Kapal induk amerika

kapal induk amerika

Kapal induk atau dalam bahasa inggris disebut carrier vessel ini mempunyai peran dan tugas yang sangat penting. Kapal yang kapal induk amerika membawa puluhan pesawat tempur ini salah satu tugas utamanya yaitu memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut.

Merupakan suatu kebanggaan sendiri bagi suatu negara jika memiliki kapal induk. Dengan biaya pembuatan yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan triliun rupiah, serta biaya operasional yang mahal, membuat sebuah negara harus berfikir matang-matang jika ingin membangun kapal induk mereka.

Saat ini ada beberapa negara yang memiliki kapal induk dan Amerika adalah salah satunya. Berikut 11 potret kapal induk milik mereka. ilustrasi USS Ronald Reagan (seaforces.org) Dengan kapal induk amerika sebagai negara dengan militer terkuat, tentu tidak heran jika Negeri Paman Sam memiliki banyak sekali kapal induk dalam armada angkatan laut mereka.

Semoga informasi menarik tadi bisa bermanfaat serta menambah wawasan kamu. Baca Juga: 5 Kapal Berhantu yang Meneror Lautan, Salah Satunya Ada di Indonesia Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • Studi: Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Virus Zoonotik Baru • [PUISI] Cokelat untuk Diana • 5 Cara Merawat Kulit Berminyak, Hindari Penggunaan Face Scrub!

• [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • Resep Kue Semprit Selai Stroberi, Kue Kering Khas Lebaran • [LINIMASA-10] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia • Rusia Dituduh Mengebom Sekolah di Ukraina Timur, 60 Orang Tewas • Properti seperti Apa yang Jadi Hunian Ideal menurut Millennial?

Kapal induk merupakan sebutan bagi kapal perang yang mampu membawa pesawat tempur dalam jumlah banyak. Salah satu tugas utama kapal induk adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut.

Amerika Serikat tercatat sebagai salah satu negara yang mempunyai banyak kapal induk. Mereka memberi kode CV atau Carrier Vessel pada kapal induknya. Apabila bertenaga nuklir, maka kodenya menjadi Carrier Vessel Nuclear atau CVN.

Diantara banyak kapal induk yang dimiliki angkatan laut Amerika Serikat, ada beberapa yang dinamai dengan nama presiden terdahulu mereka. Yuk, cari tahu di bawah ini! USS Dwight Kapal induk amerika. Eisenhower CVN-69 (historycentral.com) USS Dwight D. Eisenhower CVN-69 merupakan kapal induk Amerika Serikat bertenaga nuklir pertama yang menggunakan nama presiden terdahulu.

Dwight D. Eisenhower yang merupakan presiden Amerika Serikat ke-34 kapal induk amerika menjabat pada tahun 1953-1961. Kapal ini sendiri mempunyai panjang 332,8 meter serta tinggi 74 meter. USS Theodore Roosevelt CVN-71 (businessinsider.com) Theodore Roosevelt sendiri merupakan presiden Amerika Serikat ke-26 yang menjabat pada tahun 1901-1909. Namanya diabadikan menjadi nama salah satu kapal induk Amerika dengan kode CVN-71.

Ketika baru berlayar 10 tahun, kapal ini sudah bertugas di peperangan yang cukup terkenal, yaitu Operasi Badai Gurun. USS Abraham Lincoln CVN-72 (defencetalk.com) Pesawat tempur, seperti F-18 Hornet dan F-35C terlihat sering diluncurkan dari kapal induk ini. USS Abraham Lincoln mampu membawa 5.600 awak kapal serta 90 pesawat yang terbagi menjadi 3 kru. Keitga kru tersebut adalah helikopter, pesawat bersayap kaku, serta pesawat mata-mata. Abraham Linclon sendiri tercatat sebagai presiden Amerika Serikat ke-16 yang menjabat pada tahun 1861-1865.

kapal induk amerika

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • 5 Fenomena Langit April 2022, Sering Melibatkan Planet! • 10 Cara Alami Bangun Sahur di Bulan Ramadan, Tanpa Alarm • 8 Fakta Sejarah Tradisi Membangunkan Sahur di Indonesia Untuk menghormati jasa-jasanya, nama George Washington juga diabadikan di salah satu kapal induk Amerika Serikat dengan kode CVN-73.

