Gatal di telapak tangan penyakit apa

gatal di telapak tangan penyakit apa

Namun demikian telapak tangan yang gatal tidak kerap kali merupakan gejala masalah yang lebih besar. Kadang kala Anda merasa telapak tangan gatal, tapi bisa jadi di lain waktu ini merupakan pertunjuk adanya persoalan pada kulit. Ada beberapa keadaan yang kemungkinan menyebabkan gatalnya telapak tangan. Pertama, kulit yang menjadi kering akibat dari cuaca dingin bisa mengiritasi dan menyebabkan gatal. Kedua, kulit yang rusak akibat bahan kimia atau zat tertentu, juga menggosok ataupun menyikat bisa menjadikan kulit teriritasi, sehingga menyebabkan kekeringan, pengelupasan, dan gatal-gatal.

Ketiga, reaksi alergi terhadap sesuatu sehingga setelah menyentuhnya telapak tangan menjadi gatal. Ini bisa jadi tidak segera muncul, sebab dalam beberapa kasus gatal tidak dirasakan selama beberapa jam setelah bersentuhan dengan alergen. Keempat, psoriasis dimana keadaan kulit yang umumnya menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak terkendali ini menyebabkan rasa gatal.

Kelima, eksim atau determinan atopik merupakan keadaan yang dapat membuat kulit gatal yang menyebabakan kulit yang terkena menjadi berwarna bercak.

Sebagian akan merah, sedang yang lain berwarna cokelat tua atau mendekati abu-abu. Sebagain orang akan merasakan benjolan kecil yang menonjol dari kulit yang dapat pecah mengeluarkan cairan. Bisa juga kulit menjadi kering dan menyebabkan retah bahkan berdarah. Keenam, meski jarang terjadi tapi diabetes juga bisa menyebabkan gatalnya tepak tangan karena sirkulasi darah yang buruk.

Dilansir dari www.medicalnewstoday.com ada juga beberapa keadaan lain yang menyebabkan telapak tangan gatal. Pertama, reaksi alergi terhadap obat baru, ketika itu reaksi gatal di telapak tangan penyakit apa dalam tubuh dapat menyebabkan gatal. Kedua, gangguan autoimun yang disebut kolangitis bilier primer atau sirosis bilier primer (PBC) bisa menyebabkan telapak tangan gatal dan bernoda. Ketiga, gangguan saraf pada tangan bisa menyebabakan telapak tangan gatal. Perasaan yang tidak nyaman ini biasanya akan dimulai dari telapak tangan dan paling sering terjadi pada malam hari.

PUSPITA AMANDA SARI Baca: Pengobatan Praktis Saat Gatal Menyerang Akibat Biduran Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu. Rasa gatal yang muncul di telapak tangan bisa sangat tak nyaman dan mengganggu. Saat digaruk pun bukannya mereda, malah bisa makin gatal! Apalagi bila kuku tajam, terus-terusan menggaruknya malah bisa menyebabkan kerusakan atau luka.

Telapak tangan yang gatal merupakan kondisi umum. Namun, bisa jadi ini menandakan adanya kondisi medis yang mendasari. Bukan karena akan mendapat uang, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab telapak tanganmu terasa gatal. Simak sampai habis, ya! freepik.com/jcomp Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat kadar gula darah tubuh rendah. Gejalanya meliputi rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, hingga berulang dan berlebihan di telapak tangan, kaki, serta kaki bagian bawah.

Kadar gula darah yang tinggi menurunkan sirkulasi darah yang menyebabkan kulit kering dan gatal. Melansir Medical News Today, kulit gatal pada pengidap diabetes bisa muncul dengan atau tanpa benjolan merah atau berwarna daging di telapak tangan dan area tubuh lainnya. Gatal memang bukan gejala utama diabetes. Namun, sebaiknya kamu segera memeriksakan kadar gula darah bila mengalami gatal-gatal yang tak kunjung hilang, apalagi bila ada riwayat diabetes dalam keluarga dan mengalami gejala-gejala di atas.

Tes darah perlu dilakukan untuk mengambil tindakan sedini mungkin dan menghindari komplikasi yang bisa saja muncul sewaktu-waktu. Eksim atau dermatitis di tangan. jabfm.org Eksem atau dermatitis atopik, atau lebih dikenal dengan eksim, adalah kondisi kulit yang menyebabkan ruam merah dan gatal di kulit.

Tangan dan kaki biasanya menjadi area utama yang sering terdampak, terutama saat udara dingin yang kering atau cuaca yang terlalu panas. Kemungkinan penyebab telapak tangan gatal lainnya adalah akibat serangan eksim di tangan. Penyakit kulit ini bisa membuat telapak tangan gatal, timbul ruam kemerahan, kulit kering, pecah-pecah, bahkan bisa melepuh.

Ada beberapa subtipe eksim di tangan yang disebut dengan eksim dishidrosis. Kondisi ini ditandai dengan kemunculan bintil-bintil lepuhan yang gatal dan perih di telapak tangan dan kaki, atau pada sela-sela jari. Subtipe eksim ini paling sering dialami usia 20-40 tahun dan dua kali lebih banyak dialami perempuan. Baca Juga: Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing Kremi freepik.com/diana.grytsku Sirosis bilier primer ( primary biliary cirrhosis atau PBC) adalah kerusakan kantung empedu yang terjadi dalam jangka panjang.

