Sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Salah satu pemanfaatan dari keanekaragaman hayati ialah sebagai sumber sandang. Beberapa hewan juga bias dimanfaatkan sebagai sumber penghasil sandang diantaranya : • Domba. Rambut pada domba digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan benang wol.

• Ulat Sutra. Ulat sutra dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan benang sutra. Benang sutra ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kayu cendana juga sangat disakralkan oleh masyarakat Bali, dimana kayu cendana ( Santalum album L.) ini digunakan dalam pembuatan pelinggih karena kayu ini menghasilkan aroma yang sangat wangi, sehinngga kayu ini bagus untuk digunakan di tempat-tempat suci.

Selain digunakan dalam pembuatan pelinggih, kayu cendana ini juga dapat digunakan dalam pembuatan pratima, dimana kayu ini merupakan peragan dari bhatara Paramasiwa. Dalam klasifikasi kayu menurut orang Bali, kayu cendana ini termasuk golongan kayu prabu, artinya kayu ini biasanya digunakan untuk membuat langit-langit dalam suatu pelinggih.

termasuk kedalam jenis kayu kelas istimewa. Sebab selain memiliki struktur kayu yang sangat kuat, juga memiliki aroma kayu yang sangat harum. Adanya aroma yang harum ini disebabkan karena sel-sel penyusunya menghasilkan zat-zat ergastik berupa produk sisa yang tidak bernitrogen, yaitu berupa minyak esensial.

Minyak esensial (minyak atsiri) merupakan minyak yang sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang menguap, sehingga menghasilkan aroma yang khas. Kayu cendana ini termasuk kayu yang kuat karena kayu ini memiliki jaringan sklerenkim yang berkembang sangat baik,dengan dinding selnya mengalami penebalan lignin. Kayu ini berwarna coklat dengan tekstur kayu yang agak halus.

Arah serat yang lurus atau bergelombang. Memiliki permukaan licin dan agak mengkilap. Kayu cendana memiliki pembuluh kayu yang tersebar dengan adanya perforasi dan adanya noktah.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Pada parenkim aksial terdapat adanya silika. Serat sebagian bersekat dengan dinding yang tipis sampai yang tebal. Kayu cempaka ( Michelia champaca L.) banyak digunakan dalam pembuatan pelinggih karena kayu ini memiliki aroma yang wangi. Kemudian bunga dari bunga ini biasanya digunakan untuk keperluan upacara keagamaan. Selain itu, kayu cempaka ini merupakan kayu peragan bhatara Siwa.

Biasanya yang diguanakan adalah jenis cempaka kuning, dan kayu yang pohonnya yang sudah usianya lebih dari 10 tahun. Menurut klasifikasi kayu menurut masyarakat Bali, kayu cempaka ini termasuk kayu golongan arya, artinya kayu ini biasanya digunakan dalam membuat ” lambang atau ige-ige”.

merupakan jenis kayu yang awet. Sebab sel-sel penyusun kayu cempaka ini mengandung zat tanin yang berfungsi sebagai pencegah terhadap kerusakan, pelapukan dan serangan rayap atau hama lainnya. Arah serat kayu cempaka ini lurus dan agak bergelombang. Disamping itu sel-sel pada kayu cempaka ini juga menghasilkan hasil metabolit berupa minyak atsiri yang merupakan minyak yang mudah menguap.

Minyak ini biasanya akan menghsalikan aroma yang khas pada kayu cempaka ini, sehingga kayu ini akan beraroma harum. Struktur jaringan kolenkim dan sklerenkim juga mendukung kayu cempaka ini. Kayu ini sangat kuat. Ditijau dari parenkim aksial, ditemukan adanya kristal dan silika yang merupakan produk sisa dari hasil metabolisme. Kayu cempaka memiliki pembuluh kayu yang tersebar, berbentuk lonjong. Sel-sel penyusun pembuluh xilemnya mengalami penebalan tipe skalariform, dengan adanya noktah antar pembuluhnya.

Parenkim aksial berupa parenkim apotrakeal tersebar atau berkelompok yang sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang diantara serat. Kayu cempaka memiliki serat yang tidak bersekat, memiliki dinding sel mulai dari yang tipis sampai yang mengalami penebalan.

Jenis kayu sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang tidak kalah penting yang diguankan dalam pembuatan pelinggih adalah kayu majegau ( Dysoxylum caulostachyum Miq.).

Dimana kayu ini banyak digunakan karena kayu ini memiliki aroma yang sangat wangi. Kayu ini digolongkan kedalam jenis kayu Demung.

Dimana kayu ini biasanya digunakan untuk membuat sesaka. Kayu majegau ini dalam pembuatan pretima, merupakan peragan dari Sadasiwa. Kayu jati ( Tectona grandis L.) digunakan karena memiliki struktur kayu yang sangat kuat, sehingga kokoh untuk menopang bangunan. Selain itu, kayu jati ini juga terkenal sebagai kayu yang awet, dan tahan terhadap serangan rayap. Kayu jati ini termasuk golongan kayu patih, artinya kayu ini biasanya digunakan dalam pembuatan saka. Kayu jati ( Tectona grandis L.) berdasarkan sifatnya termasuk kedalam kayu istimewa.

Apabila dikaji berdasarkan struktur anatomi, kayu ini sangat kuat karena kayu ini tersusun atas sel-sel dengan dinding penebalan lignin. Selain itu, memiliki serat yang sangat padat. Kayu ini juga tidak mudah terserang rayap atau hama lainnya karena sel-sel penyusun kayu jati memiliki zat tanin yang berfungsi sebagai bahan pengawet. Selain itu, sel-selnya juga mengandung zat tectonin yang berfungsi sebagai zat racun bagi rayap dan hama lainnya.

Kayu jati ini apabila sudah tua akan berwarna coklat muda, apabila telah lama terkena sinar matahari dan terpapar oleh udara, maka warnanya akan berubah menjadi sawo matang.

Jenis kayu jati ini dipandang kuat karena adanya jaringan penyokong atau jaringan penguat pada batang. Yaitu jaringan sklerenkim yang tumbuh dengan baik. Pembuluh kayu jati tersusun dalam lingkaran (cincin). Beberapa pembuluh kayu mengandung tilosis. Adanya perforasi dan memiliki noktah.

Kayu ini memiliki serat yang bersekat dengan dinding ada yang tipis dan ada yang mengalami penebalan. Pada serat biasanya dijumpai adanya sedikit silika. Sama halnya dengan kayu jati, kayu nangka ( Artocarpus integra merr.) juga banyak digunakan dalam pembuatan bale pesarean, mengingat kayu nangka ini memiliki struktur yang sangat kuat dan tidak terlalu berat seperti kayu jati, sehingga biasanya digunakan dalam membuat langit-langit ( kayu prabu). Sama halnya dengan kayu jati dan kayu nangka, kayu sentul juga banyak digunakan dalam pembuatan bale pesarean, mengingat kayu ini memiliki struktur yang kuat dan tahan terhadap serangan rayap.

Kayu sentul ini digolongkan kedalam golongan kayu pangalasan. U mumnya berwarna kuning dengan tekstur yang agak kasar dengan arah serat yang lurus. Permukaan kayu yang licin dan mengkilap. Kayu nangka memiliki pembuluh kayu yang tersebar, dengan beberapa pembuluh kayu berisi tilosis. Papan xilem mengalami perforasi sederhana dengan adanya saluran noktah.

Pada parenkim aksial terdapat adanya silika. Serat sebagian bersekat dengan dinding yang tipis. kayu juwet termasuk kedalam golongan kayu mantri , dan digunakan dalam membuat lambang atau ige-ige. Kayu ini biasanya dipakai untuk bahan bangunan dapur (paon). merupakan jenis kayu yang banyak digunakan karena kayu ini memiliki struktur yang sangat kuat.

Memiliki trakea dan trakeid dengan penebalan sekunder, memiliki serat yang lurus, serta memiliki aksial parenkim. Kayu klampuak termasuk golongan jenis kayu patih dimana digunakan dalam membuat saka atau tiang penyangga. merupakan jenis kayu yang banyak digunakan karena kayu ini memiliki struktur yang sangat kuat. Memiliki trakea dan trakeid dengan penebalan sekunder, memiliki serat yang lurus, serta memiliki aksial parenkim.

Dari semua jenis kayu yang digunakan oleh masyarakat Bali dalam pembuat bangunan, kayu yang digunakan adalah kayu dari pohon kelas dikotil. Hal ini jika dipandang secara anatomi, batang dikotil dapat mengalami pertumbuhan primer maupun pertumbuhan sekunder. Sehingga batang ini memiliki diameter yang besar dan kuat dinding sel penyusunnya mengalami penebalan, baik sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang primer dengan pektin maupun penebalan sekunder dengan zat lignin.

Selain itu pada batang dikotil susunan berkas pengangkutnya teratur dan membentuk lingkaran dengan tipe berkas kolateral terbuka. Filosofi alang-alang dalam ajaran hindu banyak di kaitkan dengan pemuteran mandara giri. dimana Para Dewa dan Asura bekerja sama memutar Mandara giri, dimana Hyang Ananta Boga dan hyang Besuki melilit Mandara giri, dan sebagai penopangnya adalah Badawang Nala.

Di symbolkan dalam wujud Padmasana. Setelah keluar Amerta nya dilarikan oleh Daitya Kala Rau (Rawi), tapi ketahuan dewi Ratih di panahlah kepalanya dengan Senjata Cakra oleh Dewa Wisnu.

