Cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

KOMPAS.com - Rangkaian gerakan lompat jauh terbagi menjadi empat bagian yaitu awalan, tolakan, sikap melayang, dan diakhiri dengan tahapan mendarat. Masing-masing tahapan gerakan lompat jauh memiliki pengaruh terhadap capaian seorang pelompat ketika mendapat giliran di lintasan. Adapun, gerakan pada tahapan mendarat menjadi penentu titik jatuh seorang pelompat, sehingga juri nomor lompat jauh dapat memberikan penilaian atau pengukuran. Tahapan mendarat seorang pelompat dilakukan menuju area permukaan pasir, dengan ukuran bak lompatan jarak jauh berjarak 7 hingga 9 meter dan lebar 2,75 meter berdasarkan standar Badan Atletik Dunia.

Baca juga: Tujuan Utama Lompat Jauh Untuk dapat mendarat serta memperoleh catatan jarak sejauh mungkin dalam melakukan lompatan, seorang pelompat harus melakukan teknik mendarat dengan baik dan benar. Seperti dilansir dari laman BrianMac Sports Coach, faktor utama dalam teknik mendarat dalam lompat jauh, adalah keseimbangan tubuh pelompat ketika menapak di titik mendarat dalam area bak pasir.

Berikut adalah cara mendarat yang benar dalam lompat jauh: Sikap saat mendarat yang baik Cara pendaratan yang aman dalam lompat jauh sebaiknya menggunakan tumit atau kaki tumpuan yang sejajar sekaligus, sejauh mungkin dari titik tolakan. Pendaratan yang dipergunakan ketika melakukan lompat jauh adalah kedua kaki berada pada posisi lurus, kemudian mendorong tumit dan telapak kaki ke depan hingga pinggul terangkat. Baca juga: Cara Mengukur Lompat Jauh Teknik tersebut akan membuat tubuh condong ke depan seiring laju pelompat, yang dapat dilakukan ketika sudah berada di area bak pasir.

Posisi tubuh condong ke depan lebih disarankan saat mendarat, dibandingkan jika seorang pelompat terjatuh dengan posisi tubuh ke arah belakang dari laju lompatan. Sebab, terdapat risiko posisi titik jatuh badan di belakang posisi pendaratan kaki atau tumit bisa membuat seorang pelompat mencatatkan jarak lompatan lebih pendek dibandingkan seharusnya.

Sebagai contoh, dalam lompat jauh jika tangan jatuh ke belakang saat mendarat berarti yang dihitung mulai dari tolakan hingga titik jatuh tangan tersebut. Bentuk teknik mendarat di bak pasir dalam cabang lompat jauh dilakukan seragam, walaupun dengan gaya cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah hingga sikap melayang yang berbeda. Baca juga: Lintasan Lompat Jauh Agar dapat melakukan teknik mendarat secara optimal, seorang pelompat disarankan melakukan latihan keseimbangan secara rutin.

Selain itu penting juga melatih kekuatan bagian bawah tubuh seperti pinggang, otot perut, dan tungkai atau kaki. Kekuatan tubuh bagian bawah yang lebih baik, dapat membantu seorang pelompat melakukan teknik mendarat dalam nomor lompat jauh dengan optimal. Sebelum kita mempelajari teknik dasar cara melakukan lompat kangkang, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu dari penjelasan lompat kangkang.

Lompat kangkang adalah suatu gerakan melakukan lompatan dengan harus melewati di atas peti dengan posisi kaki terbuka lebar ke kanan dan ke kiri. Untuk bisa melatih keberanian melakukan gerakan lompat kangkang, maka diperlukan cara yang sistemastis dalam mempelajari tahap-tahap untuk bisa sampai kepada teknik yang sebenarnya.

Dan tahapan untuk loncat kangkang adalah sebagai berikut ini. Teknik Dasar Gerakan Lompat Kangkang Dan Penjelasannya: A. Cara Melakukan Awalan 1. Awalan dilakukan dengan lari secepat mungkin dengan badan condong ke depan. 2. Perhitungkan langkahnya dengan dua kaki pada papan tolakan, sementara kedua tangan mengarah ke tepi papan tolakan.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

3. Pandangan mata diarahkan ke peti loncatan. 4. Lakukanlatihan ini secara berulang-ulang sampai trampil B. Cara Melakukan Latihan Tolakan 1. Berdiri dengan kaki rapat, badab lurus dan kedua tangan memegang tepi peti.

