Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Seni Budaya - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi pameran seni rupa dalam mata pelajaran seni budaya kelas sembilan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi pameran seni rupa dalam mata pelajaran seni budaya kelas sembilan dilengkapi dengan kunci jawaban.

Gambar: freepik.com 1. Materi pameran yang diadakan di sekolah berupa . A. Karya seni yang ada di sekolah B. Karya seni hasil pengumpulan dari siswa C.

Karya seni hasil karya guru seni budaya D. Karya seni yang berasal dari kumpulan seniman 2. Berikut merupakan pernyataan yang tepat mengenai pengertian pameran seni rupa adalah . A. Terbatas hanya untuk diikuti oleh satu orang seniman B. Upaya untuk memperkenalkan karya seni pertunjukan C. Tujuan utamanya untuk mendapatkan keuntungan material D. Media untuk mempublikasikan karya seni rupa agar mendapat apresiasi 3. Penulisan proposal harus seoptimal mungkin karena .

A. Proporsi sebagai lambang sebuah kegiatan B. Proposal pedoman untuk para panitia dalam melakukan kegiatan C. Proposal sebagai rujukan dalam pengumpulan dana D. Proposal harus mendapat simpati dan dukungan dari berbagai kalangan 4. Teknik sablon yang dilihat dari cara kerjanya dijumpai dalam usaha percetakan merupakan bagian dari ilmu seni grafis.

Berikut ini yang bukan termasuk alat sablon adalah . A. Rakel B. Hair dryer C. Emulsion D. screen 5. Hal yang harus diperhatikan dalam penutupan materi pameran adalah . A. Kelayakan B. Keindahan C. Keharmonisan D. Budaya masa kini 6. Empat proses cetak, yaitu cetak datar, tinggi, dalam, dan saring memiliki persamaan yaitu memerlukan banyak peralatan, diantaranya .

A. Inspirasi B. Biaya C. Mesin pencetak D. Tenaga 7. Kunci keberhasilan penyelenggaraan pameran seni rupa yang berasal dari diri pribadi adalah . A. Honor B. Jabatan C. Dukungan D. Komitmen 8. Seksi yang mempunyai tugas untuk Mengordinasi kerja seluruh panitia kerja termasuk sekretaris dan bendahara disebut seksi . A. Ketua B. Pelindung C. Bendahara D. Pembimbing 9. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat sebuah pameran hasil karya adalah .

A. Menentukan bahan pameran B. Membuat proposal C. Membuat desain interior pameran D. Menata barang atau benda seni 10. Katalog dalam pameran seni rupa mempunyai fungsi penting sebagai . A. Sarana informasi tentang peserta pameran dan karya yang dipamerkan B. Memuat informasi tentang harga karya seni rupa yang dipamerkan C. Berisi tentang profil panitia penyelenggara pameran seni rupa D. Media berkomunikasi antar pengunjung pameran seni rupa 11. Dibawah ini yang bukan termasuk isi proposal secara umum adalah .

A. Latar belakang B. Nama kegiatan C. Susunan panitia D. Honor panitia 12. Berikut ini yang bukan termasuk jenis teknik cetak dalam seni grafis adalah . A. Cetak dalam B. Cetak luar C. Cetak tinggi D. Cetak datar 13. Pameran yang hanya suatu karya seni rupa saja disebut.

A. pementasan B. pameran homogen C. perancangan D. penyajian 14. Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. A. Cetak bagus B. Cetak datar C. Cetak saring D.

Cetak tinggi 15. Panitia yang bertugas menyeleksi karya yang akan ditampilkan adalah. A. ketua panitia B. seksi display C. seksi karya D.

seksi dekorasi 16. Seksi yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menghubungi pihak-pihak terkait yang perlu di undang di sebut . A. Seksi acara B. Seksi konsumsi C. Seksi pubikasi D. Seksi dokumentasi 17. Sekelompok orang yang ditunjuk atau dipilih untuk mengurus kegiatan pameran disebut. A. organisasi B.

panitia C. ketua D. sekertaris 18. Salah satu tujuan diadakannya pameran terbuka adalah untuk mengomunikasikan karya kepada . A. Orang tua B. Pengusaha C. Khalayak umum D. Artis 19. Kegiatan yang paling penting dan mempengaruhi suasana dalam pameran seni rupa adalah . A. Penataan ruang dalam pameran B.

Pelaksanaan kerja panitia C. Penyusunan panitia D. Kelengkapan property 20. Suatu kegiatan menunjukkan hasil karya seni kepada masyarakat agar dapat dinikmatidi amati atau di jadikan sumber apresiasi adalah . A. Pementasan B. Pameran C. Konser D. Pentas seni 21. Suatu kegiatan menunjukkan karya seni yang bergerak di sebut . A.

Pameran B. Pergelaran C. Pementasan D. Pentas seni 22. Pameran dapat menjadi ajang kompetisi bagi para pencipta seni,karena melalui karya seni kita akan tahu setinngi apa keaktifan dan kreatifitas pencipta seni dalam berkarya ,hal ini merupakan fungsi pameran sebagai sarana.

A. Prestasi B. Edukasi C. Rekreasi D. Apresiasi 23. Dalam pameran, sekertaris bertugas sebagai. A. pembimbing pemeran B. membuat katalog C. mengurus administrasi D. mengurus materi pameran 24. Materi pameran yang diadakan di sekolah berupa . A. Karya seni yang ada di sekolah B. Karya seni hasil pengumpulan dari siswa C. Karya seni hasil karya guru seni budaya D. Karya seni yang berasal dari kumpulan seniman 25. Pameran yang dapat dilakukan secara tunggal maupun kelompok merupakan jenis-jenis pameran berdasarkan.

A. jenis karya B. maksud penyelenggaraan C. sifatnya D. jumlah pesertanya 26. Buku kesan dan pesan pengunjung sangat penting yang nantinya dapat di gunakan perbaikan pada pameran berikutnya. Buku tersebut dapat dipergunakan sebagai acuan dalam kegiatan . A. Apresiasi pameran B. Perencanaan pameran C.

Pelaksanaan pameran D. Evaluasi pameran 27. Panitia yang bertugas memberikan arahan, nasihat dan petunjuk kepada panitia pelaksana dalam menjalankan tugasnya, disebut . A. Panitia Inti B. Panitia Pelaksana C. Panitia Pengarah D. Panitia Khusus 28. Tujuan siswa mengikuti pembelajaran tentang pameran karya seni rupa, siswa diharapkan dapat memahami konsep dan prosedur pameran seni rupa serta dapat melaksanakan pameran karya seni rupa dan tiga dimensi yang dibuat dilihat dari cara kerjanya dengan melihat .

A. Karya B. Sudutnya C. Obyek D. Model 29.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Kegiatan yang harus dikerjakan dalam tahap penataan ruang di bawah ini kecuali . A. Mendekorasi ruang pameran. B. Memajang karya seni rupa yang akan dipamerkan pada tempat yang sesuai. C. Memasang lampu sorot di tempat-tempat yang membutuhkan.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

D. Mengadakan seleksi terhadap karya yang dikumpulkan. 30. Pameran yang memamerkan karya seni satu orang saja disebut pameran . A. Kelompok B. Tunggal C. Heterogen D. Homogen31. Persiapan yang harus dilakukan dalam kegiatan pameran seni rupa di bawah ini, kecuali . A. Publikasi kegiatan, baik melalui siaran radio, spanduk, selebaran, undangan maupun yang lainnya. B. Mengadakan seleksi terhadap karya yang dikumpulkan.

