Raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Raja Ampat bagi para pelancong lokal atau asing adalah tempat wisata yang indah sekali. Tapi, apakah Parents sudah mengetahui berbagai uniknya fakta Raja Ampat? Panorama alam dan bawah lautnya termasuk kawasan yang terindah di dunia. Letaknya di sebuah kabupaten di Provinsi Papua Barat ini memiliki empat pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Tak hanya empat pulau besar saja, ternyata pulau kecilnya berjumlah kurang lebih 1.847. Fakta Raja Ampat yang Jarang Diketahui Jadi penasaran apa aja sih fakta Raja Ampat yang harus kita ketahui?

• Nama Raja Ampat Berasal Dari Legenda sumber: Hikersbay.com Konon nama Raja Ampat berasal dari legenda masyarakat di tempat itu. Dulu kala diyakini ada sepasang suami istri menemukan telur naga. Lima dari enam telur naga itu menetaskan lima manusia.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Empat laki-laki, satu perempuan, dan satunya lagi menjadi mahkluk ghaib. Satu perempuan tersebut dibunuh oleh keempat laki-laki dan kemudian keempat lelaki tersebut menjadi raja. Makanya namanya jadi Raja Ampat yang berasal dari Empat Raja. Dari keempat raja itu dipresentasikan nama-nama pulau besar yang ada di Raja Ampat yakni Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Namanya juga legenda boleh percaya boleh tidak.

sumber: awesomeocean.com Bagi pecinta diving, di Raja Ampat ini adalah surganya kekayaan bawah laut. Keberadaan terumbu karangnya yang masih bagus sulit untuk ditolak bagi para penyelam. Surganya terumbu karang adanya ya di Raja Ampat. Karena kondisinya yang masih sangat baik dengan presentase penutupan karang hidup hingga 90 persen, yaitu berada di selat Dampier (selat yang memisahkan Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag.

Mungkin istilahnya belum ‘sah’ jadi penyelam kalau belum ke Raja Ampat. Sumber: Pesona Indonesia Di wilayah pegunungan Misool ditemukan cap tangan yang diperkirakan sudah berusia lebih dari lima puluh ribu tahun lamanya. Ini menjadi bukti prasejarah adanya pergerakan kehidupan di masa lampau yang berkaitan dengan adanya cikal bakal penyebaran manusia di sejumlah wilayah Nusantara.

4.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Di Bawah Laut Raja Ampat Terdapat Bangkai Kapal Perang Dunia ke 2 Di Tahun 90-an awal, ada seorang penyelam asal Belanda bernama Max Ammer mengunjungi area ini. Awalnya dia hanya bertujuan menelusuri keberadaan kapal dan pesawat Perang Dunia II yang dicurigai tenggelam di kawasan Raja Ampat.

Nah, saat menyelam ini Max Ammer terkesima dengan keindahan dan keragaman biota laut di Raja Ampat. Artikel Terkait: 8 Alat Musik Tradisional Papua yang Unik, Apa Saja ya? 5. Fakta Raja Ampat yang Memiliki Terumbu Karang Terlengkap di Dunia Indonesia terkenal dengan negara maritim yang kaya dengan lautnya. Di mata dunia pun Raja Ampat sudah terkenal keindahan bawah lautnya. Terdapat 75 persen jenis terumbu karang yang ada di dunia terkumpul dan hidup dengan baik di tempat ini.

Dikabarkan terdapat 1000 jenis aneka terumbu karang tumbuh dan memenuhi sebagian tempat ini. Wilayah laut dan darat Raja Ampat memliki luas 4,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan ribuan biota laut lainnya.

Tak heran dengan jumlah seperti itu Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di seluruh dunia. 6. Burung Terindah di Dunia Ada di Raja Ampat Raja Ampat juga dikenal dengan keanekaragaman hayatinya. Sejumlah flora fauna yang unik dan langka turut meramaikan suasana alam baik dalam air maupun darat. Pada bagian darat, hewan seperti cendrawasih, nuri, kakatua, maleo, kuskus dan lainnya juga hidup menjadi bagian dari ekosistem.

Burung Cendrawasih dikenal dengan burung cantik dan menarik. Cendrawasih hanya ada di Papua tepatnya ada di Desa Sawinggrai.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Konon Burung Phoenix yang ada di cerita rakyat orang Eropa, Burung Phoenix mirip sekali dengan Burung Cendrawasih. 7. Pengunjung Dibatasi Wish You Were Here: Kegiatan Outdoor yang Seru Bersama Keluarga di Hong Kong Sumber: Tribuntravel Fakta Raja Ampat yang lumayan menyeritkan dahi adalah pengunjung yang dibatasi. Siapa yang membatasi pengunjung? Ya mereka adalah orang Papua dan pemerintah daerah Papua tersebut. Alasan dibatasi tak lain dan tak bukan adalah demi menjaga kelestarian alam di Raja Ampat.

Artikel Terkait: 16 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia, Sudah Tahu? **** • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan Wisata Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang dimiliki Indonesia.

Saat pergi ke sana, jangan lewatkan destinasi pilihan kami ya! Bisa dibilang, Indonesia merupakan surga dunia. Hal ini tak lepas dari banyaknya wisata alam yang membuat para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri rela merogoh kocek untuk dapat menikmati keindahan alamnya. Mungkin tempat wisata atau daerah yang paling terkenal dan banyak dikunjungi di tanah air adalah Bali. Pulau Dewata memang memiliki beragam pantai indah.

