Apa logo itu

apa logo itu apa logo itu

Setiap perusahaan baik perusahaan skala besar, menengah, ataupun skala kecil pasti membutuhkan company profile ( compro). Apa itu company profile? Company profile adalah sebuah bentuk perkenalan profesional dari sebuah bisnis dengan tujuan utama untuk menginformasikan kepada orang-orang mengenai keberadaan bisnis tersebut serta menawarkan produk atau jasa.

Fungsi Company Profile Photo doc: dwerrywood.com Sebuah perusahaan yang benar-benar serius dengan usaha yang mereka jalankan pasti akan membuat compro dengan sebaik-baiknya. Hal ini merupakan salah satu bentuk keseriusan mereka dalam menjalankan usaha karena apa logo itu mengetahui banyak fungsi dari compro yang akan membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Untuk memberikan Gambaran Umum mengenai Perusahaan Company profile merupakan tempat dimana perusahaan berbagi cerita tentang apa dan siapa mereka, sejarah berdirinya perusahaan tersebut, visi dan misi yang mereka usung, serta tentu saja produk/jasa yang mereka tawarkan untuk masyarakat seperti milik salah satu website pendidikan pastiguna.com. Sebagai Media Branding dan Publikasi Photo doc: infobisnisperusahaan.blogspot.com Company profile merupakan sumber media informasi bagi calon konsumen.

Informasi yang ada mampu menawarkan produk/jasa perusahaan tersebut. Membuat isi, hendaknya berdasarkan sudut pandang para pembaca dan menyesuaikan dengan target pasar.

Sebagai Alat Pemasaran Jika menulis deskripsi dengan baik mampu menarik perhatian target konsumen sehingga mereka mau mengenal lebih jauh perusahaan serta produk/jasa yang ditawarkan dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis itu sendiri. Fungsi company profile sebagai alat pemasaran juga diperkuat dengan kemampuannya untuk meningkatkan nilai positif dari perusahaan tersebut bila dibandingkan apa logo itu kompetitornya dengan cara memasukkan kelebihan, kapasitas, dan kualitas yang dimiliki oleh perusahaan.

Untuk bisa memenuhi semua fungsi tersebut, maka desain company profile yang keren menjadi sebuah keharusan, terlepas dari apakah company profile tersebut hadir dalam bentuk cetak berupa buku atau brosur, ataupun bentuk digital pada website perusahaan.

Isi dan Susunan Company Profile Melihat pentingnya sebuah jasa desain company profile berdikari media, maka tidak heran bila proses pembuatannya harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Salah satu aspek yang perlu diketahui dalam cara buat profile company adalah isi dan susunan company profile itu sendiri. Sebuah company profile hendaknya menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan perusahaan dalam susunan sebagai berikut: Cover Depan (wajib) Cover depan berisi nama dan logo perusahaan.

Tanpa cover, para pembaca tidak akan mengetahui tentang identitas awal dari perusahaan itu sendiri. Sangat disarankan untuk membuat desain cover company profile yang menarik untuk menggelitik rasa penasaran para pembaca.

Kata Pengantar(opsional) Bila Anda memilih untuk menggunakan kata pengantar, disarankan untuk membuat kata pengantar yang singkat dan tidak bertele-tele yang justru akan terlihat sangat membosankan. Tentang Kami/Sejarah Perusahaan/About Us (wajib) Bagian ini berisikan informasi dasar mengenai perusahaan mulai dari tahun berdiri, para pendiri, latar belakang pendirian perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan berbagai informasi lainnya. Informasi ini perlu ditampilkan dalam sebuah company profile untuk memperkaya informasi bagi para konsumen.

Visi dan Misi Perusahaan (wajib) Visi memberikan gambaran kepada para klien mengenai cita-cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Di sisi lain, misi memberikan informasi berupa upaya yang telah dan akan terus dilakukan untuk dapat meraih visi tadi. Anggota Tim (opsional) Bagian ini berisikan informasi mengenai siapa-siapa saja yang apa logo itu peranan dalam perusahaan.

Selain nama dan jabatan, jabarkan juga kualifikasi dan tanggung jawab dari masing-masing orang sehingga calon klien akan mengetahui dengan siapa mereka harus berurusan nantinya. Produk/Jasa Perusahaan (wajib) Kebanyakan klien atau calon konsumen akan berfokus pada bagian ini. Produk/jasa seperti apa yang ditawarkan perusahaan?

Bila memungkinkan, berikan rincian mengenai produk/jasa tersebut lengkap dengan foto atau gambar. Bila produk/jasa yang ditawarkan tergolong banyak, cukup berikan gambaran umum mengenai produk/jasa tersebut. Jika Anda memiliki bisnis yang menawarkan produk fisik, digital atau jasa Anda bisa membuat website untuk memasarkan produk Anda apa logo itu dengan mudah.

Salah satunya cara membuat website jualan produk dengan mudah adalah dengan menggunakan Cepatlakoo. Cepatlakoo adalah sebuah template website toko online berbasiskan WordPress yang memungkinkan Anda membangun website jualan dengan cepat. Kelebihan/Mengapa Memilih Kami (wajib) Photo doc: slideshare.com Tonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan. Apa hal-hal yang membuat calon klien dan konsumen tertarik untuk menggunakan produk/jasa tersebut? Apakah karena adanya jaminan kualitas produk?

Apakah karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang pertama kali memproduksi produk seperti itu? Ataukah karena perusahaan tersebut menggunakan teknologi ramah lingkungan, dan seterusnya! Pengalaman Perusahaan/Daftar Klien (opsional namun penting) Pengalaman seperti apa saja yang dimiliki oleh perusahaan? Apakah perusahaan tersebut pernah bekerja sama dengan klien-klien besar? Jika ya, tampilkan nama-nama klien tersebut untuk membangun reputasi dan kepercayaan dari calon klien lainnya.

Galeri Foto (opsional) Tambahkan foto-foto yang menggambarkan perusahaan mulai dari foto perusahaan, foto kegiatan produksi, foto kegiatan karyawan, hingga foto CSR. Testimoni (opsional) Testimoni yang disajikan dengan tepat akan menjadi salah satu daya tarik bagi calon klien dan konsumen.

Namun perlu diingat apa logo itu hanya menampilkan testimoni dari orang-orang yang memiliki pengaruh penting dalam perusahaan mereka, orang-orang yang populer, serta orang-orang yang memiliki karakteristik yang serupa dengan target pasar. Cover Belakang dan Kontak Informasi (wajib) Pada bagian cover belakang, cantumkan kontak informasi yang dimiliki perusahaan mulai dari alamat, nomor telepon, email, serta berbagai akun media sosial perusahaan yang dapat dihubungi oleh calon klien dan konsumen.

Informasi Tambahan Informasi tambahan ini diberikan untuk melengkapi informasi yang telah diberikan sebelumnya misalnya saja sertifikasi ISO, legalitas perusahaan, struktur perusahaan, dan lain sebagainya. Ciri-ciri Company Profile yang Baik Salah satu hal yang perlu diketahui dalam cara buat company profile yang baik adalah memastikan bahwa profile tersebut memiliki ciri-ciri berupa: • Desain company profile harus terlihat menarik, elegan, dan profesional.

Pergunakan warna yang sesuai dengan logo perusahaan untuk memperkuat upaya branding. • Isi dan susunan company profile terlihat jelas, rapi, singkat, dan jelas. Untuk pembuatan dan penulisan company profile itu sendiri bisa diserahkan pada para profesional yang telah memiliki pengalaman dalam bidang ini. • Wajib mencantumkan semua poin-poin penting yang berkaitan dengan perusahaan sebagai sumber informasi yang kredibel. • Company profile dalam bentuk cetak sebaiknya menggunakan material dan bahan cetak berkualitas.

• Terdapat foto, gambar, ataupun ilustrasi untuk membantu menjelaskan informasi yang ada Apa logo itu Membuat Company Profile Company profile yang baik hendaknya bersifat informatif, menarik, dan pastinya tidak membosankan. Jangan lupa bahwa sebuah company profile merupakan representasi dari perusahaan. Segala sesuatu yang tercantum dalam compro akan mencerminkan semua nilai yang dijunjung dan dijalankan oleh perusahaan. Oleh karena itu,sangatlah penting untuk membuat compro yang benar-benar berkualitas mulai dari memilih hosting indonesia terbaik untuk company profile dan beberapa tips berikut dapat membantu Anda apa logo itu mencapai tujuan ini: Jadikan company profile sebagai wadah untuk bercerita dengan nada yang mencerminkan jiwa perusahaan.

Tunjukkan kepribadian perusahaan dalam company profile. Setidaknya ada 4 karakteristik yang bisa ditampilkan dalam sebuah company profile yaitu passionate, quirky, irreverent, dan authentic.

• Passionate merupakan karakteristik yang menggambarkan gairah dan semangat dalam membuat produk/jasa yang akan mengubah dunia. Ciri khas dari karakteristik ini adalah apa logo itu penyemangat dan menunjukkan keyakinan bahwa mereka mampu menjadi pemimpin dalam bidang industri mereka.

• Quirky merupakan karakteristik yang menggambarkan keberanian perusahaan untuk menantang kondisi pasar yang stagnan dengan menjadi diri sendiri. Ciri karakteristik ini adalah penggunaan contoh-contoh yang tidak biasa serta menggunakan sudut pandang yang berlawanan dengan mainstream.

• Apa logo itu merupakan karakteristik yang memiliki kemiripan dengan Quirky dan menggambarkan keseriusan perusahaan dalam menggarap produk yang mereka buat, namun bersikap sangat santai terhadap hal-hal lain. Ciri khas dari karakteristik ini adalah sering menggunakan ilustrasi bergambar dan menunjukkan sikap apa logo itu.

• Authentic merupakan karakteristik yang menggambarkan keseriusan perusahaan dalam upaya untuk membantu para calon klien atau konsumen mengatasi masalah yang ada. Ciri khas dari karakteristik ini adalah kejujuran, tidak banyak basa-basi, mengakui kesalahan yang ada, dan berpegang teguh pada ucapan dan janji yang telah dibuat.

Jaga isi company profile tetap singkat dan sederhana. Sebuah compro yang menggambarkan dengan detail setiap pencapaian yang didapatkan justru akan memberikan kesan sombong dan membuat orang yang membacanya merasa bosan.

Pergunakan perspektif atau sudut pandang yang sesuai dengan target pasar Compro yang akan dibuat untuk sebuah perusahaan dengan target pasar konsumen lokal tentunya akan disajikan berbeda dengan compro yang apa logo itu dengan target pasar perusahaan lain.

Review company profile oleh pihak lain Sebelum diluncurkan ke pasar, lakukan review terlebih dahulu apa logo itu compro yang telah dibuat. Undang pihak ketiga untuk melakukan review. Hal ini bermanfaat bukan saja untuk memastikan tidak ada kesalahan editorial, namun juga untuk mendapatkan sudut pandang baru dalam upaya membuat compro yang lebih menarik lagi.

Pergunakan font dan format yang mudah dibaca. Tidak perlu menggunakan font latin yang berlekuk-lekuk, yang memang nampak indah dilihat namun sulit untuk dipahami. Sistematis dan terstruktur Pastikan untuk membuat format company profile yang sistematis dan terstruktur. Tampilkan informasi dalam bentuk poin-poin yang lebih memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang mereka cari. Tidak perlu berlebihan dalam menggunakan ungkapan ataupun peribahasa yang mungkin tidak dipahami oleh calon klien.

Proses pembuatan company profile sebaiknya dilakukan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidangnya. Tidak perlu bingung mencari orang yang tepat karena Sribu menawarkan jasa profesional pembuatan company profile sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Nah, dari artikel ini kita bahwa company profile adalah salah alat branding yang sangat efektif. Tapi company profile bukan satu-satunya alat branding yang efektif lho! Apa saja alat-alat lainnya? Simak artikel berikut ini ya! Apakah Anda sedang mencari informasi lainnya? Jasa Fotografi Makanan & Minuman Jasa Fotografi Apa logo itu Jasa Fotografi Mode Busana Jasa Fotografi Produk Jasa Penulisan Artikel Bhs.

Inggris Jasa Penulisan Artikel Bhs. Indonesia Jasa Penulisan Deskripsi Produk Bhs. Indonesia Jasa Penulisan Deskripsi Produk Bhs. Inggris Aldwin Nayoan Follow Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet.

Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography. Home » Digital Marketing » Apa itu Ecommerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya! Apa itu Ecommerce? Berikut Pengertian, Jenis, serta Manfaatnya! June 18, 2021 6 min read Berkat adanya internet, perkembangan teknologi telah memunculkan berbagai peluang baru dalam bisnis. Ecommerce adalah salah satunya.

Namun, tahukah Anda apa itu ecommerce? Akankah bisnis ini menguntungkan Anda? Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Kami akan membahas semuanya di sini, dari apa itu ecommerce sampai perkembangan ecommerce di Indonesia. Pengertian E commerce; Jenis, dan Manfaatnya Apa itu ecommerce? Electronic commerce atau ecommerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik.

Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini ecommerce lebih sering terjadi melalui internet. Karena pengertian e-commerce tersebut, terkadang ada kesalahpahaman tentang ecommerce dan marketplace.

Istilah ecommerce digunakan untuk mendeskripsikan semua transaksi yang memakai media elektronik. Marketplace sendiri adalah salah satu model ecommerce, di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut. Situs-situs seperti Shopee dan Lazada adalah dua contoh marketplace.

Apakah pertanyaan mengenai apa itu ecommerce sudah terjawab? Jika sudah, mari lanjut ke pembahasan berikutnya, apa logo itu jenis-jenis ecommerce. Apa Saja Jenis Ecommerce? Anda mungkin berpikir bahwa perdagangan online hanya terjadi antara penjual dan pembeli. Akan tetapi, ecommerce sebetulnya dibagi menjadi enam golongan, yaitu: • Business to business (B2B) — Jenis e-commerce dimana sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya.

Dalam model ecommerce ini, biasanya pembeli memesan barang dalam jumlah besar. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari sebuah produsen. • Business to consumer (B2C) — Dalam jenis ecommerce ini, sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Pada umumnya, pelanggan dalam ecommerce B2C hanya mengecer. Jika anda pernah membeli dari suatu toko online, aktivitas tersebut termasuk dalam golongan ini.

• Consumer to consumer (C2C) — Pernah menjual barang bekas ke orang lain yang membutuhkannya melalui internet? Aktivitas tersebut termasuk dalam jenis e-commerce ini. Dengan kata lain, C2C adalah transaksi online antara dua individu. • Consumer to business (C2B) — Berkebalikan dengan B2C, ecommerce C2B adalah skenario di mana seseorang menjual produk atau layanan kepada sebuah perusahaan. Seorang graphic designer, misalnya, menawarkan dan menjual logo buatannya kepada sebuah bisnis makanan.

• Business to public administration (B2A) — Model ecommerce ini mirip dengan B2B, tetapi pelakunya adalah bisnis dan lembaga pemerintah. Contoh B2A adalah jasa pembuatan website untuk sistem administrasi online.

• Consumer to public administration (C2A) — Jenis ecommerce satu ini berjalan seperti C2B. Namun, transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. Ecommerce dengan model C2A jarang ditemui di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya berbentuk jasa. Baca Juga: 4 Model Bisnis Ecommerce yang Harus Anda Tahu Contoh Ecommerce Sebelumnya telah disebutkan bahwa terdapat enam golongan ecommerce. Di bawah ini Anda akan melihat beberapa contoh untuk masing-masing jenis.

Namun, contoh ecommerce customer to apa logo itu administration tidak ditampilkan dalam daftar ini karena jarang ada website atau marketplace yang menghubungkan antara pekerja freelance dengan lembaga pemerintah.

• Business to business (B2B) • Electronic City — menjual perlengkapan elektronik kantor dan rumah tangga • Ralali — di samping peralatan kantor dan rumah tangga juga menjual peralatan industri, restoran, dan pertanian • Mbiz — sama apa logo itu Ralali, tetapi juga menyediakan jasa seperti housekeeping dan perbaikan dinding • Business to consumer (B2C) • Lazada — menyediakan fashion, aksesoris, kosmetik, dan elektronik pribadi • Blibli — seperti Lazada, namun juga menjual perabotan, perlengkapan anak, peralatan olahraga • Shopee — sama seperti Blibli • Consumer to consumer (C2C) • OLX — menjual berbagai produk, mulai dari keperluan pribadi hingga kendaraan dan perlatan rumah tangga • Tokopedia — seperti Shopee, tetapi pembeli juga dapat menemukan barang bekas di sini • Kaskus — merupakan forum terbuka, namun tidak jarang digunakan pengguna untuk memasarkan barang bekas • Consumer to business (C2B) • Freelancer — website di mana pekerja freelance menawarkan keahlian pada bisnis yang membutuhkan • Upwork — sama seperti Freelancer • iStock — situs untuk bisnis yang membutuhkan foto, video, dan ilustrasi digital untuk penggunaan komersial • Business to public administration (B2A) • Qlue — menyediakan perangkat lunak untuk membantu kinerja perusahaan dan lembaga pemerintah, termasuk sistem administrasi kendaraan dan aplikasi analitik • Accela — membantu pemerintah melakukan administrasi publik dengan konsep software as a service Perkembangan Ecommerce di Indonesia Industri ecommerce berkembang sangat pesat di Indonesia belakangan ini.

Bahkan, negara kita berada di puncak 10 negara dengan pertumbuhan ecommerce tercepat di dunia. Pada tahun 2018 sendiri, ecommerce di Indonesia memiliki pertumbuhan 78%. Dari angka pertumbuhan tersebut, 17,7% diantaranya merupakan transaksi pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel.

Selain itu, pembelian pakaian dan alas kaki menyumbang 11,9% — sedangkan 10% berasal dari kosmetik dan produk kesehatan. Dinilai dari statistik tersebut, memiliki sebuah situs ecommerce tentunya akan sangat menguntungkan, baik bagi Anda yang sudah memiliki bisnis maupun yang baru akan memulai. Apalagi, ecommerce menawarkan banyak manfaat. Ingin tahu apa saja? Simaklah bagian berikutnya. Apa Manfaat Ecommerce? Perkembangan industri ecommerce di Indonesia sangatlah pesat.

Dengan banyaknya pelaku bisnis online, Anda tentunya bertanya-tanya, apa saja manfaat ecommerce? Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan: • Jangkauan yang luas — Sebagai pemilik toko konvensional, Anda hanya dapat menjangkau pembeli dari daerah yang sama.

Lain halnya jika Anda memiliki sebuah website ecommerce. Manfaat e commerce yang pertama, pembeli dari berbagai penjuru negeri dapat melakukan transaksi di toko Anda. • Tidak dibatasi oleh waktu — Toko di dunia nyata bisa beroperasi selama 24 jam setiap hari, tetapi biaya untuk mendukungnya pun akan sangat besar. Melalui internet, pembeli tetap dapat mengakses dan membeli dari toko walaupun Anda tertidur lelap. Manfaat e commerce satu ini tentu sangat membantu kita semua.

apa logo itu

• Biaya yang lebih murah — Biaya operasional lapak online sangat rendah dibandingkan toko berbentuk bangunan. Setidaknya, Anda tidak perlu memikirkan gaji karyawan, sewa bangunan, serta ongkos listrik. • Tidak perlu stok barang sendiri — Dalam industri ecommerce, Anda bisa menjadi seorang dropshipper. Teknik pemasaran ini memungkinkan Anda berjualan tanpa memiliki stok barang. Ketika order datang, Anda tinggal meneruskannya kepada produsen barang yang diinginkan. Untuk memahami bisnis dropshipping lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel ini.

• Kemudahan mengelola transaksi dan pengiriman — Dengan memiliki toko online, Anda tidak perlu pusing memikirkan cara transaksi dan pengiriman barang. Kini sudah ada berbagai layanan pembayaran elektronik yang dilakukan melalui internet. Selain itu, barang kiriman dapat dilacak secara online.

• Apa logo itu mampu mempelajari kebiasaan pelanggan — Menjalankan bisnis online tanpa memahami perilaku pelanggan akan menyia-nyiakan investasi Anda. Saat ini sudah banyak tool analytic yang dapat digunakan untuk mempelajari data toko online Anda, seperti Google Analytics. • Kerja dari manapun — Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, satu dari manfaat e commerce adalah dapat diakses kapanpun. Oleh karena itu, Anda pun dapat menjalankannya dari mana saja asal memiliki perangkat dan koneksi internet yang memadai.

Manfaat Website sebagai Platform Ecommerce Kini Anda dapat memulai bisnis ecommerce dengan mudah. Setidaknya ada tiga sarana yang bisa digunakan untuk berjualan secara daring, yaitu marketplace online (seperti Tokopedia dan Bukalapak), website sendiri, dan media sosial. Marketplace dan media sosial tentunya adalah cara yang lebih gampang. Untuk memulai, Anda hanya perlu membuat akun dan mengatur lapak.

Bahkan apa logo itu ada biaya operasional yang perlu Anda keluarkan di awal. Akan tetapi, meskipun cara ini tidak salah, adanya sebuah website yang merepresentasikan toko atau bisnis Anda tetaplah penting. Mengapa? Simak penjelasannya di bawah ini! Membangun kredibilitas Sosial media atau marketplace memang merupakan etalase online yang apa logo itu digunakan. Namun, tidak banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan diri Anda dalam kedua jenis platform tersebut.

