Arti eternal patrol

arti eternal patrol

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- On Eternal Patrol adalah kalimat yang viral disebutkan setelah peristiwa KRI Nanggala 402 dinyatakan subsunk. Dunia Militer tanah air saat ini sedang berduka, setelah Kapal Selam KRI Nanggala 402 dinyatakan Subsunk di Laut Bali pada Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Apa itu Blackout pada Kapal Selam? Diduga Menjadi Penyebab Hilangnya KRI Nanggala 402 Baca juga: Jika KRI Nanggala Tidak Blackout, Cadangan Oksigen Bisa Bertahan 5 Hari Baca juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Sampai Jumpa-Endank Soekamti, Viral Dinyanyikan Awak KRI Nanggala Kapal Selam milik TNI AL tersebut hilang kontak pada pukul 03.00 WIB usai meminta izin menyelam untuk arti eternal patrol penembakan torpedo pada Rabu arti eternal patrol April 2021. KRI Nanggala 402 membawa 53 awak yang terdiri dari 49 Anak Buah Kapal (ABK) 3 Personel Arsenal dan 1 Komandan Satuan.

Tagar serta kalimat On Eternal Patrol, langsung digaungkan oleh netizen tanah air, mulai dari Twitter sampai dengan aplikasi perpesanan online Whatsapp. Trending Tagar On Eternal Patrol di Twitter (Twitter) Lalu apa arti dari On Eternal Patrol yang viral ddi berbagai platform media sosial ini? Simak penjelasannya beriut ini.

Arti On Eternal Patrol On eternal Patrol merupakan kalimat dari bahasa inggris yang memiliki arti Patroli Abadi. Dalam bahasa Inggris Formal, kalimat ini memiliki arti dalam patroli/mengawasi abadi, atau bermakna berpatroli selamanya. Penggunaan kalimat ini disematkan kepada seluruh awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang dinyatakan Subsunk (tenggelam) pada 21 April 2021 lalu.

Baca juga: Apa Itu KKB? Usai Penembakan Siswa SMA di Ilaga Kabupaten Puncak Jaya, Papua Baca juga: Apa itu Arti Reshuffle Kabinet, Akan Kembali Dilakukan Presiden Jokowi Tahun Ini Baca juga: Apa Itu SIMPKB untuk Mendapatkan Tunjangan?

Bagaimana Cara Mendaftarnya? Simak Penjelasan Berikut Terlebih lagi kalimat "On Eternal Patrol" sejalan dengan motto dari Kapal Selam KRI Nanggala 402 yakni Wira Ananta Rudira yang berarti Tabah Sampai Akhir. Sebenarnya kalimat On Eternal Patrol selalu disematkan kepada kapal arti eternal patrol yang mengalami Subsun (tenggalam) saat menjalankan misi militer di lautan.

On Eternal Patrol baru bisa disematkan pada kapal selam yang tidak bisa kembali ke pelabuhan. Cerita UKM New Flash News LIVE TV News Commerce Ketahanan Informasi TIMES TV Nasional Daerah Internasional Politik Ekonomi Pemerintahan Gaya Arti eternal patrol Entertainment Wisata Kuliner Tekno Olahraga Otomotif Jadwal Sepakbola Pendidikan Kesehatan Kopi TIMES Glutera News Gawainesia English • • Kanal • Peristiwa Nasional • Arti Istilah on Eternal Patrol untuk Kapal Selam KRI Nanggala 402 TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 mulai menemukan titik terang meski masih dalam tahap pencarian.

Namun jika tidak ditemukan juga, maka kapal ini nantinya akan dinyatakan dalam masa eternal patrol. Lantas apakah eternal patrol itu? Eternal patrol dapat diartikan sebagai patroli abadi. Dalam istilah perkapal selaman, jika sebuah kapal selam lepas landas dari pangkalan, maka kapal selam tersebut dikatakan berpatroli.

