Ketinggian gunung gede

ketinggian gunung gede

Gunung Gede Pangrango merupakan dua gunung di Jawa Barat dengan beragam kekayaan yang terkandung didalamnya. Kekayaan alam hayati baik flora dan fauna, sejarah, juga beragam aktivitas yang sering dilakukan dikawasan ini. Jika selama ini Gede Pangrango identik dengan pendakian saja, sungguh sangat keliru. Kita dapat menggali dengan lebih dalam, sebenarnya hal-hal apa saja yang terdapat di kawasan gunung legenda tanah Sunda ini selain pendakian.

Dalam artikel kita akan mendapatkan informasi lengkap seputar Gunung Gede Pangrango. Semoga saja dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang memang sedang membutuhkannya. Gunakan navigasi dibawah ini untuk memudahkan anda mendapatkan informasi yang diinginkan di halaman ini. Selamat berselancar. • Letak, Kondisi, dan Sejarah • Kekayaan Alam • Objek Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango • Akses dan Jalur Pendakian Ketinggian gunung gede Gede Pangrango • Ragam Aktivitas Wisata • Tiket Masuk • Koleksi Foto Gunung Gede Pangrango Letak, Kondisi, dan Sejarah Letak dan Kondisi Letak Gunung Gede Pangrango secara administratif berada di 3 wilayah.

Wilayah itu antara lain Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Hal ini disebabkan oleh posisi kaki kedua gunung tersebut yang tersebar di ke 3 wilayah tersebut. Citra Satelit Kawasan Gunung Gede Pangrango Gunung Gede-Pangrango merupakan dua gunung yang terdiri dari gunung Gede dan Gunung Pangrango. Walaupun seperti menyatu, ketinggian gunung Gede Pangrango berbeda. Ketinggian Gunung Gede adalah 2.958 m dpl (diatas permukaan laut).

Sedangkan ketinggian gunung Pangrango adalah 3.019 m dpl. Kedua gunung ini dihubungkan oleh gigir gunung serupa sadel pada ketinggian +_ 2.400 m dpl, yang kita kenal saat ini sebagai daerah Kandang Badak. Gunung Pangrango yang lebih tinggimemiliki puncak berbentuk kerucut yang relatif mulus. Ini menandakan tipe gunung yang usianya relatif masih muda dan belum pernah meletus. Untuk Gunung Gede walau ketinggiannya lebih rendah, namun masih aktif. Ini daapat kita lihat dari keberadaan kawah-kawah aktif antara lain Kawah Wadon, Kawah Ratu, Kawah Baru, dan Kawah Lanang.

Titik puncak Gunung Gede terletak di atas tebing atau gigir kawah yang baru, namun gigir ini tak lagi utuh karena telah dihancurkan oleh letusan volkanik yang terjadi berulang kali.

Gigir yang lebih tua adalah punggung gunung yang dikenal sebagai Gunung Gumuruh (2.929 m dpl); kawah-kawah dan puncak Gunung Gede yang sekarang terletak pada bekas kawah Gunung Gumuruh lama yang telah punah. Di antara gigir Gunung Gede dan gigir Gunung Gumuruh itulah terletak lembah dataran tinggi bernama Alun-alun Suryakancana (2.750 m dpl), yang penuh tertutupi oleh rumpun edelweis jawa yang cantik. Kilas Sejarah Taman Nasonal Gunung Gede Pangrango Air Terjun Cibeureum 1896 Gunung Gede Pangrango telah dikenal sejak dari zaman kerajaan dahulu kala.

Bahkan di masa penjajahan, kawasan ini mempunyai nilai ekonomis yang sangat besar. Berikut ini adalah kilas sejarah Gunung Gede Pangrango seperti yang ditulis oleh Wikipedia Indonesia. Kawasan Gunung Gede dan Gunung Pangrango sesungguhnya telah dikenal lama dalam dongeng dan legenda tanah Sunda.

Salah satunya, naskah perjalanan Bujangga Manik dari sekitar abad-13 telah menyebut-nyebut tempat bernama Puncak dan Bukit Ageung (yakni, Gunung Gede) yang disebutnya sebagai “.hulu wano na Pakuan” (tempat yang tertinggi di Pakuan).

Agaknya, pada masa itu telah ada jalan kuno antara Bogor (d/h Pakuan) dengan Cianjur, yang melintasi lereng utara G. Gede di sekitar Cipanas sekarang. Pada masa penjajahan Belanda wilayah yang subur ini kemudian tumbuh menjadi area pertanian, terutama perkebunan. Dari tahun 1728 teh Jepang telah mulai ditanam, dan pada 1835 perkebunan teh ini telah dikembangkan di Ciawi dan Cikopo. Menyusul pada 1878 dikembangkan teh Assam, yang terlebih sukses lagi, sehingga mengubah lansekap dan perekonomian di seputar lereng Gede-Pangrango.

COLLECTIE ROPENMUSEUM J.C. Koningsberger in de krater van de Gedé Kawasan Gede-Pangrango juga dikenal sebagai salah satu tempat favorit dan tertua, bagi penelitian-penelitian tentang alam di Indonesia. Menurut catatan modern, orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Gede adalah Reinwardt, ketinggian gunung gede dan direktur pertama Kebun Raya Bogor, yang mendaki G. Gede pada April 1819. Ia meneliti dan menulis deskripsi vegetasi di bagian gunung yang lebih tinggi hingga ke puncak.

Reinwardt sebetulnya juga menyebutkan, bahwa Horsfield telah mendaki gunung ini lebih dahulu daripadanya; akan tetapi catatan perjalanan Horsfield ini tidak dapat ditemukan. Dua tahun kemudian, melalui sehelai surat yang dikirimkan dari Buitenzorg (sekarang Bogor) pada awal Agustus 1821, Kuhl dan van Hasselt menyebutkan bahwa mereka baru saja menyelesaikan pendakian dan penelitian ke puncak Pangrango.

Kedua peneliti muda itu menemukan banyak jejak dan jalur lintasan badak jawa di sana, bahkan mereka menggunakannya untuk memudahkan menembus hutan menuju puncak G. Pangrango. Delapan belas tahun kemudian Junghuhn mendaki ke puncak Pangrango pada bulan Maret 1839, dan juga ke puncak Gede dan wilayah sekitarnya pada bulan-bulan berikutnya, untuk mempelajari topografi, geologi, meteorologi, serta botani tetumbuhan di daerah ini. Sejak masa itu, tidak lagi terhitung banyaknya peneliti yang telah mengunjungi kawasan ini hingga sekarang, baik yang tinggal lama maupun yang sekadar singgah dalam kunjungan singkat.

collectie ropenmuseum zwaveldamp in de krater van de gunung geda op west java Banyaknya peneliti yang berkunjung ke tempat ini tak bisa dilepaskan dari ketinggian gunung gede dan keindahan alam di Gunung Gede-Pangrango, dan awalnya juga oleh keberadaan Kebun Raya Cibodas; yang semula—ketika dibangun pada 1830 oleh J.E Teijsman—sebetulnya dimaksudkan sebagai kebun aklimatisasi bagi tanaman-tanaman yang potensial untuk dikembangkan dalam perkebunan.

Kebun yang kemudian dikembangkan menjadi kebun raya (lk. 1870), ini menyediakan tempat menginap yang cukup baik, sarana penelitian, serta catatan-catatan dan informasi dasar yang terus bertumbuh mengenai keadaan lingkungan dan hutan di sekitarnya.

Pada tahun 1889, atas usulan Treub, sebidang hutan pegunungan seluas 240 hektare di atas kebun raya tersebut hingga ke wilayah sekitar Air Panas ditetapkan sebagai cagar alam oleh Pemerintah Hindia Belanda. Inilah cagar alam dan kawasan konservasi ragam hayati yang pertama didirikan di Indonesia. Belakangan, pada 1926, cagar alam ini diperluas hingga mencakup puncak-puncak gunung Gede dan Pangrango, dengan luas total 1.200 ha.

COLLECTIE TROPENMUSEUM ‘Door de eruptie van de vulkaan Gede WestJava zijn objecten als deze triangulatiepilaar op het hoogste punt van de kraterrand Bersama dengan meningkatnya kesadaran ketinggian gunung gede pentingnya lingkungan hidup, pada tahun 1978 Pemerintah Indonesia menetapkan Cagar Alam (CA) Gunung Gede Pangrango seluas 14.000 ha, melingkup kedua puncak gunung beserta tutupan hutan di lereng-lerengnya.

Kemudian pada 6 Maret 1980 cagar alam ini digabungkan dengan beberapa suaka alam yang berdekatan dan ditingkatkan statusnya menjadi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango—satu dari lima taman nasional yang pertama di Indonesia, dengan luas keseluruhan 15.196 ha.

Dan akhirnya, melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan nomor 174/Kpts-II/2003 tanggal 10 Juni 2003 tentang Penunjukan dan Perubahan Fungsi Kawasan Cagar Alam, Taman Wisata Alam, Hutan Produksi Tetap dan Hutan Produksi terbatas pada Kelompok Hutan Gunung Gede Pangrango, kawasan TN Gunung Gede Pangrango memperoleh tambahan area seluas 7.655,03 ha dari Perum Ketinggian gunung gede Unit III Jawa Barat, sehingga total luasannya kini menjadi 22.851,03 ha.

