Gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Tunjangan ini diberikan sesuai dengan kinerja PNS Dream – Pemerintah bakal mencairkan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini. Yang menarik, meski masih pandemi Covid-19, insentif-insentif itu akan cair secara penuh. Namun, kepastian itu masih menunggu peraturan pemerintah. “ Nanti, ya, tunggu setelah PP (Peraturan Pemerintah)-nya ditetapkan pemerintah untuk kebijakannya,” ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 10 Februari 2021.

PNS Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas dan Terima Parsel, yang Nekat Kena Sanksi Berat Askolani tidak menjelaskan lebih jauh perkembangan penyusunan PP yang dimaksud. Yang pasti, nominal dan jadwal pemberian gaji ke-13 dan THR PNS akan termaktub dalam PP tersebut.

Biasanya, PP ini akan terbit menjelang pemberian gaji ke-13 dan THR PNS. “ Direncanakan, pemberian THR dan Gaji ke-13 bisa full seperti yang telah dilakukan pada tahun gaji ke 13 pns 2021 kapan cair. Kalau di tahun 2020 tidak diberikan full,” katanya, Rabu 4 November 2020. Diberikan Sesuai Kinerja Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, juga mengatakan akan tetap memberikan gaji ke-13 dan THR PNS di tahun 2021.

“ Untuk belanja pegawai tetap kita jaga efisiensinya namun pemerintah tetap akan mengembalikan pemberian gaji ke-13 dan THR sesuai dengan policy tahun-tahun sebelumnya yaitu pemberian gaji ke-13 dan THR sesuai dengan tunjangan kinerja mereka,” kata Sri Mulyani pada, Jumat 14 Agustus 2020.

Gaji PNS 2021 Tidak Naik tapi THR dan Tunjangan ke-13 Dibayar Penuh Dream – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2021 tidak akan naik.

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Namun pemerintah memastikan para abdi negara akan tetap mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 yang diberikan penuh. “ Kebijakan gaji tahun 2021 (ASN/PNS), sama dengan waktu sebelumnya,” ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani saat dikonfirmasi Liputan6.com, dikutip Rabu 4 November 2020.

Larangan PNS Pergi ke Luar Negeri Dicabut! © Dream Menurut Askolasi, THR dan gaji ke-13 tahun depan akan mengikuti kebijakan di tahun 2019 yakni diberikan secara penuh. Diketahui sebelumnya, THR dan Gaji ke-13 ASN/PNS tahun ini mengalami penyesuaian imbas pandemi covid-19. “ Kalau di tahun 2020 tidak diberikan full,” kata dia. Gaji ke-13 dan PNS Dibayar Sesuai Kinerja Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga memastikan pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI dan anggota Polri bakal menerima THR dan gaji ke-13 pada tahun 2021 secara penuh.

Menkeu menjelaskan, pembayaran THR dan gaji ke-13 PNS tercermin di dalam alokasi anggaran belanja kementerian lembaga (K/L) yang mengalami peningkatan sebesar 23,1 persen tahun depan. Aturan Baru! Pemerintah Minta PNS Masuk Komponen Cadangan “ Gaji ke-13 dan THR (PNS) sesuai policy sebelumnya akan dibayarkan secara penuh sesuai dengan tunjangan kinerja,” kata Sri Mulyani.

Dalam RAPBN 2021, pemerintah telah menganggarkan belanja Kementerian/Lembaga sebesar Rp 1.028,86 triliun. Sementara tahun 2020 ini, anggaran K/L sebesar Rp 836,4 triliun. Dijelaskan dalam Buku Nota Keuangan dan RAPBN 2021, alokasi anggaran belanja K/L tersebut juga dianggarkan dengan dasar pertimbangan pengendalian jumlah pegawai seiring dengan perubahan pola kerja dan proses bisnis, serta melanjutkan kegiatan prioritas tertunda gaji ke 13 pns 2021 kapan cair Covid-19 secara sangat selektif, dan perluasan cakupan KIP Kuliah untuk mahasiswa baru.