2. Lakukan tolakan dengan kedua kaki pada papan tolak hingga panggul keatas dan kedua tungkai di buka. 3. Lakukan teknik dasar tersebut dengan menggunakan awalan beberapa langkah 4. Lakukan latihan ini secara berulang-ulang hingga trampil. C. Cara Melakukan Latihan Melewati Peti Lompat 1. Ambil awalan beberapa langkah, lakukan tolakan, sementara kedua tangan bertumpu pada punggung teman yang membungkuk, lalu dengan tungkai kangkang melewati punggung teman. Latihan ini agar peserta bisa merasakan bagaimana melewati rintangan.

2. Setelaha latihan bersama teman anda lancar dan dapat dikuasi dengan baik. Lakukan latihan selanjutnya dengan meloncat melewati peti loncat. D. Cara Melakukan Latihan Mendarat 1.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

Berdirilah di atas peti 2. Meloncatlah dan lakukan pendaratan menggunakan kedua ujung kaki, lutut mengeperkedua lengan lurus ke atas. 3. Lakukan latihan berulang-ulang. E. Latihan Gerakan Loncat Kangkang Secara Keseluruhan 1. Lakukan awan dengan berlari secepat mungkin, badan condong ke depan. 2. Kedua kaki menolak pada papan tolakan dengan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan ke bawah dan ke depan, badab lurus dan tungkai dibuka. 3. Pada saat kedua tangan menyentuh peti loncat, segera tolakan kedua tangan dengan sekuat-kuatnya.

Badan lurus dengan kedua tangan direntangkan. 4. Pendaratan dilakukan dengan ujung kaki, lutut mengeper dan kedua tangan lurus ke depan. Demikian tadi terkait ulasan teknik dasar yang biasa digunakan dalam latihan lompat kangkang dalam senam ketangkasan.

Sebaiknya gerakan ini dilakukan dengan rutin semisal seminggu 3-5 kali agar segera mampu dikuasai dengan cepat. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga. Lihat juga: jersey printing olahraga • 1 Teknik Dasar Gerakan Lompat Kangkang Dan Penjelasannya: • 1.1 A.

Cara Melakukan Awalan • 1.2 B. Cara Melakukan Latihan Tolakan • 1.3 C. Cara Melakukan Latihan Melewati Peti Lompat • 1.4 D. Cara Melakukan Latihan Mendarat • 1.5 E. Latihan Gerakan Loncat Kangkang Secara Keseluruhan Categories Lompat Post navigation
none ERROR: The request could not be satisfied 403 ERROR The request could not be satisfied.

Request blocked. We can't connect to the server for this app or website at this time. There might be too much traffic or a configuration error. Try again later, or contact the app or website owner.

If you provide content to customers through CloudFront, you can find steps to troubleshoot and help prevent this error by reviewing the CloudFront documentation. Generated by cloudfront (CloudFront) Request ID: RJE5JWZwPDDD4jsONIPWMeHTuHPH1XnuhA4_7CMYLSjvcS6VsoVm2g==
Cara mendarat cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah benar dalam lompat jauh gaya jongkok, menggantung, mengambang atau berjalan di udara adalah dengan cara (B) Lutut dibengkokkan dan kaki dilipat.

Saat melayang kita bisa menggunakan berbagai gaya untuk menyeimbangkan badan seperti menggantung, atau berjalan, namun posisi saat mendarat semua sama. Posisi terbebut yaitu dengan membengkokkan lutut, dan melipat kaki agar badan terutama panggul tidak jatuh ke belakang yang akan mengurangi jauhnya lompatan ketika tumit kaki menginjak tanah atau bak pasir. Maksud soal: gimana sih sikap kaki ketika gerakan mendarat.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

Kata kuncinya saat mendarat. • Apabila kaki diluruskan, maka kita akan kesulitan dalam menumpu badan yang jatuh ke tanah, juga dalam mengatur keseimbangan agar tidak jatuh ke belakang.