Kemungkinan besar, Anda hanya bisa membuat deskripsi pendek tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Lain halnya jika bisnis Anda memiliki sebuah situs tersendiri. Dengan website, Anda memiliki kebebasan dalam menentukan desain dan fitur toko online. Misalnya, Anda apa logo itu membuat tampilan lapak yang lebih ringkas dan mudah dipahami oleh pembeli.

Selain itu, sebuah studi Apa logo itu menunjukkan bahwa 84 persen konsumen setuju bahwa pedagang online yang memiliki website lebih dapat dipercaya daripada yang hanya berjualan di media sosial.

Oleh karenanya, Anda perlu memiliki website untuk memasarkan brand Anda. Apalagi, 77 persen calon pembeli membaca ulasan produk di internet — dan situs Anda adalah tempat yang tepat untuk menampilkannya. Dapat berfungsi sebagai katalog Ketika menjual produk di media sosial maupun marketplace, Anda tidak diberi kemudahan untuk mendeskripsikannya. Di lain sisi, tampilan website dapat diatur sesuai keinginan. Misalnya, Anda dapat memajang berbagai barang dagangan Anda beserta tulisan-tulisan yang membantu calon pembeli untuk mengenalnya.

Meningkatkan pelayanan kepada pembeli Marketplace dan media sosial memiliki fitur chat atau message yang bisa diakses kapan saja. Namun demikian, pengelolaan pesan masuk akan menjadi berantakan jika sudah ada banyak orang yang ingin berkomunikasi dengan Anda.

Tentunya Anda tidak ingin lupa membalas sebuah pertanyaan dari calon pembeli. Untuk menanggulangi problema tersebut, Anda perlu website yang memiliki fitur chat atau ticketing yang lebih mumpuni dan terorganisir.

Untuk mengetahui fitur apa saja apa logo itu perlu dimiliki agar Anda bisa memanjakan pembeli, cek artikel ini. Brand Anda lebih Mudah Ditemukan Melalui Mesin Pencarian Penelitian yang dilakukan oleh GE Capital Retail Bank menunjukkan bahwa 81 persen orang riset produk dengan mesin pencarian sebelum melakukan pembelian.

Selain itu, 60 persen pembeli mengunjungi situs ecommerce yang mereka temukan di mesin pencarian, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Menilai dari fakta tersebut, tentunya berjualan melalui marketplace atau media sosial tidak menjanjikan publikasi brand yang cukup.

Alih-alih menggunakan platform perantara, sebaiknya Anda berdagang secara mandiri dengan website ecommerce. Banyak Kompetitor Memiliki Website Kompetisi bisnis di internet sangatlah berat, terutama jika barang atau layanan yang Anda jual juga ditawarkan oleh banyak pihak lain. Di saat Anda masih berdagang melalui marketplace, banyak kompetitor telah memperkuat brand mereka dengan situs toko online. Ditambah lagi, Anda perlu mengingat bahwa calon pembeli kini menggunakan mesin pencarian untuk menemukan brand terpercaya.

Sebelum persaingan semakin ketat, ada baiknya Anda mulai menggunakan website untuk memasarkan usaha. Membuat Website itu Mudah dan Murah Banyak orang beranggapan bahwa memulai sebuah website bukanlah hal yang gampang. Padahal, prosesnya tidak serumit yang dibayangkan.

Sebelum membangun situs toko online pertama Anda, yang perlu dilakukan adalah membeli layanan hosting dan domain. Keduanya tidak memerlukan dana besar. Di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan hosting mulai dari Rp 10.000 per bulan dan domain mulai dari Rp 14.000 per bulan. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti panduan membuat website ecommerce ini. Anda dijamin dapat mempersiapkan toko online dalam hitungan hari!

Intip Kisah Kreature: Memaksimalkan Website Bisnis Menggunakan VPS Tertarik Membuat Website Ecommerce? Ecommerce adalah segala transaksi jual-beli yang dilakukan melalui internet. Berdasarkan pelakunya, ada enam jenis bisnis ecommerce, termasuk business to business dan business to consumer.

Di Indonesia, industri ini tengah digandrungi dan akan terus berkembang cepat, seperti yang diproyeksikan oleh McKinsey & Company pada tahun 2018. Selain itu, ecommerce menawarkan banyak keuntungan dibandingkan toko konvensional. Misalnya, Anda tidak dibatasi oleh tempat dan waktu untuk menjalankan sebuah website toko online. Saat ini juga sudah ada berbagai platform untuk menunjang bisnis ecommerce, termasuk marketplace online dan media sosial.

Akan tetapi, Apa logo itu dianjurkan untuk turut memiliki website yang merepresentasikan profesionalitas brand Anda. Terlebih, website mudah dibuat dan besar kemungkinan bahwa para kompetitor Anda telah memilikinya.

Nah, setelah mengetahui apa itu ecommerce, jenis-jenis, serta contohnya, Anda mungkin tertarik untuk membangunnya. Tak usah khawatir, caranya mudah kok. Anda bisa mulai dengan mengklik tombol di bawah!
Banyak orang menyebut bahwa Java merupakan bahasa pemrograman yang powerful.

Hal ini mengingat sifatnya yang multiplatform dan dikenal memiliki library yang lengkap. Oleh sebab itu, tak heran bila Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini. Penasaran seperti apa bahasa pemrograman Java? Yuk, simak penjelasan dari Glints berikut ini. Mengenal Sejarah Java © Pexels Pada tahun 1991, bahasa pemrograman Java pertama kali dikembangkan lewat sebuah proyek bernama “The Green Project” yang dibentuk oleh Sun Microsystems.

Beranggotakan James Gosling, Patrick Naughton, dan Mike Sheridan, proyek ini memiliki tujuan untuk menciptakan bahasa pemrograman apa logo itu yang lebih andal dari C dan C++.

Setelah proyek berjalan selama 18 bulan, James Gosling, sang developer, akhirnya berhasil mengembangkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak. Sayangnya, nama tersebut telah terdaftar sebagai merek dagang dari perusahaan Oak Technology. Akhirnya, sekitar tahun 1995, Sun Microsystem kemudian resmi mengubah nama Oak menjadi Java yang kabarnya terinspirasi dari java coffee/kopi Jawa.

Itu sebabnya, logo bahasa pemrograman Java bergambar secangkir kopi. Pengertian Bahasa Pemrograman Java © Freepik Java dikenal memiliki moto “Write Once, Run Anywhere”.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap kode program yang ditulis menggunakan Java apa logo itu langsung dijalankan pada platform berbeda-beda tanpa perlu menyusun ulang. Mengapa bisa demikian? Penulisan kode program Java biasanya disimpan dalam file berekstensi java. Dengan menggunakan javac compiler, kamu bisa menyusun file berekstensi java menjadi file berekstensi class.

File berekstensi class inilah yang disebut sebagai bytecode dan bisa dijalankan di seluruh Java Virtual Machine (JVM). Dilihat dari penggunaannya, sebagai bahasa pemrograman umum kamu bisa memanfaatkan Java untuk membuat berbagai bentuk aplikasi. Hal itu berlaku mulai dari aplikasi berbasis desktop, website, mobile, hingga aplikasi embedded device seperti perangkat pintar atau microprosesor. Sementara dalam praktiknya, bahasa Java tidak mendukung pemrograman prosedural melainkan menggunakan konsep pemrograman berbasis object.

Baca Juga: Tips dan Referensi Materi Belajar Java untuk Pemula Mengapa Java Digunakan? Dilansir dari ThoughtCo, ada beberapa alasan mengapa bahasa pemrograman Java dipergunakan, di antaranya adalah: 1. Mudah digunakan Dasar dari Java adalah bahasa pemrograman C++. Meskipun bahasa pemrograman tersebut cukup kuat, tetapi tergolong konteks dan tidak cukup untuk berbagai kebutuhan Java. Java dibangun dari dan menjadi semacam peningkatan dari bahasa pemrograman tersebut.

Hal ini membuat Java menjadi bahasa pemrograman yang kuat dan sederhana untuk digunakan. Secara khusus, jika kamu sudah familiar dengan C++, kamu kemungkinan besar tidak akan banyak kesulitan untuk mempelajari Java. 2. Berorientasi pada objek Seperti disebutkan di atas, hal ini terkait dengan sifatnya yang merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek.

Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman C++ yang bisa dianggap semi beriorentasi pada objek. Java memiliki beberapa fitur dari bahasa pemrograman berorientasi objek atau object-oriented programming language (OOP).

Hal-hal tersebut di antaranya adalah abstraction, encapsulation, inheritance dan polymorphism. 3. Keamanan Pada awalnya, Java ditujukan untuk perangkat mobile yang bertukar data lewat jaringan. Hal ini membuat bahasa Java dibangun dengan tingkat keamanan tinggi. Java sendiri bisa dikatakan adalah salah satu bahasa pemrograman dengan tingkat keamanan yang tinggi. Menurut CodeJava, sekarang ini tidak terdengar ada virus yang menyerang aplikasi Java.

4. Bisa digunakan di berbagai platform Sebuah program idealnya bisa bekerja terlepas dari platform apa yang digunakan untuk mengeksekusinya. Java ditulis sebagai bahasa pemrograman yang portabel dan bisa digunakan lintas platform. Hal tersebut membuatnya dapat digunakan di berbagai sistem operasi, hardware, ataupun perangkat. Ini sejalan dengan slogan write once, run anywhere yang identik dengan bahasa pemrograman ini.

Penggunaan Bahasa Pemrograman Java © Freepik Dilansir dari w3schools, Java dapat digunakan untuk beberapa hal, di antaranya adalah: • aplikasi mobile (terutama Android) • aplikasi desktop • aplikasi web • server web dan aplikasi server • game • koneksi database Selain hal-hal di atas, sebenarnya ada banyak lagi kegunaaan dari Java.

Hal tersebut menandakan bahwa bahasa tersebut adalah bahasa pemrograman yang memang banyak digunakan. Komponen Penting Java © Picjumbo.com Dilansir dari JournalDev, ada tiga komponen penting dari Java. Ketiga komponen tersebut adalah: 1. JDK Java Development Kit (JDK) merupakan komponen inti dari Java.

Komponen ini memberikan semua tools, executables, binaries yang diperlukan untuk menyusun, men- debug, dan mengeksekusi sebuah program Java. 2. JVM Java Virtual Machine (JVM) kerap dianggap apa logo itu jantung dari bahasa pemrograman Java.

Ketika menjalankan program Java, JVM bertugas untuk mengonversi byte code menjadi kode yang lebih spesifik. 3. JRE Java Runtime Environment (JRE) merupakan implementasi dari JVM. JVM memberikan platform untuk mengeksekusi program-program Java.

Baca Juga: 8 Kiat Agar Lancar Belajar Bahasa Pemrograman Contoh Java Framework © Freepik Bicara mengenai dunia pemrograman komputer, framework menjadi istilah yang tidak asing lagi.

Sederhananya, framework dapat diartikan sebagai komponen pemrograman yang sudah jadi dan siap digunakan kapan saja. Apa logo itu umum, framework tersusun dari MVC (Model, View, Controller).

Nah, di dalam MVC ini kamu bisa mengelompokkan mana fungsi inputan, proses, dan output dari sebuah aplikasi. Kalau kamu yang ingin membangun website menggunakan bahasa pemrograman Java, berikut web framework untuk Java yang sering digunakan. 1. Vaadin Framework Vaadin Framework memiliki kelebihan berupa kode yang digunakan memiliki kemiripan dengan source code Java SE. Kalau sebelumnya kamu pernah menggunakan Swing, maka tidak akan kesusahan untuk beradaptasi dengan Vaadin Framework.

2. Spring MVC Pertama kali dirilis tahun 2003, Spring Framework merupakan framework open source yang menggunakan dasar pemrograman berbasis objek di dalamnya. Selain itu, framework satu ini memungkinkan programmer untuk bekerja dengan teknologi dan library dari pihak ke tiga yang berbeda. 3. Java Server Pages (JSP) JSP termasuk salah satu framework yang cukup terkenal dalam mengembangkan aplikasi web.

Bagi seseorang yang terbiasa menggunakan Java, sudah pasti tidak akan menemukan kesulitan saat menggunakannya. Urusan performa, JSP cenderung memiliki performa yang baik karena di dalamnya telah dilakukan proses compile untuk menjadi servlet— class Java yang siap dijalankan oleh web server. Baca Juga: Cara Praktis Belajar Coding untuk Pemula, Coba Yuk! Itulah ulasan mengenai apa itu bahasa pemrograman Java lengkap dengan framework yang bisa kamu gunakan. Buat kamu yang ingin bergelut dalam dunia programming, maka menguasai bahasa Java bisa menjadi keuntungan tersendiri.

Jika sudah menguasainya, mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk bekerja di bidang IT. Nah, untuk mendapatkan informasi seputar pekerjaan di bidang IT, segera daftarkan diri di Glints dan dapatkan update lowongan kerja terbarunya. • What Is Java Computer Programming Language? • Understand 9 features of Java programming language • Java Introduction • What is Java Programming Language? • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Banyak orang menyebut bahwa Java merupakan bahasa pemrograman yang powerful.

Hal ini mengingat sifatnya yang multiplatform dan dikenal memiliki library yang lengkap. Oleh sebab itu, tak heran bila Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini. Penasaran seperti apa bahasa pemrograman Java? Yuk, simak penjelasan dari Glints berikut ini. Mengenal Sejarah Java © Pexels Pada tahun 1991, bahasa pemrograman Java pertama kali dikembangkan lewat sebuah proyek bernama “The Green Project” yang dibentuk oleh Sun Microsystems.

Beranggotakan James Gosling, Patrick Naughton, dan Mike Sheridan, proyek ini memiliki tujuan untuk menciptakan bahasa pemrograman baru yang lebih andal dari C dan C++. Setelah proyek berjalan selama 18 bulan, James Gosling, sang developer, akhirnya berhasil mengembangkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak. Sayangnya, nama tersebut telah terdaftar sebagai merek dagang dari perusahaan Oak Technology. Akhirnya, sekitar tahun 1995, Sun Microsystem kemudian resmi mengubah nama Oak menjadi Java yang kabarnya terinspirasi dari java coffee/kopi Jawa.

Itu sebabnya, logo bahasa pemrograman Java bergambar secangkir kopi. Pengertian Bahasa Pemrograman Java © Freepik Java dikenal memiliki moto “Write Once, Run Anywhere”.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap kode program yang ditulis menggunakan Java bisa langsung dijalankan pada platform berbeda-beda tanpa perlu menyusun ulang. Mengapa bisa demikian? Penulisan kode program Java biasanya disimpan dalam file berekstensi java. Dengan menggunakan javac compiler, kamu bisa menyusun file berekstensi java menjadi file berekstensi class. File berekstensi class inilah yang disebut sebagai bytecode dan bisa dijalankan di seluruh Java Virtual Machine (JVM).

Dilihat dari penggunaannya, sebagai bahasa pemrograman umum kamu bisa memanfaatkan Java untuk membuat berbagai bentuk aplikasi.

apa logo itu

Hal itu berlaku mulai dari aplikasi berbasis desktop, website, mobile, hingga aplikasi embedded device seperti perangkat pintar atau microprosesor. Sementara dalam praktiknya, bahasa Java tidak mendukung pemrograman prosedural melainkan menggunakan konsep pemrograman berbasis object.

Baca Juga: Tips dan Referensi Materi Belajar Java untuk Pemula Mengapa Java Digunakan? Dilansir dari ThoughtCo, ada beberapa alasan mengapa bahasa pemrograman Java dipergunakan, di antaranya adalah: 1.

Mudah digunakan Dasar dari Java adalah bahasa pemrograman C++. Meskipun bahasa pemrograman tersebut cukup kuat, tetapi tergolong konteks dan tidak cukup untuk berbagai kebutuhan Java. Java dibangun dari dan menjadi semacam peningkatan dari bahasa pemrograman tersebut. Hal ini membuat Java menjadi bahasa pemrograman yang kuat dan sederhana untuk digunakan. Secara khusus, jika kamu sudah familiar dengan C++, kamu kemungkinan besar tidak akan banyak kesulitan untuk mempelajari Java.

2. Berorientasi pada objek Seperti disebutkan di apa logo itu, hal ini terkait dengan sifatnya yang merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman C++ yang bisa dianggap semi beriorentasi apa logo itu objek.

Java memiliki beberapa fitur dari bahasa pemrograman berorientasi objek atau object-oriented programming language (OOP).

Hal-hal tersebut di antaranya adalah abstraction, encapsulation, inheritance dan polymorphism. 3. Keamanan Pada awalnya, Java ditujukan untuk perangkat mobile yang bertukar data lewat jaringan. Hal ini membuat bahasa Java dibangun dengan tingkat keamanan tinggi. Java sendiri bisa dikatakan adalah salah satu bahasa pemrograman dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Menurut CodeJava, sekarang ini tidak terdengar ada virus yang menyerang aplikasi Java. 4.

apa logo itu

Bisa digunakan di berbagai platform Sebuah program idealnya bisa bekerja terlepas dari platform apa yang digunakan untuk mengeksekusinya. Java ditulis sebagai bahasa pemrograman yang portabel dan bisa digunakan lintas platform. Hal tersebut membuatnya dapat digunakan di berbagai sistem operasi, hardware, ataupun perangkat.

Ini sejalan dengan slogan write once, run anywhere yang identik dengan bahasa pemrograman ini. Penggunaan Bahasa Pemrograman Java © Freepik Dilansir dari w3schools, Java dapat digunakan untuk beberapa hal, di antaranya adalah: • aplikasi mobile (terutama Android) • aplikasi desktop • aplikasi web • server web dan aplikasi server • game • koneksi database Selain hal-hal di atas, sebenarnya ada banyak lagi kegunaaan dari Java.

Hal tersebut menandakan bahwa bahasa tersebut adalah bahasa pemrograman yang memang banyak digunakan. Komponen Penting Java © Picjumbo.com Dilansir dari JournalDev, ada tiga komponen penting dari Java. Ketiga komponen tersebut adalah: 1. JDK Java Development Kit (JDK) merupakan komponen inti dari Java. Komponen ini memberikan semua tools, executables, binaries yang diperlukan untuk menyusun, men- debug, dan mengeksekusi sebuah program Java. 2. JVM Java Virtual Machine (JVM) kerap dianggap sebagai jantung dari bahasa pemrograman Java.

Ketika menjalankan program Java, JVM bertugas untuk mengonversi byte code menjadi kode yang lebih spesifik. 3. JRE Java Runtime Environment (JRE) merupakan implementasi dari JVM. JVM memberikan platform untuk mengeksekusi program-program Java.

Baca Juga: 8 Kiat Agar Lancar Belajar Bahasa Pemrograman Contoh Java Framework © Freepik Bicara mengenai dunia pemrograman komputer, framework menjadi istilah yang tidak asing lagi. Sederhananya, framework dapat diartikan sebagai komponen pemrograman yang sudah jadi dan siap digunakan kapan saja.

Secara umum, framework tersusun dari MVC (Model, View, Controller). Nah, di dalam MVC ini kamu bisa mengelompokkan mana fungsi inputan, proses, dan output dari sebuah aplikasi. Kalau kamu yang ingin membangun website menggunakan bahasa pemrograman Java, berikut web framework untuk Java yang sering digunakan.

1. Vaadin Framework Vaadin Framework memiliki kelebihan berupa kode yang digunakan memiliki kemiripan dengan source code Java SE. Kalau sebelumnya kamu pernah menggunakan Swing, maka tidak akan kesusahan untuk beradaptasi dengan Vaadin Framework. 2. Spring MVC Pertama kali dirilis tahun 2003, Spring Framework merupakan framework open source yang menggunakan dasar pemrograman berbasis objek di dalamnya.

Selain itu, framework satu ini memungkinkan programmer untuk bekerja dengan teknologi dan library dari pihak ke tiga yang berbeda. 3. Java Server Pages (JSP) JSP termasuk salah satu framework yang cukup terkenal dalam mengembangkan aplikasi web. Bagi seseorang yang terbiasa menggunakan Java, sudah pasti tidak akan menemukan kesulitan saat menggunakannya. Urusan performa, JSP cenderung memiliki performa yang baik karena di dalamnya telah dilakukan proses compile untuk menjadi servlet— class Java yang siap dijalankan oleh web server.

Baca Juga: Cara Praktis Belajar Coding untuk Pemula, Coba Yuk! Itulah ulasan mengenai apa itu bahasa pemrograman Java lengkap dengan framework yang bisa kamu gunakan. Buat kamu yang ingin bergelut dalam dunia programming, maka menguasai bahasa Java bisa menjadi keuntungan tersendiri. Jika sudah menguasainya, mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk bekerja di bidang IT. Nah, untuk mendapatkan informasi seputar pekerjaan di bidang IT, segera daftarkan diri di Glints dan dapatkan update lowongan kerja terbarunya.

• What Is Java Computer Programming Language? • Understand 9 features of Java programming language • Java Introduction • What is Java Programming Language? • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Banyak orang menyebut bahwa Java merupakan bahasa pemrograman yang powerful.

Hal ini mengingat sifatnya yang multiplatform dan dikenal memiliki library yang lengkap. Oleh sebab itu, tak heran bila Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini.

Penasaran seperti apa bahasa pemrograman Java? Yuk, simak penjelasan dari Glints berikut ini. Mengenal Sejarah Java © Pexels Pada tahun 1991, bahasa pemrograman Java pertama kali dikembangkan lewat sebuah proyek bernama “The Green Project” yang dibentuk oleh Sun Microsystems.

