Mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Faktor - Faktor Penyebab Paus Terdampar - Kepala Pusat Penelitian Oseonografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Zainal Arifin mengatakan, fenomena banyaknya ikan paus terdampar di Indonesia setahun terakhir disebabkan tiga hal yakni aktivitas kapal selam, kenaikan air bawah laut, dan polutan. • pertanda ikan paus terdampar menurut islam • penyebab paus terdampar saat migrasi • ikan hiu terdampar pertanda apa • mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly • bagaimana migrasi yang terjadi pada lobster duri • penyebab paus terdampar saat migrasi • ikan hiu terdampar pertanda apa • pertanda ikan paus terdampar menurut islam • mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly • bagaimana migrasi yang terjadi pada lobster duri Peta Konsep Kelangsungan Hidup A.

Pengertian Kelangsungan Hidup Kita ketahui bahwa tidak ada makhluk hidup di muka bumi ini yang mampu bertahan hidup tanpa mengalami kematian, karena setiap makhluk hidup memiliki waktu kehidupan atau umur yang terbatas. Misalnya umur pohon kelapa jauh lebih lama daripada umur pohon jagung. Bagaimanapun sempurnanya perawatan suatu tanaman, jika tanaman tersebut telah mencapai batas usia maksimal maka akan mati. Pada pohon pisang, setelah berbuah bisa dipastikan akan segera mati.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Namun, jika kamu amati dengan seksama, sebelum berbuah dan akhirnya mati, pohon pisang tersebut menumbuhkan tunas baru pada bagian bonggolnya. Tumbuhnya tunas tersebut mengakibatkan tanaman pisang tetap terjaga kelangsungan hidupnya, meskipun induk pohon pisang telah mati. Pertumbuhan pohon pisang silih berganti secara alamiah. Hal tersebut tentunya juga terjadi pada makhluk hidup lain termasuk hewan dan manusia. Setiap makhluk hidup telah dibekali oleh Tuhan Yang Maha Kuasa mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly kemampuan untuk mempertahankan hidupnya dan menjaga keturunannya supaya tetap lestari.

Tetapi, karena keserakahan makhluk hidup yang lebih tinggi tingkatnya dan ketidakpedulian manusia akan kelestarian lingkungan hidup telah merusak ekosistem yang baik. Telah menjadi hukum alam bahwa makhluk yang lemah akan dimangsa oleh makhluk yang lebih kuat, atau yang kita kenal dengan hukum rimba. Setiap jenis makhluk hidup dapat lestari jenisnya sampai saat ini karena berasal dari makhluk hidup sebelumnya yang sejenis dapat bereproduksi dan berdaptasi dengan lingkungan.

Jika makhluk yang hidup pada zaman dulu tidak mampu bertahan dalam kelangsungan hidupnya, maka jenis makhluk hidup itu akan punah seperti dinosaurus. Kelangsungan hidup organisme dipengaruhi oleh kemampuan adaptasi terhadap lingkungan, seleksi alam, dan perkembangbiakan. B. Adaptasi 1. Pengertian Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya.

Ada beberapa cara penyesuaian diri yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara penyesuaian bentuk organ tubuh, penyesuaian kerja organ tubuh, dan tingkah laku dalam menanggapi perubahan lingkungan. Dari pengertian adaptasi tersebut, ada tiga macam bentuk adaptasi, yaitu: a. adaptasi fisiologi b. adaptasi tingkah laku, c.

adaptasi morfologi. Adaptasi terlihat dari adanya perubahan bentuk luar atau dalam suatu makhluk hidup sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat hidupnya. Perubahan ini bersifat tetap dan khas untuk setiap jenis sehingga bisa diwariskan kepada keturunannya. 2. Jenis-jenis Adaptasi a. Adaptasi fisiologi Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ-organ tubuh supaya bisa bertahan hidup. Adaptasi ini berlangsung di dalam tubuh sehingga sulit untuk diamati.

Ikan air laut menghasilkan urine yang lebih pekat dibandingkan dengan ikan sungai. Ikan air laut menghasilkan urine lebih pekat dibandingkan dengan ikan sungai. Hal ini dikarenakan kadar garam air laut lebih tinggi dari pada kadar garam air tawar. Tingginya kadar garam menyebabkan ikan kekurangan air sehingga ikan harus banyak minum. Akibatnya, kadar garam dalam darahnya menjadi tinggi sehingga untuk mengurangi kepekatan cairan dalam tubuhnya, ikan mengeluarkan urine yang pekat.

Kekebalan serangga terhadap insektisida akan meningkat (menjadi kebal) karena penggunaan insektisida secara terusmenerus. Hewan-hewan herbivor beradaptasi terhadap makanan secara fisiologis. Sapi, kambing, kerbau, dan domba merupakan hewan herbivor yang dapat mencerna zat makanan di dalam lambung.

Rayap dan Teredo navalis yang hidup di kayu galangan kapal dapat mencerna kayu dengan bantuan enzim selulose. Selain hewan, manusia dan tumbuhan dapat beradaptasi dengan lingkungannya secara fisiologi. Tubuh manusia mampu menambah jumlah sel darahmerah apabila berada di pegunungan yang lebih tinggi. Hal tersebut dapat mengikat oksigen lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan sel-sel tubuh.

