Identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Di satu sisi, pluralisme merupakan kekuatan bangsa yang menjadi sumber dalam mengembangkan kebudayaan nasional. Namun di sisi lain, pluralisme dapat menjadi kelemahan akibat keberagaman yang berpotensi memunculkan konflik antarmasyarakat.

Potensi konflik tersebut dapat menghambat bahkan mengancam terwujudnya integrasi nasional. Contents • Mengenali Pentingnya Integrasi Bangsa Indonesia • Inilah Faktor Pembentuk Integrasi Nasional • Penyebab Integrasi Bangsa Indonesia Lainnya? • Related posts: Mengenali Pentingnya Integrasi Bangsa Indonesia Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini banyak sekali wacana-wacana terkait dengan disintegrasi bangsa yang bisa kita dapatkan dari berbagai macam kanal media seperti koran, majalah, blog, situs dan yang lainnya.

Tentunya ini merupakan sesuatu yang tidak kita harapkan dan tentunya kita berdoa semoga hal ini tidak akan pernah terjadi di bumi pertiwi ini. Dan salah satu cara untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan semakin menyadarinya kita akan pentingnya integrasi bangsa Indonesia yang mana faktor-faktornya bisa kita lihat dalam tulisan di bawah ini. Baca Juga : Faktor Penghambat Integrasi Nasional Inilah Faktor Pembentuk Integrasi Nasional • Adanya perasaan senasib sepenanggungan serta perjuangan Bangsa Indonesia di masa lalu dalam mempersatukan NKRI.

• Ideologi negara kita yaitu Pancasila terutama sila ke-3 yaitu Persatuan Indonesia sudah menjelaskan betapa pentingnya integrasi bangsa. • Semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tungga Ika yang memiliki arti berbeda-beda tapi tetap satu jua.

• Adanya tekad dan hasrat untuk senantiasa bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang dinyatakan dalam Sumpah Pemuda. identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional Ancaman yang datangnya dari luar bisa menjadi penyebab munculnya semangat nasionalisme dikalangan Bangsa Indonesia.

• Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang mempersatukan walaupun Indonesia memiliki ratusan bahasa daerah. • Adanya semangat persatuan yang menyatakan bahwa berbangsa, bernegara, dan bertanah air satu yaitu Indonesia (Sumpah Pemuda). • Budaya kerja bakti dan juga gotong identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional membuat masyarakat Indonesia semakin bersatu dalam bingkai masyarakat yang majemuk.

• Sikap toleransi dan juga tepa selira masyarakat membuat bangsa ini mengenali arti menghormati dan menghargai dalam perbedaan yang ada. • Adanya rasa cinta tanah air yang salah satu caranya bisa diwujudkan dengan bangga menggunakan produk-produk dalam negeri. Baca Juga : Pentingnya Persatuan Dalam Keberagaman Penyebab Integrasi Bangsa Indonesia Lainnya?

Jika kamu mengetahui penyebab-penyebab integrasi bangsa Indonesia yang lainnya, kamu bisa menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Mungkin hanya sekian saja tulisan saya seputar faktor-faktor pembentuk integrasi nasional, semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Recent Posts • Pengaruh Letak Geografis Indonesia yang Harus Kita Tahu • Berapa Jumlah Pemain Sepakbola? Inilah Jawabannya • Pengaruh Letak Astronomis Indonesia yang Harus Kamu Tahu • Pengaruh Letak Geologis Indonesia yang Harus Kamu Tahu • ASEAN Merupakan Organisasi?

Jawaban Lengkapnya Disini • Apa yang Dimaksud dengan Iklan Non Niaga? Jawabannya Disini • Iklan Non Niaga Adalah? Inilah Jawabannya • Gambar Iklan Non Komersial Terbaik yang Pernah Ada • Contoh Iklan Non Komersial di Sekitar Kita • Iklan Non Komersial Adalah?