(Sumber: Liputan6.com/Pipit Ika Ramadhani) Editor's Pick • Doa sebelum Adzan dan setelahnya Beserta Syarat-syarat Sah Adzan yang Penting Diketahui • Coba Masker Buah Alami Demi Kulit Lebih Lembut • Fakta-Fakta Sosok Ars-Vita Alamsyah, Muslimah Indonesia Anak Buah Elon Musk • Benarkah Wajah jadi Lebih Glowing Saat Kasmaran?

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

• Shireen dan Zaskia Sungkar Tampil Kompak Pakai Outfit Monokrom, bak Kembar Identik Table of Contents • Maybe you would like to learn more about one of these? • Check spelling or type a new query. • We did not find results for: • Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair. Maybe you would like to learn more about one of these? Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair. Maybe you would like to learn more about one of these? Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair. Check spelling or type a new query.

Check spelling or type a new query. Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair. We did not find results for: Check spelling or type a new query.

Check spelling or type a new query. We did not find results for: Maybe you would like to learn more about one of these? Check spelling or type a new query. We did not find results for: We did not find results for: Maybe you would like to learn more about one of these?

Maybe you would like to learn more about one of these? Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair. Check spelling or type a new query. Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair. Maybe you would like to learn more about one of these?

Gaji ke 13 non gaji ke 13 pns 2021 kapan cair 2021 kapan cair. We did not find results for: Maybe you would like to learn more about one of these?

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

We did not find results for: We did not find results for: Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair. Check spelling or type a new query. Source: blog.ub.ac.id We did not find results for: Source: birokratnews.com Maybe you would like to learn more about one of these? Source: awsimages.detik.net.id We did not find results for: Source: awsimages.detik.net.id Gaji ke 13 non pns 2021 kapan cair.

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Source: cdn-2.tstatic.net We did not find results for: Source: pict.sindonews.net Maybe you would like to learn more about one of these? Source: cdn-2.tstatic.net Maybe you would like to learn more about one of these?

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Source: www.woke.id Check spelling or type a new query. Source: www.sscnbkn.win Maybe you would like to learn more about one of these?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) akan diberikan penuh pada tahun ini. Insentif ini biasanya diberikan menjelang pergantian tahun ajaran baru atau kisaran Juli. Adapun komponen gaji ke-13 antara lain tunjangan keluarga, serta tunjangan jabatan dan tunjangan umum. Pada tahun lalu, gaji ke-13 para abdi negara dicairkan pada Agustus.

Meskipun pada tahun ini belum jelas kapan pencairannya, namun diperkirakan gaji ke-13 akan diberikan pada waktu yang tak jauh berbeda dari tahun lalu. Khusus bagi PNS, gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

CNBC Indonesia mencoba melakukan simulasi gaji ke-13 yang diterima PNS, ditambah dengan komponen-komponen di dalamnya, seperti tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan termasuk dengan tunjangan kinerja. Misalnya, dari PNS di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.37 tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja di lingkungan Pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Tunjangan kinerja yang diterima untuk jabatan terendah seperti pelaksana menerima Rp 5,36 juta.

Sementara itu, tunjangan kinerja tertinggi untuk jabatan tertinggi yakni Eselon I menerima Rp 117,3 juta. Artinya, gaji ke-13 yang diterima PNS dengan menggabungkan gaji pokok dan tunjangan kinerja untuk jabatan terendah mencapai Rp 6,92 juta, sementara untuk jabatan tertinggi, bisa mencapai Rp 123,2 juta. Besaran gaji ke-13 yang diterima PNS di atas belum mencakup tunjangan-tunjangan lainnya yang dimasukkan dalam komponen gaji ke-13, seperti tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau umum.

Namun, perlu dicatat bahwa tunjangan gaji ke 13 pns 2021 kapan cair yang diterima PNS Direktorat Jenderal Pajak memiliki dasar penghitungan baru yakni memperhatikan Nilai Kinerja Pegawai (NKP), prestasi kerja, dan kontribusi pegawai. Artinya, tidak semua PNS Pajak mendapatkan tunjangan kinerja yang sama.