Kapal ini mulai aktif pada tanggal 4 Juli 1992 serta memiliki elevator untuk memindahkan pesawat tempur dari hanggar ke atas landasan pacu. Baca Juga: 22 Tahun Bertugas, Kapal Kapal induk amerika AS Bonhomme Richard Pensiun USS Harry S. Truman CVN-75 (ekathimerini.com) Nama kapal induk ini diambil dari nama presiden Amerika Serikat ke-33 yang menjabat pada tahun 1945-1953.

Harry S. Truman sendiri menggantikan presiden Franklin D. Rosevelt setelah ia wafat. Dana yang harus dikeluarkan untuk proses pembuatan kapal ini cukup mahal, yaitu sekitar 4,5 miliar dolar. USS Ronald Reagan CVN-76 (c7f.navy.mil) Sebelum menjadi presiden Amerika Serikat ke-40, Ronald Reagan dikenal sebagai aktor radio, film, dan juga televisi. Ia menjabat pada tahun 1981-1989. Sama seperti kapal induk bertenaga nuklir yang lain, USS Ronald Reagan CVN-76 mampu beroperasi selama 20 hingga 25 tahun dalam sekali pengisian bahan bakar.

USS George H. W. Bush CVN-77 (kbtx.com) Kapal dengan kode CVN-77 ini merupakan kapal induk termuda dan terakhir dari kelas Nimitz.

kapal induk amerika

USS George H. W. Bush sering merapat ke Israel untuk melakukan isi ulang perbekalan sebelum kembali bertugas. Namanya diambil dari nama presiden Amerika Serikat ke-41 yang menjabat pada tahun 1989-1993. USS Gerald R. Ford CVN-78 (news.usni.org) Sepanjang sejarah Amerika Serikat, kapal ini menjadi yang paling banyak menelan biaya dalam proses pembuatannya, yaitu sekitar 13 miliar dolar.

Kapal ini mampu membawa sekitar 90 pesawat tempur serta 4.500 awak kapal.

kapal induk amerika

Gerald R. Ford sendiri diambil dari nama presiden Amerika Serikat ke-38 yang menjabat pada tahun 1974-1977. Itulah kedelapan kapal induk Amerika Serikat yang menggunakan nama presiden terdahulu. Menarik, bukan? Baca Juga: Mitos dan Teka-Teki Kapal Hantu Paling Misterius Sepanjang Masa. Ada yang Dari Indonesia Lho! Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • Studi: Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Virus Zoonotik Baru • [PUISI] Cokelat untuk Diana • 5 Cara Merawat Kulit Berminyak, Hindari Penggunaan Face Scrub!

• [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • Resep Kue Semprit Selai Stroberi, Kue Kering Khas Lebaran • [LINIMASA-10] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia • Rusia Dituduh Mengebom Sekolah di Ukraina Timur, 60 Orang Tewas • Properti seperti Apa yang Jadi Hunian Ideal menurut Millennial?
Washington: Lebih dari 200 pelaut dipindah dari kapal induk USS George Washington setelah beberapa kematian karena bunuh diri di antara awak.

Ini termasuk tiga orang dalam waktu kurang dari satu minggu pada April, menurut Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Para pelaut pindah ke instalasi Angkatan Laut setempat karena kapal induk bertenaga nuklir terus menjalani proses pengisian bahan bakar dan perbaikan selama bertahun-tahun di galangan kapal di Newport News, di Virginia.

Selama 12 bulan terakhir, tujuh anggota awak tewas, termasuk empat karena bunuh diri, mendorong Angkatan Laut untuk membuka penyelidikan terhadap iklim komando dan budaya di atas kapal induk kelas Nimitz.

Komandan kapal induk, Kapten Brent Gaut, membuat keputusan untuk mengizinkan pelaut yang tinggal di kapal untuk pindah ke akomodasi lain, menurut pernyataan dari Kapal induk amerika Udara Atlantik Atlantik. Pada hari pertama pemindahan, yang dimulai Senin, lebih dari 200 pelaut meninggalkan kapal induk dan pindah ke fasilitas Angkatan Laut terdekat. Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini? • Happy • Inspire • Confuse • Sad "Rencana pemindahan akan berlanjut sampai semua pelaut yang ingin pindah dari kapal telah melakukannya," kata pernyataan itu, seperti dikutip CNN, Kamis 5 Mei 2022.

