Pantangan buah untuk asam lambung

pantangan buah untuk asam lambung

Buah kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

pantangan buah untuk asam lambung

Meski begitu, ada beberapa buah pantangan asam lambung yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya jika Anda menderita GERD. Hal ini karena buah-buahan tersebut dapat meningkatkan produksi asam di lambung. Penyakit asam lambung atau GERD ( gastroesophageal reflux disease) terjadi ketika asam lambung bergerak ke kerongkongan dan memicu berbagai gejala, seperti nyeri ulu hati ( heartburn), sulit menelan, maag, mual, kembung, dan sakit tenggorokan.

Diperkirakan sekitar 15–19% orang di seluruh dunia mengalami penyakit ini. Agar GERD tidak semakin parah, penderita penyakit ini perlu menjauhi beberapa makanan dan minuman, seperti makanan berlemak, makanan pedas, daun mint, minuman bersoda, dan minuman beralkohol. Selain itu, beberapa buah pantangan asam lambung juga sebaiknya dihindari agar tidak meningkatkan produksi asam di lambung yang dapat memicu atau memperberat gejala penyakit asam lambung.

Buah Pantangan Asam Lambung Jika memiliki penyakit asam lambung, Anda sebaiknya lebih selektif saat mengonsumsi makanan tertentu, termasuk buah-buahan. Berikut ini adalah beberapa jenis buah pantangan asam lambung yang sebaiknya Anda jauhi: 1.

Jeruk Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, memang tinggi akan vitamin C. Namun, buah ini juga banyak mengandung asam, sehingga dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati. Meski jeruk merupakan buah pantangan asam lambung, Anda tetap bisa mengonsumsinya dalam jumlah sedikit. Selain itu, untuk mengurangi keasamannya, Anda juga bisa minum air putih atau air alkali saat makan jeruk atau jenis buah sitrus lainnya.

2. Tomat Sama seperti jeruk, buah tomat dan olahannya, seperti saus dan jus tomat, juga menjadi salah satu buah pantangan asam lambung. Hal ini karena tingginya kandungan asam di dalam tomat yang dapat memicu gejala GERD dan mengiritasi pantangan buah untuk asam lambung dinding lambung dan kerongkongan.

pantangan buah untuk asam lambung

3. Apel hijau Apel hijau umumnya memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga menjadi buah pantangan asam lambung. Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta berisiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung.

4. Nanas Sebagian penderita penyakit asam lambung tidak merasakan kekambuhan gejala setelah makan nanas, tetapi terkadang ada juga pasien GERD yang bisa mengalami kekambuhan gejala setelah mengonsumsi buah ini. Faktanya, nanas merupakan buah yang cukup asam dengan kandungan pH sekitar 3–4. Oleh karena itu, jika Anda memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya batasi konsumsi buah nanas, ya.

5. Cokelat Cokelat menjadi buah pantangan asam lambung karena mengandung kafein dan bahan kimia methylxanthine yang dapat memicu GERD. Kafein diketahui dapat menyebabkan heartburn. Sementara itu, methylxanthine terbukti dapat membuat otot-otot di katup pantangan buah untuk asam lambung cincin kerongkongan bagian bawah menjadi lebih lemah, sehingga makanan atau asam lambung bisa mudah naik kembali ke kerongkongan. 6. Cabe Cabe merupakan salah satu jenis buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

Hal ini karena zat capsaicin pemberi rasa pedas pada cabe bisa menyebabkan iritasi di dinding lambung serta meningkatkan produksi asam lambung. Jika dikonsumsi berlebihan, cabe bisa memicu atau memperparah gejala asam lambung. Jika belum bisa sepenuhnya menghilangkan buah pantangan asam lambung dari menu harian Anda, cobalah batasi konsumsinya.

Selain itu, sebisa mungkin coba hindari konsumsi buah-buahan di atas sebelum tidur. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung, seperti pisang, melon, alpukat, dan semangka.

Anda juga dapat menambahkan sayuran hijau, kacang-kacangan, jahe, teh chamomile, dan oatmeal ke dalam menu harian, untuk mencegah peningkatan produksi asam di lambung. Penderita penyakit asam lambung juga perlu memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan dalam jumlah sedikit dan lebih sering dapat mengurangi tekanan di lambung. Selain itu, pastikan Anda makan secara perlahan dan mengunyah dengan tepat, untuk mencegah iritasi lambung dan kerongkongan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter guna mengetahui apa saja buah pantangan asam lambung yang harus Anda hindari. Untuk konsultasi yang lebih mudah, gunakan chat bersama dokter melalui aplikasi ALODOKTER.

Penderita penyakit asam lambung (GERD) cukup banyak sehingga banyak yang tanya apa saja makanan yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan.

Nah, khusus artikel ini kita akan membahas pilihan dan pantangan buah untuk asam lambung naik. Pilihan Buah Untuk Asam Lambung dan Maag Sebenarnya tidak buah khusus yang diperuntukkan untuk pengobatan penyakit GERD ini.

Namun, buah memiliki beberapa kandungan pantangan buah untuk asam lambung baik untuk mengurangi derajat keasaman dan produksi dari cairan lambung. Apa saja jenis buahnya?

Mari kita simak di bawah ini. 1. Pisang Pisang adalah salah satu pilihan buah untuk penderita asam lambung. Mengapa aman?

pantangan buah untuk asam lambung

Oleh karena pisang lebih basa dari cairan lambung yaitu mempunyai pH sekitar 4,5 sampai 5,2. Konsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup akan mengurangi kadar keasaman di lambung sehingga meredakan gejala GERD. Tekstur pisang adalah halus dan lembut. Tekstur seperti ini amat mudah untuk dicerna sehingga tidak membutuhkan lebih banyak produksi cairan lambung. Selain itu, sifatnya yang lengket akan melapisi permukaan dalam kerongkongan sewaktu proses menelan.

Hal ini akan mengurangi derajat keasaman bila terjadi refluks ke kerongkongan. Buah pisang dikenal memiliki kandungan yang serat tinggi. Komponen serat yang besar akan menyerap cairan isi lambung.

Dengan begitu, gejala GERD akan jarang muncul. Namun, jangan teralu banyak juga mengonsumsi serat. Mengapa? Oleh karena, hal ini akan menimbulkan banyak gas di bagian usus karena proses fermentasi serat di usus.

Baca juga: Kandungan gizi buah pisang 2. Apel Buah apel juga termasuk bagian buah pantangan buah untuk asam lambung aman untuk penderita maag. Apel juga memiliki serat yang baik untuk mengontrol derajat keasaman cairan lambung.

Beberapa penderita GERD lebih nyaman memakan apel merah ketimbang apel hijau. Hal ini dimungkinkan karena apel pantangan buah untuk asam lambung lebih asam ketimbang apel merah. Disarankan juga kepada Anda agar memakan apel yang sudah matang. Bila masih mentah atau masih mengandung getah akan mudah merangsang pengeluaran asam lambung.

Baca artikel terkait: Kandungan gizi buah apel 3. Melon Buah ini mirip seperti pisang dalam hal derajat keasamannya.

Sifatnya yang basa akan menetralisir cairan lambung. Buah ini juga banyak mengandung magnesium. Kita tahu bahwa unsur ini banyak digunakan sebagai bahan utama obat antasida. 4. Pepaya Buah pepaya mengandung enzim yang dikenal dengan nama papain. Ini adalah enzim protease yang berperan dalam proses pencernaan protein menjadi asam amino. Oleh sebab itu, produksi asam lambung akan berkurang dengan bantuan enzim ini karena tidak perlu repot-repot lagi dalam mencerna protein kita makan.

5. Kelapa Air kelapa tanpa campuran pemanis bisa menjadi pilihan bagus bagi penderita refluks asam. Minuman ini adalah sumber elektrolit yang bermanfaat seperti kalium. Elektrolit ini meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengendalikan refluks asam. 6. Semangka Semangka juga tergolong buah yang mempunyai pH yang tinggi. Derajat keasamannya sekitar 6,1. Ini berarti semangka baik untuk mengontrol atau mengurangi lambung yang sedang asam-asamnya.

Pantangan Buah Untuk Asam Lambung Tinggi 1. Tomat Buah ini tidak dianjurkan bagi mereka yang sering mengalami kekambuhan GERD. Buah ini mengandung asam sitrat dan asam malat yang keduanya akan merangsang peningkatan produksi asam lambung sehingga mudah untuk terjadi refluks.

