Cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Daftar Isi β€’ Penyebab Varises β€’ Mencegah dan Menghilangkan Varises Secara Alami Tanpa Operasi β€’ 1. Melakukan Olahraga β€’ 2. Mendapatkan Berat Badan Ideal β€’ 3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Rendah Garam β€’ 4. Jangan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi atau Stoking Ketat Terlalu Lama β€’ 5. Ubah Posisi Beridiri atau Duduk Secara Berkala β€’ Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari Varises umumnya terjadi di bagian kaki seperti betis, paha, lutut atau tungkai yang ditandai dengan warna kulit kebiru-biruan atau ungu gelap.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Selain itu, penderita varises juga akan mengalami pembengkakan atau tonjolan di permukaan kulit. Sebenarnya varises tidak hanya terjadi pada bagian kaki saja, melainkan juga dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, seperti panggul, anus, rahim, vagina, atau bahkan kerongkongan (varises esofagus).

Bagian kaki paling berisiko mengalami varises karena kaki lebih banyak menerima beban khususnya ketika berdiri atau berjalan. Selain itu, gaya gravitasi juga menyebabkan darah sulit mengalir dari bawah ke atas menuju jantung. Baca juga: 7 Faktor Penyebab Penyakit Varises yang Sering Disepelekan Penyebab Varises Ada beragam faktor risiko penyebab varises, berikut beberapa di antaranya: β€’ Usia.

β€’ Jenis kelamin. β€’ Kehamilan. β€’ Genetik. β€’ Obesitas. Selain itu, varises juga dapat disebabkan karena duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Posisi yang cara menghilangkan varises ringan dengan cepat dalam waktu lama akan menyebabkan aliran darah terganggung atau tidak dapat mengalir dengan baik. Mencegah dan Menghilangkan Varises Secara Alami Tanpa Operasi Pada dasarnya tidak ada cara yang sepenuhnya dapat mencegah varises. Namun beberapa upaya dapat dilakukan agar sirkulasi darah dapat mengalir dengan baik sehingga mengurangi risiko varises.

Berikut beberapa cara untuk mencegah varises. Cara ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan varises ringan pada kaki maupun bagian tubuh lain: 1.

Melakukan Olahraga Rutin melakukan olahraga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah khususnya pada kaki. Ketika sirkulasi darah dalam kondisi baik maka dapat membantu mendorong darah yang bertumpuk di pembuluh vena. Beberapa jenis olahraga yang melibatkan aktivitas fisik seperti berjalan, bersepeda, berenang, senam atau yoga dapat membantu mengurangi sekaligus menghilangkan varises. 2. Mendapatkan Berat Badan Ideal Berat badan merupakan salah satu faktor penyebab varises, mendapatkan berat badan ideal atau dalam arti tidak mengalami kegemukan (obesitas) akan mengurangi risiko varises.

Berat badan ideal akan membantu mengurangi tekanan berat pada kaki, sehingga aliran darah dapat lebih lancar dan mencagah penumpukan darah di pembuluh darah vena. 3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Rendah Garam Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat dapat menyehatkan sistem penceranaan sehingga mencegah sembelit atau konstipasi. Apa hubungannya sembelit dengan varises? Sembelit atau konstipasi akan membuat penderitanya mengejan lebih kuat saat BAB, kondisi ini akan menyebabkan tekanan pada perut.

Tekanan inilah yang dapat memicu timbulnya varises. Sementara makanan rendah garam akan memaksimalkan tubuh mendapatkan cukup air sehingga mencegah dehidrasi.

4. Jangan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi atau Stoking Ketat Terlalu Lama Menggunakan sepatu hak tinggi yang jamak dilakukan oleh wanita dapat menyebabkan tekanan besar pada kaki. Kondisi ini meningkatkan risiko wanita mengalami verises. Sedangkan stoking ketat dapat memperlambat aliran darah dan kaki menuju jantung.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Akibatnya, darah akan menumpuk di pembuluh darah vena pada area kaki. 5. Ubah Posisi Beridiri atau Duduk Secara Berkala Jika pekerjaan Anda mengharuskan berdiri atau duduk terlalu lama maka Anda perlu untuk melakukan perubahan posisi secara berkala agar aliran darah cara menghilangkan varises ringan dengan cepat area kaki tidak terhambat. Memposisikan kaki lebih tinggi saat istirahat akan mempermudah darah mengalir dari bawah menuju jantung. Jika tidak memungkinkan, cukup lakukan peregangan atau melakukan pergerakan dengan jalan-jalan di sekitar untuk mencegah penumpukan darah di pembuluh darah vena.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang! Baca juga: β€’ Beragam Gejala Penyakit Beri-Beri yang Wajib Diwaspadai Sesuai Jenisnya β€’ Kenali Gejala Pembengkakan Jantung yang Jarang Diketahui Penderitanya β€’ 5 Gejala Sinusitis Paling Khas dan Ketahui Kapan Harus ke Dokter Kemunculan varises sering kali mengganggu dan menimbulkan cara menghilangkan varises ringan dengan cepat tidak nyaman.

Nah, untuk mengatasinya, ada cara menghilangkan varises yang dapat Anda coba lakukan, baik secara mandiri maupun medis. Dengan demikian, kaki indah bebas varises pun dapat Anda wujudkan. Varises dapat terbentuk saat tekanan dalam pembuluh darah meningkat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kehamilan, sembelit, tumor, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Jika tidak ditangani dengan tepat, varises dapat menimbulkan perdarahan, pembekuan darah, dan luka di kulit.

