Cara memasak sarden kaleng

cara memasak sarden kaleng

Tips memasak sarden kaleng sebetulnya sangat mudah karena dagingnya sendiri sebetulnya sudah masak dan bisa langsung dimakan. Kebanyakan cara yang tertera dan disarankan pada label kaleng adalah Anda tinggal memanaskannya sebentar lalu ikan tuna bisa dimakan. Tapi ada juga yang ingin mengolah dan memasaknya sekali lagi dengan ditambahkan berbagai macam bumbu-bumbu agar rasanya makin enak. Sarden adalah salah satu ikan yang berukuran kecil dan baunya bisa dibilang sangat amis tapi rasanya enak.

Ikan sarden kaleng di Indonesia bisa dikatakan merupakan salah satu produk kalengan yang paling laris dan banyak yang suka. Ikan sarden tersebut sudah diolah, dimasak, dan diberi pengawet lalu dimasukkan dalam kaleng tertutup rapat. Jika belum dibukan, ikan sarden kalengan dapat bertahan lama bahkan sampai berbulan-bulan. Kalau tutup kaleng telah dibuka, maka sebaiknya langsung dikonsumsi dalam jangka waktu 1-2 hari saja. Sisa karden juga sebaiknya disimpan dalam lemari es.

Cara memasak sarden agar terasa lebih enak Cara memasak sarden instan meski sudah masak bisa ditambahi dengan berbagai macam bumbu masakan lainnya agar terasa lebih enak.

Satu hal utama yang perlu diperhatikan saat memasak sarden adalah jangan sampai dagingnya hancur karena daging ikan sarden termasuk sangat lunak. Berikut ini langkah-langkah memasak ikan sarden kaleng siap makan yang bisa dilakukan: Bahan yang perlu disiapkan: 路 3 siung bawang putih 路 4 siung bawang merah 路 Daun bawang atau bawang bombay secukupnya 路 陆 ruas jahe diiris halus 路 Tomat 路 10 cabai merah atau sesuai selera 路 Kemangi 路 Minyak goreng 路 Bumbu penyedap rasa Tips memasak sarden kaleng yang enak: 1.

Haluskan bumbu-bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. 2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng sedikit sesuai kebutuhan.

3. Tambahkan jahe yang sudah diiris halus, bawang bombay, atau daun bawang. Lalu tumis semuanya sampai berbau harum. 4. Tambahkan tomat saat ditumis, setelah itu masukkan ikan tuna kaleng ke dalam tumisan. Aduk-aduk sampai bercampur rata.

Saat melakukan ini harus hati-hati agar daging ikan tuna tidak hancur. 5. Setelah sudah tercampur rata, langsung angkat dan sajikan selagi masih hangat dengan nasi. Selamat makan. Tips memasak sarden kaleng yang benar agar tidak hancur adalah harus perlahan dan hati-hati, tidak perlu terburu-buru yang penting semua bumbu dapat rata.

Kalau daging ikan sarden hancur, maka akan mengurangi kenikmatannya waktu dimakan. Cara memasak sarden agar tidak amis Bau ikan sarden memang sangatlah amis jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Kadang orang malas makan sarden karena baunya yang terlalu amis.

Tapi jangan khawatir karena ada cara memasak sarden agar tidak amis. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan bau amis pada sarden: Bahan yang perlu disiapkan: 路 1 kaleng ikan sarden 路 2 siung bawang cara memasak sarden kaleng 路 3 siung bawang merah 路 1 siung bawang bombai 路 5 cabe merah kriting 路 5 cabe rawit merah/ sesuai selera Anda (opsional) 路 Daun kemangi 路 陆 buah Jeruk nipis 路 Tomat 路 Air secukupnya 路 Gula pasir dan garam gunakan secukupnya Tips memasak sarden kaleng agar tidak amis: 1.

Haluskan bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, iris tipis-tipis bawang bombay dan cabai. 2. Potong-potong tomat menjadi ukuran lebih kecil atau kotak-kotak. 3. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan diiris tipis sampai tercium harum baunya. 4. Buka kaleng sarden dan masukkan ke dalam tumisan.

Agar tidak ada bumbu dalam kaleng sarden yang tersisa, bisa masukkan cara memasak sarden kaleng sedikit lalu dikocok dan tuang ke dalam wajan. 5. Tambahkan air ke dalam cara memasak sarden kaleng, kemudian aduk-aduk sebentar sambil dipanaskan dan sampai semua bumbu rata.

6. Masukkan cabai keriting, cabai rawit, jeruk nipis, dan tomat ke dalam wajan. Tambahkan garam, gula pasir, dan daun kemangi secukupnya. Lalu aduk sampai rata. 7. Setelah rata, angkat dan siap disajikan. Maka sarden sudah tidak terlalu bau amis lagi dan ada aroma daun kemangi yang harum.

Selamat makan. Sebetulnya masih banyak sekali bumbu-bumbu khas Indonesia yang bisa dipakai untuk sedikit menghilangkan bau amis pada ikan sarden kaleng siap saji.

Contohnya seperti jahe, kunyit, asam jawa, daun kemangi, dan jeruk nipis. Tapi Anda tidak perlu memasukkan semuanya, cukup dipilih satu atau dua saja yang kira-kira sesuai dengan resep dan selera Anda. Memang kita tidak bisa menghilangkan bau amis pada daging ikan sarden secara total, tapi justru ciri khas tersebutlah yang membuat sarden jadi tambah nikmat dimakan.

Selain itu, biasanya ikan sarden sudah diproses sehingga tulangnya lunak dan enak kalau dimakan tanpa perlu mencabuti tulang-tulangnya.

Pengawetan sarden kalengan Mengawetkan makanan dengan cara kalengan merupakan salah satu cara aman untuk mengawetkan ikan sarden.

Jadi Anda juga tidak perlu khawatir dengan pengawet saat mengonsumsi ikan sarden. Bahkan ikan sarden ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Ikan sarden adalah ikan yang bermanfaat dan kaya dengan mineral, protein, dan vitamin serta lemak omega-3 yang bagus bagi jantung, otak, dan seluruh tubuh.

Meski begitu, karena sarden mengandung tingkat purin yang cukup tinggi maka sebaiknya juga harus dibatasi konsumsinya, misalnya mengonsumsi 2 sampai 3 kali saja per minggu. Purin ini biasanya dikaitkan dengan tingginya asam urat pada tubuh seseorang, oleh karena itu bagi Anda yang bermasalah dengan penyakit ini sebaiknya dibatasi dengan benar. Itulah tadi beberapa informasi mengenai tips memasak sarden kaleng produk Indonesia serta nutrisi dan pengawetannya, semoga bermanfaat.

Brilio.net - Biasanya ketika banyak orang tidak memiliki waktu untuk memasak, mereka akan cenderung menggunakan makanan instan. Ya, makanan instan dan praktis menjadi salah satu stok makanan wajib yang ada di rumah. Nah, ketika darurat dan nggak memiliki bahan makanan lain, makanan instan ini dapat menolong saat keadaan darurat.

