Pijatan untuk sakit kepala dan demam

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Serangan pusing sakit kepala bisa terjadi kapan saja. Pijatan, adalah salah satu solusi yang sering dipilih untuk menghilangkan gejalanya. Namun tahukah Anda, bahwa titik pijatan yang berhubungan di sakit kepala tak hanya berada di kepala saja. Beberapa bagian tubuh yang lain justru menjadi titik pijatan alternatif yang terhubung langsung dengan pusat sakit kepala.

Titik mana sajakah itu?

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Wajah Sebagai bagian yang sangat dekat dengan kepala, beberapa titik di wajah adalah titik pijatan yang tepat untuk menghilangkan pusing sakit kepala. Anda bisa mencoba memijat bagian ‘mata ketiga’ atau titik tengah di antara kedua pangkal alis. Selain itu bagian lekukan di kedua sisi ‘jembatan’ hidung Anda bertemu dengan sudut mata bagian dalam juga merupakan salah satu titik pijatan. Kedua bagian tersebut, disinyalir dari healthline.com dapat meredakan pusing sakit kepala akibat mata lelah dan gangguan sinus.

Leher Di bagian belakang leher Anda, tepatnya di pangkal tengkorak antara dua otot leher vertikal, adalah bagian yang sering tegang akibat kegiatan dan kebiasaan sehari-hari. Dengan memberi pijatan yang kuat pada bagian tersebut, maka Anda bisa meredakan ketegangan otot leher yang dapat memicu timbulnya pusing sakit kepala.

Titik antara jempol dan telunjuk Rabalah bagian tangan Anda, tepatnya pada titik pertemuan antara pangkal jempol dan jari telunjuk. Pijatlah dengan menggunakan jempol tangan yang satunya. Pijatan pada bagian ini dipercaya dapat meredakan ketegangan pada bagian kepala dan leher yang seringkali menjadi penyebab pusing sakit kepala.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Jempol kaki Beralih ke bagian tubuh, beri tekanan pada bagian tengah jempol kaki Anda sambil melakukan gerakan memutar. Titik ini terhubung langsung pada kepala dan otak yang seringkali menjadi sehingga mampu meredakan pusing sakit kepala. Jika sakit kepala Anda tak terlalu berat, memijat titik-titik di atas layak dicoba dan cukup ampuh untuk meredakan—bahkan menghilangkan pusing sakit kepala.

Namun, jika keluhan berlanjut bahkan semakin parah, segera periksakan diri ke dokter, ya! share tweet none
Sebabnya, pijatan di bagian tubuh tertentu bisa meredakan sakit kepala seketika. Pijatan di bagian tubuh tertentu ini telah terbukti ampuh pijatan untuk sakit kepala dan demam berbagai macam sakit kepala, seperti migrain, tegang di bagian tengkuk atau faktor sinusitis.

Baca Juga: Sakit Kepala Saat Kena Hujan, Ternyata Ini Pernyebabnya! Kita hanya perlu memijat titik-titik tertentu di bagian tubuh untuk meredakan sakit kepala. Cara ini juga bisa kita praktikan pada orang lain yang mengalami sakit kepala. Dilansir Himedik dari Brightside.com, berikut ini 6 titik tubuh yang bisa dipijat untuk meredakan sakit kepala. 1. Memijat telapak tangan Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memijat telapak tangan sebelah kanan atau kiri, tepat di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Pijat untuk relaksasi dan redakan sakit kepala. (Shutterstock) Kita cukup menekan daerah tersebut hingga terasa sakit selama 10 detik dan lepaskan. Lalu tekan lagi bagian tersebut sambil memutarkannya searah jarum jam selama 10 detik dan sebaliknya selama 10 detik. Akupresur adalah terapi yang telah dikembangkan lebih dari 5.000 tahun yang lalu sebagai aspek penting dari sistem pengobatan Tiongkok.