Dari situ ada cerita bulan Kepangan (Bulan caplok kala rawu).Sebelum sempat diambil oleh Ida Hyang Wisnu, sempat menetes sedikit kerumput alang-alang, terus dijilati oleh para naga/ular sehingga ular bisa berumur panjang dan lidahnya tersayat (terbelah) oleh alang-alang. Maka dari itu alang-alang juga di sebut tanaman panjang umur atau tanaman suci yang merupakan menjadi bahan penting dalam beberapa upacara keagamaan hindu. Di Bali dan Indonesia timur umumnya, daun alang-alang yang dikeringkan dan dikebat dalam berkas-berkas digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya.

Serat halus dari malai bunganya kadang-kadang digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi alas tidur atau bantal. Dalam bangunan tradisional bali alang-alang banyak di gunakan sebagai bahan atap bangunan suci atau pelinggih. chairul sabri 8 Januari 2016 18.06 Kayu adalah salah satu kebutuhan primer yang harganya stabil bahkan cenderung meningkat.

Kebutuhan industri akan bahan baku kayu sangat besar, namun ketersediaan bahan masih sangat kurang.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Dengan menanam pohon, bisa mendapatkan keuntungan ekonomi sekaligus ikut menyelamatkan alam dan lingkungan dari bahaya global warming. Sambil menunggu panen Anda bisa jalankan bisnisnya dengan cara online maupun Offline sebagai mitra bisnis Green Warrior.

Info lengkapnya dan Daftar disini : www.chasabexim.blogspot.co.id Partisipasi anda sangat membantu Program ini dalam menyalamatkan alam dan lingkungan negara kita. Semoga Bermanfaat.!!!!

Terima Kasih Balas Hapus • ► 2012 (2) • ► Desember sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang • ▼ 2011 (10) • ▼ Desember (10) • Subsidies to Farmers • Bagaimana Mempelajari Nama Ilmiah Tumbuhan • Sotong atau Jambu Biji • Tumbuhan yang di Pergunakan Untuk Bahan Bangunan T. • JATI • Mahoni • PISANG • ASPARAGUS • 10 Tanaman yang dipergunakan Untuk Bahan Bangunan . • Filosofi alang-alang /ambengan/ Imperata cylindric.
Daftar Isi • Tanaman di Lahan Ladang, Kebun, dan Sawah • Contoh Tanaman di Lahan Pertanian • Tanaman di Ladang • Tanaman di Kebun • Tanaman di Sawah • Sebarkan ini: • Posting terkait: Tanaman di Lahan Ladang, Kebun, dan Sawah Secara garis besar untuk berbagai tumbuhan berupa tanaman yang hidup di lahan pertanian terbagi dalam 3 jenis.

Yakni di ladang, kebun, dan persawaan. Tumbuhan inipula memiliki perawatan yang berbeda antara satu dan lainnya. Contoh Tanaman di Lahan Pertanian Berdasarkan pada jenisnya, untuk tanaman yang ada dalam lahan pertanian serta contohnya. Antara lain sebagai berikut; • Tanaman di Ladang Tanaman di Ladang Ladang adalah salah satu jenis lahan pertanian yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang lebih rendah daripada lahan sawah maupun kebun.

Ladang dalam pengolahannya tidak terlalu intens atau hanya menggunakan output rendah. Adapun contoh tanaman yang tumbuh di sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang, antara lain; • Jagung Jagung merupakan salah satu tanaman tergolong serealia yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman jagung banyak dibudidayakan dalam kondisi lahan yang kering atau biasa disebut dengan ladang.

Tanaman jagung memiliki kelebihan dalam ketahanan terhadap panas sehingga tanaman ini cocok diaplikasikan pada ladang. Jagung sendiri banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak maupun bahan pembuat tepung maizena.

• Gandum Tanaman gandum adalah salah satu tumbuhan yang memiliki manfaat sebagai bahan baku produksi pembuatan tepung. Keadaan tersebut menjadi tuntutan sebagai upaya pembudidayaan tanaman gandum. Tanaman ini banyak dibudidayakan pada ladang kering karena tanaman ini termasuk tanaman yang tahan akan kekekurangan air. Bukan berarti tanaman ini cocok dibudidayakan pada lahan yang kurang subur, namun kondisi lahan yang kering menjadi keuntungan tersendiri apabila ditanami dengan gandum karena input pengolahan dan perawatan dapat diminimalkan.

• Ubi Ubi merupakan salah satu jenis tanaman palawija atau pala pendem yang dalam bahasa jawa hasil di dalam tanah yang diambil. Tanaman ini termasuk tanaman yang memiliki ketahanan stres lingkungan yang cuckup tinggi seperti stres air atau tahan kering, stres hara yang cukup kuat pada lahan marjinal dengan miskin hara dan lain sebagaimya. Tanaman umbi-umbian yang memiliki ketahan yang tinggi banyak dikembangkan pada lahan kering atau ladang karena dianggap mudah dalam perawatannya. Tanaman ini sendiri biasanya digunkan dalam sistem tumpang sari untuk tanaman penutup lahan atau cover crops.

• Kacang Tanah Kacang tanah merupakan tanaman leguminosa yang menghasilkan polong berupa biji-bijan berkulit keras. Kacang tanah merupakan tanaman yang cocok tumbuh di lahan kurang subur karena tanaman ini bermutualisme dengan bakteri pengikat nitrogen sehingga mampu memenuhi kebutuhan unsur harnya sendiri.

Kacang tanahjuga mampu ditumbuhkan pada ladang yang kering karena kebutuhan air pada tanaman ini tidak terlalu tinggi. Apabila tanaman ini terlalu diberi banyak air maka ada kemungkinan polong yang berada dalam tanah akan mengalami kebusukan.

• Labu Labu merupakan salah satu tanaman rambat yang banyak dibudidayakan di daerah persawahan. Budidaya tanaman labu di lakukan dengan pembuatan bedeng kemudian mulai air dialirkan pada salursn-saluran di antara bedeng-bedeng pertanaman. Tanaman ini memiliki karakter khas apablia tanaman sudah matang maka warna buah akan berwarna jingga.

Ukuran tanaman ini cukup bervariasi dari sedang hingga berukuran relatif besar. • Tanaman di Kebun Tanaman di Kebun Tanaman dalam arti perkebunan dapat digolongkan sebagai tanaman yang dibudidayakan dengan mengusahakan tanaman tertentu pada lahan yang sesuai, mengolah, dan memasarkan hasil, dan manajemen yang kompleks untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan dan masyarakat.

Tanaman ini biasanya berupa tanaman berumur panjang atau tanaman tahunan sekaligus tanaman dengan skala produksi besar. Hasil olahan tanaman ini biasanya tidak berupa hasil segar, namun sudah berupa hasil olahan atau barang jadi. Contoh tanaman yang tumbuh di kebun, antara lain sebagai berikut; • Kopi Kopi merupakan tanaman tahunan yang dibudidayakan pada ketinggian sekitar 300-700 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan dimanfaatkan bijinya untuk produk industri.

Tanaman kopi digolongkan tanaman kebun karena dalam proses perawatannya memerlukan perawatan yang intensif. Hasil tanaman kopi memerlukan pemupukan, pengendalian hama dan juga pemangkasan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman.

Tanaman kopi sendiri • Teh Tanaman teh yang banyak sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang adalah berjenis camelia sinesis yang merupakan tanaman perkebunan sebagai bahan baku pembuat minuman seduhan.

Tanaman ini memiliki kandungan kafein sehingga banyak digemari di Indonesia. Tanaman ini dikategorikan sebagai tanaman perkebunan karena pengolahan hasil sekaligus produksinya berada pada skala industri atau skala besar. Hasil yang dipanen dari tanaman ini adalah bagian pucuk daun yang kemudian akan dijadikan beberapa hasil olahan teh sepertiteh hijau, teh oolong, teh hitam dan teh putih.

• Kelapa Tanaman kelapa merupakan tumbuhan dari famili palmae atau golongan keluarga palem. Tanaman ini merupakan pohon berbatang tunggal dan menghasilkan buah dengan cangkang keras.

Hasil dari pohon ini yaitu buah kelapa menghasilkan banyak manfaat dan banyak digunakan sebagai makanan hingga kosmestik. Beberapa nuah bahkan ada yang dipanen awal hanya untuk dimanfaatkan air kelapanya. • Tebu Tebu merupakan salah satu tanaman yang tergolong dalam famili fabaceae atau rumput-rumputan yang menghasilkan gula. Kandungan gula dalam tebu diolah untuk dijadikan berupa bahan industri berupa gula pasir, molase (tetes), dan juga bagase sebagai media bahan bakar.

Tanaman tebu digolongkan sebagai tanaman perkebunan karena pada sistem budidayanya sudah dikategorikan lebih komplek dan intens pada pengelolaan lahannya.

• Karet Karet merupakan tanaman perkebunan dengan memanfaatkan getah dari pohon tersebut sebagai bahan baku industri. Tanaman ini banyak dibudidayakan pada lahan dengan ketinggian tertentu. Tanaman ini merupakan tanaman tahunan yang dapat dilakukan pemanenan sadap berulang kali.