Mata manusia dapat menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang diterimanya. Ketika di tempat gelap, maka pupil kita akan membuka lebar.

Sebaliknya di tempat yang terang, pupil kita akan menyempit. Melebar atau menyempitnya pupil mata adalah upaya untuk mengatur intensitas cahaya. Jumlah sel darah merah orang yang hidup di daerah pantai lebih sedikit dibandingkan orang yang tinggal di daerah pegunungan.

Hal ini disebabkan karena tekanan parsial oksigen di daerah pantai lebih besar dibandingkan daerah pegunungan. Jika tekanan parsial oksigen rendah, maka dibutuhkan lebih banyak sel darah merah untuk mengikat oksigen. Tekanan parsial oksigen adalah perbandingan kadar oksigen di udara dibandingkan dengan kadar gas lain di udara.

Bau yang khas pada mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly dapat mengundang datangnya serangga untuk membantu penyerbukan. Bunga jenis ini menghasilkan madu atau nectar, dan serbuk sarinya mudah melekat. Akar dan daun pada tumbuhan tertentu dapat menghasilkan zat kimia yang berbau khas yang dapat menghambat tumbuhan lain di dekatnya.

Contoh di atas termasuk dalam adaptasi fisiologi. b. Adaptasi Tingkah Laku Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Adaptasi tingkah laku dapat berupa hasil belajar maupun insting/naluri sejak lahir. Terdapat dua macam tingkah laku, yaitu sebagai berikut.

1) Tingkah laku sosial, untuk hewan yang hidup berkelompok. 2) Tingkah laku untuk perlindungan. Contohnya babi hutan akan menggali lubang persembunyian dengan kukunya ketika melihat singa, trenggiling akan menggulung tubuhnya bila bertemu musuh. Contoh lain adalah kamuflase, misalnya pada bunglon dan gurita. Mimikri Bunglon Mimikri adalah kemampuan untuk meniru bentuk, suara, dan tingkah laku seperti hewan lain sehingga akan dikira predator atau hewan yang beracun atau berbahaya.

Migrasi juga merupakan bentuk adaptasi tingkah laku dengan cara bergerak dari satu kawasan ke kawasan lain dan kemudian kembali lagi.

Hewan bermigrasi dengan berbagai alasan antara lain memperoleh iklim yang baik, makanan yang cukup, tempat yang lebih aman, dan kepentingan perkembangbiakan. Hewan yang hidup di daerah kutub atau daerah yang mengalami pergantian empat musim yang perbedaan suhunya ekstrim, biasanya melakukan hibernasi. Hibernasi adalah tidur dalam jangka waktu yang lama ketika suhu lingkungan rendah. Aktivitas tubuh seperti denyut jantung dan napas sangat pelan sehingga hanya memerlukan energi/makanan yang sedikit.

Contohnya kelelawar, ular, dan beruang kutub. Selama hibernasi hewan menggunakan lemak dalam tubuh sebagai sumber energi. Kucing mengincar mangsanya dengan cara mendekam. Ketika mangsa mendekat dan lengah, maka kucing akan meloncat dan menerkam mangsanya. Tingkah laku demikian untuk menghemat energi. Lain halnya dengan cicak. Cicak akan memutuskan ekornya pada saat berada dalam ancaman.

Paus naik ke permukaan air ketika akan mengambil oksigen untuk pernapasannya. Hewan rayap itu buta, untuk menemukan jalan dia membuat terowongan dari tanah yang dapat menuntunnya menuju ke tempat makanan atau sarangannya. c. Adaptasi Morfologi Adaptasi morfologi adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Adaptasi ini sangat mudah dikenali dan mudah diamati karena tampak dari luar. Meskipun hewan dapat bergerak bebas, hewan juga melakukan beragam adaptasi morfologi untuk menyesuaikan dengan tempat hidup dan jenis makanannya.

Adaptasi morfologi berupa penyesuaian tubuh hewan seperti ukuran dan bentuk gigi, penutup tubuh, dan alat gerak hewan. Gigi disesuaikan dengan jenis makanannya, sehingga gigi hewan pemakan daging berbeda dengan hewan pemakan tumbuhan. Penutup tubuh seperti rambut, duri, sisik, dan bulu yang tumbuh dari kulit disesuaikan dengan kondisi lingkungannya sehingga dapat membantu hewan untuk tetap bertahan hidup.

Contoh yang lain adalah variasi tulang belakang dan sirip pada ikan pari disebabkan perbedaan suhu saat pertumbuhannya, jenis kelamin kura-kura ditentukan oleh variasi temperatur saat inkubasi (pengeraman), serta bentuk paruh dan kaki burung bervariasi sesuai dengan jenis makanan dan habitatnya.

Variasi Bentuk Kaki Burung Burung kolibri memiliki paruh panjang dan runcing. Paruh ini digunakan untuk menghisap madu. Serangga juga beradaptasi dengan lingkungan melalui bentuk organ tubuhnya.

Organ tubuh jangkrik dan belalang yang digunakan untuk beradaptasi adalah mulut. Mulut kedua hewan tersebut mempunyai rahang bawah dan atas yang kuat. Selain hewan, tumbuhan juga beradaptasi dengan lingkungannya melalui bentuk tubuhnya, yaitu: 1) Tumbuhan Xerofit Tumbuhan xerofit memiliki struktur fisik yang sesuai untuk bertahan hidup pada suhu yang ekstrim panas dan kekurangan air. Contohnya adalah kaktus dan sukulen. Kaktus dapat bertahan hidup dalam kondisi kering.