Gatal di telapak tangan penyakit apa sebagai penyakit autioimun, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati secara perlahan-lahan. Gejala PBC sering kali baru muncul setelah bertahun-tahun. Gejala awalnya antara lain kulit gatal, termasuk telapak tangan gatal dan berjerawat, mulut dan mata kering, serta mudah lelah. Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • 7 Penyebab Gairah Seksual Pria Meningkat Tiba-tiba, Apa Saja? • [QUIZ] Ketahui Kepribadianmu Berdasarkan Sumber Protein yang Kamu Pilih • Studi: Bakteri dalam Urine Bisa Jadi Indikator Kanker Prostat Meski belum diketahui apa penyebab pasti PBC, tetapi ada beberapa faktor risiko seseorang bisa mengalami kondisi ini: • Usia 30-60 tahun • Jenis kelamin perempuan • Memiliki riwayat keluarga dengan PBC freepik.com/wayhomestudio Telapak tangan yang gatal juga bisa disebabkan oleh paparan berulang atau kontak langsung terhadap zat tertentu atau bahan iritan yang pada akhirnya menyebabkan reaksi alergi.

Kondisi ini disebut dermatitis kontak. Menurut National Eczema Association, reaksi alergi mungkin muncul sekitar 48 hingga 96 jam setelah kontak dengan alergen. Berikut ini adalah alergan atau iritan yang paling umum: • Logam, seperti cincin dan perhiasan lainnya • Parfum • Sarung tangan karet • Sabun • Disinfektan • Antiseptik atau zat antibakteri • Debu dan tanah • Air berklorinasi tinggi Perlu kamu ketahui bahwa kemungkinan diperlukan paparan berulang terhadap bahan iritan sebelum reaksi alergi berkembang.

Sebab, jika setelah beberapa kali paparan, tubuh akan mulai mengeluarkan histamin, yaitu penyebab gatal yang mengiritasi kulit. freepik.com/Racool_studio Gatal di telapak tangan juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi ringan terhadap obat-obatan tertentu. Reaksi muncul karena sistem kekebalan tubuh menganggap zat dalam obat tersebut sebagai benda asing yang berbahaya.

Reaksi histamin dalam tubuh itulah yang memicu rasa gatal. Telapak tangan khususnya, bisa gatal-gatal karena histamin cenderung terkumpul dalam jumlah yang lebih banyak di tangan dan kaki. freepik.com/freepik Beberapa gangguan yang memengaruhi saraf juga bisa menyebabkan telapak tangan dan bagian tubuh lainnya terasa gatal.

Gangguan tersebut meliputi neuropati perifer, herpes zoster, gangguan saraf tulang belakang, epilepsi, hingga tumor otak. Selain gatal di bagian tubuh tertentu, gangguan saraf juga dapat menyebabkan kesemutan dan mati rasa. Nah, demikianlah tadi beberapa kemungkinan penyebab telapak tangan terasa gatal. Menjaga kulit tetap lembap bisa membantu pada sebagian besar kasus.

Namun, bila gatal tak kunjung hilang, terus-menerus terjadi, dan disertai gejala lain yang tak biasa, segera periksa ke dokter agar bisa diketahui penyebab pastinya. Baca Juga: 8 Penyebab Mengapa Matamu Gatal, Ada yang Butuh Penanganan Dokter Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Gatal di telapak tangan penyakit apa Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan
KOMPAS.com - Telapak tangan yang gatal sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang umum, tetapi juga bisa menandakan adanya masalah mendasar yang lebih serius.

Menurut takhayul, telapak tangan kiri dan kanan yang gatal dipercaya sebagai tanda bahwa seseorang akan menerima sejumlah uang. Padahal, ada beberapa alasan medis yang dapat menjelaskan penyebab telapak tangan seseorang tiba-tiba gatal dan terasa panas. Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Penyebab telapak tangan gatal Rasa gatal pada telapak tangan kerap kali tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi dapat pula mengganggu tugas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab telapak tangan gatal untuk diwaspadai: 1. Eksim tangan Eksim adalah gangguan kulit yang bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan. Melansir Medical News Today, berdasarkan National Eczema Association, gatal di telapak tangan penyakit apa 10 persen orang di Amerika Serikat menderita eksim tangan. Kondisi tidak menular ini dapat menyebabkan telapak tangan gatal, kulit merah, pecah-pecah, kering, dan terkadang melepuh.

Ada subtipe eksim tangan yang disebut eksim dyshidrotic, yang menyebabkan seseorang mengalami lepuhan kecil yang gatal terutama di tangan dan terkadang kaki. Baca juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Ketiak Telapak tangan gatal bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi kesehatan tertentu.

Biasanya, telapak tangan yang terasa gatal juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada kesehatan. Rasa gatal ini terkadang bisa menjadi parah dan mengganggu aktifitas. Nah, untuk mengetahui penyebab utama telapak tangan gatal lebih lengkapnya yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Masih Bingung dengan Kencing Batu dan Batu Ginjal? Yuk Pahami Perbedaannya! Apa saja penyebab telapak tangan gatal? Dilansir Medical News Today, telapak tangan gatal sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang umum namun juga menandakan masalah mendasar lebih serius. Terdapat beberapa alasan medis yang sah mengenai alasan seseorang merasakan gatal, yakni sebagai berikut: Eksim tangan Eksim merupakan kondisi tidak menular di mana bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada tangan, kulit merah, pecah-pecah, kering, dan terkadang melepuh.

