Bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

Jawaban: C. Dataran Tinggi Timur Penjelasan: Dataran Tinggi Timur atau disebut juga The Great Dividing Range terletak di bagian timur Australia. Wilayahnya memanjang sejauh 3.500 km dari Cape York Peninsula sampai Tasmania. Wilayah ini terdiri atas lembah atau jurang yang curam namun merupakan yang tersubur di Australia.

Australia terletak pada 113 derajat BT- 155 derajat BT dan 10 derajat LS- 43 derajat LS. Sebelah utara australia berbatasan dengan laut timor, laut arafuru, dan selat torres.

Sebelah timur australia berbatasan samudra pasifik, laut tasman, dan laut coral. Sebelah selatan australia berbatasan dengan laut hindia. Sebelah barat berbatasan dengan samudra hindia.

Luas wilayah Australia yaitu 8.945.000 km persegi dengan lebar sekitar 3.200 km serta panjangnya yang mencapai 3.700 km. Hanya satu negara didalam satu benua menjadi keunikan tersendiri bagi australia dan membuat wilayahnya sangat luas, namun meskipun demikian, sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun.

Di Negara Australia juga terdapat gunung tertinggi yakni puncak Mawson dengan ketinggian 2.745 meter dan bagian terendah dataran australia yaitu danau Eyre yaitu 15 meter dibawah permukaan laut. Terdapat juga sungai terpanjang yaitu sungai Murray sekitar 2.508 km serta danau terbesarnya yaitu danau Eyre sekitar 9.500 km persegi. Austalia memiliki iklim yang berpariasi sebab wilayahnya yang sangat luas dan berada pada tiga wilayah lintang, yaitu lintang tropis, subtropis, dan sedang. Wilayah Australia yang masuk kedalam lintang tropis berada pada 11 derajat LS - 23,5 derajat LS, lintang subtropis berada pada 23,5 derajat LS - 35 derajat LS, dan lintang sedang berada pada 35 derajat LS - 44 derajat LS.

Dari arah tropis ke lintang sedang, suhu udaranya terus menurun. Pada kawasan subtropis suhu tahunan rata - rata 16 derajat selsius dan 21 derajat selsius dengan curah hujan antara 500 - 1.500 mm/pertahunnya, sedangkan pada kawasan yang beriklim sedang dan lembab, suhu tahunanya berkisar antara 10 derajat selsius hingga 16 derajat selsius. Curah hujannya berveriasi yang umumnya antara 250 - 1000 mm/tahun. Selain dari ketiga iklim diatas, juga terdapat iklim padang pasir dengan curah hujan yang sangat rendah dibagian pedalamannya sehingga terdapat gurun pasir yang sangat luas.

Curah hujan pada wilayah ini kurang dari 250 mm/tahun bahkan terkadang tidak hujan sama sekali selama beberapa tahun dengan suhunya yang berkisar antara 16 derajat sesius - 27 derajat selsius. C. Bentuk Muka Bumi Australia. Dataran tinggi timur atau disebut juga dengan The Great Dividing Range terletak pada bagian timur Australia yang memanjang sejauh 3.500 km dari Cape York Peninsula hingga Tasmania.

Wilayah tersebut terdiri atas lembah atau pula lembah curam, meski demikian wilayah tersebut merupakan wilayah yang tersubur di Australia. Australia merupakan penghasil batu terbesar ke dua setelah Guinea serta urutan ke lima di dunia sebagai produsen aluminum. Batu bara hitam Australia menempati peringkat kelima dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, China, dan India. Australia juga mempunyai emas terbesar dunia. E. Flora dan Fauna Australia. Pada umumnya, vegetasi yang sering di temui di Australia ialah vegetasi yang sudah beradaptasi dengan kondisi kering.

Adapun vegetasi yang dominan adalah rumput Hummock yang pada umumnya berada di wilayah Australia bagian barat, selatan, dan utara. Pada bagian Australia Timur, hutan eukalipus lebih umum untuk di jumpai serta dibagian barat dapat dijumpai pula hutan akasia dan semak berlukar. Terdapat lebih dari 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 kadal, 140 ular, dan 2 spesies buaya dan diantara beberapa spesies tersebut yang paling terkenal sebagai aikon negara tersebut ialah kangguru, wallabi, koala, dan tasmanian devil.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

Selain itu juga terdapat fauna asli seperti dingo, platypus, currawong, angsa hitam, kookaburra, dan lybrid. Fauna lainnya yakni ular berbisa yang paling mematikan didunia. 21 dari 25 jenis ular Australia merupakan ular paling mematikan. Selain keanekaragaman hayati darat, juga terdapat keanekaragaman hayati di lautnya yang terdiri 4000 jenis ikan sebab Australia memiliki terumbu karang terbesar didunia yang diberi nama Great Barrier Reef.

di antara 4000 jenis ikan tersebut beberapa diantaranya adalah hiu putih, hiu paus raksasa, dan juga ubur-ubur kotak yang merupakan binatang air paling berbisa didunia. F. Kondisi Penduduk Australia. Penduduk asli Australia yaitu suku Aborigin dan lainnya adalah pendatang dari berbagai negara dan benua yang rata-rata ada sekitar 393 imigran perhari mengunjungi Australia.

Struktur penduduknya berdasarkan usia menunjukkan bahwa 18,3% penduduknya berada di bawah usia 15 tahun, 67,7% berusia 15-64 tahun dan 14% berusia 65 tahun keatas. dari data tersebut diatas, menunjukkan bahwa angka ketergantungannya sebesar 20,7%.

