Kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Hidayatullah.com– Kecelakaan lalu lintas terjadi lagi di Simpang Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/01/2022) sekitar pukul 06.30 WITA. Kecelakaan yang melibatkan 20 kendaraan ini terjadi di Traffic Light Simpang Muara Rapak, Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan Utara, Balikpapan.

Dalam video yang viral di media sosial, pantauan hidayatullah.comkejadian tabrakan beruntun itu bermula dari sebuah truck tronton yang diduga mengalami rem blong.

Tragedi Rapak itu melibatkan sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua dan menimbulkan banyak korban. Sejumlah korban meninggal dunia dan mengalami luka-luka. Tampak setidaknya ada kendaraan besar, mobil, dan sepeda motor yang ringsek akibat kejadian laka lantas tersebut. Detik-detik peristiwa mematikan itu tampak mengenaskan. Korban-korban berjatuhan dengan berbagai kondisi. Pihak kepolisian, BPBD, dan relawan lantas melakukan evakuasi terhadap para korban. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengirimkan tim traffic accident analysis (TAA) untuk mengusut kecelakaan maut beruntun itu.

Belasan korban kecelakaan lalu lintas itu dibawa ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Kanujoso Djatwibowo Balikpapan. Humas RS Kanudjoso Djatiwibowo Dian menyampaikan keterangan berapa jumlah korban yang dilarikan ke rumah sakit milik Pemprov Kaltim tersebut.

Menurut data yang dilaporkan media setempat, sebanyak 15 korban kecelakaan lalu lintas Simpang Rapak yang mendapat perawatan di RS Kanujoso Djatiwibowo. Pantauan hidayatullah.com, Jumat siang, kecelakaan maut itu menjadi trending topic se-Indonesia di media sosial.

“Liat kecelakaan di balikpapan, ngeri merinding. Padahal pengendara yg brenti sudah hati hati.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Pentingnya berdoa sebelum bepergian, karena kita ga tau apa yg kita hadapi di jalan,” tweet dari netizen dengan akun @tirta_cipeng. Petugas evakuasi mengungkap seorang anak juga menjadi korban dalam peristiwa itu. Terdapat korban anak-anak saat kejadian, korban bersama kedua orang tuanya sedang mengendarai mobil dan berhenti persis di lampu merah, kata Kepala BPBD Kota Balikpapan Usman Ali kepada wartawan, Jumat (21/01/2022).

Pihak kepolisian telah mengamankan sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan maut itu. Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo mengatakan, sopir itu telah diamankan oleh pihak Polresta Balikpapan. Sopir tronton itu diketahui bernama M Ali, 47 tahun. Truk tronton yang dikendarainya itu bermuatan kapur. Kicauan “Balikpapan” menduduki peringkat pertama perbincangan populer di Twitter se-Indonesia, dengan sebanyak 20,8 ribu tweet menurut catatan medsos itu dan angkanya terus meningkat.

Keluarga besar Kampus Induk Hidayatullah Ummulqura di Balikpapan turut menyampaikan belasungkawa atas terjadinya kecelakaan dan atas jatuhnya para korban.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun… Mari kita sama-sama mendokan saudara kita yang tadi pagi (korban kecelakaan). Balikpapan turut berduka dengan adanya kejadian di Rapak. Semoga kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022 meninggal diampuni dosanya oleh Allah dan yang luka berat dan ringan segera disembuhkan oleh Allah. Aamiin!” ujar Kepala Kampus Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Ummulqura Balikpapan, Syamsul Ma’arif, di sela-sela Rapat Pleno YPPH Balikpapan di Gunung Tembak, Balikpapan, Jumat (21/01/2022) siang sekitar pukul 14.28 WITA.

Warga Balikpapan berharap semoga kejadian ini tidak terulang kembali. Sebagaimana diketahui, kecelakaan lalu lintas di turunan Rapak itu sudah kesekian kalinya terjadi. “Mohon kiranya dinas perhubungan pemda dan pemkot ambil tindakan tegas, kendaraan niaga yg umur nya sudah diatas 10th jangan lagi bisa beroperasi di jalanan kota karna sangat riskan bahaya kondisi kendaraan, terimakasih,” tulis akun @sholikin_riza_prasetia_86 mengomentari unggahan video pasca kecelakaan itu di akun @portalbalikpapan.

