Contoh deskripsi diri dalam cv

contoh deskripsi diri dalam cv

Kamu baru lulus sekolah atau kuliah? Simak berbagai contoh deskripsi diri di CV dan tipsnya untuk fresh graduate berikut ini! Deskripsi Diri di CV untuk Fresh Graduate – Lulus kuliah merupakan suatu hal yang membanggakan bagi setiap mahasiswa yang menjalani pendidikan. Namun, hal ini contoh deskripsi diri dalam cv langkah awal untuk kita membangun karir dan masa depan yang cemerlang. Langkah pertama kita untuk bisa menginjakan kaki di kantor impian adalah membuat CV saat ingin melamar pekerjaan.

Dalam pembuatan CV, kita mencantumkan pendidikan, pengalaman, dan deskripsi diri dalam sebuah CV.Deskripsi diri merupakan ringkasan yang dibuat untuk menggambarkan keterampilan, pengalaman, dan juga keahlian yang kamu miliki. Deskripsi diri dibuat dengan tata bahasa yang baik dan efektif agar mudah dibaca.

Kalimat dibuat singkat dan sudah mencakup kemampuan atau keahlian, Toppers. Untuk kamu para fresh graduate yang masih bingung dalam pembuatan CV, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 8 Contoh Skill dalam CV: Hard & Soft Skill yang Menarik untuk HRD! Tips Membuat Deskripsi Diri di CV Sumber Gambar: Pexels Pembuatan deskripsi diri dalam sebuah CV tidak bisa dibuat sembarangan, Toppers. Sebagai fresh graduate, kamu wajib mencantumkan deskripsi diri yang menarik, efektif, dan profesional agar menarik di mata HRD.

Untuk kamu yang ingin menulis deskripsi diri, yuk ikuti tips-tips berikut ini! 1. Buat Deskripsi yang Ringkas dan Profesional Seorang HRD tidak memiliki waktu yang banyak dalam membaca seluruh CV yang melamar pada pekerjaan, sehingga kamu perlu membuat deskripsi yang ringkas dan profesional.

Deskripsi singkat terdiri dari dua atau tiga kalimat dalam menulis paragraf di dalam deskripsi. Kamu dapat menggunakan jabatan, pengalaman, dan pengalaman kerjamu secara singkat. 2. Tulis Inti Keterampilan contoh deskripsi diri dalam cv Ingin Ditonjolkan Selain membuat deskripsi yang ringkas dan profesional, kamu hanya perlu menuliskan keterampilan yang paling kamu kuasai dan ingin ditonjolkan.

Kamu tidak perlu menuliskan seluruh keterampilan dan prestasi yang dimiliki karena bagian tersebut tercantum di bagian lain dalam sebuah CV. 3. Memiliki Struktur yang Rapi Sebuah deskripsi diri di dalam CV perlu dibuat dengan struktur yang rapi agar para rekruiter tidak bingung saat membaca deskripsi diri.

Kamu bisa memulai dengan menuliskan profesi lalu ke pengalaman kerja. 4. Gunakan Angka atau Persentase Penggunaan angka atau persentase akan membuat deskripsi diri lebih menarik dan detail. Sebagai contoh, kamu bisa menjelaskan seperti “berhasil menaikkan traffic hingga 20% setiap bulannya”.

5. Periksa Penulisan Deskripsi Langkah terakhir dalam penulisan deskripsi di CV, kamu perlu memeriksa penulisan deskripsi. Pastikan deskripsi sudah dibuat ringkas dan memiliki struktur yang rapi. Jika ada kesalahan tata bahasa atau grammar, kamu perlu membuatnya lebih rapi lagi.

Deskripsi Diri CV Fresh Graduate Sumber Gambar: Pexels 1. CV Fresh Graduate Kedokteran Saya adalah mahasiswa kedokteran tingkat akhir yang bercita-cita menjadi ahli bedah. Saya dianugerahi sebagai mahasiswa Universitas paling berprestasi pada tahun 2018, Valedictorian untuk kelulusan sarjana 2019, dan pembicara Pembukaan untuk kelas Kedokteran 2018.

Terlepas dari kegiatan saya sebagai mahasiswa kedokteran contoh deskripsi diri dalam cv klinis, Saya terlibat dalam berbagai proyek penelitian klinis yang bekerja baik pada penelitian primer maupun sekunder. Selain menargetkan Bedah Vaskular dan Bedah Umum sebagai spesialisasi minatnya, saya juga telah menunjukkan pengalaman klinis dan keterampilan penelitian melalui beberapa pengalaman kerja sebagai asisten peneliti dan rekan peneliti klinis junior.

2. CV Fresh Graduate Ilmu Hukum Saya adalah lulusan baru dari Universitas Padjadjaran dengan konsentrasi jurusan hukum perdata. Hobi saya adalah olahraga. Saya seorang pembelajar yang cepat, senang mempelajari hal-hal baru, dan juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan keterampilan pemecahan masalah yang baik.

Saya memiliki minat yang besar sebagai posisi entry level staf Hukum atau Sumber Daya Manusia atau pekerjaan apa pun yang terkait dengan bidang hukum. 3. CV Fresh Graduate Akuntansi Saya lulusan akuntansi di Contoh deskripsi diri dalam cv Negeri Bandung. Saya adalah orang yang kreatif, energik dan inovatif dengan lebih dari delapan tahun pengalaman di bidang akuntansi dan bisnis selama kelas saya.

Saya mulai membangun usaha sosial kecil-kecilan di bidang kerajinan. Saya berharap dapat menciptakan sebuah karya di bidang kerajinan yang mengedepankan konsep berkelanjutan, ramah lingkungan, dan pemberdayaan.

Selain itu, berbagai pengalaman kerja menjadikan saya pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, dapat bekerja dengan tim maupun sendiri, dan menjadi pendengar yang baik dengan kemampuan psikologis dasar.

baca juga: 10 Contoh Deskripsi Diri di CV & Saat Interview, Ringkas dan Menarik! 4. CV Fresh Graduate Sastra Inggris Saya seorang lulusan Sastra Inggris, Dunia yang mulai serba digital ini membuat saya tidak hanya fokus menyelesaikan pendidikan tetapi juga belajar banyak hal di tempat lain seperti mengikuti berbagai magang di beberapa perusahaan dan mengikuti kursus untuk menambah skill dan sertifikasi yang valid.

Saya memiliki ketertarikan pada dunia kreatif seperti membuat kerajinan tangan dan desainer grafis. Tidak hanya itu, bidang digital marketing, content writer, motion graphic, videographer, dan product designer juga menjadi bidang yang saya tekuni. Saya sangat suka mempelajari hal-hal baru karena dengan begitu saya merasa bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang berguna untuk karir dan pengetahuan saya sendiri.

5. CV Fresh Graduate Ilmu Komunikasi Saya lulusan Ilmu Komunikasi dan memiliki minat di bidang media kreatif, komunikasi strategis, sumber daya manusia, dan pemasaran digital. Sata memiliki kemampuan dalam organisasi dan kepemimpinan. Menyukai tentang seni, fotografi, pembuatan film, dan penulisan kreatif. 6. CV Fresh Graduate Hubungan Internasional Saya memiliki ketertarikan yang besar pada isu luar negeri, terutama pada lingkungan, pendidikan, dan pemberdayaan perempuan.

Saya juga memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian, membuat konsep acara, menulis konten kreatif, dan mengelola media sosial. Silakan hubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut. Semoga harimu menyenangkan! 7. CV Fresh Graduate Jurnalistik Saya adalah lulusan Jurnalistik yang terampil dalam Komunikasi, Penulisan Fitur, Public Speaking, Hubungan Media, dan Penulisan Kreatif.

Profesional pengembangan bisnis yang kuat dengan gelar Sarjana yang berfokus pada Jurnalisme dari Universitas Padjadjaran. 8. CV Fresh Graduate Keperawatan Saya adalah wanita berusia 20 tahun yang visioner, berpikiran terbuka, dan memiliki motivasi tinggi untuk meningkatkan dirinya melalui pembelajaran dan pengalaman berorganisasi.

Saya lulusan jurusan Ilmu Keperawatan di Universitas Padjadjaran yang peduli dengan kesehatan mental, kesetaraan gender, dan hak asasi manusia. 9. CV Fresh Graduate Pertanian Seorang individu yang terorganisir dan pekerja keras dengan minat dalam bisnis, ekonomi, dan hubungan internasional. Berpengalaman bekerja dalam tim dan juga bekerja secara mandiri di bawah tekanan untuk mencapai tujuan dan memenuhi tenggat waktu tepat waktu.

Mampu beradaptasi dengan cepat dan mempelajari informasi dan keterampilan baru untuk memastikan pekerjaan diselesaikan secara efisien dan akurat. Saya adalah orang yang bersemangat dan berpikiran terbuka, yang selalu mencoba yang terbaik untuk membantu orang lain kapanpun dibutuhkan.

Keterampilan interpersonal yang kuat dan motivasi diri yang tinggi untuk pertumbuhan diri dan anggota tim Baca Juga: Cara Membuat CV di Word: Simple, Kreatif & Menarik Nah, itu dia Toppers contoh deskripsi diri di CV untuk kamu para fresh graduate yang sedang mencari tempat magang atau pekerjaan tetap. Buatlah secara ringkas dan rapi ya, Toppers. Untuk mendukung aktivitas kerjamu, beli alat tulis kantor yang memiliki penawaran harga menarik hanya di Tokopedia! Menulis deskripsi contoh deskripsi diri dalam cv di dalam CV sangatlah penting, lalu seperti apa contoh deskripsi diri yang menarik perhatiaan rekruter?

Bagi seorang pelamar kerja, CV adalah senjata utama yang digunakan untuk menarik perhatian rekruter. Sayangnya, masih banyak yang kurang paham cara membuat CV yang benar. Bahkan, untuk di bagian penting seperti deskripsi diri.

Menyusun kata pada bagian deskripsi diri memang perlu diperhatikan baik-baik. Pasalnya, bagian ini akan menjelaskan apa saja keterampilan dan pengalaman kerjamu. Tidak perlu khawatir jika kamu masih belum terbayang membuat deskripsi diri yang baik.

Berikut Glints berikan tips dan contoh menulis deskripsi diri agar CV kamu bisa lebih menarik. © Pexels.com Sebelum membahas tips dan contoh-contohnya, kita pertama-tama perlu mengulas definisi dari deskripsi diri.

Menurut laman CV Plaza, deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri kamu. Maka dari itu, ia biasanya berisi pengalaman dan keterampilan kamu yang paling berharga. Karena bagian ini adalah ringkasan profil diri, deskripsi diri perlu dirancang supaya bisa menonjolkan fitur-fitur terbaikmu.

Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan profesi yang dilamar. Intinya, di sini kamu harus bisa menarik perhatian para rekruter untuk membaca keseluruhan CVmu, dan melihat apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Tips Menulis Deskripsi Diri © Thebalancecareers.com 1. Fokus pada keterampilan dan prestasi yang dimiliki Ada hal pertama yang tidak boleh dilupakan saat membuat deskripsi diri yaitu mencantumkan keterampilan dan prestasi.

Menurut The Balance Careerpernyataan yang dibuat dalam deskripsi diri harus memberikan dampak, tapi juga tetap dibuat singkat. Agar tetap ringkas, kamu tidak perlu menuliskan semua keterampilan atau prestasi yang dimiliki. Cukup pilih keterampilan yang paling dikuasai contoh deskripsi diri dalam cv prestasi yang paling membanggakan.

Usahakan membuat deskripsi diri yang singkat dan padat akan informasi. Pasalnya, dalam CV masih ada bagian lain yang juga perlu contoh deskripsi diri dalam cv. Jangan lupa juga untuk membuat kalimat dengan kata yang bermakna positif untuk menggambarkan dirimu, ya.

2. Lebih selektif dalam memberikan informasi Dalam menulis CV kamu tidak perlu menuliskan semua riwayat pekerjaan yang pernah dilalui, a palagi menuliskan semua job description tiap jabatan.

Dalam deskripsi diri, kamu bisa menuliskan apa saja informasi yang relevan sesuai info pekerjaan yang sedang dilamar. Jadi, mengetahui lebih dahulu apa saja keterampilan yang sesuai dengan lamaran akan sangat menguntungkan. Hindari juga menjelaskan dengan kata-kata yang kaku. Misalnya, “Menanggapi email pelanggan” atau “Menjawab telepon pelanggan.” bisa diganti menjadi “Menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan melalui percakapan telepon dan email.” 3.

Gunakan angka dan simbol Salah satu tips yang perlu kamu perhatikan untuk menulis deskripsi diri yaitu mencantumkan angka dan simbol. Penggunaan angka atau simbol seperti akan lebih mudah dibaca oleh rekruter. Hal ini untuk membuat deskripsi dirimu lebih menarik, detail, dan menjelaskan. Misalnya, kalimat seperti “Berhasil menaikkan traffic setiap bulan.” bisa menjadi “Berhasil menaikkan traffic hingga 35% setiap bulan.” Bahkan, untuk pekerjaan pramusaji pun kamu bisa menuliskannya dengan angka agar lebih terlihat mengagumkan.

Jadi, saat menulis contoh deskripsi diri dalam CV cobalah menuliskannya dengan menggunakan angka untuk menjelaskan pencapaianmu. Hal itu pasti akan membuat CV-mu lebih dilirik oleh rekruter.

4. Contoh deskripsi diri dalam cv pencapaian Dalam menulis deskripsi diri dalam CV, penjelasan mengenai tanggung jawab dalam pekerjaan sebelumnya memang diperlukan. Namunrekruter akan lebih tertarik jika kamu menjelaskan mengenai apa saja pencapaian yang telah diraih di pekerjaan sebelumnya. Apalagi, jika pencapaian tersebut memang cukup relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Dijamin CV-mu akan menjadi salah satu kandidat utama. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sisipkan juga contoh deskripsi diri dalam cv angka dan data agar lebih menarik dibaca ya.