Kaki yang diluruskan justru dilakukan saat masih dalam gerakan melayang, ketika melakukan gaya berjalan diudara bukan ketika cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah off. Maka pilihan A salah. • Gerakan membengkokan lutut ke depan dan kaki dilipat benar karena hal tersebut dapat membantu menyeimbangkan badan ketika mendarat. Membengkokam lutut akan membantu agar badan tidak jatuh ke belakang, sedangkan kaki yang dilipat bertujuan agar mengenai tumit sebagai tumpuan yang kuat agar dapagt mengatur keseimbangan.

Sehingga B benar. • Sedangkan kaki dilipat ke depan, kurang lengkap, sebab jika tumit mendarat namun lutut tidak bengkok akan menyebabkan tubuh sulit menyeimbangkan diri dan bokong jatuh ke belakang.

Hal tersebut akan mengurangi jauhnya jarak lompatan. Jadai C salah. • Kaki diacungkan ke depan, merupakan posisi kaki depan setelah kita menolak, agar badan seimbang, bukan ketika kita mendarat. Apabila kaki lurus ke depan, maka lutut, sendi lutut akan tersentak dan menyebabkan tubuh goyang yang biasanya menyebabkan seorang terjatuh / terjungkal setelah mendarat.

Hal tersebut dapat menyebabkan hasil tidak maksimal. Jawabannya cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah Agar dapat mendarat dengan baik, 🏃‍♀️ tanpa terjungkir saat melompat jauh, maka (B) lutut dibengkokkan dan kaki dilipat sehingga dapat menumpu badan dan jongkok di tempat pendaratan. ✅ Hal ini dijelaskan pada buku cetak PJOk halaman 138 tentang aktivitas pembelajaran gerakan spesifik mendarat dalam lompat jauh.

Rekomendasi • 2. Yang tidak diperbolehkan dalam melakukan gerakan jalan cepat adalah (B) Langkah Melayang • 3. Pada gerakan jalan cepat posisi kaki harus (A) Selalu Kontak Tanah • 10. Pada saat melakukan jalan cepat, gerakan lengan harus seirama dengan (A) Langkah Kaki • 11. Kunci pertama yang harus dikuasai dalam lari jarak pendek adalah (A) Start / Pertolakan • 18.

Posisi badan pada lari jarak pendek adalah (B) Condong Ke Depan • 13. Jelaskan cara melakukan tumpuan dalam lompat jauh (Jawabannya) Kategori Kelas VII, SMP Tag Atletik, Brainly Navigasi Tulisan
Lompat katak tentu sudah bukan olahraga yang asing lagi bagi kita karena di sekolah dalam mata pelajaran Penjaskes pun kita pasti diajarkan untuk melakukan jenis kegiatan ini seperti halnya cara melakukan roll depan, hingga teknik senam irama.

Tak hanya di sekolah, latihan olahraga teknik lompat katak pada dasarnya juga dapat dilakukan di rumah, baik di dalam maupun luar ruangan sehingga sangat mudah dan sederhana. • Dasar Lompat Katak Untuk melakukan dasar gerakan dari lompat katak, pada posisi awal kita perlu mengambil sikap berdiri tegak dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu. Lalu, masuklah ke dalam posisi squat, yakni setengah jongkok atau posisi seperti hendak duduk di mana bokong dicondongkan ke belakang sementara tubuh bagian atas tetap coba diluruskan.

Posisi squat sebaiknya diambil senyaman mungkin sebagai ancang-ancang untuk melompat ke depan. Sebaiknya pun lompatan dilakukan setidaknya sejauh 1 kaki ke depan, namun bisa disesuaikan juga jauhnya dengan kemampuan dan keinginan Anda. Jangan lupa untuk mengambil waktu dengan berhenti untuk bernapas sebelum melakukan lompatan kembali. • Saat Melompat Ketika melakukan olahraga lompat katak dan melakukan dasar gerakan lompatan, percaya atau tidak, Anda akan masuk cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah dalam lompatan yang cukup intens.

