Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah A. BMKG sedang merekam getaran di gunung berapi yang sedang aktif B. pelatih sepakbola sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan C. tim bola basket sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya D. peneliti sedang memperha- tikan reaksi seekor monyet ketika secara tidak sengaja memegang pintu kandang yang diberi tegangan listrik ringan​ C.

Technic Computational D. Figurer Thinking ii. Istilah pendekatan yang memecah masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami adalah ….

A. Dekomposisi B. Abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 3. Dalam berfikir komputasional,kita dituntut untuk mencari kesamaan masalah,solusi menjadi sederhana, masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik …. A. Dekomposisi B. Abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma iv.

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berfikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik …. A. Dekomposisi B.

Abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 5. Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan …. A. Dekomposisi B. Abstraksi C. pengenalan pola D. algoritma half dozen. Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah A.

dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh B. dokter memberikan resep tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah kepada pasien C. dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya D. dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien 7. Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah….

A. pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan B. tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya C. ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik D.

BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami 8. Berikut yang berhubungan dengan abstraksi adalah adalah…. A. mencari kesamaan bentuk benda B. tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian C. menyusun langkah yang efisien D. fokus pada informasi yang penting 9. Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada ada pemain apa saja yang harus dilakukan kan terhadap pemain lawan, Kapan Saatnya Bertahan dan menyerang saat pertandingan.

hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …. A. Dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi ten. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …. A. Dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi xi. Berikut yang tidak dikategorikan sebagai hasil dari proses algoritma adalah ….

A. tutorial brand up B. resep makanan C. lembaran panduan merakit PC D. resep obat dokter 12. Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan oleh …. A. Seymour Papert B. Bill Gates C. Licklider D. Donal Trumph xiii. Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun …. A. 1980 B. 1990 C. 2000 D. 2010 14. Dalam pendidikan berpikir komputasional dikenal istilah STEMapakah kepanjangan dari STEM…. A. Science, Engineering, Engineering, dan Matematika B. Science, Engineering science, Elektonic, dan Matematika C.

Science, Engineering science, Applied science, dan Methode D. Schology, Applied science, Technology, dan Methode UJI INFORMATIKA URAIAN v.ane 1. Jelaskan yang apakah dimaksud dengan berpikir komputasional!

Konsep berpikir yang dipakai untuk menganalisis permasalahan dan menemukan solusi yang inovatif. 2. Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposisi! Dekomposisi adalah pendekatan dengan memecah masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih sederhana sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami, setelah itu dicari solusinya.

three. Jelaskan yang dimaksud dengan abstraksi! Abstraksi adalah teknik untuk menemukan informasi yang penting dan informasi yang tidak relevan, kemampuan mamilah informasi yang kompleks menjadi lebih sederhana atau membuat informasi menjadi lebih bersifat general sehingga memudahkan kita untuk menjelaskan suatu ide. 4. Jelaskan yang dimaksud dengan pengenalan pola! Pengenalan pola adalah teknik yang dimana kita diharuskan mencoba untuk melihat kesamaan pola-pola tersebut.

Masalah yang memiliki karakteristik sama memberikan peluan kepada kita untuk menggunakan solusi yang sama. five. Jelaskan yang dimaksud dengan perancangan algoritma!

Perancangan algoritma adalah kemampuan untuk menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah. Mengembangkan petunjuk pemecah masalah yang sama secara stride by step. Berikut Yang Merupakan Proses Dekomposisi Adalah Source: https://almadira.blogspot.com/2021/01/latihan-computational-thinking.html Terbaru • Gambar Batik Sederhana Untuk Anak Sd Kelas 6 • Vas Bunga Dari Bambu Yang Mudah Dibuat • Apa Yang Menyebabkan Perbedaan Ovarium Pada Ternak • Cara Membuat Es Timun Serut Tanpa Sirup • Cara Kerja Organ Pernafasan Pada Cacing Tanah • Apakah Musim Hujan Pengaruh Dalam Berternak Kenari • Cara Memindahkan Kontak Dari Sim Ke Hp Samsung J2 Prime • Ternak Burung Pleci Di Kurungan Besar • Berikut Merupakan Cara Cara Pembuatan Kain Kecuali Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
Soal dan Kunci Jawaban PAT Informatika Kelas 8 Tahun Pelajaran 2020/2021 - Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan masih dalam kondisi pandemi sehingga pelaksanaannya masih secara daring atau luring tetapi soalnya dibawa ke rumah masing-masing.

