Kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Sayuran sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin yang menjadi pelengkap dan nutrisinya dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tahukah kamu jika sayur yang kita makan setiap hari memiliki penggolongannya tersendiri? Penggolongan dari jenis sayuran ini penting untuk diketahui loh! Ada yang golongan daun, batang, bunga dan lainnya. 1. Sayuran Daun Bagian tumbuhan yang terdapat daun hanya pada bagian batang. Kualitas sayuran daun yang baik memiliki ciri-ciri bagian daun utuh, tidak membusuk dan tidak berlubang bekas gigitan hama.

Bisa dilihat juga dari bagian daun serta batang yang berwarna segar dan masih muda. Bagian daun lebar dan kompak. Contoh dari jenis sayuran daun adalah: sawi, bayam, kangkung, kubis, kol, daun singkong. 2. Sayuran Batang Sayuran batang merupakan bagian dari tumbuhan yang terdiri dari buku dan ruas.

Buku adalah tempat menempelnya daun. Kualitas sayuran batang yang baik memiliki ciri-ciri umur batang masih muda. Warna sayuran muda, cerah dan bersih. Tidak ada bagian-bagian yang busuk atau digigit hama. Contoh sayuran batang yaitu rebung, asparagus, batang seledri, kailan, adas, kecambah. 3. Sayuran Bunga Bunga merupakan alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan. Kualitas sayuran bunga yang baik memiliki ciri-ciri:Bunga atau kembang tersusun kompak.

Tidak ada yang terkena hama juga bisa ditunjukkan dari warna sayurannya yang segar. Ukuran bunga besar. Contoh sayuran bunga meliputi bunga turi, brokoli, bunga kol, bunga pisang.

4. Sayuran Buah Hasil dari penyerbukan dan pertumbuhan yang terjadi pada organ bunga. Kualitas sayuran buah yang baik memiliki ciri-ciri :Tingkat umur cukup (tidak terlalu muda dan tidak terlalu dewasa).

Sayuran buah segar dan berwarna cerah, ukuran besar. Tidak ada bagian buah yang rusak, busuk, atau bahkan bekas gigitan hama. Contoh sayuran buah yaitu :tomat, paprika, cabai, labu siam, mentimun, pare dan masih banyak lagi. kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran. Sayuran Umbi Bagian umbi merupakan bagian dari suatu tanaman yang mengalami pembesaran akibat adanya penimbunan makanan di bagian tersebut.

Kualitas sayuran umbi yang baik memiliki ciri-ciri : Sayuran umbi sudah cukup umur dan berukuran besar. Tidak tumbuh tunas. Bagian luar tidak ada yang membusuk, memar atau bahkan bekas gigitan hama.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Bentuknya lurus dengan diameter yang proporsional. Contoh sayuran umbi yaitu : kentang, wortel, lobak, singkong, radis, umbi bit, talas dan masih banyak lagi.

6. Sayuran Polong Jenis sayuran selanjutnya adalah sayuran polong. Kualitas sayuran polong yang baik memiliki ciri-ciri : Sayuran tidak tua, kulit buah masih lurus dan benjolan biji belum tampak. Bentuk buah polos besar dan lurus. Warna buah tampak segar. Tidak ada bagian yang busuk dan bekas gigitan hama. Contoh sayuran polong yaitu: buncis, kacang panjang, kacang merah, kedelai.

7. Sayuran Umbi Lapis Kualitas sayuran umbi lapis yang baik memiliki ciri-ciri :Umbi lapis sudah cukup umur. Lapisan umbi tampak kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran dan kompak dan tampak berukuran besar.

Tidak ada bagian yang rusak, busuk atau bekas gigitan hama. Contoh sayuran umbi lapis berupa bawang merah, bawang putih, bawang bombay. 8. Sayuran Jamur (Mushroom) Jenis sayuran yang terakhir adalah sayuran jamur.

Kualitas sayuran jamur yang baik memiliki ciri-ciri :Sayuran jamur masih muda hingga cukup umur. Bersih dan tidak ada bagian yang busuk atau rusak karena hama. Contoh sayuran jamur : jamur merang, jamur kancing, jamur tiram, jamur kuping. Nah, itu dia penggolongan sayuran. Jadi lebih tahukan? Dengan informasi ini kamu bisa membedakan jenis-jenis sayuran yang kamu beli di pasar dan kamu konsumsi setiap harinya.

Tinjauan Medis : dr. Katya Saphira, M.Gizi Kandungan nutrisi dalam kacang polong memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Kacang polong merupakan salah satu makanan yang mengandung asam folat dan serat yang cukup tinggi. Kandungan vitamin . dan mineral lainnya seperti vitamin B dan C, serta mangan bermanfaat sebagai antioksidan, pelengkap nutrisi tubuh sehingga terhindari dari berbagai penyakit.

Tetap konsumsinya diimbangi dengan makanan bergizi lainnya dan baiknya tidak dikonsumsi berlebihan terutama bagi yang menderita penyakit asam urat. Read more Daftar isi • Sekilas Tentang Kacang Polong • Perbedaan Kacang Polong Dan Kacang Kapri • Kandungan Gizi Pada Kacang Polong • Kandungan Senyawa Pada Kacang Polong • Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan • Efek Samping Pada Kacang Polong • Resiko Pestisida Pada Kacang Polong • Tips Pemilihan Kacang Polong • Tips Penyimpanan Kacang Polong • Cara Konsumsi Kacang Polong Sekilas Tentang Kacang Polong Kacang Polong atau nama latinnya Pisum Sativum L.

merupakan tanaman yang tergolong jenis fabaeceae atau jenis polong-polongan. Ciri fisik tanaman ini adalah batangnya yang menjalar dan tidak dapat tegak atau membutuhkan media untuk merambat keatas. Kacang Polong Kacang polong merupakan tanaman semusim atau hanya dapat dipanen pada satu musim tanam dalam setahun yang memiliki ciri bentuk daun menyirip dan biasanya terdapat 2-3 pasang daun.

Batang tanaman kacang polong dapat tumbuh mencapai 5-10 meter. Pada setiap polongnya terdapat 4-15 biji. Kacang polong dibawa dari Belanda ke Indonesia karena tanaman ini begitu terkenal di negeri barat karena sering dijadikan campuran salad atau masakan.

Kacang polong dapat dibudidayakan di daerah dataran tinggi yang dingin [2,3]. Perbedaan Kacang Polong Dan Kacang Kapri Sering kali kacang polong dan kacang kapri dianggap sama oleh sebagian orang, padahal kedua jenis kacang ini memiliki beberapa perbedaan yang mencolok.

Salah satu perbedaanya yaitu, kacang polong hampir tidak pernah dikonsumsi beserta polong atau kulitnya dan hanya dikonsumsi bagian bijinya saja, sedangkan kacang kapri dikonsumsi beserta polong atau kulitnya.

Selain itu, kacang polong dipanen ketika sudah tua atau bijinya sudah mulai membesar dan tidak pipih, sedangkan kacang kapri di panen ketika masih muda dan pada bagian biji masih belum berkembang atau bahkan tidak ada [2,3]. Kandungan Gizi Pada Kacang Polong Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada kacang polong yang dihitung dari 100 gram kacang polong mentah: IDNmedis.com Info Gizi (Per 100 Gram) Kacang polong, hijau, mentah Kalori: 81 Kalori Dari Lemak: 3.3 %Kebutuhan Harian Total Lemak 0.4 g 0.62 % Lemak Jenuh 0.1 g 0.35 % Lemak Trans 0 0 % Kolesterol 0 mg 0 % Sodium 5 mg 0.21 % Total Karbohidrat 14.5 g 4.82 % Serat 5.1 g 20.4 % Gula 5.7 g Protein 5.4 g 10.84 % Vitamin A 15.3 % Vitamin c 66.66 % Kalsium 2.5 % Zat besi 8.17 % © IDNmedis.com Src : Kacang polong, hijau, mentah *Kebutuhan harian berdasarkan diet 2,000 kalori.

