Syarat pembuatan skck terbaru

syarat pembuatan skck terbaru

Syarat Membuat SKCK, Alur, dan Biayanya Syarat membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) menjadi penting diketahui oleh Anda yang sedang membutuhkan surat ini untuk sebuah keperluan. Sebelumnya SKCK dikenal dengan nama SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik). SKCK sendiri merupakan syarat pembuatan skck terbaru keterangan yang diterbitkan Polri melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resor (Polres) setempat yang berisi tentang catatan riwayat kejahatan.

Dengan kata lain, SKCK merupakan catatan seseorang sebagai bukti penting bahwa orang yang bersangkutan berperilaku baik atau tidak pernah melakukan tindak kriminal atau kejahatan berdasarkan data kepolisian. Dikutip dari situs resmi Polri, SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan.

Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang. Cukup pentingnya fungsi dari SKCK sehingga syarat membuat SKCK perlu Anda ketahui.

SKCK diperlukan sebagai dokumen pelengkap persyaratan administrasi. Beberapa di antaranya seperti persyaratan masuk PNS atau syarat daftar CPNS atau melamar pekerjaan di institusi swasta atau pemerintah. Syarat Membuat SKCK Banyak anggapan bahwa mengurus atau mendapatkan SKCK itu sulit dan ribet. Faktanya dari tahun ke tahun, pengurusan dan syarat membuat SKCK semakin mudah dan cepat prosesnya selama Anda memahami prosedur dan tata caranya. Seperti umumnya mengurus administrasi di instansi pemerintah, syarat membuat SKCK juga memerlukan beberapa hal yang harus disiapkan.

Berikut syarat membuat SKCK. Syarat Membuat SKCK: Surat Pengantar Syarat membuat SKCK yang pertama adalah mempersiapkan surat pengantar dari kelurahan tempat Anda tinggal.

Untuk mendapatkan surat pengantar ini, terlebih dahulu Anda perlu berkunjung ke Ketua RT setempat agar dibuatkan surat pengantar ke Ketua RW. Dari RW Anda akan mendapatkan surat pengantar ke Kelurahan/Desa dengan keperluan tersebut. Setelah mendapatkan surat pengantar dari RW, temui petugas kelurahan. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi dan melengkapi formulir yang dibutuhkan untuk syarat membuat SKCK. Syarat Membuat SKCK: Data Diri Sebelum mengurus SKCK ke Polsek atau Polres, silakan lengkapi persyaratan ini.

syarat pembuatan skck terbaru

Berikut syarat membuat SKCK bagi Warga Negara Indonesia (WNI): • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

Bawa KTP/SIM asli sebagai bukti. • Fotokopi KK (Kartu Keluarga). • Fotokopi Akta Kelahiran / Surat Kenal Lahir. • Fotokopi Paspor (Bagi yang punya paspor). • Pas foto 4x6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar.

Berpakaian sopan dan berkerah, serta tidak menggunakan aksesoris wajah, tampak muka dan bagi yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh sebagai syarat membuat SKCK.

syarat pembuatan skck terbaru

Syarat Membuat SKCK untuk Warga Negara Asing (WNA): • Fotokopi Paspor. • Surat asli permohonan sponsor dari perusahaan atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan atau yang bertanggungjawab pada WNA.

• Fotokopi KTP / Surat Nikah apabila sponsor dari suami/istri WNI • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). • Fotokopi IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) dari Kementerian Tenaga Kerja • Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian • Pas foto berwarna 4x6 berlatar/background kuning sebanyak 6 lembar. Berpakaian sopan dan berkerah, serta tidak menggunakan aksesoris wajah, tampak muka dan bagi yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh sebagai syarat membuat SKCK.

Mengurus SKCK Offline Selain syarat membuat SKCK yang perlu diketahui oleh Anda, pembuatan SKCK manual bisa dilakukan di Polsek dan Polres setempat yang prosesnya tak memakan banyak waktu. Sebagai catatan, untuk keperluan melamar pekerjaan, kelengkapan administrasi PNS/CPNS, dan pembuatan visa atau syarat pembuatan skck terbaru lain yang bersifat antarnegara, Anda bisa langsung datang ke Polres (tingkat Syarat pembuatan skck terbaru, bukan di Polsek.

Alur mengurus SKCK offline: • Setelah melengkapi syarat membuat SKCK, Anda langsung menuju loket bagian SKCK untuk mendaftarkan/memasukkan berkas yang telah Anda siapkan. Nanti Anda akan diminta untuk mengisi formulir. • Pihak Polsek akan meminta kelengkapan syarat-syarat seperti yang telah dijelaskan di atas sebagai kelengkapan. Agar memudahkan dan cepat, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua syarat membuat SKCK berupa dokumen yang diminta dan membawa dokumen asli untuk berjaga-jaga jika ada pengecekan.

• Sidik jari, bagi Anda yang mengurus SKCK baru dan belum punya rumus sidik jari, Anda bisa melakukan pengambilan sidik jari di Polres, tepatnya bagian rekam rumus sidik jari. Untuk perekaman sidik jari ini, biasanya akan dipungut biaya tergantung kebijakan Polsek atau Polres setempat.

Tapi ada juga Polres atau Polsek yang sudah meniadakan biaya tersebut jadi gratis tak ada biaya sidik jari. Pastikan Anda bertanya dulu mengenai hal ini. • Kalau mengurus SKCK di Polres, biasanya prosesnya bisa lebih cepat untuk mendapatkan sidik jari sebagai salah satu membuat dalam penerbitan SKCK.

syarat pembuatan skck terbaru

Ada pengalaman juga ketika mengurus penerbitan SKCK di Polsek, pihak Polsek akan memberikan surat rekomendasi untuk syarat pembuatan skck terbaru rumus sidik jari di Polres. • Setelah proses sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket. Tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai.

Mengurus SKCK Online Selain bisa diurus dengan cara langsung datang ke Polsek atau Polres, Anda juga membuat SKCK secara online. Adapun syarat membuat SKCK secara online dan cara-caranya seperti berikut ini: Mengurus SKCK secara online bisa dilakukan dengan cara berikut ini: • Buka situs skck.polri.go.id • Lalu Klik 'Form Pendaftaran' • Isi formulir, seperti satwil yang dituju, data pribadi, hubungan keluarga, pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, lampiran dan lainnya.

• Pada bagian 'Satwil', klik opsi 'jenis keperluan pembuatan SKCK' • Unggah foto sesuai ketentuan berlaku • Lampirkan rumus sidik jari yang diperoleh dari kantor Polres sesuai domisili • Setelah isi formulir, pemohon akan memperoleh bukti pendaftaran dan nomor untuk pembayaran biaya SKCK online melalui Bank BRI atau melalui loket pembayaran di kantor polisi. • Ambil SKCK di POLSEK/POLRES/POLDA/MABES POLRI* dengan membawa kode atau nomor registrasi yang tertera di bukti permohonan Anda.

Biaya Pembuatan SKCK Setelah mengisi seluruh syarat membuat SKCK dan mengunggah dokumen, maka pemohon akan menerima kode untuk biaya pembuatan SKCK. Kode tersebut digunakan untuk proses pembayaran sesuai biaya pembuatan SKCK. Biaya pembuatan SKCK WNI dikenakan tarif Rp 30.000 sedangkan pembuatan SKCK WNA akan dikenakan tarif Rp 60.000. Setelah melakukan pembayaran, pemohon akan mendapatkan kode registrasi yang kemudian harus dibawa ke kantor polisi untuk mengambil SKCK. Berikut tadi adalah syarat membuat SKCK.

