Cara membuat roti

cara membuat roti

Resep Roti Manis Lembut Seperti Bakery Berkelas Internasional - Resep roti manis ala bakery terkenal ini adalah hampir sama dengan resep holland bakery, cara membuat bakery terbaik untuk membuat roti lembut ala bakery yang sangat enak sekali. resep roti manis lembut dan empuk tergolong mudah dan tidak terlalu sulit apalagi kalau kita sudah berniat untuk membuatnya sekelas Internasional. Dan siapa sih yang tidak mengenal roti manis lembut, pasti semua orang pernah dan tahu tentang resep roti lembut ala bakery, roti ini biasanya berisi tentang coklat, keju, ataupun strowberi.

Kalau Anda pernah nyoba Roti Manis dengan marek yang terkenal, pasti pengen nyoba lagi dan lagi kan, karena yah sebagaimana kita tahu, roti kalau dibuat dengan hati dan dengan bahanya yang sudah dijamin kualitasnya pasti enak. Nah oleh sebab itulah saya bikin artikel khusus yang berkenaan dengan cara membuat roti manis lembut seperti bakery berkelas ini, sehingga kita tidak penasaran lagi dalam membuatnya.

Dan cara membuat roti roti manis lembut yang akan kita buat ini tidak bisa menyamai roti manis bikinan toko terkenal ataupun merek yang bagus, tetapi paling tidak kita bisa mempunyai gambaran akan membuat roti yang enak ala rumahan dan sesederhana mungkin.

Baca Juga: Resep cara membuat empek-empek Palembang Asli Yang Enak Kalau dirumah saya, yang namanya roti harus selalu ada, karena memang roti adalah makanan yang cepat dan membuat perut sedikit agak terjanggal dari kelaparan. Baiklah agar tidak penasaran, berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Bakery Berkelas Internasional lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis anti gagal dengan step by step untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis roti manis.

Resep Roti Manis Bahan-bahan roti manis isi yang enak: • Mentega/Butter 30 gr • Susu Cair (SKM) 130 ml • Telur ayam yang masih bagus 1 butir • Gula Pasir 30 gr / secukupnya • Garam 1/2 sendok teh atau secukupnya • bahan isian roti terserah (coklat/keju/selai) • tepung Terigu Protein Tinggi 260 gr • Ragi Instant 1 1/2 satu sendok teh Cara membuat roti manis • Siapkan terlebih dahulu loyang yang akan digunakan, dan pastikan loyang tersebut telah di olesi dengan bahan mentega • Setelah itu loyang kita sisihkan • Ambil semua bahan yang telah di siapkan, kecuali garam dan mentega • Aduk semuanya bahan tersebut sampai setangah kalis, lalu masukkan garam dan mentega secukupnya, pastikan semuanya tercampur dengan baik • Aduk hingga kalis dan adonannya terasa elastis • Lalu adonan tersebut kita bentuk sesuai selera kita, bisa bulat-bulat maupun kotak-kotak-k • Setelah terbentuk dengan baik, taruh semuanya di atas loyang, dan diamkan selama kurang lebih 1 jam atau pastikan semuanya bahan sudah mengembang dengan baik • Lalu ambil susu cair dan olesi diatasnya • Setelah dirasa merata panggang semuanya selama kurang lebih 40 menit didalam ovenan • Lalu angkat loyangnya saat masih panas, dan olesi semuanya dengan mentega sampai rata agar mengkilat • Setelah itu roti siap di hidangkan.

Nah itu adalah resep roti manis yang sangat mudah dan ada lagi lho resep kue roti yang pastinya bikin lidah kita ngiler, hmmm apa aja ya, baik lah saya ulas resepnya ya, selamat mencoba. Resep Roti Jala Pelangi Roti yang paling unik dari roti lainnya, bentuk dan warna dari roti jala pelangi ini dapat mengundang selera apalagi kalau dikasihkan ke anak-anak, tambah pengen lagi dan lagi loh, penasaran yuk simak ulasan kami cara membuat roti jala pelangi Resep Roti Pizza Pizza adalah makanan serba guna, makanan yang kata orang junk food ini sangat enak dan sedap loh, ditambah lagi dengan saos sambal atau saos tomat, apalagi kalau disandingkan dengan minuman soda hmm enak banget kan, panasaran ingin membuatnya dirumah yuk simak disini ya cara bikin roti pizza Resep Bikin Roti Kukus Mekar Soda Roti Kukus adalah roti yang dari cara membuatnya menggunakan kukusan, roti ini sangat lembut dan enak jika kita gigit, dibaluti dengan warna-warni, roti ini menghadirkan sebuah sensasi sendiri jika kita memakanya penasaran yuk simak ulasan kami berikut ini ya resep bikin roti kukus.

Resep Membuat Roti O Yang Sedap Siap yang belum pernah mencicipi roti o, hmm rugi bener dah, mengapa harus gitu, karena roti o ini hampir ada di swalayan-swalayan atau mal-mal besar di Indonesia, rasanya yang mirip dengan kopi membuat roti o ini nomor 1 dihati saya, penasaran cara membuatnya yuk simak berikut resep membuat roti o. Resep Roti India Negara India dengan negara dengan kepadatan penduduk yang banyak didunia, membuat negara ini menarik untuk dibahas, entah itu dari segi budaya, bahasa dan makannya, negara ini sunguh TOP.

Ada sebuah roti yang sangat enak di India, yaitu roti canai, dan roti ini terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat cocok untuk orang Indonesia, penasan dalam membuatnya, yuk simak ulasan cara bikin roti india ya. Resep Bikin Roti Bakar Kalau Anda suka dengan traveler, pasti pernah dong pergi ke gunung, yah makanan roti bakar cocok sekali jika kita makan saat digunung, ditemani dengan secangkir kopi/teh, dan jagung bakar, tidak ada salahnya untuk menyantap roti bakar, dan proses pembuatannya seperti berikut ya cara bikin roti bakar.

Resep roti manis bogasari Bahan : • Susu bubuk Indomilk 40 gram • Garam 15 gram • Air es 450 gram • Terigu Cakra Kembar 1000 gram • Bread Improver 4 gram • Ragi instan 20 gram • Royal palmia Margarin 80 gram • Orchid Butter unsalted 80 gram • Gula pasir 210 gram • Kuning telur 50 gram • Telur utuh 150 gram Cara membuat roti polesan: • Susu cair UHT 50 gram • Telur ayam 50 gram Bahan Isian : • Garlic powder 25 gram • Orchid Butter unsalted 500 gram, (potong kotak,lalu bekukan) Bahan Topping: • Peterselli cincang cara membuat roti gram • Keju mozarella 250 gram Cara Membuat Roti Manis Bogasari dengan Topping Keju • Pertama-tama kita ambil bahan keringnya • Lalu taruh dalam satu wadah dan campur semuanya • Dan mixer semuanya dengan kecepatan rendah selama kurang lebih 2 menit • Lalu tambahkan air, dan telur ayamnya, • Mixer lagi dengan kecepatan sedang • Lalu tambahkan orchid butter, lalu royal palmia serta garam secukupnya • Kemudian aduk hingga kalis • Setelah itu angkat dan bentuk bulat • Lalu tutup dengan menggunakan plastik dan diamkan selama kurang lebih 21 menitan • Setelah tiu cara membuat roti adonan dan isi dengan cara membuat roti potongan garlic powder dan butter beku • Lalu susun diatas loyang • dan diamkan selama kurang lebih 1 jam • Cek, apabila sudah mengembang poles dengan bahan polesan yang sudah disiapkan tadi • Setelah itu kasih toping diatasnya • Panggang dengan suhu 190 selama kurang lebih 14 menit • Siap disajikan.

Resep cara bikin roti bolu Bahan: • Telur ayam 5 butir • Cake emulsifier ( SP/TBM ) 1 sdm • Vanili bubuk 1/2 sdt • Baking powder 1/4 sdt • Margarine 50 gr dilelehkan terlebih dahulu • Tepung terigu serbaguna 100 gram • Gula pasir 125 gram Cara Membuat Roti Bolu Panggang • Siapkan gula pasir, telur ayam dan cake emulsifier • Lalu kocok telurnya • Masukkan gula pasir dan cake emulsifier • Campurkan semuanya dengan menggunakan mixer • Pastikan proses ini sampai mengembang kental dan warnanya pucat • Setelah itu tambahkan vanili bubuk, tepung terigu, dan baking powder • Aduk lagi hingga tercampur dengan rata • Lalu masukkan margarine yang tadi kita lelehkan, setelah itu aduk lagi hingga benar-benar rata • Setelah itu tuang adonan kedalam loyang yang sudah dioles sama mentega • Dan kita taburi tepung terigunya supaya cara membuat roti lengket • Lalu panggang hingga kurang lebih 30 menit • Setelah matang dan bewarna kecoklatan, angkat dari ovenan • Lalu siap di sajikan.

Baca juga: resep roti bolu gulung selai nanas Resep roti manis isi coklat Bahan: • Gula pasir halus • Coklat blok/misis • Keju • Pengempuk (bisa diskip) 1/4 sdt • 1/2 tepung segitiga • Fermipan (peres) 1 sendok teh • Air hangat • Mentega 1 sdm • Gula 4 sendok teh • Kuning telur ayam 1 butir Cara membuat roti manis isi coklat • Siapkan wadah yang bersih • Lalu campur jadi satu bahan yang telah disiapkan tadi seperti fermipan, tepung dan pengempuk • Setelah itu aduk bersama separuh air panas • Lalu tambahkan gula, mentega dan kuning telur • Aduk semuanya sampai rata dan terakhir tambahkan air dingin • Setelah itu campurkan tepung dan • Uleni hingga kalis • lalu banting-banting sampai adonan tidak lengket • Bentuk adonan bulat-bulat • Lalu sisi dengan coklat dan keju sesuai selera • Diamkan adonan sampai mengembang • Jika sudah maka adonan siap digoreng • Gunakan api kecil dan minyak secukupnya • Setelah terasa matang angkat dari mesin panggang • Siapkan wadah yang bersih, dan taruh roti tadi situ.

• Taburi dengan gula halus secukupnya • Siap disajikan. • Air es 350 ml • Margarin 100 gr • Ragi instan 20 gr • Susu cair full cream 200 ml • Tepung terigu K2 / Tepung terigu ala Bread Talk 1 kg • Bread improver 5 gr • Bread emulsifier 10 gr • Kuning telur 100 gr (sekitar 5-6 butir) • Gula pasir 225 gr • Susu full cream bubuk 50 gr • Garam 15 gr / secukupnya • Butter 100 gr • Ambil adonan kering seperti • Gula pasir, tepung terigu, bread emulsifier dan improver, susu bubuk dan juga ragi instant • Campur semuanya sampai rata • Lalu masukkan susu cair, dan kemudian kuning telurnya • Dan masukkan juga es sedikit demi sedikit • Mixer semuanya sampai adonan menjadi kalis • Lalu tambahkan butter, margarin dan juga garam secukupnya • Tutup semua adonan yang telas diproses dengan handuk basah • Diamkan adonannya sampai kurang lebih 20 menit • Lalu kempiskan adonan tersebut dan potong menjadi beberapa bagian atau perbagiannya sekitar 40 gram • Bentuk menjadi bulat-bulat, lalu diamkan lagi sekitar 40-60 menit • Dan pastikan adonannya tersebut mengembang kembali • Bentuk adonan tersebut dengan loyan, lalu olesi dengan bahan 1 • Lalu panggan sampai 15 menit, dan bersuhu 170 derajar • Setelah itu angkat dan dinginkan adonannya lalu belah dan setelah itu olesei dengan bahan 2 • Kemudian olesi dengan susu kental manis, mayonaise serta saos tomatnya • Lalu taburi dengan abon sapi/ayam sesuai selera Anda • Dan roti breadtalk siap disantap • Selamat makan.