Kekayaan Alam Keanekaragaman hayati yang terkandung di Gunung Gede Pangrango sangatlah melimpah, terutama flora pegunungan. Dari catatatan sejarah yang telah dituliskan diatas dapat diketahui bahwa kekayaan di kawasan ini menarik banyak ahli dan peneliti untuk mengeksplorasi kawasan Gunung Gede Pangrango. Seperti misalnya Thunberg yang ketinggian gunung gede membuat kajian botani pada tahun 1777 di wilayah ini. Lalu kemudian Blume yang mendaki puncak gunung Gede, yang untuk pertama kalinya menggunakan jalur pendakian yang kita kenal saat ini sebagai jalur pendakian Cibodas.

Kemudian diikuti oleh Wallace yang mengikuti jalur ini pada tahun 1861 dalam rangka mengoleksi burung dan serangga, walaupun mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Secara garis besar para ahli membedakan tipe hutan primer yang ada di kawasan pegunungan ini menjadi dua jenis, yaitu tipe hutan tinggi dan tipe hutan elfin atau hutan lumut yang selanjutnya dinamai pula dengan hutan alpinoid atau vegetasi sub alpin.

Untuk tipe hutan tinggi lebih lanjut dibagi menjadi dua bagian yakni hutan pegunungan bawah dan hutan pegunungan atas. Flora Taman nasional ini terutama dikenal karena kekayaan flora hutan pegunungan yang dimilikinya. Sebagai gambaran, di seluruh wilayah CA Cibodas-Gede (kini bagian dari Taman Nasional), pada ketinggian 1.500 m dpl ketinggian gunung gede ke puncak Gede dan Pangrango, tercatat tidak kurang dari 870 spesies tumbuhan berbunga dan 150 spesies paku-pakuan.

Jenis-jenis anggrek tercatat hingga 200 spesies di seluruh Taman Nasional. Van Steenis selanjutnya juga mencatat, dari 68 spesies tumbuhan pegunungan yang langka dan hanya diketahui keberadaannya ketinggian gunung gede satu gunung saja di Jawa, 9 jenis di antaranya tercatat hanya dari Gunung Gede, dan 6 dari 9 jenis itu endemik Jawa.

Jenis edelweis jawa (Anaphalis javanica) yang tumbuh ketinggian gunung gede di Alun-alun Suryakancana sangat populer di kalangan pendaki gunung dan pecinta ketinggian gunung gede, sehingga dijadikan maskot taman nasional ini. Akan tetapi yang endemik Jawa dan agak jarang dijumpai sebetulnya adalah kerabat dekatnya, Anaphalis maxima[9]; di TNGGP hanya didapati di G. Pangrango dekat Kandang Badak[8]. Beberapa jenis endemik lain yang didapati di kawasan ini, di antaranya, sejenis uwi Dioscorea madiunensis; sejenis jernang Daemonorops rubra; pinang hijau Pinanga javana; sejenis kapulaga Amomum pseudofoetens; dan masih banyak lagi.

Fauna Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki kekayaan jenis hewan yang cukup tinggi, terutama di zona hutan pegunungan bawah. Beberapa jenisnya yang terhitung langka, endemik atau terancam kepunahan, di antaranya, adalah owa jawa (Hylobates moloch), lutung surili (Presbytis comata), anjing ajag (Cuon alpinus), macan tutul (Panthera pardus), biul slentek Melogale orientalis, sejenis celurut gunung Crocidura orientalis, kelelawar Glischropus javanus dan Otomops formosus, sejenis bajing terbang Hylopetes bartelsi, dua jenis tikus Kadarsanomys sodyi dan Pithecheir melanurus[10].

Beberapa jenis burung seperti elang jawa (Spizaetus bartelsi), serak bukit Phodilus badius, celepuk jawa Otus angelinae, cabak gunung Caprimulgus pulchellus, walet gunung Collocalia vulcanorum, pelatuk ketinggian gunung gede Reinwardtipicus validus, ciung-mungkal jawa Cochoa azurea, anis hutan Zoothera andromedae, dan beberapa spesies lain[11].

Sejenis ular pegunungan Pseudoxenodon inornatus yang jarang kemungkinan juga terdapat di sini[10]; juga beberapa jenis amfibia langka seperti katak merah (Leptophryne borbonica), dan sejenis sesilia Ichthyophis hypocyaneus. Hewan-hewan lain yang acap dijumpai, di antaranya monyet kra (Macaca fascicularis), lutung budeng (Trachypithecus auratus), teledu sigung (Mydaus javanensis), tupai ketinggian gunung gede (Tupaia glis), tupai kekes (T.

javanica), tikus babi (Hylomys suillus), jelarang hitam (Ratufa bicolor), bajing-tanah bergaris-tiga (Lariscus insignis), pelanduk jawa (Tragulus javanicus) dan lain-lain. Seluruhnya, lebih dari 100 jenis mamalia serta lk. 250 jenis burung. Objek Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Terdapat sejumlah objek menarik yang dapat dijadikan untuk kunjungan wisata taman nasional gunung gede pangrango.

Objek wisata itu antara lain sebagai berikut: • Bumi Perkemahan Mandalawangi. Letaknya berada di komplek Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di sebelah utara.

Layaknya sebuah bumi perkemahan, tempat ini menjadi ketinggian gunung gede favorit untuk melakukan kegiatan camping atau perkemahan. • Canopy Trail. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk jalur pendakian gunung Gede Pangrango Cibodas. Wahana ini berupa jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 m dengan tiang penyangga berupa 4 pohon Rasamala (altingia excelsa) dengan diameter 1,2 meter dan tinggi canopy trail berkisar 45 meter. Sensasi wahana ini akan berujung pada Curug Ciwalen yang konon katanya bisa membuat awet muda.

• Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektare (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk jalur pendakian gunung Gede Pangrango Cibodas.

Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru. • Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat. • Air Panas. Terletak sekitar ketinggian gunung gede km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas. • Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa.

Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas. • Puncak dan Kawah Gunung Gede. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah.

Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas. • Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektare yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas. Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Terdapat tiga jalur pendakian yang sering digunakan oleh para pendaki untuk menuju gunung Gede Pangrango.

Jalur pendakian gunung gede pangrango ini antara lain via Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana. Ke 3 jalur ini merupakan jalur resmi pendakian, dari sekian banyak jalur yang dapat diakses.

Via Cibodas Akses menuju gunung Gede Pangrango via Cibodas. Berjarak sekitar 95 km dari Jakarta dan 85 km dari Bandung. Untuk menuju Cibodas anda dapat berpatokan pada pertigaan Cibodas (paragajen). Dari arah Puncak-Bogor-Jakarta anda akan melewati perkebunan teh, lalu Hotel Puncak Pass. Kemudian dilanjutkan sampai nanti bertemu dengan DSE factory Outlet.

Berjarak sekitar 70 meter ada pertigaan Cibodas, ambil arah kanan menuju Cibodas. Jika anda dari arah Cianjur-Bandung, anda dapat menjadikan Istana Negara Cipanas dan Pasar Cipanas sebagai pertama. Lalu dilanjutkan sampai bertemu dengan Rumah Sakit Cimacan. 40 meter setelahnya ada pertigaan, ambil arah kiri menuju Cibodas Untuk anda yang menggunakan angkutan umum, di pertigaan Cibodas terdapat angkot yang sering ketinggian gunung gede disana. Ongkosnya Rp.

4.000,- sampai lokasi. Via Gunung Putri Akses menuju gunung Gede Pangrango jalur putri, baik dari arah Bogor Jakarta atau Cianjur-Bandung, anda dapat berpatokan pada Pasar Cipanas. Dari sana anda dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum jurusan Pasir Kampung menuju gunung Putri. Ongkosnya sekitar Rp. 10.000,. Via Salabintana Sukabumi Untuk anda yang memilih untuk menggunakan jalur pendakian via salabintana, anda memulainya atau berpatokan mulai dari terminal Sukabumi.

Dari sana anda dapat meneruskan perjalanan menuju Pondok Halimun mengggunakan angkutan umum atau dapat juga dengan mencarter mobil. Ragam Aktivitas Wisata di Cibodas Banyak sekali kegiatan atau aktivitas wisata yang dapat kita lakukan di Gunung Gede Pangrango, terutama di sekitaran kaki gunung.

Pendakian menuju puncak gunung atau Alun-alun Suryakencana, merupakan salah satu dari sekian banyak aktivitas yang menjadi favorit. Kita dapat melihatnya sendiri dari tingginya minat pendakian disetiap pekannya. Tapi tidak hanya wisata berupa pendakian menuju puncak gunung saja, banyak juga diantara para penunjung kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang hanya melakukan pendakian menuju objek yang ada di sekitaran kaki gunung.

Diantaranya adalah pendakian atau hiking trip Air Terjun Cibeureum, Canopy Trail, Danau Telaga Biru dan Air Panas. Dana minat para wisatawan untuk aktivitas ini pun terbilang tinggi.

Aktivitas lainnya yang ada di kaki gunung adalah kegiatan camping atau perkemahan. Bumi Perkemahan Mandalawangi menjadi tempat untuk aktivitas tersebut. Kita dapat melihat disetiap akhir pekan, salah satu tempat camping di Cibodas ini selalu dipenuhi dengan wisatawan yang melakukan kegiatan camping dan kegiatan oudoor lainnya seperti outbound dan training program.

Sebagai tempat camping, fasilitas dan kondisi geografis Bumi Perkemahan Mandalawangi terbilang cukup lengkap. Disini terdapat sejumlah fasilitas pendukung seperti toilet, musholla, selter, petunjuk arah, jembatan, wisma, arena outbound, dan warung-warung kecil. Untuk kondisi geografisnya sendiri terdiri dari area perkemahan (camping ground), danau, sungai, hutan, dan air terjun. Tiket Masuk di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Tiket masuk wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berbeda-beda.

