk memudahkan kita mempelajari keanekaragaman hayati di dunia ini. Perkembangan sistem klasifikasi menunjukkan bagaimana para ilmuwan bekerja yaitu terbuka untuk perubahan dalam hal-hal yang baru.

Dewasa ini kita telah memiliki Kode Internasional Tata Nama Tumbuhan (International Lawmaking of Botanical Classification) dan Kode Internasional Tata Nama Hewan (International Code of Zoological Nomenclature).

Cara Menulis Nama Jenis a. Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam menulis nama jenis/spesies dengan sistem tata nama ganda adalah sebagai berikut: • Huruf pertama dari kata yang menyebutkan marga (genus) ditulis dengan huruf besar, sedangkan untuk kata penunjuk jenis (spesies) ditulis dengan huruf kecil semua.

• Contoh: Zea mays, Zea : genus, mays : spesies. • Bila nama jenis ditulis dengan tangan atau ketik, harus diberi garis bawah pada kedua kata nama tersebut. Namun bila dicetak harus memakai huruf miring.

• Contoh: Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah mays bila diketik, Zea mays bila diketik. • Bila nama penunjuk jenis lebih dari dua kata, kedua kata terakhir tersebut harus dirangkaikan dengan tanda penghubung.

• Contoh: Hibiscus rosa sinensis menjadi Hibiscus rosa-sinensis. • Bila nama jenis itu diberikan untuk mengenang jasa orang yang menemukannya maka nama penemu dapat dicantumkan pada kata kedua dengan menambahkan hisuf (i) di belakangnya.

• Contohnya antara lain tanaman pinus yang ditemukan Merkus, maka nama tanaman itu Pinus merkusii. Dapat juga apabila ada spesies yang ditemukan Linnaeus maka di belakang bisa di beri tanda (L.) b. Nama kelas/genus adalah nama genus + nae. Contoh: Equisetum + nae menjadi Kelas Equisetinae c. Nama Famili adalah nama genus + aceae. Contoh: Canna + aceae menjadi Famili Cannaceae d. Nama Ordo adalah nama genus + ales. Contoh: Zingiber + ales menjadi Ordo Zingiberales due east.

Nama Classis adalah didasarkan atas cirri-ciri alami yang khas. Contoh: tumbuhan berbiji satu (Monocotyledoneae), tumbuhan berbiji dua (dicotyledoneae), binatang menyusui (Mammalia), dan binatang melata (Reptilia). f. Nama Divisio/Phylum, Divisio hanya pada tumbuhan dan jamur (fungi). Pengelompokkan berdasarkan cirri khas anggota division. Penulisannya, diakhiri dengan phyta untuk tumbuhan, dan mycota untuk jamur.

Dan Phylum hanya pada hewan. thou. Nama Kingdom/Regnum, Kingdom untuk kelompok hewan, dan Regnum untuk kelompok tumbuhan yang memiliki tingkat takson tertinggi. 9. Kunci Determinasi sederhana/ Kunci Anatitik Merupakan metode untuk menentukan tingkat takson suatu makhluk hidup, yaitu didasarkan atas cirri-ciri morfologisnya.

Makhluk hidup yang ingin diketahui tingkat taksonnya disebut specimen. 10. Klasifikasi makhluk hidup versi Whittaker Robert H.B. Whittaker pada tahun 1969, mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi 5 kingdom.

Yaitu monera, protista, fungi, plantae, dan animalia. SOAL-SOAL PREDIKSI UAN 2009 ane. UAN 2008 Kelompok tumbuhan yang menunjukkan variasi individu dalam satu spesies terdapat pada … a) Jambu, mangga, nanas b) Kelapa, tomat, pinang c) Terung, tomat, kentang d) Mangga gadung, mangga manalagi, mangga golek e) Jahe merah, lengkuas merah, kunyit putih Jawaban : D Pembahasan : Macam-macam keanekaragaman ada 3yaitu : • Keanekaragaman genetis menunjukkan variasi individu dalam satu spesies, contohnya adalah mangga (mangifera indica) memiliki varietas diantaranya adalah : mangga gadung, mangga golek, mangga manalagi dan lain-lain.