Lebih dianjurkan untuk tidak melakukan lompatan biasa sekadar melompat, Anda perlu melakukan lompatan setinggi yang Anda bisa di udara. Namun ketika tak yakin tak perlu melakukannya supaya tak terjadi cedera. • Lompatan dengan Satu Kaki Untuk melakukan jenis gerakan lompat katak dengan satu kaki, maka di awal posisi tubuh adalah berjongkok dengan satu kaki ditekuk seperti posisi seorang pria hendak melamar seorang wanita.

Kedua tangan bisa diturunkan dan berada pada sisi kaki yang ada di depan atau bisa juga ada di belakang punggung. Selanjutnya, seluruh tumpuan berat badan bisa dipindahkan dari lutut ke kaki yang ada di depan di mana posisi tangan bertugas sebagai penyeimbang posisi, dan lutut bisa diangkat dari permukaan lantai. Dari posisi squat dengan satu kaki, melompatlah setinggi yang Anda mampu dalam satu kali gerakan besar dan mendaratlah dengan kaki yang tadi berada pada posisi squat.

Lakukan beberapa kali repetisi sambil juga tak lupa bergantian dengan kaki lainnya.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

• Teknik Pernapasan Merangkum gerakan yang sudah sempat diulas sebelumnya, jadi instruksi dari lompat katak itu sendiri antara lain seperti di bawah ini: • Ambil posisi berdiri atau setengah berjongkok dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. • Melompatlah ke depan dan tinggi. • Pastikan pendaratan dilakukan dengan jari-jari kaki dan bukan tumit, serta posisi pendaratan adalah dengan squat.

• Melompatlah kembali ke belakang untuk berada di posisi awal. • Ulangi gerakan melompat ke depan dan ke belakang sampai set selesai dilaksanakan dan pengaturan set bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan fisik atau keinginan target yang sudah dibuat oleh Anda. Sementara itu, untuk teknik pernapasan sendiri pun ada polanya di mana wajah bisa tetap ke arah depan sambil menjaga tubuh inti tetap seimbang namun bagian pundak agak ke belakang.

Tekukkan lutut pastikan untuk menghadap ke arah yang sama dengan kaki dan lakukan squat serendah mungkin atau semampu Anda tanpa membiarkan lutut melebihi jari-jari kaki. Ambil posisi duduk di atas tumit dan melompatlah dengan posisi atau gerakan lengan ke belakang, lalu lakukan pendaratan secara perlahan pada jari-jari kaki dan dengan posisi ini, Anda bisa mengambil nafas sambil melakukan squat.

Pernapasan dapat dilakukan tanpa terburu-buru dan ambil nafas secara benar. • Set dan Repetisi Ada baiknya sebelum melakukan olahraga lompat katak, Anda bisa berlatih fisik lebih dulu melalui jump squat dan bodyweight squat. Hal ini akan membantu tubuh untuk tak mudah goyah ketika melakukan lompatan. Pastikan pula untuk melakukan teknik dasarnya 10-15 kali dalam 1 set di mana per setnya adalah berdurasi 30 detik.Sobat olahraga telah banyak kami membaghas tentang olahraga dan kali ini kami akan membahas materi tentang Lompat katak atau loncat katak, Apa itu lompat katak– Hal ini merupakan salah satu jenis permainan olahraga dan dapat dilakukan oleh anak sekolah dalam pelajaran Penjaskes.

Olahraga ini dilakukan dari bimbingan guru olahraga untuk dapat menghasilkan gerakan yang benar. Langsung saja ya sobat simak penjelasan di bawah ini : Daftar Menu Artikel • Pengertin Lompat Katak • Teknik Olahraga Lompat Katak • 1. Dasar Lompat Katak • 2. Teknik Saat Melompat • 3. Teknik Lompatan Satu Kaki • 4. Teknik Pernapasan • 5. Teknik Set dan Repetisi • Manfaat Olahraga Lompat Katak • Modifikasi Olahraga Lompat Katak • Share this: • Related posts: Pengertin Lompat Katak Lompat katak/loncat katak Hal ini merupakan gerakan dalam loncatan dengan kedua kaki secara bersama-sama karena jenis nya menyerupai lompatan yang dilakukan oleh katak.