Resep roti manis tanpa telur Cara membuat kue roti manis tanpa telur • terlebih dulu aduk semua bahan menjadi satu selama 20 menit atau sampai kalas • atau bisa juga menggunakan mesin aduk • lalu tutup adonan yang telah menjadi satu tadi dengan plastik selama kurang lebih 30 menit • lalu bentuk adonannya sesuai selera kita atau bisa juga dibentuk dengan model binatang-binatangan : ) • tunggu adonannya selama kurang lebih 45 menit • kalau adonan rotinya sudah mengembang poles dengan susu sampai rata • kemudian oven dalam mesin bersuhu kurang lebih 170 derajat selama kurang lebih 12-15 menit • siap disajikan.

• Setelah semua terkumpul campur semua bahan seperti tepung terigu, • lalu bei air, dan uleni sampai kalis • campur adonan dengan mentega • dan juga garam, lalu uleni sampai elastis • diamkan adonan cara membuat roti semuanya mengembang 2 kali lipat • bagi adonan tersebut menjadi 15 bulatan • dan isi masing-masing dengan ayam • celupkan adonan roti ke air • dan masukkan ke tepung panir • lalu balut sampai rata • dan diamkan sampai mengembang 2 kali • siap disajikan dengan hati riang gembira ya Cara membuat kue roti manis keju susu sapi • terlebih dulu aduk semua bahan menjadi satu selama 20 menit atau sampai kalas • atau bisa juga menggunakan mesin aduk • lalu tutup adonan yang telah menjadi satu tadi dengan plastik selama kurang lebih 30 menit • lalu bentuk adonannya sesuai selera kita atau bisa juga dibentuk dengan model binatang-binatangan : ) • tunggu cara membuat roti selama kurang lebih 45 menit Resep Kue Roti Manis Telur Ayam Jawa Bahan kue roti manis telur ayam Jawa • 1 telur ( kalau bisa ditambah 2 kuning telur saja) • 25 gr saf instant • 300 gr gula • garam secukupnya • 1000 gr tepung cakra • 25 gr susu bubuk manis • +/- 450 cc susu sapi • 150 gr mentega • 50 cc susu sapi Cara membuat kue roti manis telur ayam Jawa • terlebih dulu aduk semua bahan menjadi satu selama 20 menit atau sampai kalas • atau bisa juga menggunakan mesin aduk • lalu tutup adonan yang telah menjadi satu tadi dengan plastik selama kurang lebih 30 menit • lalu bentuk adonannya sesuai selera kita atau bisa juga dibentuk dengan model binatang-binatangan : ) • tunggu adonannya selama kurang lebih 45 menit • kalau adonan rotinya sudah mengembang poles dengan susu sampai rata • kemudian oven dalam mesin bersuhu kurang lebih 170 derajat selama kurang lebih 12-15 menit • siap disajikan.

Resep kue roti tawar praktis Bahan • telur 1 butir • susu 1 saset • gula pasir 4 sendok • margarin 1 sendok • air dingin secukupnya • tepung terigu cakra 3 cup (gelas mejikom) • ragi 1 sendok Untuk olesan : • Susu cair 3 sendok • kuning telur ayam Cara membuat kue roti tawar praktis • Ambil semua bahan yang sudah disiapkan • Lalu campur semua • Setelah itu tambahkan air • Lalu uleni sampai kalis • Setelah itu diamkan selama kurang lebih 1 jam • Lalu setelah mengembang 2kali lipat kempeskan • Pindahkan adonan ke loyang lainnya dan olesi dengan minyak • Dan diamkan lagi selama 1 jam • Tunggu sampai mengembang lagi • Lalu olesi dengan kuning telur • Dan panaskan adonan dengan oven • Lalu panggang sampai matang • Siap disantap.

Resep roti manis ubi ungu Bahan-bahan • garam 1/2 sendok teh • 60 gr margarin • 1 loyang 22 cm • ragi 1 sendok teh • 3 sdm gula pasir • tepung protein tinggi 300 gram • susu hangat 150 ml • 100 gr ubi ungu, rebus, haluskan Cara membuat roti manis ubi ungu yang enak • Ambil ubi dan susu, campur dan aduk rata • Lalu tambahkan juga gula, garam, ragi dan aduk hingga rata ya • Setelah itu masukkan tepung terigu • Uleni sampai rata • Lalu masukkan juga margarin • Aduk-aduk semuanya sampai rata hingga kalis sampai 10 menit • Bikin adonan menjadi bulat • Lalu diamkan beberapa menit sekitar 45 menit di tempat yang hangat, agar ragi bekerja dengan baik • Kemudian kempiskan adonan dan bikin bulat-bulat seperti bola kecil • Taruh dalam loyang • Diamkan lagi selama 45 menit • Taburi gula • Panggang dikisaran 180 menit selama 25 menit • Sajikan.

Baca Juga: Resep cara membuat gulai sayur Bagaimana Umi Cara Membuat Roti Manis Lembut Seperti Bakery Berkelas Internasional sangat mudah bukan, dan resep ini adalah resep rahasia bagaimana membuat roti yang enak dan sangat lezat. Demikian artikel yang telah kita bahas kali ini, semoga dapat bermanfaat buat kita semua, sampai ketemu di artikel resep masakan lainnya ya, sampai jumpa dan terimakasih.

source image: http://www.pundikencana.com/fileuploadmaster/634857.jpeg Sembari belajar dirumah dan dari pada bengong …. .Yuk kita refresh lagi tentang Ilmu Patiseri khususnya pelajaran Dasar-dasar Pembuatan Roti ….Kali ini kita akan belajar hal-hal baru tentang Ilmu Pembuatan Roti yang dalam bahasa dunia industri dikenal dengan “Basic Bread Making Technology”….banyak informasi baru yang mungkin akan sangat bermanfaat. Bagi yang sudah sering ikut kursus ataupun yang sudah pernah belajar membuat roti; Ada berbagai cara dalam membuat roti yang di kenal dengan metode atau sistem adonan.

Pada umumnya, sistem adonan yang biasa digunakan dalam proses pembuatan roti secara komersial adalah: straight dough (metode langsung), sponge and dough (sistem biang), sistem cepat ( n o-time dough) dan terakhir sistem yang berkembang di negara-negara di asia, termasuk Indonesia, yaitu sistem dough break. Masing-masing sistem memiliki kelebihan dan kekurangan, namun secara garis besar tiap tahapan proses memiliki prinsip yang hampir sama.

Berikut adalah tahap-tahap proses pembuatan roti: A. P EMILIHAN BAHAN BAKU Untuk menghasilkan produk roti dengan kualitas yang baik, tahap pertama yang harus dilakukan adalah memilih bahan baku yang baik. Pemilihan bahan baku yang digunakan harus mempertimbangkan beberapa aspek, yaitu: • Kualitas bahan • Ketersediaan bahan ( stock ) • Penyimpanan ( storage ) • Pengetahuan sifat-sifat bahan B.

PENIMBANGAN BAHAN Proses pembuatan roti adalah sebuah proses yang exact (pasti) seperti proses pembuatan makanan lainnya. Akurasi penimbangan atau ketelitian penimbangan berfungsi untuk mencegah kesalahan dalam penggunaan bahan. Gunakan takaran yang jelas ukurannya dan jangan dikira-kira dengan takaran yang tidak menentu. Timbang bahan dengan menggunakan timbangan yang sudah ditera atau dikalibrasi serta hindari menggunakan tangan, sendok atau cangkir dalam melakukan penimbangan.

C. PENGADUKAN ( MIXING ) Proses pengadukan atau mixing memiliki tujuan utama untuk membentuk jaringan gluten yang terdapat dalam terigu. Saat terigu ditambahkan air, serta mengalami proses pengadukan, maka seiring dengan waktu jaringan gluten akan mulai terbentuk. Proses pengadukan akan dihentikan apabila jaringan gluten sudah terbentuk dengan sempurna atau dikenal istilah kalis ( well developed).

Secara fisik adonan sudah mencapai kalis apabila adonan sudah memiliki tekstur tipis, transparan dan memiliki robekan adonan yang lurus. D. RESTING TIME Resting time adalah waktu istirahat sementara yang diberikan adonan agar adonan menjadi rileks dan memudahkan adonan untuk dapat ditangani pada tahap berikutnya.

Resting time sebenarnya merupakan proses fermentasi tahap 1 yang terjadi dalam adonan, sehingga perbedaan berbagai jenis sistem adonan terletak pada panjang-pendeknya proses resting cara membuat roti ini. E. PEMOTONGAN DAN PENIMBANGAN ADONAN ( CUTTING AND DIVIDING ) Setelah adonan diistirahatkan kemudian dilanjutkan dengan proses pemotongan dan penimbangan sesuai ukuran adonan yang dikehendaki.

Saat melakukan proses pemotongan dan penimbangan ini harus dilakukan secara cepat dikarenakan proses pengembangan adonan tetap berjalan. Tujuan pemotongan dan penimbangan adonan adalah untuk menghasilkan adonan yang seragam dengan ukuran dan berat yang sama, sehingga produk roti yang dihasilkan akan seragam. F. PEMBULATAN ( ROUNDING ) Rounding atau pembulatan adalah proses cara membuat roti membulatkan adonan, baik dengan menggunakan tangan maupun mesin.

Tujuan utama rounding adalah membentuk lapisan adonan dengan ketebalan yang diinginkan, serta membentuk permukaan kulit adonan (lapisan film) yang tipis tanpa robekan, sehingga membantu adonan dapat menangkap gas dan mengembang dengan baik.

G. INTERMEDIATE PROOFING Intermediate proofing merupakan proses istirahat sementara yang diberikan adonan yang telah mengalami pembulatan. Hal ini perlu dilakukan agar adonan yang mengalami penarikan saat pembulatan dapat rileks (istirahat), sehingga adonan tidak akan mudah robek saat proses pengerolan ( degassing atau sheeting).

Waktu intermediate proofing yang dibutuhkan untuk mengistirahatkan adonan sementara adalah antara 5–10 menit. H. PEMBENTUKAN ( MOULDING ) Proses pembentukan adonan ( moulding) dimulai dengan proses sheeting atau degassing yang bertujuan untuk meratakan adonan agar gas yang terbentuk dalam adonan lebih rata dan seragam ( uniform).

Selanjutnya, adonan akan mengalami proses penggulungan ( curling) dan perekatan bagian bawah adonan ( sealing). Dalam proses moulding dihindari adanya lubang udara yang terperangkap dalam adonan di akhir proses sealing I.

PELETAKAN ADONAN DALAM LOYANG ( PANNING ) Proses peletakan adonan dalam loyang dilakukan dengan memperhatikan posisi adonan yang terkunci (lapisan perekat adonan) harus berada pada bagian bawah. Hal ini dilakukan untuk mencegah lipatan perekat adonan terbuka pada saat final proofing dan pemanggangan (pengovenan). Pada proses panning, loyang harus dikondisikan agar roti mudah terlepas dari loyang setelah proses pemanggangan, dengan jalan memberikan oles loyang dan pemanasan.

J. FINAL PROOFING Final proofing atau fermentasi akhir merupakan proses pengembangan adonan hingga mencapai besar adonan yang optimal. Selain terjadinya kenaikan volume dalam proses final proofing juga dihasilkan alkohol, serta terjadi kenaikan suhu adonan (panas) dan pembentukan rasa.