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Hal ini dikarenakan basis penghitungan yang digunakan untuk pemberian tunjangan kinerja berdasarkan kinerja masing-masing PNS Sebagai catatan, simulasi yang dilakukan hanya mengacu pada satu instansi. Setiap kementerian lembaga memiliki dasar sendiri dalam menentukan tunjangan kinerja bagi para pegawainya.

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

{INSERTKEYS} [Gambas:Video CNBC] (mij/mij) Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pencairan gaji ke-13 akan dilakukan pada Juni 2021. "Gaji ke-13 pelaksanaan pada Juni 2021," ujar Sri Mulyani saat melakukan keterangan pers THR ASN secara daring, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Asyik Gaji ke-13 untuk PNS Cair Mulai 1 Juni, Ini besarannya Baca juga: BKN Luruskan Informasi 97.000 PNS Fiktif yang Masih Terima Gaji Hal senada juga disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari. Rahayu mengatakan, penyaluran gaji ke-13 untuk para ASN akan dicairkan pada Juni ini. "Gaji ke-13 akan dicairkan di bulan Juni. (Penetapan pencairannya) masih diproses," ujarnya, dikutip Kompas.com, Selasa (1/6/2021).

Sebelumnya, Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mohammad Averrouce mengatakan, pencairan gaji ke-13 dilakukan bersamaan dengan pemberian gaji pokok di bulan Juni, yakni pada 1 Juni.
KOMPAS.com - Gaji ke-13 bagi para aparatur sipil negara (ASN) akan mulai cair pada bulan Juni ini. Pemerintah memutuskan akan kembali mencairkan gaji ke-13 bagi para ASN berdasarkan Peraturan Pemerintah No.

63 Tahun 2021. Pencairan gaji ke-13 ASN sebelumnya juga ditegaskan oleh Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Mohammad Averrouce. "Bulan Juni. Idealnya diberikan paling cepat bersamaan dengan pemberian gaji pokok bulan Juni, yaitu tanggal 1 Juni," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Sejarah dan Alasan Diberikannya Gaji Ke-13 bagi PNS di Bulan Juni-Juli Penerima gaji ke-13 Adapun subyek penerimanya yaitu: • PNS • Prajurit TNI • Anggota Polri • Pejabat Negara • Penerima Pensiun/Tunjangan • Penerima gaji ketiga belas lainnya yang diatur dalam PP Nomor 63 Tahun 2021. Besaran gaji ke-13 yang diberikan kepada ASN sesuai dengan gaji pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji pokok atau sesuai yang diatur dalam PP Nomor 63 Tahun 2021.

"Sesuai pengaturan yang diterima saat ini," kata Averrouce. Sebelumnya Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa gaji ke-13 diberikan saat tahun ajaran baru. “THR dibayarkan 10 hari kerja sebelum hari raya Idul Fitri, dan untuk gaji ke-13 akan dibayarkan menjelang tahun ajaran baru anak sekolah,” tutur Jokowi dalam konferensi pers di Malang yang diunggah di laman Youtube Sekretariat Presiden, 29 April 2021.

Baca juga: Gaji Ke-13 Cair Mulai 1 Juni, Ini Penerima hingga Besarannya Rincian gaji ke-13 Nominal gaji ke-13 sebelumnya telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2021 yang bersumber dari APBN. Berita Terkait Ini Besaran THR 2021 dan Gaji Ke-13, Terbanyak Rp 9 Jutaan Simak, Berikut Jadwal Pencairan THR PNS 2021 dan Gaji Ke-13 4 Golongan yang Dapat THR 2021 dan Gaji Ke-13 Sejarah dan Alasan Diberikannya Gaji Ke-13 bagi PNS di Bulan Juni-Juli Gaji Ke-13 Cair Mulai 1 Juni, Ini Penerima hingga Besarannya Berita Terkait Ini Besaran THR 2021 dan Gaji Ke-13, Terbanyak Rp 9 Jutaan Simak, Berikut Jadwal Pencairan THR PNS 2021 dan Gaji Ke-13 4 Golongan yang Dapat THR 2021 dan Gaji Ke-13 Sejarah dan Alasan Diberikannya Gaji Ke-13 bagi PNS di Bulan Juni-Juli Gaji Ke-13 Cair Mulai 1 Juni, Ini Penerima hingga Besarannya Hari Lahir Pancasila 1 Juni: Sejarah, Tema, dan Link Twibbon Ucapan https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/01/072736865/hari-lahir-pancasila-1-juni-sejarah-tema-dan-link-twibbon-ucapan https://asset.kompas.com/crops/K7_TX4z4kflyB-mWJhFCVHb_HeE=/0x58:447x356/195x98/data/photo/2021/04/14/6076a0f742754.png
KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan akan kembali mencairkan gaji ke-13 bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