Buah ini tidak disarankan dikonsumsi baik dalam bentuk utuh ataupun jus bagi para penderita GERD kronis. Buah tomat dapat memicu refluks 2. Buah Buahan Citrus Jenis buah seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, lemon, dan semacam lainnya adalah golongan citrus. Buah ini memiliki kemiripan rasa yaitu asam dan kecut. Buah ini dapat merangsang munculnya gejala penyakit GERD. Berdasarkan penelitian yang dipublis di The Korean Journal of Gastroenterology pada tahun 2010, menunjukkan bahwa kira-kira 67% dari 382 orang mendapatkan gejala heartburn setelah konmsumsi buah golongan citrus ini.

Bagaimana Dengan Ibu Hamil? Pilihan dan variasi buah untuk asam lambung bagi ibu hamil sebenarnya sama saja dengan di atas. Tidak ada rekomendasi dan pantangan khusus. Namun, bila Anda menderita penyakit-penyakit selama kehamilan misalnya anemia, tekanan darah tinggi, dan gangguan protein maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu tentang buah yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dengan dokter kandungan Anda. Nah, itu tadi ulasan daftar jenis buah untuk asam lambung naik yang boleh dimakan dan yang sebaiknya dihindari.

Anda harus benar-benar memantangkan buah untuk asam lambung kronis, dan diperbolehkan sesekali untuk penyakit GERD yang sifatnya ringan dan jarang kambuh. Apapun itu, tetap menjaga pola makan dan hidup yang sehat. Sumber: The 10 Worst Foods for Acid Reflux pada https://www.livestrong.com/slideshow/1011196-10-worst-foods-acid-reflux/ 7 Foods to Help Your Acid Reflux pada https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition Will Eating Apples Help If You Have Acid Reflux?

pada https://www.healthline.com/health/digestive-health/apples-and-acid-reflux Papaya Enzimes for Acid Reflux.

pada https://www.livestrong.com/article/376685-papaya-enzyme-for-acid-reflux/ Diet Change For GERD pada https://aboutgerd.org/diet-lifestyle-changes/diet-changes-for-gerd.html The relationship between the popular beverages in Korea and reported postprandial heartburn pada https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20168057
Solopos.com, SOLO-Meski kaya nutrisi, ada beberapa buah jadi pantangan penderita asam lambung yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya jika Anda menderita GERD.

Hal ini karena buah-buahan tersebut dapat meningkatkan produksi asam di lambung. Selain makanan dan minuman, ada beberapa buah jadi pantangan bagi penderita asam lambung yang juga sebaiknya dihindari agar tidak meningkatkan produksi asam di lambung yang dapat memicu atau memperberat gejala penyakit asam lambung. Promosi Kisah Tragis Selir Raja Mataram Islam di Istana Kematian Gunung Kelir Ya, jika memiliki penyakit asam lambung, ada beberapa makanan tertentu, termasuk buah-buahan, jadi pantangan buah untuk asam lambung.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah pantangan asam lambung yang sebaiknya Anda jauhi seperti dikutip dari alodokter.com pada Rabu (5/1/2022): 1. Jeruk Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, memang tinggi akan vitamin C sehingga jadi pantangan bagi penderita asam lambung. Namun, buah ini juga banyak mengandung asam, sehingga dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati. Baca Juga: Penelitian Terbaru Varian Omicron Terhadap Hewan Ungkap Fakta Ini Meski jeruk merupakan buah pantangan asam lambung, Anda tetap bisa mengonsumsinya dalam jumlah sedikit.

Selain itu, untuk mengurangi keasamannya, Anda juga bisa minum air putih atau air alkali saat makan jeruk atau jenis buah sitrus lainnya. 2. Tomat Sama seperti jeruk, buah tomat dan olahannya, seperti saus dan jus tomat, juga menjadi salah satu buah pantangan asam lambung. Hal ini karena tingginya kandungan asam di dalam tomat yang dapat memicu gejala GERD dan mengiritasi lapisan dinding lambung dan kerongkongan. 3. Apel hijau Apel hijau umumnya memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga menjadi buah pantangan asam lambung.

Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta berisiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung. Baca Juga: WHO Sebut Gejala Omicron Lebih Ringan, Tapi Jangan Dianggap Remeh 4. Nanas Sebagian penderita penyakit asam lambung tidak merasakan kekambuhan gejala setelah makan nanas, tetapi terkadang ada juga pasien GERD yang bisa mengalami kekambuhan gejala setelah mengonsumsi buah ini.

Faktanya, nanas merupakan buah yang cukup asam dengan kandungan pH sekitar 3–4. Oleh karena itu, jika Anda memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya batasi konsumsi buah nanas, ya.

5. Cokelat Cokelat menjadi buah pantangan asam lambung karena mengandung kafein dan bahan kimia methylxanthine yang dapat memicu GERD. Kafein diketahui dapat menyebabkan heartburn. Sementara itu, methylxanthine terbukti dapat membuat otot-otot di katup atau cincin kerongkongan bagian bawah menjadi lebih lemah, sehingga makanan atau asam pantangan buah untuk asam lambung bisa mudah naik kembali ke kerongkongan. Baca Juga: Begini Fenomena Spirit Doll atau Boneka Arwah dalam Kebudayaan Jawa 6. Cabai Cabai merupakan salah satu jenis buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

Hal ini karena zat capsaicin pemberi rasa pedas pada cabe bisa menyebabkan iritasi di dinding lambung serta meningkatkan produksi asam lambung. • Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk pantangan buah untuk asam lambung hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Pantangan asam lambung harus dihindari oleh penderita penyakit asam lambung.

Memiliki gangguan kesehatan tertentu memang terkadang membuat kita harus menghindari jenis makanan tertentu. Apalagi jika gangguan tersebut terkait dengan gangguan pencernaan, Anda tentunya harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan. Nah, jika Anda memiliki keluhan penyakit asam lambung, berikut adalah pantangan asam lambung yang perlu diperhatikan!

Apa Itu Penyakit Asam Lambung? GERD atau refluks asam lambung atau yang lebih dikenal dengan penyakit asam lambung merupakan gangguan pencernaan kronis yang pantangan buah untuk asam lambung asam lambung naik tenggorokan dan menyebabkan iritasi pada saluran makanan. Gejala paling umum dari penyakit asam lambung adalah heartburn, yaitu sensasi seperti terbakar di dada yang dapat menyebar hingga leher. Kondisi ini juga bisa menyebabkan beberapa gejala lain seperti mual, muntah, hingga gangguan pernapasan seperti batuk kronis dan asma.

Kondisi ini disebabkan oleh sfingter esofagus yang mengendur, sehingga isi lambung dapat naik ke atas. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kondisi ini adalah seperti obesitas, hiatal hernia, kehamilan, gangguan jaringan ikat, dan pengosongan perut yang tertunda karena berbagai sebab. Makanan Pantangan Asam Lambung Umumnya gangguan pencernaan memiliki gejala tertentu yang dapat memburuk akibat konsumsi makanan yang kurang tepat, begitu juga dengan penyakit asam lambung.

Hal ini disebabkan karena saluran pencernaan bereaksi langsung pada makanan yang kita konsumsi. Berikut adalah beberapa minuman dan makanan pantangan asam lambung yang sebaiknya Anda perhatikan! 1. Makanan Tinggi Lemak Pantangan asam lambung yang pertama adalah mengonsumsi makanan tinggi lemak. Makanan tinggi lemak dapat memperburuk heartburn. Tidak ada pengecualian lemak, jenis lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan juga harus dikurangi konsumsinya oleh penderita asam lambung.

Makanan berlemak dapat menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah. Sfingter esofagus merupakan otot yang bertindak sebagai penghalang antara esofagus dan lambung. Apabila otot ini mengendur, maka kemungkinan asam lambung dapat naik ke kerongkongan juga akan lebih tinggi. Selain itu, konsumsi makanan berlemak tinggi juga memicu pelepasan hormon cholecystokinin. Hormon ini dapat membuat makanan bertahan lebih lama di lambung agar dapat dicerna lebih baik.

Namun hormon ini juga dapat menyebabkan sfingter esofagus rileks, sehingga potensi asam lambung naik juga meningkat. 2.

pantangan buah untuk asam lambung

Makanan Digoreng Siapa sih yang tidak suka makanan yang digoreng? Sayangnya, Anda harus menghindari jenis makanan ini jika ingin hidup sehat.

Makanan yang digoreng juga merupakan salah satu pantangan asam lambung. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan yang mengandung lemak tinggi tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung, begitu juga dengan makanan yang digoreng.

