Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

KOMPAS.com - Tujuan dalam permainan bola basket adalah mencetak angka sebanyak-banyaknya. Guna meraih tujuan tersebut, pemahaman terkait teknik dasar haruslah matang. Salah satunya adalah berputar ke segala arah dengan tumpuan satu kaki.

Adapun berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut dengan pivot. Gerakan pivot bertujuan untuk mengamankan bola dari upaya lawan yang ingin mencuri/merebut bola. Baca juga: Cara Melakukan Tembakan 3 Angka dalam Bola Basket Teknik dasar pivot sejatinya mudah dilakukan, tetapi ada tips tersendiri agar bola tak mudah diambil oleh lawan. Bagaimana teknik dasar pivot yang baik dan benar?

Teknik Dasar Pivot Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan memutar atau pivot dalam permainan bola basket: • Pilihlah salah satu kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan atau poros. • Gerakkanlah badan (memutar) ke arah mana saja sesuai keinginan dengan satu kaki. • Ketika menggerakkan badan, kaki yang menjadi tumpuan (poros) tidak mengalami pergerakan atau pergeseran.

• Setelah menyelesaikan gerakan pivot, kembalilah ke sikap dasar dan bersiap melakukan langkah atau gerakan berikutnya. Baca juga: Lemparan yang Mengawali Dimulainya Permainan Bola Basket Setelah melakukan pivot, bisa dilanjutkan dengan gerakan men -dribble atau menggiring bola, passing (mengumpan), atau menembak (shooting). Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Denmark di Semifinal Piala Thomas 2020 https://www.kompas.com/badminton/read/2021/10/16/10401068/jadwal-siaran-langsung-indonesia-vs-denmark-di-semifinal-piala-thomas https://asset.kompas.com/crops/jhhYPlMIj2gcfgotG122pweoZCA=/17x0:953x624/195x98/data/photo/2021/10/16/6169b829472ab.jpg Pembahasan Permainan bola besar Bola basket Bola basket merupakan salah satu permainan bola besar yang dilakukan secara berkelompok yang dimainkan oleh 2 regu dengan anggota 5 pemain, tentunya menggunakan sebuah bola untuk dimasukkan ke dalam ring lawan.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

Permainan basket diciptakan oleh seseorang dari Amerika yang bernama Dr. James A Naismith pada tahun 1891. Untuk mengetahui teknik dasar permainan bola basket, yaitu : 1. Cara memegang bola Sikap tangan membentuk seperti sebuah mangkuk yang besar dan bola berada di antara kedua tangan keadaan jari - jari tangan direntangkan namun, tetap memegang bola basket ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola 2.

Teknik melempar dan menangkap bola • Operan dilakukan secara lunak atau perlahan tergantung posisi maupun kondisi teman terutama taktik yang digunakan dalam bermain • Dalam melempar tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh terlalu tinggi tetapi, dapat disesuaikan dengan bentuk latihan lemparan dari atas kepala (overhand pass), depan dada (chest pass), lurus ke samping badan (base ball pass), maupun dengan cara memantulkan ke tanah atau lantai (bounce pass) • Dapat menangkap bola dengan tepat diapit oleh kedua tangan dengan cepat baik melempar dan menangkap dapat dilakukan dengan tepat dan cepat tetapi, tidak semena-mena.

3. Teknik menggiring bola (dribbling) • Merupakan cara untuk membawa bola menuju ke arah depan maupun ke daerah lawan dengan cara dipantul-pantulkan ke lantai atau tanah menggunakan salah satu tangan.

• Dengan menggunakan salah satu tangan baik kanan maupun tangan kiri • Dapat dilakukan dribbling rendah untuk memudahkan membawa bola sambil menerobos pertahanan lawan • Dan dribbling tinggi untuk memasuki daerah pertahanan lawan dengan posisi lawan yang jauh agar mudah dan cepat mendekati ring 4. Teknik menembak Nah, maksud dari menembak disini adalah cara untuk memasukkan atau menembak bola ke dalam ring lawan tujuannya supaya seseorang pemain dapat dengan mudah dan cepat dalam memasukkan bola ke ring lawan tentunya.

:) • Cara menembak satu tangan di atas kepala • Cara melangkah tembakan lay up • Menembak sambil meloncat • Cara menangkap bola dilanjuti dengan lay up 5. Teknik gerakan berporos Yang dimaksud dengan gerakan berporos adalah pivot.

Pivot adalah memutarkan badan ke segala arah dengan menggunakan salah satu kaki saja menjadi porosnya dan kaki lainnya untuk mengambil langkah selanjutnya depan ataupun belakang. Dapat berguna untuk melindungi bola dari rebutan lawan dari berbagai arah yang dapat diberikan kepada temannya Simak pembahasan serupa di : Pengertian bola basket brainly.co.id/tugas/3143727 sejarah singkat bola basket brainly.co.id/tugas/3114520 Pelanggaran bola basket brainly.co.id/tugas/7304832 teknik pivot brainly.co.id/tugas/16072775 ___________________________ Mapel : Penjaskes (PJOK) Kelas : IX (3 SMP) Materi : Permainan bola basket Kata kunci : Pivot Kode soal : 22 Kode kategorisasi : 9.22.12 ____________________________ #QnA
Daftar Menu Artikel • Pengertian Permainan Bola Basket • Peraturan Permainan Bola Basket • Teknik Permainan Bola Basket • A.

Teknik Melempar dan Menangkap Bola • B. Teknik Menggiring Bola (Dribbling) • C. Teknik Menembakkan Bola Basket • D.

Teknik Dasar Bertumpu Satu Kaki (Pivot) • Cara Bermain Bola Basket • Share this: • Related posts: Pengertian Permainan Bola Basket Permainan Bola basket merupakan suatu permainan yang dimainkan dua tim dan masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain.

Inti dari permainan ini yaitu berusaha mencari nilai ataupun angka sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke keranjang (basket) lawan. Dalam memainkan bola, pemain bisa mendorong bola, memukul bola menggunakan telapak tangan terbuka, melemparkan atau menggiring bola ke segala penjuru dalam arena permainan. Bermain bola basket juga bisa meningkatakan kebugaran jasmani. Peraturan Permainan Bola Basket Sebelum melakukan praktik permainan bola basket, harus mengetahui peraturan dasar dalam permainan bola basket.

Peraturan dasarnya yaitu : a) Jumlah Pemain Satu Tim Pertandingan terdiri dari dua tim. Setiap tim terdiri dari 12 orang pemain dan maksimal 5 orang pemain yang ada di lapangan.

Setiap tim bisa melakukan pergantian pemain sebanyak yang mereka inginkan. b) Tujuan Permainan Memasukkan bola ke jaring lawan sebanyak dan sejauh mungkin. Tim dengan poin paling banyak dinyatakan sebagai pemenang. c) Durasi Pertandingan Pertandingan terdiri atas 4 periode dan 1 periodenya berlangsung 10 menit. Jika poin kedua tim sama besar, maka dilanjutkan ke babak overtime yang berlangsung 5 menit sampai salah satu tim mempunyai poin terbesar dari lawan (pada akhir babak overtime).

d) Pergerakan Bola Bola bisa dioper dari satu pemain ke pemain lain, atau digiring oleh seorang pemain dari satu titik ke titik lain (bola dipantulkan saat berjalan ataupun berlari). Sekali pemain berhenti menggirin bola, maka ia tidak boleh menggiringnya kembali atau disebut dengan double.