Lompat katak diawali dengan latihan berdiri dengan menggunakan kedua tangan berada di belakang badan pada saat akan melakukan lompatan sehingga dapat menkaga keseimbangan saat melompat. Lompat katak juga bukan hanya olahraga yang asing pada kegiatan anak sekolah dalam mata pelajaran Penjaskes hal ini sangat diajarkan untuk melakukan jenis kegiatan dalam latihan olahragayang mudah dan sangat sederhana.

Baca Juga: Teknik Dasar Wall Climbing Teknik Olahraga Lompat Katak setelah kami uraikan di atas maka olahraga ini terdapat beberapa teknik untuk melakukan aktifitas ini adalah sebagai berikut. 1. Dasar Lompat Katak Untuk melakukan Dasar Lompat Katak ini dengan menggunakan gerakan dari beberapa lompatan sehingga posisi tubuh saat awal dibuka selebar bahu. Dengan demikian hal ini akan seperti hendak melakukan duduk di mana bokong dicondongkan ke arah belakang sementara tubuh bagian atas tetap diluruskan.

Untuk melakukan olahraga ini dapat juga di lakukan dengan mengambil ancang-ancang untuk melakukan lompatan dengan baik dan benar sehingga dapat disesuaikan pada jauhnya gerakan tubuh untuk melakukan lompatan kembali.

2. Teknik Saat Melompat Ketika melakukan olahraga ini dasar gerakan pada lompatan harus mempercayai akan masuk ke dalam posisi yang cukup intens sehingga dapat dianjurkan juga untuk tidak melakukan lompatan dalam keadaan fisik yang lemah. Dengan demikian untuk melakukan lompatan yang setinggi mungkin saat terbang di udara akan tetapi tak perlu melakukannya supaya tak terjadi cedera yang patal dalam olahraga tersebut.

3. Teknik Lompatan Satu Kaki Teknik Lompatan Satu Kaki adalah jenis gerakan dengan satu kaki posisi tubuhharus berjongkok dengan satu kaki dan ditekuk seperti posisi seorang pria hendak melakukan dalam keseimbangan tubuh.

Lakukan kerakan dengan secepat mungkin dan posisi cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah dapat dipindahkan dari lutut ke kaki dengan posisi tangan bertugas sebagai penyeimbang posisi. Dengan demikian teknik ini dapat juga di lakukan cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah gerakan pada saat mendaratlah dengan kaki sambil melakukan dengan bergantian dengan kaki lainnya. 4. Teknik Pernapasan Teknik Pernapasan adalah teknik dalam merangkum sebuah gerakan yang akan di lakukan.

Berikut beberapa teknik dalam gerakan pernafasan adalah sebagai berikut : • Ambil posisi saat berdiri atau setengah berjongkok dengan kedua kaki dibuka selebar bahu • Melompatlah ke depan dan tinggi • Pastikan pendaratan dilakukan dengan jari kaki dan bukan tumit serta posisi pendaratan adalah dengan kuat • Melompat kembali ke belakang untuk berada di posisi awal • Ulangi gerakan bebrapa gerakan sebelumnya dengan kemampuan fisik atau keinginan yang sudah dibuat 5.

Teknik Set dan Repetisi Teknik Set dan Repetisi adalah teknik yang sangat baik untuk di lakukan karena teknik ini dapat melakukan gerakan yang sempurna dan lebih baik sehingga dapat melatih fisik melalui jump squat. Baca Juga: Teknik Lari Maraton Manfaat Olahraga Lompat Katak Deri beberpa cabang olahraga yang telah di ketahui pastinya ada manfaat nya untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat dalam aktifitas ini adalah : Meningkatkan kekuatan : Melakukan olahraga ini di lakukan dengan benar dan dilakukan denganberulang dapat meningkatkan kekuatan otot dan menjaga kesehatan.

Meningkatkan daya tahan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan dilakukan dengan berulang dapat meningkatkan daya taha tubuh yang labih kuat serta kekuatan otot yang meningkat. Meningkatkan kelincahan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan dilakukan dengan berulang dapat meningkatkan kelincahan dan bembentuk kekuatan otot meningkat karena sudah terbiasa.