Hal ini disesuaikan dengan objek wisata yang akan dikunjungi dan status kewarganegaraan. Berikut sejumlah tiket masuk yang berlaku (update Maret 2017), khususnya di kawasan Cibodas. Harga tiket masuk pendakian • Wisatawan Domestik : Rp. 27.500,-/orang (weekday) dan Rp. 32.500,-/orang (weekend). • Wisatawan mancanegara : Rp. 157.500,-/orang (weekday) dan Rp. 232.500,-/orang (weekend).

Lamanya pendakian untuk 2 hari 1 malam. Harga tiket masuk Bumi Perkemahan Mandalawangi • Perkemahan (camping) : Rp. 27.500,-/orang (weekend) dan Rp. 22.500,-/orang (weekday) untuk 2 hari 1 malam. • Kunjungan wisata : Rp. 18.500,-/orang untuk sehari. Harga tiket masuk Air Terjun Cibeureum • Wisatawan domestik : Rp. 18.500,-/orang • Wisatawan mancanegara : Rp. 155.000,-/orang Harga tiket masuk Canopy Trail • Wisatawan domestik : Rp.

40.000,-/orang • Wisatawan mancanegara : Rp. 155.000,-/orang Koleksi Foto Kawasan Gunung Gede Pangrango Sebagai pelengkap dan penutup dari ulasan tentang Gunung Gede Pangrango, berikut ini kami hadirkan beberapa foto koleksi dari kawasan Gunung Gede Pangrango, untuk anda. Baca Artikel yang terkait dengan ini : • Air Terjun Cibodas, Airnya Memang ‘Bodas’ • Informasi Terbaru Kebun Raya Cibodas • Pendakian Gunung Gede Pangrango • Cibodas Puncak – Wisata Camping, Outbound, Hiking dan Tour Taman Cibodas • Tips Camping Pemula • Air Terjun – Curug Cibeureum Cibodas, Destinasi, Gede Pangrango, Mandalawangi Cibodas camping, Cibodas, cuaca gede pangrango, destinasi, destinasi 2, gede pangrango, gunung gede, gunung pangrango, hiking, puncak Hai, nama ketinggian gunung gede Yusup.

Saya lahir dan tinggal di Cibodas, Kaki Gn. Gede Pangrango. Dengan kemampuan menulis yang sangat terbatas, saya mencoba untuk memperkenalkan beragam potensi yang dipunyai oleh tempat kelahiran saya melalui jaringan internet, agar dapat diketahui oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selamat menikmati tulisan-tulisan sederhana saya di situs ini. Semoga Anda terbantu dan dapat bermanfaat. Gunung gede pangrango mempunyai pemandangan yang eksotis selain itu diketahui memiliki ketinggian mencapai 2.958 mdpl. Ketinggian gunung gede bogor.

Gunung pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl, sementara gunung ciremai 3078 mdpl. Untuk mencapai gunung pangrango, para pendaki perlu melalui jalur gunung putri, cibodas dan selabintana. Jika para pendaki ingin melakukan pendakian, para pendaki.

Keunikan yang utama dari coffee shop ini adalah letaknya berada di ketinggian 850 mdpl gunung gede pangrango dan berhadapan langsung dengan gunung salak. Puncak gunung gede merupakan tempat yang asik untuk melihat matahari terbit dan terbenam serta pemandangan hamparan kota cianjur, sukabumi dan bogor. Kabupaten cianjur, kabupaten sukabumi ketinggian : Salah satu tempat wisata di gunung gede yang sayang untuk dilewatkan adalah kebun raya bogor.

Pendakian sendiri merupakan kegiatan mendaki sebuah gunung sebagai kegiatan olahraga ekstrim sekaligus kegiatan rekreasi alam yang menyenangkan.

Gunung gede di bogor, merupakan gunung yang cocok untuk anda pendaki pemula. Gunung ini memiliki ketinggian 2.958 mdpl. Gunung pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di jawa barat setelah gunung ciremai. Memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdpl, gunung gede menyimpan ragam flora dan fauna yang masih terjaga. Kedua gunung ini dihubungkan oleh gigir gunung serupa sadel pada ketinggian +_ 2.400 m dpl, yang kita kenal saat ini sebagai daerah kandang badak.

Gunung yang terakhir meletus di tahun 1957 ini terletak di perbatasan wilayah kabupaten bogor, cianjur dan sukabumi. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 1980 yang menjadikannya salah satu taman nasional tertua di indonesia. Memiliki ketinggian 3019 mdpl, gunung pangrango bersebalahan dengan gunung. Gunung gede menjadi satu di antara gunung yang banyak dikunjungi pendaki dan jadi tempat wisata cukup populer di jawa barat.

Berada di ketinggian 2958 mdpl dengan jarak sekitar 9,7 km dari pintu masuk cibodas. Gunung pangrango terletak diantara kabupaten bogor, kabupaten cianjur dan kabupaten sukabumi, ketinggian gunung gede barat. Gunung gede pangrango (tnggp) berada di tiga kabupaten di provinsi jawa barat yaitu kabupaten bogor, sukabumi, dan cianjur.

Ok kita bahas sedikit dari deretan gunung yang ada di bogor diatas dimulai dari : Gunung gede juga masuk ke kawasan taman nasional gede pangrango. 3.019 mdpl jalur pendakian : Jual villa di lereng gunung gede, di tengah kebun teh, ketinggian 1.035 ketinggian gunung gede (puncak) (cipanas) cianjur, pangrango bogor rp.

Jika kalian warga bogor atau ingin mengunjungi bogor ketinggian gunung gede ingin merasakan ngopi sambil wisata kalian bisa pergi ke elji cafe.

Sudah tidak asing lagi bahwa kebun raya yang satu ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata populer dan ramai didatangi wisatawan. Semua sudah pada tahu kan ia gunung satu ini dimana untuk bisa mendaki gunung satu ini kamu bisa menggunakan jalur pendakian gede pangrango antara lain via cibodas.

Tempat yang satu ini menjadi wisata di gunung gede yang sayang untuk tidak dikunjungi. Pesona keindahan gede pangrango memang membuat banyak para pendaki ingin menggapai puncaknya. Lingkung gunung pancawati merupakan camping ground yang terletak di kaki gunung gede pangrango. Villa dijual jual villa di lereng gunung gede, di tengah kebun teh. Wisata gunung gede tempatnya berada di antara tiga kabupaten adalah kabupaten bogor, kabupaten cianjur dan kabupaten sukabumi, dengan ketinggian 1.

Kabupaten cianjur, kabupaten sukabumi, kabupaten bogor ketinggian : Dalam mendaki gunung, kita akan dituntut untuk melewati berbagai tantangan dan rintangan yang berbahaya. Berada pada ketinggian 800 mdpl membuatnya memiliki udara bersih nan sejuk dengan panorama pegunungan yang eksotis. Gunung ini menjadi salah satu gunung favorit di indonesia dengan jumlah pendaki jika weekend sangat parah selalu full jadi bila kamu ingin mendaki kesini alangkah baiknya ambil.

Taman nasional gunung gede pangrango (tnggp) merupakan salah satu kawasan lindung di jawa barat yang memiliki pesona alam indah. Sedangkan ketinggian gunung pangrango adalah 3.019 m dpl. Ketinggian gunung gede adalah 2.958 m dpl (diatas permukaan laut). Gunung gede berlokasi ketinggian gunung gede area taman nasional gunung gede pangrango (tnggp) termasuk ke dalam provinsi jawa barat, ditetapkan sebagai taman nasional pada 1980 dan merupakan salah satu taman nasional tertua di indonesia.

Gunung gede pangrango terletak di tiga kabupaten, yaitu kabupaten bogor, kabupaten cianjur dan kabupaten sukabumi. Di taman nasional ini terdapat dua gunung yaitu gunung gede dengan ketinggian 2.958 mdpl (9.705 ft.) dan gunung pangrango dengan ketinggian. Rumah dijual jual villa di lereng gunung gede, di tengah kebun teh, ketinggian 1.035 mdpl: 2.958 mdpl jalur pendakian : Memiliki sejumlah fasilitas yang mumpuni untuk kegiatan outing seperti camping ground, rumah pondok, kamar mandi, aula, resto, hingga kolam renang.

Yakni jalur cibodas, jalur gunung putri di cipanas dan jalur selabintana di sukabumi. Dengan kondisi alam yang masih sangat asri, gunung gede dikelilingi oleh hutan pegunungan yang kaya akan berbagai jenis flora dan fauna.

Buat kamu yang gemar mendaki, kamu bisa menjadikan gunung gede pangrango menjadi salah satu tujuan kamu mendaki. Cibodas kedua gunung tersebut dikelola oleh taman nasional gunung gede pangrango (tnggp).

ketinggian gunung gede

Gunung pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di jawa barat setelah gunung ceremai. Rumah dijual jual villa di lereng gunung gede, di tengah kebun teh, ketinggian 1.035 mdpl: Terkait tentang ketinggian gunung gede gede pangrango, berikut ini beberapa fakta tentang gunung tersebut: Puncak dan kawah gunung gede ; Menerapkan sistem booking online, akan memudahkanmu dalam proses sebelum ataupun sesudah pendakian Cibodas, gunung putri, selabintana gunung pangrango: Diurutan ke tiga gunung tertinggi di jawa barat ialah gunung gede yang berada di dua wilayah yakni kabupaten cianjur dan sukabumi.