Proses penyadapan sendiri dilakukan dipagi hari untuk menghindari lateks menjadi keras apabila terkena sinar matahari. • Tanaman di Sawah Tanaman di Sawah Tanaman sawah adalah tumbuhan yang pada umumnya merupakan tanaman hidrofit atau memiliki kecenderungan terhadap air.

Kondisi air yang jenuh merupakan tempat tumbuh favorit untuk beberapa tanaman tersebut. Tanaman persawahan biasanya merupakan tanaman sekali panen atau tanaman semusim. Sehingga dalam tanaman persawahan lebih cenderung membutuhkan sistem irigasi yang lebih intens daripada tanaman lainnya. Contoh tanaman yang ditanam dalam sawah, antara lain; • Padi Tumbuhan padi adalah salah satu komoditas yang populer di Indoensia.

Padi dibudidayakan sebagai tanaman penghasil produk pangan pokok yaitu beras. Tanaman ini merupakan tanaman yang diolah pada lahan basah atau lahan yang membutuhkan air banyak yaitu lahan sawah. Padi sendiri pada fase vegetatif lebih cenderung memerlukan air lebih banyak daripada ketika memasuki masa generatif. Oleh sebab itu ketika, ketika awal penanam tanah pada lahan sawan dibuat menjadi lahan genangan. • Kangkung Kangkung adalah tanaman sayur berjenis daun yang banyak dijual di pasaran sebagai bahan untuk membuat sayur.

Tanaman kangkung merupakan tanaman yang mampu tumbuh dengan kondisi tanah tergenang. Tanaman kangkung di pedesaan banyak dibudidayakan di pinggir sawah dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Tanaman ini apabila kondisi air tercukupi maka akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun yang besar. • Talas Talas merupkaan tanaman yang memiliki umbi dan bersifat hidrofit atau tanaman yang memiliki kecenderungan tumbuh baik pada tempat-tempat dengan kandungan air tinggi seperti pada daerah rawa, pinggir perairan ataupun daerah persawahan.

Umbi talas merupakan bagian dari tanaman talas yang dimanfaatkan. Tanaman talas beberapa ada yang dibudiayakan, namun beberapa juga ada yang dibiarkan tunbuh dengan liar kemudian diambil ketika umbi sudah siap diolah. • Bayam Tanaman bayam adalah tanaman persawahan dengan karakter daun lebar. Bayam merupakan tanaman sayur berjenis daun yang dimanfaatkan untuk diolah menjadi beberapa masakan.

Tanaman ini dikenal dengan kandungannya yang kaya akan zat besi. Tanaman ini termasuk tanaman terna yang batangnya kurang berkayu, namun agak keras. Bayam sendiri tergolong tanaman C4 yang tahan terhadap pencahayaan matahari secara langsung. • Sawi Sawi merupakan tanaman sayuran daun yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran pendamping makanan. Tanaman ini dibudidayakan pada lahan sawah karena cukup memerlukan air pada budidayanya.

Sawi merupakan tanaman yang membentuk roset yaitu bentuk daunnya melingkar dan saling berhimpitan. Tanaman ini biasanya dibudidaya pada daerah dengan suhu yang agak dingin atau memiliki kelembaban udara yang tinggi.

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami hadirkan pada pembaca berkaitan dengan berbagai contoh- contoh tanaman yang tumbuh di ladang, kebun, dan juga persawahan. Semoga memberikan wawasan bagi semua orang yang membutuhkan.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Posting terkait: • Tanaman Semangka, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya • 15 Jenis Umbi-Umbian dan Contohnya • 3 Jenis OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) dan Contohnya Posting pada Contoh, Tumbuhan Ditag contoh tanaman ladang, contoh tanaman perkebunan, contoh tanaman persawahan, tanaman di kebun, tanaman di ladang, tanaman di sawah Navigasi pos Pos-pos Terbaru • Burung Puyuh: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Berternaknya • Burung Pleci: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Hewan Angsa: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Burung Kolibri: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Hewan Bebek: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya Kategori • Bayam • Budidaya • Burung • Ciri • Contoh • Gandum • Habitat • Hewan • Ikan • Jehe • Jenis • Kacang • Kajian Pertanian • Kandang • Karet • Kelapa • Kencur • Klasifikasi • Lidah Buaya • Manfaat • Melinjo • Padi • Penelitian • Pengertian Ahli • Perkebunan • Pertanian • Pupuk • Rambutan • Sawit • Struktur • Ternak • Tomat • Tujuan • Tumbuhan • Umbi Kebutuhan menjadi hal yang sangat urgent dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai makhluk ekonomi yang selalu bergantung dari sekitarnya, manusia membutuhkan barang dan jasa untuk sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang hidupnya Dalam pembagian jenis kebutuhan, bisa diklasifikasikan berdasarkan kebutuhan utama yang apabila ditunda akan mengakibatkan masalah di kemudian hari.

Dan kebutuhan utama bisa dibagi menjadi kebutuhan pangan, sandang dan juga papan Mimin kosngosan akan mencoba membahas satu persatu, buat kalian yang akan mencari bahan referensi mengenai jenis atau macam kebutuhan yang dibagi menjadi 3 tersebut. Kita kan Jelaskan satu persatu di bawah ini Contoh Kebutuhan Pangan Kita bisa mendefinisikan kebutuhan pangan adalah sesuatu kebutuhan yang berhubungan dengan kelangsungan hidup kita sebagai manusia, yaitu makanan yang kita konsumsi untuk bisa tetap hidup.

Contoh nya antara lain : Baca juga : Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani 1. Beras Siapa yang tidak kenal dengan bahan pokok yang satu ini? Beras banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia sebagai salah satu makanan pokok yang wajib. Dan menjadi kebutuhan pangan yang tidak bisa ditunda.

Sobat kosngośan juga pastinya sudah sering mengkonsuminya dalam bentuk nasi, bukan? 2. Gandum Ada juga jenis makanan pokok lain yang bernama gandum. Tanaman yang menjaid makanan pokok dari warga barat ini, banyak diolah menjadi beberapa turunan makanan seperti tepung terigu yang jadikan sebagai roti 3. Jagung Di beberapa wilayah, jagung dijadikan sebagai bahan makanan pokok bagi sebagian masyarakat seperti di daerah Indonesia bagian timur.

Kandungan karbohidratnya yang cukup banyak dan berbagai olahan makanan juga banyak dibuat dari jagung 4. Ubi Ubi, singkong atau ketela pohon mengandung karbohidrat kompleks yang bisa berperan juga sebagai bahan pokok makanan. Selain itu olahannya juga banyak ditemui seperti tepung tapioka, keripik singkong dan lainnya 5.

Sagu Makanan pokok selanjutnya yang menjadi kebutuhan "pangan" adalah sagu. Sagu adalah sebutan untuk tepung sagu yang didapat dari batang pohon sagu yang diolah sedemikian rupa kemudian menghasilkan makanan yang juga banyak dijadikan sebagai sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang pokok 6.

Kentang Pastinya sobat kosngosan sudah tahu bahwa komoditi yang satu ini sudah banyak dijadikan oleh orang orang barat (westren) untuk makanan pokok, seperti makan steak yang dibarengi dengan kentang tumbuk. Kentang banyak dijadikan makanan pokok masyarakat di wilayah Amerika Selatan dan Amerika Tengah 7. Kedelai Kacang kacangan yang banyak dipakai sebagai makanan pokok, seperti kedelai banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di bagian Asia Timur.

Biasanya olahan kacang kedelai banyak kita temui disana, seperti tofu, natto dan olahan lainnya. 8. Sorgum Sobat kosngosan pasti jarang mendengar komoditi ini, kan? Sorgum banyak digunakan oleh masyarakat Afrika untuk dijadikan sebagai makanan pokok.

Pada dasarnya tanaman ini memiliki bentuk seperti gandum, tapi dengan butiran biji yang lebih bulat. 9. Pisang Tanduk Siapa yang tidak kenal pisang? bagi masyarakat indonesia, pisang sering dijadikan camilan gorengan yang dikonsumsi di waktu senggang.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Namun bagi masyarakat di negara Afrika, Amerika Selatan dan Amerika Tengah, mereka menjadikan pisang tanduk sebagai makanan pokok, lho!

10. Talas atau Keladi Walaupun sering menimbulkan gatel karena mengandung getah, talas banyak dipakai oleh masyarakat di Asia Tenggara dan Afrika sebagai makanan pokok sehari hari mereka. 11. Sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang Kebutuhan akan konsumsi daging, baik itu daging ikan, ayam, sapi dan hewan ternak lainnya menjadi salah satu sumber protein hewani yang paling banyak digemari oleh masyarakat.

Dan ini menjadi salah satu kebutuhan pangan yang juga harus dipenuhi juga 12. Sayur-sayuran Tidak hanya sumber protein yang berasal dari hewan, untuk menjaga pola makanan yang sehat dan berimbang, maka manusia juga membutuhkan asupan vitamin dan serat yang banyak terkandung dalam sayur-sayuran sebagai salah satu kebutuhan pangannya 13. Buah-buahan Selain sayur-sayuran, kebutuhan akan pangan manusia juga memerlukan yang namanya buah-buahan. Yang juga banyak mengandung vitamin, mineral, serat dan berbagai zat lain yang bisa menjaga kesehatan fisik sobat kosngosan.

