Ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Daftar Isi • Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional • Lapangan Sepak Bola Standar Internasional • Contoh Lapangan Sepak Bola di Indonesia Berstandar Internasional • 1. Stadion Gelora Bung Karno • 2. Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) • 3.

Harapan Bangsa Stadium • 4. Stadion Patriot • 5. Stadion Maguwoharjo • 6. Stadion Si Jalak Harupat • Penutup Bagi para pecinta sepak bola, pastinya kalian tidak asing lagi dengan salah satu cabang olahraga yang akan di bahas pada artikel kali ini. Bisa dibilang, sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak diperbincangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun biar begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui standar ukuran lapangan sepakbola.

Sumber: liputan6.com Lapangan standar nasional adalah lapangan yang digunakan oleh pemain sepak bola yang ada di dalam negeri. Ukuran lapangan dalam negeri yang sering digunakan oleh pemain negeri tersebut saja, cenderung lebih kecil dibandingan dengan ukuran lapangan yang bertaraf Internasional. Jadi ukuran lapangan dalam negeri di bawah ukuran lapangan bertaraf Internasional.

Ukuran lapangan dalam negeri yang digunakan oleh pemain adalah kisaran 90 sampai 120 meter untuk panjang lapangan. Dan ukuran lebar lapangan adalah kisaran 45 sampai 90 meter. Ukuran di atas adalah ukuran standar yang sudah lama digunakan. Untuk lebih rinci mengenai lapangan sepak bola nasional, berikut adalah penjelasan lengkapnya: • Untuk ukuran lingkaran tengah lapang biasanya adlaah 9.15 meter. • Ukuran kotak kiper yang diguanakan adalah 18. 30m x 5,5 meter. • Penyedian kotak penalti yang diletakan di depan gawanga adalah 40,3 meter x 16,5 meter.

Baca juga: 17+ Peraturan Permainan Sepak Bola yang Wajib Diketahui Lapangan Sepak Bola Standar Internasional Sumber: thehill.com Sebagaimana yang telah sebutkan di atas, bahwa ukuran lapangan sepak bola standar Internasional akan sedikit lebih luas dibandingan ukuran lapangan sepak bola yang berstandar Nasional. Kenapa berbeda? Karena skala lapangan ini tidak hanya digunakan oleh pemain negeri tersebut saja. Akan tetapi juga digunakan oleh negara lain yang terlibat dalam pertandingan.

Jadi ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah yang dimiliki oleh lapangan yang bertaraf Internasional adalah sebagi berikut; • Panjang lapangan yang memenuhi keriteria adalah 100 m sampai 110 meter • Sedangkan lebarnya adalah kisaran 64 meter sampai 75 meter.

• Untuk ukuran gawanganya adalah lebar 7,32 meter dan tingginya 2,44 meter • Adapun ukuran kotak penalti sam dengan lapangan yang bertara Nasional. Baca juga: Pola Permainan Sepak Bola (Penyerangan & Pertahanan) Contoh Lapangan Sepak Bola di Indonesia Berstandar Internasional 1.

Stadion Gelora Bung Karno Jika kalian mendengar nama stadion ini, maka pastinya sudah tidak asing lagi. Stadion GBK adalah salah satu contoh stadion yang masuk dalam taraf Internasional. Makanya tidak heran bahwa lapangan ini pernah diunjungi oleh klub-klub terbesar di dunia seperti Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Klub-klub lainnya.

Stadion ini dapat menampung penonton sebanyak 80.000 penonton. 2. Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) terbilang stadion baru di Indonesia, karena stadion ini dibangun pada tahun 2013 tepat 4 tahun yang lalu. Walaupun baru, tapi stadion ini sudah memenuhi taraf Internasional.

Stadion ini tidak jauh dari stadion GBK, karena mulai dari desain nya, dan juga daya tampung penontonya. Baca juga: 10 Stadion Terbesar di Dunia, salah Satunya di Indonesia 3. Harapan Bangsa Stadium Markas klub sepak bola Persiraja banda aceh dan Atjeh United adalah Stadion Harapan Bangsa atau Stadion Lhong Raya. Pada tahun 2004 setelah terjadinya tsunami di banda aceh, stadion ini baru direnovasi. Kapasitas stadion ini mencapai 45.000 jiwa.

Pada tahun 2000 stadion tanah rancong ini sempat menjadi stadion termegah di Indoensia. Namun karena kurangnya perawatan dan sempat terjadinya gempa, akhirnya gelar tersebut menjadi hilang. Namun, stadion ini menjadi diperhitungkan kembali karena pada tahun 2011 stadion ini direnovasi kembali. 4. Stadion Patriot Stadion Patriot dibangun pada tahun 1980 dengan kapasitas mencapai 30000 jiwa. Stadion ini terletak di Bekasi, Jawa Barat. Pada tahun 1984 stadion ini dijadikan tuan rumah pekan olahraga daerah Jawa Barat IV.

Pada tanggal 11 Maret tahun 2014 stadion ini resmi bertaraf Internasional setelah direnovasi. Stadion juga merupakan kandang dari Persipasi Bekasi. 5. Stadion Maguwoharjo Salah satu stadion yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta adalah Stadion Maguwoharjo. Stadion ini adalah markas dari klub sepak bola PSS Sleman. Pada tahun 2005 stadion ini di bangun, lalu akibat gempa bumi pada tanggal 27 Mei 2006 akhirnya stadion ini direnovasi pada tahun 2007.

Kapasitas yang dimiliki oleh Stadion Maguwoharjo adalah 40000 kursi duduk. Salah satu konsep yang digunakan oleh stadion ini adalah Mini San Siro agar terkesan dengan stadion sepakbola modern. Dengan ciri dari stadion ini adalah 4 menara disetipa penjuru lapangan. Agar stadion ini terkesan dengan stadion modern ala eropa seperti Inggris, maka stadion ini tidak memiliki lintasan atletik, sehingga para pemain sepakbola lebih nyaman menggunakan stadion ini.

Baca juga: Stadion Bulu Tangkis Terbaik di Dunia 6. Stadion Si Jalak Harupat Salah satu stadion yang terletak di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung adalah Stadion Si Jalak Harupat. Nama dari stadion ini di ambil dari salah satu julukan pahlawan nasional yang berada di Bojongsari, Bandung yaitu Otto Iskandardinata.

Stadion ini sekarang menjadi milik pemerintah Kabupaten Bandung. Sehingga stadion ini dijadikan kandang oleh Persikab Bandung, karena perwakilan dari Kabupaten Bandung. Selain Persikab, juga stadion ini dijadikan Homebase untuk Persib. Pada bulan Januari tahun 2003 stadion ini mulai di bangun. Waktu itu Bandung dipimpin oleh Obar Sobarna.

Stadion ini diresmikan pada tanggal 25 April tahun 2005 tepat dengan hari jadi Kabupaten Bandung yang ke 364. Baca juga: 6 Jenis Formasi Sepakbola Terbaik yang Digunakan Tim Besar Penutup Lapangan sepak bola memiliki ukuran yang telah ditentukan, baik itu dalam standa nasional maupun internasional. Hal-hal tersebut telah diatur secara lengkap oleh perstuan sepak bola dunia atau yang kita kenal dengan nama FIFA.

