Daun sirih cina

daun sirih cina

Merdeka.com - Jika Anda mengamati rumput liar yang sering tumbuh di sekitar rumah, tentu Anda sering melihat rumput dengan daun hijau mengkilap berbatang lunak.

Tanaman ini sering disebut dengan daun sirih daun sirih cina. Ini merupakan salah satu jenis rumput liar yang banyak tumbuh di tanah, celah batu, tanah yang tidak terurus, hingga tumbuh di lingkungan hutan. Pada rumput daun sirih cina, sering kali tumbuh buah berbentuk kepala jarum lonjong dengan diameter sekitar 0,5 – 1 mm. Buah daun sirih cina ini mempunyai biji-biji kecil yang tumbuh di sampingnya.

Biasanya, setelah matang biji buah akan jatuh ke tanah dan siap berkecambah jika kondisi tanah lembap. Meskipun termasuk rumput liar, ternyata terdapat berbagai macam manfaat daun sirih cina bagi kesehatan yang tidak boleh disepelekan. Diketahui, daun sirih cina atau Peperomia Pellucida mempunyai agen anti kanker dan anti peradangan yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya itu, daun sirih cina juga mempunyai kandungan antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidak heran, jika manfaat daun sirih cina ini sangat berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit arthritis, adam urat, gangguan sistem kemih, hingga kanker. BACA JUGA: Jadi Ikon Pariwisata Jogja, Begini Keramaian Pantai Parangtritis Selama Libur Lebaran Polres Semarang Ungkap Kasus 'Pembunuhan Sebelum Salat Ied', Ternyata Ini Motifnya Tanaman ini pun sudah digunakan sebagai obat herbal tradisional oleh masyarakat pada zaman dahulu.

Melansir dari situs Health Benefits Times, berikut kami merangkum beberapa manfaat daun sirih cina bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/CLIPAREA l Custom media Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati penyakit arthritis rheumatoid.

Konsumsi jus yang diekstrak dari batang dan daun sirih cina diketahui dapat membantu mengobati penyakit arthritis rheumatoid. Ramuan ini dapat diminum setiap pagi dan malam hari.

Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya sebab ramuan ini dapat memberikan efek langsung dalam waktu singkat setelah dikonsumsi. Menjaga Kesehatan Pencernaan Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat melindungi sistem pencernaan dengan baik. Rebusan daun sirih cina telah terbukti meringankan pasien yang menderita maag.

Dari hasil studi, ekstrak daun sirih cina ini dapat menghambat kerusakan mukosa lambung, atau lapisan selaput lendir yang berisi kelenjar dan lubang lambung. Jika Anda mempunyai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan pencernaan, konsumsi ramuan daun sirih cina bisa menjadi alternatif pengobatan herbal yang bisa dilakukan. Membantu Mengobati Kanker Manfaat daun sirih cina selanjutnya yaitu daun sirih cina membantu mengobati penyakit kanker. Rumput liar yang mempunyai daun mengkilap ini telah terbukti mampu mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.

Daun sirih cina ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan berbagai patogen, bakteri, dan senyawa radikal bebas. BACA JUGA: Ratusan Penumpang Arus Balik Terlantar di Terminal Kudus, Ini Faktanya Kata-kata Kehilangan Seseorang yang Kita Sayangi Bahasa Inggris, Penuh Makna Bijak Manfaat daun sirih cina diketahui juga dapat membantu menyembuhkan fraktur.

Berdasarkan hasil penelitian, daun sirih cina mempunyai kandungan mineral yang berguna untuk mempercepat penyembuhan tulang. Konsumsi ramuan dari ekstrak rumput liar ini pun dapat membantu mempercepat penyembuhan patah tulang secara efektif.

Mengandung Antioksidan Kuat Manfaat daun sirih cina yang tidak kalah menarik berikutnya yaitu kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalamnya.

Kandungan antioksidan ini dapat bekerja membersihkan senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Daun sirih cina hasil studi, dikatakan bahwa daun sirih cina menjadi sumber alami yang baik untuk terapi antioksidan.

Anti Jamur Anti jamur juga termasuk salah satu manfaat daun sirih cina sirih cina yang bisa Anda dapatkan. Sifat anti jamur yang terdapat di dalam tanaman daun sirih cina, diketahui efektif melawan pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit. Tentu ramuan ini sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

daun sirih cina

BACA JUGA: Resep Cireng Kerupuk Gurih, Cocok untuk Camilan Sehari-hari Manfaat Puasa Media Sosial bagi Kesehatan Mental, Efektif Meningkatkan Suasana Hati Manfaat daun sirih cina ternyata juga dapat membantu pengobatan depresi. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa daun sirih cina mempunyai aktivitas depresan. Konsumsi ekstrak daun sirih cina ini dengan dosis yang tepat dapat membantu pengobatan gangguan rangsangan mental yang berlebihan, termasuk depresi.

Anti Inflamasi Selain anti jamur, manfaat daun sirih cina berikutnya didapat dari sifat anti inflamasi yang dimilikinya. Konsumsi ekstrak daun sirih cina diketahui dapat memabntu meredakan gejala peradangan, seperti kondisi kulit yang memerah, panas, dan bengkak.

Bahkan dikatakan, daun sirih cina mempunyai aktivitas anti inflamasi yang bekerja secara efektif dan signifikan. Mengurangi Asam Urat Mnafaat daun sirih cina bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengurangi gejala asam urat.

Dari penelitian yang dilakukan pada hewan tikus, tikus yang diberi ekstrak daun sirih cina menunjukkan penurunan kadar asam urat sebesar 44 % dalam darahnya. Dari penelitian ini, dapat dipahami bahwa daun sirih merah mempunyai kandungan senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengontrol kadar asam urat dengan efektif.

BACA JUGA: Dibuka Tiga Menteri Sekaligus, Begini Penerapan Sistem "One Way" di Tol Jateng Cegah Hepatitis Akut, Dirut RSI Banjarnegara Imbau Ini pada Masyarakat Anti bakteri juga termasuk salah satu manfaat daun sirih cina yang bisa Anda dapatkan.

Daun sirih cina diketahui mempunyai sifat anti bakteri yang kuat. Minyak atsiri daun sirih cina dibuat dengan melarutkan daun dan batang daun sirih cina terbukti dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan dimanfaatkan untuk pembersihan radikal bebas. Menurunkan Kadar Kolesterol Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Daun sirih cina yang terbuat dari daun sirih cina, bila dikonsumsi dengan dosis yang tepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif. Manfaat ini sagat berguna untuk mengurangi kemungkinan risiko terkena serangan jantung, stroke dan penyakit terkait sistem kardiovaskular lainnya.

Mengatasi Gangguan Sistem Kemih Manfaat daun sirih cina bagi kesehatan yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu dapat mengatasi gangguan sistem kemih.