Kebutuhan anda bisa lebih besar/kecil. Top 10 Gizi Penyajian 100gr %Kebutuhan Harian Serat makanan 25.5 g 102 % Mangan 1.4 mg 70 % Folat 274 mcg 69 % Protein 24.6 g 49 % Tiamin 0.7 mg 48 % Tembaga 0.9 mg 43 % Fosfor 366 mg 37 % Magnesium 115 mg 29 % Kalium 981 mg 28 % Besi 4.4 mg 25 % © IDNmedis.com Src : Kacang polong, belah, biji matang, mentah Kacang polong memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi terutama pada kandungan vitamin C nya dengan kadar 40 mg per 100 gram kacang polong mentah.

Selain itu kacang polong juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi dengan kadar 24.8 mcg per 100 gramnya. Kandungan Senyawa Pada Kacang Polong Kacang polong merupakan tanaman legum yaitu tanaman yang menghasilkan biji. Tak heran jika bagian biji tanaman ini yang sering kali dimanfaatkan. Kacang polong memiliki berbagai macam senyawa yang terdapat pada bijinya.

Salah satu senyawa itu adalah vitamin C, senyawa yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain itu, terdapat senyawa anti radikal bebas atau antioksidan pada biji kacang polong, seperti polifenol, lutein dan fenolik [1].

Bukan hanya itu saja, biji kacang polong juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang menjadikannya sebagai makanan dengan indeks glikemik yang rendah menurut British Journal of Nutrition. Perlu diketahui, indeks glikemik merupakan daftar makanan dengan angka yang menunjukkan potensi seberapa cepat karbohidrat pada makanan dapat mempengaruhi kadar gula di dalam tubuh [5].

Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Kacang polong memiliki berbagai macam kandungan gizi, terutama pada bagian bijinya. Hal ini memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan apabila di konsumsi secara proposional atau tidak berlebihan. Berikut ini beberapa manfat dari kacang polong : • Mengatasi Sembelit Kacang polong merupakan makanan dengan sumber serat yang cukup banyak dan sudah sangat diketahui bahwa makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat memperlancar BAB dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Menurut para ahli pada Journal of the American Dietetic Asociation bahwa serat pada makanan dapat mempengaruhi frekuensi pergerakan usus menjadi lebih sering. Hal inilah yang menyebabkan BAB menjadi lancar dan sembelit dapat teratasi [1,9]. • Antioksidan Sebelumnya telah dibahas bahwa kacang kapri memiliki beberapa kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran antioksidan, yaitu polifenol, lutein dan fenolik. Empat senyawa ini berperan membantu untuk mencegah aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Senyawa lutein contohnya, berperan dalam mencegah penyakit katarak dan degenarasi makula pada mata. Degenarasi makula merupakan penyakit yang menyerang bagian makula pada mata yang fungsinya untuk mempertajam pengelihatan [1]. Sedangkan senyawa fenolik berperan dalam mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan memperkuat imunitas tubuh.

Salah satu senyawa fenolik yang terkenal adalah antosianin yang banyak terdapat pada sayur dan buah [7].

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

• Mencegah Diabetes Seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa kacang polong masuk kedalam daftar makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Kadar glikemik yang rendah artinya makanan tersebut tidak langsung mempengaruhi kadar gula dalam darah secara cepat.

Setiap makanan selalu memiliki indeks glikemik, semakin rendah angka glikemik yang ditunjukkan maka semakin lambat makanan tersebut mempengaruhi kadar gula dalam tubuh dan kacang polong memiliki angka glikemiks dibawah 55 yang tergolong rendah [1,3] Angka glikemik yang rendah menandakan kacang polong tergolong sebagai makanan yang baik untuk mencegah penyakit diabetes dengan mengonsumsinya secara proporsional.

Menurut penelitian yang disebutkan pada British Journal of Nutrition, mengkonsumsi 50 gram kacang polong selama 28 hari dapat menurunkan resistensi kadar insulin di dalam tubuh [5]. • Meningkatkan Imunitas Tubuh Kacang polong memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Namun faktanya, kacang polong tidak memiliki rasa asam seperti kebanyakan sayur atau buah yang mengandung tinggi vitamin C. Dengan kadar 40 mg per 100 g kacang polong mentah, menjadikan vitamin C sebagai gizi dominan yang terdapat pada kacang polong. Vitamin C berperan aktif menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu vitamin C juga mampu membantu senyawa antioksidan dalam tubuh untuk menangkal efek dari radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh [8].

• Merawat Kulit dan Rambut Kulit dan rambut yang bagus walaupun usia sudah berlanjut merupakan aset yang berharga bagi setiap orang terutama bagi wanita. Semakin bertambahnya usia, kulit akan mengendur dan rambut terlihat sedikit kusam. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, maka produksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit mulai berkurang dan tidak mampu mengimbangi sel-sel yang rusak.

Namun, berkurangnya produksi kolagen dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin C karena vitamin ini diketahui mampu merangsang produksi kolagen pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan jumlah kolagen dan mengimbangi sel-sel yang rusak. Kacang polong memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat memberikan manfaat dalam merawat kulit dan rambut agar tetap elastis dan bersinar [1,4] Manfaat yang ada pada kacang polong sangat bagus bagi kesehatan tubuh dan semua manfaat tersebut tidak luput dari kandungan gizi yang ada di dalam kacang polong.

Efek Samping Pada Kacang Polong Kacang polong memiliki berbagai macam kandungan gizi di dalamnya yang dapat memberikan manfaat pada kesehatan, namun perlu diketahui bahwa di dalam kacang polong juga terdapat senyawa yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Berikut ini beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh kacang polong: • Masalah Pada Pencernaan Kacang polong memiliki beberapa senyawa yang tidak baik bagi tubuh jika sampai menumpuk, salah satunya adalah tanin. Tanin merupakan senyawa polifenol yang berperan dalam pewarnaan biji ataupun kulit biji pada tanaman. Selain itu, tanin merupakan senyawa yang mudah larut dalam air Tanin dapat membentuk karbohidrat kompleks dengan cara berikatan pada protein dan karbohidrat.

Senyawa karbohidrat ini sangat sulit dicerna oleh tubuh dan tidak terserap oleh usus, sehingga senyawa tersebut di fermentasi oleh bakteri dan menghasilkan gas yang membuat perut menjadi kembung [11]. • Antigizi Kacang polong memiliki beberapa senyawa antigizi di dalamnya, kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran satunya adalah asam fitat.

Maksud senyawa antigizi adalah senyawa yang dapat menghilangkan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam fitat masuk kedalam daftar senyawa antigizi karena dapat berikatan dengan zat besi, seng, dan magnesium yang membuat tubuh tidak dapat menyerap zat tersebut [10]. • Asam Urat Kacang polong merupakan tanaman yang masih termasuk kedalam keluarga kacang-kacangan yang terkenal dengan tingkat senyawa purin yang lumayan tinggi dan berbahaya bagi penderita asam urat.

Perlu diketahui bahwa senyawa purin merupakan senyawa organik aromatik yang mengadung nitrogen dan terdapat pada mahluk hidup. Senyawa purin yang masuk kedalam tubuh akan dicerna dan diubah menjadi senyawa asam urat. Biasanya, ginjal akan mengeluarkan asam urat lewat urine. Namun jika kadar asam urat terlalu banyak, ginjal tidak akan mampu menyaring asam urat tersebut sehingga mengakibatkan asam urat menumpuk dan mejadi kristal pada daerah-daerah persendian yang mengakibatkankan nyeri pada sendi.

Kacang polong memang memiliki banyak manfaat, namun kacang polong juga memiliki beberapa macam efek samping yang juga di timbulkan dari kandungan senyawa di dalamnya. Resiko Pestisida Pada Kacang Polong Kacang kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran merupakan tanaman se-musim yang dapat tumbuh di dataran tinggi dengan suhu yang dingin.