Nah mungkin itu saja penjelasan mengenai ukuran lapangan sepak bola yang bisa kita sajikan di artikel ini. Semoga bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan bagi Anda. Salam olahraga! Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome.

Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: monash.vic.gov.au Ukuran Lapngan Sepak Bola – Olahraga sepak bola adalah salah satu olahraga yang banyak peminatnya di dunia. Di Indonesia pun banyak sekali penggemar olahraga ini. Baik laki-laki, perempuan, tua, dan muda hampir semua suka dengan sepak bola. Sepak bola tidak mengenal jenis ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah dan umur. Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing 11 orang, dengan tujuan memperebutkan satu bola yang digunakan untuk mencetak poin dengan memasukkannya ke dalam gawang.

Selain 22 orang yang bermain, sepak bola ini juga memiliki wasit yang mengatur jalannya pertandingan ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah lebih tertib dan seru tentunya.

Di dalam buku Ini Membahas Secara lengkap dan Jelas Mengenai Sepak Bola, Mulai Dari: 1. Sejarah Sepak Bola dan Pengertiannya 2.

Peraturan Permainan / Laws Of Game 3. Teknik dasar Sepak Bola 4. Hakikat Latihan 5. Variasi Latihan Sepak Bola 6. Pola Formasi dalam Sepak Bola Dalam olahraga sepak bola, lapangan sepak bola adalah suatu bagian yang penting.

Tentu saja selain pemain dan bola yang digunakan, lapangan bola juga sangat penting. Olahraga sepak bola ini membutuhkan lapangan yang biasanya sesuai dengan ketentuan dari FIFA (Fédération Internationale de Football Association).

Lapangan sepak bola ini ibarat rumah bagi para pemainnya. Lapangan juga harus memiliki kesesuaian dan kenyamanan mulai dari ukuran, jenis rumput, ukuran gawang, termasuk ukuran bola untuk dimainkan. Semua ini harus sesuai dengan ketentuan FIFA agar tidak melanggar peraturan. Daftar Isi • Ukuran Lapangan Sepak Bola • Ukuran Area Gol atau Area Penalti Sepak Bola • Anda Mungkin Juga Menyukai • Ukuran Gawang Sepak Bola • Standar Bola dalam Sepak Bola • 1. Bentuk Bola • 2. Bahan Bola • 3.

Diameter dan Keliling Lingkaran Bola • 4. Berat Bola • 5. Tekanan Bola • 6. Warna Bola • 7. Logo Bola • 8. Jenis Bola • Rumput Lapangan Sepak Bola • 1. Zoysia Matrella (ZM) • 2. Cynodon Dactylon (CD) • 3. Axonopus Compressus (AC) • 4. Rumput Sintetis • 5. Rumput Campuran • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • • Buku Terkait • Materi Terkait Ukuran Lapangan Sepak Bola Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang.

Dalam satu lapangan ini dibagi menjadi dua area yang memiliki ukuran yang sama untuk kedua tim. Tepat di tengah lapangan ada lingkaran di antara dua bagian lapangan yang memiliki diameter 9,15 meter. Tengah lapangan ini biasanya digunakan untuk kick off pada awal babak dimulai. Ukuran standar untuk lapangan sepak bola adalah dengan panjang 90 – 120 meter dan lebarnya 45 – 90 meter.

Sedangkan untuk pertandingan internasional menurut FIFA, memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan panjang ( touch line) 100 – 100 meter sedangkan lebarnya ( goal line) 64 – 75 meter. Semua garis yang menghubungkan lapangan satu sama lain harus memiliki lebar yang sama yaitu tidak boleh lebih dari 12 cm. Ukuran Area Gol atau Area Penalti Sepak Bola Lapangan sepak bola memiliki dua area yang berbeda di depan gawang, yaitu area gol dan area penalti.

Pada area gol memiliki 2 garis yang ditarik ke dalam lapangan dengan jarak 5,5 meter dari kedua sisi gawang. Kemudian 2 garis ini dihubungkan lagi dengan garis lurus sejajar kanan dan kiri sepanjang 5,5 meter juga. Area gol ini terletak di dalam area penalti.

Rp 80.000 Area penalti juga memiliki standar ukurannya sendiri. Ukuran area penalti ini ditarik dua garis sejajar dari samping ke gawang ke dalam lapangan sepanjang 16,5 meter. Ukuran dari sisi gawang ke garis penalti ini sepanjang 11 meter. Kedua garis ini dihubungkan dengan garis lain sepanjang ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah meter. Titik penalti juga memiliki ukuran 11 meter dari tengah gawang. Dalam praktiknya biasanya disebut dengan tendangan 12 pas karena merujuk pada jarak 12 yard dari titik penalti ke depan gawang.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Selain itu, pada area penalti juga terdapat setengah lingkaran dengan jarak dari titik penalti sepanjang 9,15 meter. Selain area gol dan area penalti, terdapat area sepak pojok yang ditandai dengan bendera.

Bendera tersebut memiliki ukuran yang tidak melebihi 1,5 meter. Bendera tersebut diletakkan saat pemain melakukan sepak pojok. Opsi lain, bendera juga diletakkan di luar garis dengan jarak 1 meter dari touch line.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Ukuran Gawang Sepak Bola Ukuran gawang ini juga disesuaikan dengan ukuran dari lapangan. Untuk ukuran standar gawang sesuai dengan ukuran lapangan di atas biasanya memiliki panjang gawang 7,32 meter.

Pengukuran panjang gawang harus memperhatikan posisi yang tepat di tengah seperti titik penalti. Lalu tiang gawang dan mistar yang diatur oleh FIFA memiliki ukuran 2,33 meter.

Ukuran tiang gawang ini diukur dari bagian atas, bawah, serta mistar dengan permukaan tanah. Ukuran mistar gawang dengan tanah juga tidak boleh lebih dari 12 cm. Ada aturan khusus bahwa mistar gawang tidak boleh rusak. Jika terjadi kerusakan pada saat pertandingan, maka akan dihentikan sementara hingga mistar diperbaiki sesuai standarnya. Gawang sendiri biasanya tertancap di dalam tanah.

Namun, beberapa gawang tidak tertancap di dalam tanah, hal ini membuat gawang bisa digeser ke mana pun. Biasanya yang tidak ditancap ini adalah lapangan-lapangan bebas tidak untuk pertandingan internasional. Lapangan internasional harus paten agar gawang juga aman dari pergeseran. Standar Bola dalam Sepak Bola Bola yang digunakan untuk pertandingan sepak bola harus sesuai dengan ketentuan dan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA.

