Brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pengembangan kawasan wisata di Danau Toba, salah satunya di Pantai Bebas Parapat, Simalungun, Sumatra Utara. Dalam kunjungannya hadir pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. Jokowi mengelilingi kawasan Danau Toba sebagai tindak lanjut percepatan lima destinasi superprioritas untuk mengecek revitalisasi yang sudah berjalan.

Dirinya melihat ada perbaikan total yang telah dilakukan. "Hari ini kita berada di kawasan Danau Toba, juga dalam rangka melihat apakah revitalisasi perbaikan-perbaikan yang dilakukan sudah berjalan dan saya melihat ada sebuah perbaikan-perbaikan total sehingga nanti menteri pariwisata brummm.

jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba membangun lagi rebranding, membangun lagi differensiasi sehingga ada pembeda danau dengan kawasan destinasi wisata yang lain," kata Jokowi. Baca juga: Erick Thohir 'Healing' di Danau Toba, Netizen: Sini Pak Tempat Saya. Jokowi menuturkan, ada potensi yang besar di kawasan Danau Toba. Berbeda dengan sebelumnya, kini ada berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Penataan kawasan ini pun akan terus diperbaiki. "Saya melihat ada potensi yang besar di kawasan danau toba ini, seperti kawasan di Parapat ini yang dulunya tidak ada untuk menyajikan pertunjukan seni budaya sekarang sudah ada amphitheaternya, sudah ada kawasan yang bisa dipakai masyarakat untuk memandang Danau Toba," kata Jokowi.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo akan ditindaklanjuti dengan beberapa program yang tepat sasaran tepat manfaat dan tepat waktu. Sehingga proses pengembangan Pantai Bebas yang pemandangannya menghadap langsung Danau Toba ini dapat menarik wisatawan datang lebih banyak. Sehingga mampu menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya. "Tempat ini sangat unik dan original.

Narasi serta cerita atau story telling yang dibangun bisa menjadi kesan dan pengalaman baru kepada para wisatawan yang datang ke sini," ujar Menparekraf. Selanjutnya, Jokowi dan rombongan menaiki motor sejauh 11 km Simak Video 'Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan & Empat KMP di Kawasan Danau Toba': [Gambas:Video 20detik] VIVA – Presiden Jokowi dan sejumlah menteri yang mendampinginya dalam kunjungan kerja di Sumatera Utara menaiki sepeda motor dari Simpang Tiga Bandar Udara Sibisa, Kabupaten Toba menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat di Kabupaten Simalungun pada Rabu, 2 Februari 2022.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Jokowi menunggangi Kawasaki W175 berkendara menuju kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun. Menurut Jokowi, dirinya sengaja menggunakan sepeda motor karena ingin menghirup udara segar di kawasan Danau Toba. Di samping itu, dia juga hendak menjajal infrastruktur jalan pendukungnya. "Saya dan menteri-menteri ingin menghirup udara segar Danau Toba karena udara di sini fresh sekali. Rugi kalau kita enggak naik motor. Juga lihat infrastruktur jalannya mulus enggak. Ya tadi sudah 80 persen mulus, ada 20 persen masih gelombang sedikit-sedikit.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Kita sudah menyampaikan ke Menteri PU," kata Jokowi dalam keterangannya di kawasan Pantai Bebas Parapat, Sumatera Utara, Rabu 2 Februari 2022 "Di sini udaranya dingin dan segar. Kalau di sana (Mandalika) lurus, di sini kelok-kelok, bedanya itu," ujar Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berharap infrastruktur jalan yang telah ada dapat dihubungkan dan diintegrasikan dengan sejumlah kawasan wisata.

Dengan begitu kawasan sekitar juga dapat semakin bertumbuh lebih baik lagi. "Semua kalau bisa itu diintegrasikan, tapi tidak mungkin dalam waktu dekat karena juga semuanya ada mana yang skala prioritas, mana yang berikutnya," ujarnya.
Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri kabinet kerja melakukan kunjungan kerja ke Pulau Samosir di Danau Toba, Sumatera Utara sejak awal pekan ini.