Salah satunya sarden. Rasanya lezat dan bergizi. Sarden tersedia dalam berbagai pilihan rasa sehingga membuat masyarakat menyukainya. Dari segi harga, satu kaleng sarden pun tergolong murah dan mudah didapat. Biasanya satu kaleng, berisi 3 ekor ikan sarden. Soal pengolahan, makanan kaleng satu ini mudah cara memasak sarden kaleng dimasak. Kamu cukup memanaskannya, tanpa harus diberi tambahan bumbu.

Sarden ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan instan yang wajib untuk kamu stok. Apalagi untuk anak indekos maupun para ibu yang ingin praktis dan antiribet. Namun jika kamu ingin menikmati sajian sarden yang super enak kamu juga bisa lho berkreasi, menikmati sajian sarden dengan cara berbeda.

Kamu bisa mengolahnya lagi dengan paduan bahan dan bumbu lainnya. Misalnya saja membuat kroket isi sarden, seblak topping sarden, sarden petai dan banyak lainnya.

Hmm. dijamin deh rasanya makin mantap! Penasaran cara memasak sarden kaleng mencobanya? Langsung aja simak ulasan berikut yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/6), 10 resep olahan sarden kaleng, super enak, praktis dan sederhana.

cara memasak sarden kaleng

1. Sarden kriuk sambal ijo. foto: Instagram/@dapuraya Bahan: - 2 kaleng sarden - 100 gr tepung pro tinggi (Cakra) - 1 sdt merica - 1 sdt garam - 1 putih telur - Air secukupnya Bahan sambal ijo: - 3 cabai ijo - 10 rawit ijo - 2 lembar daun jeruk - 1 lembar daun salam - Gula, garam secukupnya - Minyak goreng Cara membuat: - Pertama pisahkan sarden dengan kuahnya - Lalu campur tepung dan bumbu, adu rata.

Bagi menjadi 2, satu bagian kering lebih banyak. cara memasak sarden kaleng Lalu satu bagian lebih sedikit diberi putih telur dan air secukupnya, aduk rata. - Celup sarden ke adonan basah dan gulingkan ke adonan kering - Goreng sampai matang kecokelatan, Angkat dan tiriskan.

- Buat sambal, haluskan bahan sambal, tumis bumbui dengan gula dan garam. - Tes rasa. Sajikan sarden kriuk dengan sambal ijo. 2. Kroket sarden mayo. foto: Instagram/@ismaya_dapur_maya Bahan: - 1 kaleng sarden - 2 sdm mayonaise plain - 2 saset tepung instant perkedel - 1 butir telur - 180 ml air - Lada bubuk secukupnya Bahan pelapis: - 1 butir telur - Tepung panir secukupnya Cara membuat: - Buka sarden kaleng ambil ikannya saja, sisakan kuahnya.

- Kemudian haluskan ikan sarden dengan garpu dan beri 2 sdm mayonaise plain, sisihkan. - Lalu campur di mangkok tepung instant perkedel, 180 ml air, 1 butir telur, lada dan aduk hingga rata. - Kemudian ambil adonan bagi jadi 10 untuk ukuran kroket besar.

- Pipihkan adonan lalu masukkan sarden tutup hingga rapat dan bentuk oval ulangi hingga habis. - Kocok lepas telur untuk pelapis, sisihkan. Masukkan kroket ke kocokan telur kemudian balurkan ke tepung roti.

- Goreng hingga kecokelatan, angkat dan sajikan hangat. 3. Tumis sarden. foto: Instagram/@tipsdapursederhana Bahan: - 1 kaleng besar sarden - 5 siung bawang merah iris - 4 siung bawang putih iris - 1 sdm gula pasir - Air secukupnya - Kecap manis secukupnya - Kaldu bubuk secukupnya - Garam secukupnya - Daun bawang untuk taburan - Cabai rawit utuh/iris sesuai selera Cara membuat: - Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang.

Lalu masukkan sarden dan air. - Beri kecap manis, gula pasir, dan kaldu bubuk. - Kemudian didihkan dan aduk perlahan. Beri garam, aduk dan koreksi rasa. Sajikan dengan taburan daun bawang iris. 4. Sarden telur puyuh. foto: Instagram/@nenis.kitchen Bahan: - 1 kaleng sarden - 2 siung bawang putih iris - 1/2 bombai iris - 2 cm jahe - 10 cabai rawit biarkan utuh - 5 cabai merah iris - 200 ml air putih - Telur puyuh rebus secukupnya - Tomat iris - 3 lembar daun jeruk - Garam, lada, gula Cara membuat: - Tumis bawang putih, dan jahe sampai harum.

Masukkan sarden, cabai dan daun jeruk, aduk. - Lalu tambahkan air dan telur puyuh. Beri garam, lada dan gula secukupnya. - Kemudian masukkan bawang bombai dan tomat, masak. Tes rasa dan cara memasak sarden kaleng.

5. Balado sarden terong. foto: Instagram/@tania_w8892 Bahan: - 2 kaleng kecil sarden - 2 buah terong, potong - 2 papan pete - 1 buah bawang bombai, iris - 7 cabai rawit merah, iris serong - 3 lembar daun jeruk, iris tipis Bumbu ulek kasar: - 6 siung bawang merah - 10 cabai merah keriting - 5 cabai rawit merah Cara membuat: - Tumis bumbu ulek dan daun jeruk hingga harum.

- Lalu masukkan sarden, pete dan terong, cara memasak sarden kaleng rata. - Terakhir garam, bawang bombai dan irisan cabai rawit, aduk rata.

cara memasak sarden kaleng

Angkat dan Sajikan. 6. Sarden petai. foto: @cookin.id via Instagram/@aneka_resep_ikan Bahan: - 1 kaleng sarden - 2 siung bawang putih, cara memasak sarden kaleng halus - 1/2 buah bawang bombai, cincang halus - 2 buah cabai hijau, potong tipis serong - 1 papan petai, belah dua - 1/2 sendok makan kecap manis - 1/2 sendok teh saus tiram Kuah sarden: - 250 ml air - 50 gr jagung manis frozen - 1 sendok makan sambal botol Cara membuat: - Tumis bawang putih, bawang bombai, dan cabai hijau hingga harum.

Masukkan sarden. Aduk perlahan agar tidak hancur. - Masukkan kecap manis, saus tiram, kuah sarden, dan air. Biarkan di atas api kecil sampai mendidih. - Masukkan petai, jagung manis dan sambal botol.

Biarkan di atas api kecil sampai semua bahan matang.

cara memasak sarden kaleng

Tes rasa dan sajikan. 7. Sarden masak lemak. foto: Instagram/@tania_w8892 Bahan: - 2 kaleng kecil sarden - 1 genggam daun kemangi - Kaldu bubuk secukupnya - 50 ml santan kental Bumbu iris: - 4 siung bawang putih - 6 siung bawang merah - 3 lembar daun jeruk, iris tipis - 3 Cabai merah besar - 2 Cabai hijau besar Cara membuat: - Tumis bawang putih, bawang merah dan daun jeruk hingga harum.

- Lalu masukkan sarden dan cabai, aduk rata. - Tuang santan dan kaldu bubuk, aduk rata. - Terakhir masukkan daun kemangi, aduk rata. Angkat dan Sajikan. 8. Sarden telur balur. foto: Instagram/@guniezzt Bahan: - 1 kaleng ikan sarden - Tepung bumbu serbaguna secukupnya - 2 butir telur - Merica bubuk, garam Cara membuat: - Tuang sarden kaleng dan ambil ikannya aja.