Terdapat subtipe eksim tangan yang disebut dengan eksim dyshidrotic, yakni akan menyebabkan seseorang mengalami lepuh kecil dan terasa gatal. Kondisi kulit satu ini biasanya dialami oleh orang yang bekerja dalam profesi tertentu di mana tangan terpapar kelembapan berlebihan atau bahan kimia keras. Beberapa profesi yang berisiko terkena eksim tangan, meliputi tukang bersih-bersih, penata rambut, tenaga kesehatan, hingga montir. Reaksi alergi Terkadang telapak tangan gatal diakibatkan oleh paparan berulang terhadap bahan yang menyebabkan iritasi atau bahan kimia lainnya yang menyebabkan reaksi alergi atau disebut dermatitis kontak.

Reaksi alergi pada tangan ini mungkin akan muncul 48 hingga 96 jam setelah kontak dengan alergen.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Alergen atau iritan umum meliputi logam seperti cincin, sarung tangan karet, sabun, desinfektan, antiseptik atau zat antibakteri, dan air berklorinasi tinggi. Namun, perlu diketahui jika biasanya paparan berulang yang akan menyebabkan reaksi alergi muncul. Hal ini dikarenakan, setelah beberapa kali tubuh baru mulai mengeluarkan histamin penyebab gatal yang mengiritasi kulit. Untuk itu, perhatikan beberapa pemicu untuk menghindari gatal di telapak tangan penyakit apa reaksi alergi yang menyebabkan telapak tangan gatal.

Diabetes Gatal pada tangan juga bisa menandakan adanya penyakit medis tertentu, salah satunya diabetes. Ketika seseorang mengidap diabetes, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kulit kering dan terasa gatal. Kulit gatal akibat penyakit diabetes ini bisa muncul dengan atau tanpa benjolan merah. Reaksi terhadap pengobatan Telapak tangan gatal dapat muncul disebabkan oleh alergi obat. Jika seseorang mengalami reaksi alergi ringan terhadap obat baru, maka histamin dalam tubuh bisa mengakibatkan munculnya rasa gatal.

Dalam kasus ini, rasa gatal terasa karena histamin cenderung terkumpul dalam jumlah yang lebih banyak di tangan dan kaki. Seseorang harus berbicara dengan dokter sebelum menghentikan obat kecuali gejalanya sudah semakin parah. Sirosis Gangguan autoimun yang disebut kolangitis bilier primer atau sirosis biliari primer dapat menyebabkan rasa gatal di bagian telapak tangan.

Kondisi ini akan memengaruhi saluran empedu yang menghubungkan hati ke perut. Empedu yang berjalan di antara dua organ ini menumpuk di hati dan menyebabkan kerusakan hingga munculnya jaringan parut. Selain mengakibatkan rasa gatal, pengidap kelainan ini mungkin mengalami mual, sakit tulang, diare, urine berwarna gelap, dan kulit menjadi kuning.

Gangguan saraf Terkadang kerusakan saraf akibat kondisi medis, seperti diabetes bisa mengakibatkan telapak tangan gatal. Disfungsi saraf tangan lainnya dapat memiliki efek serupa, termasuk sindrom terowongan karpal.

Pada carpal tunnel syndrome, tekanan pada saraf median di tangan menyebabkan mati rasa, lemas, gatal, dan nyeri. Rasa gatal atau ketidaknyaman biasanya mulai terasa di telapak tangan dan paling sering terjadi pada malam hari.

Jika dicurigai adanya carpal tunnel syndrome, penderita harus segera menemui dokter.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Dalam kasus yang ekstrim, pembedahan merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi tekanan pada saraf median. Baca juga: Pasien Diabetes Boleh Lahap Makanan Manis? Boleh, Ini Sederet Menunya Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!
Advertisement Gatal di telapak tangan, baik telapak tangan kiri maupun telapak tangan kanan gatal, sering kali dikaitkan oleh mitos yang beredar. Beberapa orang percaya bahwa arti telapak tangan kiri gatal pertanda akan memberi uang.

Sedangkan, telapak tangan kanan gatal artinya akan menerima uang. Kulit gatal pada telapak tangan tidak ada kaitannya dengan mitos tersebut.

Faktanya, gatal pada telapak tangan gatal di telapak tangan penyakit apa oleh berbagai kondisi medis tertentu. Apa penyebab telapak tangan gatal? Gatal-gatal pada kulit bisa dialami oleh siapa saja dan menyerang bagian tubuh mana pun, tak terkecuali telapak tangan. Beberapa kondisi yang menyebabkan telapak tangan gatal, di antaranya: 1.

Kulit kering Telapak tangan kering bisa membuatnya gatal Salah satu penyebab telapak tangan gatal adalah kondisi kulit yang kering. Kulit kering bisa terjadi karena paparan cuaca atau penggunaan produk perawatan kulit tertentu yang tidak tepat. Meski umum dialami oleh siapa saja, gatal pada telapak tangan lebih umum terjadi pada orang-orang yang lebih tua. Pasalnya, mereka cenderung memiliki kulit yang kering. Ketika kulit telapak tangan kering, kondisi tersebut mampu menyebabkan gatal, atau bahkan iritasi.

2. Iritasi kulit Penyebab telapak tangan gatal berikutnya adalah iritasi kulit. Iritasi kulit bisa terjadi akibat paparan bahan kimia atau zat tertentu.