Segala jenis makanan yang digoreng, terutama dengan metode deep frying, akan menyimpan banyak lemak. Jenis lemak yang banyak terkandung dalam makanan yang digoreng adalah lemak trans. Tidak hanya dapat memicu gejala pantangan buah untuk asam lambung asam lambung, lemak trans secara umum memang tidak baik untuk kesehatan. Lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

3. Makanan Asin Pantangan asam lambung yang ketiga adalah mengonsumsi makanan asin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menambahkan garam meja ke makanan mereka memiliki risiko refluks asam lebih tinggi 70% daripada yang tidak pernah menambahkan garam.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan asin paling tidak tiga kali seminggu memiliki risiko mengalami refluks asam pantangan buah untuk asam lambung lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak pernah makan asin. Hingga kini belum diketahui bagaimana makanan asin dapat memicu gejala penyakit asam lambung.

Diduga karena makanan-makanan asin identik dengan makanan yang digoreng dan berlemak, sehingga berpotensi tinggi menyebabkan refluks asam lambung. 4. Bawang Mengonsumsi bawang, terutama bawang mentah, juga merupakan pantangan asam lambung. Bawang seperti bawang merah dan bawang bombai dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah.

Selain itu, bawang juga merupakan sumber serat yang dapat difermentasi dan dapat menyebabkan sendawa. Rileksnya sfingter esofagus dapat membuat asam lambung lebih mudah naik. Sendawa juga dapat memperburuk kondisi ini. 5. Makanan Pedas Penyebab asam lambung naik selanjutnya adalah makanan pedas. Cabai memiliki kandungan senyawa yang disebut capsaicinsenyawa ini bekerja memperlambat laju pencernaan. C apsaicin membuat makanan bertahan lebih lama di lambung, sehingga meningkatkan risiko heartburn.

Makanan pedas juga dapat memperburuk iritasi yang terjadi akibat asam lambung naik. Asam lambung dapat membuat saluran makanan mengalami iritasi dan sensasi panas yang ditimbulkan oleh makanan pedas dapat memperburuk kondisi ini. 6. Buah Asam Konsumsi buah dan sayur sangat baik untuk saluran pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun begitu, tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi jika Anda memiliki penyakit asam lambung. Buah-buahan yang memiliki rasa sangat asam justru dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung.

Jenis buah yang menjadi pantangan asam lambung adalah seperti buah sitrus yang meliputi jeruk-jerukan dan lemon, serta buah lain seperti nanas dan tomat. Konsumsi saus tomat juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit asam lambung. 7. Susu Sebagian orang percaya bahwa susu dapat meringankan gejala asam lambung naik seperti heartburn, tapi hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Jenis susu murni justru dikaitkan dengan meningkatnya produksi asam lambung.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu murni dapat meningkatkan risiko seseorang terkena heartburn. Hal ini diduga karena susu murni memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat berpotensi memperburuk gejala penyakit asam lambung. Selain susu murni yang dikonsumsi langsung, semua produk olahan susu yang terbuat dari susu murni dan susu tinggi lemak lainnya juga tidak disarankan. 8. Cokelat Banyak alasan yang membuat coklat menjadi salah satu pantangan makanan asam lambung.

Pertama, kebanyakan produk cokelat memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga jelas tidak baik untuk penderita asam lambung. Selanjutnya, cokelat juga mengandung triptofan, senyawa yang dapat terkait dengan neurotransmitter serotonin. Di satu sisi, serotonin memang dapat membuat seseorang lebih bahagia dan mood-nya menjadi lebih baik.

Namun di sisi lain, senyawa ini juga dapat merelaksasi sfingter esofagus bagian bawah, sehingga berpotensi menyebabkan asam lambung naik. Selain serotonin, beberapa senyawa lain yang juga terkandung dalam cokelat seperti theobromine dan kafein juga dapat merangsang sfingter esofagus.

9.

pantangan buah untuk asam lambung

Mint Beberapa jenis daun mint dapat meningkatkan risiko heartburn, sehingga menjadi pantangan asam lambung. Sebuah penelitian menemukan bahwa dosis tinggi daun spearmint dikaitkan dengan gejala asam lambung. Mint tidak merelaksasi sfingter esofagus, namun diduga mint dapat mengiritasi lapisan kerongkongan, sehingga menyebabkan gejala asam lambung naik memburuk.

Penelitian lain menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi teh pantangan buah untuk asam lambung setiap hari memiliki risiko dua kali lipat sakit maag daripada yang tidak. Maag merupakan kumpulan gejala saluran pencernaan yang bisa disebabkan oleh penyakit asam lambung. 10. Minuman Bersoda Minuman soda atau minuman berkarbornasi juga merupakan salah satu penyebab umum heartburn.

Minuman bersoda diketahui dapat merilekskan sfingter esofagus dan meningkatkan produksi asam lambung, keduanya merupakan faktor risiko naiknya asam lambung. Sebuah penelitian pada 15.000 orang menemukan bahwa 25% dari kelompok tersebut mengalami heartburn di malam hari.

Setelah ditelusuri, ada banyak faktor yang memengaruhi kondisi ini, salah satunya adalah konsumsi minuman berkarbonasi.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minuman berkarbonasi memiliki risiko 69% lebih tinggi terkena gejala refluks asam lambung. 11. Kopi Selain minuman berkarbonasi, kopi menjadi minuman pantangan asam lambung selanjutnya. Beberapa pantangan buah untuk asam lambung menunjukkan bahwa kemungkinan kafein merupakan penyebab dari kondisi ini. Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein saja tidak memicu gejala refluks.

Diduga terdapat senyawa lainnya dalam kopi yang berkontribusi memperparah gejala refluks asam lambung. Efek kopi pada setiap orang juga berbeda-beda. Sebagian orang dengan penyakit asam lambung dapat mentoleransi konsumsi kopi dengan baik, namun sebagian lainnya tidak dapat mentoleransinya sama sekali. Apabila Anda memiliki penyakit asam lambung dan merasakan gejala memburuk setelah konsumsi kopi, sebaiknya kurangi atau bahkan hentikan sama sekali konsumsi kopi.

12. Minuman Beralkohol Pantangan asam lambung yang terakhir adalah konsumsi minuman beralkohol. Asupan alkohol sedang atau melebihi asupan harian yang disarankan dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Ada banyak cara alkohol dapat memperburuk gejala asam lambung. Minuman beralkohol dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah yang dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Minuman beralkohol seperti wine dan pantangan buah untuk asam lambung juga dapat meningkatkan jumlah asam lambung. Selain itu, konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat merusak lapisan esofagus secara langsung. Hal ini dapat membuat esofagus menjadi lebih sensitif pantangan buah untuk asam lambung asam lambung yang naik, sehingga rasa perihnya juga dapat semakin parah. Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Asam Lambung Meskipun terdapat banyak pantangan makanan asam lambung yang harus dihindari, Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada banyak sekali jenis makanan yang dapat Anda konsumsi.

Beberapa jenis makanan bahkan dapat membantu meringankan gejala penyakit asam lambung. Berikut adalah jenis makanan yang disarankan dikonsumsi oleh penderita asam lambung: • Sayuran hijau.

Brokoli, bayam, seledri, dan sayuran lainnya adalah makanan yang aman dikonsumsi penderita penyakit asam lambung. Sayuran ini rendah lemak, gula, dan juga asam. Ditambah lagi, sayuran dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

• Oatmeal. Oatmeal adalah sumber serat yang baik yang dipercaya dapat mengatasi kelebihan asam lambung. Selain oatmeal, roti yang terbuat dari gandum utuh juga bisa menjadi pilihan Anda.

• Jahe. Jahe dapat menjadi salah satu perawatan alami untuk refluks lambung. Jahe dipercaya dapat meringankan gejala asam lambung naik seperti mual dan muntah. • Putih telur.

Makanan satu ini memiliki nutrisi tinggi dan aman dikonsumsi penderita penyakit asam lambung. Namun Anda sebaiknya menghindari bagian kuning telur karena kuning telur kandungan lemaknya tinggi.

• Daging tanpa lemak. Banyak yang mengklaim bahwa daging sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Namun pada dasarnya Anda masih dapat mengonsumsi daging-dagingan, asalkan Anda memilih daging tanpa lemak. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah, jangan olah daging dengan cara digoreng.

• Buah-buahan. Buah seperti melon, pisang, apel, dan pir dapat menjadi pilihan yang baik. Buah yang perlu Anda hindari adalah buah yang asam dan buah yang dapat meningkatkan gas di perut. Pantangan Asam Lambung Bukan Hanya Makanan Saja Ternyata pantangan asam lambung bukan hanya seputar makanan saja, tapi terdapat juga beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk dapat mengatasi gejala kondisi ini.