Misalnya, “Mampu meningkatkan penjualan sebesar 5% dalam setahun” atau “Berhasil menambah followers hingga 30% dalam 12 bulan.” Pencapaian yang dijelaskan dengan angka akan lebih terlihat akurat dan menonjol. Jadi saat menuliskan deskripsi diri jangan lupa untuk menerapkannya ya. © educenter.id Setelah mengetahui beberapa tips untuk menuliskan deskripsi diri dalam CV di atas, tentu kamu sudah sedikit mengerti bukan?

Agar lebih jelas berikut ini contoh penulisan deskripsi diri dalam CV yang bisa dijadikan referensi. 1. Contoh deskripsi diri content writer “Saya adalah orang yang kreatif dan terbiasa membuat konten seperti artikel, video, atau gambar untuk media sosial. Selama satu tahun bekerja saya berperan untuk meningkatkan traffic website sebesar 30%. Kreativitas yang saya miliki contoh deskripsi diri dalam cv berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya bisa mencari solusi saat ada kendala.” 2.

Contoh deskripsi diri digital marketer “Saya memiliki kemampuan bersosialisasi dengan mudah. Selama 6 bulan bekerja sebagai marketingsaya berhasil meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga 5%. Kemampuan komunikasi yang saya miliki berperan penting dalam mencapai target yang dibebankan kepada saya.” 3.

Contoh deskripsi diri fresh graduate “Saya merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan pengalaman kerja di bidang penulisan kreatif selama kurang lebih empat tahun. Saya juga sebelumnya pernah menjadi guru pengganti untuk materi tata bahasa dan sastra di tingkat SMA.

Dari pengalaman tersebut, saya telah meraih sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.“ 4. Contoh deskripsi diri accounting manager “Perkenalkan, saya adalah seorang accounting manager dengan pengalaman akuntasi di industri real estate dan marketing selama 5 tahun. Saya menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan.

Saya juga andal dalam menerapkan praktik dan prosedur auditing yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. “ 5. Deskripsi diri customer service “Saya adalah seorang customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari 3 tahun.

Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang telah meningkatkan customer loyalty sebesar 20%. Saya kini mencari posisi sebagai sebagai customer service supervisor untuk melanjutkan perkembangan karier ke bidang manajemen.” 6.

Contoh deskripsi diri IT support “Saya adalah profesional IT dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician. Seorang yang sangat teliti dan terampil mengoperasikan berbagai platform IT support. Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, serta mampu memaparkan isu-isu software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.” 7. Contoh deskripsi diri pindah jalur karier “Profesional marketing yang berpengalaman selama 4 tahun.

Ingin membawa pengalaman kerjanya ke ranah sales. Saya memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Menguasai skill komunikasi dengan mumpuni dan mampu bekerja di bawah tekanan. Prestasi yang telah saya raih membuat rekam jejak saya unggul dalam bidang penjualan.” 8. Contoh deskripsi diri manajemen bisnis “Saya adalah seorang profesional bisnis yang memiliki pengalaman kerja selama 4 tahun dalam bidang business development.

Kini mencari peluang untuk terjun ke dunia manajemen bisnis. Saya merupakan seseorang yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisis pasar, serta evaluasi pertumbuhan. Memiliki kemampuan problem solving dan leadership yang kuat. Mampu meningkatkan angka kepuasan klien dan partner hingga 60% pada perusahaan sebelumnya.” 9.

Contoh deskripsi diri lulusan S2 “Lulusan S2 Ilmu Komputer Universitas Ternama dengan pengalaman internship di salah satu fintech terbaik di Indonesia. Memiliki beberapa proyek perancangan software bersama rekan-rekan di kampus untuk bisnis pengiriman uang dan identifikasi pemerima.

Saya sendiri adalah seseorang yang dapat diandalkan, suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu. Saya pun dapat menyumbang berbagai inovasi menarik.” 10. Contoh deskripsi diri project manager “Seorang project manager jr dengan 3 tahun pengalaman kerja di bidang produk. Telah mengajukan banyak proyek dan solusi baru yang meningkatkan 20% pendapatan tahunan untuk perusahaan X. Sekarang sedang mencari posisi project manager senior untuk meningkatkan karier dan keuntungan perusahaan.” 11.

Contoh deskripsi diri designer “Lulusan S1 Desain Grafis dari Universitas Desain Ternama. Berpengalaman 2+ tahun dalam dunia graphic design. Menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop. Berpengalaman dalam pembuatan storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran.

Seseorang yang sangat ambisius, teliti, dan terdorong untuk membuat inovasi menarik bagi perusahaan.” 12. Contoh deskripsi diri sales “Profesional dalam bidang sales dengan pengalaman kerja selama 2 tahun.

Memiliki spesialisasi dalam bidang manajemen penjualan dan marketing. Memiliki kelebihan dalam hal negosiasi, fokus dalam pencapaian target dan kemampuan leadership. Menguasai software-software penjualan terbaru.” 13.

Contoh deskripsi diri HRD “Seorang lulusan S1 Psikologi Universitas Terbaik yang sedang mencari kesempatan menjadi contoh deskripsi diri dalam cv HRD. Memiliki pengalaman magang dan freelance selama 1 tahun. Andal dalam hal pemecahan masalah, penempatan karyawan, kolaborasi, dan kemampuan evaluasi yang mendetail. Punya kemampuan berkomunikasi. berpikir kritis, dan empati yang tinggi.” 14. Contoh deskripsi diri internship “Mahasiswa bisnis tingkat akhir di Universitas Ternama yang energetik dan ambisius.

Aktif dalam organisasi kampus dan sering menjadi tutor bagi mahasiswa baru FEB UT. Memiliki ketertarikan di bidang akuntansi dan investasi saham. Andal menjalankan software accounting. Mahir problem solving dan berpikir kritis. Kini sedang mencari pengalaman magang, khususnya di bidang finance untuk membuka gerbang karier di sektor accounting.” 15.

Contoh deskripsi diri bahasa Inggris “I’am a highly creative, ambitious, and experienced content editor with more than 3 years of experience in managing marketing campaigns and projects by evaluating Instagram captions, blog posts, and more. Passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a department and deliver the best results for clients, shareholders, and partners in all sectors.” 16.

Contoh deskripsi diri data analyst “Saya adalah lulusan S1 Ilmu Perpustakaan yang selalu termotivasi dan dapat bekerja sama dalam tim. Memiliki pengalaman magang bidang data selama 6 bulan. Kini contoh deskripsi diri dalam cv posisi sebagai data analyst. Seorang yang teliti, terstruktur, dan cekatan saat mengerjakan tugas.

Berambisi dan terdorong untuk selalu mengembangkan keterampilan.” Hal yang Perlu Dihindari saat Menulis Deskripsi Diri © Freepik.com Dalam membuat contoh deskripsi diri juga terdapat beberapa hal yang contoh deskripsi diri dalam cv dihindari seperti poin-poin berikut ini.

1. Menulis kebohongan Menurut The Guardian ada lebih dari sepertiga dari pencari kerja yang berbohong dalam CV yang dibuatnya. Umumnya mereka menuliskan prestasi palsu atau mengatakan memiliki keterampilan tertentu. Kebohongan seperti itu sebisa mungkin kamu hindari ya. Hal ini untuk menghindari kesulitan-kesulitan yang akan menanti. Setelah kamu berbohong, tentu kebohongan-kebohongan berikutnya akan diperlukan untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Tidak sedikit rekruter yang melakukan riset dan menyelidiki apa yang kamu tulis di CV. Jika terbukti kamu menulis kebohongan, maka bisa langsung dicoret dari daftar kandidat, pastinya perusahaan tersebut juga akan memasukkan namamu dalam black list. contoh deskripsi diri dalam cv. Kesalahan penulisan Kesalahan penulisan juga masih sering terjadi dalam penulisan contoh deskripsi diri.

Hal tersebut memang terlihat sepele, tapi sebenarnya bisa dijadikan penilaian oleh rekruter. Saat deskripsi diri yang kamu buat memiliki banyak typotentu hal itu bisa mengganggu dan bahkan bisa salah arti. Rekruter bisa menyimpulkan bahwa kamu termasuk orang yang kurang teliti. Jadi setelah menulis deskripsi diri selalu baca berulang-ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan. Selain itu, perhatikan juga tanda baca yang digunakan.

Misalnya penggunaan tanda koma (,) atau titik (.) apakah sudah sesuai atau belum. 3. Menuliskan terlalu banyak informasi Bagi rekruter, CV yang menarik bukanlah yang panjang dan memuat banyak informasi.

Itulah mengapa kamu harus contoh deskripsi diri dalam cv CV yang ringkas dan padat. Ada beberapa hal yang tidak perlu dituliskan dalam CV, seperti berbagai informasi pribadi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Bahkan menurut Independent, ada beberapa calon kandidat yang memberikan informasi mulai dari hobi, jumlah gaji, hingga alasan resign dari tempat kerja sebelumnya. Jadi jika ingin CV dilirik oleh perusahaan, sebaiknya sampaikan informasi yang memang relevan dengan posisi yang dilamar.

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat CV yang Sering Ditemukan Perekrut Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, sekarang kamu bisa segera membuat contoh deskripsi diri dalam CV. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang valid dan mudah dipahami, ya. Namun, deskripsi diri hanyalah satu hal di dalam CV. Ada banyak bagian dan faktor dalam CV lainnya yang perlu kamu perhatikan. Penasaran apa saja? Tenang, kamu bisa pelajari semuanya di kanal CV/Portofolio Glints Blog.

Di dalamnya, Glints sudah sediakan pembahasan seputar aspek-aspek dan tips membuat CV lebih menarik khusus buat kamu. Menarik bukan? Jangan sampai ketinggalan informasi. Yuk, langsung baca kumpulan artikelnya sekarang juga. Gratis! • How to Write Job Descriptions for Your Resume • 30 THINGS YOU SHOULD NEVER PUT ON YOUR CV • How to avoid the seven most common CV mistakes • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Menulis deskripsi diri di dalam CV sangatlah penting, lalu seperti apa contoh deskripsi diri yang menarik perhatiaan rekruter?

Bagi seorang pelamar kerja, CV adalah senjata utama yang digunakan untuk menarik perhatian rekruter. Sayangnya, masih banyak yang kurang paham cara membuat CV yang benar. Bahkan, untuk di bagian penting seperti deskripsi diri. Menyusun kata pada bagian deskripsi diri memang perlu diperhatikan baik-baik. Pasalnya, bagian ini akan menjelaskan apa saja keterampilan dan pengalaman kerjamu. Tidak perlu khawatir jika kamu masih belum terbayang membuat deskripsi diri yang baik.

Berikut Glints berikan tips dan contoh menulis deskripsi diri agar CV kamu bisa lebih menarik. © Pexels.com Sebelum membahas tips dan contoh-contohnya, kita pertama-tama perlu mengulas definisi dari deskripsi diri.

Menurut laman CV Plaza, deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri kamu.

Maka dari itu, ia biasanya berisi pengalaman dan keterampilan kamu yang paling berharga. Karena bagian ini adalah ringkasan profil diri, deskripsi diri perlu dirancang supaya bisa menonjolkan fitur-fitur terbaikmu. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan profesi yang dilamar. Intinya, di sini kamu harus bisa menarik perhatian para rekruter untuk membaca keseluruhan CVmu, dan melihat apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Tips Menulis Deskripsi Diri © Thebalancecareers.com 1.

Fokus pada keterampilan dan prestasi yang dimiliki Ada hal pertama yang tidak boleh dilupakan saat membuat deskripsi diri yaitu mencantumkan keterampilan dan prestasi. Menurut The Balance Careerpernyataan yang dibuat dalam deskripsi diri harus memberikan dampak, tapi juga tetap dibuat singkat. Agar tetap ringkas, kamu tidak perlu menuliskan semua keterampilan atau prestasi yang dimiliki.

Cukup pilih keterampilan yang paling dikuasai dan prestasi yang paling membanggakan. Usahakan membuat deskripsi diri yang singkat dan padat akan informasi. Pasalnya, dalam CV masih ada bagian lain yang juga perlu dicantumkan. Jangan lupa juga untuk membuat kalimat dengan kata yang bermakna positif untuk menggambarkan dirimu, ya.

2. Lebih selektif dalam memberikan informasi Dalam menulis CV kamu tidak perlu menuliskan semua riwayat pekerjaan yang pernah dilalui, a palagi menuliskan semua job description tiap jabatan. Dalam deskripsi diri, kamu bisa menuliskan apa saja informasi yang relevan sesuai info pekerjaan yang sedang dilamar.

Jadi, mengetahui lebih dahulu apa saja keterampilan yang sesuai dengan lamaran akan sangat menguntungkan. Hindari juga menjelaskan dengan kata-kata yang kaku. Misalnya, “Menanggapi email pelanggan” atau “Menjawab telepon pelanggan.” bisa diganti menjadi “Menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan melalui percakapan telepon dan email.” 3.

Gunakan angka dan simbol Salah satu tips yang perlu kamu perhatikan untuk menulis deskripsi diri yaitu mencantumkan angka dan simbol. Penggunaan angka atau simbol seperti akan lebih mudah dibaca oleh rekruter. Hal ini untuk membuat deskripsi dirimu lebih menarik, detail, dan menjelaskan.

Misalnya, kalimat seperti “Berhasil menaikkan traffic setiap bulan.” bisa menjadi “Berhasil menaikkan traffic hingga 35% setiap bulan.” Bahkan, untuk pekerjaan pramusaji pun kamu bisa menuliskannya dengan angka agar lebih terlihat mengagumkan.

Jadi, saat contoh deskripsi diri dalam cv contoh deskripsi diri dalam CV cobalah menuliskannya dengan menggunakan angka untuk menjelaskan pencapaianmu. Hal itu pasti akan membuat CV-mu lebih dilirik oleh rekruter. 4. Tekankan pencapaian Dalam menulis deskripsi diri dalam CV, penjelasan mengenai tanggung jawab dalam pekerjaan sebelumnya memang diperlukan.

Namunrekruter akan lebih tertarik jika kamu menjelaskan mengenai apa saja pencapaian yang telah diraih di pekerjaan sebelumnya.