K. PEMANGGANGAN ATAU PENGOVENAN Proses pemanggangan ( baking process) merupakan proses terakhir dan terpenting dalam pembuatan roti. Menurut (Pyler, 1979) dalam proses pemanggangan terjadi perpindahan panas oven yang akan mengubah adonan menjadi produk ringan, berongga ( porous), siap cerna dan kaya rasa. Perubahan biokimia yang terjadi dalam proses pemanggangan sangat komplek yang melibatkan inaktivasi enzim, yeast, perubahan pati dan gluten dalam adonan. L. PENGELUARAN DARI LOYANG ( DEPANNING ) Adonan yang sudah mengalami proses pemanggangan kemudian dikeluarkan dari loyang secara langsung.

M. PROSES PENDINGINAN ( COOLING ) Proses pendinginan roti ( bread cooling) merupakan proses untuk menurunkan temperatur suhu roti setelah proses pemanggangan hingga mencapai suhu internal roti pada kisaran (35 o–40.5 oC). Kondisi cooling harus dipertahankan pada kisaran suhu tersebut untuk menghindari terjadinya kehilangan kadar air dalam jumlah berlebihan. N. PENGEMASAN ( PACKAGING ) Kemasan yang menarik dapat menjadi daya tarik pertama bagi pelanggan ( first impression) untuk membeli produk yang di hasilkan, sehingga kemasan dianggap sebagai “ The Silent Salesman”.

Kemasan yang digunakan untuk membungkus roti dapat memiliki fungsi yang beraneka ragam di antaranya adalah: Tabel 1. Tabel fungsi kemasan. Fungsi kemasan Dapat digunakan sebagai Alat komunikasi Identitas produk dan nama merek ( branding). Alat display. Alat informasi yang menjelaskan manfaat produk. Memberikan instruksi penggunaan produk. Alat menarik pembeli. Fasilitas yang mendukung distribusi produk Memudahkan penanganan dalam pendistribusian produk. Pelindung produk dari Kadar air. Bau dan rasa agar tidak berubah.

Kondisi Panas dan dingin saat display. Jamur dan kerusakan mikrobiologi. Tags Bagaimana cara membuat roti sederhana cara pembuatan roti fermentasi proses pembuatan roti tawar proses produksi roti cara membuat roti • Previous Post 4 KEUNTUNGAN PENERAPAN SANITASI DAN HIGIENE DI INDUSTRI BAKERI • Next Post Bedanya Baking Powder Dan Baking Soda; Bahan Pengembang Kue Yang Beda Kandungannya Blog ini diasuh oleh M.

Husin Syabrini, STP, CPC, yang merupakan seorang food technologist dan praktisi di dunia bakery. Berpengalaman lebih dari 18 tahun di dunia Food Industry. Saat ini aktif sebagai Entrepreneur, Baking Consultant, Business Coach, dan Narasumber Pengembangan dunia Bakepreneur. Telah menulis buku A-Z Bakery (2013), UKM Naik Kelas (2014), Cakepreneur (2015), Pastrypreneur (2016), dan video pembelajaran Basic Bread Making (2020) Postingan Terbaru • APA ITU KONSEP GLUTEN FREE?

TREND BARU MENGKONSUMSI PRODUK ROTI LEBIH SEHAT. INI SEKILAS PENJELASANNYA • BANYAK YANG TANYA CARA MENGHITUNG HARGA POKOK PRODUKSI ROTI. KALAU SALAH HITUNG BISA BAKALAN RUGI USAHA ROTI ANDA ! • FUSION FOOD KREASI KEKINIAN YANG BANYAK ORANG Cara membuat roti TAHU • Tahukah Anda Tentang Persen Baker ? Perhitungan Penting Untuk Diketahui Bagi Yang Mau Cara membuat roti Roti • Baking From Home, Video Basic Bread Making Technology Yang Cocok Untuk Temani Belajar dari Rumah
ROTI BAKAR BERINTI BUTTERMILK BAHAN A: • 220ml air suam • 11gm yis • 1 biji telur • 5 sudu besar gula * Satukan air,gula dan yis.

Rehatkan sampai kembang, baru masukkan telur. Gaul rata. BAHAN B: • 500gm tepung roti • 2 sudu makan susu tepung • 1 sudu teh bread improver • 1 sudu teh bun softener • 75gm marjerin * Ramas bahan B sampai jadi seperti serbuk roti.

BAHAN INTI BUTTERMILK: • 100gm mentega bergaram ( salted butter ) • 120gm susu tepung • 2 biji kuning telur • 30ml susu pekat manis • 3 sudu makan penuh tepung gandum • 70gm gula ising * Pukul gula dan mentega sampai kembang. Masukan kuning telur, putar lagi. Masukan susu pekat dan susu tepung.

Putar sebati. Kemudian masukan tepung. Putar lagi. Siap. CARA MEMBUAT: 1. Tuang bahan A ke dalam bahan B sedikit semi sedikit. Gaul rata sehingga menjadi doh. 2.Uli doh sampai licin dan elastik. Rehatkan doh selama 40 minit atau sehingga naik dua kali ganda. 3.Tumbuk doh yang dah kembang tadi untuk keluarkan angin. Timbang doh 30 gram setiap satu.

4.Isikan inti buttermilk ke dalam doh dan bulatkan. Susun di dalam tray,pastikan ada jarak diantara doh. Rehatkan lagi selama 30-40 minit sehingga doh kembang. 5.Bakar doh selama 20 minit menggunakan suhu 170C. Harus diingat, lain ketuhar lain suhunya. Anda perlu perhatikan agar roti anda tidak hangit.

cara membuat roti

6.Setelah roti masak, sapu mentega di atas permukaan roti yang masih panas supaya nampak licin dan berkilat. 7.Sedia untuk dinikmati. Selamat mencuba! Yahoo is part of the Yahoo family of brands. By clicking " Accept all" you agree that Yahoo and our partners will store and/or access information on your device through the use of cookies and similar technologies and process your personal data, to display personalised ads and content, for ad and content measurement, audience insights and product development.

Your personal data that may be used • Information about your device and Internet connection, including your IP address cara membuat roti Browsing and search activity while using Yahoo websites and apps • Precise location You can select ' Manage settings' for cara membuat roti information and to manage your choices. You can change your choices at any time by visiting Your Privacy Controls. Find out more about how we use your information in our Privacy Policy and Cookie Policy.

Click here to find out more about our partners.
Merdeka.com - Nikmatnya roti sobek kerap susah untuk ditolak. Sensasi lezat dan lembutnya, kian menggugah cara membuat roti. Terutama kala masih hangat dan baru matang keluar dari panggangan.

Selain menjadi camilan, roti satu ini juga tepat untuk mengganjal perut kosong. Terutama bagi Anda yang tengah sibuk, hingga kewalahan untuk menyempatkan makan besar. Roti sobek memiliki tekstur bantet, empuk, bulat, dan lembut ketika disantap. Sesuai dengan namanya, karena dimakan dengan cara 'disobek' terlebih dahulu. Seiring perkembangan kreasi resep, roti sobek memiliki beragam jenis isian dan taburan. Mulai dari original yang memadukan gurih dan manis, isi cokelat, keju, sosis, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 5 Resep Roti Kukus yang Enak dan Lembut, Mudah Dibuat Cara Membuat Roti Isi Sederhana, Enak dan Praktis Tentu makin menggiurkan melihat isinya yang meleleh kala disobek. Langsung saja, berikut ini beberapa cara membuat roti sobek ala rumahan yang empuk dan lembut, seperti dirangkum dari Briliofood.net, Jumat (26/8). BACA JUGA: 5 Cara Membuat Sandwich yang Enak dan Lezat, Mudah Dibuat 6 Resep Roti Isi Daging Spesial dan Lezat, Cocok untuk Usaha Rumahan • 250 gram tepung terigu cakra kembar • 130 ml susu cair • 2 kuning telur • 35 gram gula pasir Bahan B: • 3 cara membuat roti ragi instan • 1 sdm air hangat kuku • 30 gram butter/Margarine • sejumput garam Bahan Isi: filling cokelat Olesan: BACA JUGA: Resep Setup Roti Tawar yang Enak ala Rumahan, Mudah Dibuat 6 Resep Roti Tawar Gulung Berbagai Isi, Cocok untuk Camilan Sore Hari • susu cair • butter+madu (campur) Cara Membuat Roti Sobek Isi Cokelat: 1.

Campur gula pasir dan susu, aduk sampai gula larut. 2. Masukkan kuning telur, aduk rata. Kemudian tuang ke tepung secara bertahap sembari diaduk. Tutup adonan diamkan selama 6-8 jam. 3. Larutkan ragi dengan air. Tuang ke adonan, uleni sampai rata. 4. Masukkan butter dan garam. Uleni sampai rata. 5. Bulatkan adonan, taruh ke wadah, tutup pakai plastik, dan diamkan sampai mengembang dua kali lipat.

5. Kempiskan lalu bagi jadi 16 bulatan. Pipihkan lalu beri isian dan bulatkan lagi. Kemudian letakan di loyang. Diamkan hingga mengembang dua kali lipat. 6. Oles susu cair lalu panggang hingga matang. 7. Angkat, olesi dengan campuran butter dan madu.

Roti Sobek Tape Singkong BACA JUGA: Resep Roti Bluder yang Lembut dan Anti Gagal, Mudah Dibuat Resep Roti Goreng Lezat dan Nikmat, Begini Cara Membuatnya yang Gampang Dipraktikkan Bahan: • 350 gram terigu protein tinggi • 200 gram tape singkong • 2 sdm gula pasir • 1 sdt ragi • 1 susu bubuk • 1 telur • 100 ml air hangat • 2 sdm margarin • sejumput garam Olesan: • kuning telur • susu cair Cara Membuat Roti Sobek Tape Singkong: 1.

Campur semua bahan kecuali margarin dan garam. 2. Beri air sedikit demi sedikit. UIeni setengah kalis. 3. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai kalis. 4. Diamkan 45 menit. Tutup dengan kain bersih. 5. Bagi adonan jadi 60 gram. Bentuk bulat, pipihkan, lalu gulung. 5. Tata dalam loyang.

Diamkan selama 15 menit. Olesi telur. 6. Oven selama 20 menit hingga matang. 7. Oles atasnya dengan margarin tipis-tipis. Instagram/@ettyyuni, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan A: (campur, uleni 10 menit, lalu masukkan kulkas 1 jam) • 180 gram susu full cream • 25 gram gula • 1/2 sdt garam • 250 gram terigu protein tinggi Bahan B: • 1 sdt ragi instan • 20 gram butter Cara Membuat Roti Sobek Mini: 1. Campur bahan A dengan ragi, uleni sampai rata.

Tambahkan butter, uleni kalis, lalu tutup plastik wrap. 2. Biarkan mengembang dua kali lipat, kempiskan, lalu bagi per 25 gram, diameter selama 10 menit. 3. Gilas, bentuk bulat, dan isi. Tata di loyang. 4. Diamkan selama 1 jam. Olesi susu cara membuat roti dan beri taburan toping.

cara membuat roti

5. Oven 20 menit dengan suhu 190 C. Angkat dan olesi butter. Roti Sobek Keju Parut Instagram/@lailymeilia, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan: • 200 g pro tinggi + 50 g pro sedang) • 30 g gula pasir • cara membuat roti g ragi • 1 sdm susu bubuk • 1 telur + susu jadi 170 ml • 35 g mentega • 1/ 4 sdt garam Bahan Isian: keju parut Topping: • keju parut • meises Olesan: susu cair Cara Membuat Roti Sobek Keju Parut: 1.

Campur semua bahan dough kecuali mentega dan garam. Uleni hingga setengah kalis. 2. Masukkan mentega dan garam, uleni hingga kalis. 3. Bagi jadi beberapa bagian, bulatkan, beri isian, lalu susun dalam loyang.