14. Bumbu Rempah Tanpa adanya bumbu rempah yang bisa menyedapkan masakan, maka pastinya ada yang kurang. Karena lidah masyarakat Indonesia sudah akrab dengan keberadaan bumbu dan rempah rempah ini sebagia pelengkap masakan di dapur 15.

Telur dan Susu Minuman susu berasal dari peternakan sapi atau kambing, yang dipenuhi dengan kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan bayi, anak-anak dan juga orang dewasa. Sementara produk telur berasal dari peternakan unggas dan menjadi lauk dan sumber protein hewani yang juga cukup tinggi dan relatif murah 16. Minyak goreng Dapur tanpa minyak goreng sepertinya ada yang kurang. Kebutuhan yang satu ini menjadi kebutuhan pangan oleh semua rumah tangga untuk masakan sehari-hari, untuk menumis dan menggoreng.

Bahkan membuat telur dadar sederhana pun membutuhkan minyak goreng. 17. Gula dan Garam Gula dan garam selain sebagai penyedap dan pengawet makanan, juga dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan. Kedua komoditi ini menjadi kebutuhan pangan wajib yang harus ada di dapur dapur orang indonesia seperti sobat sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang Baca juga : Contoh Kebutuhan Sekarang dan Yang Akan Datang Contoh Kebutuhan Sandang Nah kalau berbicara mengenai kebutuhan sandang, yang ini artinya adalah kebutuhan yang melekat diluar tubuh kita, yang fungsinya untuk melindungi tubuh dari serangan luar.

Dalam artian lain ini adalah pakaian. Beberapa jenis kebutuhan sandang diantaranya adalah sebagai berikut : 18. Celana Celana adalah bagian bawah yang digunakan untuk menutup antara bagian pusar sampai kaki. Ada banyak sekali jenis celana seperti celana pendek, celana jeans, dan lainnya 19. Kaos Sobat kosngosan pasti sering memakainya.

Dalam bahasa inggris disebut juga T-shirt, adalah jenis pakaian yang menutupi lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaus tidak memiliki kancing, kerah dan saku. Kaus oblong berlengan pendek dan berleher bundar.

20. Kemeja Ini adalah jenis pakaian yang menutupi bagian tubuh atas dari lengan, dada, bahu dan memiliki bagian kerah. Pakaian kemeja akan menutupi bagian tubuh atas sampai perut. Kemeja menyesuaikan selera penggunanya, ada dengan lengan panjang dan ada juga kemeja lengan pendek 21.

Celana Dalam Ini adalah jenis pakaian yang dipakai pada lapisan awal atau bagian bawah pakaian lainnya. Langsung bersentuhan dengan kulit kemaluan. Dipakai supaya pakaian luar tidak dikotori oleh keringat, urin, cairan dan lainnya. Berfungsi juga untuk melindungi bagian sensitif dan menjaga kelembaban yang meminimalisir bakteri atau jamur bersarang 22.

BH, Bra atau Kutang Beha atau Bra adalah kebutuhan sandang khusus untuk kaum hawa yang digunakan untuk menopang payudara yang telah matang. BH adalah kependekan dari Bahasa Belanda, yakni Buste Houder. 23. Jilbab Bagi sobat kosngosan yang muslim, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kebutuhan sandang yang satu ini. Ini merupakan sejenis busana terusan panjang yang fungsinya untuk menutupi aurat yang terdiri dari seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslimah 24.

Sepatu Pada dasarnya, sepatu digunakan untuk melindungi bagian kaki dari benda luar ketika kita beraktifitas di luar ruangan. Karena fungsi kaki yang memiliki peran yang begitu penting dalam kehidupan. Anggota badan ini kita dapat melakukan apa pun seperti mengambil langkah, bekerja dan yang lainnya setiap hari 25.

Sandal Hampir sama fungsinya dengan sepatu, namun sendal lebih terbuka dan informal. Salah satu model alas kaki terbuka pada bagian jari kaki atau tumit. Kemudian pada bagian alas dihubungkan dengan tali atau sabuk yang gunanya sebagai penjepit di bagian jari.

26. Topi Salah satu kebutuhan sandang yang fungsinya untuk melindungi kepala. Pada dasarnya penggunaan Topi dimaksudkan untuk pelindung matahari, tapi saat ini fungsinya sudah mulai berubah menjadi aksesoris pakaian dan barang fashion. 27. Jaket, Sweeter atau Hoodie Jaket merupakan jenis kebutuhan sandang yang berfungsi sebagai baju luar yang bisa menutupi bagian pinggang atau pinggul. Fungsinya untuk menahan angin, cuaca dingin atau sinar matahari.

Bukaan jaket terletak di bagian depan dari leher ke bawah. Biasanya menggunakan ritsleting, kancing, atau sabuk untuk bukaannya. 28. Jas atau Tuxedo Ini adalah kebutuhan sandang untuk penggunaan formal bekerja dan menghadiri acara tertentu. Jas merupakan pakaian resmi model Eropa, memiliki lengan panjang dan dipakai di luar kemeja. Setelan jas adalah jas dan celana panjang yang dibuat dari kain yang yang sama, dan umumnya berwarna gelap seperti hitam dan abu abu 29.

Toga Jenis pakaian toga adalah seragam resmi yang dipakai dalam seremoni atau upacara wisuda waktu kelulusan mahasiswa pada suatu universitas atau perguruan tinggi. Nanti sobat kosngosan juga bakalan memakainya saat prosesi wisuda yah 30. Sarung Sarung sebenarnya bukanlah penutup wajib atau kebutuhan sandang utama yang dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Namun sebagian masyarakat pedesaan banyak yang menggunakannya. Ini adalah sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa atau tabung 31. Jubah Jenis pakaian ini bisa dibilang merupakan baju panjang sampai di bawah lutut, berlengan panjang. Banyak dipakai oleh orang orang Arab atau timur tengah, kaum padri, atau hakim sebagai pakaian luarnya.

32. Dress atau Pakaian Terusan Pakaian terusan adalah jenis pakaian yang menyatu antara atasan dan bawahan atau rok. Dress dibagi menjadi mini dress, midi dress dan long dress. Dipakai oleh kaum hawa dan sering dipakai ketika menghadiri acara besar dan formal.

33. Piyama Kebutuhan sandang lainnya disebut sebagai Piama atau piyama. Ini adalah jenis pakaian yang biasa sobat kos ngosan gunakan ketika malam dan waktu tidur. Piyama ada dua bagian, celana dan baju.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Biasanya digunakan oleh anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa 34. Blouse Salah satu jenis pakaian yang digunakan untuk menutup tubuh bagian atas.

Blus punya model longgar dan berukuran panjang hingga sampai batas pinggang. Saat dipakai, akan punya efek menggantung diatas tubuhmu. Blouse dibuat dengan atau tanpa kancing pada bagian depannya. Contoh Kebutuhan Papan Nah pembagian terakhir dari klasifikasi kebutuhan utama manusia adalah kebutuhan papan, dalam hal ini bisa didefinisikan sebagai kebutuhan tempat tinggal atau rumah. Karena sebagai manusia kita tentunya membutuhkan tempat berlindung dan istirahat.

Berikut beberapa contoh kebutuhan papan 35. Rumah Tapak Orang orang sering juga menyebutnya sebagai rumah tunggal atau detache. Ini adalah rumah yang dibangun di atas tanah secara sendiri dan mandiri. Biasanya ukurannya kecil dan hanya ditinggali oleh keluarga kecil saja 36.

Town House Rumah jenis ini adalah rumah yang memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya serupa baik luar maupun dalam. Sering juga disebut sebagai apartemen berbentuk horizontal, karena memiliki fasilitas yang sama dan ada juga fasilitas umum yang dipakai secara bersama sama 37.

Cluster atau Perumahan Saat ini adalah jenis kebutuhan papan yang paling banyak di temukan di Indonesia. Biasanya di Indonesia, suatu perumahan dibagi lagi menjadi beberapa kawasan atau sub komplek, yang didalamnya terdapat rumah dengan tipe yang sama dan fasilitas umum yang khusus digunakan oleh para penghuni 38. Rumah Tunggal atau Detached Jenis hunian tunggal pun masih tetap ada dan diminati oleh masyarakat yang ingin menyendiri atau memiliki suasana yang nyaman dan tenang.

Namun umum digunakan sebagai tempat peristirahatan di waktu senggang saja. 39. Rumah Couple Seperti namanya, rumah ini dibagi menjadi dua bagian yang sama. Rumah jenis ini memiliki hanya dipisah oleh satu dinding, memiliki penampakan yang sama, dan ukurannya pun sama, namun ditempati oleh orang atau keluarga yang berbeda 40. Apartemen Apartemen merupakan suatu jenis kebutuhan papan yang terdiri dari berbagai blok bangunan bertingkat yang di dalamnya terbagi menjadi sejumlah ruang. Jenis tempat hunian ini kebanyakan dibangun di tengah kota yang dekat dengan berbagai pusat kegiatan yang strategis.

Dan sobat kosngosan bisa menyebut setiap ruangan apartemen tersebut sebagai unit 41. Kondotel Kondominium hotel atau sering disingkat kondotel merupakan hunian jenis apartemen namun dengan fasilitas dan pelayanan layaknya hotel. Jadi ketika sobat kos ngosan sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang pada jenis layanan huni seperti ini, biayanya akan relatif lebih murah dibanding apartemen biasa 42. Rumah Susun Sering juga disingkat sebagai RUSUN yang bisa didefenisikan sebagai apartemen namun dalam bentuk yang sederhana.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Sebenarnya apartemen bertingkat sendiri dikategorikan dalam jenis hunian ini, namun istilah Rusun dibuat untuk mengatasi keterbatasan lahan pemukiman di daerah perkotaan dan biasanya diberikan kepada masyarakat menengah ke bawah 43.