• Keanekaragaman jenis/spesies, menunjukkan perbedaan diantara jenis makhluk hidup, seperti jambu biji (psidium guajava) berbeda spesies dengan mangga (mangifera indica) dan kelapa (cocos nucifera). • Keanekaragaman ekosistem, menunjukkan variasi individu di dalam ekosistem yang berbeda-beda.

Misalnya tanaman air seperti teratai (Lotus sp.) memiliki cirri morfologi yang berbeda dengan tanaman Xerofit seperti kaktus. ii. UAN 2008 Beberapa cara penulisan ilmiah : • Terdiri dari 2 kata bahasa lain atau yang dilatinkan. • Kata pertama dimulai dengan huruf besar, kata kedua dimulai dengan huruf kecil. • Penulisan kata pertama dengan kata kedua disambung.

• Penulisan kata pertama dengan kata kedua tidak disambung. • Ditulis dengan cetak miring atau digarisbawahi secara terputus. • Nama penemunya tidak boleh dicantumkan. Cara penulisan binomial nomenclatur yang benar adalah … a) 1-two-iii-5 b) ane-ii-3-6 c) 1-ii-4-five d) ii-iii-5-6 east) two-four-5-half-dozen Jawaban : C Pembahasan : Penulisan ilmiah untuk nama spesies menurut Caroleus Linaeus disebut dengan tatanama binomial nomenclature adalah sebagai berikut : Untuk nama spesies kentang adalah : Solanum tuberosum atau Solanum tuberosum Kaidah yang harus diikuti adalah: • Terdiri dari 2 kata bahasa lain atau yang dilatinkan • Kata pertama dimulai dengan huruf besar, kata kedua dimulai dengan huruf kecil.

• Penulisan kata pertama dengan kata kedua tidak disambung. • Ditulis dengan cetak miring atau digarisbawahi secara terputus. 3. UAN 2007 Kucing, anjing, dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya.

Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu… a) filum b) kelas c) ordo d) famili e) genus Jawaban: C Pembahasan: Berdasarkan jenis makanannya, kucing, anjing, dan harimau adalah pemakan daging, sehingga dikelompokkan kedalam tingkat takson yang sama, yaitu ordo carnivore. 4. UAN 2006 Dalam klasifikasi jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan jeruk keprok (Citrus nobilis), termasuk dalam satu kelompok yaitu pada tingkat… a) kelas b) ordo c) famili d) genus eastward) spesies Jawaban: D Pembahasan: Citrus maxima, Citrus aurantifolia, Citrus nobilis dalam klasifikasi menempati takson spesies (nama jenis).

Nama jenis (spesies) terdiri dari 2 kata, dimana, kata pertama ditulis denmgan huruf besar yang merupakan nama marga (genus). Sedangkan kata yang kedua ditulis dengan huruf kecil menunjukkan nama jenisnya (spesiesnya).

Jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk keprok mempunyai nama depan yang sama, yaitu Citrus, berarti ketiganya berada dalam kelompok tingkat genus yang sama. v. UAN 2005 Dalam system pengelompokkan tumbuhan, ada beberapa macam cara tergantung dari macam kelompoknya. Kelompok tumbuhan dibawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus, adalah… a) Aren, kelapa, pinang b) Lengkuas, jahe, kunir c) Kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau d) Jeruk bali, jeruk nipis, jeruk peras e) Bawang merah, bawamng daun, bawang putih Jawaban: A Pembahasan: Pada keluarga palm-palman pada saat masih muda mempunyai bentuk fisik yang mirip, tetapi pada fase tertentu perkembangan mulai menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan sehingga fase dewasa sudah jelas perbedaan bentuknya.