Meningkatkan kecepatan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan benar serta dilakukan dengan berulang kali dapat meningkatkan kecepatan dalam berfikir serta menjaga kekuatan otot menjadi permainan.

Meningkatkan ketangkasan : Melakukan olahraga ini dengan baik dan dilakukan dengan berulang-ulang dapat meningkatkan ketangkasan kejantanan serta menjaga kekuatan otot Berpengaruh pada kesehatan mental : Melakukan olahraga ini dengan baik dan benar dan dilakukan dengan berulang-ulang dapat meningkat kan kesehatan mental serta membetuk otot Modifikasi Olahraga Lompat Katak Olahraga lompat katak ini pada dasarnya dapat dilakukan dengan sendirian atau berkelompok pada jarak yang bisa menjadikan permainan maka modifikasi gerakannya antara lain.

Caranya: • Menyiapkan papan penghalang • Siswa dibentik dalam kelompokkan atau menjadi dua kelompok • Dapat ditempatkan dan menggunakan papan penghalang dengan jarak tertentu • Kelompok yang selesai lebih cepat maka dialah pemenangnya Demikian lah yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa informasi tentang olahraga lompat katak serta teknik dan manfaatnya, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Terima Kasi Baca Juga: Teknik Dasar Permainan Golf Related posts: • Soal Penjas Kelas 12 • Soal Penjas Kelas 10 • Soal Penjas Kelas 9 Posted in Olahraga Tagged cara Olahraga Lompat Katak, istilah Olahraga Lompat Katak, jumlah pemain Olahraga Lompat Katak, manfaat Olahraga Lompat Katak, posisi Olahraga Lompat Katak, sejarah Olahraga Lompat Katak, tujuan Olahraga Lompat Katak Materi Terbaru • Pengertian Seni Sastra – Ciri-ciri, Fungsi, Manfaat, Unsur dan Jenis-Jenis • Kunci Determinasi : Contoh, Cara Membuat dan Cara Menggunakanya • Pengertian Keputusan Dan Pengambilan Keputusan cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah • Jenis – Jenis Meteor – Pengertian, Sejarah dan Teori Terbentuknya Meteor • Upaya Penegakan Ham • Bentuk Bentuk Bela Negara • Contoh Konflik Sosial • Pasal Tentang Ham • Contoh Perjanjian Internasional • Cara Kerja Proyektor – Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis • Benua Asia, Ciri-ciri, Peta, Karakteristik, Gambar dan Pembagian Wilayah • Shalat Jum’at – Rukun-Rukun, Syarat Dan Hukum Khutbah • Macam – Macam Alat Ukur Lengkap Dengan Fungsinya • Pengertian Ringkasan – Bentuk, Tujuan, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Contoh • Jenis – Jenis Validitas Beserta Penjelasannya [Lengkap]
Berikut ini adalah contoh latihan Soal PTS / UTS PJOK Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 terbaru Tahun Ajaran 2019/2020.

Soal PTS PJOK ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal PTS PJOK ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi belajar untuk adik-adik kelas 6 dalam menghadapi UTS / PTS (Penilaian Tengah Semester) Soal PTS PJOK Kelas 6 Terbaru 2019/2020 I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Latihan menggiring bola menggunakan kaki terdapat pada permainan . a. sepak bola b. bola basket c. bola voli d. sepak takraw 2. Berikut ini merupakan gerakan dasar pada permainan bola basket adalah . a. menendang bola b. menangkap bola setinggi dada c. melempar bola untuk mengumpan d.

memukul bola 3. Berikut ini bukan merupakan gerakan dasar pada permainan sepak bola adalah . a. menendang bola b. menghentikan bola c. menggiring bola d. memukul bola 4. Berikut ini yang merupakan contoh permainan bola kecil adalah . a. sepak takraw b. bola voli c.

kasti d. bola basket 5. Gerakan memukul bola dengan menggunakan alat dapat ditemukan pada permainan . a. sepak bola b. bola voli c.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

softball d. bola basket 6. Melempar bola untuk mengumpan termasuk gerakan dasar permainan . a. bola voli b. kasti c. sepak bola d. sepak takraw 7. Melakukan lompatan dengan tumpuan kedua ujung kaki sambil mengayunkan kedua tangan ke depan adalah gerakan dari . a. lompat katak b. cepat c. lompat kangkang d. lempar turbo 8. Berikut ini bukan merupakan gerakan dari melempar turbo adalah . a. turbo diangkat di samping telinga b.

turbo dilemparkan ke depan atas dengan cara mendorong lengan c. kedua tangan bertumpu pada peti lompat d. lengan mendorong ke depan sambil melempar turbo 9. Gerakan melempar turbo adalah contoh gerak . a. lokomotor b. non-lokomotor c. dinamis d. manipulatif 10. Berlari ke arah peti lompat adalah salah satu gerakan dari .