Bahkan, varises dapat memicu luka kronis yang diduga bisa menjadi penyebab kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan varises guna mencegah berbagai komplikasi yang dapat terjadi.

Penanganan Varises secara Mandiri Varises yang tergolong ringan dapat diatasi dengan melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Perawatan ini dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar perkembangan varises melambat dan mencegah terjadinya komplikasi, seperti luka atau perdarahan.

Ada beberapa langkah menghilangkan varises yang bisa Anda lakukan secara mandiri, yaitu: β€’ Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. β€’ Jaga berat badan tetap ideal. β€’ Kenakan stoking kompresi. β€’ Lakukan olahraga secara teratur. β€’ Posisikan kaki lebih tinggi dari dada ketika berbaring. β€’ Batasi penggunaan sepatu hak tinggi. Bagi Anda yang sedang hamil dan menderita varises, jangan khawatir. Varises pada ibu hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam 3–12 bulan setelah melahirkan.

Cara Menghilangkan Varises secara Medis Jika kondisi tidak membaik dengan perawatan mandiri, ada beberapa cara menghilangkan varises melalui prosedur medis, di antaranya: 1.

Operasi laser Varises yang berukuran kecil dapat dihilangkan dengan operasi laser.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Cara menghilangkan varises melalui operasi ini dilakukan dengan mengarahkan cahaya laser ke vena hingga varises memudar dan perlahan menghilang. Metode operasi laser ini tidak membutuhkan sayatan atau suntikan. 2. Mikroskleroterapi Terapi untuk menghilangkan varises ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan kimia dalam dosis kecil ke vena. Cairan kimia yang disuntikkan ini akan menimbulkan jaringan parut dalam pembuluh darah, sehingga menutup varises.

Cara menghilangkan varises dengan mikroskleroterapi perlu dilakukan beberapa kali hingga mencapai hasil yang diinginkan. 3. Terapi ablasi vena Cara menghilangkan varises dengan terapi ablasi vena ini melibatkan sinar laser atau gelombang radio untuk menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan nantinya digunakan untuk memanaskan bagian dalam vena dan menutupnya hingga varises memudar. Sebelum prosedur dilakukan, dokter akan membuat area di sekitar vena mati rasa sehingga Anda tidak akan merasakan sakit.

Meski demikian, terapi ini memiliki efek samping berupa nyeri, muncul memar, dan perubahan warna kulit. 4. Flebektomi Flebektomi diawali dengan menempatkan cahaya yang disebut transluminator endoskopik di bawah kulit untuk melihat bagian vena yang perlu diangkat. Selanjutnya, dokter akan membuat satu atau dua sayatan di kaki dan memotong vena yang akan diangkat.

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari prosedur ini adalah memar dan perdarahan. 5. Pengupasan vena Untuk kasus varises yang parah, metode pengupasan vena atau ligasi akan digunakan oleh dokter. Metode ini diawali dengan mengikat vena, lalu membuat sayatan kecil untuk mengeluarkan vena tersebut. Prosedur ini tergolong menyakitkan sehingga diperlukan bius total.

Komplikasi yang dapat terjadi setelah prosedur pengupasan vena adalah infeksi, kerusakan saraf, memar, nyeri, dan perubahan warna kulit. 6. Bedah endoskopi vena Bedah endoskopi vena dilakukan jika varises tergolong parah dan menyebabkan cara menghilangkan varises ringan dengan cepat.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Operasi ini diawali dengan membuat sayatan kecil di dekat vena yang terkena varises, lalu memasukkan tabung kecil dengan kamera di ujungnya. Tabung dengan kamera ini dapat membantu dokter untuk melihat varises lebih dekat dan melakukan pengangkatan. Namun, prosedur bedah vena biasanya tidak memerlukan rawat inap. Meski ada beragam metode cara menghilangkan varises ringan dengan cepat varises, alangkah baiknya bila Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menentukan cara menghilangkan varises yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.
KOMPAS.com - Varises adalah gangguan pembuluh darah vena yang paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis.

Selain bisa menyebabkan rasa sakit atau keadaan yang sangat tidak nyaman, varises tidak bisa dipungkiri terkadang bisa mengganggu penampilan fisik sebab tidak enak dipandang mata maupun untuk diraba. Varises dapat terlihat jelas karena penampilannya yang biru tua atau ungu.

Varises juga sering menonjol keluar dari bawah kulit. Baca juga: 10 Penyebab Varises, Tak Hanya Duduk Terlalu Lama Gejala varises lainnya, termasuk: β€’ Sensasi terbakar atau berdenyut di kaki β€’ Kaki tidak nyaman yang terasa berat atau pegal β€’ Kram otot yang bisa lebih sering terjadi di malam hari β€’ Pembengkakak pada kaki dan pergelangan kaki β€’ Kulit kering atau gatal yang tampak lebih tupis di atas varises Beruntung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengghilangkan varises.

Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah ragam cara menghilangkan varises secara alami yang dapat dicoba sebagai pengobatan rumahan untuk membantu mengelola kondisi dan memperbaiki gejala: 1.

Olahraga teratur Melansir Medical News Today, olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah di kaki. Hal ini berguna untuk membantu mendorong keluar darah yang terkumpul di pembuluh darah saat terjadi varises.

Olahraga juga dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang, yang merupakan faktor penyebab varises lainnya. Baca juga: 5 Ciri-ciri Asam Urat yang Harus Diwaspadai Olahraga dengan benturan rendah dapat membantu melatih otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan dan mengatasi varises.

Apa itu varises ?