PAT SMP Tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan dari hari Senin tanggal 7 Juni 2021 hingga Sabtu tanggal 12 Juni 2021. Pada kesempatan kali ini kami berikan soal dan kunci jawaban soal PAT Informatika kelas 8 yang bisa digunakan untuk analisis soal dan referensi pada tahun berikutnya.

Berikut Soal dan Jawaban PAT Informatika Kelas 8 Tahun Pelajaran 2020/2021 : Soal Pilihan Ganda 1. Bentuk usaha untuk menimbulkan kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut …… a.

Hacking b. Phising c. Carding d. Sabotase 2. Merupakan muatan ilegal yang berupa data atau informasi tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan …… a.

Unauthorized access b. Sabotase c. Illegal contents d. Defacing 3. Perkembangan TIK pada mulanya ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita yang bersifat …. a. Searah b. Sejarah c. Sependapat d. Sepakat 4. Tindakan kriminal yang memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan kejahatan dunia maya adalah …. a. Cyber crime b. Phising c. Illegal Contents d. Spamming 5.

Aktifitas mengirimkan pesan kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan …. a. Phising b. Spamming c. Carding d. Defacing 6. Merupakan kegiatan mengubah tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya dinamakan ….

a. Phising b. Spamming c. Carding d. Defacing 7. Istilah kejahatan seputar penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain untuk kepentingan pribadi dinamakan …. a. Phising b. Spamming c. Carding d. Defacing 8. Istilah kejahatan yang dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan …… a.

Phising b. Spamming c. Carding d. Defacing 9. Perkembangan TIK menjadikan pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar. Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang …… a.

Pendidikan b. Ekonomi c. Sosial d. Politik 10. Berikut ini merupakan salah satu kejahatan dunia maya adalah …. a. Quick Count b. Cyber Squatting c. Online d. E-Learning 11. Salah satu manfaat copyright adalah ……. a. Menjamin hak si pembuat benda b. Menjamin kewajiban si pembuat benda c. Memberikan sanksi kepada si pembuat benda d.

Memberikan kode etik pembuatan benda 12. Software atau perangkat lunak yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori …. a. Clouse source b. Clouse mind c. Open source d. Pasca bayar 13. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam bisang ekonomi khususnya perbankan adalah tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat.

Keuntungan dari penggunaan mesin ATM ini adalah …… a. Hanya dapat digunakan pada waktu tertentu b. Bisa digunakan untuk mengetahui informasi sehari-hari c. Dapat digunakan untuk mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank. d. Digunakan untuk memasukkan KTP ke dalam mesin. 14. Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari ….

a. Media online b. Media internet c. Media komunikasi d. Media Sosial 15. Di bawah ini yang bukan bentuk media sosial adalah …… a. Blog b. My Space c. Linkedin d. Java 16. Website mengijinkan usernya untuk mengubah, menambah, ataupun me remove konten-konten yang ada di website. Website yang dimaksud adalah …. a. You tube b. Wikipedia c. My Space d. Linkedin 17. Para user dari pengguna website ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ….

a.

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Youtube b. Wikipedia c. Linkedin d. My Space 18. Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah …. a. Surat kabar b. Youtube c. Email d. PT POS 19. Berikut ini yang bukan cara pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah …. a. Memperbanyak teman b. Membuat konten yang unik c.

Menentukan sasaran pasar d. Memasang iklan 20. Berikut ini yang bukan manfaat penggunaan video marketing dalam pemasaran online ….

a. Lebih dikenal oleh banyak orang b. Dapat membangun trending topik c. Untuk membangun sebuah relasi bisnis d. Sebagai sarana edukasi dan informasi 21.

Istilah berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah …. a. Computational Thinking b. Computational Technic c. Technic Computational d. Computer Thinking 22. Istilah pendekatan yang memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih muddah dikelola dan dipahami adalah …… a.

Perencanaan algoritma b. Abstraksi c. Pengenalan pola d. Dekomposisi 23. Dalam berpikir komputasional, kita dituntut mencari kesamaan masalah, solusi menjadi sederhana, dan masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik …. a. Dekomposisi b. Abstraksi c. Pengenalan pola d. Perancangan algoritma 24. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berpikir komputasional.

Pernyataan tersebut termasuk teknik …. a. Dekomposisi b. Abstraksi c. Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah pola d. Perancangan algoritma 25. Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan…… a. Dekomposisi b. Abstraksi c. Pengenalan pola d. Algoritma 26.