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

a. lompat tali b. lompat katak c. lompat kangkang d. lompat jauh 11. Sepak bola mini merupakan permainan beregu. Jadi untuk memenangkan permainan ini dibutuhkan kerja sama tim. Berikut ini yang merupakan contoh kerja sama tim dalam permainan sepak bola mini adalah . a. saling memberi umpan kepada teman satu tim b.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

membuang bola saat diserang lawan c. melakukan tipuan saat menggiring bola d. menguasi bola dan menendang keras ke gawang 12. Penjaga gawang mendapatkan bola yang keras dan tajam mengarah ke gawang. Dalam suatu permainan bola mini. Hal ini yang harus dilakukan penjaga gawang dalam kondisi tersebut adalah .

a. menangkap bola dengan percaya diri b. menghindar agar tidak terkena bola c. mengeblok/membendung bola agar memantul jauh d. meminta bantuan teman satu tim 13. Gerakan menendang ke gawang termasuk dalam gerakan serangan. Tujuan dari gerakan tersebut adalah . a. memberi umpan kepada penjaga gawang b. memberi umpan kepada teman c. memasukkan bola ke gawang d. membuang bola ke luar lapangan 14. Serangan pertama dalam permainan bola voli mini dapat dilakukan dengan gerakan .

a. service b. smash c. passing atas d. passing bawah 15. Berikut ini yang termasuk gerakan pertahanan dari bola voli mini adalah . a. tackling b. dribbling c. blocking d. shooting 16. Gerakan untuk mendapatkan poin pada permainan bola basket mini adalah .

a. dribbling b. shooting c. tackling d. passing 17. Ukuran lapangan bola basket mini seukuran . a. lapangan bola voli sesungguhnya b. lapangan bola voli mini c. lapangan sepak bola mini d. lapangan sepak takraw 18. Bola basket pada permainan bola basket mini permukaannya bertotol lembut dan terbuat dari bahan . a. plastik b. kain halus c. karet sintetis d. gavalum 19. Kombinasi dan variasi menangkap, dribbling lurus cepat, lalu shooting ke ring merupakan gerakan .

a. serangan dalam bola voli mini b. pertahanan dalam bola voli mini c. serangan dalam bola basket mini d. pertahanan dalam bola basket mini 20. Tiap permainan memiliki gerakan dasar yang perlu dipelajari.

Contoh gerakan dasar pada permainan bola kecil, yaitu . a. melempar bola dengan dua tangan b. memukul bola dengan dua tangan c. memukul bola dengan alat pemukul d. menggiring bola 21. Melemparkan bola cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah mengumpan dilakukan dengan mengayunkan tangan. Arah ayunan dari . a. depan ke belakang b. belakang ke depan c. atas ke bawah d.

bawah ke atas 22. Melambungkan bola ke pemukul adalah tugas pemain dari regu . a. pelempar b. penjaga c. pemukul d. pelari 23. Variasi dan kombinasi gerak dasar yang dilakukan oleh pemain dari regu pemukul dalam permainan kasti adalah . a. menangkap dan mengoper bola b. menangkap dan melempar bola ke sasaran c. memukul dan berlari d. melambungkan bola ke pemukul dan berlari 24.