C. Mengatur alur transportasi pengunjung. D. Menyiapkan ruang pameran. 32. Perhatikan gambar berikut! Tempat lukisan seperti pada gambar disebut . A. Tiang lukisan B. Meja lukisan C. Penyangga D. Papan sketsel 33. Tahap ini merupakan tahap puncak dari seluruh kegiatan pameran, kecuali . A. Susunan acara pembukaan. B. Penempatan petugas jaga stan C.

Pengadaan dokumentasi D. Mendekorasi ruang pameran. 34. Panitia yang bertugas membuat poster, katalog, spanduk dan lain-lain adalah . A. seksi acara B. seksi dokumentasi C. seksi publikasi D. seksi perlengkapan 35. Tujuan siswa mengikuti pembelajaran tentang pameran karya seni rupa, siswa diharapkan dapat memahami konsep dan prosedur pameran seni rupa serta dapat melaksanakan pameran karya seni rupa dan tiga dimensi yang dibuat siswa dengan melihat .

A. Karya B. Gambar C. Obyek D. Model 36. Dalam susunan kepanitiaan kegiatan sekolah, kepala sekolah termasuk dalam panitia . A. Pelaksana B. Pengarah C. Pembina D. Perencana 37. Kegiatan yang dilakukan pascapameran berupa . A. Perbaikan B. Perenungan C. Evaluasi D. Refleksi diri 38. Katalog dalam pameranseni rupa mempunyai fungsi penting sebagai .

A. Sarana informasi tentang peserta pameran dan karya yang dipamerkan. B. Memuat informasi tentang harga karya seni rupa yang dipamerkan. C. Berisi tentang profil panitia penyelenggara pameran seni rupa. D. Media berkomunikasi antar pengunjung pameran seni rupa. 39. Penulisan proposal harus seoptimal mungkin karena . A. Proposal sebagai landasan sebuah kegiatan B. Proposal pedoman untuk para panitia dalam melakukan kegiatan C. Proposal sebagai rujukan dalam pengumpulan dana D.

Proposal harus mendapat simpati dan dukungan dari berbagai kalangan 40. Panitia yang bertugas membuat poster, katalog, spanduk dan lain-lain adalah . A. seksi acara B. seksi dokumentasi C. seksi publikasi D. seksi perlengkapan 41.

Penulisan kurasi pameran disebut dengan istilah . A. Kurasor B. Kurasyman C. Kurawa D. Kurator 42. Rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan disebut juga . A. Materi Pameran B. Proposal C. Jadwal kerja D. Agenda kerja 43.

Artikel kurasi sebuah pameran akan dimuat ke dalam . A. Diktat pameran B. Tabloid pameran C. Majalah pameran D. Katalog pameran 44. Tujuan dibuatnya proposal pameran adalah untuk . A. Keberhasilan yang kurang menunjang B. Kepentingan mendapatkan izin kegiatan C. Adanya peserta dalam pameran D. Kebutuhan yang diluar pameran 45. Aktivitas pameran seni rupa murni, desain dan kriya merupakan bagian akhir dari .

A. Pameran umum B. Pameran nasional C. Pameran penunjang D. Pameran sekolah 46. Berikut merupakan pernyataan yang tepat mengenaia pameran seni rupa di sekolah adalah . A. Terbatas hanya diikuti oleh satu orang seniman. B. Upaya untuk memperkenalkan karya seni pertunjukan. C. Tujuan utamanya untuk mendapatkan keuntungan material. D. Media untuk mempublikasikan karya seni rupa agar mendapat apresiasi.

47. Penempatan sumber daya dalam kepanitiaan harus berdasarkan . A. Kecerdasan B. Keaktifan C. Kemauan D. Kemampuan 48. Panitia yang bertugas melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tehnis pelaksanaan dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah dilaksanakan disebut panitia . A. Pengarah B.

Pengawas C. Pelaksana D. Pembina 49. Faktor penting dalam penyelenggaraan pameran agar mendapatkan banyak kunjungan adalah . A. Dekorasi B. Publikasi C. Seleksi karya D. Dana 50. Salah satu fungsi pameran di sekolah antara lain .

A. Sebagai media penampilan jati diri siswa B. Untuk melatih siswa mandiri C. Melatih berorganisasi D. Melatih siswa untuk bekerja sama 51. Tujuan dilihat dari cara kerjanya kurasi pameran adalah agar mudah dipahami oleh . A. Kurator B. Seniman C. Pengunjung pameran D. Tamu undangan 52. Berikut ini adalah kegiatan yang harus dikerjakan dalam tahap penataan ruang, kecuali .

A. Mengadakan seleksi karya. B. Memajang karya seni rupa yang akan dipamerkan. C. Mendekorasi ruangan. D. Memasang meja dan kursi penerima tamu. 53. Intaglio Print dibuat dari dengan cetakan dari bahan.

A. kertas B. kayu C. plastik D. plat alumunium 54. Kegiatan yang digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah karya seni rupa disebut . A. Pameran B. Panitia C. Pertunjukan D. Galery 55. Alat yang digunakan untuk cetak foto adalah. A. kamera B. rubber C. kayu D. printer 56. Sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam mengkomunikasikan sebuah karya seni agar nampak kaya dengan nilai estetis disebut .

A. Manajer B. Panitia C. Wirausahawan D. Pimpinan 57. Kata grfahein berasal dari bahasa yunani, yang artinya. A. menggambar B. membaca C. melihat D. mengamati 58. Kegiatan yang dilakukan pasca pameran berupa .

A. Perbaikan B. Perenungan C. Evaluasi D. Refleksi diri 59. Ada berbagai macam karya seni rupa yang bisa dipamerkan, kecuali . A. Pameran Angklung Dilihat dari cara kerjanya. Pameran Patung C. Pameran Kriya D. Pameran Lukis Seni Budaya - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi seni grafis dalam mata pelajara seni budaya kelas sembilan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru.

Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi seni grafis dalam mata pelajara seni budaya kelas sembilan dilengkapi dengan kunci jawaban. Gambar: freepik.com 1. Karya seni rupa dua dimensi yang dikenal sebagai seni yang berhubungan dengan cetak mencetak disebut seni.

A. Gambar B. Lukis C. Membaca D. Grafis 2. Seni grafis merupakan cabang seni rupa dua dimensi yang menggunakan teknik. A. audio B. cetak C. suara D. air 3.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Empat proses cetak, yaitu cetak datar, tinggi, dalam, dan saring memiliki persamaan yaitu memerlukan banyak peralatan, diantaranya . A. Inspirasi B. Biaya C. Mesin pencetak D. Tenaga 4. Teknik sablon yang sering dijumpai dalam usaha percetakan merupakan bagian dari ilmu seni grafis.

Berikut ini yang bukan termasuk alat sablon adalah . A. rakel B. screen C. tinta D. hair drayer 5. Karya seni rupa dua dimensi yang proses pembuatannya melalui teknik cetak disebut . A. seni dekorasi B. seni grafis C. seni mencetak D. seni lukis 6. Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. A. cetak saring B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 7.

Berikut ini bukan bahan yang diperlukan dalam membuat ragam seni grafis cetak tinggi, yaitu . A. karet B. kayu C. alumunium D. mika film 8. bahan sederhana yang dapat kita buat untuk membuat cetak tinggi ialah. A. bunga B. umbi-umbian C. batang D. daun-daunan 9.