Berikut ini yang merupakan proses dekomposisi adalah …… a. Dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh b. Dokter memberikan resep obat kepada pasien c.

Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang dideritapasien kepada keluarganya d. Dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien. 27. Tindakan berikut yang dikategorikan sebagai proses pengenalanpola adalah …. a. Tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya b. Pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan c. Ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik d.

BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca sunami. 28. Berikut ini yang berhubungan dengan abstraksi adalah …… a. Mencari kesamaan dengan bentuk benda b. Memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian c. Fokus pada informasi yang penting d. Menyusun langkah yang efesien 29. Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada pemain, apa saja yang harus dilakukan terhadap pemain lawan. Kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan.

Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …… a. Dekomposisi b. Pengenalan pola c. Algoritma d. Abstraksi 30. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya.

Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …. a. Dekomposisi b. Algoritma c.

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Pengenalan pola d. Abstraksi 31. Berikut yang tidak dikategorikan hasil dari proses algoritma adalah …. a. Tutorial make up b. Resep makanan c. Lembaran panduan merakit PC d. Resep obat dokter 32. Istilah computasional thinking pertama kali diperkenalkan oleh …. a. Donald Trumph b. Bill Gates c. Licklider d. Seymour Papert 33. Istilah computational thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun …… a.

1980 b. 1990 c. 2000 d. 2010 34. Dalam pendidikan, berpikir komputasional dikenal istilah STEM, apakah kepanjangan dari STEM …. a. Science, Technology, Electronic, dan Mathematic b. Science, Technology, Engineering, dan Mathematic c. Science, Technology, Engineering, dan Method d.

Schoology, Technology, Engineering, dan Method 35. Perhatikan contoh komputasional thinking dalam kehidupan berikut ini ! “Sepeda motor saat dikendarai terdengar bunyi suara bising pada bagian belakang, semakin cepat kendaraan bergerak semakin keras suara terdengar.” Berikut yang tidak termasuk cara menyelesaikan masalah tersebut dengan teknik dekomposisi adalah … a.

Bagian mana dari sepeda motor yang bergerak dan menjadi sumber bunyi b. Bagaimana cara memeriksa dan menetukan sumber bunyi c. Bagaimana cara melakukan perbaikan d. Petunjuk langkah perbaikan sepeda motor 36.

Prosedur langkah-langkah instruksi untuk melakukan perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran yang ditulis secara berurutan disebut dengan ….

a. Flowchart b. Algoritma c. Diagram d. Stop 37. Saat pelajaran informatika, siswa kelas 8 mendapatkan tugas membuat program komputer sederhana. Proses pembuatan algoritma untuk program komputer tersebut dilakukan pada saat …. a. Sebelum pembuatan program b.

Pembuatan program c. Program dijalankan d. Pengujian program 38. Dalam penyajian algoritma terdiri dari dua macam bentuk yaitu tulisan atau bahasa dan gambar (pseudocode dan flowchart).

Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma berupa …. a. Bahasa inggris b. Bahasa indonesia c. Bahasa komputer d. Bahasa pemrograman 39. Diagram alur yaitu sebuah urutan proses tertentu pada algoritma yang disajikan dengan simbol-simbol tertentu dalam bentuk diagram ……. a. Pseudocode b.

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Program c. Flowchart d. Sketsa 40. Diberikan algoritma, apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam maka warna jadi …. a. Merah b. Ungu c. Hijau d. Putih Soal Uraian 41. Sebutkan 3 dampak positif dari perkembangan TIK………………. 42. Sebutkan 3 dampak negatif dari perkembangan TIK………………. 43. Jelaskan pengertian dari hoax ……………….

44. Jelaskan pengertian algoritma ………………. 45. Jelaskan pengertian flowchart ………………. Berpikir komputasional merupakan konsep berpikir yang digunakan untuk menganalisis permasalahan dan menemukan solusi yang inovatif. Berpikir komputasional dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar bagaimana Berpikir komputasional Ketika menemukan permasalahan, terlepas Apakah permasalahan tersebut akan diselesaikan dengan bantuan komputer atau tidak.

A. Pengertian Berpikir Komputasional adalah sebuah cara berpikir untuk memecahkan persoalan, merancang sistem, memahami perilaku manusia. Berpikir komputasional harus menjadi dasar bagaimana seseorang berpikir dan memahami dunia dengan persoalan-persoalannya yang semakin kompleks.