Apalagi, jika pencapaian tersebut memang cukup relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Dijamin CV-mu akan menjadi salah satu kandidat utama. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sisipkan juga penggunaan angka dan data agar lebih menarik dibaca ya.

Misalnya, “Mampu meningkatkan penjualan sebesar 5% dalam setahun” atau “Berhasil menambah followers hingga 30% dalam 12 bulan.” Pencapaian yang dijelaskan dengan angka akan lebih terlihat akurat dan menonjol.

Jadi saat menuliskan deskripsi diri jangan lupa untuk menerapkannya ya. © educenter.id Setelah mengetahui beberapa tips untuk menuliskan deskripsi diri dalam CV di atas, tentu kamu sudah sedikit mengerti bukan?

Agar lebih jelas berikut ini contoh penulisan deskripsi diri dalam CV yang bisa dijadikan referensi. 1. Contoh deskripsi diri content writer “Saya adalah orang yang kreatif dan terbiasa membuat konten seperti artikel, video, atau gambar untuk media sosial.

Selama satu tahun bekerja saya berperan untuk meningkatkan traffic website sebesar 30%. Kreativitas yang saya miliki juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya bisa mencari solusi saat ada kendala.” 2. Contoh deskripsi diri digital marketer “Saya memiliki kemampuan bersosialisasi dengan mudah. Selama 6 bulan bekerja sebagai marketingsaya berhasil meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga 5%.

Kemampuan komunikasi yang saya miliki berperan penting dalam mencapai target yang dibebankan kepada saya.” 3.

Contoh deskripsi diri fresh graduate “Saya merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan pengalaman kerja di bidang penulisan kreatif selama kurang lebih empat tahun. Saya juga sebelumnya pernah menjadi guru pengganti untuk materi tata bahasa dan sastra di tingkat SMA.

Dari pengalaman tersebut, saya telah meraih sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.“ 4. Contoh deskripsi diri accounting manager “Perkenalkan, saya adalah seorang accounting manager dengan pengalaman akuntasi di industri real estate dan marketing selama 5 tahun.

Saya menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Saya juga andal dalam menerapkan praktik dan prosedur auditing yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. “ 5. Deskripsi diri customer service “Saya adalah seorang customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari 3 tahun.

Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat.

contoh deskripsi diri dalam cv

Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang telah meningkatkan customer loyalty sebesar 20%. Saya kini mencari posisi sebagai sebagai customer service supervisor untuk melanjutkan perkembangan karier ke bidang manajemen.” 6. Contoh deskripsi diri IT support “Saya adalah profesional IT dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician.

Seorang yang sangat teliti dan terampil mengoperasikan berbagai platform IT support. Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, serta mampu memaparkan isu-isu software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.” 7. Contoh deskripsi diri pindah jalur karier “Profesional marketing yang berpengalaman selama 4 tahun. Ingin membawa pengalaman kerjanya ke ranah sales. Saya memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Menguasai skill komunikasi dengan mumpuni dan mampu bekerja di bawah tekanan. Prestasi yang telah saya raih membuat rekam jejak saya unggul dalam bidang penjualan.” 8. Contoh deskripsi diri manajemen bisnis “Saya adalah seorang profesional bisnis yang memiliki pengalaman kerja selama 4 tahun dalam bidang business development.

Kini mencari peluang untuk terjun ke dunia manajemen bisnis. Saya merupakan seseorang yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisis pasar, serta evaluasi pertumbuhan.

Memiliki kemampuan problem solving dan leadership yang kuat. Mampu meningkatkan angka kepuasan klien dan partner hingga 60% pada perusahaan sebelumnya.” 9. Contoh deskripsi diri lulusan S2 “Lulusan S2 Ilmu Komputer Universitas Ternama dengan pengalaman internship di salah satu fintech terbaik di Indonesia. Memiliki beberapa proyek perancangan software bersama rekan-rekan di kampus untuk bisnis pengiriman uang dan identifikasi pemerima.

Saya sendiri adalah seseorang yang dapat diandalkan, suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu. Saya pun dapat menyumbang berbagai inovasi menarik.” 10.

Contoh deskripsi diri project manager “Seorang project manager jr dengan 3 tahun pengalaman kerja di bidang produk. Telah mengajukan banyak proyek dan solusi baru yang meningkatkan 20% pendapatan tahunan untuk perusahaan X.

Sekarang sedang mencari posisi project manager senior untuk meningkatkan karier contoh deskripsi diri dalam cv keuntungan perusahaan.” 11. Contoh deskripsi diri designer “Lulusan S1 Desain Grafis dari Universitas Desain Ternama. Berpengalaman 2+ tahun dalam dunia graphic design. Menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop. Berpengalaman dalam pembuatan storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran.

Seseorang yang sangat ambisius, teliti, dan terdorong untuk membuat inovasi menarik bagi perusahaan.” 12. Contoh deskripsi diri dalam cv deskripsi diri sales “Profesional dalam bidang sales dengan pengalaman kerja selama 2 tahun.

Memiliki spesialisasi dalam bidang manajemen penjualan dan marketing. Memiliki kelebihan dalam hal negosiasi, fokus dalam pencapaian target dan kemampuan leadership. Menguasai software-software penjualan terbaru.” 13. Contoh deskripsi diri HRD “Seorang lulusan S1 Psikologi Universitas Terbaik yang sedang mencari kesempatan menjadi staf HRD.

Memiliki pengalaman magang dan freelance selama 1 tahun. Andal dalam hal pemecahan masalah, penempatan karyawan, kolaborasi, dan kemampuan evaluasi yang mendetail. Punya kemampuan berkomunikasi. berpikir kritis, dan empati yang tinggi.” 14. Contoh deskripsi diri internship “Mahasiswa bisnis tingkat akhir di Universitas Ternama yang energetik dan ambisius. Aktif dalam organisasi kampus dan sering menjadi tutor bagi mahasiswa baru FEB UT.

Memiliki ketertarikan di bidang akuntansi dan investasi saham.

contoh deskripsi diri dalam cv

Andal menjalankan software accounting. Mahir problem solving dan berpikir kritis. Kini sedang mencari pengalaman magang, khususnya di bidang finance untuk membuka gerbang karier di sektor accounting.” 15. Contoh deskripsi diri bahasa Inggris “I’am a highly creative, ambitious, and experienced content editor with more than 3 years of experience contoh deskripsi diri dalam cv managing marketing campaigns and projects by evaluating Instagram captions, blog posts, and more.

Passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a department and deliver the best results for clients, shareholders, and partners in all sectors.” 16. Contoh deskripsi diri data analyst “Saya adalah lulusan S1 Ilmu Perpustakaan yang selalu termotivasi dan dapat bekerja sama dalam tim. Memiliki pengalaman magang bidang data selama 6 bulan. Kini mencari posisi sebagai data analyst. Seorang yang teliti, terstruktur, dan cekatan saat mengerjakan tugas.

Berambisi dan terdorong untuk selalu mengembangkan keterampilan.” Hal yang Perlu Dihindari saat Menulis Deskripsi Diri © Freepik.com Dalam membuat contoh deskripsi diri juga terdapat beberapa hal yang perlu dihindari seperti poin-poin berikut ini. 1. Menulis kebohongan Menurut The Guardian ada lebih dari sepertiga dari pencari kerja yang berbohong dalam CV yang dibuatnya.

Umumnya mereka menuliskan prestasi palsu atau mengatakan memiliki keterampilan tertentu. Kebohongan seperti itu sebisa mungkin kamu hindari ya. Hal ini untuk menghindari kesulitan-kesulitan yang akan menanti. Setelah kamu berbohong, tentu kebohongan-kebohongan berikutnya akan diperlukan untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Tidak sedikit rekruter yang melakukan riset dan menyelidiki apa yang kamu tulis di CV. Jika terbukti kamu menulis kebohongan, maka bisa langsung dicoret dari daftar kandidat, pastinya perusahaan tersebut juga akan memasukkan namamu dalam black list. 2. Kesalahan penulisan Kesalahan penulisan juga masih sering terjadi dalam penulisan contoh deskripsi diri. Hal tersebut memang terlihat sepele, tapi sebenarnya bisa dijadikan penilaian oleh rekruter.

Saat deskripsi diri yang kamu buat memiliki banyak typotentu hal itu bisa mengganggu dan bahkan bisa salah arti. Rekruter bisa menyimpulkan bahwa kamu termasuk orang yang kurang teliti. Jadi setelah menulis deskripsi diri selalu baca berulang-ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan.

Selain itu, perhatikan juga tanda baca yang digunakan. Misalnya penggunaan tanda koma (,) atau titik (.) apakah sudah sesuai atau belum.

3. Menuliskan terlalu banyak informasi Bagi rekruter, CV yang menarik bukanlah yang panjang dan memuat banyak informasi. Itulah mengapa kamu harus membuat CV yang ringkas dan padat. Ada beberapa hal yang tidak perlu dituliskan dalam CV, seperti berbagai informasi pribadi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Bahkan menurut Independent, ada beberapa calon kandidat yang memberikan informasi mulai dari hobi, jumlah gaji, hingga alasan resign dari tempat kerja sebelumnya.

Jadi jika ingin CV dilirik oleh perusahaan, sebaiknya sampaikan informasi yang memang relevan dengan posisi yang dilamar. Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat CV yang Sering Ditemukan Perekrut Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, sekarang kamu bisa segera membuat contoh deskripsi diri dalam CV. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang valid dan mudah dipahami, ya. Namun, deskripsi diri hanyalah satu hal di dalam CV. Ada banyak bagian dan faktor dalam CV lainnya yang perlu kamu perhatikan.

Penasaran apa saja? Tenang, kamu bisa pelajari semuanya di kanal CV/Portofolio Glints Blog. Di dalamnya, Glints sudah sediakan pembahasan seputar aspek-aspek dan tips membuat CV lebih menarik khusus buat kamu. Menarik bukan? Jangan sampai ketinggalan informasi. Yuk, langsung baca kumpulan artikelnya sekarang juga. Gratis! • How to Write Job Descriptions for Your Resume • 30 THINGS YOU SHOULD NEVER PUT ON YOUR CV • How to avoid the seven most common CV mistakes • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Menulis deskripsi diri di dalam CV sangatlah penting, lalu seperti apa contoh deskripsi diri yang menarik perhatiaan rekruter?

Bagi seorang pelamar kerja, CV adalah senjata utama yang digunakan untuk menarik contoh deskripsi diri dalam cv rekruter. Sayangnya, masih banyak yang contoh deskripsi diri dalam cv paham cara membuat CV yang benar. Bahkan, untuk di bagian penting seperti deskripsi diri. Menyusun kata pada bagian deskripsi diri memang perlu diperhatikan baik-baik. Pasalnya, bagian ini akan menjelaskan apa saja keterampilan dan pengalaman kerjamu.

Tidak perlu khawatir jika kamu masih belum terbayang membuat deskripsi diri yang baik. Berikut Glints berikan tips dan contoh menulis deskripsi diri agar CV kamu bisa lebih menarik. © Pexels.com Sebelum membahas tips dan contoh-contohnya, kita pertama-tama perlu mengulas definisi contoh deskripsi diri dalam cv deskripsi diri.

Menurut laman CV Plaza, deskripsi diri adalah profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat dalam CV. Tujuan dari paparan ringkas ini adalah untuk menggambarkan diri kamu. Maka dari itu, ia biasanya berisi pengalaman dan keterampilan kamu yang paling berharga.

Karena bagian ini adalah ringkasan profil diri, deskripsi diri perlu dirancang supaya bisa menonjolkan fitur-fitur terbaikmu. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan profesi yang dilamar.

Intinya, di sini kamu harus bisa menarik perhatian para rekruter untuk membaca keseluruhan CVmu, dan melihat apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Tips Menulis Deskripsi Diri © Thebalancecareers.com contoh deskripsi diri dalam cv. Fokus pada keterampilan dan prestasi yang dimiliki Ada hal pertama yang tidak boleh dilupakan saat membuat deskripsi diri yaitu mencantumkan keterampilan dan prestasi.

Menurut The Balance Careerpernyataan yang dibuat dalam deskripsi diri harus memberikan dampak, tapi juga tetap dibuat singkat. Agar tetap ringkas, kamu tidak perlu menuliskan semua keterampilan atau prestasi yang dimiliki. Cukup pilih keterampilan yang paling contoh deskripsi diri dalam cv dan prestasi yang paling membanggakan.

Usahakan membuat deskripsi diri yang singkat dan padat akan informasi. Pasalnya, dalam CV masih ada bagian lain yang juga perlu dicantumkan.

Jangan lupa juga untuk membuat kalimat dengan kata yang bermakna positif untuk menggambarkan dirimu, ya. 2. Lebih selektif dalam memberikan informasi Dalam menulis CV kamu tidak perlu menuliskan semua riwayat pekerjaan yang pernah dilalui, a palagi menuliskan semua job description tiap jabatan.

Dalam deskripsi diri, kamu bisa menuliskan apa saja informasi yang relevan sesuai info pekerjaan yang sedang dilamar. Jadi, mengetahui lebih dahulu apa saja keterampilan yang sesuai dengan lamaran akan sangat menguntungkan. Hindari juga menjelaskan dengan kata-kata yang kaku. Misalnya, “Menanggapi email pelanggan” atau “Menjawab telepon pelanggan.” bisa diganti menjadi “Menyelesaikan masalah yang dialami oleh pelanggan melalui percakapan telepon dan email.” 3.

Gunakan angka dan simbol Salah satu tips yang perlu kamu perhatikan untuk menulis deskripsi diri yaitu mencantumkan angka dan simbol. Penggunaan angka atau simbol seperti akan lebih mudah dibaca oleh rekruter. Hal ini untuk membuat deskripsi dirimu lebih menarik, detail, dan menjelaskan. Misalnya, kalimat seperti “Berhasil menaikkan traffic setiap bulan.” bisa menjadi “Berhasil menaikkan traffic hingga 35% setiap bulan.” Bahkan, untuk pekerjaan pramusaji pun kamu bisa menuliskannya dengan angka agar lebih terlihat mengagumkan.