Di Filipina dan beberapa negara Asia, daun sirih cina dibuat menjadi teh herbal dan dikonsumsi sebagai ramuan yang dapat mengobati penyakit kencing atau ginjal. Ramuan ini dapat bekerja menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara efektif. Jika Anda kerap mengalami gangguan penyakit kencing, konsumsi rebusan berbahan daun sisih cina ini bisa menjadi pilihan. [ayi] 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah Selengkapnya Banyak sekali orang yang menyepelekan tumbuhan liar, padahal tumbuhan liar ternyata memliki banyak manfaat, contohnya saja daun sirih cina dan manfaatnya.

Tumbuhan daun sirih cina dan manfaatnya banyak membantu manusia dalam bidang kesehatan, karena kandungan yang dimiliki tumbuhan ini memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Pengonsumsian daun sirih cina dan manfaatnya akan dirasakan oleh tubuh ketika tumbuhan ini dikonsumsi secara rutin dengan dosis yang tepat.

Karena memang pada dasarnya obat herbal akan bekerja secara perlahan. Oleh karena itu, ketika mengonsumsi daun sirih cina dibutuhkan kesabaran dan sikap tekun dalam mengonsumsinya secara rutin.

Mengenal daun sirih cina Daun sirih cina cina atau tumpang air memiliki nama latin Paperomia Pellucida merupakan terna kecil, yaitu tumbuhan yang batangnya lunak karena batangya tidak membentuk kayu, berakar dangkal dan mudah ditemukan tumbuh liar di lingkungan agak teduh dan lembab.

Sirih cina memiliki ukuran yang tergolong kecil yaitu 15 sampai 45 cm, batangnya sukulen (berair) seperti berdaging begitu pula daunnya yang agak tebal dan lunak.

daun sirih cina

Sirih cina ini memiliki buah yang berbentuk kepala jarum lonjong yang memiliki biji-biji kecil yang tumbuh di sampingnya. Setelah buah sirih cina matang, biji buah akan jatuh ke tanah dan jika kondisi tanah dalam keadaan lembab maka biji buah sirih cina akan siap untuk berkecambah.

Daun sirih cina banyak tumbuh di tanah yang tidak terurus, celah batu, lingkungan semak-semak hingga hutan. Karena tumbuhan ini mudah sekali ditemukan sehingga banyak orang yang menyepelekan keberadaan tumbuhan ini. Tidak sedikit tumbuhan liar yang memiliki manfaat. Bahkan terkadang manusia tidak menyangka bahwa tumbuhan liar tersebut memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan manusia.

Sama halnya dengan daun sirih cina dan manfaatnya, siapa yang akan menyangka tumbuhan ini memiliki banyak manfaat. Manfaat daun sirih cina Membahas tentang daun sirih cina dan manfaatnya, hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat pada daun sirih cina.

Contohnya saja daun sirih cina atau Peperomia Pellucida mengandung zat anti peradangan dan anti kanker yang pastinya baik untuk kesehatan. Maka, tidak heran lagi jika manfaat daun sirih cina mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Mulai dari asam urat, arthritis, gangguan sistem kemih, hingga kanker. Daun sirih cina memiliki efek fermakologis sebagai antibiotik, anti radang, dan sebagai analgesik Mengonsumsi ekstrak daun sirih dan manfaatnya yaitu daun sirih cina memiliki efek fermakologis sebagai antibiotik, anti radang, dan sebagai analgesik.

Antibiotik yaitu kelompok obat yang difungsikan untuk mengatasi infeksi bakteri dan mencegah infeksi bakteri, yang bekerja dengan membunuh agar perkembang biakan bakteri dapat dihentikan di dalam tubuh. Anti radang merupakan obat yang berperan dalam meredakan nyeri dan menurunkan demam. Sedangkan, analgesik merupakan obat untuk mengurangi rasa sakit. Sebagai anti bakteri Minyak atsiri yang dibuat dengan melarutkan daun, batang daun sirih cina dan manfaatnya yaitu sebagai anti bakteri.

Daun sirih cina memiliki sifat anti bakteri yang kuat, sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Maka daun sirih cina juga sering dimanfaatkan untuk pembersihan radikal bebas. Menghambat kerusakan mukosa lambung Ekstrak daun sirih cina dan manfaatnya yaitu mampu menghambat kerusakan mukosa lambung yang merupakan lapisan selaput lendir yang berisi lubang lambung dan kelenjar lambung. Sehingga rebusan daun sirih cina mampu melindungi sistem pencernaan dengan baik yang dapat meringankan penderita maag.

Selain itu, mengonsumsi jus yang diekstrak dari batang dan daun sirih cina mampu mengobati pasien pengidap arthritis rheumatoid. Menghambat pertumbuhan patogen Daun sirih cina diketahui mampu menghambat pertumbuhan patogen, senyawa radikal bebas, dan bakteri. Sehingga daun sirih cina dapat membantu mengobati penyakit kanker. Selain itu, daun sirih cina juga memiliki sifat anti jamur yang efektif melawan pertumbuhan jamur penyebab penyakit.

Biasanya pada orang yang sering mengalami masalah kulit karena efek dari jamur tersebut. Mampu meredakan gejala peradangan Mengonsumsi ekstrak daun sirih cina dan manfaat lainnya yaitu, ekstrak daun sirih cina mampu meredakan gejala peradangan, karena daun sirih cina memiliki anti inflamasi yang secara efektif dan signifikan dalam bekerja. Gejala peradangan yang mampu diredakan oleh daun sirih cina salah satunya yaitu kondisi dimana kulit panas, memerah, dan bengkak.

Menurunkan kadar kolesterol Tidak hanya itu, ekstrak daun sirih cina juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga mengurangi resiko terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Mengatasi gangguan system kemih Di beberapa negara Asia salah satunya Filipina daun sirih cina diekstrak dan dikonsumsi dalam bentuk teh herbal daun sirih cina dan manfaatnya yaitu dapat mengatasi gangguan sistem kemih seperti penyakit kencing atau ginjal.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan tumbuhan daun sirih cina mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Mulai dari meredakan ataupun mengurangi daun sirih cina penyakit yang umum terjadi hingga penyakit berbahaya yang mampu di atasi oleh daun sirih cina ini. Namun, tetap saja ada baiknya sebelum mengkonsumsi tumbuhan daun sirih cina ini dilakukan konsulltasi kepada ahlinya yang lebih paham.

Karena, ada beberapa kondisi tubuh yang mungkin tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi tumbuhan daun sirih cina ini. Begitu juga pada saat memperoleh tumbuhan daun sirih cina sirih cina. Sebelum mengkonsumsinya pastikan tumbuhan sudah dalam kondisi steril dan tidak terkontaminasi oleh bakteri maupun jamur. Karena pada dasarnya tumbuhan daun sirih cina tumbuh di lingkungan yang tidak terhindar dari aktivitas bakteri ataupun jamur.

Pada saat mengkonsumsi obat herbal daun sirih cina haruslah di butuhkan kesabaran dan keuletan dalam mengonsumsi daun sirih cina dan manfaatnya akan dapat dirasakan oleh tubuh, karena obat herbal itu bekerja secara perlahan pada tubuh.

Karena itulah obat herbal jarang memberikan dampak negatif bagi tubuh.
Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat – Para Pembaca yang kami banggakan, Tanam.co.id kali ini akan menjelaskan tentang Daun Sirih Cina.