Keindahan alam gunung gede nampaknya lebih memukau dibanding gunung pangrango yang tertutup rimbunan pohon. 000 meter dari permukaan air laut. gunung gede Pegunungan gede pangrango national park Google zoeken Puncak Gede Petualangan Salak mountain Green Adventour as My Partner Travel Agent Peek Holidays sudah disuguhi yang indahindah, harus dijaga biar tetap Gunung Gede Pangrango National Park, Indonesia Gunung Gede Pangrango (Bogor Cianjur) Pegunungan 20 Pemandangan Gunung Gede Bogor Taman Nasional Gunung Surya Kencana, Mountain Gede, West Java Gunung Gede Curug Cibeureum (Cibeureum Waterfalls) located in Cibodas Gunung Gede via Putri July 2018 gununggedepangrango Menuju gunung gede pangrango.

Mengagumkan, Fotografi, Gunung Trekking Seru Bersama Keluarga ke Gunung Papandayan Enjoying the summit of Mt. Gede / Pangrango, Bogor Indonesia Curug Cibeureum (Cibeureum Waterfalls) located in Cibodas Curug Cibeureum (Cibeureum Waterfalls) located in Cibodas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. 30 Mei 2014 Gunung Gede Pangrango (Bogor Ketinggian gunung gede Indonesia, Gunung
• Beranda • Destinasi • Kebun Raya Cibodas • Gunung Gede Pangrango • BUPER Mandalawangi • BUPER Golf Cibodas • Air Terjun Cibeureum • Canopy Trail • Layanan Kami • Camping • Outbound • Hiking Private Trip • Tour Taman Cibodas • Sewa Tenda • Tiket • Camping • Artikel • Halaman Bantuan • Kontak Kami TOP Seolah-olah jika mendengar nama kedua gunung ini, dapat dipastikan pikiran kita sedang membayangkan kegiatan pendakian.

Tapi,… Apakah anda tau, jika kita gali lebih dalam informasi tentang Gunung Gede Pangrango, kita bisa mendapatkan fakta bahwa kedua gunung ini bukan hanya populer untuk kegiatan (wisata) pendakian saja.

Ada banyak kegiatan wisata yang dapat anda lakukan di kawasan yang telah diumumkan sebagai Taman Nasional, sejak tahun 1980 ini. Bukan hanya pendakian gunung saja. Terutama wisata di kaki gunungnya. Belum lagi kekayaan alam yang berada di dalamnya berupa flora dan faunanya. Waah,… bakal membuat anda ingin punya rumah disini deh kayaknya… 😀 Baiklah. Dalam artikel kali ini saya akan ajak anda untuk mengulas beragam informasi yang berkaitan dengan si “gunung kembar ini”. Maksud saya seperti ini; Setidaknya jika suatu hari nanti anda hendak berwisata di kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango ini, anda sudah mempunyai bekal berupa informasi dan pengetahuan cukup.

Jadi tidak terlalu ketinggian gunung gede informasi. atau … Yaaah,… minimalnya anda bisa menjawab jika ada yang bertanya, walau anda belum pernah mengunjunginya 😀 Baik, saya akan ringkas informasi tentang gunung legenda ini dalam daftar isi berikut ini.

• Sejarah Gunung Gede Pangrango • Letak dan Kondisi Geografis • Jalur Pendakian • Objek Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango • Tiket Sejarah Gunung Gede Pangrango Setiap tempat terkenal, pastinya mempunyai history atau sejarahnya tersendiri. Jika kita bicara tentang sejarah si gunung kembar ini, kawasan Gunung Gede dan Gunung Pangrango sesungguhnya telah dikenal lama dalam dongeng dan legenda tanah Sunda.

Salah satunya, naskah perjalanan Bujangga Manik dari sekitar abad-13 telah menyebut-nyebut tempat bernama Puncak dan Bukit Ageung (yakni, Gunung Gede) yang disebutnya sebagai “.hulu wano na Pakuan” (tempat yang tertinggi di Pakuan). Agaknya, pada masa itu telah ada jalan kuno antara Bogor (d/h Pakuan) dengan Cianjur, yang melintasi lereng utara G. Gede di sekitar Cipanas sekarang. Gede-Pangrango (unknown photographer and date) Courtesy TropenMuseum Archives.

Sumber Pada masa penjajahan Belanda wilayah yang subur ini kemudian tumbuh menjadi area pertanian, terutama perkebunan. Dari tahun 1728 teh Jepang telah mulai ditanam, dan pada 1835 perkebunan teh ini telah dikembangkan di Ciawi dan Cikopo. Menyusul pada 1878 dikembangkan teh Assam, yang terlebih sukses lagi, sehingga mengubah lansekap dan perekonomian di seputar lereng Gede-Pangrango.

Bagi anda yang ingin tahu tentang sejarah si gunung kembar lebih lengkap, anda bisa membukanya pada ulasan berikut ini. Sejarah Kawasan Gunung Gede Pangrango.

Letak dan Kondisi Geografis Letak Gunung Gede Pangrango secara administratif berada di 3 wilayah. Wilayah itu antara lain Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Hal ini disebabkan oleh posisi kaki kedua gunung tersebut yang tersebar di ke 3 wilayah tersebut.

Gunung Gede-Pangrango merupakan dua gunung yang terdiri dari gunung Gede dan Gunung Pangrango. Walaupun seperti menyatu, ketinggian gunung Gede Pangrango berbeda. Gunung Pangrango seen from an apartment in BSD (Dan Quinn, April 2019) Ketinggian Gunung Gede adalah 2.958 m dpl (diatas permukaan laut). Sedangkan ketinggian gunung Pangrango adalah 3.019 m dpl. Kedua gunung ini dihubungkan oleh gigir gunung serupa sadel pada ketinggian +_ 2.400 m dpl, yang kita kenal saat ini sebagai daerah Kandang Badak.

Gunung Pangrango yang lebih tinggimemiliki puncak berbentuk kerucut yang relatif mulus. Ini menandakan tipe gunung yang usianya relatif masih muda dan belum pernah meletus. Untuk Gunung Gede walau ketinggiannya lebih rendah, namun masih aktif. Ini dapat kita lihat dari keberadaan kawah-kawah aktif antara lain Kawah Wadon, Kawah Ratu, Kawah Baru, dan Kawah Lanang.

Titik puncak Gunung Gede terletak di atas tebing atau gigir kawah yang baru, namun gigir ini tak lagi utuh karena telah dihancurkan oleh letusan volkanik yang terjadi berulang kali. Gigir yang lebih tua adalah punggung gunung yang dikenal sebagai Gunung Gumuruh (2.929 m dpl); kawah-kawah dan puncak Gunung Gede yang sekarang terletak pada bekas kawah Gunung Gumuruh lama yang telah punah. Di antara gigir Gunung Gede dan gigir Gunung Gumuruh itulah terletak lembah dataran tinggi bernama Alun-alun Suryakancana (2.750 m dpl), yang penuh tertutupi oleh rumpun edelweis jawa yang cantik.

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Terdapat tiga jalur pendakian yang sering digunakan oleh para pendaki untuk menuju gunung Gede Pangrango. Jalur pendakian gunung gede pangrango ini antara lain via Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana. Ke 3 jalur ini merupakan jalur resmi pendakian, dari sekian banyak jalur yang dapat diakses.

Gunung Gede Pangrango Via Cibodas Akses menuju gunung Gede Pangrango via Cibodas. Berjarak sekitar 95 km dari Jakarta dan 85 km dari Bandung. Untuk menuju Cibodas anda dapat berpatokan pada pertigaan Cibodas (paragajen).

Dari arah Puncak-Bogor-Jakarta anda akan melewati perkebunan teh, lalu Hotel Puncak Pass. Kemudian dilanjutkan sampai nanti bertemu dengan DSE factory Outlet. Berjarak sekitar 70 meter ada pertigaan Cibodas, ambil arah kanan menuju Cibodas. Jika anda dari arah Cianjur-Bandung, anda dapat menjadikan Istana Negara Cipanas dan Pasar Cipanas sebagai pertama.

Lalu dilanjutkan sampai bertemu dengan Rumah Sakit Cimacan. 40 meter setelahnya ada pertigaan, ambil arah kiri menuju Cibodas Untuk anda yang menggunakan angkutan umum, di pertigaan Cibodas terdapat angkot yang sering mangkal disana.

Ongkosnya Rp. 4.000,- sampai lokasi. Via Gunung Putri Akses menuju gunung Gede Pangrango jalur putri, baik dari arah Bogor Jakarta atau Cianjur-Bandung, anda dapat berpatokan pada Pasar Cipanas.

Dari sana anda dapat meneruskan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum jurusan Pasir Kampung ketinggian gunung gede gunung Putri. Ongkosnya sekitar Rp. 15.000,. Via Salabintana Sukabumi Untuk anda yang memilih untuk menggunakan jalur pendakian via Salabintana, anda memulainya atau berpatokan mulai dari terminal Sukabumi.

Dari sana anda dapat meneruskan perjalanan menuju Pondok Halimun menggunakan angkutan umum atau dapat juga dengan mencarter mobil. Objek Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Terdapat sejumlah objek menarik yang dapat dijadikan untuk kunjungan wisata.

Diantaranya adalah: #1 Bumi Perkemahan Mandalawangi. Letaknya berada di komplek Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di sebelah utara. Layaknya sebuah bumi perkemahan, tempat ini menjadi lokasi ketinggian gunung gede untuk melakukan kegiatan camping atau perkemahan. #2 Canopy Trail. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk jalur pendakian, via Cibodas. Wahana ini berupa jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 m dengan tiang penyangga berupa 4 pohon Rasamala (altingia excelsa) dengan diameter 1,2 meter dan tinggi canopy trail berkisar 45 meter.