Beranggotakan James Gosling, Apa logo itu Naughton, dan Mike Sheridan, proyek ini memiliki tujuan untuk menciptakan bahasa pemrograman baru yang lebih andal dari C dan C++. Setelah proyek berjalan selama 18 bulan, James Gosling, sang developer, akhirnya berhasil mengembangkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak. Sayangnya, nama tersebut telah terdaftar sebagai merek dagang dari perusahaan Oak Technology. Akhirnya, sekitar tahun 1995, Sun Microsystem kemudian resmi mengubah nama Oak menjadi Java yang kabarnya terinspirasi dari java coffee/kopi Jawa.

Itu sebabnya, logo bahasa pemrograman Java bergambar secangkir kopi. Pengertian Bahasa Pemrograman Java © Freepik Java dikenal memiliki moto “Write Once, Run Anywhere”. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kode program yang ditulis menggunakan Java bisa langsung dijalankan pada platform berbeda-beda tanpa perlu menyusun ulang. Mengapa bisa demikian? Penulisan kode program Java biasanya disimpan dalam file berekstensi java. Dengan menggunakan javac compiler, kamu bisa menyusun file berekstensi java menjadi file berekstensi class.

File berekstensi class inilah yang disebut sebagai bytecode dan bisa dijalankan di seluruh Java Virtual Machine (JVM). Dilihat dari penggunaannya, sebagai bahasa pemrograman umum kamu bisa memanfaatkan Java untuk membuat berbagai bentuk aplikasi.

Hal itu berlaku mulai dari aplikasi berbasis desktop, website, mobile, hingga aplikasi embedded device seperti perangkat pintar atau microprosesor. Sementara dalam praktiknya, bahasa Java tidak mendukung pemrograman prosedural melainkan menggunakan konsep pemrograman berbasis object. Baca Apa logo itu Tips dan Referensi Materi Belajar Java untuk Pemula Mengapa Java Digunakan?

Dilansir dari ThoughtCo, ada apa logo itu alasan mengapa bahasa pemrograman Java dipergunakan, di antaranya adalah: 1. Mudah digunakan Dasar dari Java adalah bahasa pemrograman C++. Meskipun bahasa pemrograman tersebut cukup kuat, tetapi tergolong konteks dan tidak cukup untuk berbagai kebutuhan Java.

Java dibangun dari dan menjadi semacam peningkatan dari bahasa pemrograman tersebut. Hal ini membuat Java menjadi bahasa pemrograman yang kuat dan sederhana untuk digunakan. Secara khusus, jika kamu sudah familiar dengan C++, kamu kemungkinan besar tidak akan banyak kesulitan untuk mempelajari Java.

2. Berorientasi pada objek Seperti disebutkan di atas, hal ini terkait dengan sifatnya yang merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman C++ yang bisa dianggap semi beriorentasi pada objek. Java memiliki apa logo itu fitur dari bahasa pemrograman berorientasi objek atau object-oriented programming language (OOP).

Hal-hal tersebut di antaranya adalah abstraction, encapsulation, inheritance dan polymorphism. 3. Keamanan Pada awalnya, Java ditujukan untuk perangkat mobile yang bertukar data lewat jaringan.

Hal ini membuat bahasa Java dibangun dengan tingkat keamanan tinggi. Java sendiri bisa dikatakan adalah salah satu bahasa pemrograman dengan tingkat keamanan yang tinggi. Menurut CodeJava, sekarang ini tidak terdengar ada virus yang menyerang aplikasi Java.

4. Bisa digunakan di apa logo itu platform Sebuah program idealnya bisa bekerja terlepas dari platform apa yang digunakan untuk mengeksekusinya. Java ditulis sebagai bahasa pemrograman yang portabel dan bisa digunakan lintas platform. Hal tersebut membuatnya dapat digunakan di berbagai sistem operasi, hardware, ataupun perangkat.

Ini sejalan dengan apa logo itu write once, run anywhere yang identik dengan bahasa pemrograman ini. Penggunaan Bahasa Pemrograman Java © Freepik Dilansir dari w3schools, Java dapat digunakan untuk beberapa hal, di antaranya adalah: • aplikasi mobile (terutama Android) • aplikasi desktop • aplikasi web • server web dan aplikasi server • game • koneksi database Selain hal-hal di atas, sebenarnya ada banyak apa logo itu kegunaaan dari Java.

Hal tersebut menandakan bahwa bahasa tersebut adalah bahasa pemrograman yang memang banyak digunakan. Komponen Penting Java © Picjumbo.com Dilansir dari JournalDev, ada tiga komponen penting dari Java.

Ketiga komponen tersebut adalah: 1. JDK Java Development Kit (JDK) merupakan komponen inti dari Java. Komponen ini memberikan semua tools, executables, binaries yang diperlukan untuk menyusun, men- debug, dan mengeksekusi sebuah program Java. 2. JVM Java Virtual Machine (JVM) kerap dianggap sebagai jantung dari bahasa pemrograman Java.

Ketika menjalankan program Java, JVM bertugas untuk mengonversi byte code menjadi kode yang lebih spesifik.

apa logo itu

3. JRE Java Runtime Environment (JRE) merupakan implementasi dari JVM. JVM memberikan platform untuk mengeksekusi program-program Java. Baca Juga: 8 Kiat Agar Lancar Belajar Bahasa Pemrograman Contoh Java Framework © Freepik Bicara mengenai dunia pemrograman komputer, framework menjadi istilah yang tidak asing lagi.

Sederhananya, framework dapat diartikan sebagai komponen pemrograman yang sudah jadi dan siap digunakan kapan saja. Secara umum, framework tersusun dari MVC (Model, View, Controller). Nah, di dalam MVC ini kamu bisa mengelompokkan mana fungsi inputan, proses, dan output dari sebuah aplikasi. Kalau kamu yang ingin membangun website menggunakan bahasa pemrograman Java, berikut web framework untuk Java yang sering digunakan.

1. Vaadin Framework Vaadin Framework memiliki kelebihan berupa kode yang digunakan memiliki kemiripan dengan source code Java SE. Kalau sebelumnya kamu pernah menggunakan Swing, maka tidak akan kesusahan untuk beradaptasi dengan Vaadin Framework. 2. Spring MVC Pertama kali dirilis tahun 2003, Spring Framework merupakan framework open source yang menggunakan dasar pemrograman berbasis objek di dalamnya. Selain itu, framework satu ini memungkinkan programmer untuk bekerja dengan teknologi dan library dari pihak ke tiga yang berbeda.

3. Java Server Pages (JSP) JSP termasuk salah satu framework yang cukup terkenal dalam mengembangkan aplikasi web. Bagi seseorang yang terbiasa menggunakan Java, sudah pasti tidak akan menemukan kesulitan saat menggunakannya. Urusan performa, JSP cenderung memiliki performa yang baik karena di dalamnya telah dilakukan proses compile untuk menjadi servlet— class Java yang siap dijalankan oleh web server. Baca Juga: Cara Praktis Belajar Apa logo itu untuk Pemula, Coba Yuk!

Itulah ulasan mengenai apa itu bahasa pemrograman Java lengkap dengan framework yang bisa kamu gunakan. Buat kamu yang ingin bergelut dalam dunia programming, maka menguasai bahasa Java bisa menjadi keuntungan tersendiri. Jika sudah menguasainya, mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk bekerja di bidang IT. Nah, untuk mendapatkan informasi seputar pekerjaan di bidang IT, segera daftarkan diri di Glints dan dapatkan update lowongan kerja terbarunya.

• What Is Java Computer Programming Language? • Understand 9 features of Java programming language • Java Introduction • What is Java Programming Language? • Afrikaans • Alemannisch • Aragonés • العربية • الدارجة • مصرى • অসমীয়া • Asturianu • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Basa Bali • Boarisch • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • भोजपुरी • বাংলা • Català • کوردی • Apa logo itu • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Zazaki • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Frysk • Gaeilge • Galego • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Magyar • Հայերեն • Արեւմտահայերէն • Interlingua • Ido • Íslenska • Italiano • 日本語 • ქართული • Қазақша • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Kurdî • Кыргызча • Lombard • Lietuvių • Latviešu • Македонски • മലയാളം • Монгол • ꯃꯤꯇꯩ ꯂꯣꯟ • मराठी • Bahasa Melayu • Malti • မြန်မာဘာသာ • مازِرونی • नेपाली • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Occitan • ଓଡ଼ିଆ • ਪੰਜਾਬੀ • Polski • Piemontèis • پنجابی • Português • Română • Apa logo itu • Саха тыла • Scots • Davvisámegiella • Srpskohrvatski / српскохрватски • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Shqip • Српски / srpski • Apa logo itu • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • Тоҷикӣ • ไทย • Türkmençe • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • ئۇيغۇرچە / Uyghurche • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Vèneto • Tiếng Việt • Winaray • 吴语 • ייִדיש • Yorùbá • 中文 • Bân-lâm-gú • 粵語 Logo Bitcoin Denominasi Subsatuan .00000001 satoshi [1] Simbol BTC, XBT, [2]฿ (sama dengan simbol baht), [3] Ƀ [4] Demografi Tanggal peluncuran 3 Januari 2009 Pengguna Internasional Emisi Bank sentral Transaksi diverifikasi dan dilindungi oleh jaringan peer-to-peer desentral.

[5] Valuasi Pencetakan 6,25BTC setiap sepuluh menit Sumber Total BTC in Circulation Metode Nilai Bitcoin baru akan berkurang setengahnya setiap empat tahun sampai jumlahnya mencapai 21 juta BTC [6] :17 Penjelasan mengenai Bitcoin Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi. Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin - bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya administrasi tunggal membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin - bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin.

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut mata uang kripto, pertama kali dideskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunks. [7] Bitcoin dan mata uang kripto lainnya, disebut sebagai “aset kripto”, kini sudah bisa diperdagangkan di bursa berjangka komoditas Indonesia, setelah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti) menerbitkan Peraturan Bappebti No 5 tahun 2019 pada 8 Februari 2019. [8] Keberadaan mata uang virtual, seperti halnya bitcoin dan lainnya di Indonesia memang sudah mendapat lampu hijau dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti).

Akan tetapi, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tetap melarang penggunaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran di Tanah Air. Duit digital ini juga bukan merupakan produk industri keuangan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa tempat apa logo itu melakukan perdagangan bitcoin secara online.

Tempat-tempat tersebut sering disebut dengan nama Exchange (pertukaran / jual beli). Jumlah perusahaan Crypto Exchange di Indonesia cukup banyak dan menawarkan beragam fitur. Bila kita mendaftar pada sebuah platform exchange, maka di dalamnya sudah ada wallet Bitcoin yang bisa langsung digunakan. Bitcoin wallet dibutuhkan untuk menjaga keamanan aset kripto atau mata uang digital yang kita miliki. Karena sebuah wallet pada dasarnya sama seperti rekening bank.

Di mana bisa melakukan penerimaan, penyimpanan hingga pengiriman Bitcoin. [9] Contoh perusahaan Crypto Exchange di Indonesia adalah Indodax, Luno, Triv, Rekeningku.com, Tokenomy, Tokocrypto, Coinene Indonesia, Bitocto, UpBit Indonesia, Zipmex dan lain lain. Otoritas berjangka Amerika Serikat, US Commodity Futures Trading Commossion (CFTC) menyatakan virtual currency sebagai komoditas pada tahun 2014. Sejak itu pula, pengawasan berada di bawah CFTC. Pengawsan ini termasuk mengambil tindakan pada bursa futures bitcoin yang tidak terdaftar dan menindak manipulasi pasar di platform derivatif.

CFTC pun menerbitkan panduan pembeda pasar derivatif dan pasar spot untuk virtual currency. [10] Ruang lingkup pengawasan CFTC hanya berada di pasar berjangka dan derivatif. CFTC menerbitkan peringatan soal valuasi dan volatilitas pasar virtual currency, serta mengatasi skema Ponzi yang menggunakan virtual currency.

AS tidak mengawasi secara komprehensif terhadap perdagangan bitcoin atau virtual currency lain. Tapi, virtual currency menghadapi beberapa aturan dari otoritas.

Regulator perbankan mengawasi bursa kripto di dalam dan luar negeri lewat peraturan transfer uang. Daftar isi • 1 Ikhtisar • 2 Teknis • 2.1 Pengiriman • 2.2 Transaksi • 2.3 Rantai-blok • 2.4 Produksi Bitcoin • 2.5 Biaya Transaksi • 3 Ekonomi • 3.1 Perbedaan moneter • 3.2 Hasil • 4 Legalitas penggunaan • 5 Lihat pula • 6 Referensi • 7 Pranala luar Ikhtisar Bitcoin mengandalkan pada jumlah pemindahan di antara rekening publik menggunakan kriptografi kunci publik. Semua transaksi - transaksi terbuka untuk umum dan disimpan dalam sebuah database yang didistribusikan.

Untuk mencegah pengeluaran-ganda, jaringan mengimplementasikan sebuah server waktu yang didistribusikan, menggunakan ide perantaian bukti dari kerja.

Keseluruhan sejarah dari transaksi - transaksi telah di simpan dengan semestinya dalam database dan untuk mengurangi ukuran dari tempat penyimpanan, sebuah pohon Merkle digunakan. Teknis Perangkat lunak Bitcoin dijalankan pada Windows 7 Bitcoin adalah sebuah implentasi peer-to-peer dari proposal b-money oleh Wei Dai dan proposal Bitgold oleh Nick Szabo.

Prinsip dari sistem secara umum telah di deskripsikan pada tahun 2008 oleh Satoshi Nakamoto.

apa logo itu

Pengiriman Seseorang yang berpartisipasi di dalam jaringan bitcoin mempunyai sebuah wallet yang menyimpan beberapa keypair - keypair kritografi. Apa logo itu publik - kunci publik, atau alamat -alamat bitcoin, yang bertindak sebagai tujuan akhir mengirim atau menerima untuk semua pembayaran. Kunci pribadi yang terkait hanya memperbolehkan pembayaran hanya dari user itu sendiri.

Alamat - alamat tidak mengandung informasi apapun mengenai pemiliknya dan secara umum tidak diketahui. [11] Alamat - alamat dalam format yang dapat dibaca manusia terdiri dari angka - angka acak dan huruf - huruf yang panjangnya sekitar 33 karakter, dalam format semi numerik. Pengguna bitcoin dapat memiliki banyak alamat, dan faktanya dapat menghasilkan alamat baru tanpa batasan apa pun, karena membuat sebuah alamat baru adalah bersifat segera, sebanding dengan apa logo itu sebuah umum/pribadi pasangan kunci baru, dan tidak membutuhkan hubungan dengan node - node apapun dalam jaringan.

Dalam membuat tujuan-tunggal/penggunaan-tunggal alamat - alamat dapat membantu anonimitas user tersebut. [ butuh rujukan] Transaksi Bitcoin - bitcoin mengandung kunci publik (alamat) sang pemilik yang sekarang. Ketika pengguna A mengirim suatu nilai ke pengguna B, A akan melepaskan nilai kepemilikan mereka dengan menambahkan kunci publik (alamat) B ke koin - koin tersebut dan menandatanganinya dengan kunci pribadi dia sendiri.

[12] Kemudian dia akan menyiarkan bitcoin - bitcoin ini dalam sebuah pesan yang sesuai, atau disebut transaksi, di dalam jaringan peer-ke-peer. Sisa dari node - node jaringan menvalidasi tanda tangan kritografi dan jumlah dari transaksi sebelum menerimanya. Rantai-blok Rantai yang paling utama (hitam) terdiri dari seri terpanjang yang berasal dari dari blok awal (hijau) dari blok yang sekarang. Blok yang tidak berpemilik (ungu) ada di luar rantai utama. Transaksi apapun yang disiarkan ke node - node lainnya tidak secara langsung menjadi resmi sampai diakui dalam sebuah daftar-waktu yang telah dicap dari semua transaksi yang diketahui, yaitu disebut sebagai rantai blok.

Pengakuan ini berasal dari sebuah sistem yang-diyakini-jalan untuk mencegah pengeluaran ganda dan pemalsuan. Saat - saat tertentu, setiap node yang menghasilkan mengoleksi semua transaksi - transaksi tidak diakui yang mana diketahui dari dalam sebuah blok kandidat, sebuah file yang mana di antara lainnya, [13] mengandung hash kriptografi dari blok-yang berlaku sebelumnya dan diketahui pula oleh node tersebut.

Kemudian node itu mencoba untuk menghasilkan sebuah hash kriptografi dari blok itu dengan karakteristik tertentu, sebuah usaha yang membutuhkan sebuah nilai yang dapat diprediksi dari pengulangan percobaan dan kesalahan. Ketika sebuah node menemukan sebuah solusi, dia akan mengumumkannya ke semua jaringan. Anggota jaringan akan menerima blok baru yang telah dipecahkan dan mengvalidasikannya sebelum menerima, dan kemudian menambahkannya ke rantai.

Akhirnya, rantai-blok mengandung sejarah kriptografi kepemilikan dari semua koin - koin yang berasal dari alamat sang pembuat ke pemilik alamat yang sekarang. [14] Oleh karena itu, kalau seorang pengguna berusaha untuk menggunakan kembali koin-koin yang telah dia belanjakan, maka jaringan akan menolak transaksi tersebut. Produksi Bitcoin Jaringan Bitcoin secara acak membuat dan mendistribusikan sekumpulan dari bitcoin - bitcoin yang baru sekitar 6 kali dalam satu jam ke seseorang yang menjalankan perangkat lunak dengan opsi 'menghasilkan koin' yang telah dipilih sebelumnya.

Setiap pengguna berpotensi apa logo itu sekumpulan dengan menjalankan opsi itu, atau program yang telah dispesialisasikan untuk dijalankan di alat yang pengguna punya (contohnya kartu grafis - VGA). Menghasilkan bitcoin - bitcoin adalah sering diistilahkan sebagai "menambang", sebuah istilah yang sama dengan analogi penambangan emas.

Mengenai probabilitas kemungkinan bahwa seorang pengguna akan menerima sekumpulan sangat bergantung pada kekuatan komputasi yang dikontribusikan ke jaringan yang juga berhubungan dengan gabungan kekuatan komputasi dari semua node - node. [15] Jumlah dari bitcoin yang dibuat dalam setiap kumpulan adalah tidak lebih dari 50 BTC, dan seiringan dengan waktu penghargaannya juga telah diprogram untuk berkurang sampai ke titik nol, dengan begitu tidak akan ada lebih dari 21 juta bitcoin yang akan ada.

[11] Seiring dengan pembayaran berkurang, maka motif dari pengguna tersebut diharapkan akan berubah untuk mendapatkan biaya Transaksi. Semua node - node yang menghasilkan dari jaringan adalah berkompetisi untuk menjadi yang pertama dalam mencari sebuah solusi untuk sebuah masalah kriptografi mengenai blok-kandidatnya, sebuah masalah yang mengharuskan pengulangan percobaan dan kesalahan. Ketika sebuah node menemukan sebuah solusi yang benar, maka akan mengumumkannya ke sisa dari jaringan dan mengklaim sekumpulan dari bitcoin - bitcoin.

Anggota - anggota dari jaringan akan menerima blok apa logo itu telah dipecahkan dan menvalidasikannya sebelum menerima secara penuh, dan menambahkannya ke rantai. Nodes dapat mempekerjakan Unit Pengolah Pusat mereka menggunakan klien standar atau menggunakan perangkat lunak lainnya yang memanfaatkan kekuatan dari Graphics processing unit mereka. [11] [16] [17] Pengguna juga dapat menghasilkan bitcoin secara kolektif. [18] Dikarenakan setiap satu blok akan dihasilkan setiap 10 menit, maka setiap node secara terpisah mengatur ulang kesulitan dari masalah yang dicoba untuk dipecahkan setiap dua dua minggu sekali untuk setiap perubahan dari kekuatan keseluruhan unit pengolah pusat(CPU) dari jaringan peer-ke-peer.

[ butuh rujukan] Biaya Transaksi Dikarenakan node - node tidak mempunyai obligasi untuk menyertakan transaksi - transaksi dalam setiap blok yang mereka hasilkan, pengirim Bitcoin dapat juga secara sukarela membayar biaya transaksi. Dengan melakukan itu akan mempercepat transaksi tersebut dan menyediakan insentif untuk pengguna - pengguna yang menjalankan node, terutama ketika kesulitan dari menghasilkan bitcoin - bitcoin ditingkatkan atau hadiah dari setiap jumlah blok berkurang seiring waktu.

Node - node mengumpulkan biaya transaksi yang dikaitkan dengan semua transaksi-transaksi yang dimasukkan dalam blok-kandidat mereka. [11] Ekonomi Ekonomi dari Bitcoin masih kecil dibandingkan dengan ekonomi - ekonomi yang sudah lama didirikan dan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan beta. Tetapi barang pakai dan servis, seperti mobil bekas dan kontrak pengembangan perangkat lunak freelance, sekarang sudah dapat diperdagangkan.

Bitcoin - bitcoin diterima untuk kedua hal, baik servis maya maupun barang nyata. [19] Electronic Frontier Foundation dan Singularity Institute menerima donasi melalui bitcoin. [20] [21] Para penukar mata uang apa logo itu mata uang yang biasa dipakai sehari-hari (termasuk dollar Amerika, rubble Russia, dan yen Jepang) ke bitcoin melalui situs penukaran bitcoin. [22] [ sumber terbitan sendiri?] [23] Siapapun dapat melihat rantai-blok dan mengamati transaksi secara real time.