Kacang polong tergolong tanaman yang rentan terserang oleh hama pada bagian buahnya. Hama-hama yang sering ditemui pada kacang polong seperti penggerek polong, ulat pemakan daun hingga kumbang daun dapat membuat kualitas dan kuantitas kacang polong berkurang [12].

Oleh sebab itu petani menggunakan pestisida untuk mengatasi hama-hama tersebut. Tak jarang penggunaan pestisida ini meninggalkan residu-residu pestisida pada buah kacang polong ketika dipanen. Akan tetapi, tingkat risiko pestisida pada kacang polong tidak sebesar pada buah atau sayur yang lain, dikarenakan residu pestisida banyak tertinggal di sekitar kulit atau polong sedangkan yang dimanfaatkan dari kacang polong adalah bagian bijinya [2,13].

Resiko pestisida pada kacang polong tidak sebesar pada sayur atau buah yang lain, karena kacang polong tidak terpapar secara langsung pestisida. Namun tetap diperlukan untuk mencuci kacang polong dengan benar sebelum dikonsumsi Tips Pemilihan Kacang Polong Faktanya hanya sedikit kacang polong yang dijual dalam keadaan segar, karena kebanyakan kacang polong dikalengkan atau dibekukan. Kacang polong beku lebih baik daripada kacang polong kaleng, tapi lebih baik lagi kacang polong yang segar.

Berikut ini adalah cara memilih kacang polong segar [1] : • Pilih kacang polong yang padat, lembut dan halus • Warnanya harus hijau medium, hindari yang warnanya hijau terang atau gelap, atau yang kuning, keputihan atau berbintik-bintik abu-abu • Selain itu, jangan memilih polong yang bengkak, lembek atau memiliki residu jamur atau benih-benih jamur. • Polong harus mengandung kacang polong dengan jumlah dan ukuran yang cukup sehingga tidak banyak ruang kosong di dalam polong.

Hal ini dapat diketahui dengan cara mengguncangnkannya dengan lembut dan memperhatikan apakah ada suara dari pergerakan kacang di dalam [14]. Pemilihan kacang polong yang berkualitas baik dapat memberikan kacang polong dengan nilai gizi yang maksimal. Tips Penyimpanan Kacang Polong Pada dasarnya kacang polong memang banyak ditemui dalam keadaan yang telah dibungkus rapi atau sudah terpisah dengan bagian kulit atau polongnya, berikut ini beberapa tips cara menyimpan kacang polong yang baik dan benar : • Siapkan wadah atau plastik yang kedap udara.

Hal ini bertujuan agar kacang tidak berbau tengik karena kacang polong mudah menyerap bau. • Kacang polong yang baru dipanen dan telah dipisahkan dari kulit atau polongnya tidak perlu dicuci terlebih dahulu. • Masukkan kacang polong ke dalam wadah atau plastik ziplock. • Pastikan agar penutupan wadah atau plastik sudah rapat dan tidak ada celah udara. • Setelah rapi, masukkan kacang polong ke dalam freezer agar kacang polong membeku. • Kacang polong dapat bertahan 1-2 minggu pada suhu 0°C.

• Jika ingin mengolahnya rendam terlebih dahulu kacang polong dengan air untuk mengembalikan kadar airnya baru kemudian diolah. Hal yang perlu diperhatikan setiap kali makanan disimpan terdapat empat faktor dasar yang mempengaruhi komposisi nutrisi, yaitu: paparan udara, paparan cahaya, paparan panas, dan lamanya waktu dalam penyimpanan.

Vitamin C, vitamin B6, dan karotenoid adalah contoh nutrisi baik yang sangat rentan terhadap panas, oleh karena itu, melalui proses pendinginan dapat meminimalisir kehilangan zat-zat tersebut [14]. Kacang polong harus disimpan secara baik dikarenakan kacang polong tidak dapat bertahan lama, salah satu sebabnya karena kacang polong mudah menyerap bau disekitarnya sehingga kacang polong akan cepat berbau dan membusuk.

Cara Kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran Kacang Polong Mungkin banyak orang sudah mengenal kacang polong termasuk cara mengolahnya, namun tak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengolah dan mengonsumsi kacang polong dengan benar agar gizi yang ada didalamnya bisa dirasakan secara maksimal. Berikut ini cara pengolahan yang benar pada kacang polong : Salad Saus Keju Sebagai Menu diet • Langkah pertama yaitu mengupas kacang polong • Sebelum mengeluarkan kacang polong dari polongnya, kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran sebentar di bawah air mengalir.

• Supaya mudah mengupasnya, lepaskan bagian atas dan bawah polong, lalu tarik perlahan “benang” yang melapisi jahitan sebagian besar polong. • Buka polong dengan lembut untuk mengeluarkan bijinya, tidak perlu dicuci karena sudah terbungkus dalam polong.

• Siapkan wadah berupa piring dan campurkan dengan beberapa sayuran yang lain • Siapkan bahan-bahan saus keju, seperti margarin, keju, maizena dan susu cair • siapkan penggorengan lalu campur susu cair dengan maizena dengan api yang menyala kecil. • setelah tercampur masukkan margarin dan aduk hingga meleleh. • Masukkan keju yang telah diparut dan aduk-aduk hingga bercampur • Tuangkan saus keju diatas sayuran yang telah disiapkan. • Dan salad saus keju telah siap di hidangkan.

Pada dasarnya kacang polong dapat diolah dengan cara apapun, namun harus tetap memperhatikan beberapa pedoman supaya nutrisi tetap terjaga: • Menggunakan panas seminimal mungkin ketika dimasak • Kemudian durasi memasak yang minimal atau sebentar • Memasak kacang polong minimal menggunakan air atau zat cair walaupun sedikit [14]. Cara mengolah dan mengkonsumsi kacang polong juga harus sesuai dengan tujuannya, agar gizi yang dibutuhkan bisa di dapatkan secara maksimal.

1. Wendy J. Dahl, Lauren M. Foster, Robert T. Tyler. 2012. British Journal of Nutrition 108, S3–S10. Review of the health benefits of peas (Pisum sativum L.) 2. Rajinder Kumar Dhall. 2017. Punjab Agricultural University No. PAU/2017/Elec/FB/E/29. Pea Cultivation 3.The George Mateljan Foundation. 2020. The World's Healthiest Food. Green Peas. 4. imsek, S.; Tulbek, M.C.; Yao, Y.; Schatz, B.

2009. Food Chemistry 115, 832–838. Starch characteristics of dry peas (Pisum sativum L.) grown in the USA. 5. Marinangeli CP, Jones PJ. 2011. The British journal of nutrition 105(1):110-7. Whole and fractionated yellow pea flours reduce fasting insulin and insulin resistance in hypercholesterolaemic and overweight human subjects 6. Vidal‑Valverde C, Frias J, Hernandex A, Martin‑Alvarez P, Sierra I, Rodriquez C, et al.

2003. Journal of The Science and Food Agriculture; 83:298‑306. Assessment of nutritional compounds and antinutritional factors in pea (Pisum sativum) seeds. 7. Chon SU.

2013. Current Pharmaceutical Design 19:6112‑24. Total polyphenols and bioactivity of seeds and sprouts in several legume 8. Giuseppe Grosso, Roberto Bei, Stefano Marventano and Antonio Mistretta. 2013. Frontiers in Bioscience 18:1017-29. Effects of vitamin C on health: A review of evidence 9. Hradesh Rajput, Devinder Dhingra, Ramabhau T. Patil. 2012.

Journal of Food Science and Technology 49(3):255–266. Dietary fibre in foods: a review 10. Ana Paula F.R. Elisangela Olegario da Silva. 2016. Journal of Food Science. Phytic acid : from antinutritional to multiple factor of organyc sistems. 11. Karamali Khanbabaee, Teunis van Ree. 2001. The Royal Society of Chemistry 18, 641–649. Tannins: Classification and Definition 12. Kulwant Singh Sandhu, Usha Bajwa.