Jika Anda diterima masuk kerja, ada baiknya untuk merencanakan keuangan atau gaji Anda untuk masa mendatang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuka tabungan di CIMB Niaga. Di CIMB Niaga terdapat berbagai jenis tabungan yang bisa Anda pilih dengan berbagai keuntungan dan kemudahan, salah satunya adalah Goal Savers dari CIMB Niaga. Sebagai tabungan berjangka bersistem setoran rutin, siap membantu Anda wujudkan GOAL impian.

Berbagai keuntungan dari membuka Goal Savers antara lain fleksibel dalam menentukan jangka waktu tabungan dan setoran rutin harian, mingguan, atau bulanan. Anda juga bisa memantau perkembangan Goal impian melalui OCTO Mobile & OCTO Clicks. Untuk informasi lebih lengkap mengenai beragam produk tabungan yang tersedia di CIMB Niaga Anda bisa memeriksanya di sini. Referensi • https://www.polri.go.id/skck • https://skck.polri.go.id/ Jakarta - Syarat membuat SKCK baru bukanlah hal yang rumit bila kamu memahami prosedurnya.

Nah bagi kamu yang ini membuat SKCK terbaru, berikut syarat membuat SKCK secara online dan offline lengkap dengan alur dan biaya pembuatannya.

Apa Itu SKCK? Pada dasarnya SKCK merupakan syarat pembuatan skck terbaru dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dengan kata lain SKCK sendiri merupakan surat keterangan terbitan Polri. SKCK biasanya berisikan catatan pelanggaran atau kejahatan seseorang.

Sebelumnya, SKCK bernama Surat Keterangan Kelakuan Baik atau singkatannya adalah SKKB. Ketika namanya SKKB, surat ini cuma diberikan pada warga yang tidak atau belum pernah melakukan tindak kejahatan.

Dikutip dari situs Polri, SKCK diterbitkan resmi oleh Polri lewat fungsi Intelkam untuk seorang pemohon/warga. SKCK ditujukan untuk memenuhi permohonan warga untuk suatu keperluan atau ketentuan yang harus dipenuhi.

SKCK sendiri diterbitkan sesuai penelitian biodata serta catatan kepolisian yang ada terkait warga itu. Bila yang bersangkutan memiliki catatan tindak kriminal maka SKCK tersebut akan memuatnya, namun bila tidak makan SKCK yang bersangkutan tidak akan memuat tindak pidana apapun. Syarat membuat SKCK baru Saat ingin membuat SKCK baru tentu terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi oleh yang bersangkutan.

Syarat yang diperlukan bisa saja berbeda tergantung pada status kewarganegaraan pemohon. Berikut syarat membuat SKCK baru untuk WNI: 1. Fotokopi KTP (siapkan KTP asli untuk ditunjukkan) 2. Fotokopi paspor 3.

syarat pembuatan skck terbaru

Fotokopi KK (kartu keluarga) 4. Fotokopi akta kelahiran/kenal lahir 5. Fotokopi kartu identitas lain jika belum memenuhi syarat memperoleh KTP 6. Enam lembar pas foto berwarna (ukuran 4x6 cm; latar belakang merah; foto berpakaian sopan dan berkerah; foto tidak menggunakan aksesoris di wajah; wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab) Berikut syarat membuat SKCK baru untuk WNA: 1.

Syarat pembuatan skck terbaru permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA. 2. Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI). 3. Fotokopi paspor 4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). 5.

Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI 6. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian. 7. Enam lembar pas foto berwarna (ukuran 4x6 cm; latar belakang merah; foto berpakaian sopan dan berkerah; foto tidak menggunakan aksesoris di wajah; wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab) Alur Pembuatan SKCK Bila masyarakat hendak membuat SKCK baru, maka yang bersangkutan dapat datang ke kantor polisi syarat pembuatan skck terbaru membuat SKCK secara online.

Ada pula perbedaan cara membuat SKCK baru atau cara memperpanjang masa berlaku SKCK. Perlu diketahui bahwa SKCK hanya berlaku hingga 6 bulan setelah diterbitkan. maka bila yang bersangkutan masih memerlukannya, SKCK tersebut perlu diperpanjang. Berikut alur membuat SKCK di kantor polisi/offline: 1. Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon. 2. Membawa fotokopi KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di surat pengantar dari Kantor Kelurahan.

3. Membawa fotokopi Kartu Keluarga. 4. Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir. 5. Membawa pasfoto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. 6. Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar. 7. Pengambilan Sidik Jari oleh petugas. Berikut alur memperpanjang masa berlaku SKCK: 1.

Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (maksimal telah habis masanya selama 1 tahun) 2. Membawa fotokopi KTP/SIM. 3. Membawa fotokopi Kartu Keluarga. 4. Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir. 5. Membawa pasfoto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. 6. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi Berikut alur membuat SKCK secara online: • Polri memiliki situs pendaftaran permohonan SKCK secara online.

Pengisian data hingga unggah dokumen dilakukan secara daring. • Adapun situs SKCK online ini dapat diakses melalui laman https://skck.polri.go.id/ • Warga yang hendak membuat SKCK online bisa mengisi form pendaftaran di situs tersebut. Warga harus lebih dahulu menentukan untuk keperluan apa SKCK itu dibuat. Biaya pembuatan SKCK Setelah mengetahui syarat serta alur pembuatan SKCK, mari kini memahami berapa biayanya.

Berikut dasar aturan biaya pembuatan SKCK: 1. UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) 2. UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia 3. PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri 4. Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010 5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia Dikutip dari situs Polri, biaya pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000.

Demikian informasi terkait syarat membuat SKCK, serta alur dan biaya yang diperlukan. Semoga bermanfaat. Lihat juga video 'Praktisi Pendidikan Kritisi soal Pelajar Ikut Demo Sulit Urus SKCK': [Gambas:Video 20detik] (fdl/fdl)
JAKARTA, KOMPAS.com – SKCK adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan melamar kerja, baik di swasta, BUMN maupun pemberkasan CPNS.

Masa berlaku SKCK adalah hanya 6 bulan sejak tanggal diterbitkan. Apa saja persyaratan perpanjang SKCK atau syarat perpanjang SKCK?

Persyaratan perpanjang SKCK (syarat perpanjang SKCK) wajib diketahui sebelum Anda mengurusnya di kantor kepolisian maupun secara online.

Hal ini agar penerbitan perpanjang SKCK bisa lebih cepat. Nantinya seluruh dokumen persyaratan perpanjang SKCK atau syarat perpanjang SKCK ini dilampirkan ketika proses pengajuan. Dikutip dari laman polri.go.id, Selasa (4/1/2022), SKCK adalah adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisi tentang catatan riwayat kejahatan seseorang atau individu.

Baca juga: Cara Top Up E-money di Shopee dan Tokopedia SKCK adalah sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). Surat ini awalnya hanya diberikan kepada warga yang tidak atau belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan.