Diamkan hingga mengembang dua kali lipat. 4. Beri olesan dan topping. 5. Panggang pada suhu 170C sampai matang. Roti Sobek Original Instagram/@stefanielaz, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan: • 250 gram terigu protein tinggi • 10 gram susu bubuk • 30 gram gula pasir • 173 gram susu cair (dingin) • 3 gram ragi instan • 3 gram garam • 25 gram unsalted butter Cara Membuat: 1.

Campur terigu, susu bubuk, gula, dan susu cair hingga setengah kalis. 2. Masukkan ragi, uleni sebentar. 3. Masukkan butter, uleni hingga kalis. Diamkan selama 1 jam. 4. Kempiskan lalu bagi adonan dan timbang jadi 16 bagian. Bulatkan semuanya lalu diamkan 10 menit. 5. Gilas pipih, bulatkan dan tata ke loyang.

6. Panggang adonan dengan oven 175-190C sampai matang. Roti Sobek Isi Cokelat Keju Instagram/@ristipujistuti, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan: • 400 gram terigu protein tinggi • 100 cara membuat roti terigu protein sedang • 110 gram gula pasir • 7 gram fermipan • 40 gram susu bubuk • 1 1/2 gram bread improver • 125 gram susu uht dingin • 100 gram air dingin • 3 kuning telur • 10 gram Parfait crumb softener • 75 gram butter • 3 gram garam • 5 gram cokelat bubuk + sedikit pasta cokelat • 10 gram keju bubuk Isi dan Taburan: • keju parmesan • cokelat Cara Membuat Roti Sobek Isi Cokelat Keju: 1.

Campur terigu, gula, fermipan, susu bubuk, dan bread improver. 2. Masukkan lalu mixer telur, susu uht, dan air dingin sampai setengah kalis. 3. Masukkan parfait crumb softener dan butter. Masukkan garam, mixer sampai kalis. 4. Bagi adonan jadi bagi 2 @520 gram. Masing-masing beri bubuk cokelat, pasta, dan cara membuat roti keju. Uleni hingga rata. 5. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat. Kempiskan dan gilas, bagi adonan masing @40 gram lalu diamkan lagi 10 menit.

7.

cara membuat roti

Gilas dan isi dengan filling. Diamkan hingga mengembang 2 cara membuat roti lipat lalu oven sampai matang. 8. Keluarkan lalu olesi dengan butter selagi panas.

Roti Sobek Kopi Instagram/@luiskitchen2020, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan: • 300 gram tepung terigu protein tinggi • 50 gram brown sugar • 1 telur • 150 ml susu hangat • 10 gram kopi instan • 3 gram ragi instant • 30 gram butter tawar • 2,5 gram garam Cara Membuat Roti Sobek Kopi: 1.

Campur terigu dan brown sugar. 2. Masukkan telur, susu hangat, kopi instant, dan ragi. Mixer hingga agak kalis. 3. Masukkan butter dan garam, mixer hingga kalis. 4. Diamkan hingga mengembang dua kali lipat, tutup plastik wrap lalu kempiskan.

5.

cara membuat roti

Bagi adonan lalu bulatkan. Diamkan selama 15 menit, tutup plastik wrap. 6. Pipihkan, bentuk bulat lagi, kemudian tata di loyang. Diamkan sampai mengembang. 7. Taburi sedikit tepung, panggang di oven suhu 180 Celcius sampai matang. Roti Sobek Sederhana Instagram/@susan0803__, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan: • 250 gram tepung protein tinggi • 50 gram gula pasir • 5 gram ragi instant • 15 gram susu bubuk • 2 kuning telur • 115 ml susu cair dingin kulkas cara membuat roti 50 gram butter • 5 gram garam Cara Membuat Roti Sobek Sederhana: 1.

Campur tepung, ragi, gula pasir, dan susu bubuk. Masukkan kuning telur dan susu cair tuang perlahan.

Uleni. 2. Campur butter dan garam, mixer. 3. Timbang dan bagi, bentuk bulat lalu diamkan selama 10-15 menit. Gilas dan beri isi. 4. Tata di loyang, diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. 5. Panasin oven 180c, cara membuat roti. Olesi roti dengan susu cair. Panggang sampai matang. Roti Sobek Pandan Instagram/@ernynjios, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan: • 300 gram tepung cakra • 50 gram tepung segitiga biru • 60 gram gula pasir • 1 sdm ragi instan • 2 kuning telur • 1/2 garam • 50 gram butter • 200 ml susu cair dingin • endapan pandan secukupnya Cara Membuat Roti Sobek Pandan: 1.

Campur tepung terigu, gula, dan ragi. Masukkan telur, susu cair, dan endapan pandan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis. 2. Masukan garam dan butter, uleni hingga kalis. Bulatkan adonan, tutup pakai plastik wrap, diamkan selama 45 menit. 3. Kempiskan lalu bagi sesuai selera. 4. Gilas dan isi sesuai selera, diamkan lagi selama 15 menit. 5.

Olesi susu cair dan kasih topping sesuai selera, panggang sampai matang. Keluarkan lalu olesi butter.

cara membuat roti

Roti Sobek Nutella Instagram/@homecooking_byput, briliofood.net ©2021 Merdeka.com Bahan: • 63 gram tepung protein tinggi • 50 gram air mendidih Bahan Adonan: • 250 gram tepung protein tinggi • 34 gram gula pasir • 13 gram susu bubuk full cream • 5 gram ragi instan • 1 kuning telur • 100 gram air dingin • 50 gram salted butter • 5 gram garam Isian: nutella Cara Membuat Roti Sobek Nutella: 1.

Campur tepung terigu, gula, ragi, dan susu bubuk. 2. Tambahkan air dan kuning telur. Aduk rata. 3. Masukan garam dan butter. Uleni sampai kalis. Diamkan hingga mengembang dua kali lipat. 4. Kempiskan adonan, uleni lagi sebentar. Bagi adonan jadi 10. 5. Bentuk bulat lalu diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. 6. Kempiskan adonan, uleni, lalu gilas. 7. Isi dengan 1 sdm nutella, bentuk bulat. Letakkan semua adonan ke loyang, tutup dengan plastik selama 45 menit.

6. Panggang suhu 125 130 derajat Celcius sampai matang. 7. Keluarkan lalu olesi butter. Itulah beberapa cara membuat roti sobek dengan beragam kreasi isian yang mengiurkan. Layak untuk dipraktikkan di rumah bersama keluarga atau teman.

Selamat mencoba. 1 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 2 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 3 Innalillahi Waina Ilaihi Rajiun, Sang Raja Dangdut Rhoma Irama Berduka 4 Selamat! Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri Selengkapnya
Merdeka.com - Roti manis sangat cocok untuk disajikan sebagai camilan pagi maupun sore hari.

Menikmati roti manis dengan secangkir teh atau kopi adalah perpaduan yang tepat untuk menemani waktu bersantai Anda. Dan, tak ada salahnya untuk mencoba membuat roti manis sendiri di rumah. Jika Anda belum mahir membuat roti, maka resep roti manis beserta cara membuatnya ini dapat Anda ikuti karena mudah dipraktikkan.

Membuat roti manis bahkan ada yang tak perlu menggunakan mixer. Mudah bukan? BACA JUGA: 5 Resep Roti Kukus yang Enak dan Lembut, Mudah Dibuat Cara Membuat Roti Isi Sederhana, Enak dan Cara membuat roti • 450 gr tepung pro tinggi • 300 ml air hangat • 4 sdm Gula Pasir • 2 sdt fermifan • 2 sdm susu bubuk • 1 sdt garam • 50 gr mentega • 2 kuning telur Cara membuat resep roti manis: • Air hangat, gula pasir, fermipan cara membuat roti.

Diamkan 10 menit sampai berbuih. (Cek bagus tidaknya fermipan) • Campurkan tepung, kuning telur, susu bubuk, garam di wadah lain. Aduk dan tambahkan cairan fermifan. Aduk sampai rata pakai spatula. • Masukkan mentega dalam adonan. Uleni pakai tangan sampai tercampur. Bentuk bulatan. Diamkan di wadah tutup dengan serbet selama 1 jam. • Kempeskan. Bagi adonan 45 gr. Bentuk sesuai selera dan beri isian. Diamkan 10 menit (PENTING untuk memberi olesan minyak atau terigu di tangan dan nampan) • Setelah itu panggang di oven.

Setelah matang, oles margarin selagi panas. BACA JUGA: cara membuat roti Cara Membuat Sandwich yang Enak dan Lezat, Mudah Dibuat 6 Resep Roti Isi Daging Spesial dan Lezat, Cocok untuk Usaha Rumahan • 270 gr tepung cakra • 30 gr tepung kunci • 40 gr gula pasir (resep asli 60gr) • 20 gr susu bubuk • 6 gr fermipan • 180 ml (1 kuning telur + susu cair dingin) • 10 gr susu kental manis (aduk rata di susu cair) • kalau mau pakai juice pandan, brrt kurangin aja cairan susunya • cara membuat roti gr butter • 1/3 sdt garam • Isian sesuai selera Cara membuat resep roti manis: • Timbang dan siapkan bahan.

• Campurkan tepung cakra, tepung kunci, gula pasir, susu bubuk dan cara membuat roti di dalam baskom. aduk asal rata. • Masukkan telur, susu cair, susu kental manis sedikit-sedikit sambil diuleni. • Setelah setengah kalis elastis, masukkan butter dan garam. Uleni sampai kalis. • Setelah kalis elastis, bulatkan adonan lalu tutup dengan plastic wrap dan serbet.

Diamkan 30-45 menit sampai mengembang 2x lipat. • Setelah 30-45 menit, buka platik wrap lalu kempiskan adonan. Uleni lagi sebentar. • Timbang dan bulat-bulatkan sesuai selera. Lalu diamkan lagi 10 menit sambil siapkan isiannya. • Setelah 10 menit, gilas adonan, beri isiian dan bentuk sesuai selera. Lakukan sampai adonan habis, diamkan lagi 1 jam - 1,5 jam sampai mengembang 2x lipat lagi. • Setelah 1.5 jam, olesi dengan susu cair, lalu beri topping. Panggang 170-180 derajat selama 30 menit sampai matang (tergantung oven).

• Begitu matang, olesi langsung dengan butter agar mengkilap, wangi dan lembut. ©Pixabay/congerdesign Cara membuat resep roti manis: • Campur kuning telur, whipcream dan susu cair, aduk rata. Kemudian campurkan tepung terigu,gula pasir, tepung susu dan ragi. • Kemudian perlahan campurkan bahan cair ke bahan kering. • Uleni hingga setengah kalis, tambahkan butter dan garam. • Uleni hingga kalis elastis, kemudian biarkan mengembang menjadi 2x lipat.

Lalu, kempiskan dan bagi menjadi 35gr (sesuai selera). • Diamkan 10 menit, gilas dan kemudian bentuk bulat kembali. Susun di loyang roti, biarkan mengembang menjadi 2x lipat. • Setelah mengembang, oles atas roti dengan susu cair dan panggang 20 menit dengan suhu 200 derajat celcius (sesuaikan suhu masing-masing). • Setelah matang, dalam keadaan panas olesi atas roti dengan margarin atau butter. • Roti empuk berserat siap dinikmati.

©Pixabay/RitaE Cara membuat resep roti manis: • Campur bahan terigu, fermipan, sp, susu dan gula. Uleni hingga kalis. • Masukkan margarin dan pasta pandan k adonan aduk smp kalis. • Olesi mangkok dengan sedikit minyak lalu taruh adonan ke dalam mangkok. • Tutup dan diamkan sampai mengembang. • Olesi loyang dengan margarin, bentuk bulat-bulat lalu isi menurut selera. Diamkan lagi 1 jam. • Oven hingga setengah matang, lalu keluarkan.