Berpikir komputasional berarti berpikir untuk menciptakan dan menggunakan beberapa tingkatan abstraksi, mulai memahami persoalan sehingga mengusulkan pemecahan solusi yang efektif, efisien, “fair” dan aman.

berpikir komputasional berarti memahami konsekuensi dari skala persoalan dan kompleksitasnya, tak hanya demi efisiensi, tetapi juga untuk alasan ekonomis dan sosial. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif, berpikir komputer empat pendekatan 1.

Dekomposisi Dekomposisi adalah pendekatan dengan memecah masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih sederhana sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami, kemudian dicari solusinya. Teknik dekomposisi merupakan teknik yang paling penting dalam pemecahan masalah yang kompleks. dapat dibayangkan jika masalah atau tidak dipecah menjadi masalah yang lebih kecil, masalah tersebut akan lebih sulit diselesaikan.

penyelesaian berbagai masalah dan keadaan secara bersamaan akan jauh lebih sulit dibandingkan dengan menyelesaikan satu persatu masalah dan keadaan setiap waktu. 2. Pengenalan Pola Jika dilihat lebih dekat, permasalahan yang ada mempunyai kesamaan Pola atau karakteristik tertentu. Teknik pengenalan pola mencoba untuk melihat kesamaan pola pola tersebut. Masalah yang memiliki karakteristik sama memberikan peluang kepada kita untuk menggunakan solusi yang sama.

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Kesamaan pola juga membuat kita atau komputer dapat menemukan dan memberikan solusi dengan lebih mudah. Dalam berpikir komputasional, menemukan pola merupakan langkah yang sangat penting. pola pencarian soal menjadi lebih masalah yang ada ada akan lebih mudah dipecahkan jika masalah tersebut mempunyai pola yang sama.

kita dapat memberikan perlakuan an-nahl solusi permasalahan yang sama muncul kembali. 3. Abstraksi Abstraksi adalah teknik untuk menemukan informasi yang penting dan informasi tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah tidak relevan, Kemampuan memilah informasi yang kompleks menjadi lebih sederhana atau membuat informasi lebih bersifat general sehingga memudahkan kita untuk menjelaskan suatu ide.

Melihat persamaan atau bahkan perbedaan pola, tren dan keteraturan dalam data yang nantinya akan digunakan dalam membuat prediksi dan penyajian data. Dengan melakukan abstraksikita dapat fokus pada informasi yang berguna dan menghilangkan Informasi yang tidak penting. 4. Perancangan algoritma Perancangan algoritma adalah kemampuan untuk menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah.

Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama.

Rancangan algoritma biasanya dibuat berdasarkan dekomposisi masalah dan identifikasi pola yang akan membantu pemecahan masalah. B. Karakteristik Berpikir Komputasi 1. Merumuskan masalah dengan menguraikan masalah tersebut ke segmen yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

2. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer atau perangkat lain. 4. Mampu mengorganisasi dan menganalisa data. 5. Mampu melakukan representasi data melalui abstraksi dengan suatu model atau simulasi. 6. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma. 7. Mampu melakukan identifikasi, analisa dan implementasi solusi dengan berbagai kombinasi langkah/cara dan sumber daya yang efisien dan efektif.

1. Identifikasi Identifikasi berasal dari kata Identify yang artinya meneliti, menelaah. Identifikasi adalah kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi. Fungsi dan tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah identifikasi untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi.

Untuk mengetahui berbagai sumber yang dapat dimanfaatkan untuk pendukung pelaksanaan program dan mempermudah dalam menyusun rencana program yang akan dilaksanakan. Pada tahap ini kita harus dapat mengidentifikasi hal-hal yang diketahui, hal-hal yang ditanyakan dan syarat-syarat yang ada. Apabila diperlukan kita dapat membuat gambar/diagram untuk memperjelas situasinya.

Setelah informasi yang diperoleh sudah lengkap, kita harus dapat mengorganisasi dan menghubung-hubungkan informasi- informasi tersebut. Cara pengidetifikasian masalah antar lain: ~ Pendefinisian masalah dengan jelas ~ Pendefinisian secara objektif ~ Kumpulkan informasi secara sistematik 2. Analisa Analisa merupakan sekumpulan kegiatan, aktivitas dan proses yang saling berkaitan untuk memecahkan masalah atau memecahkan komponen menjadi lebih detail dan digabungkan kembali lalu ditarik kesimpulan.

Segala macam bentuk analisis menggambarkan pola-pola yang konsisten di dalam data, sehingga hasil analisa dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan singkat dan penuh makna. Cara manganalisa masalah antar lain: ~ Analisis informasi ~ Genelalisasi kemungkinan solusi ~ Pencegahan terulang atau muncul kembali penyebab-penyebab itu, ~ Tindakan yang diambil harus ada di bawah pengendalian kita, dan ~ Memenuhi tujuan dan target kinerja yang ditetapkan.