A post shared kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022 Portal Balikpapan (@portalbalikpapan) Sementara itu, pada Jumat pagi (21/01/2022) di media sosial beredar informasi terkait kecelakaan tersebut sebagai berikut: “Ijin Melaporkan • PERIHAL Telah terjadi laka Lantas di Lampu Merah Muara Rapak. • Fakta-fakta • Pada hari Jumat tanggal 21 Januari 2022, Pukul 06.15 Wita, telah terjadi laka lantas di lampu merah Muara Rapak.

• Identitas Sopir : – Nama : Muhammad Ali, Balikpapan 17 Maret 1973, 48 Thn, Lakis, Banjar, Islam, Buruh Harian Lepas (Sopir), Alamat Jl. Tanjungpura No.28 Rt.022 Kel. Telaga Sari, Kec. Balikpapan Kota Keterangan Sopir Truck Tronton KT-8534-AJ (Sopir yang mengalami Rem Blong) – Awalnya Sopir Truck Tronton KT-8534-AJ Pukul 05.00 Wita, dari Parkirannya Jl. Pulau Balang Km.13 Kel. Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, dengan muatan Kontener 20 Fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 Ton yang hendak di antar ke Kampung Baru Balikpapan Barat.

Sesampai di depan Rajawali Foto Km.0,5 Sopir Truck Tronton sudah mulai mengurangi Porsneling dari 4-3 dan sesampai di depan Bank Mandiri Rem sudah tidak berfungsi dan Truck Tronton meluncur laju dan menabrak yang ada di depannya dan pada saat kejadian TL (Trafic light) Muara Rapak warna merah. – Seingat sopir Truck Tronton yang pertama kali ditabrak pengendara sepeda motor. III. Catatan • Adapun data sementara, jumlah korban : – MD 5 Orang – Luka berat (4 orang) – Luka Ringan (Belum terdata) • Kerusakan Materi : – Lampu Merah roboh – Pagar pembatas Jalan rusak – R 4 = 6 Unit – 2 Unit Angkot warna Merah dan Biru – 2 Unit Mobil Pribadi – 2 Unit Pick Up – R 2 = 14 Unit • Sementara Para Korban di Bawa ke RSU Khanujoso, RSU Beriman.

Demikian laporan awal, perkembangan akan kami laporkan pada kesempatan pertama.” (Update 23/01/2022: Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mencatat terdapat 31 korban kecelakaan yang dirawat di rumah sakit. Data resmi yang masuk ke Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, hanya menyebutkan 4 orang meninggal dunia.) * Rep: SKR Editor: Muhammad Abdus Syakur Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar sebuah informasi yang menyebutkan korban meninggal akibat kecelekaan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (21/1), mencapai 21 orang.

Narasi soal korban kecelakaan maut yang melibatkan truk tronton dan sejumlah kendaraan serta pengendara sepeda motor tersebut, tersebar melalui pesan berantai di aplikasi berbagi pesan instan, WhatsApp, pada Jumat sore.

Berikut isi narasi: "Info terakhir yang meninggal di Balikpapan itu 21 orang. Sedih banget ya. banyak orang tidak bersalah meninggal karena kelalaian truk yang meluncur tidak terkendali.

Jalan di situ menurun dan memang sering terjadi kecelakaan serupa". Lalu, benarkah jumlah korban meninggal kecelakaan maut di Balikpapan mencapai 21 orang? Tangkapan layar pesan berantai yang memuat narasi tentang 21 korban meninggal dalam kecelakaan maut Balikpapan (WhatsApp) Penjelasan: Dari penelusuran ANTARA, narasi jumlah korban tewas yang beredar di WhatsApp itu keliru.

Menurut laporan ANTARA, kecelakaan di Turunan Rapak, Balikpapan tersebut telah menewaskan sebanyak empat orang, bukan 21 orang. Kabid Humas Polda Kalimantan Timur juga merinci kejadian nahas itu mengakibatkan 21 orang mengalami luka-luka, meliputi empat orang luka berat serta 17 orang luka ringan.