• Olesi dengan cara membuat roti telur dan taburi wijen, lalu oven lagi hingga matang. cookpad.com Cara membuat resep roti manis: • Siapkan bahan. • Buat biang: siapkan 140 ml (10 ml pisahkan untuk olesan nanti) susu yang sudah di hangatkan (suam-suam kuku), masukan ke gelas/mangkuk berisi gula, aduk rata lalu masukan ragi dan aduk lagi. Diamkan 10 - 15 menit sampai berbuih (menandakan ragi masih aktif). Jika tidak berbuih artinya ragi cara membuat roti mati.

Pastikan susu jangan terlalu panas karena akan membuat ragi mati. • Masukkan campuran susu ragi dan kuning telur kedalam tepung, aduk dengan spatula/tangan.

• Setelah tercampur rata, masukkan mentega dan garam. Teruskan melumat butter/mentega ke dalam adonan sampai cara membuat roti rata. Jangan kuatir adonan tidak mulus. • Tutup adonan dgn plastic Wrap, tutup lagi dengan serbet bersih- taruh ditempat hangat. 20 menit kemudian keluarkan. • Setelah 20 menit tarik dough dari sisi luar ke dalam melingkar bagian per bagian hingga saling menumpang, tariknya pelan saja jangan sampai putus.

Balikkan dan simpan kembali seperti langkah 5. Setelah 20 menit, ulangi lagi. • Ulangi sampai 3 kali. Jadi 3x20 menit utk profing awal. • Sebelumnya, ambil menunggu profing ke 3, siapkan filling cokelat. Masukan susu dan dcc ke panci, panaskan dengan api kecil. Setelah tercampur masukan maizena yang sudah di cairkan ke dalam panci. Aduk rata hingga meletup lalu dinginkan. • Setelah di bentuk dan di isi, Tutup kembali dengan plastik wrap selama 30-40 menit tergantung suhu ruangan. • Panaskan oven 170°c sebelum adonan di masukan ke oven.

Panggang adonan dengan suhu 170°c selama 15 menit, lalu turunkan suhu ke 150°c selama 10 menit. Atau untuk suhu sesuaikan dengan oven masing-masing. • Panggang hingga roti matang dan mengembang sempurna di dalam oven. ©2019 Merdeka.com/Pixabay Cara membuat resep roti manis: • Campurkan semua bahan kecuali garam (masukkan terakhir setelah semua tercampur rata).

• Susu Cair dituang sedikit-sedikit saat dimixer agar adonan tidak lembek. Mixer dengan mixer roti (spiral) atau uleni sampai kalis elastis adonannya. • Bagi jadi 12 bagian, lalu tarik memanjang, isi dengan sosis & gulung dililit.

Diamkan sekitar 45menit sampai memgembang. • Setelah mengembang lalu oleskan dengan kuning telur (kocok dulu), lalu taburkan bubuk oregano. • Panaskan oven, panggang suhu 150 derajat selama 30menit (atas bawah). Oven diatur sesuai dengan milik masing-masing. • Panggang hingga warna atasnya kecoklatan, lalu angkat.

Setelah dingin langsung simpan di kotak tertutup/plastik agar tidak cepat kering. ©2021 Merdeka.com/pixabay [edl] 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 5 Selamat! Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran SelengkapnyaRoti adalah roti khas India yang berbentuk bundar, pipih, dan tidak mengembang.

Meski sebagian besar restoran India menyajikan naan (yaitu roti pipih mengembang yang dibuat dengan starter ragi dan tepung terigu serta biasanya dimasak dengan oven tungku [1] X Teliti sumber ), roti biasanya dibuat dengan tepung gandum dan dimasak di atas wajan datar yang panas. [2] X Teliti sumber Roti dinikmati sebagai makanan pokok sehari-hari yang dibuat tidak lama sebelum dimakan, dan dimakan bersama kari, chutney (sambal khas India), dan berbagai masakan India lainnya.

Roti juga sering digunakan sebagai sendok untuk menyendok masakan lain yang dihidangkan bersama. Roti sangatlah lezat, serbaguna, dan ternyata juga mudah dibuat dengan memanggangnya sendiri di rumah. Resep roti berikut ini akan menghasilkan 20-30 porsi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/b7\/Make-Roti-Step-1-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-1-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/b7\/Make-Roti-Step-1-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-1-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pilih tepung.

Resep roti tradisional membutuhkan tepung chapati (atau "chapatti"), yang juga dikenal sebagai tepung atta gandum durum. Beberapa resep roti hanya menyatakan "atta" dalam daftar bahannya; cara membuat roti ini biasanya mengacu pada tepung chapati (memang, istilah "roti" dan "chapati" kadang-kadang digunakan secara bergantian karena sama-sama merupakan roti pipih khas India yang dibuat tanpa ragi atau pengembang).

• Tepung atta/chapati adalah tepung gandum utuh yang digiling halus. [3] X Teliti sumber Ini adalah pilihan tepung tradisional untuk membuat roti. • Kalau Anda tidak memiliki tepung chapati atau tidak bisa menemukannya, Anda bisa mengganti tepung gandum utuhnya. Walau begitu, karena tepung gandum utuh merupakan tepung yang berat, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan campuran dari setengah tepung gandum utuh dan setengah tepung terigu biasa untuk menghasilkan tekstur yang mendekati tepung chapati.

• Anda bahkan bisa hanya menggunakan tepung terigu biasa kalau itu yang hanya Anda miliki. Walau begitu, kalau Anda melakukan ini, Anda mungkin perlu menggunakan lebih sedikit air. Pastikan untuk memperhatikan konsistensi dan tekstur adonan selagi Anda mencampurnya; ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam langkah-langkah di bawah ini.

• Selain itu, kalau Anda hanya menggunakan tepung terigu biasa, roti yang Anda hasilkan tidak akan sekenyal dan memiliki citarasa seperti kacang seperti roti tradisional. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c0\/Make-Roti-Step-2-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-2-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c0\/Make-Roti-Step-2-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-2-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pilih minyak.

Anda harus memiliki persediaan sedikit minyak di untuk mengolesi roti, dan opsional, sedikit untuk ditambahkan ke adonan. Anda bisa menggunakan minyak apa saja: minyak zaitun, minyak sayur, mentega cair atau ghee, tetapi ghee dianjurkan. • Ghee adalah mentega yang sudah dijernihkan, yang dipanaskan sampai semua airnya menguap dan padatan susunya mulai mencokelat.

Ghee memiliki citarasa dan warna seperti karamel dengan citarasa mirip kacang, dan memiliki titik asap yang sangat cara membuat roti (hampir 375 °) sehingga cocok untuk menggoreng.

Ghee bisa dibeli di pasar atau toko-toko bahan makanan India dan Timur Tengah, atau Anda bisa membuat ghee sendiri di rumah. [4] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/97\/Make-Roti-Step-3-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-3-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/97\/Make-Roti-Step-3-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-3-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f7\/Make-Roti-Step-4-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-4-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f7\/Make-Roti-Step-4-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-4-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Tambahkan ghee (atau minyak) ke tepung.

Tidak semua resep roti memerintahkan untuk menambahkan minyak ke dalam adonan, namun ini bisa menambah sedikit rasa ke roti sederhana ini dan juga bisa melunakkan teksturnya. Tambahkan ghee secukupnya, sampai kira-kira 1 sendok teh.

Perlahan campur adonan sampai terbentuk serpihan-serpihan adonan. • Pastikan tangan Anda bersih kalau Anda mencampur adonan dengan tangan. Jika menggunakan mixer, campur dengan kecepatan rendah, dan jika menggunakan alat pengolah makanan, nyalakan alat tersebut beberapa kali sampai Anda melihat terbentuk serpihan adonan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/de\/Make-Roti-Step-5-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-5-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/de\/Make-Roti-Step-5-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-5-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tambahkan air ke cara membuat roti.

Perlahan-lahan mulai tambahkan air hangat ke adonan. Adonan akan berbutir-butir pada awalnya, tetapi setelah Anda menambahkan lebih banyak air, adonan akan mulai menyatu membentuk bulatan. • Pastikan untuk tidak menambahkan air terlalu cepat; atau adonan akan terlalu lengket dan Anda tidak bisa menggilasnya.

• Kalau Anda menggunakan mixer atau alat pengolah makanan, Anda mungkin harus berhenti beberapa kali untuk membersihkan adonan dari dinding alat sebelum mencampurnya lagi.

• Adonan jadi harus lembut dan sedikit lengket, namun tetap kalis sehingga bisa dikelupas dari tangan Anda. Kalau adonan menempel ke tangan, itu berarti adonan terlalu basah, dan Anda harus menambahkan sedikit tepung lagi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e5\/Make-Roti-Step-6-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-6-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e5\/Make-Roti-Step-6-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-6-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Uleni adonan.

Setelah adonan membentuk gumpalan, jalankan mixer atau alat pengolah makanan selama beberapa menit lagi dan/atau uleni adonan dengan tangan selama sekitar lima menit.

Ini akan membantu terbentuknya protein gluten. • Waktu yang Anda butuhkan untuk menguleni adonan bisa menyesuaikan, dan tergantung pada kekuatan ulenan atau alat yang Anda gunakan.

Anda perlu menghasilkan adonan elastis yang lentur yang bisa Anda gilas atau pipihkan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/09\/Make-Roti-Step-6Bullet1.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-6Bullet1.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/09\/Make-Roti-Step-6Bullet1.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-6Bullet1.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/d7\/Make-Roti-Step-7-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-7-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/d7\/Make-Roti-Step-7-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-7-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Istirahatkan adonan.

Setelah selesai menguleni adonan, olesi adonan dengan minyak atau ghee tipis-tipis saja, kemudian tutup dengan kain atau tisu makan yang dibasahi. Biarkan adonan istirahat selama kurang lebih 30 menit (lebih lama juga tidak apa-apa). • Mengistirahatkan adonan akan menghasilkan roti yang lebih lembut. Gluten yang terbentuk selama proses pengulenan akan melentur, dan gelembung udara di dalamnya akan memiliki kesempatan untuk keluar.

[5] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/84\/Make-Roti-Step-8-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-8-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/84\/Make-Roti-Step-8-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-8-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Panaskan wajan yang akan Anda gunakan.

Untuk memasak roti, Anda membutuhkan alat panggang datar atau wajan besi cor dengan diameter setidaknya 20,42- 22,9 cm, atau wajan tawa besi tradisional. Tempatkan wajan di ats api sedang. • Anda bisa menguji panas wajan Anda dengan menjatuhkan sejumput atau dua jumput tepung ke wajan. Jika tepung menjadi cokelat, itu berarti permukaan wajan sudah cukup panas. • Kebanyakan resep roti merekomendasikan untuk memanaskan wajan Anda saat Anda menggilas adonan. Tetapi kalau Anda belum pernah menggilas adonan sebelumnya, mungkin akan dibutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya, sementara wajan tidak boleh terlalu panas atau mulai berasap.

Jadi Anda bisa menyelesaikan menggilas adonan terlebih dahulu, baru menunggu wajan panas. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/91\/Make-Roti-Step-9-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-9-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/91\/Make-Roti-Step-9-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-9-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Siapkan alat untuk menggilas adonan.

Anda memerlukan alat penggilas dan permukaan datar yang luas untuk menggilas adonan. Lempengan marmer atau balok chapati tradisional adalah pilihan yang ideal, tetapi talenan kayu besar atau bahkan meja dapur pun bisa digunakan. Taburi ringan permukaan penggilasan dengan tepung terigu, dan sediakan sedikit lagi (sekitar ¼ cangkir) di dekat Anda untuk melapisi di tangan Anda selagi Anda menangani adonan.

Taburi alat penggilasnya juga. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/97\/Make-Roti-Step-10-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-10-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/97\/Make-Roti-Step-10-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-10-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f3\/Make-Roti-Step-11-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-11-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f3\/Make-Roti-Step-11-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-11-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Pipihkan bulatan adonan.