Inilah Jawabannya
KOMPAS.com - Perbedaan letak geografis, bahasa, suku bangsa, adat istiadat, dan kebiasaan membuat masyarakat Indonesia berbeda-beda namun dapat disatukan melalui integrasi nasional. Dalam buku Integrasi Nasional: Teori, Masalah, dan Strategi (1996) oleh Saafroedin Bahar, integrasi nasional adalah kesadaran akan identitas bersama di antara warga negara meskipun terdapat perbedaan status sosial, agamal, letak geografis, maupun suku bangsa.

Integrasi nasional mempersatukan perbedaan bangsa dalam satu kesatuan sebagai perwujudan dari Bhinneka Tunggal Ika. Adanya sikap tekad dan keinginan untuk kembali bersatu di dalam kalangan bangsa indonesia merupakan salah satu faktor pendorong integrasi nasional Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, faktor-faktor yang mendorong integrasi nasional bangsa indonesia adalah: • Adanya rasa cinta tanah air Adanya rasa cinta tanah air membuat masyarakat memiliki nilai kebangsaan yang tinggi.

Rasa cinta terhadap tanah air akan menimbulkan rasa ingin berkorban demi kepentingan negara dan menumbuhkan solidaritas antarwarga negara. Baca juga: 10 Faktor Penghambat Integrasi Nasional • Adanya rasa senasib dan seperjuangan Rasa senasib dan seperjuangan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa dari penjajahan melandasi integrasi nasional bangsa Indonesia. Rasa senasib dan seperjuangan akibat adanya sejarahlah yang akan terus mempersatukan bangsa.

• Tekad untuk bersatu dalam mewujudkan sumpah pemuda Tekad untuk mewujudkan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 yang berisi: • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia. • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. • Kami putra dan putri Indonesia, menjungjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

• Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika Garuda Pancasila merupakan simbol kelima sila yang mendasari hukum Indonesia.

Hukum tersebut berlaku sama dan adil bagi seluruh rakyat tanpa membeda-bedakan. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tapi tetap satu. Mencerminkan masyarakat Indonesia yang beragam namun tetap satu bangsa. Baca juga: Upaya Mengatasi Ancaman Integrasi Nasional di Berbagai Bidang Sosialisasi Politik: Pengertian, Fungsi, Jenis, Agen, dan Contohnya https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/06/160803369/sosialisasi-politik-pengertian-fungsi-jenis-agen-dan-contohnya https://asset.kompas.com/crops/l1RD2I9HMH36i5aU1rcy64KlQG8=/0x0:3000x2000/195x98/data/photo/2021/04/06/606c245ae9cfb.jpg Identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional!

Jawab : Berikut faktor-faktor pembentuk integrasi nasional. • Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah. • Adanya ideologi nasional yang tecermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

• Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia seperti yang • dinyatakan dalam Sumpah Pemuda.
Liputan6.com, Jakarta Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional sangat penting dipahami oleh masyarakat. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan nasional. Faktor pendorong integrasi nasional juga penting untuk pembangunan negara. Integrasi nasional adalah upaya menyatukan seluruh perbedaan dan membangunnya menjadi satu kesatuan. Integrasi nasional merupakan kebersamaan antarmanusia tanpa membedakan kasta, keyakinan, agama, atau jenis kelamin.

Tiap negara sangat membutuhkan faktor pendorong integrasi nasional untuk menjalin sebuah kesatuan. Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional membantu menjaga kesatuan negara dari dalam meskipun ada keberagaman.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Integrasi nasional mendukung sebuah negara berada di jalur pembangunan dan kemakmuran. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/12/2021) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional. Memahami Integrasi Nasional Ilustrasi Integrasi Nasional Credit: pexels.com/Samson Sebelum mengenali faktor-faktor pembentuk integrasi nasional, kamu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI), integrasi memiliki arti pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Sementara itu, arti dari kata nasional berarti bangsa. Jadi, integrasi nasional adalah proses persatuan wilayah yang di dalamnya terdapat sebuah perbedaan. Secara umum integrasi nasional adalah sebuah penyatuan atau pembauran suatu bangsa agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Jika dilihat dalam makna politis, integrasi nasional adalah sebuah penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya ke dalam kesatuan wilayah nasional yang akan membentuk sebuah identitas nasional. Sementara dalam antropologi, integrasi nasional adalah sebuah proses penyesuaian dengan unsur-unsur kebudayaan yang berbeda, sehingga akan mencapai suatu keselarasan fungsi yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Syarat Integrasi Nasional Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional tentunya tidak lepas dari konsep dan syarat terjadinya. Konsep integrasi nasional terbagi secara vertikal dan horizontal. Konsep integrasi nasional secara vertikal mencakup bagaimana cara mempersatukan rakyat dengan pemerintah, di mana hubungan yang terbentuk terintegral secara vertikal.