Rumah Toko Sering disingkat sebagai RUKO, yaitu jenis kebutuhan papan yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai rumah dan tempat usaha. Manfaat rumah tinggal ditempatkan di bagian atas, sedangkan untuk bagian bawah digunakan sebagai pusat kegiatan bisnis sang pemilik tempat tinggal tersebut 44. Indekos Tempat kost pastinya sudah kamu tahu, bahwa fungsinya adalah sebagai tempat tinggal atau kebutuhan papan untuk mereka yang jauh dari keluarga dan memiliki kegiatan di luar kota. Atau dengan kata lain ini adalah hunian untuk alternatif tempat tinggal oleh pendatang dari kota lain.

45. Rumah Kontrakan Jenis rumah kontrakan menjadi salah satu jenis hunian yang dijadikan alternatif tempat tinggal oleh pendatang dari kota lain juga. Namun ada juga keluarga yang memilih untuk mengontrak karena belum memiliki rumah sendiri. 46. Hunian TOD Merupakan kepanjangan dari "Transit Oriented Development" dimana ini adalah jenis hunian atau kebutuhan papan manusia yang terintegrasi dengan jalur transportasi umum.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Adapun jenis transportasi khas perkotaan seperti commuter line, MRT, dan juga LRT 47. Villa Pastinya sobat kosngosan sering mendengar jenis hunian yang satu ini, bukan? Villa adalah tempat tinggal sementara yang biasanya terletak di daerah yang berhawa sejuk, misalnya seperti di pegunungan, dataran tinggi, maupun pinggiran kota. Villa juga bisa diartikan sebagai rumah hunian milik perorangan yang terletak jauh dari keramaian 48.

Mansion Dalam bahasa inggris, mansion berarti rumah besar, rumah gedong atau gedung yang memiliki berbagai fasilitas didalamnya. Biasanya ditempati oleh keluarga besar dalam satu rumah dan memiliki halaman yang luas juga 49.

Rumah Panggung Jenis rumah panggung ini adalah salah satu jenis rumah tradisional Indonesia yang berbentuk panggung atau dasar rumah tidak menempel pada tanah. Ketinggian rumah panggung bermacam-macam, tergantung dari lokasinya. Biasanya ketinggiannya mencapai 50 cm bahkan ada sampai dua meter. 50. Rumah Kontainer Rumah adalah jenis rumah yang terbuat dari kargo kontainer bekas yang direnovasi sehingga memiliki ruangan layaknya rumah pada umumnya.

Cara membuat rumah kontainer sebenarnya lebih hemat biaya, rumah kontainer juga mampu memangkas waktu kontruksi rumah yang biasanya butuh waktu lama Baca juga : Contoh Pekerjaan bidang Jasa dan Barang Kesimpulan Yang namanya kebutuhan itu menjadi salah satu hal krusial yang harus dipenuhi untuk melangsungkan kehidupan sehari-hari. Termasuk klasifikasi kebutuhan berdasarkan jenisnya yaitu kebutuhan sandang (yang melekat di diri), pangan (yang kita konsumsi) dan papan (tempat tinggal) Semoga materi mengenai beberapa contoh referensi dari ketiga jenis kebutuhan di atas, bisa bermanfaat buat teman-teman kosngosan.

Jangan lupa untuk pada bagian bawah tekan tombol share dan bagikan ke teman-temanmu yang lain juga
tirto.id - Setidaknya, ada tiga kebutuhan pokok (primer) manusia, yakni sandang, pangan dan papan. Sebagaimana tertuang dalam buku Membuka Cakrawala Ekonomi oleh Imamul Arifin, Giana Hadi W, kebutuhan pokok atau kebutuhan utama merupakan suatu syarat yang mesti dipenuhi oleh manusia untuk bisa bertahan hidup.

Tentunya, usaha makhluk hidup untuk bertahan ini adalah sebuah kodrat alam yang harus dipenuhi sebagai insting alami, tidak terkecuali manusia.

Sadono Sukirno mencatat dalam buku Pengantar Mikro Ekonomi (1997:5), kebutuhan yang dimaksud dalam lingkup ekonomi konvensional, mencerminkan bahwa kebutuhan merupakan keinginan manusia untuk bisa memperoleh sarana tertentu, baik itu barang atau pun jasa. Kebutuhan pokok atau primer ini harus bisa dimiliki oleh setiap manusia. Jika salah satu komponen darinya tidak terpenuhi, maka manusia dapat dikatakan tidak berhasil menutupi kekurangannya sebagai makhluk ekonomi. Dengan pengertian lain, seseorang akan mengalami kehancuran hidup jika kebutuhan primer tidak didapatkan.

Dalam kebutuhan pokok, terdapat tiga jenis hal yang perlu dipenuhi, yakni sandang, pangan, dan papan. Lantas apa yang dimaksud dari ketiga komponen tersebut?

Sandang Secara bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sandang diartikan sebagai “bahan pakaian”. Jika diberi penjelasan lebih jauh mengenai kebutuhan manusia, maka arti sesungguhnya adalah kebutuhan pakaian yang diperlukan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sandang memiliki peran penting. Dalam bertahan hidup dari cuaca panas dan dingin, pakaianlah yang digunakan untuk melindungi tubuh manusia. Sebagai contoh, kita dapat melihat kehidupan di sekitar pegunungan yang masyarakatnya mayoritas menggunakan pakaian berbahan tebal untuk bisa bertahan melawan suhu dingin.

Sedangkan, di daerah pesisir pantai penduduk lebih banyak memakai baju berbahan tipis agar tidak kepanasan. Pangan Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pangan dianggap sebagai komponen kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh manusia untuk hidup.

Menurut KBBI, pangan diartikan sebagai “makanan”. Namun, jika dijelaskan lebih jauh, maka pangan bukan hanya berarti makanan, namun juga minuman yang dikonsumsi setiap hari oleh manusia.

Kebutuhan ini tidak boleh tidak terpenuhi karena bisa menyebabkan kematian. Saat ini, kita dapat melihat contoh kebutuhan pangan yang sangat dibutuhkan dari bantuan-bantuan sembako dari sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang kepada masyarakat yang tidak dapat memenuhinya. Secara tidak langsung, pihak pemberi telah melihat betapa penting dan berpengaruhnya pangan di dalam hidup manusia.

Papan Dari zaman dahulu hingga sekarang, papan yang dalam KBBI berarti “tempat tinggal”, dianggap sebagai salah satu kebutuhan penting manusia untuk bisa bertahan hidup. Melalui zaman prasejarah, di mana manusia bersifat nomaden dan tidak menetap di suatu tempat, seiring perkembangannya mereka sadar untuk bertahan di lokasi tertentu.

Alasannya, sudah tentu untuk melindungi diri mereka dari serangan pihak lain atau predator. Tempat tinggal yang tadinya hanya sebuah lokasi kini menjadi lebih fokus lagi ke arti “rumah”. Manusia kini bisa hidup bersama keluarganya dan melindungi saudara-saudaranya dari suhu dingin dan panas yang ada. Pentingnya papan dalam kehidupan manusia tercermin melalui perumahan-perumahan murah yang disubsidi pemerintah. Berkat harganya yang tidak terlalu tinggi ini, manusia dapat dimudahkan untuk bisa mendapatkan kebutuhan tersebut.
Saya akan menjawab dengan dua tipe jawaban: Jawaban pendek: Bahan sandang (pakaian) dari hewan misalnya bulu dan kulit domba, kambing, sapi, buaya, rubah, beruang, berang-berang, tupai serta serat kepompong ukat sutera dan pewarna dari kulit kerang.Sedangkan bahan sandang dari nabati (tumbuhan) adalah serat kelapa, kapuk, kapas, hemp, flax, getah karet, rayon, pina (serat nanas) dan azlon (serat kedelai) serta pewarna dari tanaman indigo.

Jawaban panjang: 10 contoh bahan sandang hewani 1. Bulu domba untuk bahan kain wool. 2. Kulit sapi untuk bahan jaket. 3. Kulit buaya utuk tas, dompet dan sepatu. 4. Bulu dari berang-berang (beaver) yang digunakan untuk topi tonggi (top hat). 5. Bulu beruang yang digunakan untu topi tentara Inggris. 6. Kepombong ulat Bombyx mori yang digunakan sebagai bahan kain sutera. 7. Kulit kerang Murex yang digunakan sebagai pewarna kain berwarna ungu 8.

Kulit dan bulu tupai yang digunakan sebagai topi (coon hat) 9. Bulu kambing Kashmir yang digunakan untuk selendang Cashmere. 10.

Bulu rubah yang digunakan untuk selendang dan jaket musin dingin. Sedangkan 10 contoh bahan sandang dari tanaman adalah 1.

Kapas yang digunakan untuk bahan sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang berbagai kain. 2. Kapuk yang digunakan sebagai pemgganti kapas. 3. Indigo sebagai pewarna alami berwarna ungu. 4. Getah karet yang digunakan untuk berbagai sandang berbahan karet seperti sepatu kulit boot. 5. Serat flax yang digunakan sebagai bahan kain linen. 6.

