Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali? • perlindungan atas hak kekayaan intelektual masyarakat • pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja • menambha perekrutan tenaga ahli dari luar negeri • pembangunan pasar dan sarana promosi • Semua jawaban benar Jawaban: C.

menambha perekrutan tenaga ahli dari luar negeri Dilansir dari Encyclopedia Britannica, kecuali. adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali menambha perekrutan tenaga ahli dari luar negeri.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Kebijakan pengekspor menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada di dalam negeri merupakan salah satu hambatan dalam perdagangan internasional yaitu?

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap. Halo Siti R, kakak bantu menjawab ya :) Jawaban yang benar adalah opsi C dan D. Pembahasan Ekonomi kreatif memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian, salah satu langkah pemerintah untuk melindungi dan mendukung para pelaku ekonomi kreatif yaitu dengan cara melindungi mereka dengan adanya hak cipta dan hak kekayaan intelektual pada karya-karya yang mereka miliki.

Selain itu pemerintah juga terus berupaya untuk memberikan pelatihan dan pendidikan bagi tenaga kerja agar kemampuan karyawan bertambah.Dan juga pemerintah membangun pasar dan sarana promosi untuk memperkenalkan produk yang dijual. Jadi, yang bukan upaya dari pemerintah adalah menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah opsi C dan D yaitu menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri.

Pastikan kamu menulis soal dan opsi jawaban dengan benar ya Siti. Semoga penjelasan ini dapat membantu. Terus gunakan Roboguru untuk menjawab pertanyaan kamu. Tetap semangat belajar dan jaga kesehatan :) pasar adalah tempat dimana bertemunya antara penjual dan pembeli, semakin lengkap dan banyak jenis barang yang ditawarkan, akan banyak konsumen untuk mengunjungi pasar tersebut sehingga akan membantu pendapatan daerah bahkan negara.

pernyataan diatas termasuk peran pembangunan ekonomi nasional dalam hal . a. peran bagi konsumen b. peran bagi produsen c. peran bagi tenaga kerja d.peran bagi pembangunan Syarat-syarat keanggotaan koperasi sekolah adalah . Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif.

s1swa dari beberapa sekolah yang berdekatan dan mempunyai hak yang sama B. siswa dan guru dan karyawan dari tempat koperasi sekolah berada dan sanggup menaati AD/ ART C.

siswa dan guru saja tempat koperasi berada dan semua berhak menjadi pengurus D. siswa dan karyawan dari beberapa sekolah yang berdekatan be bas bersuara
Ekonomi kreatif memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian, salah satu langkah pemerintah untuk melindungi dan mendukung para pelaku ekonomi kreatif yaitu dengan cara melindungi mereka dengan adanya hak cipta dan hak kekayaan intelektual pada karya-karya yang mereka miliki.

Selain itu pemerintah juga terus berupaya untuk memberikan pelatihan dan pendidikan bagi tenaga kerja agar skill karyawan bertambah.Dan juga pemerintah membangun pasar dan sarana promosi untuk memperkenalkan produk yang dijual. Jadi, yang bukan upaya dari pemerintah adalah menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

none
Reading Time: 4 minutes Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, ekonomi kreatif adalah sebuah istilah yang digunakan dalam ekonomi global untuk menggambarkan pekerjaan langsung atau tidak langsung dalam industri kreatif.

Beberapa upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif yang bisa dilakukan pemerintah maupun kalangan terkait adalah sebagai berikut ini.

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

Daftar Isi • Memberikan Insentif pada Pelaku Usaha • Membuat Roadmap Ekonomi Kreatif • Mengadakan Pelatihan Ekonomi Kreatif • Memberikan Perlindungan Hukum kecuali. Mempersiapkan Investor • Menganalisis Faktor Keberhasilan • Memprioritaskan Akses Seni • Membuat Teknologi Canggih • Mempelajari Keterampilan Khusus • Membuat Produk Memberikan Insentif pada Pelaku Usaha Insentif adalah bonus atau kompensasi yang diberikan pihak tertentu.

Dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif, pemerintah perlu memberikan insentif. Tujuan insentif adalah untuk mempermudah para pelaku usaha ekonomi kreatif mengembangkan kegiatanya.

Ada banyak jenis insentif yang bisa diberikan. Sejauh ini dalam hal keuangan, pemerintah setidaknya telah memberikan berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif jenis insentif. Antara lain: • PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah. Ini masuk kategori P-DPT, artinya pajak terutang dibayar oleh pemerintah. • PPh Final UMKM ditanggung pemerintah • Pembebasan PPh Pasal 22 untuk kategori impor • Pengurangan yang diberikan pada angsuran PPh Pasal 25 sebesar 50% • Pengembalian pendahuluan PPN Selain itu, ada beberapa intensif lain yang diberikan kepada pelaku usaha, antara lain: • Perlindungan produk • Dana pengembangan • Fasilitas pemasaran • Pertumbuhan pasar domestik dan internasional • Mendapatkan informasi trend dalam negeri dan luar negeri • Sarana dan prasarana, dan lain-lain Membuat Roadmap Ekonomi Kreatif Pembuatan roadmap ekonomi kreatif melibatkan lembaga pemerintah dan kalangan swasta.

Tugas pemerintah adalah menyiapkan sebuah roadmap supaya ekonomi kreatif dapat berjalan dengan baik dan menuju kearah yang maju dan berkembang. Roadmap dibuat dengan cara menyusun program komprehensif untuk menggerakkan ekonomi kreatif ke arah pengembangan. Dengan menyusun roadmap, mulai dari sumber daya manusia, desain, kualitas, pasar dapat terbangun dan bergerak dengan tujuan yang jelas dan terarah. Mengadakan Pelatihan Ekonomi Kreatif Upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan.

Tujuan adanya pelatihan ekonomi kreatif adalah untuk memberi bekal berupa pemahaman dan pendidikan tentang ekonomi kreatif. Sehingga, para pelaku usaha dapat mengembangkan ide mereka dengan benar. Beberapa bentuk pelatihan dan juga dukungan yang dilakukan pemerintah sebagai upaya meningkatkan ekonomi kreatif adalah: • Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan.

Program ini bertujuan untuk menghasilkan produk berdaya saing tinggi. • Mengadakan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Pekan Produk Kreatif Indonesia terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pameran, konvensi, dan gelar seni.

• Mengadakan festival ekonomi kreatif. Kementerian perdagangan bertindak dalam upaya meningkatkan citra dan identitas bangsa Indonesia. • Membuat wahana kreatif.

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

Wahana kreatif adalah upaya untuk meningkatkan eksposur karya bangsa kepada pengunjung asing. • Pelatihan peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran. Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran biasanya dilakukan melalui promosi atau pemasaran. • Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif.

Upaya ini bertujuan untuk menciptakan inovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui riset dan pemberian insentif. • Fasilitas. Fasilitas merupakan kegiatan berupa kontes atau perlombaan ekonomi • Penciptaan identitas pada setiap lokal daerah tingkat 1, tingkat 2 dan juga identitas nasional.

Upaya ini bertujuan untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia luar. Dengan mengadakan pelatihan ekonomi kreatif, maka pelaku usaha akan mampu meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia. Memberikan Perlindungan Hukum Produk ekonomi kreatif merupakan produk yang rawan ditiru oleh orang lain.

Hal ini karena produk yang dihasilkan bersumber dari kreativitas, ide, inovasi, dan pengetahuan manusia. Maka, upaya meningkatkan ekonomi kreatif yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan perlindungan hukum kepada semua produk yang dihasilkan pelaku ekonomi kreatif. Contohnya adalah Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Mempersiapkan Investor Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kreatif selanjutnya adalah mempersiapkan investor. Dalam sebuah bidang usaha, investor merupakan bagian yang sangat diperlukan. Ekonomi kreatif dapat meningkat dengan cepat apabila terdapat investor yang siap mengeluarkan dananya untuk pengembangan usaha.