~ Evaluasi solusi dan pilih 3. Implementasi solusi Impelentasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang suda disusun secara matang dan terperinci. Cara mengimplementasikan solusi yang telah kita rencanakan antara lain: ~ Implementasi dari solusi ~ Review dan evaluasi hasil keluaran ~ Atur ulang jika dibutuhkan PILIHAN GANDA 1.

Istilah Teknik Berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah …. A. Computational Thinking B. Computational Technic C. Technic Computational D. Computer Thinking 2. Istilah pendekatan yang memecah masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami adalah ….

A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 3. Dalam berfikir komputasional,kita dituntut untuk mencari kesamaan masalah,solusi menjadi sederhana, masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik …. A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 4. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berfikir komputasional.

Pernyataan tersebut termasuk teknik …. A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 5.Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan …. A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. algoritma 6. Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah A. dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh B.

dokter memberikan resep obat kepada pasien C. dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya D. dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien 7.

Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah…. A. pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan B. tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya C. ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik D. BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami 8. Berikut yang berhubungan dengan abstraksi adalah adalah….

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

A. mencari kesamaan bentuk benda B. memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian C. menyusun langkah yang efisien D. fokus pada informasi yang penting 9. Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada ada pemain apa saja yang harus dilakukan kan terhadap pemain lawan, Kapan Saatnya Bertahan dan menyerang saat pertandingan.

hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …. A. dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi 10. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya.

tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses A. dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi 11. Berikut yang tidak dikategorikan sebagai hasil dari proses algoritma adalah A. tutorial make up B. resep makanan C. lembaran panduan merakit PC D. resep obat dokter 12. Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan oleh ….

A. Seymour Papert B. Bill Gates C. Licklider D. Donal Trump 13. Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun …. A. 1980 B. 1990 C. 2000 D. 2010 14. Dalam pendidikan berpikir komputasional dikenal istilah STEMapakah kepanjangan dari STEM…. A. Science, Technology, Engineering, dan Matematika B.

Science, Technology, Elektonic, dan Matematika C Science, Technology, Engineering, dan Methode D Schology, Technology, Engineering, dan Methode ESAI 1. Jelaskan yang apakah dimaksud dengan berpikir komputasional ! 2. Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposisi ! 3.

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Jelaskan yang dimaksud dengan abstraksi! 4. Jelaskan yang dimaksud dengan pengenalan pola ! 5. Jelaskan yang dimaksud dengan perancangan algoritma ! JAWABAN: 1. Berpikir Komputasional adalah sebuah cara berpikir untuk memecahkan persoalan, merancang sistem, memahami perilaku manusia 2. Dekomposisi adalah pendekatan dengan memecah masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih sederhana sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami, kemudian dicari solusinya 3.

Abstraksi adalah teknik untuk menemukan informasi yang penting dan informasi yang tidak relevan, Kemampuan memilah informasi yang kompleks menjadi lebih sederhana atau membuat informasi lebih bersifat general sehingga memudahkan kita untuk menjelaskan suatu ide 4. Teknik pengenalan pola adalah mencar kesamaan pola dalam suatu masalah agar masalah lebih mudah dipecahkan Kolaborasi adalah proses dua orang atau lebih, entitas atau organisasi yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan.

Kolaborasi mirip dengan kerja sama. Sebagian besar kolaborasi membutuhkan kepemimpinan, meskipun bentuk kepemimpinan dapat bersifat sosial dalam kelompok yang terdesentralisasi dan egaliter.

Tim yang bekerja secara kolaboratif sering kali mengakses sumber daya, pengakuan, dan penghargaan yang lebih besar saat menghadapi persaingan untuk sumber daya terbatas. Konsep kolaborasi dibagi ke dalam dua bentuk yaitu kolaborasi sesuai dengan cara pembentukannya dan kolaborasi berdasarkan metode atau perangkat.

Adapun kolaborasi berdasarkan cara pembentukannya, antara lain : 1. Kolaborasi Dalam Tim Merupakan kolaborasi yang dilakukan dalam tim kerja. Setiap anggota tim memiliki tugas, batas waktu, dan tujuan yang ditentukan dengan jelas.