- Balurkan dalam tepung bumbu dengan bantuan sendok - Lalu simpan dalam lemari es kurang lebih 30 menit. - Kemudian kocok telur yang sudah diberi garam dan merica, lalu goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan. 9. Sarden masak tauco. foto: Instagram/@ihs_nypane Bahan: - 1 kaleng ikan sarden, pisahkan dengan sausnya - 1/2 papan tempe, potong kecil lalu goreng - 1 ruas jahe, iris - 1 ruas lengkuas, memarkan - 3 sdm tauco - 1/2 sdm kecap manis - 2 siung bawang putih, iris - 4 siung bawang merah, iris - 6 buah cabai merah keriting, iris - 4 buah cabai hijau keriting, iris - 6 buah cabai rawit hijau, iris - 1 lembar daun salam - 1 lembar daun jeruk - 1 batang daun bawang - 1/2 papan pete, potong-potong - 5 buah kacang panjang, potong-potong - Merica bubuk secukupnya - Air secukupnya - Minyak untuk menumis Cara cara memasak sarden kaleng - Tumis bawang putih dan bawang merah, lalu masukkan jahe, lengkuas, cabai, daun salam dan daun jeruk.

Aduk sebentar lalu tambahkan air. - Lalu masukkan merica bubuk, tauco dan kecap manis. Masukkan tempe yang sudah digoreng, lalu tambahkan juga kacang panjang dan pete. - Setelah itu masukkan ikan sarden dengan sausnya sedikit saja agar tidak mempengaruhi rasa tauco. - Biarkan beberapa saat sampai kacang panjang mulai layu. Koreksi rasa, lalu matikan api. Siap disajikan bersama nasi hangat. 10. Seblak sarden. foto: Instagram/@resepaslibunda Bahan: 1 kaleng sarden 200 gr kerupuk bawang 2 batang daun bawang 1 buah cabai merah besar 1 butir telur 2 sdm kecap manis 2 sdm minyak goreng 200 ml air Garam, lada secukupnya Bumbu halus: 3 siung bawang merah 2 siung bawang putih 1 sdt biji ketumbar Cara membuat: - Pertama tumis telur yang sudah dikocok sampai matang - Masukkan bumbu halus dan masak hingga matang - Tambahkan ikan sarden, cabai merah besar, kecap manis, air, masak hingga mendidih.

- Kemudian masukkan kerupuk bawang, seasoning dan masak hingga matang. Tes rasa. Tambahkan daun bawang dan sajikan. (brl/tin) RECOMMENDED ARTICLES 鈥 9 Jajanan anak sekolah dari kulit lumpia untuk dijual 鈥 10 Resep olahan bakso, super enak, praktis dan mudah dibuat 鈥 10 Resep makanan khas Jogja yang digemari, lezatnya ngangenin 鈥 10 Resep khas warung seafood tendaan, obat kangen nongkrong malam 鈥 12 Resep olahan dada ayam enak dan spesial, cocok untuk diet
Kapanlagi Plus - Sarden menjadi salah satu makanan laut yang digemari masyarakat.

Aneka produk kemasan atau kaleng sarden bahkan kerap jadi andalan menu makanan yang nikmat untuk disantap. Namun rupanya cara memasak sarden dengan lebih enak cukup mudah dipraktikkan menggunakan bahan terjangkau. Beragam makanan laut memang mengandung nutrisi atau nilai gizi yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya ikan sarden yang memiliki zat gizi seperti asam lemak omega-3, vitamin b12, vitamin d, kalsium dan protein.

Ikan sarden tersebut biasanya ditawarkan dalam bentuk kaleng atau kemasan. Ikan sarden kaleng ini tentunya sangat familiar dikenal sebagai sajian makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Sebab cara menikmati sarden kaleng hanya dengan memanaskan kembali produk kemasan tersebut sampai panas atau hangat. Biasanya sarden dalam kemasan telah dibuat dengan aneka bumbu tambahan seperti tomat, cabe, serta bawang. Namun sering kali, sarden dalam kemasan memiliki rasa yang kurang pas bagi sejumlah penikmat setianya.

Tak heran apabila cukup banyak dari mereka kembali mengolah sarden kaleng dengan menambahkan bahan-bahan dan bumbu sesuai selera. Pengolahan kembali sarden kaleng tersebut sukses memberikan rasa yang lebih menggugah selera untuk olahan sarden. Cara memasak sarden kaleng cara memasak sarden kaleng kalian praktikkan mudah menggunakan bahan-bahan sangat terjangkau.

Sebut saja mulai dari penambahan petai, bumbu, cabe, sayur, cara memasak sarden kaleng tomat menjadikan olahan kemasan sarden makin spesial dengan rasa sempurna.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara memasak sarden kaleng dengan lebih enak, mudah dan anti ribet sebagai berikut dirangkum dari berbagai sumber. 1. Cara Memasak Sarden Kaleng Sederhana (credit: Instagram.com/andinskitchen) Cara memasak sarden kaleng sederhana seperti resep di bawah ini bisa kalian coba di rumah secara mudah.

Kalian cukup menambahkan sejumlah bumbu tambahan seperti cabe, bawang, daun bawang serta bumbu perasa lainnya untuk mengolah sarden kaleng. Adapun cara memasak sarden kaleng sebagai berikut dilansir dari @andinskitchen. Bahan-bahan: -1 kaleng besar sarden, rasa dan merk sesuai selera. - 5 siung bawang merah, iris tipis. -4 siung bawang putih, iris tipis. -1 sdm gula pasir. -Air secukupnya. -Kecap manis secukupnya. -Kaldu bubuk secukupnya.

-Garam secukupnya. -Daun bawang untuk taburan. -Cabe rawit utuh atau iris sesuai selera. Cara memasak sarden: -Pertama tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan matang. -Lalu masukkan sarden kaleng tambahkan dengan air aduk merata secara perlahan.

-Setelah itu tambahkan kecap manis, gula pasir, dan kaldu bubuk aduk dan masak sampai mendidih. -Masukkan garam, aduk perlahan lalu koreksi rasa. -Angkat dan sajikan sarden dengan taburan daun bawang iris. 2. Cara Memasak Sarden Asam Manis (credit: Instagram.com/ri.gaul.fa) Beragam varian rasa sarden kaleng memang begitu menggugah selera penikmatnya.

Namun kalian juga dapat mengolah kembali sarden kaleng tersebut dengan menambahkan bumbu dan bahan seperti resep di bawah ini. Adapun cara membuat sarden kaleng asam manis sebagai berikut dilansir dari @ri.gaul.fa. Bahan-bahan: -3 siung bawang putih, cincang halus. -陆 bawang bombay. -Kapri secukupnya. -1 kaleng sarden saus tomat. -1 buah nanas, cara memasak sarden kaleng. -Cabe merah secukupnya, potong. -Cabe ijo secukupnya, potong.

-Cabe setan secukupnya, potong. -Daun bawang, iris tipis. -Garam. -Gula. -录 sdt lada bubuk. -Sedikit air. Cara memasak sarden: -Pertama siapkan semua bahan, lalu tumis bawang putih, bawang bombay, nanas, cabe, dan kapri hingga harum dan agak matang.