Terapi ini dilakukan dengan peletakan jari dan tekanan yang tepat pada titik-titik spesifik si sekujur tubuh. Titik-titik ini mengikuti saluran-saluran khusus yang disebut dengan meridian, saluran yang sama dengan yang dipakai dalam terapi akupuntur. Kita juga bisa melakukan beberapa pijatan akupresur sederhana sendiri di pijatan untuk sakit kepala dan demam. Meski mudah, pijatan-pijatan ini mampu memberi manfaat bagi kesehatan kita. Daripada sedikit-sedikit minum obat kimia, yuk kita coba langkah-langkah akupresur ini.

blog.muipr.com Untuk meringankan mual dan muntah kamu harus menekan titik tekan Neiguan (P-6). Cara menemukannya letakkan tiga jari (telunjuk, tengah, manis) melintang para pergelangan tangan.

Setelah itu letakkan ibu jari tepat di bawah jari telunjuk, lalu tekan selama tiga menit untuk meringankan rasa mual dan muntah. periodvitamin.com Buat kamu yang selalu kesakitan saat haid, daripada meminum obat coba deh terapi akupresur sederhana ini. Tekan titik yang letaknya dua ruas jari di bawah pusar, titik ini kerap di sebut titik "Sea of Energy".

Tekan titik ini dengan mantap selama lima menit untuk meredakan gejala PMS. Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • 7 Penyebab Gairah Seksual Pria Meningkat Tiba-tiba, Apa Saja? • [QUIZ] Ketahui Kepribadianmu Berdasarkan Sumber Protein yang Kamu Pilih • Studi: Bakteri dalam Urine Bisa Jadi Indikator Kanker Prostat Baca Juga: Biar Gak Salah Lagi, Ini Jenis-jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya!

fantasticpixcool.com Tekan titik pada bagian dalam pergelangan kaki yang letaknya satu ibu jari di bawah tulang tumit. Titik ini kerap disebut dengan "Illuminated Sea point".

Tekan kedua titik ini di kaki kiri dan kanan dengan ibu jari secara bersamaan. Langkah ini dapat membantu meredakan pergelangan kaki yang kaku dan mengurangi pembengkakan pada kaki.

Itulah tadi 6 pijatan akupresur mudah yang mampu segera meringankan rasa sakitmu. Bisa kamu coba untuk diri sendiri maupun orang tersayang. Dengan latihan yang cukup, gak mustahil kamu bisa mengurangi rasa sakit tanpa perlu bantuan obat-obatan lagi. Baca Juga: 11 Titik Pijatan Ini Akan Membantu Kamu Atasi Sakit Kepala Berita Terpopuler • Daftar Tanggal Merah Desember 2022: Libur Natal • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak! • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini
Setelah membaca artikel ini anda akan mengetahui cara yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala dengan pijatan.

Cara ini sudah sering saya praktekkan dan terbukti efektif untuk meringankan sakit kepala pijatan untuk sakit kepala dan demam dan nyeri kepala sebelah atau migrain. Jadi pelajari dan praktekkan cara ini yang sudah saya uraikan step by step lengkap dengan gambar titik pijat yang diperlukan untuk proses terapi pemijatan. Sakit kepala adalah hal yang umum terjadi pada setiap orang, setiap kita pasti pernah mengalaminya.

Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit dan berat di kepala, rasa pusing bahkan tak jarang disertai dengan sakit kepala berdenyut yang sangat menyiksa. Hal pertama yang terfikirkan saat mengalami kondisi ini biasanya adalah mencari obat sakit kepala yang mudah kita dapatkan di warung dan kios atau apotik dekat rumah.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Dengan harapan dengan meminum obat tersebut akan segera mengusir rasa sakit yang kita alami. Namun pernahkan anda mencoba untuk mengobati sakit kepala dengan cara memijat titik tertentu dari tubuh kita yang akan memberikan efek positif dan mampu mengatasi sakit kepala yang anda alami dengan cepat, mudah dan aman.

Didalam artikel ini saya akan beberkan beberapa titik pijat yang dibutuhkan untuk meredakan sakit kepala yang bisa anda gunakan untuk terapi pemijatan ketika sedang mengalami gejala sakit di kepala. Titik pijat sakit kepala Untuk bisa melakukan terapi pijat sakit kepala, dibutuhkan pengetahuan tentang letak titik pijat yang dibutuhkan agar terapi yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang optimal, jadi penanganan sakit kepala dengan pijatan tak sia-sia jika dilakukan dengan benar.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Ada beberapa titik pijat refleksi dan akupresur pijatan untuk sakit kepala dan demam terdapat di telapak kaki, tangan dan di kepala yang akan membantu anda untuk mengobati sakit kepala dengan hanya melakukan pemijatan sederhana pada titik tersebut.