James Cook yang datang tahun 1770 mengabaikan penduduk asli dengan menyatakan bahwa benua Australia tidak berpenghuni, sehingga berdatangna para pendatang dari Inggris yang juga membawa berbagai penyakit, merusak lingkungan, sehingga suku aborigin menderita kelaparan dan semakin tersisih oleh para pendatang.
Hallo Nadyn, saya bantu jawab pertanyaan kamu yaa.

Daerah paling subur di Australia adalah Dataran Tinggi Timur, atau Great Dividing Range. Daerah ini terletak di dekat pantai timur Australia, terpisah dari dataran pantai timur yang relatif sempit dari bagian benua lainnya. Daerah ini memiliki relief terbesar, curah hujan terbanyak, flora dan fauna paling melimpah dan beragam, memiliki bioma hutan musim, dan pemukiman manusia terpadat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Semoga membantu yaa. Jenjang : 9 SMP Topik : Keruangan Dan Interaksi Antarruang Di Dunia wilayah Rusia dan Turki masih menjadi perdebatan sebagai bagian dari benua Asia atau benua Eropa faktor penyebab perdebatan tersebut adalah.

a. sebagian besar wilayah Turki berada di benua Eropa b. sebagian besar wilayah Rusia berada di benua Asia c. budaya Rusia mirip dengan negara-negara di Asia d budaya Turki mirip dengan negara-negara Asia tirto.id - Benua adalah bagian permukaan bumi yang berupa daratan luas dan memiliki corak karakteristik tertentu.

Pada bagian tengah benua, biasanya bersifat kering lantaran tidak dapat dijangkau angin laut yang mengandung unsur basah dan lembab.

Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), benua adalah bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengahnya tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Kondisi seperti itu terjadi di Benua Eropa, Benua Austalia, Benua Amerika, Benua Asia, dan Benua Afrika. Dikutip dari modul Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX (2020:8), setiap benua memiliki iklim yang berbeda.

Hal tersebut disebabkan adanya beberapa perbedaan seperti letak geografis, topografi, dan jarak matahari dari setiap benua. Baca juga: • Keadaan Alam Negara-negara ASEAN: Indonesia, Thailand, Singapura • Kondisi Penduduk Negara Asean: Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar Perbedaan iklim dan letak geografis di setiap wilayah kemudian membagi kategori benua menjadi dua, yaitu benua yang dapat ditinggali dan tidak.

Benua-benua yang dapat ditinggali seperti Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, dan Benua Australia. Sedangkan, benua yang tidak dapat ditinggali manusia secara menetap adalah Benua Antartika. Hal tersebut disebabkan karena Benua Antartika mempunyai suhu yang dingin dan daratan yang selalu tertutup es setiap tahun.

Pembagian Kawasan Benua & Batas Wilayahnya Setiap Benua memiliki berbagai perbedaan dalam beberapa aspek seperti keadaan alam, dinamika penduduk, dan pengaruh ruang interaksi dalam berbagai sektor yang berbeda-beda.

Dikutip dari buku Geografi Regional Dunia karya Sulitinah dan Kuspriyanto (2020) permukaan bumi tempat tinggal manusia dikelompokan menjadi beberapa kawasan atau regional.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

Di setiap regional, ada ciri khas yang membedakan satu kawasan dengan wilayah lainnya. Baca juga: • 9 Jalur Pendakian Terpanjang Dunia di Benua Asia Hingga Afrika • Perkembangan Islam Dunia: Benua Australia & Jumlah Populasi Muslim Secara sederhana, kawasan di sebuah benua dibedakan atau dikelompokan berdasarkan kepada karakteristik yang ada di wilayah itu.

Perbedaan itu bisa dari segi kondisi alam hingga kebudayaan. Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Iwan Setiawan dkk (2018:5-20), berikut ini data mengenai pembagian kawasan 5 benua yang dapat ditinggali manusia di bumi, beserta informasi mengenai letak geografis dan astronomisnya serta batas-batas wilayahnya. 1. Pembagian Kawasan Benua Asia Letak astronomis Benua Asia berada di antara 26º Bujur Timur (BT) – 170º Bujur Timur (BT) dan 11º Lintang Selatan (LS) – 80º Lintang Utara (LU).

Dari segi letak geografis, sebagian besar wilayah daratan Benua Asia berlokasi di belahan bumi utara (BBU) dan sebagian kecil lainnya di selatan. Wilayah Benua Asia yang ada di belahan bumi selatan umumnya berupa kepulauan, termasuk Negara Indonesia. Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan luas mencapai 44.000.000 km². Secara geografis, wilayah Benua Asia memanjang dari belahan utara di Rusia sampai belahan selatan di Indonesia dan membentang dari belahan timur di Rusia sampai belahan barat di Turki.

Berikut batas-batas wilayah Benua Asia: • Batas utara: Samudera Arktik • Batas timur: Samudra Pasifik dan Selat Bening • Batas selatan: Samudra Hindia • Batas barat: Laut Tengah, Laut Merah, dan Pengunungan Ural. Sementara pembagian kawasan Benua Asia terdiri atas beberapa regional, yakni: • Asia Barat atau Asia Timur Tengah • Asia Tengah • Asia Timur • Asia Selatan • Asia Tenggara.

• Asia Utara (wilayah Rusia). Selain itu, pembagian regional di Benua Asia juga bisa didasarkan pada karakteristik kebudayaan di masing-masing kawasan. 2. Pembagian Kawasan Benua Amerika Letak astronomis Benua Amerika berada di antara 170º Bujur Timur (BT) - 35º Bujur Barat (BB) dan 55º Lintang Selatan (LS) - 83º Lintang Utara (LU). Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua dengan luas wilayah mencapai 42.057.100 km². Benua Amerika juga dikenal dengan sebutan Benua Merah karena penduduk aslinya adalah Suku Indian yang sering melumuri diri mereka dengan cat warna merah.