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Varises adalah pelebaran atau pembesaran pembuluh darah vena di bawah permukaan kulit. Secara umum, varises terjadi di bagian kaki tepatnya pada betis dan pangkal paha. Namun sebagian kecil darinya, varises dapat terjadi di bagian tubuh lainnya seperti di belakang lutut, paha, pinggang, kantung testis pria, saluran pembuangan, area organ kewanitaan, di bawah lidah dan daerah tenggorokan. Menurut ilmu kedokteran, varises bukan hanya akan mengganggu penampilan seseorang. Akan tetapi, jika penyakit ini dibiarkan tanpa adanya pengobatan maka bahaya varises lambat laun dapat menghambat sirkulasi peredaran darah, disfungsi seexsual jika varises ditemukan di area organ reproduksi, penggumpalan darah hingga meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan peradangan paru – paru.

5 Cara menghilangkan varises: Daftar Isi Artikel Ini: β€’ 1. Olahraga secara rutin β€’ 2. Menurunkan berat badan β€’ 3. Minyak zaitun β€’ 4. Kompres dengan es batu β€’ 5. Kompres dengan ramuan tradisional β€’ Sebarkan ini: β€’ Posting terkait: 1. Olahraga secara rutin Lakukan ini sebaiknya dipagi hari untuk mendapatkan udara yang bersih. Dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai atau joging selama 30 menit. Aktivitas ini akan menyehatkan tubuh anda dan melancarkan sirkulasi peredaran darah vena dan arteri.

Namun perlu anda ingat, setelah olahraga tidak dianjurkan duduk bersila ataupun jongkok karena akan membuat tekukan pada pembuluh darah. Lakukan cara ini secara rutin. 2. Menurunkan berat badan Salah satu penyebab timbulnya varises dikarenakan berat badan berlebih atau obesitas. Akibatnya, resiko varises pada kaki pun dapat terjadi kapan saja karena pembuluh darah di daerah kaki tidak sanggup menopang berat badan tubuh.

Menurunkan berat badan adalah cara menghilangkan varises ringan dengan cepat untuk mengatasi varises di belakang lutut dan paha. 3.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Minyak zaitun Kandungan asam oleat dapat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah, melemaskan pembuluh darah dan mencegah pembengkakan varises. Jika anda ingin menggunakannya, pilihlah minyak zaitun dalam kemasan asli. Cara menghilangkan varises di paha dan tangan dengan minyak zaitun: β€’ Sediakan minyak zaitun asli dalam kemasan botol β€’ Kompres daerah varises dengan handuk hangat selama 5 menitan β€’ Keringkan dengan handuk lembut β€’ Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke bagian varises secara merata β€’ Lakukan beberapa pijatan kecil agar pembuluh darah mengendur dan aliran darah lancar β€’ Lakukan cara ini di waktu pagi hari sebelum mandi dan malam hari sebelum tidur β€’ Gunakan secara rutin setiap harinya 4.

Kompres dengan es batu Dinginnya es batu dapat mengurangi peradangan, pembengkakan dan menghenikan pendarahan. Namun, cara ini terbilang belum cukup efektif untuk mengobati varises dengan cepat. Jika anda ingin tetap mencobanya, lakukan seperti petunjuk berikut.

Cara menghilangkan varises dengan es batu: β€’ Sediakan batu es berasal dari pembekuan air matang β€’ Pecahkan menjadi potongan kecil dan tempatkan di wadah β€’ Sediakan kain lembut β€’ Bungkus cara menghilangkan varises ringan dengan cepat es dengan kain lembut β€’ Tempelkan bungkusan batu es ke daerah vasises β€’ Sambil mengompres, lakukan beberapa pijatan lebut Ketika mengompres, anda akan merasakan kebas dalam waktu beberapa saat. Untuk menghindari hal tersebut, hindari mengompres bagian varises terlalu lama.

Pindahkan dalam beberapa saat ke bagian lainnya dengan gerakan melingkar. 5. Kompres dengan ramuan tradisional Selain kedua cara di atas yang wajib anda lakukan, langkah selanjutnya untuk mengobati varises adalah dengan cara menggunakan ramuan tradisional yang dapat anda buat sendiri. Langkah ini dilakukan untuk anda mungkin yang takut dengan tindakan medis. Berikut ramuan obat varises yang dapat anda buat.

Obat Varises Tradisional : β€’ 10 Siung bawang putih β€’ 2 Buah jeruk nipis β€’ 3 Sendok minyak zaitun Cara Menggunakannya : β€’ Tumbuk halus bawang putih kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis dan minyak zaitun aduk rata β€’ Diamkan selama 1 jam didalam kulkas β€’ Untuk menggunakan ramuan ini sebaiknya di malam hari dikarenakan pembuluh darah yang sedang rileks
Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan varises dengan cepat bisa dengan menggunakan beberapa bahan alami.

Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga snagat penting dalam menghilangkan penyakit ini. Apalagi, beberapa faktor resiko dapat menyebabkan varises seperti menopause, kehamilan, usia, obesitas, berdiri terlalu lama, atau pengaruh genetik.

Varises terjadi ketika pembuluh darah vena seseorang membengkak dan membesar. Pada beberapa orang, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Varises juga memberi efek tampilan kulit yang menonjol dan berwarna biru. Cara menghilangkan varises dengan cepat bisa menggunakan bahan alami dan penerapan pola hidup sehat. Hal ini harus dilakukan agar perkembangan varises melambat dan mencegah terjadinya komplikasi, seperti luka atau pendarahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/7/2020) tentang cara menghilangkan varises dengan cepat. Olahraga Cara Menghilangkan Varises dengan cepat yang pertama adalah berolahraga. Olahraga cara menghilangkan varises ringan dengan cepat mendorong sirkulasi darah yang lebih baik di kaki. Ini membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah seseorang, yang merupakan faktor lain yang menjadi penyebab varises. Latihan dengan dalam porsi ringan membantu membuat otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan. Latihan yang efektif untuk meringankan varises meliputi renang, berjalan, bersepeda, atau yoga. Gunakan Bawang Putih Cara menghilangkan varises dengan cepat berikutnya adalah menggunakan bawang putih.