Ambil satu bulatan adonan dan mulai pipihkan. Taburi kedua sisi adonan dengan tepung, dan mulai gilas dengan alat penggilas adonan di atas permukaan datar yang keduanya sudah ditaburi dengan tepung. • Gerakkan alat penggilas adonan secara terus-menerus untuk mendapatkan bentuk sebundar mungkin.

Bayangkan sebuah jam selagi Anda menggulung: Gulung dari jam enam tepat ke jam dua belas tepat, kemudian naik dari jam tujuh cara membuat roti ke jam satu tepat, dan seterusnya. • Pastikan untuk membalik bundaran adonan secara teratur sehingga bagian bawahnya tidak menempel ke permukaan penggilasan, dan pastikan untuk menaburkan tepung tepung pada adonan dan permukaan penggilasan seperlunya.

• Buatlah adonan berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 15,2-20,3 cm, namun pastikan untuk tidak menggulung adonan terlalu tipis. Jika terlalu tipis, adonan bisa berlubang atau akan lengket. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/69\/Make-Roti-Step-12-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-12-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/69\/Make-Roti-Step-12-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-12-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Mulai masak roti.

Tempatkan adonan yang sudah digilas pada wajan atau tawa yang sudah dipanaskan, masak selama sekitar 15-30 detik. Roti akan siap dibalik saat terlihat ada gelembung yang terbentuk di bagian atasnya.

Amati juga tekstur pada bagian atas adonan: bagian atas adonan akan mulai tampak lebih kering saat bagian bawahnya sedang dimasak. Anda juga bisa mengintip ke bagian bawah adonan menggunakan spatula atau penjepit; balik adonan jika Anda melihat bulatan atau bintik-bintik cokelat mulai terbentuk. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4d\/Make-Roti-Step-13-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-13-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4d\/Make-Roti-Step-13-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-13-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Selesaikan memasak roti.

Masak sisi roti sebaliknya selama sekitar 30 detik. Roti akan mulai menggelembung (ini bagus!), tetapi ambil lap kering bersih untuk menekan roti dengan lembut, terutama fokus pada bagian yang menggelembung (ini akan membantu udara keluar cara membuat roti adonan secara lebih merata sehingga adonanpun mengembang lebih merata dan seragam) dan setiap bagian yang tidak menyentuh wajan.

• Jangan takut untuk memutar roti sehingga roti tidak menempel atau terlalu lama di satu tempat. Anda juga bisa membaliknya lagi untuk mencokelatkan sisi lainnya sedikit lagi. • Tergantung seberapa panas wajan Anda, Anda mungkin perlu memasak roti sedikit lebih cepat atau lebih lama per sisinya, sebelum membaliknya. Perhatikan secara seksama seberapa cokelatnya roti dibanding lama waktu memasaknya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/69\/Make-Roti-Step-14-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-14-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/69\/Make-Roti-Step-14-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-14-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Angkat roti dan ulangi dengan bundaran adonan berikutnya.

Tempatkan roti yang sudah matang di atas lap handuk bersih dan kering, dan olesi ringan dengan ghee atau minyak, kemudian lipat lap ke atas roti. Ini akan membantu menjaga roti tetap hangat dan lunak selagi Anda melanjutkan memasak sisa adonan.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/ab\/Make-Roti-Step-15-Version-3.jpg\/v4-460px-Make-Roti-Step-15-Version-3.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/ab\/Make-Roti-Step-15-Version-3.jpg\/v4-728px-Make-Roti-Step-15-Version-3.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"}
Jakarta - Roti menjadi makanan pengganti cara membuat roti yang bisa jadi pilihan.

Selain roti tawar, kamu juga bisa membuat roti dengan beragam isian. Ini cara membuat roti sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Roti dibuat dari tepung terigu dengan ragi sehingga akan menghasilkan tekstur empuk dan mengembang sempurna. Kalau penasaran ingin membuat roti di rumah, kamu bisa kok coba membuat.

Dijamin enak dan sehat! Cara membuat roti tawar. Foto: iStock Punya stok roti tawar di rumah bisa jadi pilihan cara membuat roti untuk sarapan cepat. Roti tawar bisa disajikan dengan selai atau ditambahkan dengan beberapa lauk seperti telur atau ayam.

Berikut ini cara membuat roti tawar : Bahan-bahan roti tawar: 250 gr tepung terigu protein tinggi 5,5 gr yeast 10 gr susu bubuk 1 butir telur, ukuran sedang 90 ml susu UHT 30 ml air dingin 25 gr gula 20 gr cara membuat roti 2,5 gr garam Cara membuat roti tawar: - Campur bahan-bahan kering (terigu, gula pasir, ragi instan, susu bubuk hingga rata.

- Tambahkan kuning telur dan susu UHT. Tambahkan air dingin sedikit demi sedikit. - Aduk atau uleni adonan roti tawar ini hingga setengah kalis. - Masukan butter, aduk atau uleni. Tambahkan garam. - Uleni hingga benar-benar kalis, ditandai dengan adonan roti tawar sudah tercampur benar, jika diambil sedikit dan dibentangkan maka adonan akan seperti lapisan halus dan tipis yang tidak putus.

- Istirahatkan adonan roti tawar selama sekitar 10 menit. - Bagi adonan roti tawar menjadi 2 bagian sesuai ukuran loyang roti tawar (@ 235 gram). - Istirahatkan adonan roti tawar selama kurang lebih 10 menit.

- Pipihkan adonan roti tawar lalu gulung dan letakkan dalam loyang roti tawar ( uk. 20x8x6,5 cm) - Biarkan adonan roti tawar mengembang, sekitar 60 menit, bergantung pada cuaca, suhu ruangan dan kelembaban. - Panggang adonan roti tawar dengan suhu 200 °C selama 20 menit, hingga berwarna coklat keemasan. - Roti tawar siap. Dinginkan roti tawar di rak kawat.

2. Cara Membuat Roti Sobek Proses cara membuat roti. Foto: iStock Roti sobek yang diberi isian. Kamu bisa mengisinya dengan cokelat, abon hingga keju. Nah, kalau mau membuat roti dengan isian keju leleh bisa dicoba dengan melihat resep ini.

Bahan roti isi keju leleh: 2 sdt ragi aktif 1 sdm zaitun 185 ml air ½ sdt gula ¼ liter susu 384 gr tepung terigu protein tinggi 200 gr keju mozarella parut 225 gr krim keju 200 gr tomat ceri cincang Daun basil, untuk perasa Lada dan garam 1 butir telur, kocok 1 sdm oregano Cara Membuat roti isi keju leleh: - Di dalam mangkuk, campurkan ragi, minyak zaitun, air, gula dan susu.

- Tambahkan tepung terigu dan sejumput garam, aduk sampai tercampur. - Jika sudah membentuk adonan, campurkan dengan tangan. - Tutupi dan biarkan adonan mengembang selama 30 menit. - Panaskan oven ke suhu 176,7 Celcius. - Di dalam mangkuk, campurkan keju mozzarella, krim keju, tomat ceri dan daun basil. Bumbui dengan lada dan garam. - Letakkan adonan di atas permukaan yang sudah dilapisi tepung terigu, dan bagi menjadi 8 bagian kecil sama besar.

cara membuat roti

- Giling setiap bagian dan isi dengan campuran keju dan tomat. - Tutup bagian pinggir adonan, bentuk bola dan letakkan di atas loyang. - Lapisi setiap bagian dengan telur dan taburkan oregano. - Panggang selama 30 menit atau sampai roti berwarna cokelat keemasan. 3. Cara Membuat Roti Manis Cara membuat roti isi. Foto: iStock Bahan: 250 gr tepung terigu protein tinggi 1 sdt ragi instan 2 sdm gula pasir 180 ml (1 kuning telur dan susu cair dingin) 30 gr mentega Sedikit garam Isian: filling cokelat Cara membuat rotimanis yang benar: - Aduk semua bahan, kecuali mentega dan garam, aduk hingga setengah kalis.

Aduk kembali dengan handmixer hingga kalis dan teksturnya elastis. - Diamkan adonan sampai mengembang 2 kali lipat dan bagi adonan menjadi 2 bulatan, diamkan sebentar lagi. - Ambil adonan dan giling pipihkan lalu isi dengan filling cokelat potong memanjang cara membuat roti bentuk adonan menjadi kepangan.

Diamkan lagi sampai mengembang dan setelah itu oles dengan susu. - Panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu dengan suhu 175-180 derajat celcius selama 20-30 menit.

cara membuat roti

Selamat mencoba! Simak Video " Masak Masak: Bikin Roti Abon Isi Saus Mentai" [Gambas:Video 20detik] (lus/pay) Berita Terkait • Cara Bikin Garlic Bread yang Viral di TikTok, Praktis Banget! • 3 Resep Roti Panggang yang Gampang Dibuat dan Enak Buat Sarapan • Bumbu Tumis Kangkung Sederhana dan Resepnya Bisa Dicoba di Rumah • 7 Lokasi Sarapan Pagi di Jogja yang Enak, Ada Soto Hingga Gudeg • 11 Makanan Khas Daerah Jogja yang Populer dan Wajib Dicoba Saat Travelling • Resep Mie Kocok Bandung dengan Kuah Gurih Bisa Dibuat Sendiri di Rumah • Resep Membuat Spaghetti Carbonara yang Gurih, Creamy dan Anti Gagal • Bika Ambon Berasal dari Medan, Ini Asal Mula Namanya
Roti yang baru dipanggang merupakan salah satu kesenangan terbesar dalam hidup, dan membuat roti merupakan hal yang jauh lebih mudah dari yang Anda kira.

Anda dapat membuat roti Perancis kering sendiri, roti sandwich yang lembut, dan roti instan yang manis dan nikmat sebagai cara yang bagus untuk menghemat uang dan memenuhi rumah Anda dengan bau harum dari roti yang baru dipanggang. Siapa pun dapat membuat roti dengan bahan-bahan sederhana dan meskipun memiliki sedikit pengetahuan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/45\/Make-Bread-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/45\/Make-Bread-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/16\/Make-Bread-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/16\/Make-Bread-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Aktifkan ragi.

Dalam cangkir atau mangkuk kecil, campurlah ragi dengan 1/4 cangkir air hangat (sekitar 38-43ËšC). Suhu air haruslah hangat saat disentuh, bukan panas. Jika air terlalu hangat, ragi akan mati, sedangkan jika air terlalu dingin, ragi tidak akan cukup aktif untuk membuat roti mengembang dengan baik. Suhu air harus cukup hangat sehingga jari Anda tetap merasa nyaman saat berada di dalamnya.

• Setelah satu atau dua menit, campuran tersebut akan mulai mengental, teksturnya menjadi berbusa, dan akan beraroma seperti bir. Jika campuran telah berbusa dan kental, ragi telah aktif dengan baik dan siap digunakan. • Jika Anda menggunakan "Rapid Rise" atau ragi yang dapat aktif sendiri, Anda tidak perlu mengaktifkan ragi sebelum mencampurnya dengan tepung.

Lewati langkah ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e1\/Make-Bread-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e1\/Make-Bread-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Campurkan tepung dan garam hingga tercampur rata di dalam mangkuk besar.

Mangkuk yang digunakan haruslah cukup besar untuk menampung semua tepung dan air sekaligus dan membuat Anda dapat mencampurnya dengan nyaman, menggunakan sendok kayu yang kokoh.