Letak titik pijat sakit kepala bisa anda pelajari pada gambar yang saya sediakan dibawah ini, silahkan di fahami dan kalau bisa dihafalkan letak titiknya agar jika dibutuhkan bisa langsung digunakan untuk pertolongan pertama pada sakit kepala. Keterangan Gambar: • Nomor 1 dan 2 adalah titik refleksi otak kecil dan otak besar kanan dan kiri • Nomor 3 adalah letak titik akupresur yang letaknya 2 jari diatas sendi jempol kaki • Nomor 4 letak titiknya di antara jempol dan jari telunjuk kanan dan kiri • Nomor 5 letaknya di antara dua alis mata • Nomor 6 letak titiknya di atas kedua pundak • Nomor 7 ada di otot leher kanan dan kiri • nomor 8 letaknya di bawah tengkorak kepala belakang • Nomor 9 terletak tepat diatas tengah kepala Cara memijat sakit kepala Setelah anda memahami letak titik pijat sakit kepala yang sudah saya jelaskan diatas, sekarang saatnya untuk mulai terapi pijat pada titik tersebut dengan tekanan sedang selama minimal 1 menit pada setiap titiknya.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Terapi bisa anda lakukan kapan saja ketika anda sedang mengalami sakit kepala, jika rasa sakit yang anda alami agak parah, terapi pemijatan bisa anda lakukan sebanyak 3 kali sehari. Misalnya pada waktu pagi, siang dan malam. Setelah terapi pijat selesai dilakukan, jangan lupa untuk banyak minum air putih untuk mengembalikan kondisi tubuh anda. Menurut pengalaman, melakukan pemijatan pada titik-titik tersebut cepat mengatasi sakit kepala pada tahap awal atau gejala.

Selain itu titik pijat ini juga bisa anda gunakan membuat kepala dan leher anda menjadi rileks, menyembuhkan sakit kepala belakang, mengobati migren dan meringankan kepala yang berat. Titik pijat refleksi dan akupresur tersebut bisa anda gunakan untuk mengobati sakit kepala pada anak-anak dan orang dewasa maupun orang tua. Yang berbeda adalah cara memijat pada anak tentunya dilakukan lebih pelan agar anak tak pijatan untuk sakit kepala dan demam.

Sebisa mungkin hafalkan letak titik pijat sakit kepala yang sudah saya jelaskan pada gambar diatas. Jadi jika mengalami sakit kepala anda sudah tahu bagian tubuh mana yang harus di pijat untuk meredakan pusing di kepala. Selain dengan terapi pijat refleksi dan akupresur seperti yang sudah saya jelaskan diatas, ada alternatif lain untuk meredakan sakit kepala yang anda derita, yakni dengan melakukan terapi bekam yang juga terbukti efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan klik link tersebut untuk membaca artikelnya. Demikian artikel singkat tentang cara cepat mengobati sakit kepala tanpa obat yakni dengan melakukan pijatan pada titik tertentu dari tubuh yang bisa meringankan dan mengobati sakit kepala yang anda derita.
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat.

• Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 4 Januari 2019 - Diperbarui: 8 Februari 2022 Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat - Ditinjau oleh: Tim Dokter DokterSehat.Com- Saat kita sedang terserang demam, tubuh memang akan terasa sangat tidak nyaman.

Beberapa orang bahkan juga merasakan sensasi ngilu pada persendian sehingga meminta orang lain untuk memijat badannya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, pijat saat demam demam ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Meski begitu, bolehkah pijat saat demam? Sekilas Tentang Demam Demam terjadi sebagai respons dari sistem imun tubuh pada infeksi atau peradangan yang terjadi pada tubuh. Infeksi atau peradangan ini bisa dipicu oleh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh mengalami peningkatan suhu dengan signifikan sehingga cairan tubuh pun akan lebih cepat menguap dan membuat kita rentan terkena dehidrasi.

Pijatan untuk sakit kepala dan demam darah juga akan cenderung meningkat. Bahaya Pijat Saat Demam pada Tubuh Tujuan dari memijat tubuh sebenarnya adalah memperlancar aliran darah sehingga kita bisa merasakan sensasi tubuh yang lebih membaik setelahnya.