Berikut adalah beberapa pantangan asam lambung lainnya yang perlu Anda perhatikan: • Hindari porsi makan besar. Makanan dengan porsi terlalu besar dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung. Anda disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 500 kalori dengan kandungan lemak tidak lebih dari 20 gram jika tidak ingin gejala GERD memburuk.

• Hindari berbaring setelah makan. Anda sebaiknya menunggu paling tidak 3 jam untuk berbaring setelah makan. Apabila Anda berbaring sesaat setelah makan, asam lambung dapat lebih mudah naik ke kerongkongan. • Hindari tidur telentang.

Gejala penyakit asam lambung sering kali memburuk di malam hari. Tidur dengan posisi miring atau sedikit ke atas dapat membantu Anda meringankan gejala ini. • Hindari obesitas. Risiko dan tingkat keparahan penyakit asam lambung cenderung meningkat jika berat tubuh Anda melebihi berat ideal. • Hindari rokok. Merokok dapat memperburuk gejala GERD karena rokok dapat menurunkan produksi air liur, meningkatkan asam lambung, dan juga mengiritasi kerongkongan.

Itu dia berbagai pantangan asam lambung yang perlu Anda perhatikan. Perlu diketahui bahwa tidak semua pantangan makanan asam lambung di atas harus diikuti, karena kondisi pada setiap orang dapat berbeda-beda.

Anda hanya perlu makanan yang Anda rasakan memperburuk gejala ketika Anda konsumsi. Apabila Anda merasakan gejala GERD yang semakin memburuk dan terus berulang, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

Perubahan gaya hidup memang dapat membantu meringankan gejala kondisi ini, tapi terkadang, obat-obatan juga dibutuhkan untuk mengatasinya. Anda juga perlu mengetahui penyebab asam lambung yang Anda alami, karena ada banyak sekali faktor yang mungkin memicu kondisi ini. Mengetahui penyebab, menerapkan gaya hidup sehat, dan juga menggunakan obat-obatan yang tepat akan sangat membantu kondisi ini. • Cleveland Clinic. 2017. 7 Tips to Control Your Acid Reflux Symptoms.

https://health.clevelandclinic.org/7-tips-to-control-your-acid-reflux-symptoms/. (Diakses 7 Desember 2019). • Healthline Editorial Team and Heather Cruickshank. 2018. Everything You Need to Know About Acid Reflux and GERD. https://www.healthline.com/health/gerd#symptoms. (Diakses 7 Desember 2019). • Johnson, Jon. 2018. What to eat and avoid if you have GERD. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314690.php. (Diakses 7 Desember 2019). • Madell, Robin dan Valencia Higuera.

2019. 7 Foods to Help Your Acid Reflux.

pantangan buah untuk asam lambung

https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition. (Diakses 7 Desember 2019). • Mayo Clinic. 2019. Gastroesophageal reflux disease (GERD). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940. (Diakses 7 Desember 2019). • Raman, Ryan. 2018. 11 Foods That Can Cause Heartburn. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-cause-heartburn. (Diakses 7 Desember 2019).

Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,
Pantangan asam lambung banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Hal itu dikarenakan banyak penderita asam lambung yang tidak mengetahui secara pasti apa saja yang tidak boleh dikonsumsinya. Tahu-tahu setelah memakan makanan itu perutnya terasa melilit dan diremas-remas. Asam lambung memang memiliki berbagai macam pantangan. Baik dari segi makanan maupun dalam segi minuman.

Hal itu dikarenakan jika pantangan itu dilanggar, akibatnya penderita asam lambung bisa terkena penyakit lambung kronis dan sulit untuk disembuhkan. Proses Terjadinya Asam Lambung Banyak yang tidak tahu dengan pasti apa itu penyakit asam lambung dan bagaimana proses terjadinya asam lambung. Asam lambung merupakan penyakit lambung yang disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung di dalam perut manusia tepatnya di bagian lambung.

Cara terjadinya asam lambung adalah sebagai berikut ini : • Makanan masuk ke dalam lambung melalui kerongkongan. Kerongkongan merupakan organ tubuh yang memiliki celah sempit. • Makanan tertentu dengan tinggi lemak, kadar asam tinggi tidak bisa ditoleransi oleh lambung.

Derajat keasaman yang bisa ditoleransi oleh lambung adalah pH 2.0. • Kadar asam di bawah pH 2.0 membuat asam lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang pantangan buah untuk asam lambung protein. • Akibatnya adalah dinding lambung memproduksi cairan yang berlebihan. Cairan yang berlebihan itu adalah asam lambung. • Saat asam lambung terdapat cairan berlebihan dan tidak menurun dengan sendirinya, seseorang akan terkena asam lambung.

Makanan Pantangan Asam Lambung Pantangan asam lambung banyak dari segi makanan. Penderita asam lambung tidak boleh mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan.

Berikut ini daftar makanan yang menjadi pantangan : • Makanan Yang Mengandung Banyak Gas Makanan yang mengandung banyak gas sangat tidak boleh dikonsumsi oleh pantangan buah untuk asam lambung asam lambung. Hal itu dikarenakan penderita asam lambung jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas akan membuat asam di dalam lambung menjadi naik. Berikut ini daftar makanan yang banyak mengandung gas tinggi : • Sawi dan kol.

Sawi dan kol merupakan sayuran yang jika dimakan oleh orang normal akan membuat perut begah dan terasa penuh. Hal itu dikarenakan sawi dan kol memiliki banyak gas. Penderita asam lambung jika memakan sayuran ini asam lambungnya akan mudah kambuh.

pantangan buah untuk asam lambung

• Nangka dan buah pisang ambon. • Makanan Dengan Rasa Pedas Makanan yang memiliki rasa pedas akan bisa membuat iritasi lambung. Selain bisa untuk mengiritasi lambung, makanan yang pedas bisa membuat penderita lambung tidak nyaman. Berikut ini daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi menurut UMMC ( University Of Maryland Medical Center ) : • Cabai dan juga sambal. • Saos cabai • Saos tomat. • Saus Panas. • Makanan yang mengandung merica berlebih. • Makanan Asam Makanan asam mengandung acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut.

Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit maag. Kadar keasaman dengan batas tertentu tidak bisa ditoleransi oleh lambung akibatnya lambung akan semakin banyak cairannya setelah mengkonsumsi makanan asam.

Berikut ini makanan asam yang tidak boleh dikonsumsi : • Belimbing wuluh. pantangan buah untuk asam lambung Kedondong. • Nanas. • Belimbing. • Mangga muda. • Jenis Pantangan buah untuk asam lambung Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berbagai macam kue tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, hal itu dikarenakan ada jenis kue yang sulit dicerna oleh lambung sehingga membuat lambung terlambat untuk mengosongkan isinya. Pengosongan lambung yang terlambat membuat lambung memiliki peregangan yang meningkat dan akhirnya bisa meningkatkan asam naik dengan cepat di dalam lambung.

Berikut ini jenis kue yang tidak boleh dikonsumsi : • Kue cokelat. • Kue tar dengan banyak krim di dalamnya. • Kue keju. • Kue pisang. • Makanan Yang Mengandung Alkohol Makanan yang memiliki kadar alkohol yang banyak tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Hal itu dikarenakan makanan beralkohol memiliki gas yang banyak dan bisa mempercepat asam lambung menjadi naik. Makanan yang mengandung alkohol adalah makanan yang melalui proses fermentasi. Berikut ini jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi : • Tape singkong. Tape memiliki kadar alkohol tinggi dikarenakan telah diberikan proses fermentasi.

• Tape ketan. • Manisan buah. • Manisan sayur. • Makanan Berminyak Dan Berlemak Makanan berminyak dan juga berlemak tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal itu dikarenakan lemak dan minyak pada makanan akan mudah mengiritasi lambung. Berikut ini jenis makanan berminyak dan berlemak yang tidak boleh dikonsumsi : • Gorengan • Jeroan hewan. Selain berminyak dan juga berlemak jeroan sulit untuk dicerna oleh lambung. • Sayur tumis. • Makanan Keras Dan Sulit Dicerna Berbagai makanan yang memiliki tekstur keras tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Hal itu dikarenakan makanan tersebut bisa melukai lambung dan membuat asam lambung naik. Bisa Anda bayangkan, lambung yang telah luka jika diisi dengan makanan kasar itu bisa menyentuh luka lambung dan menimbulkan rasa sakit. Berikut ini daftar makanan tekstur keras yang tidak boleh dikonsumsi : • Penderita lambung yang sedang kambuh tidak boleh memakan nasi. Nasi yang telah dihaluskan seperti bubur baru boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. • Talas memiliki tekstur kasar dan memiliki banyak serat.