Pemerintah dapat menarik perhatian investor dengan melakukan strategi promosi usaha secara intensif Baca juga: Daftar 10 Investor Terkaya di Indonesia dan Dunia Menganalisis Faktor Keberhasilan Salah satu upaya meningkatkan ekonomi kreatif lainnya adalah dengan menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan usaha termasuk dalam upaya meningkatkan ekonomi kreatif.

Faktor keberhasilan tersebut, antara lain: • Ketersediaan sumber daya tenaga kerja dan infrastruktur • Adanya undang-undang yang melindungi kekayaan intelektual • Ketersediaan akses ke pasar global, dan lain-lain Memprioritaskan Akses Seni Upaya meningkatkan ekonomi kecuali.

tentunya tidak terlepas dari seni. Kreativitas itu sendiri berasal dari seni seseorang. Oleh karena itu, harus ada keragaman seni di masyarakat sehingga setiap orang dapat meningkatkan ekonomi kreatif. Membuat Teknologi Canggih Membuat teknologi atau menciptakan penemuan baru adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

Dengan teknologi canggih membuat para konsumen tertarik, sehingga mendukung bisnis agar semakin maju dan ekonomi kreatif semakin meningkat. Mempelajari Keterampilan Khusus Para pelaku usaha cenderung memiliki pengetahuan di bidangnya masing-masing.

Mereka membangun bisnis dengan mengajarkan keterampilan yang telah mereka pelajari dan mempraktekkannya. Keterampilan ini bisa termasuk soft skill seperti negosiasi, kecuali., dan komunikasi. Membuat Produk Upaya meningkatkan ekonomi kreatif selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat produk. Produk-produk yang dimaksudkan bisa berupa grafik, desain, dan lain-lain.

Jika seorang pelaku usaha dapat membuat produk yang menarik, maka otomatis akan ikut meningkatkan ekonomi kreatif. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan pemerintah maupun perusahaan sebagai bentuk upaya meningkatkan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif memiliki pangsa pasar yang terus berkembang.

Oleh karena itu, inovasi dan pengetahuan juga perlu terus dikembangkan. Berbicara tentang investor dan investasi, belakangan ini investasi crypto sedang diminati banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, aplikasi Pintu siap membantumu!

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti dan menyediakan berbagai fitur yang bisa memudahkan aktivitas investasi dan trading kamu, yaitu: • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal hingga akhir meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.

• Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa nabung crypto secara mudah dengan bunga tinggi capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn. • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya. Tunggu apalagi, download Pintu sekarang! Referensi: Accessventures.

What Is The Creative Economy?. Diakses tanggal: 27-02-2022. Celine (CX) Roque. 7 Business Ideas to Make Money in the Creative Economy. Diakses tanggal: 27-02-2022. Portaledukasi. Ekonomi Kreatif.

Diakses tanggal: 27-02-2022.

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

Rochmat Aldy Purnomo, S.E., M.Si. Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Cetakan Pertama, 2016. Surakarta.
Jawaban: Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri a. perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI) masyarakat b. pendidikan dan pelatihan bagi tenaga berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif c.

menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri d. pembangunan pasar dan sarana promosi​ Penjelasan: Ekonomi kreatif memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian, salah satu langkah pemerintah untuk melindungi dan mendukung para pelaku ekonomi kreatif yaitu dengan cara melindungi mereka dengan adanya hak cipta dan hak kekayaan intelektual pada karya-karya yang mereka miliki.