Setelah mencampur bahan-bahan kering, Anda juga dapat menambahkan ragi, baik menggunakan ragi instan atau campuran ragi kental dan berbusa yang telah diaktifkan. Aduk bersama tepung. • Sebagai alternatif, Anda dapat mencampur adonan di mikser elektrik atau KitchenAid, asalkan Anda memiliki alat pencampur adonan. Bagaimana pun juga, pencampuran adonan hanyalah bagian kecil dalam pembuatan roti Perancis, sehingga biasanya akan lebih mudah untuk mencampurnya dengan tangan.

Tidak perlu menggunakan mikser, terutama karena Anda juga perlu membuat tangan Anda kotor! {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/3b\/Make-Bread-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/3b\/Make-Bread-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tambahkan air, aduk hingga rata.

Tuanglah air ke dalam mangkuk secara perlahan dengan satu tangan, sementara tangan yang lain mengaduk tepung dengan sendok kayu. Anda harus membentuk adonan awal dan mengaduk semua bahan ke dalam adonan hingga tercampur rata, jadi sangatlah penting untuk terus menggerakkan sendok Anda. Meminta bantuan seseorang untuk menambahkan air saat Anda mengaduk adonan atau sebaliknya akan sangat membantu. • Jumlah air yang Anda perlukan untuk membuat adonan sangatlah bervariasi (lebih sedikit jika di daerah beriklim lembap) tetapi Anda akan mengetahuinya dengan berlatih.

Tambahkan cara membuat roti perlahan dan aduk, lihatlah adonan yang sedang Anda aduk. Setelah adonan roti mulai cara membuat roti rata di dalam mangkuk, berhentilah menambahkan air. • Masukkan tangan Anda ke dalam mangkuk (taburi tangan dengan tepung terlebih dahulu) dan tariklah adonan secara bersamaan. Gabungkan semua bagian kecil yang terpisah dari adonan basah ke dalam adonan yang sekarang telah berbentuk bola dan mulailah membentuk adonan dasar di dalam mangkuk sebelum membaliknya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9b\/Make-Bread-Step-5-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-5-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9b\/Make-Bread-Step-5-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-5-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Balikkan adonan di atas permukaan talenan yang telah ditaburi tepung. Diamkan adonan selama minimal lima menit.

Pada tahap ini, untaian gluten mulai terbentuk,yang akan memberikan tekstur kenyal yang bagus pada roti. Untaian gluten akan terbentuk tergantung apakah Anda menguleni adonan atau tidak.

Oleh karena itu, adonan akan lebih mudah diuleni jika Anda mendiamkan gluten agar terbentuk selama beberapa menit, yang membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dengan menguleninya. • Sementara itu, Anda dapat membersihkan mangkuk sebelum menggunakannya untuk mengembangkan adonan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/58\/Make-Bread-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/58\/Make-Bread-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Uleni adonan.

Pengulenan awal merupakan langkah yang paling penting dalam mempersiapkan adonan. Anda harus menguleni adonan secara terus-menerus minimal selama 5-10 menit, atau sampai adonan terasa halus.

Permukaan adonan haruslah lembut dan sebagian besar tampak seragam, tidak lengket atau kental. Jika adonan masih terlihat seperti permukaan bulan yang cara membuat roti, teruslah menguleni, dan tambahkan tepung jika perlu.

• Memang dibutuhkan latihan agar dapat melakukan gerakan dengan benar, tetapi hal ini sangat cara membuat roti seperti nasihat Pak Miyagi dari film Karate Kid: dorong menjauh, dan lipat. Anda cara membuat roti mendorong adonan dengan kuat, menggulungnya menjauh dari Anda, dan melipatnya.

Jangan takut mendorongnya terlalu kuat, seolah-olah Anda sedang mencoba mendorong adonan untuk menyentuh meja, mendorongnya ke depan dan menggulungnya. • Pastikan tangan telah dibaluri tepung, dan pastikan permukaan meja telah ditaburi tepung agar adonan tidak menempel.

Jika adonan tampak basah, taburkan tepung ke permukaan adonan dan teruslah uleni adonan tersebut. [1] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/32\/Make-Bread-Step-7-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-7-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/32\/Make-Bread-Step-7-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-7-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Biarkan adonan mengembang selama sekitar 3 jam.

Taruhlah adonan kembali ke dalam mangkuk yang telah dicuci (atau setidaknya sudah dibilas) dan tutuplah dengan plastik pembungkus, atau serbet. Simpanlah adonan di tempat yang hangat, tetapi tidak panas. Suhu yang ideal agar adonan mengembang adalah sekitar 39-42 °C. • Jika suhu di rumah Anda dingin, atau Anda membuat roti saat sedang musim dingin, tempat yang baik untuk membuat adonan mengembang adalah di atas atau di dalam kompor yang sedang dalam keadaan mati.

Biarkan lampu penanda tetap menyala untuk mengontrol pengembangan adonan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/dc\/Make-Bread-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/dc\/Make-Bread-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pukullah adonan tersebut, balikkan, dan bentuk kembali.

Anda tidak perlu menguleni adonan hampir sama lamanya dengan pengulenan pertama. Gulunglah sebanyak beberapa kali pada permukaan meja yang telah ditaburi tepung dan kembalikan adonan ke dalam mangkuk untuk pengembangan kedua.

Pada tahap ini, Anda hanya perlu membentuk kembali adonan menjadi bentuk dasar seperti semula. Proses ini tidak akan lama dan adonan tersebut sekarang jauh lebih mudah untuk diuleni karena teksturnya yang halus dan lembut. [2] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f5\/Make-Bread-Step-9-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-9-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f5\/Make-Bread-Step-9-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-9-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Biarkan adonan mengembang lagi selama sekitar 90 menit.

Ada berbagai pendapat mengenai perlunya pengembangan adonan yang kedua: sebagian pembuat roti tidak melakukan pengembangan kedua dan langsung melakukan proses pembentukan dan pengolesan adonan sebelum pemanggangan, sementara pembuat roti yang lain lebih memilih untuk melakukan tiga kali pengembangan agar memperoleh konsistensi cara membuat roti. Roti Perancis berkulit keras yang bagus memiliki ciri khas remah roti bagian dalam yang halus, yang hanya akan Anda peroleh dari banyak gelembung kecil yang dibuat oleh ragi dalam proses pengembangan.

Jika Anda ingin membuat roti Perancis "yang sebenarnya" dan punya banyak waktu, lakukan proses pengembangan sebanyak dua atau tiga kali.

Jika Anda ingin cepat menyelesaikan proses pembuatan roti dan menginginkan aroma roti yang lezat mengisi dapur seperti sepuluh menit yang lalu, lewatkan langkah ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Hasilnya masih akan tetap bagus. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a8\/Make-Bread-Step-10-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-10-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a8\/Make-Bread-Step-10-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-10-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bentuklah adonan menjadi bentuk apa pun yang Anda inginkan.

Keluarkan cara membuat roti dari mangkuk dan potonglah menjadi bentuk roti, batard, atau baguette yang Anda ingin panggang, kemudian mulailah menggulungnya. • Untuk membentuk boules, potonglah adonan menjadi dua dan bentuk kembali menjadi dua adonan bulat sederhana seperti yang telah Anda bentuk sebelumnya.

Letakkan kedua adonan di atas loyang yang ditaburi tepung jagung, kemudian tutuplah adonan tersebut. • Untuk membentuk baguette, potonglah adonan menjadi 4 bagian yang sama dan gulunglah adonan pada permukaan yang panjang dan sempit yang sebelumnya telah ditaburi tepung.

Proses ini akan membutuhkan beberapa kali penggulungan agar adonan dapat menjadi cukup panjang. Oleh karena itu, teruslah menggulung dari bagian tengah adonan ke arah luar.

Gulunglah adonan semerata mungkin. • Untuk membentuk batard, potonglah adonan menjadi 4 atau 6 bagian dan gulunglah adonan hingga berbentuk baguette yang lebih pendek dan lebar.

Tidak ada cara yang sempurna untuk membuatnya dan apa pun yang terjadi, roti batard tetap akan terasa lezat. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/10\/Make-Bread-Step-11-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-11-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/10\/Make-Bread-Step-11-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-11-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Diamkan adonan selama minimal 45 menit.

Setelah menempatkan adonan roti yang telah digulung cara membuat roti atas loyang yang akan digunakan untuk pemanggangan, tutuplah adonan minimal selama 45 menit dan biarkan adonan mengembang kembali sebelum memasukkannya ke dalam oven.

• Pada umumnya, bagian atas roti harus disayat terlebih dahulu dengan pola X atau sesuai keinginan Anda sebelum memasukkannya ke dalam oven. Buatlah sayatan kecil, sekitar 1 cm ke dalam adonan dengan jarak sekitar 2,5 cm dari sayatan lainnya agar adonan mengembang secara merata saat dipanggang. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/01\/Make-Bread-Step-12-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-12-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/01\/Make-Bread-Step-12-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-12-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pangganglah dengan suhu 222 °C selama sekitar 30 menit, atau sampai kulit roti berwarna cokelat keemasan.

Roti akan siap dikeluarkan saat kulit roti di bagian atas berwarna keemasan yang bagus dan bagian bawah roti telah mengeras, yang akan mengeluarkan suara ketukan saat Cara membuat roti menekan atau menjentikkan jari pada roti. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/15\/Make-Bread-Step-13-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-13-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/15\/Make-Bread-Step-13-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-13-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buatlah kulit roti menjadi renyah dengan uap.

Rahasia kulit roti yang sempurna? Uap. Gunakan botol semprot untuk menyemprotkan roti secara berkala, atau menyemprotkan bagian dalam oven dengan sedikit air sebanyak beberapa kali selama proses pemanggangan untuk membuat kabut beruap di dalam oven yang akan menghasilkan kulit luar roti yang renyah, yang cocok untuk roti Perancis. • Sebagai alternatif, pembuat roti biasanya meletakkan panci berisi air di dalam oven di atas rak yang berada di bawah roti, sehingga uap akan terbentuk sedikit cara membuat roti sedikit selama proses pemanggangan.

Bereksperimenlah dengan oven untuk melihat metode mana yang cocok untuk Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c4\/Make-Bread-Step-14-Version-2.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-14-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c4\/Make-Bread-Step-14-Version-2.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-14-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Siapkan bahan-bahan Anda.

Roti sandwich pada dasarnya dibuat dengan proses persiapan yang sama dengan roti Perancis, tetapi terdapat beberapa bahan tambahan untuk memberinya rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Bahan-bahan tambahan atau alternatif nantinya akan diperlukan, tetapi untuk membuat roti sandwich dasar bagi pemula, Anda akan membutuhkan: • 6 cangkir tepung serbaguna (tepung putih atau gandum) • 1 cangkir air • 1 cangkir susu • 2 sdm butter tawar • 2 sdm gula atau madu • 1 sdm garam • minyak (opsional) • 1 butir telur yang telah dikocok (opsional) {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/95\/Make-Bread-Step-15.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/95\/Make-Bread-Step-15.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/51\/Make-Bread-Step-16.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-16.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/51\/Make-Bread-Step-16.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-16.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Panaskan susu dalam panci saus.

Panaskan susu dengan cepat di cara membuat roti kompor menggunakan api besar. Sebelum susu mendidih, angkatlah dari kompor dan tambahkan butter dan gula, aduk-aduk hingga tercampur rata. Susu tidak boleh dipanaskan sampai mendidih, dan berhati-hatilah agar susu tidak mendidih karena susu cenderung cepat menghasilkan buih.

Perhatikan dan segera angkat dari kompor setelah susu mulai tampak mengeluarkan uap. Biarkan susu agak mendingin sebelum Anda mencampurnya dengan ragi. • Sebagai alternatif, Cara membuat roti boleh memanaskan susu di dalam microwave dan menambahkan butter dan gula saat susu telah panas.

[3] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/7\/7f\/Make-Bread-Step-17.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-17.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/7\/7f\/Make-Bread-Step-17.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-17.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Gunakan mikser untuk mencampur campuran basah dengan 1 cangkir tepung.