Konsep ini juga mencakup bagaimana menyatukan pemerintah pusat serta seluruh pemerintah daerah. Lanjutkan membaca Sementara itu, secara horizontal, integrasi nasional adalah bagaimana untuk menyatukan rakyat Indonesia yang bisa dikatakan tingkat kemajemukannya sangat tinggi. Lalu, bagaimana cara membangun sebuah identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional kebangsaan yang sama, meskipun masyarakat selalu memiliki jati diri golongan, agama, etnis, serta berbagai hal lain yang berbeda.

Dalam intergasi nasional terdapat beberapa syarat-syarat yang perlu dilakukan agar proses integrasi nasional dapat berhasil. Tiga syarat berlangsungnya integrasi nasional adalah: 1. Anggota masyarakat yang merasa jika mereka mampu dan berhasil mengisi kebutuhan masing-masing. 2. Terciptanya sebuah kesepakatan bersama mengenai norma dan nilai sosial yang dilestarikan serta dijadikan sebuah pedoman.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

3. Norma dan nilai-nilai sosial tersebut kemudian dijadikan sebuah aturan pasti dalam melakukan integrasi sosial. Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional Ilustrasi Bendera Merah Putih Credit: unsplash.com/Nick Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional perlu dipahami oleh setiap warga negara. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional terdiri dari 6, yaitu rasa senasib dan seperjuangan, rasa cinta Tanah Air, ingin bersatu, antisipasi dari ancaman asing, budaya gotong royong, dan sebagai wujud ideologi nasional.

Berikut penjelasan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional: - Rasa senasib dan seperjuangan. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional yang paling utama adalah perasaan senasib dan seperjuangan. Sebagai contoh, rasa tersebut dahulu muncul ketika masa penjajahan, di mana warga Indonesia seluruhnya bersatu untuk merdeka.

Keinginan tersebut karena dilandasi sebuah yang sama, dan tidak peduli dengan suku, agama, ras, serta golongan. - Rasa cinta Tanah Air. Salah satu faktor yang memengaruhi integrasi nasional adalah adanya rasa cinta tanah air di kalangan Bangsa Indonesia.

Hal ini dapat dibuktikkan ketika masa perjuangan untuk merebut, menegakkan, serta mengisi kemerdekaan Republik Indonesia hingga masa kini. - Ingin bersatu. Satu di antara banyak peristiwa yang menunjukan sebuah keinginan masyarakat Indonesia untuk Bersatu yaitu Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Seluruh rakyat Indonesia ingin bersatu di dalam semangat perjuangan yang sama, tentunya sesuai cita-cita nasional.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

- Antisipasi dari ancaman asing. Integrasi nasional tidak kalah penting untuk antisipasi adanya ancaman dari asing. Ada berbagai bentuk ancaman dari pihak asing tersebut, seperti upaya pengambilan wilayah atau pulau paling luar di Indonesia. - Budaya gotong royong.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Selain itu, faktor-faktor pembentuk integrasi nasional lainnya adalah adanya budaya gotong royong. Budaya gotong royong sendiri adalah ciri khas kepribadian bangsa Indonesia yang secara turun temurun tetap dijaga dan dipertahankan hingga saat ini. - Sebagai wujud ideologi nasional. Integrasi nasional juga merupakan wujud ideologi nasional yang sudah disepakati bersama. Melalui ideologi Pancasila, Indonesia memiliki banyak perbedaan serta keragaman agar dapat tetap bersatu.