Sebelum mengumpan ataupun menembakkan bola, pemain harus mengambil dua langkah tanpa menggiring bola. Sekali berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut …. yang memegang bola melewati setengah lapangan, maka mereka dilarang kembali ke daerahnya sendiri. e) Durasi Menembak Tim yang memegang bola, mempunyai maksimum 24 detik untuk melakukan tembakan.

Tambahan, pemain ofensif tak boleh berada dalam area terlarang selama 3 detik berturut-turut. f) Pelanggaran • Pemain dinyatakan melanggar (foul) saat ia melakukan kontak fisik dengan pemain lawan misalnya mendorong, menarik, dan lain sebagainya. • Seorang pemain yang melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali maka tidak bisa ikut bermain kembali dalam pertandingan tersebut.

• Pelanggaran yang dibuat ketika tim lawan melakukan tembakan, maka tim lawan diberikan tembakan bebas sebanyak 3 bila area three point atau 2 bila tidak. • Bila seorang pemain dilanggar ketika melakukan tembakan dan tembakannya masuk, maka itu dihitung dan diberikan tambahan 1 tembakan bebas untuk pemain yang dilanggar. • Sekali satu tim membuat empat pelanggaran dalam satu periode waktu, maka setiap tambahan pelanggaran (pada pemain yang tidak melakukan tembakan ) akan diberikan 2 tembakan bebas.

Teknik Permainan Bola Basket Bola basket adalah jenis permainan yang sangat kompleks gerakannya. Pada permainan bola basket, gerakan yang efektif dan efisien perlu didasari dengan penguasaan teknik dasar yang baik.

Teknik dasar permainan bola basket antara lain: A. Teknik Melempar dan Menangkap Bola Pada umumnya umpan dilakukan dengan cepat, keras, tetapi tidak liar, sehingga bisa dikuasai oleh teman yang akan menerimanya.

Tetapi operan juga bisa dilakukan secara lunak, tergantung pada situasi teman, timing, dan taktik yang digunakan. memberikan umpan atau operan tidak semudah yang diduga, karena kerasnya lemparan, terlalu mudahnya arah bola ditebak lawan atau terlalu tingginya operan akan menyluitkan teman untuk menerima bola. Berikut contoh passing bola basket: a) Bounce Pass b) Chest Pass c) Over Head Pass d) Baseball Pass B. Teknik Menggiring Bola (Dribbling) Menggiring bola merupakan cara yang diperbolehkan dalam peraturan untuk membawa bola ke segala arah.

Seorang pemain boleh membawa bola lebih dari satu langkah, namun bola harus sambil dipantulkan baik dengan berjalan maupun berlari.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

Menggiring bola bisa digunakan sebagai salah satu usaha untuk membawa bola menuju ke depan atau ke lapangan lawan. Cara menggiring bola yang dibenarkan yaitu dengan satu tangan (kiri atau kanan). Kegunaan menggiring bola adalah mencari peluang untuk melakukan serangan, menerobos pertahanan lawan, dan juga memperlambat tempo permainan.

C. Teknik Menembakkan Bola Basket Keberhasilan suatu regu pada permainan selalu ditentukan oleh keberhasilan dalam menembak. Dasar-dasar teknik menembak sebenarnya sama dengan teknik lemparan. Maka jika pemain menguasai teknik mengoper (passing) dengan benar, maka pelaksaanaan teknik menembak bagi pemain itu akan sangat mudah dan cepat dipahami. Bentuk-bentuk teknik gerakan menembak pada permainan bola basket antara lain : tembakan satu tangan di atas kepala tembakan lay up menagkap bola dilanjutkan lay up tembakan meloncat dengan dua tangan (jump shot) tembakan kaitan.

D. Teknik Dasar Bertumpu Satu Kaki (Pivot) Gerakan Pivot adalah gerakan berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki (kaki poros) pada saat pemain itu menguasai bola. Sedangkan kaki yang dipindahkan bisa melewati depan atau melewati belakang. Gerakan pivot berguna untuk melindungi bola dari perebutan pemain lawan, lalu kemudian bola itu dioperkan kepada temannya atau untuk melakukan tembkan.

Pemain yang tingi badan nya yang dipasang di sekitar basket harus mahir dalam melakukan pivot sehingga bisa dengan mudah menentukan timing untuk menembak. Cara Bermain Bola Basket Berikut adalah beberapa trik dan cara bermain basket yang baik dan benar untuk para pemula Mencetak Angka Pemain perlu mencetak angka yang bernilai 1 hingga 3 poin dengan cara menembakkannya melalui ring.

pemain penyeranglah yang perlu melakukan tembakan ini. Perhatikan juga adanya pelanggaran pada bola basket yang meliputi tembakan pelanggaran dengan nilai satu poin masing-masing dan perlu diambil dari garis lemparan bebas dengan jarak 15 kaki dari ring basket. Saatt terjadi pelanggaran selama dalam usaha pemain dalam proses menembak, maka pemain biasanya diberi kesempatan antara 1 dan 3 lemparan bebas. Mengoper Bola Passing atau mengoper bola yaitu cara memindahkan bola dari kita ke pemain teman satu tim.

Dari posisi dan gerakan mendribble ataupun menggiring bola, kita bisa memutuskan untuk mengoper bola kepada teman apabila ia memiliki posisi yang bagus untuk menyerang atau mempunyai kesempatan baik dalam mencetak angka dan memasukkan bola ke ring lawan. Mengoper Akurat dan Tajam Operan seorang pemain basket yang baik yaitu dengan akurat dan tajam.

Operan dada adalah cara mengoper bola basket yang paling kerap digunakan oleh para pemain basket dengan memegang bola di depan dada memakai kedua tangan. Operan memantul juga jenis operan bola basket paling umum digunakan di mana cara memegangnya sama seperti pada operan dada namun bola kemudian dipantulkan ke lantai dan diterima oleh pemain yang ditargetkan untuk menerimanya.

Operan ini terlihat lebih mudah, namun pada pertandingan yang sesungguhnya, pemain lawan bisa saja sewaktu-waktu mengambil kesempatan untuk merebut bola saat bola memantul Dilarang Berhenti Menggiring Bola Meski tujuan dan maksud kita hendak mengoper bola kepada teman setim, bola yang kita bawa dengan cara menggiringnya tak boleh sampai berhenti. Terus bergerak untuk menggiring bola hingga berhasil mengoperkannya kepada teman berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

menembakkan bola ke arah ring tim lawan. Berhenti menggiring bola justru pelanggaran ketika menggiring, berhenti lalu lanjut menggiring bola kembali.

Menggunakan Ujung Jari untuk Memantulkan Bola Mengendalikan bola dengan baik dan aman, menggiring bola bisa dilakukan dengan ujung jari dan bukan memakai telapak tangan.

pemula umumnya akan mengalami kesalahan pada poin ini. Lakukan terlebih dahulu dengan posisi berdiri lalu memantulkan bola. Pergelangan tangan lentur saat memantulkan bola, upayakan juga untuk menjaga siku pada pinggul dan lalu menggerakkan siku hanya sesekali saja dan tak perlu banyak-banyak.

Untuk pantulan yang nyaman dan sempurna, tergantung juga pada bola basket yang dipakai. Mengendalikan Bola Setinggi Pinggang Untuk pemula, mengendalikan bola memang cukup sulit saat memantulkannya. Namun, untuk bisa mengendalikan bola dengan baik diperlukan latihan dan praktik yang cukup sering dan teratur menggiring bola.

Lakukan secara rendah lebih dulu dan lalu jaga tetap stabil untuk bola yang pantulannya setinggi pinggang. Menggiring Bola Memakai Kedua Tangan Menggiring bola basket perlu dilakukan dengan tangan yang dominan agar lebih nyaman dan hasilnya tak merugikan. Namun, penting juga bagi seorang pemain basket untuk bisa bermain bola basket memakai kedua tangan, khususnya dalam hal menggiring atau mendribble bola.