Selain itu, Bali juga memiliki budaya yang kuat. Jadi, tak heran jika para wisatawan tak pernah bosan datang ke sana.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Selain Bali, nyatanya Indonesia punya satu tempat yang saat ini sedang naik daun dan rasanya Anda pun tak asing dengan namanya, yaitu Raja Ampat. Tempat tersebut merupakan rangkaian dari empat pulau alami yang dikelilingi dengan lautan yang sangat bersih dan indah. Wisata Raja Ampat bahkan terpilih sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, karena pantai dan lautnya yang sangat bersih dan terawat.

Lalu, ada destinasi apa saja yang wajib dikunjungi saat pergi ke Wisata Raja Ampat? Agar tidak tenggelam dalam rasa penasaran, mari kita lihat bersama di bawah ini! Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Wisata Raja Ampat Pulau Wayag Inilah pulau spesial pertama milik Kabupaten Raja Ampat yang dianggap sebagai surganya dunia. Di sini kita bisa melihat gugusan pulau yang berjajar berwarna hijau dengan warna laut yang biru bersih.

Benar-benar indah. Bahkan karena keindahannya, Pulau Wayag menjadi ikon wisata Raja Ampat. Tak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, Pulau Wayag juga memiliki pesona keindahan bawah laut yang indah. Bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia.

Di sini wisatawan dapat melihat gugusan karang dan ratusan jenis ikan laut. Keindahannya tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sini, tak perlu khawatir di sini terdapat beberapa resort dan tempat menginap yang bisa disewa.

Untuk bisa sampai di Pulau Wayag, kita hanya tinggal naik pesawat menuju Sorong, lalu lanjutkan perjalanan dengan naik pesawat ke Waisai. Setelah sampai di Waisai kita bisa mencari kapal di pelabuhan menuju Pulau Wayag. Biaya yang dikeluarkan saat traveling ke Pulau Wayag cukup menguras kantong, jadi kita harus mempersiapkan perjalanan dengan matang sebelum ke sini. Pulau Salawati Pulau Salawati merupakan pulau terbesar di Kabupaten Raja Ampat.

Dengan pasir berwarna putih, pulau ini banyak diminati oleh wisatawan. Apalagi di sini adalah tempatnya ikan pelangi yang jarang ada di dunia menambah keistimewaan pulau ini. Selain itu, masyarakatnya juga memiliki adat istiadat yang kental. Tarian Wor adalah salah satu tarian yang selalu menjadi salah satu tarian penyambut para wisatawan yang datang ke sini. Wisatawan akan betah dengan masyarakat yang ramah selama di tempat wisata Raja Ampat ini. Bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas lain selain bersantai dan berbaur dengan masyarakat, di Pulau Salawati juga terdapat sebuah tempat sejarah peninggalan Perang Dunia II di dasar laut yang seru untuk dijelajahi.

Kapal-kapal perang yang karam bisa menjadi spot untuk menyelam yang tak terlupakan. Pulau Misool Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat.

Misool sendiri terbagi menjadi empat bagian yaitu, Misool Timur, Misool Selatan, Misool Barat dan Misool Utara. Wisata Raja Ampat ini juga termasuk daerah segitiga karang dunia.

Jadi tak heran jika di sini banyak ditemui ikan-ikan yang begitu cantik dan ramai oleh wisatawan yang memburu pemandangan dasar laut.

Apalagi Misool bagian selatan terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang besar seperti lumba-lumba, paus, dan pari manta. Tempat-tempat yang tak boleh terlewat di Misool adalah Puncak Harfat yang terkenal dengan pemandangan yang sangat indah.

Tak jauh dari Puncak Harfat juga terdapat tempat yang cukup indah namanya Puncak Love di sini kita bisa melihat laguna berbentuk hari dari atas puncaknya. Selain wisata alam, di sini wisatawan juga bisa berwisata sejarah melihat dinding batu karang yang terdapat cap tangan yang diperkirakan berusia 50.000 tahun dan memiliki rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara.

Menyelam di Pulau Kri Jika ditanya tempat menyelam paling sempurna di Raja Ampat maka kami akan menjawab salah satunya adalah Pulau Kri. Di sini wisatawan dapat menemukan 374 spesies ikan dalam satu penyelaman saja.

Di sini ada banyak barakuda, jacks, batfish, dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan kecil karang kecil, hiu, ikan kerapu, hingga kura-kura. Arusnya tidak begitu kuat dan karangnya sangat indah.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Tempat ini berada di Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Bagi wisatawan yang ingin menginap di pulau ini terdapat resort salah satunya adalah Kri Eco Resort Raja Ampat. CARI DISINI Kepulauan Pianemo Banyak orang bilang Kepulauan Pianemo adalah miniaturnya Pulau Wayag.

Hal ini tak lain tak bukan karena pemandangan di pulau ini memang sangat mirip dengan Pulau Wayag. Tapi bedanya di sini wisatawan harus berjuang naik ke pulau kecil untuk bisa melihat keindahan kepulauan ini. Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini sudah bisa diakses saat pagi tiba karena sudah ada banyak speedboat di Waisai pukul 06.00 WIT. Tidak butuh waktu lama, kita akan sampai di Pianemo. Di sini kita bisa melihat gugusan pulau berwana hijau di atas birunya air laut.