Ini karena nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara. Faktor Penghambat Integrasi Nasional Ilustrasi Bendera Indonesia. (Bola.com/Pixabay) Selain faktor-faktor pembentuk integrasi nasional, kamu juga perlu mengenali faktor penghambatnya. Berikut ini beberapa faktor penghambat integrasi nasional tersebut: - Masyarakat Indonesia yang beragam.

Salah satu faktor penghambat integrasi nasional adalah beragamnya masyarakat Indonesia, mulai dari beragamnya suku, agama, ras, serta golongan lainnya.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Bahkan di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa yang tentunya membuat integrasi nasional menjadi terhambat karena banyak perbedaan yang ada.

- Paham etnosentrisme yang kuat. Paham ini maksudnya, sebuah sikap fanatik sebuah suku bangsa yang mempersepsikan kebudayaan mereka lebih baik dibandingkan kebudayaan lain. Hal tersebut pada akhirnya bisa menjadi ancaman integrasi nasional. - Luasnya wilayah Indonesia. Luasanya wilayah negara Indonesia juga menghambat integrasi nasional.

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan dipisahkan lautan luas. - Tergerusnya budaya asli. Mulai tergerusnya budaya asli Indonesia bisa menjadi faktor penghambat integrasi nasional.

Nilai-nilai budaya bangsa yang lemah, dapat terjadi akibat pengaruh budaya asing yang kuat namun tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. - Pembangunan tidak merata. Lalu, faktor penghambat integrasi nasional selanjutnya karena pembangunan yang tidak merata.

Hal ini sebenarnya merupakan akibat karena wilayah negara Indonesia yang begitu luas. Sehingga tantangan untuk melakukan integrasi nasional terdapat ketimpangan pembangunan. Merdeka.com - Merdeka.com - Makam almarhum Amis Ando (45), yang sebelumnya meninggal dunia usai disel selama 12 jam di Kepolisian Resor (Polres), Sulawesi Tenggara, bakal identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional untuk dilakukan autopsi. Kasat Reskrim Polres Muna Iptu Astaman di Muna, Sabtu, mengatakan jadwal pembongkaran makam almarhum bakal dilakukan pada Sabtu pukul 13.00 Wita.

"Awalnya dijadwalkan pukul 10.00 Wita hari ini, tetapi dokter ahli forensik berhalangan, akhirnya dijadwalkan pukul 13.00 Wita," katanya, dilansir A Merdeka.com - Merdeka.com - Galih Gani Irawan (16), penerbang paralayang asal Pekanbaru, Riau hilang sejak Jumat (6/5) di kawasan hutan Green Lawang.

Tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat akhirnya menemukan Galih dengan kondisi selamat pada Sabtu (7/5) sekitar pukul 12.30 WIB. Kapolsek Matur Iptu Yance Mardi mengatakan, korban ditemukan dalam kondisi lemas akibat tidak mendapatkan asupan makan selama 24 jam. "Lokasi juga diguyur hujan dan kondisi suhu cukup dingin di daerah Bola.com, Bangkok - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mengungkap kunci kemenangan atas tunggal Singapura, Jason Teh Jia Heng dengan skor 21-19, 21-13 pada identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional penyisihan Grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (8/5/2022).

"Pada gim pertama pola pikir saya masih seperti main di Kejuaraan Asia di Manila lalu yang anginnya cukup keras. Jadi saat menang angin, pukulan-pukulan saya kurangi powernya, ternyata malah serba tanggung dan justru mengenakan lawan karen
Liputan6.com, Jakarta Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional sangat penting dipahami oleh masyarakat.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan nasional. Faktor pendorong integrasi nasional juga penting untuk pembangunan negara. Integrasi nasional adalah upaya menyatukan seluruh perbedaan dan membangunnya menjadi satu kesatuan.

Integrasi nasional merupakan kebersamaan antarmanusia tanpa membedakan kasta, keyakinan, agama, atau jenis kelamin. Tiap negara sangat membutuhkan faktor pendorong integrasi nasional untuk menjalin sebuah kesatuan. Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional membantu menjaga kesatuan negara dari dalam meskipun ada keberagaman. Integrasi nasional mendukung sebuah negara berada di jalur identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dan kemakmuran. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/12/2021) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.