Selain mampu untuk mengurangi peradangan, bawang putih kerap membantu mendetoksifikasi darah yang membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Bawang putih bermanfaat untuk memecahkan protein dan mendistribusikannya secara merata ke dalam tubuh. Untuk membuat racikan dari bawang putih untuk menghilangkan varises, kamu perlu menyiapkan bawang putih sebanyak 5 siung yang sudah dicincang halus.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Tambahkan 3 buah jeruk nipis dan siapkan juga 2 sendok minyak zaitun. Campurkan bawang putih, perasan jeruk nipis, dan minyak zaitun tadi ke dalam toples yang bersih. Setelah itu tutup rapat dan diamkan selama 12 jam. Setelah itu, untuk menggunakannya, kamu perlu mengocok atau mencampurkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan. Oleskan racikan tersebut dengan menggosokkannya ke bagian tubuh yang terkena varises secara melingkar.

Setelah digosokkan, diamkan semalaman (10 – 12 jam). Lakukan cara ini setiap dua kali sehari selama setidaknya dalam satu bulan. Jalani Pola Makan Sehat Menjalankan pola makan sehat juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan varises dengan cepat. Apalagi, orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami varises, oleh karena itu, mengurangi kelebihan berat badan dapat mengurangi tekanan pada vena dan mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan.

Makanan tinggi kalium dapat membantu mengurangi retensi air. Makanan yang tinggi kalium meliputi kacang almond, lentil dan kacang putih, kentang, sayuran berdaun, beberapa ikan seperti salmon dan tuna. Makanan dengan serat membantu menjaga buang air besar dan mencegah sembelit.

Makanan ini penting, karena mengejan bisa memperburuk katup yang rusak atau memperburuknya. Makanan yang tinggi serat termasuk biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu, kamu harus menghindari makanan yang asin atau kaya natrium karena dapat menyebabkan tubuh menahan air yang dapat memicu varises. Menambahkan makanan yang mengandung flavonoid juga dapat membantu seseorang mengecilkan varisesnya. Makanan yang mengandung flavonoid meliputi sayuran, termasuk bawang, paprika, bayam, dan brokoli, buah jeruk, anggur, ceri, apel, blueberry, dan biji cokelat.

Gunakan Kubis Kubis juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan varises dengan cepat. Kubis yang sangat kaya akan antiksidan dan fitokimia ini mampu membantu pembekuan darah. Cara membuat racikan dari kubis untuk menghilangkan varises adalah dengan menyiapkan 3 lembar kubis yang sudah dipotong menjadi sangat kecil. Masukkan potongan kubis tadi ke dalam blender dan haluskan.

Setelah itu saring dan ambil ekstrak jus dari daun kubis tadi. Kamu bisa mengoleskan ekstrak kubis tadi ke bagian tubuh yang terkena varises, setidaknya tiga kali sehari.

Terus Bergerak Cara menghilangkan varises dengan cepat selanjutnya adalah menghindari duduk atau berdiri untuk waktu yang lama. Jika seseorang harus duduk dalam waktu lama untuk bekerja, mereka harus berusaha untuk bangkit dan bergerak atau mengubah posisi agar darah mengalir dengan lancar. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki, karena ini dapat lebih membatasi aliran darah ke kaki dan kaki, yang dapat menambah masalah sirkulasi.

Gunakan Pakaian Longgar Menggunakan pakaian longgar juga bisa diterapkan sebagai cara menghilangkan varises dengan cepat. Mengenakan pakaian ketat bisa membatasi aliran darah. Seseorang mungkin menemukan bahwa sirkulasi mereka ditingkatkan dengan mengenakan pakaian longgar yang tidak membatasi suplai darah ke tubuh bagian bawah. Mengenakan sepatu datar bukan sepatu hak tinggi juga dapat mengurangi varises di kaki.

Gunakan Biji Tomat Pada biji tomat, terkandung asam salisilat yang memiliki sifat mirip dengan aspirin, yang berfungsi sebagai antioagulan.

Hal ini untuk mencegah pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah. Jika dioleskan ke kulit, bisa menjadi salah satu cara menghilangkan varises dengan cepat. Cara membuat racikan dari biji tomat untuk menghilangkan varises ini adalah dengan memotong 2 tomat dalam potongan kecil. Jangan membuang bijinya, masukkan ke dalam blender selama beberapa detik hingga menjadi campuran yang halus.

Setelah itu, oleskan racikan ini pada kulit yang terkena varises setidaknya 3 – 4 kali dalam sehari, selama minimal 2 bulan. Pijat Memijat bagian yang sakit dengan lembut dapat membantu menjaga darah mengalir melalui pembuluh darah. Seseorang dapat menggunakan minyak pijat lembut atau pelembab untuk efek optimal. Sangat penting untuk menghindari menekan langsung ke pembuluh darah, karena hal ini dapat merusak jaringan yang rapuh. Mengangkat Kaki Terapi mengangkat kaki dapat mengurangi tekanan di pembuluh darah kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir dengan lancar kembali ke jantung.