Menembak dengan Lurus Saat menembakkan bola yang dibawa ke ring lawan, berhenti lebih dulu dalam menggiring bola dan pegang bola memakai kedua tangan dengan arah tubuh dan pandangan menuju ring secara lurus. Lemparkan bola untuk memasukkan bola ke dalam ring dengan cara mengambil satu dribble atau pantulan bola lalu mengubah arah pinggul dengan cepat.

Menembak dengan Kaki Melompat Supaya tembakan mendapatkan tenaga penuh, berjongkoklah lebih dulu dan dan lakukan lompatan yang bersamaan dengan gerakan menembakkan bola. Lompatan dilakukan lurus ke atas dan bukannya ke belakang atau ke depan agar kekuatan tambahan dalam menembak bisa diperoleh dari situ. Demikianlah pembahasan tentang artikel ini, Semoga bermanfaat Baca Juga : • Uang Kartal : Logam, Kertas, Giral, Kuasi Beserta Pengertian dan Gambar • Teks Prosedur : Contoh Sederhana dan Kompleks Beserta Ciri-ciri dan Jenisnya Related posts: • Jenis – Jenis Meteor – Pengertian, Sejarah dan Teori Terbentuknya Meteor • Upaya Penegakan Ham • Bentuk Bentuk Bela Negara Posted in Umum Tagged materi bola basket kelas 9, peraturan bola basket, peraturan pertandingan bola basket, shooting guard, teknik dasar bola basket, ukuran lapangan bola basket Materi Terbaru • Jenis – Jenis Meteor – Pengertian, Sejarah dan Teori Terbentuknya Meteor • Upaya Penegakan Ham • Bentuk Bentuk Bela Negara • Contoh Konflik Sosial • Pasal Tentang Ham • Contoh Perjanjian Internasional • Cara Kerja Proyektor – Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis • Benua Asia, Ciri-ciri, Peta, Karakteristik, Gambar dan Pembagian Wilayah • Shalat Jum’at – Rukun-Rukun, Syarat Dan Hukum Khutbah • Macam – Macam Alat Ukur Lengkap Dengan Fungsinya • Pengertian Ringkasan – Bentuk, Tujuan, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Contoh • Jenis – Jenis Validitas Beserta Penjelasannya [Lengkap] • Jenis – Jenis Tenaga Kerja Dan Contohnya [Lengkap] • Pengertian Vitamin – Jenis-Jenis, Manfaat, Fungsi dan Dampak • Masyarakat Tradisional dan Modern – Pengertian, Perbedaan dan Ciri-Ciri Olahraga, di sisi lain, adalah bentuk permainan yang terorganisir dan kompetitif.

Beberapa ahli percaya bahwa olahraga hanyalah bentuk terorganisir bermain lebih dekat dengan istilah olahraga. Pandangan yang lebih dekat, bagaimanapun, menunjukkan bahwa olahraga secara tradisional dikaitkan dengan kegiatan kompetitif.

Ketika kita menyebut olahraga sebagai kegiatan kompetitif yang terorganisir, kita maksudkan bahwa berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut …. tersebut telah disempurnakan dan diformalkan sampai tingkat tertentu, sehingga beberapa bentuk dan proses tetap dilibatkan. Dalam kegiatan ini, misalnya, istilah tertulis dan tidak tertulis digunakan atau digunakan, dan aturan atau prosedur dapat diubah selama kegiatan hanya dengan persetujuan semua pihak yang terlibat.

Di atas segalanya, pemahaman ini adalah olahraga kegiatan yang kompetitif. Kami tidak dapat menafsirkan olahraga tanpa memikirkan persaingan. Tanpa kompetisi, olahraga berubah menjadi permainan murni atau rekreasi. Bermain menjadi olahraga, sebaliknya, olahraga tidak pernah hanya dimainkan. karena aspek kompetitif sangat penting dalam sifatnya.

Di sisi lain, pendidikan jasmani mencakup unsur permainan dan olahraga, tetapi itu tidak hanya berarti satu, dan tidak selalu harus ada keseimbangan antara keduanya. Kata-katanya menunjukkan bahwa olahraga adalah aktivitas fisik yang memiliki tujuan pedagogis spesifik.

Pendidikan jasmani adalah jasmani, dan pendidikan jasmani untuk pendidikan. Ini tidak berlaku untuk bermain dan olahraga, meskipun keduanya selalu digunakan dalam proses pendidikan. Game, olahraga, dan pendidikan jasmani melibatkan bentuk-bentuk latihan, dan ketiganya dapat diperas dengan baik dalam konteks pedagogis saat digunakan untuk tujuan pendidikan.

Bermain bisa santai dan menghibur tanpa tujuan pendidikan, sama seperti olahraga tanpa tujuan pendidikan masih ada. Misalnya, olahraga profesional (umumnya disebut sebagai atletik di Amerika) tidak memiliki mandat pendidikan, tetapi masih disebut sebagai olahraga. • Soal Penjaskes Kelas 11 SMA/MA 2019 dan Kunci Jawaban • Share this: Soal Penjaskes Kelas 11 SMA/MA 2019 dan Kunci Jawaban • Seorang pemain bola basket dinyatakan salah dalam melakukan drible, ketika dia membuat drible bola ….

a. dengan berpindah tangan b. gunakan 2 tangan bersamaan c. Bola terlalu rendah d. tanpa berlari e. sambil berjalan Jawab: b. gunakan 2 tangan bersamaan • Ssepak bola merupakan olahraga beregu yang terdiri dari……Pemaian a. 8 pemain b. 9 pemain c. 10 pemain d. 11 pemain e. 12 pemain Jawab: d. 11 pemain • Yang bukan dari teknik dasar sepak bola adalah … a.

menendang bola b. melompat c. tendangan ke dalam d. drible e. menyundul bola Jawab: d. drible • Latihan menendang bola yang bertujuan untuk menembakkan bola dengan keras tetapi arah bola sering kurang terkontrol merupakan cara menendang bola yang menggunakan … a. kura-kura bagian dalam b. kura-kura bagian luar c. punggung kaki d. kaki bagian luar e. kaki bagian dalam Jawab: c.

punggung kaki • Posisi perkenaan bola yang benar dalam teknik menyundul bola adalah … a. kepala depan (dahi) b. kepala tengah c. kepala samping d. kepala belakang e. kepala bagian atas Jawab: e. kepala bagian atas • Postur yang benar saat menahan bola dengan telapak kaki adalah … a. condong ke samping kiri b.

condong ke depan c. condong ke samping kanan d. condong ke belakang e. condong dan membungkuk ke depan Jawab: e. condong dan membungkuk ke depan • Permainan basket dimainkan oleh … a. 3 b. 2 c. 4 d. 5 e. 6 Jawab: e. 6 • Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah … a. chest pass b. Jeveline Pass c. side pass d. bound pass e. Overhead lulus Jawab: a. chest pass • Teknik menembak dengan gaja melayang dalam bola basket disebut… a.

shooting b. jump short c. dribbling d. Overhead pass e. lay up shoot Jawab: e. lay up shoot • Tujuan utama pertandingan sepak bola adalah … a.

memasukkan bola di gawang lawan dan pertahankan gawang, sehingga tidak ada gol yang terjadi b. Memiliki bola selamanya c. Cobalah untuk merebut bola dari lawan Anda d. teori praktek e. menghibur penonton Jawab: a. memasukkan bola di gawang lawan dan pertahankan gawang, sehingga tidak ada gol yang terjadi • Permainan basket dapat dimainkan 220 menit atau dapat juga dimainkan dengan waktu … a.