Dan menerangkan tentang fungsi serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca uraiannya berikut ini : • 1 Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat • 1.1 Kandungan Kimia Daun Sirih Cina • 1.2 Khasiat dan Manfaat Daun Daun sirih cina Cina • 1.2.1 Menyembuhkan Sakit Kepala • 1.2.2 Menolong Menyembuhkan Sakit Perut • 1.2.3 Menolong Menyembuhkan Bisul serta Jerawat • 1.2.4 Menolong Menanggulangi Bengkak • 1.2.5 Obat Natural Penyakit Asam Urat • 1.2.6 Antibakteri serta Antijamur • 1.2.7 Khasiat Lainnya • 1.3 Share this: • 1.4 Related posts: Daun Sirih Cina : Morfologi, Kandungan Kimia dan Manfaat Kesehatannya, Termasuk Obati Asam Urat Nama latin sirih cina adalah Peperomia pellucida.

Tumbuhan ini kerap dikira gulmasebab kerap berkembang disela- sela tumbuhan budidaya. Terdapat yang menyebut daun ini yang memanggilnya daun ketumpang air.

Tumbuhan ini pula banyak berkembang disekitar rumah, dipekarangan paling utama ditempat- tempat yang lembab. Tidak hanya itu banyak pula ditemukan ditanggul sawah serta tepi parit. Banyak orang yang tidak memperdulikan tumbuhan ini, mereka seenaknya mencabut serta membuangnya begitu saja.

Sementara itu bila kamu ketahui, tumbuhan ini mempunyai bermacam- macam khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat diperbanyak lewat biji. Tumpangan air( Peperomia pellucida) merupakan terna kecil semusim serta berakar dangkal yang gampang ditemui berkembang liar di tepi saluran air ataupun pematang serta halaman. Ukurannya 15 hingga 45 centimeter. Batangnya sukulen( berair), terang, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tetapi lunak. Daun sirih Tiongkok ataupun ketumpang air dapat dimakan, dengan metode diolah bagaikan sayur ataupun buat lalapan.

Dapat pula terbuat juice setelah itu diminum. Kandungan Kimia Daun Sirih Cina Tumbuhan Tumpangan Air, Sirih Tiongkok ataupun Ketumpang Air ini diketahu memiliki bermacam berbagai zat yang efektif untuk kesehatan badan. Kandungan kimia daun sirih cina tersebut antara lain alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak serta minyak atsiri. Tumbuhan ini bertabiat pedas serta daun sirih cina. Bagian tumbuhan yang digunakan bagaikan obat merupakan segala bagian tumbuhan.

Tumpangan air/ Ketumpang air/ Sirih Tiongkok mempunyai dampak farmakologis bagaikan analgesik( pengurang rasa sakit), anti radang( anti- inflammatory) serta antibiotik. Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Cina • Menyembuhkan Sakit Kepala Buat memperoleh khasiat daun sirih Tiongkok tersebut pasti buakan disantap melainkan dengan meletakkan pada bagian pelipih mata kanan serta kiri daun yang sudah ditumbuk dengan halus.

• Menolong Menyembuhkan Sakit Perut Buat bisa mendapatkan khasiat tersebut hingga metode penggunaannya merupakan dengan menumbuk halus daun sirih Tiongkok yang telah dibersihkan kemudian diperas. • Menolong Menyembuhkan Bisul serta Jerawat Buat bisa memakainya dalam menanggulangi keadaan bisul serta jerawat hingga bisa dicoba dengan metode menumbuk halus daun sirih Tiongkok kemudian merebusnya sampai air rebusan tersisa separuh.

Serta setelah itu komsumsi sebanyak 2 kali satu hari dengan jumlah yang sama. Akibat positif tersebut sama halnya dengan khasiat serta suruhan. • Menolong Menanggulangi Bengkak Khasiat daun ini bisa menolong daun sirih cina menanggulangi keadaan bengkak yang terkadang menimbulkan rasa sakit. Buat mendapatkan khasiat tersebut hingga butuh buat komsumsi rebusan daun sirih Tiongkok ataupun meletakan daun sirh Tiongkok yang sudah ditumbuk halus pada bagian badan yang hadapi bengkak.

• Obat Natural Penyakit Asam Urat Penyakit asam urat jadi salah satu wujud penyakit yang bisa terjalin akibat tingginya kandungan asam urat di dalam badan melebihi kandungan asam urat wajar. Daun sirih Tiongkok bisa menolong melindungi kandungan asam urat supaya tidak tinggi dengan metode komsumsi rebusan daun sirih yang sudah ditumbuh halus secara tidak berubah- ubah.

daun sirih cina

• Antibakteri serta Antijamur Khasiat daun ini yang lain merupakan bertabiat bagaikan antibakteri serta antijamur. Ekstrak metanol mentan mempunyai watak antimikroba spektrum luas sehingga bisa menghindari terbentuknya peradangan sebagian tipe kuman.

Tipe kuman yang daun sirih cina dicegah antara lain semacam Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, serta Staphylococcus aureus.

Tidak hanya bertabiat bagaikan anti kuman, pula mempunyai watak anti jamur sebab isi kloroform. Dampak tersebut didapatkan dari ekstrak daun keringnya. Selain itu pula mempunyai khasiat antiprotozoa. • Khasiat Lainnya Tidak hanya sebagian keadaan akibat positif yang telah disebtukan diatas, daun sirih Tiongkok pula mempunyai khasiat yang lain untuk kesehatan.

Berikut sebagian khasiat lain dari daun sirih Tiongkok buat kesehatan tersebut antara lain semacam: • • menolong menanggulangi keadaan badan yang pegal pegal, • menolong menyembuhkan kendala kencing. • Menolong menanggulangi cedera memar • meredakan perih spasmodik • menghindari terbentuknya keadaan penyakit ginjal yang beresiko. • Menyembuhkan diare serta kasus pencernaan lain • dan menolong dalam menanggulangi keadaan penyakit flu.