Bentuk adaptasinya yaitu daun tidak berbentuk lembaran sebagaimana tumbuhan lainnya, tetapi mengalami modifikasi menjadi duri atau sisik. Kaktus mampu menyimpan air pada batangnya. Seluruh permukaannya dilapisi oleh lilin untuk mengurangi penguapan. Sistem perakarannya panjang untuk mencapai tempat yang jauh yang mengandung air. 2) Tumbuhan Hidrofit Tumbuhan hidrofit adalah tumbuhan yang hidup di air. Adaptasi morfologi yang dilakukan antara lain memiliki rongga udara di antara sel-sel tubuhnya sehingga dapat mengapung.

Daunnya lebar dan stomata terletak di permukaan atas. Contoh tumbuhan hidrofit adalah kangkung, eceng gondok, dan teratai. 3) Tumbuhan Higrofit Tumbuhan higrofit adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab dan basah. Adaptasinya yaitu mempunyai daun yang tipis dan lebar. C. Seleksi Alam Dalam kehidupan sehari-hari, seleksi berarti pemilihan, dan alam berarti segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup. Jadi, seleksi alam adalah pemilihan makhluk hidup yang dapat hidup terus dan tidak dapat hidup terus yang mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly oleh lingkungan sekitar dan terjadi secara alamiah.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Bisa juga diartikan sebagai musnahnya beberapa makhluk hidup karena tidak dapat menyesuaikan diri. 1. Faktor penyeleksi alam Seleksi alam ditentukan oleh beberapa faktor.

Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut. a. Suhu lingkungan Di daerah dingin dijumpai hewan-hewan mamalia yang berbulu tebal, sedangkan di daerah tropis hewan mamalianya berbulu tipis. Dalam hal ini, yang menjadi faktor penyeleksi adalah suhu lingkungan. Karena hewan mamalia yang berbulu tipis umumnya tidak akan bisa menyesuaikan diri pada lingkungan yang bersuhu sangat rendah sehingga hewan tersebut akan tereliminasi dan punah.

Beruang kutub berbulu tebal untuk membuatnya tetap hangat. Selain bulunya, beruang kutub juga mempunyai lapisan lemak yang digunakan untuk menghangatkan tubuhnya. b. Makanan Setiap makhluk hidup memerlukan makanan. Makanan adalah kebutuhan primer makhluk hidup. Makanan akan menjadi faktor penyeleksi jika terjadi perebutan makanan.

Makhluk hidup yang kuat dan mempertahankan makanannya akan dapat berlangsung hidup, sebaliknya hewan yang lemah dan tidak mampu bersaing dalam perebutan makanan akan tereliminasi dan punah.

c. Cahaya matahari Faktor matahari berhubungan dengan penyeleksian tumbuhan tingkat tinggi yang berklorofil. Karena tumbuhan menggunakan cahaya matahari untuk pembentukan makanan. 2. Kepunahan makhluk hidup Berdasarkan temuan fosil-fosil, dapat diketahui bahwa banyak jenis makhluk hidup yang hidup pada jaman dahulu tidak ditemukan lagi sekarang. Tetapi ada juga yang masih hidup sampai sekarang yaitu capung. Capung adalah hewan yang hidup pada jaman karbon sampai sekarang.

Hewan lain yang hampir mirip dengan hewan yang telah punah adalah kadal dan komodo. Ketiga hewan tersebut adalah hewan yangtergolong dalam fosil hidup. Dinosaurus merupakan contoh hewan yang telah punah. Para ilmuan berpendapat bahwa yang menyebabkan kepunahan hewan ini adalah perubahan iklim. Iklim yang terganggu akan menyebabkan kematian banyak jenis tumbuhan sehingga dinosaurus herbivor tidak bisa mendapatkan makanan. Sedangkan Dinosaurus karnivor dapat bertahan mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly untuk sementara.

Tetapi dengan berjalannya waktu, hewan karnivorpun mati. Saat ini, tingkah laku manusia banyak mempengaruhi proses seleksi alam. Perburuan liar, penangkapan, perusakan habitat, pencemaran lingkungan dapat mempercepat laju seleksi yang tidak alami. Akibat rusaknya habitat, banyak hewan liar yang harus bermigrasi ke daerah yang kurang sesuai dengan lingkungan alaminya.

Mereka harus berjalan berkilo-kilometer untuk memperoleh makanan yang cukup. Di Indonesia, terdapat banyak tumbuhan dan hewan yang hampir punah.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Contohnya adalah harimau jawa, badak bercula satu, badak bercula dua, dan burung jalak bali. Hewan yang hampir punah tersebut disebabkan karena kerusakan habitat oleh manusia, perburuan liar, kemampuan adaptasinya rendah, serta tingkat reproduksi yang rendah. D. Perkembangbiakan Makhluk Hidup Perkembangbiakan makhluk hidup dapat dipergunakan untuk melangsungkan kehidupan.