Gerakan melempar bola ke sasaran adalah gerakan pemain dari regu . a. pemukul b. penjaga c. pelari d. penguasa 25. Cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah .

a. kaki diluruskan b. kedua kaki posisi jongkok c. kaki dilipat ke depan d. kaki diacungkan ke depan 26. Selain aba-aba, perlombaan lari menggunakan . a. tembakan pistol b. peluit c. semprotan air d. ketuk palu 27. Berlari dan berjalan adalah contoh gerak . a. lokomotor b. non-lokomotor c. manipulatif d. dinamis 28. Jenis permainan dengan bola kecil bermacam-macam.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

Salah satu contoh permainan bola kecil adalah . a. gobak sodor b. rounders c. bola voli d. basket 29. Gerakan lompat dapat dilaksanakan dengan menggunakan alat. Peti lompat merupakan salah satu alat yang dapat dipergunakan. Latihan berikut yang menggunakan peti lompat adalah .

a. lompat kangkang b. lompat katak c. lompat galah d. lompat jauh 30. Gerak dasar yang terdapat pada permainan kombinasi gerak lompat katak dan lari cepat adalah . a. jalan dan lari b. lari dan lompat c. jalan dan lempar d. lari dan lempar II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar ! 1. Tujuan utama menendang bola dalam sepak bola adalah . 2. Servis, passing, dan smash adalah dasar-dasar dalam permainan .

3. Jumlah pemain dalam satu tim permainan sepak bola mini adalah . 4. Tinggi gawang dalam permainan bola mini adalah . 5. Gerakan dalam permainan sepak bola mini berupa gerakan serangan dan pertahanan. Gerakan tackling termasuk dalam gerakan . 6. Ukuran bola yang dipergunakan dalam permainan bola voli mini adalah . 7. Tanda dimulainya permainan bola voli diawali dengan gerakan . 8. Tempat penghentian dalam permainan kasti berjumlah .

9. Jika dalam ruang bebas kosong/ganti maka pemain pemukul berhak memukul sebanyak. . 10. Sikap awal saat melakukan lompat katak kedua tangan . III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 1. Sebutkan dua contoh gerakan dalam permainan bola cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah !

Jawab : . . 2. Sebutkan dua contoh peralatan dalam permainan bola kecil ! Jawab : . . 3.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

Bagaimana gerakan melempar bola untuk mengumpan? Jawab : . . 4. Jelaskan cara melakukan gerakan lompat kangkang! Jawab : . . 5. Bola voli telah mengalami modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebutkan 2 contoh permainan hasil dari modifikasi permainan bola voli sesungguhnya! Jawab : . . Kunci Jawaban Room I 1. a. sepak bola 2. c. melempar bola untuk mengumpan 3. d. memukul bola 4. c. kasti 5. c. softball 6. b. kasti 7. a. lompat katak 8. c. kedua tangan bertumpu pada peti lompat 9. d. manipulatif 10. c. lompat kangkang 11.

a. saling memberi umpan kepada leman satu lim 12. c. mengeblok/membendung bola agar memantul jauh 13. c. memasukkan bola ke gawang 14. d.

passing bawah 15. c. blocking 16. a. dribbling 17. a. lapangan bola voli sesungguhnya 18. c. karet sintetis 19. a serangan dalam bola volhi mini 20. a. melempar bola dengan dua tangan 21.

cara mendarat yang benar dalam lompat katak adalah

b. belakang ke depan 22. a. pelempar 23. c. memukul dan berlari 24. b. penjaga 25. b. kedua kaki posisi jongkok 26. b. peluit 27. a. lokomotor 28. b. rounders 29. a. lompat kangkang 30. b. lari dan lompat Kunci Jawaban Room II 1. mencetak gol sebanyak-banyaknya 2. bola voli 3. 6 orang 4. 2 meter 5. merebut bola 6. bola berdiameter 20 – 21 cm dengan berat 230 – 250 gram 7. servis 8. dua buah 9. satu kali 10. lurus ke belakang Kunci Jawaban Room III 1. melempar bola dan mengumpan 2. kasti, softball 3.

melempar bola dengan mengayunkan lengan 4. melompat dengan merentangkan kedua kaki ke samping melewati peti lompat 5. permainan bola voli pantai dan bola voli mini Download Soal PTS / UTS PJOK Kelas 6 Semester 1 K13 Terbaru Tahun 2019/2020 Soal PTS PJOK Kelas 6 Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022 Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available).

Jadi . kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)

PJJ PJOK "lompat katak" 🐸




2022 www.videocon.com