Demikian Uraian kami tentang Daun Sirih Cina – Semoga uraian ini bisa menginspirasi para pembaca dan bermanfaat serta memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi para pemula. Mohon abaikan saja uraian kami ini jika pembaca tidak sependapat. Terima kasih atas kunjungannya. Posted in PERKEBUNAAN, PERTANIAN, TIPS DAN TRIK Tagged bibit sirih cina, cara budidaya sirih cina, cara memasak daun sirih cina, daun binahong, daun ketapang, daun sirih cina untuk asam urat, efek samping daun sirih cina, gambar daun sirih cina, harga daun sirih, harga daun sirih cina, harga sirih gading, khasiat daun suruhan dan cara mengolahnya, khasiat sirih jepang, lalapan sirih cina, manfaat daun sirih cina untuk asam urat, manfaat daun sirih cina untuk darah tinggi, manfaat daun sirih cina untuk diabetes, manfaat daun sirih cina untuk jerawat, manfaat daun sirih cina untuk kesehatan, manfaat daun sirih cina untuk wajah, manfaat sirih cina untuk asam urat, manfaat sirih cina untuk mata, penampung daun sirih cina, perusahaan yang membutuhkan daun sirih, resep daun sirih merah, resep daun suruhan, sirih cina untuk asam lambung, tempat pemasaran daun sirih Post navigation Recent Posts • Manfaat Kuaci Bunga Matahari Dan Kandungannya Yang Penting Di Ketahui • Budidaya Tanaman Kemukus Yang Baik Dan Benar Dengan Mengenal Morfologinya • Penyakit Keriting Daun Cabe : Penyebab Dan Cara Daun sirih cina • Cara Menanam Buah Ceremai Dan Perawatannya Agar Berbuah Lebat • Cara Mudah Budidaya Ikan Komet Yang Baik Dan Sukses MENU • Home • Tanaman Hias • Tanaman Hias Air • Tanaman Hias Batang • Tanaman Hias Bunga • Tanaman Hias Daun • Tanaman Hias Gantung • Tanaman Hias Indoor • Tanaman Hias Merambat • Tanaman Hias Outdoor • Tanaman Lainnya • Tanaman Buah • Tanaman Obat • Tanaman Sayuran • Budidaya • Manfaat • Tips • Bisnis • Umum • Daftar Isi : • Manfaat Daun Sirih Cina • Mengatasi Bengkak • Mengobati Sakit Kepala • Mengobati Jerawat • Mengobati Sakit Kepala • Mengobati Rematik • Mengobati Bisul • Mengobati Luka Bakar • Mengatasi Asam Urat • Anti Bakteri • Anti Jamur • Manfaat Lainnya • Share this: • Related posts: Manfaat Daun Sirih Cina Mengatasi Bengkak Jika Anda menderita pembengkakan, Anda bisa menguranginya dengan daun Sirih Cina.

Cara mengaplikasikannya dengan menghancurkan beberapa daun sirih Cina dan kemudian menempelkannya pada luka yang bengkak dan membungkusnya dengan perban. Dalam beberapa hari bengkak akan hilang. Mengobati Sakit Kepala Manfaat lain dari daun sirih Cina adalah membantu mengobati sakit kepala.

Sakit kepala adalah salah satu daun sirih cina masalah kesehatan yang paling umum dan terjadi di masyarakat karena berbagai sebab. Tentu saja, untuk mengambil keuntungan dari daun sirih Cina, tidak dikonsumsi, tetapi meletakannya pada pelipis mata kanan dan kiri dan daun yang sudah ditumbuk halus.

Mengobati Jerawat Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, tenang, daun sirih Cina bisa menjadi solusi. Kandungan zat di dalamnya bisa menghilangkan kotoran daun sirih cina minyak yang menyebabkan jerawat. Anda dapat melakukan ini dengan membuat masker dari daun sirih Cina.

daun sirih cina

lalu usap seluruh wajah Anda. Setelah satu jam, basuh wajah Anda dengan air bersih. Mengobati Sakit Kepala Selain sakit kepala, manfaat lain menggunakan daun sirih Cina sebagai salah satu tanaman yang sebenarnya tidak terlalu memperhatikan dan lebih bersifat parasit adalah pengobatan sakit perut. Untuk mencapai manfaat ini, daun sirih Cina, yang telah dibersihkan dan diperas untuk membuat jus daun sirih Cina, dicincang halus.

Manfaat rebusan daun sirih dapat digunakan untuk mengobati masalah perut. Mengobati Rematik Anda dapat mengobati rematik dengan mengonsumsi jus daun sirih Cina. Cara: Siapkan daun sirih Cina dengan beberapa genggam tangan orang dewasa dan kemudian rebus dengan 2 (dua) gelas air. Biarkan sirih Cina masak selama 15-20 menit. Kemudian minumlah saat tidak panas. Mengobati Bisul Bisul adalah bentuk masalah kesehatan yang terjadi pada permukaan kulit.

bisul dapat menyebabkan peradangan di daerah di mana masalah kesehatan ini terjadi. Untuk mengatasi kondisi daun sirih cina, tumbuk halus daun sirih Cina, lalu rebus hingga air rebusan setengahnya, dan kemudian konsumsi dua kali sehari dengan jumlah yang sama.

daun sirih cina

Mengobati Luka Bakar Jika Anda memiliki masalah luka bakar, jangan khawatir akan didingankan dengan duan Sirih Cina. Senyawa antiseptik Daun sirih cina dapat menyembuhkan dan mempercepat regenerasi kulit kita.

Mengatasi Asam Urat Asam urat adalah bentuk penyakit yang dapat terjadi karena kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh yang melebihi kadar asam urat normal. Daun sirih Cina dapat membantu menjaga kadar asam urat agar tidak menjadi terlalu tinggi dengan mengkonsumsi ramuan daun sirih cina.

Sebagai obat alami untuk penyakit dengan kadar asam urat tinggi, daun sirih Daun sirih cina lebih aman dan bebas dari efek samping dibandingkan dengan obat lain.

Anti Bakteri Manfaat lain dari daun sirih Cina adalah sebagai antibakteri. Ekstrak metanol Mentan dalam daun sirih Cina memiliki spektrum luas sifat antimikroba, sehingga infeksi beberapa jenis bakteri dapat dicegah.

Spesies bakteri yang dapat dicegah oleh daun sirih Cina termasuk Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus. Anti Jamur Daun sirih Cina tidak hanya memiliki efek antibakteri, tetapi juga memiliki efek penghambatan jamur karena kandungan kloroformnya. Efeknya didapat dari ekstrak kering daun sirih Cina. Selain sifat antibakteri dan antijamur, kandungan yang terkandung dalam daun sirih Cina juga memiliki keunggulan sebagai antiprotozoa.

Manfaat Lainnya Selain beberapa manfaat positif yang disebutkan di atas, daun sirih Cina juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari daun sirih Cina untuk kesehatan, seperti mengatasi daun sirih cina tubuh yang pegal, mengobati gangguan saluran kemih, mengatasi memar, menghilangkan rasa sakit spasmodik, mencegah penyakit ginjal yang berbahaya, mengobati diare, dan masalah pencernaan lainnya.