Patroli ini dihitung mulai saat kapal selam meninggalkan dermaga dan berakhir saat kapal selam kembali ke dermaga. Namun jika terjadi hal yang tak diinginkan, semisal kapal selam tenggelam atau meledak di lautan maka kapal tersebut melakukan patroli abadi atau eternal patrol.

USS Scorpion (SSN 589) in 1960. (US Navy photo) Sebagai contoh hilangnya kapal selam “AE1” milik Australia di lepas pantai Pulau Nugini pada September 1914.

Kapal ini tak ditemukan hingga 103 tahun kemudian yakni di tahun 2017. Sebelum dapat ditemukan maka kapal selam ini dinyatakan dalam kondisi eternal patrol. Kondisi eternal patrol ini tak hanya dialami oleh kapal selam AE1 milik Australia, namun juga beberapa kapal selam di dunia yang pernah tenggelam dan baru dapat ditemukan beberapa tahun kemudian. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bahkan mengisyaratkan jika kapal selam KRI Nanggala 402 berstatus on eternal patrol.

Yang artinya kapal ini tak akan pernah kembali ke dermaga. USS Thresher (SSN 593) in 1961. (U.S. Navy photo) Selain on eternal patrol Laksamana Yudo Margono juga mengungkapkan bahwa kapal tersebut dalam kondisi subsunk atau tenggelam setelah menemukan beberapa puing-puing kapal yang diklaim milik KRI Nanggala 402.

arti eternal patrol

"Dengan adanya bukti tersebut, maka saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," ungkapnya dalam press release, Sabtu (24/4/2021). (*) **) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join.

arti eternal patrol

Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.
KOMPAS.com - Kapal selam milik Indonesia, KRI Nanggala 402, dinyatakan tenggelam setelah hilang kontak saat melakukan latihan di utara perairan Bali. Kapal selam buatan Jerman yang menjadi alutsista pada 1981 ini, hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi. Setelah pencarian dilakukan secara intensif, pada Sabtu (24/3/2021), kapal selam dengan semboyan “Tabah Sampai Akhir” ini dinyatakan tenggelam di kedalaman lebih dari 700 meter.

Dalam proses KRI Nanggala 402 dikabarkan hilang hingga dinyatakan tenggelam, muncul sejumlah istilah yang jarang didengar. Istilah tersebut seperti sublook, submiss, subsunk, hingga on eternal patrol.

arti eternal patrol

Apa maknanya? Baca juga: Timeline KRI Nanggala-402, Hilang Kontak 21 April hingga Dinyatakan Tenggelam Sublook Angkatan laut mempunyai prosedur terencana untuk memeriksa dan memulai pencarian jika sebuah kapal selam berhenti melapor.

Melansir Nato Standar ATP/MTP-57 The Submarine Search and Rescue Manual terbitan November 2015, terdapat istilah sublook, submiss, dan subsunk dalam prosedur penyelamatan kapal. Prosedur pertama dinamai sublook, dengan arti pencarian kapal selam. Ini dilakukan saat kapal selam berhenti melapor dan diduga mengalami permasalahan. Sublook harus segera diumumkan setelah terdapat keraguan terkait keamanan kapal arti eternal patrol.

Berita Terkait Kilas Balik KRI Nanggala-402 hingga Dinyatakan Tenggelam. 5 Fakta Terbaru Pencarian KRI Nanggala-402, dari Temuan Benda hingga Keretakan Kapal 5 Fakta soal KRI Nanggala-402, Dijuluki "Monster Bawah Laut" hingga Dinyatakan Tenggelam Menguak Arti Jalesveva Jayamahe, Slogan yang Digaungkan Warganet Kenang Hilangnya KRI Nanggala-402 KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam, Apa Langkah Selanjutnya?