Namun, persyaratan SKCK saat ini tidak lagi seperti pembuatan SKKB. SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas. Dikutip dari laman resmi Polri, syarat perpanjang SKCK dan syarat pembuatan SKCK baru berbeda. Simak rinciannya di bawah ini: Baca juga: KKP Patok Ekspor Ikan 2022 Capai Rp 101 Triliun Syarat perpanjang SKCK Berikut ini adalah persyaratan perpanjang SKCK atau syarat perpanjang SKCK yang wajib disiapkan: Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (maksimal telah habis masanya selama 1 tahun) Membawa fotocopy KTP/SIM.

Membawa fotocopy Kartu Keluarga. Membawa fotocopy Akta Kelahiran/Kenal Lahir. Membawa pas foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi. Petunjuk BI Fast BTN, Cara Transfer ke Bank Lain dengan Biaya Rp 2.500 https://money.kompas.com/read/2022/01/04/142348226/petunjuk-bi-fast-btn-cara-transfer-ke-bank-lain-dengan-biaya-rp-2500 https://asset.kompas.com/crops/wXAJYgZtYPSXqAh09PtcLNDD6ak=/0x0:1080x720/195x98/data/photo/2022/01/04/61d3f4337b5bc.jpg JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa disingkat SKCK adalah surat yang keterangan yang diterbitkan Polri yang berisi tentang catatan riwayat kejahatan.

Ada beberapa persyaratan membuat SKCK ( syarat membuat SKCK). SKCK sendiri sebelumnya dikenal dengan nama SKKB. Awalnya, surat ini hanya bisa diserahkan untuk warga yang belum pernah tercatat melakukan tindakan kriminal. Namun saat ini, syarat membuat SKCK sudah berbeda dengan pembuatan SKKB syarat pembuatan skck terbaru.

SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seseorang pemohon/warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan. SKCK juga diterbitkan karena suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, syarat pembuatan skck terbaru hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik PLN? Merujuk pada Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014, SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan 6 bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan masih diperlukan, SKCK dapat diperpanjang oleh yang bersangkutan. KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Simak syarat membuat SKCK atau syarat membuat SKCK (syarat pembuatan SKCK).

Syarat membuat SKCK Berikut syarat pembuatan SKCK atau persyaratan membuat SKCK terbaru sebagaimana dikutip dari laman resmi Polri: Syarat pembuatan SKCK baru: • Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon.

• Membawa fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di surat pengantar dari Kantor Kelurahan.

syarat pembuatan skck terbaru

• Membawa fotocopy Kartu Keluarga. • Membawa fotocopy Akta Kelahiran/Kenal Lahir. • Membawa Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. • Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar. • Pengambilan Sidik Jari oleh petugas. Baca juga: Prosedur dan Syarat Perpanjang SKCK Persyaratan membuat SKCK perpanjang: • Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (maksimal telah habis masanya selama 1 tahun) • Membawa fotocopy KTP/SIM.

• Membawa syarat pembuatan skck terbaru Kartu Keluarga. • Membawa fotocopy Akta Kelahiran/Kenal Lahir. • Membawa Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. • Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi. Sebagai informasi, kantor polisi tingkat Polsek tidak membuat SKCK untuk keperluan melamar CPNS dan pembuatan visa.

Selain itu, dalam syarat membuat SKCK, permohonan SKCK di kantor Polsek dan Polres harus sesuai dengan alamat KTP/SIM pemohon. Untuk biaya pembuatan sebagai syarat membuat SKCK, Polri mengenakan tarif sebesar Rp 10.000 yang bisa disetorkan kepada petugas Polri di tempat dan masuk sebagai PNBP.

Itulah informasi syarat membuat SKCK (syarat pembuatan SKCK). Persyaratan membuat SKCK sebaiknya dilakukan dari rumah agar tidak kerepotan saat berada di kantor polisi.
Jakarta - Syarat membuat SKCK baru bukanlah hal yang rumit bila kamu memahami prosedurnya. Nah bagi kamu yang ini membuat SKCK terbaru, berikut syarat membuat SKCK secara online dan offline lengkap dengan alur dan biaya pembuatannya. Apa itu SKCK? Pada dasarnya SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Dengan kata lain SKCK sendiri merupakan surat keterangan terbitan Polri. SKCK biasanya berisikan catatan pelanggaran atau kejahatan seseorang. Sebelumnya, SKCK bernama Surat Keterangan Kelakuan Baik atau singkatannya adalah SKKB. Ketika namanya SKKB, surat ini cuma diberikan pada warga yang tidak atau belum pernah melakukan tindak kejahatan.

Dikutip dari situs Polri, SKCK diterbitkan resmi oleh Polri lewat fungsi Intelkam untuk seorang pemohon/warga. SKCK ditujukan untuk memenuhi permohonan warga untuk suatu keperluan atau ketentuan yang harus dipenuhi. SKCK sendiri diterbitkan sesuai penelitian biodata serta catatan kepolisian yang ada terkait warga itu. Bila yang bersangkutan memiliki catatan tindak kriminal maka SKCK tersebut akan memuatnya, namun bila tidak makan SKCK yang bersangkutan tidak akan memuat tindak pidana apapun.

Syarat membuat SKCK baru Saat ingin membuat SKCK baru tentu syarat pembuatan skck terbaru sejumlah syarat yang perlu dipenuhi oleh yang bersangkutan. Syarat yang diperlukan bisa saja berbeda tergantung pada status kewarganegaraan pemohon. Berikut syarat membuat SKCK baru untuk WNI: 1. Fotokopi KTP (siapkan KTP asli untuk ditunjukkan) 2.

Fotokopi paspor 3. Fotokopi KK (kartu keluarga) 4. Fotokopi akta kelahiran/kenal lahir 5. Fotokopi kartu identitas lain jika belum memenuhi syarat memperoleh KTP 6. Syarat pembuatan skck terbaru lembar pas foto berwarna (ukuran 4x6 cm; latar belakang merah; foto berpakaian sopan dan berkerah; foto tidak menggunakan aksesoris di wajah; wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab) Baca juga: Ingat!

BPJS Kesehatan Jadi Syarat Jual Beli Tanah Mulai Hari Ini Berikut syarat membuat SKCK baru untuk WNA: 1. Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA. 2. Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI). 3. Fotokopi paspor 4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

5. Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI 6. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian. 7. Enam lembar pas foto berwarna (ukuran 4x6 cm; latar belakang merah; foto berpakaian sopan dan berkerah; foto tidak menggunakan aksesoris di wajah; wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab) Alur Pembuatan SKCK Bila syarat pembuatan skck terbaru hendak membuat SKCK baru, maka yang bersangkutan dapat datang ke kantor polisi atau membuat SKCK secara online. Ada pula perbedaan cara membuat SKCK baru atau cara memperpanjang masa berlaku SKCK.

Perlu diketahui bahwa SKCK hanya berlaku hingga 6 bulan setelah diterbitkan. maka bila yang bersangkutan masih memerlukannya, SKCK tersebut perlu diperpanjang. Baca juga: Kantor BPJS Terdekat Ada di Mana? Begini Cara Carinya Berikut alur membuat SKCK di kantor polisi/ offline: 1. Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon. 2. Membawa fotokopi KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di surat pengantar dari Kantor Kelurahan. 3. Membawa fotokopi Kartu Keluarga. 4.

Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir. 5.

syarat pembuatan skck terbaru

Membawa pasfoto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. 6. Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar. 7. Pengambilan Sidik Jari oleh petugas. Berikut alur memperpanjang masa berlaku SKCK: 1. Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (maksimal telah habis masanya selama 1 tahun) 2.