daun sirih cina

dan membantu mengatasi kondisi flu yang sering diderita orang. Demikianlah pembahasan tentang daun sirih cina semoga dapat bermanfaat untuk anda Baca Juga Artikel Lainnya • 15 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Pengobatan • 15 Khasiat Daun Pepaya Jepang yang Banyak Tidak Diketahui • 15 Khasiat Daun Cabe Untuk Kesehatan Related posts: • 10 Manfaat Daun Curing untuk Kesehatan • 13 Manfaat Daun Cuciwis untuk Kesehatan • 11 Manfaat Daun Gunda untuk Kesehatan Posted in Manfaat, Tanaman Lainnya Tagged cara guna daun sirih cina, cara mengolah sirih cina untuk asam urat, daun sirih cina, daun sirih cina untuk jerawat, efek samping ketumpang air, khasiat daun sirih cina, manfaat daun sirih cina, manfaat sirih cina untuk kecantikan, manfaat sirih cina untuk mata, sirih cina untuk asam urat, tumis daun sirih cina Post navigation Recent Posts • 8 Cara Budidaya Buah Tin daun sirih cina Jenis-jenis Buah Tin • 10 Cara Budidaya Timun yang Benar • 17 Cara Budidaya Vanilli Agar Cepat Berbuah • 11 Cara Budidaya Jamur Tiram untuk Pemula • 10 Manfaat Daun Curing untuk Kesehatan • 13 Manfaat Daun Cuciwis untuk Kesehatan • 11 Manfaat Daun Gunda untuk Kesehatan • 13 Manfaat Kacang Gude untuk Kesehatan • 11 Manfaat Daun Gymnema untuk Kesehatan • 13 Manfaat Daun Junggul untuk Kesehatan • 11 Manfaat Daun Korejat untuk Kesehatan • 12 Manfaat Daun Lompong untuk Kesehatan • 14 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan • 11 Manfaat Daun Muncang untuk Kesehatan • 11 Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan • 14 Manfaat Daun Parsley dan Kandungan Daun Parsley • 11 Manfaat Daun sirih cina Peterseli untuk Kesehatan • 15 Manfaat Daun Bambu untuk Kesehatan • 12 Manfaat Daun Lempeni untuk Kesehatan • 11 Manfaat Daun Boboan untuk Kesehatan
Merdeka.com - Banyak sebutan yang diberikan untuk tanaman herbal yang satu ini, antara lain sirih cina, sirih mini atau daun sirih mini, tumpangan air atau ketumpang air.

Nama lain dari sirih cina ini adalah pepromia pellucida. Tanaman ini biasanya seringkali dianggap gulma oleh para petani karena sering tumbuh di antara tumbuhan budidayanya.

Ada yang menyebut daun sirih cina ada juga yang memanggilnya daun ketumpang air. Tanaman ini juga banyak tumbuh di sekitar rumah, di pekarangan terutama di tempat-tempat yang lembap. Selain itu, banyak juga dijumpai di tanggul sawah dan tepi parit. Banyak orang yang tidak memedulikan tanaman ini.

Mereka seenaknya mencabut dan membuangnya begitu saja. Padahal jika Anda tahu, tanaman ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan ini bisa diperbanyak melalui biji. Tumpangan air (Peperomia pellucida) adalah terna kecil semusim dan berakar dangkal yang mudah ditemukan tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman. Ukurannya 15 sampai 45 cm. Batangnya sukulen atau berair, cerah, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tapi lunak.

Daun sirih cina atau ketumpang air daun sirih cina dimakan dengan cara diolah sebagai sayur atau untuk lalapan. Bisa juga dibuat jus kemudian diminum. BACA JUGA: Kata-Kata Penghiburan untuk Keluarga yang Berduka Kristen, Penuh Makna Mendalam Nggak Daun sirih cina Ibu Kombes Cantik Heni Tania Ngesol Sepatu di Pinggir Jalan Agar Anda lebih memahami tentang manfaat tanaman sirih cina, berikut kami telah rangkum untuk Anda 15 manfaat daun sirih cina untuk kesehatan dan cara menggunakannya yang dilansir dari mitalom.com.

Manfaat Daun Sirih Cina Manfaat daun sirih cina atau biasanya disebut tumpangan air atau ketumpang air ini diketahui karena mengandung berbagai zat yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan kimia dari tanaman ini antara lain adalah lkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri.

Tanaman ini bersifat pedas dan sejuk. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. Tumpangan air/Ketumpang air/Sirih cina memiliki efek farmakologis sebagai analgesik (pengurang rasa sakit), anti radang (anti-inflammatory) dan antibiotik.

Di Indonesia, tumbuhan ini memiliki banyak sekali nama lokal atau nama daerah yang biasa disebutkan dalam penamaannya antara lain saladaan (Sunda), rangu-rangu, sladanan, suruhan (Jawa), tumpangan air (Sumatera, Jakarta), gofu goroho (Temate) dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Barisan Prajurit Kopaska TNI Menangis di Hutan, Alasannya Bikin Haru Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi Berikut ini kami sertakan beberapa manfaat daun sirih cina untuk kesehatan: 1. Mengobati bisul, 2. Mengobati Jerawat, 3.

Mengobati radang kulit, 4. Mengobati abses, 5. Mengobati luka bakar, 6.

daun sirih cina

Mengobati luka memar/luka terpukul, 7. Mengatasi bengkak, 8. Mengobati pegal-pegal, 9. Mengobati gangguan kemih, 10. Mengobati sakit persendian karena rheumatik, 11. Mengatasi penyakit ginjal, 12. Meredakan sakit kepala pada penderita demam, 13. Mengobati sakit perut, 14. Membantu mengurangi asam urat, 15. Meredakan nyeri spasmodik parah pada perut yang disebabkan oleh distensi (Kolik) Cara Menggunakan Daun Sirih Cina untuk Pengobatan © iStock Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat daun sirih cina, ada baiknya Anda juga mengetahui cara menggunakan daun sirih cina ini untuk kesehatan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan daun sirih cina untuk berbagai pengobatan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan: 1. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Obat Sakit Kepala Manfaat daun sirih cina pertama dapat digunakan pada penderita sakit kepala saat demam.

Daun sirih cina adalah ambil 15 lembar daun sirih cina/tumpangan air dicuci bersih, kemudian ditumbuk atau dilumatkan. Tempelkan ramuan tersebut pada pelipis kiri dan kanan. Cara lain dengan merebus 2 pohon tanaman segar berukuran kecil dengan tinggi 7—10 cm yang telah dicuci bersih dalam 300 ml (1.5 gelas) air hingga tersisa 1 gelas saja.

daun sirih cina

Setelah dingin (hangat) minum air ramuan tersebut 1 gelas sekali minum. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama. 2. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Obat Abses, Bisul, Jerawat dan Radang Kulit Manfaat daun sirih cina juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis peradangan dan penyakit kulit contohnya bisul dan jerawat. Cara yang dapat dilakukan adalah ambil dua rumpun pohon tanaman segar ukuran kecil (tingginya 7—10 cm tinggi) dicuci hingga bersih. Kemudian direbus dengan 1.5 gelas air (300 ml) hingga tersisa 1 gelas.

Minum aimya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama. 4. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Mengobati Luka Bakar Manfaat daun sirih cina dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Caranya adalah Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih. Lumatkan atau ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit.

Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga sembuh. [raf] 1 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 2 VIDEO: Iptu Asep Saefuloh, Polisi Dimaki Penumpang Alphard Kapolsek Sukaresik 3 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 4 6 Gaya Lucu Rayyanza Anak Raffi Ahmad & Nagita Liburan di Bali, Bikin Gemas 5 Tak Terima Rekayasa Lalu Lintas, Pengguna Mobil Mewah Ini Berkata Kasar Kepada Polisi Selengkapnya
Sirih cina juga dikenal dengan nama ketumpang air dan memiliki nama ilmiah Peperomia pellucida.

Di satu sisi, tanaman ini dianggap sebagai gulma, tetapi di sisi lain juga banyak digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lainnya. Sirih cina berasal dari daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Namun, saat ini sudah tersebar luas di seluruh daerah tropis, termasuk di Indonesia. Bahkan, mungkin banyak terdapat di lingkunganmu. Sirih cina sudah lama digunakan secara tradisional untuk mengatasi berbagai masalah medis. Namun, adakah bukti ilmiah yang mengakui semua klaim tersebut?