Berita Terkait Kilas Balik KRI Nanggala-402 hingga Dinyatakan Tenggelam. 5 Fakta Terbaru Pencarian KRI Nanggala-402, dari Temuan Benda hingga Keretakan Kapal 5 Fakta soal KRI Nanggala-402, Dijuluki "Monster Bawah Laut" hingga Dinyatakan Tenggelam Menguak Arti Jalesveva Jayamahe, Slogan yang Digaungkan Warganet Kenang Hilangnya KRI Nanggala-402 KRI Arti eternal patrol Dinyatakan Tenggelam, Apa Langkah Selanjutnya?

arti eternal patrol

Timeline KRI Nanggala-402, Hilang Kontak 21 April hingga Dinyatakan Tenggelam https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/25/125200565/timeline-kri-nanggala-402-hilang-kontak-21-april-hingga-dinyatakan https://asset.kompas.com/crops/ONFR9fiB3vhdAHCKR_HEslmSbOs=/656x57:3990x2280/195x98/data/photo/2021/04/22/6080c508b3bbf.jpg KOMPAS.com - Saat kapal selam hilang, ditetapkan status " eternal patrol", seperti status kapal selam KRI Nanggala-402, yang hilang pada Rabu (21/4/2021).

Istilah eternal patrol telah dikenal sejak Perang Dunia II. Ketika kapal selam meninggalkan pelabuhan arti eternal patrol kembali setelah selesai, disebut patroli. Namun, ketika kapal selam hilang arti eternal patrol tidak berhasil pulang ke pelabuhan, patroli yang terjadi disebut "abadi" atau eternal patrol.

Baca juga: Sejarah Singkat Pengembangan Wahana Penyelamat Kapal Selam Menurut catatan We Are The Mighty, sejak Perang Dunia II, sejumlah negara telah kehilangan kapal selam mereka.

Di Amerika Serikat (AS) telah kehilangan 4 kapal selam, terdiri dari 2 kapal selam serang bertenaga nuklir USS Thresher (SSN 593) dan USS Scorpion (SSN 589), yang tenggelam karena kecelakaan.

Pada akhir 1940-an, 2 kapal selam listrik diesel kelas Balao, USS Cochino (SS 345) dan USS Stickleback (SS 415), juga tenggelam akibat kecelakaan. Baca juga: KRI Nanggala-402 Masih Dicari, Ini Sejarah Upaya Penyelamatan Kapal Selam Peristiwa kehilang paling terkenal terjadi pada 2000, di mana kapal selam berpeluru kendali bertenaga nuklir Rusia, Kursk, tenggelam.

Sebuah kapal selam kelas Oscar itu mengalami ledakan di dalam dan tenggelam. Uni Soviet memiliki 5 kapal selam bertenaga nuklir yang tenggelam, dengan satu kapal selam arti eternal patrol kendali bertenaga nuklir kelas Charlie dapat ditemukan dan diangkat dari dalam air.

Baca juga: Berikut Kapasitas Kapal Selam di Kawasan Asia Tenggara Sementara lainnya, ada kapal selam yang meledak secara spektakuler. Berita Terkait Misteri Tenggelamnya Kursk, Kecelakaan Kapal Selam Terparah Rusia Tewaskan 118 Kru Type 209, Kapal Selam Buatan Jerman yang Dipakai Puluhan AL di Dunia Termasuk Indonesia Berikut Kapasitas Kapal Selam di Kawasan Asia Tenggara KRI Nanggala-402 Masih Dicari, Ini Sejarah Upaya Penyelamatan Kapal Selam Sejarah Singkat Pengembangan Wahana Penyelamat Kapal Selam Berita Terkait Misteri Tenggelamnya Kursk, Kecelakaan Kapal Selam Terparah Rusia Tewaskan 118 Kru Type 209, Kapal Selam Buatan Jerman yang Dipakai Puluhan AL di Dunia Termasuk Indonesia Berikut Kapasitas Kapal Selam di Kawasan Asia Tenggara KRI Nanggala-402 Masih Dicari, Ini Sejarah Upaya Penyelamatan Kapal Selam Sejarah Singkat Pengembangan Wahana Penyelamat Kapal Selam Krisis Covid-19 India Makin Parah, China dan AS Siap Kirim Bantuan https://www.kompas.com/global/read/2021/04/24/193711770/krisis-covid-19-india-makin-parah-china-dan-as-siap-kirim-bantuan https://asset.kompas.com/crops/yXdPTyoAQQgS7NigVgXGSEWMwfM=/0x0:962x641/195x98/data/photo/2021/04/24/60840fa4b95bb.jpg
Bagaimana Awak Kapal Selam Bertahan di Bawah Air?