Sebelum mengenali faktor-faktor pembentuk integrasi nasional, kamu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI), integrasi memiliki arti pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Sementara itu, arti dari kata nasional berarti bangsa. Jadi, integrasi nasional adalah proses persatuan wilayah yang di dalamnya terdapat sebuah perbedaan. Secara umum integrasi nasional adalah sebuah penyatuan atau pembauran suatu bangsa agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Jika dilihat dalam makna politis, integrasi nasional adalah sebuah penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya ke dalam kesatuan wilayah nasional yang akan membentuk sebuah identitas nasional.

Sementara dalam antropologi, integrasi nasional adalah sebuah proses penyesuaian dengan unsur-unsur kebudayaan yang berbeda, sehingga akan mencapai suatu keselarasan fungsi yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Faktor-faktor pembentuk identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional nasional tentunya tidak lepas dari konsep dan syarat terjadinya.

Konsep integrasi nasional terbagi secara vertikal dan horizontal. Konsep integrasi nasional secara vertikal mencakup bagaimana cara mempersatukan rakyat dengan pemerintah, di mana hubungan yang terbentuk terintegral secara vertikal. Konsep ini juga mencakup bagaimana menyatukan pemerintah pusat serta seluruh pemerintah daerah. Sementara itu, secara horizontal, integrasi nasional adalah bagaimana untuk menyatukan rakyat Indonesia yang bisa dikatakan tingkat kemajemukannya sangat tinggi.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Lalu, bagaimana cara membangun sebuah identitas kebangsaan yang sama, meskipun masyarakat selalu memiliki jati diri golongan, agama, etnis, serta berbagai hal lain yang berbeda.

Dalam intergasi nasional terdapat beberapa syarat-syarat yang perlu dilakukan agar proses integrasi nasional dapat berhasil. Tiga syarat berlangsungnya integrasi nasional adalah: 1. Anggota masyarakat yang merasa jika mereka mampu dan berhasil mengisi kebutuhan masing-masing.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

2. Terciptanya sebuah kesepakatan bersama mengenai norma dan nilai sosial yang dilestarikan serta dijadikan sebuah pedoman. 3. Norma dan nilai-nilai sosial tersebut kemudian dijadikan sebuah aturan pasti dalam melakukan integrasi sosial.

Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional perlu dipahami oleh setiap warga negara. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional terdiri dari 6, yaitu rasa senasib dan seperjuangan, rasa cinta Tanah Air, ingin bersatu, antisipasi dari ancaman asing, budaya gotong royong, dan sebagai wujud ideologi nasional.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Berikut penjelasan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional: - Rasa senasib dan seperjuangan. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional yang paling utama adalah perasaan senasib dan seperjuangan. Sebagai contoh, rasa tersebut identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional muncul ketika masa penjajahan, di mana warga Indonesia seluruhnya bersatu untuk merdeka. Keinginan tersebut karena dilandasi sebuah yang sama, dan tidak peduli dengan suku, agama, ras, serta golongan.

- Rasa cinta Tanah Air. Salah satu faktor yang memengaruhi integrasi nasional adalah adanya rasa cinta tanah air di kalangan Bangsa Indonesia. Hal ini dapat dibuktikkan ketika masa perjuangan untuk merebut, menegakkan, serta mengisi kemerdekaan Republik Indonesia hingga masa kini. - Ingin bersatu.

Satu di antara banyak peristiwa yang menunjukan sebuah keinginan masyarakat Indonesia untuk Bersatu yaitu Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Seluruh rakyat Indonesia ingin bersatu di dalam semangat perjuangan yang sama, tentunya sesuai cita-cita nasional. - Antisipasi dari ancaman asing.

Integrasi nasional tidak kalah penting untuk antisipasi adanya ancaman dari asing. Ada berbagai bentuk ancaman dari pihak asing identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional, seperti upaya pengambilan wilayah atau pulau paling luar di Indonesia. - Budaya gotong royong. Selain itu, faktor-faktor pembentuk integrasi nasional lainnya adalah adanya budaya gotong royong.