Misalnya, dari penggunaan produk perawatan kulit atau produk sabun tertentu (sabun mandi, sabun detergen, sabun cuci tangan). Tak hanya itu, menggosok atau menyikat sesuatu terlalu keras juga dapat mengiritasi kulit. Selain menimbulkan rasa gatal pada telapak tangan, kulit bisa kering, gatal, dan mengelupas. 3. Reaksi alergi Reaksi alergi bisa menimbulkan rasa gatal pada telapak tangan Jika punya riwayat alergi terhadap sesuatu yang disentuh, ada kemungkinan Anda mengalami telapak tangan gatal. Beberapa orang bisa saja mengalami reaksi alergi akibat paparan bahan kimia, produk kosmetik, atau bahan perhiasan tertentu yang gatal di telapak tangan penyakit apa kulit telapak tangan. Selain itu, sumber reaksi alergi lainnya, termasuk gigitan serangga, jenis makanan tertentu, atau tanaman juga bisa menyebabkan gatal-gatal pada telapak tangan.

4. Efek samping obat-obatan Terkadang, penyebab telapak tangan gatal bisa karena sesuatu yang Anda konsumsi. Misalnya, obat-obatan. Jika Anda mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan, sistem imun tubuh akan bereaksi dengan mengirimkan sinyal. Sinyal tersebut merupakan perintah untuk segera melepaskan histamin. Akhirnya, histamin akan menimbulkan reaksi tertentu pada bagian tubuh yang terpapar alergen, termasuk telapak tangan.

Telapak tangan terasa gatal akibat histamin yang memicu gatal banyak terkumpul di tangan dan kaki. Apabila obat-obatan yang Anda konsumsi menimbulkan rasa gatal, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan mengubah dosis yang Anda konsumsi, atau menghentikannya. 5.

Psoriasis Meski sebagian besar kasus penyebab telapak tangan gatal bukan merupakan suatu hal yang perlu dikhawatirkan, terkadang gatal pada telapak tangan bisa jadi suatu penyebab suatu gejala penyakit kulit kronis yang membutuhkan penangan medis. Misalnya, psoriasis. Psoriasis adalah kondisi ketika pertumbuhan sel-sel kulit jadi tidak terkendali. Pertumbuhan abnormal ini membuat sel-sel kulit tidak dapat mengelupas secara alami sehingga sel-sel kulit tambahan pun menumpuk di permukaan kulit.

Psoriasis dapat muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan. Akibatnya, telapak tangan terasa gatal disertai kulit kemerahan, melepuh, bengkak, kering dan pecah-pecah, serta nyeri pada sendi di area sekitarnya.

6. Eksim Eksim atau dermatitis atopik adalah penyakit kulit yang bisa menyebabkan rasa gatal pada telapak tangan. Tak hanya itu, kulit juga bisa timbul bercak-bercak kemerahan atau cokelat. Eksim merupakan penyakit kulit yang bisa menjangkit kulit mana gatal di telapak tangan penyakit apa, tak terkecuali kulit telapak tangan. Kondisi ini menyebabkan telapak tangan terasa sangat gatal, kulit kering dan mengelupas, bahkan muncul lepuhan kulit. Jenis eksim yang membuat gatal di telapak tangan dan kaki dikenal dengan istilah dermatitis dishidrotik. 7.

Kudis Kudis adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau kecil yang masuk dan berkembang biak di lapisan kulit terluar. Jenis penyakit ini bisa menimbulkan rasa gatal di malam hari disertai muncul ruam atau lepuhan kecil pada area tubuh, seperti ketiak, siku, serta telapak tangan dan kaki. 8.

Diabetes Meski jarang terjadi, diabetes juga dapat menyebabkan telapak tangan gatal. Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes bisa membuat kulit kering dan gatal muncul tiba-tiba. Gatal pada penderita diabetes dapat disertai dengan atau tanpa benjolan di telapak tangan ataupun area tubuh lain. Namun, umumnya, lebih banyak penderita diabetes yang mengalami gatal di kaki daripada di tangan.

9. Sirosis bilier primer Gangguan autoimun yang dikenal dengan sirosis bilier primer bisa jadi penyebab telapak tangan gatal. Gangguan ini memengaruhi saluran empedu yang menghubungkan hati ke perut. Empedu yang mengalir di antara kedua organ tersebut akan menumpuk di hati, kemudian menyebabkan kerusakan dan jaringan parut. Selain telapak tangan terasa gatal, gejala lain yang muncul berupa mual, nyeri pada tulang, diare, urine gelap, dan penyakit kuning.

10. Gangguan saraf Gangguan saraf pada tangan, seperti carpal tunnel syndrome (CTS), dapat menyebabkan gatal-gatal di telapak tangan terutama di malam hari. Selain itu, CTS juga membuat tangan mati rasa dan nyeri. Telapak tangan kiri dan kanan gatal juga bisa jadi tanda penyakit dalam organ tubuh, seperti seperti gagal ginjal, anemia, penyakit hati, atau kanker. Jika disebabkan oleh salah satu penyakit sistemik tersebut, tak hanya telapak tangan terasa gatal, melainkan gatal bisa terjadi pada bagian tubuh lain. Bagaimana cara mengatasi gatal di telapak tangan?

Sebenarnya, cara mengatasi gatal di telapak tangan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, umumnya ada beberapa cara mengatasi gatal di telapak tangan yang bisa meredakan gejalanya dengan segera. Berikut adalah perawatan yang direkomendasikan. 1. Kompres air dingin Gunakan kain bersih yang sudah direndam air dingin Salah satu cara mengatasi gatal di telapak tangan adalah dengan kompres air dingin. Anda bisa menempelkan beberapa buah es batu yang dibalut handuk atau kain bersih, atau gunakan handuk atau kain bersih yang sudah direndam air dingin. Tempelkan handuk atau kain bersih tersebut pada telapak tangan selama 5-10 menit untuk menghilangkan sensasi rasa gatal yang mengganggu. 2.