Hanya saja, efek ini hanya akan dirasakan jika tubuh berada dalam kondisi normal. Bila pijat saat demam tetap dilakukan, berikut ini risikonya: 1. Meningkatnya suhu tubuh Jika pijat saat demam, maka aliran darah yang sebenarnya sudah sangat cepat akan terus meningkat sehingga bisa membuat suhu tubuh menjadi semakin tinggi. Yang menjadi masalah adalah, suhu tubuh yang terlalu panas bisa memicu kejang demam. 2. Menguras energi Efek lain yang bisa didapatkan dari pijat saat demam adalah menguras energi di dalam tubuhnya.

Peningkatan aliran darah dengan signifikan ternyata juga akan menghabiskan energi tubuh. Padahal, sistem kekebalan tubuh sangatlah membutuhkan energi untuk melawan berbagai infeksi atau peradangan.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

3. Pembuluh darah pecah Pijat saat demam juga dapat menyebabkan risiko pembuluh darah pecah. Sebagai contoh, penderita demam berdarah dengue (DBD) akan mengalami penurunan kadar trombosit dalam darah dengan signifikan dan memengaruhi kondisi pembuluh darahnya. Jika memijat saat demam, maka pembuluh darahnya bisa saja pecah dan akhirnya memicu pendarahan dalam yang sangat berbahaya. 4. Menularkan penyakit Disarankan tidak mendapatkan pijat saat demam dan flu, karena bisa menularkan penyakit kepada seorang terapis atau orang yang memijat Anda.

Sebaiknya tidak dipijat jika sedang mengalami demam. 5. Menyebabkan mual Jika peka terhadap sentuhan dengan cara apa pun, hindari pijat saat demam yang justru akan merangsang kulit. Pijatan kuat dapat menggerakkan tubuh dengan kekuatan ringan, yang bisa meningkatkan perasaan mual, jadi jika sudah merasa mual pastikan untuk menghindari pijatan.

Manfaat Pijat Saat Pemulihan dari Sakit Ketika sedang pada tahap pemulihan dari penyakit, manfaat pijat bisa didapatkan tubuh, berikut di antaranya: 1. Mencairkan dahak Jika sering batuk, kemungkinan otot dada, punggung atas, dan leher menjadi kencang. Manfaat pijatan akan meredakan ketegangan di area ini dan juga dapat membantu memecah dahak yang terjebak dalam sistem pernapasan.

2. Meredakan sakit kepala Perawatan tertentu, seperti refleksologi atau pijat refleksi juga dapat membantu meredakan sakit kepala atau tekanan sinus yang masih dapat Anda alami pada tahap pemulihan flu. 3. Membantu masalah kesehatan Bila berfokus hanya pada tangan dan kaki, manfaat pijat refleksi pada titik-titik tertentu dalam tubuh akan benar-benar bekerja untuk membantu masalah kesehatan lainnya. Anda juga dapat meminta terapis Anda untuk menggunakan minyak esensial ketika mereka memijat, karena banyak minyak esensial yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Seperti pertanyaan yang telah disebutkan di atas, bolehkah pijat saat demam? Sebenarnya pijat saat kondisi badan tidak fit, entah itu baru muncul gejala atau sedang pada tahap pemulihan dari pilek dan flu, ternyata boleh dipijat pada titik tertentu seperti dilansir laman panduan memijat.

10 Titik Akupresur dan Refleksiologi Utama untuk Menghilangkan Pilek dan Flu Bila muncul gejala pilek dan flu, Anda bisa mendapatkan pijatan untuk mencegahnya. Seperti dilansir Best Massage Chair Guide, berikut ini beberapa titik yang dapat dipijat untuk menghilangkan gejala yang berhubungan dengan pilek dan flu: 1. Titik lekukan soket mata Titik tekanan ini terletak di lekukan soket mata, yang merupakan titik di setiap sisi alis ke arah hidung.

Beberapa pijatan pada dua titik pijatan untuk sakit kepala dan demam, sedikit tekanan pada setiap sisi selama beberapa menit akan membantu meringankan beberapa gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala, demam, mata lelah dan banyak lagi. 2. Titik ujung tulang pipi Titik tekanan efektif lainnya disebut sebagai titik facial beauty yang paling membantu meredakan hidung tersumbat.