Budaya gotong royong sendiri adalah ciri khas kepribadian bangsa Indonesia yang secara turun temurun tetap dijaga dan dipertahankan hingga saat ini. - Sebagai wujud ideologi nasional. Integrasi nasional juga merupakan wujud ideologi nasional yang sudah disepakati bersama.

Melalui ideologi Pancasila, Indonesia memiliki banyak perbedaan serta keragaman agar dapat tetap bersatu. Ini karena nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara. Selain faktor-faktor pembentuk integrasi nasional, kamu juga perlu mengenali faktor penghambatnya. Berikut ini beberapa faktor penghambat integrasi nasional tersebut: - Masyarakat Indonesia yang beragam. Salah satu faktor penghambat integrasi nasional adalah beragamnya masyarakat Indonesia, mulai dari beragamnya suku, agama, ras, serta golongan lainnya.

Bahkan di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa yang tentunya membuat integrasi nasional menjadi terhambat karena banyak perbedaan yang ada. - Paham etnosentrisme yang kuat. Paham ini maksudnya, sebuah sikap fanatik sebuah suku bangsa yang mempersepsikan kebudayaan mereka lebih baik dibandingkan kebudayaan lain.

Hal tersebut pada akhirnya bisa menjadi ancaman integrasi nasional. - Luasnya wilayah Indonesia. Luasanya wilayah negara Indonesia juga menghambat integrasi nasional.

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan dipisahkan lautan luas. - Tergerusnya budaya asli. Mulai tergerusnya budaya asli Indonesia bisa menjadi faktor penghambat integrasi nasional.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Nilai-nilai budaya bangsa yang lemah, dapat terjadi akibat pengaruh budaya asing yang kuat namun tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. - Pembangunan tidak merata.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Lalu, faktor penghambat integrasi nasional selanjutnya karena pembangunan yang tidak merata. Hal ini sebenarnya merupakan akibat karena wilayah negara Indonesia yang begitu luas. Sehingga tantangan untuk melakukan integrasi nasional terdapat ketimpangan pembangunan.Setelah sebelumnya MaoliOka berbagi tentang pengertian integrasi nasional, kali ini MaoiliOka akan menuliskan kembali tentang Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional.

Manusia hidup dalam reliatas yang plural, hal yang sama juga pada masyarakat Indonesia yang majemuk (plural society). Corak masyarakat Indonesia adalah ber-Bhinneka Tunggal Ika, bukan lagi keanekaragaman suku bangsa dan kebudayaannya, melainkan keanekaragaman kebudayaan yang berada dalam masyarakat Indonesia. Dalam masyarakat majemuk, seperti Indonesia dilihat memiliki suatu kebudayaan yang berlaku secara umum dalam masyarakat. Masyarakat plural merupakan “belati” bermata ganda dimana pluralitas sebagai rahmat dan sebagai ancaman.

Pemahaman pluralitas sebagai rahmat adalah keberanian untuk memerima perbedaan. Menerima perbedaan bukan hanya dengan kompetensi keterampilan, melainkan lebih banyak terkait dengan persepsi dan sikap sesuai dengan realitas kehidupan yang menyeluruh. Dengan demikian, kita perlu memahami dan mengetahui faktor-faktor pembentuk integrasi nasional, baik faktor pembentuk maupun faktor penghambat integrasi nasional.

identifikasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

Berikut ini faktor-faktor tersebut. Jangan Lupa Simak Juga Sumber Keuangan Daerah
Berikut faktor penting untuk mewujudkan integrasi nasional menurut Sunyoto Usman. • Masyarakat dapat menemukan dan mnyepakati nilai-nilai fundamental yang dapat dijadikan rujukan bersama. • Masyarakat terhimpun dalam unit sosial sekaligus memiliki cross cutting affiliation sehingga menghasilkan cross cutting loyalities.

• Masyarakat berada di atas saling ketergantungan di antara unit-unit sosial yang terhimpun di dalamnya dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi.

Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional




2022 www.videocon.com