Nah, di sini, kita akan membahas beberapa manfaat sirih cina untuk kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah. 1. Punya khasiat antimikroba Ekstrak metanol dari sirih cina memiliki aktivitas antimikroba spektrum luas.

Misalnya, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Veterinary World tahun 2016 daun sirih cina bahwa ekstrak metanol sirih cina memiliki aktivitas terhadap banyak spesies, seperti Bacillus subtilis, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus aureus.

Sementara itu, ekstrak kloroform dari daun kering sirih cina memiliki aktivitas antijamur terhadap Trichophyton mentagrophytes, menurut studi lampau dalam jurnal ACGC Chemical Research Communications tahun 1998. Penelitian lain dalam jurnal Natural Product Reports tahun 2001 menunjukkan bahwa seluruh ekstrak tumbuhan menghambat pertumbuhan strain Plasmodium falciparum dan Plasmodium vinckei petteri.

Dengan demikian, jelas bahwa berbagai senyawa dalam sirih cina memiliki aktivitas antimikroba terhadap berbagai bakteri.

2. Dilengkapi kekuatan antiinflamasi dan analgesik Di berbagai negara, sirih cina secara tradisional digunakan untuk mengobati demam, batuk, pilek, sakit kepala, dan radang sendi. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2004, pemberian ekstrak sirih cina pada tikus menunjukkan bahwa itu menunjukkan aktivitas antiinflamasi dan analgesik.

Aktivitas antiinflamasi dikaitkan dengan gangguan sintesis prostaglandin. Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada kelinci menunjukkan bahwa ekstrak sirih cina memiliki aktivitas antipiretik yang sebanding dengan aspirin standar.

ilustrasi sirih cina (tropical.theferns.info) Antioksidan adalah salah satu manfaat kesehatan yang kuat dari sirih cina. Studi dalam International Journal of Pharmacology tahun 2010 mengevaluasi ekstrak dari sirih cina, dan hasilnya menunjukkan aktivitas penangkal radikal bebas terkuat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tanaman sirih cina merupakan sumber alami yang baik untuk terapi antioksidan.

Daun sirih cina Juga: 5 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Bau Mulut! Lanjutkan daun sirih cina artikel di bawah Editor’s picks • 7 Penyebab Gairah Seksual Pria Meningkat Tiba-tiba, Apa Saja? • [QUIZ] Ketahui Kepribadianmu Berdasarkan Sumber Protein yang Kamu Pilih • Studi: Bakteri dalam Urine Bisa Jadi Indikator Kanker Prostat Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Acute Disease tahun 2012 bertujuan untuk menyelidiki sifat antidiabetes dan antioksidan sirih cina pada tikus diabetes yang diinduksi aloksan.

Hasilnya, tikus diabetes yang diberi ekstrak sirih cina selama 28 hari menghasilkan penurunan kadar glukosa darah. Tingkat kolesterol serum total, trigliserida, dan low- density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat juga menurun secara signifikan. Diet sirih cina juga secara signifikan mengurangi peroksidasi lipid, yang meningkat pada tikus diabetes yang tidak diobati. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sirih cina menunjukkan sifat antidiabetik dan antioksidan pada diabetes melitus eksperimental, dan dengan demikian membenarkan penggunaan sirih cina sebagai antidiabetik secara tradisional.

5. Mempercepat pemulihan patah tulang Di Kamerun, sirih cina dikonsumsi sebagai sayuran dan digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit dan pemulihan patah tulang. Sebuah penelitian dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine tahun 2017 ingin membuktikan efek dari ekstrak air seluruh tumbuhan sirih cina pada penyembuhan patah tulang pada tikus Wistar betina.

Hasil dari penelitian ini adalah, ekstrak sirih cina menginduksi peningkatan berat badan dalam dosis tinggi dan jumlah sel darah putih dalam dosis rendah. Ekstrak juga meningkatkan kalsium tulang pada dosis terendah, tetapi mempertahankan parameter ini pada kisaran normal pada dosis tinggi. Kandungan mineral ekstrak tumbuhan menunjukkan adanya kalsium, fosfor, magnesium, daun sirih cina, dan daun sirih cina.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ekstrak air sirih cina mempercepat penyembuhan tulang, sebagian karena kandungan mineralnya. 6. Gastroprotektif Sirih cina secara tradisional digunakan untuk mengobati mag. Sebuah penelitian dalam jurnal Molecules tahun 2013 bertujuan untuk mengidentifikasi senyawa yang paling aktif dalam aktivitas gastroprotektif sirih cina menggunakan model tikus percobaan ulkus lambung yang diinduksi etanol. Hasilnya, efek gastroprotektif tampak saat ekstrak heksana dan diklorometana diuji, dengan efek yang lebih tinggi diperoleh dengan ekstrak diklorometana.

Dillapiole diidentifikasi sebagai senyawa paling aktif dalam ekstrak ini. ilustrasi sirih cina (commons.wikimedia.org) Penelitian yang dimuat dalam jurnal Acta Medica Iranica tahun 2011 mencoba mengevaluasi sifat antikanker ekstrak daun sirih cina.

Aktivitas antikanker ditentukan melalui uji Kolorimetri MTT terhadap garis sel adenokarsinoma payudara manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih cina memiliki aktivitas antikanker dengan konsentrasi hambat setengah maksimal sebesar 10,4 ± 0,06 g/ml.

Lebih lanjut, temuan dari penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun sirih cina memiliki potensi yang sangat besar sebagai obat obat khususnya dalam pengobatan kanker payudara. Sirih cina memang terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Kamu sendiri mungkin termasuk salah satu yang terbiasa menggunakannya sebagai pengobatan tradisional.

Meskipun begitu, bukan berarti sirih cina bisa menjadi pengganti obat-obatan dari dokter, terlebih jika kamu bermaksud mengobati berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, lambung, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Daun Sirih, Bantu Obati Diabetes hingga Hipertensi Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman ArtisnyaBreaking News • Pluang Aplikasi Investasi Online EMAS Tahun 2021 • 5 Aplikasi Kamera Tembus Pandang Android Terbaik Tahun 2021 • Aplikasi Cashfree Apk Penghasil Uang, Pulsa Dan Handphone Gratis • 5 Cara Kredit HP Di Shopee Lengkap dan Mudah ACC!

• 5 Cara Kredit Hp Di Lazada Lengkap dan Mudah! • 4 Cara Kredit HP Daun sirih cina Bukalapak, Dengan : Home Credit, Bukalapak, Kredivo, Alfamart dan Indomart • Cara Kredit Hp Di Tokopedia Dengan Dan Tanpa Kartu Kredit, Kredivo dan Akulaku • Cara Kredit Hp di Blibli Lengkap, Dengan Akulaku, Kredivo, Home Credit dan Kartu Kredit • Cara Kredit HP di Jd.Id Tanpa Kartu Kredit, Simak!