2011. Journal of Food Science and Technology. Effect of handling and processing on pesticide residues in food- a review 13. Talat Parween, Sumira Jan, Sumira Mahmooduzzafar, Tasneem Fatma & Zahid Hameed Siddiqui. 2016. Critical Reviews in Food Science and Nutrition 56:1, 160-179.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Selective Effect of Pesticides on Plant—A Review. 14. United States Department of Agriculture. 2016. Agriculture Handbook Number 66. The Commercial Storage of Fruits, Vegetables, and Florist and Nursery Stocks.
Manfaat kacang polong untuk kesehatan.

Biji-bijian yang mampu jaga imun tubuh, kaya antioksidan hingga turunkan berat badan. Kacang polong adalah biji-bijian berbentuk bulat, kecil dan warna hijau segar. Banyak yang mengira ia keluarga sayuran.

Padahal, biji dari tanaman Pisum sativum ini termasuk ke dalam keluarga legum, yakni tanaman yang menghasilkan biji di dalamnya. Polong mengandung protein dan mineral yang beragam, mulai dari zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, kalium, serat, folat dan berbagai vitamin lainnya. Ada juga kandungan antioksidan melimpah yang membantu tubuh tangkal radikal bebas.

Dengan beragamnya kandungan tersebut, kira-kira apa saja manfaat kacang polong untuk kesehatan yang kamu dapatkan? Ketahui jawaban selengkapnya. Baca Juga: Manfaat Kacang Merah: Kaya Protein dan Dukung Diet Kandungan Gizi Kacang Polong Sumber Gambar: Pixabay Kandungan gizi yang dimiliki oleh kacang poling sangat mengesankan. Kacang satu ini mengandung kalori yang cukup rendah dan terdapat hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan kacang polong dalam 170 gram (g) menyediakan nutrisi sebagai berikut: • Kalori: 62 kilokalori (kkal) • Karbohidrat: 11 g • Serat: 4 g • Protein: 4 g • Vitamin A: 34% Kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran Kecukupan Gizi (AKG) • Vitamin K: 24% AKG • Vitamin C: 13% AKG • Tiamin: 15% AKG • Folat: 12% AKG • Mangan: 11% AKG • Besi: 7% AKG • Fosfor: 6% AKG Uniknya, kacang polong memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan sayuran lainnya.

Misalkan, dalam 170 gram wortel yang dimasak hanya mengandung 1 gram protein, sedangkan pada kacang polong mengandung empat kali lipat protein.

Kacang polong juga kaya akan antioksidan polifenol yang memegang peranan besar untuk memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau: Sumber Gizi Lengkap, Mudah Didapat Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan Sumber Gambar: Freepik Manfaat kacang polong ditopang oleh ragam nutrisinya mulai dari vitamin, mineral, bahkan antioksidan. Ini dia segudang khasiat yang bisa kamu peroleh: 1. Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal Biasanya, penyakit ginjal kronis disebabkan karena tekanan darah yang cukup tinggi atau hipertensi.

Sehingga, mengharuskan penderita sampai harus rutin melakukan cuci darah ataupun transplantasi ginjal karena keparahan penyakitnya. Kandungan protein dalam kacang polong berpotensi menurunkan risiko kerusakan ginjal pada orang yang memiliki darah tinggi.

Selain mengonsumsinya dalam bentuk utuh, beberapa peneliti juga menyarankan mengonsumsi ekstrak protein kacang polong dalam bentuk pil dan bubuk. 2.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Kaya Antioksidan Kacang polong termasuk salah satu sumber nutrisi alami yang mengandung banyak antioksidan. Meski manusia dapat memproduksi antioksidan sendiri, akan tetapi tubuh juga perlu asupan antioksidan dari luar untuk mencukupi persediannya. Contoh antioksidan seperti senyawa polifenol, lutein, dan fenolik yang akan membantu melindungi tubuh terhadap serangan penyakit.

Selain itu, senyawa lutein dipercaya dapat menjaga dan mengoptimalkan fungsi penglihatan. 3. Mengontrol Gula Darah Kacang polong memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Indeksi glikemik sendiri merupakan sebuah nilai yang menyatakan seberapa cepat makanan sumber karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh. Artinya, semakin rendah indeks glikemik suatu makanan, maka semakin bermanfaat pula makanan tersebut dan dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Nutrisi lain di dalam kacang polong juga membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. 4. Menyehatkan Sistem Pencernaan Khasiat kacang polong berikutnya dapat melancarkan sistem pencernaan. Sangat bermanfaat bagi yang sedang mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit.

Kandungan serat di dalam kacang polong mampu membantu mempermudah pergerakan usus dalam menyerap makanan. Sebuah penelitian pun menyatakan bahwa makan kacang polong dapat mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar. 5. Mencegah Pertumbuhan Kanker Kandungan antioksidan yang tinggi dan adanya sifat antiperadangan di dalam tubuh dapat berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kacang polong mengandung senyawa saponin yang dikenal memiliki sifat antikanker.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Kandungan vitamin K di dalam kacang polong juga berpotensi untuk turunkan risiko penyakit kanker prostat. Ingin ngemil yang sehat? Ini solusinya! Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah: Topping Makanan Sehat, Halau Penyakit 6.

Menyehatkan Jantung Tak hanya menurunkan risiko kanker, kacang polong juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Kandungan mineral seperti magnesium, kalium, dan kalsium dikenal sebagai mineral yang ramah jantung dan mencegah hipertensi yang menjadi pemicu penyakit jantung. Adanya vitamin C dan karotenoid dalam kacang polong juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kerusakan sel berkat adanya antioksidan di dalamnya.

Itulah mengapa kacang polong dikategorikan jenis kacang yang dapat menyehatkan jantung. 7. Sumber Protein yang Baik Kurangnya asupan protein dan serat dapat menjadi salah satu penyebab rasa lapar meski sudah makan dengan cukup. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat tinggi akan membuat rasa kenyang lebih lama.

Sebab, dua jenis nutrisi ini lebih lambat dicerna oleh tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi kacang polong yang merupakan sumber protein dan serat tinggi, sehingga dapat mengendalikan nafsu makan dan tidak mudah merasa lapar. 8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dengan mengonsumsi kacang polong dalam keadaan mentah dapat memberi manfaat lebih baik, karena nutrisi di dalam biji-bijian tersebut lebih terjaga. Misalnya, kandungan vitamin C pada kacang polong yang sudah dimasak dapat menyusut hingga 25% dibandingkan dengan yang masih segar.

Vitamin C sendiri dapat berperan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi pembentukan sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan. 9. Menyeimbangkan Tekanan Darah Tercukupinya asupan kalium di dalam tubuh akan bekerja dalam mengatur dan menyeimbangkan tekanan darah. Kalium berperan sebagai vasodilator, sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyumbatan dan tekanan pada area pembuluh darah. Dengan begitu, penyakit seperti hipertensi atau kardiovaskuler bisa dihindari.

10. Menurunkan Berat Badan Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan protein dan serat di dalam kacang polong berperan untuk memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan begitu, jenis kacang satu ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Selain itu, kacang polong juga dikenal memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga kamu tidak perlu khawatir kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran badan akan naik setelah mengonsumsinya. Kamu pun juga akan lebih mudah mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan. 11. Mencegah Anemia Seseorang yang kurang asupan folat di dalam tubuh bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit anemia. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan kebutuhan folat di dalam tubuh tetap tercukupi.

Caranya adalah dengan mengonsumsi secangkir kacang polong setiap harinya. Kacang polong dikenal memiliki kandungan folat yang tinggi dan mampu berperan menjadi pencegah anemia alami. Baca Juga: Manfaat Konsumsi Kacang Almond yang Perlu Kamu Tahu Cara Mengonsumsi Kacang Polong Sumber Gambar: Unsplash/@samhoatji Untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya, kacang polong bisa kamu konsumsi secara langsung tanpa mengolahnya.

Akan tetapi, kamu juga bisa mengonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi berbagai aneka masakan. Salah satunya adalah dengan memasaknya menjadi cah daging sapi kacang polong yang sedap dan nikmat. Cara membuatnya pun mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut cara membuatnya: • Panaskan minyak dalam wajan, kemudian masukkan bawang bombay dan bawang putih yang telah diiris.