Berikut ini bahan yang diperlukan dalam membuat ragam seni grafis cetak dalam, yaitu . A. karet dan alumunium B. kayu dan besi C. alumunium dan tembaga D. mika film 10. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut merupakan seni grafis cetak. A.

cetak saring B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 11. Seni cetak yang memerlukan alat kain screen adalah . A. cetak saring B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 12.

Kematangan dari sebuah hasil karya seni grafis sebenarnya bisa dinilai dari kualitas stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. teknis sang seniman dan . A. ide yang muncul B. kejayaanya C. banyak uang D. nasib baik 13. hasil karya Seni cetak yang tidak mampu menghasilkan gambar dalam jumlah yang banyak adalah.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

A. cetak saring B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 14. Empat proses cetak, yaitu cetak datar, tinggi, dalam, dan saring memiliki persamaan yaitu memerlukan banyak peralatan, diantaranya . A. uang B. inspirasi C. alat cetak D. tenaga 15. Dalam membuat sablon perlu dibuat film negatif pada kain screen yang disebut dengan istilah.

A. afdruk B. cetak screen C. print D. copy 16. Perhatikan gambar berikut! Gambar di atas termasuk jenis . A. spanduk B. baliho C. poster D. katalog 17. Intaglio adalah istilah yang digunakan untuk. A. cetak saring B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 18. Dalam membuat klise sablon kamu dapat membuat dalam format. A. terbalik B. tegak C. vertikal D. searah 19. Lithografi adalah istilah yang digunakan untuk.

A. cetak saring B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 20. Bahan klise yang diambil langsung dari alam sekitar tanpa perubahan disebut . A. klise kertas B. klise kaca C. klise alami D. klise kain 21. Silkscreen adalah istilah yang digunakan untuk. A. cetak saring/sablon B. cetak tinggi C.

cetak dalam D. cetak datar dilihat dari cara kerjanya. Berikut ini merupakan sikap yang dibutuhkan dalam proses pembuatan karya seni grafis, kecuali . A. ketekunan B.

keberuntungan C. ketelitian D. kesabaran 23. Woodcut adalah istilah yang digunakan untuk. A. cetak saring/sablon B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 24. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut merupakan mesin sablon. A. Manual B. Digital C. Dasar D. Praktis 25. Dalam proses pengolahan zat yang peka cahaya diperlukan sebuah ruangan yang.

A. luas B. kedap suara C. kedap cahaya D. tenang 26. Pada tugas praktik seni grafis siswa-siswi kelas IX.D mengerjakan praktik dengan menggunakan teknik cetak yang memakai klise datar dengan prinsip saling menolak dan mendapatkan antara tinta dan air. Berdasarkan prinsipnya teknik yang digunakan siswa-siswi kelas IX.D pada parktik pembuatan seni grafis ialah . A. Cetak datar B. Cetak tinggi C. Cetak saring D. Cetak dalam 27. Pada dasarnya istilah ‘grafis’ berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti .

A. gambar B. suara C. gerak D. bahasa 28. Istilah berikut ini yang bukan termasuk teknik intaglio print adalah . A. Mezzotint B. Engraving C. Sketsa D. Drypoint 29.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. grafis dibuat pada bidang . A. dimensi B. 3 dimensi C. 2 dimensi D. 10 dimensi 30. Siswa kelas IX.B mempelajari materi berkarya seni grafis, sebelum melakukan kegiatan praktikum mereka harus mengetahui prosedural yang harus dilakukan dalam berkarya seni grafis.

Dalam pembuatan karya seni grafis proses pembuatannya dibagi menjadi dua, yaitu . A. proses pembuatan matriks atau sketsa dan proses pencetakan sebuah karya B.

proses pembuatan cetakan dan proses persiapan pencetakan sebuah karya C. proses persiapan alat cetak dan pembuatan media pencetakan sebuah karya D. proses persiapan media dan proses finishing 31. Dilihat dari cara kerjanya ini merupakan sikap yang dibutuhkan dalam proses pembuatan karya seni grafis, kecuali . A. ketelitian B. ketekunan C. kesabaran D. keberuntungan 32. Berikut ini merupakan sikap yang dibutuhkan dalam proses pembuatan karya seni grafis, kecuali .

A. Ketelitian B. Ketekunan C. Kesabaran D. Keberuntungan 33. Kematangan dari sebuah hasil karya seni grafis sebenarnya bisa dinilai dari kualitas eksplorasi teknis sang seniman dan stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

A. kajayaan B. ide yang dimunculkan C. nasib D. kekayaan 34. Obat afdruk berfungsi untuk memudahkan perpindahan gambar dari klise ke permukaan screen dengan bantuan . A. Sinar matahari B. Pelumar C. air D. pewarna 35. Alat yang digunakan untuk cetak foto adalah. A.

kamera B. rubber C. kayu D. printer 36. Berikut ini yang bukan termasuk alat sablon adalah . A. Rakel B. Hair dryer C. Emulsion D. Screen 37. Aliran seni lukis yang penggambaranya sesuai kemyataan. A. romantisme B. realisme C. surealisme D. abstrak 38. Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. A. Cetak dalam B. Cetak datar C. Cetak tinggi D. Cetak saring 39. Screen, Rakel, Fasdey /Medium cat merupakan alat dan bahan yang digunakan pada proses pembuatan seni grafis dengan teknik ialah .

A. Wood Cut B. Screen printing C. Relif Print D. Etsa 40. Fungsi dari roll pada pembuatan seni grafis cetak tinggi ialah . A. Meratakan cat B. Mencairkan cat C. Mengaduk tinta D. Mencukil kayu 42. Untuk membuat kerajianan seni grafis dengan teknik woodcut hal pertama yang perlu dilakukan ialah membuat cetakannya terlebih dahulu, dan biasanya cetakan terbuat dari kayu.

Kayu yang digunakan harus lah memiliki serat yang hancur dan lunak agar mudah untuk dicukil. Berdasarkan penyataan diiatas berikut jenis kayu yang dimaksud ialah .

A. Kayu ulin B. Kayu jati C. Kayu MDF D. Kayu mahoni 43. Berikut ini yang bukan termasuk jenis teknik cetak dalam seni grafis adalah . A. Cetak dalam B. Cetak luar C. Cetak tinggi D. Cetak datar 44. Yang termasuk alat dan bahan untuk membuat karya cukil kayu adalah .

A. Pisau dapur, amplas, cat, kaca, kertas B. Pisau cukil, kompressor, roll, cat C. Pisau dapur, roll, kompressor, cat D. Pisau cukil, roll, kaca, cat 45. Ragam karya grafis yang proses pembuatannya melalui tahap pembuatan cetakan dari bahan yang dicungkil sehingga permukaan menjadi tinggi dan rendah disebut cetak.

A. Saring B. Datar C. Tinggi D. Dalam 46. Berikut yang merupakan jenis alat yang digunakan untuk membentuk pola/gambar pada acuan cetakan (hardboard) ialah .

A. Cutter B. Pahat C. Pisau cukil D. Palu 47. Berikut ini merupakan alat untuk menggambar kecuali. A. Pensil B. Penggaris C. Penghapus D. Buku Gambar 48. Screen merupakan salah satu alat yang digunakan dalam membuat kesenian grafis dengan teknik cetak saring yang memiliki fungsi.