Rayon yang merupakan bahan sintesis yang dibuat dari serat kayu. 7. Pina yaitu serat dari daun nanas yang digunakan untuk baju yradisional Filipina yang disebut Barong Tagalog. 8. Azlon yaitu serat sintesis yang dibuat dari serat kacang kedelai. 9. Hemp yaitu serat tanaman ganja yang dapat digunakan sebagai bahan pakaian.

10. Serat kelapa yang dapat digunakan sebagai bahan asesoris seperti tas dan dompet. .,?,. .,.,., b., a., b., 2.s. u., p., t.,., e., m., a., 1 • .contoh peran indonesia dalam asean pada bidang politik adalah . a.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

memfasilitasi upaya untuk membuat masyarakat ekonomi asean (mea) b. melakukan p … erjanjian perdamaian dan kerjasama keamanan dengan negara australia c. ikut dalam usaha perdamaian di dunia dengan bergabung dalam pbb d. memfasilitasi usaha dalam menyelesaikan konflik pengungsi rohingya• ECENG GONDOK Sistematika Taksonomi Kerajaan: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas: Liliopsida Ordo: Commelinales Famili: Pontederiaceae Genus: Eichhornia Kunth Spesies: E. crassipes Eceng gondok tumbuh di kolam-kolam dangkal, tanah basah dan rawa, aliran air yang lambat, danau, tempat penampungan air dan sungai.

Tumbuhan ini dapat beradaptasi dengan perubahan yang ekstrem dari ketinggian air, arus air, dan perubahan ketersediaan nutrien, pH, temperatur dan racun-racun dalam air. Pertumbuhan eceng gondok yang cepat terutama disebabkan oleh air yang mengandung nutrien yang tinggi, terutama yang kaya akan nitrogen, fosfat dan potasium (Laporan FAO). Kandungan garam dapat menghambat pertumbuhan eceng gondok seperti yang terjadi pada danau-danau di daerah pantai Afrika Barat, di mana eceng gondok akan bertambah sepanjang musim hujan dan berkurang saat kandungan garam naik pada musim kemarau.

Eceng gondok hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar dalam tanah. Tingginya sekitar 0,4 – 0,8 meter. Tidak mempunyai batang.

Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daun menggelembung. Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau. Bunganya termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung.

Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam. Buahnya kotak beruang tiga dan berwarna hijau. Akarnya merupakan akar serabut. Akibat-akibat negatif yang ditimbulkan eceng gondok antara lain: • Meningkatnya evapotranspirasi (penguapan dan hilangnya air melalui daun-daun tanaman), karena daun-daunnya yang lebar dan serta pertumbuhannya yang cepat. • Menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air (DO: Dissolved Oxygens).

• Tumbuhan eceng gondok yang sudah mati akan turun ke dasar perairan sehingga mempercepat terjadinya proses pendangkalan. • Mengganggu lalu lintas (transportasi) air, khususnya bagi masyarakat yang kehidupannya masih tergantung dari sungai seperti di pedalaman Kalimantan dan beberapa daerah lainnya. • Meningkatnya habitat bagi vektor penyakit pada manusia.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

• Menurunkan nilai estetika lingkungan perairan. Eceng gondok dianggap sebagai tumbuhan pengganggu yang ada di perairan air tawar.

Namun, pada masa sekarang eceng gondok dapat dimanfaatkan menjadi produk baru yang mempunyai niai jual tinggi.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Bagi sebagian besar orang eceng gondok dianggap sebagai tanaman tak berguna dan hanya menjadi biang terjadinya banjir karena selalu mengotori sungai. Namun bagi orang yang kreatif, eceng gondok dapat diolah menjadi berbagai barang kerajinan bernilai ekonomi tinggi.

Kerajinan eceng gondok ini bahkan telah menembus pasar ekspor. Eceng gondok selama ini hanya dianggap sebagai tanaman sampah yang mengotori sungai. Namun ditangan Abdul Jalal, warga Kelurahan Klego, Pekalongan, Jawa Tengah, tanaman eceng gondok dapat menjadi kerajinan bernilai ekonomi tinggi. Kerajinan dari bahan dasar eceng gondok buatan Abdul Jalal antara lain berupa hiasan dinding, sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang, taplak meja, batal kursi dan dompet.

Jika sudah berbentuk barang kerajinan ini, kesan eceng gondok sebagai tanaman tak bernilai pun sirna. Harga barang kerajinan eceng gondok berkisar antara 20 ribu hingga 200 ribu rupiah,tergantung modelnya. Jalal mulai menekuni kerajinan eceng gondok ini sekitar 5 tahun silam. Kreatifitasnya muncul berawal saat dirinya melihat hamparan tanaman eceng gondok disebuah sungai di Pekalongan. Lalu timbul keinginannya untuk mencoba membuat kerajinan dari bebeberapa tanaman eceng gondok yang dipungut dari sungai.

Tak disangka, kerajinan eceng gondoknya diminati orang. Selain itu, ada pula pengusaha furniture yang menggunakan eceng gondok sebagai bahan baku pembuatan kursi, box laundry, mainan, sampul buku, dll.eceng gondok dipilih karena merupakan salah satu material lokal yang unik dan belum terlalu banyak dieksplorasi. Eceng gondok pun memiliki sisi lebih dan minusnya.

Kelebihannya, eceng gondok memiliki kesan rustic dan kesan alami yang kuat. Bisa dibuat dengan rangka kayu atau rotan, sehingga cukup fleksibel dan mudah dibentuk. Kelemahannya, material ini harus dijauhkan dari air karena porous, lebih baik digunakan sebagai untuk furnitur interior atau pada teras yang beratap. Kelebihan eceng gondok selain kesan alaminya yang kuat, harga furnitur eceng gondok cenderung lebih murah dibanding kayu dan rotan sintetis.

Produk ini diminati oleh pembeli karena sifatnya yang alami, klasik, elegan juga tidak ketinggalan zaman.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

• KAPUK RANDU Sistematika Taksonomi Kerajaan: Plant Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Ordo: Malvales Famili: Bombacaceae Genus: Ceiba Spesies: C. pentandra Pohon ini banyak ditanam di Asia, terutama di pulau Jawa, Malaysia, Filipina, dan Amerika Selatan.

Di Bogor terdapat jalan yang di sepanjang tepinya dinaungi pohon kapuk. Pada saat buahnya merekah suasana di jalanan menyerupai hujan salju karena serat kapuk yang putih beterbangan di udara.

Pohon ini bisa dikatakan sebagai pohon peneduh jalan karena sering ditemukan pohon ini hidup di pinggir jalan. Kapuk randu adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvaceae (sebelumnya Bombacaceae) berasal dari bagian utara Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia. Kata ‘kapuk’ juga digunakan untuk sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang serat yang dihasilkan dari bijinya.

Pohon ini juga dikenal sebagai Kapas Jawa atau Kapok Jawa, dapat tumbuh setinggi 60-70 meter dan dapat memiliki diameter batang pohon sampai dengan 3 meter. Pohon ini mempunyai duri tempel (aculeus) yang menyelubungi kulit pohonnya dan letaknya tersebar. Pohon randu mempunyai cabang yang mendatar (horozontalis), karena batang pokok membentuk sudut 90 o. Namun duri-duri tersebut merupakan duru yang mudah ditanggalkan dari alat yang mendukungnya. Tumbuhan mempunyai daun majemuk yang beranak daun tujuh dan terletak pada ujung batang.

Bunganya berwarna putih pucat, memiliki mahkota bunga sebanyak 5 dan mempunyai kelopak. Bunganya merupakan bunga banci. Buah berbentuk lonjong dengan ujungnya sedikit meruncing. Biji tersebar didalam buah dan daging buah menjadi kapuk. Randu mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Umumnya, randu adalah penghasil kapuk yang digunakan sebagai pengisi bantal atau guling. Sedangkan pohonnya (batang) digunakan sebagai bahan bangunan.

Ranting atau cabangnya digunakan sebagai kayu bakar.
Indonesia adalah negara dengan iklim tropis yang membuat habitat dari macam-macam komoditi tanaman industri. Yang tergolong ke dalam tanaman atau arti tumbuhan industri yakni tanaman yang digunakan sebagian atau semua bagian tanaman tersebut untuk keperluan industri. Biasanya digunakan sebagai industri pakaian, arti makanan, kesehatan, ataupun hal lainnya. Daftar Isi • Tanaman Industri • Contoh Tanaman Industri • Tanaman Kelapa Sawit • Tanaman Jarak • Tanaman Kayu Putih • Bunga Melati • Tanaman Rotan • Tanaman Karet • Tanaman kapas • Lidah Buaya • Tanaman Alang-Alang • Tanaman jeruk nipis, tomat dan timun • Sebarkan ini: • Posting terkait: Tanaman Industri Tanaman industri adalah tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar industri.

Seiring perkembangan zaman modern ini tidak diragukan lagi supaya tidak mengalami ketertinggalan terhadap kebutuhan bahan dasar industri karena kebanyakan dalam hal tersebut sering membutuhkan yang namanya tanaman dalam pembuatannya barang-barang.

Di dalam kehidupan sehari-hari sering kita menjumpai berbagai keperluan pokok dan hasil dari keperluan tersebut yang merupakan dari tanaman sebagai bahan dasar industri dan tentunya terdapat banyak kegunaan yang bisa kamu dapatkan dari hasil yang telah jadi tersebut.