Pada kesempatan tersebut, ia sempat berpesan bahwa pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba harus dilakukan secara simultan antara penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketersediaan infrastruktur pendukungnya.

Dia berharap, setelah sejumlah infrastruktur pendukung seperti jalan, penataan kawasan, pasar, dan dermaga selesai dibangun, itu juga diikuti dengan kesiapan SDM sehingga dapat dilakukan promosi secara masif ke seluruh dunia.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

"Semuanya (pengerjaan infrastruktur) selesai Insya Allah tahun depan. Meski sekarang sudah mulai, tapi promosi besarnya tahun depan setelah semua produk ini betul-betul selesai," ujar dia dalam sebuah keterangan resmi, Kamis (1/8/2019).

Jokowi mengatakan, pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung di kawasan Tano Ponggol di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir Toba yang tengah dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merupakan pekerjaan besar. "Karena dengan dilebarkannya alur Tano Ponggol serta ditambah kedalamannya, nantinya kawasan Tano Ponggol akan menjadi jalur perlintasan kapal pesiar yang mengelilingi Pulau Samosir," tuturnya.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, saat ini proses pelebaran alur Tano Ponggol progresnya sudah sekitar 74 persen.

"Alur Tano Ponggol akan dilakukan pelebaran dari 25 meter menjadi 80 m sepanjang 1,2 km, serta ditambah kedalamannya dari 3 meter menjadi 8 meter," sebutnya. Kontrak pekerjaannya sendiri dimulai sejak Desember 2017 dengan target rampung pada Desember 2019. Nominal anggaran untuk proyek ini sendiri mencapai Rp 313 miliar.

Proyek pelebaran alur Tano Ponggol dilaksanakan brummm. jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, dengan kegiatan utama pelebaran dan pendalaman alur.

Selain itu, pada sisi kiri dan kanan alur Tano Ponggol nantinya akan menggunakan steel sheet pile untuk menjaga kekuatan tanggul. "Setelah dilakukan pelebaran, pada sisi kiri dan kanan juga akan dibangun jalur pedestrian sebagai bagian dari penataan kawasan sekaligus dukungan objek wisata di Danau Toba," tukas Menteri Basuki.

Presiden Jokowi menjajal kapal buatan Kementerian Perhubungan Kapal Motor Ihan Batak saat kunjungan kerja ke Tanau Toba. Jokowi menjajal kapal berkapasitas 300 gross tonnage (GT) menuju Pulau Samosir. Jokowi minta fasilitas transportasi berbasis tradisional dengan memikirkan konsep hidup modern agar menginspirasi milenial dan masyarakat.

Ini yang bisa diterapkan pada kapal yang tengah dibangun dan akan jadi November 2019. Berangkat dari Dermaga Ajibata, Jokowi tiba di Dermaga Ambarita sekitar pukul 15.00 WIB. Langsung menuju Lapangan Ambarita.

Di lokasi itu Jokowi menyerahkan 1.000 sertifikat tanah kepada warga Samosir dan sekitarnya. Usai bagaikan sertifikat, Presiden langsung menuju Kampung Tenun dan Pantai Pasir Putih. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut mendampingi Jokowi menyatakan, ada kebanggaan karena Jokowi menjajal Kapal Ihan Batak. "Kapal ini untuk melayani jalur penyeberangan di Danau Toba," ujar Menhub dalam keteranganya di Pulau Samosir, Rabu (31/7/2019). Budi Karya mengatakan, pihaknya telah membangun lima kapal besar untuk melayani angkutan penyeberangan di Danau Toba.

Satu diantaranya Kapal Motor Ihan Batak sudah siap digunakan setelah dua tahun proses pembuatan. "Ini bagian dari penghidupan masyarakat, jadi kita harus perhatikan juga bahwa masyarakat tidak boleh tersingkirkan.