Tumis hingga harum dan tercium bau sedap. • Masukkan daging sapi yang telah ditumis kedalam tumisan bawang dan aduk-aduk hingga bumbu benar-benar meresap. • Tambahkan potongan paprika dan kacang polong yang sudah disiapkan. Aduk merata hingga semua bahan menjadi sedikit layu. • Masukkan saus teriyaki, merica bubuk, garam, kecap asin, dan air.

Aduk-aduk merata hingga bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna. • Masak hingga matang dan cicipi hingga bumbu yang dimasak pas meresap ke dalam tumisan. Baca Juga: Makanan yang Mengandung Protein: Tubuh Kuat dan Sehat Nah, itulah segudang manfaat kacang polong yang bisa kamu dapatkan guna menunjang kesehatan tubuh.

Disamping itu, kamu juga perlu menyimbanginya dengan menerapkan pola makan dan hidup sehat. Jadi, jangan ragu untuk berkreasi dengan olahan kacang polong ya, Toppers! Sekarang, kamu bisa mendapatkan kacang polong dan berbagai bahan makanan lainnya secara mudah hanya di Tokopedia! Antara kacang dan polong-polongan, keduanya berbeda. Akan teteapi ada kacang yang ternyata termasuk ke dalam jenis polong-polongan.

Polong-polongan ini sendiri merupakan bagian dari keluarga tanaman biji-bijian yang berbentuk bulat atau agak popoh yang berbeda di dalam kelopak lunak atau agak keras.

Dalam satu kelopak, biasanya terdapat beberapa biji. Polong-polongan dikonsumsi bagian bijinya, namun ada juga beberapa jenis polong-polongan ini yang bagian kulitnya lunak, sehingga dapat juga dikonsumsi.

Polong-polongan ini sendiri berfungsi sebagai salah satu sumber protein dan karbohidrat yang berkhasiat bagi tubuh, karena memberikan energi sepanjang hari dengan kadar gula konstan. Sehingga polong-polongan dapat menggantikan peran gizi dari daging. Advertisements Beberapa Jenis Kacang yang Termasuk Polong-polongan 1.

Kacang kedelai Kacang kedelai termasuk ke dalam polong-polongan yang mengandung protein nabati paling tinggi. kedelai ini menjadi bahan baku pembuatan tahu, tempe, kecap, tauco, susu dan minyak. Kedelai memiliki aroma yang khas saat diolah, untuk mengurangi aromanya tersebut, rebus kedelai dengan jahe atau daun pandan.

2. Kacang kapri Kacang ini biasanya dioleh dengan cara ditumis. Kacang kapri termasuk jenis polong-polongan yang memiliki kulit lunak, sehingga dapat dikonsumsi secar langsung.

Kacang kapri ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Di parasan ada 2 jenis kacang kapri, yakni : kacang kapri berbiji bulat (disebut juga dengan kacang kapri manis) dan kacang kapri berbiji pipih. 3. Kacang lentil Kacang ini banyak dikonsumsi di India, Timur Tengah, Maroko, dan turki. Bentuknya bulat, kecil, dan pipih. Ada 3 jenis lentil, yaitu lentil kuning, hijau dan merah. Rasanya lembut dan gurih. Biasanya digunakan dalam berbagai masakan seperti sup, campuran kebab, perkedel dan nasi.

Sebelum diolah, rendamlah dulu kacang lentil dalam air dingin kemudian rebus hingga empuk. Kacang ini kaya akan kandungan karbohidrat, serat, protein, zat besi, dan mineral. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, lentil mampu menjadi hidangan tepat bagi Anda yang sedang melakukan program diet.

4. Kacang buncis Buncis ini adalah polong-polongan yang dapat dimakan. Biji, buah dan daunnya bermanfaat sebagai sayuran. Buncis kaya akan protein dan vitamin. Buncis ini memiliki tekstur yang renyah dan lembuh, sehingga sangat pas untuk diolah dengan cara ditumis. Pilihlah buncis muda, cirinya adalah buncis memiliki ukuran yang lebih kecil dan teksturnya masih keras.

5. Kacang panjang Mungkin tidak jauh berbeda dengan buncis, namun kacang panjang memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebih keras. Kacang panjang ini biasanya disantap sebagai lalapan atau dimasak sebagai sayur. 6. Kacang polong Kacang polong yang dimakan bijinya. Berwarna hijau dan mengandung banyak serat dan vitamin. Umumnya, kacang polong ini diolah menjadi camilan atau ditambahkan ke dalam nasi goreng, aneka sup, serta tumisan.

7. Kacang hijau Kacang hijau banyak tumbuh dia daerah tropis, kacang hijau ini mampu mencegah anemia dan membantu pertumbuhan serta pembentukan sel-sel tubuh. Sebelum diolah, rendam terlebih dahulu kacang hijau dalam air dingin selama minimal 2 kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran, agar ketika diolah kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran hijau cepat empuk.

8. Kacang merah Tahukah Anda bahwa kacang merah ini sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan diet atau mengontrol berat badan? Hal ini akrena kacang merah mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kacang merah kering maupun basah, banyak digunakan di dalam aneka kuliner nusantara, diantaranya dalam pembuatan sup, bahan isian kue, selai, sampai racikan es campur.

9. Kacang Bogor Disebut kacang Bogor karena banyak dijajakan sebagai camilan di Bogor, Jawa Barat. Kacang Bogor kaya akan kandungan protein, asam amino metionin, karbohidrat, dan minyak. Mengolahnya cukup dengan direbus atau digoreng dan ditambahkan garam. 10. Kacang Tunggak Kacang tunggak memiliki ukuran dua kali lebih besar dari kacang hijau, berwarna kecokelatan.

Rasanya gurih dan sedikit kenyal. Sering diolah menjadi camilan dan campuran aneka sayur tradisional. Selain kacang tunggak, kacang ini juga dikenal dengan nama kacang tolo, kacang beras, kacang dadap, atau black eyed peas. loading…
Lain - Lain • Apakah Centella asiatica termasuk bahan aktif? • Bolehkah penderita asam lambung makan ikan bakar?

• Dibawah ini QS No 31 ayat 14 surah apakah itu? • Apakah vitamin B dan D boleh diminum bersamaan? • Susu apa yang bisa menambah tinggi badan usia 18 tahun? • Apakah olahraga 30 menit sehari cukup?

• Gerakan janin terasa pada minggu ke berapa? • Mengapa olahraga bisa membuat bahagia? • Apakah daun kemangi baik untuk ginjal? • Apa saja perkembangan sosial pada remaja? • Ngantuk terus kurang vitamin apa? • Apakah efek samping makan daun pepaya?

• 3 Apa saja manfaat sarapan bagi anak? • Oatmeal Quaker rasa apa aja? • Apakah minyak zaitun bagus untuk kulit badan? • Bagaimana cara agar luka jahitan cepat kering? • Langkah langkah membuat lulur dari kopi? • Kapan usia bayi bisa melihat? • Amankah bayi makan bubur instan setiap hari? • Apakah bedak Marcks bisa mencerahkan wajah? Pos-pos Terbaru • Apakah Centella asiatica termasuk bahan aktif? • Bolehkah kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran asam lambung makan ikan bakar?

• Dibawah ini QS No 31 ayat 14 surah apakah itu? • Kandungan apa yang cocok untuk bruntusan? • Apakah vitamin B dan D boleh diminum bersamaan? • Apakah olahraga 30 menit sehari cukup? • Susu apa yang bisa menambah tinggi badan usia 18 tahun? • Gerakan janin terasa pada minggu ke berapa? • Mengapa olahraga bisa membuat bahagia?