Selain itu, ada 20 kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun tersebut berupa enam kendaraan roda empat dan 14 kendaraan roda dua. Menurut keterangan sopir yang mengendarai truk tronton, penyebab kecelakaan beruntun di Balikpapan itu karena truk mengalami rem blong saat melintasi lampu merah Muara Rapak. Klaim: Kecelakaan maut Balikpapan tewaskan 21 orang Rating: Salah/Misinformasi Baca juga: Polisi sebut korban meninggal kecelakaan maut Balikpapan empat orang Baca juga: Dua warga Banten jadi korban kecelakaan maut di Balikpapan Baca juga: Mabes Polri turunkan Tim TAA usut kecelakaan maut di Balikpapan Pewarta: Tim JACX Editor: Imam Santoso COPYRIGHT © ANTARA 2022 Mungkin anda suka Kemarin, pahlawan nasional hingga silaturahim Megawati-Jokowi 16 menit lalu Korlantas akhiri rekayasa lalu lintas jalan tol 9 Mei 2022 06:23 Verstappen kalahkan Leclerc di debut Grand Prix Miami 9 Mei 2022 04:48 Polisi normalkan jalur Tol Semarang-Jakarta pada pukul 02.30 WIB 9 Mei 2022 01:55 Manchester City jauhi kejaran Liverpool usai pesta gol lawan Newcastle 9 Mei 2022 00:55 Waspada hujan berangin di dua wilayah Jakarta Senin sore hingga malam 9 Mei 2022 00:33
VIVA – Kecelakaan maut terjadi di simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat pagi, 21 Januari 2022.

Tabrakan beruntun itu melibatkan sebuah truk tronton berwarna merah yang menghantam sejumlah kendaraan. Informasi sementara, 5 orang dilaporkan meninggal dunia dan belasan mengalami luka-luka. Rekaman CCTV di Simpang Rapak merekam jelas peristiwa kecelakaan yang terjadi pada Jumat pagi.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Truk bermuatan kontainer dari arah belakang melaju kencang dari arah belakang menghantam setidaknya 6 mobil dan belasan sepeda motor yang tengah berhenti di lampu merah turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan. Menurut penuturan warga setempat, insiden kecelakaan akibat truk rem blong ini sudah sering terjadi di Kota Balikpapan.

Warga mengeluhkan operasional truk tronton di jam-jam sibuk kegiatan kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022, padahal sudah ada aturan soal pembatasan jam operasional truk muatan di Balikpapan. "Kami dari Aliansi Penegak Keadilan meminta kepada pihak terkait untuk betul-betul menegakkan aturan Perwali No.60 tahun 2016 yang mengatur terkait jam operasional kendaraan. Kami tidak ingin ada kongkalingkong antara pihak terkait dengan pemilik perushaan angkutan kontainer dan alat berat Karena ini persoalan keselamatan," ungkap dalam keterangan persnya diterima Jumat.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Timur Komisaris Besar Yusuf Sutejo mengatakan kecelakaan maut truk tronton di Balikpapan ini menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan luka-luka.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kecelakaan maut kembali terjadi di turunan simpang Muara Rapak Jalan Soekarno-Hatta Balikpapan, Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 06.20 WITA. Satu unit truk kontainer berplat KT 8534 AJ dari turunan Muara Rapak menghantam kendaraan di traffic light Muara Rapak. Kontainer itu mengarah ke samping jalan Masjid Al Munawar hingga menyeret sejumlah kendaraan yang rusak parah bahkan ringsek.

Di antaranya ada sepeda Mobil Toyota Ayla KT 1887 NT, Mobil KT 8304 YC, KT Mobil Pikap, angkot KT 1263 YU, angkot 1561 YU, serta sepuluh unit sepeda motor.

Wasirah salah seorang korban selamat memberikan keterangan, saat itu kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022 hendak pergi ke Pasar Pandansari. Baca juga: Kecelakaan Maut Rapak Balikpapan Diduga Rem Blong Truk Kontainer, Polisi: Sopir Sudah Diamankan Baca juga: Arus Lalin Persimpangan Rapak Balikpapan Berangsur Normal, Polisi Dalami Keterangan Sopir Truk Baca juga: NEWS VIDEO Kecelakaan Maut Simpang Rapak Kota Balikapan, 2 Korban Meninggal di Tempat Sesampainya di trafic light turunan Muara Rapak dirinya berhenti.

Tak lama kemudian, dari atas turunan terdengar benturan yang keras. Truk kontainer menabrak sejumlah kendaraan yang lagi menunggu trafic light. “Brukk, nyaring bunyinya, waktu itu posisi motor saya bagian depan dekat traffic light agak kiri jadi gak terseret truk, hanya terserempet kendaran lainnya,” ujar Wasirah.