half dozen. UAN 2005 Dalam suatu ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan, yaitu harimau, kelinci, ular, cacing. Jika populasi kelinci berkembang biak dengan cepat, maka dapat diperkirakan akan berakibat… a) Populasi harimau naik, populasi rumput naik b) Populasi harimau turun, populasi rumput turun c) Populasi harimau naik, populasi rumput turun d) Populasi harimau turun, populasi rumput naik e) Semua populasi di padang rumput jumlahnya tetap, kecuali jumlah kelinci bertambah Jawaban: C Pembahasan: Peristiwa ini merupakan proses rantai makanan, yaitu peristiwa makan dan dimakan dengan arah tertentu dimuali dari produsen → konsumen I→konsumen 2→konsumen Three→pengurai.

seven. UAN 2004 Usaha-usaha berikut termasuk proses melestarikan SDA hayati, kecuali… a) memelihara kebun botani b) mencegah populasi c) melakukan reboisasi hutan d) mendaur ulang penggunaan nikel e) menjaga plasma nuftah Jawaban: D Pembahasan: SDA dibedakan atas dua sumber, yaitu: a. SDA hayati, yaitu semua SDA yang berasal dari makhluk hidup. Contohnya: flora, fauna, mikoroorganisme, fungi. b. SDA nonhayati, yaitu SDA yang berasal dari benda tak hidup. 8.

UAN 2003 Keanekaragaman jenis dapat dilihat dari adanya perbedaan… a) bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan penampilan b) bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan factor pembawa sifat menurun c) morfologi dan anatomi d) tingkah laku dang en due east) morfologi dan tingkah laku Jawaban: C Pembahasan: Keanekaragaman jenis menunjukkan seluruh variasi yang terdapat pada makhluk hidup antar spesies.

Diantara jenis itu pada tumbuhan muda memiliki kemiripan bentuk fisik. Contoh: kelapa dan aren, salak dan sawit. 9. Si amang dikelompokkan sama dengan orang utan dan gorilla, yaitu pada tingkat ordo primate. Hal ini disebabkan karena siamang, orang utan, dan gorilla memiliki kekerabatan yang sangat dekat.

Pengklasifikasian makhluk hidup seperti disebutkan diatas termasuk system…. a) Buatan b) Artificial c) Filogenetik d) Alamiah e) Binomial nomenclature Jawaban : C Pembahasan: System pengklasifikasian makhluk hidup ada 3 yaitu: • System alamiah, yaitupengklasifikasian berdasarkan banyak sedikitnya persamaan terutama sifat morfologis. Misalnya: harimau, kuda, badak, dan kuda nada termasuk hewan yang berkaki empat • System artificial atau buatan kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan struktur morfologis yang mudah dilihat, terutama alat reproduksi dan habitat(tempat hidup) makhluk hidup.

Contohnya: tanaman digolongkan pada perdu, semak, berkayu, tanaman air, tanaman darat, dll. • System filogenetik, yaitu pengklasifikasian berdasarkan jauh delatnya hubungan kekerabatan antar takson yang ditinjau dari perkembangan filogeninya. Contohnya: siamang dan orang utan lebih dekat kekerabatannya dibandingkan dengan siamang dan kucing. 10. Berikut ini sisten penamaan yang benar menurut system binomial nomenclatur untuk tanaman durian adalah… a) durio zibetinus b) Durio zibetinus c) durio zibetinus d) Durio zibetinus due east) Durio zibetinus Jawaban: B Pembahasan: penulisan nama ilmiah yang benar untuk nama spesies durian seperti yang ditunjukkan oleh system binomial nomenclatur adalah : Durio zibetinus atau Durio zibetinus.

Peraturan organization tatanama binomial nomenclature bias dilihat pada no.2. 11. Air kelapa saat ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan makanan ringan “Nata de coco”.

Bakteri yang membantu proses pembuatannya adalah… a) Bacillus thuringiensi b) Acetobacter xylinum c) Lactobacillus thermophillus d) Clostridium acetobotylicum east) Xanthomonas campestris Jawaban: B 12.

Berikut ini contoh konservasi alam secara eksitu,kecuali: a) Beraneka macam brute dan flora di taman safari, Cisarua, Bogor b) Kebun koleksi tebu di Pasuruan, Jawa Timur c) Penanaman aneka anggrek dan bunga lain di kebu Botani Bogor d) Pemeliharaan aneka margasatwa di kebun binatang Gembiraloka, Jogjakarta e) Pelestarian badak bercula satu di suaka margasatwa, Ujung Kulon Jawaban: Due east Pembahasan: konservasi alam terdiri dari ii cara, yaitu: i.