2. Kolaborasi Dalam Komunitas Merupakan kolaborasi yang dibentuk dalam sebuah komunitas. Assalamualaikum Wr.

Wb. Saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti kegiatan Isra Mi'raj yang telah diselenggarakan pada Jumat, 19 April lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta untuk memperingati perjalanan agung Nabi Muhammad S.A.W. Acara ini dihadiri di zoom angkatan, bersama dengan 3 angkatan juga dengan Ustadz Usaid Fathurrahman sebagai pengisi acara. Acara seharusnya mulai sekitar jam 7 tepat, namun karena ada beberapa kendala dan keterlambatan acara akhirnya baru dimulai pada pukul 7.20.

Acara dibuka oleh MC dari OSIS dilanjutkan oleh Rohis dengan membacakan sari tilawah. Lalu dilanjutkan lagi dengan sambutan-sambutan dari Ketua POMG, Kepala BPS, serta Kepala Sekolah. Sebelum acara dimulai, perwakilan dari kelas 7 memberikan penampilan menyanyinya yang menakjubkan. Setelah itu, barulah kita masuk ke acara inti. Ustadz Usaid Fathurrahman memberikan ceramahnya seputar makna Isra Mi'raj.

Ia juga menceritakan beberapa momen penting dalam Isra Mi&#
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 1.) Istilah Teknik Berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah …. A. Computational Thinking B.

Computational Technic C. Technic Computational D. Computer Thinking Jawaban : A 2. 2.) Istilah pendekatan yang memecah masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami adalah …. A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma Jawaban : A 3. 3 .) Dalam berfikir komputasional,kita dituntut untuk mencari kesamaan masalah,solusi menjadi sederhana, masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik ….

A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma Jawaban : C 4. 4.) Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berfikir komputasional.

Pernyataan tersebut termasuk teknik …. A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma Jawaban : B 5. 5.) Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan ….

A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma Jawaban : D 6. 6.) Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah A.

dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh B. dokter memberikan resep obat kepada pasien C. dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya D. dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien Jawaban : C 7. 7.) Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah….

A. pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan B. tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya C. ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik D. BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami Jawaban : C 8. 8.) Berikut yang berhubungan dengan abstraksi adalah adalah….

A. mencari kesamaan bentuk benda B. memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian C. menyusun langkah yang efisien D. fokus pada informasi yang penting Jawaban : D 9. 9.) Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada ada pemain apa saja yang harus dilakukan kan terhadap pemain lawan, Kapan Saatnya Bertahan dan menyerang saat pertandingan.

hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …. A. dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi Jawaban : C 1010.) Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses A. dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi Jawaban : B 1111.) Berikut yang tidak dikategorikan sebagai hasil dari proses algoritma adalah A.

tutorial make tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah B. resep makanan C. lembaran panduan merakit PC D. resep obat dokter Jawaban : D 1212.) Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah …. A. Seymour Papert B.

Bill Gates C. Licklider D. Donal Trumph Jawaban : A 1313.) Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun ….

A. 1980 B. 1990 C. 2000 D. 2010 Jawaban : A 1414.) Dalam pendidikan berpikir komputasional dikenal istilah STEMapakah kepanjangan dari STEM…. A. Science, Technology, Engineering, dan Matematika B. Science, Technology, Elektonic, dan Matematika C. Science, Technology, Engineering, dan Methode D. Schology, Technology, Engineering, dan Methode Jawaban : A UJI INFORMATIKA URAIAN 5.1 1. Jelaskan yang apakah dimaksud dengan berpikir komputasional !

Jawaban : Berpikir Komputasional atau Computational Thinking adalah konsep bagaimana menemukan masalah yang ada di sekitar kita, memahaminya, kemudian mengembangkan solusi yang inovatif dengan perangkat teknologi komputer. Berpikir komputional memungkinkan kita untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah di sekitar kita, seberapa rumit dan sulit masalah tersebut untuk diselesaikan.

Berpikir kompusional (Computational Thinking) juga adalah sebuah cara berpikir untuk menyelsaikan atau memecahkan suatu masalah atau persoalan, merancang sistem, dan memahami perilaku manusia.

Berpikir Komputasional atau Computational Thinking memiliki beberapa teknik atau pendekatan untuk menyelesaikan sebuah masalah, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan perancangan algoritma. 2. Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposisi !

Jawaban : Dekomposisi, termasuk salah satu pendekatan Computational Thinking, merupakan teknik memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami, dikelola dan diselesaikan. Jadi teknik dekomposisi adalah pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang rumit dan besar dengan menyederhanakannya sehingga lebih mudah untuk dimengerti dan dipecahkan. Dekomposisi merupakan teknik yang paling penting dalam pemecahan masalah yang kompleks.