Letak geografis Benua Amerika berada di belahan bumi barat dan di antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Benua Amerika diapit pula oleh Samudera Arktik dan Samudera Pasifik. Berikut batas-batas wilayah Benua Amerika: • Batas utara: Samudera Arktik • Batas timur: Samudra Atlantik • Batas selatan: Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik • Batas barat: Samudra Pasifik. Sementara pembagian kawasan Benua Amerika terdiri atas 4 wilayah, yakni: • Amerika Selatan • Amerika Utara • Amerika Tengah • Kepulauan Karibia.

3. Pembagian Kawasan Benua Eropa Letak astronomis Benua Eropa berada di antara 9º Bujur Barat (BB) - 60º Bujur Timur (BT) dan 35º Lintang Utara (LU) - 80º Lintang Utara (LU). Benua Eropa juga disebut sebagai Benua Biru karena penduduknya mayoritas bermata biru. Selain itu, alasan lainnya adalah banyaknya kerajaan terkenal di Benua Eropa, sehingga disebut dengan darah biru (bangsawan).

Sementara dari aspek letak geografis, Benua Eropa berbatasan langsung dengan daratan Benua Asia, yakni Pegunungan Ural. Meski daratannya menyatu, kedua benua berlaitan karakteristiknya dari segi kebudayaan. Luas wilayah Benua Eropa mencapai 10.355.000 km persegi. Adapun daratan Benua Eropa berupa gabungan dari beberapa semenanjung. Ada dua semenanjung besar di Eropa, yaitu daratan utama Eropa dan wilayah Skandinavia. Tiga semenanjung lebih kecil, yaitu Iberia, Italia, dan Balkan berada di bagian selatan dan menghadap Laut Mediterania.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

Laut ini menjadi batas wilayah Benua Eropa dan Afrika. Beberapa batas wilayah Benua Eropa sebagai berikut: • Batas utara: Samudera Arktik • Batas timur: Benua Asia • Batas selatan: Laut Tengah • Batas barat: Samudra Atlantik. Adapun pembagian kawasan Benua Eropa adalah sebagai berikut: • Eropa Barat • Eropa Timur • Eropa Selatan • Eropa Utara.

Pembagian wilayah Benua Eropa juga bisa diklasifikasikan berdasarkan kepada aspek fisik dan kebudayaan penduduknya.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

4. Pembagian Kawasan Benua Afrika Letak astronomis Benua Afrika berada di antara 17º Bujur Barat (BB) - 52º Bujur Timur (BT) dan 35º Lintang Utara (LU) - 34º Lintang Selatan (LS).

Benua Afrika memiliki luas wilayah sebesar 30.290.000 km². Luas Benua Afrika itu setara dengan 3 kali Benua Eropa atau seperlima dari luas seluruh daratan bumi. Dari segi letak geografis, Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa dan wilayah daratannya sebagian besar berada di belahan bumi utara.

Benua Afrika dikelilingi oleh Samudera Atlantik, Laut Tengah, Samudera Hindia, Laut Merah, serta Terusan Suez. Benua Afrika disebut juga dengan istilah Benua Hitam lantaran penduduk aslinya yang mayoritas memiliki warna kulit hitam. Pada awalnya, sebutan mengenai Benua Hitam diberikan oleh bangsa Prancis yang menjajah banyak wilayah di Afrika.

Batas-batas wilayah Benua Afrika adalah sebagai berikut: • Batas utara: Laut Tengah • Batas timur: Samudra Hindia • Batas selatan: Samudra Hindia • Batas barat: Samudra Atlantik. Detail pembagian kawasan Benua Afrika adalah sebagai berikut: • Afrika Utara • Afrika Timur • Afrika Barat • Afrika Tengah • Afrika Selatan. 5. Pembagian Kawasan Benua Australia Letak astronomis, Benua Australia berada di antara 113º Bujur Timur (BT) - 115º Bujur Timur (BT) dan 10º Lintang Selatan (LS) - 43º Lintang Selatan (LS).

Jika dilihat dari letak geografisnya, Benua Australia berada di bagian selatan wilayah Indonesia. Letaknya menyendiri di belahan bumi bagian selatan dengan topografi paling rata dibandingkan benua yang lain. Sebagian wilayah Benua Australia adalah kawasan plato rendah. Adapun penduduk Benua Australia sebagian besar merupakan Ras Kaukasoid yang berasal dari Eropa. Batas-batas wilayah Benua Australia ialah sebagai berikut: • Batas utara: Laut Timor, Luat Arafuru, dan Selat Flores • Batas timur: Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral • Batas selatan: Samudra Hindia • Batas barat: Samudra Hindia.

Australia adalah Benua terkecil di dunia. Daratan utama Benua Australia hanya terdiri atas satu negara, yakni Australia. Oleh karena itu, Australia sering kali disebut sebagai negara benua. Luas benua Australia mencapai 8.945.000 km persegi.

Lebar wilayah benua ini sekitar 3.200 km dan panjangnya 3.700 km. Adapun pembagian kawasan Benua Australia terdiri dari 6 negara bagian dan 2 wilayah teritorial.

Berikut daftar negara-negara bagian dan wilayah teritorial di Benua Australia: • New South Walles: Ibu Kota di Sydney • Queensland: Ibu Kota di Brisbane • Australia Barat: Ibu Kota di Perth • Australia Selatan: Ibu Kota di Adelaide • Victoria: Ibu Kota di Melbourne • Tasmania: Ibu Kota di Hobart • Teritorial Ibukota Australia: Ibu Kota di Canberra • Teritorial Australia Utara: Ibu Kota di Darwin.
Pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi seperangkat soal Penilaian Harian 1 (PH-1) mata pelajaran IPS Kelas 9 semester ganjil.