Berbagai macam fasilitas servis untuk mengamati telah tersedia. [24] [25] Perbedaan moneter Total pasokan Bitcoin dari waktu ke waktu.

apa logo itu

Berbeda dengan matauang fiat konvensional, bitcoin berbeda dalam hal tidak ada kepengawasan yang dapat mengontrol nilai dikarenakan sifatnya yang desentralisasi, [26] pengurangan sirkulasi dapat menyebabkan ketidakstabilan yang biasanya disebabkan oleh bank - bank sentral.

Terdapat pula pengontrolan inflasi secara terbatas yang diimplementasikan dalam perangkat lunak Bitcoin, tetapi itu dapat diprediksi dan diketahui oleh semua pihak. Karena itu inflasi tidak dapat dimanipulasi dari sentral untuk memengaruhi redistribusi nilai dari khalayak ramai. Transfer - transfer difasilitasi secara langsung tanpa menggunakan sebuah pemeroses keuangan di antara node - node. Jenis transaksi ini membuat chargeback mustahil. Klien Bitcoin akan menyiarkan transaksi ke node sekitar yang akan menyebarkan pembayaran ke semua jaringan.

Transaksi - transaksi yang gagal atau salah akan ditolak oleh klien - klien yang jujur. Transaksi - transaksi kebanyakan bebas pungutan biaya, tetapi sebuah biaya biasanya dapat dibayarkan ke node lainnya untuk mempriotiskan pemerosesan transaksi.

Seiringnya waktu, jumlah total dari bitcoin akan meningkat mengarah ke 21 juta. Peredaran uang meningkat sebagai sebuah serial geometris yang berlangsung setiap 4 tahun sekali; diperkirakan pada tahun 2013 setengah dari total peredaran akan berhasil dihasilkan, dan pada tahun 2017, 3/4 dari itu akan selesai dihasilkan.

Seiring dengan perarahan menuju nilai tersebut, bitcoin sepertinya akan mulai mengalami deflasi (pertambahan nilai nyata) nilai dikarenakan kekurangan perkenalan baru. Walaupun Bitcoin dapat dibagi dengan delapan angka di belakang koma (memberikan 2.1 x 10 15 unit total), menghilangkan ketebatasan praktis dapat menyebabkan penyesuaian nilai ke arah linkungan deflasi.

[11] Daripada mengandalkan dari apa logo itu bitcoin yang baru dibuat untuk mencatat transaksi - transaksi ke dalam blok - blok, node - node dalam perioda ini diharapkan untuk menggantungkan kemampuannya untuk secara kompetitif mengumpulkan biaya pemerosesan transaksi - transaksi.

Hasil Kemungkinan kegagalan skenario untuk Bitcoin adalah termasuk di antaranya devaluasi mata uang, penurunan basis pengguna, atau tindakan keras seluruh pemerintah untuk menghentikan operasi perangkat lunak. Bagaimanapun juga, mungkin saja tidak mungkin untuk "uang-kripto seperti bitcoin.

" [27] Sepertinya desentralisasi dan anonimitas yang terkandung dalam Bitcoin adalah sebuah reaksi terhadap pemerintah Amerika Serikat yang memprosekusi perusahaan - perusahaan mata uang maya seperti e-gold dan Liberty Dollar. [28] Disebuah surat kabat Irish Times menginvestigasi artikel Danny O'Brien yang melaporkan "Ketika saya menunjukkan orang mengenai ekonomi Bitcoin, mereka menanyakan: 'Apakah ini legal' Mereka menanyakan: 'Apakah ini sebuah penipuan?' Saya membayangkan bahwa para pengacara dan ekonom berusaha keras menjawab kedua pertanyaan tersebut.

Saya menyangka anda akan sesegera mungkin menambahkan anggota - anggota parlemen ke dalam daftar tersebut." [27] Pada tahun 2011 februari, peliputan di Slashdot dan berikutnya efek Slashdot memengaruhi nilai dari bitcoin dan ketersediaannya dari beberapa situs - situs yang terkait. [29] [30] [ butuh rujukan] Legalitas penggunaan Legalitas penggunaan Bitcoin berubah-ubah secara cepat diseluruh dunia, beberapa negara seperti Thailand melarang Bitcoin, negara Jerman memberikan status legal dan beberapa negara seperti Cina membatasi penggunaan bitcoin.

Pada 6 Februari 2014, Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran apa logo itu sah di Indonesia. Masyarakat Indonesia dihimbau untuk berhati-hati terhadap Bitcoin dan virtual currency lainnya.

Segala risiko terkait kepemilikan/penggunaan Bitcoin ditanggung sendiri oleh pemilik/pengguna Bitcoin dan virtual currency lainnya. [31] Bitcoin dan mata uang kripto "cryptocurrency" lainnya, disebut sebagai “aset kripto”, kini sudah bisa diperdagangkan di bursa berjangka komoditas Indonesia, setelah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti) menerbitkan Peraturan Bappebti No 5 tahun 2019 pada 8 Februari 2019.

Peraturan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Perdagangan No 99 tahun 2018 yang terbit pada September 2018. Peraturan Bappebti No 5 tahun 2019 berisi ketentuan teknis penyelenggaraan pasar fisik aset kripto di bursa berjangka. Terdiri atas 28 pasal dan mulai berlaku sejak 8 Februari 2019.

[32] Penerbitan peraturan tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah terus mengikuti perkembangan industri Perdagangan Berjangka Komoditas (PBK) yang dinamis dan selalu berupaya memberikan ruang untuk pengembangan usaha inovasi komoditas digital. Bappebti berkomitmen memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat, serta kepastian berusaha di sektor tersebut.

Dengan kata lain, saat ini Anda dapat memperdagangkan bitcoin dan emas digital secara resmi di Indonesia. Tapi transaksi jual beli tersebut harus dilakukan di bursa berjangka Indonesia.

Jadi, bitcoin dan mata uang digital lain resmi dikategorikan Bappebti sebagai komoditas. Sama seperti komoditas lain yang diperdagangkan di apa logo itu berjangka, seperti karet, kopi, tekstil, dan lainnya. [33] [34] Lihat pula • Anonymous internet banking • Crypto-anarchy • DigiCash • eCache • GoldMoney • Hashcash • Pecunix • Ripple monetary system • Yodelbank • Jaringan Bitcoin Referensi • ^ "Cracking the Bitcoin: Digging Into a $131M USD Virtual Currency". Daily Tech. 12 June 2011.

Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-20. Diakses tanggal 30 September 2012. • ^ "XBT – Bitcoin". XE. Diakses tanggal 11 June 2013. • ^ Matonis, Jon (22 January 2013). "Bitcoin Casinos Release 2012 Earnings".

Forbes. New York. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-16. Diakses tanggal 2013-12-02. Responsible for more than 50% of daily network volume on the Bitcoin blockchain, SatoshiDice reported first year earnings from wagering at an impressive ฿33,310. • ^ "Another Bitcoin Identity". Ecogex.com. Diakses tanggal 2013-11-29.

• ^ Barber, Simon; Boyen, Xavier; Shi, Elaine and Uzun, Esrin (2012). "Bitter to Better - how to make Bitcoin a better currency" (PDF). Financial Cryptography and Data Security. Lecture Notes in Computer Science. Springer. 7397: 399. doi: 10.1007/978-3-642-32946-3_29. ISBN 978-3-642-32945-6. Pemeliharaan CS1: Banyak nama: authors list ( link) • ^ Ron Dorit (2012). "Quantitative Analysis of the Full Bitcoin Transaction Graph" (PDF). Cryptology ePrint Archive. Diakses tanggal 18 October 2012.

Parameter -coauthors= yang tidak diketahui mengabaikan ( -author= yang disarankan) ( bantuan) • ^ [1] • ^ Bitcoin cs Resmi Diperdagangkan di Bursa Berjangka Komoditi https://blockchainmedia.id/sah-bitcoin-cs-resmi-diperdagangkan-di-bursa-berjangka-komoditi/ • ^ https://coinvestasi.com/belajar/dompet-bitcoin-indonesia/ • ^ "Salinan arsip".

Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-21. Diakses tanggal 2020-04-08. • ^ a b c d e Nathan Willis (2010-11-10). "Bitcoin: Virtual money created by CPU cycles". LWN.net. • ^ https://en.bitcoin.it/wiki/Transactions • ^ "Bitcoin Wiki: Block Hashing Algorithm". • ^ "Bitcoin Block Explorer". • ^ Luongo, Apa logo itu (2010-07-23). "The FED's Real Monetary Problem". LewRockwell.com. Diakses tanggal 2010-10-12. • ^ DiabloMiner, OpenCL miner for BitCoin • ^ poclbm, Python OpenCL bitcoin miner • ^ Bitcoin Pooled Mining • ^ "Bitcoin Trade".

Bitcoin.org. Diakses tanggal 22 December 2010. • ^ EFF Bitcoin donation page • ^ "SIAI donation page". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-03-17. Diakses tanggal 2011-03-20. • ^ Bitcoin Charts • ^ Thomas, Keir (2010-10-10). "Could the Wikileaks Scandal Lead to New Virtual Currency?". PC World. Diakses tanggal 2010-10-10. • ^ bitcoinwatch.com • ^ bitcoinmonitor.com • ^ Bitcoin FAQ • ^ a b O'Brien, Danny (26 November 2010).

"Imagine your computer as a wallet full of Bitcoins". The Irish Times. Diakses tanggal 19 December 2010. • ^ Herpel, Mark (6 December 2010). "2011 Observations on the Digital Currency Industry". SSRN (Article for DGC magazine Jan2011). Diakses tanggal 19 December 2010. • ^ Online-Only Currency Bitcoin Reaches Dollar Parity via Slashdot. • ^ Bitcoin Charts • ^ "Pernyataan Bank Indonesia Terkait Bitcoin dan Virtual Currency Lainnya".

Bank Indonesia. 6 February 2014. Diakses tanggal 7 February 2014. • ^ https://blockchainmedia.id/sah-bitcoin-cs-resmi-diperdagangkan-di-bursa-berjangka-komoditi/ • ^ https://itgid.org/peraturan-nomor-5-tahun-2019-tentang-ketentuan-teknis-penyelenggaraan-pasar-fisik-aset-kripto-crypto-asset-di-bursa-berjangka/ • ^ https://www.cermati.com/artikel/mantul-transaksi-jual-beli-bitcoin-sudah-legal-di-indonesia Pranala luar Cari tahu mengenai Bitcoin pada proyek-proyek Wikimedia lainnya: Definisi dan terjemahan dari Wiktionary Gambar dan media dari Commons Kutipan dari Wikiquote Buku dari Wikibuku Wikibuku Professionalism memiliki halaman berjudul Kategori tersembunyi: • Pemeliharaan CS1: Banyak nama: authors list • Halaman dengan rujukan yang menggunakan parameter yang tidak didukung • Halaman Wikipedia yang dilindungi sebagian tanpa batas waktu • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan April 2022 • Artikel yang memiliki kalimat yang harus diperbaiki • Situs web resmi berbeda dengan Wikidata dan Wikipedia • Halaman ini terakhir diubah pada 10 April 2022, pukul 10.46.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin apa logo itu. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Apa itu LCGC?

Pasti banyak dari AutoFamily yang masih awam atau bahkan mungkin baru pertama kali mengdengar istilah tersebut. Jika Apa logo itu tertarik untuk mempelajari apa itu LCGC, serta keuntungan apa yang bisa diberikan oleh LCGC, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu LCGC? LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car, sebuah program dari pemerintah yang mengatur tentang kendaraan harga ekonomis serta ramah lingkungan.

Tujuan program ini adalah mengembangkan kendaraan harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, serta bermesin ramah lingkungan. Umumnya, mobil LCGC dibanderol pada kisaran tak melebihi Rp 170 jutaan, dengan spesifikasi dasar yang telah ditentukan pemerintah.

Baca juga: Agya GR Sport Menjadi LCGC Paling Sporty Kelebihan Mobil LCGC Meskipun sekilas terdengar “basic”, LCGC ini memiliki keunggulan tersendiri. Lantas, apa saja sih kelebihan dari mobil LCGC? 1. Ramah Pengemudi Pemula AutoFamily kini sudah sedikit apa logo itu soal apa itu LCGC.

Nah, keunggulan pertama dari jenis kendaraan ini adalah ramah pengemudi pemula. Dari segi harga, harga LCGC yang ada di kisaran Rp100 jutaan tepat bagi Anda yang ingin membeli mobil murah untuk pertama kali.

Dari segi pilihan, variasinya tak kalah beragam.

apa logo itu

Misalnya, Toyota Agya yang masuk kategori LCGC. Agya tipe 1.0 G M/T dengan transmisi manual ditawarkan dengan rentang harga mulai dari Rp143 jutaan. Harga ini relatif terjangkau sebagai kendaraan pertama Anda. Selain tipe tersebut, Anda juga diberikan pilihan lain, yaitu Agya tipe 1.0 G AT dengan transmisi otomatis, 1.2 G M/T dan 1.2 G A/T jenis STD, serta 1.2 G M/T dan 1.2 G A/T jenis TRD. PILIH TOYOTA AGYA TRANSMISI MATIC ATAU MANUAL? DAPATKAN DI AUTO2000 2. Dimensi Lebih Compact Keunggulan selanjutnya dari kendaraan LCGC adalah dimensi bodi yang compact.

Dengan dimensi tersebut, mobil LCGC cukup lincah untuk dipakai sehari-hari, apalagi di kondisi jalanan kota yang umumnya padat dan macet. Anda tidak perlu takut menyerempet kendaraan lain karena ukuran bodi mobil besar. Toyota Agya sendiri memiliki ukuran yang cukup ramping, yaitu 3.660 mm x 1.600 mm x 1.520 mm. Baca Juga: Memahami Fungsi Transmisi Mobil Otomatis 3.

Hemat Bahan Bakar AutoFamily masih ingat, kan, soal apa itu LCGC? LCGC merupakan Low Cost Green Car yang salah satu tujuannya adalah untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan.

Nah, tentunya salah satu syarat utama sebuah produk kendaraan masuk ke segmen ini adalah ramah lingkungan (green car). Maksudnya adalah, penggunaan komponen bahan bakar harus seefisien mungkin agar tidak terlalu banyak menimbulkan polusi.

Oleh sebab itu, LCGC dirancang dengan menghabiskan 1 liter bahan bakar saja untuk menempuh jarak minimal 20 km. Baca Juga: Informasi Lengkap Kode Plat Nomor Belakang Seluruh Daerah Indonesia 4. Durabilitas Meskipun penawaran harga mobil LCGC dibuka pada kisaran Rp 100 jutaan, bukan berarti kendaraan di segmen ini mudah rusak atau bermasalah.

Sebaliknya, LCGC telah dirancang sedemikian rupa agar bisa awet dan teruji kualitasnya. Contohnya Toyota Agya yang dipersenjatai dengan mesin 1.200 cc 4 Silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i untuk tipe 1.2 G A/T TRD.

Mesinnya memiliki daya maksimum hingga 88 ps/6,000 rpm dengan torsi 107,87 Nm/4,200 rpm. Durabilitas kendaraan LCGC pun akan semakin panjang sebab didukung perawatan mudah serta ketersediaan suku cadang. AutoFamily tidak perlu bingung jika ingin melakukan servis berkala kendaraan karena hal tersebut dapat dilakukan di seluruh dealer Auto2000 terdekat. Begitu pun bila ingin mengganti suku cadang, dealer Auto2000 juga telah menyiapkannya untuk kendaraan segmen LCGC ini.

Baca Juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Awet Kini AutoFamily tidak bingung lagi, kan, soal apa itu LCGC?

Segmen kendaraan ini diproduksi untuk mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan. Sangat pas sebagai mobil pertama dengan spesifikasi andal dan harga ekonomis.

Buktikan sendiri nyaman dan tangguhnya kendaraan LCGC Toyota Agya dengan menjadwalkan test drive di dealer Auto2000. Kunjungi Dealer Toyota sekarang apa logo itu dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini. Untuk area Jakarta, Anda bisa mengunjungi cabang Auto2000 Salemba atau Auto2000 Sudirman.

Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz dengan program Mudik Asik dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!* AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui layanan Toyota Trust dan Free Insurance selama 2 Tahun.* Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku Perjalanan jauh bersama keluarga kini lebih Asik dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Mudik Asik dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.* Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera apa logo itu untuk memberikan penawaran terbaik. Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku Warnai serunya perjalananmu dengan mobil Toyota impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Mudik Asik dari Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust. Jadi jangan ditunda lagi! Segera isi formulir di bawah dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily. Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku Perjalanan bersama keluarga semakin asik dengan Toyota baru pilihan keluarga.

Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Mudik Asik dari Auto2000. Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal: Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Yuk, segera isi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Autofamily untuk memberikan penawaran terbaik! Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku KETENTUAN UMUM • Selamat datang di situs resmi milik PT Astra International Tbk - Apa logo itu (selanjutnya disebut “ Perusahaan” atau “ Kami”) (selanjutnya disebut dengan “ Situs”).

Berikut ini adalah Syarat dan Ketentuan yang mengatur penggunaan Situs ini (selanjutnya disebut dengan “ Ketentuan”). Dengan mengunduh, mengakses dan/atau menggunakan Situs, anda setuju bahwa anda telah membaca, memahami, mengetahui, menyetujui, dan menerima seluruh informasi, syarat, dan ketentuan penggunaan layanan yang terdapat dalam Ketentuan ini.

Ketentuan ini merupakan perjanjian yang sah antara Kami dan anda terkait tata cara dan persyaratan penggunaan Situs ini. • Konten ialah seluruh informasi yang terdapat dalam Situs termasuk, informasi, data dan program tertulis, gambar visual atau audio. • Materi ialah gambar, komentar, penilaian, maupun saran yang anda unggah di dalam Situs. • Hak cipta atas Konten dari Situs ini adalah milik Perusahaan dan/atau diberikan lisensinya kepada Perusahaan oleh pihak ketiga.

Konten dari Situs ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta, traktat, dan peraturan perundang-undangan di negara Republik Indonesia dan negara terkait dimana pemilik lisensi berada. Anda dilarang untuk menggunakan Konten di luar ketentuan yang diperbolehkan dalam Ketentuan ini dan yang secara tegas oleh peraturan perundang-undangan, termasuk namun tidak terbatas kepada penggandaan, pendistribusian, pengubahan, penyiaran untuk umum, penggunaan kembali dan/atau pemindahan Konten.

• Anda kapan saja dapat berhenti menggunakan Situs ini, termasuk mengajukan permintaan penghapusan akun (apabila anda telah melakukan pendaftaran sebagai pengguna Situs). Mohon diperhatikan bahwa penggunaan Situs tunduk pada Ketentuan yang Perusahaan keluarkan dan/atau perbaharui dari waktu ke waktu.

• Anda menyatakan dan menjamin bahwa anda adalah individu yang secara hukum berhak dan cakap untuk mengadakan dan mengikatkan diri dalam perjanjian berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Apabila ketentuan tersebut tidak terpenuhi, Perusahaan berhak berdasarkan hukum untuk membatalkan setiap perjanjian yang dibuat dengan anda. Anda selanjutnya menyatakan dan menjamin bahwa anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Situs. • Perusahaan mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda seperti nama, alamat, surat elektronik, nomor telepon Anda ketika apa logo itu mendaftarkan diri pada Situs.

Anda wajib untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap serta memperbaharui informasi dan setuju untuk memberikan kepada Perusahaan bukti identitas apapun yang secara wajar Perusahaan mintakan agar Perusahaan dapat tetap menyediakan layanan melalui Situs secara utuh dan maksimal kepada anda.

• Setelah mendaftarkan diri pada Situs, anda akan mendapatkan suatu akun pribadi yang dapat diakses dengan kata sandi yang anda pilih. Anda berjanji apa logo itu tidak menyerahkan, mengalihkan maupun memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas anda atau menggunakan akun anda. Anda wajib menjaga kerahasiaan kata sandi akun anda dan setiap identifikasi yang Perusahaan berikan kepada atas akun atau identitas pribadi anda.

Dalam hal terjadi pengungkapan kata sandi atas akun anda dengan cara apapun yang terjadi bukan atas kesalahan Perusahaan dan mengakibatkan penggunaan yang tidak sah dan/atau tanpa kewenangan atas akun anda, transaksi maupun pesanan yang terjadi dalam Situs tetap dianggap sebagai transaksi yang sah kecuali anda memberitahu Perusahaan sebelumnya.

• Anda wajib melaporkan kepada Perusahaan bila anda kehilangan kendali atas akun anda. Anda bertanggung jawab atas setiap penggunaan akun Situs anda meskipun jika Akun tersebut telah disalahgunakan oleh pihak lain. • Anda dapat melakukan pengunggahan informasi, foto, video, konten, penilaian, komentar dalam fitur-fitur tertentu yang terdapat dalam Situs, dimana hasil unggahan anda akan dapat dikonsumsi oleh pengguna Situs lainnya.

Anda dilarang untuk melakukan pengunggahan yang mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (“SARA”), pornografi, pelanggaran hak kekayaan intelektual dan/atau copyright. Perusahaan berhak untuk melakukan penghapusan atau pemblokiran atas hasil unggahan anda apabila unggahan tersebut melanggar Ketentuan.