Wasirah tidak melihat dengan jelas, kendaraan mana yang lebih dulu dihantam truk kontainer.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Hanya saja ada banyak kendaraan yang dihantam. Sebab, pada saat itu sudah ramai kendaraan roda dua dan roda empat yang tengah menunggu antrean lampu merah di traffic light turunan simpang Muara Rapak.
JawaPos.com – Kecelakaan maut terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat (21/1) pagi. Truk toronton menghantam sejumlah kendaraan yang tengah berhenti di traffic light kawasan Muara Kapak, Kota Balikpapan.

Dalam insiden tersebut, data sementara dipastikan 5 orang meninggal dunia. Sedangkan lainnya luka-luka. kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022 meninggal dunia lima, yang luka berat itu yang kritis satu, yang luka ringan 13,” kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo saat dihubungi, Jumat (21/1). Korban yang mengalami luka-luka sudah dilarikan ke rumah sakit. “Rumah sakit yang jadi rujukan itu ada tiga, Rumah Sakit Khanujoso, Rumah Sakit Beriman, satu lagi Rumah Sakit Ibnu Sina,” imbuh Yusuf.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Balikpapan, Truk Tronton Tabrak Sejumlah Kendaraan Sebelumnya, kecelakaan maut yang terjadi di simpang traffic light Muara Rapak, Kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022, pada Jumat (21/1) pagi dan merenggut korban jiwa. Hal itu dikonfirmasi Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim Kombes Sonny Irawan, Jumat (21/1) pagi.

Namun demikian, soal identitas korban meninggal dunia di tempat, Sonny mengaku masih belum mendapatkan data lengkap. “Data sementara ada korban meninggal dunia di tempat.

Saat ini kepolisian masih melakukan pendataan, termasuk ke rumah sakit yang jadi lokasi evakuasi para korban,” terang Sonny seperti dilansir Prokal.co (Jawa Pos Group). Dalam rekaman CCTV terlihat sebuah truk tronton atau kontainer melaju dari arah Jalan Soekarno-Hatta menuju simpang Muara Rapak. Kendaraan meluncur tak terkendali dan menghantam sejumlah kendaraan yang berhenti di traffic light.
VIVA – Kecelakaan maut terjadi turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat 21 Januari 2022.

Dari rekaman CCTV yang beredar, kecelakaan tersebut terjadi pada Jumat pagi sekira pukul 16.19 Wita. Dari pantauan CCTV terlihat jelas kecelakaan terjadi melibatkan truk tronton yang melaju kencang dari arah belakang menghantam sejumlah kendaraan bermotor yang sedang berhenti di lampu merah. Penuturan saksi mata, kecelakaan ini menyebabkan sejumlah kendaraan ringsek dan jatuh korban, termasuk beberapa karyawan yang bekerja di proyek pembangunan kilang dan beberapa orang dilaporkan meninggal dunia.

Dari video yang beredar, sejumlah korban bergelimpangan di jalan yang langsung dibantu evakuasi oleh warga setempat yang menyaksikan kejadian tersebut. VIVA masih berupaya menghubungi pihak Kepolisian untuk mengkonfirmasi peristiwa kecelakaan yang terjadi di simpak Rapak Balikpapan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi terkait insiden tersebut.Kejadian tersebut bermula dari sebuah truk tronton yang disebut-sebut mengalami rem blong. Dalam foto-foto yang beredar di Grup Whatsapp terlihat sejumlah kendaraan, seperti angkutan kota dan mobil mengalami rusak.

• Innalillahi! Balikpapan dan Maut di Jalan Soekarno-Hatta, Bagaimana Truk Tronton Gilas Banyak Orang? Terdapat juga sepeda motor dan sebuah mobil minibus hitam.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Informasi awal yang didapat menyebutkan kecelakaan terjadi karena sebuah truk tronton yang mengalami rem blong saat jalan di turunan.

Akibatnya truk tersebut tidak mampu dikendalikan dan menabrak sejumlah kendaraan yang berada di depannya. Sejumlah petugas gabungan baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Petugas Satlantas Polresta Balikpapan, Dinas Perhubungan (Dishub) juga terlihat mengevakuasi korban.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Tags Video Kecelakaan Balikpapan Terbaru Kecelakaan Balikpapan Hari Ini Kronologi Kecelakaan Balikpapan Siapa Saja Korban Kecelakaan Balikpapan Daftar Korban Kecelakaan Balikpapan Nama-nama Korban Kecelakaan Balikpapan Siapa Supir Tronton Kecelakaan Balikpapan Laka Maut Balikpapan Hari Jumat 21 Januari 2022 Maut di Balikpapan
TEMPO.CO, Balikpapan - Truk tronton menabrak sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat, di lampu merah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, 21 Januari 2022.