Tempatkan kaki tetap tinggi, idealnya setinggi jantung atau di atasnya akan membantu meningkatkan sirkulasi. Gunakan Minyak Zaitun Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan menyejukkan yang bisa diserap melalui kulit. Hal ini akan bantu mengurangi pembuluh darah yang membesar dan akan mengaktifkan aliran darah. Tingginya kandungan asam lemak omega-3 pada minyak zaitun juga dapat meningkatkan aliran darah pada vena. Kamu perlu menyiapkan minyak zaitun ke dalam mangkuk dan panaskan. Oleskan pada kulit yang terkena varises selama beberapa menit.

Ulangi dua kali sehari, selama minimal 2 bulan. Itulah beberapa cara menghilangkan varises dengan cepat yang mudah diterapkan di rumah. Selain itu, kamu sebenarnya juga bisa menggunakan stoking kompresi yang bisa di beli di apotek cara menghilangkan varises ringan dengan cepat menghilangkan varises dengan cepat.
Varises kerap kali dianggap bukan penyakit yang berbahaya, sehingga tidak cara menghilangkan varises ringan dengan cepat.

Anggapan tersebut merupakan salah contoh mitos varises. Pasalnya, varises yang cukup parah bisa mengganggu aktivitas dan menyebabkan komplikasi di kemudian hari. Lantas, bagaimana cara menghilangkan varises? Yuk, intip berbagai langkahnya pada ulasan di bawah ini. Gaya hidup sehat sebagai cara menghilangkan varises Adanya varises dapat mengganggu tampilan kulit Anda.

Pasalnya, kondisi ini sering kali menyerang pembuluh darah di sekitar kaki dan tangan. Meski mengganggu penampilan, kondisi ini umumnya bisa dihilangkan.

Perubahan gaya hidup disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk mengobati varises. Mari bahas satu per satu perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada pembuluh darah berikut ini. 1. Rajin olahraga Tak percaya diri dengan tampilan varises di kaki ? Cobalah untuk rutin olahraga setiap hari. Selain membuat tubuh Anda lebih bugar, rutin olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi darah di kaki Anda.

Ya, rutin berolahraga dipercaya sebagai salah satu cara alami dalam melancarkan aliran darah sekaligus mengurangi pembengkakan yang terjadi di pembuluh darah vena, sehingga bisa dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan varises. Sebaliknya, bila Anda terlalu lama tidak bergerak, sulit bagi pembuluh darah untuk memompa darah dengan efisien ke jantung. Namun, tidak semua jenis olahraga bisa Anda lakukan. Lakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui jenis olahraga mana yang aman untuk Anda.

Jika Anda merasakan sakit ketika berolahraga, turunkan intensitas olahraga. Cobalah untuk melakukan gerakan olahraga secara perlahan. Intinya, buatlah diri Anda terus bergerak, sehingga aliran darah yang menumpuk di kaki bisa lancar kembali. 2. Jaga berat badan ideal Salah satu faktor risiko varises adalah obesitas. Hal ini dapat terjadi karena kegemukan memberi tekanan pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena pada bagian kaki.

Dalam banyak kasus, varises yang dialami oleh orang-orang dengan kelebihan berat badan cenderung lebih sulit dihilangkan, karena sudah melebar dan menjadi lebih meradang. Maka dari itu, sebelum terlambat, berusahalah untuk mendapatkan berat badan yang idea sebagai cara untuk menghilangkan varises. Selain rajin olahraga, menjaga berat badan juga bisa dilakukan dengan cara memerhatikan asupan makanan cara menghilangkan varises ringan dengan cepat Anda konsumsi sehari-hari.

Makanan seperti lemak trans, gula, kafein, alkohol dan makanan olahan dapat menyebabkan kerusakan arteri. Makanan ini biasanya juga tinggi garam. Jadi, hindari mengonsumsi makanan yang kebanyakan mengandung gula, garam, maupun lemak jenuh. Sebaliknya, pastikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari mengandung cara menghilangkan varises ringan dengan cepat seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, dan lemak baik. Jangan lupa, penuhi juga asupan vitamin serta mineral dari sayur dan buah-buahan.

Cek berat badan ideal Anda dengan kalkulator BMI untuk mengetahui berat badan Anda sudah ideal atau belum.

3. Hindari berendam air panas dalam waktu lama American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa menghindari berendam air panas bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan varises. Kebiasaan berendam air panas terlalu lama bisa memperburuk gejala varises yang timbul. Jadi, lebih baik Anda memilih mandi dengan air hangat ketimbang berendam dalam waktu yang lama. 4. Jangan berdiri atau duduk dalam waktu yang lama Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan varises adalah hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama.

Cobalah untuk melakukan berjalan-jalan sebentar setelah Anda duduk selama 30 menit, dan lakukan sebaliknya. Anda juga bisa melakukan peregangan sederhana untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Anda juga bisa membaringkan tubuh sejenak dan letakkan kaki dengan posisi lebih tinggi. Gunakan tiga atau 4 tumpukan bantal sebagai tumpuan kaki Anda. Tindakan ini dilakukan untuk memperlancar aliran darah di sekitar kaki, sehingga bisa membantu mengatasi varises. 5. Hindari sepatu hak tinggi Penggunaan sepatu ini menempatkan tekanan besar pada kaki Anda.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki varises di kaki, jenis sepatu ini harus dihindari. Sebaiknya, pilih sepatu tanpa hak yang lebih baik untuk pembuluh darah di sekitar kaki Anda.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Dengan menghindari sepatu hak tinggi, itu artinya Anda mencegah varises menjadi lebih parah dan ini membantu efektivitas cara mengobati varises lain yang juga Anda lakukan. Cara menghilangkan varises dengan bantuan dokter Jika pembengkakan pada pembuluh vena terlanjur besar dan menyebar, mungkin Anda tak bisa menghilangkan varises dengan cara tersebut.