4 x 8 menit b. 4 x 10 menit c. 4 x 12 menit d. 4 x 14 menit e. 4 x 15 menit Jawab: c. 4 x 12 menit • Organisasi induk dari bola basket internasional adalah … a. PBSI b. Perbasi c. PBVSI d. FIBA e. IBF Jawab: d. FIBA • Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

a. shooting b. dribbling c. lay up d. jumping e. pivot Jawab: e. pivot • Teknik atau cara memegang raket bulutangkis ada empat cara. Yaitu cara memegang raket grip dengan memutar putaran ke kiri disebut dengan pegangan carmetode pegangan.

a. Pryngpon menangani b. Inggris menangani c. Pegangan tangan goyang d. backhand grip e. pegangan Jawab: d. backhand grip • Teknik pukulan dengan tujuan melambungkan shootlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke garis belakang adalah pukulan … a. servis b. lop c. dropshot d. smash e. drive Jawab: c. dropshot • Pukulan yang jatuhnya dekat net disebut pukulan … a. servis b. lop c. smash d. dropshot e. drive Jawab: c. smash • Seorang pemain dinyatakan menang dalam satu set permainan bulu tangkis apa bila telah mencapai angka?

a. 11 b. 25 c. 15 d. 20 e. 21 Jawab: e. 21 • Pukulan servis bulu tangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut … a. shot service b. dropshot c. service d. lop service e.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

topspin Jawab: d. lop service • Pukulan Smash dilakukan saat bola … a. meluncur ke bawah b. setinggi langkah c. sebelum tergelincir d. untuk melambung di depan atas kepala e. dada Jawab: d. untuk melambung di depan atas kepala • Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis, antara lain,… a.

smash, backhand, lurus b. drive, dropshot, horizontal c. vertikal, lurus, lob d. smash, vertikal, lob e. forehand, melambung, datar Jawab: a. smash, backhand, lurus • Berapa gaya dalam lompat jauh … a. 2 jenis b. 3 jenis c. 4 jenis d. 5 jenis e. 6 jenis Jawab: b. 3 jenis • Gerakan larijarak menengah sedikit berbeda dengan gerak lari cepat.

Perbedaan itu terutama pada … a. cara kaki melangkah b. cara kaki menapak c. pengambilan start d. cara memasuki finish e. pencepatan waktu Jawab: b. cara kaki menapak • Seorang pelari dianggap masuk finish apabila …. Telah memasuki finish a. kakinya b. tangannya c. punggungnya d. kepalanya e. tubuhnya Jawab: d. kepalanya • Nomor lari jarak menengah adalah … a.

100 m, 200 m dan 400 m b. 200 m, 400 m dan 800 m c. 400 m, 800 m, 1.500 m d. 800 m, 1.500 m, 3.000 m e. 1.500 m 3.000 m dan 5.000 m Jawab: d.

800 m, 1.500 m, 3.000 m • Start yang digunakan untuk lari jarak menengah adalah … a. start kongkok b. start berdiri c. start melayang d. Jawaban a, b, c semuanya benar e. start duduk Jawab: b. start berdiri • Hal yang Harus Dihindari dalam Lompat Jauh adalah … a. latihan pendaratan b. Memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum keberangkatan c. Kuasai langkah dan ayunan d. Mencapai kebebasan bergerak yang baik e. Pertahankan kecepatan sampai saat penolakan Jawab: b. Memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum keberangkatan • Cara yang tepat untuk mendarat dengan benar pada lompat jauh adalah … a.

kaki diluruskan b. Kaki terlipat ke belakang c. Kaki dilipat ke depan d. kaki bengkok e. lutut tertekuk Jawab: a. kaki diluruskan • Jika peserta lompat jauh kurang dari 8 orang maka setiap orang berhak melakukan lompatan sebanyak … a. 3 kali b. 4 kali c. 5 kali d. 6 kali e. 7 kali Jawab: d. 6 kali • Batas jarak awalan pada lompat jauh adalah … a. 25-40 m b. 30-45 m c. 50-55 m d.

55-60 m e. 65-70 m Jawab: b. 30-45 m • Rentangkan tangan selebar bahu sehingga jari dan ibu jari Anda terbalik. Ini adalah awal dari squat kata kunciLetakan tangan selebar bahu jari-jari dan ibu jari membentuk huruf V terbalik. Hal ini merupakan start jongkok aba-aba… a.

persiapan awal b. bersedia c. siap d. ya e. gerakan lari Jawab: b. bersedia • Dalam melakukan lompat jauh kakimana yang menumpu pada balok tumpuan terlebih dahulu…. a. kaki kiri b. kaki kanan c.

kaki terkuat d. kedua kaki e. kaki lemah Jawab: c. kaki terkuat • Tujuan lompat jauh adalah … a. mencapai lompatan sejauh mungkin b. Raih lompatan tertinggi c. Gunakan gaya gantung terbaik d. Gunakan pendaratan dua kaki bersama e.

Capai garis finish dengan cepat Jawab: a. mencapai lompatan sejauh mungkin • Penggunaan seluruh punggung dengan bantuan lengan adalah latihan teknis … a. pendaratan b. Deport c. Square off d. di atas bar e. mendarat Jawab: e. mendarat • Hal-hal yang harus diprioritaskan dalam lompatan tinggi adalah … a. tendang dengan kaki Anda b. turunkan kepala dan bahu Anda c. Angkat kaki yang terayun dengan gerakan melompat d.

Pada langkah terakhir, angkat pusat gravitasi e. Angkat sandaran kaki ke arah lutut Jawab: b. turunkan kepala dan bahu Anda • Sasaran tinggi ditujukan untuk yang berikut kecuali … a. ulu hati b. pinggang c. dagu d. leher e. payudara Jawab: b. pinggang • Posisi berat di kuda tengah … a. kaki depan b. kaki belakang c. kedua kaki d. posisi tidak stabil e.

kaki sisi Jawab: c. kedua kaki • Posisi kaki tertentu sebagian dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela serang disebut…. a. Sikap kuda-kuda b. sikap pasang c. salam pengantar d. gaya e. elang Jawab: b. sikap pasang • Berikut ini yang bukan merupakan teknik gerak dasar dalam pencak silat adalah … a. langkah b. sanggahan c. masuk d. jatuhan e. menggiring bola Jawab: d. jatuhan • Tujuan gerakan menangkis adalah … a. menghindari pukulan lawan b. memukul lawan sekuatnya c. menghindari tebasan lawan d.

menghindari serangang lawan e. membendung setiap pukulan dan tendangan Jawab: e. membendung setiap pukulan dan tendangan • Teknik menyerang lawan dengan satu tangan dinamakan… a. pukulan b. tangkisan c.

elakan d. sapuan e. hindaran Jawab: a. pukulan Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Soal Penjaskes Kelas 11. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih. Baca Juga: • Soal Penjas Kelas 12 • Soal PKN Kelas 1 • Soal PKN Kelas 2 • Soal PKN Kelas 3 • Soal PKN Kelas 4 Share this: • • • • • Posted in Umum Tagged contoh soal penjas kelas 11 semester 1 kurikulum 2013, soal penjas kelas 11 essay, soal penjas kelas 11 semester 2 kurikulum 2013, soal penjas kelas 11 tentang bola kecil, soal penjas kelas 11 tentang bola voli, soal penjas kelas 11 tentang renang, soal penjas kelas 11 tentang sepak bola, soal penjaskes kelas xi semester 2 beserta jawaban Materi Terbaru • Fungsi Cerebellum • Pengertian Usus Besar • Prinsip Kultur Jaringan • Vesica Urinaria • Fungsi Laring • Proses Pembentukan Sel Darah Merah • Tendon Adalah • Kata Kerja Bahasa Arab (فعل) • Mollusca • Saraf Spinal • Protista Mirip Jamur • Zygomycota • Kingdom Archaebacteria • Eubacteria • Arthropoda
Pada kesempatan ini saya akan membagikan soal bola basket atau lebih tepatnya soal olahraga bola basket.