Cara membuat roti selama sekitar 2 menit dengan kecepatan sedang. Seiring adonan mulai terbentuk, teruslah tambahkan sisa tepung secara bertahap, satu cangkir tepung sekali tuang. Saat semua tepung telah dimasukkan, setel mikser dengan kecepatan yang lebih tinggi selama 2 menit. • Jumlah tepung yang Anda gunakan akan tergantung pada seberapa lembap adonan tersebut.

Oleh karena itu, perhatikan adonan dan gunakan penilaian Anda. Tepung gandum juga memiliki sifat yang sangat berbeda - Anda mungkin perlu menggunakannya dalam jumlah yang lebih sedikit untuk membentuk adonan. Jika Anda seorang pemula, ada baiknya Anda menggunakan setengah tepung gandum dan setengah tepung putih agar terbiasa melihat perbedaannya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/14\/Make-Bread-Step-18.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-18.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/14\/Make-Bread-Step-18.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-18.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Keluarkan adonan dan mulailah menguleninya.

Tekan semua sisa tepung ke dalam bola adonan, kemudian keluarkan adonan dan letakkan pada permukaan yang telah ditaburi tepung. Teruslah menguleni sampai adonan memiliki permukaan tekstur yang halus dan lembut, serta adonan akan muncul kembali setelah ditekan. • Sebagai alternatif, Anda boleh menguleni adonan dengan mikser, asalkan Anda memiliki alat pencampur adonan roti.

Pengulenan akan jauh lebih mudah dibandingkan menggunakan tangan. Uleni adonan di dalam mikser selama sekitar 10 menit untuk membentuk untaian gluten yang akan memberi tekstur kenyal yang bagus pada roti. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e9\/Make-Bread-Step-19.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-19.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e9\/Make-Bread-Step-19.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-19.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Lumuri adonan dengan minyak, dan masukkan ke dalam mangkuk berminyak.

Metode ini akan mencegah permukaan adonan mengering dan retak saat adonan mengembang - adonan yang kering akan berbentuk tidak bagus saat roti telah selesai dipanggang.

cara membuat roti

Tutuplah mangkuk dengan serbet bersih atau plastik pembungkus dan masukkan ke mangkuk di tempat yang hangat (tetapi tidak panas).

• Diamkan adonan selama sekitar 90 menit agar adonan mengembang. Adonan seharusnya akan mengembang sekitar dua kali lipat dari ukuran semula, atau setidaknya jauh lebih mengembang jika Anda menggunakan banyak tepung gandum.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/2\/26\/Make-Bread-Step-20.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-20.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/2\/26\/Make-Bread-Step-20.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-20.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/42\/Make-Bread-Step-21.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-21.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/42\/Make-Bread-Step-21.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-21.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Gulunglah dua adonan tersebut dan oleskan minyak pada loyang roti.

Gulunglah adonan dengan tangan di atas permukaan datar. Ratakan adonan terlebih dahulu menjadi semacam persegi panjang yang tinggi, kemudian lipatlah bagian bawah dan atas ke arah tengah dan cubit-cubit bekas lipatan hingga tertutup. Ini akan menjadi bagian bawah roti. [4] X Teliti sumber • Letakkan adonan ke dalam loyang yang telah diberi minyak dan tutup kembali loyang tersebut dengan serbet agar adonan mengembang lagi selama 30-45 menit, sambil Anda membersihkan permukaan tempat pengulenan adonan dan memanaskan oven.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/38\/Make-Bread-Step-22.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-22.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/38\/Make-Bread-Step-22.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-22.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pangganglah roti pada suhu 200 °C selama 35 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, beri celah pada adonan sebanyak 3 atau 4 kali sedalam sekitar 1 cm pada permukaan, kemudian oleskan telur kocok atau minyak di bagian atas roti jika Anda ingin membuat kulit roti yang renyah dan mengilap.

• Roti telah matang jika bagian bawah roti telah mengeras, dan Anda dapat membuat rongga dengan jari. Jika Anda tidak yakin, keluarkan roti dari loyang dan periksalah kematangan roti dengan menekankan jari pada bagian atasnya beberapa kali. Roti masih dalam keadaan panas, jadi berhati-hatilah. cara membuat roti class=\"mw-parser-output\"><\/div>"} Buatlah roti bir instan. Tidak ada yang lebih sederhana daripada roti bit ragi yang hangat, padat, dan nikmat tanpa harus kesulitan membuatnya mengembang.

Cukup campurkan 3 cangkir tepung putih, setengah cangkir gula, dan 340 gram bir kaleng ke dalam mangkuk, dan aduk rata. Tuanglah adonan ke dalam loyang roti yang telah diolesi minyak, oleskan mentega cair dengan kuas, dan pangganglah pada suhu 208 °C selama 45-50 menit. Roti yang dihasilkan tidak akan mengecewakan Anda dan akan menjadi sajian instan yang enak untuk makan malam. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/b\/bf\/Make-Bread-Step-24.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-24.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/b\/bf\/Make-Bread-Step-24.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-24.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":344,"bigWidth":728,"bigHeight":545,"licensing":"

<\/div>"} Cobalah membuat roti soda.

Roti soda dapat dibuat menjadi manis atau gurih, tergantung selera Anda dan bahan-bahan yang tersedia. Untuk membuat roti soda sederhana, campurkan bahan-bahan kering: 4 cangkir tepung dengan 1 sdt garam cara membuat roti 1 sdt pengembang kue ( baking soda), kemudian tambahkan beberapa sendok makan gula (1 sdm jika Anda ingin membuat roti yang gurih, hingga 4 sdm jika ingin membuat roti menjadi lebih manis).

Untuk membuat campuran bahan-bahan basah, campurkan 2 cangkir susu atau buttermilk dengan 4 sdm mentega cair dan aduk rata semua bahan di dalam mangkuk. Uleni adonan sebentar dan pangganglah di dalam loyang roti yang telah diolesi minyak selama sekitar 1 jam pada suhu 205 °C.

• Bahan tambahan yang biasa digunakan antara lain kulit jeruk atau lemon dan buah-buahan kering atau kacang. Sajikan bagian atasnya dengan selai atau biarkan tetap polos. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/91\/Make-Bread-Step-25.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-25.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/91\/Make-Bread-Step-25.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-25.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Bereksperimenlah dengan resep yang lain.

Roti instan merupakan pembersih lemari penyimpanan bahan makanan dan kulkas: gunakan apa pun yang Anda miliki dan lihatlah apakah bahan-bahan itu cocok digunakan untuk membuat roti.

cara membuat roti

Sangat baik untuk menggunakan bahan apa pun yang Anda miliki. Cobalah membuat: • Roti zucchini • Roti labu • Roti pisang • Roti jagung {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/5d\/Make-Bread-Step-26.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-26.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/5d\/Make-Bread-Step-26.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-26.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/05\/Make-Bread-Step-27.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-27.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/05\/Make-Bread-Step-27.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-27.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a5\/Make-Bread-Step-28.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-28.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a5\/Make-Bread-Step-28.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-28.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/6e\/Make-Bread-Step-29.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-29.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/6e\/Make-Bread-Step-29.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-29.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/49\/Make-Bread-Step-30.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-30.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/49\/Make-Bread-Step-30.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-30.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/ae\/Make-Bread-Step-31.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-31.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/ae\/Make-Bread-Step-31.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-31.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/d\/df\/Make-Bread-Step-32.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-32.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/d\/df\/Make-Bread-Step-32.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-32.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":306,"bigWidth":728,"bigHeight":485,"licensing":"
<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/52\/Make-Bread-Step-33.jpg\/v4-460px-Make-Bread-Step-33.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/52\/Make-Bread-Step-33.jpg\/v4-728px-Make-Bread-Step-33.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} • Bahan cair yang Anda gunakan akan mengubah rasa roti.

Susu dan shortening (mentega putih) akan membuat roti berwarna putih terang. Air dan minyak zaitun membuat roti Italia menjadi lebih keras. Anda dapat menggunakan tepung gandum ( wholemeal) atau tepung putih, atau campuran keduanya (lebih dianjurkan karena tepung gandum biasanya terlalu berat), atau menambahkan biji-bijian, kulit ari biji-bijian, biji rami, biji-bijian dan herba lainnya.

Setelah Anda mengetahui caranya, Anda akan dapat membuat kombinasi yang Anda inginkan! • Roti--resep untuk satu roti biasanya akan menghasilkan selusin roti bulat kecil. Letakkan adonan-adonan roti yang kecil di atas cara membuat roti yang telah diolesi minyak, dan memberi jarak antara tiap-tiap adonan selebar 5 cm, mengingat adonan-adonan tersebut akan mengembang dan saling bersentuhan satu sama lain saat adonan mengembang untuk kedua kalinya.

• "Tepung mesin roti" memiliki kandungan protein yang tinggi dan membantu ragi membentuk lebih banyak gluten, yang cocok sebagai bahan roti untuk masuk dan keluar dari mesin roti. Untuk membuat roti Italia yang sangat kaku dan kasar, ganti dengan tepung 'pasta dura', dan jangan gunakan loyang roti.

• Sebagai tambahan, Anda dapat mengoleskan susu ke bagian atas roti menggunakan kuas jika Anda menginginkan hasil akhir yang lembut, atau oleskan telur di atasnya agar bagian atas roti mengilap.

Jika Anda ingin membubuhkan biji-bijian atau bahan-bahan lain di atas roti, lakukan sebelum pemanggangan. Poppy seed, havermut polos, atau biji wijen dapat Anda gunakan. • Anda dapat membuat suhu oven menjadi hangat dengan memanaskannya pada suhu rendah selama 5-10 menit. Pilihan lainnya yaitu di atas radiator pada suhu rendah, atau di bawah sinar matahari langsung, terutama jika Anda menutup adonan dengan kain berwarna gelap.

• Pastikan Anda memilih bahan-bahan yang tepat. Tepung kue atau pastry terlalu "lembut" untuk roti--karena roti harus memiliki tekstur yang agak kenyal.

Selain itu, hindari tepung self-rising. Tepung serbaguna boleh Anda gunakan, tetapi tepung roti (pada kemasan biasanya tertulis "bread flour"/tepung roti, "high protein flour"/tepung protein tinggi, atau "flour for bread machines"/tepung khusus untuk mesin roti) merupakan pilihan yang paling baik—tepung ini memiliki kandungan gluten yang lebih tinggi, sehingga akan merespons pengulenan dengan lebih baik. • Pengulenan: letakkan adonan di depan Anda, letakkan tumit tangan di atas adonan dan tekanlah adonan tersebut, seolah-olah ingin mendorong adonan agar menjauh dari Anda.

Angkatlah tangan Anda dan dorong kembali. Jangan lepaskan adonan dengan tangan kanan Anda: ambillah dan putar ujung adonan 1/4 lingkaran ke kiri, kemudian cara membuat roti kembali adonan tersebut, letakkan tumit tangan dan dorong kembali adonan tersebut. Pengulenan dilakukan dengan meremas seluruh bagian bola adonan—gerakan membalik adonan akan memberikan bagian adonan yang baru untuk diremas. • Saat roti keluar dari oven, jangan coba-coba untuk segera memotongnya karena roti kemungkinan akan hancur, atau paling tidak bagian dalamnya yang lembut akan robek.

Roti akan siap dipotong dalam waktu 30-60 menit setelah keluar dari oven. Lebarkan beberapa cara membuat roti bersih di atasnya agar menjaga roti tetap hangat, namun pastikan Anda mempertahankan sirkulasi udara yang baik agar kulit roti tidak menjadi lembap.

Resep Roti Tawar ANTI GAGAL DAN EMPUK




2022 www.videocon.com