Air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

Zat cair termometrik adalah zat cair yang mudah mengalami perubahan fisis jika dipanaskan atau didinginkan, misalnya air raksa dan alkohol. Termometer mempunyai banyak jenis, antara lain termometer klinis, termometer dinding, termometer bimetal, dan termometer maksimum-minimum.

Termometer yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah termometer air raksa. Jenis – Jenis Termometer. 1. Termometer Air Raksa. Termometer Air Raksa: Termometer air raksa adalah termometer cairan yang menggunakan air raksa sebagai pengisinya. Termometer air raksa merupakan thermometer yang banyak digunakan dibandingkan dengan termometer alkohol.

Termometer air raksa sering disebut termometer maksimum karena dapat mengukur suhu yang sangat tinggi. Jika suhu panas, air raksa akan memuai sehingga kita akan melihat air raksa pada tabung kaca naik.

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

Ketika suhu turun, air raksa akan tetap berada pada posisi ketika suhu panas. Beberapa keuntungan menggunakan termometer air raksa antara lain: – Air raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler, sehingga pengukurannya bisa jadi lebih teliti.

– Air raksa mudah dilihat karena mengkilat. – Air raksa cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur suhunya. – Jangkauan suhu air raksa cukup lebar, itu disebabkan karena air raksa membeku pada suhu -40 derajat dan mendidih pada sushu 360 derajat celcius.

– Volume air raksa berubah secara teratur. Selain memiliki keuntungan, air raksa juga memiliki beberapa kerugian. Antara lain: – Air raksa harganya lebih mahal. – Air raksa air tidak dipakai untuk mengisi termometer.

hal ini karena bisa digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah. – Termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah. 2. Termometer Alkohol. Termometer alkohol adalah termometer cairan yang menggunakan alkohol sebagai pengisinya. Alkohol lebih peka daripada air raksa sehingga ketika memuai, perubahan volumenya lebih terlihat jelas.

Termometer alkohol disebut juga termometer minimum karena mampu mengukur suhu yang sangat rendah. PELAJARI: 5 Contoh Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari Untuk menghindari gaya gravitasi bumi, termometer minimum diletakkan mendatar. Apabila suhu dingin, cairan alkohol akan bergerak ke kiri dan membawa indeks penunjuk berwarna. Sebaliknya, apabila suhu naik, indeks penunjuk berwarna akan tetap berada di posisinya walaupun cairan alkohol mengembang dan bergerak ke kanan.

Keuntungan menggunakan alkohol pada termometer antara lain: – Alkohol harganya lebih murah dibandingkan dengan air raksa. – Alkohol lebih teliti, jika terjadi kenaikan suhu kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang cukup besar. – Alkohol bisa mengukur suhu yang sangat rendah karena titik bekunya adalah -1300C. Namun selain memiliki keuntungan, alkohol juga memiliki kerugian, antara lain: – Membasahi dinding kaca.

– Titik didihnya rendah (78 derajat Celcius) – Alkohol tidak bewarna, sehingga perlu diberi pewarna agar dapat dilihat. 3. Termometer Klinis. Termometer klinis adalah termometer yang digunakan untuk mengukur suhu badan yang banyak dimanfaatkan di bidang kedokteran. Suhu badan dapat diukur dengan termometer klinis melalui rongga mulut, ketiak, atau di antara lekukan tubuh lainnya. PELAJARI: Apakah yang Dimaksud dengan Magnet? 4. Termometer Inframerah.

Termometer inframerah digunakan untuk mengukur suhu benda yang sangat panas. benda yang bergerak cepat, atau benda yang tidak boleh disentuh karena berbahaya. Termometer inframerah bisa juga disebut termometer laser, jika menggunakan sinar laser untuk mengukur suhu benda.

5. Termometer Bimetal Mekanik. Termometer bimetal mekanik adalah termometer yang terbuat dari dua buah kepingan logam yang memiliki koefisien muai yang berbeda. Bimetal merupakan gabungan dari dua kata, yaitu bi dan metal.

Bi artinya duo dan metal artinya logam. Dua kepingan logam pada termometer bimetal mekanik akan melengkung jika terjadi perubahan suhu. Mengapa Air Tidak Digunakan Untuk Mengisi Tabung Termometer. – Alasannya adalah akrena air membasahi dinding kaca, jangkauan suhunya terbatas, perubahan volumenya kecil dan penghantar panas yang jelek.