Karena bila tanpa perkembangbiakan, maka makhluk hidup akan punah. Misalkan pada suatu perkebunan terdapat populasi belalang yang terkena radiasi, sehingga belalang jantan menjadi mandul dan tidak dapat melakukan perkawinan dengan belalang betina. Ketidakmampuan belalang untuk berkembang biak akan menyebabkan belalang di perkebunan tersebut punah. Jadi, belalang tersebut tidak dapat menjaga kelestarian jenisnya karena tidak mampu berkembang biak.

Makhluk hidup ada yang mempunyai daya berkembang biak tinggi dan rendah. Makhluk hidup yang mempunyai daya berkembang biak tinggi akan mudah menjaga kelestarian hidupnya.

Misalnya tikus, kucing, ilalang, dan enceng gondok. Makhluk hidup yang mempunyai daya berkembang biak rendah sangat sulit menjaga kelangsungan dan kelestarian jenisnya. Misalnya gajah, hanya beranak sekali dalam dua tahun dan setiap kali beranak hanya seekor. Demikian pula badak, komodo, kancil, burung merak, jerapah, harimau, dan ikan paus biru yang hanya menghasilkan dua anak dalam waktu 10 tahun. Hewan yang memiliki daya berkembang biak rendah merupakan hewan-hewan yang terancam kelestariannya.

Selain hewan, tumbuhan juga dilindungi oleh negara karena kelangkaan dan daya berkembang biaknya rendah.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Misalnya tumbuhan yang dilindungi oleh negara adalah bunga bangkai (Refflesia Arnoldi), anggrek bulan Ambon, kemang, kepuh, kayu ulin Kalimantan, kemenyan, dan gaharu dilindungi oleh negara.

Daftar Pustaka Sukis Wariyono. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar 3: Panduan Belajar IPA Terpadu untuk Kelas IX SMP/ MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Dewi Ganawati. 2008. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Terpadu dan Kontekstual IX untuk SMP/ MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Definisi Mimikri merupakan proses adaptasi dimana warna kulit mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly akan berubah sesuai dengan tempatnya ia singgahi untuk melindungi diri dari predator dan mencari mangsanya.

contoh : -bunglon yang berada di dahan pohon yang berwarna coklat tidak akan terlihat karena kulitnya berubah mengikuti warna dahan pohon tersebut -gurita yang merubah pigmen kulitnya sesuai keadaan sekitarnya atau mengikuti warna terumbu karang yang ada di sekitarnya.

akan tetapi perubahan pigmen kulit bunglon tidak secepat perubahan pigmen gurita karena bunglon tidak bisa merubah warna kulitnya kedalam beberapa warna secara sekaligus kamuflase : proses adaptasi yang menyamakan atau menyeragamkan warna kulit dengan lingkungan sekitarnya untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari makan contoh : -Chetah/singa suka mengintai mangsanya diantara rumput alang2 yang berwarna coklat agar tidak terlihat oleh mangsanya hal ini terjadi karena warna rambut singa sama dengan warna rumput tersebut.

-ular piton hijau suka berdiam di dahan pohon yang berwarna hijau sambil mengintai mangsanya yaitu katak pohon atau burung perbedaan : – mimikri : perubahan pigmen kulit sesuai tempat yang disinggahi – kamuflase: warna pigmen kulit tidak berubah, akan tetapi hewan yang menggunakan cara ini akan berada di tempat yang sesuai dengan warna kulit untuk melindungi diri dari predator dan mencari mangsa.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

sumber: googling Semoga manfaat, Salam UnitedScience 🙂 Adaptasi tingkah laku pada rayap Rayap adalah golongan serangga penghancur kayu. Mengapa rayap dengan mudah dapat mencerna kayu? Rayap mampu mencerna kayu bukan karena mempunyai enzim yang dapat mencerna kayu, melainkan karena di dalam ususnya terdapat hewan flagellata yang mampu mencernakan kayu.

Hewan flagellata mampu menghasilkan enzim selulose. Secara periodik, rayap mengalami pengelupasan kulit. Pada saat kulit mengelupas, usus bagian belakang ikut terkelupas, sehingga flagellata turut terbawa oleh usus. Untuk mendapatkan kembali flagellata tersebut, rayap biasanya memakan kembali kelupasan kulitnya. Berbeda dengan rayap dewasa, rayap yang baru menetas suka menjilati dubur rayap dewasa untuk mendapatkan flagellata. sumber: googling Semoga manfaat, Salam UnitedScience 🙂 Bentuk adaptasi hewan yang hicup di darat terhadap lingkungannya, misalnya dengan cara: 1.

Mempunyai Kulit tebal dan lapisan tanduk (kulit ari) 2. Alat geraknya disesuaikan dengan lingkungan darat. Contoh: Mamalia mempunyai alat gerak berupa kaki dan tangan 3.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Unta, beradaptasi terhadap kekurangan air dengan cara sekali minum dapat menghabiskan air 115 liter air atau lebih dalam beberapa menit dan dapat bertahan selama 6-8 hari tanpa minum lagi. Unta masih dapat hidup walaupun tubuhnya sudah kehilangan air + 40% dan kotorannya sangat kering serta urinenya sangat pekat. Sedangkan hewan lain akan mati jika tubuhnya kehiolangan air sampai 20%. 4. Tikus padang pasir, untuk beradaptasi terhadap lingkungannya, ia hanya mencari makanan pada waktu menjelang pagi atau malam hari dan pada siang hari berlindung di dalam lubang yang lembab.