Di dalam kapal selam, awak kapal juga harus bertahan hidup, teman-teman. Yaitu dengan menjaga kualitas udara untuk bernapas, persediaan air bersih, dan suhu di dalam kapal.

Nah, di kapal selam kan tidak ada udara masuk dan keluar, ya? Rupanya, di kapal selam ada tangki bertekanan yang mengeluarkan oksigen dalam kapal. Ada sistem komputer yang memantau untuk mengetahui banyaknya udara yang harus dipompa ke dalam kapal.

arti eternal patrol

Baca Juga: NASA Meluncurkan Kapal Selam untuk Penjelajahan di Dalam Laut Kemudian, karbondioksida sisa pernapasan juga harus dikeluarkan, nih. Dalam kapal selam juga ada mesin yang disebut "scrubbers". Mesin ini bisa mengikat karbon dioksida dengan campuran soda lime.

Ada juga alat dehumidifiers yang berfungsi untuk menyerap uap air yang dikeluarkan saat bernapas. Persediaan air bersih untuk minum juga harus diatur sebaik arti eternal patrol, lo. Tapi ada juga kapal selam yang dilengkapi teknologi untuk memisahkan garam dari air laut, sehingga airnya bisa dimanfaatkan untuk minum, masak, mandi, dan mendinginkan barang elektronik. (Penulis: Sarah Nafisah/Avisena Ashari) ----- Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD.

Tinggal klik di https://www.gridstore.id Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com ARTIKEL TERKAIT • Kisah Tenggelamnya Kapal Selam Kursk, Semua Angkatan Laut Gugur • Diterapkan pada Radar Kapal Selam, Apa Itu Sistem Sonar Lumba-Lumba?

• Cara Kerja Kapal Selam, Kapal Canggih yang Digunakan untuk Keperluan Angkatan Laut • Bisa Menyelam dan Ada di Permukaan Air, Simak Berbagai Fakta Unik Kapal Selam, yuk!
KOMPAS.com - Setelah ditemukannya sejumlah serpihan kapal, KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4/2021). Tenggelamnya kapal selam ini disebut dengan istilah subsunk. Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa bukti kuat yang mengindikasi tenggelamnya KRI Nanggala-402 adalah adanya tumpahan minyak dan sejumlah bukti otentik.

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala 402 selama 72 jam.

arti eternal patrol

Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan arti eternal patrol yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," katanya dalam konferensi pers, Sabtu. Baca juga: Semboyan Wira Ananta Rudira Trending di Twitter, Ini Asal Usulnya Hal ini diiringi dengan diumumkan status KRI Nanggala 402 sebagai " On Eternal Patrol". Hari Sabtu, 24 April 2021, Nanggala memilih moksa di selat Bali.

Bersama 53 ksatria yang setia, yang menggegam semboyan #wiraanantarudira Tabah Sampai Akhir. Nanggala moksa untuk #oneternalpatrol, berpatroli untuk selamanya. Terima kasih Ksatria Nusantara, Namamu abadi ????????? — Endang Yuliastuti™-AYO, LAKUKAN PHBS! ???????? (@endang_yl) April 24, 2021 Mereka tidak mati,mereka tetap dalam tugasnya di keabadian #KRINaggala402 #OnEternalPatrol pic.twitter.com/EDkUJvd16f — Jhrenc Shinoda (@JhrencS07) April 24, 2021 #OnEternalPatrol #KRINanggala402 "Nagabaswara Jalayudha Pamungkas Wira Ananta Rudira" Mereka tidak akan pulang untuk Samudra dan karang !