• Anda tidak diperkenankan untuk membahayakan, menyalahgunakan, mengubah atau memodifikasi Situs dengan cara apapun. Perusahaan berhak untuk menghentikan penggunaan atas akun Situs anda lebih lanjut jika anda menggunakan Situs tanpa mematuhi Ketentuan. • Anda hanya diizinkan untuk menggunakan Situs ini untuk tujuan mempergunakan layanan yang disediakan dalam Situs ini dan keperluan lain sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk lebih tegasnya, anda dilarang untuk melakukan penggalian apa logo itu informasi Perusahaan atau informasi lainnya yang memiliki keterkaitan dengan Situs.

Anda tidak dapat mempergunakan Situs ini untuk melakukan penipuan dalam bentuk apapun dan/atau membuat ketidaknyamanan terhadap pihak lain maupun pihak yang menyediakan layanan dalam Situs ini. Segala informasi yang anda dapatkan terkait penggunaan layanan dalam Situs ini tidak akan disalahgunakan oleh anda. • Anda harus menjaga kerahasiaan dan tidak akan menyalahgunakan informasi yang anda terima dari penggunaan Situs. • Anda dilarang menggunakan Situs untuk hal-hal yang dilarang berdasarkan hukum dan peraturan undang-undang yang berlaku.

• Perusahaan bekerja sama dengan pihak ketiga (“ Mitra Perusahaan”) untuk mengembangkan, menambah dan/atau meningkatkan fitur serta fungsi dalam Situs dan/atau menyediakan layanan termasuk layanan jual beli mobil bekas.

Penggunaan Merek Dagang • Auto2000, produk-produk Auto2000 dan nama-nama produk terkait yang dapat ditemukan dalam Situs ini adalah merek layanan atau merek dagang terdaftar milik Perusahaan. Nama-nama produk maupun layanan dan nama-nama perusahaan lain atau Mitra Perusahaan yang ditemukan dalam Situs adalah nama-nama resmi, merek-merek dagang terdaftar atau merek-merek layanan terdaftar dari perusahaan masing-masing. Perusahaan tidak memberikan lisensi penggunaan merek-merek dagang tersebut di atas kepada pihak lain di dalam atau melalui Situs ini.

Anda dilarang untuk menyalahgunakan merek-merek dagang dan Konten yang ditampilkan pada Situs ini tanpa adanya persetujuan tertulis dari Perusahaan dan/atau pemilik lisensi terkait termasuk Mitra Perusahaan. Merek-merek dagang dan Konten tersebut diizinkan penggunaannya hanya apabila hal itu secara tegas dinyatakan dalam Ketentuan ini. • Konten yang ditampilkan di Situs merupakan milik Perusahaan maupun milik Mitra Perusahaan atau digunakan dengan izin dari pihak terkait. Anda dan/atau siapapun yang anda izinkan, tidak diperbolehkan untuk menggunakan Konten tersebut kecuali diizinkan secara khusus oleh Ketentuan ini atau izin khusus yang terdapat di bagian lain dalam Situs.

Setiap penggunaan yang tidak sah dari gambar, logo, merek, desain yang terdapat dalam Situs dapat melanggar peraturan perundangan di bidang hak cipta, merek, data pribadi serta hukum perdata dan pidana. • Seluruh Konten penjualan barang dan jasa di luar situs ini bukan menjadi tanggung jawab Perusahaan. Jaminan Mengenai Konten Perusahaan melaksanakan segala upaya dengan itikad baik untuk menyediakan Konten yang benar, aktual, lengkap dan jujur sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku namun Perusahaan tidak bertanggungjawab atas keakuratan dan kelengkapan isi Situs termasuk informasi yang disediakan oleh Mitra Perusahaan yang terjadi di luar kendali Perusahaan.

Perusahaan maupun pihak-pihak lain yang terlibat dalam membuat, memperbaharui maupun meyediakan Situs ini tidak bertanggung jawab atas segala kerugian baik secara langsung atau tidak langsung, konsekuensial, dan/atau tuntutan yang timbul akibat akses, penggunaan, atau kegagalan untuk mengakses atau menggunakan Situs.

Tanpa membatasi hal-hal tersebut, seluruh informasi dan konten yang terdapat di Situs disediakan untuk anda “SEBAGAIMANA ADANYA” TANPA JAMINAN APAPUN, BAIK TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN UNTUK MELAKUKAN JUAL-BELI, KESESUAIAN DENGAN TUJUAN TERTENTU, ATAU BEBAS DARI PELANGGARAN.

Penggunaan Situs • Perusahaan dari waktu ke waktu berupaya untuk menjaga keamanan dan kelaikan situs, namun Perusahaan tidak bertanggung jawab atas setiap kerusakan, kehilangan, atau kerugian apapun lainnya yang disebabkan oleh akses atau penggunaan Situs oleh anda atau setiap unduhan anda atas setiap Materi dari Situs. • Sesuai dengan Kebijakan Privasi Perusahaan, setiap Materi yang anda kirimkan ke Situs melalui surat elektronik atau media lainnya akan diperlakukan sebagai non-confidential dan non-proprietary dan dapat digunakan oleh Perusahaan untuk tujuan apapun, termasuk, namun tidak terbatas pada, reproduksi, pengungkapan, pengiriman, publikasi, penyiaran, dan posting.

Selain itu, Perusahaan berhak untuk menggunakan, tanpa kompensasi dan tanggung jawab apapun terhadap anda, setiap ide, konsep, pengetahuan, atau teknik yang terkandung dalam setiap informasi atau Materi yang anda kirim ke Situs untuk tujuan apapun, termasuk, namun tidak terbatas pada, pengembangan, manufaktur, dan pemasaran produk.

• Perusahaan tidak bertanggung jawab atas setiap kerusakan dan/atau kerugian yang diakibatkan oleh pihak ketiga yang secara melawan hukum maupun secara tidak sah menggunakan dan/atau memodifikasi informasi atau Konten yang terkandung di dalam Situs. • Perusahaan tidak berkewajiban dan bertanggung jawab atas setiap kerusakan dan/atau kerugian yang timbul akibat segala kesalahan, pencemaran nama baik, fitnah, unsur pornografi, melanggar norma-norma, atau ketidaktepatan yang terkandung dalam Materi yang anda kirimkan atau posting ke Situs.

• Anda dilarang memposting atau mengirimkan Materi yang melanggar hukum, mengancam, memfitnah, mengandung unsur pornografi atau yang merupakan atau mendorong tindakan yang akan dianggap suatu pelanggaran pidana atau menimbulkan tanggung jawab perdata. • Perusahaan akan bekerjasama dengan setiap pejabat penegak hukum atau mematuhi perintah pengadilan atau instansi berwenang lainnya yang meminta atau mengarahkan Perusahaan untuk mengungkapkan identitas dari siapa pun yang memposting maupun mengirmkan Materi ke Situs.

Tautan ( Link) ke Situs web Lain Perusahaan tidak bertanggung jawab atas isi maupun konsekuensi dari setiap situs lain yang terhubung ke dan dari Situs. Tindakan anda mengakses situs lain tersebut sepenuhnya merupakan resiko anda sendiri. Walaupun Perusahaan dapat menyediakan link pada Situs ini untuk terhubung ke situs-situs lain, adanya link tersebut semata-mata untuk kenyamanan anda dan tidak dapat ditafsirkan sebagai bagian dari Situs. Perusahaan tidak bertanggungjawab atas jaminan, tersurat maupun tersirat, keakuratan, validitas, atau legalitas atas informasi yang terkandung dalam situs lain tersebut.

Aturan Hukum yang Berlaku dan Yurisdiksi Konten yang ada pada Situs ini dan yang ada pada Ketentuan ini tunduk kepada aturan hukum negara Republik Indonesia. Setiap perselisihan yang terkait dengan, atau muncul dari, Situs ini antara anda dengan Perusahaan akan diselesaikan berdasarkan hukum Indonesia dengan domisili hukum Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

MENGENAI INFORMASI PRIBADI PENGGUNA SITUS Apa logo itu Yang Diterima • Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Perusahaan untuk melakukan pemanfaatan data pribadi dan/atau data transaksi anda untuk penggunaan Situs, transaksi, kegiatan bisnis dan operasional Perusahaan maupun keperluan lain yang terkait dengan pelaksanaan layanan dalam Situs ini.

• Perusahaan menerima data pribadi tentang anda sebagai pengguna Situs, dimana anda harus melengkapinya sebelum menggunakan Situs ini, terutama ketika berbelanja online melalui Situs. Data pribadi termasuk, namun tidak terbatas pada, nama Anda, nomor kartu identitas, alamat apa logo itu tinggal, nomor ponsel, alamat e-mail, dan informasi-informasi pribadi terkait lainnya. Perusahaan dapat meminta Apa logo itu untuk menyediakan informasi yang jelas mengenai domisili Anda dan informasi-informasi pribadi lainnya apa logo itu ketentuan proses pembayaran pembelian kendaraan bermotor.

• Dalam menggunakan layanan melalui Situs, anda diwajibkan untuk selalu memberikan informasi dan data pribadi yang benar dan akurat. Kegagalan maupun kesalahan dalam pemberian informasi dan data pribadi yang benar dan akurat dapat mengakibatkan Perusahaan gagal untuk memberikan layanan terbaik dan akurat kepada A ndadan hal ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab A nda sebagai pemberi d ata i nformasi. • Segala informasi dan data yang Perusahaan terima dari anda melalui Situs ini akan Perusahaan gunakan untuk pengembangan jasa Perusahaan termasuk layanan pemasaran Perusahaan.

Anda dilarang menggunakan Situs ini untuk keperluan sebagai berikut: • Meniru orang lain atau entitas termasuk namun tidak terbatas pada seorang wakil dari Perusahaan, ataupun meniru sebagai perwakilan dari individu ataupun entitas yang melakukan pembelian. • Melakukan pengunggahan yang mengandur unsur suku, agama, ras dan antar golongan (“SARA”), dan pornografi termasuk segala hal yang dilarang oleh peraturan dan hukum yang berlaku.

• Mengunggah, menyampaikan, mengirim Materi yang melanggar paten, merek, rahasia dagang, hak cipta, atau hak kekayaan lain yang dimiliki oleh pihak lain. • Memberikan informasi palsu, informasi yang dilarang berdasarkan hukum yang berlaku, informasi yang dilarang disampaikan menurut perjanjian tertentu. • Memperoleh atau menyimpan informasi pribadi atau data milik pengunjung lain atau pengguna Situs ini, dan menyebarkan data-data tersebut kepada pihak ketiga lain.

• Melakukan hacking, cracking, atau percobaan lain untuk mengambil alih kontrol terhadap Situs. Informasi/Data Pribadi Anda Dalam Transaksi • Data Pribadi adalah setiap data perseorangan baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non elektronik (“Data Pribadi”).

• Setiap layanan Perusahaan dilakukan sesuai dengan prosedur yang Perusahaan jalankan. Dalam hal ini, anda dapat diminta untuk memberikan Data Pribadi dan/atau informasi lain guna memproses pembelian anda atas layanan Perusahaan.

• Perusahaan dapat mempergunakan data pribadi anda dan informasi lain yang diberikan melalui Situs untuk memberikan pelayanan bagi Anda yang dapat meliputi hal-hal sebagai berikut: • Pendaftaran akun untuk transaksi pembelian produk; • Apa logo itu SPK Online (penjelasan lebih lanjut dalam Syarat dan Ketentuan Situs); • Administrasi pembayaran sampai serah terima barang (termasuk pengiriman produk ke alamat Anda); • Promosi produk berupa potongan harga (penjelasan lebih lanjut dalam Syarat dan Ketentuan Situs); • Untuk kepentingan lain yang memerlukan informasi/data pribadi pengguna Situs di masa depan (apabila ada), apa logo itu dipergunakan atas suatu tindakan baru yang tidak dijelaskan dalam Ketentuan ini.

• Perusahaan akan segera memberitahukan kepada anda apabila terdapat gangguan terhadap penyimpanan data pribadi Apa logo itu.

Perlindungan dan Penggunaan Data Pribadi • Guna melindungi hak privasi sesuai dengan peraturan yang berlaku dan untuk senantiasa meningkatkan kualitas produk/layanan, anda sebagai pemilik data pribadi memberikan Persetujuan kepada Perusahaan untuk : • menerapkan sistem, prosedur dan perangkat teknis serta mengambil tindakan lain yang kami anggap perlu sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku untuk melindungi data pribadi yang diberikan oleh terkait p roses dan/atau transaksi A nda dengan Perusahaan ; • memperoleh, mengelolamenyimpan dan memusnahkan data pribadi, termasuk dengan cara bekerjasama dengan pihak penyedia layanan teknologi informasi atau pihak lainnya; • memberikan akses kepada afiliasi dari Perusahaan termasuk Mitra Perusahaan, penasehat professional, auditor eksternal, termasuk penasehat hukum, keuangan dan konsultan lainnya untuk mempergunakan data pribadiantara lain untuk analisa data, hosting situs, untuk berkomunikasi dengan a nda melalui berbagai sarana/kanal komunikasi, menyampaikan promosi dan informasi lain yang menurut Kami bermanfaat untuk a nda dan melakukan kajian untuk memahami produk/layanan yang menurut Kami menjadi kebutuhan a nda .

apa logo itu

anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Perusahaan bahwa Perusahaan dapat mengirimkan, menyimpan, menggunakan dan mengolah data pribadi dan/atau data transaksi anda pada server yang terletak di pusat data yang ditunjuk oleh Perusahaan. Pusat data tersebut dapat dikelola oleh pihak ketiga dan/atau terletak di luar wilayah negara Republik Indonesia. d. Untuk dipahami bahwa Perusahaan dapat membuka data informasi anda dalamsituasi-situasi sebagai berikut : • Untuk dibawa/dipergunakan membantah suatu klaim/tuntutan; • Untuk memenuhi perintah pengadilan, proses yudisial; • Untuk investigasi penipuan atau tindakan melawan hukum lainnya.

• Untuk menerapkan Ketentuanyang dapat diaplikasikan ke produk dan jasa Perusahaan. • Untuk melindungi hak, properti atau keamanan dari Perusahaan, pengguna lain dari Situs ini atau pihak lain yang termasuk kebijakan Perusahaan. • Untuk situasi apapun yang diper kenankan secara hukum yang berlaku di Indonesia. MENGENAI PRODUK DAN/ATAU LAYANAN Setiap Konten produk dan/atau layanan yang terdapat dalam Situs dapat berbeda dengan kondisi aslinya baik bentuk, jumlah, ketersediaan, waktu, tempat, spesifikasi maupun warna yang tersedia.

Anda disarankan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada Perusahaan atas kondisi aktual maupun ketersediaan produk dan/atau layanan tersebut, melalui telepon ( call center Auto2000) dan/atau whatsapp chat dan/atau layanan Tasia pada Situs. Apabila anda tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu, maka transaksi maupun pesanan yang terjadi dalam Situs tetap dianggap sebagai transaksi yang sah.

Adapun produk dan/atau layanan yang tersedia dalam Situs ini adalah jual beli kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas, servis kendaraan bermotor, jual beli aksesori dan suku cadang kendaraan bermotor. Informasi Produk • Perusahaan berhak untuk mengubah setiap detail spesifikasi produk tanpa pemberitahuan.

Rincian spesifikasi juga dapat berubah sesuai kondisi dan persyaratan yang berlaku dilokasi anda. Kendaraan yang digambarkan dan spesifikasi rinci dalam Situs ini dapat berbeda dari model yang tersedia di lokasi anda.

Model, bentuk dan warna aksesori kendaraan dapat berbeda dari gambar apa logo itu Situs ini. Harga-harga yang tercantum dalam Situs terkait dengan produk dan layanan dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

• Perusahaan memiliki hak untuk berhenti menampilkan beberapa produk dan/atau layanan. Perusahaan berhak untuk mengubah harga produk dan/atau layanan. • Untuk keperluan perbaikan, penentuan rating, spesifikasi serta pengembangan Konten, tampilan produk dapat berubah tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

• Gambar yang ditampilkan oleh Situs dapat menampilkan nada warna yang berbeda berdasarkan karakteristik layar monitor yang anda gunakan.

• Semua merek dagang dalam Situs adalah milik Toyota. • Perusahaan menyediakan layanan Tasia yaitu media komunikasi berupa chat yang terdapat pada Situs, berfungsi untuk membantu anda mengerti lebih jelas tentang Situs ini dan produk serta layanan yang terdapat dalam Situs. Anda juga dapat menghubungi cabang-cabang Perusahaan langsung melalui telepon ( call center Auto2000) atau melalui aplikasi whatsapp pada nomor yang tertera pada Situs ini, ataupun dengan mendatangi langsung cabang penjualan milik Perusahaan terdekat.

Perusahaan berhak untuk mengganti informasi mengenai produk yang dijual apa logo itu adanya pemberitahuan sebelumnya dengan memasang versi yang sudah diubah di dalam Situs ini. Harga Produk dan/atau Layanan Harga produk dan/atau layanan yang tertera pada Situs merupakan harga yang tidak mengikat dan sewaktu-waktu dapat berubah. • Pembelian Kendaraan Bermotor Baru ( New Car) Harga pembelian kendaraan bermotor (mobil) baru yang ditampilkan dalam Situs ini akan disesuaikan berdasarkan kota dimana alamat yang tertera pada Kartu Tanda Pengenal (“ KTP”) pemesan berada.

Sistem dalam Situs akan meminta pemesan untuk memasukan informasi KTP pemesan apa logo itu pemesan akan melakukan transaksi pembelian online sebagai salah satu persyaratan proses transaksi online sale. Harga kendaraan bermotor akan disesuaikan dengan kota lokasi pembelian kendaraan. • Jual Beli Kendaran Bermotor Bekas ( Used Car) Kendaraan bermotor bekas (selanjutnya disebut “ Mobil Bekas”) yang ditampilkan dalam Situs ini adalah produk milik PT Astra Auto Trust (selanjutnya disebut “ AAT”) sebagai salah satu Mitra Perusahaan, dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Harga Mobil Bekas dalam Situs ini tidak termasuk biaya pengiriman dan Biaya Balik Nama (BBN). Harga dapat mengalami perubahan sewaktu – waktu Proses Pembayaran untuk pembelian kendaraan bermotor bekas mengikuti proses pembayaran untuk kendaraan baru.

• Layanan Servis Harga biaya layanan servis yang tertera pada Situs bersifat estimasi, artinya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Booking service & pembatalannya yang dilakukan melalui Situs tidak dipungut biaya. • Pembelian Aksesoris Harga pembelian aksesoris kendaraan akan ditampilkan sesuai dengan harga per item. Ketersediaan produk bergantung pada stok yang ada pada cabang Perusahaan. Harga yang ditampilkan merupakan harga final dan sudah termasuk biaya pemasangan di bengkel cabang Perusahaan.

• Pembelian Suku Cadang Harga suku cadang yang tercantum dalam Situs belum termasuk biaya pemasangan di bengkel cabang Perusahaan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga yang dipergunakan untuk pembayaran adalah harga suku cadang ketika anda telah mengkonfirmasi untuk melakukan pembelian suku cadang. Apabila harga suku cadang ketika anda melakukan permintaan melalui Situs, berbeda dengan harga ketika anda melakukan konfirmasi pembelian melalui cabang Perusahaan, maka harga yang dipergunakan adalah harga ketika konfirmasi pembelian telah dilakukan melalui cabang Perusahaan.

Promosi Produk (Potongan Harga/Diskon) • Promosi yang terdapat dalam Situs berlaku sesuai periode yang dicantumkan dan berlangsung selama persediaan masih ada. Promosi berlaku spesifik hanya untuk model, tenor, dan periode sesuai yang tercantum dalam halaman promosi Situs.

Perhitungan apa logo itu dalam promo yang berlaku bersifat fixed dan tidak dapat diubah ataupun dimodifikasi. Promo tidak dapat digabungkan apa logo itu promosi lainnya.

Adapun promosi tidak berlaku untuk kendaraan Dyna, HiAce, dan Hilux. • Dalam hal pembelian kendaraan bermotor dengan cara online sale dengan kode promo dan/atau voucher diskon, maka setiap kode promo dan/atau voucher diskon tersebut harus diinput sebelum pembayaran dilakukan. Anda tidak diperkenankan untuk meminta agar kode promo ataupun voucher diskon tersebut dipergunakan secara offline dengan alasan apapun.

Permintaan yang dimaksud adalah permintaan potongan harga pembelian dengan meminta cashback dengan penggunaan apa logo itu promo ataupun voucher setelah pembayaran secara offline selesai diproses.

• Apabila anda menggunakan promosi dan diskon dalam bentuk kode promo/voucher, maka perhitungan harga beli produk menjadi harga jual (OTR) dikurangi potongan harga promo pada Situs dikurangi potongan harga kode promo/voucher. • Promo dan diskon yang berlaku akan selalu Perusahaan tampilkan dalam Situs, yaitu pada tauta n promosi.

Anda dapat selalu mengecek promo dan/atau diskon yang sedang berlaku pada tautan tersebut. Pembayaran Produk • Pembayaran produk dan/atau layanan yang Perusahaan sediakan dapat melalui virtual account atau kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang bekerjasama dengan Perusahaan. • Pembayaran yang Perusahaan terima untuk unit kendaraan bermotor hanya melalui virtual account. Pembayaran menggunakan metode selain melalui virtual account tidak akan Perusahaan terima, dan akan menghambat proses pembelian produk dan/atau layanan yang anda kehendaki.