Itulah destinasi yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Wisata Raja Ampat. Sudah siapkan segala sesuatunya untuk berwisata ke sana?
Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai keelokan destinasi wisata kepulauan Raja Ampat Papua, yang merupakan destinasi wisata terbaik yang ada di Provinsi Papua Barat, ok kita langsung saja mengulas mengenai keunaikan yang ada di Raja Ampat Papua.

Kepulauan Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah Papua. Wisata ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat mempesona. Salah satu bentuk kepopuleran objek wisata Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang berjudul ” Edis Paradise 3 “, dimana dalam film tersebut menceritakan keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang berada di kawasan Papua, yang mana wisata ini juga dijuluki sebagi kawasan Amazon Lautan Dunia.

Julukan tersebut diberikan karena letak dari tempat wisata ini yang berada dipusat segitiga karang dunia. Wisata Kepulauan Raja Ampat berada dikawasan teritorial Papua Barat, yang merupakan sebuah gugusan raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di yang tersebar dengan jumlahnya berkisar 610 pulau, akan tetapi hanya ada 35 pulau yang dihuni oleh penduduk.

Daerah Raja Ampat merupakan daerah kepulauan, dengan satu – satunya sarana transportasi yang bisa digunakan oleh masyarakan sekitar adalah transportasi angkutan laut. Transportasi ini digunakan baik untuk menjangkau ibu kota kabupatennya ( Waisai ) ataupun sebaliknya. Dengan empat pulau utama yang berada dikawasan ini menjadikan keunikan tersendiri bagi Anda yang melancong ke destinasi wisata Raja Ampat.

empat pulau yang dimaksutkan adalah Batanta, Misool, Salawati dan Waigeo. Sebutan atau nama dari Raja Ampat sendiri diambil dari mitos penduduk sekitar yang apabila diartikan kedalam bahasa indonesia mempunyai makna Empat Raja. Para wisatawan yang berasal dari penjuru dunia sengaja datang kesini untuk menikmati keindahan pulau dan keunikan wisata bawah lautnya, serta menjelajahi dinding – dinding bawah laut dengan cara menyelam.

Disini wisatawan juga bisa mengarungi gugusan kepulauan besar dan kecil, pegunungan, hutan tropis, untaian karang laut, pantai pasir putih serta keaneka ragaman kehidupan satwa yang ada di kawasan wisata Raja Ampat. Memang boleh dikatakan kalau kekayaan alam seperti ini sangat jarang sekali ada, jadi bersyukur sekali apabila Indonesia memiliki anugrah yang sulit untuk dilukiskan dengan kata – kata.

Pada umumnya, rute yang ditempuh oleh para pengunjung atau wisatawan untuk sampai di lokasi wisata Raja Ampat adalah dengan melakukan perjalanan udara, dan menuju ke kota Sorong – Papua Barat ( Domine Edward Osok ). Di bandara ini tidak ada jalur penerbangan internasional yang bisa langsung menuju ke Domine Edward Osok. Jadi, apabila Anda yang datang dari luar negeri, Anda harus transit dulu di Jakarta, Surabaya, Denpasar atau Makasar.

Dan apabila Anda ingin menempuh jalur terpendek, Anda dapat transit dulu di Ujung Pandang dan memakan waktu sekitar 5 jam 15 menit untuk sampai di kota Sorong. Kemudian dari kota Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan taxi menuju ke palabuhan rakyat untuk menuju ke ibukota Raja Ampat ( Waisai ). Setelah itu, perjalanan Anda akan dilanjutkan kembali dengan menggunakan transportasi Kapal Ferry atau bisa menyewa speed boat, dan disarankan di pelabuhan ini Anda harus menyediakan perbekalan seperti air mineral, makanan instan dan lain sebagainya.

karena di Waisai (ibukota Raja Ampat), harga keperluan perbekalan semakin mahal. Di pelabuhan ini ada dua kapal ferry yang melayani jalur perjalanan dari Sorong ke Waisai, dan biasanya berangkat tiap pukul 14.00 WIT, kemudian kapal yang satunya akan berangkat sekitar 1 – 2 jam kemudian. Perjalanan akan memakan waktu 4 – 5 jam untuk sampai di pelabuhan Waisai.

Akan tetapi bagi Anda yang mempunyai keinginan menyewa speedboat, waktu yang sangat ideal untuk menyeberang adalah sebelum air laut naik, yang biasanya di akibat gelumbang pasang atau sekitar sebelum pukul 12.00 WIT.

Hal ini dilakukan karena dikuatirkan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, karena besar speedboat lebih kecil daripada Kapal, sehingga sangat mudah terguncang oleh ombak. Kemudian yang menjadi catatan bagi Anda adalah patuhilah instruksi dari Nahkoda kapal apabila menginstruksikan menunda perjalanan menuju ke pelabuhan Waisai karena cuaca buruk, gelombang pasang atau masalah lainya.

Memang agak rumit sekali rute perjalanan ke Raja Ampat. Akan tetapi, kedepan pemerintah setempat akan mengembangkan bandar udara di Waisai ( Bandar Udara Marinda), yang nantinya bisa mempermudah akses ke Raja Ampat. Setelah sampai di pelabuhan Waisai, perjalanan dilanjutkan untuk ke kota dimana Anda dapat dengan mudah mencari penginapan disana.