Alasan air tidak digunakan untuk mengisi tabung termometer adalah sebagai berikut. • Air membasahi dinding kaca sehingga meninggalkan titik-titik air pada kaca dan hal ini dapat mempersulit membaca ketinggian air dalam tabung. • Air tidak berwarna sehingga sulit dibaca batas ketinggiannya.

• Jangkauan suhu air terbatas (0-1 00°(). • Perubahan volume air sangat kecil ketika suhu dinaikkan. Selain itu, hasil pengukuran yang diperoleh kurang teliti karena air termasuk penghantar panas yang buruk.

Agar semua bagian air mencapai suhu yang sama, diperlukan waktu lama. Mungkin pada soal ada kesalahan, semua air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena merupakan alasan air tidak digunakan untuk mengisi termometer. Hanya yang B yang tidak termasuk.
Preview soal lainnya: PTS Bahasa Indonesia Semester 2 Genap SMP Kelas 8 Agar menyenangi matematika, sadarilah kegunaan dari pelajaran itu dalam kehidupan kita. Contohnya, untuk mengatur uang saku yang diberikan orangtua.

Jika tidak bisa matematika, kita tidak bisa mengatur jumlah uang yang mestinya dibelanjakan. Uang saku kita pasti akan cepat ludes dan tidak punya tabungan sama sekali. Yik, semangat belajar matematika. Teks diatas merupakan teks persuasif… A. Teks persuasuf politik B. Teks persuasuf propaganda C. Teks persuasuf pendidikan D. Teks persuasuf advertensi Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Materi Latihan Soal Lainnya: • PAT Bahasa Indonesia Tema 8 dan 9 SD Kelas 5 • Ulangan Tema 4 SD Kelas 1 • PAT (Penilaian Akhir Tahun) Matematika SMP Kelas 8 • Tema 1 SD MI Kelas 1 • IPA Tema 5 SD Kelas 4 • MID Semester Bahasa Inggris SD Kelas 5 • Reproduksi Tumbuhan dan Hewan - IPA SMP Kelas 9 • Chapter 1 & 2 - Bahasa Inggris SMA Kelas 12 • Benua • IPS Semester 1 Ganjil SD Kelas 5 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan - Hubungi Kami - Kirim Soal - Privacy Policy Follow us: Facebook • Instagram • Twitter Air mempunyai beberapa kekurangan dan tidak dapat digunakan untuk termometer : 1. Air membasahi dinding kaca, sehingga meninggalkan titik-titik air pada kaca, dan ini akan mempersulit membaca ketinggian air dalam tabung.

2. Air tidak berwarna, sehingga sulit dibaca batas ketinggiannya. 3. Jangkauan suhu air terbatas ( 0°C - 100°C ).

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

4. Perubahan volume air sangat kecil ketika suhu dinaikkan. 5. Agar semua bagian air mencapai suhu yang sama, diperlukan waktu yang lama. 6. Hasil bacaan yang didapat kurang jelas. 7. Air termasuk penghantar panas yang sangat jelek.

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

8. Letusan gunung berapi dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara.

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

Salah satu dampak pencemaran udara akibat bencana alam tersebut adalah . a. … terjadinya hujan asam karena emisi gas SO 2 b. terjadinya pemanasan global karena meningkatnya gas CO2 c. menipisnya lapisan ozon karena konsentrasi senyawa CFC di atmosfer meningkat d. meningkatnya suhu bumi karena konsentrasi gas metana di atmosfer makin tinggi 9. Upaya berikut yang dapat mengurangi emisi gas CFC adalah . a. tidak menggunakan pendingin ruangan b.

membuat biogas dari sampah organik c. tidak menumpuk sampah organik d. menggalakkan reboisasi 10. Menurut Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (PSTA LAPAN), beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami kondisi yang disebut kemarau basah sepanjang Juli-Oktober 2021. Terjadinya kemarau basah menunjukkan adanya anomali musim yang menyebabkan musim hujan terjadi lebih lama.