Titik-titik ini ada di ujung tulang pipimu tepat di bawah pupil. Manfaat pijat ringan pada titik-titik ini dapat menghilangkan gejala seperti hidung tersumbat atau mampet, kelelahan mata, sakit kepala, dan mata terasa terbakar/ panas. 3. Titik pertemuan alis Titik di antara alis di mana mereka bertemu hidung adalah titik akupresur lain yang efektif untuk membantu mengatasi hidung tersumbat dan sakit kepala. 4. Tutuk samping lubang hidung Titik ini terletak di pipi Anda tepat di samping lubang hidung.

Beberapa penekanan ringan pada titik-titik ini akan membuat Anda merasa lega pada sinus, hidung tersumbat, bengkak, dan kaku di sekitar wajah. 5.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Titik tengah belakang kepala Titik ini terletak tepat di belakang tengah kepala yang juga merupakan pangkal tengkorak Anda. Sedikit menekan pada titik ini dapat mengurangi sakit kepala, sakit kepala, stres, mata lelah dan kekakuan di leher. 6. Titik tulang selangka Titik ini terletak di bawah tulang selangka di ruang berongga dekat tulang dada Anda.

Titik akupresur ini adalah area efektif lain yang secara langsung hidung tersumbat, sakit tenggorokan, masalah pernapasan, dan batuk. 7. Titik tengah belakang telinga Titik ini terletak menuju punggungan tulang oksipital yang merupakan titik di tengah telinga dan sumsum tulang belakang pijatan untuk sakit kepala dan demam arah belakang.

Penekanan lembut pada titik-titik ini akan mengatasi pilek dan flu berulang. 8. Titik celah jempol dan ibu jari punggung tangan Titik ini terletak di antara ibu jari dan telunjuk di belakang tangan.

Manfaat pijatan lembut pada titik ini akan meredakan gejala yang berhubungan dengan flu. Selain itu juga akan membantu orang yang menderita sembelit, demam, dan nyeri pada siku. Wanita hamil harus menghindari titik terapi akupresur ini karena dapat memicu kontraksi prematur. 9. Titik lipatan siku Lokasi titik refleksiologi berada di puncak lipatan siku yang sebenarnya merupakan tepi sambungan. Pijatan pada titik ini juga terbukti membantu mengatasi gejala demam dan pilek.

10. Titik di bawah ibu jari Titik di bawah ibu jari di telapak tangan ke arah lipatan pergelangan tangan adalah titik efektif lain untk meningkatkan sirkulasi di paru-paru yang sangat bermanfaat untuk mengatasi dada sesak.

Manfaat pijat lainnya dari titik ini adalah dapat membantu meredakan nyeri pergelangan kaki kronis. _ Nah, mengetahui adanya fakta seperti yang dijelaskan di atas, ada baiknya Anda tidak sembarangan pijat saat demam.

Jika kondisi badan terasa tidak baik, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi yang aman untuk untuk mengatasi demam.

Sebagai solusinya, pijatlah saat munculnya gejala atau pada tahap pemulihan pilek atau flu. Selamat mencoba, Teman Sehat! Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,Saat sakit kepala menyerang, Anda mungkin secara refleks memijat bagian pelipis atau belakang kepala untuk meredakan nyeri.

Pijatan di bagian kepala kemungkinan efektif untuk mengurangi rasa sakitnya. Namun, agar Anda memperoleh manfaatnya dengan optimal, pelajari dulu teknik atau cara pijat dan mana saja titik pijatan yang tepat untuk meredakan sakit kepala.

Berikut informasi mengenai cara mengobati sakit kepala dengan pijatan yang bisa Anda praktikkan di rumah.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Manfaat pijatan untuk sakit kepala Titik refleksi atau titik akupresur adalah bagian-bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap tekanan.

Ketika titik refleksi ini disentuh atau dipijat, rangsangannya dapat membantu melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga bisa menimbulkan efek menenangkan dalam tubuh dan meringankan rasa sakit di kepala. Efek yang sama juga bisa dirasakan saat Anda merasakan sakit kepala. Sebuah studi kecil yang dimuat dalam American Journal of Public Health menyebutkan, terapi pijat kepala yang dilakukan dua hingga tiga kali seminggu dapat meredakan sakit kepala tegang pada orang dewasa.