Beberapa hal terkait dengan standar dari bola seperti berat bola, bahan bola, diameter bola, tekanan udara pada bola, dan juga warna bola yang harus disesuaikan. Semua itu harus sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Hal tersebut dilakukan agar pertandingan sepak bola berjalan dengan kualitas yang baik juga. 1. Bentuk Bola Bola yang dipakai tentunya berbentuk bulat sempurna, usahakan tidak ada kecacatan agar bola dapat stabil ketika menggelinding di lapangan atau berputar di udara saat ditendang oleh pemain.

Bola yang bulat sempurna dan stabil dapat memudahkan pemain untuk mengontrol bola. Umumnya bentuk bola dalam sepak bola ini sama saja dengan permainan olahraga lain yang membutuhkan bola seperti, basket, futsal, voli, tenis. Semua bola yang dipakai dalam beberapa olahraga tersebut adalah bola yang bulat sempurna.

2. Bahan Bola Tidak semua material bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan bola sepak. Bahan untuk sepak bola ini sudah ditentukan oleh FIFA, di mana bahan untuk pembuatan bola ini harus terbuat dari kulit. Bahan ini dianggap cocok untuk olahraga sepak bola. Setiap bola pada masing-masing olahraga juga memiliki bahan-bahan yang berbeda. Tidak semua bola menggunakan bahan kulit.

Hal tersebut tergantung bagaimana cara memainkan bolanya. Tekstur kulit yang tebal dapat menahan tendangan dari pemain, sehingga bola tetap kuat dan tidak mudah rusak. 3. Diameter dan Keliling Lingkaran Bola FIFA telah menetapkan standar internasional ukuran bola dari diameter bola sebesar 21 – 22,5 cm dan keliling lingkaran bola dengan minimal 68 cm ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah maksimal 71 cm.

4. Berat Bola Dalam sepak bola, bola memiliki ukuran berat sebesar minimal 410 gram dan maksimal 450 gram.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Ukuran ini sedikit lebih berat daripada bola futsal. 5. Tekanan Bola Bola yang dipakai untuk olahraga sepak bola ini memiliki tekanan udara antara 0,6 sampai 1,1 atmosfer. Tekanan ini juga suda ditetapkan oleh FIFA sebagai persyaratan standar internasional. 6.

Warna Bola Untuk warna bola FIFA tidak mengatur apa warna yang diharuskan dalam pertandingan internasional. Warna bola ini tentunya juga harus disesuaikan dengan keadaan lapangan agar dapat dilihat dengan mudah oleh pemain. Biasanya bola menggunakan warna putih. Warna putih ini terang kontras dengan warna hijau dari lapangan, sehingga bola sangat mudah untuk terlihat.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Namun warna bola ini juga bisa tergantung dari pelaksana pertandingan. Misalnya dalam piala dunia, warna bola disesuaikan dengan tema yang sedang diangkat dalam pertandingan tersebut. 7. Logo Bola Jika kalian ingin membeli bola sepak yang asli dan sesuai dengan standar internasional, kalian harus memperhatikan logo bolanya.

Bola sepak yang asli akan memiliki logo yang ada di permukaan bola seperti logo “FIFA Approved”, “FIFA Inspected”, atau juga “Internasional Matchball Standard”. Logo-logo tersebut menandakan bahwa bola telah lulus uji tes yang sesuai dengan standar internasional. 8. Jenis Bola Bola sepak memiliki beberapa tingkatan ukuran, mulai dari ukuran 1 hingga ukuran paling besar yaitu 5.

Biasanya, yang digunakan dalam pertandingan liga internasional seperti piala dunia menggunakan bola dengan ukuran 5. Akan tetapi, tidak semua pertandingan sepak bola menggunakan bola ukuran 5. Hal ini harus disesuaikan dengan grup dari permainan sepak bola itu.

Contohnya seperti pertandingan bola pada anak usia 8 tahun maka ukuran bola yang cocok untuk mereka adalah ukuran 3 dengan keliling lingkaran 23 – 24 inci. Dalam buku ini akan dijelaskan beragam informasi tentang sejarah permainan sepakbola, prasarana dan sarana bermainnya, teknik dasar pemain serta bagaimana model drill-drill melatih teknik dasar tersebut, taktik dan strategi, serta peraturan permainan sepakbola sesuai dengan FIFA Law of The Game 2017 Rumput Lapangan Sepak Bola Dalam sepak bola internasional, rumput adalah sebuah media yang digunakan untuk bermain bola dalam olahraga ini.

Meski olahraga sepak bola ini bisa dimainkan di mana saja asal memiliki tempat yang datar, namun rumput adalah tempat yang ideal bagi pemain sepak bola. FIFA juga telah menetapkan bahwa lapangan yang sesuai untuk olahraga sepak bola adalah dengan dasar rumput yang memiliki jenis dan ukuran tertentu.

Dengan menggunakan rumput, pemain juga akan lebih nyaman dalam bergerak, ketika terjatuh pun tidak akan sesakit jika tanpa rumput. Ada beberapa jenis rumput yang digunakan dalam olahraga sepak bola, yaitu rumput Zoysia Matrella (ZM), Cynodon Dactylon (CD), Axonopus Compressus (AC), rumput sintetis, dan rumput campuran.

Kedua rumput terakhir merupakan sebuah opsi, namun tiga rumput pertama adalah rumput yang banyak dipakai sebagai dasar lapangan sepak bola. Berikut adalah penjelasan bagi setiap jenis rumputnya. 1. Zoysia Matrella (ZM) Rumput Zoysia Matrella ini dapat juga disebut dengan rumput manila.

Rumput jenis ini ditemukan di area pantai karena media tanam dari rumput ini adalah pasir. FIFA mengatakan bahwa rumput ini cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis.

Rumput ini adalah rumput dengan kasta tertinggi daripada rumput lain. Oleh karena itu kebanyakan stadion besar menggunakan rumput ZM ini. Ada beberapa stadion sepak bola di Indonesia yang menggunakan rumput ini seperti, stadion Maguwoharjo, Gelora Bung Karno, dan Gelora Bandung Lautan Api.

Rumput ini adalah rumput yang baik digunakan untuk lapangan sepak bola. Rumput ini berwarna hijau pekat, warnanya lebih pekat daripada jenis rumput lainnya. Elastisitas pada rumput ini ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah tergolong baik. Tekstur yang tajam pada rumput ini juga aman untuk pul yang ada di sepatu bola. Rumput ini memiliki kekuatan akar yang baik. Untuk tetap menjaga kualitasnya yang baik maka perlu dilakukan perawatan yang membutuhkan pengelolaan tingkat tinggi.

Perawatan untuk rumput ini tentunya lebih sulit dan membutuhkan biaya yang mahal. Selain perawatannya yang mahal, rumput ini juga memiliki harga yang mahal. Harga rumput ini berkisar antara Rp80.000,00 – Rp100.000,00 per meter persegi. 2. Cynodon Dactylon (CD) Rumput Cynodon Dactylon ini biasa disebut dengan rumput bermuda.