Fenomena kemarau basah merupakan dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh . a. perubahan iklim b. adanya badai siklon menipisnya c. lapisan ozon d. adanya gelombang tsunami bantuin jawab yaa​
Jawab : Cairan pengisi termometer. Alasan mengapa air tidak digunakan untuk mengisi tabung termometer antara lain : - air membasahi dinding - tidak berwarna - jangkauan suhu air terbatas (0 - 100)°C - perubahan volume air sangat kecil ketika suhunya dinaikkan - merupakan penghantar panas yang sangat jelek Jadi Air tidak dipakai untuk mengisi termometer karena air membasahi dinding.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah D.
Air tidak cocok untuk termometer karena: • Membasahi wadahnya, sehingga tinggi permukaan air tidak rata • Memiliki suhu titik beku terlalu tingi dibanding raksa dan titik didih terlalu rendah dibanding raksa • Memiliki anomali pemuaian, sehingga pemuaiannya tidak linear Pembahasan: Termometer yang digunakan sehari-hari biasanya adalah termometer raksa yang menggunakan pemuaian raksa (Hg) seiring perbahan suhu untuk mengetahui suhu sekitar.

Air (H2O) meskipun adalah senyawa yang melimpah, tidak digunakan pada termometer, karena beberapa kekurangannya yaitu: 1. Air membasahi wadahnya, sehingga tinggi permukaan air tidak rata Air memiliki adhesi (daya lekat ke wadahnya) yang tinggi, akibatnya pemukaan air akan berbentuk cekung, dengan ketinggian di sekitarnya.

Akibatnya, karena permukaan tak rata ini, pemuaian air tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat 2. Air memiliki suhu titik beku terlalu tinngi dan titik didih terlalu rendah Air membeku menjadi padat pada suhu 0 °C dan mendidih pada suhu 100 °C. Suhu ini pada rentang lebih sempit dibanding raksa, yang membeku menjadi padat pada suhu -38,8 °C dan mendidih pada suhu 356,73 °C.

Akibat susu titik didih dan titik beku ini, air kurang cocok sebagai termometer pengukur suhu udara yang dingin di bawah 0°C, atau mengukur suhu panas di atas 100 °C, sebaliknya termometer raksa lebih cocok. 3. Air memiliki anomali pemuaian, sehingga pemuaiannya tidak linear Raksa adalah logam yang pemuaiannya Linear, dan akan memuai (memanjang bila dipanaskan) secara teratur, sehingga akurat dalam mengukur suhu.

Sebaliknya, air memiliki anomali yaitu akan menurun suhunya bila dipanaskan hingga suhu 4 °C, baru kemudian memuai setelah lebih tinggi suhunya dari 4 °C. Akibatnya air tidak cocok sebagai pengisi termometer pengukur suhu. Pelajari lebih lanjut tentang termometer di: brainly.co.id/tugas/20905532 Pelajari lebih lanjut termometer alkohol di: brainly.co.id/tugas/13807952 Pelajari lebih lanjut termometer raksa di: brainly.co.id/tugas/13603464 ------------------------------------------------------------------------------------- Detail Jawaban: Mata pelajaran: Fisika Kode: 7.6.7 Kelas: VII Materi: Bab 7 - Suhu, Pemuaian, dan Kalor Kata Kunci: Termometer 8.

Letusan gunung berapi dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Salah satu dampak pencemaran udara akibat bencana alam tersebut adalah . a. … terjadinya hujan asam karena emisi gas SO 2 b.

terjadinya pemanasan global karena meningkatnya gas CO2 c. menipisnya lapisan ozon karena konsentrasi senyawa CFC di atmosfer meningkat d. meningkatnya suhu bumi karena konsentrasi gas metana di atmosfer makin tinggi 9. Upaya berikut yang dapat mengurangi emisi gas CFC adalah . a. air tidak dipakai untuk mengisi termometer.

hal ini karena menggunakan pendingin ruangan b. membuat biogas dari sampah organik c. tidak menumpuk sampah organik d.

menggalakkan reboisasi 10. Menurut Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (PSTA LAPAN), beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami kondisi yang disebut kemarau basah sepanjang Juli-Oktober 2021.

Terjadinya kemarau basah menunjukkan adanya anomali musim yang menyebabkan musim hujan terjadi lebih lama. Fenomena kemarau basah merupakan dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh . a. perubahan iklim b. adanya badai siklon menipisnya c. lapisan ozon d. adanya gelombang tsunami bantuin jawab yaa​Latihan Soal Suhu dan Perubahannya SMP MTs Serta Kunci Jawaban Amongguru.com. Berikut ini kami bagikan contoh soal Suhu dan Perubahannya untuk jenjang SMP MTs serta kunci jawabannya.

Latihan soal ini dapat menjadi referensi peserta didik dalam mempelajari Suhu dan Perubahannya sebagai salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013. Latihan Soal Suhu dan Perubahannya Air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena ini berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban.