Dalam studi tersebut tertulis, pijatan di titik-titik akupresur yang tepat dapat mengurangi rasa sakit di kepala secara bertahap. Jika pada awalnya peserta mengalami sakit kepala tujuh kali seminggu, kekambuhan sakit kepalanya cenderung berkurang menjadi hanya dua kali seminggu. Pada penelitian lain juga disebutkan, pasien sakit kepala tegang yang menerima pijatan selama 30 menit melaporkan gejalanya menghilang dalam waktu 24 jam.

Selain itu, cara memijat yang tepat juga bisa menurunkan amarah dan ketegangan serta mengurangi depresi atau kecemasan, frekuensi dan intensitas nyeri, pusing, dan penggunaan obat sakit kepala. Titik-titik pijat akupresur untuk meredakan sakit kepala Jika Anda ingin meredakan sakit kepala dengan pijatan, Anda harus melakukannya pijatan untuk sakit kepala dan demam benar.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala dengan pijat refleksi di titik-titik tertentu, seperti tangan, leher, atau bagian lainnya. Berikut ulasan lengkapnya. 1. Union Valley Titik pijat sakit kepala Union Valley Union valley, atau disebut juga dengan teknik He Gu (LI4), adalah titik pijat refleksi atau akupresur yang letaknya berada di antara jempol dan jari telunjuk tangan Anda.

Melakukan pijat di titik ini diyakini dapat meredakan rasa nyeri di bagian wajah dan sekitarnya, termasuk sakit kepala tegang, pijatan untuk sakit kepala dan demam gigi, dan sakit leher. Caranya: • Jepit titik union valley di tangan kiri dengan jempol dan jari telunjuk kanan Anda. Tahan selama 5 menit. Namun, pastikan saat melakukannya, Anda tidak merasa kesakitan.

• Pijat bagian tersebut dengan gerakan memutar ke kiri selama 4-5 detik. Lalu putar ke arah berlawanan selama 4-5 detik. • Lakukan gerakan yang sama pada tangan kanan. 2. Drilling bamboo Teknik pijat kepala Drilling Bamboo Drilling bamboo atau bamboo gathering (B2 atau bright light) adalah titik akupresur yang terletak di sudut dalam kedua mata Anda, di pangkal hidung yang dekat dengan ujung alis.

Titik pijat ini berhubungan dengan bagian depan kepala, karena itu cara ini sangat cocok untuk meredakan sakit kepala bagian depan, migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala karena sinusitis. Penglihatan kabur, mata yang nyeri atau gatal, pusing, hingga pilek dan alergi pun bisa diredakan dengan teknik pijat refleksi ini.

Caranya: • Gunakan kedua ujung jari telunjuk Anda, lalu tekan kedua titik akupresur dengan kekuatan yang sama selama satu menit. • Lepaskan selama beberapa detik, lalu ulangi sampai sakit kepala Anda berkurang. • Jika Anda merasakan migrain pada satu sisi kepala Anda, berikan tekanan atau pijat di titik yang berada di sisi tersebut terlebih dahulu, baru melakukan pijat di sisi lainnya.

3. Feng Chi Titik pijat sakit kepala Feng Chi Teknik Feng Chi (GB20) sering disebut juga sebagai gerbang kesadaran karena diyakini dapat mengatur sirkulasi otak.

Melakukan pijatan di area Feng Chi dapat berguna untuk mengobati sakit kepala tegang dan migrain, serta gangguan penglihatan, vertigo, insomnia, kelelahan, gejala pilek dan flu, hingga tekanan mental. Titik pijat sakit kepala Feng Chi terletak di bagian belakang kepala, di bawah dasar tengkorak, tepatnya di cekungan antara dua otot leher yang besar. Memijat titik ini bisa merangsang pelepasan endorfin, yaitu pereda nyeri alami tubuh.