Pelajari lebih lanjut materi tentang kreativitas seseorang dapat memengaruhi berkembangnya ekonomi kreatif brainly.co.id/tugas/23994383 #BelajarBersamaBrainly .contoh peran indonesia dalam asean pada bidang politik adalah . a. memfasilitasi upaya untuk membuat masyarakat ekonomi asean (mea) b.

melakukan p … erjanjian perdamaian dan kerjasama keamanan dengan negara australia c. ikut dalam usaha perdamaian di dunia dengan bergabung dalam pbb d.

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

memfasilitasi usaha dalam menyelesaikan konflik pengungsi rohingya 1. uraikan karakteristik inovasi menurut tingkat kepentingannya. a. identifikasi karakteristik inovasi sesuai urutan kepentingannya! b. berikanlah pen … jelasan dan argumentasi anda tentang inovasi yang diminati calon penggunanya! 2. menurut rogers (1996), pengembangan inovasi dalam system social terjadi dalam enam tahapan.

a. identifikasi 6 (enam) proses pengembangan inovasi menurut rogers (1996) dan berikan penjelasan secukupnya! b. kaitannya inovasi dalam persaingan bisnis, sebutkan beberapa alasan mengapa suatu perusahaan harus membangun kemampuan inovasi! 3. a.

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

opinion leader atau pemimpin pendapat, dalam komunikasi inovasi dapat memerankan beberapa fungsi dalam dinamika bagi kelompoknya kecuali. fungsi dari opinion leader nya! b. analisislah fungsi kepadatan hubungan dalam jaringan komunikasi menurut hanneman dan ridle (2005)! c. bagaimanakah indicator analisis terhadap jaringan komunikasi dan menurut scott (2000) dan derajat pengukurannya?sentralsoal.com - Selamat datang di situs kecuali.

soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi ekonomi kreatif meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS kelas IX revisi. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal materi ekonomi kreatif meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS.

Gambar: freepik.com 1. Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi dengan mendasarkan pada ide dan gagasan-gagasan inovatif individu masyarakat disebut . A. industri kreatif B. ekonomi kreatif C. produk kreatif D. tenaga kreatif 2. Dibawah ini adalah pernyataan yang mampu menjelaskan tentang ekonomi kreatif adalah .

A. ekonomi kreatif adalah suatu konsep yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas mengandalkan ide dan kemampuan manusia sebagai faktor produksi B. ekonomi kreatif adalah konsep yang menjelaskan kemampuan manusia untuk meningkatkan kegunaan barang atau jasa sehingga bisa dimanfaatkan oleh manusia C.

ekonomi kreatif adalah konsep yang menjelaskan proses pembuatan suatu produk yang kreatif sampai perpindahannya kepada konsumen D. ekonomi kreatif adalah konsep menghabiskan produk yang dibuat secara kreatif dengan tujuan untuk berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif kebutuhan hidup manusia itu sendiri 3. Kemampuan Simon menulis ceritra sangat luar biasa dalam satu minggu dia mampu menyelesaikan hampir 100 hal.

Kreatifitas Simon.dapat disalurkan melalui.sub sektor ekonomi kreatif . A. Desain B. Music C. Film D. Penerbitan 4. Desa Sukamaju adalah daerah penghasil bambu yang sangat terkenal sehingga desa ini dijuluki sebagai "desa bambu". Mereka sangat menggantungkan hidupnya dari hasil bambu terutama kerajinan dari bahan dasar bambu misalnya meja, kursi dan lain sebagainya. Pernyataan dibawah ini yang benar tentang ilustrasi diatas adalah . A. penduduk desa Sukamaju sangat tergantung dengan kerajinan yang terbuat dari meja atau kursi B.

kondisi alam desa Sukamaju sangat mempengaruhi perekonomian yang dilakukan oleh masyarakatnya C. semua masyarakat desa tersebut akan bercita-cita untuk menjadi pengrajin bambu biar sukses D. kerajinan dari desa tersebut dijual ke luar daerah sehingga mampu membuat membangkitkan perekonomian desa 5. Almando adalah seorang arsitek lulusan ITB Sekarang beliau aktif di wadah ekonomi kreatif.dengan mendesain piano dengan material kayu, logam dan lain lain sehingga piano nampak elegan ketika tampil sebagai alat konser Sub sektor ekonomi kreatif yang dikembangkan Almando adalah .