Bola basket atau basketball adalah olahraga yang terdiri dari dua tim yang berangotakan masing-masing yaitu 5 orang. untuk mendapatkan poin seorang yang bermain basket harus memasukan bola ke dalam keranjang lawan, singkatnya seperti itu. Soal bola basket ini ditunjukan untuk pelajaran penjas, soal pilihan ganda tentang bola basket beserta berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

Soal Penjas Materi Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban: Baca Juga: • Soal Essay Bola Basket Beserta Jawabannya • Kumpulan Soal Materi Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban 1.

Orang yang menciptakan permainan bola basket adalah. A. M. Luther B. James Nasmith C. Hasley. T D. W. Morgan E. Carmelo Anthony 2. Berapakah jumlah pemain bola basket.

A. 5 Orang Pemain dan 5 Orang Cadangan dalam satu regu B. 6 Orang dalam satu regu C. 11 Orang dalam dua regu D.

4 Orang dalam satu regu E. 7 Orang dalam satu regu 3. Menggiring dalam permainan bola basket berarti. A. Shooting B. Jagling C. Dribbling D. Servis E. Oper 4. Teknik yang mendorong badan ke belakang saat melakukan shoot adalah. A. Fade Away B. Hook Shoot C. Jump Shoot D. Crossover E. Attack 5. .teknik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi daripada pemain.

A. Hook Shoot B. Oper C. Servis D. Jump Shoot E. Fade Away 6. Teknik menembak yang sering dilakukan pemain dari luar daerah bersyarat lawan dalam bola basket adalah. A. Tembak Kaiton B. Tembakan dari samping C. Tembakan langsung ke tangan D. Tembakan lay-up E. Tembakan satu tangan di atas kepala 7. Sistem pertahanan dalam permainan bola basket dimana setiap pemain selalu berusaha mendekati lawan satu-satu, dari pertanyaan tersebut jawaban yang benar adalah.

A. Pressing defence B. Zone defence C. Guard D. Man to man defence E. Spin dribble 8. Permainan bola basket termasuk permainan… A. Bola kecil B. Bola sedang C. Bola besar D. Atletik E. Bola lempar 9. Tujuan menggiring bola tinggi dalam bermain basket adalah. A. Mempercepat penyerangan B. Mengontrol bola didaerah sendiri C. Memperlambat permainan D.

Mengatur bola untuk kemenangan E. Menguasai bola ditim 10. Induk organisasi basket internasinal ialah. A. FIBA B. PERBASI C. PPSI D. FIFA E. PBBSI 11. Jawablah soal berikut ini dengan benar, panjang dan lebar lapangan bola basket adalah. A. 26 M x 14 M B. 26 M x 17 M C. 14 M x 21 M D. 14 M x 25 M E. 15 M x 25 M 12. Induk organisasi bola basket di indonnesia adalah. A. FIBA B. PERBASI C. PPSI D. FIFA E. PBBSI 13. Waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah.

A. 15 Menit B. 20 Menit C. 30 Menit D. 10 Menit E. 25 Menit 14. Pemain yang bertugas menjaga derah belakang adalah. A. Guard B. Center C. Forward D. Canter back E. Forwad back 15. Apabila seorang pemain bola basket dapat memasukkan bola kedalam ring dari daerah setengah lingkaran, maka ia akan mendapatkan nilai. A.

1 Angka B. 4 Angka C. 2 Angka D. 3 Angka E. 1.5 Angka 16. Bola basket pertama kali dipertandingkan pada olimpiade di negara. A. Indonesia B. Amerika Serikat C. Jerman D. Belanda E. Inggris 17. Chest pass adalah teknik mengoper bola dari. A. Belakang B. Depan dada C. Atas kepala D.

Bawah E. Bawah Kaki 18. Warna Pakaian yang digunakan oleh wasit bola basket yiatu. A. Kaos abu-abu B. Kaos putih C. Kaos panjang hitam D. Kaos kuning E. Kaos hitam 20. Tahun berapakah pencipta basket wafat. A. 1891 B. 1892 C. 1937 D. 1939 E. 1936 21. Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki (kaki poros) pada saat permain menguasai bola di sebut. A. Shooting B. Dribbling C. Lay-up D. Pivot E. Penjagaan 22. Teknik menembak yang sering dilakukan pemain dari luar daerah bersyarat lawan dalam bola basket adalah.

A. Tembakan dari samping B. Tembakan lawan C. Tembakan meloncat dengan 2 tangan D. Tembakan lay-up E. Penjagaan 23. Sebutkan berapa macamkah tehnik shootting.

A. 3 B. 4 C. 5 D. 6 E. 2 24. Guru dari manakah pencipta basket ? A. YMBA B. YMTA C. YMDA D. YMCA E. YMBAT 25. Berapakah panjang jaring basket. A. 30 cm B. 40 cm C. 50 cm D. 60 cm E. 70 cm Blogger 18 Agustus 2021 10.17 Hai kak!

Alhamdulillah MasyaAllah Tabarakallah atas ilmunya yang atas seizinNya barokah dan bermanfaat sekalinya, terimakasih sekali ya kaakk.Oh iya kak, mohon tanya untuk nomor 47 bukannya C (center) ya kak jawabannya? Dilansir dari materi dari yang terhormat, guru PJOK saya, center adalah pemain bertubuh tinggi dan besar, sering melakukan pergerakan dibawah ring, menjaga pemain lawan melakukan serangan, mencetak poin, dan menantisipasi bola rebound.

Dilansir dari wikipedia.com, Center (C), juga dikenal sebagai lima, adalah salah satu dari lima posisi dalam permainan bola basket. Center biasanya adalah pemain tertinggi di tim, dan sering kali memiliki banyak kekuatan dan massa tubuh juga. Di NBA, tingginya sekitar 7 kaki (2,13 m). Mereka secara tradisional bermain dekat dengan bola basket di pos rendah. Center dihargai karena kemampuan mereka untuk melindungi gawang mereka sendiri dari upaya jarak dekat dengan persentase tinggi pada pertahanan, sambil mencetak gol dan rebound dengan efisiensi tinggi pada pelanggaran.

Balas Hapus
Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut gerakan pivot. Pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar badan yang tumpuannya menggunakan salah satu kaki sebagai poros putaran setelah menerima bola atau passing dari rekan satu tim.

Pada dasarnya tujuan dari gerakan pivot dalam permainan bola basket adalah untuk mencari celah, menunggu teman, menahan bola, menipu lawan, dan juga untuk bertahan.

Berikut penjelasan dari masing-masing tujuan gerakan pivot permainan bola basket: • Mencari celah. Pivot dilakukan oleh pemain basket untuk mencari celah terkait bola yang ingin dipassing atau ditembak. Gerakan memutar ini juga memungkinkan perubahan arah yang membuat ruang semakin terbuka. • Menunggu teman. Pivot sering dilakukan untuk menunggu rekan tim yang bergerak tanpa bola untuk mendapatkan tempat yang lebih baik untuk melakukan shooting atau passing.