Telah kita ketahui bahwa sebelumnya terdapat macam-macam komoditi tanaman yang dapat digunakan sebagai pengolahan bahan dasar industri, pastinya berasal dari hasil alam yang diperoleh lebih bermanfaat apabila diolah dengan baik, tetapi alangkah lebih baik tidak dilakukan hal yang berlebihan atau biasa dikenal dengan istilah eksploitasi supaya tetap menjaga keasrian alam dan tidak dirusak oleh tangan manusia.

Contoh Tanaman Industri Berikut contoh tanaman industri yang ada di masyarakat antara lain • Tanaman Kelapa Sawit Tanaman Kelapa Sawit Tidak diragukan lagi jika keperluan minyak goreng merupakan salah satu keperluan yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat luas karena jika ingin memasak tentunya memerlukan minyak goreng sementara minyak berasal dari tanaman kelapa sawit untuk membuat produk minyak kelapa sawit sehingga tanaman ini telah dikelompokkan sebagai tanaman industri yang menghasilkan banyak sekali kegunaan bagi kalangan masyarakat luas.

Di daerah Sumatera ataupun Kalimantan terdapat perkebunan kelapa sawit dibudidayakan. Kelapa sawit yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar dari minyak sawit.

Masyarakat Indonesia sebagian besar memanfaatkan minyak sawit sebagai kebutuhan memasak.Bukan hanya untuk keperluan rumah tangga, minyak sawit juga sangat dibutuhkan dalam hal industri, bahan bakar dan masih banyak kegunaan lainnya. Budidaya tanaman kelapa sawit tidak berasal dari negara Indonesia asli namun berasal dari negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Tetapi, kelapa sawit yang berada di Indonesia bukan dari Benua Amerika secara langsung. Ketika masa penjajahan, terdapat orang Belanda yang mengirim kelapa sawit yang berasal dari Afrika kemudian dibudidayakan di Bogor lebih tepatnya pada area Kebun Raya Bogor. Kelapa sawit terbagi dari banyak jenis varietas. Tetapi, kelapa sawit yang dibudidayakan di negara Indonesia biasanya berasal dari jenis Elaeis Guineesis Jacqu. Varietas tersebut mulai memproduksi buah ketika berumur tiga tahun.

Hasil buah tersebut bisa terus berkembang ketika periode produktif rata- rata pohon sawit bisa mencapai umur 25 tahun. Kelapa sawit tidak termasuk tanaman yang mengenal adanya musim. Buah dari pohon kelapa sawit biasanya bisa dipanen sepanjang tahun tanpa mempedulikan musim. Bagian dari kelapa sawit yang digunakan sebagai bahan dasar industri yaitu bagian buah.

Buah kelapa sawit terdapat kandungan minyak sekitar 50% dari semua kandungan yang berada di dalamnya. • Tanaman Jarak Tanaman Industri Jarak Tanaman industri yang kedua yaitu tanaman jarak. Tanaman jarak umumnya dijumpai di daerah hutan, tepi pantai, pekarangan rumah ataupun yang lain. Sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang jarak yang berperan sebagai tumbuhan liar, memiliki kegunaan untuk keperluan industri.

Oleh karena itu, banyak orang yang sengaja memperbanyak dan membudidayakan tanaman jarak di halaman pekarangan rumah. Sebutan untuk tanaman jarak berbeda- beda di tiap daerah. Orang Madura umumnya memanggil tanaman jarak dengan sebutan nama Kaleke sementara di daerah Sumatera sebutan tanaman jarak yaitu Gloah dan Dulang. Sedangkan di masyarakat Sunda menyebut tanaman jarak yaitu Kaliki. Tanaman jarak di Indonesia terbagi menjadi empat jenis atau varietas yakni tanaman jarak pagar, jarak kepyar, jarak wulung dan jarak bali.

Tanaman jarak biasanya digunakan sebagai bahan bakar biodesel, dan minyak jarang bisa digunakan sebagai produk turunan lainnya diantaranya yaitu pelumas mesin atau lubricants, pupuk organik bagi tanaman, dan obat-obatan apabila zat racun di dalam minyak jarak sudah dibuang terlebih dahulu. • Tanaman Kayu Putih Tanaman Kayu Putih Minyak kayu putih digunakan untuk keperluan sehari- hari bangsa Indonesia karena mempunyai sensasi hangat saat dioleskan ke permukaan kulit. Kegunaan minyak kayu putih untuk mengurangi berbagai macam penyakit ringan misalnya mengurangi pusing, masuk angin, mual ataupun lainnya.

Minyak kayu putih diambil dari tanaman kayu putih atau biasa dikenal dengan istilah lain yakni Gelam. Kayu putih adalah jenis tanaman yang bisa hidup di daerah yang panas dan kering. Indonesia Sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang dan Australia merupakan daerah habitat yang bagus untuk program pengembangbiakan jenis tanaman obat ini.

Tanaman kayu putih terkhusus bagian daun terdapat kandungan minyak atsisi hingga aromanya sangat ciri khas. Keperluan kayu putih di dunia industri mewajibkan tanaman ini untuk dibudidayakan dalam skala besar. Hutan kayu putih dapat menjadi sumber produksu kayu putih yang dapat memenuhi keperluan industri dalam skala besar.

Keperluan industri terhadap daun kayu putih semakin naik tiap harinya. Tetapi, bagian daun kayu putih yang diproduksi sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang perkebuna dan hutan tidaklah sebesar keperluan.

Oleh karena itu, mempunyai kebun kayu putih dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. • Bunga Melati Tanaman Melati Melati adalah tanaman bunga yang tergolong ke dalam jenis tanaman semak perdu. Batang tanaman melati tegak dengan daun yang membulat dan berwarna hijau. Tanaman ini bisa hidup selama bertahun- tahun. Salah satu tanaman asli yang berasal dari daerah dengan iklim tropis yang menjadikan lebih tahan terhadap berbagai kondisi misalnya lahan yang kering dan sebagainya.

Melati memiliki spesies lebih dari 200 spesies yang terkenal di Indonesia antara lain melati sore, melati gambir, melati kuning, Jasminum polyanthum, Jasminum glandiflorum, dan Jasminum multiflorum. Melati biasanya digunakan sebagai bahan campuran teh. Aroma pada melati sangatlah harum dan khas sehingga banyak yang mencampur melati dengan teh.

Pemakaian bunga melati di industri bukan hanya sebagai campuran teh saja. Namun ada kegunaan lainnya antara lain minyak, komestik,dan sabun. • Tanaman Rotan Tanaman Rotan Rotan adalah tanaman asli yang berasal dari Indonesia yang dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Umumnya rotan digunakan sebagai pembuatan berbagai macam furniture.

Indonesia merupakan produsen sebesar 70% rotan dunia. Keperluan rotan di dunia sebesar 30% dipasok dari berbagai negara lain misalnya Filipina, Sri lanka, ataupun Malaysia. Rotan tergolong tanaman unik karena berbatang menjalar ke atas pohon- pohon yang berada di hutan. Walaupun tumbuhnya ke arah atas dan memanjat namun tanaman ini tidak mempunyai sulur sehingga untuk menanjat ataupun bergerak ke atas rotan menggunakan duri tajam yang berada di sepanjang batangnya untuk bergantung di batang pohon lain.

Jenis rotan yang paling sering dimanfaatkan sebaga bahan baku industri antara lain rotan jernang besar, rotan dahana, rotan semambu, rotan jemarsin, dan rotan dandan. • Tanaman Karet Tanaman Karet Tanaman karet adalah tanaman yang memiliki kegunaan yang sangat banyak di semua dunia industri dan biasanya dijumpai dalam kehidupan sehari- hari contohnya ban.

Getah yang keluar dari pohon karena adanya irisan yang diberikan di kulit pohon akan menetes dan dikumpulkan ke dalam bak mandi kemudian akan dikirimkan dan diolah oleh pabrik untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri. Untuk harga getah karet ada yang bilang sangat murah sekali namun saat dijual dalam bahan- bahan akan mempunyai harga penawaran yang sangat mahal.

• Tanaman kapas Tanaman Kapas Tanaman kapas umumny digunakan di dunia industri sehingga jangan terkejut apabila tanaman industri saat ini telah menjadi salah satu keperluan bahan baku di dunia industri tekstil. Bahkan banyak yang telah mengembangbiakan tanaman kapas karena kebutuhannya yang kian meningkat. • Lidah Buaya Tanaman Lidah Buaya Tanaman lidah buaya digunakan sebagai tanaman industri karena dapat menjadi industri makanan misalnya nata de coco dan untuk kesehatan maupun kecantikan.

Contoh penggunaan dalam berbagai jenis tanaman lidah buaya dalam dunia industri makanan misalnya nata de coco. Sementara penggunaan tanaman lidah buaya contohnya digunakan untuk industri pembuatan shampo. • Tanaman Alang-Alang Tanaman Alang-alang Tanaman alang-alang digunakan untuk dunia industri obat herbal misalnya larutan penyegar ataupun obat panas dalam yang biasanya berbentuk minuman.

• Tanaman jeruk nipis, tomat dan timun Jeruk nipis, tomat, dan timun Tanaman seperti tanaman jeruk nipis, tanaman tomat, bahkan tanaman timun biasanya digunakan untuk industri komestika atau komestik dalam pembuatan aneka jenis komestik kecantikan yang digunakan dalam perawatan wajah ataupun tubuh.