Meskipun kapal induk tidak memiliki armada lengkap sekitar 5.000 pelaut, kapal tersebut masih memiliki sekitar 2.700 pelaut kapal induk amerika bekerja di atas kapal selama proses perombakan. Sekitar 420 pelaut tinggal di kapal selama perbaikan. Komando kapal sedang bekerja untuk mengidentifikasi pelaut yang dapat "mendapat manfaat dari dan menginginkan layanan dukungan dan program Moral, Welfare, and Recreation (MWR)" yang tersedia di fasilitas Angkatan Laut setempat.

Angkatan Laut sedang dalam proses menyiapkan "akomodasi sementara" untuk para pelaut ini, menurut pernyataan sebelumnya dari Naval Air Force Atlantic. "Kepemimpinan secara aktif menerapkan ini dan mengejar sejumlah moral tambahan dan langkah-langkah kesejahteraan pribadi dan layanan dukungan kepada anggota yang ditugaskan ke USS George Washington,” ujar Naval Air Force Atlantic.

Hasil dari penyelidikan Angkatan Laut atas kematian itu diharapkan minggu ini, Laksamana John Meier, komandan Angkatan Udara Atlantik AS mengatakan, kepada kapal induk amerika selama meja bundar media pada Selasa. "Kami telah menugaskan seorang petugas investigasi untuk menyelidiki itu dan benar-benar menyelidiki penyebab terdekatnya.

kapal induk amerika

Apakah ada pemicu langsung? Apakah ada hubungan antara peristiwa-peristiwa itu? Saya berharap itu akan dilaporkan minggu ini, dan saya tidak akan melakukannya. mengandaikan hasil laporan itu," tegas Meier. “Investigasi adalah salah satu dari dua yang dilakukan Angkatan Laut AS. Investigasi kedua memiliki ruang lingkup yang jauh lebih luas dan berfokus pada iklim komando, budaya komando," kata Meier.

“Untuk menanggapi tiga kasus bunuh diri pada April, Angkatan Laut menambahkan sumber daya ke kapal, termasuk "psikolog kapal", "penasihat ketahanan", dan "tim sprint 13 orang, yang merupakan tim intervensi khusus untuk kasus seperti ini," kata Meier.

“Tim sprint selama seminggu penuh, dan mereka mengeluarkan laporan yang mengidentifikasi beberapa hal untuk ditambahkan ke pekerjaan investigasi kami," tambah Meier. Kematian di atas kapal induk mendorong kapal induk amerika DPR AS Elaine Luria, seorang veteran Angkatan Laut 20 tahun yang distriknya mencakup beberapa fasilitas militer, untuk menulis surat kepada Kepala Operasi Angkatan Laut, Laksamana Michael Gilday.

Dia menuntut tindakan segera untuk memastikan keselamatan awak. "Masing-masing kematian ini adalah tragedi, dan jumlah insiden dalam satu komando, yang mencakup sebanyak empat pelaut yang mengambil nyawa mereka sendiri, menimbulkan kekhawatiran signifikan yang memerlukan penyelidikan segera dan ketat," tulis Luria pekan lalu, mencatat bahwa kantornya telah menerima keluhan tentang kualitas hidup di atas kapal dan atmosfer tidak kondusif.

Jakarta, CNBC Indonesia - Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dikabarkan menjual dua kapal induknya seharga masing-masing 1 sen. Kapal itu adalah USS Kitty Hawak dan USS John F. Kennedy. Penjualan dilakukan ke perusahaan pemecah kapal International Shipbreaking Limited (ISL), berbasis di Texas. Hal ini pun sudah dikonfirmasi pejabat militer setempat. Pilihan Redaksi kapal induk amerika Makin Panas! Taiwan Sinyal Perang Lawan China di 2025 • Eropa Panas! Krisis Makin Ngeri, Putin Disebut 'Biang Kerok' • Di AS Warga Diminta Sebaiknya Tak Suntik Booster, Kenapa?

kapal induk amerika

Kapal dijual murah karena proses pemecahan memakan biaya cukup mahal. ISL sendiri sebelumnya sudah menerima bayaran dengan harga cukup mahal untuk proses daur ulang kapal tersebut.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan di USA Today, sebagaimana dikutip dari military.comJuru Bicara Komando Sistem Laut AS Alan Baribeau mengatakan kontrak penjualan itu menguntungkan perusahaan pembeli.