pic.twitter.com/RpWun11cDA — dindamadjidaa (@dindamadjidaa) April 25, 2021 Masih merinding dan nyesek kalo baca berita tentang KRI 402 Mereka dalam dekapan sang laut yg sunyi dan menenangkan. #KRINaggala402 Wira Ananta Rudira #OnEternalPatrol pic.twitter.com/vg4vpCXEBf — It's hany (@it_sfarhany) April 25, 2021 Lantas, apa artinya? Istilah dari perang dunia Sampai pada Minggu (25/4/2021) pukul 13.30, tagar "On Eternal Patrol" bertengger di trending topic Twitter dengan 2.503 twit. Disusul kata kunci #PrayforKRINaggala-402 dengan 25,4 ribu twit.

Pengumuman status oleh TNI AL ini tentu saja menjadi duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Sebagai bentuk belasungkawa dan rasa hormat, warganet menggaungan istliah "On Eternal Patrol" atau dapat diartikan sebagai tugas selamanya (tidak kembali lagi). Baca juga: Waspadai Pencurian Data KTP untuk Pinjaman Online, Berikut Cara Melindunginya Berasal dari Perang Dunia II Melansir wearethemighty.com, penggunaan istilah ini berasal dari Perang Dunia II, saat maraknya kapal selam yang karam.

Baik akibat perang maupun kecelakaan. Kapal selam itu berpatroli, meninggalkan pelabuhan dan tak pernah kembali. Ia disebut melakukan patroli abadi.

Berita Terkait 4 Fakta Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala-402, dari Lokasi hingga Kronologi 4 Kapal Selam di Dunia yang Sempat Hilang dan Berhasil Ditemukan [HOAKS] KRI Nanggala-402 Sudah Bisa Dihubungi Mengenal Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia Semboyan Wira Ananta Rudira Trending di Twitter, Ini Asal Usulnya Berita Terkait 4 Fakta Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala-402, dari Lokasi hingga Kronologi 4 Kapal Selam di Dunia yang Sempat Hilang dan Berhasil Ditemukan [HOAKS] KRI Nanggala-402 Sudah Bisa Dihubungi Mengenal Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia Semboyan Wira Ananta Rudira Trending di Twitter, Ini Asal Usulnya Gempa 5,1 M Guncang Manokwari Disertai Susulan, Ini Analisis BMKG https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/25/143201965/gempa-51-m-guncang-manokwari-disertai-susulan-ini-analisis-bmkg https://asset.kompas.com/crops/w1aYl-v3yVof-XiH-lA_EqXuwqs=/26x0:851x550/195x98/data/photo/2019/08/03/5d452a478c490.jpgHal tersebut disampaikan Panglima Arti eternal patrol Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

didampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., di konferensi pers perkembangan KRI Nanggala-402, di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Minggu (25/4).

Hadi Tjahjanto menjelaskan, diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal (MK-11). Ia menyampaikan belasungkawa dan duka cita atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI selaku Panglima TNI kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur.

"Semoga Tuhan Yang Maha Besar memberikan keikhlasan, kesabaran dan ketabahan. Rasa duka cita tersebut juga kami tujukan kepada seluruh keluarga besar Hiu Kencana pada khususnya, serta seluruh keluarga besar TNI Angkatan Laut pada umumnya," tambahnya.

Hadi Tjahjanto mengatakan, 53 personel awak KRI Nanggala-402 akan diberi kenaikan pangkat. "Kita akan memberikan suatu penghargaan kepada para prajurit Hiu Kencana Nanggala-402 dan itu akan kami ajukan secara berjenjang kepada Bapak Presiden RI yaitu berupa kenaikan pangkat dan segera akan kita proses," jelasnya.

Merespons kabar tersebut, ungkapan On Eternal Patrol dan Wira Ananta Rudira kembali disampaikan masyarakat Indonesia dalam ucapan belasungkawa pada prajurit kapal KRI Nanggala-402 dan keluarga di media sosial. Istilah On Eternal Patrol artinya 'dalam patroli abadi'. Penggunaan On Eternal Patrol pada peristiwa hilang atau tenggelamnya sebuah kapal selam digunakan untuk menggambarkan bahwa kapal selam dan awak kapal tersebut sedang dalam 'patroli abadi'.