Sehingga akan menghambat kerja lambung. • Meski dodol tekstrunya halus namun sifat alotnya membuat dodol tidak bisa dicerna oleh lambung secara cepat.

• Beras ketan tidak boleh dikonsumsi karena beras ini membuat lambung tidak bisa mencernanya. Penderita lambung yang makan beras ketan akan membuat dirinya merasakan perih pada lambungnya.

• Daging Merah Daging merah menurut UMMC tidak boleh dikonsumsi. Hal itu dikarenakan daging merah memiliki lemak trans yang tidak boleh masuk ke dalam lambung. Daging merah dengan cara dipanggang juga tidak boleh masuk ke dalam lambung.

Hal itu dikarenakan efek panas dari daging itu bisa mengiritasi lambung. • Sumber Karbohidrat Karbohidrat yang dikonsumsi bisa membuat lambung cepat terisi dan lambung terlambat mengosongkan isinya.

Oleh sebab itu karbohidrat tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Jenis karbohidrat yang harus dihindari : • Nasi. • Jagung memiliki tekstur kasar dan sulit dicerna oleh lambung. • Roti putih yang mengandung banyak lemak dari mentega.

• Pasta • Mie Minuman Pantangan Asam Lambung Ada berbagai macam jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Hal itu dikarenakan kandungan di dalamnya bisa membuat lambung bereaksi dan teriritasi. Berikut ini jenis minuman yang harus dihindari oleh penderita lambung : • Kopi Kopi akan membuat lambung memproduksi cairan asam yang berlebihan. Akibatnya adalah asam lambung meningkat. Kandungan kafein di dalam kopi lah yang dipercaya bisa membuat asam lambung menjadi naik.

Setelah mengkonsumsi kopi, penderita asam lambung akan merasakan rasa perih pada lambungnya. • Soda Dan Alkohol Soda dan alkohol merupakan minuman yang terdapat karbonasi di dalamnya. Seperti makanan yang mengandung gas, minuman berkarbonasi dan alkohol pun akan menyebabkan asam lambung menjadi meningkat dikarenakan gasnya yang berlebihan.

Itulah jenis minuman yang menjadi pantangan asam lambung. • Minuman berenergi Terlepas dari berbagai jenis bahayanya, minuman berenergi sangat mematikan bagi tubuh manusia termasuk bagi penderita asam lambung. Bahaya minuman energi bagi penderita asam lambung akan menjadi pemicu naiknya asam lambung secara drastis.

• Semua minuman dalam kaleng dan botol Lambung adalah salah satu tempat untuk melakukan proses semua minuman yang masuk dalam tubuh. Minuman dalam kaleng bisa dipastikan hampir semuanya memiliki pengawet dan pemanis bahkan pewarna buatan. Untuk itu sangat tidak baik bagi penderita asam lambung.

Makanan untuk penderita asam lambung • Wortel • Brokoli • Kunyit • Timun • Pisang • Semangka • Kentang • Jahe • Apel • Lidah buaya Nah itulah berbagai jenis pantangan asam lambung untuk makanan dan minuman yang wajib anda hindari agar tidak bertambah kronis. Recommended Post • Usai Libur Panjang, Ini 6 Persiapan Untuk Memulai Diet Lagi • Usai Lebaran, Begini 3 Cara Hilangkan Lemak Perut Dengan Cepat • Apakah Hepatitis Misterius di Indonesia Terkait Covid-19 dan Vaksinnya?

• 3 Tips Berkeringat Lebih Banyak Saat Berolahraga Cepat • Hepatitis Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Masyarakat Perlu Waspadai Gejalanya!
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat. • Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Pantangan buah untuk asam lambung Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 7 Agustus 2020 Ditulis oleh: Rhandy Verizarie - Ditinjau oleh: dr.

Ursula Penny Putrikrislia Ada beragam pilihan buah untuk penderita asam lambung. Ya, menderita penyakit asam lambung memang akan membuat Anda tidak bisa mengonsumsi makanan secara sembarangan, termasuk buah-buahan. Akan tetapi, jangan khawatir karena buah-buahan berikut ini tetap aman dikonsumsi oleh para penderita asam lambung.

Simak informasi selengkapnya! Apa Itu Penyakit Asam Lambung? Asam lambung ( gastric acid) diproduksi oleh lambung guna membantu mencerna makanan.

Akan tetapi, ada kalanya kadar asam lambung meningkat drastis.

pantangan buah untuk asam lambung

Kondisi ini lantas dikenal dengan istilah refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD makin diperparah dengan kondisi katup sfingter lambung yang tidak bisa menutup dengan sempurna sehingga asam lambung tadi naik ke kerongkongan. Jika sudah begitu, maka Anda akan mengalami sejumlah gejala seperti nyeri ulu hati ( heartburn) dan sakit tenggorokan. Hampir sebagian besar kasus GERD dipicu oleh gaya hidup yang salah seperti mengonsumsi makanan tak sehat. Buah untuk Penderita Asam Lambung Apabila Anda sudah telanjur mengidap penyakit asam lambung, maka jenis makanan yang dapat dikonsumsi menjadi terbatas.

Hal ini juga berlaku untuk buah-buahan. Lantas, apakah masih ada buah yang aman dikonsumsi mengingat buah adalah salah satu sumber nutrisi utama bagi tubuh? Jawabannya tentu saja, ada. Buah untuk Anda yang menderita asam lambung di antaranya meliputi: • Pisang • Melon • Apel • Pir • Kelapa • Kurma • Pepaya • Beri • Persik • Semangka • Ara • Lemon Mari kita bahas satu per satu mengenai alasan buah-buahan tersebut aman untuk dikonsumsi penderita refluks asam lambung.

Bahkan tak cuma aman, buah-buahan ini bisa menurunkan kadar asam lambung, lho! 1. Pisang Buah untuk asam lambung yang pertama adalah pisang. Buah yang kulitnya berwarna kuning ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung dikarenakan tingkat keasaman (pH) yang dimilikinya tergolong rendah yakni hanya di skala sekitar 5. Pisang juga sangat mudah untuk dicerna, pun kandungan nutrisinya yang tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Anda bisa mengonsumsi pisang secara langsung maupun mengolahnya menjadi minuman jus segar. 2. Melon Buah selanjutnya yang patut Anda konsumsi adalah melon. Buah berwarna hijau dengan kandungan air yang cukup tinggi ini apabila dikonsumsi tidak akan membuat kadar pantangan buah untuk asam lambung lambung Pantangan buah untuk asam lambung meningkat.

Alih-alih demikian, mengonsumsi melon justru membantu menurunkan asam lambung yang berlebih. Mengapa bisa demikian? Jawabannya adalah karena pada melon terkandung magnesium. Magnesium adalah salah satu mineral yang umum dijadikan komposisi obat-obatan untuk mengatasi penyakit asam lambung. Selain itu, pH buah melon hanya 6,1 yang mana masih terbilang kecil.

3. Apel Sama seperti melon, pada apel juga terkandung mineral magnesium yang dapat membantu menurunkan kadar asam lambung sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi para penderita penyakit GERD. Tidak hanya itu, apel juga diperkaya oleh nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti: • Vitamin A • Vitamin B-12 • Vitamin B-16 • Vitamin C • Vitamin D • Kalsium • Zat besi 4.

Kelapa Kelapa menjadi buah lainnya yang aman untuk dikonsumsi penderita refluks asam lambung. Pasalnya, tingkat keasaman buah ini juga masih masuk kategori rendah. Selain mencegah asam lambung meningkat, mengonsumsi buah kelapa juga akan mendatangkan sejumlah dampak positif bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan otak dan meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.

5. Kurma Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini juga tidak akan membuat produksi asam lambung Anda berlebihan. Sama seperti buah-buahan yang sudah disebutkan sebelumnya, alasan kurma aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung adalah tingkat pH yang dimiliknya terbilang rendah. Selain tidak menyebabkan asam lambung naik, kurma juga memiliki manfaat kesehatan seperti menambah energi. Itu sebabnya buah ini disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena dipercaya dapat mengembalikan tenaga yang hilang.

Baca Juga: 8 Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh 6. Pepaya Pepaya dikenal sebagai buah yang dapat mengatasi masalah pencernaan berupa sulit buang air besar (BAB) alias sembelit.

Nah, Anda juga harus tahu jika buah yang dagingnya berwarna oranye ini juga bisa membantu mengatasi gejala nyeri ulu hati pada kasus GERD. Manfaat pepaya yang satu ini dikarenakan adanya kandungan enzim bernama papain.