Rumput ini digunakan di stadion-stadion yang ada di Eropa, Asia Timur, Amerika Utara, dan negara-negara yang memiliki iklim dingin. Dalam pertandingan sepak bola di Eropa pasti pernah terjadi rumput yang terkelupas saat pemain menendang bolanya. Rumput ini memang rentan untuk terkelupas karena gesekan dari pul sepatu. Biasanya pemain yang menyebabkan rumput terkelupas akan mengembalikannya ke tempat semula lagi.

Walaupun memiliki kualitas yang hampir sama dengan rumput ZM, namun rumput CD ini tidak sekuat rumput ZM karena rumput ini mudah terkelupas. Mudahnya terkelupas membuat rumput ini lebih banyak digunakan untuk lapangan golf.

Warna pada rumput ini juga tidak sepekat warna rumput ZM. Jika dilihat dari kejauhan, rumput ini tetap terlihat cukup hijau. Perawatan yang dibutuhkan untuk ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah CD juga terbilang cukup mahal, walaupun tidak semahal rumput ZM. Harga rumput CD di pasaran juga lebih murah. Kalian bisa menemukan rumput CD ini dengan harga sekitar Rp70.000,00 – Rp100.000,00 per meter persegi. 3.

Axonopus Compressus (AC) Rumput Axonopus Compressus ini juga sering disebut sebagai rumput gajah. Rumput ini sering ditemukan di taman dan alun-alun kota. Kekuatan akar rumput ini cukup baik. Namun rumput ini memiliki daun yang lebih lebar, hal tersebut mengakibatkan rumput lebih mudah rusak terkena pul sepatu bola. Rumput ini memiliki warna hijau yang cukup baik.

Dengan perawatan yang baik maka warna yang dihasilkan juga akan baik. Namun jika perawatan yang dilakukan itu buruk maka akan menurunkan kualitas warna pada rumput. Rumput akan berubah warnanya menjadi pucat dan kekuningan. Harga rumput ini juga lebih murah daripada kedua rumput lainnya.

Rumput ini bisa kalian temukan dengan harga sekitar Rp35.000,00 – Rp50.000,00 per meter persegi. Dalam perawatannya, rumput ini juga tidak terlalu mahal. Hal tersebut yang membuat sebagian besar lapangan sepak bola di Indonesia menggunakan jenis rumput Axonopus Compressus ini.

4. Rumput Sintetis Karena perkembangan teknologi, saat ini lapangan sepak bola dapat menggunakan rumput sintetis atau biasa disebut rumput buatan. Rumput sintetis ini memiliki keuntungan yang tidak rumput lain miliki, yaitu perawatannya yang cukup mudah. Namun, penggunaannya untuk lapangan sepak bola profesional ini masih cukup mengundang kontroversi.

Beberapa pihak menganggap bahwa rumput sintetis memiliki potensi cedera yang tinggi terhadap para pemain. Hal ini disebabkan karena tekstur rumput sintetis lebih keras dan kasar daripada rumput alami lainnya.

5. Rumput Campuran Rumput campuran ini ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah campuran dari rumput alami dengan rumput buatan. Rumput buatan nomor satu di dunia adalah merek rumput Desso GrassMaster. Rumput campuran ini sering digunakan di stadion di Eropa, khususnya Inggris. Rumput campuran ini tidak sepenuhnya buatan saja.

Komposisi dari rumput ini adalah rumput fiber yang disuntik sedalam 20 cm ke bawah permukaan tanah dan menutup 3% permukaan tanah. Rumput aslinya juga tetap hidup meski dicampur rumput buatan.

Akar pada rumput asli akan tercampur dengan akar fiber pada rumput buatan. Pembuat rumput ini mengatakan bahwa rumput ini lebih solid dan enak ketika digunakan untuk bermain sepak bola. Rumput ini juga memiliki drainase yang baik seperti rumput alami. Walaupun campuran dengan rumput buatan, namun rumput ini juga perlu dipotong karena masih ada rumput aslinya.

Demikian paparan mengenai lapangan sepak bola yang meliputi ukuran lapangan, ukuran area gol dan penalti, ukuran gawang, standar bola, hingga rumput yang digunakan untuk lapangan sepak bola. Bagi Grameds yang memiliki hobi bermain sepak bola harus tahu apa saja unsur-unsur yang dimiliki dalam satu lapangan sepak bola. Untuk mempelajarinya lebih dalam, kamu bisa membacanya dari buku-buku yang telah disediakan oleh Gramedia.

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku yang berkualitas. Yuk, Grameds beli bukunya sekarang juga! Buku ini membahas tentang konsep, contoh, dan analisis data pada statistika deskriptif dan inferensial dalam kajian bidang pendidikan dan keolahragaan, di antaranya: konsep statistik, pengumpulan dan penyajian data, ukuran kecenderungan memusat, ukuran penyebaran, estimasi parameter dan pengujian hipotesis, uji prasyarat analisis (uji normalisasi dan uji homogenitas), korelasi, pengujian perbedaan parameter rata-rata, regresi, analisis varians, uji validitas dan reliabilitas serta pembahasan daya beda soal dan tingkat kesukaran.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • Pengertian Kebugaran Jasmani • Gerakan Non Lokomotor • Unsur Kebugaran Jasmani • Permainan Sepak Bola • Teknik Dasar Sepak Bola • Tujuan Permainan Sepak Bola • Manfaat Permainan Sepak Bola • Ukuran Lapangan Sepak Bola • Lari Jarak Pendek • Permainan Bola Basket • Tujuan Permainan Bola Basket • Permainan Bola Kasti • Pengertian Pencak Silat • Pengertian Olahraga Renang • Pengertian Permainan Bola Voli • Pengertian Senam Irama • Jenis-jenis Senam Lantai • Macam Gerakan Senam Lantai • Manfaat Lompat Tali • Manfaat Sit Up • Lari Jarak Pendek • Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga • Olahraga Lempat Lembing [sc_fs_multi_faq headline-0=”h4″ question-0=”Berapa ukuran lapangan sepak bola standard pssi?” answer-0=”Panjang 90 – 120 meter dan lebar 45 – 90 meter.” image-0=”” headline-1=”h4″ question-1=”Berapa ukuran lingkaran tengah pada lapangan sepak bola?” answer-1=”Ukuran jari-jari lingkaran adalah 9.5 m (10 yard) ” image-1=”” headline-2=”h4″ question-2=”Berapa ukuran lapangan sepak bola standard internasional?” answer-2=”Panjang: 100 – 110 m.

Lebar: 64 – 75 m. Lingkar Tengah Radius: 9,15 m. Kotak Penalti: 40,3 x 16,5 m” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””] Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1
Jakarta - Lapangan sepakbola menjadi bagian penting dalam permainan tersebut, tentu saja selain adanya bola dan pemainnya.

Berikut ukuran dan gambar lapangan bola. Secara garis besar, ukuran lapangan sepakbola berstandar internasional telah ditentukan oleh federasi sepak bola dunia yakni FIFA. Rinciannya, panjang lapangan sepakbola minimum 100 meter dan maksimum 110 meter serta lebar lapangan sepakbola minimum 64 meter dan maksimum 75 meter.