Ia tidak pernah minum dan mendapatkna air dari biji-bijian, akar serta potongan-[otongan tumbuhan yang dimakannya. 5. Anjing hanya memiliki sedikit kelenjar keringat.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Sebagai adaptasi untuk menurunkan suhu tubuhnya, anjing sering menjulurkan lidah sambil bernapas terengah-engah guna memperbanyak pengeluaran dan penguapan air melalui lidahnya. 6. Di daerah dingin, hewan-hewan harus berusaha mempertahankan panas tubuhnya agar tidak kedinginan.

hewan didaerah kutub, seperti anjing laut dan beruang kutub beradaptasi dengan memiliki bulu tebaldan timbunan lemak dibawah kulitnya untuk menjaga agar suhu tubuhnya tetap. Di musim dingin, hewan-hewan melakukan kegiatan sangat terbatas dan menghemat pengeluaran energi dari tubuhnya.

Sebagian besar waktunya digunakan untuk tidur di lubang persembunyiannya. Keadaan ini disebut tidur musim dingin atau hibernasi. Bila musim dingin berlalu, hewan-hewan ini akan aktif kembali. 7. Cacing tanah beradapatasi dengan permukaan tubuhnya yang selalu basah dan berlendir sehingga mudah menerobos dan membuat liang di dalam tanah.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

8. Burung-burung yang masih hidup di darat dan dapat terbang, umumnya mempunyai bentuk adaptasi sebagai berikut: a. Tulang-tulangnya berongga dan antar tulang yang satu dengan yang lainnya mempunyai hubungan yang kuat. b. Mempunyai pundi-pundi hawa yang efektif untuk bernafas waktu terbang. c. Anggota gerak depan berupa sayap dan mempunyai banyak bulu yang tersusun rapat. d. Tulang dada menonjol ke depan, serta mempunyai otot dada yang amat kuat. Lebih lanjut: http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2244720-adaptasi-hewan-darat/#ixzz2Cfwd0RJZ Semoga manfaat, Salam UnitedScience 🙂 Ikan air tawar beadaptasi dengan sedikit minum, banyak mengeluarkan urine yang encer.

Ikan air laut beradaptasi dengan banyak minum, sedikit mengeluarkan urine yang pekat. Adaptasi fisiologi ini untuk menyeimbangkan homeostasis tubuh ikan.

Selain itu ikan juga memiliki sisik, sirip, dan gurat isi untuk mendukung kehidupannya di air Twitter • RT @ arifjamalimuis: Zakat Penghasilan/Profesi.

bagaimana? Ini ketentuannya. ayo berzakat di @ LAZISMU https://t.co/w0jYJuKpdh 1 week ago • #Gempa @ petabencana 1 month ago • Info @ petabencana 1 month ago • RT @ ismailfahmi: "Dapat dibuktikan oleh Muhammadiyah melalui surat kuasa bersegel tertanggal 19 Maret 1992 atau 7 Ramadhan 1412 Hijirah.… 2 months ago • #gempa @ petabencana 2 months ago Follow @arygoen
Nationalgeographic.co.id - Pada Minggu (18/11) Laude M.

Saleh Hanan, mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly Yayasan Wakatobi, yang juga menjadi Ketua Badan Promosi Wakatobi, bersama dengan WWF dan Akademi Komunitas Perikanan dan Kelautan (AKKP) Wakatobi menemukan Paus Sperma ( P. Macrocephalus) yang sudah menjadi bangkai di perairan Desa Kapota, Kecamatan Wangi Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Sedihnya, saat melakukan pemeriksaan terhadap organ dalam paus tersebut, berbagai sampah ditemukan.

Dari hasil identifikasi yang dilakukan dosen AKKP Wakatobi, ditemukan beberapa jenis sampah plastik dengan komposisi: gelas plastik 750 gram (115 buah), plastik keras 140 gra, (19 buah), botol plastik 150 gram (4 buah), kantong plastik 260 gram (25 buah), serpihan kayu 740 gram (6 potong), sandal jepit 270 gram (2 buah), karung nilon 200 gram (1 potong), tali rafia 3260 gram (lebih dari 1000 potong), di dalam tubuh paus. Secara total, berat basah sampah yang dimakan hewan malang tersebut berjumlah 5,9 kilogram.

Ini bukanlah angka yang sedikit. Apalagi, sebagian besar sampah tadi telah berubah warna. Hal ini menandakan bahwa sampah-sampah tersebut sudah berada di dalam tubuh paus ini dan mengendap dalam waktu yang lama. Baca Juga : (Video) Nahas, Paus Sperma Mati dengan Berbagai Sampah di Dalam Perut Jauh sebelum ditemukannya plastik pada tubuh paus sperma di Wakatobi ini, banyak hewan laut yang tanpa sengaja terjerat atau mengonsumsi jenis sampah yang sulit terurai tersebut.

Mulai dari lobster, ikan pari, lumba-lumba, ubur-ubur, bayi anjing laut, paus pilot jantan dan yang lainnya. Hewan laut yang berada di perairan dalam pun tak bisa menghindari ancaman sampah plastik. Pasalnya, kantung plastik belanjaan berhasil ditemukan di kedalaman 10.994 meter di Palung Mariana. Perlu diketahui bahwa Palung Mariana merupakan tempat terdalam di Bumi.