Pepaya juga memiliki manfaat penting lainnya, yaitu: • Mencegah diabetes • Meminimalisir risiko penyakit jantung • Meminimalisir risiko kanker • Meredakan gejala asma • Menjaga kesehatan tulang 7.

Beri Anda menderita penyakit asam lambung, tapi suka dengan buah dari keluarga beri-berian? Jika ya, tidak perlu khawatir, kok. Kendati buah beri seperti strawberry, blackberry, atau raspberi cenderung memiliki rasa yang asam, hal ini tidak membuat buah-buah tersebut akan meningkatkan produksi asam lambung apabila dikonsumsi. Buah beri mengandung banyak zat penting, termasuk antioksidan.

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah ini sangat dianjurkan guna menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari kerusakan sel yang bisa berujung pada penyakit berbahaya. 8. Persik Selain kadar pH-nya yang terbilang kecil, alasan mengapa persik juga masuk ke dalam daftar buah untuk penderita asam lambung adalah karena buah yang secara rupa mirip dengan apel ini diperkaya oleh mineral magnesium.

Tidak hanya itu, buah persik juga merupakan sumber nutrisi bagi tubuh, utamanya: • Vitamin A • Vitamin B6 • Vitamin B12 • Vitamin C • Kalsium • Zat besi 9. Semangka Jangan lupakan juga untuk memasukkan semangka ke dalam daftar buah-buahan yang dikonsumsi sehari-hari agar kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi tanpa khawatir asam lambung naik.

Kandungan air yang tinggi pada semangka diklaim dapat membantu menetralisir asam lambung, di samping menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. 10. Alpukat Buah yang dagingnya berwarna hijau kekuningan ini aman untuk dikonsumsi oleh para penderita asam lambung. Pasalnya, buah alpukat mengandung lemak sehat yang tidak sampai membuat kadar asam lambung meningkat. Jadi, berbahagialah Anda yang gemar sekali dengan buah yang satu ini! 11. Lemon Lemon memang merupakan buah yang memiliki rasa asam.

Namun, tahukah Anda jika mengonsumsi air perasan jeruk lemon—dicampur dengan madu—justru dapat membantu menurunkan kadar dan menetralisir asam lambung? Ya, kombinasi keduanya disebut-sebut mampu menghasilkan efek basa. • Anonim. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn). https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn (Diakses pada 7 Agustus 2020) • Anonim.

2019. 11 Foods That Help Heartburn, According to Gastroenterologists. https://www.health.com/condition/heartburn/11-foods-that-help-heartburn-according-to-gastroenterologists?slide=34e354e2-725a-4be8-9ac1-dabfab594894#34e354e2-725a-4be8-9ac1-dabfab594894 (Diakses pada 7 Agustus 2020) • Davenport, T.

2019. Low Acid Fruits for Acid Reflux. https://www.healthcentral.com/slideshow/low-acid-fruits-acid-reflux (Diakses pada 7 Agustus 2020) • Eming, S. 2017. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms. https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2017/foods-help-acid-reflux-fd.html (Diakses pada 7 Agustus 2020) • Ponappa, S. 2017. 6 Fruits To Combat Acid Reflux Stress. https://food.ndtv.com/health/fruits-to-combat-acid-reflux-stress-1704297 (Diakses pada 7 Agustus 2020) • Schulman, J.

2020. What to Know About High Stomach Acid. https://www.healthline.com/health/high-stomach-acid-symptoms (Diakses pada 7 Agustus 2020) Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,Tak hanya itu, air kelapa juga dapat membantu menjaga suhur tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan lambung.

2. Papaya Ilustrasi buah papaya (unsplash.com/@pranjallk1995) Pepaya adalah salah satu pilihan buah yang aman untuk lambung. Hal ini karena buah pantangan buah untuk asam lambung memiliki enzim papain di dalamnya. Pada sistem pencernaan, enzim ini berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan dan mempermudah perguraian protein. Jadi, protein akan lebih mudah dipecah menjadi aam amino. 3. Melon Ilustrasi buah melon (unsplash.com/@miracleday) Mineral magnesium yang ada pada buah melon mampu meredakan gejala maag.

Maka itu, melon menjadi salah satu buah untuk asam lambung tinggi. Selain dapat meredakan gejala maag, buah ini juga dapat memenuhi kebutuhan zat gizi bagi tubuh.

4. Apel Ilustrasi buah apel (unsplash.com/@priscilladupreez) Buah untuk asam lambung selanjutnya adalah Apel. Buah ini aman untuk dikonsumsi karena kaya akan kandungan serat, kalsium, magnesium, serta kalium yang baik.

Beberapa kandungan tersebut baik untuk meredakan gejala maag yang muncul. 5. Pisang Ilustrasi buah pisang (unsplash.com/@anastasiaeremina) Buah untuk asam lambung yang terakhir adalah pisang. Kandungan keasaman pada pisang terbilang cukup rendah, yaitu dengan kadar pH sekitar 4,5 – 5,2. Buah ini juga memiliki kalium dan serat, jusa tekstur yang lembut. Jadi, sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya masalah pencernaan.

Nah, itulah beberapa buah untuk asam lambung yang bisa pederita maag konsumsi. Hindari buah yang memiliki kandungan citrus atau asam, dan alpukat agar gejala maag tidak timbul. Artikel Menarik Lainnya: • Penyakit Refluks Gastroesofagus (GERD): Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati • Gerd dan Maag Bisa Disembuhkan, Bukan Penyakit Seumur Hidup Pasien, Ini Kata Ahlinya • Apa Itu GERD: Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan #KAMUHARUSTAU • 1 Rusia Siap Kirim Peringatan "Hari Kiamat" ke Barat • 2 Meski Tanpa Makeup, Wajah Jessica Iskandar saat Melahirkan Anak Keduanya Tetap Cantik • 3 Sosok Elin, Bocah Pengamen Badut Berparas Cantik yang Viral, Ngamen buat Makan Sehari-hari • 4 Viral Pemain Sepatu Roda di Jalan Raya, Wagub DKI Minta Tidak Ganggu Fasilitas Publik • 5 5 Hewan yang Dikenal Banyak Membunuh Manusia Sebagai Mangsa Berdasarkan Catatan Sejarah • 6 Denise Chariesta Buka Posko Pengaduan Korban Penipuan Medina Zein: Kasusnya Sudah Banyak • 7 Atletico Tolak Beri Penghormatan ke Juara LaLiga Real Madrid, Ancelotti: Saya Orang Italia • 8 Suga BTS Menyebut Kalau PSY Telah Membuka Jalan Bagi K-Pop di Seluruh Dunia VIRAL SEPEKAN • 1 Misteri Kematian Kartini, Diduga Dibunuh karena Berhubungan dengan Freemason • 2 Keluarga Kena Imbas Indra Kenz, Netizen Bingung: Kok Doni Salmanan dan Istri Enggak?

• 3 Vincent Verhaag Langsung Lemas Bayi yang Dikandung Jessica Iskandar Terlilit Tali Pusar • 4 Kamila Aisya, Siswi yang Lulus di 6 Universitas Top Dunia Sering Tertidur di Kelas • 5 Tsamara Amany Mundur dari PSI, Bro Giring Jadi Sorotan: Padahal Dikit Lagi Jadi Presiden • 6 Culture Shock Bule Palestina Jalani Puasa di Indonesia: Di Sini Sahurnya Pakai Nasi • 7 Viral Makanan Disajikan di Lantai Diduga untuk Santri, Dimakan Tanpa Alas Bersama-sama • 8 Penampilan Chika Pakai Rok Pantangan buah untuk asam lambung dan Baju Ketat Disorot Netizen: Kayak Biduan • 9 Maia Estianty Selesai Jalani Operasi Batu Empedu, Ternyata Sudah Disarankan Sejak 2016 • 10 Lemas Usai Diperiksa, Chandrika Chika Kena Sindir: Kalau Gibahin Mantan Semangat VIRAL SEPEKAN • 1 Misteri Kematian Kartini, Diduga Dibunuh karena Berhubungan dengan Freemason • 2 Keluarga Kena Imbas Indra Kenz, Netizen Bingung: Kok Doni Salmanan dan Istri Enggak?