Lapangan Sepak Bola • Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Umum (Nasional) Dilihat dari bentuknya, lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang dengan ditandai garis dan bendera yang dipasang pada tiang dengan tinggi tidak kurang dari 1,5 m dengan ujung yang tidak lancip di setiap sudut lapangan.

Lapangan sepakbola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran, yang sudah dipercantik dan berstandar FIFA. Foto: Rifkianto Nugroho Keterangan ukuran lapangan Sepakbola: - Panjang: 90 meter sampai 120 meter - Lebar: 45 meter sampai 90 meter - Ukuran radius lingkaran tengah: 9,15 meter - Diameter lingkaran tengah: 18,30 meter - Panjang ukuran kotak kiper: 18,3 meter - Lebar ukuran kotak kiper: 5,5 meter - Panjang ukuran kotak penalti: 39,2 meter.

- Lebar ukuran kotak penalti: 16,5 meter. - Panjang Gawang: 7,32 meter.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

- Tinggi Gawang: 2,44 meter. - Jarak Titik penalti dari garis gawang: 11 meter. Adidas Uniforia, bola resmi Euro 2020. Foto: (Getty Images/Stuart Franklin) • Jenis Rumput Lapangan Sepakbola Adapun jenis rumput yang cocok untuk dipakai untuk lapangan sepakbola, dikutip dari laman resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di antaranya: - Zoysia matrella (ZM) Rumput ini merupakan jenis rumput yang paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola dan memiliki warna hijau yang paling pekat diantara dua jenis lain.

Tingkat elastisitas (berhubungan dengan bola bergelinding) dan kekuatan akar sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena pul sepatu. Rumput dan bola di Puskas Arena stadium, Budapest, jelang final Liga Europa 2020/2021.

Foto: AP/Laszlo Balogh - Cynodon dactylon (CD) Rumput jenis CD, biasa disebut rumput bermuda. Kualitasnya hampir sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput CD tidak sekuat rumput ZM. Akar rumput CD akan mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain. - Axonopus compressus (AC) Rumput jenis AC, atau sering disebut dengan rumput gajah sering ditemukan di taman atau alun-alun.

Rumput ini memiliki perakaran yang baik, namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak karena terkena pul sepatu. Nah, semoga detikers paham ya penjelasan tentang lapangan sepakbola! (faz/krs) Jakarta - Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling populer di berbagai negara di dunia.

Untuk memainkan sebuah pertandingan, harus digelar di lapangan sepakbola dengan ukurannya sesuai standar yang telah disepakati dalam aturan. Sebelum membahas soal ukuran lapangan sepakbola, seperti diketahui permainan ini dimainkan oleh 22 orang. Satu tim terdiri dari 11 orang pemain. Dari angka tersebut, satu orang akan menempati posisi sebagai kiper atau penjaga gawang.

Pertandingan sepakbola berlangsung selama 90 menit yang dibagi dalam dua babak. Pemenang permainan ini ditentukan melalui selisih gol yang masuk ke gawang lawan. Baca juga: Cerita Jawahir Roble, Wasit Wanita Berhijab Pertama di Inggris Nah, berapa jumlah ukuran sepakbola nasional? Dikutip dari buku 'Mengenal Sepak Bola' karya Lutfi Avianto, lapangan sepakbola beserta ukurannya diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Adapun, lapangan harus berbentuk persegi panjang dengan 90-120 meter dan lebar 45-90 meter. Masing-masing sudutnya harus dipasangi tiang bendera setinggi 1,5 meter. Untuk gawang harus berbentuk persegi dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter.

Sedangkan, kotak penalti kecil yang berada di dalam kotak penalti besar harus berukuran panjang 18 meter dan lebar 5,5 meter. Baca juga: 15 Destinasi di Almada, Kampung Halaman Miguel Oliveira (Bagian 2) Sementara, kotak penalti besar berukuran panjang 40-45 meter dan lebar 16-19 meter. Di bagian tengah lapangan, terdapat garis yang disebut dengan kick off area dengan diameter 9,15 meter untuk memulai pertandingan.

Nah, semoga kita semua bisa paham ukuran lapangan sepakbola nasional ya! (pay/pal)
Berikut akan dibahas mengenai perbedaan ukuran dari lapangan sepakbola yang digunakan dalam standar Nasional dan Internasional.

Namun sebelumnya akan dijelaskan dulu mengenai apa itu sepak bola. Ya sepak bola merupakan olahraga yang sangat populer dikalangan para pecinta olahraga. Sepakbola kerap kali dimasukkan kedalam turnamen bergengsi yang diadakan dalam tingkatan dunia. Untuk itu tak heran jika sepak bola merupakan olah raga favorit warga dunia. Mengetahui perbedaan ukuran lapangan sepak bola merupakan suatu wawasan tambahan yang bisa memberikan pengetahuan lebih untuk anda.

Nah berikut perpustakaan.id memberikan penjelasan tentang perbedaan antara keduanya. Dalam pertandingan resmi secara Nasional dan Internasional mempunyai perbedaan ukuran, hal tersebut disesuaikan oleh penyelenggara turnamen tersebut. Berikut ini ukuran lapangan sepakbola yang dapat dijadikan acuan. Daftar Isi • Ukuran Lapangan Sepakbola Nasional : • Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional • Gambar Lapangan Sepakbola : • Jaring Gawang Sepakbola : • Jenis Ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah Lapangan Sepakbola : • Kamera yang Digunakan Untuk Sepak Bola : • Ukuran bola Sepakbola : Ukuran Lapangan Sepakbola Nasional : Pertandingan yang diadakan dalam skala dalam negeri bisa disebut juga standar nasional ukurannya sudah ditentukan oleh PSSI sebagai Induk organisasi sepakbola Nasional, ukuran tersebut juga masih dalam standar yang sudah ditentukan FIFA, berikut ini ukurannya : • Panjang : 90 meter sampai 120 meter (9000 cm sampai 12000 cm) • Lebar : 45 meter sampai 90 meter (4500 cm sampai 9000 cm).

• Ukuran ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah lingkaran tengah : 9,15 meter (915 cm). • Diameter lingkaran tengah : 18,30 meter • Ukuran kotak kiper : Panjang 18.30 meter.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Lebar : 5,5 meter. • Ukuran kotak penalti : Panjang : 40,3 meter. Lebar : 16,5 meter. • Panjang Gawang : 7,32 meter. • Tinggi Gawang : 2,44 meter. • Jarak Titik penalti dari garis gawang : 11 meter. Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional Ukuran lapangan Sepakbola Standar Internasional adalah ukuran yang sudah ditentukan oleh FIFA, seperti saat pertandingan Sepakbola antar Negara di dunia atau Piala Dunia dan turnamen internasional lainnya, berikut ini detail ukurannya.

• Panjang lapangan sepakbola : minimum 100 meter dan maksimum 110 meter. • Lebar lapangan Sepakbola : minimum 64 meter dan maksimum 75 meter. • Ukuran radius lingkaran tengah : 9,15 meter (915 cm). • Diameter lingkaran tengah : 18,30 meter • Ukuran kotak kiper : Panjang 18.30 meter.