{/INSERTKEYS}

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2021, gaji ke-13 tersebut akan disalurkan paling cepat pada Juni mendatang. Hal itu juga ditegaskan oleh Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB, Mohammad Averrouce. "Bulan Juni.

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Idealnya diberikan paling cepat bersamaan dengan pemberian gaji pokok bulan Juni, yaitu tanggal 1 Juni," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (19/5/2021). Baca juga: 4 Golongan yang Dapat THR 2021 dan Gaji Ke-13 Adapun subyek penerimanya yaitu: • PNS • Prajurit TNI • Anggota Polri • Pejabat Negara • Penerima Pensiun/Tunjangan • Penerima gaji ketiga belas lainnya yang diatur dalam PP Nomor 63 Tahun 2021.

Baca juga: Simak, Berikut Jadwal Pencairan THR PNS 2021 dan Gaji Ke-13 Averrouce mengatakan, besaran gaji ke-13 sesuai dengan gaji pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji pokok atau sesuai yang diatur dalam PP Nomor 63 Tahun 2021. "Sesuai pengaturan yang diterima saat ini," katanya lagi. Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan bahwa gaji ke-13 diberikan saat tahun ajaran baru.

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

“THR dibayarkan 10 hari kerja sebelum hari raya Idul Fitri. Dan untuk gaji ke-13 akan dibayarkan menjelang tahun ajaran baru anak sekolah,” tutur Jokowi dalam konferensi pers di Malang yang diunggah di laman Youtube Sekretariat Presiden, 29 April 2021. Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Beda antara PNS dan ASN Sejarah gaji ke-13 Dalam PMK 42/2021 disebutkan bahwa gaji ke-13 dapat dibayarkan setelah Juni, jika belum dapat dibayarkan.

Berita Terkait Daftar Terbaru Daerah yang Masuk Zona Merah dan Hijau Covid-19 di Indonesia, Mana Saja? Bansos Tunai Rp 300.000 Diperpanjang hingga Juni 2021, Ini Cara Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id Meninggal Dunia, Berikut Profil Wimar Witoelar Cara Mengecek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di BNI, BRI, serta Batas Waktu Pencairannya. Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan Gaji ke 13 pns 2021 kapan cair Melalui eform.bri.co.id/bpum dan banpresbpum.id Berita Terkait Daftar Terbaru Daerah yang Masuk Zona Merah dan Hijau Covid-19 di Indonesia, Mana Saja?

Bansos Tunai Rp 300.000 Diperpanjang hingga Juni 2021, Ini Cara Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id Meninggal Dunia, Berikut Profil Wimar Witoelar Cara Mengecek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di BNI, BRI, serta Batas Waktu Pencairannya. Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI Melalui eform.bri.co.id/bpum dan banpresbpum.idLENGKONG,AYOBANDUNG.COM -- Gaji ke-13 2022 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera cair dan jumlahnya lebih besar dari tahun 2021?

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

Setelah Tunjngan Hari Raya ( THR) PNS cair, kini tinggal gaji ke 13 yang ditunggu-tunggu kabarnya. Gaji ke 13 PNS biasanya akan cair setelah dua bulan hari Raya Idul Fitri, artinya dana akan cair pada bulan Juli 2022.