#3 Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektare (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk jalur pendakian gunung Gede Pangrango Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.

#4 Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.

#5 Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas. #6 Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m.

ketinggian gunung gede

dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas. #7 Puncak dan Kawah Gunung Gede. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m.

ketinggian gunung gede

dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas. #8 Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektare yang ditutupi hamparan bunga edelweiss.

Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas Tiket Tiket masuk wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berbeda-beda.

Hal ini tentunya disesuaikan dengan objek wisata yang akan dikunjungi dan status kewarganegaraan. Berikut sejumlah tiket masuk yang berlaku (update Maret 2017), khususnya di kawasan Cibodas.

ketinggian gunung gede

Harga tiket masuk pendakian • Wisatawan Domestik : Rp. 27.500,-/orang (weekday) dan Rp. 32.500,-/orang (weekend). • Wisatawan mancanegara : Rp. 157.500,-/orang (weekday) dan Rp. 232.500,-/orang (weekend). Lamanya pendakian untuk 2 hari 1 malam.

Harga tiket camping Mandalawangi • Perkemahan (camping) : Rp. 27.500,-/orang untuk 2 hari 1 malam. • Kunjungan wisata : Rp. 18.500,-/orang untuk sehari. Harga tiket masuk Air Terjun Cibeureum • Wisatawan domestik : Rp. 18.500,-/orang • Wisatawan mancanegara : Rp. 155.000,-/orang Harga tiket masuk Canopy Trail Ciwalen • Wisatawan domestik : Rp.

40.000,-/orang • Wisatawan mancanegara : Rp. 155.000,-/orang About Author Hai, saya Yusuf. Saya senang bisa membantu Anda dalam mendapatkan informasi seputar kawasan Cibodas, tempat saya lahir dan tinggal sekarang.

Anda bisa menghubungi saya untuk bertanya atau berdiskusi ketinggian gunung gede wisata di Cibodas. Silahkan tulis di kolom komentar atau hubungi kontak saya ya. Saya tunggu! Jakarta - Gunung Gede merupakan sebuah gunung berapi yang berada di Jawa Barat. Mau tahu apa saja fakta menarik dari gunung ini? Yuk simak artikel di bawah ini. Gunung gede memiliki ketinggian mencapai 2.958 mdpl yang terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Kondisi alam sekitarnya yang masih asri ini membuat banyaknya jenis ragam flora dan fauna. Berikut fakta mengenai Gunung Gede yang harus kamu ketahui: Baca juga: 9 Fakta Menarik Gunung Semeru, Surganya Para Pendaki 1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Gunung Gede termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional pertama kali diumumkan di Indonesia. 2. Memiliki 3 Jalur Pendakian Jika kamu ingin mencoba menjajaki Gunung Gede bisa menggunakan 3 jalur.

Akses menuju ke gunung ini bisa menggunakan jalur Cibodas, jalur Gunung Putri di Cipanas, dan jalur Selabintana di Sukabumi. 3. Alun-alun Surya Kencana Alun-alun Surya Kencana terletak di sebelah timur Gunung Gede. Alun-alun ini sebuah padang rumput yang dihiasi tanaman edelweiss yang indah. 4. Telaga Biru Telaga Biru bisa menjadi kunjungan wisata yang berada di sekitar Gunung Gede. Keindahan danau ini terpancar dari warna kebiruan pada airnya.

Warna biru pada air ini disebabkan oleh banyaknya ganggang biru di sekitar telaga. Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Cocok untuk Pendaki 5. Warga Asing yang Pertama Kali Berhasil Mendaki Pendaki pertama Gunung Gede bukanlah orang Indonesia, melainkan orang Ketinggian gunung gede. Pria yang bernama C.G.C Reinwardt berhasil menaklukkan Gunung Gede pada April 1819. 6. Ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfir Gunung Gede Pangrango berserta seluruh kawasan Taman Nasional ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfir pada tahun 1977.

Penetapan ini mengukuhkan jika keindahan alam gunung ini memang luar biasa. 7. Lembah Mandalawangi Tokoh fenomenal Indonesia, Soe Hok Gie kerap menghabiskan waktu di Lembah Ketinggian gunung gede yang terdapat di sekitar Gunung Gede. Soe Hok Gie ini sempat membuat sebuah pusi berjudul yang sama yaitu "Mandalawangi-Pangrango". Hal ini membuat Lembah Mandalawangi menjadi salah satu tempat yang istimewa untuk kamu kunjungi.

8. Menerapkan Sistem Booking Ketinggian gunung gede Para pendaki yang ingin mengunjungi gunung ini wajib melakukan booking online 30 hari sebelum pendakian. Pendaki wajib mengisi formulir pendaftaran beserta lampiran surat keterangan sehat. Hal ini bertujuan agar pendaki bisa mendapatkan surat izin memasuki kawasan konservasi. 9. Gunung Gede-Pangrango Merupakan Dua Gunung Berbeda Meski sering dianggap menyatu, nyatanya kedua gunung ini tidaklah sama.

Gunung Pangrango lebih tinggi dari Gunung Gede dengan ketinggian 3.019 mdpl. 10. Gunung Pangrango Belum Meletus Beberapa fakta menyatakan jika Gunung Pangrango belum pernah meletus. Hal ini dibuktikan dari puncak gunung yang masih kerucut relatif mulus.

Sementara Gunung Gede dinyatakan pernah meletus karena ditandai dengan keberadaan kawah-kawah aktif di sekitarnya. 11. Destinasi Wisata yang Terkenal Kamu bisa menikmati beberapa destinasi wisata lainnya yang terdapat di sekitar Gunung Gede Pangrango.

Ada beberapa destinasi wisata yang sudah sangat terkenal oleh para wisatawan seperti Canopy Trail dan Curug Cibeureum. 12. Banyak Pedagang Jajanan Keunikan dari gunung ini adalah banyaknya warga sekitar yang menjajakan dagangannya. Kamu dapat menjumpai para pedagangan ini di Alun-alun Surya Kencana. Nasi uduk dan gorengan menjadi menu andalan utama yang harus kamu nikmati. Itulah fakta mengenai Gunung Gede Pangrango yang dapat kamu nikmati.

Dengan keindahan yang dimilikinya, kamu harus memasukkan gunung ini menjadi list pendakianmu selanjutnya. Simak Video " Inilah Hamparan Kesejukan yang Tak Jauh dari Jakarta" [Gambas:Video 20detik] (nwy/fay)
Gunung sela, gunung mandalawangi, gunung gegerbentang dan gunung gemuruh. Ketinggian gunung gede sebelum meletus. Dalam bahasa hawaii, mauna kea berarti gunung putih karena punca Gunung gede yang kawahnya masih aktif merupakan gunungapi strato tipe a serta memiliki ketinggian 2.958 mdpl, dan gunung pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl.

Merupakan gunung berapi tertinggi di dunia jika diukur dari dasarnya, karena dasarnya terletak sekitar 5800 meter di bawah permukaan samudra pasifik sehingga total ketinggiannya mencapai 10 (sepuluh) kilometer. Gunung gede bersebalahan dengan gunung pangrango. Deleng sinabung) adalah gunung api di dataran tinggi karo, kabupaten karo, sumatra utara, indonesia.sinabung bersama gunung sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di sumatra utara dan menjadi puncak tertinggi ke 2 di provinsi itu.

Ketinggian gunung gede 2.958 mdpl. Gunung gede dan gunung pangrango masuk dalam kawasan taman nasional gede pangrango. Gunung gede masuk dalam tipe stratovolcano. Jauh sebelum gunung gede tua atau gunung gumuruh meletus dahsyat, kawasan cianjur dibentengi oleh dua gunungapi purba, yaitu gunung kancana (+1.233 m.) di selatan dan gunung manangel (+ 903 m.) di utara. Gunung tambora mengalami ketidakaktifan selama beberapa abad sebelum tahun 1815, dikenal dengan nama gunung berapi tidur, yang merupakan hasil dari pendinginan hydrous magma di dalam dapur magma yang tertutup.

Keduanya masuk dalam kawasan taman nasional gede pangrango. Gunung pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di ketinggian gunung gede barat setelah gunung ceremai. Danau kecil, seluas sekitar lima hektar, terletak di ketinggian 1.575 m dpl. Didalam taman nasional gunung gede pangrango ini anda tidak hanya akan menikmati keindahan alam gunung gede tetapi juga berbagai wisata lainnya seperti : Gunung dengan tipe stratovolcano ini memiliki karakteristik yang khas dan terakhir meletus pada tahun 1957 dengan intensitas yang cukup ringan.

Menurut penelitian direktorat vulkanologi, awal pembentukan lapisan batuan kedua gunung ini merupakan akibat dari tubrukan lempeng continental dengan lempeng oceanic. Kepala ikatan ahli geologi indonesia (iagi) jabar, a djumarma wirakusumah, menuturkan letusan gunung galunggung menyebabkan. Puncak gunung semeru, mahameru, memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini tercatat menjadi gunung tertinggi di pulau jawa, sekaligus gunung berapi tertinggi di indonesia setelah gunung kerinci (3805 mdpl) dan rinjani (3726 mdpl). Terletak 1,5 km dari gerbang masuk cibodas. Gunung yang terakhir meletus di tahun 1957 ini terletak di perbatasan wilayah kabupaten bogor, cianjur dan sukabumi. Ada banyak kegiatan di taman nasional gunung gede pangrango: Ketinggiannya diperkirakan mencapai ketinggian 10 kilometer.