• Virtual Account adalah nomor identifikasi pelanggan Perusahaan yang disediakan oleh Bank atas permintaan Perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh Perusahaan kepada anda sebagai nomor rekening tujuan penerimaan ( collection). Virtual Account merupakan suatu bentuk open payment (tidak memiliki jumlah tagihan yang pasti), dimana setiap setoran atas Virtual Account dibukukan oleh sistem ke rekening utama dengan mencantumkan nomor dan nama rekening virtual.

Dengan metode ini, pembayaran akan menjadi lebih mudah, yaitu anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual, melainkan sudah dibukukan langsung oleh sistem bank. • Untuk pembayaran biaya layanan service, aksesoris dan/atau suku cadang, dapat dilakukan melalui virtual account atau kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang bekerjasama dengan Perusahaan.

Dalam hal anda bermaksud untuk melakukan pembatalan atas pembayaran biaya aksesoris/suku cadang secara online, pembatalan tersebut hanya dapat dilaksanakan secara offline di cabang Perusahaan. • Dengan anda melakukan pembayaran dengan cara yang disediakan berarti anda memahami secara jelas penjelasan di atas, dan Anda menyetujui kebijakan ketentuan pembatalan yang tercantum di atas. MENGENAI PEMBELIAN UNIT KENDARAAN BERMOTOR Kendaraan Bermotor Yang Dijual Dalam Situs ini, Perusahaan menjual produk kendaraan bermotor berupa mobil dengan merek Toyota, yang terdiri dari mobil baru ( new car) dan mobil bekas ( used car).

Ketentuan mengenai pembelian unit kendaraan bermotor ini berlaku untuk mobil baru maupun bekas. Pembayaran Unit Kendaraan Bermotor • A pabila dalam proses transaksi online pembelian Kendaraan Toyotaanda telah memilih untuk melakukan pembayaran, baik secara tunai, pembiayaan ( leasing), maupun dengan booking fee, kemudian anda melakukan pembatalan pesanan anda, maka anda akan dikenakan denda 50% dari pembayaran, baik secara tunai, leasing, maupun pembayaran booking fee yang sudah diterima oleh Perusahaan.

Khusus untuk pem esanan k endaraan Toyota dengan status kendaraan masih dalam proses produksi dan/atau pemesanan di A gen T unggal P emegang M erek ( inden )denda pembatalan tidak berlaku apabila pembatalan diminta oleh anda dikarenakan adanya kenaikan harga melebihi 10% dari harga O n T he R oad. • Dengan melakukan pembayaran dengan cara yang disediakan berarti Anda memahami secara jelas penggunaan cara pembayaran tersebut dan anda menyetujui kebijakan ketentuan pembatalan yang tercantum di atas.

• Dengan melakukan pembayaran, anda menyetujui syarat dan ketentuan ini dan anda memahami untuk tidak menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran anda kepada pihak lain selain pihak perwakilan Perusahaan.

Apabila terjadi kerugian akibat anda menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran anda kepada pihak ketiga, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab anda. Ketentuan Apa logo itu • Pembayaran Tunai dengan Virtual Account Ketentuan t ransaksi online k endaraan Toyota dengan mekanisme tunai dengan Virtual Accountyaitu: • Proses t ransaksi pe mesanan k endaraan Toyota akan dilanjutkan setelah Anda melakukan seluruh pembayaran sesuai nilai yang tertera pada ringkasan pemesanan k endaraan pada Situs ini.

• Pembayaran secara tunai hanya dilakukan dengan cara Virtual Account dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Perusahaan dan b ank penyedia.

• Bukti penerimaan pembayaran akan dikirimkan melalui e-mail berdasarkan alamat e-mail yang anda berikan kepada Perusahaan sesuai dengan data pemilik akun yang digunakan untuk log in. • Untuk pem esanan k endaraan Toyota dengan status kendaraan masih dalam proses produksi dan/atau pemesanan di A gen T unggal P emegang M erek ( inden )maka harga sewaktu – waktu dapat berubah menyesuaikan harga O n T he R oad terbaru saat unit kendaraan bermotor tersedia.

• Pembayaran dengan Perusahaan Pembiayaan Ketentuan t ransaksi k endaraan Toyota dengan mekanisme melalui leasingyaitu: • Proses administrasi t ransaksi k endaraan Toyota dilanjutkan setelah anda terlebih dahulu melakukan pelunasan uang muka sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan; • Pembayaran hanya dilakukan dengan cara Virtual Account dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Perusahaan dan bank penyedia; • Proses pembiayaan kendaraan Toyota akan diteruskan ke perusahaan pembiayaan setelah Anda melakukan pembayaran Booking Fee sesuai nilai yang tertera pada ringkasan pemesanan Kendaraan Toyota.

• Persetujuan kredit merupakan wewenang penuh dari pihak perusahaan penyedia leasing yang anda pilih. • Pilihan perusahaan pembiayaan yang tersedia dalam Situs merupakan upaya Perusahaan untuk memberikan kemudahan bagi anda.

Anda dapat memilih perusahaan pembiayaan selain yang tercantum dalam Situs dengan memilih tombol others pada Situs. Jika. Setiap anda melakukan pilihan pembelian melalui perusahaan penyedia leasing, maka anda akan di arahkan ke website perusahaan pembiayaan terkait atau anda akan dihubungi oleh Perusahaan atau perusahaan penyedia leasing yang anda pilih. • Pada saat melakukan pembayaran, anda akan diminta untuk melakukan pembayaran Booking Fee sesuai unit yang dipesan melalui Virtual Account.

• Bukti penerimaan pembayaran akan dikirimkan melalui e-mail berdasarkan alamat e-mail yang anda berikan kepada Perusahaan sesuai dengan data pemilik akun yang digunakan untuk log in. • Apabila pihak perusahaan penyedia leasing tidak menyetujui pengajuan leasing, maka transaksi dinyatakan batal. • Kendaraan Toyota akan dikirimkan setelah seluruh proses admistrasi penjualan selesai dan pelanggan sudah menandatangani kontrak perjanjian dengan perusahaan pembiayaan.

• Memesan dengan Booking Fee Apabila anda memilih t ransaksi k endaraan Toyota dengan metode booking fee, proses pembelian akan dilanjutkan dan/atau diteruskan setelah anda menentukan jenis pembayaran yang ada piilih.

Perusahaan menyediakan waktu bagi anda dalam menentukan jenis pembayaran selama 3x24 jamapabila dalam waktu tersebut a nda belum menentukan jenis pembayaran maka transaksi pem esanan k endaraan Toyota Anda tidak akan di teruskan ke proses lebih lanjut ( batal ).

Perusahaan akan menghubungi anda dalam menindaklanjuti proses pembatalan. A nda wajib memilih salah satu dari metode ketentuan pembayaran dalam melakukan pembayaran. Dalam proses pembayaran, anda wajib untuk mengunggah dokumen pribadi anda, yaitu [foto atau scan] KTP, serta melengkapi data-data pribadi anda, seperti tanggal lahir, jenis kelamin, alamat sesuai KTP, nomor ponsel, alamat email, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Harga pembelian akan menyesuaikan dengan domisili KTP anda. Untuk kepentingan tanda tangan elektronik anda, apa logo itu wajib mengunggah swafoto anda dan memasukan kode OTP yang akan dikirimkan melalui email sebagai proses verifikasi akun tanda tangan elektronik anda. Anda tidak dapat melanjutkan proses transaksi pembayaran kendaraan anda, sebelum melengkapi seluruh data pribadi yang diminta dan memilih cabang Perusahaan tempat pembelian kendaraan.

Adapun apabila nama STNK dan BPKB kendaraan yang akan dibeli berbeda dengan nama anda selaku pembeli, maka anda harus memasukkan informasi pihak yang tercantum sebagai pemilik kendaraan. Anda akan diminta untuk membayar Booking Fee (apabila anda apa logo itu metode pembayaran melalui pembiayaan ( leasing) dan/atau memesan dengan Booking Fee).

Apabila proses ini telah dilakukan, maka anda akan menerima pesan konfirmasi melalui alamat email yang anda daftarkan. Anda wajib mengkonfirmasi transaksi anda sesuai email yang anda terima. Transaksi pembelian kendaraan anda akan di- follow up oleh apa logo itu Perusahaan ( Salesman) Perusahaan sesuai cabang yang telah Anda pilih.

Perusahaan akan memberikan pemberitahuan tahap-tahap transaksi kepada anda pada setiap tahap transaksi yang anda lakukan melalui Situs. Ketentuan Harga OTR ( On the Road) Harga OTR mengikuti lokasi yang dipilih dan mengikuti domisili yang tertera pada KTP Pemesan untuk pengajuan STNK. Adapun harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga pembelian akan menjadi harga final pada saat anda melakukan check out pembayaran. Harga yang tercantum di Situs akan mengikuti penambahan biaya pajak progresif (apabila ada) sesuai dengan ketentuan yang berlaku di pro v insi yang memberlakukan p ajak p rogresif. Simulasi Pembiayaan Apabila anda memilih metode pembayaran melalui leasingmaka Situs apa logo itu menampilkan simulasi kredit. Simulasi kredit dibuat berdasarkan harga OTR ( On the Road) yang disesuaikan dengan lokasi yang dipilih oleh anda.

Anda akan memperoleh perhitungan kredit tetap ( fixed) ketika anda telah sepakat dengan perusahaan pembiayaan yang a nda pilih. Apabila Anda melakukan penambahan produk maupun layanan selain unit kendaraan bermotor, maka harga tersebut akan ditambahkan dalam simulasi kredit yang secara otomatis apa logo itu oleh sistem Situs.

Perhitungan dalam simulasi ini mencakup uang muka dan cicilan (biaya Toyota Astra Credit Protection (TACP) dan bunga leasing berdasarkan tenor), namun tidak termasuk biaya administrasi untuk leasing, biaya fidusia, tanggung jawab hukum (TJH) pihak ketiga.

Biaya administrasi untuk leasing dan premi asuransi All Risk Pre-paid akan apa logo itu dalam jumlah total uang muka kendaraan. Adapun asuransi All Risk Pre-paid merupakan asuransi yang pembayaran preminya dilakukan di awal bersama dengan pembayaran uang muka kendaraan, dan tidak dapat dicicil bersama cicilan pembayaran kendaraan.

Surat Pesanan Kendaraan (SPK) • Dalam hal pembelian kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas, anda diwajibkan untuk mengisi Surat Pesanan Kendaraan (selanjutnya disebut “SPK”). Pengisian SPK dapat dilakukan secara online ataupun offline. Anda dapat memilih untuk melanjutkan pemesanan secara online ataupun offline. • Apabila anda memilih transaksi pemesanan melalui online, maka SPK yang berlaku merupakan SPK Online yang memerlukan tandatangan digital.

Formulir pengisian SPK tersebut akan muncul setelah melalui tahap pemilihan kendaraan bermotor, pengisian data diri dan melengkapi dokumen persyaratan, serta anda telah menyelesaikan transaksi pembayaran uang muka. Setiap Data Pesanan yang terdapat dalam SPK online merupakan data yang Perusahaan anggap benar akan dipergunakan untuk proses selanjutnya.

• Apabila Anda memilih untuk melanjutkan transaksi secara offline, maka seluruh pemesanan Anda akan dilanjutkan di cabang Perusahaan dengan bantuan salesman Perusahaan.

Dalam hal pengisian formulir SPK, proses ini akan dilaksanakan menggunakan format hardcopy yang ditandatangani secara manual yang berisi detail pilihan kendaraan apa logo itu, data diri dan metode pembayaran yang telah dipilih dan diinput oleh anda melalui Situs.

Apabila anda ingin mengubah data mengenai kendaraan yang anda pesan, yaitu tipe kendaraan, jenis kendaraan, warna kendaraan, metode pembayaran yang anda pilih, dan seluruh informasi yang anda berikan mengenai pesanan anda yang tercantum dalam SPK (“Data Pesanan”) pembelian kendaraan, maka anda harus melanjutkan proses pembelian unit kendaraan bermotor dengan menggunakan SPK offline yaitu menandatangani seluruh dokumen-dokumen secara fisik.

Dalam hal pengubahan dilakukan sehingga menggunakan SPK offline, proses SPK online secara otomatis menjadi tidak berlaku. • Apabila Anda ingin mengubah Data Pesanan pada saat dihubungi atau bertatap muka dengan salesman Perusahaan, maka pengisian data yang telah dilakukan secara online melalui Situs menjadi tidak berlaku. Anda wajib melakukan proses pembatalan isian data online terlebih dahulu sebelum melakukan pengubahan Data Pesanan melalui salesman Perusahaan.

• SPK merupakan dokumen penting yang akan menjadi bukti pemesanan anda atas produk kendaraan apa logo itu yang dijual oleh Perusahaan, serta menjadi dokumen persyaratan untuk melanjutkan pembelian anda hingga anda apa logo itu kendaraan bermotor yang anda beli, serta menjadi alat bukti transaksi jual beli antara anda dan Perusahaan apabila terjadi sengketa di kemudian hari.

apa logo itu

Pembelian Kendaraan Online • Dalam hal pembelian kendaraan secara online, anda diwajibkan untuk mengisi SPK Online. SPK Online harus ditandatangani dengan tanda tangan elektronik yang telah disertifikasi sah oleh instansi yang oleh peraturan perundang-undangan diberi kewenangan untuk hal tersebut. Ketentuan mengenai tanda tangan elektronik akan dijelaskan lebih lanjut dalam Ketentuan ini. • Adapun SPK online yang sudah ditandatangani secara elektronik akan menjadi bukti pembelian kendaraan yang berlaku sah antara Perusahaan dan anda, selaku pihak penjual dan pembeli dalam transaksi pembelian kendaraan bermotor secara online, atau dengan apa logo itu lain merupakan surat perjanjian elektronik.

Anda akan menerima SPK online yang sudah ditandatangani dalam bentuk digital yang akan dikirimkan ke e-mail akun anda yang telah terdaftar di Situs ini. • Transaksi jual beli kendaraan secara online yang terdapat dalam Situs ini dapat dilakukan hanya untuk pembelian kendaraan pribadi. Pembelian kendaraan oleh badan usaha dapat dilakukan langsung di cabang-cabang Perusahaan ( offline sale). Pembelian Aksesoris Ketentuan untuk transaksi pembelian aksesoris, yaitu : • Pembatalan transaksi pembelian aksesoris hanya dapat dilakukan secara offline dan tidak dapat sepihak dengan sebelumnya Anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke call center Auto2000 atau datang ke cabang Auto2000, dengan melengkapi mekanisme ketentuan yang telah ditentukan Perusahaan.

• Biaya yang tercantum di Situs sudah termasuk biaya pemasangan aksesoris dan tidak ada biaya tambahan lainnya. • Jaminan yang berlaku pada aksesoris sesuai dengan ketentuan garansi ( Warranty) Perusahaan dan berlaku hanya apabila pemasangan produk dilakukan di bengkel cabang Perusahaan.

• Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan Virtual Account ataupun kartu kredit Pemesanan Suku Cadang • Pemesanan suku cadang melalui Situs akan mengikat hanya apabila cabang Perusahaan yang anda pilih telah mengkonfirmasi permintaan anda untuk dilakukannya pemesanan sesuai ketentuan di cabang Perusahaan tersebut.

Ketentuan mengenai harga pembelian suku cadang tunduk kepada ketentuan harga jual beli suku cadang yang telah diatur di bagian Harga Produk dan/atau Layanan. • Terkait ketersediaan stok produk pada cabang yang dipilih dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok produk kosong anda akan menadapatkan pemberitahuan dan akan diinfokan melalui notifikasi email atau pada saat anda datang ke cabang.

Tanda Tangan Elektronik • Tanda tangan elektronik merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.

UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo. UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahannya menjelaskan bahwa informasi dan/atau dokumen elektronik merupakan suatu alat bukti hukum yang sah.

• Dalam hal pembelian online melalui Situs ini, khususnya untuk pembelian kendaraan bermotor, informasi yang sah dalam perjanjian transaksi jual beli antara Perusahaan dan anda, selaku apa logo itu penjual dan pembeli dibuktikan dengan adanya tanda tangan elektronik pada SPK Online. Tanda tangan elektronik yang dipergunakan dalam perikatan ini merupakan tanda tangan elektronik yang diterbitkan oleh perusahaan sertifikasi tandatangan elektronik yang sah oleh Apa logo itu Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Keabsahan tanda tangan elektronik menjadi salah satu poin yang harus dipenuhi untuk suatu dokumen perjanjian yang sah sebagai alat bukti hukum. • Setiap pemesanan anda melalui Situs dianggap sah apabila telah ditandatangani oleh anda dengan tanda tangan elektronik. Dalam hal ini, Perusahaan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik yaitu PT Solusi Net Internusa apa logo itu. Untuk dapat menggunakan layanan tersebut, anda wajib melakukan registrasi dan/atau log in ke situs pihak ketiga tersebut yang akan langsung terintegrasi dengan Situs serta melengkapi data dan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan.

Anda juga diwajibkan untuk mengunggah swafoto sesuai dengan ketentuan dari pihak ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik. Dalam hal anda telah memiliki akun sebelumnya dalam pihak ketiga tersebut, anda dapat langsung melakukan transaksi menggunakan akun anda yang terdapat dalam pihah ketiga penyedia layanan sertifikasi tanda tangan elektronik selama pihak ketiga tersebut bekerjasama dengan Perusahaan.

Perihal Kredit Untuk pembelian kendaraan bermotor, baik baru maupun bekas, dapat dilakukan dengan cara tunai maupun kredit. Dalam hal pembelian tunai, harga yang tertera pada Situs setelah faktur belanja tercantum dalam Situs merupakan harga final kendaraan bermotor.

Sementara untuk pembelian dengan metode pembayaran kredit, apa logo itu dapat memilih perusahaan pembiayaan sesuai preferensi anda. Perusahaan akan menampilkan simulasi perhitungan harga beli dengan kredit melalui perusahaan pembiayaan setelah anda memilih metode pembayaran dan perusahaan pembiayaan sesuai preferensi anda. Perhitungan yang ditampilkan dalam Situs hanya merupakan simulasi dan tidak bersifat mengikat.

Perhitungan harga final adalah harga yang telah disetujui oleh perusahaan pembiayaan. Fitur Pre-Order Used Car • Dalam pembelian mobil bekas ( used car) pada Situs, Perusahaan menyediakan fitur “Pre-Order”. Melalui layanan ini, anda dapat memesan kendaraan bekas yang tidak tersedia maupun belum sesuai dengan kebutuhan anda yang terdapat di dalam Situs.

Fitur layanan ini akan diproses oleh AATdan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. AAT akan membantu anda mencarikan kendaraan yang anda inginkan tanpa dipungut biaya apapun. • Anda wajib melengkapi data anda dengan benar agar dapat dihubungi selanjutnya. • AAT akan menghubungi anda apabila AAT telah memperoleh kendaraan yang mungkin sesuai dengan yang anda pesan.

Anda tidak akan dipungut biaya apapun sebelum anda telah melihat secara langsung kendaraan tersebut di showroom AAT. Apabila anda sudah setuju dengan kendaraan tersebut maka proses pembelian kendaraan bekas akan berlangsung secara offline.

Ketentuan Trade-In • Layanan Trade-In dalam Situs ini merupakan fasilitas untuk anda dapat melakukan pembayaran uang muka kendaraan baru yang anda ingin beli dengan menggunakan hasil penjualan kendaraan bekas anda. • Melalui layanan ini, anda dapat memperoleh informasi estimasi harga kendaraan bekas anda.

Adapun harga tersebut merupakan harga estimasi dan tidak mengikat yang dibuat berdasarkan perhitungan harga pasar. • Untuk mendapatkan harga kesepakatan penjualan kendaraan bekas anda, anda dapat melakukan penilaian apa logo itu ( appraisal booking) berdasarkan waktu dan lokasi yang anda tentukan. • Harga yang dipergunakan (harga tetap) sebagai harga pembayaran uang muka layanan Trade-In di Situs ini dianggap harga yang sudah disepakati oleh anda selaku penjual kendaraan dengan AAT.

Fitur Get Advised Dalam Situs ini, Perusahaan menyediakan fitur Get Advised yang dapat anda pilih dan isi dalam rangka mendapatkan informasi lebih rinci mengenai produk kendaraan bermotor Perusahaan. Dengan melengkapi dan mengajukan form isian Get Advised, anda setuju untuk dihubungi oleh petugas Perusahaan dan menerima newsletter secara berkala dari Perusahaan melalui email yang anda cantumkan.

Test Drive Perusahaan menyediakan fasilitas test drive bagi anda dalam Situs ini. Adapun ketentuan-ketentuan mengenai test drive kendaraan, antara lain : • Anda wajib memiliki SIM A yang masih berlaku.

• Unit kendaraan bermotor yang tersedia untuk test drive disesuaikan dengan list kendaraan apa logo itu tercantum dalam pilihan jenis test drive pada Situs ini. • Anda dapat memilih tipe kendaraan yang hendak dilakukan test drive dan mengatur jadwal anda untuk test drive kendaraan. • Waktu dan lokasi pelaksanaan test drive dapat berubah dan dilaksanakan sesuai dengan konfirmasi terakhir oleh Salesman Perusahaan.