A. Menekan atau mendorong tinta agar menempel pada media yang akan disablon B. Untuk meratakan tinta pada objek yang akan disablon C. Sebagai media untuk mengantarkan tinta sablon ke objek yang mau di sablon D. Mengupas cat yang ada pada cetakan yang menjadi media untuk menyablon 49. Istilah grafis atau grafika berasal dari kata graphein, sebuah kata yang berarti. A. Menulis B. Melukis C. Menggambar D. Mencetak 50. Merupakan teknik salah satu teknik dari cetak dalam yang dilakukan dengan menggunakan kertas yang di cutting sebagai acuan cetaknya dan dicetak dengan cara memberi warna pada ruangan yang sudah di cutting.

Teknik diatas disebut dengan teknik . A. Woodcut B. Sablon C. Stenlisil D. Cuttingwood 51. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat cetak sablon (saring) adalah.

A. Membuat gambar pada tekstil B. Membuat poster C. Digunakan untuk menjatuhkan sebuah perusahaan D. Membuat perlengkapan kantor 52. Perhatikan gambar berikut! Alat diatas dikenal dengan nama . A. Pisau cukil B. Kape C. Rakel D. Amplas 53. Prinsip kerja teknik cetak datar yaitu menggunakan acuan berupa.

A. Plat yang sudah terdapat bagian BM dan BTM B. Bagian yang tinggi dilumuri dengan tinggi cetak dan alat rol karet C. Objek cetak akan sesuai dengan model atau klise yang terdapat pada screen D. Tinta yang melekat pada kertas dan terbentuklah gambar sesuai dengan cetakan 54.

Dalam pembuatan seni grafis cetak datar dengan teknik stenlisis ada beberapa langkah kerja yang perlu diperhatikan sehingga hasil bisa maksimal. Berikut merupakan langkah yang tidak perlu dilakukan ialah . A. Menggambar pola desain pada kertas kerja B. Melapisi bahan cetak dengan biner C. Memotong kertas hingga membentuk pola D. Menempelkan vernis pada bahan cetak 55. Teknik cetak dalam dapat menggunakan bahan. A. Aluminium, Kertas, dan Tinta B. Tanah liat, Canting, dan Kain C.

Kertas, Crayon, dan Spidol D. Kertas HVS, Cat Air, dan Cutter 56. Berikut yang merupakan pengertian dari seni grafis ialah . A. Cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling atau kasting B. Kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu C.

Cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. D. Jenis karya seni yang dihasilkan dengan memanfaatkan keterampilan tangan manusia dimana karya tersebut memperhatikan nilai keindahan 57. Berikut ini yang bukan merupakan grafikus Indonesia adalah. A. A.D Pirous B. Mochtar Apin C. Suromo Darpo Sawego D. Edi Sunarso 58.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Perhatikan gambar berikut! Alat diatas merupakan alat yang digunakan dalam pembuatan seni grafis cetak . A. Woodcut B. Screen print C. Stenlisil D. Fotografi 59. Karya seni rupa dua dimensi yang proses pembuatannya melalui teknik cetak disebut . A. seni dekorasi B. seni grafis C. seni mencetak D. seni lukis 60. Teknik sablon yang sering dijumpai dalam usaha percetakan merupakan bagian dari ilmu seni grafis.

Berikut ini yang bukan termasuk alat sablon adalah . A. Rakel B. Hair dryer C. Emulsion D. screen
Sanggar Model - Setelah mempelajari materi Seni Grafis, maka tiba saatnya untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar hasilnya dapat memuaskan atau maksimal.

Diantaranya adalah latihan soal. Berikut ini kami sajikan latihan uji kompetensi materi grafis. 1. Seni grafis merupakan cabang seni rupa dua dimensi yang menggunakan teknik.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

• cetak • audio • suara • air 2. Berikut ini yang bukan termasuk jenis karya seni grafis menurut tekniknya adalah . • cetak datar • cetak foto • cetak dalam • cetak luar 3. Selain disebut sebagai cetak saring, sablon juga memiliki istilah lain, yaitu . • wood cut • screen printing • monotye • baner 4.

Teknik sablon yang sering dijumpai dalam usaha percetakan merupakan bagian dari ilmu seni grafis. Berikut ini yang bukan termasuk alat sablon adalah . • rakel • hair dryer • emulsion • screen 5. Bentuk atau jenis intaglio seni grafis dalam penerapannya tetap mengutamakan . • kreativitas • kemampuan • kebebasan • kehebatan 6. Obat afdruk berfungsi untuk memudahkan perpindahan gambar dari klise ke permukaan screen dengan bantuan . • sinar matahari • pelumar • air • pewarna 7.

Sebagai pelajar yang islami, dalam pembuatan karya seni harus mengutamakan prinsip . • etika • ekonomi • modern • kebaratan 8. Pada dasarnya istilah ‘grafis’ berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti . • gambar • suara • gerak • bahasa 9. Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

• cetak bagus • cetak datar • cetak tinggi • cetak saring 10. Istilah berikut ini yang bukan termasuk teknik intaglio print adalah . • Mezzotint • Engraving • sketsa • Drypoint 11. Seni grafis merupakan salah satu media ungkapan perasaan yang berwujud . • audio dan gerakan • audio • gerakan • visual 12.

Seni grafis dibuat pada bidang . • 1 dimensi • 3 dimensi • 2 dimensi • 10 dimensi 13. Seni grafis merupakan salah satu cabang seni yang dilihat dari cara kerjanya banyak ruang . • ekspedisi • eksplorasi • ekstensifikasi • eksploitasi 14. Kematangan dari sebuah hasil karya seni grafis sebenarnya bisa dinilai dari kualitas eksplorasi teknis sang seniman dan . • kajayaan • ide yang dimunculkan • nasib • kekayaan 15. Pada umumnya kendala utama dalam proses seni grafis adalah .

• penghakiman pasar seni yang sangat teratur dan ketat • sulitnya mendapatkan bahan dan alat cetak • kemampuan dan keahlian yang terbatas • keengganan untuk belajar 16.

Empat proses cetak, yaitu cetak datar, tinggi, dalam, dan saring memiliki persamaan yaitu memerlukan banyak peralatan, diantaranya . • inspirasi • biaya • mesin pencetak • tenaga 17.

Proses pembuatan karya seni grafis dibagi menjadi dua, yaitu . • proses pembuatan matriks atau sketsa dan proses pencetakan sebuah karya • proses pembuatan alat dan proses persiapan pencetakan sebuah karya • proses persiapan alat dan pembuatan media pencetakan sebuah karya • proses persiapan media dan proses finishing 18. Seni grafis ada di Indonesia mulai popular digunakan pada masa kolonialisasi . • Inggris • Arab • Belanda • Portugis 19.

Berikut ini merupakan sikap yang dibutuhkan dalam proses pembuatan karya seni grafis, kecuali . • ketelitian • ketekunan • kesabaran • keberuntungan 20. Pada umumnya proses cetak pada seni grafis mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak.

Hal ini tidak berlaku pada jenis cetak. • Monotype • wood engraving • tinggi • saring 21. Gambar atau tulisan yang dibuat dengan cara manual atau di-setting menggunakan komputer sebagai "master" untuk keperluan cetak sablon disebut .