"Perusahaan bisa mengambil manfaat dari semua jenis yang dijual mulai dari baja, besi hingga logam bukan besi lain," katanya, dikutip Kamis (7/10/2021).

Secara rinci, kedua kapal induk ini diproduksi tahun 1960-han. Pesawat disebut mampu membawa puluhan jet tempur. Kitty Hawk sendiri dinonaktifkan tahun 2017. Sementara John F. Kennedy dinonaktifkan tahun 2009.

kapal induk amerika

Melansir Browneville Herald, kapal-kapal itu akan ditarik ke Brownsville untuk dibongkar dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini juga dibenarkan juru bicara ISL.

[Gambas:Video CNBC] (sef/sef)
JAKARTA - Kapal induk menjadi salah satu simbol raksasa Angkatan Laut sebuah negara meski biaya pembangunan dan operasionalnya sangat besar.

kapal induk amerika

Kapal raksasa ini menjadi rumah sekaligus landasan pacu pesawat-pesawat jet tempur canggih ketika dalam patroli militer maupun perang. Angkatan Laut Amerika Serikat mengandalkan kapal induk sebagai pelindung kedaulatan Washington dan sesekali jadi “penggertak” negara musuh.

Rata-rata, operasional kapal raksasa AS ini didukung oleh reaktor nuklir ganda. Mantan Menteri Kapal induk amerika William Cohen sangat suka mengatakan bahwa tanpa ” flattops”, AS memiliki ”suara yang kurang” kapal induk amerika “kurang pengaruhnya” di dunia. Terbukti, banyak negara dunia juga percaya argumennya tersebut.

Beberapa tahun terakhir masyarakat internasional disuguhi pemandangn dan laporan perkembangan banyak kapal induk. Beberapa negara, seperti India dan Spanyol mengundurkan diri dari pengembangan kapal induk. Sedangkan China menugaskan kapal induk pertamanya, dan Inggris pamer kapal induk yang diklaim eksklusif.

Secara keseluruhan, ada 20 kapal induk—mampu meluncurkan pesawat jet tempur—yang saat ini beroperasi di dunia. SINDOnews.com pada Senin (19/2/2018) merangkum daftar 20 kapal raksasa ini dengan sumber laporan Business Insider. Berikut daftarnya; 1. HMS Queen Elizabeth Tahun Ditugaskan: 2017. Sistem Propulsi: Kapal ini mengandalkan dua alternator turbin gas Rolls-Royce Marine dan empat mesin diesel.

Sejarah: HMS Queen Elizabeth adalah kapal utama di kelasnya dan salah satu kapal induk terbaru di dunia. Saat ini menjadi satu-satunya yang aktif di Inggris.

kapal induk amerika

Namun, negara tersebut sedang dalam proses pembangunan kapal induk HMS Prince of Wales.
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) memutuskan mengizinkan pelaut yang tinggal di kapal induk USS George Washington untuk pindah ke akomodasi lain kapal induk amerika serangkaian kasus bunuh diri di atas kapal induk bertenaga nuklir itu. Kapal induk tersebut telah berlabuh kering di Virginia sejak 2017 dan sedang menjalani proses perombakan dan pengisian bahan bakar yang ekstensif.

“Rencana pemindahan akan berlanjut sampai semua Pelaut yang ingin pindah dari kapal telah melakukannya,” papar pernyataan Angkatan Udara Angkatan Laut Atlantik, dilansir RT.com pada Rabu (4/5/2022). Baca juga: Terungkap, AS Latih Tentara Ukraina di Bekas Pangkalan Nazi Wehrmacht Meski kapal tidak sepenuhnya diawaki selama proses perbaikan, kira-kira setengah dari 5.000 pasukan penuhnya terus bekerja di sana.