Secara insitu, yang artinya pelestarian alam di dalam habitat aslinya, contohnya adalah pelestarian badak bercula satu di Ujung Kulon, pelestarian komodo di Pulau Komodo, dan pelestarian Raflesia arnoldi di Bengkulu. ii. Secara eksitu, yang artinya pelestarian alam di luar habitat aslinya, contohnya adalah kebun koleksi tebu di Pasuruan, Taman Safari di Cisarua Bogor, dan Kebun Botani di Bogor. 13. Berbagai kasus perubahan lingkungan melanda Negara kita antara lain: 1.

Gempa dan tsunami melanda daerah Pangandaran dan daerah NAD 2. Banjir di Jakarta iii. Kabut panas dan hujan abu di Jateng 4. Timbulnya lumpur Lapindo di Porong Sidoardjo 5. Kebakaran hutan di beberapa hutan di Indonesia Bencana yang sepenuhnya terjadi akibat kelalaian manusia adalah… a) one dan 2 b) 1 dan 3 c) 2 dan four d) ii dan 5 due east) 4 dan 5 Jawaban: D Pembahasan: Bencana alam yang terjadi di berbagai belahan bumi dapat disebabkan karena kelalaian dari perbuatan manusia yang secara disadari atau tidak dapat merusak alam.

Bencana alam yang seperti itu diantaranya adalah: banjir dan kebakaran hutan. 14. Ditemukan bioma ekosistem darat dengan ciri-ciri: – Curah hujan rendah – Hewannya rodentia, ular, kadal dan semut – evaporasi lebih tinggi dari porositas – tumbuhan berdaun jarum atau kecil-kecil – tumbuhan menahun memiliki lapisan kutikula tebal Berdasarkan ciri-ciri di atas, maka bioma tersebut adalah… a) gurun b) taiga c) tundra d) hutan gugur due east) hutan basah Jawaban: A Pembahasan: Gurun adalah suatu daerah yang sangat panas dan gersang, karena memiliki suhu yang sangat tinggi, fluktuasi suhu siang dan malam sangat tinggi, curah hujan sangat rendah, kurang dari 25cc/tahun, penguapan (evaporasi dan transpirasi) sangat tinggi, sehinggan bias tahan hidup di daerah tersebut adalah vegetasi xerofit yang memiliki kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah panjang dan daun kecil serta memiliki lapisan kutikula yang tebal.

Sedangkan hewan yang dapat bertahan hidup dalam kondisi seperti itu adalah jenis rodentia/pengerat (tikus,jerboa), reptile (ular, kadal) dan insekta(semut rattle). 15. Kupu-kupu yang menghisap sari-sari bunga merupakan interaksi yang termasuk simbiosis… a) Mutualisme b) Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah c) Komensalisme d) Amensalisme e) Kompetisi Jawaban: A Pembahasan: sismbiosis antara kupu-kupu dan bunga termasuk simbiosis mutualisme, karena hubungan antara keduanya bersifat saling menguntungkan.

-parasitisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu untung sedangkan yang lain dirugikan. Contohnya: benalu dengan pohon mangga -komensalisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu untung sedangkan yang lain tidak dirugikan ataupun tidak diuntungkan. Contohnya: ikan hiu dengan ikan remora -amensalisme: simbiosis yang menyebabkan satu individu rugi sedangkan yang lain tidak dirugikan. Contohnya: bakteri dengan jamur Penicilium notatum. Jamur Penicilium notatum menghasilkan zat antibiotika yang dapat menghambat atau membunuh bakteri yang hidup disekelilingnya.