• lukisan • afdruk • gambar • film 22. Istilah lain teknik cetak saring adalah . • cetak tinggi • cetak datar • sablon • cetak rintang 23. Perhatikan gambar di samping! Gambar tersebut merupakan contoh karya seni . • kriya • ukir • grafis • pahat 24. Langkah pertama dalam penyelenggaraan pameran di kelas adalah . • publikasi • mencari dana • membentuk panitia • menyusun karya 25. Pernyataan yang kurang tepat tentang manfaat pameran bagi peserta didik adalah .

• stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. untuk meningkatkan ekspresi dan apresiasi seni • media belajar berorganisasi dan bekerjasama • media untuk mendapatkan popularitas • memotivasi untuk berkarya lebih baik 26.

Agar terlaksana dengan baik, penyelenggaraan pameran harus dilakukan secara . • suka rela • otomatis dilihat dari cara kerjanya berulang • terorganisir 27. Papan peraga dalam pameran disebut dengan . • folder • panel • map • dashboard 28. Alat penopang untuk menyimpan benda tiga dimensi pada pameran adalah standar . • pocket • nasional • display • tripod 29. Buku yang memuat nama pelukis dan lukisan yang berisi informasi pada pameran, yaitu .

• tamu • katalis • karagounis • katalog 30. Orang yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pameran adalah . • wali kelas • pemimpin upacara • ketua panitia • kepala sekolah 31. Salah satu tujuan diadakannya pameran terbuka adalah untuk mengomunikasikan karya kepada . • orang tua • pengusaha • khalayak umum • artis 32.

Tujuan utama diadakan pameran karya seni di madrasah atau sekolah adalah . • mendapatkan keuntungan materi • media berekspresi dan apresiasi • menciptakan suasana persaingan • media latihan bekerja 33. Berikut merupakan bentuk karya yang menjadi materi pameran seni rupa, kecuali .

• foto • lukisan • patung • musik 34. Tempat yang digunakan untuk menyimpan hasil kebudayaan fisik dinamakan . • museum • kantor • rumah • sanggar 35. Panitia yang bertugas sebagai pelaksana kegiatan pamera seni adalah. • steering committee • pelindung • Penasihat • organizing committee 36. Bagian yang bertugas untuk menangani masalah administrasi pameran, yaitu .

• kepala sekolah • guru seni budaya • bendahara • sekretaris 37. Pameran yang dilaksanakan dengan tujuan tertentu tanpa terikat oleh rutinitas disebut . • pameran rutin • pameran permanen • pameran insidental • pameran eksklusif 38. Jenis pameran yang menampilkan karya seni dari satu cabang seni saja disebut pameran . • tunggal • heterogen • homogen • kelompok 39. Unsur kepanitiaan yang bertugas menjaga pelaksanaan pameran adalah .

• seksi dokumentasi • seksi acara • seksi keamanan • sekretaris 40. Seksi yang mempunyai tugas untuk memajang atau mengatur karya yang akan dipamerkan disebut seksi . • display • umum • ketua • warga sentralsoal.com - Selamat datang di sentral soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal terbaru seni grafis dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran seni budaya kelas 9 revisi.

Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi contoh soal terbaru seni grafis dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran seni budaya. Gambar: pixabay.com 1. Seni grafis merupakan karya seni dua dwimatra yang dibuat dengan tujuan mencurahkan ide atau gagasan seseorang dengan menggunakan teknik . A. lipat B. cap C. ukir D. cetak 2.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

CorelDRAW adalah . A. Aplikasi Editor grafik vector B. Aplikasi Browser Internet C. Aplikasi Membuat animasi Flash D. Aplikasi Membuat Program 3.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Istilah grafis berasal dari kata graphein yang berarti menggambar atau menulis dari bahasa . A. Latin B. Inggris C. Yunani D. Perancis 4. Tombol pada keyboard untuk membuat grafik baru pada corelDRAW adalah. A. Ctrl+N B. Ctrl+X C. Ctrl+Z D. Ctrl+R 5. Seni grafis dibuat diatas permukaan yang disebut dengan plat sebagai medianya. Berikut ini yang bukan merupakan media untuk bahan plat adalah . A. papan kayu kayu B. lembaran kaca akrilik C. batu litografi D. kertas 6.

Bagaimana cara mengexport gambar corelDRAW . A. File ? Save B. File ? Export C. File ? Print D. File ? Exit 7. Pada metode seni grafis cetak saring (screen- printing) bahan yang digunakan adalah . A. lembaran kain berpori B. papan kayu C. kertas D. lembaran kaca akrilik 8. Rectangle Tool berfungsi untuk.

A. Membuat persegi atau persegi panjang B. Membuat lingkaran atau Elips C. Membuat segitiga atau segibanyak D. Membuat gambar spiral 9. Pada zaman modern, kegiatan mencetak atau memproduksi gambar atau tulisan secara massal disebut .

A. cetak B. offset C. sablon D. printing 10. Sementara Elipse Tool berfungsi untuk. A. Membuat gambar spiral B. Membuat lingkaran atau elips C. Membuat gambar 3D D.

Membuat persegi atau persegi panjang 11. Tokoh seni grafis pada era 1950-an dengan karya teknik cukil kayu dan karya poster perjuangan adalah . A. Suromo B. Affandi C. Raden saleh D. Basoeki Abdullah 12.

Tombol pada keyboard untuk mengexport gambar adalah menekan. A. Ctrl+Z B. Ctrl+E C. Ctrl+R D. Ctrl+N 13. Salah satu jenis seni grafis berdasarkan pembuatannya adalah jenis teknik cetak tinggi. Prinsip yang digunakan pada teknik cetak tinggi adalah .

A. Cetak menggunakan klise dalam, sehingga bagian dalam menyerap tinta dan akan membekas pada kertas B. Klise atau alat cetak yang akan menghasilkan gambar adalah dari bagian yang menonjol C.

Klise yang digunakan adalah klise datar dengan sistem saling menolak dan menerima antara tinta dan air D. Sistem proses menggunakan layar dengan kerapatan layar tertentu 14. Alat yang digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistic adalah . A. Shape Tool B. Pen Tool A. Artistic media tool D.

Zoom Tool 15. Contoh produk yang dihasilkan dalam teknik cetak tinggi adalah . A. etsa B. mezzo tint C. drypoint D. stempel 16. Dimension Tool adalah alat untuk. A. Membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya B. Membuat garis artistic C. Membuat kurva D. Membuat Tabel 17. Perhatikan proses jenis cetak berikut ini!

(1) cetak dibuat dengan bahan cetakan dari aluminium atau kuningan yang permukaannya ditoreh (2) tinta dituangkan, diratakan atau di rolkan pada bagian tersebut (3) kertas diletakkan diatasnya (4) tinta akan melekat pada kertas dilihat dari cara kerjanya terbentuk gambar atau tulisan sesuai dengan yang diharapkan Jenis proses cetak pada langkah- langkah diatas adalah . A. cetak tinggi B. cetak dalam C.

cetak datar D. cetak saring 18. Alat yang digunakan untuk menarik, memindahkan objek adalah. A. Envelope Tool B. Berzier Tool C. Pick Tool D. Eraser Tool 19. Jenis cetak dimana tekniknya menggunakan klise datar yang prinsipnya saling menolak dan menerima antara tinta dan air disebut teknik . A. cetak tinggi B. cetak dalam C. cetak datar D. cetak saring 20. Ctrl+Z adalah shortcut pada keyboard untuk. A.