Gunung berapi ini mulanya memiliki ketinggian sekitar 3.142 meter di atas pemukaan laut (dpl), namun setelah meletus pada tahun ketinggian gunung gede diperkirakan ketinggiannya turun menjadi 2.920—3.014 meter dpl.

ketinggian gunung gede

Gunung yang terakhir meletus di tahun 1957 ini terletak di perbatasan wilayah kabupaten bogor, cianjur, dan sukabumi. Terakhir kali gunung gede meletus terjadi pada maret 1957. Gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 4205 meter. Gunung gede memiliki ketinggian 2958 mdpl. Gunung gede memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdpl dan masih termasuk dalam kawasan taman nasional gede pangrango. Gunung ketinggian gunung gede merupakan gunung kecil.

Gunung di jawa barat ini berada di perbatasan wilayah kabupaten bogor, cianjur dan. Gunung pangrango berjenis stratovolcano atau gunung api aktif berbentuk kerucut dan belum pernah meletus. Saat ini, puncak tertinggi gunung agung terletak di bagian barat daya, tepat di atas pura besakih. Telaga biru ini berada di ketinggian 1.575 mdpl, tepatnya 1,5 km dari pintu masuk pendakian gunung gede via cibodas.

Berdasarkan keterangan dari tnggp (taman nasional gunung gede pangrango), letusan gunung gede pertama kali terjadi pada 1747/1748. Yuk simak keindahannya sebelum meletus. Letusan yang terjadi sangat hebat dan menyebabkan 2 aliran lava bergerak dari ketinggian gunung gede lanang. Gunung pangrango lebih tinggi dari gunung gede dengan ketinggian 3.019 mdpl. Asal mula flora ini pertama kali ditemukan oleh pendaki yang bernama c.g. Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi.

Sebanyak 80% dari wilayah indonesia, terletak di lempeng eurasia, yang meliputi sumatra, jawa, kalimantan, sulawesi dan banda. Memiliki ketinggian 3019 mdpl, gunung pangrango bersebalahan dengan gunung gede. Keduanya masuk dalam kawasan taman nasional gede pangrango. Gunung pawitra) (1.653 m dpl) adalah gunung berapi kerucut dalam kondisi istirahat yang berada di jawa timur, indonesia.posisinya berada di perbatasan dua kabupaten, yaitu kabupaten mojokerto (sisi barat) dan kabupaten pasuruan (sisi timur) dan berjarak kurang lebih 55 km sebelah selatan kota surabaya.

Gunung pangrango berjenis stratovolcano atau gunung api aktif berbentuk kerucut dan belum pernah meletus. Dengan ketinggian mencapai 1.925 mdpl, halimun mountain berhasil menyandang predikat sebagai gunung tertinggi pertama di provinsi banten. Gunung semeru atau gunung meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di jawa timur, indonesia.gunung semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, dengan puncaknya mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).gunung semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di indonesia setelah gunung kerinci di sumatra dan gunung rinjani di nusa tenggara barat.

Gunung agung merupakan gunung tertinggi di pulau bali. Gunung gede merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 2.958 mdpl.

Memiliki ketinggian 3019 mdpl, gunung pangrango bersebalahan dengan gunung gede. Letak gunung toba (kini danau toba ), di indonesia memang rawan bencana.

Dengan kondisi alam yang masih sangat asri, gunung gede dikelilingi oleh hutan pegunungan yang kaya akan berbagai jenis flora dan fauna. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter. Pin di Keindahan Alam Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Tour Batu Bromo 3 Hari 2 Malam Malangtravel Guide kawah ijen Pemandangan, Gunung berapi, Taman nasional Keindahan Alam Wisata Kawah Ijen Banyuwangi (Dengan gambar Tempat Wisata Gunung Andong adalah sebuah pegunungan yang Paket Wisata Open Trip Kawah Ijen Banyuwangi Murah Taman KAWAH IJEN Taman nasional, Gunung berapi, Danau Pin di east java Pin oleh Java Adventure Trail di Paket Honeymoon Gunung Keindahan Alam Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Permukaan Gunung Welirang Langit, Indonesia, Tempat lokon meletus (Dengan gambar) Pin di Paket Mice 3H2M A Gunung Bromo Permukaan laut, Taman nasional, Lautan Gunung Welirang Gunung Kelud Volcano Gunung berapi Eksplor Kawah Ijen & TN Baluran Siliet di gunung merapi yogyakarta Gambar, Gunung merapi Pin di Outbond & Gathering 2H1M Paket B
Jawa Barat, Indonesia Geologi Jenis gunung Stratovolkano Letusan terakhir 1957 [1] Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang terdapat di ketinggian gunung gede Jawa, Indonesia.

Gunung Gede mempunyai ketinggian setinggi 2,958 meter. Gunung Gede mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Rujukan [ sunting - sunting sumber ] • ^ a b c "Gede". Global Volcanism Program. Smithsonian Institution. Dicapai pada 2006-12-19.

Pautan luar [ sunting - sunting sumber ] • Media berkenaan Gunung Gede di Wikimedia Commons Rencana berkenaan geografi Indonesia ini ialah rencana tunas. Anda boleh membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. • Gunung Sunda • Bangkok • Bedil • Bohong • Boled • Bukit Tunggul • Burangrang • Cakrabuana • Calancang • Ceremai • Cikuray • Cuku • Endut • Galunggung • Gede • Geulis • Guntur • Halimun (perbatasan dengan Banten) • Kamojang • Kancana • Karacak • Kendang • Kiaraberes-Gagak • Lalakon • Lamajang • Limbung • Malabar • Manglayang • Masigit • Padakasih • Pancar • Pangrango • Papandayan • Patuha • Perbakti • Pojoktiga (perbatasan dengan Jateng) • Puncak Besar • Riung • Salak • Sanggabuana • Sawal • Sedakeling • Tampomas • Tangkuban Parahu • Telaga Bodas • Tilu • Waringin • Wayang • Windu Banten • Andong • Gajah • Genuk ketinggian gunung gede Lasem • Lawu (perbatasan dengan Jatim) • Merapi (perbatasan dengan Yogya) • Merbabu • Muria • Pojoktiga (perbatasan dengan Jabar) • Prahu • Rogojembangan • Sindara • Sipandu • Slamet • Srandil • Sumbing • Telomoyo • Tidar • Ungaran • Pegunungan Kapur Utara (perbatasan dengan Jatim) • Pegunungan Kendeng (perbatasan dengan Ketinggian gunung gede • Pegunungan Menoreh (perbatasan dengan Yogya) • Pegunungan Sewu (perbatasan dengan Yogya dan Jatim) Yogyakarta • Anjasmoro • Argapura • Argowayang • Arjuno • Baluran • Banyak • Batok • Biru • Bromo • Buring • Butak • Geger • Gumitir • Ijen • Kawi • Kelud • Kembar I • Kembar II • Klotok • Kursi • Lawu (perbatasan dengan Jateng) • Lemongan • Liman • Limo • Lurus • Merapi • Pandan • Panderman • Penanggungan • Penanjakan • Pendil • Rante • Raung • Ringgit • Semeru • Suket • Welirang • Widodaren • Wilis • Pegunungan Kapur Utara (perbatasan dengan Jateng) • Pegunungan Kendeng (perbatasan dengan Jateng) • Pegunungan Sewu (perbatasan dengan Jateng dan Yogya) Sunting pautan • Laman ini kali terakhir disunting pada 15:24, 4 Julai 2020.

• Teks disediakan dengan Lesen Creative Commons Pengiktirafan/Perkongsian Serupa; terma tambahan mungkin digunakan.

ketinggian gunung gede

Lihat Terma Penggunaan untuk butiran lanjut. • Dasar privasi • Perihal Wikipedia • Penafian • Paparan mudah alih • Pembangun • Statistik • Kenyataan kuki • •Nyero.ID – Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian mencapai 2.958 Mdpl.

Gunung yang terakhir meletus di tahun 1957 ini terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Dengan kondisi alam yang masih sangat asri, Gunung Gede dikelilingi oleh hutan pegunungan yang ketinggian gunung gede akan berbagai jenis flora dan fauna. Selain itu, keanekaragaman ekosistem alam yang khas, Gunung Gede menjadi salah satu laboratorium alami yang banyak digunakan sebagai objek penelitian.

Gunung Gede termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede-Pangrango yang pada tahun 1977 telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO dan juga sebagai Sister Park dengan Taman Negara. Daftar Isi • A. Objek Pariwisata di Gunung Gede Pangrango • a. Telaga Biru • b. Rawa Gayonggong • c. Air Terjun Cibeureum • d. Sumber air panas • e. Kandang Batu dan Kandang Badak • f. Alun-alun Suryakencana • g. Puncak ketinggian gunung gede Kawah Gunung Gede • 2.

Misteri dan Legenda Seputar Gunung Gede Pangrango • 3. Fakta Seputar Gunung Gede Pangrango • 4. Jalur Pendakian Gunung Gede • a. Jalur Cibodas • b. Jalur Gunung Putri • c. Jalur Selabintana A. Objek Pariwisata di Gunung Gede Pangrango Photo by @farisfahmad Gunung Gede menawarkan pesona alam yang begitu indah, kawasan wisata ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Berikut ini adalah beberapa objek wisata ketinggian gunung gede Gunung Gede yang layak untuk disinggahi a. Telaga Biru Salah satu tempat yang paling menarik untuk dikunjungi ketika berwisata ke Gunung Gede adalah Telaga Biru. Danau dengan luas mencapai lima hektare ini berada di ketinggian 1.575 Mdpl, tepatnya sekitar 1,5 Km dari pintu masuk Cibodas.