Akan tetapi sebelumnya harus mendatangi kantor Depbudpar setempat, untuk membayar biaya konservasi yang wajib dikenakan bagi setiap wisatawan yang mengunjungi ke wilayah Raja Ampat. Setelah itu baru Anda dapat mencari tempat penginapan.

Destinasi wisata kepulauan Raja Ampat banyak menawarkan pesona keanekaragaman hayati, yang boleh dibilang cukup melimpah. Disini Anda bisa menemukan sekitar 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan.

75 % species karang yang ditemukan di seluruh Dunia ada disini, yang jumlahnya sekitar 10 kali lipat jumlah jenis karang yang pernah ditemukan di seluruh karibia. Anda juga akan menemukan 27 species ikan langkah yang hanya ada di sini.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Selain itu disini juga terdapat 5 species penyu laut langkah, 13 species hewan mamalia laut, dan 57 species udang mantis. Jadi bisa dibayangkan keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata ini. Pesona pemandangan laut yang elok, yang bisa di lihat baik itu dari bawah dan atas laut akan menghipnotis Anda.

Untuk itu sebaiknya Anda tidak melewatkan moment berharga pada waktu berkunjung kesana. Kondisi ini ini didukung oleh struktur tanah yang endemik, kekayaan biota laut serta kebudayaan dan kearifan penduduk lokalnya.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di kegiatan yang bisa anda lakukan di sini adalah sebagai berikut : Selain itu Anda juga bisa menyaksikan “ Hantu Laut“, yang merupakan fenomena alam yang unik serta menarik, yang letaknya berada di bagian Timur Waigeo, Fenomena ini terbentuk oleh sebuah sinar yang berasal dari air laut atau fenomena pemandangan sunset, yang bisa disaksikan diatas perahu dan mengitari permukaannya dengan kurun waktu 10 -18 menit.

fenomena ini hanya bisa dilihat setiap akhir tahun saja. Tidak hanya itu dibagian barat dan utara kawasan Waigeo, ada sebuah pertunjukan permainan suling bambu tradisional yang oleh masyarakat sekitar yang disebut dengan suling tambur. Biasanya pertunjukan tradisional ini diadakan apabila ada sebuah festifal keagamaan atau pada saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ( 17 Agustus ) serta dalam upacara penyambutan kunjungan pejabat ( pemimpin ) penting.

Tidak hanya itu di sebelah utara Waigeo, Anda juga dapat menikmati wisata sejarah yang juga berbentuk gua yang merupakan peninggalan perang Dunia ke II. Goa ini konon merupakan tempat pasukan Belanda dan Jepang membangun bungker.

Selain itu Anda juga bisa menikmati keunikan kebudayaan masyarakat setempat yang disajikan dalam sebuah tarian perang. Disini juga ada destinasi wisata air terjun, dan pastinya apabila Anda kesana tidak boleh di lewatkan.

Destinasi berikutnya adalah Pulau Ayau, Pulau Ayau merupakan kumpulan pulau – pulau kecil yang terletak di Kepulauan Karang, dengan ukuran yang sangat besar dan dasar lautnya berpasir putih, Pulau Ayau bisa menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lainya. Tidak hanya itu, tidak jauh dari tempat ini Anda juga bisa menikmati pulau – pulau dengan pasir yang unik yang disebut “Zandplaat”. Tempat ini merupakan habitat unik dari vegetasi lokal yang ada di Raja Ampat.

Anda juga bisa menyaksikan masyarakat setempat kususnya ibu – ibu dan anak – anak menangkap cacing laut atau insonem. Selain itu Anda bisa juga mengunjungi Waigeo Selatan, yang merupakan sebuah destinasi favorit penggemar diving. Tidak jauh dari Waigo Selatan Anda juga bisa menemukan destinasi wisata pulau karang Kabui Bay, Gua tengkorak dan juga destinasi wisata bersejarah Raja Ampat di Kali Raja.

Anda juga bisa menyaksikan tari Salay di Saonek, berbagai jenis satwa burung di Desa Sawinggrai dan Yenwaupnor, serta wisata kerajinan anyaman di Arborek. Disini Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menyaksikan sekelompok ikan pari berenang. Kemudian apabila Anda melanjutkan kekawasan Sawandarek, Anda dapat menyaksikan pantai pasir putih dengan karang yang indah dan banyak juga ditemukan banyak satwa bebek laut. Anda juga bisa berjalan – jalan dan menikmati sebuah desa tradisional yang memiliki suasana Unik.

Kuliner yang bisa Anda nikmati di Raja Ampat adalah seafood atau hidangan laut. Biasanya pihak penyelenggara diving telah menyediakannya. Menu masakannya pun juga bermacam – macam, mulai dari menu tradisional sampai internasional, yang tentunya dibuat langsung oleh masyarakat setempat. Salah satu contoh dari makanan khas dari Raja Ampat adalah sub ikan kuning. Biasanya makanan khas Raja Ampat banyak disediakan di banyak rumah makan Indonesia yang berada di Kota Waisai.

Oleh – oleh terbaik dari Raja Ampat yang banyak dikemukakan banyak wisatawan yang berkunjung kesini adalah, sebuah pengalaman saat mengunjungi Raja Ampat. Tentunya dengan mendokumentasikanya lewat tangkapan foto dan dan video yang bagus. Akan tetapi apabila Anda ingin memberikan oleh – oleh untuk keluarga di rumah berupa benda. Anda dapat membeli oleh – oleh khas Raja Ampat antara lain : • Kain tradisional • Kerajinan Anyaman • Patung suku Asmat • Alat musik tradisional • Tambur (drum tradisional) • Suling Agendakan liburan Anda ke Raja Ampat pada bulan Oktober atau Nopember, karena pada bulan tersebut kondisi lautnya tenang.