Istilah On Eternal Patrol juga menjadi ungkapan penghormatan bagi prajurit kapal yang hilang atau gugur dalam hilang atau tenggelamnya kapal selam. Istilah kata Arti eternal patrol Eternal Patrol muncul dari masa Perang Dunia II, seperti dikutip dari buku Encyclopedia of the Veteran in America Volume I. Perang Dunia II adalah perang global yang berlangsung tahun 1939-1945.

Perang Dunia II melibatkan banyak negara di dunia yang membentuk dua aliansi militer bertentangan, yakni blok Sekutu dan blok Poros. Sebanyak 52 kapal selam Amerika Serikat hilang dan tenggelam bersama 374 petugas dan 3.131 personel awal kapal yang gugur selama Perang Dunia II.

The United States Submarines Veterans of World War II atau aliansi veteran kapal selam Amerika Serikat di Perang Dunia II terbentuk sejak September 1955 dan diresmikan dalam piagam federal pada November 1981.

Para veteran kapal selam menyebut rekan pejuang yang gugur tengah bertugas dalam patroli abadi atau On Eternal Patrol karena mereka memberikan hidupnya pada lautan. Baca juga: Ini 53 Patriot KRI Nanggala-402 Penerima Tanda Bintang Jalasena Arti Wira Ananta Rudira Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebelumnya meminta tim operasi pencarian dan pertolongan kapal selam KRI-Nanggala 402 untuk mengerahkan kemampuan demi menyelamatkan 53 prajurit yang ada di dalam kapal selam KRI Nanggala-402.

Hal ini disampaikan Hadi Tjahjanto mengenai kejadian yang dialami prajurit KRI Nanggala-402 dan para personilnya dalam video yang dirilis arti eternal patrol Puspen TNI. "Kita akan terus melaksanakan pencarian dan pertolongan serta mengerahkan segenap kemampuan untuk membawa pulang kembali saudara-saudara kita prajurit KRI Nanggala-402 kepada keluarga mereka," ucapnya Kamis (22/4).

Hadi Tjahjanto meminta seluruh personel TNI berdoa demi keselamatan prajurit yang ada di kapal selam KRI Nanggala-402.

"Tabah, sampai akhir!" kata Hadi.

arti eternal patrol

Komandan Sekolah Kapal Selam Pusdiksus Kodikopsla Mayor Laut (P) Ansori, SH menuturkan, tabah sampai akhir atau Wira Ananta Rudira adalah semboyan prajurit bawah air Indonesia.

"Pahami jati diri sebagai prajurit bahwa air yang memiliki semboyan wira ananta rudira, yaitu tabah sampai akhir," tutur Ansori saat prosesi penyematan brevet dan baret kapal selam, Senin (15/6/2015) seperti dikutip dari situs kodiklatal.tnial.mil.id, diakses Senin (26/4/2021).

arti eternal patrol

Simak Video " KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam, Netizen Berduka " [Gambas:Video 20detik] (pay/pal)
Editor : Anjar Wulandari BANJARMASINPOST.CO.ID - Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali, Sabtu (24/4/2021) menjadi perhatian publik tanah air saat ini. Terlebih nasib 53 awak kapal selam buatan Jerman itu belum diketahui, usai kapal dinyatakan subsunk saat menjalani latihan di perairan utara Bali.

Seiring dengan pemberitaan insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402, kalimat On Eternal Patrol jadi trending di twitter. Baca juga: KRI Nanggala 402 Tenggelam, Berikut Daftar 53 Awak Kapal Selam Nanggala dan Pangkatnya Baca juga: Penyebab 53 Awak Kapal Selam Nanggala Tak Keluar dan Berenang Selamatkan Diri, Bak Diinjak 100 Gajah Ini adalah kalimat yang viral disebutkan setelah peristiwa KRI Nanggala 402 dinyatakan subsunk atau tenggelam.