Ringkasan Materi Suhu merupakan ukuran atau derajat panas dan dinginnya suatu benda. Benda yang panas akan memiliki suhu yang tinggi dan benda dingin memiliki suhu yang rendah. Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Termometer dibuat berdasarkan prinsip bahwa volume zat cair akan berubah apabila dipanaskan atau didinginkan. Volume zat cair akan bertambah apabila dipanaskan, sedangkan jika didinginkan, volume zat cair akan berkurang.

Naik atau turunnya zat cair tersebut digunakan sebagai acuan untuk menentukan suhu suatu benda. Supaya suhu suatu benda dapat diukur dengan menggunakan termometer hingga diketahui nilainya, maka dinding kaca termometer diberi skala dengan menandai titik-titik tertentu pada kaca.

Setelah itu, masing-masing titik tersebut diberi angka untuk menunjukkan derajat panas atau dinginnya suatu benda. Termometer yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah termometer yang terbuat dari tabung kaca berisi zat cair. Salah satu sifat termometrik dari zat cair adalah adanya perubahan volume, yaitu memuai ketika dipanaskan dan menyusut pada saat didinginkan.

Zat cair yang paling banyak digunakan untuk mengisi tabung termometer adalah alkohol dan raksa. Karena adanya perbedaan dalam menggunakan satuan suhu, maka perlu dilakukan penyetaraan yang satu dengan lainnya. Perbandingan skala antara temometer Celcius, termometer Reamur, termometer Fahrenheit, dan termometer Kelvin adalah sebagai berikut. C : R : F : K = 100 : 80 : 180 : 100 C : R : F : K = 5 : 4 : 9 : 5 Artikel pendukung materi IPA tentang suhu dan perubahannya dapat di baca pada link berikut.

• Pengertian Termometer, Jenis, dan Fungsinya Dilengkapi Gambar • Jenis Termometer, Penentuan Skala, dan Fungsinya dalam Kehidupan • Cara Menentukan Kesetaraan Skala Termometer dan Contoh Soalnya Contoh Soal Suhu dan Perubahannya Soal nomor 1 Suhu suatu zat menyatakan ….

A. jumlah molekul zat B. tingkat kenaikan volume zat C. tingkat panas atau dinginnya suatu zat D. tingkat pemuaian zat alternatif jawaban.

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

Soal nomor 2 Satuan Internasional (SI) yang digunakan untuk suhu adalah …. A. Celcius B. Fahrenheit C. Reamur D. Kelvin alternatif jawaban. Soal nomor 3 Suhu suatu zat diukur dengan …. A. barometer B. termometer C. higrometer D. manometer alternatif jawaban. Soal nomor 4 Pernyataan berikut ini benar, kecuali …. A. suhu merupakan besaran turunan B. alat ukur suhu adalah termometer C. suhu menyatakan derajat panas sebuah benda D. molekul-molekul sebuah benda bergetar cepat jika suhu dinaikkan alternatif jawaban.

Soal nomor 5 Air tidak dipakai untuk mengisi termometer. Hal ini karena …. A. volume air tetap B. tidak memuai ketika dipanaskan C. memiliki pemuaian yang kecil D. air membasahi dinding alternatif jawaban. Soal nomor 6 Salah satu keuntungan alkohol sebagai pengisi termometer adalah ….

A. dapat mengukur suhu yang sangat tinggi B. dapat mengukur suhu yang sangat rendah C. tidak berwarna D. tidak membasahi dinding tabung alternatif jawaban. Soal nomor 7 Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

(1) Tidak membasahi dinding (2) Pemuaiannya tidak teratur (3) Mudah dilihat (4) Titik bekunya rendah Keuntungan raksa sebagai pengisi termometer ditunjukkan oleh nomor …. A. 1, 2, dan 3 B. 1 dan 3 C. 2 dan 4 D. 4 saja alternatif jawaban. Soal nomor 8 Titik tetap atas termometer celcius adalah …. A. suhu es yang mencair B. suhu air yang membeku C. suhu air yang panas D. suhu air yang mendidih alternatif jawaban. Soal nomor 9 Termometer klinis mempunyai daerah ukur antara ….

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

A. 0 – 50ºC B. 0 – 100ºC C. 30 – 40ºC D. 35 – 42ºC alternatif jawaban. Soal nomor 10 Pada termometer celcius, titik didih air adalah 100ºC. Pada termometer Fahrenheit nilai ini sama dengan …. A. 212ºF B. 180ºF C. 132ºF D. 32ºF Soal nomor 11 Suhu suatu zat adalah 25ºC.