Anda membutuhkan bantuan dokter untuk tindakan medis untuk menyembuhkan varises di kaki.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Namun, sebelum menentukan prosedur apa yang akan Anda lakukan, dokter biasanya cara menghilangkan varises ringan dengan cepat melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Selain memeriksa riwayat kesehatan Anda, dokter mungkin akan meminta Anda berdiri dan memeriksa seberapa parah pembengkakan pembuluh darah yang ada pada kaki Anda. Jangan sungkan untuk menyampaikan keluhan pada dokter terkait seberapa parah rasa sakit yang Anda rasakan pada bagian kaki yang memiliki varises.

Dokter juga mungkin akan melakukan tes ultrasonografi (USG) untuk melihat apakah katup pada pembuluh darah berfungsi normal atau tidak. Tes ini juga bisa melihat seberapa besar gumpalan darah terbentuk. Setelah dokter selesai melakukan pemeriksaan, barulah ia bisa menentukan prosedur apa yang sesuai dengan kondisi Anda.

Berikut ini berbagai cara rekomendasi dokter untuk menghilangkan varises Anda. 1. Penggunaan stoking kompresi Stoking kompresi memiliki rancangan khusus untuk meremas kaki Anda secara stabil guna meningkatkan sirkulasi. Stoking untuk varises ini akan mengikat ketat pada pergelangan kaki dan secara bertahap mengendur ketika Anda melangkahkan kaki.

Dengan penggunaan stoking ini darah akan terdorong dan mengalir ke atas menuju jantung Anda. Namun, stoking kompresi tidak cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, Anda harus menjalani tes atau penyelidikan Doppler untuk memeriksa sirkulasi darah Anda. Selain memperlancar peredaran darah, cara ini juga bisa meringankan rasa sakit, ketidaknyamanan dan bengkak di kaki Anda yang disebabkan oleh varises.

Dilansir dari National Health Servicepenggunaan stoking kompresi boleh menjadi pengobatan jangka panjang untuk varises, jika semua perawatan lain tidak cocok untuk Anda.

Stoking kompresi tersedia dalam berbagai ukuran dan tekanan yang berbeda. Kebanyakan orang dengan varises, dokter akan meresepkan stoking kelas 1 (kompresi ringan) atau kelas 2 (kompresi sedang). Anda mungkin perlu memakai stoking kompresi selama sisa hidup Anda jika Anda mengalami inkompetensi vena dalam (penyumbatan atau masalah dengan katup pada vena dalam kaki Anda). Dalam keadaan ini, Anda harus mengenakan stoking kompresi meskipun Anda telah menjalani operasi untuk mengobati beberapa varises.

2. Perawatan laser Perawatan laser dapat membantu menghilangkan varises yang berukuran kecil atau pembuluh darah laba-laba ( spider veins). Dokter atau tenaga medis profesional akan mengarahkan sinar laser ke bagian tubuh yang terdapat varises. Pancaran sinar yang kuat akan membuat pembuluh darah perlahan-lahan memudar dan menghilang. Jika Anda takut dengan jarum suntik, prosedur ini adalah pilihan terbaik. Pasalnya, prosedur laser tidak membutuhkan sayatan maupun jarum sama sekali.

Meski begitu, prosedur ini tetap memiliki efek samping yang perlu Anda waspadai.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat di antaranya kerusakan pembuluh darah, pembekuan darah, hematomainfeksi, kulit terbakar, dan cedera saraf. Tanyakan lebih lanjut pada dokter bedah Anda mengenai kemungkinan efek samping tersebut. 3. Skleroterapi sebagai cara menghilangkan varises Skleroterapi adalah prosedur medis untuk menghilangkan varises dengan cara menyuntikkan bahan kimia bernama sklerosant ke dalam pembuluh darah kaki. Bahan kimia tersebut efektif untuk membantu menyempitkan pembuluh darah dan memudarkan varises yang tampak pada permukaan kulit.

Tak hanya itu, skleroterapi juga bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin mengobati pembuluh darah laba-laba ( spider veins ). Dalam kurun waktu beberapa minggu, pembuluh darah yang menggumpal pada kaki atau bagian tubuh lain, idealnya akan memudar. Sayangnya, Anda perlu melakukan prosedur ini berulang kali supaya hasilnya lebih maksimal.

Selain itu, waspadai juga efek samping yang mungkin terjadi dari prosedur ini. Ya, sama dengan berbagai prosedur medis lainnya, skleroterapi untuk menghilangkan varises juga memiliki efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi, termasuk bengkak dan memar pada area yang penyuntikan. Dalam kasus yang serius, pembekuan darah juga bisa saja terjadi. 4. Kateter dengan energi laser Jika varises yang Anda miliki sudah terlanjur membesar, kateter dengan energi laser bisa jadi solusi terbaik.

Secara umum, kateter dengan energi laser sebenarnya serupa dengan metode laser sebelumnya. Bedanya, pada prosedur ini, dokter mungkin akan melibatkan sayatan kecil pada bagian kaki Anda terlebih dahulu untuk untuk memasukkan tabung tipis ke dalam pembuluh vena yang membesar.