Fakta ini membuktikan betapa daruratnya masalah sampah plastik di dunia. Belum lama ini, sekelompok peneliti Austria juga telah menemukan bukti bahwa mikroplastik–potongan, fragmen, dan serat plastik–ternyata terakumulasi pada kotoran manusia. Artinya, setelah hewan laut memakan sampah plastik, manusia kemudian ikut menelannya melalui tuna, udang, atau lobster, dll.

Dampak sampah plastik sangat luas, bukan? Sampah plastik dari manusia dan bahayanya bagi hewan laut Seberapa banyakkah plastik yang diproduksi manusia? Menurut Our World in Data, pada 1950, dunia hanya memproduksi dua juta ton per tahunnya. Namun, sejak saat itu, produksi tahunan plastik meningkat hampir 200 kali lipat--menjadi 7,8 miliar ton di 2015.

Jumlah ini setara dengan massa 2/3 populasi dunia. Plastik, seperti yang kita tahu, dapat bertahan lama di Bumi, bahkan hingga 60-70 tahun. Dan mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly yang dibuat pada masa awal pun kemungkinan masih ada hingga saat ini.

Menurut para penelti dari Environment Agency Austria dan Medical University of Vienna, setengah dari total plastik yang ada saat ini, berasal dari abad ke-21. Namun sayangnya, hanya 20% sampah plastik yang didaur ulang.

Pada akhirnya, sekitar 10 miliar ton plastik berakhir di lautan setiap tahunnya. Plastik yang ada di laut bisa berasal dari daratan maupun perairan. Polusi plastik dari perairan mengacu kepada sampah sisa-sisa alat penangkap ikan seperti jaring, tali, dan bangkai kapal. Sementara yang dari daratan berasal dari kehidupan modern manusia, di mana plastik kerap digunakan sebagai 'barang sekali pakai' seperti botol, gelas, dan alat makan plastik, serta pembersih telinga.

Sampah-sampah ini akan sangat berbahaya bagi hewan laut karena mereka akan mengira plastik sebagai makanannya dan akhirnya mengonsumsinya.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Penyu misalnya, mereka tidak dapat membedakan kantung plastik dengan ubur-ubur, sehingga kerap mengonsumsinya tanpa sengaja. Saat sampah plastik masuk kepencernaan hewan laut, itu dapat menyebabkan penyumbatan dan akhirnya kematian. Menurut riset, pada tahun 2050, rerata spesies laut di Bumi akan mengonsumsi plastik. Namun melihat berbagai kejadian terkait, kami takut bahwa hal tersebut tidak memerlukan waktu lama hingga terjadi.

Bisa saja dalam beberapa tahun kabar buruk tersebut terjadi bila kita tidak mau mengubah perilaku kita terhadap penggunaan plastik sekali pakai. Baca Juga : Kurangi Sampah Plastik, McDonald Indonesia Tak Lagi Sediakan Sedotan #SayaPilihBumi Meskipun sulit untuk mengubah kebiasaan, namun usaha kecil dalam kehidupan sehari-hari bisa mengurangi jumlah sampah plastik. Jika Anda tidak ingin melihat lagi kasus hewan laut yang tewas akibat mengonsumsi plastik, cara yang dapat dilakukan adalah membatasi penggunaan plastik sekali pakai.

Dapat dimulai dengan cara berikut: • Tukar sedotan plastik: Untuk membantu mengurangi sampah plastik, Anda bisa menggantinya dengan sedotan bambu mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly baja. Bawa sedotan ramah lingkungan tersebut setiap Anda pergi ke restoran. • Membawa botol minuman sendiri: Selalu bawa botol minuman sendiri ketika bepergian. Ini menghindari Anda membeli minuman dalam botol atau gelas plastik. Dengan begitu, sampah plastik pun dapat berkurang.

• Batasi pembelian online: Barang-barang yang dikirim ke rumah Anda, terkadang dibungkus dengan plastik. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan plastik adalah dengan membatasi pembelian online. Anda bisa membeli kebutuhan di toko terdekat lalu membawanya dengan tote bag–tanpa kantung plastik. • Jangan membuang sampah sembarangan: Jika Anda pergi berlibur ke pantai, pastikan tidak ada sampah plastik yang tertinggal di sana.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sampah plastik yang mengapung di lautan dapat membahayakan kehidupan hewan di sana. • Daur ulang: Memang tidak semua plastik bisa didaur ulang. Namun, beberapa barang--seperti botol minuman dan pot tanaman--dapat Anda recycle. Kreasikan sampah plastik menjadi hiasan atau barang lain yang dibutuhkan di rumah.

• Bergabung dengan komunitas peduli lingkungan: Jika memiliki waktu luang di akhir pekan, Anda bisa bergabung dengan komunitas peduli lingkungan. Biasanya, mereka akan melakukan kegiatan membersihkan sampah juga membagikan informasi mengenai daur ulang plastik yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kami, National Geographic Indonesia juga mengajak sahabat-sahabat semua untuk senantiasa menjaga Bumi kita dari permasalahan sampah plastik yang kita buat. Oleh karena itu, kami tidak akan pernah bosan untuk bertanya, "Bumi atau plastik?". Dan hari ini kami mengajak sahabat-sahabat semua untuk lantang berteriak "Saya pilih Bumi!" Jawaban: terdapat pada sistem pernafasan mereka yang efektif dalam menyerap oksigen.