• Apakah daun kemangi baik untuk ginjal? Daftar Isi • Apakah kacang hijau termasuk sayuran? • Apa sajakah yang termasuk sayuran jenis buah *? • Apakah kacang panjang termasuk kacang-kacangan? • Sayuran apa saja yang termasuk kacang-kacangan? • Apakah buncis termasuk sayuran kacang kacangan? • Buncis termasuk sayuran jenis apa?

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Apakah kacang hijau termasuk sayuran? Kacang tidak termasuk kelompok sayuran ataupun buah-buahan. Kacang termasuk dlm kelompok kacang-kacangan.26 okt. 2014 Apa sajakah yang termasuk sayuran jenis buah *? Contoh sayuran buah yaitu :tomat, paprika, cabai, labu siam, mentimun, pare dan masih banyak lagi.3 jul.

2020 Apakah kacang panjang termasuk kacang-kacangan? Kacang panjang, tanaman yang termasuk keluarga kacang-kacangan ini dapat kita temui sehari-hari sebagai salah satu menu sayur dalam makanan kita. … Cara menanam kacang panjang cukup mudah, hanya dengan memasukkan 2-3 biji ke dalam lubang sedalam 1-2 cm, kemudian ditimbun tanah.

Sayuran apa saja yang termasuk kacang-kacangan? • Buncis. • Edamame. • Kacang Panjang. • Kapri.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

• Kacang Polong. • Petai Cina/ Lamtoro. • Kecipir. • Lentil. Berikut kami tampilkan beberapa jenis sayuran kacang-kacangan yang sering digunakan dalam makanan sehari-hari. Dalam pengolahannya biasanya kacang panjang dipotong pendek dengan ukuran kira-kira 2-3 cm agar mudah dikunyah. Kapri adalah sayuran jenis polong-polongan, dalam istilah asing disebut juga dengan snow pea. Petai Cina atau sering disebut lamtoro, berasal dari wilayah Amerika Selatan bagian utara.

Kecipir termasuk dalam keluarga sayuran polong, tanaman ini berasal dari wilayah Indonesia Timur. Apakah buncis termasuk sayuran kacang kacangan?

Ciri-cirinya memperlihatkan bahwa buncis sebenarnya adalah jenis kacang-kacangan. Biji buncis lebih besar dan membuktikan bahwa jenis ini termasuk dalam kategori buah kering.

Buncis juga bukan satu-satunya salah kaprah banyak orang. Hal yang sama juga sering terjadi pada tomat dan timun yang sering disebut sayur.14 okt. 2020 Buncis termasuk sayuran jenis apa? Buncis termasuk jenis sayuran polong semusim (berumur pendek) seperti halnya kacang kapri, kacang panjang, kecipir, dan sebagainya.

Tanaman buncis berbentuk semak atau perdu(Cahyono, 2003).
Kacang polong merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Pisum sativum.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga legume bersama dengan kacang buncis, lentil, dan jenis sayuran lainnya. Di Indonesia, kacang polong cukup populer diolah menjadi camilan ringan. Tak hanya camilan, biji-bijian ini juga bisa diolah sebagai pelengkap dalam kari, sup, dan steak. Kacang polong memiliki kandungan protein dan mineral yang beragam, mulai dari zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, kalium, serat, folat, dan berbagai vitamin lainnya seperti vitamin A, B, C, E, dan K.Dengan beragamnya kandungan tersebut, kira-kira apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

Langsung saja, berikut ini adalah 12 manfaat kacang polong yang kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran kamu tahu. Manfaat kacang polong yang wajib kamu tahu Manfaat Kacang Polong yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay) 1. Mencegah anemia Tingginya kandungan folat dalam kacang polong membuatnya mampu menjadi pencegah anemia alami. Kurangnya kandungan folat dalam tubuh bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya masalah tersebut. Untuk itu, cukupi kebutuhan folat kamu dengan mengonsumsi secangkir kacang polong setiap harinya.

2. Menurunkan berat badan Kacang polong juga dikenal karena jumlah kalorinya yang rendah. Tak heran, biji-bijian ini kerap dipilih sebagai hidangan pelengkap bagi kamu yang menurunkan berat badan. Selain jumlah kalorinya yang rendah, kacang polong juga kaya akan serat. Serat berperan dalam menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga kamu pun lebih mudah mengontrol nafsu makan. 3. Sumber energi Sebagai salah satu sumber vitamin B, riboflavin, dan niacin, kacang polong juga cocok dikonsumsi untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

Dengan meningkatnya hal tersebut, tentu pembentukan energi akan lebih efektif. Tak heran, kacang polong kerap dipilih sebagai salah satu sumber energi yang baik untuk menjalankan program diet. Meski kamu mengonsumsi dalam jumlah berlebih, biji-bijian ini tidak akan memengaruhi berat badan dan pertumbuhan lemak dalam tubuh kamu.

Baca juga: 9 manfaat mengonsumsi kacang-kacangan 4. Mengurangi peradangan Kandungan antiinflamasi dalam kacang polong bermanfaat dalam membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Senyawa organik di dalamnya berperan sebagai agen antiinflamasi, sehingga risiko masalah pembengkakan dan peradangan dapat diminimalisir.

5. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh Protein memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Tingginya jumlah protein yang terkandung dalam kacang polong bisa mempercepat pembentukan sel, jaringan, otot, dan juga tulang, sehingga pertumbuhan dan perkembangan tubuh akan lebih maksimal. 6. Menyeimbangkan tekanan darah Kalium yang tercukupi akan berpengaruh terhadap kinerja tubuh dalam mengatur dan menyeimbangakan tekanan darah.

Kandungan tersebut berperan sebagai vasodilator sehingga kemungkinan terjadinya sumbatan dan tekanan di area pembuluh darah bisa diminimalisir. Dengan terjaganya hal tersebut, maka penyakit seperti hipertensi atau kardiovaskuler bisa dihindari. Ingin mencoba merasakan manfaat kacang polong ini? Kamu bisa membeli kacang polong dan berbagai jenis kacang-kacangan sehat lainnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang! 7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mengonsumsi kacang polong dalam keadaan mentah ternyata lebih baik.

Hal ini tidak lain karena nutrisi dalam biji-bijian tersebut lebih terjaga dibandingkan yang sudah dimasak. Sebagai contoh, kandungan vitamin C pada kacang polong yang sudah dimasak bisa menyusut hingga 25% dibandingkan dengan yang masih segar. Vitamin C sendiri berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi pembentukan sel-sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan. Baca juga: Suka sama kacang mete? Ini loh 9 manfaat utama mengonsumsi kacang mete 8.

Meningkatkan kesehatan jantung Kadar LDL kolesterol yang rendah pada kacang polong berpengaruh pada kinerja dan kesehatan jantung. Kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi terjadinya peningkatan tekanan darah. Tekanan darah dan kolesterol yang meningkat bisa menjadi penyebab munculnya aterosklerosis. 9. Membantu menjaga sistem pencernaan Kandungan serat pada kacang polong juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat memiliki peran penting dalam penyerapan nutrisi dan proses pencernaan.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, maka masalah pencernaan seperti sulit buang air besar, diare, kembung, sembelit, dan kram bisa diatasi.

10. Meringankan gangguan menstruasi Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, para wanita yang memiliki masalah dan gangguan menstruasi juga sebaiknya menjaga asupan serat dalam tubuhnya. Kandungan serat sangat penting dalam mengurangi rasa kram dan sakit akibat gangguan menstruasi tersebut.

11. Menurunkan kadar gula darah Kacang polong yang juga dikenal rendah dalam indeks glikemik (GI) membuat biji-bijian ini bisa meminimalisir risiko diabetes.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Kandungan serat dan protein di dalamnya juga berperan dalam membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Dengan begitu, masalah gula seperti diabetes bisa terkendali.

Baca juga: 5 cara mengolah bubur kacang hijau yang enak dan sehat 12. Mencegah kanker Kandungan antioksidan dan saponin dalam kacang polong membuat biji-bijian ini sangat direkomendasikan dalam menekan risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin K di dalamnya juga bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Selain kanker, kacang polong juga mampu menjadi penghambat alami pertumbuhan tumor.