Dilansir Ayobandung.com dari laman setkab.go.id, Presiden Jokowi pastikan THR dan gaji ke 13 bagi ASN, TNI, pensiunan, Polri, dan pejabat lainnya. “Pada 13 April 2022, saya telah menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara, serta tambahan tunjangan kinerja 50 persen untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja.

Kebijakan ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi aparat pusat dan aparat daerah dalam menangani pandemi COVID-19, serta diharapkan menambah daya beli masyarakat dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya. Baca Juga: Kaitan Hepatitis Misterius dengan Vaksin Covid-19, Prof Hanifah Oswari: Tidak Ada Bukti Jokowi melanjutkan, adanya ketentuan lainnya terkait teknisi pemberian THR dan gaji ke 13 yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) untuk anggaran yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Jakarta - Para abdi bakal segera mendapatkan bonus besar.

Setelah THR cair jelang Lebaran, kini para pegawai negeri sipil akan menunggu pencairan gaji ke-13 PNS. Pemerintah sendiri sudah menetapkan waktu pencairan gaji ke-13, kapan tepatnya?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya sudah mengatakan gaji ke-13 bakal cair paling cepat dilakukan bulan Juli mendatang. "Untuk gaji ke-13 baru akan dibayarkan pada bulan Juli yang akan datang," papar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers THR dan Gaji 13, Sabtu (16/4) yang lalu.

Hal ini juga ditegaskan di dalam aturan yang diteken Presiden Joko Widodo. Tepatnya, pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Baca juga: Mohon Maaf! PNS Ini Tak Dapat Gaji ke-13 2022 Dalam pasal 12 ayat 1 beleid tersebut, dijelaskan gaji ke-13 paling cepat akan dibayar pada gaji ke 13 pns 2021 kapan cair Juli. Meskipun, tidak menutup kemungkinan akan dibayarkan setelah bulan Juli. "Gaji Ketiga Belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dibayarkan paling cepat pada bulan Juli," bunyi pasal 12 ayat 1 dikutip detikcom, Rabu (4/5/2022).

Dalam laman Sekretariat Kabinet, pemberian gaji ke-13 dan juga THR Lebaran 2022 dilakukan untuk mempertahankan tingkat daya beli masyarakat melalui pembelanjaan aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan di masyarakat. Pertimbangan lainnya, bahwa untuk meningkatkan pembelanjaan aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan, pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ketiga Belas Tahun 2022 sebagai wujud penghargaan atas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Pada dasarnya, penerima gaji ke-13 termasuk THR di hari Lebaran adalah ASN, TNI, Polri, Gaji ke 13 pns 2021 kapan cair daerah, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan juga Pejabat Negara
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan akan tetap memberikan gaji ke-13 kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pencairan akan dilakukan setelah lebaran tahun ini. Pencairan dilakukan setelah penyaluran THR. Di mana penyaluran THR bagi PNS akan dilakukan mulai H-10 sampai H-5 lebaran. Hal ini sejalan dengan ditanda tandatangani nya Peraturan Pemerintah nomor 63 tahun 2021 tentang THR PNS oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

gaji ke 13 pns 2021 kapan cair

"Selain THR, pemerintah akan berikan gaji ke-13 yang nanti pelaksanaannya akan dilakukan Juni 2021," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/4/2021). Untuk tahun ini, besaran THR dan gaji ke-13 PNS akan sama dengan kebijakan tahun lalu, yakni tidak diberikan secara full atau penuh.

Sebab, pemerintah masih melakukan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi covid-19. Untuk besaran THR dan gaji ke-13 PNS akan diberikan dengan perhitungan gaji pokok dan tunjangan melekat seperti tunjangan jabatan dan keluarga. Sedangkan tunjangan kinerja tidak masuk perhitungan di tahun ini. "Besarannya sebesar gaji pokok dan tunjangan melekat," tegasnya. Halaman Selanjutnya >> Waktu Pencairan THR

Gaji ke-13 PNS Cair Bulan Depan Tanpa Tunjangan Kinerja




2022 www.videocon.com