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa tnaman industri adalah jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar industri untuk sebagian besar yang sering memerlukan bahwa tanaman industri dalam proses pembuatannnya. Keperluan dasar dan hasil keperluan tersebut biasanya berasal dari sebagai bahan dasar untuk industri, terdapat kegunaan yang bisa kamu peroleh tiap harinya.

Tanaman industri digunakan untuk kebutuhan industri, kesehatan ataupu sanitasi. Jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai industri pengolahan bahan dasar atau baku, itu pasti saja hasil alami akan didapatkan lebih bermanfaat apabila diperlakukan dengan benar, tetapi tak melaksanakan itu namanya eksplotitasi yang mengambil profit sebanyak- banyaknya tanpa memandang keindahan alam sehingga akan membutuhkan aktivitas reboisasi.

Demikinlah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai jenis tanaman industri dan pemanfaatannya yang ada di masyarakat. Semoga memberikan wawasan serta edukasi bagi semuanya yang membutuhkan. Posting terkait: • Tanaman Semangka, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya • 3 Jenis OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) dan Contohnya • Pengertian Struktur Tumbuhan dan Fungsinya Posting pada Jenis, Tumbuhan Ditag bentuk tanaman industri, contoh tanaman industri, gambar tanaman industri, industri, jenis tanaman industri, macam tanaman industri, tanaman, tanaman industri, tanaman industri di Indonesia, tumbuhan industri Navigasi pos Sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang Terbaru • Burung Puyuh: Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Berternaknya • Burung Pleci: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Hewan Angsa: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Burung Kolibri: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya • Hewan Bebek: Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, dan Cara Berternaknya Kategori • Bayam • Budidaya • Burung • Ciri • Contoh • Gandum • Habitat • Hewan • Ikan • Jehe • Jenis • Kacang • Kajian Pertanian • Kandang • Karet • Kelapa • Kencur • Klasifikasi • Lidah Buaya • Manfaat • Melinjo • Padi • Penelitian • Pengertian Ahli • Perkebunan • Pertanian • Pupuk • Rambutan • Sawit • Struktur • Ternak • Tomat • Tujuan • Tumbuhan • Umbi
Budaya Indonesia yang gemar bercocok tanam ini menghasilkan keragaman olahan minuman dari tumbuh-tumbuhan, tetapi tidak hanya untuk minuman ada pula manfaat lain bercocok tanam bagi kehidupan sehari-hari.

Dikarenakan tingkat keragaman yang tinggi inilah memicu banyak sekali jenis minuman olahan dari tanaman, mulai dari minuman yang berkhasiat sebagai obat / jamu tradisional hingga minuman yang pada era modern ini diproduksi massal di pabrik. Jenis Tanaman Yang Populer Digunakan Sebagai Bahan Minuman Jika anda tertarik untuk berbudi daya tanaman obat, anda dapat membuat kebun tanaman obat mini dirumah anda. Berikut ini jenis-jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk membuat minuman menurut Ilmu Budidaya.

Teh ( Camellia sinensis ) Tanaman teh merupakan salah satu tanaman yang menjadi olahan minuman yang sangat populer di Indonesia.

Banyak sekali kebun-kebun teh dan perusahaan yang memproduksi minuman olahan teh yang kemudian dijual kepada masyarakat luas. Selain tingkat ekonomis yang tinggi dan enak untuk dikonsumsi, olahan teh dapat memberikan banyak sekali keuntungan kesehatan. Banyak sekali manfaat yang anda dapat dari konsumsi teh dikarenakan setiap jenis teh memiliki manfaatnya sendiri, berikut ini jenis-jenis dari teh dan manfaat dari masing-masing jenisnya : • Teh Hitam : Teh hitam merupakan jenis teh yang memiliki kadar kafein yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang

Kadar kafein yang tinggi membuat teh hitam sering menjadi pengganti kopi untuk menstimulasi kinerja tubuh dan otak. Selain itu, teh hitam juga memiliki kandungan fluoride yang membantu melindungi gigi anda dari karies atau gigi berlubang. • Teh Hijau : Teh hijau merupakan jenis teh yang berasal dari daun teh yang hanya melalui satu kali penyaringan. Teh hijau merupakan jenis teh yang kaya antioksidan, antioksidan ini berfungsi untuk mencegah infeksi pada kandung kemih dan membantu antibodi melawan jenis kanker payudara dan kanker paru-paru.

• Teh Putih : Jenis Teh putih berasal dari olahan daun teh muda yang memiliki rasa sedikit lebih manis. Teh putih memiliki manfaat kesehatan untuk menjaga kesehatan mulut dan membantu memecah lemak pada tubuh dengan kandungan katekin. Selain itu jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya, teh jenis ini memiliki kadar polifenol yang lebih tinggi, yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

• Teh Oolong : Teh Oolong merupakan sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang dengan perpaduan rasa antara teh hitam dan hijau. Dalam sebuah penelitian, sumber antioksidan teh oolong ternyata memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah.

Hampir sama seperti jenis teh lainnya, kandungan antioksidannya dapat mencegah berbagai penyakit seperti mencegah kanker ovarium pada perempuan. Teh jenis oolong memiliki antioksidan jenis flavonol, Antioksidan ini bekerja sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit kronis. • Teh Kombucha : Teh kombucha adalah jenis teh yang merupakan hasil fermentasi gabungan antara gula, bakteri baik dan jamur. Teh ini bisa menjadi sumber probiotik yang sangat baik sehingga dapat membantu membangun kembali bakteri baik dalam usus agar tetap seimbang.

Biji Kopi ( Coffea sp ) Biji Kopi merupakan salah satu tanaman yang diolah menjadi minuman yang paling terkenal di kalangan masyarakat, apalagi saat ini bisnis kopi sedang naik daun. Minuman Kopi digemari karena memiliki citarasa dan aroma yang khas, setiap jenisnya memiliki karakter yang berbeda.

Jenis kopi pada umumnya dibagi menjadi Kopi Arabica dan Kopi Robusta, arabica memiliki asam yang lebih tinggi daripada robusta.

Jika anda ingin melakukan budidaya kopi, anda dapat membaca artikel Cara Menanam Kopi. Tanaman ini berasal dari benua Afrika, lalu kemudian menyebar ke seluruh dunia. Tanaman kopi masuk ke Indonesia pada era Tanam Paksa atau Cultuurstelsel (1830—1870) pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Semenjak itu meminum kopi menjadi salah satu aktivitas yang digemari pada pagi hari maupun malam hari. Binahong ( Anredera cordifolia ) Tanaman Binahong merupakan tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan oleh orang Jepang dan Korea sebagai treatment herbal penyembuh segala macam penyakit.

Tanaman merambat ini dianggap sebagai tanaman hama karena hidupnya dapat menempel pada tanaman lain. Bentuk daunnya yang unik seperti hati menjadikan daun binahong sering disebut sebagai Heartleave atau daun cinta. Jika anda berminat untuk menanam tanaman binahong, anda dapat membaca Cara Budidaya Daun Binahong.

Chamomile ( Matricaria chamomilla ) Bunga dari tanaman ini biasanya digunakan sebagai teh atau pengobatan herbal, jika anda pernah ke luar negri pasti pernah mendengar teh chamomile / camomile. Kandungan pada teh chamomile terdapat senyawa jenis fenolik yang bersifat anti bakteri, dan mampu menyerap racun pada tubuh anda.

Pada hasil sebuah penelitian ternyata dengan meminum 5-6 gelas teh chamomile selama 2 minggu secara rutin akan bermanfaat bagi tubuh sebagai cara mengatasi infeksi. Jahe ( Zingiber officinale ) Saat ini banyak sekali minuman olahan jahe yang dijual di pasaran maupun di toko besar dengan berbagai merk dan kemasan.

Hal tersebut wajar dikarenakan minat masyarakat Indonesia terhadap minuman olahan jahe sangat besar bahkan sudah dari zaman kakek nenek kita. Minuman olahan jahe biasanya dikonsumsi untuk menghangatkan diri pada musim penghujan sebagai pengganti teh.

Selain itu manfaat dari mengkonsumsi minuman jahe adalah meningkatkan fungsi otak dan mengatasi peradangan kronis, serta stres oksidatif yang dapat mempercepat proses penuaan sebagai pemicu terjadinya penyakit Alzheimer. Pada musim penghujan anda butuh memperhatikan hal-hal yang dapat berdampak pada pertumbuhan Jahe, jika anda ingin menanam Jahe anda dapat membaca Cara Menanam Jahe sebutkan contoh tanaman yang digunakan sebagai bahan sandang Musim Hujan.

Itulah jenis tanaman yang populer digunakan sebagai bahan minuman. Banyak sekali ragam-ragam tanaman yang sebenarnya dapat di olah menjadi minuman dengan khasiat yang beragam pula. Beberapa jenis tanaman cocok digunakan untuk minuman hangat sedangkan yang lain lebih cocok untuk disajikan dingin. Selain anda dapat membeli produk-produk olahan tersebut, beberapa jenis tanaman dapat anda tanam sendiri dan lakukan pengolahan di rumah.

MATERI FUNGSI DAN PERAN SUMBER DAYA ALAM




2022 www.videocon.com