Kompetensi yang diujikan pada penilaian ini adalah kemampuan peserta didik dalam menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia, dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan, dan politik. Teknik penilaian menggunakan tes tulis, dengan bentuk instrumen adalah tes pilihan ganda dan essay/uraian.

Rincian jumlah soal masing-masing yaitu pilihan ganda sebanyak 30 butir dan uraian sebanyak bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di. butir. Perangkat penilaian harian ini diharapkan dapat menjadi bahan perbandingan atau mungkin tambahan bagi guru IPS dalam menyusun dan mempersiapkan pelaksanaan penilaian harian di sekolah. Atau bagi siswa, dapat menjadi bahan belajar dan latihan menjawab soal-soal IPS.

Untuk memudahkan penggunaan perangkat penilaian ini, Admin lengkapi di bawahnya dengan kunci jawaban, pedoman penskoran, dan indikator soal. Untuk itu langsung saja dibaca perangkat penilaian harian 1 mata pelajaran IPS kelas 9 berikut ini!

A. Soal Pilihan Ganda • Pengertian Benua yang sebenarnya adalah . (C1) A. Hamparan lautan yang mengelilingi massa daratan luas B. Massa daratan yang dikelilingi samudera di sekitarnya C. Satu massa daratan yang sangat luas dan menyatu D. Satu massa daratan yang memiliki ciri dan karakteristik tertentu • Selain fisik aspek yang menjadi penentu pembagian benua adalah . (C1) A. Ekonomi B. Budaya C. Politik D.

Pendidikan • Benua paling kecil dan paling luas masing-masing adalah . (C2) A. Asia - Afrika B. Eropa - Afrika C. Amerika - Eropa D. Australia - Asia • Benua yang berada pada garis lintang 0 derajat atau yang dilewati garis khatulistiwa antara lain .

(C3) A. Asia, Amerika, dan Eropa B. Asia, Afrika, dan Eropa C. Asia, Amerika, dan Afrika D. Asia, Australia, dan Amerika • Dua benua yang merupakan satu daratan yang dibatasi oleh Pegunungan Ural, Selat Dardanela, dan Laut Kaspia adalah .

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

(C1) A. Amerika dan Eropa B. Asia dan Australia C. Asia dan Eropa D. Amerika dan Afrika • Batas wilyah Jepang di sebelah Barat adalah . (C1) A. Laut Okhstosk B. Samudera Pasifik C. Laut China Timur D. Korea dan Rusia • Musim di Jepang yang berlangsung pada bulan Juni sampai dengan September dengan ciri-ciri pohon-pohon menghijau, suara serangga ribut, dan selama sebulan penuh sekolah diliburkan adalah .

(C1) A. Musim panas B. Musim gugur C. Musim dingin D. Musim semi • Di daerah pantai barat Inggris curah hujan lebih besar dibandingkan dengan daerah pantai lainnya. Hal ini disebabkan karena . (C3) A. berada di dekat Samudera Atlantik B. masuk daerah iklim tropis C. berbatasan dengan Laut Utara D. suhu udaranya lebih tinggi • Kota di Australia berikut yang terletak pada wilayah iklim tropis adalah . (C1) A. Adelaide B. Sydney C. Canberra D. Darwin • Bagian bentuk muka bumi Australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

(C1) A. Dataran Pantai B. Dataran Rendah Tengah C. Dataran Tinggi Timur D. Plato Dapatkan file doc. kisi-kisi soal perangkat penilaian ini dan kisi-kisi soal penilaian lainnya: Buka di sini! • Pegunungan di bagian timur Amerika Serikat yang membentang hampir sejajar Samudera Atlantik sejauh 2.400 km adalah .

(C1) A. Rocky B. Appalachia C. Missouri D. Missisippi • Daerah depresi kontinental atau permukaan daratan yang letaknya lebih rendah dari permukaan laut di Mesir adalah . (C1) A. Lembah Sungai Nil B.

Gurun Libya C. Semenanjung Sinai D. Gurun Arabia • Pohon yang banyak ditemukan di Inggris antara lain . (C1) A. Pohon lontar dan palma B. Pohon ek dan elm C. Pohon eukaliptus dan akasia D. Pohon konifer dan pinus • Flora dan fauna di Benua Australia memiliki banyak keunikan, hal ini disebabkan .

(C3) A. pengembangan flora dan fauna menggunakan teknologi B. flora dan fauna Australia banyak didatangkan dari berbagai benua C. letak Australia yang terisolasi dari wilayah benua lainnya D. flora dan fauna Australia tidak dapat dikembangkan ke benua yang lain • Perhatikan gambar fauna berikut! Keterangan gambar: 1. Tasmania Devil atau Setan Tasmania (cdn[dot]photoshelter[dot]com) 2.

Kanguru (2[dot]bp[dot]blogspot[dot]com) 3. Antelope (ww4[dot]hdnux[dot]com/photos/34/06/70/736824/3/920x920[dot]jpg) 4. Bison (blogs[dot]discovermagazine[dot]com/d-brief/files/2015/03/shutterstock_120971281[dot]jpg) Lihat gambar! Nama fauna dan asal negara yang tepat pada nomor 3 adalah bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di . (C2) A. Bison - Inggris B.

Kanguru - Mesir C. Antelope - Amerika Serikat D. Setan Tasmania - Australia • Penyebab utama berkurangnya flora dan fauna di Inggris dan bahkan ada yang punah adalah karena adanya .