-Lalu masukkan sarden, aduk perlahan. -Setelah itu tambahkan air, daun bawang, garam, gula dan lada bubuk. -Angkat dan sajikan sarden asam manis. 3. Cara Memasak Sarden Terong Balado (credit: Instagram.com/Susan_Gracia) Kalian juga dapat menambahkan aneka jenis sayur salah satunya terong.

Untuk resep sarden kaleng terong balado sebagai berikut dilansir dari brilio.net. Bahan-bahan: -2 kaleng kecil sarden. -2 buah terong, potong sesuai selera. -2 papan petai. -1 buah bawang bombay, iris. -7 cabai rawit, iris serong.

-3 lembar daun jeruk, iris tipis. Cara memasak sarden kaleng bumbu halus: -6 siung bawang merah. -10 buah cabe merah keriting. -5 cabe rawit merah. Cara memasak sarden: -Pertama tumis cara memasak sarden kaleng halus dengan daun jeruk hingga harum. -Setelah itu masukkan sarden, pete dan terong aduk sampai rata.

-Selanjutnya tambahkan garam, bawang bombay, dan irisan cabe rawit, aduk kembali sampai rata. -Angkat dan sarden terong balado siap disajikan.

4. Cara Memasak Sarden Kaleng Udang Tofu (credit: Instagram.com/kartikadews/) Kombinasi udang dan tofu juga menyajikan olahan sarden kaleng dengan rasa makin nikmat. Berikut cara memasak sarden kaleng udang tofu dilansir dari @kartikadews. Bahan-bahan: -1 kaleng sarden ukuran besar.

cara memasak sarden kaleng

-2 bungkus tofu, potong lalu goreng. -150 gram udang. -2 siung bawang putih, geprek. -4 siung bawang merah, haluskan kasar.

-录 buah bawang bombay kecil, cincang kasar. -3 buah cabe merah, iris serong. -1 buah tomat kecil, potong dadu. -Cabe rawit utuh secukupnya. -1 batang daun bawang, iris serong.

-Garam secukupnya. -Minyak goreng. Cara memasak sarden: -Pertama tumis bawang merah, bawang putih dan bombay sampai harum. Lalu masukkan cabe merah dan tomat.

Masak hingga tomat layu. -Setelah itu tuang sarden kaleng aduk merata masak sampai mendidih. -Selanjutnya tambahkan udang dan masak sebentar sampai udang matang. -Angkat dan sarden udang tofu siap disajikan. 5. Cara Memasak Sarden Pete (credit: Instagram.com/hen.christy) Aroma pete juga semakin menambah cita rasa cara memasak sarden kaleng sarden kaleng begitu menggugah selera. Adapun resep dan cara memasak sarden kaleng pete sebagai berikut dilansir dari @hen.christy.

Bahan-bahan: -1 kaleng sarden. -2 papan pete, kupas. -陆 bawang bombay, iris. -2 siung bawang putih, iris. -8 buah cabe rawit, iris.

-1 buah tomat potong. -Kecap asin dan kecam manis secukupnya. -Garam secukupnya. -Kaldu jamur secukupnya. Cara memasak sarden: -Pertama tumis bawang putih, bombay, cabe rawit sampai harum.

cara memasak sarden kaleng

Lalu masukkan pete dan tumis sebentar. -Setelah itu masukkan sarden dan tuang dengan air sedikit demi sedikit. -Tambahkan kecap asin, kecap manis, kaldu jamur dan aduk perlahan. Masak sampai mendidih. -Masukkan potongan tomat, aduk kembali. Angkat dan sajikan. 6. Cara Memasak Sarden Ekstra Pedas (credit: Instagram.com/Kitchen_Moo_) Bagi penggemar makanan pedas, olahan sarden kaleng dengan bumbu tambahan di bawah ini bisa kalian buat di rumah secara praktis.

Berikut resep sarden kaleng ekstra pedas yang dilansir dari brilio.net. Bahan-bahan: -1 kaleng sarden instan extra pedas. -5 siung bawang merah, iris. -3 siung bawang putih, iris. -6 cabe rawit ukuran besar, iris.

-1 daun bawang, iris memanjang. -1 buah tomat, iris jadi empat. -1 sdm kecap manis. -1 sdt kecap asin. -Gula secukupnya. -Air secukupnya. -Minyak goreng. Cara memasak sarden: -Pertama siapkan semua bahan lalu tuang sarden terlebih dulu dan cek kondisi sarden dalam keadaan baik dan bebas cacing.

-Setelah itu tumis bawang putih, merah, dan cabe sampai layu.

cara memasak sarden kaleng

-Setelah itu masukkan sarden, kecap manis, kecap asin, gula dan air. -Selanjutnya masukkan tomat dan masak sampai mendidih. -Masukkan daun bawang lalu angkat dan sajikan di atas piring. 7. Cara Memasak Sarden Cabe Hijau (credit: Instagram.com/yzmalicious) Sarden kaleng dapat ditambahkan cabe hijau dengan bumbu buatan sendiri. Untuk resepnya simak langkahnya sebagai berikut dilansir dari @yzmalicious.

Bahan-bahan: -1 kaleng ikan sarden. -1 papan pete, kupas dari kulit. -Garam secukupnya. -Merica bubuk secukupnya. -Gula pasir secukupnya. -Kaldu bubuk secukupnya. -2 lembar daun salam. Bahan bumbu iris: -2 siung bawang putih. -4 siung bawang merah. -1 ruas jahe. -3 buah cabe hijau.

cara memasak sarden kaleng

-10 buah cabe rawit. -1 buah tomat hijau. Cara memasak sarden kaleng: -Pertama tumis bumbu iris hingga agak layu lalu masukkan ikan sarden kaleng.

-Setelah itu tambahkan daun salam, beri gula, garam, merica dan kaldu bubuk. Aduk sampai merata. -Tambahkan pete, aduk kembali hingga rata. Koreksi rasa. -Sarden pete cabe hijau siap disajikan. 8. Cara Memasak Sarden Kaleng Balado Kentang Jagung (credit: cookpad.com/inonk Aden _ LizSetia) Kombinasi sarden dengan jagung dan kentang juga bisa menjadi sajian nikmat untuk dikonsumsi.

Adapun resep dan cara memasak sarden kaleng tersebut sebagai berikut dilansir dari cookpad.com. Bahan-bahan: -1 kaleng sarden. -1 buah kentang. -1 buah jagung manis. Bahan bumbu halus: -5 siung bawang merah. -3 siung bawang putih. -3 buah cabe merah. -5 buah cabe rawit merah. -2 butir kemiri. -1 lembar daun jeruk. -1 sdm gula pasir.

-陆 bungkus penyedap rasa. -Sedikit garam. Cara memasak sarden kaleng pelengkap: -1 batang dan bawang. -4 buah cabe rawit hijau. -50 ml air. Cara memasak sarden kaleng: -Pertama kupas kentang cuci bersih lalu potong. Goreng kentang setengah matang dan tiriskan. -Setelah itu haluskan bumbu halus, tumis sampai wangi. -Selanjutnya pisahkan ikan sarden dari kuahnya, lalu goreng sarden dengan api kecil sampai agak kering. Angkat dan tiriskan.

-Kemudian masak kuah sarden hingga mengental, masukkan ikan sarden, daun bawang, cabe rawit hijau sesuai selera.