Jadi, saat menulis contoh deskripsi diri dalam CV cobalah menuliskannya dengan menggunakan contoh deskripsi diri dalam cv untuk menjelaskan pencapaianmu. Hal itu pasti akan membuat CV-mu lebih dilirik oleh rekruter. 4. Tekankan pencapaian Dalam menulis deskripsi diri dalam CV, penjelasan mengenai tanggung jawab dalam pekerjaan sebelumnya memang diperlukan.

Namunrekruter akan lebih tertarik jika kamu menjelaskan mengenai apa saja pencapaian yang telah diraih di pekerjaan sebelumnya. Apalagi, jika pencapaian tersebut memang cukup relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Dijamin CV-mu akan menjadi salah satu kandidat utama. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sisipkan juga penggunaan angka dan data agar lebih menarik dibaca ya.

Misalnya, “Mampu meningkatkan penjualan sebesar 5% dalam setahun” atau “Berhasil menambah followers hingga 30% dalam 12 bulan.” Pencapaian yang dijelaskan dengan angka akan lebih terlihat akurat dan menonjol. Jadi saat menuliskan deskripsi diri jangan lupa untuk menerapkannya ya. © educenter.id Setelah mengetahui beberapa tips untuk menuliskan deskripsi diri dalam CV di atas, tentu kamu sudah sedikit mengerti bukan?

Agar lebih jelas berikut ini contoh penulisan deskripsi diri dalam CV yang bisa dijadikan referensi. 1. Contoh deskripsi diri content writer “Saya adalah orang yang kreatif dan terbiasa membuat konten seperti artikel, video, atau gambar untuk media sosial. Selama satu tahun bekerja saya berperan untuk meningkatkan traffic website sebesar 30%.

Kreativitas yang saya miliki juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya bisa mencari solusi saat ada kendala.” 2. Contoh deskripsi diri digital marketer “Saya memiliki kemampuan bersosialisasi dengan mudah. Selama 6 bulan bekerja sebagai marketingsaya berhasil meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga 5%.

Kemampuan komunikasi yang saya miliki berperan penting dalam mencapai target yang dibebankan kepada saya.” 3. Contoh deskripsi diri fresh graduate “Saya merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan pengalaman kerja di bidang penulisan kreatif selama kurang lebih empat tahun.

Saya juga sebelumnya pernah menjadi guru pengganti untuk materi tata bahasa dan sastra di tingkat SMA. Dari pengalaman tersebut, saya telah meraih sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.“ 4. Contoh deskripsi diri accounting manager “Perkenalkan, saya adalah seorang accounting manager dengan pengalaman akuntasi di industri real estate dan marketing selama 5 tahun. Saya menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan.

Saya juga andal dalam menerapkan praktik dan prosedur auditing yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. “ 5. Deskripsi diri customer service “Saya adalah seorang customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari 3 tahun.

Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang telah meningkatkan customer loyalty sebesar 20%. Saya kini mencari posisi sebagai sebagai customer service supervisor untuk melanjutkan perkembangan karier ke bidang manajemen.” 6.

Contoh deskripsi diri IT support “Saya adalah profesional IT dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician. Seorang yang sangat teliti dan terampil mengoperasikan berbagai platform IT support.

contoh deskripsi diri dalam cv

Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, serta mampu memaparkan isu-isu software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.” 7. Contoh deskripsi diri pindah jalur karier “Profesional marketing yang berpengalaman selama 4 tahun. Ingin membawa pengalaman kerjanya ke ranah sales. Saya memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Menguasai skill komunikasi dengan mumpuni dan mampu bekerja di bawah tekanan. Prestasi yang telah saya raih membuat rekam jejak saya unggul dalam bidang penjualan.” 8. Contoh deskripsi diri manajemen bisnis “Saya adalah seorang profesional bisnis yang memiliki pengalaman kerja selama 4 tahun dalam bidang business development.

Kini mencari peluang untuk terjun ke dunia manajemen bisnis. Saya merupakan seseorang yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisis pasar, serta evaluasi pertumbuhan.

Memiliki kemampuan problem solving dan leadership yang kuat. Mampu meningkatkan contoh deskripsi diri dalam cv kepuasan klien dan partner hingga 60% pada perusahaan sebelumnya.” 9. Contoh deskripsi diri lulusan S2 “Lulusan S2 Ilmu Komputer Universitas Ternama dengan pengalaman internship di salah satu fintech terbaik di Indonesia. Memiliki beberapa proyek perancangan software bersama rekan-rekan contoh deskripsi diri dalam cv kampus untuk bisnis pengiriman uang dan identifikasi pemerima.

Saya sendiri adalah seseorang yang dapat diandalkan, suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu. Saya pun dapat menyumbang berbagai inovasi menarik.” 10. Contoh deskripsi diri project manager “Seorang project manager jr dengan 3 tahun pengalaman kerja di bidang produk.

Telah mengajukan banyak proyek dan solusi baru yang meningkatkan 20% pendapatan tahunan untuk perusahaan X. Sekarang sedang mencari posisi project manager senior untuk meningkatkan karier dan keuntungan perusahaan.” 11. Contoh deskripsi diri designer “Lulusan S1 Desain Grafis dari Universitas Desain Ternama.

Berpengalaman 2+ tahun dalam dunia graphic design. Menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop. Berpengalaman dalam pembuatan storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran. Seseorang yang sangat ambisius, teliti, dan terdorong untuk membuat inovasi menarik bagi perusahaan.” 12.

Contoh deskripsi diri sales “Profesional dalam bidang sales dengan pengalaman kerja selama 2 tahun. Memiliki spesialisasi dalam bidang manajemen penjualan dan marketing. Memiliki kelebihan dalam hal negosiasi, fokus dalam pencapaian target dan kemampuan leadership.

Menguasai software-software penjualan terbaru.” 13. Contoh deskripsi diri HRD “Seorang lulusan S1 Psikologi Universitas Terbaik yang sedang mencari kesempatan menjadi staf HRD. Memiliki contoh deskripsi diri dalam cv magang dan freelance selama 1 tahun.

Andal dalam hal pemecahan masalah, penempatan karyawan, kolaborasi, dan kemampuan evaluasi yang mendetail. Punya kemampuan berkomunikasi. berpikir kritis, dan empati yang tinggi.” 14. Contoh deskripsi diri internship “Mahasiswa bisnis tingkat akhir di Universitas Ternama yang energetik dan ambisius. Aktif dalam organisasi kampus dan sering menjadi contoh deskripsi diri dalam cv bagi mahasiswa baru FEB UT. Memiliki ketertarikan di bidang akuntansi dan investasi saham.

Andal menjalankan software accounting. Mahir problem solving dan berpikir kritis. Kini sedang mencari pengalaman magang, khususnya di bidang finance untuk membuka gerbang karier di sektor accounting.” 15. Contoh deskripsi diri bahasa Inggris “I’am a highly creative, ambitious, and experienced content editor with more than 3 years of experience in managing marketing campaigns and projects by evaluating Instagram captions, blog posts, and more. Passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a department and deliver the best results for clients, shareholders, and partners in all sectors.” 16.

Contoh deskripsi diri data analyst “Saya adalah lulusan S1 Ilmu Perpustakaan yang selalu termotivasi dan dapat bekerja sama dalam tim. Memiliki pengalaman magang bidang data selama 6 bulan. Kini mencari posisi sebagai data analyst. Seorang yang teliti, terstruktur, dan cekatan saat mengerjakan tugas. Berambisi dan terdorong untuk selalu mengembangkan keterampilan.” Hal yang Perlu Dihindari saat Menulis Deskripsi Diri © Freepik.com Dalam membuat contoh deskripsi diri juga terdapat beberapa hal yang perlu dihindari seperti poin-poin berikut ini.

1. Menulis kebohongan Menurut The Guardian ada lebih dari sepertiga dari pencari kerja yang berbohong dalam CV yang dibuatnya. Umumnya mereka menuliskan prestasi palsu atau mengatakan memiliki keterampilan tertentu. Kebohongan seperti itu sebisa mungkin kamu hindari ya.

Hal ini untuk menghindari kesulitan-kesulitan yang akan menanti. Setelah kamu berbohong, tentu kebohongan-kebohongan berikutnya akan diperlukan untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Tidak sedikit rekruter yang melakukan riset dan menyelidiki apa yang kamu tulis di CV. Jika terbukti kamu menulis kebohongan, maka bisa langsung dicoret dari daftar kandidat, pastinya perusahaan tersebut juga akan memasukkan namamu dalam black list.

2. Kesalahan penulisan Kesalahan penulisan juga masih sering terjadi dalam penulisan contoh deskripsi diri. Hal tersebut memang terlihat sepele, tapi sebenarnya bisa dijadikan penilaian oleh rekruter. Saat deskripsi diri yang kamu buat memiliki banyak typotentu hal itu bisa mengganggu dan bahkan bisa salah arti. Rekruter bisa menyimpulkan bahwa kamu termasuk orang yang kurang teliti. Jadi setelah menulis deskripsi diri selalu baca berulang-ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan.

Selain itu, perhatikan juga tanda baca yang digunakan. Misalnya penggunaan tanda koma (,) atau titik (.) apakah sudah sesuai atau belum.

3. Menuliskan terlalu banyak informasi Bagi rekruter, CV yang menarik bukanlah yang panjang dan memuat banyak informasi. Itulah mengapa kamu harus membuat CV yang ringkas dan padat. Ada beberapa hal yang tidak perlu dituliskan dalam CV, seperti berbagai informasi pribadi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Bahkan menurut Independent, ada beberapa calon kandidat yang memberikan informasi mulai dari hobi, jumlah gaji, hingga alasan resign dari tempat kerja sebelumnya. Jadi jika ingin CV dilirik oleh perusahaan, sebaiknya sampaikan informasi yang memang relevan dengan posisi yang dilamar.

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat CV yang Sering Ditemukan Perekrut Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, sekarang kamu bisa segera membuat contoh deskripsi diri dalam CV. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang valid dan mudah dipahami, ya.

Namun, deskripsi diri hanyalah satu hal di dalam CV. Ada banyak bagian dan faktor dalam CV lainnya yang perlu kamu perhatikan. Penasaran apa saja? Tenang, kamu bisa pelajari semuanya di kanal CV/Portofolio Glints Blog. Di dalamnya, Glints sudah sediakan pembahasan seputar aspek-aspek dan tips membuat CV lebih menarik khusus buat kamu.

Menarik bukan? Jangan sampai ketinggalan informasi. Yuk, langsung baca kumpulan artikelnya sekarang juga. Gratis! • How to Write Job Descriptions for Your Resume • 30 THINGS YOU SHOULD NEVER PUT ON YOUR CV • How to avoid the seven most common CV mistakes
Contoh deskripsi diri di CV dan saat interview agar terlihat menarik dan profesional. Dijamin menarik perhatian rekruiter! Deskripsi Diri di CV – Dalam sebuah CV, kita harus mencantumkan pendidikan dan pengalaman secara detail, namun kamu tidak boleh melupakan deskripsi diri dalam sebuah CV.

Deskripsi diri merupakan ringkasan yang dibuat untuk menggambarkan keterampilan, pengalaman, dan juga keahlian yang kamu miliki. Dengan susunan kalimat yang singkat, kamu hanya perlu mencantumkan dua sampai tiga kalimat untuk menunjukkan kemampuanmu agar menarik di mata para rekruiter. Gunakan tata bahasa yang baik dan efektif agar mudah dibaca. Sayangnya, bagian penting dalam CV yang satu ini seringkali diabaikan dalam pembuatannya, bahkan ada beberapa kandidat yang memasukkan poin yang kurang penting untuk dicantumkan dalam deskripsi.

Untuk lebih jelasnya, kamu perlu memerhatikan tips dan contoh pembuatan deskripsi diri di bawah ini, Toppers! Baca Juga: Pengertian dan Contoh Soft Skill: Penting bagi Perkembangan Karir Tips Membuat Deskripsi Diri di CV Sumber Gambar: Pexels Dalam membuat deskripsi diri di CV, kalimat yang tercantum harus menarik dan juga terlihat profesional agar membuat para rekruiter tertarik.

Ikuti tips-tips berikut ini agar kamu bisa membuat deskripsi diri CV yang baik, yuk simak selengkapnya! 1. Buat Deskripsi yang Ringkas dan Profesional Seorang HRD tidak memiliki waktu yang banyak dalam membaca seluruh CV yang melamar pada pekerjaan, sehingga kamu perlu membuat deskripsi yang ringkas dan profesional. Deskripsi singkat terdiri dari dua atau tiga kalimat dalam menulis paragraf di dalam deskripsi.

Kamu dapat menggunakan jabatan, pengalaman, dan pengalaman kerjamu secara singkat. 2. Tulis Inti Keterampilan yang Ingin Ditonjolkan Selain membuat deskripsi yang ringkas dan profesional, kamu hanya perlu menuliskan keterampilan yang paling kamu kuasai dan ingin ditonjolkan.

Kamu tidak perlu menuliskan seluruh keterampilan dan prestasi yang dimiliki karena bagian contoh deskripsi diri dalam cv tercantum di bagian lain dalam sebuah CV. 3. Memiliki Struktur yang Rapi Sebuah deskripsi diri di dalam CV perlu dibuat dengan struktur yang rapi agar para rekruiter tidak bingung saat membaca deskripsi diri. Kamu bisa memulai dengan menuliskan profesi lalu ke pengalaman kerja. 4. Gunakan Angka atau Persentase Penggunaan angka atau persentase akan contoh deskripsi diri dalam cv deskripsi diri lebih menarik dan detail.

Sebagai contoh, kamu bisa menjelaskan seperti “berhasil menaikkan traffic hingga 20% setiap bulannya”. 5. Periksa Penulisan Deskripsi Langkah terakhir dalam penulisan deskripsi di CV, kamu perlu memeriksa penulisan deskripsi.