Setelah berhasil masuk, ujung kateter akan melalui proses pemanasan dengan menggunakan gelombang radio atau energi laser. Nah, ketika penarikan kateter ke luar, energi panas dapat menghancurkan pembuluh vena yang membesar dan mengecilkannya. 5. Phlebectomy sebagai cara menghilangkan varises Phlebectomy adalah operasi varises melalui sayatan kecil. Prosedur ini efektif untuk menghilangkan varises kecil yang letaknya pada permukaan kulit tanpa rasa sakit.

Meski melibatkan sayatan, prosedur ini jarang menyebabkan kemunculan jaringan parut. Guna mengurangi rasa sakit, dokter mungkin akan memberikan bius lokal pada area yang bermasalah.

6. Endoskopi vena Sudah melakukan berbagai cara tersebut, tapi varises juga tak kunjung hilang? Jangan patah semangat! Pasalnya, ada satu prosedur medis lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu endoskopi vena. Prosedur ini umumnya menjadi cara terakhir apabila berbagai prosedur medis untuk menghilangkan varises lainnya tidak membuahkan hasil.

Endoskopi vena pada kasus varises yang parah hingga menyebabkan luka (ulkus) pada tungkai kaki. Dokter akan membuat sayatan kecil pada bagian yang terkena varises. Setelah itu, dokter akan memasukkan tabung kecil khusus dengan kamera pada bagian ujungnya.

Lewat layar monitor, dokter akan mengangkat dan menutup pembuluh vena yang terkena varises. Meski prosesnya terdengar menyeramkan, Anda dapat beraktivitas seperti biasanya setelah beberapa minggu ke depan. 7. Pengangkatan vena dan ligasi Umumnya prosedur pengangkatan vena dan ligasi hanya untuk kasus varises yang parah. Pembuluh vena yang terkena varises akan diikat sebelum mulai menjalar ke pembuluh vena lainnya yang lebih dalam. Jika tidak bisa dilakukan pengikatan, dokter mungkin akan mengeluarkan vena melalui sayatan kecil di kulit Anda.

Dokter mungkin akan memberikan bius total supaya Anda cara menghilangkan varises ringan dengan cepat tertidur selama prosedur berlangsung. Waktu pemulihan prosedur ini berkisar dari 1-4 minggu.

Why do some pregnant women get varicose veins?. Nemours KidsHealth – the Web’s most visited site about children’s health. https://kidshealth.org/en/parents/veins.html [Accessed on December 10th, 2020] Maintaining a healthy weight.

cara menghilangkan varises ringan dengan cepat

National Institute on Aging. https://www.nia.nih.gov/health/maintaining-healthy-weight [Accessed on December 10th, 2020] Koriem, K. M., Gad, I. B., & Nasiry, Z. K. (2015). Protective effect of Cupressus sempervirens extract against indomethacin-induced gastric ulcer in rats. Interdisciplinary toxicology, 8(1), 25–34.

https://doi.org/10.1515/intox-2015-0006 [Accessed on December 10th, 2020] Koulivand, P. H., Khaleghi Ghadiri, M., & Gorji, A. (2013). Lavender and the nervous system. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2013, 681304. https://doi.org/10.1155/2013/681304 [Accessed on December 10th, 2020] Varicose veins – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic.

(2019, January 16). Mayo Clinic – Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicose-veins/diagnosis-treatment/drc-20350649 [Accessed on December 10th, 2020] Varicose veins – Treatment. (2017, October 23). nhs.uk. https://www.nhs.uk/conditions/varicose-veins/treatment/ [Accessed on December 10th, 2020] Varicose veins.

NHLBI, NIH. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/varicose-veins [Accessed on December 10th, 2020] Leg veins: Why they appear and how dermatologists treat them. American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/cosmetic/younger-looking/how-dermatologists-treat-leg-veins [Accessed on December 10th, 2020]Jika saat ini varises yang Anda miliki mulai menimbulkan masalah, baik pada penampilan kaki, ataupun masalah yang ditimbulkan akibat dari gejala varises, misalnya sering terasa lelah, rasa nyeri dan gatal, maka inilah waktunya untuk mengobati atau menghilangkan varises.

Jangan tunda-tunda sebelum menjadi lebih parah! Pengobatan varises memiliki tujuan untuk meringankan gejala, mencegah komplikasi, dan tentu saja memperbaiki penampilan. Mungkin telah banyak yang menawarkan produk pengobatan atau cara menghilangkan varises dengan cepat tanpa efek samping, namun apakah benar demikian, seperti yang dijanjikan, atau jangan-jangan malah menimbulkan bahaya yang tidak diharapkan.

Sebagai panduan umum, jika varises menyebabkan sedikit gejala, dokter mungkin hanya menyarankan perubahan gaya hidup. Bagi yang memiliki gejala varises yang lebih parah, mungkin dokter merekomendasikan satu atau lebih prosedur tindakan medis untuk mengobati atau menghilangkan varises pada kaki Anda.

Sebagai contoh, prosedur atau tindakan medis dilakukan pada varises yang telah menimbulkan rasa sakit, bekuan darah, atau gangguan pada kulit. Cara Menghilangkan Varises Walaupun pengobatan yang dilakukan dapat menghilangkan varises, tapi itu tidak bisa mencegah timbulnya varises yang baru.

Maka dari itu perubahan gaya hidup mutlak diperlukan karena selain mencegah juga daoat mengurangi varises yang sudah ada dan cara menghilangkan varises ringan dengan cepat rasa sakit. Bahkan perubahan gaya hidup seringkali menjadi pengobatan yang pertama. Cara menghilangkan varises dengan perubahan gaya hidup Berikut perubahan gaya hidup yang dapat Anda terapkan sehari-hari untuk membantu menghilangkan varises: β€’ Hindari berdiri atau duduk untuk waktu yang lama tanpa beristirahat atau pindah posisi.