Hubungan ini disebut juga antibiosis. -kompetisi atau persaingan antara dua individu yang sama habitatnya atau nichenya. xvi. Perhatikan rantai makanan berikut ini: Serangga Burung pipit Elang Padi Tikus Ular Ayam Berdasarkan rantai makanan di atas, pernyataan berikut adalah benar, kecuali… a) Padi merupakan produsen yang keberadaannya sangat diperluakn oleh ayam, tikus, dan serangga.

b) Elang merupakan konsumen tingkat Two dan 3 c) Jika tikus banyak diburu petani karena dianggap hama, maka elang yang akan kena dampak negatifnya secara langsung.

d) Ular menempati kedudukan sebagai konsumen tingkat II e) Jika padi dipanen kemudian tidak ditanam lagi, maka rantai makanan tersebut bias terputus. Jawaban: C Pembahasan: Opsi yang salah dari soal tersebut adalah yang C, karena jika tikus banyak diburu kemungkinan akan musnah, sehingga dapat menyebabkan ular sebagai predatornya dapat terkena dampaknya secara langsung dan elang sebagai predator ular terkena dampaknya secara tidak langsung.

kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah

FAUNA DAN FLORA YANG PERLU DI LESTARIKAN i. Orangutan Orangutan banyak ditemukan di hutan-hutan Sumatra dan Kalimantan. Orangutan banyak diburu manusia dan hutan tempat tinggalnya dirusak untuk pembukaan lahan industri serta pertanian. Gambar 1. Orangutan 2. Komodo Komodo adalah kadal terbesar di dunia dan merupakan hewan purba yang masih ada sampai sekarang. Komodo hanya hidup di Kepulauan Flores yaitu di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Oleh karena Komodo hanya ada di Indonesia maka Pulau Komodo termasuk salah warisan dunia yang diakui UNESCO serta dilindungi dan dilestarikan.

Komodo membutuhkan five tahun untuk tumbuh hingga ukuran 2 meter. Komodo dapat hidup hingga kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah tahun. Komodo dewasa dapat menyerang manusia. Gambar 2. Komodo 3. Anoa Anoa merupakan hewan khas dari Pulau Sulawesi. Gambar 3. Anoa four. Harimau Sumatra Harimau Sumatra merupakan jenis harimau terakhir yang masih hidup di Indonesia. Harimau Jawa sudah punah. Harimau terus diburu untuk diambil kulitnya. Gambar 4. Harimau Sumatra five. Badak Jawa Badak Jawa terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Badak Jawa disebut juga badak bercula satu. Badak banyak diburu untuk diambil culanya. Gambar 5. Badak Jawa 6. Kura-kura berleher ular Hewan ini hanya ada di Pulau Roti, Indonesia. Hewan ini banyak diburu untuk dijual ke luar negeri karena bentuknya yang unik. Gambar six. Kura-kura berleher ular vii. Penyu hijau Perburuan liar dan rusaknya pantai-pantai menyebabkan hewan ini terancam punah. Penyu hijau terdapat di Pantai Pangumbahan dan Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Gambar 7. Penyu hijau eight. Ikan pari hiu Ikan pari hiu ditemukan di Lautan Indonesia Timur dan diburu untuk diambil dagingnya. Gambar 8. Ikan pari hiu 9. Ikan gergaji bergigi besar Ikan ini terdapat di Lautan Indonesia Timur dan diburu untuk diambil dagingnya. Gambar nine. Ikan gergaji bergigi besar 10.

Burung Cendrawasih Burung ini hanya ada di Papua, dan diburu karena memiliki bulu yang indah. Gambar 10. Burung Cendrawasih 11. Burung Jalak Bali Burung ini hanya ada di Pulau Bali dan diburu karena bulunya yang indah. Gambar eleven. Burung Jalak Bali 12. Burung Caerulean paradise Burung ini ditemukan di Sangihe, Sulawesi dan jumlahnya saat ini tinggal 100 kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah.

Kerusakan lingkungan tempat tinggal menyebabkan burung ini terancam punah. Gambar 12. Burung Caerulean paradise 13. Burung beo dan cucakrowo Burung Beo di Indonesia terdapat di Pulau Nias, Sumatra Utara. Burung ini banyak diburu untuk dijadikan hewan peliharaan karena kepandaiannya bicara. Burung Cucakrowo menyebar di dataran rendah dan perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Nias), Borneo, dan Jawa bagian barat.