Pivot setelahnya diikuti dengan passing yang menghasilkan assist dan ruang tak terjaga pada rekan tim lain. • Menipu Lawan. Gerakan pivot digunakan ball handler untuk mengecoh penjagaan lawan sehingga mempermudah untuk mencetak angka jarak dekat.

• Menahan bola. Pivot juga dilakukan dengan tujuan untuk menahan bola sambil berfikir terkait langkah selanjutnya yang akan diambil. Gerakan pivot memungkinkan tim untuk merevitalisasi strategi serangannya. • Untuk bertahan. Dalam hal defense pivot sering kali digunakan untuk melonggarkan pressing dari tim lawan. Dengan menggunakan pivot, pemain lain akan dapat menempati posisi yang lebih baik sehingga bola mudah dikuasai untuk step offense.

Berikut adalah cara melakukan gerakan pivot dalam permainan bola basket: • Gunakan salah satu kaki yang akan dijadikan tumpuan atau poros untuk memutar badan. Kaki yang dipilih harus kuat sebagai tumpuan sehingga gerakan penghubung lainnya dapat dilakukan dengan mudah. • Lalu kaki satunya digunakan untuk melangkah ke arah yang diinginkan dan untuk kaki ini bebas melakukan langkah tanpa dribble selama kaki poros pertama tetap berada pada posisinya (tidak berubah).

• Lakukan putaran dan kemudian bisa iringi gerakan pendukung seperti dribbling, passing atau shooting untuk mendapatkan keuntungan dari melakukan gerakan pivot ini. Berikut adalah macam-macam gerakan pivot dalam permainan bola basket: • Pivot kemudian Dribble. Gerakan ini paling umum dilakukan, biasanya ball handler seperti point guard atau forward melakukan putaran di paint area kemudian menciptakan celah lainnya dengan satu atau dua dribble sebelum memutuskan untuk mencetak angka atau melakukan passing ke rekan tim • Pivot kemudian Passing.

Sering dilakukan oleh pemain dengan insting passing yang bagus, biasanya killer pass datang setelah melakukan pivot ini ke pemain bertipe finisher seperti bigman dan small forward • Pivot kemudian Shooting.

Gerakan pivot ini sering dilakukan scorer utama di tim, atau pemain yang paling berkontribusi dalam mencetak angka. Beberapa gerakan yang dikombinasikan teknik ini diantaranya Turnaround Jumper, Fadeaway Turnaround Shot.

Sampai disini penjelasan dan pembahasan dari jawaban pertanyaan "berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut" semoga bermanfaat.Contoh Soal Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban – Bola Basket adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok dan dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Masing-masing tim memiliki 5 orang anggota. Setiap tim harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Standar internasional permainan bola basket : • 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit) • dengan jeda waktu istirahat 10 menit. • Tapi khusus untuk NBA berbeda • mereka menggunakan format 12 menit per setiap babaknya (4×12 menit) • Aturan permainan di Indonesia sendiri, tentu saja mengikuti standar 4 x 10 menit.

Ukuran Lapangan Bola Basket • Panjang : 28 meter • Lebar : 15 meter • Diameter lingkaran tengah : 3,6 meter • Jarak garis tiga poin ke ring : 6,75 meter • Jarak garis busur ring basket : 1,25 meter. Ukuran Ring dan Tiangnya: • Tinggi ring : 3,05 meter • Diameter ring : 45cm • Jarak tiang ring ke endline : 1 meter • Panjang papan pantul : 1,8×1,05 meter • Ukuran kotak tengah papan pantul : 59x45cm • Jarak papan pantul ke endline : 1,2 meter 1 – 15 Contoh Soal Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban 1.

Operan depan dada (chest pass) sangat bermanfaat untuk operan… a. Jarak jauh b. Penjagaan c. Jarak pendek d. Penyerangan Jawaban : C 2. Tujuan menggiring bola rendah yaitu … a. Mengendalikan penyerangan b. Memperlambat permainan c. Mempercepat penyerangan d.

Menguasai bola lebih aman Jawaban : D 3. Dalam permainan bola basket, pola penyerangan 1-3-1 berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

juga dengan istilah… a. Guard b. Pola Reverse c. Pola Ault Mann d. Pola Diamond Jawaban : D 4. Dalam pertandingan bola basket, seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika … a. Mendrible bola yang terlalu tinggi b. Melakukan lay-up memakai dua tangan c. Membawa bola sambil berjalan tanpa melakukan drible d.

Mendrible bola melewati garis tengah lapangan Jawaban : D 5. Salah satu keuntungan memakain zone defence dalam strategi permainan bola basket diantaranya yaitu …. a. Dapat menguras stamina lawan b. Lebih menghemat stamina c.

Lebih mudah melakukan serangan balasan d. Mudah mengatisipasi operan lawan Jawaban : C 6. Wasit yang memiliki tugas utama untuk mengamati kejadian-kejadian di daerah bersyarat yaitu… a. Wasit wisata b. Wasit II c. Wasit pemandu d. Wasit I Jawaban : C 7. Dalam bola basket, jump ball dilakukan yaitu ketika… a. Adanya pelanggaran b.

Memulai pertandingan c. Terjadi bola pegang d. Ada pemain yang terluka atau cedera Jawaban : B 8. Pembagian waktu pertandingan bola basket yaitu … quarter a. 10 b. 4 c. 6 d. 5 Jawaban : B Simak Juga : Soal Bahaya HIV dan AIDS Pilihan Ganda beserta Jawaban 9. Dalam permainan bola basket, jumlah wasit yaitu sebanyak … a.

6 b. 3 c. 5 d. 2 Jawaban : D 10. Sistem pertahanan dalam permainan bola basket dimana setiap pemain selalu berusaha mendekati lawan satu-satu dinamakan … a. Smasher b. Zone defence c. Guard d. Man to man defence Jawaban : D 11. Pertahanan dalam permainan bola basket yang dilakukan secara ketat sejak bola dimainkan atau dilemparkan lawan dinamakan … a. Guard b. Pressing defence c. Man to man defence d. Zone defence Jawaban : B 12. Dalam permainan bola basket, seorang pemain tidak boleh berdiri dalam daerah bersyarat lawan lebih dari … detik, ketika berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

dalam penguasaan timnya. a. 15 b. 3 c. 10 d. 5 Jawaban : B 13. Dalam permainan bola nasket, seorang pemain tidak diperbolehkan menahan/memegang bola tanpa dimainkan lebih dari… detik a.

15 b. 3 c. 10 d. 5 Jawaban : D 14. Dalam pertandingan bola basket, dua orang pemain depan yang bertugas untuk menyerang dinamakan … a. Overhead b. Center c. Guard d. Forward Jawaban : D 15. Satu orang pemain yang mempunyai tugas untuk merebut bola ketika jump ball dinamakan … a. Overhead b. Center c. Guard d. Forward Jawaban : B 16 – 30 Soal Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban 16. Waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah …. a. 5 menit b.

10 menit c. 15 menit d. 20 menit Jawaban : B 17. Diameter lingkaran ring ialah …. a. 40 cm b. 45 cm c. 50 cm d.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

55 cm Jawaban : B 18. Permainan bola basket berasal dari …. a. Prancis b. Amerika serikat c. Inggris d. Italia Jawaban : B 19. Apabila seorang pemain bola basket dapat memasukkan bola kedalam ring dari daerah setengah lingkaran, maka ia akan mendapatkan nilai a. 1 angka b. 2 angka c.