• 3 Vincent Verhaag Langsung Lemas Bayi yang Dikandung Jessica Iskandar Terlilit Tali Pusar • 4 Kamila Aisya, Siswi yang Lulus di 6 Universitas Top Dunia Sering Tertidur di Kelas • 5 Tsamara Amany Mundur dari PSI, Bro Giring Jadi Sorotan: Padahal Dikit Lagi Jadi Presiden • 6 Culture Shock Bule Palestina Jalani Puasa di Indonesia: Di Sini Sahurnya Pakai Nasi • 7 Viral Makanan Disajikan di Lantai Diduga untuk Santri, Dimakan Tanpa Alas Bersama-sama • 8 Penampilan Chika Pakai Rok Pendek dan Baju Ketat Disorot Netizen: Kayak Biduan • 9 Maia Estianty Selesai Jalani Operasi Batu Empedu, Ternyata Sudah Disarankan Sejak 2016 • 10 Lemas Usai Diperiksa, Chandrika Chika Kena Sindir: Kalau Gibahin Mantan Semangat
Pantangan untuk penderita asam lambung Sakit maag sering dialami oleh orang yang hobi menunda waktu makannya.

Akibatnya, perut biasanya akan terasa sakit akibat asam lambung yang naik. Maag bukanlah penyakit khusus, melainkan kumpulan gejala yang menandai suatu penyakit.

Salah satu pemicu kenaikan asam lambung berasal dari konsumsi makanan dan minuman harian. Pantangan buah untuk asam lambung Anda pantangan buah untuk asam lambung masalah maag dan penyakit asam lambung, sebaiknya hindari berbagai pantangan untuk mencegah kekambuhan gejala. Berikut daftar pantangan makanan dan minuman pemicu asam lambung bagi Anda yang memiliki maag. 1. Makanan tinggi lemak Salah satu jenis makanan pemicu asam lambung naik adalah makanan yang mengandung banyak lemak. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dalam jumlah yang wajar.

Sementara itu, konsumsi makanan tinggi lemak dalam porsi yang terlalu banyak ternyata bisa memicu gejala maag. Hal ini dapat terjadi karena lemak melemahkan otot pada katup kerongkongan ( esofagus) bagian bawah. Kondisi tersebut tentu menyebabkan kerongkongan mudah terbuka, sehingga memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

Alhasil, gejala berupa nyeri dan sensasi terbakar pada dada ( heartburn) pun terasa. Lemak sulit dicerna dan merangsang hormon kolesistokinin Makanan tinggi lemak menjadi pantangan orang dengan penyakit asam lambung karena dapat merangsang pelepasan kolesistokinin. Kolesistokinin yaitu hormon yang memicu mengendurnya katup kerongkongan, sehingga asam lambung bisa naik.

Di lain sisi, makanan yang mengandung banyak lemak juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Akibatnya, pengosongan organ lambung berjalan lebih lambat, hingga memicu produksi asam lambung berlebih.

Itu sebabnya, orang yang ingin mengendalikan kenaikan asam lambung perlu membatasi makanan tinggi lemak, seperti: • susu tinggi lemak dan produk olahannya, • daging merah, seperti sapi, kambing, dan domba, • gorengan dan makanan lainnya yang digoreng, • makanan manis, seperti kue, es krim, dan lainnya. 2. Kafein Mungkin Anda sudah pernah atau sering mendengar bahwa orang yang memiliki maag tidak dianjurkan minum minuman berkafein, seperti kopi, dalam jumlah banyak.

Bahkan, sebisa mungkin sebaiknya hindari kafein atau membatasi asupannya guna mencegah gejala maag bertambah parah. Pasalnya, kafein dilaporkan dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Akibatnya, asam lambung pun bisa naik kembali ke kerongkongan dan memicu gejala yang mengganggu. Kafein meningkatkan hormon gastrin Selain melemahkan otot esofagus, kafein juga disebut dapat merangsang lebih banyak sekresi asam.

Alhasil, hal ini dapat menyebabkan peningkatan hormon gastrin, yaitu hormon yang berfungsi merangsang lambung untuk menghasilkan asam lambung. Oleh karena itu, kafein masuk dalam daftar pantangan makanan dan minuman bagi orang yang mengalami penyakit asam lambung. Ada beberapa makanan dan minuman berkafein yang mungkin perlu Anda hindari atau kurangi, antara lain: • cokelat, • teh, • kopi decaf, • kopi, • minuman berenergi, dan • pantangan buah untuk asam lambung bersoda.

7 Hormon yang Memengaruhi Sistem Pencernaan Anda 3. Minuman berkarbonasi Soda dan minuman berkarbonasi lainnya memang dapat membuat perut kembung. Selain itu, jenis minuman ini bisa memicu asam lambung. Alasannya hampir sama dengan jenis makanan pemicu asam lambung lainnya, yaitu dapat melemahkan otot pada esofagus bagian bawah. Bahkan, kebanyakan minuman berkarbonasi juga mengandung kafein yang semakin berisiko terhadap asam lambung naik. Itu sebabnya, minuman ini menjadi salah satu pantangan untuk orang yang memiliki maag, terutama bagi mereka yang tak ingin gejalanya kambuh.

4. Makanan pedas Sudah bukan rahasia lagi bila makan makanan pedas bisa berujung pada sakit perut, mulas, hingga diare. Bahkan, konsumsi makanan pedas juga bisa termasuk dalam daftar pantangan untuk orang yang mengalami asam lambung. Bagaimana bisa? Umumnya, rasa pedas dari suatu makanan berasal dari cabai. Cabai mengandung zat yang disebut capsaicin di dalamnya, yaitu ekstrak alkaloid yang memberikan rasa pedas pada cabai.

Selain memberikan rasa pedas, capsaicin juga bisa memperlambat kerja sistem pencernaan. Bila hal ini terjadi pada orang yang sakit maag, tentu gejalanya akan lebih buruk mengingat proses pencernaannya memakan waktu lebih lama.

Sementara itu, ketika gejala maag dirasakan, makanan yang telah dikonsumsi tidak boleh berada di sistem pencernaan terlalu lama. Pasalnya, semakin lama makanan bertahan di perut, semakin meningkat pula risiko asam lambung naik. Akibatnya, butuh waktu yang lebih lama untuk pulih dari gejala maag, seperti mulas, sakit perut, hingga sensasi terbakar akibat asam lambung. 5. Makanan asin Tak jauh berbeda dengan makanan pedas, terlalu banyak makan makanan asin juga bisa memicu gejala maag akibat kenaikan asam lambung.

Namun, para ahli sejauh ini belum mengetahui apa penyebab pastinya. Sejumlah penelitian memang menunjukkan bahwa makanan yang mengandung natrium (garam) yang tinggi dapat memicu refluks pantangan buah untuk asam lambung. Hal ini mungkin dikarenakan kombinasi dari makanan asin yang dimakan bersama dengan gorengan dan makanan berlemak. Namun, kondisi tersebut ternyata tidak terlalu berpengaruh pada orang sehat dengan pola makan yang baik. Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi setidaknya konsumsi makanan asin dalam batas wajar agar tidak menjadi pemicu asam lambung naik.

6. Buah citrus sebagai pantangan asam lambung Buah-buahan citrus, seperti jeruk, lemon, maupun jeruk bali memang mengandung vitamin C yang tinggi dan baik bagi kesehatan. Di lain sisi, konsumsi buah-buahah citrus ternyata disebut dapat memicu naiknya asam lambung.

Menurut penelitian yang dimuat dalam The Korean Journal of Gastroenterologypantangan makanan untuk penyakit asam lambung ini dapat memicu sensasi terbakar. Dari sekitar 382 peserta yang mengeluhkan rasa terbakar pada dada sebagai gejala maag, sebanyak 67% dari pantangan buah untuk asam lambung mengalami keparahan gejala setelah mengonsumsi jeruk.

Penyebab pastinya memang belum diketahui. Namun, ada kemungkinan bahwa jumlah asam yang terkandung dalam buah citrus dapat melemahkan otot esofagus, sehingga asam lambung lebih mudah naik. Apa Saja Kondisi Bahaya Akibat Asam Lambung Naik?

7. Tomat Selain buah citrus, tomat ternyata juga masuk ke dalam daftar pantangan untuk mencegah naiknya asam lambung. Pasalnya, kandungan asam sitrat dan asam malat pada tomat dapat memicu kenaikan asam lambung yang menjadi penyebab maag. Konsumsi tomat dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memengaruhi sistem pencernaan. Akibatnya, asam lambung akan naik ke kerongkongan yang dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan. 8. Bawang Baik bawang merah, bawang putih, atau bombay, ternyata bisa melemahkan otot pada kerongkongan bagian bawah melemah.

Alhasil, asam lambung mudah naik kembali ke kerongkongan hingga memicu gejala maag. Makanan pemicu asam lambung yang satu ini ternyata mengandung zat yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, seperti sering sendawa.