Jika diukur oleh termometer skala fahrenheit, maka suhu zat tersebut adalah …. A. 97ºF B. 95ºF C. 77ºF D. 45ºF alternatif jawaban. Soal nomor 12 Suhu suatu zat menurut termometer celcius adalah 27ºC, maka menurut kelvin suhu itu sama dengan … A.

27ºK B. 127ºK C. 300ºK D. 400ºK Soal nomor 13 Penunjukan skala termometer berikut yang mempunyai suhu paling rendah adalah ….

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

A. 0ºK B. 0ºC C. 0ºR D. 0ºF alternatif jawaban. Soal nomor 14 Berikut adalah cara mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian, kecuali …. A. membuat celah pada sambungan rel kereta api B. membuat celah pada sambungan jembatan C. membuat keping bimetal pada saklar otomatis D. membuat ukuran bingkai jendela lebih besar dari kacanya alternatif jawaban.

Soal nomor 15 Berikut ini pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, kecuali …. A. pemasangan jembatan besi B.

pengelingan pelat logam C. memasang roda pada ban baja sebuah lokomotif D. keping bimetal alternatif jawaban. Soal nomor 16 Pemasangan kawat jaringan listrik tidak terlalu tegang.

Hal ini dilakukan agar …. A. tidak putus ketika panas B. tidak putus ketika dingin C. melengkung ketika panas D. ada kesempatan pemuaian alternatif jawaban. Soal nomor 17 Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan keaadaan di atas, dapat disimpulkan bahwa …. A. setelah dipanaskan, besi lebih panjang daripada tembaga B. setelah dipanaskan, tembaga lebih tebal daripada besi C.

koefisien muai panjang besi lebih besar daripada tembaga D. koefisien muai panjang tembaga lebih besar daripada besi alternatif jawaban.

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

Soal nomor 18 Jika pada termometer celcius menunjukkan suhu 40℃, maka pada termometer Fahrenheit menunjukkan …. A. 32℉ B. 72℉ C. 104℉ D. 252℉ alternatif jawaban. Soal nomor 19 Koefisien muai gas adalah …. A. 100/℃ B. 273/℃ C. ⅟₂₇₃ /℃ D. ⅟₁₀₀/℃ alternatif jawaban. Soal nomor 20 Gambar berikut yang menggambarkan sifat anomali air adalah …. A. B. C. D. Kunci Jawaban – Unduh Baca juga : • Latihan Soal IPA Suhu dan Perubahannya Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 • Contoh Soal Suhu dan Perubahannya SMP MTs Serta Kunci Jawaban Demikian yang dapat kami bagikan mengenai latihan soal Suhu dan Perubahannya SMP MTs serta kunci jawabannya.

Semoga bermanfaat.
Air tidak dapat dipakai untuk mengisi termometer, karena? A. volume air tetap B. tidak memuai ketika dipanaskan C. memiliki pemuaian yang kecil D. air membasahi dinding kaca E. Semua jawaban benar jawaban yang benar adalah: D. air membasahi dinding kaca. Menurut ensiklopedia air tidak dapat dipakai untuk mengisi termometer, karena air membasahi dinding kaca.

Soal berikutnya : Berikut ini yang termasuk landasan moral kehidupan berbangsa dan bernegara bagi bangsa indonesia yaitu? Related posts: • Proses perpaduan dua kebudayaan yang berbeda dengan tidak menghilangkan ciri kebudayaan lama disebut? • Salah satu tumbuhan asli yang berasal dari Filipina adalah pisang abaka. Serat dari batang tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk? • Kata budaya berasal dari beberapa bahasa. Salah satunya adalah dari bahasa sansekerta yang memiliki arti akal budi, yaitu?

Recent Posts • Proses perpaduan dua kebudayaan yang berbeda dengan tidak menghilangkan ciri kebudayaan lama disebut? • Salah satu tumbuhan asli yang berasal dari Filipina adalah pisang abaka.

Serat dari batang tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk? • Kata budaya berasal dari beberapa bahasa. Salah satunya adalah dari bahasa sansekerta yang memiliki arti akal budi, yaitu? • Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara adalah? • Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini melintasi beberapa negara, termasuk Laos.

Sungai Mekong memegang peranan penting bagi Laos, di mana pusat perekonomiannya terdapat di sepanjang sungai ini.

air tidak dipakai untuk mengisi termometer. hal ini karena

Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah?

CARA MENGGUNAKAN TERMOMETER DIGITAL YANG BAIK DAN BENAR




2022 www.videocon.com