Membawa fotokopi KTP/SIM. 3. Membawa fotokopi Kartu Keluarga. 4. Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir.

5. Membawa pasfoto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. 6. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi Berikut alur membuat SKCK secara online: Polri memiliki situs pendaftaran permohonan SKCK secara online. Pengisian data hingga unggah dokumen dilakukan secara daring. Adapun syarat pembuatan skck terbaru SKCK online ini dapat diakses melalui laman https://skck.polri.go.id/ Warga yang hendak membuat SKCK online bisa mengisi form pendaftaran di situs tersebut.

Warga harus lebih dahulu menentukan untuk keperluan apa SKCK itu dibuat. Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online, Asli Gak Pake Ribet! Biaya pembuatan SKCK Setelah mengetahui syarat serta alur pembuatan SKCK, mari kini memahami berapa biayanya. Berikut dasar aturan biaya pembuatan SKCK: 1. UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) 2.

UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia 3. PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri 4. Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010 5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia Dikutip dari situs Polri, biaya pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000.

Demikian informasi terkait syarat membuat SKCK, serta alur dan biaya yang diperlukan. Semoga bermanfaat. Lihat juga Video: Buat SIM dan SKCK Di Polres Gowa Wajib Sudah Vaksin Covid-19 [Gambas:Video 20detik] syarat pembuatan skck terbaru /> Syarat Membuat Syarat pembuatan skck terbaru 2020 – Salah satu syarat mendaftar ojek online seperti Grab dan Gojek adalah memiliki SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Tak hanya itu, SKCK juga dibutuhkan untuk mendaftar pekerjaan lainnya. Surat tersebut sangat penting, karena sebagai bukti bahwa nama kita bersih dari daftar kejahatan yang tercatat di pihak kepolisian. Apabila seseorang pernah melakukan kejahatan, maka akan tertulis apa saja kejahatan yang pernah dilakukan pada selembar kertas bernama SKCK.

Semua perusahaan pasti tak ingin pengawainya merupakan bekas narapidana ataupun masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Oleh karena itulah salah satu syarat mendaftar pekerjaan adalah harus melampirkan SKCK. Untungnya syarat membuat SKCK sangat gampang. Masbro hanya perlu melengkapi beberapa dokumen yang nantinya dibawa ke kantor Polsek, Polres, ataupun Polda sesuai dengan kebutuhan.

Owh yah, SKCK juga memiliki masa berlaku, yakni selama 6 bulan. Apabila masa berlakunya habis, maka masbro harus segera memperpanjangnya sehingga tidak perlu membuat SKCK baru. Dahulu SKCK dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB).

Namun sekarang namanya sudah berubah menjadi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Apalah arti sebuah nama, karena fungsinya tetap sama. Nah bagi masbro yang berencana membuatnya, silahkan simak terlebih dahulu apa saja syarat membuat SKCK 2020 yang kami rangkum dibawah ini.

Syarat Membuat SKCK Terbaru 2020 1. Syarat Membuat SKCK Baru Pembuatan SKCK bisa dilakukan di Polsek, Polres, atau Polda. Masbro bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dalam melamar pekerjaan. Namun sebelum itu, masbro harus terlebih dahulu melengkapi persayaratan membuat SKCK yang bisa masbro simak dibawah ini.

• Melampirkan Fotocopy KTP • Melampirkan Fotocoy Kartu Keluarga • Melampirkan Fotocoy Akte Kelahiran • Sidik Jari • Mengisi Formulir Pendaftaran • Membawa Pas Foto Ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar dengan background foto berwarna merah • Membayar biaya pembuatan SKCK sebesar 30 Ribu Rupiah Nah itulah syarat membuat SKCK yang wajib masbro bawa ketika datang ke Polsek, Polres, ataupun Polda.

Syaratnya sudah semakin mudah, karena sekarang tidak perlu surat pengantar dari RT, RW, dan kelurahan. Pihak kepolisian sudah menghilangkan syarat tersebut, karena dianggap kurang efisien dan hanya membuang banya waktu. Setelah semua persyaratan lengkap dan dimasukan kedalam map.

Selanjutnya masbro tinggal datang ke Polsek, Polda, atau Polres terdekat dengan membawa persyaratan membuat SKCK yang sudah disiapkan. Owh yah, jangan lupa berpakaian rapi dengan memakai kemeja serta celana panjang. Kemudian tinggal menyerahkan berkas ke ruang pembuatan SKCK.

syarat pembuatan skck terbaru

Setelah itu kita akan disuruh mengisi formulir yang diberikan petugas. Isikan semua formulir tersebut, dan apabila sudah selesai tinggal menyerahkan formulir tersebut ke petugas terkait dan membayar biaya adminstrasi sekitar 30 Ribu Rupiah. Kemudian kita tinggal menunggu SKCK selesai dicetak dan apabila sudah jadi jangan lupa difotocopy untuk dilegalisir.

Legalisir SKCK sangat penting. Karena yang diserahkan saat mendaftar pekerjaan adalah fotocopy SKCK yang sudah dilegalisir. Sedangkan untuk yang aslinya harus disimpan, sehingga nantinya bisa diperperpanjang saat masa berlaku habis. Untuk memperpanjang SKCK juga ada syaratnya, dan untuk mengetahui apa saja persayaratan yang dibutuhkan, silahkan simak dibawah ini. 2. Syarat Perpanjang SKCK Masa berlaku Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hanya selama 6 bulan.

Apabila masa berlaku hampir habis, maka syarat pembuatan skck terbaru harus segera syarat pembuatan skck terbaru agar tidak perlu membuat SKCK baru yang prosesnya lebih lama.

Nah bagi masbro yang berencana memperpanjang SKCK, maka harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa berkas persyaratan berikut ini. • SKCK lama yang akan diperpanjang • Fotocopy KTP • Fotocopy Kartu Keluarga • Fotocopy Akte Kelahiran • Pas Foto Ukuran 4 x 6 sebanyak tiga lembar dengan background foto berwarna merah Setelah menyiapkan semua berkas di atas, selanjutnya kita tinggal datang ke Polsek, Polres, atau Polda terdekat dengan membawa berkas yang sudah dimasukan kedalam map.

Kemudian serahkan semua syarat perpanjang SKCK di atas ke petugas pembuatan SKCK dan tinggal menunggu SKCK selesai di cetak, lalu tinggal membayar biaya perpanjangan SKCK sebesar 30 Ribu Rupiah.

Proses perpanjangan SKCK hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Namun bisa saja waktunya lebih lama apabila banyak yang mengantri. Saran kami datangkan ke tempat pembuatan SKCK sepagi mungking, sehingga tak perlu lama mengantri. Jangan lupa berpakaian rapi sebagai bentuk kesopanan kita kepada petugas terkait yang telah membantu membuatkan atau memperpanjang SKCK.