Sendawa adalah salah satu gejala maag dan bisa memperburuk kenaikan asam lambung bila dibiarkan. 9. Alkohol Sama halnya dengan kopi dan soda, minuman beralkohol, seperti bir atau anggur, juga dapat berkontribusi sebagai penyebab munculnya maag. Mengapa demikian? Konsumsi minuman beralkohol berulang kali dan dalam jumlah yang banyak dapat mengiritasi hingga mengikis lapisan perut. Akibatnya, lapisan perut lebih rentan terhadap asam lambung yang membuat perut lebih sensitif terhadap asam.

Selain itu, bir dan anggur juga dilaporkan dapat meningkatkan jumlah produksi asam lambung. Oleh sebab itu, alkohol menjadi pantangan makanan dan minuman untuk orang yang mengalami sakit asam lambung karena berbahaya bagi sistem pencernaan. Pantangan pola makan untuk orang dengan asam lambung Setelah mengetahui apa saja makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam lambung naik, memperhatikan pola makan juga penting.

Pola makan yang buruk ternyata bisa menjadi faktor pemicu asam lambung naik. Berikut beberapa pantangan pola makan yang perlu Anda ketahui pada orang dengan asam lambung. 1. Langsung tidur setelah makan Anjuran untuk tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur memang terbukti benar adanya.

Begini, ketika Anda langsung tidur setelah makan, tubuh tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencerna makanan. Alih-alih merasa kenyang, makanan yang sudah dikonsumsi justru kembali naik ke kerongkongan bersama dengan asam dari dalam lambung. Hal ini yang kemudian memicu gejala maag disertai dengan asam lambung naik. 2. Makan dengan porsi yang banyak Makan dalam porsi yang banyak memang mengenyangkan. Namun, kebiasaan ini ternyata bisa menjadi pantangan dalam mengonsumsi makanan saat mengalami asam lambung naik.

Pada saat perut terisi penuh oleh makanan, lambung akan meregang. Peregangan ini bisa memberikan tekanan yang kuat pada otot di katup tenggorokan bagian bawah. Posisi katup yang seharusnya tertutup malah terbuka secara tiba-tiba, sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Itu sebabnya, penderita maag sangat disarankan untuk makan sedikit-sedikit, tetapi sering dilakukan.

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar makanan pemicu asam lambung, silakan diskusikan dengan dokter. Kim, Y. K., Moon, J. S., Ryu, S. H., Lee, J. H., & Kim, Y. S. (2010). The Korean journal of gastroenterology = Taehan Sohwagi Hakhoe chi, 55(2), 109–118. https://doi.org/10.4166/kjg.2010.55.2.109. Retrieved 28 June 2019. Fan, W. J., Hou, Y. T., Sun, X. H., Li, X. Q., Wang, Z. F., Guo, M., Zhu, L. M., Wang, N., Yu, K., Li, J. N., Ke, M. Y., & Fang, X.

C. (2018). Effect of high-fat, standard, and functional food meals on esophageal and gastric pH in patients with gastroesophageal reflux disease and healthy subjects. Journal of digestive diseases, 19(11), 664–673. https://doi.org/10.1111/1751-2980.12676. Retrieved 29 January 2021. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn).

(n.d). John Hopkins. Retrieved 29 January 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn  Diet Changes for GERD. (2019).

pantangan buah untuk asam lambung

International Foundation for Gastrointestinal Disorders. Retrieved 29 January 2021, from https://www.aboutgerd.org/diet-lifestyle-changes/diet-changes-for-gerd.html . Gonlachanvit S.

(2010). Are rice and spicy diet good for functional gastrointestinal disorders?. Journal of neurogastroenterology and motility, 16(2), 131–138. https://doi.org/10.5056/jnm.2010.16.2.131Retrieved 29 January 2021. Vecchia, C.L.

(2020). Expert Report: Coffee and its effect on digestion. Coffee and Health [PDF Online]. Retrieved 29 January 2021, from https://www.coffeeandhealth.org/wp-content/uploads/2020/05/Expert-report-Coffee-and-its-effect-on-digestion.pdf  6 Reasons to Stop Drinking Pop.

(n.d). Beaumont. Retrieved 29 January 2021, from https://www.beaumont.org/health-wellness/blogs/6-reasons-to-stop-drinking-soda  The best and worst foods for acid reflux. (2014). University Hospitals. Retrieved 29 January 2021, from https://www.uhhospitals.org/Healthy-at-UH/articles/2014/04/best-and-worst-foods-for-acid-reflux  Monico, N. (2020). Alcoholic Gastritis Symptoms, Causes & Treatment. American Addiction Center. Retrieved 29 January 2021, from https://www.alcohol.org/comorbid/gastritis/
Penderita asam lambung dianjurkan untuk menghindari makanan atau minuman yang menjadi pantangan asam lambung.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kambuhnya gejala dan perburukan kondisi. Ketahui makanan dan minuman apa saja yang perlu dipantang oleh penderita asam lambung. Nyeri ulu hati akibat naiknya asam lambung dapat dipicu oleh pola makan yang salah, stres berlebihan, atau kebiasaan tertentu seperti sering merokok.

pantangan buah untuk asam lambung

Untuk menghindari kondisi ini, Anda sebaiknya mulai memperhatikan hal-hal yang menjadi pantangan asam lambung, termasuk menjauhi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu. Makanan dan Minuman Pantangan Asam Lambung Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari atau batasi untuk mencegah asam lambung naik, yaitu: 1. Makanan pantangan buah untuk asam lambung Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi dan nyeri ulu hati.

Ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat memicu gejala asam lambung naik dan iritasi pada lambung. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering mengalami asam lambung naik atau gejala maag, sebaiknya hindari segala macam makanan pedas.

2. Makanan berlemak Selain makanan pedas, makanan berlemak juga bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Untuk mencegahnya, batasi atau kurangi asupan makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan, keju, jeroan, daging olahan, serta daging merah berlemak tinggi, misalnya sirloin dan iga. 3. Buah dan sayuran tertentu Buah dan sayuran merupakan bagian penting dari pola makan sehat.

Namun, ada beberapa jenis buah dan sayur yang justru menjadi pantangan bagi penderita asam lambung sehingga perlu dibatasi konsumsinya, seperti: • Nanas • Buah jeruk, termasuk pantangan buah untuk asam lambung bali dan lemon • Limau • Tomat, termasuk makanan berbahan dasar tomat • Bawang putih dan bawang bombay Selain itu, untuk mencegah perut kembung dan tidak nyaman karena asam lambung naik, Anda juga perlu mengurangi asupan makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti kol, ubi, kembang kol, kacang-kacangan, dan seledri.

4. Cokelat Cokelat diketahui baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi makanan tersebut secara berlebihan bisa menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh kembali, bahkan memperburuk gejala yang muncul. Hal ini karena efek cokelat yang dapat melemaskan otot di katup kerongkongan, dapat memicu makanan dan isi lambung naik kembali sehingga bisa membuat penderita asam lambung merasakan sensasi perih atau panas di dada serta leher.

5. Minuman beralkohol Minuman beralkohol juga merupakan pantangan yang harus dijauhi oleh penderita asam lambung. Pasalnya, minuman ini bisa menyebabkan iritasi lambung dan melemahkan otot-otot di kerongkongan. Hal tersebut bisa membuat gejala asam lambung kambuh atau menjadi semakin parah. Oleh karena itu, untuk mencegah gejala asam lambung naik, sebaiknya hindari konsumsi minuman beralkohol, seperti wine, anggur, bir, atau cocktail.

6. Minuman berkafein dan bersoda Sebagian orang bisa merasakan gejala asam lambung naik setelah mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, atau minuman berenergi. Hal ini karena minuman berkafein dan bersoda dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, terutama jika jumlah yang diminum terlalu banyak. Selain membatasi atau menjauhi berbagai makanan dan minuman pantangan asam lambung di atas, penting juga bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat guna mencegah naiknya asam lambung, seperti: • Hentikan kebiasaan merokok.

• Hindari kebiasaan berolahraga setelah makan. • Konsumsi makanan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering. • Usahakan untuk selalu menjaga berat badan ideal.

• Hindari makan sebelum tidur. • Kendalikan stres dengan cara melakukan relaksasi, meditasi, atau aktivitas yang digemari. Pasalnya, pola makan dan kebiasaan hidup yang tidak teratur bisa memperparah penyakit asam lambung yang dialami dan menyebabkan peradangan kronis di kerongkongan. Gejala asam lambung yang sesekali kambuh biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika gejala naiknya asam lambung sudah mengganggu aktivitas sehari-hari dan tak kunjung membaik meski sudah menghindari berbagai pantangan asam lambung, periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 Buah untuk Penderita Asam Lambung Naik yang Baik Dikonsumsi - Mudah Didapatkan




2022 www.videocon.com