3 angka d. 4 angka Jawaban : B 20. Bola basket pertama kali dipertandingkan pada olimpiade di …. a. Amerika Serikat b. Inggris c. Jerman d. Belanda Jawaban : C 21. Dalam gerakan lay-up kananlangkah kaki yang tepat saat bola sudah di pegang dengan kedua tangan adalah … a. Kanan – kiri –kanan-lompat b. Kiri –kanan – kiri-lompat c. Kanan – kiri- lompat d.

Kiri – kanan – Lompat Jawaban : C 22.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

Kepanjangan dari FIBA…… a. Federation Internasional De Basketball Amateur b. Federation Internasional De Basketball Amatir c. Federation Intermilan De Basketball amateur d. Federation Internasional Basketball Amateur Jawaban : A Lihat Juga : Soal Atletik Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 23. Dalam permainan bola basket irama langkah selama melakukan penjagaan sangat di perlukan, karena dalam langkah-langkah menentukan keberhasilan .cara melakukan terdiri dari ?

a. Langkah pendekatan b. Langkah menggeser c. Langkah mundur d. Langkah pendekatan, menggeser, dan langkah mundur Jawaban : D 24. Menggiring bola adalah suatu usaha untuk membawa bola ke depan atau biasa disebut Dribbling ball). Saat dribble, dorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan disebut… a. Back dribble b.

Legs dribble c. Spin dribble d. Crosser dribble Jawaban : C 25. Suatu regu dinyatakan kalah default, jika dalam pertandingan jumlah pemain dari regu tersebut yang ada di lapanga kurang dari… a. 1 orang b. 2 orang c. 3 orang d. 4 orang Jawaban : B 26. Permainan bola basket, saat melakukan lemparan ke keranjang untuk memasukkan bola dapat menggunakan berbagai macam gerakan. Gerakan lay-up shoot diawali dengan melangkah sebanyak… a. 1 langkah b. 2 langkah c.

3 langkah d. 4 langkah Jawaban : B 27. Tugas utama dari forward adalah… a. Menjaga pemain lawan b. Menghalang seranga c. Mencetak point dengan memasukkan bola ke keranjang d.

Mengatur strategi penyerangan Jawaban : C 28. Dalam permainan bola basket penyerang yang dilakukan tanpa menggunakan pola tertentu, tergantung pada penguasaan teknik, kemampuan individu, dan kesempurnaan fisik setiap anggota regu disebut pola penyerangan ….

a. Berpola b. Cepat c. Bebas d. Bervariasi Jawaban : C 29. Penyerangan pada permainan bola basket yang dilakukan dengan syarat-syarat tertentu merupakan penyerangan …. a. Berpola b. Cepat c. Bebas d. Bervariasi Jawaban : A 30. Perbasi dibentuk pada tanggal… a.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

20 Oktober 1951 b. 21 Oktober 1951 c. 23 Oktober 1952 d. 23 Oktober 1951 Jawaban : D 31 – 45 Contoh Soal Bola Basket Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 31. Untuk mengoper bola jarak sedang (7 meter) sebaiknya menggunakan tehnik… a. Operan dari depan dada b. Operan dari atas kepala c. Operan pantulan d.

Operan samping Jawaban : B 32. Bola basket terbuat dari…. a. Kayu b. Karet c. Besi d. Plastik Jawaban : B 33. Liga basket terkenal dari Amerika Serikat adalah? a. NBA b. FBI c. PPBI d. FPIB Jawaban : A 34. Untuk mengoper bola jarak dekat atau pendek (5-7 meter) sebaiknya menggunakan tehnik… a. Operan dari depan dada b. Operan dari atas kepala c. Operan pantulan d. Operan samping Jawaban : A 35. Berikut ini termasuk teknik gerakan melempar bola setinggi dada (chess pass) permainan bolabasket yaitu … a.

Kedua lengan lurus ke depan mendorong bola, kaki belakang melangkah ke depan, berat badan dibawa ke depan, pelepasan bola dari tangan setelah kedua lengan lurus b. Kedua lengan memukul bola ke depan, kaki belakang tidak melangkah, berat badan dibawa ke belakang, pelepasan bola dari tangan sebelum lengan lurus ke depan c.

Kedua lengan memutar bola, kaki depan dilangkahkan ke belakang, berat badan dibawa ke samping, pelepasan bola dari tangan setelah lengan lurus ke samping d.

Kedua lengan menyongsong arah bola, kaki belakang menyilang di belakang, berat badan dibawa ke depan, pelepasan bola dari tangan setelah lengan lurus Jawaban : A 36. Permainan bola basket termasuk permainan… a. Bola kecil b. Bola sedang c. Bola besar d. Atletik Jawaban : C 37. Posisi bola saat gerakan bounch pass berada di …. a. Depan dada b. Atas kepala c. Samping badan d.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

Belakang kepala Jawaban : A Baca Juga : Soal Globalisasi Pilihan Ganda dan Jawaban 38. Berapa tinggi papan pantul dari tanah… a. 2,25 m b. 2,50 m c. 2,75 m d. 2,00 m Jawaban : C 39. Teknik passing dari samping badan dengan satu tangan dinamakan… a. Chest Pass b. Over Head Pass c. Bounce Pass d. Bisbol Pas Jawaban : D 40. Teknik passing dalam bola basket, kecuali… a. Chest Pass b. Over Head Pass c. Bounce Pass d. Football Pass Jawaban : D 41. Permainan bola basket untuk pertama kali diikutsertakan dalam PON pada tahun….

a. 1936 b. 1927 c. 1938 d. 1948 Jawaban : D 42. Permainan bola basket adalah…… a. Permainan yang dimainkan oleh 2 regu yg setiap regu terdiri dari 5 orang pemain b. Permainan dengan tujuan memasukkan bola ke gawang c. Permainan yang dilakukan oleh individu d. Permainan yang dilakukan secara berkelompok Jawaban : A 43. Ukuran dari papan bawah ke ring adalah … a. 20 cm b. 30 cm c. 60 cm d. 65 cm Jawaban : C 44.

Panjang dan lebar papan pantul … a. 1,70 x 110 m b. 1,75 x 115 m c. 1,80 x 1,20 m d. 1,81 x 1,21 m Jawaban : C 45. Tebal papan pantul …. a. 6 cm b. 7 cm c. 3 cm d. 4 cm Jawaban : D 46 – 60 Contoh Soal Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban 46. Adegan 1 – 2 – 1 dalam permainan bola basket disebut juga dengan pola ….

a. Pola Diamond b. Pola Ault Man c. Pola Reverse d. Pola Serangan Kilat Jawaban : B 47. Permainan bola basket diciptakan oleh … a. William G. Morgan b. Dr. Luther c. Dr. Gulick d. Dr. James A. Naismith Jawaban : D 48. Ukuran panjang dan lebar lapangan bola basket adalah … a. 14 m dan 24 m b. 16 m dan 26 m c. 24 m dan 14 m d. 26 m dan 14 m Jawaban : D 49. Tahun berapakah basket di perkenalkan di amerika ?

a. 1891 b. 1892 c. 1893 d. 1894 Jawaban : B 50. Tahun berapakah pencipta basket wafat ? a. 1935 b. 1936 c. 1937 d. 1939 Jawaban : D 51. Teknik menggiring bola dalam permainan basket disebut… a. Tendangan b. Blocking c. Smashing d. Dribbling Jawaban : D 52. Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket adalah …. a. Chest pass b. Side pass c. Bound pass d. Baseball pass Jawaban : D Simak Juga : Soal Bangga Berbangsa Pilihan Ganda dan Jawaban 53. Tujuan permainan bola basket adalah ….

a. Memasukkan bola ke ring lawan b. Menjaga daerah pertahanan c. Menunjukkan teknik yang indah d.

berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut ….