3. Syarat Membuat SKCK Luar Negeri SKCK Luar Negeri diperuntukan bagi masyarakat Indonesia yang ingin bekerja atau bersekolah di luar negeri. Cara pembuatannya juga sama dengan SKCK dalam negeri, namun syaratnya cukup berbeda. Pasalnya syarat membuat SKCK luar negeri membutuhkan fotocopy Passport serta surat pengantar dari PT atau Sponsor. Masih ada beberapa syarat lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini. • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (TKP) • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) • Fotocopy Akte Kelahiran • Sidik Jari • Syarat pembuatan skck terbaru Formulir Pendaftaran • Fotocopy Passport • Surat Pengantar Dari PT / Sponsor • Pas Foto Ukuran 4×6 Sebanyak 6 Lembar Dengan Background Berwarna Merah • Fotocopy Ijazah terakhir Proses pembuatan SKCK tidak akan diproses apabila berkasnya tidak lengkap.

Oleh karena itulah masbro harus terlebih dahulu menyiapkan semua berkas persyaratan membuat SKCK sebelum datang ke Polres, Polsek ataupun Polda. Nah setelah berkas lengkap, maka tinggal pergi ke instansi terkait, kemudian mengisi formulir dan menunggu sampai berkas SKCK selesai dicetak. Adapun untuk tarifnya sebesar 30 Ribu Rupiah. Tarif penerbitan SKCK diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Syarat pembuatan skck terbaru Negara Republik Indonesia.

Dimana tarifnya ditetapkan sebesar Rp. 30.000 atau naik dari tarif sebelumnya sebesar Rp. 10.000. Kenaikan tersebut bukan menjadi masalah berarti selama pelayanan dari pihak Kepolisian semakin baik. 4. Persyaratan Membuat SKCK Online Selain membuat SKCK secara offline dengan datang langsung ke Polres, Polsek, atau Polda, masbro juga bisa membuat SKCK secara Online.

Hadirnya layanan SKCK Online semakin mempermudah masyarakat Indonesia untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Meskipun begitu, nantinya kita tetap harus datang ke Polsek atau Polres untuk mengambil SKCK yang sudah jadi. Layanan SKCK Online bertujuan untuk mempermudah proses birokasi dan pembayaran SKCK. Prose pembayaran dapat dilakukan melalui Loket Bank BRI ataupun melalui BRI Virtual Account.

Lalu apakah syarat membuat SKCK Online sama saja dengan syarat membuat SKCK secara offline ? Sebenarnya syaratnya sama saja, namun untuk membuat SKCK Online harus terlebih dahulu mengisi formulir pada website https://skck.polri.go.id/ 5. Persyaratan SKCK Untuk WNA Kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara membuat SKCK Online pada artikel otomotifo.com selanjutnya.

Untuk saat ini mari kita simak terlebih dahulu syarat membuat SKCK untuk Warga Negara Asing (WNA) yang ingin bekerja di Indonesia.

Langsung saja silahkan simak dibawah ini. • Membawa surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA.

• Membawa fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Nikah apabila beristrikan atau bersuami Warga Negara Indonesia • Membawa fotocopy Paspor. • Membawa fotocopy Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). • Membawa fotocopy IMTA dari KEMENAKER RI • Membawa fotocopy Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian.

syarat pembuatan skck terbaru Membawa pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak enan lembar dengan latar belakang berwarna kuning Pembuatan SKCK bagi Warga Negara Asing bisa disesuaikan dengan keperluannya.

Apabila ingin bekerja di Indonesia, maka bisa dibuat di Kepolisian Daerah (POLDA). Namun bagi Warga Negara Asing yang sedang mengurus proses Naturalisasi menajdi warga negara Indonesia, maka harus membuat Syarat pembuatan skck terbaru di Mabes Polri.

Hal ini sesuai dengan tingkat kemewenangan kesatuan wilayah yang membagi keperluan pembuatan SKCK. Keperluan pembuatan SKCK di masing-masing Instansi berbeda-beda.

Oleh karena itulah masbro tak boleh asal dalam membuat SKCK. Pastikan Instansi yang dituju sudah benar. Namun apabila hanya sekedar untuk melamar pekerjaan bisa dilakukan di Polsek, Polres, atau Polda.

Owh yah, jangan lupa membawa semua persayaratan membuat SKCK yang kami sampaikan di atas. Pasalnya, apabila formulirnya tidak lengkap, maka tidak akan diproses.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya Harga Motor Lambretta Cek Dinamo Starter Mobil Harga Kiprok Motor Pembersih Kaca Mobil Berjamur [wp-review id=”21014″] Nah demikianlah informasi mengenai syarat membuat SKCK di Polres, Polsek, ataupun Polda.

Masbro bisa menggunakan SKCK yang dibuat sebagai syarat daftar Gojek ataupun untuk mendaftar Grab Bike. Yah, hampir semua lowongan pekerjaan membutuhkan SKCK sebagai syarat utamanya, jadi masbro harus menyiapkan semua persyaratan di atas agar proses pembuatan SKCK berjalan dengan mudah dan lancar.• Kartu Kredit • Semua • Welcome Bonus • Dining • Cashback • Reward • Travel • No Fee • Premium • Gasoline • First Card • Pinjaman • Kredit Syarat pembuatan skck terbaru Agunan • Kredit Multiguna • Kredit Mobil Baru • Kredit Mobil Bekas • Kredit Motor • Kredit Pemilikan Rumah • Asuransi • Asuransi Mobil • Asuransi Kesehatan & Telemedicine • Asuransi Perjalanan • Bantuan Darurat Jalan Baru • Top-up & Tagihan Baru • Pulsa • Listrik PLN • Paket Data • Voucher Game • BPJS Baru • PDAM • Telkom • Pascabayar • Data Roaming Internasional • Internet & TV Kabel Baru • Angsuran Kredit Baru • Zakat Baru • Reksa Dana Baru • Simpanan • Tabungan • Tabungan Berjangka • Tabungan Syariah • Deposito • Deposito Syariah • E-Money • Syarat pembuatan skck terbaru • Kartu • Aplikasi • Artikel • Promo • Lainnya • Daftar Pusat Service • Daftar Bengkel Asuransi • Lembaga Keuangan • Daftar Istilah • Ruang Edukasi • Blog • Masuk - Daftar • Kartu Kredit • Semua • Welcome Bonus • Dining • Cashback • Reward • Travel • No Fee • Premium • Gasoline • First Card • Pinjaman • Kredit Tanpa Agunan • Kredit Multiguna • Kredit Mobil Baru • Kredit Mobil Bekas • Kredit Motor • Kredit Pemilikan Rumah • Asuransi • Asuransi Mobil • Asuransi Kesehatan & Telemedicine • Asuransi Perjalanan • Bantuan Darurat Jalan Baru • Top-up & Tagihan Baru • Pulsa • Listrik PLN • Paket Data • Voucher Game • BPJS Baru • PDAM • Telkom • Pascabayar • Data Roaming Internasional • Internet & TV Kabel Baru • Angsuran Kredit Baru • Zakat Baru • Masuk Daftar SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), dulu namanya Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), merupakan surat yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resor (Polres) setempat.

SKCK adalah surat yang berisikan tentang catatan seseorang sebagai bukti penting bahwa orang yang bersangkutan berperilaku baik atau tidak pernah melakukan tindak kriminal atau kejahatan berdasarkan data kepolisian. Manfaat atau Kegunaan SKCK SKCK diperlukan sebagai dokumen pelengkap persyaratan administrasi, antara lain: Kegunaan SKCK yang diterbitkan Polres: • Persyaratan masuk PNS seperti pelengkap rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) • Melamar pekerjaan di institusi swasta atau pemerintah • Pendaftaran sekolah (dalam negeri maupun ke luar negeri) • Pencalonan diri sebagai calon kepala desa, DPRD, kepala daerah/Bupati.