-Aduk secara merata, koreksi rasa. -Angkat dan siap disajikan. Nah itulah 8 cara memasak sarden dengan lebih enak, mudah dan anti ribet. Selamat mencoba KLovers. Yuk Baca Artikel Lainnya 鈥 8 Cara Membuat Butter Cream Sendiri, Mudah dan Hasilnya Lembut 鈥 8 Cara Membuat Jamur Crispy yang Gurih, Enak dan Renyah Banget 鈥 8 Cara Membuat Dadar Gulung yang Lembut dan Mudah Dipraktikkan 鈥 8 Cara Membuat Batagor Khas Bandung yang Mudah dan Seenak Kaki Lima 鈥 8 Cara Membuat Puding Coklat yang Mudah, Enak dan Lembut Jakarta - Ikan sardenkalengan menjadi pilihan praktis sekaligus tahan lama.

Tapi masih banyak orang yang bingung cara mengolah ikan sarden ini. Ikan sarden kalengan sebenarnya makanan olahan yang sudah siap santap karena sudah dimasak dan dikemas dalam keadaan matang.

Sebenarnya dengan dipanaskan sebentar saja ikan sarden bisa langsung jadi lauk makan yang lezat. Sayangnya banyak orang mengeluhkan aroma amis dari ikan sarden yang memang tercium menyengat. Ada yang menyiasatinya dengan menambah bumbu dan bahan tambahan agar rasanya lebih enak. Anda bisa menambahkan irisan jahe, cara memasak sarden kaleng putih ataupun daun kemangi untuk membuat ikan sarden lebih mantap dan menggoda.

Yuk masak ikan sarden! (dvs/odi) Berita Terkait 鈥 Nyeleneh! Pria Ini Panggang Daging Pakai Panci yang Dibalik 鈥 Nagita Slavina Bingung Ternyata Ada 3 Jenis Sarden Bansos 鈥 Tahun Ini Masak di Rumah Jadi Favorit Banyak Orang 鈥 Masak Masak : Ikan Sarden Kalengan Krispi Saus Gurih Pedas 鈥 Gemas!

Hilang 3 Hari, Kucing Ini Pulang Bawa Catatan Utang Ikan 鈥 Survei Terbaru, Masak di Rumah Jadi Tren New Normal di Amerika 鈥 5 Kebiasaan Masak yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Berbahaya 鈥 #DiRumahAja, Konsumsi Sarden Bisa Tingkatkan Imun Tubuh
Merdeka.com - Sarden kaleng sering menjadi solusi bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak.

Karena selain cara memasaknya yang cepat dan mudah, sarden juga memiliki rasa lezat yang cocok di lidah. Sarden kaleng berisi beberapa ikan yang sudah dimasak sedemikian rupa dengan tambahan bumbu yang lezat. Kita hanya perlu memasaknya sebentar untuk membuat perut merasa kenyang. Anda juga dapat dengan mudah mendapatkan sarden kaleng karena makanan ini tersebar di warung biasa hingga supermarket. BACA JUGA: Bacaan Doa untuk Orang Menikah, Berikut Arti dan Keutamaannya Sonny Septian Akui Perlakukan King Faaz Seperti Anak Sendiri, Intip Potret Kompaknya 鈥 2 kaleng kecil sarden 鈥 2 buah terong, potong 鈥 2 papan pete 鈥 1 buah bawang bombay, iris 鈥 7 cabai rawit merah, iris serong 鈥 3 lembar daun jeruk, iris tipis Bumbu ulek kasar: 鈥 6 siung bawang merah 鈥 10 cabai merah keriting 鈥 5 cabai rawit merah Cara membuat resep sarden kaleng: 鈥 Tumis bumbu ulek dan daun jeruk hingga harum 鈥 Lalu masukan sarden, pete dan terong, aduk rata 鈥 Terakhir garam, bawang bombai dan irisan cabai rawit, aduk rata.

Angkat dan sajikan. BACA JUGA: 6 Resep Donat Isi Berbagai Bahan ala Rumahan, Enak, Lembut dan Mudah Dibuat Telah Melahirkan, Ini 4 Momen Perjalanan Kehamilan Jessica Iskandar 鈥 1 kaleng sarden instan extra pedas, merek apa aja 鈥 5 butir bawang merah (iris) 鈥 3 butir bawang putih (iris) 鈥 6 cabai rawit yang ukuran besar (iris) 鈥 1 daun bawang (iris memanjang) 鈥 1 buah tomat (iris jadi 4) 鈥 1 sdm kecap manis 鈥 1 sdt kecap asin 鈥 gula secukupnya 鈥 air secukupnya 鈥 minyak untuk menumis Cara membuat resep sarden kaleng: 鈥 Tuang sarden ke piring, dicek dulu ada cacingnya apa enggak 鈥 Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe hingga layu 鈥 Masukkan sarden, kecap manis, kecap asin, gula, dan air 鈥 Setelah mulai mendidih masukkan tomat, tunggu hingga benar-benar mendidih 鈥 Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat 鈥 Sarden siap disajikan.

BACA JUGA: Dibongkar Sang Adik, Arafah Rianti Ternyata Hampir ke Psikolog Gara-Gara Ini Khitbah Nikah adalah Prosesi Lamaran, Berikut Syarat dan Tata Caranya Menurut Islam 鈥 5 cabai merah keriting 鈥 2 cabai rawit utuh (boleh skip) 鈥 3 butir bawang merah 鈥 3 siung bawang putih 鈥 1 tomat merah potong kotak-kotak kecil 鈥 lengkuas geprek 鈥 jahe geprek Cara membuat resep sarden kaleng: 鈥 Tumis bumbu iris hingga matang 鈥 Masukkan ikan makarel cara memasak sarden kaleng Tambahkan saos tomat, saos sambal, dan air secukupnya 鈥 Tambahkan gula, garam, lada bubuk dan aduk hingga rata 鈥 Kecilkan api, biarkan sampai air berkurang dan mengental 鈥 Tes rasa, angkat dan sajikan 鈥 Taburi daun bawang di atasnya Resep Pindang Salem Masak Sarden Bahan-bahan: 鈥 6 ekor ikan salem alias ikan "besek" ukuran sedang 鈥 2 bh tomat merah besar, rebus dan haluskan 鈥 1 cm lengkuas 鈥 1 batang serai ambil putihnya saja, geprek 鈥 2 sdm saus sambal (optional) 鈥 1 sdt kecap asin 鈥 300 ml air 鈥 1/2 sdt garam 鈥 1 sdt gula 鈥 kaldu bubuk secukupnya 鈥 minyak untuk menumis Bumbu iris: 鈥 3 btr bawang merah 鈥 2 buah bawang putih 鈥 2 buah cabai merah kriting 鈥 5 buah cabai rawit Cara membuat resep sarden kaleng: BACA JUGA: Peristiwa 8 Mei 1886: Terciptanya Coca-Cola dari Tangan Seorang Ahli Farmasi Mengenal Ciri-ciri Perut Hamil sejak Dini, Perempuan Wajib Tahu 鈥 Bersihkan ikan, lalu goreng 鈥 Panaskan minyak, tumis bumbu-bumbu iris hingga harum, tambahkan bumbu lainnya.