• Perusahaan tidak menjamin bahwa setiap kendaraan yang Perusahaan jual di Situs ini selalu tersedia untuk dilakukan test drive.

Apabila kendaraan yang hendak anda lakukan test drive tidak tersedia, maka anda harus menunggu Perusahaan menghubungi anda dan memberikan pemberitahuan kepada anda ketika test drive dapat dilaksanakan. MENGENAI LAYANAN SERVIS KENDARAAN BERMOTOR Servis kendaraan bermotor adalah layanan purna jual yang Perusahaan sediakan untuk pelanggan Perusahaan, yang ingin melakukan perawatan atas kendaraan merek Toyota-nya baik secara berkala maupun tidak.

Harga biaya servis yang tertera pada Situs bersifat estimasi, artinya dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan harga yang mengikat ialah harga pada saat perbaikan selesai dilakukan. Booking service & pembatalannya yang dilakukan melalui Situs tidak dipungut biaya. Untuk pembayaran biaya service, aksesoris dan/atau suku cadang, dapat dilakukan melalui virtual account dan/atau kartu kredit (pilih salah satu).

BOOKING SERVIS Apabila anda ingin melakukan booking servis kendaraan bermotor anda, maka ketentuan yang berlaku adalah sebagai berikut : • Dalam hal servis General Repair dan Body Paint kendaraan bermotor, booking wajib dilakukan maksimal 2 apa logo itu hari sebelum servis hendak dilaksanakan. • Dalam hal servis kendaraan bermotor dengan layanan Toyota Home Service (THS), maka booking servis wajib dilakukan maksimal 1 (satu) hari sebelum servis hendak dilaksanakan.

• Apabila anda ingin melakukan pengaturan ulang jadwal servis General Repair dan Body Paint, maka pilihan jadwal tercepat yang dapat anda pilih adalah maksimal 2 (dua) hari setelah jadwal baru diperbarui. • Apabila anda ingin melakukan pengaturan ulang jadwal servis Toyota Home Service (THS), maka pilihan jadwal tercepat yang dapat anda pilih adalah maksimal 1 (satu) hari setelah jadwal baru diperbarui.

Dalam hal servis kendaraan bermotor, anda dapat melakukan tahapan sebagai berikut : • Membuat pemesanan layanan servis ( service booking) kendaraan anda melalui Situs. • Booking Order terbit. • Pihak cabang akan melakukan konfirmasi booking order sesuai jam buka operasional bengkel, yaitu pukul 08.00 s/d 16.00 waktu setempat (hari minggu & libur nasional tutup).

Apabila booking order apa logo itu pada hari libur, maka konfirmasi booking akan dilakukan pada hari kerja berikutnya. • Anda membawa kendaraan ke bengkel Perusahaan dan menyerahkan Surat Perintah Kerja dari Situs berdasarkan booking order agar kendaraan bermotor yang bersangkutan dapat dikerjakan. • Setelah kendaraan anda selesai dikerjakan, anda dapat melakukan pembayaran di kasir ataupun melalui virtual account dan/atau kartu kredit.

• Untuk setiap jadwal servis, anda diharapkan untuk datang sesuai waktu booking. Apabila anda terlambat dari waktu yang sudah dijadwalkan, maka antrian akan mengikuti ketersediaan mekanik/stall pada bengkel. PAKET SERVIS Dalam rangka menyediakan layanan servis terbaik bagi anda, Perusahaan menyediakan paket servis, yang ketentuannya adalah sebagai berikut : • PESTA (Paket Servis Toyota) Paket Servis Toyota (PESTA) adalah paket perawatan kendaraan bermotor baru selama periode atau jarak (kilometer) tertentu yang ditawarkan oleh bengkel Auto2000.

Paket ini memberikan kemudahan bagi anda dalam melakukan perawatan berkala kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Sertifikat Paket Servis Toyota. Sertifikat Paket Servis adalah dokumen berupa 1 lembar sertifikat sebagai bukti kepemilikan yang diperoleh pelanggan ketika berhasil melakukan pembayaran atas paket servis yang dipilih. Sertifikat berisi data diri pemilik, cabang apa logo itu, tipe paket servis yang dipilih beserta daftar item penggantian part yang ditanggung dalam Paket Servis.

PESTA terdiri dari 5 jenis, antara lain : • Paket servis 1,5 Tahun dengan servis berkala (0-20.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 3 Tahun dengan servis berkala (0-40.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 4 Tahun dengan servis berkala (0-60.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 5 Tahun dengan servis berkala (0-80.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu; • Paket servis 6 Tahun dengan servis berkala (0-100.000 km) mana yang tercapai lebih dahulu.

Ketentuan Harga PESTA Harga yang tercantum di Situs merupakan harga final termasuk PPN dan biaya kirim sertifikat. Adapun list apa logo itu PESTA tercantum jelas di Situs sesuai dengan model kendaraan dan jenis PESTA yang dipilih. PESTA dapat dijual secara online maupun offline, dengan ketentuan sebagai berikut: • Online Dapat diakses saat pelanggan melakukan log in di Situs dan melakukan transaksi pembelian mobil baru bersama dengan pembelian aksesoris dan paket servis.

• Apa logo itu Dapat dibeli saat pelanggan berkunjung di cabang Auto2000 melalui frontline cabang dengan syarat kilometer kendaraan belum mencapai 10.000 km. • SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) SPONTAN merupakan paket layanan servis yang Perusahaan sediakan, khusus untuk kendaraan bekas ( used car). Melalui program ini, Perusahaan memberikan biaya servis yang lebih murah. SPONTAN merupakan paket servis kendaraan bekas merk Toyota, dimulai dari kilometer berapapun (≥60.000 km).

SPONTAN terdiri dari 3 jenis, antara lain : • SPONTAN A Terdiri dari 2x Servis Kecil* dengan masa berlaku kupon selama 1,5 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu. b. SPONTAN B Terdiri dari 1x Servis Kecil & 1x Servis Besar** dengan masa berlaku kupon selama 1,5 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu. c. SPONTAN C Terdiri dari 3x Servis Kecil & 1x Servis Besar dengan masa berlaku kupon selama 3 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu.

*Servis Kecil : Service Berkala selain 40.000 km dan kelipatannya. **Servis Besar : Service Berkala 40.000 km dan kelipatannya. Ketentuan Harga SPONTAN Harga yang tercantum di Situs merupakan harga final termasuk PPN dan biaya kirim sertifikat servis. Adapun list harga SPONTAN tercantum jelas di Situs sesuai dengan model kendaraan dan jenis SPONTAN yang dipilih. SPONTAN dapat dijual secara online maupun offline, dengan ketentuan sebagai berikut: • Online Dapat diakses saat pelanggan melakukan log in di Situs dan melakukan transaksi pembelian paket servis secara terpisah tidak bersama dengan pembelian unit melalui menu Layanan Kita di Situs.

• Offline Dapat dibeli saat pelanggan berkunjung di cabang Auto2000 melalui frontline cabang dengan syarat kilometer kendaraan lebih dari 50.000 km. • Ketentuan PESTA & SPONTAN : • Sertifikat hanya berlaku untuk kendaraan dengan data yang terdaftar.

• Sertifikat wajib dibawa saat melakukan service berkala. • Paket service mencakup pekerjaan service berkala, dengan ketentuan pergantian part tercantum apa logo itu sertifikat. Pekerjaan dan penggantian suku cadang di luar paket service akan dikenakan biaya tambahan. • Sertifikat service tidak dapat diuangkan. • Sertifikat service dapat digunakan di seluruh bengkel Auto2000. Kebijakan Cookies Cookie adalah berkas data kecil yang ditempatkan browser anda pada komputer atau perangkat seluler anda.

Dengan cookie, Situs dapat mengingat tindakan dan preferensi anda dari waktu ke waktu sehingga Perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Perusahaan. Informasi dipergunakan untuk menelusuri pengunjung Situs dan mengkompilasi laporan statistik dalam aktivitas Situs. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai cookie, dapat mengunjungi laman www.aboutcookies.org atau www.allaboutcookies.org.

Beberapa tampilan Situs mungkin tidak akan berfungsi apabila anda menghapus cookie pada browser anda. Jika anda tidak mengaktifkan cookie, maka anda tidak dapat mengakses fungsi atau tampilan penting tertentu dari Situs dan hanya dapat menggunakan Situs secara terbatas.

Kontak kami Anda memiliki Hak atas perbaikan dan penghapusan data pribadi anda termasuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan Situs dan transaksi. Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut maupun terdapat keluhan dan apa logo itu, anda dapat menghubungi Perusahaan melalui Fitur Get Advised yang tersedia pada Situs.

apa logo itu

Jika pertanyaan anda tidak terjawab secara online, anda dapat menghubungi Kami di nomor 1-500-898. ​​​​​​​
Kesan ambigu tersebab pemilihan atau penggunaan kata yang tak sesuai.

Misalnya, pemilihan dan penggunaan tanda baca yang tak sesuai, maupun intonasi yang tak tepat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ambigu diartikan bermakna lebih dari satu. Mengutip laman dalam Balai Bahasa Jawa Tengah, kalimat ambigu bermakna lebih dari satu atau rancu.

Kalimat ambigu apa logo itu yang taksa atau ganda. Jenis kalimat ambigu • Ambiguitas fonetikal Jenis kalimat ambigu karena adanya proses pembentukan ketatabahasaan.

Contoh kata orang tua yang memiliki arti, orang yang sudah tua atau ibu dan bapak. • Ambiguitas leksikal Jenis kalimat ambigu karena faktor kata itu sendiri. Misalnya satu kata yang memiliki dua apa logo itu yang berbeda. Misalnya kata otak, yang berarti organ dalam rongga tengkorak sebagai pusat saraf, pikiran, atau biang keladi (gembong) KAKAK INDRA PURNAMA Baca: Pakar: Bahasa Melayu Gagal Satukan Ras di Malaysia, Tak seperti Bahasa Indonesia Selalu update info terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.Artikel ini akan membasa secara ringkas beberapa hal yang berhubungan dengan branding, di antaranya: • Pengertian branding, baik secara umum maupun menurut para ahli. • Unsur-unsur yang ada dalam branding. • Tujuan umum kegiatan branding. • Dan fungsi branding dalam bisnis. Yuk simak artikel ini sampai akhir, agar memahami apa itu branding.

Daftar Isi • Apa Itu Branding? • Pengertian Branding Menurut Para Ahli • 1. Philip Kotler • 2. Benny Landa • 3. Wikipedia • Unsur-Unsur Branding • Jenis-Jenis Branding • 1. Product Branding • 2. Personal Branding • 3. Corporate Branding • 4. Geographic Branding • 5. Cultural Branding • Fungsi dan Tujuan Branding Pada Bisnis • Contoh Branding Pada Usaha Kecil • Branding Siapa yang Berhasil, Pak Dony atau Pak Anton?

• Branding dan Pengaruhnya Pada Perkembangan Usaha • 1. Mudah Dikenali • 2. Membedakan Produk Satu dengan Lainnya • 3. Mempengaruhi Psikologi Pembeli • Bagaimana Cara Branding yang Baik? • 1. Mantapkan Karakternya • 2. Bayangkan Produk yang Akan Di-Branding Adalah Orang • 3. Buat Logo dan Tuliskan Tagline • Penutup Apa Itu Branding? Kata branding berasal dari kata brand, dalam bahasa Indonesia artinya merek. Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda.

Seperti disebutkan di atas, kata brand berarti merek, sedangkan branding adalah prosesnya. Jadi, pengertian branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek. Lebih lanjut, proses branding tersebut bisa juga diartikan sebagai sebuah upaya komunikasi yang dibuat sedemikian rupa dan terencana oleh sebuah perusahaan.

Lalu apa tujuannya? Secara umum, tujuannya adalah untuk membuat sebuah merek lebih terkenal. Apakah hanya itu tujuannya? Tentu tidak. Ada tujuan lainnya yang ingin dicapai dari branding. Akan dibahas lebih lanjut di artikel ini. Pengertian Branding Menurut Para Ahli Lalu, apa itu branding berdasarkan perspektif para ahli?

Beberapa ahli menjelaskan pengertian branding menurut pemahaman mereka, di antaranya: 1. Philip Kotler Menurut Kotler (2009), pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.

2. Benny Landa Menurut Landa (2006), pengertian branding adalah bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan. Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek; mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut. 3. Wikipedia Menurut Wikipedia, pengertian branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.

Baca juga: Pengertian Pemasaran Unsur-Unsur Branding Setelah memahami apa itu branding, selanjutnya kita perlu tahu apa saja unsur-unsur yang terdapat dalam branding. Unsur terpenting pada sebuah kegiatan branding adalah nama dagang atau merek itu sendiri. Namun brand harus didukung juga oleh lambang atau simbol identitas visual sebagai pendukung komunikasi pemasaran sebuah merek agar lebih mudah dikenal dan diingat oleh konsumen.

Unsur-unsur branding di antaranya: • Nama merek. • Logo (logo type, monogram, bendera). • Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain). • Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal). • Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada). • Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim).

Jenis-Jenis Branding Kegiatan branding dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya: 1. Product Branding Kegiatan ini apa logo itu untuk mendorong konsumen agar lebih memilih produk yang di-branding ketimbang produk apa logo itu.

2. Personal Branding Personal branding adalah alat pemasaran yang digunakan untuk mengangkat nama seorang publik figur, misalnya politisi, musisi, selebriti, dan lain-lain. Dengan begitu publik figur tersebut mendapat citra yang baik di mata masyarakat. 3. Corporate Branding Tujuan apa logo itu branding adalah untuk meningkatkan reputasi sebuah perusahaan di pasar, meliputi semua aspek perusahaan tersebut mulai dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka terhadap masyarakat.

4. Geographic Branding Kegiatan ini bertujuan untuk memunculkan gambaran dari sebuah produk atau jasa ketika nama lokasi tersebut disebutkan oleh seseorang. 5. Cultural Branding bertujuan untuk mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu atau kebangsaan.

Fungsi dan Tujuan Branding Pada Bisnis Setidaknya ada 4 fungsi dari branding dalam kegiatan bisnis, di antaranya: • Sebagai Pembeda: produk yang sudah memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand merk lain • Promosi dan Daya Tarik: produk yang punya brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan • Membangun Citra, Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise: fungsi branding adalah untuk membentuk citra sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain.

• Pengendali Pasar: brand yang apa logo itu akan lebih mudah mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat brand tersebut.

Sedangkan tujuan branding: • Untuk membentuk persepsi masyarakat • Membangun rasa percaya masyarakat kepada brand • Membangun rasa cinta masyarakat kepada brand Contoh Branding Pada Usaha Kecil Pada suatu hari ada dua penjual bakso dengan cita rasa sama, Pak Anton dan Pak Dony.

Keduanya memberikan ciri khas pedas pada menunya. Dan dua-duanya melakukan hal berbeda untuk mengenalkan baksonya: Pak Anton lebih percaya “My hard work never betrayes me.” Artinya ketika Pak Anton bekerja sangat keras dengan mengutamakan kualitas baksonya dan service, hasil akan mengikuti. Dalam artian kalau di dunia bisnis kita lebih mengenal WoM (Word of Mouth) atau promosi dari mulut ke mulut.

Apa lagi ini di dunia kuliner. Kalau makanannya enak, promosi mulut ke mulut pasti jalan sendiri tanpa banyak usaha. Jadi, Pak Anton ini memiliki pelanggan tetap dan kerap ia mendapatkan customer karena rekomendasi dan review pembelinya. Di lain pihak, Pak Dony memberi nama baksonya dengan Bakso Mercon. Ia lalu membuat logo dan memajangnya di depan warung. Kemudian, ia membombardir akun sosmed: Instagram, Facebook dan lain-lain lalu membuat postingan di website mengenai produknya agar orang datang berkunjung.

Cara ini ternyata cukup efektif dan Pak Dony ternyata dapat pelanggan hanya dengan memberi nama Bakso Mercon dan sedikit usaha promosi. Melupakan perdebatan mana yang apa logo itu enak, Bakso Mercon merk Pak Dony ternyata lebih banyak didatangi apa logo itu baru.

Bahkan dari luar kota. Sementara Pak Anton tetap damai dengan pelanggan setianya dan beberapa pelanggan baru juga ikut mampir. Cuma tidak sebanyak Pak Dony. Branding Siapa yang Berhasil, Pak Dony atau Pak Anton? Nah, dari cerita di atas, kita sudah bisa membayangkan celahnya ada di mana, kan? Kalau saya sendiri tentu saja lebih tertarik dengan Bakso Mercon ketimbang bakso Pak Anton. Alasannya namanya unik, desainnya catchy dan bikin penasaran.

Terlebih kalau lihat fotonya di Instagram. Saya lebih cepat tergiur ketimbang dengan cerita orang. Plus, ada banyak Bakso Pak Apa logo itu di luar sana. Jadi akan sangat membingungkan dimana menemukannya. Sekilas bagi saya, nama Apa logo itu Mercon lebih terpercaya dan terdengar profesional. Apakah merk yang membuat Bakso Pak Dony laku keras dibanding kualitas? Kenyataannya, Pak Dony melakukan branding dan mencitrakan Bakso Mercon sebagai bakso pedas.

Yang pasti produknya lebih mudah diingat sebagian orang baik pelanggan lama atau baru sekalipun. Apa lagi dengan kualitas yang sama seperti buatan Pak Anton.

Karena itu, branding menjadi sangat penting, apa lagi bila bisnis masih kecil. Branding dan Pengaruhnya Pada Perkembangan Usaha Kalau merujuk ke pengertian branding apa logo itu situs Entrepreneur.com, branding berarti: The marketing practice of creating a name, symbol or design that identifies and differentiates a product from other products.

Jadi pengertian branding adalah membuat nama/ merk(berupa simbol atau desain) untuk tujuan marketing yang nantinya membedakan produk satu dengan produk lainnya. Jelas sekali kalau Bakso Mercon pak Dony ini lebih cepat dikenal karena ia membuat ciri khas dari merk pada baksonya. Dari sini bisa ditarik kesimpulan soal beberapa manfaat branding tersebut, antara lain: 1.

Mudah Dikenali Memiliki merk/brand akan menguntungkan usaha Anda karena lebih mudah dikenali oleh customer. Selain itu, mereka kebanyakan memilih produk yang ber-merk ketimbang tidak. Karena customer berpikir barang yang tidak diberi merk kualitasnya tidak jelas dan meragukan. 2. Membedakan Produk Satu dengan Lainnya Ini yang penting. Ada banyak bakso, sepatu dan lainnya. Fungsi branding adalah memberikan ciri khas dan menjadi penanda produk Anda.

Dengan ini, produk akan terus diingat oleh customer begitu mereka selesai dengan jual beli. Tak jarang banyak customer yang kembali membeli produk yang memiliki brand. Karena mudah diingat. 3. Mempengaruhi Psikologi Pembeli Nah, sadar atau tidak, branding ternyata mampu menyihir psikologis pembeli.

Sebab memberikan merk akan membuat customer berpikir kalau produk seller bagus dan profesional. Ketimbang memilih produk yang dijual bebas (tanpa merk), mereka sudah pasti memilih yang pasti-pasti saja. Bagaimana Cara Branding yang Baik?

Meskipun bisnis Anda masih kecil, tentu saja branding sangat perlu. Nah, dengan branding yang kuat, kemungkinan kesuksesan bisnis di awal pijakan terbuka lebar karena Anda sudah melakukan satu langkah lebih maju untuk membuat orang mengingat produk Anda.

Dikutip dari situs Marketingdonut.co.uk, ada beberapa cara branding produk untuk bisnis yang masih berkembang, diantaranya: 1. Mantapkan Karakternya Untuk menemukan sebuah karakter produk, baiknya tinjau dulu layanan atau produk yang ditawarkan milik Anda. Apakah sudah memenuhi kebutuhan pelanggan dan sudah sesuaikah dengan target pasarnya? 2. Bayangkan Produk yang Akan Di-Branding Adalah Orang Karakter sebuah produk terbentuk dari nilai, tujuan dan kepercayaan pelanggan.

Pastikan brand yang dibangun nanti mengarah ke sini dan selalu mudah diingat. Misal kita ingin bakso, kita akan langsung ingat Bakso Mercon, Bakso Cak Kribo dst. Harus ada karakter khas. 3. Buat Logo dan Tuliskan Tagline Logo adalah penanda produk Anda. Sementara tagline adalah komunikasi Anda dengan pelanggan.

Seperti sebuah warung lalapan di Malang bernama Ayam Geprek Mbok Judes dengan tagline “Mangan Sak Warek’e, Sambel sak Dhower’e.” Kemungkinan, kalau kita ingin makan pedes-pedes sepuasnya, kita akan ingat dengan warung lalapan ini. Dan Mbok Judes apa logo itu dengan makanan pedes dan makan prasmanan. Penutup Nah, di atas tadi adalah penjelasan tentang pengertian branding, unsur di dalam branding, serta tujuan dan fungsinya. Setelah kita membuat brand untuk produk kita, langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran dengan melakukan berbagai cara kreatif untuk menarik pelanggan.

Jangan lupa kualitas produk harus terus dijaga atau kalau bisa ditingkatkan. Mengapa?
Sebelum ini kami ada menerima pertanyaan tentang transkrip penuh Akademik. Ada penuntut IPT yang masih belum biasa dengan istilah ini. Transkrip Penuh Akademik ini juga biasa dipanggil Transkip Akademik adalah senarai subjek IPT yang telah kita ambil beserta keputusan pengajian semasa semester lepas atau sepanjang pengajian. Transkrip Penuh Akademik Ciri –ciri Transkrip Penuh Akademik Transkrip Penuh Akademik ini sebenarnya berbeza dan ada sedikit perbezaan mengikut IPT yang dipelajari.