Pastikan deskripsi sudah dibuat ringkas dan memiliki struktur yang rapi. Jika ada kesalahan tata bahasa atau grammar, kamu perlu membuatnya lebih rapi lagi. Contoh Deskripsi Diri di CV & Interview Sumber Gambar: Pixabay Dengan banyaknya pekerjaan yang ada di dalam dunia kerja, tentunya deskripsi diri yang dimiliki berbeda-beda sesuai dengan pengalaman dan keahlianmu, Toppers.

Untuk kamu yang masih bingung menulis deskripsi diri di dalam CV secara baik dan benar, simak contoh-contoh berikut ini: 1. Deskripsi Diri Fresh Graduate “Lulusan S1 Sastra Indonesia yang memiliki minat di bidang penulisan, pengeditan, dan literasi.

Mencari peluang kerja yang memberi kesempatan untuk semakin berkembang”. 2. Deskripsi Diri HRD “HR Generalist dengan pengalaman lebih dari 3 tahun dalam mengelola employee benefit, perekrutan calon karyawan, proses manajemen kinerja, pelacakan lisensi dan pendataan SDM. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu untuk menjalin hubungan dengan karyawan”. 3. Deskripsi Diri Digital Marketing “Seorang entrepreneur dengan sejarah yang ditunjukkan bekerja di industri hubungan masyarakat dan komunikasi.

Memiliki keterampilan dalam Hubungan Masyarakat, Perencanaan Acara, Media Sosial, dan Social Media Marketing”. baca juga: 7 Contoh Portofolio Lamaran Kerja yang Menarik Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

contoh deskripsi diri dalam cv. Deskripsi Diri Akuntan “Seorang akuntan berpengalaman di industri keuangan dan teknologi dengan pengetahuan akuntansi, perpajakan, dan audit untuk memberikan laporan keuangan berkualitas tinggi. Akuntan yang suportif dan cepat belajar untuk mendukung tim untuk fokus pada tenggat waktu dalam proyek apapun”. 5. Deskripsi Diri Manager “Product Development enthusiast dengan pengalaman 4+ tahun di fintech dan e-commerce dalam pasar SEA sebagai product manager.

Sedang bekerja dengan perusahaan startup untuk apa yang disukai orang dan langsung terhubung dengan pelanggan secara langsung, sehingga kami dapat membuat produk yang disukai orang”. 6. Deskripsi Diri Content Writer “Seorang penulis konten dan jurnalis yang berpengalaman bekerja di industri media online dan cetak. Memiliki kemampuan penulisan dalam berita, penulisan kreatif, editing, dan komunikasi. Bersemangat dan mandiri untuk mempelajari hal-hal baru seperti studi media dan digital marketing”.

7. Deskripsi Diri Social Media Specialist “Berpengalaman sebagai Social Media Specialist dengan riwayat kerja yang terbukti bekerja di industri pemasaran dan periklanan. Memiliki keterampilan di Twitter, Instagram, Manajemen Komunitas, Digital Marketing, Social Media Marketing. Memiliki kemampuan marketing yang kuat dengan gelar Sarjana yang fokus di Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran”.

8. Deskripsi Diri Software Engineer “Product Software Engineer yang produktif menghasilkan produk baru untuk perusahaan X, memiliki kemampuan dalam teknologi pengembangan terbaru, selalu memecahkan masalah dengan solusi terbaik, mengurangi pengerjaan ulang sebesar 30% dan biaya 19%, dengan cepat mempelajari hal-hal baru yang dibuktikan dengan menguasai kerangka kerja baru hanya dalam 3 minggu dan menerapkan mereka ke dalam proyek”.

9. Deskripsi Diri Customer Service “Saya memiliki latar belakang yang kuat dalam costumer service dan menyukai untuk berbicara kepada pelanggan. Saya merasa bahwa saya akan menjadi perwakilan perusahaan yang baik untuk pelanggan dan berpikir bahwa keterampilan komunikasi saya adalah kekuatan saya”.

10. Deskripsi Diri Mahasiswa “Sedang menyelesaikan program sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Sebelas Maret. Memiliki semangat belajar dan telah melakukan digital marketing produk F&B (digital promotion support, brand filtering, brand hearing, brand & product survey analyst) sejak 2017”. baca juga: Cara Membuat CV di Word: Simple, Kreatif & Menarik Nah, itu dia Toppers contoh deskripsi diri di CV sesuai dengan pekerjaan, pengalaman, dan keterampilan yang kamu tekuni.

Buatlah secara ringkas dan rapi ya, Toppers. Untuk mendukung aktivitas kerjamu, beli alat tulis kantor yang memiliki penawaran harga menarik hanya di Tokopedia! Dalam CV atau daftar riwayat hidup tentu terdapat hal-hal yang perlu ditulis dengan baik.

Salah satunya adalah deskripsi diri. Di dalamnya memuat informasi seputar pendidikan, pengalaman maupun tujuan karir secara singkat. Untuk lebih detailnya mungkin bisa melihat contoh deskripsi diri. Setiap pelamar perlu menulis deskripsi diri secara bagus. Sebab, deskripsi diri akan menjadi salah satu cara agar HRD bisa langsung memberikan penilaian kepada pelamar ketika mengirimkan CV.

Maka dari itu, agar CV dipertimbangkan dengan baik oleh HRD, maka tulislah deskripsi diri yang bagus. Daftar Isi • Tips Menulis Deskripsi Diri • 1. Buat Deskripsi Diri Secara Singkat • 2. Tunjukkan Poin Apa Saja yang Ingin Ditunjukkan • 3. Lakukan Identifikasi Diri Secara Profesional • 4. Jelaskan Tujuan Karir dengan Baik • 5. Cek Kembali Sebelum Dicantumkan • 4+ Contoh Deskripsi Diri Terbaik dan Pasti Lolos • 1. Deskripsi Diri Fresh Graduate • 2.

contoh deskripsi diri dalam cv

Contoh Deskripsi Diri untuk Berpengalaman • 3. Contoh Deskripsi Diri untuk Mengubah Jalur Karir • 4. Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Business Management • 5. Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Posisi HRD Tips Menulis Deskripsi Diri Tiap-tiap pelamar kerja perlu menulis dengan baik tentang deskripsi diri.

Hal ini penting agar CV yang dikirimkan bisa diterima dan dipertimbangkan oleh HRD untuk lanjut ke tahapan berikutnya yaitu wawancara.

Agar lancar membuat CV, maka cermati apa saja tips menulis deskripsi diri. 1. Buat Deskripsi Diri Secara Singkat Perlu diketahui bahwa tidak semua HRD mempunyai cukup waktu untuk menyaring berbagai macam CV yang masuk. Maka dari itu, penting sekali membuat deskripsi diri secara singkat agar pihak HRD cukup mampu contoh deskripsi diri dalam cv gambaran tentang diri pelamar melalui deskripsi singkat tersebut.

Cobalah untuk membuat deskripsi singkat yang terdiri dari dua sampai tiga frasa ke dalam berbagai poin maupun bentuk paragraf singkat. Buat sebaik mungkin agar HRD bisa langsung memperoleh gambaran tentang diri pelamar dengan cepat. 2. Tunjukkan Poin Apa Saja yang Ingin Ditunjukkan Ketika membuat deskripsi diri, maka selalu tonjolkan hal apa saja yang memang menjadi nilai plus. Tidak perlu harus memasukkan semua pengalaman maupun kelebihan, namun pastikan hal-hal penting dalam diri harus digambarkan dengan baik lewat deskripsi diri.

Pada berbagai macam contoh deskripsi diri tentu sudah memuat hal ini dengan baik. Caranya adalah dengan melihat keseluruhan isi CV dan kemudian tuliskan hal-hal penting yang cocok dengan kriteria perusahaan. 3. Lakukan Identifikasi Diri Secara Profesional Cermati dengan baik bagaimana cara memperkenalkan diri dengan baik melalui CV secara profesional tentunya dalam bentuk deskripsi singkat. Jangan sampai terlalu berlebihan maupun kurang dalam memperkenalkan diri.

Gunakan kata-kata terbaik sehingga bisa mempromosikan diri dengan baik pula melalui deskripsi singkat tersebut. Berikutnya, hindari penggunaan kata-kata yang kasar atau terkesan kurang formal dalam penulisan deskripsi diri. 4. Jelaskan Tujuan Karir dengan Baik Dalam berbagai macam contoh deskripsi diri banyak yang memuat tentang tujuan karir. Penulisan tujuan karir seperti ini sangat bagus dicantumkan.

Pastikan tujuan karir yang ditulis hendak sesuai dengan posisi pekerjaan yang ingin dilamar. Jangan sesekali ragu untuk memberikan sentuhan pribadi pada deskripsi diri. Termasuk ketika menjelaskan tujuan karir. Sentuhan pribadi yang diberikan tentunya akan memberikan keunikan tersendiri pada diri pelamar sebagai seorang kandidat yang harus dipilih. 5. Cek Kembali Sebelum Dicantumkan Terakhir, penting sekali untuk mengecek dan memeriksa ulang deskripsi diri sebelum dicantumkan dalam CV.

Lakukan identifikasi kesalahan pada bagian tersebut. Jika terdapat kesalahan penulisan maupun typo, maka sebaiknya segera diganti sehingga tidak terlupa. Periksa juga apakah bahasa dan kalimat-kalimat yang digunakan sudah termasuk ke dalam kategori profesional atau belum.

Maksimalkan deskripsi contoh deskripsi diri dalam cv agar bisa diterima dan dipertimbangkan oleh pihak HRD tujuan. Tulis apa yang penting dan dibutuhkan untuk posisi pekerjaan yang ingin dilamar. 4+ Contoh Deskripsi Diri Terbaik dan Pasti Lolos Demi mempermudah penulisan deskripsi diri, maka sebaiknya cek terlebih dahulu seperti apa saja contohnya.

Contoh-contoh tersebut tentu dapat dijadikan sebagai acuan untuk menulis deskripsi diri dengan baik. 1. Deskripsi Diri Fresh Graduate • Lulusan Baru Pemasaran Digital Lulusan S1 dengan fokus pemasaran digital. Mempunyai pengalaman dalam mengembangkan kampanye pemasaran digital melalui kesempatan magang di perusahaan multinasional yang bertempat di Jkaarta Pusat.

Saat ini sedang mencari peluang kerja baru yang dapat memberikan kesempatan untuk semakin berkembang dalam menata karir yang lebih baik lagi. Tentunya yang berkaitan erat dengan pengalaman magang sebelumnya dalam ranah pemasaran digital. • Lulusan Baru S2 Lulusan S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sakti Mandraguna dengan pengalaman mengajar selama 4 tahun di tingkat SMP dan SMA bertaraf internasional Jakarta.

mempunyai sertifikasi dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa utama di tingkat SMP dan SMA tersebut. 2. Contoh Deskripsi Diri untuk Berpengalaman • Pengalaman Kerja sebagai Manajer Seorang accounting manager dengan pengalaman akuntansi pada industri otomotif dan marketing selama 5 tahun.

Memahami dengan baik akuntansi umum, budgeting, payroll dan pembukuan. Mempunyai berbagai sertifikat keahlian di bidang akuntansi dan siap bekerja dengan profesional. contoh deskripsi diri dalam cv Pengalaman Kerja Customer Service Customer service specialist dengan pengalaman bekerja lebih dari 2 tahun di Home Shopping Jakarta.

Berhasil membangun program retensi pelanggan baru dengan meningkat loyalitas pelanggan sebanyak 35% dan kini siap melanjutkan karir di bidang yang lebih baik lagi. • Pengalaman Kerja IT Seorang profesional IT yang berorientasi detail kepada software support specialist dan sistem IT lainnya selama 10 tahun. Terampil menggunakan berbagai macam platform ternama, mempunyai kemampuan komunikasi verbal yang bagus maupun menyelesaikan permasalahan seputar software lainnya.

3. Contoh Deskripsi Diri untuk Mengubah Jalur Karir • Pengalaman Sebelumnya di Bidang Real Estate Seorang profesional di bidang real estate yang mempunyai pengalaman selama 5 tahun. Berkeinginan untuk membawa pengalaman ini ke ranah sales executive di bidang properti. Tentunya dengan memiliki keahlian di bidang layanan pelanggan yang baik, maka siap memulai karir baru segera.

• Pengalaman Web Design Profesional di bidang web design dengan pengalaman selama 6 tahun. Memiliki pengalaman yang bagus dan keterampilan dalam bidang analitis, pemecahan masalah, kemahiran komputer hingga menangani berbagai macam proyek. Siap bekerja jika segera dibutuhkan dalam kurun waktu dekat. 4. Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Business Management • Pengalaman Koordinator Business Development 5 tahun berpengalaman sebagai koordinator business development dengan kemampuan kolaborasi tim yang sangat bagus.

Mampu menangani proyek komplek dengan susunan tim penjualan, pemasaran bisnis dan produk dengan sangat baik. Siap melanjutkan karir di bidang sejenis lainnya dengan lebih baik lagi. • Pengalaman Business Management Seorang profesional di bidang business management selama 4 tahun dengan orientasi pertumbuhan bisnis yang berimplementasi pada strategi penjualan, evaluasi pertumbuhan dan analisa pasar.

Siap bekerja secepatnya apabila dibutuhkan dalam waktu dekat. 5. Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Posisi HRD HR Generalist dengan pengalaman selama 4 tahun dalam hal melakukan pengelolaan benefit karyawan, perekrutan, orientasi karyawan, proses manajemen kerja dan pendataan SDM. Sangat terampil dalam hal berkomunikasi maupun membangun hubungan yang baik dengan karyawan lainnya.

Memahami contoh deskripsi diri memang penting sekali dilakukan sebelum menuliskannya dalam CV demi bisa mendapatkan pekerjaan impian.

Jika masih bingung menemukan pekerjaan terbaik, maka bisa kunjungi pelangifortuna.com. Ini adalah wadah yang mampu memberikan pekerjaan terbaik bagi siapapun.
none
Contoh Deskripsi Diri Sendiri – Deskripsi diri adalah tulisan yang menjelaskan tentang diri sendiri untuk tujuan tertentu. Seperti untuk penulisan di CV lamaran kerja, beasiswa, bantuan dana, publikasi akademik ataupun untuk portopolio di blog pribadi. Dalam penulisan deskripsi diri di lamaran kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah stuktur penulisan, jumlah kata dan kandungan informasi dalam tulisan.