Kita buat kapal-kapal besar tapi kapal kecil masyarakat tetap dioperasikan dengan memperhatikan aspek keselamatan," jelasnya. Menhub mengatakan pada 2020, ditargetkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di Danau Toba sudah siap semuanya. "Paling penting adalah kita memberikan prioritas kepada danau toba untuk menjadi Bali baru.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Kita lihat pembangunan sudah dua tahun ini kota lakukan," ungkapnya. Sedangkan untuk pengadaan kapal, yaitu satu Kapal Ro Ro, telah selesai 2018, satu unit Kapal Ro Ro selesai 2019, satu unit Kapal Ro Ro selesai 2020 dan dua unit bus air selesai 2020.

Diketahui Kapal Ihan Batak ini bisa memuat 180 penumpang, 6 bus besar, 32 sedan, 8 truk ukuran 18 ton dan 10 ABK dengan melayani Pelabuhan Ajibata-Ambarita 4 trip perhari. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau kampung adat yang menjadi titik awal sejarah peradaban penegak hukum di Kampung Huta Siallagan, Desa Ambarita, Kabupaten Samosir. Kegiatan ini dilakukan saat hari ketiga kunjungan kerja Jokowi ke Samosir, Sumatera Utara.

Seperti dilansir Antara, Jokowi bersama Iriana berkunjung ke kawasan itu pada Rabu (31/7/2019) pagi untuk meninjau pengembangan destinasi wisata dan pembangunan infrastruktur pendukungnya. Kampung tersebut merupakan salah satu daya tarik wisata di sekitar kawasan Danau Toba. Setelah dari kampung adat di Samosir, Jokowi bersama rombongan brummm. jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba menuju pasar tradisional Onan Baru Pangururan, Kabupaten Samosir untuk meninjau aktivitas di pasar itu.

Selain itu, Jokowi diagendakan menuju lokasi rencana pembangunan jembatan Tano Ponggol untuk mendukung pengembangan kawasan wisata Danau Toba.

Jembatan tersebut diharapkan dapat memudahkan wisatawan untuk menuju Pulau Samosir melalui jalur darat. Dikutip dari siara pers Biro Pers, Media dan Informasi Setpres, usai beristirahat dan santap siang, Jokowi melanjutkan kegiatan ke Taman Bumi Kaldera Toba di Desa Sigulatti, Kabupaten Samosir.

Sebelum bertolak menuju Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Silangit, Tapanuli Utara pada Rabu sore, Jokowi terlebih dahulu meninjau proyek percontohan pengembangan peternakan sapi jenis 'belgian blue' di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan. detikNewsKamis, 03 Feb 2022 13:44 WIB Nyoman Nuarta Bikin Patung Jokowi Naik Motor RI-1 untuk di Mandalika Nyoman Nuarta membuat patung Jokowi naik motor bertuliskan RI-1. Patung Jokowi naik motor RI-1 itu bakal dipasang di Mandalika.

detikFinanceRabu, 02 Feb 2022 17:30 WIB Brummm. Jokowi Motoran Tinjau Infrastruktur di Danau Toba Presiden Joko Widodo kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara, Rabu, (2/2/2022). Dalam kunkernya, Jokowi naik motor sekaligus tinjau infrastruktur. detikNewsRabu, 02 Feb 2022 15:00 WIB Jokowi Motoran Jajal Jalan di Sumut: 20% Masih Bergelombang Jokowi mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja (kunker) ke Sumatera Utara (Sumut).

Motoran Jokowi sekaligus mencoba mulus atau tidaknya jalan di Sumut. detikNewsJumat, 12 Nov 2021 15:47 WIB Kala Jokowi Tak Berani Ngebut Saat Jajal Sirkuit Mandalika Presiden Jokowi mengaku tak berani ngebut saat menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. detikNewsMinggu, 12 Jan 2020 14:20 WIB Kontroversi Lampu Motor Jokowi, Ngabalin: Presiden Manapun Punya Privilege Presiden sendiri dalam undang-undang ada pengecualian. Di seluruh dunia yang namanya kepada negara itu ada privilege-nya," tegas Ngabalin.