(C2) A. perburuan liar B. kebakaran hutan C. konversi lahan D. terserang penyakit • Sebutan nama Fellahin pada sebagian penduduk Mesir ditujukan kepada . (C1) A. penduduk yang berkulit putih B.

orang keturunan Arab C. suku Mesir Kuno D. para petani tradisional • Benua dengan jumlah pertambahan penduduk terbesar adalah . (C1) A. Asia B. Amerika C. Australia D. Afrika • Persebaran penduduk di Asia masih tidak merata. Wilayah dengan jumlah dan kepadatan penduduk yang dominan adalah berada di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan sedangkan wlayah pedalaman Asia relatif sedikit dan masih jarang.

Jumlah dan kepadatan penduduk yang tidak merata tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini yang bukan penyebab wilayah pedalaman Asia memiliki jumlah dan kepadatan penduduk lebih sedikit dibandingkan wilayah lainnya adalah . (C4) A. di daerah pedalaman Asia memiliki suhu udara yang ekstrim sehingga banyak penduduk yang meninggal B.

kesulitan dalam melakukan interaksi dengan wilayah lainnya karena masalah akses masuk C. faktor letak yang tidak strategis dengan posisi wilayah yang sulit untuk dijangkau D. memiliki perkembangan kebudayaan dan teknologi yang masih rendah dibandingkan dengan wilayah lainnya • Berdasarkan indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM), negara di Asia berikut yang masuk kelompok dengan penduduk berkualitas sangat tinggi adalah .

(C1) A. Indonesia B. Brunei Darussalam C. India D. Nepal • Ras yang mendominasi di wilayah Asia Utara dan Asia Tengah adalah . (C1) A. Negroid B. Mongoloid C. Kaukasoid D. campuran • Benua yang memiliki angka kelahiran paling rendah adalah . (C1) A. Asia B. Amerika C. Eropa D. Afrika • Benua yang mengalami pertambahan penduduk terbesar dari faktor migrasi adalah .

(C2) A. Eropa B. Asia C. Amerika D. Australia • Agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Afrika Barat dan Utara adalah . (C1) A. Kristen B. Islam C. Hindu D. Budha • Benua dengan distribusi penduduk yang relatif merata terdapat di . (C1) A. Amerika B. Eropa C. Afrika D. Australia • Negara di benua Amerika yang memiliki budaya yang sangat beragam adalah . (C1) A. Amerika Serikat B. Kanada C. Brazil D. Argentina • Benua berikut yang memiliki angka migrasi negatif adalah. (C3) A. Asia B.

Australia C. Afrika D. Eropa • Dengan maraknya konversi lahan dan terbentuknya kota-kota baru di Asia memicu terjadinya perpindahan penduduk dari desa ke kota. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong perpindahan penduduk dari desa ke kota adalah .

(C4) A. banyaknya peluang kerja dan kesempatan berusaha di kota-kota Asia B. terbentuknya gurun dan intrusi atau masuknya air laut ke daratan C. sering terjadi konflik dan pertentangan antar desa-desa di Asia D. tingkat kriminalitas di perkotaan relatif lebih rendah daripada di desa • Perhatikan aktivitas masyarakat dunia berikut ini! • Memberikan bantuan bea siswa bagi penduduk negara berkembang oleh beberapa universitas di dunia • Perayaan menyambut tahun baru di tempat-tempat umum dan terbuka • Mengimpor barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri • Meniru gaya rambut dan fashion dari negara-negar luar Yang merupakan pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya terdapat pada nomor .

(C1) A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 2 dan 4 D. 3 dan 4 • Kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi telah memberikan kemudahan di segala bidang kehidupan manusia. Misalnya, melalui fasilitas internet masyarakat dapat dengan muah saling memperkenalkan potensi pariwisata masing-masing sehingga menarik wisatawan mancanegara. Pengaruh yang ditimbulkan akibat perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara di atas merupakan pengaruh dalam bidang kehidupan .

(C4) A. ekonomi B. sosial C. budaya D. pendidikan B. Soal Essay • Sebutkan 5 (lima) negara yang berada di Asia Selatan!

(C1) • Jepang memiliki sumber daya mineral yang sangat terbatas, kalaupun ada tidak dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Bagaimanakah cara Jepang mengatasi masalah keterbatasan sumber daya mineral tersebut? (C2) • Jelaskan 3 (tiga) indikator kualitas penduduk suatu negara berdasarkan Human Development Index (HDI)! (C2) Baca juga: PH2 IPS Kelas 9 Bab Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi C. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran Kunci Jawaban Pilihan Ganda No.

Kunci Skor Nilai 1. D 1 2,5 2. B 1 2,5 3. D 1 2,5 4. C 1 2,5 5. C 1 2,5 6. D 1 2,5 7. A 1 2,5 8. A 1 2,5 9. D 1 2,5 10. C 1 2,5 11.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

B 1 2,5 12. B 1 2,5 13. B 1 2,5 14. C 1 2,5 15. C 1 2,5 16. C 1 2,5 17. D 1 2,5 18. A 1 2,5 19. A 1 2,5 20 B 1 2,5 21. C 1 2,5 22. C 1 2,5 23. D 1 2,5 24.

B 1 2,5 25. B 1 2,5 26.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

A 1 2,5 27. A 1 2,5 28. D 1 2,5 29. C 1 2,5 30. B 1 2,5 JUMLAH PG 30 75 Kunci Jawaban Uraian• Negara-negara di Asia Selatan antara lain: India, Sri lanka, Bangladesh, Pakistan, Afganistan, Bhutan, Nepal, dan Maladewa. (2) (5) • Upaya yang dilakukan Jepang untuk menutupi kekurangan sumber daya mineral adalah dengan melakukan impor bahan mineral mentah dari luar negeri kemudian mengolahnya menjadi barang yang bernilai tinggi. (4) (10) • Terdapat tiga indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam mengukur kualitas penduduk suatu negara, yaitu: 1) kesehatan; 2) pendidikan; dan 3) pendapatan per kapita.