Sebagai perbandingan, manusia bernafas sekitar 12 sampai 20 kali dalam satu menit. Namun manusia hanya bisa menyerap 5 persen oksigen dalam satu kali hirup. Berbeda dengan Paus yang bisa menyerap 90 persen oksigen dalam tiap tarikan napas. Dengan cara ini, ikan paus memperoleh lebih banyak oksigen daripada manusia dalam satu kali tarikan napas # kasih nilai woe Vina mengatakan jika pergi ke Bali lebih baik menggunakan pesawat, karena lebih cepat sampainya.

Namun bagi Risma lebih menyenangkan menggunakan bis, … karena harus menyeberang laut menggunakan kapal feri terlebih dahulu. Bagaimana sikap Vina dan Risma mengenai perbedaan alat transportasi yang mereka sukai tersebut?ini jugak yah​
Tentu saja hal ini membuat para ahli biologi kelautan bingung dan bertanya-tanya bagaimana mamalia laut ini melakukannya.

Menurut studi yang melibatkan enam peneliti dari Universitas Liverpool, Winnipeg, dan Alaska, darah dari spesies mamalia ini adalah kuncinya. Darah mamalia ini memiliki protein yang disebut haemoglobin yang sangat efektif dalam penyimpanan oksigen. Seperti yang dilansir di situs Sciencerecorder.

Tak hanya itu, mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly juga hanya memiliki sedikit pemburuh darah jika dibandingkan dengan manusia yang memiliki banyak pembuluh darah. Salah satu peneliti dari University of Liverpool, Michael Berenbrink berpendapat, ini adalah adaptasi yang sangat penting, banyaknya pembuluh darah juga berpengaruh terhadap kelancaran aliran hemoglobin yang mengandung oksigen.

Dengan sedikitnya pembuluh darah, membuat mamalia tersebut dapat bertahan lama di air tanpa menyebabkan penyumbatan mematikan di aliran darah mereka. Hemoglobin mamalia laut juga sangat berperan penting untuk menjaga oksigen tetap di dalam darah dalam waktu yang lama.
Faktanya, perenang terkuat di bumi tidak dapat menahan nafas di bawah air selama lebih dari beberapa menit.

Sedangkan, mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus yang juga bernafas melalui paru-paru, dapat tetap nyaman menyelam di dalam air hingga satu jam lebih. Tentu saja hal ini membuat para ahli biologi kelautan bingung dan bertanya-tanya bagaimana mamalia laut ini melakukannya.

Menurut studi yang melibatkan enam peneliti dari Universitas Liverpool, Winnipeg, dan Alaska, darah dari spesies mamalia ini adalah kuncinya. Darah mamalia ini memiliki protein yang disebut haemoglobin yang sangat efektif dalam penyimpanan oksigen. Seperti yang dilansir di situs Sciencerecorder. Tak hanya itu, mamalia juga hanya memiliki sedikit pemburuh darah jika dibandingkan dengan manusia yang memiliki banyak pembuluh darah. Salah mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly peneliti dari University of Liverpool, Michael Berenbrink berpendapat, ini adalah adaptasi yang sangat penting, banyaknya pembuluh darah juga berpengaruh terhadap kelancaran aliran hemoglobin yang mengandung oksigen.

Dengan sedikitnya pembuluh darah, membuat mamalia tersebut dapat bertahan lama di air tanpa menyebabkan penyumbatan mematikan di aliran darah mereka. Hemoglobin mamalia laut juga sangat berperan penting untuk menjaga oksigen tetap di dalam darah dalam waktu yang lama. http://forum.tribunnews.com/showthread.php?7130426-Rahasia-Paus-Dapat-Bertahan-Lama-Dalam-Air • ► 2017 (2) • ► November (1) • ► July (1) • ► 2016 (7) • ► June (1) • ► April (1) • ► March (5) • ► 2015 (38) • ► August (1) • ► July (3) • ► May (4) • ► April (5) • ► March (5) • ► February (7) • ► January (13) • ► 2014 (131) • ► December (8) • ► November (13) • ► October (12) • ► September (10) • ► August (11) • ► July (5) • ► June (11) • ► May (3) • ► April (12) • ► March (12) • ► February (16) • ► January (18) • ▼ 2013 (269) • ► December (8) • ► November (20) • ► October (21) • ► September (8) • ► August (20) • ▼ July (24) • Setelah Hilang 3 Tahun, Biola Stradivarius Akhirny.

• Perkebunan Ganja Lima Lantai di New York Terbongkar • Mengintip Apartemen Mewah di Kawasan "Bronx" • Gara-gara Calon Suami Terlalu Gelap, Wanita India . • Toilet Tembus Pandang nan Menggegerkan • Rahasia Paus Dapat Bertahan Lama Dalam Air • Steak Termahal di New York, Sepotong Rp 3,3 Juta • 7 Fakta Perlu Diketahui Tentang Fenomena Supermoon • Ikan raksasa tertangkap di Alaska berusia lebih da.

• Mungkinkah Bandara yang Melegenda Ini Terselamatkan? • Aneh Tapi Nyata, Kura-kura Ini Punya Dua Kepala • Astaga! Film Porno Tiba-tiba Muncul di Layar Raksa. • Katak Baru Sebesar Kuku Ditemukan di Bali • Wah, Bocah 12 Tahun Mampu Beli 3 Ferrari • Pegawai Kremlin masuk dan duduk manis di meja kerj. • Kota Terpendam Seusia Candi Borobudur Terungkap • Perempuan Ini Dinobatkan Sebagai Pemilik Lidah Ter.