A. Desain B. Arsitek C. Craft D. Music 6. Desa Celuk adalah kecuali. desa di daerah Bali yang sangat terkenal sebagai penghasil kerajinan emas dan perak.

Dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Desa Celuk adalah . A. generasi di Desa Celuk menjadi generasi yang intelektual karena mempunyai biaya untuk bersekolah B. pengangguran berkurang karena terbukanya lapangan kerja sehingga meningkatkan pendapatan C. semakin pesatnya penggunaan media sosial untuk melakukan promosi penjualan produk masyarakat D. masyarakat menjadi damai hidupnya karena tidak ada lagi pengangguran di desa tersebut 7.

Reinal adalah seorang pencerama. Usianya baru 13 tahun. Dia merancang materi ceramahnya dalam sebuah film berdurasi 10 menit dengan menggunakan tokoh tokoh animasi yang menarik untuk anak anak SD Untuk mewujudkan ide kreatifnya Reinal dapat berkolaborasi dengan teman atau orang yang memiliki kemampuan di bidang . A. Desain interior dan film B. Animasi dan music C. Film dan penerbitan D. Animasi dan film 8. Perhatikan gambar berikut! Ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan di daerah pada gambar diatas adalah .

A. mengembangkan produk pisang goreng yang akan dijual di daerah wisata B. mengembangkan usaha lukis yang akan langsung jadi sehingga masyarakat tertarik ke objek wisata C. mengembangkan usaha ojek payung sehingga pengunjung tidak kehujanan saat berkunjung D. membuat jus jeruk dari hasil alam yang ada pada daerah tersebut untuk meningkatkan penadapatan 9. Kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan perdagangan barang asli,unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni sejarah yang tinggi melalui lelang, galeri,toko,internet dll.

Termasuk lingkup industri kreatif . A. Riset dan pengembangan B. Fesyen C. Pasar barang seni D. Craft 10. Pernyataan dibawah ini yang menyatakan hubungan antara berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif kreatif, potensi wilayah, dan kesejahteraan masyarakat adalah . A. ekonomi kreatif suatu daerah sangat dipengaruhi oleh potensi wilayah dari daerah tersebut sehingga tidak mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya B.

potensi wilayah menjadi salah satu faktor penentu munculnya produk ekonomi kreatif suatu wilayah sehingga mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya C. masyarakat menjadi sejahtera karena potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut sehingga bisa menikmati segala bentuk kebutuhan yang diperlukan D. ekonomi kreatif suatu wilayah sangat dipengaruhi oleh keuletan masyarakatnya dalam menggeluti profesinya dan menyadari potensi yang dimiliki daerahnya 11.

Hambatan dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia adalah tantangan untuk bersaing dengan barang barang impor Hal ini berhubungan dengan hambatan berupa . A. Kelemahan dalam mengkomersilkan produk B. Keterbatasan modal C. Keterbatasan SDM D.

Tantangan ekonomi global 12. Makanan Gudeg merupakan salah satu ciri khas dari suatu daerah yaitu . A. Bandung B.

Jakarta C. Yogyakarta D. Semarang 13. Kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan inovatif disebut . A. Kerja B. Usaha C. Kreatifitas D. Produksi 14. Desa Celuk di Bali adalah salah satu sentra ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Gianyar dan Bali khususnya serta Indonesia umumnya.

Produk yang dihasilkan oleh daerah ini adalah . A. Kerajinan yang terbuat dari bambu dan rotan B. Kerajinan yang terbuat dari tembaga dan emas C.

Kerajinan yang terbuat dari besi dan perak D. Kerajinan yang terbuat dari perak dan emas 15. Subsektor ekonomi kreatif yang berkaitan dengan desain pakaian adalah .