(4) (10) Jumlah skor dan nilai soal uraian adalah masing-masing (10) dan (25). Jadi total skor dan nilai PG dan uraian adalah masing-masing (40) dan (100). Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 40 ) x 100 D.

Indikator Soal Indikator Soal Pilihan Ganda• Peserta didik dapat menjelaskan pengertian benua. (C1) • Peserta didik dapat menjabarkan pengertian benua. (C2) • Peserta didik dapat membandingkan luas satu benua dengan benua lainnya. (C2) • Peserta didik dapat mengklasifikasi posisi benua pada garis lintang. (C3) • Peserta didik dapat menentukan persamaan letak geografis benua Asia dan Eropa.

(C3) • Peserta didik dapat menunjukkan letak geografis negara Jepang. (C1) • Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri musim panas di Jepang. (C1) • Peserta didik dapat menganalisis penyebab daerah pantai barat Inggris memiliki curah hujan tinggi. (C4) • Peserta didik dapat menentukan iklim berbagai wilayah di Australia.

(C3) • Peserta didik dapat menjelaskan bentuk muka bumi negara Australia. (C2) • Peserta didik dapat menjelaskan bentuk muka bumi negara Amerika Serikat. (C2) • Peserta didik dapat menjelaskan bentuk muka bumi negara Mesir.

(C2) • Peserta didik dapat mengidentifikasi flora negara Inggris. (C1) • Peserta didik dapat menyelidiki penyebab flora dan fauna Australia memiliki banyak keunikan. (C3) • Dengan menampilkan gambar fauna peserta didik dapat menentukan nama fauna dan asal negaranya.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

(C3) • Peserta didik dapat menganalisis penyebab berkurangnya flora dan fauna di negara Inggris. (C3) • Peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi penduduk negara Mesir. (C1) • Peserta didik dapat membandingkan tingkat pertambahan penduduk antar benua.

(C2) • Melalui ilustrasi peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab wilayah pedalaman Asia memiliki jumlah dan kepadatan penduduk sedikit. (C4) • Peserta didik dapat mengidentifikasi negara yang memiliki kualitas penduduk sangat tinggi di Asia. (C1) • Peserta didik dapat mengidentifikasi ras dominan di Asia Utara dan Asia Tengah. (C1) • Peserta didik dapat membandingkan angka kelahiran antar benua. (C2) • Peserta didik dapat mengidentifikasi benua yang mengalami pertambahan penduduk terbesar dari faktor migrasi.

(C1) • Peserta didik dapat mengidentifikasi agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk di beberapa region Afrika. (C1) • Peserta didik dapat mengidentifikasi distribusi penduduk Eropa. (C1) • Peserta didik dapat mengidentifikasi distribusi budaya penduduk benua Amerika.

(C1) • Peserta didik dapat membandingkan angka migrasi benua Afrika dan benua lainnya. (C3) • Peserta didik dapat menganalisis faktor pendorong terjadinya perpindahan penduduk dari desa ke kota-kota di Asia. (C4) • Peserta didik dapat mengklasifikasi pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap berbagai aspek kehidupan.

(C3) • Peserta didik dapat menganalisis pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial. (C4) Indikator Soal Uraian• Peserta didik dapat menyebutkan region Benua Asia dan negara-negara di dalamnya. (C1) • Peserta didik dapat menjelaskan cara Jepang mengatasi masalah keterbatasan sumber daya mineral yang dimiliki. (C2) • Peserta didik dapat menjelaskan indikator kualitas penduduk suatu negara berdasarkan HDI/IPM.

(C2) Demikianlah tadi perangkat Soal Penilaian Harian 1 mata pelajaran IPS Kelas 9 semester ganjil mudah-mudahan bermanfaat, dan terima kasih.
b. Iklim Berdasarkan letak lintang, Inggris memiliki iklim sedang. Negara ini juga dikelilingi lautan, sehingga memiliki iklim laut dengan ciri sejuk dan basah. Pantai barat bagian utara Inggris lebih hangat dibandingkan wilayah lainnya, pantai barat memperoleh hujan lebih tingi daripada pantai timur, akan tetapi curah hujan paling tinggi berada di pegunungan.

c. Bentuk Muka Bumi Relief wilayah inggris, terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah di bagian utara bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di. barat bergunung-gunung, memiliki batuan lebih tua dan bagian timur dan selatan adalah dataran rendah yang bergelombang, memiliki batuan lebih muda. d. Geologi Inggris memiliki sumber daya geologi yaitu batu bara yang sangat mendukung revolusi industri di Inggris.

Selain itu, Inggris juga memiliki sumber daya minyak bumi dan gas. Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam jumlah terbatas. Beberapa sumber daya mineral yang lain adalah pasir kerikil, logam, lempung. e. Flora dan Brute Floran dan Fauna di Inggris berkurang populasinya bahkan beberapa diantaranya punah.

Flora di Inggris diantaranya adalahh pohon ek dan elm, equus caballus chestnut, bandbox Norwegia, larch Jepang, dan fir Douglas. Fauna yang masih banyak dijumpai adalah rusa merah Skoltlandia dan sekitar 400 burung termasuk rajawali emas dari Skotlandia dan belibis merah yang khas dari Inggris.

f. Kondisi Penduduk Pada tahun 2015, penduduk Inggris mencapai 65,1 juta jiwa (WPDS, 2015). Angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,four% atau tergolong rendah. Sebagian besar tinggal di daerah perkotaan yang mencapai angka 80% dari jumlah penduduknya. Kota London sebagai ibukota negara dihuni oleh sekitar 12% penduduk Inggris, sementara daerah bagian utara seperti Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara penduduknya jarang.

Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok, yaitu Bangsa Kelt (Skotlandia, Irlandia, dan Wales) dan Bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Kingdom of denmark, dan Norman). Sebagian besar (87,2 %) penduduknya berkulit putih, sisanya berkulit hitam dan, Asia Popular: When Is Forcible Restraint Permitted c. Bentuk Muka Bumi Australia terdapat empat bentuk mukabumi, yaitu: Dataran Pantai (Coastal Plains), Dataran Tinggi Timur (Eastern Highlands), Dataran Rendah Tengah (central lowlands) dan Plato.

Dataran pantai terdapat di bagian timur Australia yang memanjang dari Queensland sampai Victoria. Wilayah ini merupakan wilayah terpadat di Australia. Dataran Tinggi Timur atau disebut juga The Keen Dividing Range terletak di bagian timur Australia.

Wilayahnya memanjang sejauh iii.500 km dari Greatcoat York Peninsula sampai Tasmania. Wilayah ini terdiri atas lembah atau jurang yang curam namun merupakan yang tersubur di Commonwealth of australia.

Dataran Rendah Tengah memiliki ciri sangat datar, ketinggian sekitar 200 yard di atas permukaan laut, tersusun atas batuan berusia tua, sangat kering dan sangat panas (memiliki gurun dan semi gurun).

Dataran Rendah Tengah meliputi i/4 bagian dari Benua Commonwealth of australia. Plato Bagian barat mencakup one/3 luas Benua Australia. Kondisi iklimnya sangat kering dan semi kering serta tersusun oleh batuan beku purba dan batuan metamorf.

d. Kondisi Geologi Kekayaan alam Australia seperti minyak dan gas, bauksit, batu bara, bijih besi, intan, aluminium, tembaga, emas, mangan, lithium, bijih mangan, posfat, nikel, vanadium, zinc, perak, dan uranium. Produksi batu bara Commonwealth of australia merupakan yang terbesar kedua setelah Republik Republic of guinea dan urutan kelima di dunia sebagai produsen aluminium.

Batu bara hitam Australia menempati peringkat ke-5 dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, China, dan India. Australia juga memiliki sumber daya emas terbesar dunia, berikutnya Afrika Selatan dan Rusia. due east. Flora dan Brute Posisi geografis Australia yang terisolasi membuat negara ini memiliki keunikan flora dan faunanya.

Sekitar 80 persen dari tanaman bunga, mamalia,reptil, dan katak adalah khas Australia. Vegetasi yang dominan adalah rumput hummock yang umumnya berada di Australia Barat dan Australia Selatan dan Australia Utara. Pada wilayah Commonwealth of australia Timur, hutan eukaliptus lebih umum dijumpai. Di barat dapat dijumpai hutan akasia dan semak belukar. Beberapa fauna yang sangat terkenal dan menjadi simbol atau ikon Commonwealth of australia adalah kangguru, wallabi, koala, dan setan tasmania (tasmanian devil).

Selain itu, Australia juga memiliki beberapa creature asli seperti dingo, platypus, currawong, angsa hitam, kookaburra, dan lybird. Fauna lainnya adalah ular yang banyak ditemukan di Australia.

Commonwealth of australia memiliki banyak ular berbisa. Bahkan, 21 dari 25 ular paling mematikan ada di Commonwealth of australia. Australia juga memiliki sistem terumbu karang terbesar di dunia yang bernama Great Bulwark Reef.

Beberapa spesies di lautan Australia antara lain hiu putih besar, hiu paus raksasa, dan ubur-ubur kotak (the box jellyfish) yang merupakan binatang paling berbisa di dunia. Popular: Which Pair of Organisms Would Most Likely Compete for Food f. Kondisi Penduduk Jumlah penduduk Australia mencapai 23,9 juta (WPDS, 2015) dengan angka pertumbuhan mencapai 1,fifteen%. Jumlah penduduk Australia tersebut relatif kecil jika dibandingkan luas Commonwealth of australia yang sangat besar.

Kepadatan penduduk Australia hanya three,1 orang/km2. Sekitar 89% penduduknya tinggal di daerah perkotaan.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

Penduduk asli Australia adalah Suku Aborigin. Penduduk lainnya adalah pendatang dari berbagai negara dan benua. Rata-rata ada 393 pendatang atau imigran per hari ke Australia. Struktur penduduk Australia berdasarkan usia menunjukkan bahwa 18,three% penduduknya berada di bawah usia 15 tahun, 67,7% berusia fifteen-64 tahun dan fourteen% berusia 65 tahun atau lebih.

Ini menunjukkan angka ketergantungan sebesar twenty,7%. b. Iklim Mesir memiliki iklim subtropics dan gurun. Hanya ada dua musim utama di Mesir yaitu musim panas yang sangat panas (hot summertime) dan musim dingin yang ringan (mild wintertime). Musim panas berlangsung dari Mei sampai Oktober, sedangkan musim dingin berlangsung dari November sampai Apr. Suhu udara di Mesir dapat dibedakan antara wilayah utama, yaitu pantai laut Mediterania dan daerah pedalaman Mesir.