Struktur penulisan harus singkat padat. Selain itu tulisan tidak dibuat bertele-tele apalagi mencantumkan informasi-informasi yang kurang penting. Daftar Isi Artikel • Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk CV• Contoh Deskripsi Diri Sendiri Mahasiswa• Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Masuk Kuliah• Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Beasiswa• Contoh Deskripsi Diri Sendiri Untuk Blog Personal• Baca Juga Artikel Ini Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk CV via google images Penulisan Deskripsi diri umumnya ada pada CV yang dibuat secara kreatif menggunakan desain atau tampilan tertentu.

Beberapa hal yang sering ditonjolkan dalam penulisan diantaranya adalah gambaran sifat dan hal-hal lain yang tidak tercantum pada bagian lain di CV. Selain itu kita bisa juga menambahkan Hobi pada penulisannya, dengan catatan hobi tersebut masih ada keterkaitan dengan posisi yang kita lamar.

Contoh Penulisan Deskripsi dalam CV • Saya adalah orang yang senang dan mudah bersosialisasi, bertemu, bahkan bekerja sama dengan orang yang baru saya kenal.

Saya pun dikenal sebagai pendengar yang baik sehingga mampu menangkap inti persoalan dan memberikan solusi yang tepat.• Saya adalah orang yang bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, bahkan saat berada pada situasi genting atau di bawah tekanan.

Bagi saya, setiap pekerjaan adalah penting. Mengerjakannya dengan teliti dan semaksimal mungkin adalah bentuk tanggung jawab saya.• Saya seorang yang kreatif dan suka mencari alternatif solusi dari berbagai macam persoalan. Saya juga bersikap terbuka terhadap semua kemungkinan solusi yang ada. Kreativitas sangat membantu saya untuk menjadi pemimpin yang baik karena saya bisa mengantisipasi berbagai persoalan.• Saya adalah orang yang sangat disiplin dan fokus contoh deskripsi diri dalam cv hasil kerja hingga cenderung idealis.

Namun, saya juga bisa realistis saat menentukn target atau tujuan dan selalu berupaya keras untuk bisa mencapai tujuan tersebut dengan cara yang baik dan efisien.• Lahir di Bandung, 19 April 1996.

Saya menerima gelar sarjana komputer dari Politeknik Kusumanegara Bandung pada tahun 2020. Saya adalah orang yang sangat antusias dengan segala hal berbau pemrograman dan selalu merasa tertantang untuk mengerjakan projek-projek baru pembuatan aplikasi berbasis web atau mobile.

Contoh Deskripsi Diri Sendiri Mahasiswa beritasatu.com Nama saya Irwan Saputra dan sering dipanggil Irwan. Saya lahir di Bantul pada tanggal 16 Maret 2000 sebagai anak pertama dari dua bersaudara.

Saat ini, saya tinggal bersama orang tua dan keluarga di Yogyakarta. Ayah saya bernama Sujarwono, seorang guru, dan ibu saya bernama Linda Purwaningsih, seorang karyawan bank yang kemudian memutuskan menjadi ibu rumah tangga.

Adik saya bernama Sherly Utari yang lahir saat saya berusia tiga tahun. Saya beragama Islam, seperti juga keluarga saya. Saya memiliki ciri fisik tinggi 172 cm, berat badan 55 kg, dengan golongan darah O. Rambut saya hitam lurus dengan kulit sawo matang, khas orang Jawa pada umumnya.

Saya sangat menyukai laut. Memandangi air yang biru dan ombak yang tak henti berdebur membuat pikiran saya tenang.

contoh deskripsi diri dalam cv

Rasanya, semua beban hidup yang sedang saya rasakan hilang tak berbekas. Karena itulah, saya sangat mencintai tempat saya tinggal karena Yogyakarta memiliki pantai-pantai yang indah. Tentang kepribadian, saya adalah orang yang periang, ramah, dan sangat mudah bergaul. Saya sangat mudah beradaptasi saat berada di lingkungan baru dan mudah akrab jika bertemu dengan orang yang baru dikenal. Menurut pendapat keluarga dan teman-teman dekat, saya adalah orang yang baik hati, mungkin karena saya sering membantu orang lain.

Saya memang tidak tega jika melihat orang lain kesusahan. Sebisa mungkin, saya pasti berusaha untuk membantu meringankan beban orang tersebut. Saya juga tipe orang yang mau bekerja keras dalam hal apa pun karena saya selalu menginginkan hasil yang maksimal. Hanya saja, saat sedang fokus pada sesuatu, saya cenderung mengabaikan hal yang lain.

Saya juga terkadang sering bersikap egois. Sampai sekarang, saya terus berusaha menguranginya. Membaca buku adalah hobi saya, terutama buku-buku tentang bisnis atau wirausaha. Saat sedang tidak ada aktivitas, saya menghabiskan waktu dengan membaca buku dan koran, berselancara di internet, menonton berita, berenang, atau apa pun yang menurut saya mendatangkan manfaat.

Dari lahir hingga berusia 12 tahun, saya tinggal di Bantul. Saya bersekolah di SD Negeri 5 Bantul dari tahun 2006 hingga 2012. Tepat ketika lulus SD, keluarga saya pindah ke Kota Yogyakarta sehingga saya pun meneruskan sekolah di Kota Gudeg ini.

Saya bersekolah di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Selama duduk di bangku SMP, saya bertekad untuk belajar dengan giat dan rajin. Hasilnya, saya sering dipilih menjadi wakil sekolah untuk mengikuti berbagai lomba akademik yang diadakan dinas pendidikan. Tahun 2015 saya lulus SMP dengan nilai memuaskan. Lulus dari SMP, pendidikan saya lanjutkan ke SMA Negeri 3 Yogyakarta. Di SMA, saya tidak hanya belajar serius, tetapi juga aktif dalam berbagai organisasi, yaitu OSIS, Paskibra, dan Pramuka.

Bersama teman-teman organisasi, saya sering mengikuti perlombaan dan terkadang menjadi juara. Tahun 2018, saya lulus dari SMA dan melanjutkan studi di Universitas Pilar Buana.

Saya memilih jurusan perikanan dan kelautan karena memang saya sangat mencintai laut. Sekarang, saya sudah memasuki semester tiga. Selain kuliah, saya tetap aktif di beberapa organisasi di kampus.

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi kekayaan laut yang sangat besar. Sayangnya, potensi itu belum sepenuhnya dieksplorasi untuk menyejahterakan penduduk, khususnya nelayan. Inilah yang menjadi salah satu alasan saya memilih jurusan perikanan dan kelautan. Saya berharap, setelah lulus nanti, saya bisa melanjutkan studi S2 dan S3 di Jepang yang terkenal dengan teknologi kelautannya dan mengabdikan ilmu saya nanti untuk bangsa dan negara Indonesia. Saya tahu hal itu tidak mudah, tetapi saya sudah siap bekerja keras untuk itu.

Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Masuk Kuliah uad.ac.id Nama saya Irma Novita, biasa dipanggil Irma. Sejak lulus dari sekolah dasar, saya disekolahkan di pesantren oleh orang tua hingga saat ini. Saya pun mendapatkan ilmu agama jauh lebih banyak daripada ilmu umum. Saya belajar tentang agama, ubudiyah, akhlak, syariah, dan lain sebagainya.

Saya pun merasa bahagia selama di pesantren. Meskipun kadang ada rasa jenuh, saya tetap bertahan karena bagi saya, itu adalah ujian bagi seorang santri.

Untuk membuang jenuh, saya memilih untuk membaca banyak buku. Saat ini, saya duduk di kelas XII dan sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir. Itu artinya, tak lama lagi, saya akan keluar dari pondok pesantren ini. Saya pun harus mulai memikirkan tentang kelanjutan studi saya. Ke mana saya harus melanjutkan sekolah? Sebenarnya, saya sudah memiliki rencana dan impian. Saya sangat ingin bisa kuliah di Universitas Merah Putih Yogyakarta.

Meskipun saya tinggal di Semarang dan di kota saya juga terdapat beberapa universitas, entah mengapa, saya sama sekali tidak tertarik. Kota Yogyakarta begitu menarik di mata saya sebagai tempat untuk melanjutkan studi. Kota ini dikenal sebagai tempat lahirnya para seniman dan tokoh-tokoh besar. Kota ini juga banyak menyimpan catatan serta bukti-bukti peristiwa sejarah yang sangat penting bagi Indonesia. Saya sejak kecil sangat mencintai buku, hobi menulis, dan menyukai karya-karya sastra.

Selama di pesantren, saya sering sekali mengikuti pelatihan dan kursus menulis, seperti puisi, esai, dan prosa, baik dalam bahasa Indonesia, Inggris, maupun Arab. Keinginan saya untuk kuliah di jurusan bahasa dan sastra di Kota Budaya sudah sedemikian kuat. Saya membayangkan alangkah menyenangkan mempelajari seni dan budaya langsung di kota yang dikenal dengan kekayaan seninya. Rasanya tak sabar menunggu satu semester lagi untuk lulus.

Sebetulnya, orang tua saya tidak keberatan. Jarak antara Semarang-Yogyakarta memang tidak terlalu jauh, tetapi tentu tidak mungkin saya tetap tinggal di Semarang dan kuliah di Yogyakarta. Itu artinya, saya harus indekos dan itu butuh biaya. Persoalan biaya inilah yang membuat orang tua saya sedikit ragu. Namun, entah kenapa, keegoisan mengalahkan logika saya.

Saya bersikap tak peduli pada masalah keuangan yang dihadapi orang tua sebagai keluarga yang kurang mampu. Karena saya dan adik harus menempuh jenjang pendidikan baru di tahun yang sama, orang tua saya meminta saya untuk tidak melanjutkan studi dahulu.

Namun, saya berpikir, usia saya akan terus bertambah. Jika saya menunda kuliah, saya khawatir pada akhirnya saya tidak kuliah sama sekali. Bapak pernah mengajak saya berbicara tentang masalah ini. Beliau dengan contoh deskripsi diri dalam cv mengatakan bahwa mereka tidak punya biaya untuk saya melanjutkan kuliah.

Bapak meminta saya untuk menunda kuliah selama setahun demi supaya adik saya bisa bersekolah. Namun, saya abaikan ucapan bapak saya.

Saya masih tetap mengedepankan ego sendiri, bahkan saya tidak ingin bekerja. Yang ada dalam pikiran saya adalah saya harus terus sekolah, terus belajar.

Saya pun berusaha meyakinkan orang contoh deskripsi diri dalam cv untuk mengizinkan saya mendaftar. Saya katakan kepada orang tua bahwa saya memiliki banyak prestasi di sekolah sehingga sangat sayang jika saya harus menunda kuliah. Inilah prestasi saya selama berada di pesantren. • Santriwati Berprestasi Tahun 2018• Juara I Sayembara Menulis Cerpen Tingkat Kabupaten• Juara II Lomba Resensi Buku• Juara II Lomba Menulis Esai Antar Pesantren Selain itu, saya juga aktif dalam berbagai organisasi, kegiatan, pelatihan, kursus, dan sebagainya di lingkungan pesantren sebagai berikut.

• Kursus Membaca Puisi Tahun 2016• Training Jurnalistik Tahun 2018• Pelatihan Karya Tulis Ilmiah 2019• Kursus Keputrian, Memasak, dan Menjahit Tahun 2017• Pelatihan Menulis Sastra Tahun 2017• Pelatihan Menulis Fiksi Tahun 2018• Pelatihan Karya Tulis Bahasa Arab Tahun 2019 Saya berusaha meyakinkan orang tua bahwa setelah diterima contoh deskripsi diri dalam cv Universitas Merah Putih Yogyakarta, saya akan segera mencari kerja untuk membiayai kuliah saya sendiri.

Meskipun saya belum tahu akan bekerja apa, saya tetap berharap, cita-cita saya kuliah di Universitas Merah Putih bisa tercapai. Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Beasiswa Aku dan Mimpiku Nama saya Indah Riantini.

Saya adalah mahasiswi Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung yang berasal dari Padang. Contoh deskripsi diri dalam cv akan bercerita sedikit pengalaman saya hingga akhirnya menempuh pendidikan di STKS Bandung.

Ayah saya adalah seorang guru di sebuah sekolah menengah pertama, sedangkan ibu saya adalah seorang tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). Saya memiliki seorang kakak yang saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah universitas di Padang. Ibu saya mulai terjun ke dalam kegiatan-kegiatan sosial sejak saya masih kecil. Saat itu, Ibu adalah aktivis pekerja sosial masyarakat (PSM).

Karena sering melihat aktivitas Ibu di bidang sosial dan beberapa kali desa kami dikunjungi dinas sosial, tumbuhlah ketertarikan dalam diri saya untuk menekuni bidan sosial. Keinginan tersebut mulai saya rasakan saat duduk di bangku SMP. Karena itulah, saat bersekolah di SMA, saya dengan mantap memilih jurusan ilmu sosial.

Sejak itu pula, saya mulai rajin mencari informasi tentang jurusan yang sesuai dengan minat saya ini. Pencarian tersebut akhirnya mengantarkan saya pada informasi tentang Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung.

Dengan bermodalkan tekad yang kuat dan tentu saja bekal ilmu yang telah saya pelajari selama di SMA serta diskusi dengan Ibu, saya akhirnya diterima menjadi mahasiswi di STKS Bandung. Alangkah senagnya saya bisa memperdalam ilmu yang sesuai dengan minat. Saya juga menyadari bahwa ilmu di dalam kelas tidak cukup untuk bekal saya kelak terjun di bidang ilmu sosial. Ilmu sosial adalah ilmu yang berkaitan dengan banyak orang sehingga saya harus memiliki kemampuan berorganisasi.

Karena alasan itulah, saya pun aktif di beberapa organisasi di kampus serta menjadi panitia untuk berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh kampus. Organisasi adalah sarana bagi saya untuk meningkatkan kapasitas dan mengembangkan potensi diri. Aktif di organisasi pun sebetulnya sudah saya lakukan ketika masih duduk di bangku SMA.