A. Fashion B. Desain grafis C. Arsitektur D. Periklanan 16. Agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat maka produsen perlu memperhatikan hal berikut yaitu . A. patokan harga barang yang tinggi B. mengikuti trend dan selera masyarakat C. promosi barang yang lebih intensif D. kemudahan dalam memperoleh barang 17.

Subsektor ekonomi kreatif berkaitan dengan rekaman suara adalah .

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

A. Musik B. Periklanan C. Kerajinan D. Penerbitan 18. Peluang produk masyarakat Indonesia menembus pasar internasional sangat besar karena didukung oleh . A. kekayaan SDA, SDM dan budaya yang melimpah B.

letak wilayah yang strategis sebagai jalur utama perdagangan internasional C. adanya kemajuan di bidang IPTEK D. kemampuan melakukan efisiensi produksi sehingga memiliki daya saing tinggi 19.

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

Munculnya ekonomi kreatif pada dasarnya berkenaan dengan . A. gagasan melahirkan negeri tertinggi tingkat ekonominya B. cita-cita mewujudkan masyarakat ekonomi dunia C. ide untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi D. tujuan membentuk pasar tunggal dunia 20.

Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif ini strategi yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional, kecuali . A. melakukan survey pasar B. melakukan promosi di berbagai media C.

menghasilkan produk berkualitas tinggi D. patokan harga setinggi-tingginya 21. Subsektor ekonomi kreatif yang kegiatannya berkaitan dengan desain bangunan secara menyeluruh adalah .

A. periklanan B. arsitektur C. desain interior D. kerajinan 22. Indonesia mampu menghasilkan karet lebih besar daripada Amerika Serikat. Kondisi ini menunjukkan negara Indonesia memiliki kunggulan yang disebut . A. maximum advantage B. average advantage C. absolute advantage D. comparative advantage 23. Salah satu subsektor ekonomi kreatif yang terdapat di Indonesia yaitu pasar seni.

Manfaat keberadaan pasar seni bagi seniman adalah . A. meningkatkan harga jual produk B. meningkatkan kualitas produk C. menurunkan persaingan antarproduk D. memperluas pemasaran produk kreatif 24.

Cara yang harus dilakukan untuk menciptakan keunggulan ekonomi antara lain adalah . A. mengembangkan potensi berbagai budaya daerah B.

menghasilkan produk dalam jumlah besar C. mendorong eksploitasi SDA D. memproduksi barang yang belum tersedia di dalam negeri 25. Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi dengan mendasarkan pada ide dan gagasan-gagasan inovatif individu masyarakat disebut .

A. industri kreatif B. ekonomi kreatif C. produk kreatif D. tenaga kreatif 26. Industri kreatif dapat berkembang pesat jika didukung faktor berikut, kecuali . A. jumlah penduduk B. keberagaman budaya C. ekonomi kreatif D. SDA 27. Industri kreatif dapat berkembang pesat jika didukung faktor berikut, kecuali . A. jumlah penduduk B. keberagaman budaya C. ekonomi kreatif D. sumber daya alam 28. Kebijakan pengekspor menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada di dalam negeri merupakan salah satu hambatan dalam perdagangan internasional yaitu .

A. proteksi B. kuota C. tarif D. dumping 29. Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali . A. perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI) masyarakat B. pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja C.

menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri D. pembangunan pasar dan sarana promosi 30. Bagian subsektor ekonomi kreatif berikut yang bukan termasuk produk abstrak adalah . A. showbiz B. craft C. software D. advertising 31. Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya disebut . A. Wirausaha B. Kreativitas C. Gagasan D. Ide 32.

Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi dengan mendasarkan pada ide dan gagasan-gagasan inovatif individu kecuali. disebut . A. industr kreatif B. ekonomi kreatif C.

produk kreatif D. tenaga kreatif 33. Berikut ini yang bukan merupakan peranan wirausahawan adalah . A. membuka lapangan kerja baru B. mendorong peningkatan kegiatan ekonomi C. memunculkan ide kreatif D. memperbanyak pengangguran 34. Aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut . A. eksportir B. importir C. ekspor D. impor 35. Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk tahun 2009-2015 didukung oleh Pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan .

A. INPRES No. 6/2009 B. INPRES No. 9/2009 C. PERPRES No. 6/ 2015 D. PERPRES No. 6/ 2015 36. Kondisi kekurangan tenaga ahli di suatu negara sehingga tidak mampu memproduksi barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu disebabkan .

A. perbedaan upah dan biaya produksi B. perbedaan kualitas sumber daya manusia C. perbedaan budaya suatu bangsa D. perbedaan sumber daya alam 37. Pengembangan konsep yang berlandaskan sumber aset kreatif yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan potensi ekonomi disebut .

A. ekonomi syariah B. ekonomi internasional C. ekonomi nasional D. ekonomi kreatif 38. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara maju, memberi kesempatan pada generasi muda menjadi paham dan mahir dalam bidang teknologi.

Dari Ilustrasi tersebut, manfaat perdagangan internasional adalah . A. memperoleh devisa B. menstabilkan harga-harga C. memperluas kesempatan kerja D. mempercepat alih teknologi 39. Kegiatan yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat atau dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai proses penyelesaian produknya merupakan sektor industri kreatif di bidang . A. Arsitektur B. Kerajinan C. Desain D. Seni pertunjukkan 40. Salah satu dampak positif perdagangan internasional adalah .

A. meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi B. meningkatkan ketergantungan terhadap barang asing C. masyarakat menjadi semakin konsumtif D. terdapat produsen dalam negeri gulung tikar 41. Kegiatan yang berkaitan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita merupakan industri kreatif pada sektor . A. Radio dan TV B. Periklanan C. Penerbitan dan percetakan D.

Layanan komputer dan piranti lunak 42. Dampak negatif perdagangan internasional antara lain . A. memperoleh devisa dari luar negeri B. barang konsumsi semakin beragam C. terikat dengan produk-produk asing D.

terjadi perpindahan teknologi ke dalam negeri 43. Kegiatan kreatif yang secara rutin diselenggarkan di daerah Provinsi Jawa Timur adalah . A. Braga Festival Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif. Pekan Raya Jakarta C. Malang Flower Carnival D. Pesta Kesenian Bali 44. Untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional dapat dilakukan dengan . A. mempromosikan produk-produk luar negeri B. mendatangkan tenaga kerja luar negeri C.

pemberian subsidi kepada industri-industri kecil D. mengimpor barang-barang bermerek 45. Langkah Kementerian Perdagangan melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah adalah dengan melakukan kecuali .

A. Pekan produk kreatif Indonesia (PPKI) B. Festival Ekonomi Kreatif C. Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran D. Membuat aturan yang menyulitkan industri kreatif 46. Kebijakan pengekspor menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah daripada di dalam negeri merupakan salah satu hambatan dalam perdagangan internasional yaitu . A. proteksi B. kuota C. tarif D. dumping 47. Lembaga kementrian nonkementrian berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif bertugas membantu presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan di bidang ekonomi kreatif adalah .

A. Badan Ekonomi Kreatif B. Badan Pengawas Keuangan C. Otoritas Jasa Keuangan D. Asosiasi Pengusaha Indonesia 48. Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi dengan mendasarkan pada ide dan gagasan-gagasan inovatif individu masyarakat disebut . A. industri kreatif B. industri kreatif C.

produk kreatif D. tenaga kreatif 49. Daerah di Indonesia yang merupakan penghasil potensial minyak bumi adalah . A. Cilacap, kepulauan Riau, Batam B. Kepulauan Riau, Ambalat, Bali C. Cepu, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau D. Cilacap, Cepu, Kalimantan Timur 50. Bagian subsektor ekonomi kreatif berikut yang bukan termasuk produk abstrak adalah .