Ketika duduk, hindari menyilangkan cara menghilangkan varises ringan dengan cepat atau bersila. Posisikan kaki saat beristirahat, atau tidur pada posisi yang lebih tinggi dari dada. β€’ Lakukan aktifitas fisik agar kaki bergerak dan menguatkan otot-otot kaki yang pada akhirnya akan melancarkan aliran darah balik ke jantung. β€’ Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, usahakan untuk menurunkan berat badan. Ini juga akan meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena sebagai faktor risiko timbulnya varises.

β€’ Hindari memakai pakaian ketat, terutama yang ketat pada pinggang, pangkal paha (paha atas), dan kaki. Pakaian ketat dapat membuat varises lebih buruk karena efek bendungan yang menghambat aliran darah. β€’ Hindari memakai sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama. Sepatu bertumit rendah dapat membantu otot betis bekerja lebih optimal dalam membantu melancarkan aliran darah. β€’ Dokter mungkin merekomendasikan stoking kompresi.

Stoking atau kaus kaki khusus ini akan memberikan tekanan lembut pada kaki sehingga mencegah penumpukan darah di vena kaki. Cara menghilangkan varises dengan Prosedur medis Prosedur atau tindakan medis yang dilakukan akan dengan efektif menghilangkan varises atau menutupnya. Menghilangkan atau menutup varises biasanya tidak menimbulkan masalah dengan aliran darah karena darah bisa dialirkan melalui pembuluh darah lainnya.

Mengenai efek samping, yang paling sering muncul adalah memar, pembengkakan, perubahan warna kulit, dan nyeri ringan dan biasanya tidak berlangsung lama. Efek samping yang paling parah (jarang) dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, infeksi, pembekuan darah, dan jaringan parut. Dokter akan memilihkan salah satu atau beberapa prosedur pengobatan varises yang sesuai dengan kondisi Anda, Berikut pilihan terapinya: Skleroterapi Skleroterapi yaitu tindakan medis yang menggunakan cairan kimia untuk menutup vena varises.

Bahan kimia yang disuntikkan ke dalam vena akan menyebabkan iritasi dan jaringan parut di dalam pembuluh darah. Iritasi dan jaringan parut menyebabkan pembuluh darah menutup dan akhirnya varises pun menghilang dengan cepat. Anda akan memerlukan beberapa kali penyuntikan, perawatan biasanya dilakukan setiap 4 sampai 6 minggu. Setelah dilakukan prosedur ini, kaki akan dibungkus perban elastis untuk membantu penyembuhan dan mengurangi pembengkakan.

Pada vena yang relative besar digunakan cairan seperti busa. Mikroskleroterapi Mikroskleroterapi digunakan untuk mengobati spider veins dan varises yang sangat kecil. Bahan kimia cair dalam jumlah sedikit disuntikkan ke dalam vena menggunakan jarum yang sangat halus.

Prosedur dan efeknya sama dengan cara di atas, hanya saja ini lebih kecil. Cara menghilangkan varises seperti ini cocok bagi Anda yang takut dengan suntikan. Bedah Laser Cara menghilangkan varises ringan dengan cepat ini menggunakan energi cahaya dari laser yang ditembakkan ke varises. Sinar laser akan membuat pembuluh darah memudar.

Operasi laser sebagian besar digunakan untuk mengobati varises yang lebih kecil. Tidak ada pemotongan atau injeksi bahan kimia yang terlibat. Terapi Ablasi Endovenous atau penutupan vena dengan menggunakan kateter Ablasi Endovenous menggunakan laser atau gelombang radio untuk menciptakan panas yang bertujuan untuk menutup vena varises.

Dokter akan membuat sayatan kecil di kulit yang dekat dengan vena yang mengalami varises. Kemudian tabung kecil yang disebut kateter dimasukkan ke dalam vena. Pada ujung kateter tersebut akan dipanaskan di dalam pembuluh darah dan menutupnya. Saat dilakukan prosedur untuk menghilangkan varises ini Anda tidak akan merasa sakit karena sebelum prosedur dilakukan dokter memberikan obat pati rasa di daerah sekitar vena.

Pasien bisa pulang pada hari yang sama, tak perlu rawat inap. Bedah Vena Endoskopi Dokter akan membuat sayatan kecil di kulit di dekat varises. Kemudian kamera kecil di ujung selang serabut optik kecil dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena.

Pada ujung kamera terdapat alat bedah yang digunakan untuk menutup pembuluh darah. Operasi vena Endoskopi biasanya hanya digunakan dalam kasus-kasus varises yang parah, dimana telah timbul ulkus atau borok pada kulit. Penyembuhan setelah prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 1 minggu. Phlebectomy Ambulatory Untuk menghilangkan varises dengan cara ini, dokter akan membuat sayatan kecil di kulit.

Prosedur ini biasanya dilakukan untuk cara menghilangkan varises ringan dengan cepat varises vena yang paling dekat dengan permukaan kulit dan ukurannya masih kecil. Vein Stripping dan Ligasi Vein stripping dan ligasi biasanya dilakukan hanya untuk mengobati kasus varises yang parah. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengikat, menutup dan membuang vena melalui sayatan kecil pada kulit.

Cara ini biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Waktu pemulihan dari prosedur ini sekitar 1 sampai 4 minggu. Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins.

(gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti.

Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app

RAGAM MANFAAT - VARISES DAN TERAPI BAMBU (25/5/17) 2-2




2022 www.videocon.com