• Diprediksi, Eropa Akan Bertabrakan dengan Amerika • Pasangan Ini Jatuh dari Jendela Saat Hot Bercinta . • Cuma Selisih 2 Jam, Saudara Kembar Ini Lahir di Be. • Wow, Baterai Bertenaga Nuklir yang tak Perlu Dicharge • 4 Miliar Tahun Lalu, Mars Kaya Oksigen • Ukuran Dada Terlalu Besar, Gadis Ini Ditolak Masuk.

• Penampakan Rambut Mumi Ini Ungkap Fakta Baru yang . • ► June (17) • ► May (30) • ► April (31) • ► March (21) • ► February (29) • ► January (40) • ► 2012 (134) • ► December (26) • ► November (24) • ► October (23) • ► September (5) • ► August (24) • ► July (5) • ► June (3) • ► May (10) • ► March (1) • ► February (13) • ► 2011 (97) • ► December (3) • ► October (2) • ► September (3) • ► August (6) • ► July (11) • ► May (20) • ► April (16) • ► March (12) • ► January (24) • ► 2010 (121) • ► December (13) • ► November (18) • ► October (26) • ► September (27) • ► August (20) • ► July (17) • ► 2008 (4) • ► October (4)Jawaban: ketika naik ke permukaan, paus akan mengeluarkan udara lembab dan hangat dari dalam paru-parunya.

Udara hangat tersebut bertemu dengan udara dingin di permukaan laut dan terjadilah proses kondesasi atau pengembunan. Akibatnya, paus terlihat seperti mengeluarkan air dari lubang sembur di atas kepalanya. Jawaban: terdapat pada sistem pernapasan mereka yang efektif dalam menyerap oksigen.

sebagai perbandingan, manusia bernafas 12 sampai 20 kali dalam 1 menit. namun manusia hanya bisa menyerap 5% oksigen dalam satukali hirup. berbeda dengan paus yang bisa menyerap 90% oksigen dalam setiap tarikan nafas. dengan cara ini, ikan paus memperoleh lebih banyak oksigen pada manusia dalam satu kali tarikan nafas 1.Tari Saudati gerakannya diilhami oleh . 2.Tari Saudati merupakan penggambaran . 3.Dalam tari Saudati tepukan dada disebut . 4.Dalam tari Sa … udati jentikan jari disebut .

5.Dalam tari Saudati dipimpin oleh seorang. 6.tari Saudati ditarikan berkelompok sebanyak .7.Tari Serampang dua belas mengisahkan tentang.8.Tari Serampang dua belas sebelumnya bernama.9.Tari Serampang dua belas diiringi oleh lagu . 10.Serampang dua belas bertempo. ​
Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

mengapa paus dapat bertahan lama di air brainly

Dalam arti “air mengalir”, kata ini juga dapat berarti masukn … ya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau. Air yang meluap atau melimpah dari bendungan sehingga air keluar dari sungai itu. Pilihlah jawaban yang tepat! Kalimat utama paragraf tersebut adalah….

bantuin napa​ pai kinclong CLONG DRAIN CLEANER POWERFUL 2x Ampuh membunuh kuman Menghilangkan noda Iklan 2 JUSUKA JUSUKA JUSUKA JUSUKA Nikmati kesegaran buah dalam … sebotol JUSUKA. JUSUKA terbuat dari buah segar tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan sehingga aman bagi lambung semua, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa.

CUMA 10 RIBU! 1. Menurutmu, iklan manakah yang memenuhi kriteria iklan yang baik jika dilihat dari unsur iklan dan ciri bahasa iklan?

Tuliskan pendapatmu! 2. Tuliskan unsur-unsur kedua iklan tersebut! Tuliskan ke dalam tabel! 3. Jelaskan tujuan kedua iklan tersebut dibuat beserta jenisnya! 213 Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar​
Setelah sekian lama perkara ini membuat para ahli biologi laut [ Marine biologists ] bingung dan tertanya-tanya bagaimana mamalia laut ini boleh melakukannya.

Menurut studi yang melibatkan enam pengkaji dari Universiti Liverpool, Winnipeg, dan Alaska, darah dari spesies mamalia ini adalah kuncinya. Bagaimana ia berfungsi? Darah mamalia ini memiliki protein yang disebut haemoglobin yang sangat efektif dalam penyimpanan oksigen.

Seperti yang disalin di laman web Sciencerecorderbukan saja faktor darah mengandungi protien, mamalia laut ini juga hanya memiliki sedikit pembuluh darah jika dibandingkan dengan manusia yang memiliki banyak pembuluh darah. Dengan sedikitnya pembuluh darah telah membuatkan mamalia tersebut dapat bertahan lama di dalam air tanpa menyebabkan penyumbatan mematikan pada aliran darah mamalia tersebut. Hemoglobin mamalia laut juga amat berperanan penting untuk menjaga oksigen tetap kekal di dalam darah pada waktu yang lama.

[sciencerecorder.com]

Paus Paling Kesepian Di Dunia! Sampai Dibuat Lagu Oleh BTS?




2022 www.videocon.com