• Persyaratan menikah dengan anggota Polri dan TNI. Kegunaan SKCK yang diterbitkan Polda: • Persyaratan pembuatan paspor • Persyaratan calon walikota atau DPRD Masa Berlaku SKCK SKCK hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika diperlukan.

Catatan: • Jika SKCK sudah habis masa berlaku dan kurang dari 1 tahun, maka SKCK bisa diperpanjang. • Jika masa berlaku SKCK sudah lebih dari 1 tahun, Anda wajib membuat SKCK baru.

Banyak anggapan bahwa mengurus atau mendapatkan SKCK itu sulit dan ribet. Faktanya dari tahun ke tahun, pengurusan SKCK semakin mudah dan cepat prosesnya selama Anda memahami prosedur dan tata caranya. Lebih lanjut, cermati.com akan mengulas proses pengurusan lengkap SKCKmulai dari syarat, cara dan alur proses pembuatan SKCK baru di Polsek atau Polres dan Online. Baca Juga: Ada Tilang Elektronik ETLE di Jakarta, Ini Pengertian dan Cara Mengurusnya Bingung cari Kartu Kredit Terbaik?

Cermati punya solusinya! Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik! Syarat Dokumen untuk Urus SKCK Baru Seperti umumnya mengurus administrasi di tingkat Kelurahan, Kecamatan atau Kabupaten/Kota, proses pembuatan SKCK membutuhkan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan berupa surat atau berkas. Walaupun demikian, ada kelengkapan yang tidak mesti dipenuhi. 1. Siapkan Surat Pengantar (Optional) Untuk mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan. Berikut alurnya : terlebih dahulu Anda perlu berkunjung ke Ketua RT setempat agar dibuatkan surat pengantar ke Ketua RW.

Dari RW Anda akan mendapatkan surat pengantar ke Kelurahan/Desa dengan keperluan tersebut. Untuk pengurusan surat pengantar sampai ke tingkat Kelurahan atau Desa, biasanya ada biaya administrasi untuk kas kelompok masyarakat atau bisa juga tanpa biaya apapun (tergantung kebijakan Desa setempat).

Di Kelurahan atau Balai Desa, selanjutnya temui petugas untuk menyerahkan surat dari Kepala Dusun/Ketua RW kepadanya. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi dan melengkapi formulir yang dibutuhkan. Catatan: surat pengantar dari Kelurahan tidaklah menjadi syarat mutlak.

syarat pembuatan skck terbaru

Di beberapa wilayah/daerah di Indonesia, Polsek atau Polres telah meniadakan/menghapus syarat surat pengantar Kelurahan. Hal ini dilakukan demi kemudahan dan kenyamanan masyarakat yang tidak ingin waktunya habis hanya untuk mengurus SKCK. Contohnya di Polrestabes Surabaya yang dilansir JawaPos.com, syarat surat pengantar Kelurahan ditiadakan syarat pembuatan skck terbaru kelancaran masyarakat dalam melamar kerja, baik sebagai PNS maupun pegawai swasta.

2. Berkas Penting Data Diri Sebelum mengurus SKCK ke Polsek atau Polres, silakan lengkapi persyaratan ini. Syarat Wajib Buat SKCK bagi Warga Negara Indonesia (WNI): • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

Bawa KTP/SIM asli sebagai bukti. • Fotokopi KK (Kartu Keluarga). • Fotokopi Akta Kelahiran / Surat Kenal Lahir / Ijazah Terakhir. • Fotokopi Paspor (Bagi yang punya syarat pembuatan skck terbaru.

• Pas foto 4x6 berlatar/ background merah sebanyak 6 lembar. Berpakaian sopan, tampak muka dan bagi yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh. Syarat Wajib Buat SKCK bagi Warga Negara Asing (WNA): • Fotokopi Paspor. • Surat asli permohonan sponsor dari perusahaan atau lembaga yang memperkerjakan, menggunakan atau yang bertanggungjawab pada WNA.

• Fotokopi KTP / Surat Nikah apabila sponsor dari suami/istri WNI • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). • Fotokopi IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) dari Kementerian Tenaga Kerja • Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian • Pas foto bewarna 4x6 berlatar/ background kuning sebanyak 6 lembar.

Berpakaian sopan, tampak muka dan bagi yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh. Urus Syarat pembuatan skck terbaru Tahun 2021 Bisa Online atau Offline Membuat SKCK offline : • Pembuatan SKCK secara manual bisa dilakukan di Polsek atau Polres setempat.

Prosesnya pun kurang dari 30 menit dan sudah legalisir, dengan catatan semua dokumen yang dipersyaratkan sudah lengkap. • Untuk keperluan melamar pekerjaan, kelengkapan administrasi PNS/CPNS, dan pembuatan visa atau keperluan lain yang bersifat antarnegara, Anda bisa langsung datang ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota), bukan di Polsek.

Pengurusan SKCK di Polsek atau Polres Pastikan Anda datang ke Polsek atau Polres pada jam operasional pelayanan, yaitu hari kerja Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 atau Sabtu pukul 08.00-11.00. Saat mengurus SKCK offline di tengah pandemi Covid-19, mohon tetap patuhi protokol kesehatan seperti gunakan masker, jaga jarak dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih. Berikut alur proses urus SKCK offline: • Anda langsung menuju loket bagian SKCK untuk mendaftarkan/memasukkan berkas yang telah Anda siapkan.

Nanti Anda akan diminta untuk mengisi formulir. • Pihak Polsek akan meminta kelengkapan syarat-syarat seperti yang telah dijelaskan di atas sebagai kelengkapan.

Agar memudahkan dan cepat, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua persyaratan dokumen yang diminta dan membawa dokumen asli buat jaga-jaga untuk pencekan (jika diperlukan/ditanyakan).

• Sidik jari, bagi Anda yang mengurus SKCK baru dan belum punya rumus sidik jari, Anda bisa melakukan pengambilan sidik jari di Polres, tepatnya bagian rekam rumus sidik jari. Untuk perekaman sidik jari ini, biasanya ada yang memungut biaya sebesar Rp5.000 atau lebih (tergantung kebijakan Polsek atau Polres setempat). Tapi ada juga Polres atau Polsek yang sudah meniadakan biaya tersebut jadi gratis tak ada biaya sidik jari. Pastikan Anda bertanya dulu mengenai hal ini.

• Kalau mengurus SKCK di Polres, biasanya prosesnya bisa lebih cepat untuk mendapatkan sidik jari sebagai salah satu syarat dalam penerbitan SKCK. Ada pengalaman juga ketika mengurus penerbitan SKCK di Polsek, pihak Polsek akan memberikan surat rekomendasi untuk pembuatan rumus sidik jari di Polres. • Setelah proses sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket.

Tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai. Baca Juga: STNK Hilang? Ini Dia Cara Mengurusnya Cara Membuat SKCK Online Tampilan Situs Daftar SKCK Online Polres Malang Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk membuat SKCK baru secara online?