Mengulangi langkah sebelumnya B. Save grafik CorelDRAW C. Membuka lembar baru D. Membuat gambar 3D 21. Pada teknik fotografi yang mencetak foto hasil jepretan kamera, teknik yang digunakan adalah jenis cetak . A. cetak tinggi B. cetak dalam C. cetak datar D. cetak saring 22.

Sementara Ctrl+D adalah shortcut pada keyboard untuk. A. Memotong gambar B. Menyatukan gambar C. Memisahkan gambar D. Menduplikat gambar 23. Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan pada teknik cetak foto, kecuali . A. bahan film B. kertas minyak C. kertas foto D. bahan cuci film 24. Table tool digunakan untuk . A. Membuat Segitiga B. Membuat Tabel C. Membuat Lingkaran D. Mewarnai Grafis 25. Sablon atau senigrafi merupakan pemanfaatan proses cetak . A. tinggi B. datar C. dalam D`.

saring 26. Polygon Tool digunakan untuk . A. Membuat Lingkaran B. Mewarnai Grafik C. Membuat Tabel D. Membuat Segi banyak 27. Perhatikan media di bawah ini! (1) kerangka screen (2) kertas kalkir (3) pelapis (4) plat cetak (5) rakel (6) meja cetak Bahan-bahan untuk proses cetak saring ditunjukkan oleh nomor . A. (1), (2), (3) B. (1), (3), (5) C. (2), (3), (6) D.

(3), (4), (6) 28. Freehand tool adalah. A. Alat yang digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan B. Alat yang digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan C. Alat yang digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik D. Alat yang pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool 29.

Seni grafis merupakan cabang seni rupa dua dimensi yang menggunakan teknik. A. audio B. cetak C. suara D. air 30. F8 adalah shortcut pada keyboard untuk memunculkan . A. Berzier Tool B. Shape Tool C. Freehand Tool D. Text Tool dilihat dari cara kerjanya. Teknik sablon yang sering dijumpai dalam usaha percetakan merupakan bagian dari ilmu seni grafis. Berikut ini yang bukan termasuk alat sablon adalah . A. rakel B. screen C. tinta D. hair drayer 32.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Berikul ini adalah menu yang terdapat di aplikasi corel draw, kecuali. A. File B. View C. Mailing D. Window 33. Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik [.] cetak bagus cetak datar cetak tinggi cetak saring A. cetak saring B. cetak tinggi C. cetak dalam D. cetak datar 34. Untuk mengubah huruf text pada corelDRAW adalah menggunakan.

A. Font B. Size C. Zoom D. Copy 35. Bahan sederhana yang dapat kita buat untuk membuat cetak tinggi ialah. A. bunga B. umbi-umbian C. batang D. daun-daunan stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. Untuk membuat background bisa dipilih dari menu. A. Layout B. File C. Page Setup D. Arrange 37. Kematangan dari sebuah hasil karya seni grafis sebenarnya bisa dinilai dari kualitas eksplorasi teknis sang seniman dan . A. ide yang muncul B. kejayaanya C. banyak uang D.

nasib baik 38. Alat yang digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya adalah . A. Eyedropper Tool B. Table Tool C. Basic shapes D. Dimension tool 39. Empat proses cetak, yaitu cetak datar, tinggi, dalam, dan saring memiliki persamaan yaitu memerlukan banyak peralatan, diantaranya . A. uang B. inspirasi C. alat cetak D. tenaga 40. Contour digunakan untuk . A. Membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks B. Membuat efek bayangan dari objek gambar/teks C.

Menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya D. Menghilangkan efek 3D dari objek gambar 41.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Dalam membuat klise sablon kamu dapat membuat dalam format. A. terbalik B. tegak C. vertikal D. searah 42. Kategori desain grafis berikut ini yang lmemuat desain buku, majalah, leaflet dan publisitas sejenis adalah . A. Web desain B. Printing C. Identifikasi D. Desain produk 43. Bahan klise yang diambil langsung dari alam sekitar tanpa perubahan disebut . A. klise kertas B. klise kaca C. klise alami D. klise kain 44. Berikut ini yang bukan prinsip-prinsip dari sebuah desain grafis adalah .

A. Ritme B. Tekanan C. Irama D. Kesatuan 45. Berikut ini merupakan sikap yang dibutuhkan dalam proses pembuatan karya seni grafis, kecuali . A. ketekunan B. keberuntungan C. ketelitian D. kesabaran 46. Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri, merupakan pengertian desain grafis menurut .

A. Jessica Helfand B. Danton Sihombing C. Blanchard D. Suyanto 47. Istilah berikut ini yang bukan termasuk teknik intaglio print adalah .

A. Mezzotint B. Engraving C. Sketsa D. Drypoint 48. Penyusun foto yang memiliki kerapatan dan warnna tertentu disebut .

A. Image B. Pixel C. Vektor D. Raster 49. Stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. afdruk berfungsi untuk memudahkan perpindahan gambar dari klise ke permukaan screen dengan bantuan . A. Sinar matahari B. Pelumar C. Air D. Pewarna 50. Image vector banyak digunakan untuk gambar-gambar .

A. Manusia B. Pemandangan C Kartun D. Tanaman 51. Berikut ini yang bukan termasuk alat sablon adalah . A. Rakel B. Hair dryer C. Emulsion D. Screen 52. Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua, yaitu . A. Bitmap dan Vektor B. Doc dan exl C. Pixcel dan titik D. Wma dan docx 53. Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

A. Cetak dalam B. Cetak datar C. Cetak tinggi D. Cetak saring 54. Titik-titik penyusun image bitmap dikenal dengan istilah . A. Tiff B. JPEG C. Pixel D. Gif 55. Perhatikan urutan proses berikut!

(1) memindahkan ke plat meratakan dan di toreh (2) membuat sketsa (3) meratakan dengan alat (4) buka pelan- pelan sambil melihat perataan warna (5) proses memberi tinta (6) hasil jadi sebuah karya seni cetak tinggi Urutan yang benar proses cetak tinggi adalah .

A. (2)-(1)-(5)-(3)-(4)-(6) B. (2)-(1)-(3)-(5)-(4)-(6) C. (2)-(3)-(5)-(1)-(4)-(6) D. (2)-(4)-(5)-(3)-(1)-(6) 56. Secara teknis bitmap disebut juga dengan . A. Raster B. Simentris C. Gradient D. Grafir 57. Screen, Rakel, Fasdey /Medium cat merupakan alat dan bahan yang digunakan pada proses pembuatan seni grafis dengan teknik ialah . A. Wood Cut B. Screen printing C. Relif Print D. Etsa 58. Jenis image yang disusun tidak dari pixel-pixel, namun dari objek garis dan kurva dengan .

A. Vektor B. Tiff C. Jpeg D. Pixel 59. Alat untuk meratakan tinta di dilihat dari cara kerjanya pada proses cetak saring disebut . A. kerangka screen B. rakel C. emulsi D. pelapis 60. Format file yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis dan ketika ingin mencetak gambar adalah .

A. BMP B. EPS C. GIF D. JPG 61. Tahapan awal yang dilakukan dalam proses afdruk atau pengeksposan adalah . A. pengeringan B. pembuatan klise C. penyinaran screen ke panas matahari D. pelapisan 62. Jenis image yang disusun pixel-pixel, dan ketika diperbesar, kualitas gambar akan rusak, bersifat resolution dependent, merupakan grafis denagn basis . A. Vector B.