Baca juga: Strategi Baru AS Berusaha Persenjatai Jepang untuk Lawan China Sekitar 420 pelaut tinggal di kapal yang berlabuh kering. Langkah itu dimulai pada Senin, dengan lebih dari 200 pelaut sudah meninggalkan kapal induk dan pindah ke darat ke fasilitas Angkatan Laut terdekat. Baca juga: Militer Ukraina Mengakui Hantu Kiev adalah Tipuan Kosong Keputusan mengizinkan pelaut untuk tidak tinggal di kapal yang sedang menjalani perbaikan datang setelah serangkaian kematian di kapal induk.detikNewsSenin, 24 Jan 2022 17:57 WIB 2 Kapal Induk AS Berlayar di Laut China Selatan untuk Lawan 'Pengaruh Jahat' Komandan senior AS menyebut aktivitas itu merupakan latihan untuk meyakinkan sekutu-sekutu dan menunjukkan tekad dalam 'melawan pengaruh jahat'.

detikNewsSenin, 08 Nov 2021 19:02 WIB Australia Bakar Kapal Nelayan Indonesia, China Bikin Tiruan Kapal Induk AS Australian Border Force (ABF) membakar kapal induk amerika asing penangkap ikan ilegal. Mereka juga menyita hasil tangkapan.

kapal induk amerika

detikNewsSenin, 21 Jun 2021 23:01 WIB Kekuatan Kapal Induk Paman Sam Dipamerkan dengan Kapal induk amerika di Lautan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) telah memulai serentetan uji coba terhadap kapal induk terbaru dan paling canggih miliknya dengan ledakan di laut. detikNewsSenin, 21 Jun 2021 11:32 WIB AS Uji Kapal Induk Terbaru dengan Ledakan Dahsyat di Laut Salah satu uji coba dilakukan dengan memicu ledakan dahsyat di lautan untuk menentukan apakah kapal induk terbaru AS itu siap untuk berperang.

detikNewsSabtu, 06 Feb 2021 23:26 WIB Kapal Perang RI Pelototi 3 Kapal Induk AS Konvoi di Laut Sumatera Salah satu kapal perang di dunia milik AS, USS Nimitz (CVN 68), terpantau melintas di sekitar laut Indonesia. TNI AL melakukan pemantauan. detikNewsSabtu, 15 Agu 2020 15:20 WIB Di Tengah Ketegangan, Kapal Induk AS Gelar Latihan di Laut China Selatan Kapal induk milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) baru saja menggelar latihan militer di perairan Laut China Selatan yang menjadi sengketa.

detikNewsSabtu, 18 Jul 2020 16:23 WIB Kapal Induk AS Kembali Berlayar ke Laut China Selatan di Tengah Ketegangan Untuk kedua kalinya dalam dua pekan ini, AS mengerahkan dua kapal induknya ke perairan Laut China Selatan.

detikNewsKamis, 02 Apr 2020 08:19 WIB AS Evakuasi Ribuan Awak Kapal Induk yang Terjebak Virus Corona US Navy mengevakuasi ribuan personel dari sebuah kapal induk bertenaga nuklir, USS Theodore Roosevelt, yang terjebak di Guam karena pandemi virus Corona. detikInetSabtu, 14 Des 2019 22:15 WIB USS Gerald R. Ford, Kapal Induk AS 'Pembunuh Kelas Wahid' AS memamerkan USS Gerald R.

Ford, kapal induk yang paling mahal dalam sejarah yang dibekali teknologi mutakhir dan tentunya berbahaya dari sebelumnya. detikInetSelasa, 21 Mei 2019 13:10 WIB Potret Kapal Kapal induk amerika Nuklir AS Pamer Kekuatan di Laut Arab USS Abraham Lincoln, salah satu kapal berteknologi nuklir Amerika Serikat, tengah unjuk kekuatan di laut Arab. Berikut rekaman aksi-aksinya.

kapal induk amerika

Daftar 11 Kapal Induk Nuklir Amerika Yang Masih Aktif Bertugas




2022 www.videocon.com