Seperti diketahui, kapal selam milik TNI AL tersebut hilang kontak pada pukul 03.00 WIB arti eternal patrol meminta izin menyelam untuk latihan penembakan torpedo pada Rabu 21 April 2021.

KRI Nanggala 402 membawa 53 awak yang terdiri dari 49 Arti eternal patrol Buah Kapal (ABK) 3 Personel Arsenal dan 1 Komandan Satuan. Trending Tagar On Eternal Patrol di Twitter (Twitter) Tagar serta kalimat On Eternal Patrol, langsung digaungkan oleh netizen tanah air, mulai dari Twitter sampai dengan aplikasi perpesanan online Whatsapp. Lalu apa arti dari On Eternal Patrol yang viral ddi berbagai platform media sosial ini? Simak penjelasannya beriut ini.
Jakarta - KRI Nanggala-402 masih dalam pencarian.

arti eternal patrol

Bukan hilang, kini ia disebut On Eternal Patrol. Dijuluki "Monster Bawah Laut", inilah arti nama indah Nanggala. Sudah arti eternal patrol kontak sejak Rabu (21/4/2021), KRI Nanggala-402 menjadi pusat perhatian dari Indonesia.

Banyak yang jadi penasaran tentang kapal selam ini. Nanggala, begitu nama yang disematkan kepada kapal selam buatan Jerman ini. Sudah jadi alat utama sistem pertahanan (alustista) Indonesia sejak tahun 1981, Nanggala menjaga Indonesia dalam sunyi dan senyap.

Baca juga: Tentang 'On Eternal Patrol', Ramai Disebut Kala KRI Nanggala-402 Tenggelam Sementara dari cerita pewayangan, Nanggala adalah pusaka Prabu Baladewa, seorang Raja yang dikenal keras kepala dan mudah marah. Meski begitu, Baladewa adalah seorang pemimpin berhati tulus, jujur, adil dan rendah hati, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Baladewa adalah putra dari Prabu Basudewa di Kerajaan Mandura. Baladewa memiliki kembaran yang bernama Kresna. Baladewa kecil bernama Kakrasana. Diceritakan Baladewa dan Kresna diungsikan dan disembunyikan di Kademanan Widarakandang sejak kecil.

Karena mereka mendapat ancaman pembunuhan dari Kangsadewa. Dalam pengungsiannya, Baladewa berguru pada seorang resi jelmaan Batara Brama di pertapaan Argasonya. Selesai berguru, Baladewa diberi dua pusaka yaitu Nanggala dan Alugara. Nanggala berwujud mata bajak dan Alugara berupa gara dengan kedua ujung runcing. Selain dua pusaka, Baladewa memiliki kemampuan untuk terbang dengan kecepatan tinggi, Aji Jaladara.

Sehingga ia disebut Wasi Jaladara. Dari dua pusaka ini, Nanggala adalah yang terhebat. Saking ampuhnya, Nanggala tak boleh diperlihatkan di depan banyak orang.

Bayangkan, kekuatannya mampu untuk melelehkan gunung, membelah lautan dan mengakhiri nasib matahari dalam sekali tebas. Satu cerita yang mengisahkan kekuatan Nanggala adalah saat Baladewa tak sengaja keluar arti eternal patrol Nanggala.

Begitu terlihat, ribuan dewa berkuda awak langsung turun. Baladewa sampai kena tegur dan diminta untuk tidak memperlihatkan Nanggala sampai Perang Bharatayuda. Nama adalah doa. Mungkin ini mengapa nama Nanggala akhirnya dipilih untuk kapal selam Indonesia. Punya kekuatan luar biasa dan berada dalam persembunyian, kini Nanggala-402 akan tetap berpatroli dalam keabadian. (bnl/bnl)

BIKIN MERINDING! Makna Istilah On Eternal Patrol untuk KRI Nanggala-402




2022 www.videocon.com