Di Jawa Barat terdapat sampai ketinggian 800 m dpl. Burung ini diburu untuk dijadikan hewan peliharaan karena kicauannya yang indah. Gambar 13. Burung Beo dan Cucakrowo 14. Burung Kakatua jambul kuning Burung ini terdapat di Kepulauan Sunda Kecil, Sulawesi, Bali, dan Timor, di tempat yang masih terdapat hutan-hutan primer dan sekunder.

Karena jambulnya yang khas, burung ini banyak diburu untuk diperdagangkan di Jawa, Bali bahkan luar negeri. Gambar 14. Burung Kakatua jambul kuning fifteen. Burung Maleo Burung ini hanya ada di Sulawesi. Hutan yang rusak dan tingkat kematian anak burung yang tinggi menyebabkan burung ini terancam punah.

Gambar fifteen. Burung Maleo 16. Tarsius Mamalia terkecil yang dapat memutar kepalanya kebelakang. Tarsius terdapat di Filipina, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatra. Gambar 16. Tarsius 17. Panda Hidup di daratan Cina. Makanannya bambu yang masih muda. Pembukaan hutan berlebihan menyebabkan jumlah pohon bambu banyak berkurang sehingga panda kekurangan makanan, kehilangan tempat tinggalnya dan perubahan iklim sebagai efek pemanasan global menyebabkan banyak panda yang tidak dapat bertahan hidup karena panda hidup di daerah dingin.

Gambar 17. Panda Gambar 18. Panda Gambar nineteen. Panda B. Tumbuhan yang Terancam Punah i. Jati Penebangan berlebihan menyebabkan pohon jati terancam punah. Pohon ini diambil kayunya untuk digunakan sebagai bahan perabot rumah tangga karena kuat dan awet. Gambar 20. Jati 2.

Amorphophallus titanum Disebut juga bunga bangkai yang merupakan bunga terbesar di dunia. Bunga ini hidup secara alami di Sumatra. Perkembangbiakan tumbuhan ini sangat lama (twenty-forty tahun) sehingga terancam punah. Gambar 21. Bunga Amorphophallus titanum 3.

Rafflesia arnoldi Bunga ini hanya ada di Bengkulu, Sumatra dan diburu untuk dijadikan obat. Perkembangbiakan tumbuhan ini sangat lama sehingga terancam punah.

Gambar 22. Bunga Rafflesia arnoldi 4. Kantong semar Tumbuhan ini hidup di daerah yang kekurangan unsur Nitrogen. Hutan di Tangkuban Perahu, Jawa Barat merupakan salah satu tempat hidupnya. Gambar 23. Kantong semar 5. Cendana Cendana banyak terdapat di Nusa Tenggara Timur dan banyak ditebang untuk diambil kayunya serta digunakan sebagai rempah-rempah dan pengharum.

Gambar 24. Cendana six. Aquilaria sp Tumbuhan ini hidup di hutan pedalaman Kalimantan dan banyak ditebang untuk diambil kayunya. Tumbuhan ini penghasil kayu gaharu yang memiliki kandungan kadar damar yang wangi (diuluki emas beraroma dari hutan) sehingga harga jualnya mahal. Gambar 25. Aquilaria sp vii. Meranti Perkembangbiakan tumbuhan ini sangat lama sehingga terancam punah.

Meranti banyak ditebang untuk diambil kayunya. Gambar 26. Meranti Kelompok Hewan Yang Merupakan Tingkatan Satu Jenis Adalah Source: https://biologigonz.blogspot.com/2009/11/analisa-skl-i-un-2010.html Terbaru • Kelompok Ternak Kelompok tumbuhan yang merupakan tingkatan satu gen adalah Di Purwosari Girimulyo Kulon Progo • Cara Memakai Masker Rambut Makarizo Hair Energy • Cara Menghapus Pintasan Di Layar Utama Xiaomi • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf • Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized

PERSENTASI 1 EKOLOGI




2022 www.videocon.com