Lebar : 5,5 meter. • Ukuran ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah penalti : Panjang : 40,3 meter. Lebar : 16,5 meter. • Panjang Gawang : 7,32 meter. • Tinggi Gawang : 2,44 meter. • Jarak Titik penalti dari garis gawang : 11 meter. Gambar Lapangan Sepakbola : Gambar Lapangan Sepakbola @bangayas.com Jaring Gawang Sepakbola : Untuk ukuran jaring bervariasi yang penting kuat dan tahan terhadap tendangan bola yang masuk, namun yang utama adalah memasangnya yang harus diperhatikan agar tidak mengganggu kiper dan pemain, selain itu bola yang masuk kedalam gawang tidak boleh melewati jaring.

Berikut detail bahan dan ukuran jaring yang umum digunakan. • Diameter : 4 mm. • Panjang : 7,2 meter. • Tinggi 2,4 meter.

• Lubang 14 x 14 cm. • Kedalaman 150 cm. • Bahan : HDPE. • Warna : Putih. Jenis Rumput Lapangan Sepakbola : Dalam pertandingan sepakbola, terdapat beberapa jenis rumput yang digunakan, dalam pengaplikasiannya rumput ini dikombinasi dengan rumput sintesis dengan teknologi terbarukan, berikut ini jenisnya.

• Zoysia matrella (ZM). Merupakan jenis rumput terbaik dibanding dua jenis lainnya, warna hijau yang dimiliki sangan bagus, akar yang kuat dan kelenturan sudah sesuai sehingga bola dapat melaju dengan baik. • Cynodon dactylon (CD). Merupakan jenis rumput terbaik kedua, kelemahannya dibanding ZM adalah akarnya yang kurang kuat.

• Axonopus compressus (AC). Merupakan jenis rumput Gajah yang sering kita jumpai di pekarangan kosong atau alun-alun kota. Kelemahan jenis rumput ini adalah daun yang lebih lebar, sehingga membuatnya mudah rusak karena terkena pul sepatu. Kamera yang Digunakan Untuk Sepak Bola : Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, membuat pertandingan sepakbola juga semakin jujur. Salah satu perkembangan teknologi dalam sepakbola ada kamera, berikut beberapa kamera utama yang digunakan dalam pertandingan sepakbola.

• Video Assistant Referee.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Sering juga disebut VAR, merupakan kamera dengan pengawas asisten wasit. Kamera ini untuk mengawasi kejadian atau peristiwa yang berada di lapangan seperti offside atau pelanggaran yang terkadang lepas dari pengawasan wasit utama. • Spidercam.

Kamera yang bentuknya seperti laba-laba ini memperluas dan memperindah tampilan pertandingan sepakbola di layar kaca. • Hawkeye. Kamera untuk mengawasi garis gawang, jika terjadi gol maka akan langsung ada pemberitahuan di jam tangan wasit. • Drone. Digunakan saat sesi latihan atau pertandingan berlangsung, dengan adanya drone segala kejadian dan tampilan yang ada di dalam maupun luar stadium dapat terlihat dengan jelas.

Ukuran bola Sepakbola : • Keliling lingkaran : min 68 cm dan max 71 cm. • Diameter : 21 – 22,5 cm. • Berat : 410 – 450 gram. • Tekanan : 8 hingga 12 PSi. • Warna : Harus jelas dan tidak boleh mencolok. Ukuran lapangan sepakbola yang telah disajikan diatas merupakan informasi penting yang biasanya dibutuhkan oleh sebagian orang seperti para pelajar dan olahragawan lainnya.

Dengan adanya informasi diatas diharapkan setidaknya bisa menambah pengetahuan dan membuka wawasan anda mengenai pertandingan sepakbola lebih dekat lagi. Pertandingan sepak bola adalah pertandingan yang spektakuler tiap tahunnya, maka dari itu selain mengetahui ukuran lapangannya natikan pula pertandingan-pertandingan menarik yang disajikan untuk anda. salam olahraga! Categories Olahraga Post navigation
Standar Ukuran Lapangan Sepakbola berasal dari standar internasional FIFA atau standar nasional indonesia dari PSSI dan KONI.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Pengertian Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer baik di tingkat nasional maupun di dunia. Lapangan Sepakbola adalah permukaan tanah lapang untuk pertandingan sepak bola yang umumnya berupa lapangan rumput.

Lapangan tersebut berbentuk persegi panjang. Sisi yang lebih panjang disebut garis sentuh, dan sisi yang lebih pendek disebut garis gawang. Lapangan Sepakbola disebut juga sebagai lapangan hijau atau football field atau football pitch. Penamaan ini karena permukaan tanah lapang untuk pertandingan sepak bola pada umumnya berupa lapangan rumput. Aturan mengenai bentuk dan ketentuan lebih lanjut tercantum dalam pasal pertama dari LOTG, “The Field of Play”.

Aturan-Aturan Permainan atau Laws of the Game (LOTG) adalah aturan terkodifikasi yang membantu memahami tata cara permainan sepak bola. Pedoman ini adalah satu-satunya standar atau hukum sepak bola yang dianut oleh badan olahraga FIFA. Aturan atau undang-undang ini menyebutkan mengenai : • jumlah pemain yang harus dimiliki suatu tim, • durasi pertandingan, • ukuran lapangan dan bola, • jenis dan sifat pelanggaran yang dapat diadili wasit, • makna offside yang sering disalahartikan, • dan banyak aturan lain berkaitan dengan prinsip sepak bola.

• selama pertandingan, merupakan tugas dari wasit untuk menafsirkan dan menegakkan Hukum Permainan. FIFA adalah organisasi resmi yang yang mengatur standar sepakbola di seluruh dunia. Mereka adalah induk organisasi sepakbola terbesar di dunia, merupakan singkatan dari Federation Internationale de Football Association. Aktifitas ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah ini diantaranya adalah : • Mempromosikan sepak bola • Mengatur transfer pemain antar tim • Memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia • Menerbitkan daftar Peringkat Dunia Lebih jelas mengenai FIFA dapat dibaca pada artikel lain dari standarku.com berikut : • FIFA organisasi standar sepakbola Sejarah aturan sepakbola Pada pertengahan abad ke-19, ada berbagai upaya untuk menyusun “hukum” resmi sepak bola di Inggris.

Hukum yang saat ini masih berlaku, merupakan hukum yang disahkan oleh The FA (Asosiasi Sepak bola wilayah Inggris) pada tahun 1863. Hukum asli sangat dipengaruhi oleh Aturan Cambridge dan dalam perkembangannya mendapat pengaruh cukup besar dari Aturan Sheffield. Seiring waktu Laws of the Game telah diamendemen dan diawasi oleh IFAB (International Football Association Board). Ukuran Lapangan Sepakbola Terdapat dua standar dalam menentukan ukuran lapangan sepakbola yakni : • lapangan berstandar nasional, dan • berstandar internasional.