Jpeg C. Pixel D. Bitmap 63. Proses memindahkan gambar berupa selembaran kertas yang akan menjadi model atau desain ke screen dengan bantuan bahan emulsi sablon disebut proses . A. pengeksposan B. pengeringan C. pencetakan D. pembuatan 64. Aplikasi yang digunakan untuk pembuatan brosur, pamphlet, booklet adalah . A. Macromedia Freehand B. Adobe Photoshop C. Macromedia D. Adobe After Effect 65. Bahan yang tidak digunakan pada proses pembuatan klise (negative film) adalah . A. kertas kalkir B.

kertas minyak C. film D. mika film 67. Berikut ini yang merupakan software yang mengolah desain grafis berbasis vector adalah . A. Windows B. Corep Photo Paint C. Macromedia Freehand D. CorelDraw 68. Monyl atau kain berserat pada proses cetak sablon berfungsi sebagai . A. alas tempat melakukan penyablonan B. sarana membentuk gambar atau tulisan pada benda yang akan disablon C.

menyerap tinta yang berlebihan D. meratakan tinta di screen 69. Format file berikut yang merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet adalah . A. JPG B. JPEG C. GIF D. EPS 70. Fungsi stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

roll pada pembuatan seni grafis cetak tinggi ialah . A. Meratakan cat B. Mencairkan cat C. Mengaduk tinta D. Mencukil kayu
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1.

dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

Seni grafis merupakan cabang seni rupa dua dimensi yang menggunakan teknik… A. cetak B. audio C. suara D. sablon 2. Berikut ini yang bukan termasuk jenis karya seni grafis menurut tekniknya adalah… A. cetak luar B. cetak datar C. cetak dalam D. cetak tinggi 3. Dilihat dari cara kerjanya, stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik… A. cetak datar B. cetak tinggi C. cetak saring D. cetak bagus 4. Proses cetak dalam seni grafis yang menggunakan klise sehingga hasilnya menjeluk/dalam disebut cetak… A.

datar B. saring C. dalam D. tinggi 5. Pernyataan yang kurang tepat tentang manfaat pameran bagi peserta didik adalah… A. media untuk meningkatkan ekspresi dan apresiasi seni B. media belajar berorganisasi dan bekerja sama C. media untuk mendapatkan popularitas D. ajang bertukar pikiran 6. Tujuan utama diadakan pameran karya seni di sekolah adalah… A.

mendapatkan keuntungan materi B. media berekspresi dan apresiasi C. menciptakan suasana persaingan D. media latihan bekerja 7. Jenis pameran yang menampilkan karya seni dari satu cabang seni saja stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik.

pameran… A. tunggal B. heterogen C. homogen D. Kelompok 8. Pameran yang hanya menampilkan karya seorang seniman disebut… A. pameran tunggal C. pameran kelompok B. pameran insidental D.

pameran homogen 9. Corak seni lukis dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu…. A. tradisional,modern, dan postmodern C. primitif, klasik, dan kontemporer B. refresentatif, deformatif, dan abstrak D. realis, dekoratif, dan abstrak 10. Corak patung deformatif adalah gaya patung yang perwujudan bentuknya didasarkan dari bentuk alami, namun terdapat perubahan-perubahan… A.

bentuk C. buatan B. alami D. gagasan 11. Selain butsir, meja putar, pahat, dan palu, alat yang juga dapat digunakan untuk pembuatan karya patung adalah… A. cetakan C. gergaji B. ketam D. pisau 12. Penyajian musik secara bersama-sama dengan alat musik tertentu dan diaransemen secara sederhana disebut… A. paduan suara B. konser C. orkes D. ansambel 13. Musik dangdut adalah jenis musik yang tidak termasuk ke dalam jenis musik tradisional nusantara karena… A. dipengaruhi oleh jenis musik dari Eropa B.

musik tersebut berasal dari India C. Tidak mencerminkan budaya asli bangsa Indonesia D. musik tersebut turunan dari musik melayu 14. Suatu pertunjukkan musik yang menggunakan alat musik tidak sejenis yang dimainkan secara bersam-sama disebut… A. ansambel petik B. ansambel sejenis C. ansambel campuran D. ansambel tiup 15. Pertunjukkan alat musik Angklung termasuk ke dalam jenis musik ansambel… A.

opera B. campuran C. orchestra D. Sejenis 16. Musik yang digemari masyarakat secara luas dari segala usia disebut… A. musik klasik B. musik tradisi C. musik popular D. Musik Etnik 17. Terdapat berbagai genre musik popular, diantaranya jaz, blues, rhythm and blues, punk, rock, metal, musik elektronik, ska, reggae, dub, hip hop/rap, balada, county, dan pop.

Genre musik popular yang gaya menyanyinya seperti orang berbicara secara cepat disebut… A. rock B. metal C. rap D. blade 18. Penyajian musik atau lagu secara vokal tanpa iringan instrument musik sering disebut… A. acappella B. instrumentalia C. Koor D. Solo 19. Salah satu tujuan penciptaan pola lantai karya tari yaitu… A.

memperindah karya tari C. mengetahui nama-nama calon penari B. meminimalkan jumlah penari D. memudahkan penari melakukan penghayatan 20. Eksplorasi pola lantai dalam latihan menari bertujuan… A. agar menari mampu membuat pola lantai yang bervariasi serta sesuai dengan tari yang dibawakan B.

agar penari memperoleh ide dalam menentukan busana tari yang sesuai C. agar penari memperoleh kemudahan dalam melakukan komunikasi dengan penonton D. agar penari dapat membawakan tari sesuai dengan iringan musik 21. Berikut ini yang benar mengenai tari berpasangan adalah… A.

bentuk karya tari yang ditarikan oleh dua orang penari stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. bergantian B. bentuk karya tari yang dapat ditarikan seorang diri maupun ditarikan berpasangan C.

bentuk karya tari yang khusus menceritakan pemuda dan pemudi yang dilanda kasmaran D. bentuk karaya tari yang diciptakan untuk diperagakan secara berpasangan oleh dua penari 22. Orang yang mencipta, mengubah, menata dan menyusun gerak tari disebut… A.

Produser B. Sutradara C. Koreografer D. Manager 23. Dalam menggambar terdapat jenis komposisi yaitu… A. Simetris C. Proporsi dan Komposisi B. Asimetris D. Simetris dan Asimetris 24. Menggambar dengan objek di bagian kanan tidak sama / mirip dengan objek di kiri bidang gambar tetapi terkesan menunjukkan keseimbangan disebut komposisi… A. Simetris C. Asimetris dan Simetris B. Asimetris D. Balance 25. Gambar di samping merupakan jenis ragam hias… A.

Figurative C. Fauna B. Geometris D. Flora 26. Di bawah ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip dalam menggambar yang harus diperhatikan adalah … A. Tekstur B. Komposisi C. Keseimbangan D. Proporsi 27. Pernapasan yang paling optimal dalam bernyanyi menggunakan pernapasan… A. Diafragma B. Dada C. Perut D. Mulut 28. Lagu Angin Mamiri berasal dari… A.