Oleskan pelembap Penggunaan pelembap bisa jadi cara mengatasi gatal di telapak tangan. Pelembap bisa membantu meringankan rasa gatal yang muncul. Anda bisa mendapatkan manfaat pelembap yang maksimal, simpan pelembap dalam lemari pendingin terlebih dahulu sehingga memberi efek yang dingin dan menenangkan pada kulit.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Jika gatal pada telapak tangan disebabkan oleh eksim, oleskan pelembap sesaat setelah mencuci tangan atau saat kulit terasa kering. 3. Minum obat antihistamin Minum obat antihistamin yang dijual di apotek Minum obat antihistamin yang dijual bebas di apotek bisa dilakukan sebagai cara mengatasi gatal di telapak tangan gatal yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Efek samping obat antihistamin yang bisa menyebabkan rasa kantuk, dapat membuat Anda tidur pulas walaupun telapak tangan terasa gatal. 4. Pakai obat steroid Selain obat antihistamin, Anda bisa menggunakan obat topikal (oles) steroid. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan jenis obat ini. Pasalnya, krim steroid hanya bisa digunakan sesuai petunjuk dari dokter.

Jangan pula terlalu sering menggunakan krim steroid karena dapat menyebabkan penipisan kulit. 5. Terapi sinar ultraviolet Orang-orang dengan gejala gatal pada telapak tangan yang cukup parah mungkin dapat melakukan terapi sinar ultraviolet. Cara kerjanya, telapak tangan Anda di bawah alat yang memancarkan sinar khusus ultraviolet A. Dengan demikian, rasa gatal pada telapak tangan bisa berkurang. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur ini. Adakah cara mencegah gatal pada telapak tangan?

Meski sudah melakukan berbagai cara mengatasi gatal-gatal di telapak tangan, ada baiknya Anda tetap melakukan tindakan pencegahan agar gejalanya tidak muncul di kemudian hari. Misalnya: • Cuci tangan menggunakan air suam-suam kuku.

Hindari suhu air yang terlalu dingin atau terlalu panas. • Gunakan sabun atau produk perawatan kulit bebas zat pewangi. • Oleskan pelembap sesaat setelah mengeringkan tangan. • Hindari penggunaan hand sanitizer dengan kandungan alkohol yang tinggi karena bisa membuat telapak tangan kering. • Gunakan sarung tangan saat mencuci, atau melakukan pekerjaan yang mungkin terpapar zat kimia. Baca Juga • 7 Penyebab Alis Gatal Terus Menerus yang Tak Boleh Disepelekan • Alami Gatal pada Kulit?

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya • 3 Cara Mengatasi Kulit Gatal Kering dan Menghitam di Rumah Gatal pada telapak tangan umumnya bukan suatu kondisi medis yang serius. Namun, apabila telapak tangan yang terasa gatal terjadi secara terus-menerus dan cenderung mengganggu, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar gatal-gatal di telapak tangan lainnya, segera konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play. Penyakit Muncul Bintik Merah Seperti Darah di Bawah Kulit, Bisa Jadi Gejala Eritema Multiformis Adanya bintik merah seperti darah di bawah kulit bisa jadi gejala penyakit eritema multiformis.

Ini adalah reaksi kulit sangat sensitif yang biasa dialami anak-anak akibat infeksi. Pada orang dewasa, eritema ini bisa dialami mereka yang berusia antara 20-40 tahun.
Gatal di telapak tangan merupakan gejala umum yang menandakan adanya gangguan pada tangan ataupun gangguan tubuh yang berefek keseluruhan. Kebanyakan orang yang mengalami telapak tangan gatal, sering kali dapat mengatasinya dengan menggunakan salep atau krim obat gatal.

Sayangnya pada beberapa kasus, telapak tangan gatal terus berlanjut dalam waktu yang sangat lama dan semakin parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apabila hal ini terjadi, langkah yang terbaik adalah memeriksakannya ke dokter untuk menentukan apa penyebabnya, sehingga dapat diobati secara efektif. Penyebab Telapak Tangan Gatal Berikut adalah berbagai faktor atau kondisi medis yang dapat menjadi penyebab gatal pada telapak tangan: Eksim Penyakit ini cukup terkenal sebagai penyebab gatal di telapak tangan, kaki, dan kulit.

Eksim yang menyebabkan gatal di telapak tangan dikenal dengan istilah dyshidrosis atau dermatitis palmoplantar. Gatal memburuk pada malam hari dan pada kondisi cuaca yang hangat.

Dermatitis Kontak Gatal di telapak tangan penyakit apa ini merupakan salah satu subclass eksim yang ditandai dengan kulit bersisik, kasar, tebal, sangat gatal, dan ruam kulit yang memerah.

Penyebab dermatitis kontak dikaitkan dengan zat-zat tertentu yang sifatnya dapat mengiritasi kulit, misalnya semen, deterjen, dan zat-zat kimia tertentu. Carpal Tunnel Syndrome ( CTS) Kondisi ini disebabkan oleh kompresi saraf median, akibat terlalu banyak mengetik, menulis, dan kegiatan lain yang menggunakan jari-jari dan tangan.