Ketika itu, saya menjadi anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan saat duduk di kelas dua, saya dipercaya untuk menjadi ketua. Saat saya mendapat amanah sebagai ketua, kegiatan organisasi saya titik beratkan pada bidang penelitian dan kewirausahaan.

Saya dan teman-teman melakukan penelitian dan eksperimen, lalu kami kembangkan menjadi produk yang bisa dijual. Organisasi kami juga sering mengikuti perlombaan ilmiah dan sempat beberapa kali meraih gelar juara. Selain itu, kami juga sering mengadakan kegiatan sosial dengan mengunjungi dan memberikan bantuan ke panti asuhan, anak jalanan, panti jompo, atau korban bencana alam.

Setelah menjadi mahasiswa, kegiatan keorganisasian tetap saya teruskan di dalam dan luar kampus. Saat ini, saya dipercaya menjadi bendahara Keluarga Mahasiswa Muslim KMM-STKS Bandung periode 2019/2020. Saya juga menjadi anggota Satuan Bakti Sosial Mahasiswa (SBSM). Di luar kampus, saya juga dipercaya menjadi sekretaris di organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat STKS.

Saya juga menjadi anggota fungsional dari Development Indonesia dalam Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI). Saat menginjak semester dua, saya dan beberapa teman merintis komunitas yang kami beri nama Komite (Komunitas Mahasiswa Terapi) sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin mendalami hipnoterapi. Saya juga aktif sebagai sukarelawan peduli sosial dan pendampingan belajar anak. Walaupun aktif di berbagai organisasi dan kepanitiaan, saya tetap menjadikan kuliah sebagai prioritas.

Saya pun tetap berusaha untuk mengejar prestasi akademik. Hasilnya, saya mendapatkan IPK 3,72 pada semester 1 dan 3,75 di semester 2. Bagi saya, organisasi adalah tempat bagi saya untuk belajar mengaplikasikan ilmu yang saya dapat dari bangku kuliah.

Organisasi juga berperan penting dalam memperluas wawasan dan mengasah kemampuan saya dalam praktik pekerjaan sosial sebelum benar-benar terjun ke dunia nyata nantinya. Jika saya mendapatkan beasiswa dari STKS Bandung, hal tersebut tentunya akan menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk meningkatkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Insya Allah, saya akan menggunakan beasiswa tersebut dengan baik dan efisien untuk menunjang prestasi. Beasiswa tersebut akan sangat membantu meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah saya.

Tak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada semua civitas akademika STKS Bandung yang telah banyak membantu saya. Demikian deskripsi ini saya buat dengan sebenarnya.

Terima kasih. (*tulisan ini disadur dari tulisan mba Allen Nela Kuraini) Contoh Deskripsi Diri Sendiri Untuk Blog Personal babastudio.com Nama saya Bobby Sulaksana, saya lahir di Cianjur pada tanggal 14 Mei 1990. Saya adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Saat ini, saya sedang menempuh studi di Universitas Pancasila sebagai mahasiswa jurusan akuntansi tingkat akhir.

Saya memilih jurusan akuntansi karena melihat bahwa lapangan kerja dan peluang karier di bidang ini sangat besar. Sejak menggeluti dunia akuntansi, saya menjari lebih tenang, sabar, dan teliti jika menghadapi laporan keuangan. Hal tersebut dikarenakan saya harus memiliki kemampuan analisis untuk menemukan penyebab perbedaan antara debit dan kredit pada sebuah laporan keuangan. Hal positif lain yang saya dapatkan dari bangku kuliah di jurusan ini adalah banyak ilmu akuntansi yang bisa dipraktikkan dalam keseharian.

Saya adalah orang yang sangat antusias untuk selalu menambah wawasan. Karena itulah, saya sering mengikuti berbagai pelatihan, seperti pelatihan perpajakan, terutama jika dibawakan oleh pemateri ternama. Saya juga pernah mengikuti diklat keuangan serta mengikuti kursus bahasa Inggris dan Arab. Saya juga pernah mengikuti program magang di PT Kilaumas. Waktu itu, saya ditempatkan di Divisi Perbendaharaan dan membantu staf verifikasi keuangan perusahaan. Salah satu tugas saya adalah memeriksa kembali jurnal keuangan dan meng-input data entry.

Selain menekuni ilmu akademis, saya juga tertarik pada aktivitas keorganisasian. Sejak SMP, saya sudah aktif di organisasi sekolah, yaitu OSIS dan Pramuka. Bahkan, saat di bangku SMA, saya menjadi salah satu ketua kelompok kegiatan ekstrakurikuler. Saat menjadi mahasiswa, kegemaran saya berorganisasi terus berlanjut. Saya cukup aktif di Himpunan Mahasiswa Akuntansi UP dan sempat dipercaya menjadi bendahara selama satu tahun.

Selain di kampus, saya pun aktif di organisasi yang ada di lingkungan tempat saya tinggal. Dalam beberapa event yang pernah diadakan organisasi-organisasi yang saya ikuti, saya terlibat dalam beberapa seksi, meskipun sebetulnya saya ditempatkan di satu seksi saja. Sebagai contoh, saya pernah menjadi penanggungjawab acara, aktif sebagai humas, dan terlibat dalam pembuatan publikasi acara. Saya pernah menjadi bagian dari tim yang bertugas mencari sponsor untuk acara kami.

Jabatan sekretaris panitia pun pernah saya emban dengan tugas membuat proposal acara dan lembar pertanggungjawaban setelah event selesai. Selain berorganisasi, saya juga sangat menyukai traveling. Saya selalu ingin tahu tentang sesuatu yang baru, merasakan suasana baru, dan bertemu dengan orang-orang baru. Bagi saya, membangun relasi sangatlah penting.

Tak heran, teman-teman mengatakan saya adalah orang yang pandai bergaul. Dari beberapa contoh deskripsi diri sendiri di atas, dapat disimpulkan bahwa jenis tulisan ini sedikit berbeda dengan autobiografi. Deskripsi diri sendiri tidak selalu harus menceritakan secara kronologis urutan peristiwa dari kecil hingga saat ini, tetapi lebih ditekankan pada penggambaran karakter diri.

Contoh deskripsi diri dalam cv LAINNYA • Arti JABODETABEK : Singkatan dan Kepanjangannya Adalah• FAX Adalah : Apa Itu Nomor Fax Toko, Npwp & Contohnya• CLOUD COMPUTING: Pengertian, Manfaat, Jenis & Contoh• Apa Itu Ilmu SEO?• METODE WATERFALL: Pengertian, Kelebihan & Tahapan Model• PENGERTIAN SDLC adalah: Fungsi, Metode dan Tahapan SDLCDeskripsi diri di dalam CV adalah ringkasan profil yang biasanya ditulis hanya dalam beberapa kalimat singkat untuk menggambarkan pendidikan, keterampilan, pengalaman atau tujuan karier seseorang.

Meski terkesan sederhana, namun menyusun deskripsi diri tidak semudah yang dibayangkan. Tidak hanya harus membuatnya secara singkat, kamu juga harus membuatnya menarik di mata perekrut. Bagaimana menulis informasi deskripsi diri yang tepat? Contoh deskripsi diri pada CV ditulis secara singkat, jelas, dan padat - EKRUT Informasi deskripsi diri pada CV memiliki peranan penting dalam menarik perhatian HRD.

Deskripsi diri biasanya menjadi cara cepat HRD menilai kandidat apakah sesuai dengan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Maka dari itu, penulisan informasi contoh deskripsi diri tidak boleh dilakukan secara asal. Penulisan informasi deskripsi bisa dimulai dengan mendeskripsikan secara singkat pengalaman pekerjaan dan kelebihan yang dimiliki. Akan lebih baik jika pengalaman dan kelebihan diri tersebut sesuai dengan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

Tulislah secara singkat, padat, dan jelas yang seakan dapat memperlihatkan kontribusi kamu kepada perusahaan apabila kamu mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Tips membuat deskripsi diri Membuat deskripsi diri di dalam CV membantu perekrut mendapat gambaran tentang profil kamu dengan cepat - EKRUT Sebelum membuat deskripsi diri pastikan kamu memerhatikan beberapa hal ini: • Buatlah secara ringkas Ingatlah bahwa perekrut tidak selalu memiliki banyak waktu ketika menyaring banyaknya CV kandidat yang melamar.

Itu sebabnya kamu perlu membuat deskripsi diri secara singkat yang membantu perekrut mendapat cukup gambaran tentang profil kamu sebagai kandidat sebelum melihat dengan detail informasi lainnya di dalam CV tersebut.

Kamu dapat membuat deskripsi singkat yang terdiri dua atau tiga frasa dalam format poin atau menulis paragraf singkat sebagai deskripsi diri. • Tentukan poin yang ingin ditonjolkan Lantas, bagaimana cara membuat deskripsi diri yang singkat jika kamu memiliki sederet pencapaian dan skill?

Membuat deskripsi diri yang menarik tidak berarti harus memasukkan semua kelebihan dan pengalamanmu. Anggaplah bagian deskripsi diri itu sebagai rangkuman dari CV yang berisi informasi paling penting yang ingin kamu tonjolkan pada perekrut. Untuk memilih poin apa yang ingin kamu tonjolkan dalam bagian deskripsi diri itu, cobalah melihat keseluruhan isi CV dan daftar kualifikasi dari posisi yang kamu lamar.Lalu, pilihlah keterampilan, pengalaman, pengetahuan atau pencapaian yang menunjang dalam seleksi profil untuk posisi tersebut.

Dengan begitu, saat recruiter melihat deskripsi diri mereka mendapatkan gambaran kesesuaian antara kualifikasi yang mereka cari dengan nilai apa yang kamu tawarkan kepada mereka. • Identifikasi diri secara profesional Pertimbangkan bagaimana kamu memperkenalkan diri sebagai seorang profesional dalam bagian deskripsi diri tersebut. Kamu dapat menggunakan jabatan saat ini di dalam deskripsi diri atau menggunakan kata-kata deskriptif lainnya yang menggambarkan pengalaman kerjamu.

• Jelaskan tujuan karier kamu Kamu dapat mengakhiri bagian deskripsi diri dengan memberi pernyataan tentang tujuan karier kamu dan bagaimana contoh deskripsi diri dalam cv tersebut berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. • Gunakan kata kunci contoh deskripsi diri dalam cv berhubungan Hal lain yang juga tidak boleh kamu sepelekan saat membuat deskripsi diri adalah menggunakan kata kunci yang relevan untuk menggambarkan dirimu sebagai kandidat yang potensial untuk posisi tersebut.

• Gunakan angka Pertimbangkan untuk memasukkan angka sebagai salah satu bukti data terukur dari pencapaianmu ke dalam bagian deskripsi diri.

Gunakan persentase atau angka yang memberi perekrut gambaran tentang seberapa baik kamu dalam melakukan pekerjaan sebelumnya.

• Jangan ragu berikan sentuhan pribadi Hindari menggunakan banyak kata atau istilah yang terlalu umum. Sebab, ini justru membuat deskripsi diri kamu terlihat biasa saja. Cobalah untuk membuat deskripsi diri yang memiliki sentuhan pribadi agar menunjukan keunikan diri kamu sebagai seorang kandidat.

• Periksa penulisan Langkah terakhir, pastikan kamu mengoreksi kembali penulisan bagian deskripsi diri dan keseluruhan CV. Identifikasi kesalahan tata bahasa atau penggunaan kata yang terdengar aneh, lalu perbaiki. Baca juga: Mitos dan tips cara membuat CV yang menarik 10 Contoh deskripsi diri dalam CV Berikan sentuhan personal pada deskripsi diri yang kamu buat - EKRUT Agar dapat membuat deskripsi diri yang benar, berikut beberapa contoh deskripsi diri dalam CV yang bisa kamu jadikan tambahan inspirasi.

1. Contoh deskripsi diri fresh graduate • “Lulusan S1 dengan spesialisasi di pemasaran digital. Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kampanye pemasaran digital melalui kesempatan magang di dua perusahaan multinasional.

Mencari peluang kerja yang memberi kesempatan untuk semakin berkembang.” • “Lulusan S2 Sastra Inggris dengan pengalaman empat tahun dalam penulisan kreatif, tata bahasa dan mengajar sastra di tingkat SMA. Memiliki sertifikasi dalam mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan mendidik siswa SMA dengan gangguan mental.“ 2. Contoh deskripsi diri dengan pengalaman kerja • “Accounting manager dengan 5 tahun pengalaman akuntasi di industri real estate dan marketing.

Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi. “ • “Digital marketing specialist dengan track record berhasil mendukung pertumbuhan laba yang konsisten untuk situs bisnis melalui konversi penjualan dan kualitas tinggi.” • “HR Generalist dengan pengalaman lebih dari 3 tahun dalam mengelola employee benefit, perekrutan, orientasi karyawan, proses manajemen kinerja, pelacakan lisensi dan pendataan SDM.

Terampil dalam komunikasi,membangun hubungan dengan karyawan di semua tingkat, HRIS, applicant tracking dan benefit management.” • “Customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari 2 tahun. Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 20%. Mencari posisi sebagai sebagai customer service team supervisor untuk melanjutkan pertumbuhan karier ke manajemen.” • “Marketing director dengan pengalaman 20 tahun di bidang pemasaran dan penjualan.

Berhasil membuat dan menerapkan kebijakan pemasaran, meningkatkan penjualan sebanyak 40%. Memiliki kemampuan manajemen dan interpersonal yang sangat baik.” • “Profesional TI yang berorientasi detail dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician.

Terampil dalam mengoperasikan berbagai platform, memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, dan mampu menjelaskan masalah software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.” contoh deskripsi diri dalam cv. Contoh deskripsi diri ketika ingin mengubah jalur karier • "Profesional Real Estate yang berpengalaman selama 3 tahun. Ingin membawa pengalaman ini ke ranah Sales.

contoh deskripsi diri dalam cv

Memiliki keahlian dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan klien. Skill komunikasi yang baik dan mampu bekerja di bawah tekanan. Membuat rekam jejak saya unggul dalam layanan pelanggan." • "Profesional yang berorientasi pada tujuan untuk mengejar perubahan karier jangka panjang dalam bidang Web Design.