Beri air, aduk rata. Tunggu hingga mendidih& koreksi rasa 鈥 Masukkan ikan goreng. Masak sampai bumbu meresap dan air menyusut. Angkat dan sajikan. Resep Pindang Bumbu Sarden briliofood.net Bahan-bahan: 鈥 4 ekor ikan pindang salem, 700 gr 鈥 1 buah jeruk nipis 鈥 5 siong buah putih iris 鈥 1/2 buah bombai iris 鈥 1 buah tomat hijau iris 鈥 1 buah tomat merah iris 鈥 15 cabai rawit iris 鈥 1 ruas jahe geprek 鈥 1 ruas lengkuas geprek 鈥 300 ml air 鈥 3 sdm saus tomat 鈥 2 sdm saus tiram 鈥 1 sdm kecap manis 鈥 daun bawang merah iris secukupnya 鈥 1 sdt penuh tepung maizena dilarutkan dgn 1 sdm air 鈥 garam dan gula pasir secukupnya 鈥 penyedap jamur secukupnya 鈥 minyak goreng secukupnya Cara membuat resep sarden kaleng: 鈥 Bersihkan kotoran ikan, buang kepalanya, cuci bersih dan beri air perasan jeruk nipis, diamkan sesaat lalu bilas dgn air 鈥 Goreng ikan tdk sampai kering atau setengah matang, tiriskan 鈥 Tumis semua bumbu iris dan geprek hingga harum kecuali daun bawang merah lalu tambahkan air, beri duo saus ,kecap, garam, gula, penyedap jamur 鈥 Masukkan ikan dan masak hingga bumbu meresap 鈥 Menjelang diangkat tambahkan daun bawang merah dan larutan tepung maizena, aduk rata dan didihkan kembali sebentar 鈥 Jangan lupa koreksi rasa, matikan dan sajikan.

BACA JUGA: 40 Kata Mutiara untuk Ayah yang Sudah Meninggal, Penuh Makna dan Kerinduan 6 Resep Hidangan Tradisional ala Sunda, Enak dan Menggugah Selera 鈥 1 kaleng ikan 鈥 1 papan pete, ambil bijinya 鈥 sedikit garam, merica bubuk, gula pasir dan kaldu bubuk 鈥 2 lembar daun salam Bumbu iris: 鈥 2 butir bawang putih 鈥 4 butir bawang merah 鈥 1 ruas jahe 鈥 3 buah cabai hijau 鈥 10 buah rawit 鈥 1 buah tomat hijau Cara membuat resep sarden kaleng: 鈥 Tumis bumbu Iris sampai agak layu.

Tambahkan ikan sarden 鈥 Tambahkan daun salam. Bumbui dengan garam, gula, merica dan kaldu bubuk. Aduk merata 鈥 Terakhir tambahkan pete. Aduk kembali 鈥 Test dan koreksi rasa 鈥 Angkat dan sajikan. [ank] 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Barisan Prajurit Kopaska TNI Menangis di Hutan, Alasannya Bikin Haru 4 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

5 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas Selengkapnya
KOMPAS.com - Sarden kaleng mempunyai rasa dan bau amis karena ikan ini mengandung minyak di jaringan dan rongga perutnya, seperti dilansir dari SFGATE. Lemak tersebut sangat tidak jenuh sehingga ketika mengalami oksidasi menjadi senyawa yang baunya menyengat dan memberi rasa amis.

Namun, terdapat 4 cara cara memasak sarden kaleng untuk mengurangi bau dan amis sarden kaleng seperti mengutip Sajian Sedap. Baca juga: Cara Masak Ikan Sarden Bumbu Sederhana, Orak-arik Sarden 1. Beri banyak bawang merah dan bawang putih Bumbu terutama bawang merah dan bawang putih dapat mengurangi amis sarden kaleng. Kamu dapat menambahkan takaran cukup banyak untuk kedua bumbu ini. Cabai dan tomat juga bisa ditambah saat masak sarden kaleng agar rasanya lebih lezat.

Selain bawang merah dan putih, bisa juga menggunakan rempah dan bumbu lain. 2. Tumis bumbu sampai harum Cara untuk menghilangkan amis sarden kaleng dengan menumis bumbu hingga harum. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, baru tambahkan tomat dan cabai.

Tumis kembali. Langkah terakhir, masukkan sarden kaleng. Shutterstock Ilustrasi sarden kaleng 3. Tambahkan bumbu perasa Bumbu perasa dapat menghilangkan bau dan rasa amis sarden kaleng.

Kamu dapat menggunakan bumbu sederhana seperti garam dan gula. Selain itu, tuangkan juga air agar sarden berkuah kental. 4. Beri telur ceplok Kamu juga bisa menambahkan telur pada masakan sarden kaleng.

Cukup masukkan telur setelah sarden diberi air. Masak sampai bumbu meresap ke dalam telur. Artikel ini telah tayang di Sajian Sedap dengan judul "Cuma Tambahkan Bumbu Dapur Rahasia Ini Saat Masak Sarden Kaleng, Rasanya Dijamin Jadi 100 Kali Lebih Enak! Wajib Coba", https://sajiansedap.grid.id/read/102344791/cuma-tambahkan-bumbu-dapur-rahasia-ini-saat-masak-sarden-kaleng-rasanya-dijamin-jadi-100-kali-lebih-enak-wajib-coba?page=all (Penulis/ Editor : Virny Apriliyanty) Berita Terkait Cara Masak Ikan Sarden Bumbu Sederhana, Orak-arik Sarden Resep Roti Sarden Keju Leleh, Ide Sarapan Praktis Lauk Sahur Para Pendiri Bangsa Saat Susun Cara memasak sarden kaleng Proklamasi, Ini Sejarah Sarden Cara Masak Sarden Kalengan, Coba Resep Nasi Bakar Sarden 4 Makanan Identik dengan Hari Kemerdekaan RI, Ada Tumpeng dan Sarden Berita Terkait Cara Masak Ikan Sarden Bumbu Sederhana, Orak-arik Sarden Resep Roti Sarden Keju Leleh, Ide Sarapan Praktis Lauk Sahur Para Pendiri Bangsa Saat Susun Teks Proklamasi, Ini Sejarah Sarden Cara Masak Sarden Kalengan, Coba Resep Nasi Bakar Sarden 4 Makanan Identik dengan Hari Kemerdekaan RI, Ada Tumpeng dan SardenMerdeka.com - Memasak sarden acap kali menjadi solusi terbaik di kala sedang malas atau hanya memiliki waktu singkat untuk memasak.

Karena sarden kaleng memiliki cita rasa yang sangat lezat dan proses memasaknya mudah. Para orangtua pun cara memasak sarden kaleng yang mempercayakan makanan sarden sebagai menu sehat di rumah, karena ikan sarden memiliki kandungan yang begitu banyak. Ikan sarden kaya akan vitamin, mineral, vitamin B, D, kalsium, fosfor, dan natrium.

Sarden Sederhana nan Gurih Bahan Sarden Sederhana nan Gurih 1 kaleng sarden ukuran besar bawang Bombay diiris tipis 2 buah bawang merah 1 siung bawang putih digeprek dan cincang halus 3 buah cabai rawit atau merah diiris serong, sesuaikan kadar pedas berdasar selera Garam secukupnya Kaldu penyedap rasa secukupnya Minyak goreng secukupnya 1 gelas air Istimewa Cara Memasak Sarden Sederhana nan Gurih 鈥 Tumis semua bawang dan cabai, hingga layu dan memunculkan aroma sedap.