Gejala yang dominan adalah nyeri yang disertai dengan mati rasa dan telapak tangan atau jari-jari gatal. Alergi Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu. Alergi yang sering terjadi biasanya terhadap susu, gatal di telapak tangan penyakit apa, kacang, makanan laut, dan kacang kedelai. Tidak hanya pada telapak tangan, reaksi alergi berupa gatal juga dapat terjadi di seluruh tubuh dan tak jarang disertai dengan pembengkakan. Primary Biliary Sirosis Kondisi ini menyebabkan pruritus atau gatal-gatal pada kulit.

Bahkan di saat penyakit ini belum berkembang, salah satu gejala awalnya adalah gatal di telapak tangan dan kaki. Tingkat keparahan gatal berfluktuasi karena dapat menyerang kapan saja.

Gatal yang terjadi pada kondisi ini disebabkan oleh asam empedu yang beredar bebas dalam aliran darah, karena adanya masalah di sistem saluran empedu. Systemic Lupus Erythematosus ( SLE) SLE atau penyakit lupus adalah gangguan autoimun, yang berarti sistem gatal di telapak tangan penyakit apa tubuh malah menyerang atau membunuh sel-sel sehat tubuh itu sendiri.

Tanda-tanda dan gejala penyakit lupus termasuk lesi dan kemerahan pada telapak tangan. Ruam bisa menjadi sangat gatal, sehingga sangat tidak nyaman bagi mereka yang mengalami telapak tangan gatal. Pengobatan Gatal Pada Telapak Tangan Cara mengatasi atau mengobati telapak tangan gatal idealnya disesuaikan dengan penyebabnya. Tantangannya adalah perlu waktu yang relatif panjang untuk dapat mendiagnosis kondisi medis atau penyakit penyebab gatal yang tepat.

Berikut pengobatan telapak tangan gatal sesuai dengan penyebabnya: Alergi Pengobatan terbaik adalah mencegah atau menghindari paparan zat yang menyebabkan alergi. Antihistamin dan steroid potensi potent biasanya digunakan untuk mengatasi telapak tangan gatal karena alergi dan sebagai obat gatal untuk penyakit lainnya.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Karena pada kondisi ini saraf mengalami himpitan atau saraf kejepit, maka pilihan pengobatan dapat berupa bedah dan/atau non-bedah.

NSAID (ibuprofen dan aspirin) dan kortikosteroid seperti prednison merupakan obat yang dapat meringankan tekanan saraf dan mengontrol gejala telapak tangan gatal sampai batas tertentu. Akupunktur dan pengobatan alternatif lainnya telah terbukti untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi tangan.

Eksim Dermatitis kontak dan eksim, dapat diatasi dengan cara merawat kulit dengan baik dan pemberian emolien guna meringankan pembengkakan dan reaksi alergi. Antihistamin dan steroid potent hingga superpotent secara bersama-sama digunakan untuk meredakan telapak tangan gatal dan gatal-gatal karena eksim.

Pada dermatitis kontak sangat penting untuk menghindari kontak dengan zat penyebab. Penyakit Lupus Meskipun penyakit ini tak dapat disembuhkan, namun gejala yang ditimbulkannya masih bisa diatasi dengan menggunakan obat penekan kekebalan tubuh seperti siklofosfamid dan kortikosteroid.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Asam ursodeoxycholic dapat membantu menghambat perkembangan penyakit p rimary biliary cirrhosis. Untuk mengatasi gatal, antihistamin adalah obat terbaik yang dapat digunakan. Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Gatal di telapak tangan penyakit apa dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di appTelapak tangan gatal bisa menjadi keluhan yang sangat mengganggu.

Terkadang, semakin sering digaruk justru semakin parah gatalnya. Meski sering dianggap sepele dan terkesan ringan, kondisi ini bisa jadi pertanda adanya gangguan kesehatan, lho.

Gatal adalah sensasi tidak nyaman yang membuat Anda ingin menggaruk bagian tubuh tertentu. Dalam istilah medis, keluhan ini disebut pruritus. Gatal-gatal dapat dialami siapa saja dan menyerang bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan. Rasa gatal yang muncul di tangan dapat disertai ruam atau kemerahan pada kulit, kulit kering atau bersisik, bentol atau bintik-bintik, dan lecet. Gatalnya pun bisa berlangsung lama dan sangat berat.

Terkadang, rasa gatal tersebut tidak mereda meski sudah digaruk dan justru terasa semakin gatal, sehingga menyebabkan kerusakan atau luka pada kulit. Beberapa Kondisi yang Menyebabkan Telapak Tangan Gatal Telapak tangan gatal bisa gatal di telapak tangan penyakit apa oleh beberapa kondisi ringan, seperti kulit kering, iritasi kulit, infeksi jamur kulit, impetigo, atau reaksi alergi.

Selain beberapa kondisi dan penyakit tersebut, telapak tangan gatal juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, di antaranya: 1. Eksim Eksim atau dermatitis dapat terjadi di seluruh bagian kulit tubuh. Eksim yang menyebabkan telapak tangan gatal serta gatal di kaki dikenal dengan istilah dermatitis dishidrotik.

Namun tidak hanya itu, telapak tangan terasa gatal juga bisa disebabkan oleh dermatitis kontak, misalnya karena kerusakan kulit akibat paparan deterjen, sabun, bahan kimia keras, hingga alergi. Selain sensasi rasa gatal, gejala lain yang ditimbulkan penyakit ini adalah lecet, ruam merah, serta kulit pecah-pecah dan bersisik. 2. Kudis Kudis ( scabies) merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau kecil yang masuk dan berkembang biak di dalam lapisan kulit terluar.

Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala, yaitu gatal pada malam hari, ruam, lepuhan kecil, dan luka di beberapa bagian lipatan tubuh, seperti ketiak, siku, serta telapak tangan dan kaki. Penularan penyakit kudis dapat terjadi melalui kontak fisik langsung dengan orang yang terkena kudis atau menggunakan peralatan pribadi, seperti handuk dan lap tangan, bergantian dengan penderita kudis. 3. Psoriasis Psoriasis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan kulit di beberapa bagian tubuh, termasuk telapak tangan dan kaki.

Penyakit ini membuat jaringan kulit tumbuh dengan sangat cepat, sehingga lapisan kulit lama menumpuk di permukaan kulit. Kondisi ini tidak bersifat menular. Selain gatal dan ruam, psoriasis biasanya disertai benjolan kecil berisi air. Saat benjolan tersebut pecah, bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik.

Psoriasis juga dapat muncul di bagian tubuh lain, seperti siku, lutut, lipat paha, punggung, dan wajah. 4. Diabetes Meski jarang terjadi, diabetes ternyata bisa memicu gatal pada telapak tangan. Penyakit ini dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, sehingga memicu munculnya rasa gatal di kulit. Namun, sebagian besar penderita diabetes lebih sering merasakan gatal di bagian kaki dibandingkan telapak tangan.

5. Gangguan Saraf Beberapa kondisi yang memengaruhi sistem saraf juga dapat menyebabkan telapak tangan dan bagian tubuh lain terasa gatal.

Gangguan saraf tersebut, meliputi neuropati perifer, herpes zoster, gangguan saraf tulang belakang, epilepsi, hingga tumor otak. Selain gatal pada tangan atau bagian tubuh tertentu, gangguan saraf juga dapat menyebabkan kesemutan dan mati rasa. 6.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Penyakit lainya Kulit tangan dan kaki yang terasa gatal juga bisa menjadi gejala dari penyakit-penyakit di organ dalam tubuh atau penyakit sistemik, seperti: • Penyakit hati • Gagal ginjal • Anemia defisiensi besi • Malnutrisi atau kekurangan gizi • Kanker, seperti leukemia dan limfoma Selain tangan dan kaki, rasa gatal juga dapat muncul di bagian tubuh lain akibat gangguan pada organ dalam.

Mengatasi Keluhan Telapak Tangan Gatal Penanganan yang tepat dapat membantu meredakan rasa gatal pada telapak tangan dengan cepat. Langkah penanganan yang dilakukan tergantung pada penyebabnya. Misalnya, telapak tangan gatal yang disebabkan oleh alergi bisa diatasi dengan obat-obatan antialergi, seperti antihistamin. Sementara, gatal yang disebabkan eksim dapat diobati dengan krim atau salep kortikosteroid. Jika gatal pada tangan sudah menimbulkan luka dan infeksi, maka kondisi ini perlu diobati dengan antibiotik salep.

Obat-obatan tersebut bisa diperoleh dari resep dokter. Selain dengan obat-obatan dari dokter, ada beberapa cara untuk mengatasi keluhan gatal di telapak tangan yang bisa dilakukan di rumah, antara lain: • Gunakan krim, salep, atau bedak anti gatal • Sebisa mungkin, hindari untuk menggaruk tangan karena dapat menyebabkan luka dan infeksi • Oleskan losion untuk melembapkan kulit dan mencegah kulit kering • Mandi dengan air hangat dan gunakan sabun mandi yang gatal di telapak tangan penyakit apa kimia ringan.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Hindari mandi terlalu lama, batasi waktu mandi hingga 5 menit • Hindari penggunaan kain atau bahan tertentu, seperti wol dan kain sintetis, yang dapat memicu rasa gatal • Berikan kompres dingin pada tangan menggunakan handuk yang dibungkus es untuk meredakan rasa gatal Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter jika kondisi telapak tangan gatal berlangsung lebih dari dua minggu dan rasa gatal semakin parah atau tidak membaik setelah dilakukan cara penanganan di atas.
Sesuatu yang jarang terjadi, namun membuat tidak nyaman dan banyak orang bertanya-tanya, kenapa kok bisa mengalami telapak tangan gatal?

berbagai upaya pun telah dilakukan agar keluhan bisa mereda tanpa menimbulkan kerusakan yang lebih lanjut. Telapak tangan gatal merupakan sebuah gejala, artinya ada kondisi atau penyakit yang menyebabkan hal itu terjadi.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Kondisi ini sering kali dapat diatasi dengan menerapkan krim atau salep gatal seperti biasanya. Namun terkadang, pada beberapa kasus, telapak tangan yang gatal tersebut terus saja berlanjut untuk waktu yang sangat lama dan berpotensi mengganggu aktifitas sehari-hari.

Jika hal ini terjadi, tindakan terbaik adalah memeriksakannya ke dokter kulit. Bagi Anda yang baru saja mengalami telapak tangan gatal, perlu dipelajari terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi telapak tangan gatal dengan cara sederhana yang dapat Anda terapkan di rumah, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter. Mengetahui Penyebab Telapak Tangan Gatal Gatal pada telapak tangan bisa disebabkan oleh berbagai faktor atau kondisi penyakit. Berikut adalah beberapa gangguan yang paling sering menyebabkan telapak tangan gatal.