Memasukkan bola ke ring lawan dan mempertahankan daerah sendiri Jawaban : D 54. Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah …. a. Chest pass b. Side c. Overhead pass d. Jeveline pass Jawaban : A 55. Komposisi dan registrasi pemain bola basket untuk satu regu maksimal terdiri …. a. 8 b. 9 c. 10 d. 12 Jawaban : D 56. Pertandingan bola basket dapat dimainkan 2 x 20 menit atau dapat juga dimainkan dengan …. a. 4 x 8 menit b.

4 x 10 menit c. 4 x 15 menit d. 4 x 12 menit Jawaban : B 57. Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki (kaki poros) pada saat permain menguasai bola di sebut …. a. Shooting b. Dribbling c.

Lay-up d. Pivot Jawaban : D 58. Gerakan pivot berguna untuk … a. Menguasai kalannya permainan b. Melakukan pergerakan yang cepat c. Melakukan pertahanan dengan baik d.

Melindungi bola dari sergapan lawan Jawaban : D 59. Bola yang tercipta dari lemparan bebas dalam permainan bola basket memperoleh angka… a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 Jawaban : A 60. Gol yang tercipta dari lemparan diluar daerah bersyarat lawan, dalam bola basket memperoleh angka ….

a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 Jawaban : C 61 – 75 Contoh Soal Bola Basket dan Jawaban 61. Latihan menembak sambil melayang dalam permainan bola basket disebut …. a. Shooting b. Jump shoot c. Dribbling d.

Oper head pass Jawaban : B 62. Pemain yang berfungsi atau bertugas melakukan rebound dan biasanya mempunyai postur tubuh yang tinggi dan besar, dalam permainan basket dinamakan …. a. Guard b. Forward c. Center d. Pull back Jawaban : B 63. Tugas pokok seorang pemain center, kecuali … a. Menyusup pertahanan lawan b. Membendung tembakan lawan c. Menjaga darah pertahanan d. Melakukan penyerangan ke ring lawan Jawaban : C 64.

Dasar umum dalam pembuatan pola permainan bola basket adalah, kecuali… a. Ada pemain pengatur serangan b. Ada pemain pengaman serangan c.

Ada pemain penembak utama d. Ada seorang pemain menutupi daerah tembakan Jawaban : B 65. Apabila wasit menyilangkan tangan didepan dada, hal ini berarti terjadinya dalam permainan basket … a.

Time in b. Time out wasit c. Time out permintaan regu d. Pergantian pemain Jawaban : B 66. Apabila wasit mengangkat kedua tangannya ke atas dengan cara menggenggam, hal ini berarti terjadinya dalam permainan basket … a. Tembakan hukuman b. Kesalahan teknik c. Kesalahan rangkap d.

Kesalahan di sengaja Jawaban : A 67. Siapakah nama lengkap atlet legendaris basket ? a. Michael Jordan b. Michael Smith Jordan c. Michael Alpha Jordan d. Michael John Jordan Jawaban : A 68. Berat bola basket berkisar ? a. 500 – 550 gram b. 450 – 475 gram c. 600 – 650 gram d. 475 – 500 gram Jawaban : C Lihat Juga : Soal Aturan dan Norma dalam Masyarakat Pilihan Ganda dan Jawaban 69.

Berapakah panjang jaring basket ? a. 30 cm b. 40 cm c. 50 cm d. 60 cm Jawaban : B 70. Gerakan bergelantung saat memasukkan basket ke ring disebut ? a. Lay up b. Lay up shoot c. Slam dunk d. Dunk Jawaban : C 71.

Ring basket terletak di …… papan pantul ? a. Tengah b. Depan c. Samping d. Bawah Jawaban Soal Bola Basket : A 72. Guru dari manakah pencipta permainan bola basket a. YMBA b. YMTA c. YMDA d. YMCA Jawaban : D 73. Tahun berapakah basket di perkenalkan di eropa… a.

1917 b. 1918 c. 1919 d. 1920 Jawaban : B 74. Pelanggaran dalam basket disebut juga dengan… a. Fold b. Pelanggaran c.

Hukuman d. Kekerasan Jawaban : A 75. Menangkap bola dari operan disebut juga dengan… a. Dribbling b. Catching c. Passing d. Shootting Jawaban : B 76 – 90 Contoh Soal Bola Basket dan Kunci Jawaban 76. Ada berapa macamkah tehnik shootting ? a. 6 b. 5 c. 4 d. 3 Jawaban : D 77. Permainan bola basket di Indonesia berada di bawah naungan organisasi … a. IPSI b. PERSIS c. PERBASI d. PBSSI Jawaban : C 78. Pemain tengah dalam permainan bola basket disebut.

a. Center b. Forward c. Guard d. Blocker Jawaban : A 79. Pakaian yang digunakan oleh wasit bola basket adalah … a. Kaos putih b. Kaos abu-abu c. Kaos hitam d. Kaos panjang hitam Jawaban : B 80. Melakukan gerakan memantul-mantulkan bola kelantai dengan maksud ? a. Mengejar bola pada lawan kita b. Mendribbling bola ke ring lawan c. Menguasai bola agar tidak direbut oleh lawan d.

Memantulkan bola dengan kuat agar musuh takut Jawaban : C 81. Bola yang masuk pada saat lemparan hukuman akan mendapat nilai ? a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 Jawaban : A 82. Gerakan menambahkan shoot saat bola muntahan disebut ? a. Rebound b. Lay up c. Slam dunk d. Dunk Jawaban : A 83. Saat dribble, dorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi berputar ke segala arah dengan bertumpu pada satu kaki atau kaki poros pada permainan bola basket disebut …. bertahan disebut ? a. Back dribble b. Legs dribble c.

Spin dribble d. Crosser dribble Jawaban : C Lihat Juga : Soal Benua Afrika Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban 84. Persatuan basket internasional disebut ? a. IBL b. FIBA c. LBA d. NBA Jawaban : B 85.

Permainan basket pertama kali di temukan pada tahun ? a. 1945 b. 1981 c. 1891 d. 1898 Jawaban : C 86. Berapakah jumlah pemain setiap team yang di perlukan ? a. 4 b. 5 c. 6 d. 7 Jawaban : B 87. Gerakan memantulkan bola ke lantai disebut dengan ? a. Dribbling b. Passing c. Shootting d. Jumping Jawaban : A 88. Melempar bola dari jarak tertentu dengan maksud memasukkan bola ke ring disebut ? a. Passing b. Dribbling c. Chest pass d. Shootting Jawaban : D 89. Tujuan menggiring bola tinggi dalam bermain basket adalah ….

a. Mempercepat penyerangan b. Mengontrol bola di daerah sendiri c. Memperlambat permainan d. Mengontrol bola di daerah lawan Jawaban : C 90. Keberhasilan suatu regu bola basket dalam pertandingan di tentukan oleh ….

a. Teknik yang sempurna b. Melakukan pola permainan yang baik c. Taktik yang juti d. Keberhasilan dalam menembak bola Jawaban Soal Bola Basket : D 91. Teknik menembak (shooting) dalam bola basket yang didahului dengan melangkah dua langkah adalah …. a. Tembakan satu tangan di atas kepala b. Tembakan lay – up c. Tembakan meloncat dengan dua tangan d. Tembakan kaitan Jawaban : B 92. Teknik menembak (shooting) yang sering dilakukan pemain dari luar daerah bersyarat lawan dalam bola basket adalah ….

a. Tembakan dari samping b. Tembakan kaiton c. Tembakan meloncat dengan 2 tangan d. Tembakan lay-up Jawaban : A

Teknik Pivot




2022 www.videocon.com