鈥 Buka kaleng sarden dan tuang ke penggorengan. 鈥 Tambahkan cara memasak sarden kaleng air, cukup diaduk pelan sesekali supaya ikan sarden tidak hancur. 鈥 Tambahkan garam dan penyedap rasa, lalu masak hingga mendidih.

鈥 Angkat dan sajikan, ikan Sarden Sederhana nan Gurih siap dinikmati bersama keluarga. 鈥 Proses ini hanya berlangsung sekitar 15 menit saja dan pastinya sangat mudah diikuti.

Sarden Kuah Kemangi Bahan Sarden Kuah Kemangi 155 gram sarden dalam saus tomat 6 buah cabai rawit, iris halus 4 siung bawang putih, iris tipis 4 buah bawang cara memasak sarden kaleng, iris tipis 1 ruas jari lengkuas, memarkan 1/2 gelas belimbing air 2 kuntum kemangi, ambil daunnya saja 1 buah tomat, iris tipis 1 sendok makan minyak goreng Gula pasir secukupnya Garam secukupnya Cara Membuat Sarden Kuah Kemangi 鈥 Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis semua bawang, lengkuas, tomat dan cabai rawit.

鈥 Masukkan sarden kaleng beserta saus tomat. Lalu tambahkan garam dan gula pasir. 鈥 Tuang air putih dan masak hingga mendidih. 鈥 Terakhir masukkan cara memasak sarden kaleng kemangi, kemudian aduk pelan sebentar saja dan koreksi rasanya.

鈥 Segera angkat supaya kemangi tidak terlalu kematangan. 鈥 Sarden Kuah Kemangi siap dihidangkan. Cara Membuat Balado Sarden Terong 鈥 Pertama, goreng dahulu terongnya sebentar saja. Boleh juga bila tidak digoreng, sesuai selera Anda. 鈥 Kemudian ulek bumbu, lalu ditumis dengan tambahan daun jeruk hingga harum. 鈥 Masukkan sarden, pete dan terong. Aduk merata, pelan.

cara memasak sarden kaleng

鈥 Terakhir tambahkan garam, bawang bombai, irisan cabai rawit. Aduk sebentar lalu cek rasa. 鈥 Angkat dan letakkan dalam piring saji. 鈥 Balado Sarden Terong siap disajikan menemani sepiring nasi panas di rumah. Pindang Bumbu Sarden Bahan Pindang Bumbu Sarden 1 kaleng sarden ukuran kecil 4 ekor ikan pindang salem, 700 gr 3 sdm saus tomat 1 sdt penuh tepung maizena dilarutkan dengan 1 sdm air 1 buah jeruk nipis 5 siong buah putih iris 1/2 buah bombai iris 1 buah tomat hijau iris 1 buah tomat merah iris 15 cabai rawit iris 2 sdm saus tiram 1 sdm kecap manis 1 batang daun bawang merah iris secukupnya 1 ruas jahe geprek 1 ruas lengkuas geprek Garam dan gula pasir secukupnya Penyedap jamur secukupnya Minyak goreng secukupnya 300 ml air.

Cara Membuat Pindang Bumbu Sarden 鈥 Bersihkan ikan pindang hingga ke bagian dalam, lalu beri perasan jeruk nipis. Setelah didiamkan sejenak, bilas lagi menggunakan air.

鈥 Goreng ikan pindang setengah matang. 鈥 Tumis bumbu iris dan yang digeprek hingga tercium aroma sedap. 鈥 Tambahkan air, beri saus, kecap, garam, gula dan penyedap rasa. 鈥 Masukkan ikan pindang dan ikan sarden, lalu masak hingga bumbu meresap. 鈥 Terakhir, tambahkan daun bawang dan larutan tepung maizena supaya lebih mengental.

鈥 Koreksi rasa, lalu angkat dan taruh di piring saji. 鈥 Pindang Bumbu Sarden siap dihidangkan. Sarden Cabai Hijau Bahan Sarden Cabai Hijau 1 kaleng ikan sarden 1 papan pete, ambil bijinya 2 lembar daun salam Garam secukupnya Merica bubuk secukupnya Gula pasir secukupnya Kaldu bubuk secukupnya Bumbu Iris 1 buah tomat hijau 2 siung bawang putih 4 butir bawang merah 3 buah cabai hijau 10 buah rawit 1 ruas jahe BACA JUGA: 6 Resep Sayur Labu ala Rumahan Gurih dan Praktis, Mudah Dibuat 5 Resep Sambal Goreng Ati yang Enak dan Lezat, Praktis Sesuai Selera Pixabay/heberhard Cara Membuat Sarden Cabai Hijau 鈥 Tumis bumbu iris hingga layu, lalu tuang ikan sarden kaleng.

鈥 Tambahkan daun salam, kemudian bumbui dengan garam, gula, merica dan kaldu bubuk. Aduk merata 鈥 Terakhir tambahkan pete. Aduk kembali 鈥 Test dan koreksi rasanya, lalu tambahkan garam hinga sesuai selera.

鈥 Sarden Cabai Hijau siap disajikan. Sarden Ekstra Pedas Bahan Sarden Ekstra Pedas 1 kaleng sarden instan extra pedas, merek apa aja 1 buah tomat (iris jadi 4 bagian) 10 cabai rawit yang ukuran besar (iris tipis serong) 5 butir bawang merah (iris tipis) 3 butir bawang putih (iris tipis) bawang bombai (iris tipis) 1 daun bawang (iris memanjang) 1 sdt kecap asin 1 sdm kecap manis Gula secukupnya Air secukupnya Minyak untuk menumis Simon Feiertag via www.ethno-botanik.org BACA JUGA: Resep Telur Orak-Arik Beragam Kreasi, Simpel Nikmat dan Mudah Dibuat 6 Resep Kuah Tomyam Sedap dan Praktis, Mudah Dibuat Cara Membuat Sarden Ekstra Pedas 鈥 Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombai, dan cabai hingga layu.

鈥 Masukkan sarden, kecap manis, kecap asin, gula dan air. 鈥 Setelah mendidih, masukkan tomat dan tunggu hingga mendidih lagi. 鈥 Terakhir masukkan daun bawang dan aduk sebentar, lalu angkat. 鈥 Sarden Ekstra Pedas siap dinikmati menghangatkan perut Anda. Sarden Sayur Asin Bahan Sarden Sayur Asin 2 ikat sayur asin basah, potong atau iris-iris 1 kaleng sarden merk bebas 2 buah tomat 2 buah cabai rawit (iris kecil) 3 siung bawang merah (iris tipis) Garam secukupnya Air secukupnya Cara Membuat Sarden Sayur Asin 鈥 Tumis bawang merah dan cabai sampai harum.

鈥 Masukkan 1 kaleng sarden, sayur cara memasak sarden kaleng dan air secukupnya, tunggu hingga mendidih. 鈥 Masukkan garam secukupnya, koreksi rasa. 鈥 Sarden Sayur Asin siap disajikan. Shutterstock Itulah beberapa cara memasak sarden kaleng menjadi lebih luar biasa.