Bentuk Lapangan Sepakbola Berikut gambar bentuk lapangan sepakbola : bentuk lapangan sepakbola Standar Internasional Melansir Football History, FIFA menetapkan aturan ketat terkait lapangan pertandingan untuk ajang sepak bola internasional. Lapangan sepakbola yang digunakan untuk memenuhi standar internasional memiliki ketentuan berikut : • Ukuran panjang adalah minimal 100 meter dan maksimal 110 meter dan lebar minimal 64 meter dan maksimal 75 meter.

• Panjang kotak kiper yang ditetapkan adalah 18,30 meter, sedangkan lebarnya 5,5 meter • Kotak penalti memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter • Diikuti dengan lingkaran tengah dengan radius 9,15 m, dan diameter dua kali lipatnya, yakni 18,30 meter.

• Untuk standar ukuran gawang, aturan FIFA menjelaskan bahwa jarak antara sisi dalam gawang harus diangka 7,32 m. • Sedangkan jarak dari titik bawah mistar gawang ke lapangan adalah 2,44 m.

• Ukuran mistar dan tiang gawang tidak boleh beda, yakni dilarang melebihi 12 cm. Dikutip dari Football History, klub-klub populer dunia umumnya menggunakan lapangan berukuran 105 x 65 meter. Selain memenuhi standar FIFA, ukuran ini juga merupakan dimensi yang direkomendasikan UEFA. Sejumlah stadion terkenal yang diketahui mengadopsi ukuran lapangan tersebut adalah : • Camp Nou, Barcelona, Spanyol • Wembley, London, Inggris • Old Trafford, Manchester, Inggris • Emirates, London, Inggris • San Siro, Milan, Italia • Allianz Arena, Munchen, Jerman • Stamford Bridge, London, Inggris • Tottenham Hotspur, London, Inggris • Anfield, Liverpool, Merseyside, England Lapangan sepakbola biasanya berupa lapangan rumput alami, namun ada juga lapangan yang menggunakan rumput sintetis.

Ukuran tinggi rumput di lapangan adalah sekitar 25-30 milimeter. Standar Nasional Indonesia Dilihat dari bentuknya, lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang. Dengan ditandai garis dan bendera yang dipasang pada tiang dengan tinggi tidak kurang dari 1,5 m, dengan ujung yang tidak lancip di setiap sudut lapangan. Tiang-tiang bendera juga ditempatkan berlawanan pada garis tengah di setiap sisi lapangan, paling tidak 1 m dari garis sisi. Di level nasional, PSSI menetapkan ukuran lapangan yang umum digunakan untuk pertandingan dalam negara Indonesia.

PSSI adalah singkatan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, merupakan organisasi yang bertanggung jawab mengelola sepak bola asosiasi di Indonesia. Ukuran tersebut sejaitnya sejalan dengan ketentuan FIFA, meski sedikit lebih kecil dibanding ukuran lapangan khusus pertandingan internasional.

Untuk ukuran lapangan sepakbola berstandar nasional tersebut, berikut ketentuannya : • Panjang: 90 meter sampai 120 meter • Lebar: 45 meter sampai 90 meter • Ukuran radius lingkaran tengah: 9,15 meter • Diameter lingkaran tengah: 18,30 meter • Panjang ukuran kotak kiper: 18,3 meter • Lebar ukuran kotak kiper: 5,5 meter • Panjang ukuran kotak penalti: 40,3 meter.

• Lebar ukuran kotak penalti: 16,5 meter. • Panjang Gawang: 7,32 meter. • Tinggi Gawang: 2,44 meter. • Jarak Titik penalti dari garis gawang: 11 meter. Ukuran Bola Dalam lapangan sepakbola biasanya digunakan bola yang memiliki ukuran dengan rincian sebagai berikut: • Berat bola : 396-453 gram • Lingkaran bola: 68-71 cm Jenis Rumput Lapangan Sepakbola Jenis rumput yang cocok untuk dipakai untuk lapangan sepakbola, dikutip dari laman resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di antaranya: Zoysia matrella (ZM) Merupakan jenis rumput yang paling baik digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola dan memiliki warna hijau yang paling pekat diantara dua jenis lain.

Tingkat elastisitas (berhubungan dengan bola bergelinding) dan kekuatan akar sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena pul sepatu. Cynodon dactylon (CD) Rumput jenis CD, biasa disebut rumput bermuda. Kualitasnya hampir sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput CD tidak sekuat rumput ZM.

Akar rumput CD akan mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain. Axonopus compressus (AC) Rumput jenis AC, atau sering disebut dengan rumput gajah sering ditemukan di taman atau alun-alun.

Rumput ini memiliki perakaran yang baik, namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak karena terkena pul sepatu.

Demikian artikel dari standarku.com mengenai Standar Ukuran Lapangan Sepakbola. Mohon saran dari pembaca untuk kelengkapan isi artikel ini, silahkan saran tersebut dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Baca artikel lain : • FIFA organisasi standar sepakbola • Standar Nasional Satuan Ukuran • BPIM, Organisasi Standar Berat dan Ukuran Internasional • Standar Satuan pengukuran Sumber referensi : • https://id.wikipedia.org/wiki/Lapangan_sepak_bola • https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-5626913/ukuran-dan-gambar-lapangan-sepakbola-lengkap-sesuai-aturan • https://www.liputan6.com/bola/read/4711280/ketahui-ukuran-lapangan-sepak-bola-menurut-standar-fifa-dan-pssi • https://en.wikipedia.org/wiki/Laws_of_the_Game_(association_football)Goal Indonesia • Goalpedia • Bundesliga • FC Girondins de Bordeaux • Empoli • AS Monaco FC • Atalanta • Aston Villa FC • Stade Rennais FC • Bayer Leverkusen • Milan • Mallorca • Juventus • Crystal Palace FC • Real Betis • Hellas Verona • Getafe • Levante • Stade de Reims • Eintracht Frankfurt • Sampdoria • ES Troyes AC • Cagliari • Spezia • Venezia • Torino • Newcastle United FC • Wolverhampton Wanderers • Valencia • Olympique Lyonnais • RC Strasbourg • Mainz 05 • Fiorentina • LaLiga • Angers SCO • Köln • RB Leipzig • RC Lens • FC Lorient • Villarreal • Udinese • FC Nantes • Olympique de Marseille • Watford FC • Stuttgart • Serie A • Chelsea FC • Celta de Vigo • Greuther Fürth • Cádiz • Atlético Madrid • FC Metz • Hoffenheim • Osasuna • Borussia M'gladbach • Bayern Munich • Sassuolo • Lazio • Lille OSC • Granada • Brentford FC • Paris Saint-Germain FC • Manchester United FC • AS Saint-Étienne • Real Sociedad • Arminia Bielefeld • Southampton FC • Leeds United AFC • West Ham United FC • Internazionale • Espanyol • Montpellier HSC • Salernitana • Brighton & Hove Albion FC • Borussia Dortmund • Wolfsburg • Deportivo Alavés • Everton FC • Liverpool FC • Norwich City FC • Genoa • Elche • Leicester City FC • Ligue 1 • Freiburg • Augsburg • Union Berlin • Stade Brestois 29 • OGC Nice • Real Madrid • Barcelona • Clermont Foot • Rayo Vallecano • Liga Primer • Sevilla • Burnley FC • Bochum • Bologna Namun tahukah Anda bahwa tidak semua lapangan sepakbola itu ukurannya sama?