A. showbiz B. craft C. software D. advertising 51. Kompetensi yang dimiliki tenaga kerja dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan menentukan naiknya . A. Pendapatan B. Persaingan C. Produktivitas D. Profitabilitas 52.

Industri kreatif dapat berkembang pesat jika didukung faktor berikut, kecuali . A. jumlah penduduk B. keberagaman budaya C. ekonomi kreatif D. sumber daya alam 53. Fenomena yang paling mungkin terjadi di Indonesia pasca terbentuknya Masyarakat Ekonomi Asean adalah harga . A. produk lokal akan naik dengan pesat sebagai akibat persaingan B. barang import dari Negara-negara Asean lebih murah C. barang import dari Negara-negara Asean lebih mahal D. barang-barang tidak mengalami perubahan 54.

Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali. A. perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI) masyarakat B. pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja C. menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri D. menambah perekrutan tenaga ahli dari luar negeri 55. Terjadinya pasar bebas, memudarnya batas wilayah suatu Negara serta memudarnya identitas suatu bangsa merupakan indiKator terjadinya . A. Globalisasi B.

Nasionalisasi C. Modernisasi D. Integralisasi 56. Konsentrasi produksi pada jenis barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi tinggi oleh suatu negara disebut .

A. industri kreatif B. spesialisasi C. ekonomi kreatif D. industrilisasi 57. Masuknya produk dari negara asing dapat menyebabkan kegiatan industri dan produk lokal menjadi lemah karena memiliki daya saing yang rendah.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah . A. menghentikan impor barang dari luar negeri B. tidak melakukan interaksi dengan negara lain C.

menghentikan ekspor barang dalam negeri D. mencintai dan membeli produk dalam negeri 58.

berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali..

Hambatan dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia adalah tantangan untuk bersaing dengan barang barang impor. Hal ini berhubungan dengan hambatan berupa . A. Kelemahan dalam mengkomersilkan produk B. Keterbatasan modal C. Keterbatasan SDM D. Tantangan ekonomi global 59. Kondisi kekurangan tenaga ahli di suatu negara sehingga tidak mampu memproduksi barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu disebabkan .

A. perbedaan upah dan biaya produksi B. perbedaan kualitas sumber daya manusia C. perbedaan budaya suatu bangsa D. perbedaan sumber daya alam 60. Ekonomi kreatif merupakan kegiatan di berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif ekonomi baru yang mengintensifkan . A. Pengetahuan dan infomasi B. Modal dan tenaga kerja C.

Kewirausahaan dan modal D. Modal dan manusia
Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali? • perlindungan atas hak kekayaan intelektual masyarakat • pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja • menambha perekrutan tenaga ahli dari luar negeri • pembangunan pasar dan sarana kecuali.

• Semua jawaban benar Jawaban: C. menambha perekrutan tenaga ahli dari luar negeri Dilansir dari Encyclopedia Britannica, berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali menambha perekrutan tenaga ahli dari luar negeri.

Itulah tadi jawaban dari Berikut adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif, kecuali?, semoga membantu. Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Hewan berikut yang berkembangbiak secara ovovivipar adalah? dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap. Kategori Tanya Jawab Navigasi Tulisan Postingan Baru • tari tortor berasal dari daerah • apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan • rumusan pancasila yang sah tercantum pada • keberhasilan kabinet burhanudin harahap • apa fungsi fakta dan pendapat dalam teks persuasi • parotitis adalah gangguan sistem pencernaan yang disebabkan • proses pengujian data yang dilakukan sejarawan disebut • sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun yang berarti • vested interest adalah • pergerakan nasional indonesia dipelopori oleh

Konsep Ekonomi Kreatif




2022 www.videocon.com