Dan apabila Anda ingin mengabadikan wisata Anda menggunakan kamera kondisi tersebut akan membuat hasil tangkapan kamera akan lebih masimal. 2. Persiapkan Perlengkapan Kamera Khusus Sebelum kesana sebaiknya Anda mempersiapkan perlengkapan pembungkus khusus kamera, agar bisa menangkap gambar di bawah laut, atau Anda juga bisa mempersiapkan kamera bawah laut.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Dan sebaiknya juga Anda persiapkan skill fotografi Anda. Karena untuk mengambil gambar dibawah laut tidak segampang mengambil gambar seperti biasanya. 3. Bawalah Perlengkapan Pelindung Badan Pemandangan Wayag yang menakjubkan. Kredit foto instagram @goingpicplaces Inilah pulau spesial pertama milik Kabupaten Raja Ampat yang dianggap sebagai surganya dunia. Di sini kita bisa melihat gugusan pulau yang berjajar berwarna hijau dengan warna laut yang biru bersih.

Benar-benar indah. Bahkan karena keindahannya, Pulau Wayag menjadi ikon wisata Raja Ampat. Tak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, Pulau Wayag juga memiliki pesona keindahan bawah laut yang indah. Bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia. Di sini wisatawan dapat melihat gugusan karang dan ratusan jenis ikan laut.

Keindahannya tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sini, tak perlu khawatir di sini terdapat beberapa resort dan tempat menginap yang bisa disewa.

Untuk bisa sampai di Pulau Wayag, kita hanya tinggal naik pesawat menuju Sorong, lalu lanjutkan perjalanan dengan naik pesawat ke Waisai. Setelah sampai di Waisai kita bisa mencari kapal di pelabuhan menuju Pulau Wayag. Biaya yang dikeluarkan saat traveling ke Pulau Wayag cukup menguras kantong, jadi kita harus mempersiapkan perjalanan dengan matang sebelum ke sini. Lihat juga: Hal yang harus kita tahu dari Raja Ampat sebelum ke sana. 2. Kepulauan Pianemo Spot di Piyanemo yang jadi tujuan wisatawan.

Kredit foto instagram rajaampatliburan Banyak orang bilang Kepulauan Pianemo adalah miniaturnya Pulau Wayag. Hal ini tak lain tak bukan karena pemandangan di pulau ini memang sangat mirip dengan Pulau Wayag. Tapi bedanya di sini wisatawan harus berjuang naik ke pulau kecil untuk bisa melihat keindahan kepulauan ini.

Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini sudah bisa diakses saat pagi tiba karena sudah ada banyak speedboat di Waisai pukul 06.00 WIT. Tidak butuh waktu lama, kita akan sampai di Pianemo. Di sini kita bisa melihat gugusan pulau berwana hijau di atas birunya air laut. Lihat juga: Keindahan dan aktivitas yang bisa dilakukan di Phianemo dengan klik di sini. 3. Pulau Misool Kredit foto instagram Getawaymagz Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat.

Misool sendiri terbagi menjadi empat bagian yaitu, Misool Timur, Misool Selatan, Misool Barat dan Misool Utara. Wisata Raja Ampat ini juga termasuk daerah segitiga karang dunia. Jadi tak heran jika di sini banyak ditemui ikan-ikan yang begitu cantik dan ramai oleh wisatawan yang memburu pemandangan dasar laut.

Apalagi Misool bagian selatan terdapat laut lepas yang memiliki fauna laut yang besar seperti lumba-lumba, paus dan pari manta. Tempat-tempat yang tak boleh terlewat di Misool adalah Puncak Harfat yang terkenal dengan pemandangan yang sangat indah. Tak jauh dari Puncak Harfat juga terdapat tempat yang cukup indah namanya Puncak Love di sini kita bisa melihat laguna berbentuk hari dari atas puncaknya.

Selain wisata alam, di sini wisatawan juga bisa berwisata sejarah melihat dinding batu karang yang terdapat cap tangan yang diperkirakan berusia 50 ribu tahun dan memiliki rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara. Baca juga: Tentang Misool dan Ciptaan-Nya 4. Pulau Salawati Raja Ampat memang luar biasa.

Kredit foto langkahtourtravel.wordpress.com Pulau Salawati merupakan pulau terbesar di Kabupaten Raja Ampat. Dengan pasir berwarna putih, pulau ini banyak diminati oleh wisatawan. Apalagi di sini adalah tempatnya ikan pelangi yang jarang ada di dunia menambah keistimewaan pulau ini. Selain itu, masyarakatnya juga memiliki adat istiadat yang kental.

Tarian Wor adalah salah satu tarian yang selalu menjadi salah satu tarian penyambut para wisatawan yang datang ke sini. Wisatawan akan betah dengan masyarakat yang ramah selama di tempat wisata Raja Ampat ini. Kedit foto instagram toursnusantara Bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas lain selain bersantai dan berbaur dengan masyarakat, di Pulau Salawati juga terdapat sebuah tempat sejarah peninggalan Perang Dunia II di dasar laut yang seru untuk dijelajahi.