Keindahan danau ini terpancar dari warna kebiruan pada air yang disebabkan oleh banyaknya ganggang biru pada telaga ini. Berada di jalur pendakian, menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat untuk melepas lelah sebelum menjelajahi Gunung Gede.

Suasana alam yang asri dan sejuk membuat siapa pun akan betah untuk belama-lama di Telaga Biru. b. Rawa Gayonggong Rawa Gayonggong akan menyambut kamu setelah melewati pos pendakian pertama atau setelah pos pemeriksaan barang.

Dalam perjalanan, kamu akan melewati jembatan di atas rawa, di sinilah lokasi Rawa Gayonggong berada. Di tempat ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu mempesona dimana pepohonan tampak rindang berjajar dengan view puncak gunung yang menjulang di depan mata. Konon dari informasi yang beredar jembatan di rawa ini menjadi tempat melintasnya macan tutul sekitar 3 bulan sekali.

c. Air Terjun Cibeureum Masih di jalur yang sama, kamu akan meneruskan pendakian lalu menjumpai Air Terjun Cibeureum yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Terletak di sekitar 2,8 Km dari Cibodas, air terjun ini berada di ketinggian 1.675 Mdpl. Keindahan air terjun ini bisa membuat para pendaki menunda perjalannya demi menikmati kesegaran air dan kesejukan udaranya dengan gemericik air yang begitu menenangkan. Keberadaan lumut merah di sekitar air terjun juga akan membuat kamu semakin terpesona karena keunikannya.

d. Sumber air panas Selain telaga dan air terjun, pendaki yang meneruskan perjalanan masih akan disibukkan untuk menikmati sumber air panas yang begitu menggoda. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk mencapai sumber air panas ini melalui jalur Cibodas. Lokasi sumber air panas ini terletak di sekitar 5,3 Km dari Cibodas.

Untuk melewati jalus ketinggian gunung gede ini telah tersedia tali untuk berpegangan, karena sumber air panas ini berada di tengah-tengah jalur pendakian. e. Kandang Batu dan Kandang Badak Di ketinggian 2.220 Mdpl atau berjarak sekitar 7,8 Km dari Cibodas, kamu akan menjumpai pos terakhir sebelum mencapai jalur menuju ke puncak gunung. Lokasi ini banyak digunakan sebagai tempat untuk berkemah, memiliki area luasdengan pepohonan yang rindang.

Di lokasi ini para pendaki bisa menikmati makanan yang banyak dijual di area sekitar, namun tentu saja dengan harga yang relatif lebih mahal. f. Alun-alun Suryakencana Di ketinggian 2.750 Mdpl langkah pendakian akan kembali terhenti dengan keindahan padang Edelweis di depan mata. Dengan luas mencapai sekitar 50 hektare, kamu akan disuguhi dengan hamparan bunga Edelweis, cocok dijadikan spot instagramable. Lokasi yang sering dikenal dengan istilah Alun-alun Suryakencana ini disebut-sebut sebagai salah satu lokasi terbaik di Indonesia yang memiliki pemandangan taman Edelweis terindah.

Perlu dicatat bahwa di lokasi ini berlaku larangan untuk tidak memetik bunga Edelweis. g. Puncak dan Kawah Gunung Gede Di puncak Gunung Gede terdapat tiga puncak kawah yang masih aktif, yaitu Kawah Lanang, Kawah Ratu dan Kawah Wadon. Untuk mencapai puncak kawah ini, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan dari Cibodas. Di puncak ini para pendaki akan disuguhi dengan panorama sunrise dan sunset yang begitu menakjubkan.

Di lokasi ini aroma belerangnya sangat kuat sehingga bisa diminimalisir dengan menggunakan masker. Dari puncak gunung ini, kamu juga bisa menikmati keindahan kota Ketinggian gunung gede, Sukabumi dan Bogor dari atas ketinggian. 2. Ketinggian gunung gede dan Legenda Seputar Gunung Gede Pangrango Photo by @adekdera_soekandar Nama Alun-alun Suryakencana di Gunung Gede konon merupakan sebuah alun-alun yang dibangun oleh Pangeran Suryakencana dan bangsa jin.

Pangeran Suryakencana merupakan putra dari Pangeran Aria Wiratanudatar yang beristrikan putri jin, perlu diketahui bahwa Pangeran Aria Wiratanudatar adalah pendiri kota Cianjur. Sedangkan Pangeran Suryakencana memiliki dua orang putra, yaitu Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi. Adapun petilasan singgasana Pangeran Suryakencana yang berupa batu besar menyerupai palana kuda hingga saat ini masih berada di sekitar alun-alun dan konon dijaga oleh Embah Layang Gading.

Di kawasan hutan yang mengitari Alun-alun Suryakencana juga terdapat sebuah situs kuburan kuno tempat bersemayamnya Prabu Siliwangi. Di lokasi ini ada banyak situs dan peninggalan bersejarah yang dikeramatkan oleh para peziarah. Masyarakat sekitar meyakini bahwa Pangeran Suryakencana masih bermukim di sekitar Gunung Gede dan menjadi penguasa bangsa jin.

Beberapa pendaki yang berada di sekitar Alun-alun Suryakencana juga seringkali mendengar derap suara kaki kuda yang diyakini sebagai pasukan jin yang tengah mengawal Pangeran Suryakencana. Pada momen tertentu, banyak penganut Sunda Wiwitan yang melakukan ritual dan bertapa di gua-gua sekitar Gunung Gede.

3. Fakta Seputar Gunung Gede Pangrango Selain misteri dan legenda yang menyelimuti kawasan Gunung Gede, ada beberapa fakta yang perlu diketahui seputar Gunung Gede seperti berikut ini: 1. Ada sistem booking online yag diterapkan bagi para pendaki yang bermaksud menjelajahi Gunung Gede setidaknya H-30 sebelum pendakian.

Para pendaki juga wajib mengisi formulir pendaftaran dengan lampiran Surat Keterangan Sehat yang nantinya akan ditukarkan dengan Simaksi (Surat Ijin Memasuki Kawasan Konservasi). Peraturan ini diterapkan untuk memudahkan pemantauan terhadap pendaki sekaligus mencegah adanya pendaki ilegal.

2. Selama periode Januari hingga Maret dan juga pada bulan Agustus, pihak Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango akan melakukan penutupan jalur pendakian secara rutin untuk menjaga kelestarian ketinggian gunung gede keseimbangan ekosistem di lingkungan Gunung Gede. 3. Selain larangan memetik bunga Edelweis di kawasan Gunung Gede juga ada larangan membawa botol air minum dalam kemasan dan tissu basah selama pendakian. 4. Jalur Pendakian Gunung Gede Photo by @muhammadaji_m Mendaki gunung perlu persiapan matang, termasuk di antaranya mengetahui rute dan keadaan setempat.

Setidaknya ada tiga jalur pendakian yang bisa kamu pertimbangkan untuk mencapai puncak Gunung Gede, yaitu: a. Jalur Cibodas Jalur Cibodas merupakan jalur pendakian paling favorit yang banyak dipilih oleh para pendaki. Pada jalur ini terdapat sumber air yang melimpah serta jalur bebatuan yang tersusun rapi sehingga memudahkan kamu untuk menjelajahinya. Pendakian melewati jalur ini akan sangat menyenangkan karena di sepanjang perjalanan kamu akan menemukan hal-hal unik dengan pemandangan alam yang tidak kalah cantiknya.

Mulai dari Telaga Biru, air terjun, padang Edelweis hingga camping ground yang luas dan rindang. Sementara di puncak gunung, kamu akan menjumpai Kawah Lanang di sebelah kiri jalan setapak, sedangkan Kawah Ratu dan Kawah Wadon berada di sebelah kanan.

b. Jalur Gunung Putri Jalur pendakian ini akan dimulai dari Pos Jaga Gunung Putri kemudian melewati ladang dan hutan pinus yang dikelola oleh KPH Perhutani Cianjur. Medan selanjutnya lebih sulit dan terjal hingga memasuki hutan tropika dan tiba di Tanah Merah.

Selanjutnya perjalanan berlanjut menuju ke Legok Lenca dan Buntut Lutung. Jalur selanjutnya mulai curam di sekitar Lawang Seketeng, kemudian dari Simpang Maleber kamu bisa mengambil jalan lurus menuju ke Alun-alun Suryakencana.

c. Jalur Selabintana Jalur Selabintana merupakan jalur pendakian yang paling panjang dan sulit untuk dilewati dibandingkan dua jalur sebelumnya.

Akses menuju ke lokasi basecamp juga termasuk sulit, belum lagi dengan resiko serangan pacet atau lintah saat melintasi hutan yang menjadi kendala di perjalanan. Untuk perjalanan yang lebih mudah dan menyenangkan, jalur Cibodas adalah pilihan yang paling tepat. Baca Juga: • Deretan Puncak Gunung Tertinggi di Dunia, Boleh Jadi Termasuk Pendakian Inpianmu!

• Jalur Pendakian Gunung Dempo, Eskotisme Perkebunan Teh dan Kopi di Pagaralam • Jalur Pendakian Gunung Argopuro, Gunung Berapi Terpanjang di Jawa Destinasi Wisata Terbaru 2022 • 23 Cafe & Tempat Nongkrong Asik di Subang yang Lagi Hits & Instagramable! • 27 Cafe & Tempat Nongkrong Asik di Cirebon yang Lagi Hits & Instagramable! • 20 Cafe & Tempat Nongkrong Asik di Garut yang Lagi Hits & Instagramable!