Primary Biliary Sirosis Terjadi gangguan pada hati dan saluran empedu yang mengakibatkan banyaknya asam empedu bebas yang beredar dalam aliran darah. Sebagai akibatnya muncullah gatal-gatal pada kulit. Bahkan gejala gatal dapat muncul ketika penyakit ini belum berkembang pesat, salah satu tanda-tanda yang paling awal adalah telapak tangan gatal dan juga telapak kaki.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Tingkat keparahan gatal berfluktuasi karena dapat menyerang baik di malam hari ataupun di siang hari. Penyakit Eksim Eksim adalah istilah umum untuk menggambarkan setiap peradangan pada kulit, gatal dan kemerahan adalah gejala utamanya yang bisa menyerang kulit mana saja, termasuk kemerahan dan gatal pada telapak tangan dan kaki.

Kondisi yang dikenal sebagai dyshidrosis atau dermatitis palmoplantar merupakan jenis eksim yang khusus menyerang telapak tangan dan kaki. Gatal memburuk pada malam hari dan selama kondisi cuaca hangat. Dermatitis Atopik Ini sebenarnya penyakit kulit yang masih tergolong dalam eksim.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Dermatitis atopik adalah salah satu subclass eksim yang ditandai dengan kulit bersisik, menebal, sangat gatal, dan ruam kemerahan. Penyebab dermatitis atopik dikaitkan dengan intoleransi histamin dan alergi. Alergi bisa terhadap makanan, obat, atau suhu yang dingin. Alergi Makanan Ada beberapa individu yang rentan memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Susu, telur, kacang, makanan laut, dan kedelai merupakan contoh-contoh makanan yang sering menyebabkan alergi. Meskipun alergi makanan mengakibatkan beberapa tanda-tanda fisik yang jelas dan perubahan pada tubuh yang luas, namun reaksi atau tanda klinis pada kulit adalah yang paling awal dan paling mudah terlihat.

Gatal pada telapak tangan dan telapak kaki adalah salah satu tanda-tanda awal alergi makanan. Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Kondisi ini disebabkan oleh kompresi atau terjepitnya saraf medianus, bisa terjadi akibat terlalu banyak mengetik, menulis, dan kegiatan lain yang membutuhkan penggunaan jari-jari dan tangan secara berulang-ulang.

Gejala utama CTS adalah rasa sakit yang terkadang disertai dengan kesemutan, rasa baal serta gatal pada telapak dan jari-jari tangan. Penyakit Lupus Lupus Eritematosus Sistemik (SLE) adalah gangguan autoimun, yang berarti bahwa sisitem pertahanan tubuh malah menyerang atau membunuh sel-sel tubuh yang sehat.

gatal di telapak tangan penyakit apa

Tanda-tanda dan gejala SLE termasuk lesi dan kemerahan pada telapak tangan. Ruam bisa menjadi sangat gatal, sehingga sangat tidak nyaman bagi mereka yang mengalami telapak tangan gatal. Bagaimana Mengatasi Telapak Tangan Gatal? Untuk dapat mengobati telapak tangan gatal dengan efektif, maka pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, kita harus mementukan terlebih dahulu apa penyebabnya.

Ini menjadi tantangan, baik bagi pasien ataupun dokter yang menangani. Ketika penyebabnya diketahui, maka akar masalah akan dapat diatasi dengan tuntas. Secara umum, berikut pedoman pengobatan telapak tangan gatal sesuai penyebabnya: • Primary biliary cirrhosis, diobati dengan asam ursodeoxycholic.

Obat ini memperlambat terjadinya kerusakan hati. Adapun untuk mengatasi gatal, dapat digunakan antihistamin, seperti CTM, cetirizine, loratadin, dan lain-lain. • Alergi Makanan, mencari tahu apa saja makanan yang dapat menyebabkan gatal pada telapak tangan, setelah ditentukan maka sebisa mungkin menghindari makanan tersebut. • Carpal tunnel syndrome, Ada langkah pengobatan, yaitu secara non-bedah dan bedah di alam.

• Non-Bedah: NSAID ( ibuprofen dan aspirin) dan kortikosteroid seperti prednison dapat meringankan tekanan saraf dan mengontrol gejala telapak tangan gatal sampai batas tertentu. Akupunktur dan pengobatan alternatif lainnya telah terbukti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi tangan. • Tindakan bedah bertujuan untuk menyingkirkan jaringan yang menyebabkan tekanan pada saraf medianus. • Eksim, sebagian besar eksim tidak dapat diobati dengan tuntas. Pengobatan hanya berpusat pada menghilangkan gejala, terutama rasa gatal di telapak tangan.

Untuk dermatitis atopik, pengobatan terutama berpusat pada perawatan kulit yang baik dan penerapan emolien yang meringankan pembengkakan dan gatal di telapak tangan penyakit apa alergi. Antibiotik, antihistamin, dan steroid secara bersama-sama digunakan untuk meredakan telapak tangan gatal dan gatal pada kulit lainnya.

• SLE, meskipun penyakit ini takdapat disembuhkan, tetapi masih bisa dikelola dengan menggunakan obat penekan kekebalan tubuh seperti siklofosfamid dan kortikosteroid.

FLU SINGAPORE PADA ANAK I BINTIK BINTIK MERAH PADA TELAPAK KAKI, TELAPAK TANGAN DAN MULUT




2022 www.videocon.com