Kapal-kapal perang yang karam bisa menjadi spot untuk menyelam yang tak terlupakan. 5. Menyelam di Pulau Kri Kayaking di sekitar resort jadi kegiatan yang seru juga.

Kredit foto https://papua-diving.com/ Jika ditanya tempat menyelam paling sempurna di Raja Ampat maka kami akan menjawab salah satunya adalah Pulau Kri. Di sini wisatawan dapat menemukan 374 spesies ikan dalam satu penyelaman saja.

Di sini ada banyak barakuda, jacks, batfish dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan kecil karang kecil, hiu, ikan kerapu, hingga kura-kura. Arusnya tidak begitu kuat dan karangnya sangat indah.
Global Global (English) Indonesia Indonesia (English) Indonesia (Bahasa) Russia Russia (English) Russia (Russia) China China (English) China (Chinese (Simplified)) Korea Korea (English) Korea (Korea) Japan Japan (English) Japan (Japan) France France (English) France (French) Saudi Arabia Saudi Arabia (English) Saudi Arabia (العربية) Australia Australia (English) Taiwan Taiwan (English) Taiwan (Chinese (Traditional)) Hongkong Hongkong (English) Hongkong (Chinese (Traditional)) Singapore Singapore (English) Singapore (Chinese (Simplified)) Malaysia Malaysia (English) Malaysia (Chinese (Simplified)) Thailand Thailand (English) United Arab Emirates United Arab Emirates (English) United Arab Emirates (العربية) Netherlands Netherlands (English) Netherlands (Netherlands) United Kingdom United Kingdom (English) Germany Germany (English) Germany (Germany) United States United States (English) Philippines Philippines (English) India India (English) • Global Global (English) Indonesia Indonesia (English) Indonesia (Bahasa) Russia Russia (English) Russia (Russia) China China (English) China (Chinese (Simplified)) Korea Korea (English) Korea (Korea) Japan Japan (English) Japan (Japan) France France (English) France (French) Saudi Arabia Saudi Arabia (English) Saudi Arabia (العربية) Australia Australia (English) Taiwan Taiwan (English) Taiwan (Chinese (Traditional)) Hongkong Hongkong (English) Hongkong (Chinese (Traditional)) Singapore Singapore (English) Singapore (Chinese (Simplified)) Malaysia Malaysia (English) Malaysia (Chinese (Simplified)) Thailand Thailand (English) United Arab Emirates United Arab Emirates (English) United Arab Emirates (العربية) Netherlands Netherlands (English) Netherlands (Netherlands) United Kingdom United Kingdom (English) Germany Germany (English) Germany (Germany) United States United States (English) Philippines Philippines (English) India India (English) • Jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan, salah satu destinasi #DiIndonesiaAja istimewa ini menawarkan ketenangan dan kedamaian.

Raja Ampat, sebuah Kabupaten dan merupakan bagian dari Provinsi Papua Barat. Suguhan alam yang ditawarkan begitu mengagumkan, hingga bisa membuat wisatawan enggan pulang. Keistimewaan Raja Ampat Kepulauan Raja Ampat berada di bagian paling barat Papua dan membentang di area seluas kurang lebih 4,6 juta hektar. Kabupaten Raja Ampat terdiri dari 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool, dan 1.847 pulau-pulau kecil lainnya. Nah, nama Raja Ampat sendiri diyakini berasal dari legenda masyarakat setempat yang percaya bahwa zaman dahulu kala ada seorang wanita yang menemukan tujuh telur, empat telur tersebut menetas menjadi raja-raja yang berkuasa di empat pulau utama.

Tersisa tiga lainnya, satu menjadi batu, satu menjadi wanita, dan satu lagi menjadi makhluk gaib atau hantu.Terlepas legenda yang dipercayai masyarakat setempat, keindahan yang disuguhkan oleh Raja Raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di merupakan fakta yang tak bisa diganggu gugat. Bagi Sobat Pesona yang gemar diving dan snorkeling, wilayah perairan Raja Ampat adalah salah satu destinasi diving terbaik di dunia.

Menurut laporan sebuah organisasi sosial lingkungan internasional, The Nature Conservancy and Conservation International, sekitar 75% spesies karang di dunia hidup di kepulauan Raja Ampat.

Destinasi ini memiliki kekayaan dan keunikan spesies yang tinggi dengan ditemukannya 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis terumbu karang. Rasakan sendiri sensasi menyelam dan bertemu dengan ragam jenis biota laut yang unik, seperti kuda laut kerdil (pygmy seahorse), ikan kelelawar, hingga dugong bisa kamu raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di di wilayah perairan Raja Ampat.

Beberapa spot menyelam terbaik dan paling terkenal di Raja Ampat di antaranya adalah Kabui Passage, di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan banyak lagi! Tak heran ya, jika banyak sekali wisatawan mancanegara yang rela jauh-jauh datang ke Indonesia untuk menikmati pesona bawah lautnya yang memesona.

Kamu jangan mau kalah, yuk, masukkan Raja Ampat ke daftar kunjunganmu nanti, Sobat Pesona! Tak hanya keindahan bawah lautnya yang luar biasa, pemandangan di atas permukaan juga tak kalah memesona. Panorama deretan pulau-pulau batu di tengah gradasi air biru terlihat begitu surgawi saat dilihat dari atas bukit. Siapkan fisik yang kuat dan lakukan trekking ke atas puncak bukitnya untuk melihat pemandangan indah seperti ini, ya! Desa Wisata di Raja Ampat Disamping pemandangan alamnya yang memukau, Raja Ampat juga menawarkan keramahan masyarakat setempat yang akan membuat Sobat Pesona betah.