Nah, itulah 12 manfaat kacang polong yang wajib kamu tahu.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Meskipun biji-bijian hijau ini memiliki bentuk yang kecil, namun siapa sangka jika manfaatnya begitu luar biasa. Kira-kira, kamu lebih suka menikmatinya sebagai camilan atau sayuran pelengkap dalam sup, nih? Jika kamu tertarik untuk merasakan berbagai manfaat kacang polong, kamu bisa membeli kacang polong berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

(Siti Kamilla) Tags • makanan sehat (59) • Promo Sayurbox (52) • mitra (46) • buah segar (33) • diskon Sayurbox (30) • makanan khas (29) • sayurbox (26) • sayurbox bali (25) • superfood (24) • sayuran segar (18) • Beli Sayur 2 Jam Sampai Pakai Sayurkilat (18) • MPASI (17) • ramadan (16) • alpukat (14) • camilan sehat (13) • promo (12) • Bayar pake Sayurtunai (12) • salad (12) • Makanan Khas Bali (12) • lebaran (12)Contents • 1 Kacang Polong In English • 2 Pohon Kacang Polong • 3 Kacang Polong Kapri • 4 Kacang Polong Kaleng • 5 Manfaat Kacang Polong • 5.1 Menurunkan kolesterol • 5.2 Untuk melindungi mata • 5.3 Meregenerasi kerusakan sel tubuh • 5.4 Menurunkan gula darah • 5.5 Mencegah osteoporosis • 6 Cemilan Kacang Polong • 6.1 Kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran Polong Snack • 6.2 Kacang Polong Goreng Kacang Polong In English Kacang polong atau ercis merupakan salah satu jenis polong-polongan yang banyak dijumpai di berbagai kuliner yang ada di Indonesia.

Kacang Polong Sebagai contoh yaitu nasi goreng, aneka sup, tumisan, fuyunghai dan sebagainya. Dalam bahasa inggris kacang polong ini disebut dengan nama “ Pea”. Pohon Kacang Polong Kacang polong atau atau kacang ercis merupakan tanaman yang berasal dari suku polong-polongan ( Fabaceae). Di Indonesia kacang ini juga dikenal kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran sebutan kacang kapri, atau kacang ercis. Tanaman yang memiliki nama latin Pisum sativum L ini merupakan tanaman penghasil sayuran berupa biji berwarna hijau.

Pohon Kacang Polong Pohon kacang jenis ini termasuk ke dalam tanaman semusim yang berupa semak dan menjalar. Secara morfologi, kacang ini memiliki batang yang panjang, kecil dan ramping. Memiliki tipe daun majemuk, menyirip dengan 2-3 anak pasang daun berbentuk tandan yang terdiri antara 1-2 bunga.

Dengan kelopak bunga berwarna hijau dan terdiri dari 5 daun kelopak, 5 daun mahkota berwarna putih, coklat atau merah muda. Benang sari berjumlah sepuluh yang terbagi menjadi 2 berkas dan bakal buah terdiri atas 4-15 bakal buah. Kacang Polong Kapri Kacang polong kapri merupakan jenis sayuran buah yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional Indonesia. Sayur buah yang dimaksud yaitu buahnya dimakan sebagai sayur dan tidak digolongkan sebagai buah-buahan, contohnya seperti tomat atau pun cabai.

Buah dengan jenis polong (legume) ini biasanya dipanen ketika masih muda dan bijinya belum berkembang secara penuh. Kacang Kapri Sehingga bentuk dari kacang kapri ini pipih dan masih lunak. Jika dipanen terlalu tua maka polong kapri akan berserat tebal dan tidak nyaman lagi untuk dikonsumsi.

Tanaman kapri memiliki dua tipe yang agak berbeda meskipun kedua nya dapat dimakan polongnya secara keseluruhan. Tipe pertama yaitu snow pea (kelompok budidaya axiphium) yaitu kapri yang berbiji pipih dan tipe ini merupakan tipe yang popular di Indonesia. Untuk tipe yang kedua yaitu snap pea atau sugar snap pea (kelompok macrocarpum) yaitu kapri yang berbiji bulat. Baca Juga : • Kacang Tanah • Kedelai Kacang Polong Kaleng Kacang polong termasuk dalam jenis kacang yang memiliki kulit lunak (pears).

Jenis kacang ini banyak digunakan pada masakan Eropa dan menjadi salah satu sumber makanan di negara Barat. Kacang Polong Kaleng Bentuk dari kacang ini bulatberkerut dan berwarna hijau dengan tekstur tidak terlampau keras. Oleh karena itu kacang ini sering digunakan untuk berbagai masakan. Selain itu, sayuran ini juga termasuk dalam sayuran yang tahan lama dan relative instan. Tidak heran jika ia banyak dijual dalam keadaan mentah segar, baik kupasan atau masih berkulit serta mentah beku.

Selain itu, kacang ini juga dijual dalam keadaan matang sebagai kudapan. Biji dari tanaman ini baik dikonsumsi baik oleh anak-anak atau pun orang dewasa, namun terutama untuk anak-anak sebagai penunjang perkembangan dan pertumbuhan. Manfaat Kacang Polong Kacang polong sering digunakan sebagai campuran masakan seperti sup. Dengan bentuk nya yang kecil ini ternyata kacang polong mengandung banyak nutrisi seperti zat besi dan protein yang baik bagi tubuh kita.

Tetapi kacang ini masih lebih jarang untuk dikonsumsi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Jenis kacang ini mungkin tidak terkenal dibandingkan dengan kacang lainnya. Namun, tahukah anda apa manfaat dari kacang tersebut? Berikut kami berikan beberapa manfaat dari kacang polong. • Menurunkan kolesterol Kandungan omega 3 pada kacang ini dapat menurunkan kolesterol atau pun lemak jahat. Omega 3 ini merupakan lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh penyebab kolesterol.

• Untuk melindungi mata Kandungan beta karoten dalam kacang kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran menjadi vitamin A yang dapat mempertahankan kesehatan mata.

• Meregenerasi kerusakan sel tubuh Vitamin C pada kacang ini merupakan zat antioksidan yang berfungsi meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. • Menurunkan gula darah Dengan kadar serat dan protein yang tinggi maka pekerjaan ginjal dalam mengendalikan kadar gula dalam darah terbantu.

• Mencegah osteoporosis Kandungan folat dalam kacang polong dapat membantu tubuh agar homosistesin berubah menjadi metionin. Dimana homosistesin merupakan faktor penyebab dari resiko osteoporosis. Cemilan Kacang Polong Cemilan merupakan makanan atau pun minuman yang dikonsumsi diantara waktu makan utama baik itu pagi hari, siang hari atau pun malam hari. Setiap orang tentunya memiliki cemilan favorit masing-masing. Lalu apa cemilan favorit anda?

Tentu saja kita menginginkan cemilan yang sehat dan bergizi untuk tubuh kita bukan. Nah, maka dari itu kacang ini merupakan salah satu cemilan yang selain nikmat dan lezat tetapi juga memiliki manfaat yang banyak seperti yang disebutkan sebelumnya.

Cemilan dari kacang polong ini dapat diolah menjadi berbagai macam cemilan sampai berbagai macam rasa yang ditawarkan. Kacang Polong Snack Kacang polong snack, makanan ringan, cemilan, kudapan atau yang biasa di sebut dengan snack merupakan makanan yang bukan termasuk makanan utama.

Kacang Polong Snack Snack ini biasanya dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lapar untuk sementara waktu sebelum makan utama. Snack kacang ini bisa anda dapatkan di berbagai toko makanan ringan atau bisa juga di minimarket atau pun supermarket yang ada di daerah anda.

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

Kacang Polong Goreng Selain di konsumsi untuk campuran berbagai masakan, kacang ini juga dapat mengkonsumsi makanan ini sebagai makanan ringan atau cemilan dengan cara di goreng. Anda dapat membuatcemilan ini sendiri di rumah, namun untuk lebih praktisnya anda dapat membelinya di minimarket terdekat.