• 4 Cara Kredit HP Di Bhinneka Tanpa Kartu Kredit, Simak! sumbersehat.com – Manfaat daun sirih cina bisa diperoleh secara maksimal jika benar cara mengolahnya. Sirih cina, sirih mini, tumpangan air, ketumpang air dan masih banyak lagi merupakan sebutan untuk daun yang satu ini.

Daun sirih cina yang sering dianggap gulma ternyata sangat berguna bagi kesehatan. Tanaman sirih cina banyak tumbuh di pekarangan rumah terutama di tempat yang lembab. Tanggul sawah dan tepi parit juga menjadi tempat favorit bagi mereka untuk tumbuh. Banyak orang yang mengabaikan daun sirih daun sirih cina dan membuangnya begitu saja. Padahal, jika mereka mengetahui segudang manfaat di dalamnya, mereka akan berpikir seribu kali untuk melakukan hal tersebut.

Daftar Isi Halaman • Inilah Khasiat Daun Sirih Cina yang Wajib Diketahui • 1. Khasiat Daun Sirih Cina untuk Sakit Kepala • 2. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Bisul, Jerawat dan Radang Kulit • 3.

Khasiat Daun Sirih Cina Sebagai Obat Sakit Perut • 4. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Luka Bakar • 5. Khasiat Daun Sirih Cina sebagai Obat Sakit Ginjal • 6. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Mengatasi Rambut Rontok • 7. Khasiat Daun Sirih Cina untuk Mengusir Bau Mulut • 8. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Menghilangkan Bau Badan • 9. Khasiat Daun Sirih Cina untuk Penumpukan Air di Bawah Kulit Inilah Khasiat Daun Sirih Daun sirih cina yang Wajib Diketahui Agar kita tidak mengabaikan begitu saja tanaman sirih cina, kita perlu mengetahui manfaat daun sirih cina sebagai berikut: 1.

Khasiat Daun Sirih Cina untuk Sakit Kepala Manfaat daun sirih cina yang pertama ini berkaitan dengan penyakit yang dialami banyak orang. Hampir semua orang mengalami sakit kepala dan beragam cara mengobatinya.

Mulai dari mendiamkannya hingga sembuh, minum obat, dan lain-lain. Nah, Anda juga bisa mengobati sakit kepala dengan menggunakan daun sirih cina. Selain aman, daun sirih cina juga dapat dengan mudah didapatkan. Cara pertama menggunakan daun sirih cina untuk obat sakit kepala adalah dengan: • Siapkan 15 lembar daun sirih cina • Cuci hingga bersih • Tumbuk atau lumatkan hingga halus • Tempelkan daun sirih yang sudah ditumbuk ke bagian pelipis kanan dan kiri • Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan: • Siapkan 2 pohon tanaman sirih cina ukuran 7-10 cm • Cuci hingga bersih • Siapkan air 300 ml • Rebus tanaman cina dengan air 300 ml hingga tersisa 1 gelas • Saring, kemudian ramuan siap diminum Untuk mendapatkan manfaat daun sirih sebagai obat sakit kepala yang maksimal, minumlah sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

2. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Bisul, Jerawat dan Radang Kulit Khasiat daun sirih cina untuk jerawat menjadi salah satu yang paling dicari di internet. Tidak mengherankan, hal ini dikarenakan banyaknya laki-laki dan perempuan yang memiliki jerawat di wajahnya.

Bagi sebagian orang, satu atau dua jerawat bahkan lebih dirasa sangat mengganggu penampilan. Maka berbagai daun sirih cina dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah. Cara membuat daun sirih cina untuk obat jerawat, bisul dan radang kulit adalah: • Siapkan 2 pohon tanaman sirih cina ukuran 7-10 cm • Cuci hingga bersih • Rebus ke dalam 300 ml air hingga tersisa 100 ml • Saring dan masukkan ke dalam gelas • Untuk sensasi rasa manis, bisa ditambahkan madu secukupnya 3.

Khasiat Daun Sirih Cina Sebagai Obat Sakit Perut Bagi Anda yang sering mengalami sakit perut, daun daun sirih cina cina bisa menjadi salah satu pilihan obat. Selain untuk menghilangkan jerawat, manfaat daun sirih cina adalah untuk mengobati sakit perut. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu: • Siapkan daun sirih cina secukupnya • Cuci hingga bersih • Kemudian tumbuk daun sirih cina sampai halus • Peras menggunakan air minum dingin dan masukkan ke dalam gelas • Minumlah air perasan daun sirih cina tersebut 4.

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Luka Bakar Mungkin baru pertama kali ini Anda mengetahui khasiat daun sirih cina untuk mengobati luka bakar. Nah jika Anda mengalami luka bakar, Anda bisa memanfaatkan daun sirih cina sebagai obatnya.

Berikut ini cara pembuatannya: • Ambil daun sirih cina segar secukupnya • Cuci hingga bersih kemudian ditumbuk sampai halus • Tempelkan daun sirih cina yang sudah ditumbuk ke bagian tubuh yang sakit • Ulangi kegiatan ini 3x sehari hingga sembuh 5. Khasiat Daun Sirih Cina sebagai Obat Sakit Ginjal Tak hanya untuk mengobati luka bakar, manfaat daun sirih cina juga untuk mengobati sakit ginjal.

Caranya adalah dengan: • Siapkan tanaman sirih cina secukupnya • Cuci hingga bersih • Rebus dengan menggunakan 1,5 gelas air • Sisakan hingga hanya tinggal 1 gelas air • Saring dan masukkan ke dalam gelas • Minum setiap hari sebanyak 2 kali 6. Manfaat Daun Sirih Cina untuk Mengatasi Rambut Rontok Dalam praktek ayurveda, khasiat daun sirih cina adalah untuk mengatasi rambut rontok. Tak harus ke salon, Anda dapat membuat ramuan daun sirih cina ini cukup di rumah saja.

Caranya adalah sebagai berikut: • Siapkan daun sirih secukupnya, kemudian cuci hingga bersih • Siapkan minyak wijen secukupnya • Giling daun sirih bersama dengan minyak wijen hingga halus • Oleskan merata ke kepala dan biarkan selama 1 jam • Cuci bersih dengan menggunakan shampo seperti keramas biasa 7. Khasiat Daun Sirih Cina untuk Mengusir Bau Mulut Bau mulut menjadi salah satu faktor penting dalam daun sirih cina.

Semulus apapun kulitnya, akan tetapi jika memiliki bau mulut yang tidak sedap maka itu akan menjadi kendala tersendiri. Selain manfaat daun sirih cina untuk jerawat, daun ini juga berfungsi sebagai pengusir bau mulut. Biasanya mulut menjadi bau setelah mengonsumsi makanan tertentu, seperti pete dan jengkol misalnya.

Cara memanfaatkan daun sirih cina sebagai pengusir bau mulut sangat mudah sekali, yaitu: • Ambil beberapa lembar daun sirih cina yang sudah dicuci bersih • Kunyahlah perlahan selama beberapa menit • Kemudian buang kunyahan daun sirih • Berkumurlah dengan menggunakan air biasa seperti setelah gosok gigi 8.