Selain menjelajahi alamnya, jangan lupa untuk menyelami budaya setempat, ya! Sobat Pesona bisa mengunjungi sekaligus menginap di Desa Wisata Arborek. Ada banyak sekali pilihan penginapan serta atraksi wisata yang bisa Sobat Pesona nikmati selama di desa wisata ini, seperti melihat pembuatan kerajinan anyaman khas Arborek yang sudah terkenal hingga mancanegara, hingga mencicipi berbagai macam kuliner tradisional khas Papua, seperti papeda atau sinole. Yuk, ke Raja Ampat! Untuk mencapai kepulauan Raja Ampat, Sobat Pesona pertama-tama harus mengambil penerbangan dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya ke Sorong, Papua.

Sesampainya di Bandara Sorong, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat via laut. Ada tiga pintu masuk sekaligus lokasi pengecekan menuju ke Raja Ampat, yaitu Pelabuhan Falaya di Wasai, Pelabuhan Yellu di Pulau Misool, dan Bandara Marindi di Pulau Waigeo. Wah, kemudahan akses yang diberikan bikin kita nggak sabar untuk segera menyapa keajaiban di Raja Ampat ya, Sobat Pesona!

Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun Sobat Pesona berada! Selalu gunakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak sebagai bentuk kepedulian terhadap diri sendiri dan orang-orang sekitar! Situs ini merupakan situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Semua isi yang tercantum di dalam situs ini bertujuan untuk memberikan informasi dan bukan sebagai tujuan komersial.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Penjualan yang ditampilkan merupakan tanda kemitraan yang akan menghubungkan Anda kepada Mitra Kami.
Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Papu Barat. Kabupaten ini memiliki empat pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Selain itu ada juga 1.847 pulau kecil yang ada di Raja Ampat.

Menurut penjelasan dalam indonesia.travel, nama Raja Ampat berasal dari legenda masyarakat setempat. Dahulu diyakini ada seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat telur diantaranya menetas dan menjadi raja yang berkuasa di empat pulau besar. Menurut laporan dari The Nature Conservancy and Conservation Internasional, ada kurang lebih 75% spesies karang dunia di kepulauan ini. Selain itu, Raja Ampat juga memiliki 1.318 jenis ikan, 699 moluska, dan 547 terumbu karang.

Mengutip dari kkprajaampat.com, kepulauan ini diketahui berada di jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia. Arus laut dalam yang kuat membawa banyak nutrisi di perairan ini hingga ke hutan bakau, danau air asin, dan hamparan padang lamuan.

Baca Juga • 575 Hektare Cagar Alam di Raja Ampat Dijadikan Hutan Produsi Hal tersebut menjadikan wilayah ini memiliki jaring-jaring makanan kompleks.

Tak heran jika Raja Ampat akhirnya mendapat julukan “pabrik spesies” karena menjadi pusat keanekaragaman hayati. Kepulauan ini memiliki terumbu karang yang sangat melimpah. Terumbu karang di kepulauan ini menjadi tempat tinggal bagi biota laut lainnya. Keindahan bawah laut Raja Ampat membuat banyak orang ingin menyaksikan langsung dengan cara menyelam ke dalam lautan.

Di tempat wisata ini, ada beberapa spot menyelam terbaik seperti Kabui Passage, di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan masih banyak lagi. Tak hanya pemandangan bawah laut yang indah, Raja Ampat juga juga memiliki pemandangan daratan yang indah.

Anda bisa menikmati pemandangan pulau batu dari atas bukit. Tempat Wisata Raja Ampat Di awal sudah sempat disinggung bahwa Raja Ampat memiliki beberapa gugus pulau besar dan kecil. Maka tak heran jika tempat wisata ini memiliki beberapa destinasi andalan yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini tempat-tempat di Raja Ampat yang indah dan unik. 1. Bukit Pianemo Bukit pianemo merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Raja Ampat. Untuk sampai ke raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di bukit, Anda harus mendaki ratusan anak tangga.

Sehingga pastikan Anda menyiapkan fisik yang kuat. Namun tenang saja, karena di area anak tangga tersedia pondok kecil untuk istirahat sejenak. Tak hanya pondok istirahat sepanjang perjalannya, fasilitas lain juga tersedia di atas bukit.

Di sana terdapat balkon yang menghadap gugus Pulau Karst. Perjalanan panjang dan melelahkan terbayar dengan pemandangan indah dari atas bukit. Baca Juga • Termasuk Raja Ampat, Ini 10 Calon Destinasi Wisata Bahari Premium 2. Pulau Rufas Pulau Rufas terletak di dekat Bukit Pianemo. Di pulau ini terdapat laguna yang indah. Warna air di laguna ini toska cerah dan pasir berwarna putih yang ada di tepinya. Pasir putih lembut, dilengkapi ikan kecil yang ada di pinggir laguna membuat pemandangan pulau ini sangat indah.

3. Pulau Wayag Pulau ini terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini terkenal dengan warna air lautnya yang unik. Air laut di pulau ini berwarna biru muda dan biru tua.

raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di

Perbedaan warna tersebut tergantung dari kedalamannya. Selain keindahan warna airnya, Pulau Wayag juga memiliki gugusan pulau kecil yang indah. Pulau ini berupa batuan karang yang membentuk gugusan menarik dengan bagian puncak ditumbuhi pepohonan.