Hal yang perlu diketahui adalah kebijakan masing-masing instansi kepolisian seperti yang telah disebutkan di atas berbeda-beda. Akan tetapi secara umum, dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan dijelaskan pada poin di bawah ini. Persyaratan Dokumen Buat SKCK Online Pada dasarnya persyaratan yang diperlukan untuk membuat SKCK secara online adalah sama. Perbedaannya hanyalah semua harus dalam bentuk file digital berupa hasil scan dokumen seperti yang disyaratkan dalam pembuatan SKCK secara konvensional (manual).

Meskipun demikian, dokumen-dokumen dalam bentuk hardcopy (fotokopi) nantinya juga diperlukan untuk verifikasi dalam pengambilan SKCK di Polres atau Polda setempat. Berikut adalah berkas-berkas yang diperlukan: • Scan KTP asli/tanda pengenal lainnya. • Scan Kartu Keluarga asli. • Scan Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir. • Scan foto diri 4x6 dengan background merah (6 lembar/siapkan lebih untuk antisipasi).

• Scan paspor bagi WNI yang akan keluar negeri dalam rangka kunjungan, sekolah, atau untuk keperluan penerbitan visa. Selain hal itu, ada juga ketentuan pengambilan SKCK melalui registrasi online. Jika registrasi online dilakukan sebelum pukul 08.00 waktu setempat, SKCK dapat diambil di loket pelayanan sampai dengan pukul 14.00 pada hari yang sama dengan menunjukkan ID/Kode Registrasi serta dokumen-dokumen yang telah disyaratkan.

Satu hal lagi, untuk pendaftar melalui registrasi online akan diberikan waktu untuk pengambilan SKCK selambat-lambatnya 3 (tiga) hari. Jika melebihi waktu yang ditentukan maka pemohon harus melakukan registrasi ulang karena input akan secara otomatis dihapus setelah melewati batas waktu tersebut.

Alamat website resmi Polri/Polda/Polres tempat pembuatan SKCK Online sesuai domisili Membuat SKCK Online itu mudah sebab bisa dilakukan via smartphone atau gadget yang terhubung ke internet. Fasilitas permohonan SKCK secara online tersedia melalui website masing-masing polres sesuai domisili. • SKCK Polri Jabodetabek, untuk warga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi ( skck.polri.go.id) • Polda Bali, untuk warga Bali ( bali.polri.go.id) • Polda Jawa Timur, untuk warga Jawa Timur ( jatim.polri.go.id) • Polres Sidoarjo, untuk warga Sidoarjo ( skckonline.polrestasidoarjo.com) syarat pembuatan skck terbaru Polres Malang, untuk warga Malang ( resmalangskck.com ) • Polres Pontianak, untuk warga Pontianak, KalBar, ( skck.polrestapontianakkota.org) • Polres Barelang, untuk warga Batam ( kepri.polri.go.id/barelang ) • Polres Banyuwangi, untuk warga Banyuwangi ( www.banyuwangi.jatim.polri.go.id) • Syarat pembuatan skck terbaru Surabaya, untuk warga Surabaya ( polrestabessurabaya.com) Alur Tahapan Cara Membuat SKCK Online Terakhir, ambil SKCK di POLSEK/POLRES/POLDA/MABES POLRI* dengan membawa kode atau nomor registrasi yang tertera di bukti permohonan Anda.

Catatan : saat akan melakukan pengambilan SKCK asli, Anda akan ditanyai rumus sidik jari. Untuk ini, Anda bisa mengurusnya di Polres dengan surat rekomendasi dari Polsek setempat. Syarat pembuatan skck terbaru syarat perekaman rumus sidik jari: - Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar - Foto depan ukuran 4×6 background merah 2 lembar - Foto samping kiri ukuran 4×6 background merah 1 lembar - Foto samping kanan ukuran 4×6 background merah 1 lembar - Melengkapi formulir sidik jari (nama, bentuk wajah, rambut, dan ciri fisik lainnya) Selanjutnya, jika sudah selesai semuanya, Anda tinggal membayar biaya penerbitan SKCK di loket pembayaran sebesar Rp30.000.

Contoh Cara Buat SKCK Online Domisili Depok. Bila Anda berdomisili di Depok, Anda bisa mengurus pendaftaran SKCK secara online dengan mudah dan cepat. Berikut caranya: • Buka website polrestadepok.skckonline.id • Klik Daftar Sekarang kemudian ketikkan email, username, password, lalu confirm password. • Setelah login, isilah kolom-kolom yang tertera dan pilih Buat Sekarang • Setelah semua data diisi lengkap, Anda akan mendapatkan kode pengajuan yang harus diberikan ke petugas.

• Lalu, kunjungi Polresta Depok untuk melanjutkan proses pembuatan SKCK. • Serahkan dokumen-dokumen yang diminta sebagai syarat. • Tunggu diproses, ikuti alurnya hingga SKCK selesai dibuat. Biaya Pembuatan SKCK 2021: Rp30 ribu Biaya Pembuatan SKCK 2019 Terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Syarat pembuatan skck terbaru Bukan Pajak (PNBP) mengubah sejumlah tarif/biaya yang dimasukkan ke kas Negara, termasuk biaya pembuatan SKCK.

Biaya SKCK di seluruh wilayah di Indonesia yang semula Rp10.000, sejak 6 Januari 2017 naik menjadi Rp30.000. Di tahun ini, biaya pembuatan SKCK (baru atau perpanjangan) di Polsek atau Polres tempat Anda berdomisili adalah Rp30.000. Sedangkan untuk WNA dikenakan sebesar Rp60.000. Sebaiknya Mengurus SKCK di Polsek, Polres, Polda atau Mabes? • Polsek melayani penerbitan SKCK yang digunakan untuk keperluan syarat daftar pekerjaan non-pegawai negeri, seperti perusahaan swasta, urusan daftar sekolah, pindah penduduk, pendaftaran calon perangkat desa, perpanjang kontrak karyawan non-PNS, membuat perizinan usaha dan membuat buku pelaut, tipe bukan paspor.

• Polres melayani penerbitan SKCK yang digunakan untuk keperluan syarat daftar CPNS maupun BUMN non-PNS, daftar calon kepala desa/DPRD/kepala daerah/bupati hingga syarat syarat pembuatan skck terbaru keterangan untuk menikah dengan anggota TNI/Polri.

• Polda melayani penerbitan SKCK yang digunakan untuk keperluan syarat daftar calon wali kota/DPRD tingkat provinsi, hingga syarat untuk urusan visa bekerja ke luar negeri.

• Mabes Polri melayani pengurusan SKCK untuk keperluan pencalonan presiden dan wakil presiden; anggota legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga pemerintahan tingkat pusat; penerbitan visa; izin tinggal tetap di luar negeri; naturalisasi kewarganegaraan; adopsi anak bagi pemohon WNA; serta melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Cara Buat SKCK Beda Domisili Membuat SKCK beda domisili itu mudah. Anda tidak perlu mudik atau pulang kampung untuk mengurus hal ini. Semisal, KTP domisili adalah Surabaya, Jawa Timur. Tetapi, Anda bekerja dan tinggal di Jakarta.

Untuk mengurus SKCK, Anda tetap harus mengurus di Polres sesuai domisili yaitu di Surabaya, Jawa Timur. Begini cara urus SKCK beda domisili tanpa melalui calo: 1.Carilah kerabat/teman yang Anda percayai untuk membantu Anda mengurus SKCK. 2.Urus rumus sidik jari di Polres terdekat di lokasi tempat tinggal Anda sekarang. Setelah mendapat bukti rumus sidik jari, simpan bukti yang asli dan hanya kirimkan bukti rumus sidik jari berupa fotokopi saja.