Selain dipanaskan langsung dalam wajan dan microwave, Anda bisa mulai berinovasi memasak bersama keluarga. Selamat mencoba. cara memasak sarden kaleng Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 3 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Misteri Penembak Arief Rahman Hakim: Pengawal Presiden atau Polisi Militer Jakarta?

Selengkapnya
Bagi anak kos, mengolah sarden kalengan untuk dijadikan lauk sudah jadi hal yang biasa dilakukan. Selain mi instan, cara memasak sarden kalengan adalah pilihan mengolah makanan murah meriah yang nggak cuma mengenyangkan, tapi juga punya kandungan gizi yang lumayan.

Satu kalengnya bisa buat lebih dari satu porsi makan pula. Gimana nggak jatuh cinta coba? Kalau kreasi mi instan sih cara memasak sarden kaleng sudah pada khatam lah ya, tapi cara memasak sarden siap saji, kebanyakan anak kos hanya memanasinya saja. Paling-paling nambahin daun bawang biar ada sensasi ijo-ijonya. Nah, biar hidangan sarden kalenganmu nggak begitu-begitu saja, kamu perlu coba cara memasak sarden simple menjadi masakan yang nikmat di sini.

Simak bareng-bareng yuk! 1. Jika kamu bosan dengan bumbu sarden kalengan yang biasanya, cara memasak sarden yang enak menjadi olahan sarden asam manis bisa dicoba untuk alternatif teman makan nasi putih hangatmu Cara memasaknya: 鈥 Pisahkan ikan dan bumbunya, lalu potong ikan sesuai selera.

鈥 Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun jeruk, lalu masukan bawang merah, tomat, daun bawang, aduk dan masak hingga layu. 鈥 Masukan ikan sarden yang sudah dipotong-potong, disusul dengan bumbu dari sardennya, aduk perlahan agar ikan nggak hancur, didihkan.

鈥 Masukan kecap manis dan santan, aduk kembali hingga merata, masak hingga mendidih. 鈥 Sarden asam manis siap disajikan. 2. Kali ini sarden dibalut adonan tepung roti agar renyah di luar dan lembut di dalam.

cara memasak sarden kaleng

Cara memasak sarden kaleng agar tidak amis ini kita kasih nama c runchy sarden sarden goreng tepung - credit: dapurVY/Cookpad Bahan-bahannya: 鈥 1 kaleng ikan sarden 鈥 1 butir putih telur, kocok hingga berbuih 鈥 100 gr tepung roti 鈥 Minyak goreng secukupnya Sausnya: 鈥 陆 sdm minyak sayur 鈥 1 siung bawang putih, cincang halus 鈥 录 sdt jahe, cincang Kuah sarden: 鈥 陆 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air 鈥 陆 sdt gula pasir Cara membuat: 鈥 Pisahkan ikan sarden dari kuahnya.

鈥 Celupkan ikan sarden dalam putih telur lalu lapisi dengan tepung panir, diamkan beberapa saat hingga agak kering. 鈥 Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kekuningan. Tiriskan.

鈥 Untuk sausnya, tumis bawang putih dan jahe hingga wangi. Tuangi kuah sarden, didihkan. Lalu tuangi larutan kanji, tambahkan gula. Didihkan hingga kental. Angkat. 鈥 Sajikan sarden dengan siraman sausnya.

3. Biar lauknya nggak cuma sarden saja, coba cara memasak sarden kaleng anak kos menjadi tumisan yang dicampur dengan daun pepaya. Buat nambah gizinya juga, cara memasak sarden kaleng tumis sarden daun pepaya - credit: Selerasa Bahan-bahannya: 鈥 1 kaleng ikan sarden 鈥 2 siung bawang putih, iris 鈥 4 butir bawang merah, iris 鈥 3 ikat daun pepaya, rebus, potong-potong 鈥 1 1/4 sdt garam 鈥 1/4 sdt gula pasir 鈥 1 cm lengkuas, memarkan 鈥 2 sdm minyak untuk menumis 鈥 1 papan petai, kupas, belah dua 鈥 50 ml santan kental Cara memasaknya: 鈥 Agar daun pepaya nggak terlalu pahit, tambahkan segenggam tanah lempung ke dalam rebusan daun pepaya.

Lalu cuci bersih, kemudian rebus kembali di dalam air cara memasak sarden kaleng. 鈥 Bila ingin daun pepaya tetap berwarna hijau, tambahkan baking powder ke dalam rebusan.

鈥 Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan lengkuas hingga harum. Tambahkan daun pepaya. 鈥 Masukkan garam dan gula pasir. Tuang kuah sarden dan santan. Masak hingga meresap, sajikan. 4. Bosan makan nasi? Kamu bisa padukan coba cara memasak sarden dan mie atau pasta spageti jadi olahan yang siap menggoyang lidah spageti sarden - credit: Cookpad Bahan-bahan: 鈥 1 kaleng ikan sarden 鈥 150 gr spageti 鈥 3 siung bawang putih, cincang 鈥 1 buah cabai merah, cincang 鈥 1/2 buah bawang bombay, cincang 鈥 1/2 sdt merica bubuk 鈥 1 sdt garam 鈥 Seledri secukupnya 鈥 Minyak goreng, air putih, dan saus tomat secukupnya Cara memasaknya: 鈥 Rebus spageti dalam air secukupnya hingga lunak, tiriskan.

鈥 Panaskan minyak, tumis 3 siung bawang putih, dan cabai. Lalu masukkan sarden, didihkan. 鈥 Tambahkan bawang bombay, merica bubuk, dan garam. 鈥 Masukkan spageti, beri tambahan saus tomat, dan potongan daun seledri. Aduk rata lalu angkat.

cara memasak sarden kaleng

5. Jika kamu suka pedas, cara memasak sarden tanpa bahan tambahan selain cabai menjadi sarden sambel petir. Begini langkah-langkahnya sarden sambal petir - credit: Ivy/Cookpad Bahan-bahannya: 鈥 1 kaleng ikan sarden 鈥 3 buah bawang merah, iris tipis 鈥 1 siung bawang putih, iris tipis 鈥 Cabai rawit merah sesuai selera, potong-potong cara memasak sarden kaleng Cabai merah dan paprika sesuai selera, potong-potong 鈥 200 ml air 鈥 Minyak goreng dan garam secukupnya Cara memasaknya: 鈥 Panaskan minyak, masukkan bawang merah, dan bawang putih, aduk hingga layu.

鈥 Masukkan cabai rawit, cabai merah, dan paprika. Aduk hingga rata. 鈥 Masukkan sarden berikut bumbunya, tuang air sedikit demi sedikit. Aduk hingga mengental lalu angkat dan sajikan. Nah, resep-resep tadi bisa kamu praktikkan agar lauk sardenmu nggak begitu-begitu saja. Paling nggak ada variasi untuk menghindari kebosanan, terlebih jika ternyata kandungan gizinya bertambah karena adanya tambahan bahan-bahan tertentu juga.

Masak sarden berapa menit sih? Nggak ada satu jam kok! Jadi gimana, tertarik untuk mencoba? Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

CARA MASAK SARDEN ALA ANAK KOST. GAMPANG BANGET




2022 www.videocon.com