3. Jelaskan yang dimaksud dengan abstraksi! Jawaban : Abstraksi, termasuk salah satu pendekatan Computational Thinking, merupakan teknik untuk memilah informasi yang banyak dan kompleks menjadi lebih sederhana atau hanya memuat informasi penting dengan mencari informasi yang penting dan kurang/tidak penting dalam memecahkan sebuah masalah sehingga lebih mudah untuk dimengerti, dijelaskan, dan dipecahkan masalah tersebut.

Jadi, abstraksi merupakan teknik untuk memilah informasi-informasi yang banyak dan rumit menjadi lebih sederhana dengan menemukan informasi yang penting dan yang tidak penting/relevan sehingga lebih mudah untuk dipahami. Abstraksi merupakan gabungan antara teknik dekomposisi dan pengenalan pola yang digunakan dalam melakukan teknik tersebut. Setelah informasi yang penting dan tidak relevan sudah ditemukan, kita dapat memfokuskan kepada informasi yang relevan/penting saja dan meninggalkan informasi-informasi yang tidak penting.

4.

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

Jelaskan yang dimaksud dengan pengenalan pola ! Jawaban : Pengenalan pola, termasuk salah satu pendekatan Computational Thinking, merupakan teknik untuk memecahkan suatu masalah banyak dengan mencari persamaan antara masalah-masalah tersebut atau polanya sehingga mendapat lebih banyak informasi mengenai cara menyelesaikan masalah-masalah tersebut atau dapat lebih dimengerti dan lebih mudah untuk dipecahkan masalah-masalah tersebut.

Jadi teknik pengenalan pola digunakan saat ingin memecahkan masalah yang banyak dengan mencari tahu persamaan atau pola antara masalah-masalah tersebut sehingga lebih mudah untuk dipecahkan setiap masalah satu per satu.

Ini bisa sangat memudahkan pemecahan banyak masalah karena dengan mengetahui persamaan pola atau karakteristik antara masalah-masalah tersebut memberikan peluang untuk menggunakan solusi yang sama untuk setiap masalah.

Contohnya ada ulangan matematika dan terdapat banyak pertanyaan yang rumit dan beda-beda, tetapi semua pertanyaan tersebut pada dasarnya menggunakan rumus yang sama. Jadi masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mengerti rumusnya sehingga dapat mengaplikasikannya ke pertanyaan-pertanyaan tersebut. 5. Jelaskan yang dimaksud dengan perancangan algoritma ! Jawaban : Perancangan algoritma ,termasuk salah satu pendekatan Computational Thinking, merupakan teknik untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah tersebut sehingga orang lain dapat lebih mengerti dan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Teknik tersebut digunakan untuk mengembangkan petunjuk penyelesaian sebuah masalah step-by-step/langkah demi langkah sehingga orang lain dapat menyelesaikan masalah yang sama. Contoh dari perancangan algoritma adalah seperti video-video tutorial atau langkah-langkah cara meracik sebuah komputer yang diberikan dengan komputernya sendiri saat dibeli. D anurwenda R.

pilihan ganda (jawaban yang dibold) 1. Jaringan yang dapat mencakup sebuah negara disebut …. a. LAN b. MAN c. Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah d.

internet 2. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari jaringan komputer di kantor adalah … a. pengguna dapat saling berbagi menggunakan data b. seorang pengguna lebih mudah berkomunikasi dengan pemuda lain c.

mempunyai keandalan yang lebih tinggi d. seorang manajer dapat memata-matai kinerja bawahannya 3. Jika pengguna ingin menghubungkan cabang perusahaan yang ada di beberapa kota dan negara, tetapi pertukaran data harus tetap aman dan rahasia, jaringan yang sebaiknya digunakan adalah …. a. WAN b. LAN c. internet d. intranet 4. Berikut yang bukan kelebihan jaringan nirkabel dibandingkan dengan jaringan kabel adalah …. a. bandwidth lebih besar b. instalasi lebih mudah c. sistem keamanan data lebih baik d.

layout jarin Pilihan Ganda 1. Dalam flowchart symbol yang digunakan untuk menerima input dari pengguna adalah : C) Jajargenjang 2. Dalam flowchart symbol yang digunakan untuk menjalankan proses adalah : A) Persegi Panjang 3. Pernyataan yang tidak benar tentang pseudocode adalah : D) dituliskan dalam bentuk baris demi baris dengan setiap baris mewakili tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah langkah 4.