• 27 Cafe & Tempat Nongkrong Asik di Sukabumi yang Lagi Hits & Instagramable! • 19 Cafe & Tempat Nongkrong Asik di Indramayu yang Lagi Hits & Instagramable!
Sisi ketinggian gunung gede Gunung Gede dilihat dari Kabupaten Sukabumi Titik tertinggi Ketinggian 2.958 m (9.705 ft) [1] Koordinat 6°47′S 106°59′E  /  6.78°S 106.98°E  / -6.78; 106.98 Koordinat: 6°47′S 106°59′E  /  6.78°S 106.98°E  / -6.78; 106.98 [1] Geografi Letak Jawa Barat, Indonesia Geologi Jenis gunung Stratovolcano (aktif) Letusan terakhir Maret 1957 [1] Pendakian Rute termudah Cibodas Junghuhn, Gunung Gede (1856) Gunung Gede ( Aksara Sunda Baku: ketinggian gunung gede ᮌᮨᮓᮦ, Gunung Gedé) merupakan sebuah gunung api bertipe stratovolcano yang berada di Pulau Jawa, Indonesia.

Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 2.958 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS.

Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas. Litografi tahun 1828 oleh A. J. Bik yang menggambarkan Gunung Gede Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan, yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin di sekitar puncaknya.

Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Malesia. Daftar isi • 1 Sejarah Letusan Gunung Gede • 2 Objek Penelitian • 3 Objek Pariwisata • 3.1 Beberapa lokasi/objek yang menarik untuk dikunjungi • 4 Legenda Rakyat • 5 Rute Pendakian • 6 Pranala luar • 7 Referensi Sejarah Letusan Gunung Gede [ sunting - sunting sumber ] Letusan Gunung Gede pertama kali terjadi pada tahun 1747.

ketinggian gunung gede

Letusan pertama ini sangat hebat dan menyebabkan 2 aliran lava bergerak dan terlihat dari kawah lanang. Letusan ini memiliki dampak yang begitu besar. Terjadi kembali, Letusan kecil Gunung Gede pada tahun 1761, 1780, dan 1832. 100 Tahun lebih gunung ini tertidur akibat letusan pertama. Di kejutkan kembali letusan dahysat ke 2 (dua) pada tahun 1840 tepatnya pada tanggal 12 Ketinggian gunung gede jam 3 dini hari.

Goncangan yang sangat hebat, membangunkan warga yang tertidur pulas. Keresidenan Priangan yang aslinya beribu kota di Cianjur, kemudian dipindahkan ke Bandung oleh Residen van der Moor setelah letusan Gunung Gede memporakporandakan Cianjur pada 1864. [2] [3] Setelah itu, Kembali lagi Letusan - Letusan Kecil di Gunung Gede kurang lebih terjadi 24 kali. Cukup membahayakan untuk warga sekitar yang tinggal berdekatan dengan Gunung Gede. Letusan Terakhir pada tahun 1957, masih berkategorikan Letusan Kecil dan hingga saat ini Gunung Gede masih tertidur.

Namun tetap waspada, Karena sebuah gunung yang sudah lama tidak aktif. Jika aktif kembali akan sangat membahayakan. Sisi barat Gunung Gede (kanan) dan Gunung Pangrango (kiri) dari Cicurug, Sukabumi Objek Penelitian [ sunting - sunting sumber ] Gunung Gede mempunyai keadaan alam yang khas dan unik, hal ini menjadikan Gunung Gede sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama.

Tercatat pada tahun 1819, C.G.C. Reinwardt sebagai orang yang pertama yang mendaki Gunung Gede, kemudian disusul oleh F.W. Junghuhn ( 1839- 1861), J.E. Teijsmann ( 1839), A.R. Wallace ( 1861), S.H. Koorders ( 1890), M. Treub ( 1891), W.M. Docters van Leeuwen ( 1911); dan Ketinggian gunung gede. van Steenis ( 1920-1952) telah membuat koleksi tumbuhan sebagai dasar penyusunan buku The Mountain Flora of Java yang diterbitkan tahun 1972.

Gunung Gede juga memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari formasi-formasi hutan submontana, montana, subalpin; serta ekosistem danau, rawa, dan savana.

Ketinggian gunung gede Gede terkenal kaya akan berbagai jenis burung yaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa ketinggian gunung gede di antaranya merupakan burung langka yaitu elang Jawa ( Spizaetus bartelsi) dan celepuk jawa ( Otus angelinae).

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977, dan sebagai Sister Park dengan Taman Negara Objek Pariwisata [ sunting - sunting sumber ] Sebuah larangan untuk merusak atau memetik bunga edelweiss yang subur tumbuh di Suryakencana.

Gunung Gede maupun kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga merupakan objek wisata alam yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Beberapa lokasi/objek yang menarik untuk dikunjungi [ sunting - sunting sumber ] • Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektare (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas.

Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru. • Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat. • Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.

• Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas. • Puncak dan Kawah Gunung Gede.

Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur- Sukabumi- Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah.

Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.

• Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektare yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

• Bunga Edelweiss. Bunga zaman prasejarah yang berada di puncak gunung Gede, ketinggian 2.750 m. Legenda Rakyat [ sunting - sunting sumber ] Sejarah dan legenda yang merupakan kepercayaan masyarakat setempat yaitu tentang keberadaan Eyang Suryakancana.

Suryakancana adalah Putra dari Dalem Cikundul atau Rd. Aria Wira Tanu I, pendiri Cianjur dan bupati Pertama Cianjur, hasil dari pernikahannya dengan Putri Jin. Masyarakat percaya bahwa Eyang Suryakencana yang notabenenya adalah bangsa jin, masih bermukim di sekitar gunung Gede, dan menjadi penguasa bangsa jin di gunung tersebut.

Pada saat tertentu, banyak orang khususnya penganut Agama Sunda Wiwitan masuk ke goa-goa sekitar Gunung Gede untuk semedhi / bertapa maupun melakukan upacara religius. Rute Pendakian [ sunting - sunting sumber ] Untuk mencapai lokasi Taman Nasional Gede Pangrango bisa ditempuh melalui rute Jakarta- Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (± 100 km) menggunakan mobil, atau Bandung- Cipanas- Cibodas dengan waktu 2 jam (± 89 km), dan Bogor-Salabintana dengan waktu 2 jam (52 km).

Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] • (Indonesia) http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_gedepangrango.htm Diarsipkan 2006-04-30 di Wayback Machine. • (Indonesia) http://www.menlh.go.id/kehati/kawasan/gunung_gede.html Diarsipkan 2005-03-19 di Wayback Machine. • (Indonesia) https://celotehanpedia.com/lembah-mandalawangi/ Diarsipkan 2019-06-21 di Wayback Machine.

• (Indonesia) https://www.gedepangrango.org/tentang-tnggp/sejarah-letusan-gunung/ Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ a b c "Gede". Global Volcanism Program.

ketinggian gunung gede

Smithsonian Institution. Diakses tanggal 2006-12-19. • ^ Patria, Teguh Amor (2014). Telusur Bandung. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. hlm.

ketinggian gunung gede

10. ISBN 978-602-02-3198-3. • ^ Caturwati, Endang (2000). R. Tjetje Somantri, 1892-1963: Tokoh Pembaharu Tari Sunda. Tarawang. hlm. 27. • Gunung Sunda • Bangkok • Bedil • Bohong • Boled • Bukit Tunggul • Burangrang • Cakrabuana • Calancang • Ceremai • Cikuray • Cuku • Endut • Galunggung • Gede • Geulis • Guntur • Halimun (perbatasan dengan Banten) • Kamojang • Kancana • Karacak • Kendang • Kiaraberes-Gagak • Lalakon • Lamajang • Limbung • Malabar • Manglayang • Masigit • Padakasih • Pancar • Pangrango • Papandayan • Patuha • Perbakti • Pojoktiga (perbatasan dengan Jateng) • Puncak Besar • Riung • Salak • Sanggabuana • Sawal • Sedakeling • Tampomas • Tangkuban Parahu • Telaga Bodas • Tilu • Waringin • Wayang • Windu Banten • Andong • Gajah • Genuk • Lasem • Lawu (perbatasan dengan Jatim) • Merapi (perbatasan dengan Yogya) • Merbabu • Muria • Pojoktiga (perbatasan dengan Jabar) • Prahu • Rogojembangan • Sindara • Sipandu • Slamet • Srandil • Sumbing • Telomoyo • Tidar • Ungaran • Pegunungan Kapur Utara (perbatasan dengan Jatim) • Pegunungan Kendeng (perbatasan dengan Jatim) • Pegunungan Menoreh (perbatasan dengan Yogya) • Pegunungan Sewu (perbatasan dengan Yogya dan Jatim) Yogyakarta • Anjasmoro • Argapura • Argowayang • Arjuno • Baluran • Banyak • Batok • Biru • Bromo • Buring • Butak • Geger • Gumitir • Ijen • Kawi • Kelud • Kembar I • Kembar II • Klotok • Kursi • Lawu (perbatasan dengan Jateng) • Lemongan • Liman • Limo ketinggian gunung gede Lurus • Merapi • Pandan • Panderman • Penanggungan • Penanjakan • Pendil • Rante • Raung • Ringgit • Semeru • Suket • Welirang • Widodaren • Wilis • Pegunungan Kapur Utara (perbatasan dengan Jateng) • Pegunungan Kendeng (perbatasan dengan Jateng) • Pegunungan Sewu (perbatasan dengan Jateng dan Yogya) • Halaman ini terakhir diubah pada 22 April 2022, pukul 01.56.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Ketinggian gunung gede Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •

Pendakian Gunung Pangrango Cibodas




2022 www.videocon.com