detikNewsMinggu, 12 Jan 2020 10:23 WIB Beda dari Ngabalin, Pengamat Nilai Presiden Bisa Ditilang Bila Langgar Aturan Pengamat transportasi menilai semestinya Presiden Jokowi dan masyarakat biasa tak mendapatkan perbedaan perlakuan. detikNewsMinggu, 12 Jan 2020 09:46 WIB Gugatan Mahasiswa yang Bawa Lampu Motor Jokowi Dinilai Tak Tepat Pakar hukum menilai gugatan mahasiswa UKI sulit dikabulkan karena tak mengalami kerugian konstitusional akibat aturan sepeda motor wajib menyalakan lampu.

detikOtoMinggu, 12 Jan 2020 09:03 WIB Soal Lampu Motor Custom Jokowi Harus On Saat Berkendara Eliadi bertanya mengapa Presiden Joko Widodo yang melakukan hal serupa tidak ditilang. detikNewsMinggu, 12 Jan 2020 06:20 WIB Kontroversi Beda Presiden-Rakyat di Gugatan Lampu Motor Pernyataan soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak bisa disamakan dengan rakyat soal aturan lampu sepeda motor harus on saat siang hari menuai kontroversi. detikNewsSabtu, 11 Jan 2020 12:21 WIB Mahasiswa UKI: Presiden Juga Rakyat, Harusnya Beri Contoh Taat Hukum "Sebenarnya presiden itu juga merupakan rakyat ya, artinya undang-undang itu berlaku untuk semua rakyat tidak terkecuali Jokowi," kata Eliadi Hulu.
JAKARTA - Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022).

Mereka berkendara menembus wilayah sekitar Danau Toba sejauh 11 kilometer. Hal ini diketahui dari unggahan Presiden Jokowi di akun resmi Insagramnya, Rabu (2/2/2022) sore.

Jokowi terlihat naik motor Kawasaki Brummm. jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba berwarna biru dengan mengenakan jaket lokal bertema G20 Indonesia lengkap dengan helm hitam dan masker warna cokelat. "Dari Simpang Sibisa di Kabupaten Toba, saya mengendarai Kawasaki W175 menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat di Kabupaten Simalungun. Ikut pula Pak Luhut, Pak Basuki, dan Pak Sandiaga bersepeda motor sejauh sebelas kilometer," tulis @jokowi pada keterangan foto unggahannya di Instagram.

Menurut Jokowi, jalan yang dilewati lumayan mulus meski ada beberapa titik yang masih sedikit bergelombang. Kondisi jalannya juga kelak-kelok tidak seperti jalan bypass Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dijajalnya beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Jokowi cukup menikmati udara di sekitar Danau Toba. "Udara yang berhembus di sekitar Danau Toba ini segar sekali. Jalannya lumayan mulus, meski di beberapa tempat masih ada yang bergelombang sedikit-sedikit.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Jalurnya berkelok-kelok, tidak seperti jalan bypass Mandalika yang saya jajal beberapa waktu lalu," katanya. Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi meresmikan pembangunan jalan dan jembatan Balige By Pass (lingkar luar) di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Peresmian jalur sepanjang 9,8 km tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Negara di kawasan dekat Jembatan Soposurung. Jalur Balige By Pass dibangun dengan APBN sebesar Rp176,60 miliar, sepanjang 9,8 km, berada di bagian hulu Kota Balige, Ibu Kota Kabupaten Toba.

Selain ruas jalan, juga dibangun empat jembatan serta infrastruktur penanganan longsoran sepanjang 105 meter. Baca juga: Presiden RI ke Danau Toba, 1.653 Pasukan Gabungan Disiagakan di Simalungun Empat jembatan yang dibangun di sepanjang jalur Balige By Pass yakni di perlintasan Sungai Aek Haluan sepanjang 30 meter, Aek Bolon (35 meter), Soposurung (35 brummm.

jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba, dan Jembatan Aek Hinalang sepanjang 7 meter. Selain mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Balige, jalan ini juga bermanfaat sebagai jalur alternatif distribuai logistik, membuka peluang pengembangan sektor perekonomian serta mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba. Usai meresmikan jalur Balige By Pass, Jokowi bertolak menuju Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, dilanjutkan peresmian Pantia Bebas Parapat (Simalungun) dan Pelabuhan Ajibata (Toba).
Simalungun - Perusahaan Bridgestone mempidanakan kakek Samirin (69) karena mengambil sisa getah karet seharga Rp 17.480 perak.