Bisa jadi pemain yang kita maki tersebut tidak terbiasa untuk mengover begitu banyak area karena dimensi lapangan dari tiap stadion berbeda-beda tergantung kebutuhan tim. Goal coba menjelaskan mengapa ukuran lapangan itu bisa berbeda dan seperti apa regulasinya? Pilihan Editor • Tiba Di Vietnam, Asnawi Mangkualam Tegaskan Siap Langsung Main • “Saya Juga Termasuk!” - Bruno Fernandes Akui Banyak Pemain Tak Layak Perkuat Manchester United • Pernahkah Manajer Interim Dipecat?

• Hasil Lengkap Perolehan Medali SEA Games 2021 Di Vietnam Simak! Aturan Dimensi Lapangan Sepakbola Ini menarik mengingat ukuran lapangan ternyata tidak harus sama namun, faktanya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah.

Aturan yang ada saat ini hanya menetapkan ukuran minimal dan maksimal untuk panjang dan lebar, sehingga banyak klub bebas melakukan penyesuaian. Menyangkut panjang lapangan, kompetisi elite seperti Liga Primer Inggris menetapkan aturan minimal 100 yard atau 90 meter, dengan maksimal 130 yard atau 120 meter. Terkait lebar, spesifikasi yang ditetapkan berada di angka minimal 50 ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah atau 45 meter, sedangkan maksimalnya adalah 100 yard atau 90 meter.

Tentunya dimensi lapangan tidak boleh berbentuk persegi dengan menetapkan panjang minimal dan lebar maksimal, sebagaimana di dalam aturan sudah ditetapkan bahwa ukurannya harus terlihat persegi panjang dan sesuai rasio. Getty Images Ada juga perbedaan dimensi lapangan di sepakbola akar rumput. Misalnya, untuk tim U-8 panjangnya bervariasi antara 27,45 meter dan 45,75 meter dengan lebar 18,3 meter sampai ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah meter. Tim U-13 sampai U-14 memiliki standar panjang antara 72,8 meter dan 91 meter dengan lebar 45,5 meter sampai 56 meter.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Meski tidak ada spesifikasi khusus terkait dimensi lapangan, ada batasan standar yang harus dipatuhi klub. Untuk tim senior, lebarnya tak kurang dari 64,01 meter dan panjang 100,58 meter. Untuk menambah kebingunan, FIFA memiliki dimensi ukuran yang berbeda di pertandingan internasional. Minimal lebarnya adalah 64 meter sampai 75 meter, dengan mimimal panjang mencapai 100 meter sampai 110 meter. Liga Primer juga sama rumitnya terkait masalah ini.

Pada 2012, mereka mencoba untuk menstandarkan dimensi lapangan bagi tim di divisi teratas dengan menambahkan aturan K21. Dinyatakan bahwa “Kecuali jika diizinkan oleh dewan [otoritas liga], dalam pertandingan, panjang lapangan harus 105 meter dan lebarnya 68 meter”.

Semua terlihat menyetujui, tetapi aturan K22 kemudian menyatakan bahwa klub akan dibebaskan dari aturan tersebut "jika tidak memungkinkan untuk mematuhi aturan K21 karena sifat konstruksi tanah". Ukuran Lapangan Stadion Liga Primer Inggris 2021/22 Apakah Ukuran Lapangan Berpengaruh? Ini adalah pertanyaan yang telah ditanyakan selama bertahun-tahun, tetapi apakah ukuran lapangan itu benar-benar penting?

Jawabannya adalah: tergantung. Pentingnya ukuran lapangan bergantung pada sejumlah faktor, dan justru akan dusta jika menyebut itu sama ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah tidak relevan. Faktor utama tentu saja adalah gaya sepak bola yang dimainkan oleh tim tersebut, dengan dimensi lapangan bisa menguntungkan dan merugikan. Sebagai contoh Anda dapat melihat Tony Pulis. Pria yang kerap memakai topi bisbol selama menjabat sebagai manajer Stoke City itu menuntut agar lapangan memenuhi dimensi seminimal mungkin.

Hal itu memungkinkan permainan bola panjangnya lebih efektif dan menciptakan peluang bagi spesialis lemparan jauh Rory Delap agar lebih akurat dalam menemukan targetnya. Getty Contoh terkenal lain dari dimensi lapangan yang digunakan untuk keuntungan tim tuan rumah terjadi pada 1987 ketika Graeme Souness, yang waktu itu menjadi manajer Rangers.

Lawannya di ajang Piala Eropa Dynamo Kiev memiliki pemain sayap yang sangat berbahaya yang suka berlari di pinggir lapangan. Menjelang pertandingan, Souness memberi instruksi kepada groundsman bahwa mereka harus mengubah dimensinya. Souness mengatakan: "Lapangannya tidak harus dengan lebar tetap selama itu masih di atas batas minimal, jadi saya berpikir: 'Benar, saya akan membuatnya menjadi sangat minimal'.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Pada Selasa sore, para pemain Kiev berlatih di lapangan ketika itu masih menggunakan ukuran normal. Pada Rabu malam, mereka keluar untuk pertandingan dan pasti terkejut mengetahui bahwa, setelah 15 langkah, mereka berada di pinggir lapangan. itu bukan hal yang curang, tetapi masih dalam aturan ”.

Tim yang memilih untuk bertahan dalam juga mendapat manfaat dari dimensi lapangan yang lebih kecil. Semakin kecil lapangannya, semakin kecil peluang pihak penyerang untuk memindahkan bola dari satu sisi ke sisi lain dan menarik tim bertahan untuk keluar dari posisinya. Manajer Tottenham Hotspur kala itu Mauricio Pochettino sempat menyalahkan ukuran lapangan White Hart Lane atas kekalahan timnya dari Newcastle United pada 2014.

ukuran lapangan sepak bola yang memenuhi standar adalah

Dia berkata, “Gaya kami membutuhkan ruang yang lebih besar untuk bermain karena kami memainkan permainan posisional. Memang benar bahwa White Hart Lane sedikit sempit dan lebih baik untuk lawan ketika mereka bermain dalam”.

Pada kenyataannya, sebagian besar lapangan Liga Primer berukuran kira-kira sama, dengan terdapat perbedaan satu sampai lima meter. Ukuran lapangan juga dapat bervariasi dari musim ke musim tergantung pada preferensi manajer. Hal utama yang perlu diambil dari sini adalah jika Anda melihat ke Old Trafford dan berpikir bahwa lapangannya terlihat lebih besar daripada yang ada di Anfield, maka kemungkinan besar Anda benar.

Ukuran lapangan sepak bola standart Internasional dan Nasional




2022 www.videocon.com