4. Pulau Salawati Pulau Salawati merupakan salah satu dari empat pulau besati di Raja Ampat. Luasnya mencapai 1.623 km persegi. Pulai ini memiliki hutan sagu yang lebat hampir tiga per empat dari luas Pulau Salawati. Pohon sagu tersebut tumbuh liar tanpa sengaja di tanam. Di tempat ini Anda bisa menemukan spesies ikan pelangi Salawati yang unik. Ikan ini memiliki warna kulit warna-warni seperti pelangi. Suasana Pulau Salawati juga masih sangat sunyi dan tenang. Sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat relaksasi.

Baca Juga • Pesona Cagar Alam Pulau Sempu di Malang, Jawa Timur 5. Pulau Misool Pulau besar lainnya yang ada di Raja Ampat yaitu Pulau Misool.

Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan laut lepas yang menjadi lalu lintas hewan besar termasuk paus. Pulau ini memiliki air yang jernih dan taman laut yang menakjubkan. Pada bagian barat dan timur pantai terdapat kepulauan batu karang yang menambah indah pantai Pulau Misool. 6. Pulau Kri Pulau ini menjadi spot penyelaman terbaik di Raja Ampat.

Letaknya di Desa Yenbuba, di Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papu Barat. Pulau Kri memiliki keindahan laut dan biotanya. Tempat wisata ini menjadi lokasi snorkeling dan menyelam yang indah. Ombaknya juga tenang, sehingga cukup aman untuk aktivitas air.

Airnya sangat jernih sehingga Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan jelas. Akses Menuju Raja Ampat Untuk menuju ke lokasi wisata Raja Ampat, Anda bisa menempuh perjalanan via udara atau laut. Namun sebelum sampai ke lokasi, Anda harus datang ke Sorong terlebih dahulu. Bagi yang berada di pulau Jawa, Anda bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta ke Sorong. Atau dari kota lain menuju Sorong. Baca Juga • 8 Tempat Wisata Sabang dengan Pemandangan Alam yang Asri Perjalanan menggunakan transportasi udara Setelah sampai di Sorong, Anda bisa menggunakan pesawat kecil menunju ke Raja Ampat.

Perjalanan menggunakan transportasi udara, Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit. Penerbangan dimulai dari Bandara Domine Eduard Osok, Sorong ke Bandara Marinda Raja Ampat. Perjalanan menggunakan transportasi laut Selain menggunakan transportasi udara, Anda juga bisa menempuh perjalanan menuju Raja Ampa menggunakan transportasi laut. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 – 2 jam. Perjalanan laut dimulai dari Pelabuhan Rakyat Sorong yang berjarak kurang lebih 10 menit dari bandara.

Setelah itu, Anda harus menyebrang ke Pelabuhan Waisai. Transportasi selama di Raja Ampat Raja Ampat sangatlah luas, untuk mengakses seluruh lokasi Anda membutuhkan akomodasi untuk menuju satu tempat ke tempat lain. Selama di Raja Ampat, Anda bisa menyewa kapal. Raja ampat adalah salah satu destinasi wisata laut yang terkenal di dunia daerah ini terdapat di moda transportasi ini Anda bisa menjelajah pulau ini dengan nyaman dan leluasa. Baca Juga • Masih Alami, Berikut 9 Destinasi Wisata Bali yang Tersembunyi Berapa Biaya ke Raja Ampat?

Sebagai tempat wisata yang indah tentu banyak orang yang ingin berkunjung ke pulau ini. Pertanyaan yang sering muncul saat ingin berwisata ke tempat baru yaitu terkait biaya yang harus dikeluarkan. Biaya ke Raja Ampat setiap orang tentu tidak sama. Setiap orang memiliki rincian biaya liburannya masing-masing. Mengutip dari finansialku.com, berikut ini kisaran biaya ke Raja Ampat.

• Biaya transportasi Jakarta – Sorong: Rp3.000.000 – Rp6.000.000. • Biaya transportasi laut Sorong – Waisai: Rp130.000. • Biaya transportasi darat: Rp15.000 – Rp100.000.

• Tarif masuk ke Raja Ampat: Rp500.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp1.000.000/orang untuk wisatawan mancanegara. • Biaya penginapan: Rp250.000 – Rp400.000. • Biaya transportasi antar pulau: Rp6.000.000 – Rp13.000.000. • Biaya konsumsi: Rp20.000/porsi. Rincian biaya di atas hanyalah estimasi. Kebutuhan biaya setiap orang tentu berbeda. Anda bisa terlebih dahulu membuat rincian sebelum berlibur ke Raja Ampat. • Wabah Hepatitis Akut Disebut Efek Vaksin Covid-19?

Ini Penjelasan Ahli • Heboh BBM Air Nikuba, Ahli Sebut Sulit Proses Air Menjadi Energi • Elektabilitas Tiga Capres 2024 Makin Tinggi, Ini Harta Kekayaannya • Fakta Terkini Hepatitis Akut, Gejala hingga Dugaan Penyebabnya • Kasus Baru Covid-19 Mencapai 218 Orang, Ini Sebarannya

BADAI OMBAK DIKEPULAUAN RAJA AMPAT




2022 www.videocon.com