Di wilayah pantai Laut Mediterania, suhu udara tidak sebesar di daerah pedalamannya. Di wilayah ini, pada musim dingin suhu udara berkisar antara 9,5C sampai 23C, sedangkan pada musim panas antara 17C sampai 32C. Di daerah pedalaman Mesir suhu udara dapat mencapai lebih dari 40C ada siang hari. Seperti di daerah gurun lainnya, suhu udara dapat berbeda jauh antara dan malam. Di wilayah gurun, siang hari di musim panas suhunya dapat mencapai 43C dan malam hari mencapai 7C, sedangkan pada musim dingin suhu siang hari mencapai sekitar 18oC dan malam hari dapat mencapai 0oC.

Curah hujan di Mesir hanya sekitar twenty-200 mm/tahun. Wilayah yang kering berada di bagian tengah dan selatan, sedangkan wilayah utara yang menghadap ke arah Laut Mediterania curah hujan lebih besar. Namun secara umum, curah hujan di Mesir sekitar 80 mm/tahun.

Setiap tahun antara Maret dan Mei terdapat angin yang berhembus dari selatan atau barat daya. Angin tersebut panas, kering dan berdebu yang oleh penduduk lokal disebut Sirocco dan Khamsin. Angin yang kering dan panas tersebut jika melewati gurun akan membawa serta debu dan pasir.

Suhu angin tersebut dapat mencapai 45 oC dan dengan kecepatan 140 km/jam dapat merusak tanaman yang dilewatinya. Popular: What Is an Accurate Description of Redundancy c.

Bentuk Muka Bumi Sebagian besar wilayah Mesir merupakan gumuk pasir (sand dunes) yang terletak pada wilayah yang rendah antara gurun Bagian Barat dan Gurun Lybia. Walaupun demikian ada beberapa bentuk muka bumi utama yang dapat bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di.

di wilayah Mesir, yaitu: 1. Semenanjung Sinai Semenanjung Sinai terletak di sebelah timur Terusan Suez dan berbatasan dengan Israel. Semenanjung Sinai terdiri atas dataran tinggi dan pegunungan. two. Gurun Arabia Daerah ini merupakan pegunungan yang kasar, sangat tandus dan bergelombang. Posisinya terletak antara Sungai Null dan Pegunungan di tepi Laut Merah. Puncak tertingginya adalah Jabel Hemada (1977 m). 3. Gurun Great socialist people’s libyan arab jamahiriya Gurun Great socialist people’s libyan arab jamahiriya merupakan sebuah permukaan daratan yang letaknya lebih rendah dari permukaan laut (Depresi Kontinental).

Posisi Gurun Libya berada di sebelah barat dari Sungai Nil. four. Lembah Sungai Nil Lembah Sungai Nil merupakan dataran rendah yang sangat subur. Karena itu, lembah Sungai Null menjadi pusat aktivitas pertanian, penduduk, sumber air bersih dan irigasi. Sekitar 98 persen penduduk Mesir tinggal di Lembah Sungai Nil. Sungai Zilch memiliki panjang 5.600 km dan menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia.

d. Geologi Mesir memiliki sumber daya alam berupa minyak dan gas, bijih besi, posfat, mangan, lempung, gipsum, talk, asbes, timah, emas, dan zinc. Gurun Mesir menyediakan pasokan garam yang berlimpah.

e. Flora dan Fauna Mesir tidak memiliki hutan. Flora yang umumnya tumbuh di Mesir merupakan pohon daerah kering tropis dan subtropis seperti pohon lontar (papyrus), palma, kayu putih (eucalyptus), akasia, dan semacam pohon cemaran (cypress). Fauna yang umum dijumpai adalah domba, unta, dan keledai. Selain itu, Mesir memiliki sekitar 300 jenis burung. Hanya sedikit ditemui binatang liar seperti Hiena, Jakal, Lynx, luwak, dan babi liar.

Sejenis kambing hutan dapat dijumpai di Sinai. Reptil berupa buaya dan ular juga dapat dijumpai dilembah Sungai Nil. Selain itu, berbagai jenis ikan dapat dijumpai di Sungai Aught.

f. Penduduk Jumah penduduk Mesir mencapai 89,1 juta jiwa (WPDS, 2015). Sekitar 43 persen penduduknya tinggal di daerah perkotaan dan sekitar 2/3 dari penduduk tinggal di daerah delta dan lembah sungai yang subur. Para petani tradisional Mesir disebut felllahin. Penduduk Mesir dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama, yaitu: • Orang Nubian dengan ciri kulit hitam, umumnya ada di selatan • Orang Hamit dengan ciri kulit putih dan merupakan pendiri Mesir kuno • Orang Arab Sebagian besar (90%) penduduk mesir beragama Islam, sisanya sekitar 10% beragama Kristen.

Karena itu, konstitusi Mesir berdasarkan pada hukum Islam. Bentuk Muka Bumi Australia Source: https://sites.google.com/view/ips-ix-tema1/bab-1-interaksi-antarnegara-asia-dan-negara-lainnya/b-kondisi-alam-negara-negara-di-dunia/inggris-australia-dan-mesir Recent Posts • During the Early 1960s Nasa’s Mercury Program • What Are Disinfecting or Delousing Centers • When Looking at the Hands of a Clock Showing 8 • If X Is Odd Then 3x Is Odd • Nosotros Comamos Pizza.

• A South American Country With an Elongated Shape Is • Which Set of Processes Must Occur to Form Soil • When the Word Walk Is Changed to Walked • Starting a Computer When _____ Is Called a Cold Boot.

bagian bentuk muka bumi australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di .

• Why Does Each Record in a Unique Id Number • What Is Earth’s Farthest Point South in Degrees • Who Coined the Name Day Spa in the Late 1980s • The Proclamation Line of 1763 Runs Roughly Along the

Sebuah benda bergerak dengan kelajuan konstan v melalui lintasan yang berbentuk lingkaran berjari




2022 www.videocon.com