Jawa Barat B. Sulawesi Selatan C. Sulawesi Utara D. Sumatera Utara 29. Tinggi rendahnya suara atau bunyi disebut… A. Nada B. Melodi C. Not D. Irama 30. Menyanyi unisono merupakan cara bernyanyi secara berkelompok dengan… A. satu suara B. dua suara C. tiga suara D. empat suara 31. Rangkaian dari beberapa nada atau sejumlah nada menurut tinggi rendahnya yang berbunyi atau dibunyikan secara berurutan dinamakan… A. ritme B. irama C. birama D. melodi 32. Di dalam gerak tari terdapat elemen penting, yaitu… A.

energi B. ruang C. praktik D. latihan 33. Perhatikan ciri-ciri di bawah ini! 1). Berisi kalimat yang singkat, jelas dan mudah dipahami pembaca 2). Meggunakan unsur warna yang mencolok agar menarik perhatian 3). Sifat menarik perhatian mata sehingga berbagai tokoh dan karakter dapat menarik perhatian pembaca 4). Mempunyai unsur gambar yang menarik Yang termasuk ciri-ciri poster adalah. A. 1, 2, 4 C. 2, 3, 4 B.

1, 2, 3 D. 3, 4, 1 34. Perhatikan gambar poster berikut ini! Manakah yang termasuk poster pendidikan. A. (1) C. (3) B. (2) D. (4) 35. Definisi komik sebenarnya adalah…. A. Gambar yang disusun berurutan dan saling berhubungan B. Gambar acak tetapi berilustrasi C. Karangan dengan gambar anak D. Seni grafis pada dinding dan kertas 36. Lagu daerah adalah lagu berasal dari gagasan budaya daerah dan di Indonesia sangat beragam yang masing-masing daerah memiliki.

A. Pakemnya masing-masing B. Nama masing-masing C. Ciri khas daerahnya D. Keberadaan tiap-tiap daerahnya 37. Salah satu teknik bernyanyi yang mengatur tentang pengucapan kata yang baik dan jelas adalah. A. Intonasi C. Resonansi B. Frasering D. Artikulasi 38. Berikut ini alat musik yang berasal dari daerah Banyumas adalah.

A. Tifa dan Seruling B. Baron dan Sasando C. Lesung dan Angklung D. Kentongan dan Gamelan 39. Perhatikan alat-alat musik di bawah ini! 1). Rebana 3).

Angklung 2). Sasando 4). Kecapi Alat musik yang caranya dipetik ditunjukkan oleh angka. A. 1) dan 4) C. 1) dan 3) B. 2) dan 4) D. 2) dan 3) 40. Pola atau daerah yang dilakukan seseorang penari dengan perpindahan, pergerakan dan pergeseran posisi dalam sebuah ruang untuk menari disebut.

A. Pola lantai C. Penguasaan Panggung B. Blocking D. Space 41. Untuk penataan rias panggung tertutup dianjurkan agar tata rias. A. Lebih tegas dan jelas garis-garisnya B. Tidak terlalu tegas dan tebal C. Tebal tetapi tidak memperhatikan garis-garisnya D. Menipiskan garis-garisnya 42.

Berikut ini adalah contoh tarian berasal dari Bali yang dilakukan secara serentak dan menghentak yaitu. A. Tari Barongsai B. Tari Kecak C. Tari Topeng D. Tari Ketawang 43. Menggambar flora, fauna dan alam benda sama halnya dengan menggambar bentuk yang objeknya.

A. Tumbuhan, binatang, dan manusia B. Binatang, tumbuhan, dan benda geometris C. Benda kubistis dan silindris D. Tumbuhan, binatang dan benda 44. Seorang siswa menggambar dengan menggunakan cat air yang kental. Teknik menggambar yang dilakukan oleh siswa tersebut disebut teknik. A. Pointilis C. Plakat B. Arsir D. Aquarel 45. Bahan buatan untuk pewarna. antara lain napthol, indigosol, procion, dan rapid.

A. Kaca C. Tripleks B. Tekstil D. Keramik 46. Istilah unisono berasal dari kata uni yang berarti menyatu atau sama dan sono berarti. A. Pitch C. Harmoni B. Irama Stempel merupakan contoh alat seni grafis yang termasuk dalam jenis teknik. Suara atau nada 47. Bernyanyi banyak suara dengan teknik kanon adalah.

A. Bernyanyi dengan teknik susul menyusul B. Bernyanyi dengan diiringi instrumen C. Bernyanyi tanpa iringan instrumen D. Bernyanyi dengan paduan suara 48. Tingkatan jangkauan gerak yang telah ditentukan dan disesuaikan dengan aturan gerak tari disebut.

A. Dinamika C. Fokus B. Tempo D. Level 49. Pengertian yang benar mengenai eksplorasi pola lantai, yaitu.

A. Mencari atau menjajaki pola lantai yang sesuai dengan karaya tari dengan cara memperagakan berbagai bentuk B. Mencari atau menjajaki pola lantai yang sudah pernah dibuat oleh penari lain C. Meniru dan memperagakan pola lantai yang pernah dibuat oleh koreografer ternama D. Membuat pola lantai sesuai arahan dan anjuran pelatih tari 50. Kegiatan mempertunjukkan karya seni tari kepada orang lain disebut… A.

Pameran C. Konser B. Pergelaran D. Pentas
Teknik seni grafis yang dilakukan dengan menggunakan stempel adalah (C) cetak tinggi. Pembahasan Seni grafis adalah bentuk karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan teknik cetak untuk proses pembuatannya.

Suatu karya seni grafis, bisa memiliki teks dan juga gambar. Berdasarkan teknik pembuatannya, teknik seni grafis bisa dibedakan menjadi: • Cetak tinggi: teknik dalam pembuatan karya seni grafis yang menggunakan klise dengan bagian-bagian yang menonjol.

Bagian dari klise yang menonjol inilah yang diberikan tinta sehingga ketika klise ditempelkan ke sebuah permukaan maka tinta akan berbentuk sesuai dengan bagian yang menonjol tersebut. Contoh dari penggunaan cetak tinggi ini adalah stempel. • Cetak dalam: teknik dalam pembuatan karya seni grafis yang secara sederhana merupakan kebalikan dari cetak tinggi. Jadi, apabila cetak tinggi menggunakan bagian yang menonjol dari klise, teknik cetak dalam ini menggunakan bagian yang menjorok ke dalam dari klise.

Contoh dari pengunaan cetak dalam ini adalah mezzo tint. • Cetak datar: teknik dalam pembuatan karya seni grafis yang menggunakan klise yang datar. Klise yang biasa digunakan dalam penerapan tekniik cetak datar ini adalah batu cadas, logam, atau seng. Contoh dari penggunaan cetak datar ini adalah litografi. • Cetak saring: teknik dalam pembuatan karya seni grafis yang menggunakan kain sebagai media pencetakannya. Teknik cetak saring ini adalah teknik yang sering digunakan dalam sablon dan juga seni grafis.

Contoh penerapan cetak saring ini adalah penerapan logo pada kaus. Pelajari lebih lanjut Materi tentang teknik seni grafis brainly.co.id/tugas/31789239 Materi tentang pengertian seni grafis brainly.co.id/tugas/9690823 Materi tentang unsur desain grafis brainly.co.id/tugas/22354199 Detail jawaban Kelas: 9 Mapel: Seni Budaya Dilihat dari cara kerjanya 9 - Seni Grafis Kode: 9.19.9 #TingkatkanPrestasimu

Wow!!!sangat mudah dan cepat cara membuat stempel kayu




2022 www.videocon.com