3.Siapkan semua dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pembuatan SKCK baru. Syarat: Fotokopi KTP, KK, Ijazah, akta lahir, pas foto latar belakang merah (4x6 cm sebanyak 6 lembar), fotokopi rumus sidik jari Anda. 4.Kirim dokumen yang berupa fotokopian tersebut ke alamat kerabat/teman Anda.

5. Setelah dokumen di terima, minta teman/saudara Anda datang ke Polsek/Polres/Polda/Mabes Polri terdekat untuk mengurus SKCK Anda. 6. Ikuti semua prosedur pengurusan secara offline. Bayar biaya SKCK sesuai dengan tarif yang berlaku Rp30.000,. 7. SKCK baru Anda jadi dan bisa dikirimkan ke alamat Anda. Urus SKCK Baru itu Gampang Nyatanya membuat SKCK itu mudah dan tidak serepot yang kita pikirkan. Yang terpenting adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan memahami alur yang tepat.

Bagi yang baru pertama kali membuat, ada baiknya, seperti yang sudah disebutkan di atas, lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dan fotokopi dalam jumlah banyak. Dengan persiapan yang matang, proses pembuatan SKCK pun bisa selesai dengan cepat. Tips: Setelah SKCK Anda jadi, sebaiknya Anda bisa sekalian untuk legalisir SKCK Anda agar praktis dan tidak bolak-balik lagi ketika butuh SKCK, langsung saja fotokopi beberapa syarat pembuatan skck terbaru SKCK (sesuai keperluan), lalu serahkan syarat pembuatan skck terbaru tersebut di bagian legalisir SKCK (Biaya Legalisir SKCK Gratis).

Baca Juga: Perpanjang SIM Online, Seperti Apa Prosesnya? Kategori • Asuransi • Asuransi Jiwa • Asuransi Kendaraan • Asuransi Kesehatan • Asuransi Perjalanan • Asuransi Umum • BPJS • Belanja • Berita • Bisnis • Deposito • Dokumen Anda • Emas • Fintech • Gaya Hidup • Info Umum • Inspirasi • Investasi • Karir • Kartu Kredit • Keluarga • Kredit HP • Kredit Mobil • Kredit Motor • Kredit Multiguna • Kredit Pemilikan Rumah • Kredit Tanpa Agunan • Kuis • Liburan dan Kuliner • Otomotif • Pajak • Peluang Usaha • Pendidikan • Perbankan • Pernikahan • Pinjaman • Properti • Quotes Motivasi • Ragam • Reksadana • Review Handphone • Saham • Seputar Ramadan • Siaran Pers • Tabungan • Tips Bisnis • Tips Kesehatan • Tips Keuangan • Unit Link • Wawancara Khusus • Wirausaha Selengkapnya
Jakarta - Syarat SKCK tidak terlalu rumit bila disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Cara membuat SKCK bisa dimulai dengan membaca panduan dan mempersiapkan syarat SKCK hingga biaya. Apa Itu SKCK? Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan surat keterangan terbitan Polri.

Isinya adalah catatan kejahatan seseorang. Dulu, SKCK bernama Surat Keterangan Kelakuan Baik atau singkatannya adalah SKKB. Ketika namanya SKKB, surat ini cuma diberikan pada warga yang tidak atau belum pernah melakukan tindak kejahatan.

Dikutip dari situs Polri, SKCK diterbitkan resmi oleh Polri lewat fungsi Intelkam untuk seorang pemohon/warga. SKCK ditujukan untuk memenuhi permohonan warga untuk suatu keperluan atau ketentuan yang harus dipenuhi.

SKCK diterbitkan sesuai penelitian biodata serta catatan kepolisian yang ada terkait warga itu. Baca juga: Polri Pastikan Syarat Wajib Vaksin untuk Bikin SIM-SKCK Hoax Berapa Lama Masa Berlaku SKCK? SKCK berlaku hingga 6 bulan setelah diterbitkan.

Bagaimana jika ingin memperpanjang SKCK? Syarat SKCK bisa diperpanjang jika sudah melewati masa berlaku dan warga masih memerlukannya. Apa Saja Syarat SKCK? Syarat SKCK untuk WNI 1.

Fotokopi KTP (siapkan KTP asli untuk ditunjukkan) 2. Fotokopi paspor 3. Fotokopi KK (kartu keluarga) 4. Fotokopi akta kelahiran/kenal lahir 5. Fotokopi kartu identitas lain jika belum memenuhi syarat memperoleh KTP 6. Enam lembar pas foto berwarna • ukuran 4x6 cm • latar belakang merah • foto berpakaian sopan dan berkerah • foto tidak menggunakan aksesoris di wajah • wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab Baca juga: Bikin SKCK buat Daftar CPNS Bisa Gratis, Bagaimana Caranya?

Syarat SKCK untuk WNA 1.

syarat pembuatan skck terbaru

Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA. 2. Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI). 3. Fotokopi paspor 4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

5. Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI 6. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian. 7. Enam lembar pas foto berwarna • ukuran 4x6 cm • latar belakang merah • foto berpakaian sopan dan berkerah • foto tidak menggunakan aksesoris di wajah • wajah harus terlihat utuh bagi pemohon berjilbab Bagaimana Cara Membuat SKCK?

Warga bisa memilih apakah hendak membuat SKCK dengan datang ke kantor polisi atau secara online. Ada pula perbedaan cara membuat SKCK baru atau cara memperpanjang masa berlaku SKCK. Cara Membuat SKCK baru 1.

Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat domisili pemohon. 2. Membawa fotokopi KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di surat pengantar dari Kantor Kelurahan. 3. Membawa syarat pembuatan skck terbaru Kartu Keluarga. 4. Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir. 5. Membawa pasfoto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

6. Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar. 7. Pengambilan Sidik Jari oleh petugas. Cara Memperpanjang Masa Berlaku SKCK 1. Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (maksimal telah habis masanya selama 1 tahun) 2.

Membawa fotokopi KTP/SIM. 3. Membawa fotokopi Kartu Keluarga. 4. Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir. 5. Membawa pasfoto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.

6. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi. Syarat SKCK Online Terbaru 2021: Cara Membuat SKCK dan Biaya (Pradita Utama/detikcom) Cara Membuat SKCK Online Polri memiliki situs pendaftaran permohonan SKCK secara online. Pengisian data hingga unggah dokumen dilakukan secara daring.

Situs membuat SKCK online adalah di https://skck.polri.go.id/ Warga yang hendak membuat SKCK online bisa mengisi form pendaftaran di situs tersebut. Warga harus lebih dahulu menentukan untuk keperluan apa SKCK itu dibuat. Berapa Biaya Membuat SKCK? Setelah mengetahui syarat SKCK, mari kini memahami berapa biayanya.

Berikut dasar aturan biaya pembuatan SKCK: 1. UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak syarat pembuatan skck terbaru 2.

UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia 3. PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri 4.

syarat pembuatan skck terbaru

Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010 5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia Dikutip dari situs Polri, biaya pembuatan SKCK sebesar Rp 30.000.

(imk/imk)

Syarat Pembuatan SKCK Terbaru 2021




2022 www.videocon.com