Caranya: • Letakkan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan pada titik-titik akupresur ini. • Tekan dengan kuat selama 2-3 menit. Arahkan jari Anda menghadap ke atas, lalu lepaskan. Ulangi cara ini sampai sakit kepala Anda terasa lebih ringan. 4. Third eye Titik pijat sakit kepala Third Eye Titik third eye, atau dikenal juga dengan Yin Tang (GV 24,5), terletak di antara kedua alis, yaitu tempat bertemunya pangkal hidung dengan dahi.

Melakukan teknik pijat di titik akupresur ini sangat cocok untuk Anda yang sering mengalami migrain atau sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer atau handphone.

Cara ini juga diyakini dapat meredakan stres, mengatasi depresi, kelelahan kronis, dan perubahan suasana hati, hingga meningkatkan kreativitas dan mempertajam intuisi.

Caranya: • Tekan titik akupresur ini dengan ibu jari dan telunjuk kanan Anda selama 1 menit.

pijatan untuk sakit kepala dan demam

Lepaskan perlahan. • Lakukan secara berulang sampai area mata Anda terasa lebih nyaman dan sakit kepala berkurang. 5. Shoulder well titik pijat bahu Untuk menghilangkan sakit kepala dengan pijat, ini bukan berarti Anda hanya fokus pijat kepala di titik-titik di area kepala saja. Menekan dan memijat area bahu juga bisa membantu meringankan sakit kepala, lho! Titik akupresur yang ada di bahu disebut dengan shoulder well atau Jian Jing (GB21).

Titik shoulder well terletak di tengah antara ujung bahu dengan pangkal leher. Bukan cuma membantu meredakan sakit kepala dan migrain, cara memijat di area ini juga bisa mengurangi bahu dan leher yang kaku hingga masalah laktasi pada ibu menyusui. Namun, ibu hamil harus menghindari stimulasi di titik ini karena dapat memicu persalinan.

Caranya: • Gunakan jempol pada kedua tangan, lalu pijat dengan gerakan memutar pada titik ini selama 4-5 detik. • Kemudian lepaskan selama beberapa detik dan ulangi kembali dengan cara yang sama. 6. Bigger rushing Selain pijatan di sekitar kepala, leher, dan bahu, titik pijat refleksi di kaki juga dapat jadi salah satu cara untuk mengobati sakit kepala. Salah satunya adalah bigger rushing atau disebut juga dengan great surge (LV3).

Titik akupresur ini dapat Anda temukan di bagian atas kaki di cekungan tempat ibu jari bertemu dengan telunjuk kaki. Teknik memijat di titik ini sering digunakan untuk mengobati perut kembung, mual, sembelit, penglihatan kabur dan menstruasi yang tidak teratur.

Namun, sakit kepala, termasuk migrain, juga bisa diredakan dengan cara memijat bigger rushing. Caranya: • Duduklah dalam posisi yang nyaman dan letakkan kaki kanan Anda di atas paha kiri Anda. • Tekan atau pijat dengan lembut ke titik akupresur selama dua menit, lalu ulangi cara ini pada kaki kiri Anda. • Lakukan pijatan tersebut tiga kali setiap hari untuk hasil terbaik atau setiap Anda mengalami migrain. 7. Above tears Teknik pijat dengan titik akupresur di kaki lainnya yang dapat Anda coba untuk meredakan sakit kepala dan migrain, yaitu above tears atau disebut juga dengan Zu Lin Qi (GB41).

Titik ini dapat Anda temukan di kaki bagian atas, sekitar 2-3 cm di atas jari kaki keempat dan kelima. Caranya: • Pijat atau tekan titik akupresur pada salah satu kaki dengan kuat, tetapi lembut, dengan ibu jari Anda selama satu menit.

• Kemudian lakukan hal yang sama pada kaki lainnya. Maksimalkan pijatan refleksi untuk pijatan untuk sakit kepala dan demam sakit kepala Pijatan refleksi untuk meredakan sakit kepala di area-area tersebut memang terkesan mudah.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, ada beberapa hal yang harus Pijatan untuk sakit kepala dan demam perhatikan selama melakukan teknik titik pijat sakit kepala berikut. • Teknik pijat akupresur ini dilakukan dalam posisi duduk atau berdiri yang nyaman dan rileks. • Selalu menekan titik refleksi dengan tekanan yang sama kuatnya. • Menarik napas dalam-dalam agar membantu tubuh lebih santai dan rileks. • Berhenti melakukan teknik pijat jika sakit kepala yang Anda rasakan semakin parah atau justru menimbulkan rasa sakit lainnya.