"Iya (benar) tadi pagi (kejadiannya)," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Timur Komisaris Besar Yusuf Sutejo, kepada wartawan soal kecelakaan maut ini. Dari data yang dihimpun, kecelakaan maut tersebut terjadi sekitar pukul 06.15 Wita.

Sopir truk diketahui berinisial MA, warga Balikpapan, 48 tahun.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Mengemudikan truk tronton dengan nopol KT 8534 AJ. MA mengemudi truk tersebut sejak pukul 05.00 Wita dari lokasi parkir di Jalan Pulau Balang Km 13, Balikpapan Utara.

Truk dikabarkan bermuatan kontainer 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton. Kemudian, sesampai di depan salah satu bank, rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton meluncur laju dan menabrak yang ada di depannya.

Tragisnya, saat kejadian, banyak kendaraan yang berhenti di lampur merah. Data sementara yang berhasil dihimpun dari peristiwa tersebut, 5 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat. Selain itu, lampu merah di lokasi kejadian roboh, pagar pembatas jalan rusak, sejumlah kendaraan yang ditabrak: 6 unit roda empat (2 unit angkutan kota (angkot), 2 unit pikap, 2 unit kendaraan pribadi) dan 14 unit roda empat.

Usai kecelakaan, para korban kemudian dibawa ke sejumlah rumah sakit terdekat di Balikpapan.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Yakni Rumah Sakit Umum Kanujoso, Rumah Sakit Beriman, dan Rumah Sakit Ibnu Sina. "Kami masih prioritas korban, kalau untuk pengemudi sudah kami amankan di Polresta Balikpapan," kata Humas Polda Kaltim Yusuf. "Yang kami prioritaskan Penanganan evakuasi korban jiwa, dan lain sebagainya, lalu melakukan olah TKP di lapangan," katanya soal kecelakaan maut ini.

Baca juga: Sopir Truk Penabrak 4 Bikers dapat Grasi Hukuman dari 110 Jadi 10 Tahun
TRIBUNBANTEN.COM - Kecelakaan maut di Balikpapan menelan korban jiwa dan luka-luka, update terkini jumlah korban meninggal dunia dan luka-luka kecelakaan maut di Balikpapan.

kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022

Duka menyelimuti warga Balikpapan pagi ini, terjadi kecelakaan maut di simpang lima Muara Rapak, Balikpapan Utara, Jumat (21/1/2022) pukul 06.20 WITA. Video CCTV yang merekam kecelekaan maut ini pun viral di media sosial. Penampakan truk tronton yang menabrak dan jadi korban kecelakaan maut di Balikpapan, Jumat (12/1/2022). (Tribun Kaltim/Dwi Ardianto) (Tribun Kaltim/Dwi Ardianto) Baca juga: Polda Kaltim Sebut Kecelakaan Maut di Balikpapan Murni Kesalahan Supir Baca juga: Kecelakaan Maut di Balikpapan, Ini Kronologi hingga Jumlah Korban Baca juga: 4 Lokasi Baru CCTV Tilang Elektronik di Banten, Pasang Kamera Lebih Canggih Baca juga: Mobil yang Ditumpanginya Ditabrak Truk hingga Hancur, Bocah di Balikpapan Justru Selamat Tanpa Lecet Dalam video yang beredar, terlihat truk tronton menabrak sejumlah pengendara motor dan mobil di depannya yang sedang berhenti di lampu merah.

Jumlah korban jiwa dan juga kendaraan yang ringsek cukup banyak. Hingga detik ini sopir truk kontainer Sopir truk tronton, Muhammad Ali (48), kecelakaan di balikpapan 21 januari 2022 Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota, sudah diamankan polisi untuk dimintai keterangan.

Dari hasil pengakuan sopir truk, Truk yang membawa 20 feet yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton itu hendak menuju ke Kampung Baru, Balikpapan Barat. Kecelakaan maut di Balikpapan (Instagram) Saat di kawasan Rajawali Foto jalan Soekarno Hatta Balikpapan, sopir truk mengurangi porsneling dari 4 ke 3 Kemudian saat di depan Bank Mandiri, rem mendadak tidak berfungsi dan truk tronton meluncur laju.

Detik-detik Tabrakan Beruntun di Balikpapan Jumat 21 Januari 2022




2022 www.videocon.com