Sebelum memasak kacang ini akan lebih baik direndam terlebih dahulu agar teksturnya lembab, mudah dimasak dan matang dengan sempurna. Proses ini juga untuk melepaskan trypsin inhibitor atau penghambat enzim protein yang menghambat proses pencernaan.
Apa saja nutrisi dalam kacang polong?

Sumber: Eat Drink Paleo Kacang polong adalah satu dari sekian banyak jenis kacang-kacangan dengan bentuk fisik bulat, berukuran kecil, dan berwarna hijau khas yang tampak segar. Uniknya, kacang ini kerap digolongkan ke dalam kelompok sayur-sayuran karena sering diolah bersama dengan berbagai sayuran lainnya.

Padahal nyatanya jenis kacang yang satu termasuk dalam keluarga legum, yakni tanaman yang menghasilkan biji di dalamnya. Selain kacang polong, beberapa tanaman lain seperti kacang lentil dan buncis juga masuk ke dalam golongan legum.

Setiap butir kacang yang memiliki nama latin Pisum sativum L ini mengandung segudang nutrisi yang baik untuk tubuh. Secangkir kacang polong dengan berat 160 gram (gr) mengandung berbagai zat gizi di bawah ini. • Kalori: 125 kalori • Protein: 8,2 gr • Serat: 8,8 gr • Protein: 5,6 gr • Mangan: 22% kebutuhan harian • Vitamin K: 48% kebutuhan harian • Vitamin B1 (tiamin): 30% kebutuhan harian • Vitamin B9 (folat): 24% kebutuhan harian Kacang polong juga sumber serat dan protein yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Bukan hanya itu, kacang ini menyimpan banyak senyawa antioksidan yang punya manfaat untuk menangkal serangan radikal bebas. Demi mendapatkan sejumlah nutrisi baik dari kacang ini, Anda bisa membelinya di pasaran dengan bentuk yang masih utuh atau sudah diolah menjadi suatu produk. Jika sudah melalui proses pengolahan, biasanya kacang ini akan dikemas dalam produk kalengan atau dibekukan. Mengutip Healthline, sebenarnya tersedia beberapa varietas atau macam kacang polong.

Mulai dari yang berwarna kuning (yellow peas), hitam (black-eyed peas), dan ungu (purple peas). Apa saja manfaat kacang polong? Berbagai penelitian telah mencoba membuktikan manfaat kacang polong yang baik untuk kesehatan. Di bawah ini penjabarannya. 1. Membantu menjaga gula darah Sebuah penelitian pada 2011 yang dimuat di British Journal of Nutrition menguji sekelompok orang dengan berat badan berlebih dan memiliki kadar kolesterol tinggi.

Hasilnya, makan 50 gram olahan tepung atau kacang polong utuh per hari selama 28 hari dapat membantu mengurangi resistensi insulin. Menurut penelitian lain pada 2012 dalam jurnal serupa, kacang polong termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik yakni rasio seberapa cepat makanan sumber karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula darah pada tubuh. Setiap makanan punya nilai indeks glikemik yang berbeda-beda. Semakin kecil nilai indeks glikemik suatu makanan, tentu lonjakan kadar gula yang naik usai makan makanan tersebut akan lebih lambat.

Begitu pula sebaliknya. Dengan kata lain, kacang polong termasuk jenis kacang yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes, karena tidak akan membuat gula darah melesat naik. 2. Menurunkan risiko penyakit ginjal akibat hipertensi Seorang ahli pangan di University of Manitoba, Canada bernama Dr. Rotimi Aluko menjelaskan bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama bagi orang yang punya penyakit ginjal kronis.

Tak jarang, orang dengan penyakit ginjal tahap akhir harus rutin melakukan cuci darah hingga transplantasi ginjal karena keparahan penyakitnya. Berawal dari sinilah, Dr. Rotimi menemukan bahwa protein dari kacang polong berpotensi mencegah timbulnya kerusakan ginjal pada orang yang memiliki hipertensi. Alih-alih makan kacang dalam bentuk utuh, penelitian yang masih terbatas dilakukan pada hewan coba ini mencoba mengekstrak protein kacang polong yang diolah menjadi bentuk pil dan bubuk.

3. Menyehatkan sistem pencernaan Penelitian membuktikan bahwa kacang polong punya manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Bagi orang yang sedang mengalami masalah pencernaan, seperti penyakit sembelit (susah BAB), kacang polong bisa menjadi pilihan makanan yang tepat. Pasalnya, kandungan serat yang ada di dalam kacang ini akan membantu mempermudah pergerakan usus dalam menyerap makanan.

Hasil tersebut turut didukung oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran, yang mengatakan bahwa makan kacang polong bisa mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

Secara langsung, tentu akan mengurangi frekuensi konsumsi obat pencahar yang kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran dipakai untuk mengobati sembelit. 4. Kaya antioksidan Kacang polong termasuk salah satu sumber nutrisi alami yang menyumbang banyak antioksidan.

Tubuh manusia sebenarnya dapat memproduksi antioksidannya sendiri. Namun, asupan antioksidan dari luar juga dibutuhkan tubuh untuk mencukupi persediaannya, sehingga semakin kuat dalam menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas tidak boleh disepelekan karena bisa meningkatkan risiko penyakit seperti kanker, Alzheimer, Parkinson, dan atelosklerosis. Nah, rutin makan kacang polong maupun olahannya akan menyumbang berbagai antioksidan untuk tubuh.

Ambil contoh, seperti senyawa polifenol, lutein, dan fenolik yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit. Bahkan, senyawa lutein diyakini dapat menjaga dan mengoptimalkan fungsi penglihatan sekaligus menghindari penyakit katarak dan degenerasi makula. Bagaimana cara makan kacang polong? Kacang polong bisa dengan mudah dicampur bersama sayuran dan lauk pauk lainnya. Anda bahkan kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran menambahkannya ke dalam sajian salad favorit untuk menambah asupan nutrisi.

Menariknya lagi, sekarang kacang polong yang kaya manfaat ini sudah banyak diolah sebagai susu, sehingga bisa dijadikan alternatif pengganti susu sapi. Jadi, jangan ragu untuk lebih berkreasi dengan olahan kacang polong. Entah dimasukkan utuh ke dalam masakan, dihaluskan untuk menambah warna, atau dicampurkan ke dalam makanan saat masih berbentuk masih utuh setelah direbus sampai lunak.

Pea Protein Fights Blood Pressure and Kidney Disease. https://www.medicalnewstoday.com/articles/143262.php Diakses pada 15 Februari 2019. The 9 Healthiest Beans and Legumes You Can Eat. https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-beans-legumes Diakses pada 15 Februari 2019. Peas Nutrition Facts. https://www.verywellfit.com/peas-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4118995 Diakses pada 15 Februari 2019.

What Are the Benefits of Eating Peas? https://healthyeating.sfgate.com/benefits-eating-peas-5767.html Diakses pada 15 Februari 2019. What Are the Benefits of Eating Peas?

kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran

https://www.livestrong.com/article/407534-what-are-the-benefits-of-eating-peas/ Diakses pada 15 Februari 2019. Why Green Peas Are Healthy and Nutritious. https://www.healthline.com/nutrition/green-peas-are-healthy Diakses pada 15 Februari 2019. British Journal of Nutrition. Review of the Health Benefits of Peas (Pisum sativum L.). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22916813 Diakses pda 15 Februari 2019. British Journal of Nutrition.

Whole and Fractioned Yellow Pea Flours Reduce Fasting Insulin and Resistance in Hypercholesterolaemic and Overweight Human Subjects. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20807459 Diakses pada 15 Februari 2019. Journal of the American Dietetic Association. Increased Stool Frequency Occurs When Finely Processed Pea Fiber Is Added to Usual Foods Consumed by Elderly Residents in Long-Term Care. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12963953 Diakses pada 15 Februari 2019.

Tao Miao - Pea Shoots - Green Peas - Kacang Polong




2022 www.videocon.com