Perbezaan ketara pada transkrip akademik ini adalah pada logo dan kedudukan maklumat yang ingin dipaparkan. Selain itu ia kadangkala ditulis dalam bentuk jadual. Walaupun demikian, Transkrip Akademik ini mempunyai ciri-ciri tersendiri yang mudah untuk kita kenalpasti. • Nama Pengajian/iktisas – Transkrip pastinya mempunyai nama pengajian yang kita telah ambil.

Kebiasannya nama pengajian ini ditulis bersama kod pengajian diatas sekali transkrip. • Penyataan semester – Transkrip pengajian ini mengasingkan maklumat mengikut semester pengajian. • Subjek yang diambil setiap semester – Setiap semester pengajian terdapat perbezaan subjek yang diambil. Oleh demikian Transkrip Akademik akan memaparkan subjek-subjek yang diambil setiap semester secara agak detail beserta kod kursus. • Keputusan setiap subjek – Transkrip akademik ini bersifat report kemajuan pengajian, ia mengandungi keputusan peperiksaan setiap subjek untuk setiap semester.

• Jam kredit – Kebanyakan transkrip akademik ini mempunyai jam kredit bagi setiap subjek dan jam kredit tersebut dijumlahkan diakhirnya dan menunjukkan anda layak mendapat diploma/ijazah dan dinyatakan diakhir transkrip Akademik tersebut.

• Mempunyai 2 versi bahasa – Kebiasannya transkrip mempunyai lebih dari 1 versi bahasa. Kebanyakan dikeluarkan versi bahasa melayu dan bahasa inggeris, versi jawi/arab juga dikeluarkan bagi pengajian berkaitan. Transkrip mempunyai lebih dari 1 versi bahasa Kegunaan Transkrip Akademik Sebagai bekas graduan, segulung ijazah/diploma tidak cukup untuk memohon pekerjaan, kebiasannya pihak bakal majikan akan meminta juga transkrip akademik. Selain itu juga, permohonan melanjutkan pelajaran ke peringkat lebih tinggi juga memerlukan transkrip Akademik ini.

Oleh demikian, sebagai bekas garduan2 perkara ini perlu disimpan dengan baik untuk kegunaan masa depan. Untuk mempermudah kefahaman, berikut ialah kegunaan popular untuk transkrip akademik : • Memohon pekerjaan – Kebanyakan bakal majikan memerlukan maklumat subjek yang telah dipelajari untuk di kaitkan dengan pengkhususan pekerjaan yang dipohon.

Selain itu, anda akan diutamakan dalam persaingan apa logo itu pekerjaan sekiranya subjek yang anda ambil lebih berkaitan dan mempunyai keputusan peperiksaan yang lebih baik dari pesaing lain. • Memohon Pensyarah – Bidang syarahan pengajian tinggi tidak hanya mengajar subjek sama. Kebiasannya pihak pengurusan IPT juga memerlukan pensyarah serba boleh, melalui transkrip akademik dapat memberi gambaran yang jelas kebolehan lain anda.

• Menyambung pengajian – Jika anda lepasan diploma atau ijazah sarjana muda, transkrip akademik sangat berguna untuk permohonan. Kadangkala subjek yang diambil untuk pengajian perlu untyuk memberi gambaran pada pihak pengambilan meneliti kaitan antara pengajian lepas dan kebolehan anda meneruskan pengajian. • Pengajian luar negara – Untuk pengetahuan, transkrip akademik juga dikeluarkan versi bahasa lain. Tujuan utama adalah untuk memudahkan urusan pelajar memohon pengajian diluar negara.

• Sesi temuduga – Sesetenga temuduga juga memerlukan transkrip akademik, tujuan utama adalah bagi membantu penemuduga mendapat gambaran kebolehan-kebolehan lain serta mengaitkan dengan bidang/ kerja yang dipohon.

• Penentuan Sektor/bahagian pekerjaan – Transkrip akademik juga boleh membantu ketua jabatan anda menentukan sektor/bahagian yang boleh apa logo itu ketuai atau fokus. Ilmu dan kemahiran yang ada boleh meningkatkan lagi kualiti pekerjaan yang dibuat.
Apa itu Retail? Berikut Pengertian, Jenis, Contoh, dan Strategi Retail Marketing Istilah “retail atau ritel” adalah istilah luas yang mencakup industri besar yang mempekerjakan ratusan ribu orang.

Tetapi bagaimana tepatnya seseorang mendefinisikan apa itu bisnis retail, dan apa yang harus dipahami individu tentang industri ini secara umum? Pengertian Retail Retail adalah penjualan barang kepada pengguna akhir, bukan untuk dijual kembali, apa logo itu untuk digunakan dan dikonsumsi oleh pembeli. Bisnis retail melibatkan penjualan barang dagangan dari satu titik pembelian langsung ke pelanggan yang berniat untuk menggunakan produk itu.

Titik pembelian tunggal dapat berupa toko eceran konvensional, situs belanja online, atau melalui daftar katalog. Transaksi apa logo itu berada di ujung rantai apa logo itu. Produsen menjual produk dalam jumlah besar ke pengusaha retail, dan para retailer berupaya menjual produk dalam jumlah yang sama kepada konsumen.

Baca juga : 7 Cara untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan Mengapa Retail itu Penting? Setalah mengertahui pengertian apa itu retail, selanjutnya adalah mengetahui mengapa bisnis retail menjadi sangat penting Proses retail adalah mata rantai terakhir dalam rantai pasokan antara produsen dan konsumen. Pengecer atau apa logo itu adalah pihak yang penting karena memungkinkan produsen untuk fokus pada memproduksi barang tanpa harus terganggu oleh sejumlah besar upaya yang diperlukan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan pengguna akhir yang ingin membeli barang-barang itu.

Pengecer harus membuat pembelian barang mudah bagi konsumen. Itu sebabnya toko retail memiliki tenaga penjualan, atau mengapa situs web belanja Internet memiliki popup layanan pelanggan instan, dan mengapa katalog memiliki deskripsi, dan foto yang menarik. Retail adalah tentang menampilkan produk, menggambarkan fitur dan manfaat produk, menyimpan produk, memproses pembayaran, dan melakukan apa pun untuk mendapatkan produk yang tepat dengan harga yang tepat untuk pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat.

Beberapa retailer menawarkan layanan tambahan untuk transaksi retail seperti konsultasi belanja pribadi dan pembungkus kado untuk menambahkan sesuatu yang ekstra pada pengalaman pelanggan retaildan melebihi pengalaman pelanggan retail lainnya. Apa logo itu juga : Apa logo itu Manufaktur : Pengertian, Jenis, Proses, dan Contohnya Fungsi Retail Retailer memiliki banyak fungsi penting yang harus dilakukan untuk memfasilitasi penjualan produk.

Apa saja itu fungsi retali? Berikut adalah beberapa di antaranya: Penyortiran Produsen memproduksi barang serupa dalam jumlah besar dan suka menjual inventaris mereka kepada sedikit pembeli yang membeli banyak. Sementara pelanggan menginginkan banyak jenis barang dari produsen yang berbeda untuk dipilih. Retailer menyeimbangkan permintaan kedua belah pihak dengan mengumpulkan dan memilah barang dari sumber yang berbeda dan menempatkannya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Membeli dalam jumlah besar Pengecer membeli barang dari produsen dan grosir dalam jumlah yang cukup banyak tetapi menjual ke pelanggan dalam jumlah kecil. Saluran Komunikasi Karena retail melibatkan kontak langsung dengan konsumen akhir, ini membentuk saluran komunikasi yang sangat penting bagi perusahaan dan produsen.

Pabrikan mencoba untuk mengkomunikasikan keunggulan produk mereka serta penawaran dan diskon melalui pengecer. Retail juga bertindak sebagai mediator antara perusahaan dan pelanggan dan mengkomunikasikan umpan balik yang diberikan oleh pelanggan kembali kepada produsen atau grosir. Pemasaran Tokoretail adalah saluran terakhir di mana keputusan sebenarnya dibuat. Karenanya, mereka bertindak sebagai saluran pemasaran penting untuk merek. Penempatan pintar, apa logo itu, iklan, penawaran, dan strategi lainnya dijalankan oleh produsen untuk meningkatkan penjualan mereka di toko ritel.

Apa Bedanya Retail dan Grosir? Pedagang grosir menjual dalam jumlah besar tanpa khawatir tentang banyak aspek retail yang diharapkan konsumen, seperti merchandise visual. Pedagang grosir tidak ingin berurusan dengan sejumlah besar pelanggan pengguna akhir.

Sebaliknya, tujuan mereka adalah menjual produk dengan jumlah besar ke sejumlah kecil perusahaan retail. Sangat jarang pedagang grosir menjual barang langsung apa logo itu konsumen akhir. Biasanya mereka menjual ke toko retail untuk memasarkan kembali ke konsumen akhir. Toko grosir biasanya menjual produk dalam jumlah besar yang memungkinkan mereka untuk menjual dengan harga yang lebih rendah daripada harga retail yang menjual produk dalam jumlah kecil dari barang dagangan yang terdisplay di toko-toko yang memiliki harga sewa tinggi.

Perbedaan besar antara grosir dan retail adalah pada harga. Harga retail selalu lebih tinggi apa logo itu harga grosir. Alasan untuk ini adalah karena biaya tambahan penjualan barang dagangan kepada pelanggan pengguna akhir — tenaga kerja, sewa, iklan, dan sebagainya dimasukkan ke dalam harga barang dagangan tersebut. Pedagang grosir tidak harus berurusan dengan pengeluaran seperti ituyang memungkinkan mereka untuk apa logo itu barang dengan biaya lebih rendah. Baca juga : Ingin Mencari Investor?

Berikut Perbedaan Tipe Investor di Dunia Startup Bagaimana Rantai Suplai Retail Bekerja? Rantai pasokan retail terdiri dari produsen, grosir, pengecer, dan konsumen (pengguna akhir). Pedagang grosir terhubung langsung ke produsen, sedangkan retailer terhubung ke grosir, dan bukan ke produsen. Berikut adalah gambaran peran para pemain kunci dalam rantai pasokan retail : • Pabrikan manufaktur: Menghasilkan barang, menggunakan mesin, bahan baku, dan tenaga kerja • Grosir: Membeli barang jadi dari produsen dan menjual barang-barang itu ke pengecer dalam jumlah besar • Retailer: Jual barang dalam jumlah kecil ke pengguna akhir dengan harga lebih tinggi, secara teoritis produser menetapkan HET atau harga eceran tertinggi • Konsumen: Membeli barang dari pengecer untuk penggunaan pribadi Namun, ada pengecualian untuk rantai pasokan tradisional ini.

Catatan : Beberapa perusahaan retail terbesar di dunia — seperti Walmart dan Amazon.com, misalnya — cukup besar untuk berhadapan langsung dengan produsen tanpa perlu pihak grosir untuk menjembatani transaksi. Baca juga : Ingin Penghasilan Tambahan?

Berikut adalah 7 Situs Penghasil Uang Karakteristik Retail Mengetahui apa itu retail sebeneranya dapat dibedakan dari grosir atau manufaktur secara jelas karena karakteristiknya yang berbeda yang meliputi: • Kontak langsung dengan pelanggan: Retail melibatkan kontak langsung dengan pelanggan akhir dan merupakan mediator antara grosir dan pelanggan atau pabrikan dan pelanggan tergantung pada saluran distribusi yang digunakan.

• Hubungan dengan pelanggan: Retail membentuk ikatan dengan pelanggan dan membantu mereka memutuskan produk dan layanan mana yang harus mereka pilih sendiri. • Persediaan barang dalam jumlah kecil: Retailer atau pengecer biasanya menyimpan barang dalam jumlah kecil dibandingkan dengan produsen dan grosir.

• Menyimpan barang dengan merek yang berbeda: Pengecer biasanya menyimpan barang yang berbeda dengan merek yang berbeda sesuai dengan permintaan di pasar. • Kontak pelanggan dengan perusahaan: Retail bertindak sebagai perwakilan perusahaan kepada pelanggan akhir yang memberikan masukan dan saran kepada mereka. • Memiliki ruang rak terbatas: Toko retail biasanya memiliki ruang rak yang sangat terbatas dan hanya menyimpan barang yang memiliki permintaan yang baik.

• Menjual barang dengan harga maksimum: Karena eceran melibatkan penjualan produk langsung ke pelanggan, itu juga menyaksikan harga maksimum produk. Contoh Jenis Toko Retail Berikut adalah beberapa contoh dari berbagai jenis toko retail tempat konsumen dapat membeli produk untuk penggunaan atau konsumsi segera: Department Store: Ini adalah jenis retail yang menjual berbagai barang dagangan yang diatur berdasarkan kategori ke berbagai bagian ruang rretail fisik.

Beberapa kategori department store termasuk sepatu, pakaian, produk kecantikan, perhiasan, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi.

Contoh pengecer department store termasuk Matahari, Hypermart, atau Carefour. Toko Kelontong dan Supermarket: Jenis retail menjual semua jenis produk makanan dan minuman, dan kadang-kadang juga produk rumah, pakaian, dan elektronik konsumen juga.

Warehouse Retailer: Ini adalah fasilitas gudang tipe besar tanpa embel-embel yang dipenuhi dengan berbagai macam produk yang dikemas dalam jumlah besar dan dijual dengan harga lebih rendah dari harga eceran. Specialty Retailer: Ini adalah spesialis dalam kategori produk tertentu.

Toys ‘R’ Us, Victoria’s Secret, dan Nike adalah contoh dari pengecer khusus. Baca juga : Etika Adalah Hal Penting yang Harus Anda Tahu. Berikut Pengertian Lengkapnya Convenience Retailer: Biasanya ini adalah bagian dari lokasi ritel yang berada di tempat pengisian bahan bakar, tetapi juga menjual berbagai barang dagangan dan produk perawatan mobil dengan harga dan “kenyamanan” premium dari toko konvensional lainnya.

Mobile Retailer: Ini menggunakan platform ponsel cerdas untuk memproses transaksi ritel dan kemudian mengirimkan produk langsung ke pelanggan. Internet Retailer: Ini menjual dari situs belanja online dan mengirimkan pembelian langsung ke pelanggan di rumah atau tempat kerja mereka dan tanpa semua apa logo itu dari retailer tradisional. Mereka biasanya menjual barang dagangan dengan harga lebih rendah dari harga eceran. Mengenal Retail Marketing Retail marketing atau pemasaran ritel mengacu pada berbagai kegiatan yang dilakukan di toko ritel oleh pengecer serta merek untuk mempromosikan produk kepada pelanggan untuk menghasilkan kesadaran, minat, dan penjualan.

Dengan kata sederhana, segala sesuatu mulai dari interior dan eksterior toko ritel, hingga iklan di apa logo itu toko, penempatan produk, penawaran dan promosi, dan perilaku perwakilan toko berada di bawah pemasaran ritel.

Contoh Retail Marketing Ikea sering dikutip sebagai contoh terbaik dalam menerapkan strategi pemasaran ritel yang hebat. Perusahaan merancang tokonya sebagai labirin untuk menghentikan pembeli meninggalkan toko dan akhirnya membeli lebih banyak. Berikut adalah artikel menarik lainnya yang bisa Anda baca: • Saluran Distribusi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Faktor Penentu Pemilihan Saluran • Cara Menghitung Harga Markup Grosir Ke Harga Retail • 4 Langkah Untuk Meningkatkan Operasi di Bisnis Retail • Retail Marketing: Semua Hal yang Harus Anda Tahu • Matematika Retail: Pengertian Lengkap dan Contohnya Strategi Retail Marketing yang Efektif Strategi pemasaran ritel yang berbeda dapat direncanakan dan digunakan untuk berbagai jenis gerai ritel.

Elemen-elemen yang harus dipertimbangkan saat menyusun strategi pemasaran ritel adalah: • Target Pasar: Segmen pasar yang dilayani oleh gerai ritel. • Format Ritel: Ini adalah campuran ritel pengecer dan jenis toko (berbasis kepemilikan, berbasis waralaba, toko diskon, dll.) • Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan: Keunggulan dibandingkan pesaing.

Tujuan utama dari strategi pemasaran ritel adalah untuk membedakan toko ritel dari persaingan dengan menyiapkan dan mempromosikan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang mengarah pada peningkatan penjualan. Kontur strategi apa logo itu ritel meliputi: Branding Ritel Menyiapkan nama merek, logo, dan posisi toko ritel yang baik adalah salah satu prioritas teratas pemasar ritel.

Pelanggan lebih termotivasi untuk membeli produk dari toko eceran bermerek daripada yang tidak bermerek. Penurunan Harga Cara terbaik untuk menarik pelanggan adalah dengan menyediakan barang dengan kualitas (dan kuantitas) yang sama dengan harga yang lebih rendah daripada pesaing.

Diskon & Penawaran Periode Terbatas Diskon dan penawaran periode terbatas meningkatkan penjualan untuk sementara dan dapat membantu pemasaran dari mulut ke mulut dan mendapatkan lebih banyak pelanggan (dan pelanggan yang kembali). Penempatan Strategis Menempatkan barang secara strategis ke tempat pelanggan kemungkinan besar akan membelinya adalah strategi yang bagus untuk meningkatkan penjualan. Contoh sempurna adalah penempatan produk murah kecil di meja penagihan.

Desain Toko Menarik Desain toko adalah titik kontak pertama bagi pelanggan. Toko dirancang untuk orang-orang yang dilayaninya agar berkinerja lebih baik daripada yang tidak.

Penempatan produk yang penuh warna dan ramah anak cocok untuk toko mainan sementara tampilan dan warna berkelas sesuai dengan toko yang menjual setelan pria. Merchandising Semakin bagus tampilannya di toko, semakin besar kemungkinan pelanggan akan membelinya.

Strategi merchandising visual yang cerdas membantu meningkatkan penjualan secara substansial. Program Loyalitas Program loyalitas dirancang untuk hubungan perusahaan-pelanggan yang lebih baik.

Program ini melibatkan diskon dan penawaran eksklusif untuk pelanggan tetap. Iklan dalam Toko yang Strategis Orang sering kali lebih memilih merek yang diiklankan daripada merek yang tidak diiklankan di toko. Penempatan strategis dari iklan semacam itu dapat secara substansial meningkatkan penjualan merek atau produk tertentu. Melatih Karyawan Menjadi Lebih Cerdas Karyawan toko retail memainkan peran yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan pelanggan.

Mereka dapat membuat atau menghancurkan keputusan produk pelanggan dengan bantuan hubungan dan keterampilan menjual. Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Fungsi, Basis, Jenis, Contoh apa logo itu Manfaatnya Pentingnya Marketing pada Bisnis Retail Ketergantungan pengecer pada produsen saat ini telah berubah.

Pengecer atau retailer saat ini bisa memiliki merek mereka sendiri, pelanggan setia mereka sendiri, dan bahkan memiliki kekuatan untuk menjual, meningkatkan penjualan, cross selling, atau menurunkan penjualan produk apa pun menggunakan strategi pemasaran ritel cerdas.

Strategi pemasaran ritel yang baik membantu pengecer meningkatkan perjalanan pelanggan di toko ritel dan membuatnya merasa bahwa uangnya dihabiskan untuk produk yang tepat.

• Pengalaman berbelanja retail yang baik memotivasi pelanggan untuk membeli suatu produk meskipun mereka tidak berniat untuk melakukannya. • Berbelanja dari toko retail apa logo itu menimbulkan rasa kepuasan dan kepercayaan di antara pelanggan. • Penempatan strategis dan desain toko strategis meningkatkan pengalaman pelanggan dan membantu pengecer menjual produk yang memberi mereka keuntungan paling banyak.

• Pembelian selama penawaran periode terbatas membuat pelanggan merasa bahwa mereka telah mencapai prestasi luar biasa dengan menghemat uang.

apa logo itu

Perubahan pada Industri Retail Saat Ini Industri ritel tidak sama seperti 20 tahun lalu. Ada peningkatan disposable income pelanggan, gaya hidup mereka meningkat, dan intervensi internet dalam perdagangan telah menyebabkan banyak ketidakstabilan di sektor ritel. Bahkan para pemodal ventura sekarang lebih apa logo itu startup dengan model bisnis eCommerce daripada model bisnis yang melibatkan jaringan distribusi tradisional. Hal ini telah memberikan banyak tekanan pada pemasar dan pengecer untuk meningkatkan penjualan di toko ritel, yang pada akhirnya menyebabkan lebih banyak fokus pada pengalaman pelanggan.

Strategi dibentuk untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan membuat mereka tetap berada di toko semudah mungkin. Walmart menganggap serius slogannya “kepuasan terjamin”. Perusahaan melatih karyawannya untuk menyapa pelanggan, dan membantu mereka dengan sikap pemecahan masalah mereka. Banyak merek perusahaan ritel sekarang lebih fokus pada strategi neuromarketing seperti lebih fokus pada ritel, promosi ajakan bertindak, dan strategi eye-level positioning bersama dengan strategi harga dan kenyamanan untuk meningkatkan hubungan pelanggan dan untuk meningkatkan penjualan mereka.




2022 www.videocon.com