Memiliki pengalaman 10 tahun disertai keterampilan analitis, pemecahan masalah, mahir komputer dan bisa menindaklanjuti proyek dari awal hingga akhir." 4.

Contoh deskripsi diri untuk posisi Business Management • “Pengalaman profesional selama 3 tahun dalam bisnis management, yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisa pasar, dan evaluasi pertumbuhan.” • “3 tahun pengalaman sebagai koordinator pengembangan bisnis dengan kemampuan berkolaborasi dengan tim penjualan, pemasaran, bisnis, dan produk.” 5.

Contoh deskripsi diri untuk posisi Software Engineer • “Profesional TI yang berorientasi contoh deskripsi diri dalam cv dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician. Terampil dalam mengoperasikan berbagai platform, memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, dan mampu menjelaskan masalah software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.” • “Profesional dengan pengalaman selama 3+ tahun dalam pengembangan aplikasi ponsel berbasis Android.

Terampil dalam kolaborasi antar tim, pemecahan masalah, dan manajemen proyek.” 6. Contoh deskripsi diri untuk posisi HR “HR Generalist dengan pengalaman lebih dari 3 tahun dalam mengelola employee benefit, perekrutan, orientasi karyawan, proses manajemen kinerja, pelacakan lisensi dan pendataan SDM.

Terampil dalam komunikasi,membangun hubungan dengan karyawan di semua tingkat, HRIS, applicant tracking dan benefit management.” 7. Contoh deskripsi diri untuk managerial level • “Accounting manager dengan 5 tahun pengalaman akuntasi di industri real estate dan contoh deskripsi diri dalam cv. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan.

Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi. “ • “Marketing director dengan pengalaman 20 tahun di bidang pemasaran dan penjualan. Berhasil membuat dan menerapkan kebijakan pemasaran, meningkatkan penjualan sebanyak 40%. Memiliki kemampuan manajemen dan interpersonal yang sangat baik.” 8. Contoh deskripsi diri untuk posisi sales "Berpengalaman 3+ tahun dalam graphic design, dengan menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop.

Berpengalaman dalam pembuatan storyboard, mock-up, dan visual untuk sosial media, web, dan aset lain untuk kebutuhan pemasaran." 10. Contoh deskripsi diri untuk mahasiswa "Mahasiswa Ekonomi yang antusias dan bermotivasi tinggi dengan kemampuan kepemimpinan, inisiatif dan mencari tantangan baru.

contoh deskripsi diri dalam cv

Berpengalaman dalam berbagai organisasi internal maupun eksternal kampus." Setelah membaca tips dan contoh deskripsi diri di atas, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi saat membuat deskripsi diri dalam CV kamu, kan?

Cobalah untuk membuat deskripsi diri yang singkat dan menarik dengan memperhatikan tips dan contoh di atas. Dengan begitu CV kamu pun akan semakin menarik dan dilirik oleh perekrut. Baca juga: 5 Cara membuat CV di Canva dengan mudah Tips memberikan deskripsi diri saat interview Berikan jawaban yang profesional, singkat dan jelas saat diminta untuk mendeskripsikan diri saat interview - EKRUT Selain deskripsi diri melalui CV, saat interview kemungkinan besar pewawancara juga akan menanyakan deskripsi diri secara langsung kepada kamu.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya yang perlu kamu perhatikan dengan baik. • Hindari memulai jawaban interview ini dengan hobi, kehidupan pribadi, dan keluarga. • Hindari menyebutkan keunggulan diri yang terdengar seperti menyombong. • Ceritakan kualifikasi diri kamu dan kenapa kamu cocok dengan pekerjaan ini.

• Ceritakan secara singkat latar belakang profesional dan pengalaman kerja kamu. Selain itu, pastikan saat kamu menceritakannya kamu menyampaikan cerita yang menarik dengan jelas dan lengkap. Baca juga: Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat Agar lebih lengkap, di bawah ini adalah video mengenai cara menjawab pertanyaan interview kerja "Ceritakan tentang dirimu" yang menarik untuk kamu simak.

Semoga berhasil, ya! Rekomendasi bacaan: • 8 Strategi rekrutmen efektif untuk mendapatkan talent terbaik dan berkualitas • 5 Benefit menggunakan jasa rekrutmen karyawan bagi perusahaan • 7 Tahapan proses rekrutmen yang efektif untuk HR praktikan Sumber: • indeed.com • kickresume.com • naukri.com • thebalancecareers.com • resume.io Tags membuat CV Share
Contoh Deskripsi Diri Customer Service Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter – CV merupakan salah satu komponen yang penting ketika melamar kerja.

Maka dari itu, CV merupakan salah satu hal yang harus dibuat dengan baik dan benar agar dapat menarik perhatian perekrut.

Sayangnya masih banyak orang yang belum contoh deskripsi diri dalam cv membuat CV yang baik dan benar, yang kerap membuat mereka kebingungan dalam pembuatannya. Bagian deskripsi diri juga menjadi salah satu bagian yang membingungkan bagi beberapa orang ketika membuat CV.

Bagian satu ini juga menjadi salah satu bagian yang peting dalam CV yang kamu buat. Maka dari itu, bagian ini haruslah dibuat dengan sebaik mungkin. Hindari menulis deskripsi diri dengan sembarangan, karena berpengaruh kepada diterima atau tidaknya kamu pada perusahaan yang kamu lamar. Contoh deskripsi diri dalam cv kata pada bagian deskripsi diri memang perlu diperhatikan sebaik mungkin.

Sebab, pada bagian ini akan menjelaskan apa saja keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Jika kamu belum pernah membuat bagian ini sebelumnya, kami akan memberikan bebecara contoh deskripsi diri yang baik dan dapat memikat perekrut. Apa itu Deskripsi Diri? Ilustrasi CV - Image Source : Pexels.com Sebelum lanjut ke contoh, ada baiknya kamu ketahui sedikit tentang deskripsi diri tersebut.

Deskripsi diri merupakan profil diri sendiri yang terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat. Tujuan dari bagian ini untuk mengambarkan diri kamu, maka biasanya berisi pengalaman dan keterampilan kamu yang paling berharga. Sebab, bagian ini adalah ringkasan profil diri, maka perlu dirancang agar dapat menonjolkan fitur-fitur terbaikmu. Kamu dapat menuliskan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan profesi yang dilamar.

Intinya, pada bagian ini kamu harus bisa menarik perhatian para rekruter untuk membaca keseluruhan CV kamu, serta melihat apa yang kamu tawarkan pada perusahaan yang kamu tuju. Tips Menulis Deskripsi Diri Ilustrasi CV - Image Source : Pexels.com • Fokus pada keterampilan dan prestasi Hal pertama yang tidak boleh dilewati dalam membuat deskripsi diri adalah mencantumkan keterampilan dan prestasi. Namun, kamu juga jangan menulis semua keterampilan dan prestasi yang kamu miliki.

contoh deskripsi diri dalam cv

Cantumkanlah keterampilan dan prestasi yang sesuai dengan bidang yang kamu lamar. Sebab, penulisan deskripsi diri harus singkat, padat dan jelas, tidak perlu bertele-tele. Rangkai juga kalimat yang bermakna positif untuk mengambarkan dirimu. • Selektif salam memberi informasi Tulislah informasi yang relevan sesuai info pekerjaan yang sedang kamu lamar. Jadi, mengetahui lebih dahulu apa saja keterampilan yang sesuai dengan lamaran akan sangat menguntungkan.

Hindari menjelaskan dengan kata-kata yang kaku, agar dapat lebih mudah dimengerti oleh perekrut dan memberikan kesan positif. • Gunakan angka dan simbol Agar lebih mudah dibaca oleh perekrut, ada baiknya kamu gunakan angka dan simbol. Dengan ini juga, deskripsi diri pada CV kamu akan terlihat menarik, detail dan mudah dibaca. Tentu contoh deskripsi diri dalam cv juga akan membuat CV mu akan dilirik oleh perekrut.

• Lebih menekankan pencapaian Rekruter akan lebih tertark jika kamu menjelaskan mengenai apa saja pencapaian yang telah diraih pada pekerjaan sebelumnya. Terlebih, pencapaian kamu cukup relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Agar lebih menarik, dalam menuliskan pencapaian, gunakan simbol atau angka. Dengan ini, pencapaian akan terlihat akurat dan menonjol. Contoh Deskripsi Diri di CV Ilustrasi Membuat CV - Image Source : Pexels.com • Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate “Saya merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan pengalaman kerja di bidang penulisan kreatif selama kurang lebih 2 tahun.

Saya juga pernah menjadi guru pengganti untuk materi Bahasa Inggris tingkat SMA. Dari pengalaman tersebut, saya telah meraih sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.” • Contoh Deskripsi Diri Designer Grafis “Saya lulusan Desain Grafis dari Universias ternama. Bepengalaman 2 tahun dalam dunia grahphic design.

Saya menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, Adbobe Photshop. Berpengalaman dalam pembuatan Storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran. Saya adalah seseorang yang ambisius, teliti dan terdorong untuk membuat inovasi menarik bagi perusahaan” • Deskripsi Diri Content Writer atau Content Creator “Saya adalah orang yang kreatif fan terbiasa membuat konten seperti artiel, video, atau gambar untuk media sosial.

Selama 1 tahun bekerja, saya berperan untuk meningkatkan traffic website sebesar 30%. Kreativitas yang saya miliki juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya bisa mencari solusi saat ada kenadala” • Contoh Deskripsi Diri Digital Marketer “Saya memiliki kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan mudah.

Selama 6 bulan bekerja sebagai marketing, saya berhasil meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga 5%. Kemampuan komunikasi yang saya miliki berperan penting dalam mencapai target yang dibebankan kepada saya.” • Contoh Deskripsi Diri Pindah Jalur Karier “Profesional marketing yang berpengalaman selama 4 tahun. Ingin membawa pengalaman kerjanya ke ranah sales. Saya memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan contoh deskripsi diri dalam cv baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Memiliki skil komunikasi yang mumpuni dan mampu bekerja di bawah tekanan. Prestasi yang telah saya raih membuat rekam jejak saya unggul dalam bidang penjualan.” • Contoh Deskripsi Diri Manajemen Bisnis “Saya adalah seorang profesional bisnis yang memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun dalam bidang Business Development. Kini mencari peluang untuk terjun ke dunia manajemen bisnis. Saya merupakan seseorang yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisis pasar, serta evaluasi pertumbuhan.

Memiliki kemampuan problem solving dan leadership yang kuat. Mampu meningkatkan angka kepuasan klien dan partner hingga 60% pada perusahaan sebelumnya.” • Contoh Deskripsi Diri Sales “Profesional dalam bidang sales dengan pengalaman kerja selama 2 tahun.

Memiliki spesialisasi dalam bidang marketing dan manajemen penjualan. Saya memiliki kelebihan dalam hal negosiasi, fokus dalam pencapaian target dan kemampuan Leadership. Menguasai software-software penjualan terbaru.” • Contoh Deskripsi Diri Bahasa Inggris “I’am a highly creative, ambitious, and experienced content editor with more than 4 years of experience in managing marketing campaigns and project by evaluating Instagram caption, blog post, and more.

Passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a department and deliver the best result for clients, shareholders, and partners in all sector.” • Contoh Deskripsi Diri IT Support “Saya adalah profesional IT dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician. Saya adalah seorang yang sangat teliti dan terampil mengoperasikan berbagai platform IT support.

Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik. Serta saya mampu memaparkan isu-isu software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.” • Contoh deskripsi diri dalam cv Deskripsi Diri Customer Service “Saya adalah seorang cutomer service spesialist dengan pengalaman kerja lebih dari 4 tahun.

Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang telah meningkatkan customer loyality sebesar 20%.

Saya kini mencari posisi sebagai cutomer service supervisor untuk melanjutkan perkembangan karier ke bidang manajemen.” Sekian Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang bingung menulis deskripsi diri yang baik. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Lokerbali.info Blog.

Search for: Artikel terbaru • 7 Lowongan Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang Masih Tersedia 20/04/2022 • Daftar Gaji Pegawai BUMN, Bikin Melongo 14/04/2022 • Erick Thohir Buka 2.700 Lowongan Kerja BUMN, Yuk Coba 13/04/2022 • Daftar Univeristas Swasta di Bali 29/03/2022 • Daftar Universitas Negeri di Bali 23/03/2022 • Contoh Deskripsi Diri di CV Yang Dapat Menarik Perhatian Rekruter 28/02/2022 • Makna Pembuatan Ogoh-Ogoh Menjelang Perayaan Nyepi di Bali 25/02/2022 • Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Dan Motor 22/02/2022 Kategori • Bali • Bisnis • Career Advice • Contoh Surat • Kesehatan • Keuangan • News • Pengembangan Diri • Pra Kerja • Productivity • Profesi • Promote • Skills • Tips • Ucapan Hari Raya Populer Hari Ini • Daftar Hari Raya Umat Hindu Bali Tahun 2021 57 views • Tips Psikotest Part 1 : Lulus Test Wartegg 9 views • Manfaat Mengikuti Kepanitiaan Kegiatan Kampus 8 views • Contoh Surat Pernyataan Tidak Bekerja Beserta Formatnya 5 views • 5 Alasan Mengambil Keputusan Untuk Resign Di Tempat Kerja 4 views • Contoh CV Untuk Fresh Graduate Yang Menarik di Mata HRD 4 views • Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pencairan BPJS 3 views • Mengenal Contoh deskripsi diri dalam cv Mentality, Pemicu Persaingan Tak Sehat Di Kantor!

contoh deskripsi diri dalam cv

3 views • Penerimaan Tenaga Non PNS di RSUD Bali Mandara 3 views • Penjelasan Aksara Bali Lengkap dengan Contoh 3 views

10 TIPS JITU MENULIS PROFIL DIRI BEASISWA LPDP (KURANG DARI 5 MENIT LANGSUNG SELESAI)




2022 www.videocon.com