Mendukung pelaporan itu, jaksa menuntut Samirin selama 10 bulan penjara! Hal ini sangat disesalkan. "Ini bukti bahwa praktisi hukum kita atau bahkan sebagian besar Sarjana Hukum kita terutama jaksa dan hakim itu positivis, hanya menjadi corong UU.

Menerapkan hukum tanpa melihat konteks. Dalam konteks itu ada rasa keadilan," kata ahli hukum pidana Universitas Trisakti Jakarta, Abdul Fickar Hadjar, saat dihubungi detikcom, Kamis (16/1/2020).

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Baca juga: Ambil Getah Karet Seharga 17 Ribu Perak, Kakek Samirin Dituntut 10 Bulan Bui Menurut Fickar, banyak faktor mengapa para Sarjana Hukum kita memiliki pandangan positif. Salah satunya Fakultas Hukum hanya memproduksi ahli hukum perundang-undangan yang positivis. "Yang hanya menekankan pada sisi kepastian saja, ketimbang rasa keadilan dan kemanfaatannya," ujar Fickar. Kedua, banyak hukum dijalankan berdasarkan pesan sponsor. Baik dari pihak yang dirugikan atau dari perusahaan.

"Menetapkan hukum dengan pesan sponsor dari perusahaan atau pihak yang merasa dirugikan. Dengan sponsor itu nenutup mata hati keadilannya.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Sehingga orang kecil selalu menjadi sasaran penegakan hukum," ucap Fickar. Berdasarkan dakwaan jaksa, kasus itu terjadi pada 17 Juli 2019 petang. Kala itu kakek Samirin baru saja menggembala lembu di Nagori Dolok Ulu Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun.

Baca juga: Ibu yang Ambil Sisa Sawit Rp 132 Ribu Akhirnya Dipenjara 7 Bulan Setelah itu, kakek Samirin mengumpulkan sisa getah rembung/karet yang tersisa. Sisa getah itu dia masukkan ke kantong kresek. Di saat yang sama, lewat petugas perkebunan yang sedang berpatroli. Samirin lalu dibawa ke kantor Security Perkebunan PT Bridgestone SRE Dolok Maringir. Kemudian menimbang getah dan hasilnya sebesat 1,9 kg. Bila diuangkan seharga Rp 17.480. Tanpa ampun, perusahaan melaporkan Samirin ke kepolisian dan ditahan.

Jaksa kemudian menuntut Samirin dihukum 10 bulan penjara. Akhirnya, Samirin divonis 2 bulan 4 hari dan langsung bebas pada Rabu (15/1/2020) malam.

(asp/aan)Jokowi tak sendirian, kala itu ia didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono yang juga turut mengendarai motor trail. Ia menggunakan perlengkapan berkendara cukup lengkap mulai dari helm, jaket, hingga sepatu.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Motor trail merek Jepang Kawasaki KLX 150 BF dipilih Jokowi menjadi tunggangannya. Foto: dok. PUPR Nggak cuma ke Papua saja nih Otolovers Jokowi mengendarai motor trail. Saat mengunjungi tambak udang di kawasan Muara Gembong, Bekasi Jokowi pun terlihat menunggangi motor yang sama.

Jokowi mengaku tidak ada kesulitan dalam menunggangi motor trail Kawasaki KLX 150 tersebut saat melintas di jalan-jalan sempit. Dia mengaku sudah terbiasa. Foto: Dok. Biro Pers Setpres Kemudian Jokowi naik motor Chopperland emas dan memimpin touring menuju Palabuhanratu, Sukabumi.

brummm.... jokowi motoran tinjau infrastruktur di danau toba

Dari motor, Jokowi menyapa warga. Dari Kecamatan Bantar Gadung, Sukabumi, Minggu (8/4/2018), Jokowi mampir dua desa untuk meninjau padat karya. Jokowi lalu melanjutkan touring ke Palabuhanratu. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Kenapa Jokowi "Touring" Motor??




2022 www.videocon.com