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Menghilangkan Bau Badan Manfaat daun sirih cina tidak hanya untuk menghilangkan bau mulut, akan tetapi juga membantu menghilangkan bau badan.

daun sirih cina

Semua jenis bau badan dapat teratasi dengan baik karena kemampuan daun sirih cina dalam hal detoksifikasi. Tata cara menggunakan daun sirih cina untuk menghilangkan bau badan adalah dengan: • Siapkan 10 lembar daun sirih, kemudian cuci hingga bersih • Blender daun sirih dengan menggunakan air secukupnya • Tuangkan air daun sirih yang sudah di blender ke dalam air mandi • Gunakan air tersebut untuk Anda mandi Rasakan sensasi kesegaran mandi dengan menggunakan air daun sirih.

daun sirih cina

Kuman-kuman penyebab bau badan akan mati dikarenakan air daun sirih cina. Tidak hanya digunakan untuk mandi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berendam dengan menambahkan air hangat. 9. Khasiat Daun Sirih Cina untuk Penumpukan Air di Bawah Kulit Ketika Anda mengonsumsi makanan tidak sehat seperti alkohol dan daun sirih cina, maka akan terjadi penumpukan air di bawah kulit. Tanda-tandanya, pipi akan terlihat lebih tembem serta perut menjadi lebih buncit. Dalam hal ini, manfaat daun sirih cina yaitu untuk mengatasi penumpukan air di bawah kulit.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi penumpukan air di bawah kulit menggunakan daun sirih cina: • Siapkan daun sirih secukupnya (lalu cuci bersih) • Tumbuk hingga halus • Campurkan dengan air hangat secukupnya • Untuk rasa manis, Anda dapat menambahkan madu secukupnya
Daftar Isi • 5 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan • 1.

Mengobati Infeksi Kulit • 2. Mengobati Luka Bakar • 3. Mengobati Kanker • 4. Mengobati Darah Tinggi • 5. Mengobati Asam Urat • Efek Samping Daun Sirih Cina • Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari Sirih cina atau ketumpang air merupakan tumbuhan gulma atau hama bagi tumbuhan lain sehingga kerap dicabut dan dibuang begitu saja. Padahal, tumbuhan dengan nama latin Peperomia pellucida ini merupakan superfood dan bisa dijadikan sebagai obat herbal.

Ada banyak klaim yang menyebutkan jika daun sirih cina ini mempunyai beragam jenis manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengobati penyakit ringan, sedang hingga penyakit berat atau kronis. Benarkah demikian? Tumbuhan siri cina ini mempunyai daun berbentuk seperti daun sirih namun dengan ukuran yang lebih kecil, tebal, serta lunak karena mengandung banyak air. Kandungan air juga banyak ditemukan pada batang yang berwarna hijau cerah.

Rata-rata tinggi tumbuhan cina sirih ini 15 cm hingga 45 cm dan berakar dangkal. Sirih cina mempunyai bunga yang berukuran kecil berbentuk bulat atau lebih tepat disebut bulir pada setiap ujung batang ( axilia) daun. Kandungan pada Tumbuhan Sirih Cina ( Peperomia pellucida): Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Septian Kurniasari, Dosen Program Studi D3 Farmasi di Universitas Islam Madura mengungkap beragam kandungan yang dimiliki oleh tumbuhan sirih cina atau Peperomia pellucida, yaitu: • Triterpenoid.

• Alkoloid. • Saponin. • Tanin. • Flavonoid. • Kalsium Oksalat. • Minyak essensial atau minyak atsiri.

Kandungan daun sirih cina daun sirih cina itulah yang diklaim memberikan khasiat untuk kesehatan serta kesembuhan dari beragam jenis penyakit.

Baca juga: 7 Manfaat Ciplukan untuk Mengobati Stroke dan Cara Mengolahnya 5 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan Menyadur dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat daun sirih cina untuk kesehatan yang patut untuk dipertimbangkan. 1. Mengobati Infeksi Kulit Manfaat sirih cina untuk kecantikan erat kaitannya dengan kulit. Jadikan tumbuhan ini sebagai masker kulit untuk mengatasi beragam masalah kulit.

Dalam buku berjudul “Skrining Fitokimia, Toksisitas, Antimikroba, dan Antioksidan Estrack Daun Sirih Cina dari Nigeria “ yang disusun oleh Ganiyat Oloyede, Bamidele B Olaniran, dan Patricia Onocha dari Universitas Ibadan menyebutkan tumbuhan sirih cina bermanfaat untuk mengobati infeksi pada kulit seperti bisul, jerawat, dan abses. 2. Mengobati Luka Bakar Studi dengan judul “Formulasi Gel Ekstrak Daun Sasaladaha ( Peperomia pellucid L.) yang dilakukan oleh Mappa, T., H.J., E.

and K.N tahun 2013 menjelaskan jika daun sirih cina dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. 3. Mengobati Kanker Penelitian yang dilakukan oleh Eric J. Fielding Sebastien Leprince dari Institut Teknologi California bersama dengan Anthony Sladen berasal dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis menyebutkan jika kandungan pada tumbuhan sirih cina mempunyai potensi sebagai antikanker.

4. Mengobati Darah Tinggi Daun sirih cina atau disebut juga dengan sirih bumi merupakan pangan liar (wildfood), superfood dan juga obat herbal yang bermanfaat untuk membantu mengontrol darah tinggi (hipertensi).

Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Nissa Wargadipura pendiri Pesantren Ekologi Ath Thaariq di Garut Jawa Barat. 5. Mengobati Asam Urat Penyakit asam urat merupakan penyakit yang kerap menimbulkan rasa nyeri dan panas pada persendia seperti jari kaki, jari tangan, dan lutut. Penelitian yang dilakukan oleh Susie O Sio menyebutkan daun sirih cina dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi asam urat.

Bahkan di Filipina, daun sirih cina sirih cina ini termasuk dalam 10 tanaman obat yang disahkan oleh Departemen Kesehatan untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Efek Samping Daun Sirih Cina Sampai saat ini belum ditemukan adanya efek toksikologi daun sirih cina terhadap manusia. Kendati begitu, hati-hati dalam mengonsumsi daun sirih cina dalam jenis atau bentuk apapun.

daun sirih cina

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal atau tumbuhan daun sirih cina. Jangan menjadikan artikel ini sebagai pengganti saran dokter! Kunjungi dokter dan mintalah obat resep yang sesuai dengan segala penyakit atau keluhan Anda.

daun sirih cina

Beberapa risiko efek samping daun sirih cina berikut ini wajib untuk diwaspadai: • Gangguan pencernaan atau konstipasi. • Berbahaya untuk penderita asma karena meningkatkan risiko gejala asma. MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, daun sirih cina sekarang!

Baca juga: • 7 Manfaat Biji Buah Mahoni untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya • Atasi Asam Lambung Hingga Stroke, Berikut 7 Manfaat Daun Kersen • 12 Manfaat dan Fungsi Daun Kelor untuk Kesehatan

31 Manfaat Daun Suruhan dan Cara Pengolahannya




2022 www.videocon.com