Variabel untuk menyimpan suatu program untuk : A) menyimpan nilai yang bersifat dinamis 5. Berikut yang tidak benar tentang variabel adalah : A) Hanya untuk menyimpan nilai numerik 6. Pada Scratch, nilai berikut yang mungkin disimpan oleh variabel adalah : D) Semua jawaban benar 7.

Perintah yang digunakan untuk membuat variabel baru pada Scrath adalah : B) Make a variable 8. Perintah yang digunakan urntuk memberikan nilai 100 pada variabel Jumlah pada Scrath adalah blok perintah : B)
Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah A.tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya B.pelatih tim bola voli sedang membari instruksi kepada pemain cadangan C.ilmuan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik D.bmkg sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami jawabannya A Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah A.tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya B.pelatih tim bola voli sedang membari instruksi kepada pemain cadangan C.ilmuan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik D.bmkg sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah A.tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnyaUJI INFORMATIKA PILIHAN GANDA 5.1 1.

Istilah Teknik Berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah ….

A. Computational Thinking B. Computational Technic C. Technic Computational D. Computer Thinking 2. Istilah pendekatan yang memecah masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami adalah …. A. Dekomposisi B. Abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 3. Dalam berfikir komputasional,kita dituntut untuk mencari kesamaan masalah,solusi menjadi sederhana, masalah mudah dipecahkan.

Pernyataan tersebut termasuk teknik …. A. Dekomposisi B. Abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 4. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berfikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik …. A. Dekomposisi B. Abstraksi C. pengenalan pola D. perancangan algoritma 5. Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan ….

A. Dekomposisi B. Abstraksi C. pengenalan pola D. algoritma 6. Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah A. dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh B. dokter memberikan resep obat kepada pasien C. dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya D. dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien 7. Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah….

tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah

A. pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan B. tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya C. ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik D.

BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami 8. Berikut yang berhubungan dengan abstraksi adalah adalah…. A. mencari kesamaan bentuk benda B. memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian C. menyusun langkah yang efisien D. fokus pada informasi yang penting 9. Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada ada pemain apa saja yang harus dilakukan kan terhadap pemain lawan, Kapan Saatnya Bertahan dan menyerang saat pertandingan.

hal tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah …. A. Dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi 10. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya.

tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses . A. Dekomposisi B. pengenalan pola C. algoritma D. abstraksi 11. Berikut yang tidak dikategorikan sebagai hasil dari proses algoritma adalah . A.

tutorial make up B. resep makanan C. lembaran panduan merakit PC D. resep obat dokter 12. Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan oleh …. A. Seymour Papert B. Bill Gates C. Licklider D. Donal Trumph 13. Istilah Computational Thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun …. A. 1980 B. 1990 C. 2000 D. 2010 14. Dalam pendidikan berpikir komputasional dikenal istilah STEMapakah kepanjangan dari STEM….

A. Science, Technology, Engineering, dan Matematika B. Science, Technology, Elektonic, dan Matematika C. Science, Technology, Engineering, dan Methode D. Schology, Technology, Engineering, dan Methode UJI INFORMATIKA URAIAN 5.1 1. Jelaskan yang apakah dimaksud dengan berpikir komputasional! Konsep berpikir yang dipakai untuk menganalisis permasalahan dan menemukan solusi yang inovatif. 2. Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposisi! Dekomposisi adalah pendekatan dengan memecah masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih sederhana sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami, setelah itu dicari solusinya.

3. Jelaskan yang dimaksud dengan abstraksi! Abstraksi adalah teknik untuk menemukan informasi yang penting dan informasi yang tidak relevan, kemampuan mamilah informasi yang kompleks menjadi lebih sederhana atau membuat informasi menjadi lebih bersifat general sehingga memudahkan kita untuk menjelaskan suatu ide.

4. Jelaskan yang dimaksud dengan pengenalan pola! Pengenalan pola adalah teknik yang dimana kita diharuskan mencoba untuk melihat kesamaan pola-pola tersebut. Masalah yang memiliki karakteristik sama memberikan peluan kepada kita untuk menggunakan solusi yang sama. 5. Jelaskan yang dimaksud dengan perancangan algoritma!

Perancangan algoritma adalah kemampuan untuk menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah. Mengembangkan petunjuk pemecah masalah yang sama secara step by step.

[POLA] TEKNIK KLASIFIKASI DAN PENGENALAN POLA




2022 www.videocon.com