Pijat akupresur harus dilakukan dengan tepat agar Anda bisa benar-benar mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan. Jika Anda tidak yakin dengan teknik akupresur yang Anda lakukan, lebih baik Anda memercayakan pijat refleksi ini kepada ahlinya. Jika Anda ingin melakukannya secara mandiri, Anda bisa belajar terlebih dahulu kepada para terapis atau refleksiologis untuk memahami cara melakukannya dengan benar.

Baru setelahnya, Anda mungkin boleh melakukan pijat sendiri di rumah. Apabila setelah menjalani pijat kondisi Anda tidak membaik atau justru semakin buruk, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut atau bisa mencoba cara lainnya, seperti obat alami sakit kepala yang bisa Anda coba di rumah.

American Massage Therapy Association. 2020. Massage and Headache Relief. Retrieved 20 December 2020, https://www.amtamassage.org/publications/massage-therapy-journal/massage-and-headache-relief/. American Massage Therapy Association. 2020. Massage Can Be Effective for Tension Headaches. Retrieved 17 December 2020, https://www.amtamassage.org/about/position-statements/massage-effective-for-tension-headaches/. Medical News. 2020. 10 Acupressure Points for Relievin Your Sore Body. Retrieved 17 December 2020 https://medical-news.org/10-best-acupressure-points-migraines-headaches/3497/2/.

Memorial Sloan Kettering Cancer Center. 2020. Acupressure for Pain and Headaches. Retrieved 17 December 2020 from https://www.mskcc.org/cancer-care/patient-education/acupressure-pain-and-headaches. National Headache Foundation. 2020. Benefits of Massage for Chronic Headache. Retrieved 17 December 2020 from https://headaches.org/2010/08/15/benefits-of-massage-for-chronic-headache/ University of California.

2020. Acupressure for Headache or Neck and Shoulder Tension. Retrieved 17 December 2020 from https://exploreim.ucla.edu/self-care/acupressure-for-headache-or-neck-and-shoulder-tension/ University of California. 2020. Acupressure Point LI4: Large Intestine 6 or He Gu. Retrieved 17 December 2020 from https://exploreim.ucla.edu/self-care/acupressure-point-li4/. Quinn, C., Chandler, C., & Moraska, A. (2002). Massage therapy and frequency of chronic tension headaches. American journal of public health, 92(10), 1657–1661.

https://doi.org/10.2105/ajph.92.10.1657.
“ Sakit kepala itu seperti burung. Burung Jalak. Mereka bisa sangat tenang, tapi ketika satu biji ek jatuh, itu membuat seluruh kawanan berhamburan pijatan untuk sakit kepala dan demam ke langit." ― Erika Swyler, penulis The Mermaid Girl: A Story. Pasti setiap orang pernah merasakan pusing atau sakit kepala.

Jika merasakan hal demikian, pikiran pertama untuk menanganinya adalah dengan minum obat. Namun pernahkah kamu masih merasakan sakit meskipun sudah minum obat? Beberapa orang mengatasinya dengan memijat. Tapi tidak semua orang mengerti teknik memijat yang benar saat sakit kepala menyerang. Jika kamu merasa pusing, kamu bisa coba pijat beberapa titik ini untuk mengatasinya.

Berikut titik pijatan untuk sakit kepala yang efektif dan ampuh: IDN Times/Rully Bunga Itulah 11 titik pijatan untuk sakit kepala yang bisa kamu coba. Nah, jika ke depannya kamu mengalami sakit kepala, coba terapkan pijatan pada titik-titik tersebut. Kamu bakal terbebas dari sakit kepala tanpa obat deh!

Baca Juga: Bentuk Pantat Ternyata Bisa Memberitahu Kondisi Kesehatanmu Lho! Berita Terpopuler • Daftar Tanggal Merah Desember 2022: Libur Natal • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 9 Potret Atta Halilintar di Singapura, Berlibur sambil Momong Anak! • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini

CARA MENGATASI SAKIT KEPALA HINGGA LEHER - Tension Type Headache




2022 www.videocon.com